FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI


Join the forum, it's quick and easy

FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI
FORUM LASKAR ISLAM
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Halaman 2 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty doktrin kristen unitarian

Post by keroncong Mon Nov 21, 2011 5:48 pm

First topic message reminder :

Ada gebrakan baru yang mendobrak iman Kristiani. Gerakan kalangan kristen dengan spirit back to the Bible ini menamakan diri komunitas Kristen Tauhid (Kristen Unitarian)

Pemikiran yang memprotes dasar Iman Kristiani tentang Allah dan Yesus ini dituangkan oleh Frans Donald dalam buku Allah dalam Alkitab dan Al-Qur'an. Buku setebal 97 halaman ini disambut dengan suka cita oleh Pendeta Dr Tjahjadi Nugroho, MA. Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia ini menyebut buku tersebut sebagai buku yang "menohok keras salah satu isu teologis mendasar" (hlm 9).

Doktrin Yesus sebagai Allah yang sejati dalam Trinitas, ditelanjangi habis-habisan oleh Frans. Dari sisi sejarah, dipaparkan secara kritis bahwa doktrin ini adalah warisan secara turun temurun dalam tradisi kekristenan sejak abad ke-4, saat kekristenan yang bertradisi Yahudi bercampur dengan peradaban Yunani dan Romawi yang politeistik (menyembah banyak dewa). Lantas, secara perlahan-lahan tradisi tauhid dibelokkan oleh filsafat Yunani menjadi ajaran Trinitas. Doktrin ini ditradisikan selama belasan abad dan telah mendarah daging sehingga para pendeta dan pastur banyak yang tidak tahu asalmula doktrin tersebut. Para pendeta dan pastur itu meyakini doktrin trinitas, bahwa Yesus sebagai oknum kedua dari ketuhanan, sebagai ajaran Alkitabiah (sesuai dengan ajaran Alkitab/Bibel). Padahal ajaran ini terbukti tidak sesuai dengan Alkitab, sehingga dinilai tidak Alkitabiah alias salah doktrin (hlm 37).

Pada halaman berikutnya, Frans membeberkan dalil-dalil Bibel untuk membuktikan bahwa Yesus bukan Allah, antara lain : Yohanes 12:49-50 menyebutkan, Allah mengutus/memerintah Yesus, berarti Allah dan Yesus adalah dua entitas yang berbeda. Yohanes 14:28 menyebutkan Allah lebih besar daripada Yesus, berarti Yesus tidak setara dengan Allah. Dalil lainnya adalah Yohanes 17:3,20:17, Matius 24:36, Markus 13:32, dan lainnya (hlm. 39-40).

Setelah menohok doktrin tentang Trinitas, ketuhanan Yesus, ketuhanan Roh Kudus dan peribadatan hari Minggu yang dinyatakan tidak Alkitabiah, Frans meletakkan bab berjudul "Taurat, Injil dan Al-Qur'an Satu Kesatuan" (hlm 74-78). Dengan mengutip Al-Qur'an surah al-Maidah:68, Frans menyimpulkan bahwa ketiga kitab suci (Taurat, Injil dan al-Qur'an) adalah satu kesatuan kunci ilai yang tidak bisa dipisahkan.

Untuk itu, Frans menyindir umat Islam, "Demikian pula para pengikut Nabi Muhammad saw yang belum menyelidiki dan mempelajari Taurat dan Injil nampaknya belum thau tentang nama Allah dalam Taurat, Yahweh yang disembah oleh leluhur mereka..." (hlm 76).

Demikian sedikit ulasan tentang agama Kristen Tauhid yang dicanangkan oleh Frans Donald. Ia mendefinisikan Kristen Tauhid sebagai Kristen yang bertauhid kepada Allah yang Esa, bukan Trinitas (hlm 86).

Sekilas, ide agama Kristen Tauhid itu terlihat baik untuk meredam gesekan antara Islam dan Kristen. Tapi, mempertemukan ajaran Taurat, Injil dan al-Qur'an dalam satu agama pastilah akan melahirkan berbagai kerumitan yang berujung di jalan buntu.

Pasalnya, terdapat perbedaan dalam kitab-kitab tersebut. Jangankan mempersatukan Injil dengan al-Qur'an, mempertemukan sesama ayat Injil saja bukan hal yang mudah. Misalnya, di satu sisi, Injil Bibel menyatakan bahwa Allah itu tidak sama dengan Yesus sebagaimana diungkapkan oleh Frans di atas. Tapi, dalam ayat-ayat lainnya, Bibel tidak membantah gelar bahwa Yesus adalah Allah. Misalnya, Yesus tidak menolak ataupun marah kepada Thomas ketika menyapanya dengan seruan, "Ya Tuhanku dan Allahku" (Yohanes 20:28).

Ayat lain yang menyebut Yesus sebagai Allah adalah : "AKan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal yang Benar, dan kita ada di dalam yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal" (I Yohanes 5:20).

"Tetapi tentang Anak (Yesus, pen) Ia berkata : Tahta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran "(Ibrani 1:8).

Mempersatukan al-Qur'an dengan Tuaurat dan Injil yang ada dalam Bibel, jelas mustahil. Karena dalam banyak ayat antara lain surah al-Baqarah:75,79, al-Maidah:13, an-Nisa:46, dan lainnya. Al-Qur'an mengritisi Bibel sebagai kitab yang sudah mengalami tahrif (perubahan, distorsi). Beberapa contoh tahrif ini bisa kita baca pada artikel-artikel yang ada di situs ini dalam kategori KRISTOLOGI. Selain itu, salah satu fungsi al-Qur'an adalah sebagai pengujian (muhaiminan alaih) dan pembetulan/koreksi (mushaddiq) terhadap kitab-kitab terdahulu (QS al-Maidah:48).

Keyakinan umat Islam terhadap kitab-kitab terdahulu hanya sebatas mengimani keberadaannya, bahwa Allah pernah mewahyukan Taurat kepada Nabi Musa dan Injil kepada Nabi Isa sebagai petunjuk Bani Israil ke jalan Tuhan. Tidak ada kewajiban bagi umat Islam untuk mengamalkan Taurat yang ada dalam kitab Bibel milik umat Kristiani saat ini, karena tidak ada bukti yang shahih bahwa Taurat Bibel itu adalah peninggalan Nabi Musa alahisissalam. Bahkan bebeapa penyelidikan membuktikan bahwa Taurat Bibel itu ditulis setelah Nabi Musa wafat. Demikian pula keyakinan umat Islam terhadap keempat Injil dalam Bibel. Keempat Injil ini bukan peninggalan Nabi Isa alahihissalam, melainkan ditulis oleh orang-orang yang bukan murid Yesus berpuluh-puluh tahun setelah Nabi Isa tidak ada di dunia.

Kesahalan dasar asumsi ketika mendefinisikan Allah, menjadi batu sandungan sendiri bagi para Kristen Tauhid. Frans mengurai kata "Allah" berasal dari dua kata yaitu "al" (kata sandang) dan "ilah" (sesembahan, god). Secara etimologis Allah memiliki padanan makna dalam bahasa Indonesia menjadi dewa, dalam nahasa Inggris menjadi God, dalam bahasa Ibrani menjadi Elohim, dan dalam bahasa Yunani menjadi Theos (hlm 23).

Kata "Allah" adalah isim ghairu musytaq (kata yang tidak ada asal katanya dan bukan pecahan dari kata lain). Karena kata ini tidak bisa diubah menjadi bentuk tatsniyah (ganda), bentuk jamak (plural), dan tidak dapat dijadikan sebagai mudhaf.
keroncong
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down


kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by abu hanan Thu Nov 24, 2011 2:10 pm

SEGOROWEDI wrote:
ichreza wrote:
firman yang hidup dan yang tidak hidup itu sejajar, kedudukannya sama-sama sebagai makhluk

Firman Allah kok mahluk
yang diperintah menyampaikan firman itu yang mahluk, yaitu nabi
tetapi Firman Allah adalah Allah itu sendiri
firman allah = allah.
perkataan tuhan = tuhan.

jadih dalam jalur periwayatan injil,yesus ituh termasuk nabi atau tuhan?
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by keroncong Thu Nov 24, 2011 2:22 pm

SEGOROWEDI wrote:
ichreza wrote:
firman yang hidup dan yang tidak hidup itu sejajar, kedudukannya sama-sama sebagai makhluk

Firman Allah kok mahluk
yang diperintah menyampaikan firman itu yang mahluk, yaitu nabi
tetapi Firman Allah adalah Allah itu sendiri

ya makhluk (ciptaan)
orang lain tidak bisa membuat kamu bersuara, hanya kamu sendiri yang bisa membuat kmau bersuara.
keroncong
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by SEGOROWEDI Thu Nov 24, 2011 3:23 pm

abu hanan wrote:
firman allah = allah.
perkataan tuhan = tuhan.

jadih dalam jalur periwayatan injil,yesus ituh termasuk nabi atau tuhan?

Dia-lah Firman yang hidup itu.
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by SEGOROWEDI Thu Nov 24, 2011 3:25 pm

ichreza wrote:
ya makhluk (ciptaan)
orang lain tidak bisa membuat kamu bersuara, hanya kamu sendiri yang bisa membuat kmau bersuara.

Tuhan berfirman, bukan membuat firman.
Maka Firman Tuhan adalah Tuhan itu sendiri.
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by abu hanan Thu Nov 24, 2011 4:22 pm

SEGOROWEDI wrote:
ichreza wrote:
ya makhluk (ciptaan)
orang lain tidak bisa membuat kamu bersuara, hanya kamu sendiri yang bisa membuat kmau bersuara.

Tuhan berfirman, bukan membuat firman.
Maka Firman Tuhan adalah Tuhan itu sendiri.
AH berkatah,bukan membuat perkataan
Maka kata2 AH adalah AH ituh sendirih.
Begitukah?
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by BAKUL KOPI Thu Nov 24, 2011 11:05 pm

@si boz : bukan gitu.... yg saya bingungkan itu nyambung ga seh antara posting MO dan respon dari SW...?
piss ga tau deh,nyimak aza.....
BAKUL KOPI
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 36
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by keroncong Fri Nov 25, 2011 12:15 am

SEGOROWEDI wrote:
ichreza wrote:
ya makhluk (ciptaan)
orang lain tidak bisa membuat kamu bersuara, hanya kamu sendiri yang bisa membuat kmau bersuara.

Tuhan berfirman, bukan membuat firman.
Maka Firman Tuhan adalah Tuhan itu sendiri.

sapi menyusui, artinya sapi menghasilkan susu. susu adalah produk sapi.
Tuhan berfirman, artinya Tuhan menghasilkan firman. firman adalah produk Tuhan
keroncong
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by mang odoy Fri Nov 25, 2011 9:59 am

SEGOROWEDI wrote:
Admin wrote:
Maksud Mang Odoy itu bahwa antara "saksi YEHOVA" dan Islam memiliki sebuah celah untuk membuktikan bahwa ajaran Paulus itu sudah menyimpang...
Ada beberapa doktrin utama kekristenan yang diterima oleh semua gereja yang justru ditolak oleh Saksi Yehova. Misalnya: Keilahian dan kebangkitan Kristus, kepribadian Roh Kudus dan Allah Tritunggal serta tentang keselamatan...
ini yang mungkin perlu dicai tahu, kenafa..


Yesus Kristus menurut Saksi Yehova
Saksi Yehova mengajar bahwa Yesus pribadi yang diciptakan. Allah menciptakan 2 malaikat Lucifer dan Michael. Lucifer menjadi iblis karena kesombongannya dan Michael yang datang itu ialah Tuhan Yesus. Didalam Alkitab terjemahan versi Saksi Yehova (NWT) Yesus disebut allah Yoh 1:1b (The world was a god) Yesus yang diciptakan oleh Allah Bapa (Yehova) disiapkan untuk melayani Allah Bapa. Yesus adalah pelayan utama Bapa bukan Allah.

Roh Kudus menurut Saksi Yehova
Roh Kudus adalah suatu daya atau kuasa aktif yang keluar dari Allah Maha Tinggi (The invisible active force of Almight God). Berdasarkan ini dapat disimpulkan bahwa Roh Kudus bukan pribadi dan bukan juga Allah dalam Tritunggal.

jadi isa adalah malaikat (mikail) pada setuju?
roh kudus bukan malaikat (jibril) juga pada setuju?

kalau jawabnya SETUJU silakan pada masuk celah bersama-sama

ngasih pertanyaan sendiri...dijawab sendiri...ntar ntar...NGACIR juga sendiri...he he he..
avatar
mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by BAKUL KOPI Fri Nov 25, 2011 2:11 pm

ketawa guling up
BAKUL KOPI
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 36
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by SEGOROWEDI Fri Nov 25, 2011 4:11 pm

mang odoy wrote:
ngasih pertanyaan sendiri...dijawab sendiri...ntar ntar...NGACIR juga sendiri...he he he..

setuju kagak?

bahwa:
isa adalah malaikat (mikail)?
roh kudus bukan malaikat (jibril)?
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by mang odoy Sat Nov 26, 2011 1:51 am

SEGOROWEDI wrote:
mang odoy wrote:
ngasih pertanyaan sendiri...dijawab sendiri...ntar ntar...NGACIR juga sendiri...he he he..

setuju kagak?

bahwa:
isa adalah malaikat (mikail)?
roh kudus bukan malaikat (jibril)?

saya sering ngobrol/debat dengan Para Penginjil dari Jehovah Witnesses..baik ketika kapal saya nyandar di Eropa atow Amerika...dan koleksi buku dari mereka pun sudah seabreg dan sengaja saya simpan untuk koleksi..

Sejauh ini...saya belum mendapat informasi bahwa..

"YESUS ADALAH MALAIKAT "MICHAEL LEARN TO ROCK"

Silahkan tanya ke yang posting kata kata tersebut..darimana itu sumbernya..

avatar
mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by SEGOROWEDI Mon Nov 28, 2011 5:23 pm

mang odoy wrote:
saya sering ngobrol/debat dengan Para Penginjil dari Jehovah Witnesses..baik ketika kapal saya nyandar di Eropa atow Amerika...dan koleksi buku dari mereka pun sudah seabreg dan sengaja saya simpan untuk koleksi..

Sejauh ini...saya belum mendapat informasi bahwa..
"YESUS ADALAH MALAIKAT "MICHAEL LEARN TO ROCK"

Silahkan tanya ke yang posting kata kata tersebut..darimana itu sumbernya..

kalau yang ini:
roh kudus bukan malaikat (jibril)?

setuju kagak?
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by SEGOROWEDI Mon Nov 28, 2011 6:09 pm

abu hanan wrote:
AH berkatah,bukan membuat perkataan
Maka kata2 AH adalah AH ituh sendirih.
Begitukah?

ya
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by SEGOROWEDI Mon Nov 28, 2011 6:10 pm

ichreza wrote:
sapi menyusui, artinya sapi menghasilkan susu. susu adalah produk sapi.
Tuhan berfirman, artinya Tuhan menghasilkan firman. firman adalah produk Tuhan

Tuhan berfirman. Firman itulah Tuhan
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by keroncong Mon Nov 28, 2011 6:14 pm

SEGOROWEDI wrote:
ichreza wrote:
sapi menyusui, artinya sapi menghasilkan susu. susu adalah produk sapi.
Tuhan berfirman, artinya Tuhan menghasilkan firman. firman adalah produk Tuhan

Tuhan berfirman. Firman itulah Tuhan

kalau Tuhan bersenggama berarti senggama itu tuhan anda
keroncong
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by SEGOROWEDI Mon Nov 28, 2011 6:16 pm

ichreza wrote:
kalau Tuhan bersenggama berarti senggama itu tuhan anda

bicara sorga maksiat (sex 100 kali), jangan disini
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty mengenal tokoh anti trinitas

Post by keroncong Tue Nov 29, 2011 5:30 pm

Banyak hal sudah terjadi pada masa lalu sehubungan dengan perbedaan sudut pandang terhadap konsep Trinitas yang berakhir dengan pembantaian terhadap mereka yang menolak doktrin tersebut.

Berikut beberapa tokoh anti-Trinitas yang hidupnya harus berakhir secara mengenaskan itu.

1. Iranaeus (130-200 M), dia lahir disaat ajaran Kristen Antiokia sudah menyebar ke Afrika Utara, Spanyol hingga ke Prancis Selatan. Tidak banyak catatan sejarah mengenai asal-usul dan kedewasaannya, sejarah mulai mencatat masa dimana Iranaeus membawa surat petisi dari Uskup Lyons Pothinus kepada Paus Elutherus di Roma.

Petisi itu berupa permohonan Pothinus kepada Paus untuk menghentikan pengejaran, penyiksaan dan pembunuhan terhadap orang-orang Kristen yang tidak menyetujui doktrin gereja Pauline.

Ketika masih berada di Roma, Iranaeus mendapat berita bahwa semua orang Kristen yang tidak sepaham dengan Paulus yang ada di Lyons Antiochia termasuk uskup Pothinus sendiri telah tewas dibunuh. Dan pada waktu kembali ke Lyons, Iranaeus menggantikan Ponthinus untuk menjabat sebagai uskup dinegrinya.

Ditahun 190 M, Iranaeus sendiri menulis surat kepada Paus Victor agar menghentikan pembantaian terhadap orang-orang Kristen yang dibunuh karena keyakinan mereka yang berbeda dengan keyakinan gereja Paulus.

Cerita lama kembali terulang, Iranaeus sendiri terbunuh pada tahun 200 M karena tidak bersedia mengikuti keyakinan Paus, Iranaeus hanya beriman dan mengakui kepada satu Tuhan, yaitu Allah, dan dia mendukung pengajaran kemanusiaan Jesus yang diangkat oleh Allah menjadi utusan-Nya.

Iranaeus banyak melakukan kritikan terhadap Paulus karena dianggapnya sebagai orang yang paling bertanggung jawab didalam memasukkan doktrin-doktrin dari agama berhala dan filsafat Plato kedalam ajaran sejati Jesus.

Didalam bukunya, "Universalism The Prevailing Doctrine Of The Christian Church During Its First Five Hundred Years" ditulis oleh J.W. HANSON, D. D menyatakan mengenai Iranaeus ini sebagai berikut :

In a germinal form of the Apostle's Creed, Irenæus, A.D. 180, says that the judge, at the final assize, will cast the wicked into aionian fire. It is supposed that he used the word aionian, for the Greek in which he wrote has perished, and the Latin translation reads, "ignem aeternum."

2. "Tertullian" (160-220 M), dia adalah seorang penduduk asli Carthage (Kartago).
Tertullian sebagaimana juga dengan Iranaeus, meyakini ke-Esaan Allah dan mengidentifikasikan Jesus sebagai juru selamat (Messiah) bangsa Yahudi. Dia menentang Paus Callistus karena mengajarkan "dosa asal" telah diampuni setelah melaksanakan penebusan dosa resmi dibawah gereja.

Tertullian menekankan tentang kesatuan jiwa dan eksistensi dan mengatakan bahwa orang-orang yang sehat akalnya pasti meyakini bahwa Jesus hanyalah manusia belaka.

Paus Callistuslah yang memperkenalkan istilah "Trinitas" kedalam tulisan-tulisan "ecclesiastical" (gerejawi) Latin ketika ia membahas doktrin baru yang aneh tersebut. Istilah Trinitas sendiri sama sekali tidak pernah digunakan dalam kitab-kitab suci.

3. "Origen" (185-254 M). Ayahnya bernama "Leonidas" dan mendirikan pusat pendidikan teologi dengan mengangkat seorang guru Teologi terkemuka bernama Clement sebagai kepala lembaga tersebut. Origen sendiri mendapatkan pendidikan ditempat itu.

Leonidas adalah seorang pengikut Kristen Apostolik, yaitu ajaran monotheisme (ke-Esaan Tuhan) dan mengakui kehambaan dari Jesus.

Sebagaimana kita tahu, gereja Paulus tidak mau menerima kepercayaan seperti yang dipegang oleh Leonidas ini, dan sebagai konsekwensinya pada tahun 208 Leonidas tewas dibunuh oleh orang-orang Paus.

Karena merasa dirinya juga terancam, Clement segera meninggalkan Alexandria. Dan sebagai gantinya, Origen meneruskan kepemimpinan Clement sebagai kepala sekolah Teologi.

Pada tahun 230 M, Origen dinobatkan sebagai seorang Pendeta di Palestina, namun karena Origen telah mengajarkan konsep Monotheisme didalam gereja, Uskup Demerius akhirnya memecat Origen dan mengusirnya dari gereja (persis seperti yang dinubuatkan Jesus dalam Yoh 16:1-3 -pen).

Origen mengungsi ke Caesarea dan mendirikan pusat pendidikan Teologi ditempat itu pada tahun 231 M yang akhirnya membawa nama harum kepadanya.

Jerome, seorang penulis Injil pertama dalam bahasa Latin, pada mulanya merupakan orang yang sangat mendukung Origen, namun akhirnya Jerome berbalik kepada gereja Paulus dan menarik garis permusuhan terhadap Origen.

Jerome berusaha agar Origen mendapatkan kecaman dan pengadilan dari gereja setempat, namun popularitas Origen terlampau besar dan tidak memungkinkan bagi Uskup John untuk melakukannya, sehingga atas rencananya ini mengakibatkan Jerome sendiri tersingkir dari kalangan gereja.

Namun pada tahun 250 M, Origen dikecam oleh Konsili Alexandria dan dijebloskan kedalam penjara serta mendapatkan penyiksaan yang terus menerus oleh pihak gereja Paulus sehingga mengakibatkan kematiannya pada tahun 254 M.

Origen telah menulis sekitar 600 buah karangan dan risalah. Dia adalah salah seorang yang paling berperan dalam sejarah gereja dan telah gugur sebagai seorang syuhada yang membela ajaran Allah sejati.

Dimasa mudanya sampai menjelang akhir hayatnya, Origen tetap mempertahankan pengajaran ke-Esaan Tuhan (The Unity of God), meyakini bahwa hanya Allah saja yang berkuasa dan Jesus adalah manusia biasa dan hamba Allah, bukan Allah itu sendiri.

4. "Diodorus", seorang Uskup yang berasal dari negri Tarsus, tanah kelahiran Paulus.
Diodorus merupakan tokoh Kristen terkemuka di Antiochia, dia berpendapat bahwa dunia ini selalu berubah-ubah, perubahan itu sudah ada sejak dahulu. Dan itu menunjukkan ada sesuatu yang tetap dibalik perubahan itu.

Lebih jauh lagi, keberagaman eksistensi dan kebijaksanaan yang diperlihatkan dalam setiap proses perubahan itu sendiri, menunjukkan terhadap kesatuan asal yang mendasarinya dan memperlihatkan kehadiran Sang Pencipta dan Pemelihara. Inilah menunjukkannya adanya satu Pencipta Yang Maha Esa.

Diodorus menekankan sifat kemanusiaan secara menyeluruh dalam diri Jesus yang memiliki jiwa manusia dan daging manusia, tidak ada unsur ketuhanan sama sekali.

5. "Lucian", seorang yang dikenal keluasan ilmunya terhadap bahasa Ibrani dan Yunani. Lucian tidak menginduk terhadap salah satu gereja dari tahun 220 sampai 290 M. Pengajaran Lucian adalah Monotheisme, yaitu pengesaan Allah dalam segala bentuk-Nya.

Lucian percaya kepada penafsiran gramatikal dan literal (sesuai dengan bunyi lahir suatu kata) dari kitab-kitab suci (Bible). Dia menentang kecenderungan untuk mencari-cari makna symbolis dan kiasan dari teks-teks Injil, dan percaya kepada suatu pendekatan empiris dan kritis terhadap kitab-kitab tersebut. Dia mengatakan bahwa dengan mencari-cari makna symbolis tersebut, dapat berakibatkan dengan penambahan dan pengurangan pada Injil yang berarti hilangnya kemurnian ajaran Jesus.

Lucian menghilangkan perubahan-perubahan yang terjadi pada kitab Injil yang diterjemahkan kedalam bahasa Yunani (Septuaginta), beliau telah mengadakan revisi terhadap empat Injil yang menjadikannya berbeda dengan Injil-Injil yang dipergunakan oleh gereja Paulus.

Lucian menolak paham trinitas dan sebaliknya begitu menekankan ajaran Tauhid, bahwa hanya Allah saja Tuhan alam semesta yang patut disembah, sedangkan Jesus hanyalah manusia biasa yang diangkat menjadi Utusan-Nya.

Atas sikapnya ini, Lucian menjalani penyiksaan dari pihak gereja Paulus dan dihukum mati pada tahun 312 M.

Perselisihan pendapat terbesar di kalangan pemikir Trinitas yang akhirnya menjadi satu legenda menyangkut dunia ketuhanan Kristen adalah kontroversi 'Aryan Heresy' atau pernyataan anti-trinitas yang dikemukakan oleh Arius (256-336 M).

Arius adalah salah seorang murid utama Lucian berkebangsaan Lybia yang juga pernah bersama-sama dengan gurunya menegakkan Monotheisme, Arius sendiri merupakan seorang presbyter (ketua majelis gereja) digereja Baucalis Alexandria, salah satu gereja tertua dan terpenting dikota itu pada tahun 318 M.

Sejak wafatnya Lucian pada tahun 312 M ditangan orang-orang gereja Paulus, perlawanan Arius terhadap doktrin Trinitas semakin mengkristal, dan dalam perjuangannya ini, Arius justru mendapatkan dukungan dari dua orang saudari Kaisar Constantin yang bernama Constantina dan Licunes.

Arius dianggap sebagai seorang pemberontak Trinitas dengan mempergunakan argumen logika :

"Jika Jesus itu benar-benar anak Tuhan, maka Bapa harus ada lebih dahulu. Oleh karena itu harus ada "masa" sebelum adanya anak. Berarti anak adalah makhluk. Maka dari itu anak tidak selamanya ada atau tidak abadi. Sedangkan Tuhan yang sebenarnya adalah abadi, berarti Jesus tidaklah sama dengan Tuhan."

Atas argumentasi Arius tersebut, sekitar seratus orang Pastur Mesir dan Lybia berkumpul untuk mendengarkan pertanggung jawaban Arius. Dan diwaktu itu juga Arius mengemukakan kembali pemandangannya :

"Ada masa sebelum adanya Jesus, sedangkan Tuhan sudah ada sebelumnya. Jesus ada kemudian, dan Jesus hanyalah makhluk biasa yang bisa binasa seperti makhluk-makhluk lainnya. Tetapi Tuhan tidak akan binasa."

Arius juga memperkuat argumentasinya dengan sejumlah ayat-ayat Bible seperti Yohanes 14:8: "Bapa lebih besar daripada Jesus"; Seandainya kita mengakui bahwa Jesus adalah sama dengan Tuhan, maka kita harus menolak kebenaran ayat Yohanes tersebut.

Argumen Arius ini secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut :

Jika Jesus memang "anak Tuhan", maka akan segera disertai pengertian bahwa "Bapak Tuhan" haruslah ada terlebih dahulu sebelum adanya sang "Anak".

Oleh sebab itu tentulah akan terdapat rentang waktu ketika "Anak" belum ada.
Oleh karenanya, "Anak" adalah makhluk yang tersusun dari sebuah "esensi" atau makhluk yang tidak selalu ada.

Karena Tuhan merupakan suatu zat yang bersifat mutlak (abadi, alpha dan omega), maka Jesus tidak mungkin bisa menjadi "esensi" yang sama sebagaimana "esensi" Tuhan.

Kesimpulan pendapat Arius, bahwa hanya ada satu Tuhan, yaitu Tuhan yang selalu Ada dan tidak mempunyai asal usul, Dia Ada tanpa keberadaan sebelumnya. Dalam hal ini Arius membedakan antara unsur keistimewaan yang tetap ada di dalam Tuhan, yang merupakan kekuatan yang kekal dengan unsur keistimewaan Jesus sebagai suatu kelebihan yang diberikan oleh Tuhan selayaknya seorang Nabi dan itu tidak bersifat kekal.

Arius menjabarkan bahwa Jesus yang disebut Tuhan anak ini merupakan makhluk, sebab ia telah diciptakan oleh Tuhan Bapa sekalipun umpamanya benar diri Jesus sendiri diciptakan sebelum proses penciptaan Abraham (Nabi Ibrahim) sebagaimana yang diriwayatkan dalam kitab Perjanjian Baru -Injil Johanes pasal 8 ayat 58, namun dalam hal ini, status Jesus tetaplah merupakan makhluk ciptaan dan dia bukan Tuhan.

Argumen Arius ini tidak bisa terbantahkan, dan mulai tahun 321 M, Arius dikenal sebagai seorang presbyter pembangkang dan mendapatkan banyak dukungan dari Uskup-uskup daerah Timur.

Untuk mendukung pandangan-pandangannya, Arius mengemukakan sejumlah ayat didalam kitab Perjanjian Baru yang memperlihatkan Jesus selaku anak dari Tuhan Bapa berkedudukan di bawah Tuhan Bapa seperti kitab Matius 28:18, kitab Markus 13:32, kitab Lukas 18:19, kitab Johannes 5:19; pasal 14:28, serta surat kiriman 1 Korintus pasal 15 ayat 28.

Konflik ini semakin menjadi memanas setelah Athanasius (293-373 M), salah seorang tokoh agama dan cendikiawan besar yang mendukung doktrin Trinitas turut dalam perselisihan tajam dengan Arius.

Untuk menengahi pertentangan ini lebih jauh, maka oleh Kaisar Konstantin (280-337 M) dibentuklah suatu konsili (musyawarah besar) di Nicea (Asia Kecil - dekat kota Konstantinopel) pada tahun 325 M (abad ke-IV) dengan diikuti oleh para Uskup, tokoh-tokoh Theologi kenamaan dan banyak Sarjana Gereja, Konsili tersebut dikenal juga dengan nama Konsili Oikumonis I (Oikumene berarti seluruh dunia yang didiami bangsa manusia).

Dalam musyawarah itu, pengikut Arius menolak pandangan tentang penciptaan eternal (penciptaan yang bebas dari dimensi waktu), sementara Athanasius mempertahankannya. Pengikut Arius mengatakan bahwa anak diciptakan dari tidak ada, sementara Athanasius mengatakan bahwa anak diciptakan dari esensi Tuhan Bapak. Pengikut Arius berpendapat bahwa Tuhan anak tidak sama substansinya dengan Tuhan Bapa sementara Athanasius berpendapat sebaliknya.

Setelah titik penyatuan pandangan tidak juga berhasil dicapai dari kedua belah pihak yang berdebat, akhirnya kaisar Konstantin memberikan pernyataan bersayap (keputusan yang sifatnya bebas untuk ditafsirkan oleh pihak manapun) demi untuk menjaga kestabilitasan keadaan negrinya.

Adapun keputusan kaisar Konstantin ini menyebutkan bahwa Jesus memiliki sifat yang "Homousius" dengan Tuhan Bapa, istilah "Homousius" sendiri bisa berartikan satu hakekat, satu keadaan atau juga memiliki hubungan yang rapat satu sama lainnya.

Keputusan Konsili itu juga berhasil merumuskan "SYMBOLUM APOSTOLICUM" (Syahadat para Rasul) kata “syahadat” sendiri berasal dari kata bahasa Latin “credo” yang artinya “aku percaya”, dimana inti dari rumusan ini menggaris bawahi tentang ketiga pribadi dalam Tuhan yang satu itu adalah sejajar, walaupun digunakan istilah Bapa dan Anak.



“Credoin Deo Patri omnipotentem
(aku percaya akan Allah Bapa Yang Maha Kuasa)

Creatorem coeli et terrae
(pencipta Langit dan Bumi)

Et in Iesum Christum, Fillium eius unicum, Dominium nostrum
(dan akan Jesus Kristus, PutraNya yang Tunggal Tuhan kita)

Qui conceptus est de Spiritu Sancto, natus ex Maria Virgine
(yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria)

Passus sub Pontio Pilato, crucifixus, mortuus et sepultus
(yang menderita sengsara dalam Pemerintahan Ponsius Pilatus; disalibkan wafat dan dimakamkan)

Descendit ad inferna (inferos)
(yang turun ketempat penantian)

Tertia die resurrexit a mortuis
(pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati)

Acendit ad coelos, sedet ad dexteram Dei Patris omnipotentis
(yang naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang Maha Kuasa)

Inde venturus est iudicare vivos et mortuos
(dari situ Dia akan datang mengadili orang yang hidup dan mati)

Credo in Spiritum Sanctum
(aku percaya akan Roh Kudus)

Sanctam Ecclesiam catholicam, sanctorum communionem
(Gereja Katolik yang Kudus, persekutuan para kudus)

Remisionem peccatorum
(pengampunan dosa)

Carnis resurrectionem
(kebangkitan badan)

Vitam eternam
(kehidupan kekal)

Amen
(Amin)”.

( Sumber Credo dari http://www.katolik.net/ )


Pasca Konsili Nicea I, Athanasius berhasil membujuk kaisar untuk membuang Arius kesatu tempat yang jauh serta membakar semua tulisan-tulisan pemikiran Monotheismenya dengan alasan bahwa Arius masih tidak puas terhadap keputusan Kaisar. Hal ini tidak berlangsung lama sebab Kaisar Konstantin dengan dukungan Uskup Eusebius yang menentang paham Trinitas memanggil pulang Arius dari pengasingannya dan mengakui bahwa konsepnya mengenai Monotheisme lebih bisa diterima ketimbang paham Trinitas.

Pada tahun 336 Arius diangkat menjadi Pastur di Constantinopel dan dalam satu muslihat yang licik, dia berhasil dibunuh.

Semenjak tahun 340 M (tiga tahun setelah kematian Kaisar Konstantin pada tahun 337 M dan digantikan oleh Kaisar Theodosius), perselisihan antara Monotheisme dengan Trinitas kembali mencuat kepermukaan dan penyelesaian yang diberlakukan Gereja dengan dukungan pihak-pihak kerajaan tidaklah memuaskan semua pihak serta hanya bersifat sementara, sebab keyakinan pihak Istana sendiri tidak mempercayai pengajaran Injil sehingga setiap kali ada pergantian kaisar maka selalu ada perubahan suasana, dan ini bisa mengubah setiap titik dari keputusan Dewan Nicea sebelumnya. Pihak yang menang saat itu bisa berbalik menjadi pihak yang dikalahkan atau dipersalahkan di kemudian hari oleh kerajaan. Dan sejarah inilah yang akhirnya paling sering terjadi dalam kontroversi doktrin Trinitas dimasa lalu.

Empat puluh lima tahun setelah kematian Arius, Konsili Nicea (Nicene Creed) yang pernah digelar pada tahun 325 M kemudian diadakan lagi pada tahun 381 M, yang menghasilkan pernyataan "Syahadat Konsili Nicea Konstantinopel", yang mana isinya adalah :



“Aku percaya akan satu Allah
Bapa yang Maha Kuasa
Pencipta langit dan bumi
Dan segala sesuatu yang kelihatan
Dan tidak kelihatan.
Dan akan satu Tuhan, Yesus Kristus,
Putra Allah yang tunggal.
Ia lahir sebelum segala abad.
Allah dari Allah,
Terang dari Terang.
Allah benar dari Allah benar.
Ia dilahirkan, bukan dijadikan
Sehakikat dengan Bapa.
Segala sesuatu dijadikan olehNya.
Ia turun dari surga untuk kita manusia
Dan untuk keselamatan kita.
Ia dikandung dari roh Kudus,
Dilahirkan oleh perawan Maria,
Dan menjadi manusia
Iapun disalibkan untuk kita, waktu Pontius Pilatus.
Ia wafat kesengsaraan dan dimakamkan.
Pada hari ketiga Ia bangkit, menurut Kitab Suci.
Ia naik ke surga, duduk di sisi Bapa.
Ia akan kembali dengan mulia,
Mengadili orang yang hidup dan yang mati.
KerajaanNya takkan berakhir.
Aku percaya akan Roh Kudus,
Ia Tuhan yang menghidupkan,
Ia berasal dari Bapa dan Putra
Yang serta Bapa dan Putra disembah dan dimuliakan.
Ia bersabda dengan perantaraan para nabi.
Aku percaya akan Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik,
Aku mengakui satu pembaptisan, akan pengampunan dosa.
Aku menantikan kebangkitan orang mati
Dan hidup di akhirat.
Amin.”


Dalam sejarah internal gereja Trinitas sendiri, semenjak kerajaan Romawi Barat dan Romawi Timur berpisah, gereja-gereja penganut paham ketuhanan Trinitas pun terpisah menjadi gereja barat dan gereja timur.

Kata "gereja" sebenarnya berasal dari kata "igraja" yang diperkenalkan di Indonesia oleh para misionaris Portugis. Kata "igraja" tersebut berasal dari kata Latin "ecclesia" yang pada awalnya berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu "ekklesia" yang artinya "kumpulan" atau "pertemuan", sehingga makna umum dari gereja itu adalah tempat berkumpul orang-orang tertentu dan dalam hal ini adalah orang-orang yang meyakini asas ketuhanan Trinitas.

Adanya gereja Barat dan gereja Timur ini akhirnya membawa perpecahan-perpecahan sendiri yang mengakibatkan ajaran Trinitas terbagi dalam banyak sekte atau aliran, perpecahan awalnya adalah larangan yang dibuat oleh Kaisar Romawi Leo III pada tahun 726 M kepada umat Trinitas agar jangan mengkuduskan dan membuat patung-patung atau gambar-gambar (Icono Clasts) berkenaan dengan keyakinan dunia Kristen Trinitas seperti gambaran Jesus, Mariah atau orang-orang yang dianggap suci lainnya.

Perintah Kaisar Leo III ini dikukuhkannya lagi pada tahun 730 M dengan pemikiran bahwa hal ini merupakan perbuatan keberhalaan dan bertentangan dengan Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru sendiri.

Larangan ini diberlakukan sampai pemerintahan Kaisar Konstantin IV dan Kaisar Leo IV, sementara pemimpin gereja Timur yang disebut Paus Gregori II dan Paus Gregori III serta Germanius dengan dukungan gereja Konstantinopel dan Kaisar Irene justru memberikan persetujuan pemujaan gambar-gambar keagamaan, perselisihan yang panjang dan lama ini akhirnya diselesaikan dengan dicabutnya larangan ini pada Sidang Umum ketujuh yang berlangsung di Nicaea tahun 787 M.

Namun perpecahan di antara keduanya tidak akan diatasi oleh sidang tersebut dan masalah ini mengemuka pada abad ke 11 M pada waktu Roma menerima pemberian suatu tambahan ke dalam Nicene Creed, suatu hal yang tidak disetujui Gereja Timur. Tambahan itu adalah "dan anak" setelah frasa "kami percaya dalam Roh Kudus, Tuhan pemberi kehidupan, yang diturunkan dari Tuhan Bapa..." Jadi, Gereja-gereja Timur tidak menerima bahwa Roh Kudus diturunkan dari Tuhan Bapak dan Anak, melainkan hanya dari Tuhan Bapa saja.

Tentang masalah ini Timur dan Barat sama sekali tidak mempunyai titik temu dan menimbulkan pemisahan tahun 1054, karena wakil Paus menempatkan surat-surat ekskomunikasi pada altar St. Sophia di Konstantinopel. Sejak itulah muncul Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Yunani.

Kata "Katolik" berarti "univeral", "memiliki sifat-sifat totalitas" atau "utuh". Dengan demikian Gereja Katolik adalah tempat berkumpul universal, dimana setiap orang telah dipanggil untuk membawa kabar sukacita Injil kepada setiap orang, kepada setiap bangsa, kepada setiap penjuru dunia.

Pusat gereja Katolik di dunia, gereja Santo Petrus Basilica (St. Peter’s Basilica) yang dibangun di Vatikan, adalah tempat dimana Petrus (Symeon -salah seorang murid Jesus) dimakamkan. Saat ini, kuburan dari Petrus berada di dalam tanah, persis dibawah altar utama di antara tiang-tiang penopang kubah Bernini.

Unsur-unsur doktrinal membuat mereka tetap terpisah: Gereja Katolik dipimpin oleh satu tampuk pimpinan yang disebut Paus, sementara Gereja Ortodoks menyerahkan kepemimpinan di tangan para bishop atau patriark (berarti Uskup); pandangan tentang Roh Kudus juga berbeda, Gereja Ortodoks tetap memberikan kedudukan penting bagi ikon-ikon dalam pemujaan, para pelayan gerejanya dibolehkan menikah, dan lain-lain.

Kata "Paus" ("Pope") artinya "Bapa" yang diambil dari bahasa Yunani. Didalam penggunaan bahasa Latin, kata ini lebih menunjukkan rasa hormat. Pada jaman Reformasi, kaum Protestan tidak setuju dengan istilah yang terkesan eksklusif tersebut, maka istilah "Paus" lebih sering disebut sebagai "Uskup Roma" (Bishop of Rome) seperti istilah pertamanya di jaman awal; Paus adalah pemimpin tertinggi Gereja Katolik dan sekaligus merupakan Ketua dari Dewan Para Uskup.

Walaupun pada mulanya kota Yerusalem dianggap sebagai pusat kesucian (karena disana terletak Bait al-Maqdis), namun sikap permusuhan yang diperlihatkan orang-orang Yahudi sendiri yang menguasai Yerusalem terhadap hal-hal yang berbau Jesus, mendorong pemindahan pusat Kristen; mula-mula ke Antiokia, lalu bergeser kekota Roma.

Paus memegang kekuasaan tertinggi, yang melampaui kekuasaan raja dan ratu. Namun sejak akhir abad keempat belas mulailah timbul tantangan terhadap kekuasaan Paus yang begitu besar. Timbullah gerakan reformasi yang dimulai Lollards dan Hussites; gerakan ini berubah menjadi ancaman serius terhadap supremasi Gereja Katolik ketika tahun 1617, seorang imam bernama Martin Luther menentang keras penjualan surat aflat (pengampunan dosa) oleh gereja.

Dia lalu menolak supremasi Paus, serta menghasut para bangsawan Jerman untuk memberontak dan memisahkan kekuasaan mereka. Para bangsawan, yang sebelumnya terdisilusi dengan kontrol oleh Gereja dan Paus, membutuhkan sedikit dorongan dan banyak diantara mereka segera bergabung dengan Martin Luther serta mendirikan gereja tersendiri, mereka dikenal sebagai Kristen Protestan (yaitu orang-orang Kristen yang memprotes).

Seiring dengan perjalanan sang waktu, hingga kini ada banyak sekali aliran dalam ajaran Trinitas, terlepas dari semua itu, kontroversi mengenai doktrin Trinitas sendiri sampai sekarang tidak pernah berhenti dan selesai dari dunia Kristen.

Sehubungan dengan doktrin Trinitas sendiri, "The Catholic Encyclopedia" mengomentari: "Dalam naskah alkitab belum terdapat satu istilah pun untuk menyatakan ke-Tiga Pribadi Tuhan tersebut secara bersama. Kata trias [tri'as]yaitu asal kata dari trinitas dalam bahasa Latin mula-mula ditemukan dalam karya Teofilus dari Antiokhia kira-kira tahun 180 M.... Tidak lama kemudian kata itu muncul dalam bentuk Latinnya dalam tulisan Tertullian." (http://www.newadvent.org/cathen/15047a.htm)

Dan sebagaimana akhir dari tulisan Bab sebelumnya, maka pada akhir dari Bab inipun akan diberikan pengantar pemikiran kritis bagi orang-orang yang meyakini ide Trinitas.

Pertama, orang-orang penganut paham ketuhanan ini berkata: "Tritunggal adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan doktrin utama agama Kristen..." tetapi sayangnya kitab Perjanjian Lama serta kitab Perjanjian Baru sendiri sebagai kitab sucinya justru sama sekali tidak pernah menyinggung ide ketuhanan Trinitas ini, kemunculannya hanyalah disebabkan penafsiran orang atas kata Bapa, Anak, Roh Kudus serta penafsiran atas beberapa kisah yang pernah terjadi pada masa kehidupan Jesus.

Bersikukuh bahwa Tritunggal adalah misteri yang begitu membingungkan karena berasal dari wahyu Tuhan hanyalah menciptakan problem besar. Sebab dalam kitab Bible yang disebut sebagai wahyu Tuhan itu sendiri tidak ada pandangan demikian mengenai Tuhan:

"Allah adalah Allah yang suka akan ketertiban; Ia bukan Allah yang suka pada kekacauan. Seperti yang berlaku di dalam semua jemaat Allah." (1 Korintus 14:33 Bahasa Indonesia sehari-hari)

Berangkat dari pernyataan itu, mungkinkah Allah akan mencetuskan doktrin mengenai diri-Nya sendiri yang begitu membingungkan sehingga bahkan para cendikiawan dan Teolog dari Ibrani, Yunani, dan Latin serta Barat yang sarat dengan pemikiran dan ilmu pengetahuannya tidak dapat menjelaskannya?


keroncong
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by SEGOROWEDI Wed Nov 30, 2011 8:01 am

semua hanya Tuhan yang tahu
sebab memang ada perintah dari Tuhan untuk membinasakan para penyesat
yang diperintah jelas siapa, dan yang harus dibinasakan juga jelas siapa
jadi tidak sembarang orang boleh mengatas-namakan Tuhan lalu melakukan pembinasaan terhadap mereka yang dianggapnya sesat
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by mang odoy Wed Nov 30, 2011 11:23 am

SEGOROWEDI wrote:
mang odoy wrote:
saya sering ngobrol/debat dengan Para Penginjil dari Jehovah Witnesses..baik ketika kapal saya nyandar di Eropa atow Amerika...dan koleksi buku dari mereka pun sudah seabreg dan sengaja saya simpan untuk koleksi..

Sejauh ini...saya belum mendapat informasi bahwa..
"YESUS ADALAH MALAIKAT "MICHAEL LEARN TO ROCK"

Silahkan tanya ke yang posting kata kata tersebut..darimana itu sumbernya..

kalau yang ini:
roh kudus bukan malaikat (jibril)?

setuju kagak?

ha ha ha ha...sampe nawar nawar gitu... ketawa guling


ROH KUDUS dalam Bible terjemahan LAI

Coba kita cek dalam bahasa aslinya..

Lukas 3:22 dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah

Kita cek disini...
http://interlinearbible.org/luke/3-22.htm

SPIRIT = PNEUMA
Apa itu...??
http://www.eliyah.com/cgi-bin/strongs.cgi?file=greeklexicon&isindex=pneuma

4151. pneuma pnyoo'-mah from 4154; a current of air, i.e. breath (blast) or a breeze; by analogy or figuratively, a spirit, i.e. (human) the rational soul, (by implication) vital principle, mental disposition, etc., or (superhuman) an angel, demon, or (divine) God, Christ's spirit, the Holy Spirit:--ghost, life, spirit(-ual, -ually), mind. Compare 5590.

HOLY = HAGION
Apa itu..???
http://www.eliyah.com/cgi-bin/strongs.cgi?file=greeklexicon&isindex=hagion

39. hagion hag'-ee-on neuter of 40; a sacred thing (i.e. spot):--holiest (of all), holy place, sanctuary.

avatar
mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by SEGOROWEDI Wed Nov 30, 2011 1:06 pm

mang odoy wrote:
ha ha ha ha...sampe nawar nawar gitu... ketawa guling
ROH KUDUS dalam Bible terjemahan LAI

Coba kita cek dalam bahasa aslinya..
Lukas 3:22 dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah

Kita cek disini...
http://interlinearbible.org/luke/3-22.htm

SPIRIT = PNEUMA
Apa itu...??
http://www.eliyah.com/cgi-bin/strongs.cgi?file=greeklexicon&isindex=pneuma

4151. pneuma pnyoo'-mah from 4154; a current of air, i.e. breath (blast) or a breeze; by analogy or figuratively, a spirit, i.e. (human) the rational soul, (by implication) vital principle, mental disposition, etc., or (superhuman) an angel, demon, or (divine) God, Christ's spirit, the Holy Spirit:--ghost, life, spirit(-ual, -ually), mind. Compare 5590.

HOLY = HAGION
Apa itu..???
http://www.eliyah.com/cgi-bin/strongs.cgi?file=greeklexicon&isindex=hagion

39. hagion hag'-ee-on neuter of 40; a sacred thing (i.e. spot):--holiest (of all), holy place, sanctuary.

gimana?
katanya mo joinan sama seksi yehovah, setujukah roh kudus bukan jibril?
aneh, roh kudus kok jibril, terus malaikat-malaikat lain roh apaan..
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by keroncong Wed Nov 30, 2011 7:14 pm

SEGOROWEDI wrote:
ichreza wrote:
kalau Tuhan bersenggama berarti senggama itu tuhan anda

bicara sorga maksiat (sex 100 kali), jangan disini

jika Tuhan beristri, istri bukanlah tuhan
jika tuhan beranak, anak bukanlah tuhan
keroncong
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by keroncong Wed Nov 30, 2011 7:29 pm

SEGOROWEDI wrote:semua hanya Tuhan yang tahu
sebab memang ada perintah dari Tuhan untuk membinasakan para penyesat
yang diperintah jelas siapa, dan yang harus dibinasakan juga jelas siapa
jadi tidak sembarang orang boleh mengatas-namakan Tuhan lalu melakukan pembinasaan terhadap mereka yang dianggapnya sesat

siapa yang sesat? penganut unitarian apa trinitas?
keroncong
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by mang odoy Thu Dec 01, 2011 2:38 am

SEGOROWEDI wrote:
mang odoy wrote:
ha ha ha ha...sampe nawar nawar gitu... ketawa guling
ROH KUDUS dalam Bible terjemahan LAI

Coba kita cek dalam bahasa aslinya..
Lukas 3:22 dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah

Kita cek disini...
http://interlinearbible.org/luke/3-22.htm

SPIRIT = PNEUMA
Apa itu...??
http://www.eliyah.com/cgi-bin/strongs.cgi?file=greeklexicon&isindex=pneuma

4151. pneuma pnyoo'-mah from 4154; a current of air, i.e. breath (blast) or a breeze; by analogy or figuratively, a spirit, i.e. (human) the rational soul, (by implication) vital principle, mental disposition, etc., or (superhuman) an angel, demon, or (divine) God, Christ's spirit, the Holy Spirit:--ghost, life, spirit(-ual, -ually), mind. Compare 5590.

HOLY = HAGION
Apa itu..???
http://www.eliyah.com/cgi-bin/strongs.cgi?file=greeklexicon&isindex=hagion

39. hagion hag'-ee-on neuter of 40; a sacred thing (i.e. spot):--holiest (of all), holy place, sanctuary.

gimana?
katanya mo joinan sama seksi yehovah, setujukah roh kudus bukan jibril?
aneh, roh kudus kok jibril, terus malaikat-malaikat lain roh apaan..

ha ha ha ha.....KRISTEN TAAT ni yeeeee.....??/

saya posting arti dari PNEUMA HAGION diatas itu biar anda MELEK....
jangan maen paksa MENGARTIKAN kata ROH KUDUS dalam Bible terjemahan LAI.....SAMA dengan RUHUL KUDUS dalam Al-Quran....

Ini ni kalo MENTAL TUKANG RAMPOK....

Percaya aja kalo PNEUMA HAGION adalah RUHUL QUDUS dalam Al-Quran....ammpunnn dahhhh...... ketawa guling

KRISTEN TAAT nii yeeeee..... ketawa guling
avatar
mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by mang odoy Thu Dec 01, 2011 2:42 am

@Admin

Yesus Kristus menurut Saksi Yehova
Saksi Yehova mengajar bahwa Yesus pribadi yang diciptakan. Allah menciptakan 2 malaikat Lucifer dan Michael. Lucifer menjadi iblis karena kesombongannya dan Michael yang datang itu ialah Tuhan Yesus. Didalam Alkitab terjemahan versi Saksi Yehova (NWT) Yesus disebut allah Yoh 1:1b (The world was a god) Yesus yang diciptakan oleh Allah Bapa (Yehova) disiapkan untuk melayani Allah Bapa. Yesus adalah pelayan utama Bapa bukan Allah.

Roh Kudus menurut Saksi Yehova
Roh Kudus adalah suatu daya atau kuasa aktif yang keluar dari Allah Maha Tinggi (The invisible active force of Almight God). Berdasarkan ini dapat disimpulkan bahwa Roh Kudus bukan pribadi dan bukan juga Allah dalam Tritunggal.

Pak admin...boleh saya tau..ntu informasi dari mana...???
Soalnya selama saya bergaul sama JEHOVAH WITNESSES....belon nemu informasi kaya gini....

si "SW" NGOTOT tuuuu....wkwkwkwkwkwkwk..
avatar
mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by mang odoy Thu Dec 01, 2011 2:49 am

SEGOROWEDI wrote:
Admin wrote:
Maksud Mang Odoy itu bahwa antara "saksi YEHOVA" dan Islam memiliki sebuah celah untuk membuktikan bahwa ajaran Paulus itu sudah menyimpang...
Ada beberapa doktrin utama kekristenan yang diterima oleh semua gereja yang justru ditolak oleh Saksi Yehova. Misalnya: Keilahian dan kebangkitan Kristus, kepribadian Roh Kudus dan Allah Tritunggal serta tentang keselamatan...
ini yang mungkin perlu dicai tahu, kenafa..


Yesus Kristus menurut Saksi Yehova
Saksi Yehova mengajar bahwa Yesus pribadi yang diciptakan. Allah menciptakan 2 malaikat Lucifer dan Michael. Lucifer menjadi iblis karena kesombongannya dan Michael yang datang itu ialah Tuhan Yesus. Didalam Alkitab terjemahan versi Saksi Yehova (NWT) Yesus disebut allah Yoh 1:1b (The world was a god) Yesus yang diciptakan oleh Allah Bapa (Yehova) disiapkan untuk melayani Allah Bapa. Yesus adalah pelayan utama Bapa bukan Allah.

Roh Kudus menurut Saksi Yehova
Roh Kudus adalah suatu daya atau kuasa aktif yang keluar dari Allah Maha Tinggi (The invisible active force of Almight God). Berdasarkan ini dapat disimpulkan bahwa Roh Kudus bukan pribadi dan bukan juga Allah dalam Tritunggal.

jadi isa adalah malaikat (mikail) pada setuju?
roh kudus bukan malaikat (jibril) juga pada setuju?

kalau jawabnya SETUJU silakan pada masuk celah bersama-sama

Nih...saya KLARIFIKASI keterangan diatas... siapa JESUS dan apa itu HOLY SPIRIT dalam pandangan JEHOVAH WITNESSES....

baca dulu yang ini...itupun kalo bisa bahasa inggris...wkwkwkkw....

http://www.watchtower.org/e/bh/article_04.htm

Cari tuh...ada gak disana disebut kalo JESUS adalah MICHAEL JACKSON..??

Sekarang apa itu HOLY SPIRIT = PNEUMA HAGION...??
Baca yang ini..

http://www.watchtower.org/e/20091001/article_02.htm

Gimana...masih mau lanjoott....itung itung ngewakilin SY aja nih....wkwkwkwkwkwkwkwk.....



avatar
mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus - Page 2 Empty Re: kristen unitarian bicara soal status ketuhanan yesus

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik