Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
Halaman 2 dari 4 • Share
Halaman 2 dari 4 • 1, 2, 3, 4
Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
First topic message reminder :
Dalam thread lain sudah dibahas doktrin takiyya dalam dunia Kristen yang khusus bersumber dari Perjanjian Baru.
Nah..dalam thread ini akan dibahas doktrin takiyya dalam konteks Perjanjian Lama.
Perlu diingat, yang dimaksud takiyya dlm konteks ini adalah sumpah palsu atau sumpah dusta
Perhatikan ayat-ayat berikut:
P. Lama: Imamat: 6
6:4 apabila dengan demikian ia berbuat dosa dan bersalah, maka haruslah ia memulangkan barang yang telah dirampasnya atau yang telah diperasnya atau yang telah dipercayakan kepadanya atau barang hilang yang ditemuinya itu,
6:5 atau segala sesuatu yang dimungkirinya dengan bersumpah dusta. Haruslah ia membayar gantinya sepenuhnya dengan menambah seperlima; haruslah ia menyerahkannya kepada pemiliknya pada hari ia mempersembahkan korban penebus salahnya.
6:6 Sebagai korban penebus salahnya haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN seekor domba jantan yang tidak bercela dari kambing domba, yang sudah dinilai, menjadi korban penebus salah, dengan menyerahkannya kepada imam.
6:7 Imam harus mengadakan pendamaian bagi orang itu di hadapan TUHAN, sehingga ia menerima pengampunan atas perkara apapun yang diperbuatnya sehingga ia bersalah."
Ayat di atas cukup menjelaskan bhw SUMPAH PALSU sendiri bisa dilakukan dg mudah karena bisa ditebus pula dengan mudah. Dengan demikian bisa disimpulkan bhw Perjanjian Lama mengakomodasi TAQIYA secara terang-terangan.
Bandingkan dengan ayat berikut:
P. Lama: Imamat: 5
5:4 Atau apabila seseorang bersumpah teledor dengan bibirnya hendak berbuat yang buruk atau yang baik, sumpah apapun juga yang diucapkan orang dengan teledor, tanpa menyadari hal itu, tetapi kemudian ia mengetahuinya, maka ia bersalah dalam salah satu perkara itu.
5:5 Jadi apabila ia bersalah dalam salah satu perkara itu, haruslah ia mengakui dosa yang telah diperbuatnya itu,
5:6 dan haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN sebagai tebusan salah karena dosa itu seekor betina dari domba atau kambing, menjadi korban penghapus dosa. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu karena dosanya.
Ayat di atas menerangkan tentang SUMPAH BENERAN namun diucapkan krn teledor. Ini pun tetap bisa dibatalkan dengan korban tebusan. Tetapi ini bukanlah taqiya, krn sumpahnya beneran.
Dalam thread lain sudah dibahas doktrin takiyya dalam dunia Kristen yang khusus bersumber dari Perjanjian Baru.
Nah..dalam thread ini akan dibahas doktrin takiyya dalam konteks Perjanjian Lama.
Perlu diingat, yang dimaksud takiyya dlm konteks ini adalah sumpah palsu atau sumpah dusta
Perhatikan ayat-ayat berikut:
P. Lama: Imamat: 6
6:4 apabila dengan demikian ia berbuat dosa dan bersalah, maka haruslah ia memulangkan barang yang telah dirampasnya atau yang telah diperasnya atau yang telah dipercayakan kepadanya atau barang hilang yang ditemuinya itu,
6:5 atau segala sesuatu yang dimungkirinya dengan bersumpah dusta. Haruslah ia membayar gantinya sepenuhnya dengan menambah seperlima; haruslah ia menyerahkannya kepada pemiliknya pada hari ia mempersembahkan korban penebus salahnya.
6:6 Sebagai korban penebus salahnya haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN seekor domba jantan yang tidak bercela dari kambing domba, yang sudah dinilai, menjadi korban penebus salah, dengan menyerahkannya kepada imam.
6:7 Imam harus mengadakan pendamaian bagi orang itu di hadapan TUHAN, sehingga ia menerima pengampunan atas perkara apapun yang diperbuatnya sehingga ia bersalah."
Ayat di atas cukup menjelaskan bhw SUMPAH PALSU sendiri bisa dilakukan dg mudah karena bisa ditebus pula dengan mudah. Dengan demikian bisa disimpulkan bhw Perjanjian Lama mengakomodasi TAQIYA secara terang-terangan.
Bandingkan dengan ayat berikut:
P. Lama: Imamat: 5
5:4 Atau apabila seseorang bersumpah teledor dengan bibirnya hendak berbuat yang buruk atau yang baik, sumpah apapun juga yang diucapkan orang dengan teledor, tanpa menyadari hal itu, tetapi kemudian ia mengetahuinya, maka ia bersalah dalam salah satu perkara itu.
5:5 Jadi apabila ia bersalah dalam salah satu perkara itu, haruslah ia mengakui dosa yang telah diperbuatnya itu,
5:6 dan haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN sebagai tebusan salah karena dosa itu seekor betina dari domba atau kambing, menjadi korban penghapus dosa. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu karena dosanya.
Ayat di atas menerangkan tentang SUMPAH BENERAN namun diucapkan krn teledor. Ini pun tetap bisa dibatalkan dengan korban tebusan. Tetapi ini bukanlah taqiya, krn sumpahnya beneran.
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
Sesuai judul, thread ini membahas tentang doktrin Taqiya ala PL. Thread ini tidak khusus membahas Petrus.
Supaya tidak tumpang tindih dengan thread lain: doktrin taqiya dalam Kristen. Maka pembahasan soal kronologis tidak perlu lagi dibahas disini, krn sudah dibahas di thread lain.
Jadi yang dibahas disini adalah bagaimana pengaruh ayat-ayat PL tentang taqiya bagi orang yg percaya kpd kitab ini.
Kebetulan yang dijadikan contoh pertama adalah soal dustanya Petrus. Dan ternyata menurut PL, Petrus cukup membayar korban tebusan.
Begitu juga soal dustanya Yesus. Yesus cukup membayar korban tebusan,
Supaya tidak tumpang tindih dengan thread lain: doktrin taqiya dalam Kristen. Maka pembahasan soal kronologis tidak perlu lagi dibahas disini, krn sudah dibahas di thread lain.
Jadi yang dibahas disini adalah bagaimana pengaruh ayat-ayat PL tentang taqiya bagi orang yg percaya kpd kitab ini.
Kebetulan yang dijadikan contoh pertama adalah soal dustanya Petrus. Dan ternyata menurut PL, Petrus cukup membayar korban tebusan.
Begitu juga soal dustanya Yesus. Yesus cukup membayar korban tebusan,
Terakhir diubah oleh metheny tanggal Mon Feb 04, 2013 10:33 pm, total 1 kali diubah
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
setuju...
di PL jelas takiya DILARANG TUHAN dan DOSA
maka kalau ada yang mengacungi 4 jempol pada takiyer, pasti setan
kalau ada yang mengatakan takiya adalah perintah, pasti pengikut setan
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
Tapi dilakukan Petrus dan Yesus.SEGOROWEDI wrote:
setuju...
di PL jelas takiya DILARANG TUHAN dan DOSA
dan yang mengacungi 4 jempol adalah segorowedi.
maka kalau ada yang mengacungi 4 jempol pada takiyer, pasti setan
kalau ada yang mengatakan takiya adalah perintah, pasti pengikut setan
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
- omdo
- yang ngacungi jempol aloh; yang ngoceh takiya adalah perintah: pengikut aloh
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
Alkitab menulisnya dg jelas.SEGOROWEDI wrote:
- omdo
tidak terbukti. omdo
- yang ngacungi jempol aloh; yang ngoceh takiya adalah perintah: pengikut aloh
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
- mana takiyanya Yesus? (OOT)
- maha tipudaya -> aloh
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
Tidak OOT dong...kan melihat perbuatan dusta Yesus dari sudut pandang PL.SEGOROWEDI wrote:
- mana takiyanya Yesus? (OOT)
ini yg jelas OOT...
- maha tipudaya -> aloh
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
- omdo
- pembanding
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
- Yesus ngomong gak datang ke pesta lalu menyuruh murid utk berangkat ke pesta. Ternyata Yesus datang scr diam-diam. Taqiya..SEGOROWEDI wrote:
- omdo
- pembanding
- tetap aja OOT. ada threadnya sendiri
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
- tampilin aja perikopnya, kita buktikan yang takiya Yesus atau kamu! pasti gak berani..
- topiknya terjaga kok, hanya pembanding
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
SEGOROWEDI wrote:
- tampilin aja perikopnya, kita buktikan yang takiya Yesus atau kamu! pasti gak berani..
- topiknya terjaga kok, hanya pembanding
Boleh....
TB
P. Baru: Yohanes: 7
7:8 Pergilah kamu ke pesta itu. Aku belum pergi ke situ, karena waktu-Ku belum genap."
7:9 Demikianlah kata-Nya kepada mereka, dan Iapun tinggal di Galilea.
7:10 Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Iapun pergi juga ke situ, tidak terang-terangan tetapi diam-diam.
7:11 Orang-orang Yahudi mencari Dia di pesta itu dan berkata: "Di manakah Ia?"
7:12 Dan banyak terdengar bisikan di antara orang banyak tentang Dia. Ada yang berkata: "Ia orang baik." Ada pula yang berkata: "Tidak, Ia menyesatkan rakyat."
7:13 Tetapi tidak seorangpun yang berani berkata terang-terangan tentang Dia karena takut terhadap orang-orang Yahudi.
BIS
P. Baru: Yohanes: 7
7:8 Pergilah kalian sendiri ke perayaan itu. Aku tidak pergi sebab belum waktunya buat Aku."
7:9 Begitulah kata Yesus kepada saudara-saudara-Nya, dan Ia pun tinggal di Galilea.
7:10 Setelah saudara-saudara-Nya pergi ke perayaan itu, diam-diam Yesus pergi sendirian tanpa diketahui orang.
7:11 Selama perayaan itu, para penguasa Yahudi mencari Dia dan bertanya-tanya, "Di mana Dia?"
7:12 Banyak orang mulai berbisik-bisik mengenai Dia. Ada yang berkata: "Ia orang baik." Ada pula yang berkata: "Tidak! Dia menyesatkan orang banyak."
7:13 Tetapi tidak seorang pun berani berbicara terang-terangan tentang Dia sebab mereka takut kepada para penguasa Yahudi.
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
tumben berani...
TB
P. Baru: Yohanes: 7
7:8 Pergilah kamu ke pesta itu. Aku belum pergi ke situ, karena waktu-Ku belum genap."
7:9 Demikianlah kata-Nya kepada mereka, dan Iapun tinggal di Galilea.
7:10 Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Iapun pergi juga ke situ, tidak terang-terangan tetapi diam-diam.
7:11 Orang-orang Yahudi mencari Dia di pesta itu dan berkata: "Di manakah Ia?"
7:12 Dan banyak terdengar bisikan di antara orang banyak tentang Dia. Ada yang berkata: "Ia orang baik." Ada pula yang berkata: "Tidak, Ia menyesatkan rakyat."
7:13 Tetapi tidak seorangpun yang berani berkata terang-terangan tentang Dia karena takut terhadap orang-orang Yahudi.
BIS
P. Baru: Yohanes: 7
7:8 Pergilah kalian sendiri ke perayaan itu. Aku tidak pergi sebab belum waktunya buat Aku."
7:9 Begitulah kata Yesus kepada saudara-saudara-Nya, dan Ia pun tinggal di Galilea.
7:10 Setelah saudara-saudara-Nya pergi ke perayaan itu, diam-diam Yesus pergi sendirian tanpa diketahui orang.
7:11 Selama perayaan itu, para penguasa Yahudi mencari Dia dan bertanya-tanya, "Di mana Dia?"
7:12 Banyak orang mulai berbisik-bisik mengenai Dia. Ada yang berkata: "Ia orang baik." Ada pula yang berkata: "Tidak! Dia menyesatkan orang banyak."
7:13 Tetapi tidak seorang pun berani berbicara terang-terangan tentang Dia sebab mereka takut kepada para penguasa Yahudi.
Yesus akan pergi, tetapi nunggu waktu yang tepat..
dipersilakan mereka berangkat duluan..
ternyata metheny yang takiya...
TB
P. Baru: Yohanes: 7
7:8 Pergilah kamu ke pesta itu. Aku belum pergi ke situ, karena waktu-Ku belum genap."
7:9 Demikianlah kata-Nya kepada mereka, dan Iapun tinggal di Galilea.
7:10 Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Iapun pergi juga ke situ, tidak terang-terangan tetapi diam-diam.
7:11 Orang-orang Yahudi mencari Dia di pesta itu dan berkata: "Di manakah Ia?"
7:12 Dan banyak terdengar bisikan di antara orang banyak tentang Dia. Ada yang berkata: "Ia orang baik." Ada pula yang berkata: "Tidak, Ia menyesatkan rakyat."
7:13 Tetapi tidak seorangpun yang berani berkata terang-terangan tentang Dia karena takut terhadap orang-orang Yahudi.
BIS
P. Baru: Yohanes: 7
7:8 Pergilah kalian sendiri ke perayaan itu. Aku tidak pergi sebab belum waktunya buat Aku."
7:9 Begitulah kata Yesus kepada saudara-saudara-Nya, dan Ia pun tinggal di Galilea.
7:10 Setelah saudara-saudara-Nya pergi ke perayaan itu, diam-diam Yesus pergi sendirian tanpa diketahui orang.
7:11 Selama perayaan itu, para penguasa Yahudi mencari Dia dan bertanya-tanya, "Di mana Dia?"
7:12 Banyak orang mulai berbisik-bisik mengenai Dia. Ada yang berkata: "Ia orang baik." Ada pula yang berkata: "Tidak! Dia menyesatkan orang banyak."
7:13 Tetapi tidak seorang pun berani berbicara terang-terangan tentang Dia sebab mereka takut kepada para penguasa Yahudi.
Yesus akan pergi, tetapi nunggu waktu yang tepat..
dipersilakan mereka berangkat duluan..
ternyata metheny yang takiya...
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
Yah...sudah saya duga. Dangkal banget.....SEGOROWEDI wrote:
Yesus akan pergi, tetapi nunggu waktu yang tepat..
dipersilakan mereka berangkat duluan..
ternyata metheny yang takiya...
1. Versi BIS bilang AKU TIDAK PERGI...BIS bilang AKU TIDAK NAIK.
"Tidak pergi" (BIS)itu berbeda artinya dengan "belum pergi" (TB).
2. Waktunya belum tiba adalah : BELUM SAATNYA YESUS DITANGKAP.
Bahkan Alkitab versi Ende lebih jelas lagi:
Hendaklah kamu naik merajakan pesta itu, tetapi Aku tidak naik, sebab waktuKu belum digenapi.
http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=yoh&chapter=7&verse=8
Perhatikan:
1. Yesus berangkat diam-diam
2. Orang-orang berbisik membicarakan Yesus krn takut pd penguasa Yahudi
3. Para penguasa Yahudi mencari-cari Yesus.
So....Yesus harus bertakiya krn SAATNYA BELUM TIBA alias BELUM SAATNYA DITANGKAP.
Dengan datang diam-diam, maka kedatangan Yesus tidak diketahui oleh penguasa Yahudi.
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
Maksudnya :metheny wrote:Yah...sudah saya duga. Dangkal banget.....SEGOROWEDI wrote:
Yesus akan pergi, tetapi nunggu waktu yang tepat..
dipersilakan mereka berangkat duluan..
ternyata metheny yang takiya...
1. Versi BIS bilang AKU TIDAK PERGI...BIS bilang AKU TIDAK NAIK.
"Tidak pergi" (BIS)itu berbeda artinya dengan "belum pergi" (TB).
2. Waktunya belum tiba adalah : BELUM SAATNYA YESUS DITANGKAP.
Bahkan Alkitab versi Ende lebih jelas lagi:
Hendaklah kamu naik merajakan pesta itu, tetapi Aku tidak naik, sebab waktuKu belum digenapi.
http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=yoh&chapter=7&verse=8
Perhatikan:
1. Yesus berangkat diam-diam
2. Orang-orang berbisik membicarakan Yesus krn takut pd penguasa Yahudi
3. Para penguasa Yahudi mencari-cari Yesus.
So....Yesus harus bertakiya krn SAATNYA BELUM TIBA alias BELUM SAATNYA DITANGKAP.
Dengan datang diam-diam, maka kedatangan Yesus tidak diketahui oleh penguasa Yahudi.
Saat ditanya dia belum mau berangkat karena "jemputanNya" belum datang. Nah pas 'jemputaNya' datang Yesus berangkat
Cak Yadi- SERSAN SATU
-
Posts : 111
Kepercayaan : Katolik
Location : Solo
Join date : 06.02.13
Reputation : 0
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
Cak Yadi wrote:
Maksudnya :
Saat ditanya dia belum mau berangkat karena "jemputanNya" belum datang. Nah pas 'jemputaNya' datang Yesus berangkat
JemputanNya apa/siapa? Trus kenapa harus sembunyi-sembunyi? Ada udang dibalik rempeyek cak...
Kalau dikatakan pak Lurah tidak datang, ya artinya memang tidak datang dan gak perlu ditunggu kedatangannya.
Tapi kalau dikatakan pak Lurah belum datang, artinya ada kemungkinan pak Lurah datang dan layak utk ditunggu.
Penjelasan menarik dari biblegateway
Jesus says he is not going to the feast because for me the right time has not yet come (7:8). When he made the statement to them he had only their word that he should go, and he rejects them as a source of guidance. The fact that he does actually go to the feast suggests that he received instructions from the Father to go after he spoke to his brothers. Such apparent inconsistency is a common feature in the lives of believers who are sensitive to the Lord's leading. "There never was a more inconsistent Being on this earth than Our Lord, but He was never inconsistent to His Father. The one consistency of the saint is not to a principle, but to the Divine life" (Chambers 1935:319, Nov. 14; cf. 184, July 2).
http://www.biblegateway.com/resources/commentaries/IVP-NT/John/Jesus-Goes-Feast-Gods-Way
Yesus yang akhirnya pergi ke pesta itu kemungkinan mendapat perintah dari Bapa, beberapa saat setelah murid2 pergi ke pesta.
Tapi kenapa diam-diam???? Takut dikatakan bohong???
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
"Jemputan" itu adalah waktu yang tepat.metheny wrote:Cak Yadi wrote:
Maksudnya :
Saat ditanya dia belum mau berangkat karena "jemputanNya" belum datang. Nah pas 'jemputaNya' datang Yesus berangkat
JemputanNya apa/siapa? Trus kenapa harus sembunyi-sembunyi? Ada udang dibalik rempeyek cak...
Kalau dikatakan pak Lurah tidak datang, ya artinya memang tidak datang dan gak perlu ditunggu kedatangannya.
Tapi kalau dikatakan pak Lurah belum datang, artinya ada kemungkinan pak Lurah datang dan layak utk ditunggu.
Kalau Yesus datang bersama muridNya maka Dia ikut Perayaan Pondok Daun di Bait Allah dari awal (Yesus kagak mau). makanya Yesus bilang waktuku belum tiba
Tetapi Yesus maunya datang pas acara/sesi kotbah. Jadi Dia pergi dan datang ke Bait Allah pas acara ceramah. trus Yesus langsung ceramah (Yoh 7:14 Waktu pesta itu sedang berlangsung, Yesus masuk ke Bait Allah LALU MENGAJAR DI SITU)
Cak Yadi- SERSAN SATU
-
Posts : 111
Kepercayaan : Katolik
Location : Solo
Join date : 06.02.13
Reputation : 0
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
Lalu kenapa bilang TIDAK PERGI?Cak Yadi wrote:
"Jemputan" itu adalah waktu yang tepat.
Kalau Yesus datang bersama muridNya maka Dia ikut Perayaan Pondok Daun di Bait Allah dari awal (Yesus kagak mau). makanya Yesus bilang waktuku belum tiba
Tetapi Yesus maunya datang pas acara/sesi kotbah. Jadi Dia pergi dan datang ke Bait Allah pas acara ceramah. trus Yesus langsung ceramah (Yoh 7:14 Waktu pesta itu sedang berlangsung, Yesus masuk ke Bait Allah LALU MENGAJAR DI SITU)
Kenapa pula Alkitab versi ende bilang:
Hendaklah kamu naik merajakan pesta itu, tetapi Aku tidak naik, sebab waktuKu belum digenapi
Waktuku belum digenapi......
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
maksudnya: tidak pergi saat itu (bersama-sama mereka)
tapi akan pergi kemudian bila saatnya tiba
dimana takiyanya?
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
waktuku belum digenapi (versi Ende)metheny wrote:Lalu kenapa bilang TIDAK PERGI?Cak Yadi wrote:
"Jemputan" itu adalah waktu yang tepat.
Kalau Yesus datang bersama muridNya maka Dia ikut Perayaan Pondok Daun di Bait Allah dari awal (Yesus kagak mau). makanya Yesus bilang waktuku belum tiba
Tetapi Yesus maunya datang pas acara/sesi kotbah. Jadi Dia pergi dan datang ke Bait Allah pas acara ceramah. trus Yesus langsung ceramah (Yoh 7:14 Waktu pesta itu sedang berlangsung, Yesus masuk ke Bait Allah LALU MENGAJAR DI SITU)
Kenapa pula Alkitab versi ende bilang:
Hendaklah kamu naik merajakan pesta itu, tetapi Aku tidak naik, sebab waktuKu belum digenapi
Waktuku belum digenapi......
WAKTU BELUM GENAP itu sama dengan Waktu belum tepat
Kalau jam 7 kurang 15 menit apakah sudah genap jam 7?
Cak Yadi- SERSAN SATU
-
Posts : 111
Kepercayaan : Katolik
Location : Solo
Join date : 06.02.13
Reputation : 0
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
Trus kenapa pake kata AKU TIDAK NAIK/AKU TIDAK PERGI?Cak Yadi wrote:
waktuku belum digenapi (versi Ende)
WAKTU BELUM GENAP itu sama dengan Waktu belum tepat
Kalau jam 7 kurang 15 menit apakah sudah genap jam 7?
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
Itu hanya permasalahan perbendaharaan kata saja.metheny wrote:Trus kenapa pake kata AKU TIDAK NAIK/AKU TIDAK PERGI?Cak Yadi wrote:
waktuku belum digenapi (versi Ende)
WAKTU BELUM GENAP itu sama dengan Waktu belum tepat
Kalau jam 7 kurang 15 menit apakah sudah genap jam 7?
Contoh di bahasa Inggris ada kata dasar listen dan hear. Kedua kata tersebut diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi (kata dasar) dengar.
Cak Yadi- SERSAN SATU
-
Posts : 111
Kepercayaan : Katolik
Location : Solo
Join date : 06.02.13
Reputation : 0
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
apakah anda menyamakan makna kata "belum" dengan "tidak"?Cak Yadi wrote:
Contoh di bahasa Inggris ada kata dasar listen dan hear. Kedua kata tersebut diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi (kata dasar) dengar.
Kita bahas sedikit demi sedikit saja...
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
tidak akan pergi barengan dengan mereka
karena belum saatnya bagi DIA
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
mana ada ayat yg bunyinya begitu. nambahi sendiri....ya.SEGOROWEDI wrote:
tidak akan pergi barengan dengan mereka
karena belum saatnya bagi DIA
http://alkitab.sabda.org/commentary.php?passage=Yohanes+7%3A8
Kata belum tidak terdapat di dalam banyak sumber yang baik, di mana yang dipakai adalah kata tidak. Mungkin ini merupakan tambahan si penyalin untuk meniadakan pertentangan dengan ayat 10.
Baca komentar biblegateway:
Jesus says he is not going to the feast because for me the right time has not yet come (7:8). When he made the statement to them he had only their word that he should go, and he rejects them as a source of guidance. The fact that he does actually go to the feast suggests that he received instructions from the Father to go after he spoke to his brothers. Such apparent inconsistency is a common feature in the lives of believers who are sensitive to the Lord's leading. "There never was a more inconsistent Being on this earth than Our Lord, but He was never inconsistent to His Father. The one consistency of the saint is not to a principle, but to the Divine life" (Chambers 1935:319, Nov. 14; cf. 184, July 2).
http://www.biblegateway.com/resources/commentaries/IVP-NT/John/Jesus-Goes-Feast-Gods-Way
Yesus yang akhirnya pergi ke pesta itu kemungkinan mendapat perintah dari Bapa, beberapa saat setelah murid2 pergi ke pesta.
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Doktrin Taqiyya ala Perjanjian Lama
belum/tidak pergi bareng mereka karena belum waktunya
kok disimpulkan tidak akan pernah pergi samasekali?
ngawur aja..
kok disimpulkan tidak akan pernah pergi samasekali?
ngawur aja..
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Halaman 2 dari 4 • 1, 2, 3, 4
Similar topics
» Jizyah ala Perjanjian Lama
» tak ada satupun ayat trinitas dalam perjanjian lama
» Quran jiplak Perjanjian Lama
» Perjanjian Lama,sejauh manah pengaruhnyah atas Kristen?
» gambaran mustahil mengenai Allah dalam Perjanjian lama
» tak ada satupun ayat trinitas dalam perjanjian lama
» Quran jiplak Perjanjian Lama
» Perjanjian Lama,sejauh manah pengaruhnyah atas Kristen?
» gambaran mustahil mengenai Allah dalam Perjanjian lama
Halaman 2 dari 4
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik