FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

asal-usul adzan

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

asal-usul adzan

Post by keroncong on Thu Mar 08, 2012 2:25 pm

First topic message reminder :

Seiring dengan berlalunya waktu, para pemeluk agama Islam yang semula sedikit, bukannya semakin surut jumlahnya. Betapa hebatnya perjuangan yang harus dihadapi untuk menegakkan syiar agama ini tidak membuatnya musnah. Kebenaran memang tidak dapat dmusnahkan. Semakin hari semakin bertambah banyak saja orang-orang yang menjadi penganutnya.

Demikian pula dengan penduduk dikota Madinah, yang merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam pada masa-masa awalnya. Sudah sebagian tersebar dari penduduk yang ada dikota itu sudah menerima Islam sebagai agamanya. Ketika orang-orang Islam masih sedikit jumlahnya, tidaklah sulit bagi mereka untuk bisa berkumpul bersama-sama untuk menunaikan sholat berjama`ah. Kini, hal itu tidak mudah lagi mengingat setiap penduduk tentu mempunyai ragam kesibukan yang tidak sama. Kesibukan yang tinggi pada setiap orang tentu mempunyai potensi terhadap kealpaan ataupun kelalaian pada masing-masing orang untuk menunaikan sholat pada waktunya. Dan tentunya, kalau hal ini dapat terjadi dan kemudian terus-menerus berulang, maka bisa dipikirkan bagaimana jadinya para pemeluk Islam. Ini adalah satu persoalan yang cukup berat yang perlu segera dicarikan jalan keluarnya.

Pada masa itu, memang belum ada cara yang tepat untuk memanggil orang sholat. Orang-orang biasanya berkumpul dimasjid masing-masing menurut waktu dan kesempatan yang dimilikinya. Bila sudah banyak terkumpul orang, barulah sholat jama`ah dimulai.

Atas timbulnya dinamika pemikiran diatas, maka timbul kebutuhan untuk mencari suatu cara yang dapat digunakan sebagai sarana untuk mengingatkan dan memanggil orang-orang untuk sholat tepat pada waktunya tiba. Ada banyak pemikiran yang diusulkan. Ada sahabat yang menyarankan bahwa manakala waktu sholat tiba, maka segera dinyalakan api pada tempat yang tinggi dimana orang-orang bisa dengan mudah melihat ketempat itu, atau setidak-tidaknya asapnya bisa dilihat orang walaupun ia berada ditempat yang jauh. Ada yang menyarankan untuk membunyikan lonceng. Ada juga yang mengusulkan untuk meniup tanduk kambing. Pendeknya ada banyak saran yang timbul.

Saran-saran diatas memang cukup representatif. Tapi banyak sahabat juga yang kurang setuju bahkan ada yang terang-terangan menolaknya. Alasannya sederhana saja : itu adalah cara-cara lama yang biasanya telah dipraktekkan oleh kaum Yahudi. Rupanya banyak sahabat yang mengkhawatirkan image yang bisa timbul bila cara-cara dari kaum kafir digunakan. Maka disepakatilah untuk mencari cara-cara lain.

Lantas, ada usul dari Umar r.a jikalau ditunjuk seseorang yang bertindak sebagai pemanggil kaum Muslim untuk sholat pada setiap masuknya waktu sholat. Saran ini agaknya bisa diterima oleh semua orang, Rasulullah SAW juga menyetujuinya. Sekarang yang menjadi persoalan bagaimana itu bisa dilakukan ? Abu Dawud mengisahkan bahwa Abdullah bin Zaid r.a meriwayatkan sbb : "Ketika cara memanggil kaum muslimin untuk sholat dimusyawarahkan, suatu malam dalam tidurku aku bermimpi. Aku melihat ada seseorang sedang menenteng sebuah lonceng. Aku dekati orang itu dan bertanya kepadanya apakah ia ada maksud hendak menjual lonceng itu. Jika memang begitu aku memintanya untuk menjual kepadaku saja.
Orang tersebut malah bertanya," Untuk apa ?
Aku menjawabnya,"Bahwa dengan membunyikan lonceng itu, kami dapat memanggil kaum muslim untuk menunaikan sholat."
Orang itu berkata lagi,"Maukah kau kuajari cara yang lebih baik ?"
Dan aku menjawab " Ya !"
Lalu dia berkata lagi, dan kali ini dengan suara yang amat lantang ," Allahu Akbar,…Allahu Akbar….."

Ketika esoknya aku bangun, aku menemui Rasulullah SAW dan menceritakan perihal mimpi itu kepada beliau. Dan beliau berkata,"Itu mimpi yang sebetulnya nyata. Berdirilah disamping Bilal dan ajarilah dia bagaimana mengucapkan kalimat itu. Dia harus mengumandangkan adzan seperti itu dan dia memiliki suara yang amat lantang." Lalu akupun melakukan hal itu bersama Bilal."

Rupanya, mimpi serupa dialami pula oleh Umar r.a, ia juga menceritakannya kepada Rasulullah SAW . Nabi SAW bersyukur kepada Allah SWT atas semua ini.


Terakhir diubah oleh ichreza tanggal Sat Jul 14, 2012 9:24 pm, total 2 kali diubah
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down


Re: asal-usul adzan

Post by Orang_Pinggiran on Sun Apr 15, 2012 1:12 am

@SEGOROWEDI wrote:coba deh dipikirkan..
mana mungkin 2 orang mimpinya bisa sama
dari situ aja sudah kelihatan bo'ongnya

maka sayangi dirimu
jangan terus-terusan jadi korban bebo'ongan

Sudah ga usah ribut Wed, mana ada raja yang sakti mau hidup di septictank ketawa guling
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 19, 2012 3:19 pm

@senopati wrote:
@dangdutman wrote:
@SEGOROWEDI wrote:manggil solat aja ada unsur muhammadnya
muhammad emang setara dengan ilahnya

gak lucu donk kalo ada unsur yesusnya......

ya tuh...si segorowedi, ngapaen diributin coba! wonk kami juga G pernah ngurus2 urusan loe punya agama! lagian yang menjalai umat islam, mereka yang percaya, ngapaen loe goyahkan keyakinan kami coba?? apa loe itu emang jelmaan syetan yang tugasnya menggoyahkan keyakinan kami?? udahlah, hormati agama yang lain itu lebih indah lho...!!!

(hanya orang yang gelap hatinya dan berhati syetan yang tak ingin dengan perdamaian)

kepentingan pribadinya itu lho, kenthal sekali
bahkan sampai keinginan mengawini wanita dewasa maupun bocahpun ada ayatnya
termasuk merampas harta-benda quraisy dan yahudi

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 19, 2012 3:22 pm

@Jagona wrote:
itu kacamata anda yang dipake ...... anda selalu penasaran kalo gak ngomong urusan kawin ......... tuh kacamatanya ngeres tau

kaca-matamu: itu alasan turunnya ayat
tetapi ternyata semua menyesuaikan dengan keinginan muhammad
keinginan apapun

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by hanisf on Sat Apr 21, 2012 8:39 am

banyak kalangan kristen yang tersentuh masuk islam gara mendengar lantunan azan yang menggetarkan jiwa...

coba klo kristen melantunkan kidung salomo yang porno itu,,pasti pada jijay semua dan ngeri...

wkwkwk,,segoro wedi,,

liat jidatmu sendiri ga usah nunjuk2 umat lain...

bilang muhammad kawin banyak,,lha alkitabmu isinya aj porno semua,,,
avatar
hanisf
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Female
Posts : 79
Join date : 02.04.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Jagona on Sat Apr 21, 2012 9:33 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Jagona wrote:
itu kacamata anda yang dipake ...... anda selalu penasaran kalo gak ngomong urusan kawin ......... tuh kacamatanya ngeres tau

kaca-matamu: itu alasan turunnya ayat
tetapi ternyata semua menyesuaikan dengan keinginan muhammad
keinginan apapun


ha ha ha ha ..... memang beginilah kalo menghadapi orang koveg, harus berlapang dada untuk selalu memaklumi sampai tingkat mana otaknya

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by satria bergitar on Sat Apr 21, 2012 10:06 am

HANYA ADZAN YANG LANTUNAN SUARANYA TAK BERHENTI SATU DETIK PUN DI MUKA BUMI...KARNA DIKUMANDANGKAN DIBERBGAI BELAHAN BUMI SAMBUNG MENYAMBUNG..
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 59

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Sat Apr 21, 2012 4:39 pm

@hanisf wrote:banyak kalangan kristen yang tersentuh masuk islam gara mendengar lantunan azan yang menggetarkan jiwa...
coba klo kristen melantunkan kidung salomo yang porno itu,,pasti pada jijay semua dan ngeri...
wkwkwk,,segoro wedi,,
liat jidatmu sendiri ga usah nunjuk2 umat lain...
bilang muhammad kawin banyak,,lha alkitabmu isinya aj porno semua,,,

mosok seh..
kan hanya bersaksi tiada ilah selain alloh, muhammad dar rosul alloh
ayo solat, ayo solat

bagian mana yang menyentuh?

yang tersentuh paling cuman muhammad
hepi, karena namanya dilolongkan siang-malam

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Sat Apr 21, 2012 4:41 pm

@Jagona wrote:

ha ha ha ha ..... memang beginilah kalo menghadapi orang koveg, harus berlapang dada untuk selalu memaklumi sampai tingkat mana otaknya

cermatilah setiap ayat..
hampir semua menyesuaikan dengan keinginan muhammad
bahkan untuk urusan mengawini bocah dan menantu

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Sat Apr 21, 2012 4:43 pm

@satria bergitar wrote:HANYA ADZAN YANG LANTUNAN SUARANYA TAK BERHENTI SATU DETIK PUN DI MUKA BUMI...KARNA DIKUMANDANGKAN DIBERBGAI BELAHAN BUMI SAMBUNG MENYAMBUNG..

orang be'ol juga tak pernah putus
di berbagai belahan bumi

konyol banget

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Jagona on Tue Apr 24, 2012 10:52 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Jagona wrote:

ha ha ha ha ..... memang beginilah kalo menghadapi orang koveg, harus berlapang dada untuk selalu memaklumi sampai tingkat mana otaknya

cermatilah setiap ayat..
hampir semua menyesuaikan dengan keinginan muhammad
bahkan untuk urusan mengawini bocah dan menantu

lihat aja apa yang ditulisnya ...... pikirannya ngeres ..... selalu urusan kawin .... kayanya cuma itu yang dia tau .... ingat anda sudah membuktikan di postingan aku bahwa ayat-ayat bibel bisa diubah-ubah

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Orang_Pinggiran on Tue Apr 24, 2012 12:33 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@senopati wrote:
@dangdutman wrote:
@SEGOROWEDI wrote:manggil solat aja ada unsur muhammadnya
muhammad emang setara dengan ilahnya

gak lucu donk kalo ada unsur yesusnya......

ya tuh...si segorowedi, ngapaen diributin coba! wonk kami juga G pernah ngurus2 urusan loe punya agama! lagian yang menjalai umat islam, mereka yang percaya, ngapaen loe goyahkan keyakinan kami coba?? apa loe itu emang jelmaan syetan yang tugasnya menggoyahkan keyakinan kami?? udahlah, hormati agama yang lain itu lebih indah lho...!!!

(hanya orang yang gelap hatinya dan berhati syetan yang tak ingin dengan perdamaian)

kepentingan pribadinya itu lho, kenthal sekali
bahkan sampai keinginan mengawini wanita dewasa maupun bocahpun ada ayatnya
termasuk merampas harta-benda quraisy dan yahudi

Ngiri apa Wed.. Muhammad yang bukan Tuhan ternyata lebih beken dari Yesus yang katanya Tuhan..
sampe2 lo bikin tuduhan ga jelas gitu? ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Orang_Pinggiran on Tue Apr 24, 2012 12:35 pm

@hanisf wrote:banyak kalangan kristen yang tersentuh masuk islam gara mendengar lantunan azan yang menggetarkan jiwa...

coba klo kristen melantunkan kidung salomo yang porno itu,,pasti pada jijay semua dan ngeri...

wkwkwk,,segoro wedi,,

liat jidatmu sendiri ga usah nunjuk2 umat lain...

bilang muhammad kawin banyak,,lha alkitabmu isinya aj porno semua,,,

Makanya Negara kristen jadi penyebar sex bebas..
lah wong yang diajarin bukan adzan tapi kitab porno ketawa guling
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Orang_Pinggiran on Tue Apr 24, 2012 12:37 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@hanisf wrote:banyak kalangan kristen yang tersentuh masuk islam gara mendengar lantunan azan yang menggetarkan jiwa...
coba klo kristen melantunkan kidung salomo yang porno itu,,pasti pada jijay semua dan ngeri...
wkwkwk,,segoro wedi,,
liat jidatmu sendiri ga usah nunjuk2 umat lain...
bilang muhammad kawin banyak,,lha alkitabmu isinya aj porno semua,,,

mosok seh..
kan hanya bersaksi tiada ilah selain alloh, muhammad dar rosul alloh
ayo solat, ayo solat

bagian mana yang menyentuh?


yang tersentuh paling cuman muhammad
hepi, karena namanya dilolongkan siang-malam

Kok banyak orang mualap gara2 adzan ya?
googling aje wed ketiwi
tapi kok kagak ade yang masuk kristen gara2 kidung agung ya? ketawa guling
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Orang_Pinggiran on Tue Apr 24, 2012 12:39 pm

@satria bergitar wrote:HANYA ADZAN YANG LANTUNAN SUARANYA TAK BERHENTI SATU DETIK PUN DI MUKA BUMI...KARNA DIKUMANDANGKAN DIBERBGAI BELAHAN BUMI SAMBUNG MENYAMBUNG..

Yoi masbro..

kaga kaya lonceng gereja, bunyinya geje banget bingung
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Orang_Pinggiran on Tue Apr 24, 2012 12:39 pm

@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@Jagona wrote:

ha ha ha ha ..... memang beginilah kalo menghadapi orang koveg, harus berlapang dada untuk selalu memaklumi sampai tingkat mana otaknya

cermatilah setiap ayat..
hampir semua menyesuaikan dengan keinginan muhammad
bahkan untuk urusan mengawini bocah dan menantu

lihat aja apa yang ditulisnya ...... pikirannya ngeres ..... selalu urusan kawin .... kayanya cuma itu yang dia tau .... ingat anda sudah membuktikan di postingan aku bahwa ayat-ayat bibel bisa diubah-ubah

harap maklum.. Si SW kan cuman pelawak di sini, cukup buat hiburan aja lah ketawa guling
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Sun Apr 29, 2012 1:40 am

@Orang_Pinggiran wrote:
Ngiri apa Wed.. Muhammad yang bukan Tuhan ternyata lebih beken dari Yesus yang katanya Tuhan..
sampe2 lo bikin tuduhan ga jelas gitu? ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling

apanya yang gak jelas?
bocah aisa muncul dalam mimpinya
bayangkan: kakek 50an tahun, ngimpiin bocah 6-7 taon
diblangnya malaikat yang membawanya, gilak

niat ngawini menantu (zaenab)
juga ada ayatnya, padahal dulu yang ngawinkan dengan zaid juga dia
juga ada ayatnya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Orang_Pinggiran on Wed May 02, 2012 4:12 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:
Ngiri apa Wed.. Muhammad yang bukan Tuhan ternyata lebih beken dari Yesus yang katanya Tuhan..
sampe2 lo bikin tuduhan ga jelas gitu? ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling

apanya yang gak jelas?
bocah aisa muncul dalam mimpinya
bayangkan: kakek 50an tahun, ngimpiin bocah 6-7 taon
diblangnya malaikat yang membawanya, gilak

niat ngawini menantu (zaenab)
juga ada ayatnya, padahal dulu yang ngawinkan dengan zaid juga dia
juga ada ayatnya

trus.. hubungannya sama adzan paan?
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Sat May 19, 2012 2:39 pm

@Orang_Pinggiran wrote:
Makanya Negara kristen jadi penyebar sex bebas..
lah wong yang diajarin bukan adzan tapi kitab porno ketawa guling

itu juga hubungannya dengan adzan apaan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Orang_Pinggiran on Mon May 21, 2012 11:06 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:
Makanya Negara kristen jadi penyebar sex bebas..
lah wong yang diajarin bukan adzan tapi kitab porno ketawa guling

itu juga hubungannya dengan adzan apaan?

Kan sama2 dilantunkan.. kamu suka nyanyiin kidung agung apa engga si??
bandingin sama adzan ketawa guling
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Tue May 22, 2012 1:36 pm

@Orang_Pinggiran wrote:
Kan sama2 dilantunkan.. kamu suka nyanyiin kidung agung apa engga si??
bandingin sama adzan ketawa guling

beda
kidung agung dilantunkan
adzan dilolongkan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by putramentari on Wed May 23, 2012 10:05 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:
Kan sama2 dilantunkan.. kamu suka nyanyiin kidung agung apa engga si??
bandingin sama adzan ketawa guling

beda
kidung agung dilantunkan
adzan dilolongkan

Yang betul Adzan dilantunkan.
Kidung Agung dipraktekkan
ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Orang_Pinggiran on Thu May 24, 2012 9:42 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:
Kan sama2 dilantunkan.. kamu suka nyanyiin kidung agung apa engga si??
bandingin sama adzan ketawa guling

beda
kidung agung dilantunkan
adzan dilolongkan

kalo kidung agung dilantunkan, bisa bikin zina 1 kampung wed ketawa guling
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Thu May 24, 2012 1:40 pm

OOT terus...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by putramentari on Sun Jun 10, 2012 7:49 pm

@SEGOROWEDI wrote:OOT terus...

Kasian banged kamu nak, hanya jadi bahan dagelan ketiwi
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by njlajahweb on Sat Oct 08, 2016 8:50 am

sekilas info...
sebenarnya Adzan itu tidak boleh terlalu keras, kecuali zaman dahulu, karena jaman itu pemukiman penduduk masih jarang dan Masjid pun masih jarang ada dan belum ada mic dan speaker.

tapi sekarang Masjid sudah ada dimana-mana dengan mic dan speaker, pemukiman penduduk sudah banyak

kalau Adzan masih saja dengan suara yang terlalu keras, itu bisa mengganggu kenyamanan orang-orang disekitarnya(bisa jadi juga ada orang tua yang sedang sakit atau bayi yang sedang sakit, mereka juga butuh kenyamanan), apalagi kalau disekitarnya ada rumahsakit

orang jaman sekarang sudah bisa menjadikan hp sebagai alarm untuk bangun Sholat
avatar
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 10828
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik