Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
Halaman 1 dari 7 • Share
Halaman 1 dari 7 • 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
Baik kata Ibrani " אחד - 'EKHAD", "esa", "pertama", "satu", maupun " יחיד - YAKHID" "tunggal", "satu-satunya", "tunggal", "saja", "hanya", "sendiri", berasal dari akar kata induk " ח - KHET" dan " ד -DALET". Aksara KHET dalam tulisan proto-sinaistik -- Ibrani Kuno -- merupakan gambar "tembok" atau "dinding"; sedangkan aksara DALET, Ibrani Kuno: DAL, merupakan gambar "pintu".
Gabungan
kedua aksara yang merupakan simbol itu bermakna "kesatuan". Tembok atau
dinding memisahkan bagian dalam dari bagian luar kemah atau rumah.
Hanya melalui pintu, seseorang dapat masuk atau keluar, thus bagian luar
dan bagian dalam dipersatukan oleh pintu.
Gabungan aksara " ח - KHET" dan " ד -DALET", yaitu " חד - KHAD" , baik dalam bahasa Ibrani maupun Aram, diterjemahkan menjadi "satu".
Bahasa Ibrani:
* Yehezkiel 33:30,
LAI TB, Dan
engkau anak manusia, teman-temanmu sebangsa bercakap-cakap mengenai
engkau dekat tembok-tembok dan di pintu rumah-rumah dan berkata satu (KHAD) sama lain, masing-masing kepada temannya. Silakan datang dan dengar, apa yang difirmankan oleh TUHAN!
KJV, Also,
thou son of man, the children of thy people still are talking against
thee by the walls and in the doors of the houses, and speak one to another, every one to his brother, saying, Come, I pray you, and hear what is the word that cometh forth from the LORD.
Hebrew,
וְאַתָּה
בֶן־אָדָם בְּנֵי עַמְּךָ הַנִּדְבָּרִים בְּךָ אֵצֶל הַקִּירֹות
וּבְפִתְחֵי הַבָּתִּים וְדִבֶּר־חַד אֶת־אַחַד אִישׁ אֶת־אָחִיו לֵאמֹר
בֹּאוּ־נָא וְשִׁמְעוּ מָה הַדָּבָר הַיֹּוצֵא מֵאֵת יְהוָה׃
Translit. interlinear, VE'ATAH
{dan engkau} VEN-'ADAM {anak manusia} BENEY {anak-anak dari} 'AMEKHA
{umatmu} HANIDBARIM {ia dibicarakan} BEKHA {padamu} 'ETSEL {oleh}
HAQIROT {tembok-tembok itu} UVEFITKHEY {dan pada pintu-pintu dari}
HABATIM [rumah-rumah itu} VEDIBER-KHAD {dan mereka berkata -- satu} 'ET-'AKHAD {kepada satu} 'ISY {orang} 'ET-'AKHIV {kepada saudaranya} LE'MOR {berkata} BO'U-NA'
{datanglah] VESYIM'U {dan dengarlah} MAH {apa} HADAVAR {firman itu} HAYOTSE' {yang keluar} ME'ET {dari} YEHOVAH {TUHAN}
Note:
"satu sama lain" diterjemahkan dari kata " חד את־אחד ; KHAD 'ET-'AKHAD", harfiah "satu kepada satu".
Bahasa Aram:
* Ezra 4:8
LAI TB, Rehum,
bupati, dan Simsai, panitera, telah menulis surat terhadap Yerusalem
kepada raja Artahsasta, yang isinya sebagai berikut.
KJV, Rehum the chancellor and Shimshai the scribe wrote a letter against Jerusalem to Artaxerxes the king in this sort:
Hebrew,
רְחוּם בְּעֵל־טְעֵם וְשִׁמְשַׁי סָפְרָא כְּתַבוּ אִגְּרָה חֲדָה עַל־יְרוּשְׁלֶם לְאַרְתַּחְשַׁשְׂתְּא מַלְכָּא כְּנֵמָא׃
Translit. interlinear, REKHUM
{Rehum} BE'EL-TE'EM {majikan pemberi perintah} VESYIMSYAY {dan Simsai}
SOFRA' {juru tulis} KETAVU {mereka menulis} 'IGERAH {surat} KHADAH {satu} 'AL-YERUSYELEM {kepada Yerusalem} LE'ARTAKHSYASTE' {kepada Artahsasta} MALKA' {raja} KENEMA' {bunyinya}
-----
Kata " אֶחָד - 'EKHAD" dari kata אָחַד - 'AKHAD, (Arab: 'AHAD), "esa", adalah kata " חד - KHAD" yang dibubuhi aksara 'ALEF di mukanya. Aksara " א - 'ALEF" dalam bahasa Ibrani Kuno merupakan gambar kepala kerbau yang melambangkan kekuatan, kekuasaan, kepemimpinan.
" אחד - 'EKHAD"
adalah kesatuan dari yang jamak, seorang manusia adalah kesatuan dari
tubuh, nafas, jiwa, pikiran, perasaan. Suatu keluarga adalah kesatuan
dari ayah, ibu, anak. Suatu pohon adalah kesatuan dari akar, batang,
cabang, dahan, ranting, daun. Inilah makna kata 'EKHAD yang diterjemahkan menjadi "esa", "pertama", "satu", yaitu kesatuan yang kompleks, bukan kesatuan yang absolut.
* Kejadian 1:5
LAI TB, Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama ('EKHAD).
KJV, And God called the light Day, and the darkness he called Night. And the evening and the morning were the first day.
Hebrew,
וַיִּקְרָא אֱלֹהִים לָאֹור יֹום וְלַחֹשֶׁךְ קָרָא לָיְלָה וַיְהִי־עֶרֶב וַיְהִי־בֹקֶר יֹום אֶחָד׃ ף
Translit. interlinear, VAYIQRA'
{dan Dia memanggil, menamakan} 'ELOHIM {Allah} LA'OR {kepada terang}
YOM {hari, siang} VELAKHOSYEKH {dan kepada kegelapan} QARA' {Dia
memanggil, menamakan} LAYELAH {malam} VAYHI-'EREV {dan ia menjadi
petang} VAYHI-VOQER {dan ia menjadi pagi} YOM {hari} 'EKHAD {satu, pertama}
* Kejadian 1:9
LAI TB, [color=green]Berfirmanlah Allah: 'Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu ('EKHAD) tempat, sehingga kelihatan yang kering.' Dan jadilah demikian." –
KJV, And God said, Let the waters under the heaven be gathered together unto one place, and let the dry land appear: and it was so.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים יִקָּווּ הַמַּיִם מִתַּחַת הַשָּׁמַיִם אֶל־מָקֹום אֶחָד וְתֵרָאֶה הַיַּבָּשָׁה וַיְהִי־כֵן׃
Translit. interlinear, VAYO'MER
{dan Dia berfirman} 'ELOHIM {Allah} YIQAVU {mereka akan berkumpul}
HAMAYIM {air itu} MITAKHAT {di bawah} HASYAMAYIM {langit itu} 'EL-MAQOM
{pada tempat} 'EKHAD {satu} VETERA'EH {dan ia kelihatan} HAYABASYAH {tanah kering} VAYHI-KHEN {dan ia menjadi demikian}
* Ulangan 6:4
LAI-TB, Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa ('EKHAD)!
KJV, Hear, O Israel: The LORD our God is one LORD:
Hebrew,
שְׁמַע יִשְׂרָאֵל יְהוָה אֱלֹהֵינוּ יְהוָה ׀ אֶחָֽד ׃
Translit interlinear, SYEMA'
{dengarlah} YISRA'EL {Israel} YEHOVAH {dibaca Adonay, TUHAN} 'ELOHEYNU
{Allah kita} YEHOVAH {dibaca Adonay, TUHAN} EKHAD {esa}
--------
Kata " יָחִיד - YAKHID" (Arab: WAHID), "tunggal", berasal dari kata יָחַד - YAKHAD, yaitu kata " חד - KHAD" yang dibubuhi aksara YOD di mukanya. Dalam bahasa Ibrani Kuno, aksara YOD merupakan gambar telapak tangan yang menggenggam. Kata " יחד - YAKHAD ini pun berarti "satu", "kesatuan" namun dalam makna "satu dalam genggaman" yaitu "satu yang absolut" (hanya).
* Kejadian 49:6
LAI-TB, Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu (YAKHAD)
dengan perkumpulan mereka, sebab dalam kemarahannya mereka telah
membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat
keting
lembu.
KJV, O my soul, come not thou into their secret; unto their assembly, mine honor, be not thou united: for in their anger they slew a man, and in their self-will they digged down a wall.
Hebrew,
בְּסֹדָם אַל־תָּבֹא נַפְשִׁי בִּקְהָלָם אַל־תֵּחַד כְּבֹדִי כִּי בְאַפָּם הָרְגוּ אִישׁ וּבִרְצֹנָם עִקְּרוּ־שֹׁור׃
Translit interlinear, BESODAM
{pada permufakatan mereka} 'AL-TAVO' {tidak ia akan datang} NAFSYI
{nafasku, jiwaku} BIQHALAM {pada perkumpulan mereka} 'AL-TEKHAD {tidak
ia akan dipersatukan} KEVODI {kehormatanku} KI {karena} VE'APAM {pada
murka mereka} HAREGU {mereka membunuh} 'ISY {orang} UVIRTSONAM {dan pada
kesenangan mereka} 'IQERU-SYOR {mereka memotong urat keting lembu}
Kata " יחד - YAKHAD juga ditemukan dalam Mazmur 86:11 ("bulatkanlah") dan Yesaya 14:20 ("bersama-sama").
" יחד - YAKHAD adalah " חד - KHAD" dalam genggaman tangan, diterjemahkan dengan "satu-satunya", "tunggal", "hanya", "saja", "sebatang kara", sering dihubungkan dengan anak "tunggal".
Jika " אחד - 'EKHAD" merujuk kepada
kesatuan yang kompleks, maka " יחיד - YAKHID" berhubungan dengan kesatuan yang absolut.
* Kejadian 22:2
LAI-TB, Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal (YAKHID)
itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan
persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu
gunung yang akan Kukatakan kepadamu."
KJV,
And he said, Take now thy son, thine only
son Isaac, whom thou lovest, and get thee into the land of Moriah; and
offer him there for a burnt offering upon one of the mountains which I
will tell thee of.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר
קַח־נָא אֶת־בִּנְךָ אֶת־יְחִידְךָ אֲשֶׁר־אָהַבְתָּ אֶת־יִצְחָק
וְלֶךְ־לְךָ אֶל־אֶרֶץ הַמֹּרִיָּה וְהַעֲלֵהוּ שָׁם לְעֹלָה עַל אַחַד
הֶהָרִים אֲשֶׁר אֹמַר אֵלֶיךָ׃
Translit interlinear, VAYO'MER {dan Dia berfirman} QAKH-NA' {ambillah} 'ET-BINKHA {anakmu} 'ET-YEKHIDKHA {satu-satunya darimu} 'ASYER-'AHAVTA
{yang engkau mengasihi} 'ET-YITSKHAQ {Ishak} VELEKH-LEKHA {berjalanlah
engkau} 'EL-'ERETS {pada bumi} HAMORIAH {Moria itu} VEHA'ALEHU {dan
persembahkanlah ia} SYAM {di sana} LE'OLAH {sebagai korban bakaran} 'AL
{di atas} 'AKHAD {satu} HEHARIM {gunung-gunung} 'ASYER {yang} 'OMAR {Aku
akan berfirman} 'ELEYKHA {kepadamu}
Tauhid adalah konsep dasar monotheisme dalam agama Abraham (nabi Ibrahim) yaitu Yahudi, Kristen, dan Islam. Tauhid berarti menyatakan keesaan (Ibrani: " אחד - 'EKHAD"; Arab: 'AHAD) -- bukan ketunggalan (Ibrani: " יחיד - YAKHID"; Arab: WAHID) -- dan keunikan Allah.
Kata tauhid itu sendiri berasal dari akar kata 'AHAD. Esa berarti kesatuan yang kompleks, bukan satu yang absolut, sedangkan unik bermakna tidak ada yang dapat dibandingkan.
Lawan dari tauhid adalah sirik
yang berarti pembagian atau perpecahan, menyatakan bahwa Allah itu
lebih dari satu, bisa berjumlah tiga, sepuluh, atau ratusan Allah dalam
aspek kuantitas.
Keesaan Allah tidak menyangkal adanya kejamakan dalam diri Allah seperti adanya al asymaul husyna (nama-nama yang indah) dari Allah sebanyak 99 nama, bukan nama tunggal. Demikian pula orang Yahudi mengenal Allah dengan kata " אלהים - 'ELOHÎM", bentuk jamak dari " אלוה - 'ELÔAH ", tetapi senantiasa menggunakan verba tunggal, bukan verba jamak. Kejamakan " אלהים - 'ELOHÎM" di situ dikenal dengan istilah plural of majestic, jamak kebesaran.
Saya pernah mendengar ceramah Prof. Dr. Quraish Shihab di televisi tentang kata Arab yaitu 'AHAD dan WAHID. Jika mendengar kata 'AHAD,
maka dalam pikiran orang Semit akan tergambar sesuatu yang tidak dapat
diterapkan operasi matematika, sedangkan operasi matematika
(tambah/kurang) masih dapat dilakukan pada kata WAHID.
Kata " אחד - 'EKHAD" dapat pula berarti satu-satunya (unik) atau saja. Orang Yahudi tidak menyangkal adalah " אלהים - 'ELOHÎM"
lain seperti allah orang Aram, allah orang Sidon, allah orang Moab,
allah bani Amon, allah orang Filistin (Hakim-hakim 10:6), semuanya
menggunakan kata " אלהים - 'ELOHÎM", tetapi satu-satunya " אלהים - 'ELOHÎM" orang Israel adalah " יהוה - YHVH".
* Ulangan 6:4
LAI-TB, Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!
KJV, Hear, O Israel: The LORD our God is one LORD:
Hebrew,
שְׁמַע יִשְׂרָאֵל יְהוָה אֱלֹהֵינוּ יְהוָה ׀ אֶחָֽד ׃
Translit interlinear, SYEMA'
{dengarlah} YISRÂ'ÊL {Israel} YEHOVÂH {YHVH dibaca Adonai, TUHAN}
'ELOHEINÛ {Allah kita} YEHOVÂH {YHVH dibaca Adonai, TUHAN} 'EKHÂD {esa}
Ungkapan "YHVH 'ELOHÊYNÛ YHVH 'EKHÂD" secara konsetual -- bukan secara literal -- dapat diterjemahkan dengan YHVH Allah kita, YHVH saja.
Ada perbedaan konsep tauhid
antara kalangan Sunni dan Syi'ah, di antaranya kalangan Syi'ah tidak mau
menggunakan ungkapan anthropomorfis seperti tangan Allah, wajah Allah,
dan kaki Allah, misalnya kalangan Syi'ah memprotes hadis sahid Bukhari
yang menyatakan bahwa Allah menginjak neraka jahanam dengan kaki-Nya.
بِاسْمِ الآبِ وَالاِبْنِ وَالرُّوحِ الْقُدُس، الآله الو احد، آمِين
Bismil'Abbi, wal-Ibnu, wa-Roh'ul Qudus, Allah'hu Ahad
sumber:biblika,sarapan pagi
Gabungan
kedua aksara yang merupakan simbol itu bermakna "kesatuan". Tembok atau
dinding memisahkan bagian dalam dari bagian luar kemah atau rumah.
Hanya melalui pintu, seseorang dapat masuk atau keluar, thus bagian luar
dan bagian dalam dipersatukan oleh pintu.
Gabungan aksara " ח - KHET" dan " ד -DALET", yaitu " חד - KHAD" , baik dalam bahasa Ibrani maupun Aram, diterjemahkan menjadi "satu".
Bahasa Ibrani:
* Yehezkiel 33:30,
LAI TB, Dan
engkau anak manusia, teman-temanmu sebangsa bercakap-cakap mengenai
engkau dekat tembok-tembok dan di pintu rumah-rumah dan berkata satu (KHAD) sama lain, masing-masing kepada temannya. Silakan datang dan dengar, apa yang difirmankan oleh TUHAN!
KJV, Also,
thou son of man, the children of thy people still are talking against
thee by the walls and in the doors of the houses, and speak one to another, every one to his brother, saying, Come, I pray you, and hear what is the word that cometh forth from the LORD.
Hebrew,
וְאַתָּה
בֶן־אָדָם בְּנֵי עַמְּךָ הַנִּדְבָּרִים בְּךָ אֵצֶל הַקִּירֹות
וּבְפִתְחֵי הַבָּתִּים וְדִבֶּר־חַד אֶת־אַחַד אִישׁ אֶת־אָחִיו לֵאמֹר
בֹּאוּ־נָא וְשִׁמְעוּ מָה הַדָּבָר הַיֹּוצֵא מֵאֵת יְהוָה׃
Translit. interlinear, VE'ATAH
{dan engkau} VEN-'ADAM {anak manusia} BENEY {anak-anak dari} 'AMEKHA
{umatmu} HANIDBARIM {ia dibicarakan} BEKHA {padamu} 'ETSEL {oleh}
HAQIROT {tembok-tembok itu} UVEFITKHEY {dan pada pintu-pintu dari}
HABATIM [rumah-rumah itu} VEDIBER-KHAD {dan mereka berkata -- satu} 'ET-'AKHAD {kepada satu} 'ISY {orang} 'ET-'AKHIV {kepada saudaranya} LE'MOR {berkata} BO'U-NA'
{datanglah] VESYIM'U {dan dengarlah} MAH {apa} HADAVAR {firman itu} HAYOTSE' {yang keluar} ME'ET {dari} YEHOVAH {TUHAN}
Note:
"satu sama lain" diterjemahkan dari kata " חד את־אחד ; KHAD 'ET-'AKHAD", harfiah "satu kepada satu".
Bahasa Aram:
* Ezra 4:8
LAI TB, Rehum,
bupati, dan Simsai, panitera, telah menulis surat terhadap Yerusalem
kepada raja Artahsasta, yang isinya sebagai berikut.
KJV, Rehum the chancellor and Shimshai the scribe wrote a letter against Jerusalem to Artaxerxes the king in this sort:
Hebrew,
רְחוּם בְּעֵל־טְעֵם וְשִׁמְשַׁי סָפְרָא כְּתַבוּ אִגְּרָה חֲדָה עַל־יְרוּשְׁלֶם לְאַרְתַּחְשַׁשְׂתְּא מַלְכָּא כְּנֵמָא׃
Translit. interlinear, REKHUM
{Rehum} BE'EL-TE'EM {majikan pemberi perintah} VESYIMSYAY {dan Simsai}
SOFRA' {juru tulis} KETAVU {mereka menulis} 'IGERAH {surat} KHADAH {satu} 'AL-YERUSYELEM {kepada Yerusalem} LE'ARTAKHSYASTE' {kepada Artahsasta} MALKA' {raja} KENEMA' {bunyinya}
-----
Kata " אֶחָד - 'EKHAD" dari kata אָחַד - 'AKHAD, (Arab: 'AHAD), "esa", adalah kata " חד - KHAD" yang dibubuhi aksara 'ALEF di mukanya. Aksara " א - 'ALEF" dalam bahasa Ibrani Kuno merupakan gambar kepala kerbau yang melambangkan kekuatan, kekuasaan, kepemimpinan.
" אחד - 'EKHAD"
adalah kesatuan dari yang jamak, seorang manusia adalah kesatuan dari
tubuh, nafas, jiwa, pikiran, perasaan. Suatu keluarga adalah kesatuan
dari ayah, ibu, anak. Suatu pohon adalah kesatuan dari akar, batang,
cabang, dahan, ranting, daun. Inilah makna kata 'EKHAD yang diterjemahkan menjadi "esa", "pertama", "satu", yaitu kesatuan yang kompleks, bukan kesatuan yang absolut.
* Kejadian 1:5
LAI TB, Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama ('EKHAD).
KJV, And God called the light Day, and the darkness he called Night. And the evening and the morning were the first day.
Hebrew,
וַיִּקְרָא אֱלֹהִים לָאֹור יֹום וְלַחֹשֶׁךְ קָרָא לָיְלָה וַיְהִי־עֶרֶב וַיְהִי־בֹקֶר יֹום אֶחָד׃ ף
Translit. interlinear, VAYIQRA'
{dan Dia memanggil, menamakan} 'ELOHIM {Allah} LA'OR {kepada terang}
YOM {hari, siang} VELAKHOSYEKH {dan kepada kegelapan} QARA' {Dia
memanggil, menamakan} LAYELAH {malam} VAYHI-'EREV {dan ia menjadi
petang} VAYHI-VOQER {dan ia menjadi pagi} YOM {hari} 'EKHAD {satu, pertama}
* Kejadian 1:9
LAI TB, [color=green]Berfirmanlah Allah: 'Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu ('EKHAD) tempat, sehingga kelihatan yang kering.' Dan jadilah demikian." –
KJV, And God said, Let the waters under the heaven be gathered together unto one place, and let the dry land appear: and it was so.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים יִקָּווּ הַמַּיִם מִתַּחַת הַשָּׁמַיִם אֶל־מָקֹום אֶחָד וְתֵרָאֶה הַיַּבָּשָׁה וַיְהִי־כֵן׃
Translit. interlinear, VAYO'MER
{dan Dia berfirman} 'ELOHIM {Allah} YIQAVU {mereka akan berkumpul}
HAMAYIM {air itu} MITAKHAT {di bawah} HASYAMAYIM {langit itu} 'EL-MAQOM
{pada tempat} 'EKHAD {satu} VETERA'EH {dan ia kelihatan} HAYABASYAH {tanah kering} VAYHI-KHEN {dan ia menjadi demikian}
* Ulangan 6:4
LAI-TB, Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa ('EKHAD)!
KJV, Hear, O Israel: The LORD our God is one LORD:
Hebrew,
שְׁמַע יִשְׂרָאֵל יְהוָה אֱלֹהֵינוּ יְהוָה ׀ אֶחָֽד ׃
Translit interlinear, SYEMA'
{dengarlah} YISRA'EL {Israel} YEHOVAH {dibaca Adonay, TUHAN} 'ELOHEYNU
{Allah kita} YEHOVAH {dibaca Adonay, TUHAN} EKHAD {esa}
--------
Kata " יָחִיד - YAKHID" (Arab: WAHID), "tunggal", berasal dari kata יָחַד - YAKHAD, yaitu kata " חד - KHAD" yang dibubuhi aksara YOD di mukanya. Dalam bahasa Ibrani Kuno, aksara YOD merupakan gambar telapak tangan yang menggenggam. Kata " יחד - YAKHAD ini pun berarti "satu", "kesatuan" namun dalam makna "satu dalam genggaman" yaitu "satu yang absolut" (hanya).
* Kejadian 49:6
LAI-TB, Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu (YAKHAD)
dengan perkumpulan mereka, sebab dalam kemarahannya mereka telah
membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat
keting
lembu.
KJV, O my soul, come not thou into their secret; unto their assembly, mine honor, be not thou united: for in their anger they slew a man, and in their self-will they digged down a wall.
Hebrew,
בְּסֹדָם אַל־תָּבֹא נַפְשִׁי בִּקְהָלָם אַל־תֵּחַד כְּבֹדִי כִּי בְאַפָּם הָרְגוּ אִישׁ וּבִרְצֹנָם עִקְּרוּ־שֹׁור׃
Translit interlinear, BESODAM
{pada permufakatan mereka} 'AL-TAVO' {tidak ia akan datang} NAFSYI
{nafasku, jiwaku} BIQHALAM {pada perkumpulan mereka} 'AL-TEKHAD {tidak
ia akan dipersatukan} KEVODI {kehormatanku} KI {karena} VE'APAM {pada
murka mereka} HAREGU {mereka membunuh} 'ISY {orang} UVIRTSONAM {dan pada
kesenangan mereka} 'IQERU-SYOR {mereka memotong urat keting lembu}
Kata " יחד - YAKHAD juga ditemukan dalam Mazmur 86:11 ("bulatkanlah") dan Yesaya 14:20 ("bersama-sama").
" יחד - YAKHAD adalah " חד - KHAD" dalam genggaman tangan, diterjemahkan dengan "satu-satunya", "tunggal", "hanya", "saja", "sebatang kara", sering dihubungkan dengan anak "tunggal".
Jika " אחד - 'EKHAD" merujuk kepada
kesatuan yang kompleks, maka " יחיד - YAKHID" berhubungan dengan kesatuan yang absolut.
* Kejadian 22:2
LAI-TB, Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal (YAKHID)
itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan
persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu
gunung yang akan Kukatakan kepadamu."
KJV,
And he said, Take now thy son, thine only
son Isaac, whom thou lovest, and get thee into the land of Moriah; and
offer him there for a burnt offering upon one of the mountains which I
will tell thee of.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר
קַח־נָא אֶת־בִּנְךָ אֶת־יְחִידְךָ אֲשֶׁר־אָהַבְתָּ אֶת־יִצְחָק
וְלֶךְ־לְךָ אֶל־אֶרֶץ הַמֹּרִיָּה וְהַעֲלֵהוּ שָׁם לְעֹלָה עַל אַחַד
הֶהָרִים אֲשֶׁר אֹמַר אֵלֶיךָ׃
Translit interlinear, VAYO'MER {dan Dia berfirman} QAKH-NA' {ambillah} 'ET-BINKHA {anakmu} 'ET-YEKHIDKHA {satu-satunya darimu} 'ASYER-'AHAVTA
{yang engkau mengasihi} 'ET-YITSKHAQ {Ishak} VELEKH-LEKHA {berjalanlah
engkau} 'EL-'ERETS {pada bumi} HAMORIAH {Moria itu} VEHA'ALEHU {dan
persembahkanlah ia} SYAM {di sana} LE'OLAH {sebagai korban bakaran} 'AL
{di atas} 'AKHAD {satu} HEHARIM {gunung-gunung} 'ASYER {yang} 'OMAR {Aku
akan berfirman} 'ELEYKHA {kepadamu}
Tauhid adalah konsep dasar monotheisme dalam agama Abraham (nabi Ibrahim) yaitu Yahudi, Kristen, dan Islam. Tauhid berarti menyatakan keesaan (Ibrani: " אחד - 'EKHAD"; Arab: 'AHAD) -- bukan ketunggalan (Ibrani: " יחיד - YAKHID"; Arab: WAHID) -- dan keunikan Allah.
Kata tauhid itu sendiri berasal dari akar kata 'AHAD. Esa berarti kesatuan yang kompleks, bukan satu yang absolut, sedangkan unik bermakna tidak ada yang dapat dibandingkan.
Lawan dari tauhid adalah sirik
yang berarti pembagian atau perpecahan, menyatakan bahwa Allah itu
lebih dari satu, bisa berjumlah tiga, sepuluh, atau ratusan Allah dalam
aspek kuantitas.
Keesaan Allah tidak menyangkal adanya kejamakan dalam diri Allah seperti adanya al asymaul husyna (nama-nama yang indah) dari Allah sebanyak 99 nama, bukan nama tunggal. Demikian pula orang Yahudi mengenal Allah dengan kata " אלהים - 'ELOHÎM", bentuk jamak dari " אלוה - 'ELÔAH ", tetapi senantiasa menggunakan verba tunggal, bukan verba jamak. Kejamakan " אלהים - 'ELOHÎM" di situ dikenal dengan istilah plural of majestic, jamak kebesaran.
Saya pernah mendengar ceramah Prof. Dr. Quraish Shihab di televisi tentang kata Arab yaitu 'AHAD dan WAHID. Jika mendengar kata 'AHAD,
maka dalam pikiran orang Semit akan tergambar sesuatu yang tidak dapat
diterapkan operasi matematika, sedangkan operasi matematika
(tambah/kurang) masih dapat dilakukan pada kata WAHID.
Kata " אחד - 'EKHAD" dapat pula berarti satu-satunya (unik) atau saja. Orang Yahudi tidak menyangkal adalah " אלהים - 'ELOHÎM"
lain seperti allah orang Aram, allah orang Sidon, allah orang Moab,
allah bani Amon, allah orang Filistin (Hakim-hakim 10:6), semuanya
menggunakan kata " אלהים - 'ELOHÎM", tetapi satu-satunya " אלהים - 'ELOHÎM" orang Israel adalah " יהוה - YHVH".
* Ulangan 6:4
LAI-TB, Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!
KJV, Hear, O Israel: The LORD our God is one LORD:
Hebrew,
שְׁמַע יִשְׂרָאֵל יְהוָה אֱלֹהֵינוּ יְהוָה ׀ אֶחָֽד ׃
Translit interlinear, SYEMA'
{dengarlah} YISRÂ'ÊL {Israel} YEHOVÂH {YHVH dibaca Adonai, TUHAN}
'ELOHEINÛ {Allah kita} YEHOVÂH {YHVH dibaca Adonai, TUHAN} 'EKHÂD {esa}
Ungkapan "YHVH 'ELOHÊYNÛ YHVH 'EKHÂD" secara konsetual -- bukan secara literal -- dapat diterjemahkan dengan YHVH Allah kita, YHVH saja.
Ada perbedaan konsep tauhid
antara kalangan Sunni dan Syi'ah, di antaranya kalangan Syi'ah tidak mau
menggunakan ungkapan anthropomorfis seperti tangan Allah, wajah Allah,
dan kaki Allah, misalnya kalangan Syi'ah memprotes hadis sahid Bukhari
yang menyatakan bahwa Allah menginjak neraka jahanam dengan kaki-Nya.
بِاسْمِ الآبِ وَالاِبْنِ وَالرُّوحِ الْقُدُس، الآله الو احد، آمِين
Bismil'Abbi, wal-Ibnu, wa-Roh'ul Qudus, Allah'hu Ahad
sumber:biblika,sarapan pagi
blackbox- KOPRAL
-
Posts : 49
Location : terperangkap di dalam kotak hitam
Join date : 31.08.12
Reputation : 0
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
blackbox wrote:Baik kata Ibrani " אחד - 'EKHAD", "esa", "pertama", "satu", maupun " יחיד - YAKHID" "tunggal", "satu-satunya", "tunggal", "saja", "hanya", "sendiri", berasal dari akar kata induk " ח - KHET" dan " ד -DALET". Aksara KHET dalam tulisan proto-sinaistik -- Ibrani Kuno -- merupakan gambar "tembok" atau "dinding"; sedangkan aksara DALET, Ibrani Kuno: DAL, merupakan gambar "pintu".
Gabungan
kedua aksara yang merupakan simbol itu bermakna "kesatuan". Tembok atau
dinding memisahkan bagian dalam dari bagian luar kemah atau rumah.
Hanya melalui pintu, seseorang dapat masuk atau keluar, thus bagian luar
dan bagian dalam dipersatukan oleh pintu.
Gabungan aksara " ח - KHET" dan " ד -DALET", yaitu " חד - KHAD" , baik dalam bahasa Ibrani maupun Aram, diterjemahkan menjadi "satu".
Bahasa Ibrani:
* Yehezkiel 33:30,
LAI TB, Dan
engkau anak manusia, teman-temanmu sebangsa bercakap-cakap mengenai
engkau dekat tembok-tembok dan di pintu rumah-rumah dan berkata satu (KHAD) sama lain, masing-masing kepada temannya. Silakan datang dan dengar, apa yang difirmankan oleh TUHAN!
KJV, Also,
thou son of man, the children of thy people still are talking against
thee by the walls and in the doors of the houses, and speak one to another, every one to his brother, saying, Come, I pray you, and hear what is the word that cometh forth from the LORD.
Hebrew,
וְאַתָּה
בֶן־אָדָם בְּנֵי עַמְּךָ הַנִּדְבָּרִים בְּךָ אֵצֶל הַקִּירֹות
וּבְפִתְחֵי הַבָּתִּים וְדִבֶּר־חַד אֶת־אַחַד אִישׁ אֶת־אָחִיו לֵאמֹר
בֹּאוּ־נָא וְשִׁמְעוּ מָה הַדָּבָר הַיֹּוצֵא מֵאֵת יְהוָה׃
Translit. interlinear, VE'ATAH
{dan engkau} VEN-'ADAM {anak manusia} BENEY {anak-anak dari} 'AMEKHA
{umatmu} HANIDBARIM {ia dibicarakan} BEKHA {padamu} 'ETSEL {oleh}
HAQIROT {tembok-tembok itu} UVEFITKHEY {dan pada pintu-pintu dari}
HABATIM [rumah-rumah itu} VEDIBER-KHAD {dan mereka berkata -- satu} 'ET-'AKHAD {kepada satu} 'ISY {orang} 'ET-'AKHIV {kepada saudaranya} LE'MOR {berkata} BO'U-NA'
{datanglah] VESYIM'U {dan dengarlah} MAH {apa} HADAVAR {firman itu} HAYOTSE' {yang keluar} ME'ET {dari} YEHOVAH {TUHAN}
Note:
"satu sama lain" diterjemahkan dari kata " חד את־אחד ; KHAD 'ET-'AKHAD", harfiah "satu kepada satu".
Bahasa Aram:
* Ezra 4:8
LAI TB, Rehum,
bupati, dan Simsai, panitera, telah menulis surat terhadap Yerusalem
kepada raja Artahsasta, yang isinya sebagai berikut.
KJV, Rehum the chancellor and Shimshai the scribe wrote a letter against Jerusalem to Artaxerxes the king in this sort:
Hebrew,
רְחוּם בְּעֵל־טְעֵם וְשִׁמְשַׁי סָפְרָא כְּתַבוּ אִגְּרָה חֲדָה עַל־יְרוּשְׁלֶם לְאַרְתַּחְשַׁשְׂתְּא מַלְכָּא כְּנֵמָא׃
Translit. interlinear, REKHUM
{Rehum} BE'EL-TE'EM {majikan pemberi perintah} VESYIMSYAY {dan Simsai}
SOFRA' {juru tulis} KETAVU {mereka menulis} 'IGERAH {surat} KHADAH {satu} 'AL-YERUSYELEM {kepada Yerusalem} LE'ARTAKHSYASTE' {kepada Artahsasta} MALKA' {raja} KENEMA' {bunyinya}
-----
Kata " אֶחָד - 'EKHAD" dari kata אָחַד - 'AKHAD, (Arab: 'AHAD), "esa", adalah kata " חד - KHAD" yang dibubuhi aksara 'ALEF di mukanya. Aksara " א - 'ALEF" dalam bahasa Ibrani Kuno merupakan gambar kepala kerbau yang melambangkan kekuatan, kekuasaan, kepemimpinan.
" אחד - 'EKHAD"
adalah kesatuan dari yang jamak, seorang manusia adalah kesatuan dari
tubuh, nafas, jiwa, pikiran, perasaan. Suatu keluarga adalah kesatuan
dari ayah, ibu, anak. Suatu pohon adalah kesatuan dari akar, batang,
cabang, dahan, ranting, daun. Inilah makna kata 'EKHAD yang diterjemahkan menjadi "esa", "pertama", "satu", yaitu kesatuan yang kompleks, bukan kesatuan yang absolut.
* Kejadian 1:5
LAI TB, Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama ('EKHAD).
KJV, And God called the light Day, and the darkness he called Night. And the evening and the morning were the first day.
Hebrew,
וַיִּקְרָא אֱלֹהִים לָאֹור יֹום וְלַחֹשֶׁךְ קָרָא לָיְלָה וַיְהִי־עֶרֶב וַיְהִי־בֹקֶר יֹום אֶחָד׃ ף
Translit. interlinear, VAYIQRA'
{dan Dia memanggil, menamakan} 'ELOHIM {Allah} LA'OR {kepada terang}
YOM {hari, siang} VELAKHOSYEKH {dan kepada kegelapan} QARA' {Dia
memanggil, menamakan} LAYELAH {malam} VAYHI-'EREV {dan ia menjadi
petang} VAYHI-VOQER {dan ia menjadi pagi} YOM {hari} 'EKHAD {satu, pertama}
* Kejadian 1:9
LAI TB, [color=green]Berfirmanlah Allah: 'Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu ('EKHAD) tempat, sehingga kelihatan yang kering.' Dan jadilah demikian." –
KJV, And God said, Let the waters under the heaven be gathered together unto one place, and let the dry land appear: and it was so.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים יִקָּווּ הַמַּיִם מִתַּחַת הַשָּׁמַיִם אֶל־מָקֹום אֶחָד וְתֵרָאֶה הַיַּבָּשָׁה וַיְהִי־כֵן׃
Translit. interlinear, VAYO'MER
{dan Dia berfirman} 'ELOHIM {Allah} YIQAVU {mereka akan berkumpul}
HAMAYIM {air itu} MITAKHAT {di bawah} HASYAMAYIM {langit itu} 'EL-MAQOM
{pada tempat} 'EKHAD {satu} VETERA'EH {dan ia kelihatan} HAYABASYAH {tanah kering} VAYHI-KHEN {dan ia menjadi demikian}
* Ulangan 6:4
LAI-TB, Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa ('EKHAD)!
KJV, Hear, O Israel: The LORD our God is one LORD:
Hebrew,
שְׁמַע יִשְׂרָאֵל יְהוָה אֱלֹהֵינוּ יְהוָה ׀ אֶחָֽד ׃
Translit interlinear, SYEMA'
{dengarlah} YISRA'EL {Israel} YEHOVAH {dibaca Adonay, TUHAN} 'ELOHEYNU
{Allah kita} YEHOVAH {dibaca Adonay, TUHAN} EKHAD {esa}
--------
Kata " יָחִיד - YAKHID" (Arab: WAHID), "tunggal", berasal dari kata יָחַד - YAKHAD, yaitu kata " חד - KHAD" yang dibubuhi aksara YOD di mukanya. Dalam bahasa Ibrani Kuno, aksara YOD merupakan gambar telapak tangan yang menggenggam. Kata " יחד - YAKHAD ini pun berarti "satu", "kesatuan" namun dalam makna "satu dalam genggaman" yaitu "satu yang absolut" (hanya).
* Kejadian 49:6
LAI-TB, Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu (YAKHAD)
dengan perkumpulan mereka, sebab dalam kemarahannya mereka telah
membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat
keting
lembu.
KJV, O my soul, come not thou into their secret; unto their assembly, mine honor, be not thou united: for in their anger they slew a man, and in their self-will they digged down a wall.
Hebrew,
בְּסֹדָם אַל־תָּבֹא נַפְשִׁי בִּקְהָלָם אַל־תֵּחַד כְּבֹדִי כִּי בְאַפָּם הָרְגוּ אִישׁ וּבִרְצֹנָם עִקְּרוּ־שֹׁור׃
Translit interlinear, BESODAM
{pada permufakatan mereka} 'AL-TAVO' {tidak ia akan datang} NAFSYI
{nafasku, jiwaku} BIQHALAM {pada perkumpulan mereka} 'AL-TEKHAD {tidak
ia akan dipersatukan} KEVODI {kehormatanku} KI {karena} VE'APAM {pada
murka mereka} HAREGU {mereka membunuh} 'ISY {orang} UVIRTSONAM {dan pada
kesenangan mereka} 'IQERU-SYOR {mereka memotong urat keting lembu}
Kata " יחד - YAKHAD juga ditemukan dalam Mazmur 86:11 ("bulatkanlah") dan Yesaya 14:20 ("bersama-sama").
" יחד - YAKHAD adalah " חד - KHAD" dalam genggaman tangan, diterjemahkan dengan "satu-satunya", "tunggal", "hanya", "saja", "sebatang kara", sering dihubungkan dengan anak "tunggal".
Jika " אחד - 'EKHAD" merujuk kepada
kesatuan yang kompleks, maka " יחיד - YAKHID" berhubungan dengan kesatuan yang absolut.
* Kejadian 22:2
LAI-TB, Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal (YAKHID)
itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan
persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu
gunung yang akan Kukatakan kepadamu."
KJV,
And he said, Take now thy son, thine only
son Isaac, whom thou lovest, and get thee into the land of Moriah; and
offer him there for a burnt offering upon one of the mountains which I
will tell thee of.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר
קַח־נָא אֶת־בִּנְךָ אֶת־יְחִידְךָ אֲשֶׁר־אָהַבְתָּ אֶת־יִצְחָק
וְלֶךְ־לְךָ אֶל־אֶרֶץ הַמֹּרִיָּה וְהַעֲלֵהוּ שָׁם לְעֹלָה עַל אַחַד
הֶהָרִים אֲשֶׁר אֹמַר אֵלֶיךָ׃
Translit interlinear, VAYO'MER {dan Dia berfirman} QAKH-NA' {ambillah} 'ET-BINKHA {anakmu} 'ET-YEKHIDKHA {satu-satunya darimu} 'ASYER-'AHAVTA
{yang engkau mengasihi} 'ET-YITSKHAQ {Ishak} VELEKH-LEKHA {berjalanlah
engkau} 'EL-'ERETS {pada bumi} HAMORIAH {Moria itu} VEHA'ALEHU {dan
persembahkanlah ia} SYAM {di sana} LE'OLAH {sebagai korban bakaran} 'AL
{di atas} 'AKHAD {satu} HEHARIM {gunung-gunung} 'ASYER {yang} 'OMAR {Aku
akan berfirman} 'ELEYKHA {kepadamu}
Tauhid adalah konsep dasar monotheisme dalam agama Abraham (nabi Ibrahim) yaitu Yahudi, Kristen, dan Islam. Tauhid berarti menyatakan keesaan (Ibrani: " אחד - 'EKHAD"; Arab: 'AHAD) -- bukan ketunggalan (Ibrani: " יחיד - YAKHID"; Arab: WAHID) -- dan keunikan Allah.
Kata tauhid itu sendiri berasal dari akar kata 'AHAD. Esa berarti kesatuan yang kompleks, bukan satu yang absolut, sedangkan unik bermakna tidak ada yang dapat dibandingkan.
Lawan dari tauhid adalah sirik
yang berarti pembagian atau perpecahan, menyatakan bahwa Allah itu
lebih dari satu, bisa berjumlah tiga, sepuluh, atau ratusan Allah dalam
aspek kuantitas.
Keesaan Allah tidak menyangkal adanya kejamakan dalam diri Allah seperti adanya al asymaul husyna (nama-nama yang indah) dari Allah sebanyak 99 nama, bukan nama tunggal. Demikian pula orang Yahudi mengenal Allah dengan kata " אלהים - 'ELOHÎM", bentuk jamak dari " אלוה - 'ELÔAH ", tetapi senantiasa menggunakan verba tunggal, bukan verba jamak. Kejamakan " אלהים - 'ELOHÎM" di situ dikenal dengan istilah plural of majestic, jamak kebesaran.
Saya pernah mendengar ceramah Prof. Dr. Quraish Shihab di televisi tentang kata Arab yaitu 'AHAD dan WAHID. Jika mendengar kata 'AHAD,
maka dalam pikiran orang Semit akan tergambar sesuatu yang tidak dapat
diterapkan operasi matematika, sedangkan operasi matematika
(tambah/kurang) masih dapat dilakukan pada kata WAHID.
Kata " אחד - 'EKHAD" dapat pula berarti satu-satunya (unik) atau saja. Orang Yahudi tidak menyangkal adalah " אלהים - 'ELOHÎM"
lain seperti allah orang Aram, allah orang Sidon, allah orang Moab,
allah bani Amon, allah orang Filistin (Hakim-hakim 10:6), semuanya
menggunakan kata " אלהים - 'ELOHÎM", tetapi satu-satunya " אלהים - 'ELOHÎM" orang Israel adalah " יהוה - YHVH".
* Ulangan 6:4
LAI-TB, Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!
KJV, Hear, O Israel: The LORD our God is one LORD:
Hebrew,
שְׁמַע יִשְׂרָאֵל יְהוָה אֱלֹהֵינוּ יְהוָה ׀ אֶחָֽד ׃
Translit interlinear, SYEMA'
{dengarlah} YISRÂ'ÊL {Israel} YEHOVÂH {YHVH dibaca Adonai, TUHAN}
'ELOHEINÛ {Allah kita} YEHOVÂH {YHVH dibaca Adonai, TUHAN} 'EKHÂD {esa}
Ungkapan "YHVH 'ELOHÊYNÛ YHVH 'EKHÂD" secara konsetual -- bukan secara literal -- dapat diterjemahkan dengan YHVH Allah kita, YHVH saja.
Ada perbedaan konsep tauhid
antara kalangan Sunni dan Syi'ah, di antaranya kalangan Syi'ah tidak mau
menggunakan ungkapan anthropomorfis seperti tangan Allah, wajah Allah,
dan kaki Allah, misalnya kalangan Syi'ah memprotes hadis sahid Bukhari
yang menyatakan bahwa Allah menginjak neraka jahanam dengan kaki-Nya.
بِاسْمِ الآبِ وَالاِبْنِ وَالرُّوحِ الْقُدُس، الآله الو احد، آمِين
Bismil'Abbi, wal-Ibnu, wa-Roh'ul Qudus, Allah'hu Ahad
sumber:biblika,sarapan pagi
Jangan ngurusin Tuhan yang lain deh...urus aja Tuhanmu sendiri yang gak masuk akal. Kalu kamu Udah mengerti tentang Tuhan baru koreksi Tuhan agama lain. Wokeeehhhh...monggo di sruput http://www.laskarislam.com/t3546-tiada-tuhan-lain-kecuali-allah
santri- SERSAN MAYOR
-
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
[size="18"]
Jangan
ngurusin Tuhan yang lain deh...urus aja Tuhanmu sendiri yang gak masuk
akal. Kalu kamu Udah mengerti tentang Tuhan baru koreksi Tuhan agama
lain. Wokeeehhhh...monggo di sruput
yang ngurusin tuhan yang lain siapa yah?[/size]
blackbox- KOPRAL
-
Posts : 49
Location : terperangkap di dalam kotak hitam
Join date : 31.08.12
Reputation : 0
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
blackbox wrote:
* Kejadian 49:6
LAI-TB, [color=green]Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu (YAKHAD)
trus pengertian ESA mnurut elo apa?
datang tiga orang = datang bertiga
datang dua orang = datang berdua
datang sendirian = datang bersatu
gituh ??
lirik lagunya NETRAL,
bersatuuuu,, bersatu melawan penipu
apakah bersatunya para pelawan penipu ituH merupakan ke ESAan ?
uplikitif.hajinskei- SERSAN MAYOR
-
Posts : 249
Location : jogjakarta
Join date : 30.08.12
Reputation : 2
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
syalom,uplikitif.hajinskei wrote:blackbox wrote:
* Kejadian 49:6
LAI-TB, [color=green]Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu (YAKHAD)
trus pengertian ESA mnurut elo apa?
datang tiga orang = datang bertiga
datang dua orang = datang berdua
datang sendirian = datang bersatu
gituh ??
lirik lagunya NETRAL,
bersatuuuu,, bersatu melawan penipu
apakah bersatunya para pelawan penipu ituH merupakan ke ESAan ?
kalau persatuan kalian dalam artian satu tim,bisa disebut tim yg esa kan?
contoh nya dalam keluarga, dalam alkitab digunakan kata ekhad,kata yg sama yg digunakan untuk menuliskan keesaan tuhan.
Matius 19:5Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu(ekhad) daging.
blackbox- KOPRAL
-
Posts : 49
Location : terperangkap di dalam kotak hitam
Join date : 31.08.12
Reputation : 0
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
jika Tuhan ente ESA dalam makna kesatuan, apakah komponen pembentuknya juga ESA :blackbox wrote:syalom,uplikitif.hajinskei wrote:blackbox wrote:
* Kejadian 49:6
LAI-TB, [color=green]Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu (YAKHAD)
trus pengertian ESA mnurut elo apa?
datang tiga orang = datang bertiga
datang dua orang = datang berdua
datang sendirian = datang bersatu
gituh ??
lirik lagunya NETRAL,
bersatuuuu,, bersatu melawan penipu
apakah bersatunya para pelawan penipu ituH merupakan ke ESAan ?
kalau persatuan kalian dalam artian satu tim,bisa disebut tim yg esa kan?
contoh nya dalam keluarga, dalam alkitab digunakan kata ekhad,kata yg sama yg digunakan untuk menuliskan keesaan tuhan.
Matius 19:5Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu(ekhad) daging.
maksudnya apakah Yesus juga bisa dibilang ESA.
Contoh : TORABIKA = ESA
unsur : kopi + susu +creamer
apakah susu bisa dibilang ESA
putramentari- KAPTEN
-
Age : 43
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
Bibel tidak mengajarkan Asmaul-Husna sih, makanya mrk meyakini Tuhan Maha Segalanya dan bisa menjelma menjadi apa saja, misalnya:
menjadi manusia yang duel dengan Yakub (Kejadian 32:28);
menjadi burung merpati (Yohanes 1:32);
seperti perempuan hamil yang mau melahirkan (Yesaya 42: 13-14);
Tuhan kelihatan kaki-Nya (Keluaran 24:10);
Tuhan kelihatan punggung-Nya (Keluaran 33:23);
Tuhan lupa ketika marah (Ratapan 2:1);
Tuhan mencukur kepala dan bulu paha (Yesaya 7:20);
Tuhan mengaum (Yeremia 25:30);
Tuhan bersiul (Zakharia 10:8); dll.
Tuhan macam apaan ini, padahal di injil justru Mengakui Ke Esa Allah tp disisi lain malah pakai metode(strategi) 3 in 1,
menjadi manusia yang duel dengan Yakub (Kejadian 32:28);
menjadi burung merpati (Yohanes 1:32);
seperti perempuan hamil yang mau melahirkan (Yesaya 42: 13-14);
Tuhan kelihatan kaki-Nya (Keluaran 24:10);
Tuhan kelihatan punggung-Nya (Keluaran 33:23);
Tuhan lupa ketika marah (Ratapan 2:1);
Tuhan mencukur kepala dan bulu paha (Yesaya 7:20);
Tuhan mengaum (Yeremia 25:30);
Tuhan bersiul (Zakharia 10:8); dll.
Tuhan macam apaan ini, padahal di injil justru Mengakui Ke Esa Allah tp disisi lain malah pakai metode(strategi) 3 in 1,
santri- SERSAN MAYOR
-
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
blackbox wrote:
syalom,
kalau persatuan kalian dalam artian satu tim,bisa disebut tim yg esa kan?
contoh nya dalam keluarga, dalam alkitab digunakan kata ekhad,kata yg sama yg digunakan untuk menuliskan keesaan tuhan.
Matius 19:5Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu(ekhad) daging.
Orang Kristen sering berdalih ESA itu bukan TUNGGAL. Esa itu satu kesatuan, spt halnya satu tim. Berbeda dengan tunggal yang artinya satu-satunya.
Saya tidak tahu mereka itu dapat referensi dari mana. Karena menurut kamus besar bahasa indonesia, ESA itu artinya ya TUNGGAL.
esa num tunggal; satu;
http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php
Disisi lain, orang Kristen mengenal doktrin Trinitas yang diterjemahkan sbg TRITUNGGAL.
Orang Kristen tidak konsisten. Trinitas itu kan tiga dalam satu tim, mosok diterjemahkan dg kata TRITUNGGAL.
Terakhir diubah oleh metheny tanggal Mon Sep 10, 2012 8:44 pm, total 1 kali diubah
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
metheny wrote:blackbox wrote:
syalom,
kalau persatuan kalian dalam artian satu tim,bisa disebut tim yg esa kan?
contoh nya dalam keluarga, dalam alkitab digunakan kata ekhad,kata yg sama yg digunakan untuk menuliskan keesaan tuhan.
Matius 19:5Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu(ekhad) daging.
Orang Kristen sering berdalih ESA itu bukan TUNGGAL. Esa itu satu kesatuan, spt halnya satu tim. Berbeda dengan tunggal yang artinya satu-satunya.
Saya tidak tahu mereka itu dapat referensi dari mana. Karena menurut kamus besar bahasa indonesia, ESA itu artinya ya TUNGGAL.
[b]esa num tunggal; satu;
http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php
Disisi lain, orang Kristen mengenal doktrin Trinitas yang diterjemahkan sbg TRITUNGGAL.
Orang Kristen tidak konsisten. Trinitas itu kan tiga dalam satu tim, mosok diterjemahkan dg kata TRITUNGGAL.
Kacau yak ajaran yesus,pengikutnya pada bingung bilang esa ehhh si pendeta bilang ada 3. Gua sih kagak alim" bener sih, tapi gua rada paham tuh apa yang dimaksud esa.
Beda banget ama quran di al ikhlas....kagak ada unsur laen selain Allah, betul" esa dah. Mantap tuh qur an
Wong Edan- SERSAN SATU
-
Posts : 136
Location : Surga
Join date : 10.09.12
Reputation : 4
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
setidaknya esa yg di ajarkan pendeta bukan esa yg di sebut "kami"Wong Edan wrote:metheny wrote:blackbox wrote:
syalom,
kalau persatuan kalian dalam artian satu tim,bisa disebut tim yg esa kan?
contoh nya dalam keluarga, dalam alkitab digunakan kata ekhad,kata yg sama yg digunakan untuk menuliskan keesaan tuhan.
Matius 19:5Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu(ekhad) daging.
Orang Kristen sering berdalih ESA itu bukan TUNGGAL. Esa itu satu kesatuan, spt halnya satu tim. Berbeda dengan tunggal yang artinya satu-satunya.
Saya tidak tahu mereka itu dapat referensi dari mana. Karena menurut kamus besar bahasa indonesia, ESA itu artinya ya TUNGGAL.
[b]esa num tunggal; satu;
http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php
Disisi lain, orang Kristen mengenal doktrin Trinitas yang diterjemahkan sbg TRITUNGGAL.
Orang Kristen tidak konsisten. Trinitas itu kan tiga dalam satu tim, mosok diterjemahkan dg kata TRITUNGGAL.
Kacau yak ajaran yesus,pengikutnya pada bingung bilang esa ehhh si pendeta bilang ada 3. Gua sih kagak alim" bener sih, tapi gua rada paham tuh apa yang dimaksud esa.
Beda banget ama quran di al ikhlas....kagak ada unsur laen selain Allah, betul" esa dah. Mantap tuh qur an
blackbox- KOPRAL
-
Posts : 49
Location : terperangkap di dalam kotak hitam
Join date : 31.08.12
Reputation : 0
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
putramentari wrote:jika Tuhan ente ESA dalam makna kesatuan, apakah komponen pembentuknya juga ESA :blackbox wrote:syalom,uplikitif.hajinskei wrote:blackbox wrote:
* Kejadian 49:6
LAI-TB, [color=green]Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu (YAKHAD)
trus pengertian ESA mnurut elo apa?
datang tiga orang = datang bertiga
datang dua orang = datang berdua
datang sendirian = datang bersatu
gituh ??
lirik lagunya NETRAL,
bersatuuuu,, bersatu melawan penipu
apakah bersatunya para pelawan penipu ituH merupakan ke ESAan ?
kalau persatuan kalian dalam artian satu tim,bisa disebut tim yg esa kan?
contoh nya dalam keluarga, dalam alkitab digunakan kata ekhad,kata yg sama yg digunakan untuk menuliskan keesaan tuhan.
Matius 19:5Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu(ekhad) daging.
maksudnya apakah Yesus juga bisa dibilang ESA.
Contoh : TORABIKA = ESA
unsur : kopi + susu +creamer
apakah susu bisa dibilang ESA
ne dulu ente jawab, jangan muter muter
putramentari- KAPTEN
-
Age : 43
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
tergantung..blackbox wrote:setidaknya esa yg di ajarkan pendeta bukan esa yg di sebut "kami"Wong Edan wrote:metheny wrote:blackbox wrote:
syalom,
kalau persatuan kalian dalam artian satu tim,bisa disebut tim yg esa kan?
contoh nya dalam keluarga, dalam alkitab digunakan kata ekhad,kata yg sama yg digunakan untuk menuliskan keesaan tuhan.
Matius 19:5Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu(ekhad) daging.
Orang Kristen sering berdalih ESA itu bukan TUNGGAL. Esa itu satu kesatuan, spt halnya satu tim. Berbeda dengan tunggal yang artinya satu-satunya.
Saya tidak tahu mereka itu dapat referensi dari mana. Karena menurut kamus besar bahasa indonesia, ESA itu artinya ya TUNGGAL.
[b]esa num tunggal; satu;
http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php
Disisi lain, orang Kristen mengenal doktrin Trinitas yang diterjemahkan sbg TRITUNGGAL.
Orang Kristen tidak konsisten. Trinitas itu kan tiga dalam satu tim, mosok diterjemahkan dg kata TRITUNGGAL.
Kacau yak ajaran yesus,pengikutnya pada bingung bilang esa ehhh si pendeta bilang ada 3. Gua sih kagak alim" bener sih, tapi gua rada paham tuh apa yang dimaksud esa.
Beda banget ama quran di al ikhlas....kagak ada unsur laen selain Allah, betul" esa dah. Mantap tuh qur an
Bahasa Batak Mandailing:
a. Tudia do HO, Lae?
b. Tudia do HAMU, Lae?
(Kemana kamu, Lae?)
HAMU (kalian) adlh bentuk jamak dari HO (kau).
TAPI dlm bahasa Mandailing, HAMU itu sering digunakan untuk menyapa 1 orang, krn itu lebih hormat dari pada HO.
kata Anta = anda (tunggal) dan Antum = kalian (jamak)
Contoh : Sodara Desy pergi belanja ke pasar, kemudian saya bertanya :
Hendak kemana antum (kalian) ??
Antum (jamak)dalam kaedah bahasa arab adalah konteks Kesopanan, Bukan anta (tunggal).
coba deh kalau ada, berikan kepada saya bukti kristen arab yg mempermasalahkan kata "Kami" dalam alquran...ada ngga?
musicman- LETNAN SATU
-
Posts : 2225
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 124
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
blackbox wrote:
setidaknya esa yg di ajarkan pendeta bukan esa yg di sebut "kami"
Jangan OOT gitu dong...
Intinya.....ESA dan TUNGGAL yang diajarkan pendeta BERBEDA dengan yang anda pahami.
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
blackbox wrote:
setidaknya esa yg di ajarkan pendeta bukan esa yg di sebut "kami"
esa yg di ajarkan pendeta adalah dona dan doni dalam satu tubuh lelaki,
dona = sosok lelaki
doni = sosok perempuan
lelaki = sebagai jenis kelamin pilihan yesoos
dan keduanya di imani keberadaannya ( memaksa di imani )
uplikitif.hajinskei- SERSAN MAYOR
-
Posts : 249
Location : jogjakarta
Join date : 30.08.12
Reputation : 2
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
Benarkah Tuhan itu satu ?
Secara kontekstual, sebenarnya hampir semua kitab suci yang ada, termasuk tiga kitab suci yang diyakini oleh mayoritas manusia didunia yaitu Taurat, Injil dan al-Qur’an (terlepas apakah itu Kitab Taurat dan Injil yang ada dalam bentuknya sekarang ini yaitu Kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru) semuanya bercerita tentang ketunggalan Tuhan dari sekutu.
Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa Tuhanlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia
- Perjanjian Lama : Kitab Ulangan 4:35
Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa
- Perjanjian Lama : Kitab Ulangan 6:4
Jawab Yesus: Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu Esa. - Perjanjian Baru : Kitab Injil Markus 12:29
Dan Tuhan kamu adalah Tuhan yang satu; Tidak ada Tuhan melainkan Dia, yang Pemurah lagi Penyayang. - Qs. 2 al-Baqarah : 163
Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. - Qs. 4 an-Nisaa': 87
Sungguh, tidaklah Dia, melainkan Tuhan yang satu
- Qs. 6 al-An'am : 19
Dialah Allah yang Satu - Qs. 112 al-Ikhlas : 1 - 4
Kenapa Tuhan itu harus ada satu ? berikut logika yang ditawarkan al-Qur’an :
Seandainya di langit dan di bumi ada Tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu (langit dan bumi) sudah rusak binasa !
- Qs. 21 al-anbiyaa’ : 22
Disini manusia dituntut memainkan logika manusiawinya, bahwa tidaklah mungkin ada dua raja dalam satu negara, begitupun yang berhubungan dengan ketuhanan, tidak akan mungkin bisa tercipta keteraturan dan keseimbangan dialam semesta raya ini jika Tuhannya lebih dari satu. Sebab bila demikian, masing-masing Tuhan akan merasa lebih benar dan merasa lebih bangga terhadap hasil ciptaan-Nya dan akan menumbuhkan pertentangan diantara Tuhan itu sendiri, lalu jika ini sampai terjadi, maka Tuhan sudah tidak ubahnya dengan makhluk-Nya yang memiliki banyak kekurangan dan sifat tercela, dengan demikian maka memang tidaklah mungkin Tuhan itu berbilang.
Semua alam raya ini merupakan penampakan nyata keberadaan Tuhan yang satu, keanekaragaman makhluk adalah manifestasi sifat-sifat ke-mahaan-Nya. Dalam bahasa yang lebih sederhana, Tuhan telah menciptakan jutaan cermin diri-Nya melalui karya kreatif-Nya pada seisi alam namun semuanya hanya sekedar pantulan dari diri yang satu. Wassalam,
Secara kontekstual, sebenarnya hampir semua kitab suci yang ada, termasuk tiga kitab suci yang diyakini oleh mayoritas manusia didunia yaitu Taurat, Injil dan al-Qur’an (terlepas apakah itu Kitab Taurat dan Injil yang ada dalam bentuknya sekarang ini yaitu Kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru) semuanya bercerita tentang ketunggalan Tuhan dari sekutu.
Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa Tuhanlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia
- Perjanjian Lama : Kitab Ulangan 4:35
Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa
- Perjanjian Lama : Kitab Ulangan 6:4
Jawab Yesus: Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu Esa. - Perjanjian Baru : Kitab Injil Markus 12:29
Dan Tuhan kamu adalah Tuhan yang satu; Tidak ada Tuhan melainkan Dia, yang Pemurah lagi Penyayang. - Qs. 2 al-Baqarah : 163
Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. - Qs. 4 an-Nisaa': 87
Sungguh, tidaklah Dia, melainkan Tuhan yang satu
- Qs. 6 al-An'am : 19
Dialah Allah yang Satu - Qs. 112 al-Ikhlas : 1 - 4
Kenapa Tuhan itu harus ada satu ? berikut logika yang ditawarkan al-Qur’an :
Seandainya di langit dan di bumi ada Tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu (langit dan bumi) sudah rusak binasa !
- Qs. 21 al-anbiyaa’ : 22
Disini manusia dituntut memainkan logika manusiawinya, bahwa tidaklah mungkin ada dua raja dalam satu negara, begitupun yang berhubungan dengan ketuhanan, tidak akan mungkin bisa tercipta keteraturan dan keseimbangan dialam semesta raya ini jika Tuhannya lebih dari satu. Sebab bila demikian, masing-masing Tuhan akan merasa lebih benar dan merasa lebih bangga terhadap hasil ciptaan-Nya dan akan menumbuhkan pertentangan diantara Tuhan itu sendiri, lalu jika ini sampai terjadi, maka Tuhan sudah tidak ubahnya dengan makhluk-Nya yang memiliki banyak kekurangan dan sifat tercela, dengan demikian maka memang tidaklah mungkin Tuhan itu berbilang.
Semua alam raya ini merupakan penampakan nyata keberadaan Tuhan yang satu, keanekaragaman makhluk adalah manifestasi sifat-sifat ke-mahaan-Nya. Dalam bahasa yang lebih sederhana, Tuhan telah menciptakan jutaan cermin diri-Nya melalui karya kreatif-Nya pada seisi alam namun semuanya hanya sekedar pantulan dari diri yang satu. Wassalam,
keroncong- KAPTEN
-
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
YESUS DATANG BUKAN UNTUK MEROMBAK TAURAT......
Berbeda dengan apa yang dianut , diayakini, dan dipahami oleh orang-orang Kristen sekarang ini terhadap Keesaan Tuhan , Alkitab sendiri memberikan kesaksian bahwa Yesus sendiri, sebagaimana juga Rasul-Rasul yang lain diutus oleh Allah memegang teguh kepercayaan akan “keesaan Tuhan”.
Hal ini diungkapkan beliau sesuai dengan kesaksian penulis-penulis Injil bahwa Yesus sama sekali tidak membawa suatu ajaran baru yang menghapuskan ajaran Nabi-Nabi terdahulu. Kepada orang-orang Bani Israel beliau menjelaskan kedatangannya bukanlah untuk merombak ajaran Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa melainkan hanya “menggenapi” atau mengadakan semacam “reenforce” terhadap Perjanjian Lama.
Orang-orang Yahudi sepeninggal Musa, telah melupakan ajaran Nabi Musa itu dan Yesus datang kembali untuk mengingatkan agar mereka kembali berpegang kepada Kitab Taurat.Lebih lanjut Yesus menjelaskan misinya kepada Bani Israel itu:
“Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau Kitab para Nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu:
Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat, sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain ia akan menduduki tempat yang paling rendah dalam kerajaan sorga, tetapi siapa yang melakukan dan melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan mendudduki tempat yang tinggi didalam Kerajaan Sorga. “.......(Matius 5:17-19).
Jadi jelaslah bahwa Yesus hanya sebagai “reformer” dan “pembaharu” dari ajaran Taurat dan Kitab-Kitab Nabi terdahulu yang sudah lama ditinggalkan dan dilupakan orang-orang Yahudi. Beliau sesuai dengan pengakuannya sama sekali tidak membawa ajaran baru yang merombak ajaran Taurat itu. Musa menjelaskan kepada orang-orang Yahudi tentang keesaan Tuhan dan bahwasanya Allah adalah satu-satunya Tuhan bagi orang-orang Israel itu.
“Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan. Jangan ada padamu Allah allah lain dihadapanKu. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada dilangit di atas atau yang ada dibumi dibawah atau yanga ada didalam air dibawah bumi.”......(Ulangan 5:6-8).
Masih dalam Kitab Taurat, dengan tegas dan jelas dapat kita baca:
“Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!..(Ulangan 6:4).
Jika seandainya Trinitas dimana Yesus adalah salah satu dari oknum Tuhan bahkan orang-orang Kristen meyakini bahwa Yesus adalah Allah sendiri sebagaimana yang ditekankan dalam ajaran Kristen sekarang ini, benar merupakan ajaran Yesus tentu saja doktrin tersebut akan kita jumpai dalam Perjanjian Lama. Padahal apa kita lihat dalam ajaran Musa adalah berlawanan dengan apa yang dianut oleh orang-orang Kristen sekarang ini. Musa sangat menekankan pentingnya kepercayaan akan “kesaan Tuhan” kepada orang-orang Yahudi dan dalam Perjanjian Baru pun hal tersebut juga dilakukan oleh Yesus terhadap pengikutnya.
“Jawab Yesus:”Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. Kasihi Tuhan, Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu”....(Markus 12:29-30).
Lebih lanjut lagi Yesus mengatakan:
“Ada seseorang datang kepada Yesus dan berkata:’Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?’. Jawab Yesus: ‘Apakah sebabnya engkau bertanya kepadaKu tentang apa yang baik? Hanya satu yang baik. Tetapi jikalau engkau igin masuk kedalam hidup, turutilah segala perintah Allah”.....(Matius 19:16-17).
Jadi jelaslah Yesus sama sekali menekankan pentingnya kepercayaan akan “keesaan Tuhan” secara mutlak dan menganjurkan kepada murid-muridnya untuk bertindak serupa.... ...Yesus juga tidak mengajarkan kepada pengikutnya bahwa dia adalah salah satu oknum trinitas .....bahkan Yesus dalam setiap ucapan dan tindakannya sama sekali tidak menunjukkan bahwa dia adalah Allah.... atau oknum Allah dari ajaran Trinitas yang dianut oleh orang-orang Kristen dewasa ini....
oleh : Armansyah, S.kom
Berbeda dengan apa yang dianut , diayakini, dan dipahami oleh orang-orang Kristen sekarang ini terhadap Keesaan Tuhan , Alkitab sendiri memberikan kesaksian bahwa Yesus sendiri, sebagaimana juga Rasul-Rasul yang lain diutus oleh Allah memegang teguh kepercayaan akan “keesaan Tuhan”.
Hal ini diungkapkan beliau sesuai dengan kesaksian penulis-penulis Injil bahwa Yesus sama sekali tidak membawa suatu ajaran baru yang menghapuskan ajaran Nabi-Nabi terdahulu. Kepada orang-orang Bani Israel beliau menjelaskan kedatangannya bukanlah untuk merombak ajaran Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa melainkan hanya “menggenapi” atau mengadakan semacam “reenforce” terhadap Perjanjian Lama.
Orang-orang Yahudi sepeninggal Musa, telah melupakan ajaran Nabi Musa itu dan Yesus datang kembali untuk mengingatkan agar mereka kembali berpegang kepada Kitab Taurat.Lebih lanjut Yesus menjelaskan misinya kepada Bani Israel itu:
“Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau Kitab para Nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu:
Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat, sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain ia akan menduduki tempat yang paling rendah dalam kerajaan sorga, tetapi siapa yang melakukan dan melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan mendudduki tempat yang tinggi didalam Kerajaan Sorga. “.......(Matius 5:17-19).
Jadi jelaslah bahwa Yesus hanya sebagai “reformer” dan “pembaharu” dari ajaran Taurat dan Kitab-Kitab Nabi terdahulu yang sudah lama ditinggalkan dan dilupakan orang-orang Yahudi. Beliau sesuai dengan pengakuannya sama sekali tidak membawa ajaran baru yang merombak ajaran Taurat itu. Musa menjelaskan kepada orang-orang Yahudi tentang keesaan Tuhan dan bahwasanya Allah adalah satu-satunya Tuhan bagi orang-orang Israel itu.
“Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan. Jangan ada padamu Allah allah lain dihadapanKu. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada dilangit di atas atau yang ada dibumi dibawah atau yanga ada didalam air dibawah bumi.”......(Ulangan 5:6-8).
Masih dalam Kitab Taurat, dengan tegas dan jelas dapat kita baca:
“Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!..(Ulangan 6:4).
Jika seandainya Trinitas dimana Yesus adalah salah satu dari oknum Tuhan bahkan orang-orang Kristen meyakini bahwa Yesus adalah Allah sendiri sebagaimana yang ditekankan dalam ajaran Kristen sekarang ini, benar merupakan ajaran Yesus tentu saja doktrin tersebut akan kita jumpai dalam Perjanjian Lama. Padahal apa kita lihat dalam ajaran Musa adalah berlawanan dengan apa yang dianut oleh orang-orang Kristen sekarang ini. Musa sangat menekankan pentingnya kepercayaan akan “kesaan Tuhan” kepada orang-orang Yahudi dan dalam Perjanjian Baru pun hal tersebut juga dilakukan oleh Yesus terhadap pengikutnya.
“Jawab Yesus:”Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. Kasihi Tuhan, Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu”....(Markus 12:29-30).
Lebih lanjut lagi Yesus mengatakan:
“Ada seseorang datang kepada Yesus dan berkata:’Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?’. Jawab Yesus: ‘Apakah sebabnya engkau bertanya kepadaKu tentang apa yang baik? Hanya satu yang baik. Tetapi jikalau engkau igin masuk kedalam hidup, turutilah segala perintah Allah”.....(Matius 19:16-17).
Jadi jelaslah Yesus sama sekali menekankan pentingnya kepercayaan akan “keesaan Tuhan” secara mutlak dan menganjurkan kepada murid-muridnya untuk bertindak serupa.... ...Yesus juga tidak mengajarkan kepada pengikutnya bahwa dia adalah salah satu oknum trinitas .....bahkan Yesus dalam setiap ucapan dan tindakannya sama sekali tidak menunjukkan bahwa dia adalah Allah.... atau oknum Allah dari ajaran Trinitas yang dianut oleh orang-orang Kristen dewasa ini....
oleh : Armansyah, S.kom
keroncong- KAPTEN
-
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
Esa bukan tunggal/satu.ichreza wrote:
Jadi jelaslah Yesus sama sekali menekankan pentingnya kepercayaan akan “keesaan Tuhan” secara mutlak dan menganjurkan kepada murid-muridnya untuk bertindak serupa.... ...
Bapa sendiri yg menegaskan:Yesus juga tidak mengajarkan kepada pengikutnya bahwa dia adalah salah satu oknum trinitas .....
Mat. 3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."
Juga malaikat:
Lukas 1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan."
Mat. 28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumibahkan Yesus dalam setiap ucapan dan tindakannya sama sekali tidak menunjukkan bahwa dia adalah Allah.... atau oknum Allah dari ajaran Trinitas yang dianut oleh orang-orang Kristen dewasa ini....
jakajayagiri-2- LETNAN DUA
-
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
Kristen sendiri terpecah belah soal echad.
Menurut kaum Kristen unitarian, echad bermakna satu, dan bukan satu kesatuan.
http://thebibleunitarian.org/videos/verses-words-explained/genesis/one-echad-heis-explained-words-for-one-in-hebrew-greek
The Bible Unitarian
http://thebibleunitarian.org/
The Bible Unitarian is dedicated to the One True God of Scripture.
Despite what the Trinitarians say, there is no evidence in the Bible for a triune God. Jesus said in John 5:44 and John 17:3 that the Father is the Only True God..Jesus never sinned. Either he told the truth or he is a liar. Do you think Jesus lied? You be the Judge!
Joh 5:44 How can you believe, when you receive glory from one another and do not seek the glory that comes from the only God?
Joh 17:3 And this is eternal life, that they know you the only true God, and Jesus Christ whom you have sent.
Menurut kaum Kristen unitarian, echad bermakna satu, dan bukan satu kesatuan.
http://thebibleunitarian.org/videos/verses-words-explained/genesis/one-echad-heis-explained-words-for-one-in-hebrew-greek
The Bible Unitarian
http://thebibleunitarian.org/
The Bible Unitarian is dedicated to the One True God of Scripture.
Despite what the Trinitarians say, there is no evidence in the Bible for a triune God. Jesus said in John 5:44 and John 17:3 that the Father is the Only True God..Jesus never sinned. Either he told the truth or he is a liar. Do you think Jesus lied? You be the Judge!
Joh 5:44 How can you believe, when you receive glory from one another and do not seek the glory that comes from the only God?
Joh 17:3 And this is eternal life, that they know you the only true God, and Jesus Christ whom you have sent.
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
Dan Yesus yg tak pernah bohong itu pula yg berkata memiliki segala kuasa atas sorga dan bumi.
jakajayagiri-2- LETNAN DUA
-
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
Yesus bilang dia : diberi kuasa. Ternyata tidak semua kuasa diberikan kpd Yesus, karena Yesus tidak tahu kapan hari kiamat. Mungkin kelupaan....jakajayagiri-2 wrote:Dan Yesus yg tak pernah bohong itu pula yg berkata memiliki segala kuasa atas sorga dan bumi.
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
metheny wrote:
Yesus bilang dia : diberi kuasa. Ternyata tidak semua kuasa diberikan kpd Yesus, karena Yesus tidak tahu kapan hari kiamat. Mungkin kelupaan....
siapa bilang tidalk semua?
Yesus sendri yang menyatakan SEGALA KUASA di sorga dan di bumi telah 'diberikan' kepada-Nya
soal hari kiamat..
misi Tuhan Yesus bukan untuk memberitahukan kapan hari kiamat itu
tapi ingat:
hari kiamat/akhir jaman adalah hari kedatangan-Nya sendiri yang kedua kali
pertanyaan Ia tahu/tidak tahu, tidak relevan
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
Lha wong ayatnya sudah jelas-jelas bilang:SEGOROWEDI wrote:
siapa bilang tidalk semua?
Yesus sendri yang menyatakan SEGALA KUASA di sorga dan di bumi telah 'diberikan' kepada-Nya
soal hari kiamat..
misi Tuhan Yesus bukan untuk memberitahukan kapan hari kiamat itu
tapi ingat:
hari kiamat/akhir jaman adalah hari kedatangan-Nya sendiri yang kedua kali
pertanyaan Ia tahu/tidak tahu, tidak relevan
P. Baru: Markus: 13
13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja."
ANAKPUN TIDAK.....
sangat jelas...anak MEMANG TIDAK TAHU.
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
Yesus tdk pernh berkata AKU TDK TAHU. Yg Yesus katakan ANAKPUN TDK. Artinya, Yesus sdg menyatakan bhw scr fungsional ANAK mmg bkn penentu hari kiamat. hanya Bapa saja.metheny wrote:Lha wong ayatnya sudah jelas-jelas bilang:SEGOROWEDI wrote:
siapa bilang tidalk semua?
Yesus sendri yang menyatakan SEGALA KUASA di sorga dan di bumi telah 'diberikan' kepada-Nya
soal hari kiamat..
misi Tuhan Yesus bukan untuk memberitahukan kapan hari kiamat itu
tapi ingat:
hari kiamat/akhir jaman adalah hari kedatangan-Nya sendiri yang kedua kali
pertanyaan Ia tahu/tidak tahu, tidak relevan
P. Baru: Markus: 13
13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja."
ANAKPUN TIDAK.....
sangat jelas...anak MEMANG TIDAK TAHU.
Selain itu, saat berbicara, Yesus adalah dlm rupa manusia. Kalau saat itu Yesus bilang tahu, justru salah besar krn memang tdk ada seorangpun manusia yg tahu.
jakajayagiri-2- LETNAN DUA
-
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
Yesus mengatakan: ANAKPUN TIDAK. seperti halnya perkataan Yesus: MALAIKATPUN TIDAK.jakajayagiri-2 wrote:
Yesus tdk pernh berkata AKU TDK TAHU. Yg Yesus katakan ANAKPUN TDK. Artinya, Yesus sdg menyatakan bhw scr fungsional ANAK mmg bkn penentu hari kiamat. hanya Bapa saja.
Artinya, Yesus dan malaikat pada posisi yang sama, yaitu: SAMA-SAMA TIDAK TAHU KAPAN HARI KIAMAT.
Padahal ketika Yesus bilang segala kuasa diberikan kpdnya, itu juga Yesus dalam rupa manusia. Seharusnya Yesus dlm rupa manusia juga tahu kapan kiamat, wong segala kuasa sudah diberikan kpd Yesus dlm rupa manusia kok..
Selain itu, saat berbicara, Yesus adalah dlm rupa manusia. Kalau saat itu Yesus bilang tahu, justru salah besar krn memang tdk ada seorangpun manusia yg tahu.
Tidak konsisten....
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.
Betul. Malaikat meski penghuni sorga, secara fungsional jg bkn penentu kiamat.metheny wrote:Yesus mengatakan: ANAKPUN TIDAK. seperti halnya perkataan Yesus: MALAIKATPUN TIDAK.jakajayagiri-2 wrote:
Yesus tdk pernh berkata AKU TDK TAHU. Yg Yesus katakan ANAKPUN TDK. Artinya, Yesus sdg menyatakan bhw scr fungsional ANAK mmg bkn penentu hari kiamat. hanya Bapa saja.
Artinya, Yesus dan malaikat pada posisi yang sama, yaitu: SAMA-SAMA TIDAK TAHU KAPAN HARI KIAMAT.
Segala kuasa ada pada YESUS, sangat benar. Artinya YESUS adalah TUHAN. Tp dlm hal pnentuan kiamat, scr fungsional ada pd Bapa. bkn pada Anak.Padahal ketika Yesus bilang segala kuasa diberikan kpdnya, itu juga Yesus dalam rupa manusia. Seharusnya Yesus dlm rupa manusia juga tahu kapan kiamat, wong segala kuasa sudah diberikan kpd Yesus dlm rupa manusia kok..
Selain itu, saat berbicara, Yesus adalah dlm rupa manusia. Kalau saat itu Yesus bilang tahu, justru salah besar krn memang tdk ada seorangpun manusia yg tahu.
Tidak konsisten....
yuk main analogi.
Si X jd guru di suatu skolah. kbtulan anaknya bersekolah di tmpat yg sama.
Dalam posisi sbg guru, tntu sja dia tau soal yg akan dia ujikan. Tp sbg bpk tntu saja dia tdk blh memberitahukan soal itu kpd anaknya. Dia musti tahu bgmana memilah fungsinya d hadapan anaknya. bgmana sbg guru, bgmana sbg ayah.
jakajayagiri-2- LETNAN DUA
-
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27
Halaman 1 dari 7 • 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
Similar topics
» YESUS BUKAN ANAK TUNGGAL ALLAH
» Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
» RAMAYANA: HUBAL atau ALLAH?
» Siapakah yang tersinggung: Allah swt atau Muslim?
» Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?
» Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
» RAMAYANA: HUBAL atau ALLAH?
» Siapakah yang tersinggung: Allah swt atau Muslim?
» Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?
Halaman 1 dari 7
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik