FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI


Join the forum, it's quick and easy

FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI
FORUM LASKAR ISLAM
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Halaman 7 dari 13 Previous  1, 2, 3 ... 6, 7, 8 ... 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by sungokong Sun May 19, 2013 12:48 pm

First topic message reminder :

Al-Quran Al-Karim memperkenalkan dirinya dengan berbagai ciri dan sifat. Salah satu di antaranya adalah bahwa ia merupakan kitab yang keotentikannya dijamin oleh Allah, dan ia adalah kitab yang selalu dipelihara. Inna nahnu nazzalna al-dzikra wa inna lahu lahafizhun (Sesungguhnya Kami yang menurunkan Al-Quran dan Kamilah Pemelihara-pemelihara-Nya) (QS 15:9).

Demikianlah Allah menjamin keotentikan Al-Quran, jaminan yang diberikan atas dasar Kemahakuasaan dan Kemahatahuan-Nya, serta berkat upaya-upaya yang dilakukan oleh makhluk-makhluk-Nya, terutama oleh manusia. Dengan jaminan ayat di atas, setiap Muslim percaya bahwa apa yang dibaca dan didengarnya sebagai Al-Quran tidak berbeda sedikit pun dengan apa yang pernah dibaca oleh Rasulullah saw., dan yang didengar serta dibaca oleh para sahabat Nabi saw.

Tetapi, dapatkah kepercayaan itu didukung oleh bukti-bukti lain? Dan, dapatkah bukti-bukti itu meyakinkan manusia, termasuk mereka yang tidak percaya akan jaminan Allah di atas? Tanpa ragu kita mengiyakan pertanyaan di atas, karena seperti yang ditulis oleh almarhum 'Abdul-Halim Mahmud, mantan Syaikh Al-Azhar: "Para orientalis yang dari saat ke saat berusaha menunjukkan kelemahan Al-Quran, tidak mendapatkan celah untuk meragukan keotentikannya."1 Hal ini disebabkan oleh bukti-bukti kesejarahan yang mengantarkan mereka kepada kesimpulan tersebut.
Bukti-bukti dari Al-Quran Sendiri

Sebelum menguraikan bukti-bukti kesejarahan, ada baiknya saya kutipkan pendapat seorang ulama besar Syi'ah kontemporer, Muhammad Husain Al-Thabathaba'iy, yang menyatakan bahwa sejarah Al-Quran demikian jelas dan terbuka, sejak turunnya sampai masa kini. Ia dibaca oleh kaum Muslim sejak dahulu sampai sekarang, sehingga pada hakikatnya Al-Quran tidak membutuhkan sejarah untuk membuktikan keotentikannya. Kitab Suci tersebut lanjut Thabathaba'iy memperkenalkan dirinya sebagai Firman-firman Allah dan membuktikan hal tersebut dengan menantang siapa pun untuk menyusun seperti keadaannya. Ini sudah cukup menjadi bukti, walaupun tanpa bukti-bukti kesejarahan. Salah satu bukti bahwa Al-Quran yang berada di tangan kita sekarang adalah Al-Quran yang turun kepada Nabi saw. tanpa pergantian atau perubahan --tulis Thabathaba'iy lebih jauh-- adalah berkaitan dengan sifat dan ciri-ciri yang diperkenalkannya menyangkut dirinya, yang tetap dapat ditemui sebagaimana keadaannya dahulu.2

Dr. Mustafa Mahmud, mengutip pendapat Rasyad Khalifah, juga mengemukakan bahwa dalam Al-Quran sendiri terdapat bukti-bukti sekaligus jaminan akan keotentikannya.3

Huruf-huruf hija'iyah yang terdapat pada awal beberapa surah dalam Al-Quran adalah jaminan keutuhan Al-Quran sebagaimana diterima oleh Rasulullah saw. Tidak berlebih dan atau berkurang satu huruf pun dari kata-kata yang digunakan oleh Al-Quran. Kesemuanya habis terbagi 19, sesuai dengan jumlah huruf-huruf B(i)sm Ali(a)h Al-R(a)hm(a)n Al-R(a)him. (Huruf a dan i dalam kurung tidak tertulis dalam aksara bahasa Arab).

Huruf (qaf) yang merupakan awal dari surah ke-50, ditemukan terulang sebanyak 57 kali atau 3 X 19.

Huruf-huruf kaf, ha', ya', 'ayn, shad, dalam surah Maryam, ditemukan sebanyak 798 kali atau 42 X 19.

Huruf (nun) yang memulai surah Al-Qalam, ditemukan sebanyak 133 atau 7 X 19. Kedua, huruf (ya') dan (sin) pada surah Yasin masing-masing ditemukan sebanyak 285 atau 15 X 19. Kedua huruf (tha') dan (ha') pada surah Thaha masing-masing berulang sebanyak 342 kali, sama dengan 19 X 18.

Huruf-huruf (ha') dan (mim) yang terdapat pada keseluruhan surah yang dimulai dengan kedua huruf ini, ha' mim, kesemuanya merupakan perkalian dari 114 X 19, yakni masing-masing berjumlah 2.166.

Bilangan-bilangan ini, yang dapat ditemukan langsung dari celah ayat Al-Quran, oleh Rasyad Khalifah, dijadikan sebagai bukti keotentikan Al-Quran. Karena, seandainya ada ayat yang berkurang atau berlebih atau ditukar kata dan kalimatnya dengan kata atau kalimat yang lain, maka tentu perkalian-perkalian tersebut akan menjadi kacau.

Angka 19 di atas, yang merupakan perkalian dari jumlah-jumlah yang disebut itu, diambil dari pernyataan Al-Quran sendiri, yakni yang termuat dalam surah Al-Muddatstsir ayat 30 yang turun dalam konteks ancaman terhadap seorang yang meragukan kebenaran Al-Quran.

Demikianlah sebagian bukti keotentikan yang terdapat di celah-celah Kitab Suci tersebut.
Bukti-bukti Kesejarahan

Al-Quran Al-Karim turun dalam masa sekitar 22 tahun atau tepatnya, menurut sementara ulama, dua puluh dua tahun, dua bulan dan dua puluh dua hari.

Ada beberapa faktor yang terlebih dahulu harus dikemukakan dalam rangka pembicaraan kita ini, yang merupakan faktor-faktor pendukung bagi pembuktian otentisitas Al-Quran.

(1) Masyarakat Arab, yang hidup pada masa turunnya Al-Quran, adalah masyarakat yang tidak mengenal baca tulis. Karena itu, satu-satunya andalan mereka adalah hafalan. Dalam hal hafalan, orang Arab --bahkan sampai kini-- dikenal sangat kuat.

(2) Masyarakat Arab --khususnya pada masa turunnya Al-Quran-- dikenal sebagai masyarakat sederhana dan bersahaja: Kesederhanaan ini, menjadikan mereka memiliki waktu luang yang cukup, disamping menambah ketajaman pikiran dan hafalan.

(3) Masyarakat Arab sangat gandrung lagi membanggakan kesusastraan; mereka bahkan melakukan perlombaan-perlombaan dalam bidang ini pada waktu-waktu tertentu.

(4) Al-Quran mencapai tingkat tertinggi dari segi keindahan bahasanya dan sangat mengagumkan bukan saja bagi orang-orang mukmin, tetapi juga orang kafir. Berbagai riwayat menyatakan bahwa tokoh-tokoh kaum musyrik seringkali secara sembunyi-sembunyi berupaya mendengarkan ayat-ayat Al-Quran yang dibaca oleh kaum Muslim. Kaum Muslim, disamping mengagumi keindahan bahasa Al-Quran, juga mengagumi kandungannya, serta meyakini bahwa ayat-ayat Al-Quran adalah petunjuk kebahagiaan dunia dan akhirat.

(5) Al-Quran, demikian pula Rasul saw., menganjurkan kepada kaum Muslim untuk memperbanyak membaca dan mempelajari Al-Quran dan anjuran tersebut mendapat sambutan yang hangat.

(6) Ayat-ayat Al-Quran turun berdialog dengan mereka, mengomentari keadaan dan peristiwa-peristiwa yang mereka alami, bahkan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Disamping itu, ayat-ayat Al-Quran turun sedikit demi sedikit. Hal itu lebih mempermudah pencernaan maknanya dan proses penghafalannya.

(7) Dalam Al-Quran, demikian pula hadis-hadis Nabi, ditemukan petunjuk-petunjuk yang mendorong para sahabatnya untuk selalu bersikap teliti dan hati-hati dalam menyampaikan berita --lebih-lebih kalau berita tersebut merupakan Firman-firman Allah atau sabda Rasul-Nya.

Faktor-faktor di atas menjadi penunjang terpelihara dan dihafalkannya ayat-ayat Al-Quran. Itulah sebabnya, banyak riwayat sejarah yang menginformasikan bahwa terdapat ratusan sahabat Nabi saw. yang menghafalkan Al-Quran. Bahkan dalam peperangan Yamamah, yang terjadi beberapa saat setelah wafatnya Rasul saw., telah gugur tidak kurang dari tujuh puluh orang penghafal Al-Quran.4

Walaupun Nabi saw. dan para sahabat menghafal ayat-ayat Al-Quran, namun guna menjamin terpeliharanya wahyu-wahyu Ilahi itu, beliau tidak hanya mengandalkan hafalan, tetapi juga tulisan. Sejarah menginformasikan bahwa setiap ada ayat yang turun, Nabi saw. lalu memanggil sahabat-sahabat yang dikenal pandai menulis, untuk menuliskan ayat-ayat yang baru saja diterimanya, sambil menyampaikan tempat dan urutan setiap ayat dalam surahnya. Ayat-ayat tersebut mereka tulis dalam pelepah kurma, batu, kulit-kulit atau tulang-tulang binatang. Sebagian sahabat ada juga yang menuliskan ayat-ayat tersebut secara pribadi, namun karena keterbatasan alat tulis dan kemampuan maka tidak banyak yang melakukannya disamping kemungkinan besar tidak mencakup seluruh ayat Al-Quran. Kepingan naskah tulisan yang diperintahkan oleh Rasul itu, baru dihimpun dalam bentuk "kitab" pada masa pemerintahan Khalifah Abu Bakar r.a.5
Penulisan Mushhaf

Dalam uraian sebelumnya dikemukakan bahwa ketika terjadi peperangan Yamamah, terdapat puluhan penghafal Al-Quran yang gugur. Hal ini menjadikan 'Umar ibn Al-Khaththab menjadi risau tentang "masa depan Al-Quran". Karena itu, beliau mengusulkan kepada Khalifah Abu Bakar agar mengumpulkan tulisan-tulisan yang pernah ditulis pada masa Rasul. Walaupun pada mulanya Abu Bakar ragu menerima usul tersebut --dengan alasan bahwa pengumpulan semacam itu tidak dilakukan oleh Rasul saw.-- namun pada akhirnya 'Umar r.a. dapat meyakinkannya. Dan keduanya sepakat membentuk suatu tim yang diketuai oleh Zaid ibn Tsabit dalam rangka melaksanakan tugas suci dan besar itu.

Zaid pun pada mulanya merasa sangat berat untuk menerima tugas tersebut, tetapi akhirnya ia dapat diyakinkan --apalagi beliau termasuk salah seorang yang ditugaskan oleh Rasul pada masa hidup beliau untuk menuliskan wahyu Al-Quran. Dengan dibantu oleh beberapa orang sahabat Nabi, Zaid pun memulai tugasnya. Abu Bakar r.a. memerintahkan kepada seluruh kaum Muslim untuk membawa naskah tulisan ayat Al-Quran yang mereka miliki ke Masjid Nabawi untuk kemudian diteliti oleh Zaid dan timnya. Dalam hal ini, Abu Bakar r.a. memberi petunjuk agar tim tersebut tidak menerima satu naskah kecuali yang memenuhi dua syarat:

Pertama, harus sesuai dengan hafalan para sahabat lain.

Kedua, tulisan tersebut benar-benar adalah yang ditulis atas perintah dan di hadapan Nabi saw. Karena, seperti yang dikemukakan di atas, sebagian sahabat ada yang menulis atas inisiatif sendiri.

Untuk membuktikan syarat kedua tersebut, diharuskan adanya dua orang saksi mata.

Sejarah mencatat bahwa Zaid ketika itu menemukan kesulitan karena beliau dan sekian banyak sahabat menghafal ayat Laqad ja'akum Rasul min anfusikum 'aziz 'alayh ma 'anittun harish 'alaykum bi almu'minina Ra'uf al-rahim (QS 9:128). Tetapi, naskah yang ditulis di hadapan Nabi saw. tidak ditemukan. Syukurlah pada akhirnya naskah tersebut ditemukan juga di tangan seorang sahabat yang bernama Abi Khuzaimah Al-Anshari. Demikianlah, terlihat betapa Zaid menggabungkan antara hafalan sekian banyak sahabat dan naskah yang ditulis di hadapan Nabi saw., dalam rangka memelihara keotentikan Al-Quran. Dengan demikian, dapat dibuktikan dari tata kerja dan data-data sejarah bahwa Al-Quran yang kita baca sekarang ini adalah otentik dan tidak berbeda sedikit pun dengan apa yang diterima dan dibaca oleh Rasulullah saw., lima belas abad yang lalu.

Sebelum mengakhiri tulisan ini, perlu dikemukakan bahwa Rasyad Khalifah, yang menemukan rahasia angka 19 yang dikemukakan di atas, mendapat kesulitan ketika menemukan bahwa masing-masing kata yang menghimpun Bismillahirrahmanirrahim, kesemuanya habis terbagi 19, kecuali Al-Rahim. Kata Ism terulang sebanyak 19 kali, Allah sebanyak 2.698 kali, sama dengan 142 X 19, sedangkan kata Al-Rahman sebanyak 57 kali atau sama dengan 3 X 19, dan Al-Rahim sebanyak 115 kali. Di sini, ia menemukan kejanggalan, yang konon mengantarnya mencurigai adanya satu ayat yang menggunakan kata rahim, yang pada hakikatnya bukan ayat Al-Quran. Ketika itu, pandangannya tertuju kepada surah Al-Tawbah ayat 128, yang pada mulanya tidak ditemukan oleh Zaid. Karena, sebagaimana terbaca di atas, ayat tersebut diakhiri dengan kata rahim.

Sebenarnya, kejanggalan yang ditemukannya akan sirna, seandainya ia menyadari bahwa kata rahim pada ayat Al-Tawbah di atas, bukannya menunjuk kepada sifat Tuhan, tetapi sifat Nabi Muhammad saw. Sehingga ide yang ditemukannya dapat saja benar tanpa meragukan satu ayat dalam Al-Quran, bila dinyatakan bahwa kata rahim dalam Al-Quran yang menunjuk sifat Allah jumlahnya 114 dan merupakan perkalian dari 6 X 19.
Penutup

Demikianlah sekelumit pembicaraan dan bukti-bukti yang dikemukakan para ulama dan pakar, menyangkut keotentikan ayat-ayat Al-Quran. Terlihat bagaimana Allah menjamin terpeliharanya Kitab Suci ini, antara lain berkat upaya kaum beriman.
Catatan kaki

1 'Abdul Halim Mahmud, Al-Tafkir Al-Falsafiy fi Al-Islam, Dar Al-Kitab Al-Lubnaniy, Beirut, t.t., h. 50.

2 Muhammad Husain Al-Thabathabaly, Al-Qur'an fi Al-Islam, Markaz I'lam Al-Dzikra Al-Khamisah li Intizhar Al-Tsawrah Al-Islamiyah, Teheran, h. 175.

3 Mustafa Mahmud, Min Asrar Al-Qur'an, Dar Al-Ma'arif, Mesir, 1981, h. 64-65.

4 'Abdul Azhim Al-Zarqaniy, Manahil Al-'Irfan i 'Ulum Al-Qur'an, Al-Halabiy, Kairo, 1980, jilid 1, h. 250.

5 Ibid., h. 252.
sungokong
sungokong
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 154
Kepercayaan : Islam
Location : gunung hwa kwou
Join date : 04.05.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down


keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by SEGOROWEDI Thu Jul 04, 2013 9:18 am

EbisuSensei wrote:
SEGOROWEDI wrote:
katanya musaf hafsa dialek quraisy..
kok di dalamnya ada perbedaan dialek selain quraisy?
kacauw
Kan jika ada.
Dan tidak bisa dipastikan apakah memang ada dialek lain dari musaf hafs.
Kalaupun ada, maka tinggal dipilih dialek Quraisy.

Sedangkan musaf hafs setahu saya masih dalam bentuh suhuf-suhuf.
Belum musaf yang utuh dalam satu kitab.

kalau kamu pinter, tidak perlu bilang 'jika ada' perbedaan dialek selain quraisy
lha wong musaf hafsanya sendiri berdialek quraisy kok..

maka..
kalau musaf hafsa sudah dialek quraisy..
tinggal tetapkan aja musaf aseli tersebut sebagai standard
ngapain usman bikin baru dan ditetapkan sebagai standard?,
sementara musaf aselinya tersebut malah akhirnya dibakar juga.


gak pernah dikenal suhuf hafsa..
jangan berhalusinasi!
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by EbisuSensei Thu Jul 04, 2013 9:26 am

SEGOROWEDI wrote:
kalau kamu pinter, tidak perlu bilang 'jika ada' perbedaan dialek selain quraisy
lha wong musaf hafsanya sendiri berdialek quraisy kok..
Nggak perlu pinter-pinteran ....................
Tinggal buktikan saja, kalau memang ada dialek lain pada musaf hafs.

gak pernah dikenal suhuf hafsa..
jangan berhalusinasi!
Mudheng artinya musaf dan suhuf belum?
EbisuSensei
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by SEGOROWEDI Thu Jul 04, 2013 9:36 am



ini kan sumbermu sendiri:
Menurut Syaikh Manna' Al-Qaththan dalam Mahabits fi 'Ulum Al Qur'an, keterangan ini menunjukkan bahwa apa yang dilakukan Utsman telah disepakati oleh para sahabat. Demikianlah selanjutnya Utsman mengirim utusan kepada Hafsah untuk meminjam mushaf Abu Bakar yang ada padanya. Lalu Utsman memanggil Zaid bin Tsabit Al-Anshari dan tiga orang Quraish, yaitu Abdullah bin Az-Zubair, Said bin Al-Ash dan Abdurrahman bin Al-Harits bin Hisyam. Ia memerintahkan mereka agar menyalin dan memperbanyak mushaf, dan jika ada perbedaan antara Zaid dengan ketiga orang Quraish tersebut, hendaklah ditulis dalam bahasa Quraish karena Al Qur'an turun dalam dialek bahasa mereka. Setelah mengembalikan lembaran-lembaran asli kepada Hafsah, ia mengirimkan tujuh buah mushaf, yaitu ke Mekkah, Syam, Yaman, Bahrain, Bashrah, Kufah, dan sebuah ditahan di Madinah (mushaf al-Imam).

perbedaan apalagi? wong yang disalin musaf hafsa sudah bahasa/dialek quraisy..
mestinya tinggal ditetapkan saja musaf hafsa sebagai standard
ngapain usman bikin baru dan dijadikan standard?
yang bahkan aslinya kemusian dibakar..
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by EbisuSensei Thu Jul 04, 2013 9:39 am

SEGOROWEDI wrote:blaa ...... blaa ........
Yang saya tanya, mudheng artinya suhuf dan musaf belum?
EbisuSensei
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by SEGOROWEDI Thu Jul 04, 2013 9:50 am


sumber lain menyatakan tidak menyalin, hanya mencocokkan:

Ibn Shabba melaporkan:
Zaid bin Thabit berkata, “Ketika saya melakukan revisi Mushaf ‘Uthmani (Mushaf yang dibuat sendiri) saya temukan kekurangan satu ayat kemudian saya mencarinya di kalangan kaum Muhajirin dan Ansar (Karena mereka itu yang menulis AI-Qur’an pada zaman Nabi Muhammad saw.), sehingga saya mendapatkannya dari Khuzaimah bin Thabit al-Ansari. Kemudian saya menuliskannya… Lalu saya merevisinya sekali lagi dan tidak menemukan sesuatu (yang meragukan). `Uthman kemudian mengutus menemui Hafsah minta agar meminjamkan Suhuf yang dipercayakan pada dirinya; Hafsah lalu memberikan setelah `Uthman berjanji pasti atau bernazar hendak mengembalikan. Dalam perbandingan kedua ayat ini, saya tidak melihat adanya perbedaan. Kemudian saya kembalikan pada ‘Uthman dan penuh kegembiraan, dia menyuruh orang-orang membuat duplikat naskah dari Mushaf itu.”


tuh..
usman bikin sendiri yang baru..
dan hanya mengklaim sudah mencocokkan dengan musaf hafsa
pun hanya 2 ayat yang dicocokkan
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by EbisuSensei Thu Jul 04, 2013 9:56 am

SEGOROWEDI wrote:
sumber lain menyatakan tidak menyalin, hanya mencocokkan:

Ibn Shabba melaporkan:
Zaid bin Thabit berkata, “Ketika saya melakukan revisi Mushaf ‘Uthmani (Mushaf yang dibuat sendiri) saya temukan kekurangan satu ayat kemudian saya mencarinya di kalangan kaum Muhajirin dan Ansar (Karena mereka itu yang menulis AI-Qur’an pada zaman Nabi Muhammad saw.), sehingga saya mendapatkannya dari Khuzaimah bin Thabit al-Ansari. Kemudian saya menuliskannya… Lalu saya merevisinya sekali lagi dan tidak menemukan sesuatu (yang meragukan). `Uthman kemudian mengutus menemui Hafsah minta agar meminjamkan Suhuf yang dipercayakan pada dirinya; Hafsah lalu memberikan setelah `Uthman berjanji pasti atau bernazar hendak mengembalikan. Dalam perbandingan kedua ayat ini, saya tidak melihat adanya perbedaan. Kemudian saya kembalikan pada ‘Uthman dan penuh kegembiraan, dia menyuruh orang-orang membuat duplikat naskah dari Mushaf itu.”


tuh..
usman bikin sendiri yang baru..
dan hanya mengklaim sudah mencocokkan dengan musaf hafsa
pun hanya 2 ayat yang dicocokkan
Kehilangan satu ayat saja sudah bisa terdeteksi dari awal.
Jadi riwayat tersebut bisa diabaikan ............... ehmmehmm 
EbisuSensei
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by SEGOROWEDI Thu Jul 04, 2013 10:04 am


jadi musaf bikinan usman seharusnya diabaikan..
ternyata bisa mengalami kekurangan ayat dan setelah cari sana-sini
referensinya tetep musaf hafsa
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by EbisuSensei Thu Jul 04, 2013 10:08 am

Code:
SEGOROWEDI wrote:
jadi musaf bikinan usman seharusnya diabaikan..
ternyata bisa mengalami kekurangan ayat dan setelah cari sana-sini
referensinya tetep musaf hafsa
Itukan hanya untuk kroscek saja.
Nggak ada masalah.

Dan saya ingin tanya, kenapa kamu mengabaikan post saya no #154?
Tolong dijelaskan!
EbisuSensei
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by SEGOROWEDI Thu Jul 04, 2013 10:45 am


berarti referensinya musaf hafsa..
ngapain ia bikin baru? dan referensinya malah kemudian dibakar

*suhuf/musaf hanya soal bentuk fisik
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by EbisuSensei Thu Jul 04, 2013 10:58 am

SEGOROWEDI wrote:
berarti referensinya musaf hafsa..
ngapain ia bikin baru? dan referensinya malah kemudian dibakar

*suhuf/musaf hanya soal bentuk fisik
Hanya diduplikasikan untuk disebarkan.
Atau tepatnya menyalin yang dialek Quraisy, lalu disebarkan.
EbisuSensei
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by SEGOROWEDI Thu Jul 04, 2013 11:03 am


bikin baru tuh..
ternyata kehilangan 2 ayat dan kebingungan
akhirnya kembali ke musaf/suhuf hafsa sebagai referensinya

kalau gitu..
NGAPAIN USMAN BIKIN MUSAF?
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by EbisuSensei Thu Jul 04, 2013 11:10 am

SEGOROWEDI wrote:
bikin baru tuh..
ternyata kehilangan 2 ayat dan kebingungan
akhirnya kembali ke musaf/suhuf hafsa sebagai referensinya
Nggak ada yang kebingungan.
Hanya nyari2 referensi saja kok dianggap bingung ............. lollol

kalau gitu..
NGAPAIN USMAN BIKIN MUSAF?
Untuk menyatukan dialek, menjadi dialek Quraisy.
Dan salinannya disebarkan.

btw, jawabanmu tentang musaf dan suhuf kok mirip penderita alogia? lollol
nulis yang bener dong!
musaf itu apa.
suhuf itu apa.
gituu ..............
EbisuSensei
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by SEGOROWEDI Thu Jul 04, 2013 11:13 am


jadi yang original cuman 2 ayat ya?
pantesan musaf hafsa kemudian dibakar
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by EbisuSensei Thu Jul 04, 2013 11:16 am

SEGOROWEDI wrote:
jadi yang original cuman 2 ayat ya?
pantesan musaf hafsa kemudian dibakar
Tambah kacau ................ lollol

Kehilangan/ketambahan satu ayat saja sudah bisa terdeteksi.
baca-baca saja:
http://www.laskarislam.com/t6941-parity-check-pada-al-quran

Apakah kamu ingin tanya lagi kenapa kamu nggak saya bolehkan masuk ............... ?
ehmmehmm
EbisuSensei
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by SEGOROWEDI Thu Jul 04, 2013 11:20 am



bikin musaf aja bisa ada yang kurang
dan ujung-ujungnya lari ke musaf hafsa..
ngapain si usman bikin musaf segala?
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by EbisuSensei Thu Jul 04, 2013 11:24 am

SEGOROWEDI wrote:

bikin musaf  aja bisa ada yang kurang
dan ujung-ujungnya lari ke musaf hafsa..
ngapain si usman bikin musaf segala?
Untuk menyatukan dialek.
Dan sudah dijelasin di atas.
EbisuSensei
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by SEGOROWEDI Thu Jul 04, 2013 11:28 am


dialek quraisy..
padahal musaf hafsa sudah dialek quraisy
padahal ketika usman kebingungan 2 ayat ketika bikin musaf larinya ke musaf hafsa
ngapain ikutan bikin musaf segala?
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by EbisuSensei Thu Jul 04, 2013 11:31 am

SEGOROWEDI wrote:
dialek quraisy..
padahal musaf hafsa sudah dialek quraisy
Bisa sajakan ada dialek lain yang terselip.

padahal ketika usman kebingungan 2 ayat ketika bikin musaf larinya ke musaf hafsa
ngapain ikutan bikin musaf segala?
Nggak ada bingung-bingungan masalah ayat yang hilang.
EbisuSensei
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by SEGOROWEDI Thu Jul 04, 2013 11:38 am


- mulai mengada-adakan alasan
- bikin musaf aja bisa kekurangan/kehilangan ayat; masih maksa..
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by EbisuSensei Thu Jul 04, 2013 11:41 am

SEGOROWEDI wrote:
- mulai mengada-adakan alasan
Kenapa, kan bisa saja.

- bikin musaf aja bisa kekurangan/kehilangan ayat; masih maksa..
Kekurangan ayat bisa terdeteksi.
Sudah saya buat tritnya,
Baca-baca saja nggak usah ngepost.
EbisuSensei
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by SEGOROWEDI Thu Jul 04, 2013 11:48 am

- bisa, tapi ga ada dasarnya..
- ini bukan soal terdeteksinya, tapi kok bisa-bisanya kekurangan/kehilangan ayat?
padahal katanya hafal, kok nyari kesana-kemari.. dan ujung-ujugnya kembali ke laptop..
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by EbisuSensei Thu Jul 04, 2013 11:53 am

SEGOROWEDI wrote:- bisa, tapi ga ada dasarnya..
Ada dasarnya atau nggak nggak penting.
Yang penting adalah fakta Al Quran yang sekarang adalah otentik, dai sejak diturunkan.
[qoute]
- ini bukan soal terdeteksinya, tapi kok bisa-bisanya kekurangan/kehilangan ayat?
padahal katanya hafal, kok nyari kesana-kemari.. dan ujung-ujugnya kembali ke laptop..[/quote]
Hanya untuk kroscek saja.
Nggak ada yang perlu dipermasalahkan.
EbisuSensei
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by SEGOROWEDI Thu Jul 04, 2013 11:57 am


- masalah serius dong..
bikin musaf tapi bisa kekurangan/kehilangan ayat..
katanya hafal,tapi lari sana-sini cari ayatnya..
akornya kembali ke musaf hafsa..

- kenapa bikin musaf?
musaf hafsa saja yang ditetapkan sebagai standar, beres
dan otentik, malah dibakar..
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by EbisuSensei Thu Jul 04, 2013 7:54 pm

SEGOROWEDI wrote:
- masalah serius dong..
bikin musaf tapi bisa kekurangan/kehilangan ayat..
katanya hafal,tapi lari sana-sini cari ayatnya..
akornya kembali ke musaf hafsa..
Serius gimana?
Kan sudah saya nyatakan bahwa kekurangan satu ayat saja sudah kelihatan.
Terbukti kalau sampai sekarang memang tidak ada yang hilang.

- kenapa bikin musaf?
musaf hafsa saja yang ditetapkan sebagai standar, beres
dan otentik, malah dibakar..
Dikuatirkan apabila diterapkan demikian, maka tetap terjadi saling membanggakan dialek.
Yang ujung2nya adalah perpecahan umat, hanya gara2 perbedaan dialek.
EbisuSensei
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by SEGOROWEDI Thu Jul 04, 2013 9:21 pm

masalahnya bukan di ketahuannya..
tapi kenapa bisa kurang/hilang; dan kenapa harus cari kian-kemari
padahal katanya pada hafal??? zaid aja bingung dan nyari kesana-kemari
membuktikan pada hafal quran hanya mitos belaka..
setelah nemu yang hilangpun, masih tidak yakin lalu dicocokkan dengan musaf hafsa
kenapa gak musaf hafsanya yang dijadikan standard?
toh sudah dialek quraisy..
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang - Page 7 Empty Re: keotentikan Al Qur'an terjamin hingga sekarang

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 7 dari 13 Previous  1, 2, 3 ... 6, 7, 8 ... 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik