An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
Halaman 5 dari 6 • Share
Halaman 5 dari 6 • 1, 2, 3, 4, 5, 6
An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
First topic message reminder :
berawal dari sonoh..
http://www.laskarislam.com/t6550p275-isra-miraj-sebuah-hayalan-muhammad#127027
berawal dari sonoh..
http://www.laskarislam.com/t6550p275-isra-miraj-sebuah-hayalan-muhammad#127027
Kedunghalang wrote:Di dalam dunia kasysyaf, wujud Jibril as dan Allah Subhaana wa Ta'ala sangat mungkin dapat dilihat oleh Nabi Muhammad saw, karena mata yang digunakan Rasulullah pun adalah mata hati ruhani (fuaad), bukan kasat mata. Hadits menyatakan bahwa Rasulullah saw melihat (dengan mata hati ruhani/fuaad) Jibril as, dan Al Qur'an (An-Najm) menyatakan bahwa Allah Subhaana wa Ta'ala menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw yang melihat-Nya dengan mata hati ruhani/fuaad.
Tetapi, saya kira hanya grammar/nahwu & shorof saja tidak akan cukup menafsirkan dunia kasysyaf.
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
abu hanan wrote:wkwkwk..kalo cuman nulis nomor ayat mah gampang..penjelasan pak..anda tau kan "penjelasan"?
Ooooooh itu yang anda mau. Okey, supaya nyambung, coba jawab dulu: Menurut wan Abu, apakah Mi'raj dan Israa itu pengalaman dan pemandangan Nabi Muhammad saw secara fisik atau secara ruhaniah?
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
bi 'abdihi = hamba yang berarti perjalanan fisik dan rohani.bi 'abdihi menunjukkan person/sosok secarah utuh..Kedunghalang wrote:abu hanan wrote:wkwkwk..kalo cuman nulis nomor ayat mah gampang..penjelasan pak..anda tau kan "penjelasan"?Ooooooh itu yang anda mau. Okey, supaya nyambung, coba jawab dulu: Menurut wan Abu, apakah Mi'raj dan Israa itu pengalaman dan pemandangan Nabi Muhammad saw secara fisik atau secara ruhaniah?
http://www.laskarislam.com/t105-isra-mi-raj-fiksi-atow-ilmiah?highlight=isra+miraj
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
abu hanan wrote:bi 'abdihi = hamba yang berarti perjalanan fisik dan rohani.bi 'abdihi menunjukkan person/sosok secarah utuh..Kedunghalang wrote:abu hanan wrote:wkwkwk..kalo cuman nulis nomor ayat mah gampang..penjelasan pak..anda tau kan "penjelasan"?Ooooooh itu yang anda mau. Okey, supaya nyambung, coba jawab dulu: Menurut wan Abu, apakah Mi'raj dan Israa itu pengalaman dan pemandangan Nabi Muhammad saw secara fisik atau secara ruhaniah?
http://www.laskarislam.com/t105-isra-mi-raj-fiksi-atow-ilmiah?highlight=isra+miraj
Beginilah kalau wan Abu menafsirkan Al Qur'an hanya dengan mengandalkan NAHWU SHOROF saja. Bukankah NAHWU SHOROF itu hanya salah-satu dari banyak ilmu alat tafsir? Ada Qur'an bil Qur'an, ada Qur'an bil Hadits, ada Ilmu Pengetahuan Rasional dlsb. Jika wan Abu menafsirkan seperti itu tidak realistis berdasarkan Ilmu Pengetahuan Rasional, sehingga mereka sering bertanya beberapa hal, seperti:
1. Pada saat Israa, apakah Masjidil Aqsha / Baitul Maqdis sudah ada?
2. Mungkinkah para nabi terdahulu yang jumlahnya 124.000 dan sudah wafat bisa & wajib shalat berjama'ah dan bermakmum di belakang Nabi Muhammad saw?
3. Apakah BUROQ ada di dunia nyata?
Dan banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang jawabannya tidak masuk akal sehat. Padahal berapa banyak ayat suci Al Qur'an yang menanyakan: AFALAA TA'QILUUN?
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
owalah pak..tobat..tobat..
quran bil quran,quran bil hadits..itu anda emang ngerti kamsutnyah?
nahwu shorof adalah kaidah-tata bahasa arab..lha emang basa arab itu mesti dikaji pake grammar basa rusia?
bicara arab atow kajian basa arab yah sepatutnyah pake kaidah basa arab..
tafsir quran bil quran adalah omong kosong kalow gak sentuh kaidah tata basa arab..ini gak lebih dari mengikuti prasangka bila seseorang uda merasa menafsirkan quran bil quran tapi nahwu-shorof-balaghah dll dibuang ke kolong lemari..
quran bil quran,quran bil hadits..itu anda emang ngerti kamsutnyah?
nahwu shorof adalah kaidah-tata bahasa arab..lha emang basa arab itu mesti dikaji pake grammar basa rusia?
bicara arab atow kajian basa arab yah sepatutnyah pake kaidah basa arab..
tafsir quran bil quran adalah omong kosong kalow gak sentuh kaidah tata basa arab..ini gak lebih dari mengikuti prasangka bila seseorang uda merasa menafsirkan quran bil quran tapi nahwu-shorof-balaghah dll dibuang ke kolong lemari..
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
owalah pak..tobat..tobat..
quran bil quran,quran bil hadits..itu anda emang ngerti kamsutnyah?
nahwu shorof adalah kaidah-tata bahasa arab..lha emang basa arab itu mesti dikaji pake grammar basa rusia?
bicara arab atow kajian basa arab yah sepatutnyah pake kaidah basa arab..
tafsir quran bil quran adalah omong kosong kalow gak sentuh kaidah tata basa arab..ini gak lebih dari mengikuti prasangka bila seseorang uda merasa menafsirkan quran bil quran tapi nahwu-shorof-balaghah dll dibuang ke kolong lemari..
quran bil quran,quran bil hadits..itu anda emang ngerti kamsutnyah?
nahwu shorof adalah kaidah-tata bahasa arab..lha emang basa arab itu mesti dikaji pake grammar basa rusia?
bicara arab atow kajian basa arab yah sepatutnyah pake kaidah basa arab..
tafsir quran bil quran adalah omong kosong kalow gak sentuh kaidah tata basa arab..ini gak lebih dari mengikuti prasangka bila seseorang uda merasa menafsirkan quran bil quran tapi nahwu-shorof-balaghah dll dibuang ke kolong lemari..
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
abu hanan wrote:owalah pak..tobat..tobat..
quran bil quran,quran bil hadits..itu anda emang ngerti kamsutnyah?
nahwu shorof adalah kaidah-tata bahasa arab..lha emang basa arab itu mesti dikaji pake grammar basa rusia?
bicara arab atow kajian basa arab yah sepatutnyah pake kaidah basa arab..
tafsir quran bil quran adalah omong kosong kalow gak sentuh kaidah tata basa arab..ini gak lebih dari mengikuti prasangka bila seseorang uda merasa menafsirkan quran bil quran tapi nahwu-shorof-balaghah dll dibuang ke kolong lemari..
Saya tidak mengabaikan NAHWU SHOROF, tetapi ketika NAHWU SHOROF atau pemahaman anda tentang NAHWU SHOROF tidak memadai untuk menafsirkan Al Qur'an dengan benar, maka harus menggunakan alat tafsir lain, yakni Qur'an bil Qur'an atau Qur'an bil Hadits. Yang jelas menurut Hadits, Israa & Mi'raj adalah pengalaman dan pemandangan ruhaniah:
Rasulullah saw bersabda: "Semua pengalaman dan pemandangan-pemandangan ruhaniah itu di dalam Israa dan Mi'raj, ketika aku berada dekat Ka'bah dalam keadaan antara tidur dan jaga." (Shahih Bukhari 2, hal 137, Bab Dzikir Al Malaikah).
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
pak kedung..
ketika tata basa tidak memadai maka ayat " diturunkan dalam basa arab yang mubin" dibuang ajah pak..dengan bugituh,quran bil quran akan lebih memadai dan memenuhi selera berbeda tiap orang..
ketika tata basa tidak memadai maka ayat " diturunkan dalam basa arab yang mubin" dibuang ajah pak..dengan bugituh,quran bil quran akan lebih memadai dan memenuhi selera berbeda tiap orang..
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
abu hanan wrote:pak kedung..
ketika tata basa tidak memadai maka ayat " diturunkan dalam basa arab yang mubin" dibuang ajah pak..dengan bugituh,quran bil quran akan lebih memadai dan memenuhi selera berbeda tiap orang..
Maksud saya, ketika pemahaman kita tentang KADIAH NAHWU SHOROF tidak memadai untuk menafsirkan bahasa Al Qur'an dengan benar, maka kita harus menggunakan alat tafsir lain, yakni Ilmu Qur'an bil Qur'an atau Ilmu Qur'an bil Hadits.
Bukankah menurut Hadits berikut ini, Israa & Mi'raj itu adalah pengalaman dan pemandangan ruhaniah:
Rasulullah saw bersabda: "Semua pengalaman dan pemandangan-pemandangan ruhaniah itu di dalam Israa dan Mi'raj, ketika aku berada dekat Ka'bah dalam keadaan antara tidur dan jaga." (Shahih Bukhari 2, hal 137, Bab Dzikir Al Malaikah).
Rasulullah saw bersabda: "Semua pengalaman dan pemandangan-pemandangan ruhaniah itu di dalam Israa dan Mi'raj, ketika aku berada dekat Ka'bah dalam keadaan antara tidur dan jaga." (Shahih Bukhari 2, hal 137, Bab Dzikir Al Malaikah).
Jadi, menurut hadits tersebut, ketika Mi'raj dan Israa, fisik Rasulullah saw tetap berada di dekat Ka'bah dalam keadaan antara tidur dan jaga.
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
jika tata basa tidak lagi memadai menguak isi al quran maka al quran adalah kitab penuh keraguan dan ini adalah kesalahan pada pemirsa televisi..
kaidah quran bil quran adalah untuk menyatukan misi/visi dari suatu kata,suatu konteks..bugitu pula bil hadits..tata basa adalah bagian tak terpisahkan dari al quran..
tentang hadits..
bisakah anda beri sumber valid?atow nomor hadits?
kaidah quran bil quran adalah untuk menyatukan misi/visi dari suatu kata,suatu konteks..bugitu pula bil hadits..tata basa adalah bagian tak terpisahkan dari al quran..
tentang hadits..
bisakah anda beri sumber valid?atow nomor hadits?
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
abu hanan wrote:jika tata basa tidak lagi memadai menguak isi al quran maka al quran adalah kitab penuh keraguan dan ini adalah kesalahan pada pemirsa televisi..
kaidah quran bil quran adalah untuk menyatukan misi/visi dari suatu kata,suatu konteks..bugitu pula bil hadits..tata basa adalah bagian tak terpisahkan dari al quran..
Kalau kita beriman kepada Kitab Allah (Rukun Iman ke-3), tentu kita tidak akan menuduh Al Qur'an sebagai kitab penuh keraguan. Tetapi, kita harus introspeksi/muhasabah, apakah pemahaman kita tentang Ilmu Nahwu Shorof sudah memadai atau belum? Salah satu contoh, tentang pemahaman Hukum Idhofah yang belum memadai, sehingga membuat ulama/umat Islam sepakat bahwa Khaataman-Nabiyyin itu hanya satu artinya, yakni Penutup Nabi-Nabi atau Nabi Terakhir. Padahal, menurut Kamus Bahasa Arab, arti pokok kata Khaataman-Nabiyyin itu adalah "yang paling baik/istimewa/afdhal/sempurna di antara nabi-nabi" dan ada arti lainnya, seperti Meterai Para Nabi, Cincin/Perhiasan Para Nabi.
abu hanan wrote:
tentang hadits..
bisakah anda beri sumber valid?atow nomor hadits?
Sementara, saya hanya bisa menampilkan seperti itu. Tetapi, untuk lengkapnya, nanti saya bongkar-bongkar dulu perpustakaan saya.
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
lha idhofah yang dipake contoh..itu ada tempat untuk pembuktian pak..
disini,buktikan ajah bahwa melihat wujud itu dapat didukung dari tata basa al quran sendiri..
disini,buktikan ajah bahwa melihat wujud itu dapat didukung dari tata basa al quran sendiri..
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
abu hanan wrote:lha idhofah yang dipake contoh..itu ada tempat untuk pembuktian pak..
disini,buktikan ajah bahwa melihat wujud itu dapat didukung dari tata basa al quran sendiri..
الابصار = Penglihatan Mata Jasmani (Al An'Aam 6:103/104) tidak sampai kepada-Nya.
الرّءْيا = Penglihatan/Pemandangan Ruhaniah (Bani Israil 17:60/61 & An-Najm 53:11/12)
Terakhir diubah oleh Kedunghalang tanggal Sat Jun 14, 2014 8:24 am, total 6 kali diubah
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
mr kedung..
bener yakin dengan 2 kata itu pak?
bener yakin dengan 2 kata itu pak?
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
abu hanan wrote:mr kedung..
bener yakin dengan 2 kata itu pak?
Beriman kepada Al Qur'an adalah Rukun Iman yang ke-3.
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
pak kedung,sayah gak tanya berapa rukun iman?tetapi apa bener 2 kata itu menjadi dasar argumen anda tentang "melihat wujud allah"?
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
abu hanan wrote:pak kedung,sayah gak tanya berapa rukun iman?tetapi apa bener 2 kata itu menjadi dasar argumen anda tentang "melihat wujud allah"?
Kedua kata itu terdapat dalam Kitab Suci Al Qur'an dan ayat-ayatnya pun saya tampilkan. Saya beriman kepada Kitab Suci Al Qur'an, karena merupakan Rukun Iman yang ke-3.
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
owh..bugituh..yah yah..
sayah rehat sejenak..dan nantikan dengan bersabar..
sayah rehat sejenak..dan nantikan dengan bersabar..
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
abu hanan wrote:owh..bugituh..yah yah..
sayah rehat sejenak..dan nantikan dengan bersabar..
Take your time.
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
Kedunghalang wrote: Bukankah menurut Hadits berikut ini, Israa & Mi'raj itu adalah pengalaman dan pemandangan ruhaniah:
Rasulullah saw bersabda: "Semua pengalaman dan pemandangan-pemandangan ruhaniah itu di dalam Israa dan Mi'raj, ketika aku berada dekat Ka'bah dalam keadaan antara tidur dan jaga." (Shahih Bukhari 2, hal 137, Bab Dzikir Al Malaikah).
Tentang Hadist di atas, kayaknya pak kedung belum tau ya sumber dan Nomor hadist dalam sahih Bukhari ini.Abu Hanan wrote: tentang hadits..
bisakah anda beri sumber valid?atow nomor hadits?..
Mengenai Bab Dzikrul Malaikah (Bab Dzikir Al Malaikah) bisa di lihat di Sahih bukhari No 2968, dan berikut terjemahannya.
(saya kutip sebagian karena teksnya panjang)
BAB Dzikrul Malaaikah
(Sahih Bukhari No. 2968.) Telah bercerita kepada kami Hudbah bin Khalid telah bercerita kepada kami Hammam dari Qatadah. Dan diriwayartkan pula, Khalifah berkata kepadaku, telah bercerita kepadakami Yazid bin Zurai' telah bercerita kepada kami Sa'id dan Hisyam keduanya berkata telah bercerita kepada kami Qatadah telah bercerita kepada kami Anas bin Malik dari Malik bin Sha'sha'ah radliallahu 'anhuma berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ketika aku berada di sisi Baitullah antara tidur dan sadar". Lalu Beliau menyebutkan, yaitu: "Ada seorang laki-laki diantara dua laki-laki yang datang kepadaku membawa baskom terbuat dari emas yang dipenuhi dengan hikmah dan dan iman lalu orang itu membelah badanku dari atas dada hingga bawah perut, lalu dia mencuci perutku dengan air zamzam kemudian mengisinya dengan hikmah dan iman. Kemudian aku diberi seekor hewan tunggangan putih yang lebih kecil dari pada baghal namun lebih besar dibanding keledai bernama al-Buraq. Maka aku berangkat bersama Jibril Alaihissalam, hingga sampai di langit dunia…….(dst)
Ternyata Beda teksnya ya, antara yang di kutip oleh Mr. Kedung....
ngayarana- LETNAN DUA
-
Posts : 1148
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
ngayarana wrote:Kedunghalang wrote: Bukankah menurut Hadits berikut ini, Israa & Mi'raj itu adalah pengalaman dan pemandangan ruhaniah:
Rasulullah saw bersabda: "Semua pengalaman dan pemandangan-pemandangan ruhaniah itu di dalam Israa dan Mi'raj, ketika aku berada dekat Ka'bah dalam keadaan antara tidur dan jaga." (Shahih Bukhari 2, hal 137, Bab Dzikir Al Malaikah).Tentang Hadist di atas, kayaknya pak kedung belum tau ya sumber dan Nomor hadist dalam sahih Bukhari ini.Abu Hanan wrote: tentang hadits..
bisakah anda beri sumber valid?atow nomor hadits?..
Mengenai Bab Dzikrul Malaikah (Bab Dzikir Al Malaikah) bisa di lihat di Sahih bukhari No 2968, dan berikut terjemahannya.
(saya kutip sebagian karena teksnya panjang)
BAB Dzikrul Malaaikah
(Sahih Bukhari No. 2968.) Telah bercerita kepada kami Hudbah bin Khalid telah bercerita kepada kami Hammam dari Qatadah. Dan diriwayartkan pula, Khalifah berkata kepadaku, telah bercerita kepadakami Yazid bin Zurai' telah bercerita kepada kami Sa'id dan Hisyam keduanya berkata telah bercerita kepada kami Qatadah telah bercerita kepada kami Anas bin Malik dari Malik bin Sha'sha'ah radliallahu 'anhuma berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 0099]"Ketika aku berada di sisi Baitullah antara tidur dan sadar". Lalu Beliau menyebutkan, yaitu: "Ada seorang laki-laki diantara dua laki-laki yang datang kepadaku membawa baskom terbuat dari emas yang dipenuhi dengan hikmah dan dan iman lalu orang itu membelah badanku dari atas dada hingga bawah perut, lalu dia mencuci perutku dengan air zamzam kemudian mengisinya dengan hikmah dan iman. Kemudian aku diberi seekor hewan tunggangan putih yang lebih kecil dari pada baghal namun lebih besar dibanding keledai bernama al-Buraq. Maka aku berangkat bersama Jibril Alaihissalam, hingga sampai di langit dunia…….(dst)
Ternyata Beda teksnya ya, antara yang di kutip oleh Mr. Kedung....
Ya, memang benar, saya belum membaca haditsnya secara menyeluruh. Saya hanya mengutip hadits tersebut dari sebuah buku yang berjudul Mi'raj dan Israa oleh Saleh A. Nahdi. Tetapi, uraian yang anda kutip di atas yang diwarnai biru nampak jelas sekali bahwa peristiwa Mi'raj dan Israa' itu adalah pengalaman dan pemandangan ruhaniah Rasulullah saw, bukan peristiwa fisik. Hal ini ditegaskan oleh sabda Rasulullah saw:"Ketika aku berada di sisi Baitullah antara tidur dan sadar".
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
terkait post 112..itu kesimpulan ditegakkan berdasarkan apa?
bashar terkait mata jasmani..
rukyat terkait mata rohani..
karena bila memperhatikan basa arab yang beredar tiap taun..rukyatul hilal..apakah itu berarti melihat bulan dengan mata rohani?
bashar terkait mata jasmani..
rukyat terkait mata rohani..
karena bila memperhatikan basa arab yang beredar tiap taun..rukyatul hilal..apakah itu berarti melihat bulan dengan mata rohani?
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
الرّءْيا = Pada umumnya digunakan untuk penglihatan/pemandangan ruhaniah (Bani Israil 17:60/61 & An-Najm 53:11/12), tetapi kadang-kadang bisa juga digunakan secara fisik.
Contohnya dalam HR Sunan Ibnu Majah: Faidzaa roaitumuuhu "Maka, barangsiapa melihatnya (Imam Mahdi)" yang berlaku bagi mereka yang melihat langsung secara fisik, maupun mereka yang datang belakangan karena tidak diberi karunia Allah untuk melihat langsung Imam Mahdi secara fisik.
Terakhir diubah oleh Kedunghalang tanggal Wed Oct 08, 2014 11:38 pm, total 1 kali diubah
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
Saya berikan Reverensi mengenai pembahasan An Najm ini.
Saya kutip dari Sahih Muslim no 259, pada Bab : Makna firman Allah "Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain"
Hadist nya Panjang tapi buat kita pelajari bersama, berikut terjemahannya :
Semoga bermanfaat....
Saya kutip dari Sahih Muslim no 259, pada Bab : Makna firman Allah "Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain"
Hadist nya Panjang tapi buat kita pelajari bersama, berikut terjemahannya :
Dan telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami: Ismail bin Ibrahim dari Dawud dari asy-Sya'bi dari Masruq dia berkata, "Ketika aku duduk Bersandar di samping Aisyah, maka dia berkata, “Wahai Abu Aisyah (Masruq)!, Ada tiga perkara, barang siapa yang memper bincangkan salah satu darinya, berarti dia telah melakukan pembohongan yang amat besar terhadap Allah.'
Aku bertanya, 'Apakah tiga perkara itu? ' Aisyah menjawab, 'Pertama, barang siapa mengklaim bahwa Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam melihat Tuhannya maka sungguh dia telah membesarkan kebohongannya terhadap Allah.'
Aku yang duduk bersandar dari tadi, maka aku mulai duduk dengan baik, lalu aku berkata, 'Wahai Ummul Mukminin! Berilah aku tempo, dan janganlah kamu membuatku terburu-buru, (dengarlah kata-kataku ini terlebih dahulu), bukankah Allah telah berfirman: “Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain”(Qs. Al Takwir: 23).
Dan Firman Allah lagi: “Dan sungguh Muhammad telah melihat 'dia' dalam bentuk rupanya yang asal sekali lagi” (Qs. An Najm: 13).
Maka Aisyah menjawab, 'Aku adalah orang yang pertama bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. mengenai perkara ini dari kalangan umat ini. Beliau telah menjawab dengan bersabda: "Yang dimaksud 'dia' dalam ayat itu adalah Jibril (bukan Allah), aku tidak pernah melihat Jibril dalam bentuk asalnya kecuali dua kali saja, yaitu semasa dia turun dari langit dalam keadaan yang terlalu besar sehingga memenuhi di antara lagit dan bumi.' Kemudian Aisyah berkata lagi, 'Apakah kamu tidak pernah mendengar bahwa Allah: “Dia tidak dapat dilihat oleh penglihatan mata, sedangkan Dia dapat melihat dan mengetahui hakikat segala penglihatan mata, dan Dialah Yang Maha Bersifat Lemah Lembut lagi Maha Mendalam pengetahuannya” (Qs. Al An'am: 103).
Atau, apakah kamu tidak pernah mendengar firman Allah: “Dan tidaklah layak bagi seorang manusia, bahwa Allah mengajaknya berbicara kecuali berupa wahyu (dengan diberi mimpi) atau dari balik dinding (dengan mendengar suara saja) atau dengan mengutuskan utusan (Malaikat), lalu utusan itu menyampaikan wahyu kepadanya dengan izin Allah sesuatu yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi, lagi Maha Bijaksana” (Qs. Asy Syura: 51).
Kemudian Aisyah berkata lagi, 'Barangsiapa yang mengklaim bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah menyembunyikan sebagian dari kitab Allah, maka sungguh dia telah membesarkan pendustaan terhadap Allah, sebagaimana firman Allah: “Wahai Rasulullah, sampaikanlah sesuatu yang diturunkan kepadamu, dan jika kamu tidak melakukannya, maka berarti kamu tidak menyampaikan risalah-Nya” (Qs. Al Maidah: 67).
Kemudian Aisyah berkata, "Barangsiapa mengklaim bahwa dia mampu mengabarkan tentang takdir yang akan terjadi besok, maka sungguh dia telah membesarkan kebohongan terhadap Allah. Allah berfirman: “Katakanlah (hai Muhammad), tidak satu pun makhluk yang di langit dan Bumi yang mengetahui kegaiban kecuali Allah”. (Qs. An Naml: 65).
Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami Abdul Wahhab telah menceritakan kepada kami Dawud dengan sanad ini semisal hadits Ibnu Ulayyah, dan dia menambahkan, "Aisyah berkata, 'Kalau seandainya Muhammad telah menyembunyikan sebagian dari wahyu yang diturunkan kepadanya, niscaya dia menyembunyikan ayat ini: '(Dan (ingatlah), ketika kamu berkata kepada orang yang mana Allah telah melimpahkan nikmat kepadanya dan kamu (juga) telah memberi nikmat kepadanya, 'Tahanlah terus isterimu dan bertaqwalah kepada Allah', sedang kamu menyembunyikan di dalam hatimu sesuatu yang mana Allah akan menyatakannya, dan kamu takut kepada manusia, sedang Allah-lah yang lebih berhak untuk kamu takuti” (Qs. al-Ahzab: 37).
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami bapakku telah menceritakan kepada kami Ismail dari asy-Sya'bi dari Masruq dia berkata, "Aku bertanya kepada Aisyah, 'Apakah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam melihat Rabbnya? "Dia menjawab, 'Mahasuci Allah, sungguh bulu kuduku merinding karena perkataan yang kamu ucapkan tadi'."Lalu dia membawakan hadits tersebut dengan kisahnya. Dan hadits Dawud lebih sempurna dan panjang."
(Sahih Muslim 259)
Semoga bermanfaat....
ngayarana- LETNAN DUA
-
Posts : 1148
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
ngayarana wrote:Saya berikan Reverensi mengenai pembahasan An Najm ini.
Saya kutip dari Sahih Muslim no 259, pada Bab : Makna firman Allah "Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain"
Hadist nya Panjang tapi buat kita pelajari bersama, berikut terjemahannya :
Dan telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami: Ismail bin Ibrahim dari Dawud dari asy-Sya'bi dari Masruq dia berkata, "Ketika aku duduk Bersandar di samping Aisyah, maka dia berkata, “Wahai Abu Aisyah (Masruq)!, Ada tiga perkara, barang siapa yang memper bincangkan salah satu darinya, berarti dia telah melakukan pembohongan yang amat besar terhadap Allah.'
Aku bertanya, 'Apakah tiga perkara itu? ' Aisyah menjawab, 'Pertama, barang siapa mengklaim bahwa Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam melihat Tuhannya maka sungguh dia telah membesarkan kebohongannya terhadap Allah.'
Aku yang duduk bersandar dari tadi, maka aku mulai duduk dengan baik, lalu aku berkata, 'Wahai Ummul Mukminin! Berilah aku tempo, dan janganlah kamu membuatku terburu-buru, (dengarlah kata-kataku ini terlebih dahulu), bukankah Allah telah berfirman: “Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain”(Qs. Al Takwir: 23).
Dan Firman Allah lagi: “Dan sungguh Muhammad telah melihat 'dia' dalam bentuk rupanya yang asal sekali lagi” (Qs. An Najm: 13).
Maka Aisyah menjawab, 'Aku adalah orang yang pertama bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. mengenai perkara ini dari kalangan umat ini. Beliau telah menjawab dengan bersabda: "Yang dimaksud 'dia' dalam ayat itu adalah Jibril (bukan Allah), aku tidak pernah melihat Jibril dalam bentuk asalnya kecuali dua kali saja, yaitu semasa dia turun dari langit dalam keadaan yang terlalu besar sehingga memenuhi di antara lagit dan bumi.' Kemudian Aisyah berkata lagi, 'Apakah kamu tidak pernah mendengar bahwa Allah: “Dia tidak dapat dilihat oleh penglihatan mata, sedangkan Dia dapat melihat dan mengetahui hakikat segala penglihatan mata, dan Dialah Yang Maha Bersifat Lemah Lembut lagi Maha Mendalam pengetahuannya” (Qs. Al An'am: 103).
Atau, apakah kamu tidak pernah mendengar firman Allah: “Dan tidaklah layak bagi seorang manusia, bahwa Allah mengajaknya berbicara kecuali berupa wahyu (dengan diberi mimpi) atau dari balik dinding (dengan mendengar suara saja) atau dengan mengutuskan utusan (Malaikat), lalu utusan itu menyampaikan wahyu kepadanya dengan izin Allah sesuatu yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi, lagi Maha Bijaksana” (Qs. Asy Syura: 51).
Kemudian Aisyah berkata lagi, 'Barangsiapa yang mengklaim bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah menyembunyikan sebagian dari kitab Allah, maka sungguh dia telah membesarkan pendustaan terhadap Allah, sebagaimana firman Allah: “Wahai Rasulullah, sampaikanlah sesuatu yang diturunkan kepadamu, dan jika kamu tidak melakukannya, maka berarti kamu tidak menyampaikan risalah-Nya” (Qs. Al Maidah: 67).
Kemudian Aisyah berkata, "Barangsiapa mengklaim bahwa dia mampu mengabarkan tentang takdir yang akan terjadi besok, maka sungguh dia telah membesarkan kebohongan terhadap Allah. Allah berfirman: “Katakanlah (hai Muhammad), tidak satu pun makhluk yang di langit dan Bumi yang mengetahui kegaiban kecuali Allah”. (Qs. An Naml: 65).
Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami Abdul Wahhab telah menceritakan kepada kami Dawud dengan sanad ini semisal hadits Ibnu Ulayyah, dan dia menambahkan, "Aisyah berkata, 'Kalau seandainya Muhammad telah menyembunyikan sebagian dari wahyu yang diturunkan kepadanya, niscaya dia menyembunyikan ayat ini: '(Dan (ingatlah), ketika kamu berkata kepada orang yang mana Allah telah melimpahkan nikmat kepadanya dan kamu (juga) telah memberi nikmat kepadanya, 'Tahanlah terus isterimu dan bertaqwalah kepada Allah', sedang kamu menyembunyikan di dalam hatimu sesuatu yang mana Allah akan menyatakannya, dan kamu takut kepada manusia, sedang Allah-lah yang lebih berhak untuk kamu takuti” (Qs. al-Ahzab: 37).
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami bapakku telah menceritakan kepada kami Ismail dari asy-Sya'bi dari Masruq dia berkata, "Aku bertanya kepada Aisyah, 'Apakah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam melihat Rabbnya? "Dia menjawab, 'Mahasuci Allah, sungguh bulu kuduku merinding karena perkataan yang kamu ucapkan tadi'."Lalu dia membawakan hadits tersebut dengan kisahnya. Dan hadits Dawud lebih sempurna dan panjang."
(Sahih Muslim 259)
Semoga bermanfaat....
Hadits itu sudah jelas mengisyaratkan bahwa Allah tidak bisa dilihat secara kasat mata oleh siapa pun termasuk oleh Nabi Muhammad saw, tetapi pandangan mata ruhani dalam peristiwa Mi'raj dimana Allah mendekati Rasulullah saw merupakan kasysyaf, bukan kasat mata / pemandangan fisik.
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw
mr kedung..
haditsnyah gak bedakan fisik dan rohani..
1.Aku bertanya, 'Apakah tiga perkara itu? ' Aisyah menjawab, ' Pertama, barang siapa mengklaim bahwa Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam melihat Tuhannya maka sungguh dia telah membesarkan kebohongannya terhadap Allah.'
apakah "melihat" diatas telah berkategori fisik/rohani?
2. Maka Aisyah menjawab, 'Aku adalah orang yang pertama bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. mengenai perkara ini dari kalangan umat ini. Beliau
telah menjawab dengan bersabda:
"Yang dimaksud 'dia' dalam ayat itu adalah Jibril (bukan Allah),
uda jelaskah?dhommir gak mengacu pada allah..jika anda bantah point 2 diatas,silahkan anda angkut semua kaidah nahwu aka ilmu basa di trit ini..kalow anda masih ngeyel "dia" adalah allah..sayah heran,bugimana mungkin anda melampaui al quran berjalan dalam menafsirkan al quran..
haditsnyah gak bedakan fisik dan rohani..
1.Aku bertanya, 'Apakah tiga perkara itu? ' Aisyah menjawab, ' Pertama, barang siapa mengklaim bahwa Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam melihat Tuhannya maka sungguh dia telah membesarkan kebohongannya terhadap Allah.'
apakah "melihat" diatas telah berkategori fisik/rohani?
2. Maka Aisyah menjawab, 'Aku adalah orang yang pertama bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. mengenai perkara ini dari kalangan umat ini. Beliau
telah menjawab dengan bersabda:
"Yang dimaksud 'dia' dalam ayat itu adalah Jibril (bukan Allah),
uda jelaskah?dhommir gak mengacu pada allah..jika anda bantah point 2 diatas,silahkan anda angkut semua kaidah nahwu aka ilmu basa di trit ini..kalow anda masih ngeyel "dia" adalah allah..sayah heran,bugimana mungkin anda melampaui al quran berjalan dalam menafsirkan al quran..
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Halaman 5 dari 6 • 1, 2, 3, 4, 5, 6
Similar topics
» Mengapa ber-Tuhan kepada yang sama-sekali tidak pernah menampakkan diri?
» melihat wujud Allah di dunia
» Wujud Allah dalam Alkitab adalah Dzat
» Sholawat kepada Rasulullah
» wasiat rasulullah kepada abu dzar al ghiffary
» melihat wujud Allah di dunia
» Wujud Allah dalam Alkitab adalah Dzat
» Sholawat kepada Rasulullah
» wasiat rasulullah kepada abu dzar al ghiffary
Halaman 5 dari 6
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik