FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

asal-usul adzan

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

asal-usul adzan

Post by keroncong on Thu Mar 08, 2012 2:25 pm

Seiring dengan berlalunya waktu, para pemeluk agama Islam yang semula sedikit, bukannya semakin surut jumlahnya. Betapa hebatnya perjuangan yang harus dihadapi untuk menegakkan syiar agama ini tidak membuatnya musnah. Kebenaran memang tidak dapat dmusnahkan. Semakin hari semakin bertambah banyak saja orang-orang yang menjadi penganutnya.

Demikian pula dengan penduduk dikota Madinah, yang merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam pada masa-masa awalnya. Sudah sebagian tersebar dari penduduk yang ada dikota itu sudah menerima Islam sebagai agamanya. Ketika orang-orang Islam masih sedikit jumlahnya, tidaklah sulit bagi mereka untuk bisa berkumpul bersama-sama untuk menunaikan sholat berjama`ah. Kini, hal itu tidak mudah lagi mengingat setiap penduduk tentu mempunyai ragam kesibukan yang tidak sama. Kesibukan yang tinggi pada setiap orang tentu mempunyai potensi terhadap kealpaan ataupun kelalaian pada masing-masing orang untuk menunaikan sholat pada waktunya. Dan tentunya, kalau hal ini dapat terjadi dan kemudian terus-menerus berulang, maka bisa dipikirkan bagaimana jadinya para pemeluk Islam. Ini adalah satu persoalan yang cukup berat yang perlu segera dicarikan jalan keluarnya.

Pada masa itu, memang belum ada cara yang tepat untuk memanggil orang sholat. Orang-orang biasanya berkumpul dimasjid masing-masing menurut waktu dan kesempatan yang dimilikinya. Bila sudah banyak terkumpul orang, barulah sholat jama`ah dimulai.

Atas timbulnya dinamika pemikiran diatas, maka timbul kebutuhan untuk mencari suatu cara yang dapat digunakan sebagai sarana untuk mengingatkan dan memanggil orang-orang untuk sholat tepat pada waktunya tiba. Ada banyak pemikiran yang diusulkan. Ada sahabat yang menyarankan bahwa manakala waktu sholat tiba, maka segera dinyalakan api pada tempat yang tinggi dimana orang-orang bisa dengan mudah melihat ketempat itu, atau setidak-tidaknya asapnya bisa dilihat orang walaupun ia berada ditempat yang jauh. Ada yang menyarankan untuk membunyikan lonceng. Ada juga yang mengusulkan untuk meniup tanduk kambing. Pendeknya ada banyak saran yang timbul.

Saran-saran diatas memang cukup representatif. Tapi banyak sahabat juga yang kurang setuju bahkan ada yang terang-terangan menolaknya. Alasannya sederhana saja : itu adalah cara-cara lama yang biasanya telah dipraktekkan oleh kaum Yahudi. Rupanya banyak sahabat yang mengkhawatirkan image yang bisa timbul bila cara-cara dari kaum kafir digunakan. Maka disepakatilah untuk mencari cara-cara lain.

Lantas, ada usul dari Umar r.a jikalau ditunjuk seseorang yang bertindak sebagai pemanggil kaum Muslim untuk sholat pada setiap masuknya waktu sholat. Saran ini agaknya bisa diterima oleh semua orang, Rasulullah SAW juga menyetujuinya. Sekarang yang menjadi persoalan bagaimana itu bisa dilakukan ? Abu Dawud mengisahkan bahwa Abdullah bin Zaid r.a meriwayatkan sbb : "Ketika cara memanggil kaum muslimin untuk sholat dimusyawarahkan, suatu malam dalam tidurku aku bermimpi. Aku melihat ada seseorang sedang menenteng sebuah lonceng. Aku dekati orang itu dan bertanya kepadanya apakah ia ada maksud hendak menjual lonceng itu. Jika memang begitu aku memintanya untuk menjual kepadaku saja.
Orang tersebut malah bertanya," Untuk apa ?
Aku menjawabnya,"Bahwa dengan membunyikan lonceng itu, kami dapat memanggil kaum muslim untuk menunaikan sholat."
Orang itu berkata lagi,"Maukah kau kuajari cara yang lebih baik ?"
Dan aku menjawab " Ya !"
Lalu dia berkata lagi, dan kali ini dengan suara yang amat lantang ," Allahu Akbar,…Allahu Akbar….."

Ketika esoknya aku bangun, aku menemui Rasulullah SAW dan menceritakan perihal mimpi itu kepada beliau. Dan beliau berkata,"Itu mimpi yang sebetulnya nyata. Berdirilah disamping Bilal dan ajarilah dia bagaimana mengucapkan kalimat itu. Dia harus mengumandangkan adzan seperti itu dan dia memiliki suara yang amat lantang." Lalu akupun melakukan hal itu bersama Bilal."

Rupanya, mimpi serupa dialami pula oleh Umar r.a, ia juga menceritakannya kepada Rasulullah SAW . Nabi SAW bersyukur kepada Allah SWT atas semua ini.


Terakhir diubah oleh ichreza tanggal Sat Jul 14, 2012 9:24 pm, total 2 kali diubah
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Thu Mar 08, 2012 4:57 pm

ichreza wrote:Pada masa itu, memang belum ada cara yang tepat untuk memanggil orang sholat. Orang-orang biasanya berkumpul dimasjid masing-masing menurut waktu dan kesempatan yang dimilikinya. Bila sudah banyak terkumpul orang, barulah sholat jama`ah dimulai.

terus mulai sehari 5x dengan jam-jam tertentu tersebut
kapan mulainya dan ide siapa lagi?

ichreza wrote:Abdullah bin Zaid r.a meriwayatkan sbb : "Ketika cara memanggil kaum muslimin untuk sholat dimusyawarahkan, suatu malam dalam tidurku aku bermimpi. Aku melihat ada seseorang sedang menenteng sebuah lonceng. Aku dekati orang itu dan bertanya kepadanya apakah ia ada maksud hendak menjual lonceng itu. Jika memang begitu aku memintanya untuk menjual kepadaku saja.
Orang tersebut malah bertanya," Untuk apa ?
Aku menjawabnya,"Bahwa dengan membunyikan lonceng itu, kami dapat memanggil kaum muslim untuk menunaikan sholat."
Orang itu berkata lagi,"Maukah kau kuajari cara yang lebih baik ?"
Dan aku menjawab " Ya !"
Lalu dia berkata lagi, dan kali ini dengan suara yang amat lantang ," Allahu Akbar,…Allahu Akbar….."

Ketika esoknya aku bangun, aku menemui Rasulullah SAW dan menceritakan perihal mimpi itu kepada beliau. Dan beliau berkata,"Itu mimpi yang sebetulnya nyata. Berdirilah disamping Bilal dan ajarilah dia bagaimana mengucapkan kalimat itu. Dia harus mengumandangkan adzan seperti itu dan dia memiliki suara yang amat lantang." Lalu akupun melakukan hal itu bersama Bilal."

Rupanya, mimpi serupa dialami pula oleh Umar r.a, ia juga menceritakannya kepada Rasulullah SAW . Nabi SAW bersyukur kepada Allah SWT atas semua ini.

mimpi kok kompak, kelihatan kalau pada cari muka..
dan tentu saja muhammad ACC bahkan hepi karena ada: ashadu ana muhammad dar rasul alloh..
lol

anehnya, sekarang malah pakai loudspeaker
mending nadanya musik aja, daripada melolong-lolong

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by senopati on Sun Mar 11, 2012 7:42 pm

@SEGOROWEDI wrote:
ichreza wrote:Pada masa itu, memang belum ada cara yang tepat untuk memanggil orang sholat. Orang-orang biasanya berkumpul dimasjid masing-masing menurut waktu dan kesempatan yang dimilikinya. Bila sudah banyak terkumpul orang, barulah sholat jama`ah dimulai.

terus mulai sehari 5x dengan jam-jam tertentu tersebut
kapan mulainya dan ide siapa lagi?

ichreza wrote:Abdullah bin Zaid r.a meriwayatkan sbb : "Ketika cara memanggil kaum muslimin untuk sholat dimusyawarahkan, suatu malam dalam tidurku aku bermimpi. Aku melihat ada seseorang sedang menenteng sebuah lonceng. Aku dekati orang itu dan bertanya kepadanya apakah ia ada maksud hendak menjual lonceng itu. Jika memang begitu aku memintanya untuk menjual kepadaku saja.
Orang tersebut malah bertanya," Untuk apa ?
Aku menjawabnya,"Bahwa dengan membunyikan lonceng itu, kami dapat memanggil kaum muslim untuk menunaikan sholat."
Orang itu berkata lagi,"Maukah kau kuajari cara yang lebih baik ?"
Dan aku menjawab " Ya !"
Lalu dia berkata lagi, dan kali ini dengan suara yang amat lantang ," Allahu Akbar,…Allahu Akbar….."

Ketika esoknya aku bangun, aku menemui Rasulullah SAW dan menceritakan perihal mimpi itu kepada beliau. Dan beliau berkata,"Itu mimpi yang sebetulnya nyata. Berdirilah disamping Bilal dan ajarilah dia bagaimana mengucapkan kalimat itu. Dia harus mengumandangkan adzan seperti itu dan dia memiliki suara yang amat lantang." Lalu akupun melakukan hal itu bersama Bilal."

Rupanya, mimpi serupa dialami pula oleh Umar r.a, ia juga menceritakannya kepada Rasulullah SAW . Nabi SAW bersyukur kepada Allah SWT atas semua ini.

mimpi kok kompak, kelihatan kalau pada cari muka..
dan tentu saja muhammad ACC bahkan hepi karena ada: ashadu ana muhammad dar rasul alloh..
lol

anehnya, sekarang malah pakai loudspeaker
mending nadanya musik aja, daripada melolong-lolong

karena Loe G punya adzan kan??? Agama yang loe anut G lengkap paling!!
avatar
senopati
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 28
Posts : 109
Join date : 11.03.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 12, 2012 4:32 pm

mimpi beneran atau cari muka?..
lha wong mimpi kok bisa kompak, semua pengikutnya mimpi sama
jelas ngarang dan ngapusi
lol

anehnya, si narsis malah acc dan hepi seneng banget karena ada ininya:
ashadu ana muhammad dar rasul alloh

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Jagona on Mon Mar 12, 2012 5:17 pm

@SEGOROWEDI wrote:mimpi beneran atau cari muka?..
lha wong mimpi kok bisa kompak, semua pengikutnya mimpi sama
jelas ngarang dan ngapusi
lol

anehnya, si narsis malah acc dan hepi seneng banget karena ada ininya:
ashadu ana muhammad dar rasul alloh


aku gak habis pikir .... dari dulu kamu ini protes terus ...... kok amat sangat benci sama Muhammad ..... apa sih untungnya ..... atau memang ada order ...... ingatlah anda mo pulang ke mana ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 12, 2012 7:07 pm

saya mengajak kalian berpikir waras
peka terhadap hal-hal yang tak masuk akal
isi quran/hadis sangat muhamati banget

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by senopati on Mon Mar 12, 2012 8:26 pm

@SEGOROWEDI wrote:saya mengajak kalian berpikir waras
peka terhadap hal-hal yang tak masuk akal
isi quran/hadis sangat muhamati banget

Lha kamu siapa?? kok ngajak kita mikir masuk akal?? Lha wonk semua yang diperintahkan Oleh Allah & Rosulnya itu masuk akal dan jelas2 bagi siapa yang menjalankan kedamaian hati yang didapat! lagian ngapaen loe ngurus2?? kalo Emang G suka yang tinggal pergi z, toh dalam islam juga G ada paksaan! Mending Loe minggat jauh dech, toh kami muslim juga akan merasa damai jika G ada orang2 kayak kalian! awas awas awas :3: :3: :dah :dah :awas :awas
avatar
senopati
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 28
Posts : 109
Join date : 11.03.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 13, 2012 10:35 am

mimpi kok bisa kompak beberapa orang
itu kan hal yang tidak masuk akal
memanggil solat kok pakai kalimat:
- ashadu allah ha ilallah (mending, terserah lo aja).. tap:
- ashadu ana muhammad dar rasul alloh (kuat sekali motif cari muka)

dan sudah barang tentu muhammad, ACC
pastinya juga hepi banget

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by senopati on Wed Mar 14, 2012 2:22 pm

@SEGOROWEDI wrote:mimpi kok bisa kompak beberapa orang
itu kan hal yang tidak masuk akal
memanggil solat kok pakai kalimat:
- ashadu allah ha ilallah (mending, terserah lo aja).. tap:
- ashadu ana muhammad dar rasul alloh (kuat sekali motif cari muka)

dan sudah barang tentu muhammad, ACC
pastinya juga hepi banget

ya,,,itulah hebatnya! Mimpinya kan yang buat bukan manusia, jadi wajar kalo bareng2...

ya kalo ashadu ana segorowedi rosul allah yo bukan adzan,,tapi penistaan! :hancurkan :hancurkan :hancurkan
yang punya adzan lho capa?? kok situ ngikut2?? yang punya panggilan sholat lho capa??? ngupil ngupil
avatar
senopati
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 28
Posts : 109
Join date : 11.03.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Wed Mar 14, 2012 4:59 pm

kalau manggil kan cukup begini:
hayalal sholah.... hayalal sholah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by senopati on Wed Mar 14, 2012 8:21 pm

@SEGOROWEDI wrote:kalau manggil kan cukup begini:
hayalal sholah.... hayalal sholah

ywd...mending loe bikin agama sendiri z...! toh umat muslim juga G pernah mrasa terbebani dg semua yang loe ucapkan!
gitu z kok repot...!!! :3: :3: :3:
avatar
senopati
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 28
Posts : 109
Join date : 11.03.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Thu Mar 15, 2012 7:38 am

@senopati wrote:
@SEGOROWEDI wrote:kalau manggil kan cukup begini:
hayalal sholah.... hayalal sholah

ywd...mending loe bikin agama sendiri z...! toh umat muslim juga G pernah mrasa terbebani dg semua yang loe ucapkan!
gitu z kok repot...!!! :3: :3: :3:

kenapa harus ada: ashadu ana muhammad dar rosul alloh?
allahu akbar, alahu akbar -> masih mending
ashadu allah ilah ha illaloh -> juga masih mending

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by senopati on Thu Mar 15, 2012 9:33 am

@SEGOROWEDI wrote:
@senopati wrote:
@SEGOROWEDI wrote:kalau manggil kan cukup begini:
hayalal sholah.... hayalal sholah

ywd...mending loe bikin agama sendiri z...! toh umat muslim juga G pernah mrasa terbebani dg semua yang loe ucapkan!
gitu z kok repot...!!! :3: :3: :3:

kenapa harus ada: ashadu ana muhammad dar rosul alloh?
allahu akbar, alahu akbar -> masih mending
ashadu allah ilah ha illaloh -> juga masih mending

Ngapaen Loe Ributin?? Wonk Loe z G pernah adzan N Sholat!!! :lkj:
avatar
senopati
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 28
Posts : 109
Join date : 11.03.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Fri Mar 16, 2012 4:38 pm

coba deh dipikirkan..
mana mungkin 2 orang mimpinya bisa sama
dari situ aja sudah kelihatan bo'ongnya

maka sayangi dirimu
jangan terus-terusan jadi korban bebo'ongan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by senopati on Fri Mar 16, 2012 8:09 pm

@SEGOROWEDI wrote:coba deh dipikirkan... mana mungkin 2 orang mimpinya bisa sama dari situ aja sudah kelihatan bo'ongnya

maka sayangi dirimu jangan terus-terusan jadi korban bebo'ongan

Gue yang dibohongin ngapaen loe yang ribut! ya terima kasih atas perhatiannya lain kali,,, Loe gue ajak masuk islam yach
aamiin sholat yuk

Oia ada yang lupa... dari pada loe ceramah tentang ini dan itu, mending loe bikin jumpa pers ajah... nah kan biar jelas toh, yang loe kata2in bohong itu! kalo perlu loe panggil presiden sekalian biar tambah afdol!
avatar
senopati
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 28
Posts : 109
Join date : 11.03.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by barabasmurtad77 on Sat Mar 17, 2012 11:31 am

@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:mimpi beneran atau cari muka?..
lha wong mimpi kok bisa kompak, semua pengikutnya mimpi sama
jelas ngarang dan ngapusi
lol

anehnya, si narsis malah acc dan hepi seneng banget karena ada ininya:
ashadu ana muhammad dar rasul alloh


aku gak habis pikir .... dari dulu kamu ini protes terus ...... kok amat sangat benci sama Muhammad ..... apa sih untungnya ..... atau memang ada order ...... ingatlah anda mo pulang ke mana ?

AKU MEMANG ANTIPATI BANGET SAMA MUHAMMAD, KARENA PENGAJARANNYA YANG SUDAH MENYESATKAN BERJUTA2 MANUSIA.
DAN APA YANG BISA KAMU BANGGAKAN DENGAN PANGGILAN ADZAN??? BAGI AKU PANGGILAN SEPERTI ITU HANYA MENANDAKAN BAHWA KALIAN SEBENARNYA TIDAK MEMILIKI HATI YANG SUNGGUH2 UNTUK BERIBADAH KEPADA ALLAH SEHINGGA HARUS DIPANGGIL DAN DIBERI PERINGATAN, LALU BERAPA LAMA IBADAH YANG KAMU LAKUKAN, PALING2 HANYA SEPEREMPAT SAMPAI SETENGAH JAM DENGAN MEMANJATKAN DOA2 YANG SUDAH DIATUR DAN BUKAN DOA2 YANG KELUAR DARI HATI KAMU
DAN SOAL PULANG KEMANA, SUDAH JELAS AKU SUDAH PUNYA TUJUAN KEMANA AKU PULANG YAITU KE DALAM KERAJAAN YESUS KRISTUS YANG TELAH NAIK KE SURGA SEMENTARA BAGAIMANA DENGAN KAMU????

barabasmurtad77
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 197
Join date : 24.11.11
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Jagona on Sat Mar 17, 2012 12:06 pm

@barabasmurtad77 wrote:
@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:mimpi beneran atau cari muka?..
lha wong mimpi kok bisa kompak, semua pengikutnya mimpi sama
jelas ngarang dan ngapusi
lol

anehnya, si narsis malah acc dan hepi seneng banget karena ada ininya:
ashadu ana muhammad dar rasul alloh


aku gak habis pikir .... dari dulu kamu ini protes terus ...... kok amat sangat benci sama Muhammad ..... apa sih untungnya ..... atau memang ada order ...... ingatlah anda mo pulang ke mana ?

AKU MEMANG ANTIPATI BANGET SAMA MUHAMMAD, KARENA PENGAJARANNYA YANG SUDAH MENYESATKAN BERJUTA2 MANUSIA.
DAN APA YANG BISA KAMU BANGGAKAN DENGAN PANGGILAN ADZAN??? BAGI AKU PANGGILAN SEPERTI ITU HANYA MENANDAKAN BAHWA KALIAN SEBENARNYA TIDAK MEMILIKI HATI YANG SUNGGUH2 UNTUK BERIBADAH KEPADA ALLAH SEHINGGA HARUS DIPANGGIL DAN DIBERI PERINGATAN, LALU BERAPA LAMA IBADAH YANG KAMU LAKUKAN, PALING2 HANYA SEPEREMPAT SAMPAI SETENGAH JAM DENGAN MEMANJATKAN DOA2 YANG SUDAH DIATUR DAN BUKAN DOA2 YANG KELUAR DARI HATI KAMU
DAN SOAL PULANG KEMANA, SUDAH JELAS AKU SUDAH PUNYA TUJUAN KEMANA AKU PULANG YAITU KE DALAM KERAJAAN YESUS KRISTUS YANG TELAH NAIK KE SURGA SEMENTARA BAGAIMANA DENGAN KAMU????

memangnya yesus mengajari anda seperti itu ? ... sangat antipati sama muhammad........... gak ada kebanggaan bagi adzan ...... gak pake adzanpun aku tetap sholat ........ soal sungguh-sungguh dalam beribadah atau tidak, bukan diukur dari pake adzan atau tidak, lama atau sebentar ..... itu mah masalah ketaqwaan masing-masing....... syukur kalo sudah jelas wa mo pulang ke mana .... kalo aku tinggal pilih mo ke mana .... masing-masing ada jalannya. ........ ok

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Sat Mar 17, 2012 12:41 pm

manggil solat aja ada unsur muhammadnya
muhammad emang setara dengan ilahnya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Jagona on Sat Mar 17, 2012 12:58 pm

@SEGOROWEDI wrote:manggil solat aja ada unsur muhammadnya
muhammad emang setara dengan ilahnya

dari pada pake lonceng .... kaya mo masuk ke kelas

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Sat Mar 17, 2012 1:05 pm

@Jagona wrote:
dari pada pake lonceng .... kaya mo masuk ke kelas

unsur muhammadnya itu lho..
quran juga, unsur (kepentingan) muhammadnya kental sekali
ilahnya hanya pembuat/penyedia ayat akan apa yang akan dilakukannya
termasuk keinginannya mengawini wanita dewasa maupun bocah cilik

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Jagona on Sat Mar 17, 2012 1:47 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Jagona wrote:
dari pada pake lonceng .... kaya mo masuk ke kelas

unsur muhammadnya itu lho..
quran juga, unsur (kepentingan) muhammadnya kental sekali
ilahnya hanya pembuat/penyedia ayat akan apa yang akan dilakukannya
termasuk keinginannya mengawini wanita dewasa maupun bocah cilik

memangnya kenapa dengan unsur muhammadnya ? ..... apa wa gak setuju ? ..... apa mengganggu umat kriatiani ? ... aku rasa gak ada hubungannya adzan dengan yesus .... Muhammad hanya sebagai utusan ALLAH ..... tugasnya hanya menyampaikan risalah ALLAH .... dia tidak bisa buat hukum sendiri ..... apalagi intervensi kepada ALLAH

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by SEGOROWEDI on Sat Mar 17, 2012 1:56 pm

semua hukum/ayat selalu menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhannya
termasuk keinginannya untuk mengawini manusia dewasa dan bocah cilik

apa ketidakwajaran tersebut tak kalian sadari?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by dangdutman on Sat Mar 17, 2012 10:31 pm

@SEGOROWEDI wrote:manggil solat aja ada unsur muhammadnya
muhammad emang setara dengan ilahnya

gak lucu donk kalo ada unsur yesusnya......

dangdutman
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 25
Join date : 17.03.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by senopati on Sun Mar 18, 2012 11:23 am

@dangdutman wrote:
@SEGOROWEDI wrote:manggil solat aja ada unsur muhammadnya
muhammad emang setara dengan ilahnya

gak lucu donk kalo ada unsur yesusnya......

ya tuh...si segorowedi, ngapaen diributin coba! wonk kami juga G pernah ngurus2 urusan loe punya agama! lagian yang menjalai umat islam, mereka yang percaya, ngapaen loe goyahkan keyakinan kami coba?? apa loe itu emang jelmaan syetan yang tugasnya menggoyahkan keyakinan kami?? udahlah, hormati agama yang lain itu lebih indah lho...!!!

(hanya orang yang gelap hatinya dan berhati syetan yang tak ingin dengan perdamaian)
avatar
senopati
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 28
Posts : 109
Join date : 11.03.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Jagona on Sat Apr 14, 2012 9:53 am

@SEGOROWEDI wrote:semua hukum/ayat selalu menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhannya
termasuk keinginannya untuk mengawini manusia dewasa dan bocah cilik

apa ketidakwajaran tersebut tak kalian sadari?

itu kacamata anda yang dipake ...... anda selalu penasaran kalo gak ngomong urusan kawin ......... tuh kacamatanya ngeres tau

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: asal-usul adzan

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik