penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
Halaman 2 dari 3 • Share
Halaman 2 dari 3 • 1, 2, 3
penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
First topic message reminder :
sebagaimana kita ketahui niat dalam ibadah adalah syarat sah ibadah....
sepengetahuan saya Rasulullah tdk pernah berniat dalam bahasa lain selain dalam bahasa arab....
apakah kalo kita berniat dalam bahasa kita masing2 tidak mengikuti Rasulullah berniat dalam bahasa arab termasuk bid'ah??? sehingga tidak sah ibadah kita????
monggo pencerahannya saudara2ku....
sebagaimana kita ketahui niat dalam ibadah adalah syarat sah ibadah....
sepengetahuan saya Rasulullah tdk pernah berniat dalam bahasa lain selain dalam bahasa arab....
apakah kalo kita berniat dalam bahasa kita masing2 tidak mengikuti Rasulullah berniat dalam bahasa arab termasuk bid'ah??? sehingga tidak sah ibadah kita????
monggo pencerahannya saudara2ku....
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
mang odoy wrote:hamba tuhan wrote:mang odoy wrote:@atas
justru itu pak...SEHU anda itu kalo ngomong asal JEPLAK aja...
Makna dari kata ASSALAMUALAYKUM itu jauh lebih SAKRAL dari sekedar pengucapan Selamat Pagi siang malam... kalow orang hindu ini sama dengan kata "Om Swastu"....
Pantesan..anak asuhnya (JIL)....dengan tanpa dosa, menyatakennn..katanya kalow nyebut "ANJING HU AKBAR" gak apa apa...pernah denger kasus di IAIAN SUNAN GUNUNG JATI-BANDUNG...????
Nah lhooo....????
Makanya...jangan asal cap sesat sana sini...Introspeksi dulu..... gang anda juga banyak nyelenehnya.... :3:Kok gus dur sehu saya…. Kenal aja kagak!!! Bener kata ASSALAMUALAYKUM itu jauh lebih SAKRAL dari sekedar pengucapan Selamat Pagi siang malam... namun kalo kita memberi salam kpd kafir pakai ASSALAMUALAYKUM jg amang???? Makanya jgn salah pengertian.... pikir, hehheeee.....mang odoy wrote:justru itu pak...SEHU anda itu kalo ngomong asal JEPLAK aja...
Makna dari kata ASSALAMUALAYKUM itu jauh lebih SAKRAL dari sekedar pengucapan Selamat Pagi siang malam... kalow orang hindu ini sama dengan kata "Om Swastu"....
Oooo...jadi anda bukan dari NAHDIATUL ULAMA ya..???
sori soriii...salah tembak... :3:mang odoy wrote: Pantesan..anak asuhnya (JIL)....dengan tanpa dosa, menyatakennn..katanya kalow nyebut "ANJING HU AKBAR" gak apa apa...pernah denger kasus di IAIAN SUNAN GUNUNG JATI-BANDUNG...????
Lho…. Melebar kmn lg neh!!! Ciri khas temenku tersayang mang odoy…..mang odoy wrote: Nah lhooo....????
Makanya...jangan asal cap sesat sana sini...Introspeksi dulu..... gang anda juga banyak nyelenehnya....
Ya iyalah… yg sesat(salah) tetep sesat(salah), sesat tdk berarti kafir... kalo kafir dah jelas sesat... yg sesat belum tentu kafir…. Ada jg lho yg suka mengkafirkan yg lain, ini yg sangat berbahaya….. heheeee...
:lkj: :lkj: :lkj:
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
dari sini..
http://murtadinkafirun.forumotion.net/t9225p300-tiang-jemuran-kayu-palang-adalah-salib-bullshit-itu?highlight=tiang+jemuran
gak KENAL sama GUS DUR yaa...???
munarohhhh munaroohhh.....
http://murtadinkafirun.forumotion.net/t9225p300-tiang-jemuran-kayu-palang-adalah-salib-bullshit-itu?highlight=tiang+jemuran
hamba tuhan wrote:udah baca link dibawah ini mang..... kami aswaja/ NU sering banget ngajak wahabi dialog terbuka..... sekarang mang tentukan kelompok mang buat dialog terbuka
http://ummatiummati.wordpress.com/2011/03/25/inilah-ciri-ciri-umum-aliran-sesat-semuanya-ada-di-salafy-wahabi/
gak KENAL sama GUS DUR yaa...???
munarohhhh munaroohhh.....
mang odoy- KAPTEN
- Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
mang odoy wrote:dari sini..
http://murtadinkafirun.forumotion.net/t9225p300-tiang-jemuran-kayu-palang-adalah-salib-bullshit-itu?highlight=tiang+jemuranhamba tuhan wrote:udah baca link dibawah ini mang..... kami aswaja/ NU sering banget ngajak wahabi dialog terbuka..... sekarang mang tentukan kelompok mang buat dialog terbuka
http://ummatiummati.wordpress.com/2011/03/25/inilah-ciri-ciri-umum-aliran-sesat-semuanya-ada-di-salafy-wahabi/
gak KENAL sama GUS DUR yaa...???
munarohhhh munaroohhh.....
kalo emang saya gak kenal sama gus dur napa mang???? apa aswaja kenal sm gus dur semua????
wong gus dur gak pernah ketempat saya.... gmn saya mau kenal amang????
:lkj: :lkj:
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
hamba tuhan wrote:mang odoy wrote:dari sini..
http://murtadinkafirun.forumotion.net/t9225p300-tiang-jemuran-kayu-palang-adalah-salib-bullshit-itu?highlight=tiang+jemuranhamba tuhan wrote:udah baca link dibawah ini mang..... kami aswaja/ NU sering banget ngajak wahabi dialog terbuka..... sekarang mang tentukan kelompok mang buat dialog terbuka
http://ummatiummati.wordpress.com/2011/03/25/inilah-ciri-ciri-umum-aliran-sesat-semuanya-ada-di-salafy-wahabi/
gak KENAL sama GUS DUR yaa...???
munarohhhh munaroohhh.....
kalo emang saya gak kenal sama gus dur napa mang???? apa aswaja kenal sm gus dur semua????
wong gus dur gak pernah ketempat saya.... gmn saya mau kenal amang????
:lkj: :lkj:
pertanyaan sederhana aja pak..
"Apakah Gus Dur itu semasa hidupnya menjabat sebagai KETUA NAHDIATUL ULAMA atow KETUA PSSI...??"
Ini salah satu situs Resmi dari ASWAJA..
http://www.aswaja-nu.com/
Anda bilang GAK KENAL sama Gus Dur..sedangkan Aswaja Cs nya NU....kan aneh... :D
Maaf...saya bukan mau mendiskreditkan salah satu Organisasi Keagamaan...
Tapi sikap MUNAROH anda yang saya kritisi...terima kasih.
Ngemeng ngemeng...kok gak ada mampir dimari...??? :D
https://laskarislam.indonesianforum.net/t122-umur-nabi-isa-berdasarkan-al-quran
Pengen NGETES aja Ajian 17 CABANG ILMU nya...untuk ditibankan di tret itu....
Monggo ah....ditunggu disono...
Wasalam,
mang odoy- KAPTEN
- Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
mang odoy wrote:hamba tuhan wrote:mang odoy wrote:dari sini..
http://murtadinkafirun.forumotion.net/t9225p300-tiang-jemuran-kayu-palang-adalah-salib-bullshit-itu?highlight=tiang+jemuranhamba tuhan wrote:udah baca link dibawah ini mang..... kami aswaja/ NU sering banget ngajak wahabi dialog terbuka..... sekarang mang tentukan kelompok mang buat dialog terbuka
http://ummatiummati.wordpress.com/2011/03/25/inilah-ciri-ciri-umum-aliran-sesat-semuanya-ada-di-salafy-wahabi/
gak KENAL sama GUS DUR yaa...???
munarohhhh munaroohhh.....
kalo emang saya gak kenal sama gus dur napa mang???? apa aswaja kenal sm gus dur semua????
wong gus dur gak pernah ketempat saya.... gmn saya mau kenal amang????
:lkj: :lkj:
pertanyaan sederhana aja pak..
"Apakah Gus Dur itu semasa hidupnya menjabat sebagai KETUA NAHDIATUL ULAMA atow KETUA PSSI...??"
Ini salah satu situs Resmi dari ASWAJA..
http://www.aswaja-nu.com/
Anda bilang GAK KENAL sama Gus Dur..sedangkan Aswaja Cs nya NU....kan aneh... :D
Maaf...saya bukan mau mendiskreditkan salah satu Organisasi Keagamaan...
Tapi sikap MUNAROH anda yang saya kritisi...terima kasih.
Ngemeng ngemeng...kok gak ada mampir dimari...??? :D
https://laskarislam.indonesianforum.net/t122-umur-nabi-isa-berdasarkan-al-quran
Pengen NGETES aja Ajian 17 CABANG ILMU nya...untuk ditibankan di tret itu....
Monggo ah....ditunggu disono...
Wasalam,
ya ampun amangku sayang.... kok kebakaran jenggot banget sama hamba tuhan yg faqir ilmu ini ya???? mksih tuduhannya bahwa saya MUNAROH=MUNAFIK menurut pandangan amangku sayang.... semoga tuduhan mang tsb ALlah akan membalas kebaikan utk saudaraku.....
Kenal sudah pasti tahu, tetapi tahu blom tentu kita kenal. . .
bukan gak mau mampir dithread tsb amang.... saya dah mulai tau gmn amangku berdiskusi, satu mslah belum selesai dah amang buat mslah2 lain diluar konteks pembahasan... makanya ada rasa males berdiskusi model gnian....
:lkj: :lkj:
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
@ATAS ( dua2nya ) :nono: :nono: :nono:
ehmmmm......
kondusif.... kondusif.....
ehmmmm......
kondusif.... kondusif.....
BAKUL KOPI- LETNAN DUA
-
Age : 36
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
BAKUL KOPI wrote:@ATAS ( dua2nya ) :nono: :nono: :nono:
ehmmmm......
kondusif.... kondusif.....
:lkj: :lkj: :lkj:
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
@HT
di MALL sebelah...dah mulai pake alasan..
disinih.....mulai lagi pake alasan...
silahkan coba aja dulu di tret itu.....kalo terkesan saya mencla mencle dan agak lambat dalam ngerespon satu tret..mohon maaf aja...waktunya yang mefet..dan saya gak mau asal posting kalo urusan serius kaya gini...dipertimbangkan dulu...digali dulu..baru diposting..
Di tret itu yang dipermasalahkan adalah:
1. kata WAKAHLAN
2. Bentuk waktu dari ayat yang saya usung di tret itu..
whoookeyyyyyy....
bukan gak mau mampir dithread tsb amang.... saya dah mulai tau gmn amangku berdiskusi, satu mslah belum selesai dah amang buat mslah2 lain diluar konteks pembahasan... makanya ada rasa males berdiskusi model gnian....
di MALL sebelah...dah mulai pake alasan..
disinih.....mulai lagi pake alasan...
silahkan coba aja dulu di tret itu.....kalo terkesan saya mencla mencle dan agak lambat dalam ngerespon satu tret..mohon maaf aja...waktunya yang mefet..dan saya gak mau asal posting kalo urusan serius kaya gini...dipertimbangkan dulu...digali dulu..baru diposting..
Di tret itu yang dipermasalahkan adalah:
1. kata WAKAHLAN
2. Bentuk waktu dari ayat yang saya usung di tret itu..
whoookeyyyyyy....
mang odoy- KAPTEN
- Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
mang odoy wrote:@HTbukan gak mau mampir dithread tsb amang.... saya dah mulai tau gmn amangku berdiskusi, satu mslah belum selesai dah amang buat mslah2 lain diluar konteks pembahasan... makanya ada rasa males berdiskusi model gnian....
di MALL sebelah...dah mulai pake alasan..
disinih.....mulai lagi pake alasan...
silahkan coba aja dulu di tret itu.....kalo terkesan saya mencla mencle dan agak lambat dalam ngerespon satu tret..mohon maaf aja...waktunya yang mefet..dan saya gak mau asal posting kalo urusan serius kaya gini...dipertimbangkan dulu...digali dulu..baru diposting..
Di tret itu yang dipermasalahkan adalah:
1. kata WAKAHLAN
2. Bentuk waktu dari ayat yang saya usung di tret itu..
whoookeyyyyyy....
ini masalah ta’arafu (mengenal)... kenal itu tidak sekedar tahu nama, alamat rumah, nomor handphone, atau tahu wajah dan tubuh.... itu bukan kenal namanya, tapi tahu menurut saya......
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
kalo boleh tau niat apa saja yang benar2 dilafadzkan dengan berucap oleh rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam?
jika memang itu telah ada dalilnya bahwa rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melafadzkan niat dengan bahasa arab maka tentulah kita semestinya mengikuti cara rasulullah dalam berniat, tetapi jika tidak mengapa kita justru menganggap ini bid'ah...?
yang bid'ah adalah ketika kita merasa wajib melafadzkan niat dengan mengucap sebelum memulai beribadah sedang rasulullah tidak pernah mencontohkannya, adapun yang ada contohnya maka tentu saja termasuk sunnah...
niat adalah 'keinginan' yang ada dalam hati, jadi kenapa mesti berbahasa arab dan harus ada bahasanya?
niat tidaklah mesti melafadzkan sesuatu, sehingga kita harus menggunakan bahasa2 tertentu dalam berniat, karna dengan melangkahnya kaki anda untuk pergi ke masjid untuk sholat pun sudah merupakan niat tanpa harus melafadzkan apapun dengan bahasa apapun, atau ketika hendak berpuasa dengan bangunnya anda pada malam hari untuk bersahur pun sudah termasuk berniat untuk berpuasa keesokan harinya tanpa perlu melafadzkan niat....
Ibnu Taimiyah mengatakan, "Niat dalam seluruh ibadah tempatnya di hati bukan di lisan dan hal ini telah disepakati para 'ulama kaum muslimin, semisal dalam ibadah thoharoh, sholat, zakat, puasa, haji, membebaskan budak, jihad, dan lain-lain."
jika memang itu telah ada dalilnya bahwa rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melafadzkan niat dengan bahasa arab maka tentulah kita semestinya mengikuti cara rasulullah dalam berniat, tetapi jika tidak mengapa kita justru menganggap ini bid'ah...?
yang bid'ah adalah ketika kita merasa wajib melafadzkan niat dengan mengucap sebelum memulai beribadah sedang rasulullah tidak pernah mencontohkannya, adapun yang ada contohnya maka tentu saja termasuk sunnah...
niat adalah 'keinginan' yang ada dalam hati, jadi kenapa mesti berbahasa arab dan harus ada bahasanya?
niat tidaklah mesti melafadzkan sesuatu, sehingga kita harus menggunakan bahasa2 tertentu dalam berniat, karna dengan melangkahnya kaki anda untuk pergi ke masjid untuk sholat pun sudah merupakan niat tanpa harus melafadzkan apapun dengan bahasa apapun, atau ketika hendak berpuasa dengan bangunnya anda pada malam hari untuk bersahur pun sudah termasuk berniat untuk berpuasa keesokan harinya tanpa perlu melafadzkan niat....
Ibnu Taimiyah mengatakan, "Niat dalam seluruh ibadah tempatnya di hati bukan di lisan dan hal ini telah disepakati para 'ulama kaum muslimin, semisal dalam ibadah thoharoh, sholat, zakat, puasa, haji, membebaskan budak, jihad, dan lain-lain."
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
thulabul ilmi wrote:kalo boleh tau niat apa saja yang benar2 dilafadzkan dengan berucap oleh rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam?
jika memang itu telah ada dalilnya bahwa rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melafadzkan niat dengan bahasa arab maka tentulah kita semestinya mengikuti cara rasulullah dalam berniat, tetapi jika tidak mengapa kita justru menganggap ini bid'ah...?
yang bid'ah adalah ketika kita merasa wajib melafadzkan niat dengan mengucap sebelum memulai beribadah sedang rasulullah tidak pernah mencontohkannya, adapun yang ada contohnya maka tentu saja termasuk sunnah...
niat adalah 'keinginan' yang ada dalam hati, jadi kenapa mesti berbahasa arab dan harus ada bahasanya?
niat tidaklah mesti melafadzkan sesuatu, sehingga kita harus menggunakan bahasa2 tertentu dalam berniat, karna dengan melangkahnya kaki anda untuk pergi ke masjid untuk sholat pun sudah merupakan niat tanpa harus melafadzkan apapun dengan bahasa apapun, atau ketika hendak berpuasa dengan bangunnya anda pada malam hari untuk bersahur pun sudah termasuk berniat untuk berpuasa keesokan harinya tanpa perlu melafadzkan niat....
Ibnu Taimiyah mengatakan, "Niat dalam seluruh ibadah tempatnya di hati bukan di lisan dan hal ini telah disepakati para 'ulama kaum muslimin, semisal dalam ibadah thoharoh, sholat, zakat, puasa, haji, membebaskan budak, jihad, dan lain-lain."
thulabul ilmi wrote:niat tidaklah mesti melafadzkan sesuatu, sehingga kita harus menggunakan bahasa2 tertentu dalam berniat
niat tidaklah mesti melafadzkan sesuatu.... bener sekali
sehingga kita harus menggunakan bahasa2 tertentu dalam berniat... kalo menurut saya kurang tepat, kenapa??? dikarenakan kehendak hati itu ada bahasanya.... kalo gada bahasanya berarti gak berniat alias kosong...... contoh : kehendak hati ingin tidur..... pasti tersirat dalam hati kita ingin tidur dalam bahasa indonesia.....
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
hmmm....
adakah dalil yang menyatakan bahwa niat dalam hati itu harus berbahasa arab dan jika tidak berbahasa arab adalah termasuk bid'ah?atau adakah contoh standard dari rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam cara berniat dalam hati yang harus diikuti?
jika tidak ada mengapa kita harus menganggapnya bid'ah?
sesungguhnya islam itu mudah, tidak perlu lah kita mempersulit diri dengan harus mewajibkan berbahasa arab, jika memang tidak di syariatkan... yang disyariatkan adalah berniat sebelum beramal, dan niat hanya karna mengharap ridho Allah.... :)
adakah dalil yang menyatakan bahwa niat dalam hati itu harus berbahasa arab dan jika tidak berbahasa arab adalah termasuk bid'ah?atau adakah contoh standard dari rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam cara berniat dalam hati yang harus diikuti?
jika tidak ada mengapa kita harus menganggapnya bid'ah?
sesungguhnya islam itu mudah, tidak perlu lah kita mempersulit diri dengan harus mewajibkan berbahasa arab, jika memang tidak di syariatkan... yang disyariatkan adalah berniat sebelum beramal, dan niat hanya karna mengharap ridho Allah.... :)
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
thulabul ilmi wrote:hmmm....
adakah dalil yang menyatakan bahwa niat dalam hati itu harus berbahasa arab dan jika tidak berbahasa arab adalah termasuk bid'ah?atau adakah contoh standard dari rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam cara berniat dalam hati yang harus diikuti?
jika tidak ada mengapa kita harus menganggapnya bid'ah?
sesungguhnya islam itu mudah, tidak perlu lah kita mempersulit diri dengan harus mewajibkan berbahasa arab, jika memang tidak di syariatkan... yang disyariatkan adalah berniat sebelum beramal, dan niat hanya karna mengharap ridho Allah.... :)
صلوا كما رأيتموني أصلي”…
"Sholatlah sebagaimana kamu melihat aku sholat" (HR Bukhari)
Nah... inilah point dr thread ini, apakah bid’ah dan tidak sah kalo kita berniat shalat didalam hati dgn tdk menggunakan bahasa yg digunakan oleh Rasulullah SAW?????
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
Bismillah
Apakah Hadist tersebut hanya menjelaskan bahwasanya didalam Praktik Sholat harus sesuai dengan yang dilakukan Rasul, misalnya (secara umum) menghadap kiblat, niat, mengangkat tangan (saat takbir), bersedekap,.. dll/dst..
Atau..
Mencakup pengertian yang lebih luas & lebih spesifik sampai kepada niat yang harus ber-Bahasa Arab..??
Bagaimana dengan Hadist... Rasulullah SAW bersabda ”Sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung dari niatnya, dan sesungguhnya setiap orang mendapatkan balasan sesuai dengan niatnya (HR Bukhari & Muslim)
Dan Nawawi pernah berkata, “Niat adalah maksud. Seseorang yang akan melakukan sholat tertentu dalam hatinya telah terdetik maksud sholat yang akan dilakukannya seperti sholat Dzuhur, sholat fardhu, dan lainnya. Kemudian maksud ini dinyatakan bersamaan dengan awal takbir.”
Bagaimana menjelaskannya,.. Apakah tetap ''harus''/''wajib, niat dalam Sholat itu berbahasa Arab..??
Adakah Hadist yang lebih spesifik untuk menjelaskan hal demikian..??
Afwan
:surban: :surban:
Apakah Hadist tersebut hanya menjelaskan bahwasanya didalam Praktik Sholat harus sesuai dengan yang dilakukan Rasul, misalnya (secara umum) menghadap kiblat, niat, mengangkat tangan (saat takbir), bersedekap,.. dll/dst..
Atau..
Mencakup pengertian yang lebih luas & lebih spesifik sampai kepada niat yang harus ber-Bahasa Arab..??
Bagaimana dengan Hadist... Rasulullah SAW bersabda ”Sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung dari niatnya, dan sesungguhnya setiap orang mendapatkan balasan sesuai dengan niatnya (HR Bukhari & Muslim)
Dan Nawawi pernah berkata, “Niat adalah maksud. Seseorang yang akan melakukan sholat tertentu dalam hatinya telah terdetik maksud sholat yang akan dilakukannya seperti sholat Dzuhur, sholat fardhu, dan lainnya. Kemudian maksud ini dinyatakan bersamaan dengan awal takbir.”
Bagaimana menjelaskannya,.. Apakah tetap ''harus''/''wajib, niat dalam Sholat itu berbahasa Arab..??
Adakah Hadist yang lebih spesifik untuk menjelaskan hal demikian..??
Afwan
:surban: :surban:
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
Admin wrote:Bismillah
Apakah Hadist tersebut hanya menjelaskan bahwasanya didalam Praktik Sholat harus sesuai dengan yang dilakukan Rasul, misalnya (secara umum) menghadap kiblat, niat, mengangkat tangan (saat takbir), bersedekap,.. dll/dst..
Atau..
Mencakup pengertian yang lebih luas & lebih spesifik sampai kepada niat yang harus ber-Bahasa Arab..??
Bagaimana dengan Hadist... Rasulullah SAW bersabda ”Sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung dari niatnya, dan sesungguhnya setiap orang mendapatkan balasan sesuai dengan niatnya (HR Bukhari & Muslim)
Dan Nawawi pernah berkata, “Niat adalah maksud. Seseorang yang akan melakukan sholat tertentu dalam hatinya telah terdetik maksud sholat yang akan dilakukannya seperti sholat Dzuhur, sholat fardhu, dan lainnya. Kemudian maksud ini dinyatakan bersamaan dengan awal takbir.”
Bagaimana menjelaskannya,.. Apakah tetap ''harus''/''wajib, niat dalam Sholat itu berbahasa Arab..??
Adakah Hadist yang lebih spesifik untuk menjelaskan hal demikian..??
Afwan
:surban: :surban:
saudara bung admin... yg lg kita kaji adalah seluruh amal ibadah kita mengikuti rasulullah SAW, jd dlm hal ini menyangkut niat sebagaimana sudah kita ketahui bahwa sudah pasti rasulullah SAW berniat dlm hati beliau dgn bahasa arab.... nah!!! kalo kita berniat dalam hati selain dgn bahasa arab apakah termasuk bid'ah atau salah????? apakah termasuk bid'ah wajib? bid'ah hasanah?????
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
wah kenapa sih kita menganggap bid'ah yang sebenarnya bukanlah bid'ah tapi menganggap sunnah yang justru adalah bid'ah :) *pusing saya karna efek perbedaan yang dianggap rahmat :Dhamba tuhan wrote:صلوا كما رأيتموني أصلي”…
"Sholatlah sebagaimana kamu melihat aku sholat" (HR Bukhari)
Nah... inilah point dr thread ini, apakah bid’ah dan tidak sah kalo kita berniat shalat didalam hati dgn tdk menggunakan bahasa yg digunakan oleh Rasulullah SAW?????
begini saja, di zaman rasululullah shallallahu 'alaihi wa sallam masih hidup bagaimanakah cara kaum muslimin berniat?
bahasa apakah yang mereka pakai?
yang di arab?
mesir?
irak?
persia?
romawi?
syam?
negri2 afrika lainnya?
dsb?
apakah mereka semuanya diwajibkan menggunakan bahasa arab?? :roll:
padahal saat itu rasululullah pasti mengetahui bahwa tidak semua dari mereka memahami bahasa arab/bahasa orang quraisy dengan baik, terbukti dengan banyaknya dialek dalam cara membaca qur'an itu sendiri...
tetapi tidak pernah rasul mewajibkan mereka menggunakan bahasa arab dalam berniat?meskipun hanya memikirkan niat harus dalam bahasa arab pun tidaklah pernah diwajibkan...
apakah antum akan menganggap bahwa syariat ini masih ada yang kurang/lupa disampaikan?
bahwa niat 'harus berbahasa arab' telah lupa disampaikan??
gimana, sudah bisa pahami?
atau masih mau memaksakan kalo ini adalah sebuah bid'ah?
janganlah mempersulit diri sendiri ya akhi,
jika anda katakan bid'ah maka mayoritas ibadah kaum muslimin non arab adalah tertolak, karna antum anggap bid'ah...
saya melihat adanya maksud tersembunyi yang antum hendak tunjukkan,
terbukti dengan cara antum disini ngotot menganggap bid'ah sedangkan di trit sebelah justru membela yang sudah jelas2 bid'ah nya...
ada apa sebenarnya ini? :lol!:
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
thulabul ilmi wrote:wah kenapa sih kita menganggap bid'ah yang sebenarnya bukanlah bid'ah tapi menganggap sunnah yang justru adalah bid'ah :) *pusing saya karna efek perbedaan yang dianggap rahmat :Dhamba tuhan wrote:صلوا كما رأيتموني أصلي”…
"Sholatlah sebagaimana kamu melihat aku sholat" (HR Bukhari)
Nah... inilah point dr thread ini, apakah bid’ah dan tidak sah kalo kita berniat shalat didalam hati dgn tdk menggunakan bahasa yg digunakan oleh Rasulullah SAW?????
begini saja, di zaman rasululullah shallallahu 'alaihi wa sallam masih hidup bagaimanakah cara kaum muslimin berniat?
bahasa apakah yang mereka pakai?
yang di arab?
mesir?
irak?
persia?
romawi?
syam?
negri2 afrika lainnya?
dsb?
apakah mereka semuanya diwajibkan menggunakan bahasa arab?? :roll:
padahal saat itu rasululullah pasti mengetahui bahwa tidak semua dari mereka memahami bahasa arab/bahasa orang quraisy dengan baik, terbukti dengan banyaknya dialek dalam cara membaca qur'an itu sendiri...
tetapi tidak pernah rasul mewajibkan mereka menggunakan bahasa arab dalam berniat?meskipun hanya memikirkan niat harus dalam bahasa arab pun tidaklah pernah diwajibkan...
apakah antum akan menganggap bahwa syariat ini masih ada yang kurang/lupa disampaikan?
bahwa niat 'harus berbahasa arab' telah lupa disampaikan??
gimana, sudah bisa pahami?
atau masih mau memaksakan kalo ini adalah sebuah bid'ah?
janganlah mempersulit diri sendiri ya akhi,
jika anda katakan bid'ah maka mayoritas ibadah kaum muslimin non arab adalah tertolak, karna antum anggap bid'ah...
saya melihat adanya maksud tersembunyi yang antum hendak tunjukkan,
terbukti dengan cara antum disini ngotot menganggap bid'ah sedangkan di trit sebelah justru membela yang sudah jelas2 bid'ah nya...
ada apa sebenarnya ini? :lol!:
mksih buat yg ini dl.... :lol!:
sepertinya anda kurang faham apa yg sedang dibahas dithread ini ya???? sudah sama2 kita ketahui bahwa ketika membicarakan masalah rukun2 shalat ini, ada yang membeda2kan menjadi rukun qalbi, rukun fi'li dan rukun qauli.... rukun qauli semua dalam bahasa arab, niat termasuk kedalam rukun qalbi.... kenapa niat ini dibolehkan selain bahasa arab, sedangkan Nabi sendiri berniat dalam hati beliau dalam bahasa arab.... apakah tdk termasuk bid'ah kalo kita tdk ittiba' rasulullah?????
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
oke saya rasa cukup sampai disini aja dulu respon sayahamba tuhan wrote:mksih buat yg ini dl.... :lol!:
sepertinya anda kurang faham apa yg sedang dibahas dithread ini ya???? sudah sama2 kita ketahui bahwa ketika membicarakan masalah rukun2 shalat ini, ada yang membeda2kan menjadi rukun qalbi, rukun fi'li dan rukun qauli.... rukun qauli semua dalam bahasa arab, niat termasuk kedalam rukun qalbi.... kenapa niat ini dibolehkan selain bahasa arab, sedangkan Nabi sendiri berniat dalam hati beliau dalam bahasa arab.... apakah tdk termasuk bid'ah kalo kita tdk ittiba' rasulullah?????
karna memang ilmu saya yang masih sangat kurang, namanya juga thulabul ilmi :mon2:
mohon dimaafkan kalo ada salah2 kata :)
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
thulabul ilmi wrote:oke saya rasa cukup sampai disini aja dulu respon sayahamba tuhan wrote:mksih buat yg ini dl.... :lol!:
sepertinya anda kurang faham apa yg sedang dibahas dithread ini ya???? sudah sama2 kita ketahui bahwa ketika membicarakan masalah rukun2 shalat ini, ada yang membeda2kan menjadi rukun qalbi, rukun fi'li dan rukun qauli.... rukun qauli semua dalam bahasa arab, niat termasuk kedalam rukun qalbi.... kenapa niat ini dibolehkan selain bahasa arab, sedangkan Nabi sendiri berniat dalam hati beliau dalam bahasa arab.... apakah tdk termasuk bid'ah kalo kita tdk ittiba' rasulullah?????
karna memang ilmu saya yang masih sangat kurang, namanya juga thulabul ilmi :mon2:
mohon dimaafkan kalo ada salah2 kata :)
disini kita sama2 thalabul ilmi saudaraku.... makanya dlm kita mendiskusikan sesuatu kita kedepankan dl etika, sama2 saudaraku.... saya pribadi jg minta maaf kalo ada kata yg tdk berkenan dihati saudaraku.... :surban: :surban: :surban:
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
hamba tuhan wrote:mang odoy wrote:@HTbukan gak mau mampir dithread tsb amang.... saya dah mulai tau gmn amangku berdiskusi, satu mslah belum selesai dah amang buat mslah2 lain diluar konteks pembahasan... makanya ada rasa males berdiskusi model gnian....
di MALL sebelah...dah mulai pake alasan..
disinih.....mulai lagi pake alasan...
silahkan coba aja dulu di tret itu.....kalo terkesan saya mencla mencle dan agak lambat dalam ngerespon satu tret..mohon maaf aja...waktunya yang mefet..dan saya gak mau asal posting kalo urusan serius kaya gini...dipertimbangkan dulu...digali dulu..baru diposting..
Di tret itu yang dipermasalahkan adalah:
1. kata WAKAHLAN
2. Bentuk waktu dari ayat yang saya usung di tret itu..
whoookeyyyyyy....
ini masalah ta’arafu (mengenal)... kenal itu tidak sekedar tahu nama, alamat rumah, nomor handphone, atau tahu wajah dan tubuh.... itu bukan kenal namanya, tapi tahu menurut saya......
Oooo...masih seputar Om Dur thooo....
ANALOGI nya gini pak..
Saya warga negara endonesa....presiden saya adalah SBY......walow pun SBY belon pernah kerumah saya..dan sayapun belum pernah ketemu dengan SBY...
Tapi ketika...SBY ini berpidato di luar negeri semisalnya......ngomong asal JEPLAK, yang mengakibatkan turunnya harkat martabat bangsa endonesa..
Saya tetep aja MERASA MALU punya presiden gokil dan ngomong asal jeplak begitu...
itu POINT nya....
mang odoy- KAPTEN
- Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
mang odoy wrote:hamba tuhan wrote:mang odoy wrote:@HTbukan gak mau mampir dithread tsb amang.... saya dah mulai tau gmn amangku berdiskusi, satu mslah belum selesai dah amang buat mslah2 lain diluar konteks pembahasan... makanya ada rasa males berdiskusi model gnian....
di MALL sebelah...dah mulai pake alasan..
disinih.....mulai lagi pake alasan...
silahkan coba aja dulu di tret itu.....kalo terkesan saya mencla mencle dan agak lambat dalam ngerespon satu tret..mohon maaf aja...waktunya yang mefet..dan saya gak mau asal posting kalo urusan serius kaya gini...dipertimbangkan dulu...digali dulu..baru diposting..
Di tret itu yang dipermasalahkan adalah:
1. kata WAKAHLAN
2. Bentuk waktu dari ayat yang saya usung di tret itu..
whoookeyyyyyy....
ini masalah ta’arafu (mengenal)... kenal itu tidak sekedar tahu nama, alamat rumah, nomor handphone, atau tahu wajah dan tubuh.... itu bukan kenal namanya, tapi tahu menurut saya......
Oooo...masih seputar Om Dur thooo....
ANALOGI nya gini pak..
Saya warga negara endonesa....presiden saya adalah SBY......walow pun SBY belon pernah kerumah saya..dan sayapun belum pernah ketemu dengan SBY...
Tapi ketika...SBY ini berpidato di luar negeri semisalnya......ngomong asal JEPLAK, yang mengakibatkan turunnya harkat martabat bangsa endonesa..
Saya tetep aja MERASA MALU punya presiden gokil dan ngomong asal jeplak begitu...
itu POINT nya....
itukan melebar kemasalah mn lg....... :mon2: :mon2: :mon2:
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
mengharapkan pencerahan tentang bid'ah disini gan
https://laskarislam.indonesianforum.net/t151-bid-ah-hasanah
mohon ikut urun rembug...!
syukron
:surban:
https://laskarislam.indonesianforum.net/t151-bid-ah-hasanah
mohon ikut urun rembug...!
syukron
:surban:
BAKUL KOPI- LETNAN DUA
-
Age : 36
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
BAKUL KOPI wrote:mengharapkan pencerahan tentang bid'ah disini gan
https://laskarislam.indonesianforum.net/t151-bid-ah-hasanah
mohon ikut urun rembug...!
syukron
:surban:
https://laskarislam.indonesianforum.net/t125-bidah-hasanah?highlight=hasanah
:surban: :surban:
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
Niat adalah salah satu faktor yang sangat penting bagi seorang hamba di dalam menjalankan ibadah. Ibadah seorang hamba tidak akan menghasilkan apa-apa kecuali atas niatnya.
Hakikat Niat
Niat itu bukanlah ucapan seseorang yang berbunyi "nawaitu" (saya berniat). Ia adalah dorongan hati seiring dengan futuh (pembukaan terhadapnya) dari Allah SWT. Kadang-kadang niat itu mudah untuk dihadirkan tetapi kadang-kadang juga sulit. Barang siapa hatinya dipenuhi dengan urusan din, ia akan mendapatkan kemudahan dalam menghadirkan niat untuk berbuat baik. Sebab, ketika hati telah condong kepada pangkal kebaikan, ia pun akan terdorong pada cabang-cabang kebaikan. Barang siapa hatinya dipenuhi dengan kecenderungan kepada gemerlapnya dunia, ia akan mendapatkan kesulitan besar untuk menghadirkannya, bahkan dalam mengerjakan yang wajib sekalipun. Untuk menghadirkannya ia harus bersusah payah.
Umar bin Khattab r.a. meriwayatkan, Rasulullah saw. bersabda yang artinya, "Hanyasanya amal-amal itu tergantung pada niat. Dan, seseorang itu akan mendapatkan apa yang dia niatkan. Barang siapa niat hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, hijrahnya pun kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa niat hijrahnya kepada dunia yang diinginkannya atau wanita yang akan dinikahinya, hijrahnya pun untuk apa yang ia niatkan." (HR Bukhari dan Muslim). Imam Syafii berkata, "Hadis ini adalah sepertiga dari ilmu."
Kalimat "Hanyasanya amal-amal itu tergantung kepada niat" berarti baiknya amal yang dikerjakan sesuai dengan sunah itu tergantung kepada kebaikan niatnya. Ini seperti sabda beliau yang artinya, "Hanyasanya amal-amal itu tergantung kepada akhirnya." Kalimat "Dan seseorang itu akan mendapatkan apa yang dia niatkan" berarti pahala amal seseorang itu tergantung kepada kebaikan niatnya. Kalimat "Barang siapa niat hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, hijrahnya pun kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa niat hijrahnya kepada dunia yang diinginkannya atau wanita yang akan dinikahinya, hijrahnya pun untuk apa yang ia niatkan" sesudah disebutkannya kaidah di atas adalah sebagai contoh dari amalan-amalan yang memiliki kesamaan bentuk pelaksanaan tetapi berbeda dalam hal hasil.
Meskipun amal seorang hamaba itu tergantung dari niatnya, bukan berarti setiap amalan yang memiliki niat baik itu pasti hasilnya baik. Niat yang baik akan menghasilkan kebaikan hanya pada amalan kebaikan atau ketaatan atau yang dibolehkan oleh syariat. Oleh karena itu, niat baik itu tidak mengubah kemaksiatan dari hakikatnya.
Tidaklah pantas seorang jahil menafsirkan keumuman sabda Rasulullah saw. di atas bahwa kemaksiatan itu berubah menjadi ketaatan atau kebaikan karena niat yang baik. Sabda Rasulullah saw. itu hanya berlaku untuk ketaatan dan perkara-perkara yang mubah (yang dibolehkan).
Faktor niat memang sangat penting. Ketaatan juga bisa berubah menjadi kemaksiatan karena niat. Begitu juga perkara yang mubah, hal itu bisa berubah menjadi kemaksiatan karena niat. Jadi, pada dasarnya, keabsahan suatu ketaatan itu terikat kepada niat.
Demikian halnya dengan berlipatgandanya pahala dari suatu amal, ia tergantung dari niatnya. Suatu amal, meskipun sepele, tetapi diniatkan dengan niat yang baik dan tujuan-tujuan mulia, maka amal tersebut akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Perkara-perkara yang mubah sekalipun sesungguhnya secara keseluruhannya mengandung satu niat atau lebih. Oleh karena itu, niat-niat yang banyak itu bisa menjadi bentuk ketaatan yang bernilai tinggi serta terdapat pula derajat yang tinggi. Inilah pentingnya seorang hamba itu mengerti tentang hakikat niat. Semakin mengetahui tentang hal ini, seorang hamba akan semakin beruntung. Dengan amal ibadah yang dilakukannya, ia selalu memiliki niat-niat yang baik dan utama, sehingga dengannya ia bisa mencapai derajat-derajat yang utama.
Keutamaan Niat
Umar bin Khattab r.a. berkata yang artinya, "Amal yang paling utama adalah melaksanakan kewajiban dari Allah SWT, bersikap wara terhadap yang diharamakan-Nya, dan meluruskan niat untuk mendapatkan pahala di sisi Allah SWT."
Imam Nawawi dalam Tahdziibul Asmaa' menceritakan, suatu hari Abu Ishaq asy-Syairaaziy memasuki masjid untuk makan seperti biasanya. Ia beranjak pergi dan uangnya tertingal satu dinar di sana. Di tengah jalan barulah ia ingat, dan ia pun kembali dan mendapati uang satu dinar. Tetapi, kemudian ia meninggalkannya dan tidak menyentuhnya sambil berkata, "Jangan-jangan ini dinar orang lain, dan bukan dinarku." Ini adalah salah satu contoh sikap wara dari seorang ulama yang bernama Abu Ishaq Syairaaziy. Beliau sangat hati-hati dan takut terhadap larangan Allah. Meskipun secara logika uang satu dinar yang dilihatnya itu bisa dipastikan miliknya, tetapi dalam hatinya beliau memilih berhati-hati dan berjaga-jaga dari maksiat, sehingga beliau memilih tidak mengambilnya.
Sebagian salaf berkata, "Alangkah banyaknya amalan kecil menjadi besar karena niat. Dan alangkah banyaknya amalan besar menjadi kecil karena niat."
Yahya bin Abu Katsir berkata, "Pelajarilah niat! Sesungguhnya niat itu lebih dapat menyampaikan kepada tujuan daripada amal."
Suatu ketika Ibnu Umar r.a. mendengar seseorang berucap di awal ihramnya, "Ya Allah, sesungguhnya aku akan menunaikan haji dan umrah." Ibnu Umar bertanya, "Apakah kamu sedang mengajari orang-orang? Bukankah Allah mengetahui apa yang ada pada dirimu?" Yang demikian itu karena niat adalah kehendak hati. Niat tidak diwajibkan bagi seorang hamba untuk melafalkannya di dalam ibadah.
Sumber: Diadaptasi dari Tazkiyah an-Nafs: Konsep Penyucian Jiwa menurut Para Salaf, Ibnu Qayyim al-Jauziyah, Ibnu Rajab al-Hambali, Imam Ghazali
Hakikat Niat
Niat itu bukanlah ucapan seseorang yang berbunyi "nawaitu" (saya berniat). Ia adalah dorongan hati seiring dengan futuh (pembukaan terhadapnya) dari Allah SWT. Kadang-kadang niat itu mudah untuk dihadirkan tetapi kadang-kadang juga sulit. Barang siapa hatinya dipenuhi dengan urusan din, ia akan mendapatkan kemudahan dalam menghadirkan niat untuk berbuat baik. Sebab, ketika hati telah condong kepada pangkal kebaikan, ia pun akan terdorong pada cabang-cabang kebaikan. Barang siapa hatinya dipenuhi dengan kecenderungan kepada gemerlapnya dunia, ia akan mendapatkan kesulitan besar untuk menghadirkannya, bahkan dalam mengerjakan yang wajib sekalipun. Untuk menghadirkannya ia harus bersusah payah.
Umar bin Khattab r.a. meriwayatkan, Rasulullah saw. bersabda yang artinya, "Hanyasanya amal-amal itu tergantung pada niat. Dan, seseorang itu akan mendapatkan apa yang dia niatkan. Barang siapa niat hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, hijrahnya pun kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa niat hijrahnya kepada dunia yang diinginkannya atau wanita yang akan dinikahinya, hijrahnya pun untuk apa yang ia niatkan." (HR Bukhari dan Muslim). Imam Syafii berkata, "Hadis ini adalah sepertiga dari ilmu."
Kalimat "Hanyasanya amal-amal itu tergantung kepada niat" berarti baiknya amal yang dikerjakan sesuai dengan sunah itu tergantung kepada kebaikan niatnya. Ini seperti sabda beliau yang artinya, "Hanyasanya amal-amal itu tergantung kepada akhirnya." Kalimat "Dan seseorang itu akan mendapatkan apa yang dia niatkan" berarti pahala amal seseorang itu tergantung kepada kebaikan niatnya. Kalimat "Barang siapa niat hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, hijrahnya pun kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa niat hijrahnya kepada dunia yang diinginkannya atau wanita yang akan dinikahinya, hijrahnya pun untuk apa yang ia niatkan" sesudah disebutkannya kaidah di atas adalah sebagai contoh dari amalan-amalan yang memiliki kesamaan bentuk pelaksanaan tetapi berbeda dalam hal hasil.
Meskipun amal seorang hamaba itu tergantung dari niatnya, bukan berarti setiap amalan yang memiliki niat baik itu pasti hasilnya baik. Niat yang baik akan menghasilkan kebaikan hanya pada amalan kebaikan atau ketaatan atau yang dibolehkan oleh syariat. Oleh karena itu, niat baik itu tidak mengubah kemaksiatan dari hakikatnya.
Tidaklah pantas seorang jahil menafsirkan keumuman sabda Rasulullah saw. di atas bahwa kemaksiatan itu berubah menjadi ketaatan atau kebaikan karena niat yang baik. Sabda Rasulullah saw. itu hanya berlaku untuk ketaatan dan perkara-perkara yang mubah (yang dibolehkan).
Faktor niat memang sangat penting. Ketaatan juga bisa berubah menjadi kemaksiatan karena niat. Begitu juga perkara yang mubah, hal itu bisa berubah menjadi kemaksiatan karena niat. Jadi, pada dasarnya, keabsahan suatu ketaatan itu terikat kepada niat.
Demikian halnya dengan berlipatgandanya pahala dari suatu amal, ia tergantung dari niatnya. Suatu amal, meskipun sepele, tetapi diniatkan dengan niat yang baik dan tujuan-tujuan mulia, maka amal tersebut akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Perkara-perkara yang mubah sekalipun sesungguhnya secara keseluruhannya mengandung satu niat atau lebih. Oleh karena itu, niat-niat yang banyak itu bisa menjadi bentuk ketaatan yang bernilai tinggi serta terdapat pula derajat yang tinggi. Inilah pentingnya seorang hamba itu mengerti tentang hakikat niat. Semakin mengetahui tentang hal ini, seorang hamba akan semakin beruntung. Dengan amal ibadah yang dilakukannya, ia selalu memiliki niat-niat yang baik dan utama, sehingga dengannya ia bisa mencapai derajat-derajat yang utama.
Keutamaan Niat
Umar bin Khattab r.a. berkata yang artinya, "Amal yang paling utama adalah melaksanakan kewajiban dari Allah SWT, bersikap wara terhadap yang diharamakan-Nya, dan meluruskan niat untuk mendapatkan pahala di sisi Allah SWT."
Imam Nawawi dalam Tahdziibul Asmaa' menceritakan, suatu hari Abu Ishaq asy-Syairaaziy memasuki masjid untuk makan seperti biasanya. Ia beranjak pergi dan uangnya tertingal satu dinar di sana. Di tengah jalan barulah ia ingat, dan ia pun kembali dan mendapati uang satu dinar. Tetapi, kemudian ia meninggalkannya dan tidak menyentuhnya sambil berkata, "Jangan-jangan ini dinar orang lain, dan bukan dinarku." Ini adalah salah satu contoh sikap wara dari seorang ulama yang bernama Abu Ishaq Syairaaziy. Beliau sangat hati-hati dan takut terhadap larangan Allah. Meskipun secara logika uang satu dinar yang dilihatnya itu bisa dipastikan miliknya, tetapi dalam hatinya beliau memilih berhati-hati dan berjaga-jaga dari maksiat, sehingga beliau memilih tidak mengambilnya.
Sebagian salaf berkata, "Alangkah banyaknya amalan kecil menjadi besar karena niat. Dan alangkah banyaknya amalan besar menjadi kecil karena niat."
Yahya bin Abu Katsir berkata, "Pelajarilah niat! Sesungguhnya niat itu lebih dapat menyampaikan kepada tujuan daripada amal."
Suatu ketika Ibnu Umar r.a. mendengar seseorang berucap di awal ihramnya, "Ya Allah, sesungguhnya aku akan menunaikan haji dan umrah." Ibnu Umar bertanya, "Apakah kamu sedang mengajari orang-orang? Bukankah Allah mengetahui apa yang ada pada dirimu?" Yang demikian itu karena niat adalah kehendak hati. Niat tidak diwajibkan bagi seorang hamba untuk melafalkannya di dalam ibadah.
Sumber: Diadaptasi dari Tazkiyah an-Nafs: Konsep Penyucian Jiwa menurut Para Salaf, Ibnu Qayyim al-Jauziyah, Ibnu Rajab al-Hambali, Imam Ghazali
keroncong- KAPTEN
-
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67
Re: penting!!! apakah ini termasuk bid'ah???
Pembahasan tentang masalah niat adalah pembahasan yang sangat penting. Hal ini telah dijelaskan oleh para salaf, diantaranya perkataan mereka:
Dari Yahya bin Abi Katsir, dia berkata: "Pelajarilah (tentang) niat. Karena niat itu lebih mengena daripada amalan.
Dari Ibnu Mubarak, dia berkata: "Betapa banyak amalan kecil menjadi besar (nilainya/pahalanya) disebabkan niat dan betapa banyak amalan yang besar menjadi kecil (nilainya/pahalanya) disebabkan niat."
Dari Fudhail bin 'Iyadh, dia berkata: "Sesungguhnya Allah hanyalah menerima dari engkau niatmu dan kehendakmu." (jami'ul 'ulum wal hikam 1/70-71)
Suatu hadits yang sangat mashur dan paling sering disampaikan oleh para ulama ketika membahas masalah niat yaitu hadits:
Dari Umar bin Khothob Radhiyallahu 'anhu dia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berkata: "Sesungguhnya setiap amalan hanyalah tergantung niatnya dan bagi setiap orang apa yang dia niatkan. Barang siapa yang berhijrah karena Allah dan Rosul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rosul-Nya. Dan barang siapa yang berhijrah karena (perkara) dunia yang ingin dia peroleh atau karena wanita yang ingin dia nikahi maka hijrahnya sesuai dengan tujuan hijrahnya. (Hadits diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim)
Hadits ini adalah hadits yang sangat tinggi nilainya sehingga banyak kitab-kitab yang dibuka dengan hadits ini. Seperti kitab shohih Bukhari, kitab Umdatul Ahkam karya Syaikh Taqiyuddin Al-Maqdisi, kumpulan hadits-hadits Arba'in dan kitab Al-Majmu' oleh Imam Nawawi, serta kitab Jami'us Shoghir oleh Imam As-Suyuti. (Qowa'id wal fawaid hal.24). Sehingga benarlah perkataan Abdur Rahman bin Mahdi: "Kalau Aku menulis bab-bab (ilmu) maka aku letakkan hadits Umar tentang 'A'malu binniyat pada setiap bab-bab tersebut." Dia juga berkata: "Barangsiapa yang ingin menulis sebuah kitab maka hendaklah dia membuka kitabnya tersebut dengan hadits 'a'malu binniyat. Berkata Imam Syafi'i: "Hadits ini masuk dalam tujuh puluh bab fiqih." (Jamiul 'ulum wal hikam 1/61)
Hadits ini juga merupakan hadits yang sangat tinggi nilainya karena mengandung pokok agama, sehingga diriwayatkan bahwa Imam Syafi'i berkata: "Hadits ini (mengandung) sepertiga ilmu (agama)." Perkataan serupa juga dilontarkan oleh Imam Ahmad seraya berkata: "Landasan Islam (dibangun) di atas tiga hadits, hadits Umar ('a'malu binniyat) dan hadits 'Aisyah (Barang siapa yang membuat dalam urusan (agama) kami ini amalan yang bukan bagian darinya maka ia tertolak) dan hadits Nu'man bin Basyir (Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas ...)" Perkataan Imam Ahmad ini sangat tepat karena perkara agama seluruhnya kembali pada pelaksanaan perintah-perintah agama dan meninggalkan larangan-larangan agama dan berhenti (berdiam diri) dari perkara-perkara syubhat. Hal itu semua terkandung dalam hadits Nu'man bin Basyir. Dan amalan-amalan kebaikan ini hanyalah diterima oleh Allah jika terpenuhi dua syarat. Pertama, dzhohir amalan tersebut harus sesuai dengan sunnah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam (bersih dari bid'ah). Dan syarat pertama ini terkandung dalam hadits 'Aisyah. Kedua, batin amalan tersebut harus ikhlas hanya mengharap wajah Allah dan makana ini terkandung dalam hadits Umar Radhiyallahu 'anhu . (Jami'ul 'ulum wal hikam 1/171).
Hal ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:
"Supaya Dia (allah) menguji kamu, siapa diantara kamu yang terbaik amalnya." (Al Mulk:2)
Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak berfirman "siapa diantara kamu yang terbanyak amalannya" tetapi "yang terbaik amalnya". Fudhail bin 'Iyadh menafsirkan ayat ini (yang terbaik amalannya), kata beliau: "(yaitu) yang paling ikhlash dan yang paling benar. Sesungguhnya amalan jika sudah ikhlash namun tidak benar (tidak sesuai dengan petunjuk Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam) maka tertolak; dan jika amalan tersebut sudah benar namun tidak ikhlash maka tertolak (hanyalah diterima) hingga jika benar dan ikhlash. Yang dimaksud dengan ikhlash yaitu karena Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan dikatakan amalan itu benar jika di atas sunnah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.
Perkataan Fudhail ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:
Maka barangsiapa yang mengharap pertemuan dengan Robbnya maka hendaklah ia beramal sholih dan janganlah dia berbuat syirik dalam beribadah kepada Robbnya dengan sesuatupun. (Al-Kahfi:110)
Amalan yang sholih maksudnya yang sesuai dengan sunnah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan tidak berbuat syirik maksudnya ikhlash (tidak riya'). (Jami'ul 'ulum wal hikam 1/72)
PENJELASAN HADITS:
Niat menurut bahasa bermakna "Al-Qosdu" (yang berarti maksud/tujuan) dan "irodah" (yang berarti kehendak/tujuan). Sedangkan menurut istilah syar'i adalah 'azam (kehendak yang kuat) untuk melakukan suatu ibadah untuk bertaqorrub (mendekatkan diri) kepada Allah.
Sungguh menyedihkan jika ada seorang muslim yang begitu giatnya memeperhatikan amalan-amalan tubuhnya, dia berusaha membaguskannya namun dia lalai dari memperhatikan amalan hatinya. Dia lupa memperhatikan apakah niatnya ketika beramal sudah baik atau belum. Padahal Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
"Sesungguhnya dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila daging tersebut baik maka baik pula seluruh (anggota) tubuh. Dan bila segumpal daging tersebut rusak maka rusak pula seluruh (anggota) tubuh. Ketahuilah ... segumpal daging itu adalah hati.'
Hadits ini menunjukkan bahwa amalan-amalan hati (termasuk di dalamnya mempelajari masalah niat karena niat tempatnya di hati) adalah sangat penting. Berkata Syaikh As-Sa'di: "Baiknya amalan-amalan tubuh dan amalan-amalan harta yaitu dengan baiknya amalan-amalan hati." (Qowaidul fiqhiyah hal.24) Berkata Muthorrif bin Abdillah: "Baiknya hati dengan baiknya amalan, dan baiknya amalan dengan baiknya niat." (Jami'ul 'ulum wal hikam 1/71)
Maroji':
1. Al-Qoul Al-Mufid jilid 1 dan 2, Syaikh Utsaimin
2. Fathul Majid (penerbit Darul Fikr tahun 1992)
3. Qowa'id wa fawaid min al-Arbain an-Nawawiyah, Nadzim Muhammad Sulthon
4. Tazkiyatun Nufus, Dr. Ahmad Farid
5. Syarah Riyadhus Shalihin, Syaikh Utsaimin jilid 1
6. Aina Nahnu min Aklakis Salaf, Abdul Aziz bin Nashir Al-Jalil
7. Al-Qowa'id Al-Fiqhiyah, Syaikh Nasir As-Sa'di
8. Al-Qaul al-Mubin Fiber Optic aktho' al-mushollin, Abu 'Ubaidah Masyhur bin Hasan Salman
dinukil dari: makalah "Fiqih Niat", disusun oleh: Ibnu 'Abidin As-Soronji. (Santri Ma'had Jamilurrahman As-Salafy, Yogyakarta) Hal.1-2
Dari Yahya bin Abi Katsir, dia berkata: "Pelajarilah (tentang) niat. Karena niat itu lebih mengena daripada amalan.
Dari Ibnu Mubarak, dia berkata: "Betapa banyak amalan kecil menjadi besar (nilainya/pahalanya) disebabkan niat dan betapa banyak amalan yang besar menjadi kecil (nilainya/pahalanya) disebabkan niat."
Dari Fudhail bin 'Iyadh, dia berkata: "Sesungguhnya Allah hanyalah menerima dari engkau niatmu dan kehendakmu." (jami'ul 'ulum wal hikam 1/70-71)
Suatu hadits yang sangat mashur dan paling sering disampaikan oleh para ulama ketika membahas masalah niat yaitu hadits:
Dari Umar bin Khothob Radhiyallahu 'anhu dia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berkata: "Sesungguhnya setiap amalan hanyalah tergantung niatnya dan bagi setiap orang apa yang dia niatkan. Barang siapa yang berhijrah karena Allah dan Rosul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rosul-Nya. Dan barang siapa yang berhijrah karena (perkara) dunia yang ingin dia peroleh atau karena wanita yang ingin dia nikahi maka hijrahnya sesuai dengan tujuan hijrahnya. (Hadits diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim)
Hadits ini adalah hadits yang sangat tinggi nilainya sehingga banyak kitab-kitab yang dibuka dengan hadits ini. Seperti kitab shohih Bukhari, kitab Umdatul Ahkam karya Syaikh Taqiyuddin Al-Maqdisi, kumpulan hadits-hadits Arba'in dan kitab Al-Majmu' oleh Imam Nawawi, serta kitab Jami'us Shoghir oleh Imam As-Suyuti. (Qowa'id wal fawaid hal.24). Sehingga benarlah perkataan Abdur Rahman bin Mahdi: "Kalau Aku menulis bab-bab (ilmu) maka aku letakkan hadits Umar tentang 'A'malu binniyat pada setiap bab-bab tersebut." Dia juga berkata: "Barangsiapa yang ingin menulis sebuah kitab maka hendaklah dia membuka kitabnya tersebut dengan hadits 'a'malu binniyat. Berkata Imam Syafi'i: "Hadits ini masuk dalam tujuh puluh bab fiqih." (Jamiul 'ulum wal hikam 1/61)
Hadits ini juga merupakan hadits yang sangat tinggi nilainya karena mengandung pokok agama, sehingga diriwayatkan bahwa Imam Syafi'i berkata: "Hadits ini (mengandung) sepertiga ilmu (agama)." Perkataan serupa juga dilontarkan oleh Imam Ahmad seraya berkata: "Landasan Islam (dibangun) di atas tiga hadits, hadits Umar ('a'malu binniyat) dan hadits 'Aisyah (Barang siapa yang membuat dalam urusan (agama) kami ini amalan yang bukan bagian darinya maka ia tertolak) dan hadits Nu'man bin Basyir (Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas ...)" Perkataan Imam Ahmad ini sangat tepat karena perkara agama seluruhnya kembali pada pelaksanaan perintah-perintah agama dan meninggalkan larangan-larangan agama dan berhenti (berdiam diri) dari perkara-perkara syubhat. Hal itu semua terkandung dalam hadits Nu'man bin Basyir. Dan amalan-amalan kebaikan ini hanyalah diterima oleh Allah jika terpenuhi dua syarat. Pertama, dzhohir amalan tersebut harus sesuai dengan sunnah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam (bersih dari bid'ah). Dan syarat pertama ini terkandung dalam hadits 'Aisyah. Kedua, batin amalan tersebut harus ikhlas hanya mengharap wajah Allah dan makana ini terkandung dalam hadits Umar Radhiyallahu 'anhu . (Jami'ul 'ulum wal hikam 1/171).
Hal ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:
"Supaya Dia (allah) menguji kamu, siapa diantara kamu yang terbaik amalnya." (Al Mulk:2)
Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak berfirman "siapa diantara kamu yang terbanyak amalannya" tetapi "yang terbaik amalnya". Fudhail bin 'Iyadh menafsirkan ayat ini (yang terbaik amalannya), kata beliau: "(yaitu) yang paling ikhlash dan yang paling benar. Sesungguhnya amalan jika sudah ikhlash namun tidak benar (tidak sesuai dengan petunjuk Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam) maka tertolak; dan jika amalan tersebut sudah benar namun tidak ikhlash maka tertolak (hanyalah diterima) hingga jika benar dan ikhlash. Yang dimaksud dengan ikhlash yaitu karena Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan dikatakan amalan itu benar jika di atas sunnah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.
Perkataan Fudhail ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:
Maka barangsiapa yang mengharap pertemuan dengan Robbnya maka hendaklah ia beramal sholih dan janganlah dia berbuat syirik dalam beribadah kepada Robbnya dengan sesuatupun. (Al-Kahfi:110)
Amalan yang sholih maksudnya yang sesuai dengan sunnah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan tidak berbuat syirik maksudnya ikhlash (tidak riya'). (Jami'ul 'ulum wal hikam 1/72)
PENJELASAN HADITS:
Niat menurut bahasa bermakna "Al-Qosdu" (yang berarti maksud/tujuan) dan "irodah" (yang berarti kehendak/tujuan). Sedangkan menurut istilah syar'i adalah 'azam (kehendak yang kuat) untuk melakukan suatu ibadah untuk bertaqorrub (mendekatkan diri) kepada Allah.
Sungguh menyedihkan jika ada seorang muslim yang begitu giatnya memeperhatikan amalan-amalan tubuhnya, dia berusaha membaguskannya namun dia lalai dari memperhatikan amalan hatinya. Dia lupa memperhatikan apakah niatnya ketika beramal sudah baik atau belum. Padahal Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
"Sesungguhnya dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila daging tersebut baik maka baik pula seluruh (anggota) tubuh. Dan bila segumpal daging tersebut rusak maka rusak pula seluruh (anggota) tubuh. Ketahuilah ... segumpal daging itu adalah hati.'
Hadits ini menunjukkan bahwa amalan-amalan hati (termasuk di dalamnya mempelajari masalah niat karena niat tempatnya di hati) adalah sangat penting. Berkata Syaikh As-Sa'di: "Baiknya amalan-amalan tubuh dan amalan-amalan harta yaitu dengan baiknya amalan-amalan hati." (Qowaidul fiqhiyah hal.24) Berkata Muthorrif bin Abdillah: "Baiknya hati dengan baiknya amalan, dan baiknya amalan dengan baiknya niat." (Jami'ul 'ulum wal hikam 1/71)
Maroji':
1. Al-Qoul Al-Mufid jilid 1 dan 2, Syaikh Utsaimin
2. Fathul Majid (penerbit Darul Fikr tahun 1992)
3. Qowa'id wa fawaid min al-Arbain an-Nawawiyah, Nadzim Muhammad Sulthon
4. Tazkiyatun Nufus, Dr. Ahmad Farid
5. Syarah Riyadhus Shalihin, Syaikh Utsaimin jilid 1
6. Aina Nahnu min Aklakis Salaf, Abdul Aziz bin Nashir Al-Jalil
7. Al-Qowa'id Al-Fiqhiyah, Syaikh Nasir As-Sa'di
8. Al-Qaul al-Mubin Fiber Optic aktho' al-mushollin, Abu 'Ubaidah Masyhur bin Hasan Salman
dinukil dari: makalah "Fiqih Niat", disusun oleh: Ibnu 'Abidin As-Soronji. (Santri Ma'had Jamilurrahman As-Salafy, Yogyakarta) Hal.1-2
keroncong- KAPTEN
-
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67
Halaman 2 dari 3 • 1, 2, 3
Similar topics
» ini yang termasuk bisa mengurangi tekanan pikiran, termasuk juga ada pemandangan yang bergerak dan tidak, tapi yang penting enak ngeliatnya
» BIDAH-BIDAH YANG MENYERANG GEREJA AWAL
» apakah ini termasuk arogansi militer?
» Biawak apakah termasuk Dhab
» Apakah Kita Termasuk di Dalam Kristus - Kotbah Pdt Iin Cipto
» BIDAH-BIDAH YANG MENYERANG GEREJA AWAL
» apakah ini termasuk arogansi militer?
» Biawak apakah termasuk Dhab
» Apakah Kita Termasuk di Dalam Kristus - Kotbah Pdt Iin Cipto
Halaman 2 dari 3
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik