Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
Halaman 2 dari 7 • Share
Halaman 2 dari 7 • 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
First topic message reminder :
sebagai kelanjutan http://www.laskarislam.com/t105-isra-mi-raj-fiksi-atow-ilmiah
silahkeun dilanjut....
sebagai kelanjutan http://www.laskarislam.com/t105-isra-mi-raj-fiksi-atow-ilmiah
silahkeun dilanjut....
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
gemana yah ????hamba tuhan wrote:
HT : 2 dimensi atau 2 tempat kang mas abu??? kayaknya menurut saya dhamir hu marji'nya ke Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha... jd 2 tempat yg telah diberkati tsb adalah Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha yg ada dibumi
secuil2 asik kang mas abu.... biar jelas, banyak ntar malah kabur kang mas abu.... :) :study:
2 dimensi.alam manusia dan alam malakut jadi ada 2 tempat.kata ganti hu dapat berubah konteks ttg subjek...kalo bicara alam manusia yah seperti yg disebutin akang diatas...kalow bicara alam malakut yah ke sidratil muntaha...
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
penasaran yah?mang odoy wrote:@mbah
bagemana dg frase الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ ??
Coba dijelasin secara keseluruhan mengenai Al-Isra : 1 ini mbah....
APakah kata "BARAKNA HAW LA HU" ini MERUJUK ke Nabi Muhammad atow ke kata MASJID...???? terus MASJID YANG MANA...????
Kata "Nabi Muhammad dan MASJID" dalam Al-isra : 1 pun secara tatabahasa masuk kedalam kategori ISIM MUDZAKAR...tapi mohon dibredel lagi...kemana sebenernya kata "HU" dalam ayat diatas itu MERUJUK nya..??
Postingan yang lain lagi ane pelajari dulu...gak bisa sembarangan posting kaya debat sama si ndus ini mah...wkwkwkwkwkwk
lanjoot mbahhh....
gak papa mang....toh buat bikin post urusan ini sayah banyak dibantu ama om mm....sumbangan kopi item dan kretek wkwkwkwkwkwk.......nyindir mode on...
yg pasti mang.....sayah gak bisa jawab dalam waktu dekat...
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
abu hanan wrote:penasaran yah?mang odoy wrote:@mbah
bagemana dg frase الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ ??
Coba dijelasin secara keseluruhan mengenai Al-Isra : 1 ini mbah....
APakah kata "BARAKNA HAW LA HU" ini MERUJUK ke Nabi Muhammad atow ke kata MASJID...???? terus MASJID YANG MANA...????
Kata "Nabi Muhammad dan MASJID" dalam Al-isra : 1 pun secara tatabahasa masuk kedalam kategori ISIM MUDZAKAR...tapi mohon dibredel lagi...kemana sebenernya kata "HU" dalam ayat diatas itu MERUJUK nya..??
Postingan yang lain lagi ane pelajari dulu...gak bisa sembarangan posting kaya debat sama si ndus ini mah...wkwkwkwkwkwk
lanjoot mbahhh....
gak papa mang....toh buat bikin post urusan ini sayah banyak dibantu ama om mm....sumbangan kopi item dan kretek wkwkwkwkwkwk.......nyindir mode on...
yg pasti mang.....sayah gak bisa jawab dalam waktu dekat...
temen kita amang msh bingung ya kang mas abu.... padahal dah kita kupas dithreadnya bung jagona, heheeee
dhamir hu, semua tahu ini mufrad........
:surban: :surban: :surban:
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
abu hanan wrote:gemana yah ????hamba tuhan wrote:
HT : 2 dimensi atau 2 tempat kang mas abu??? kayaknya menurut saya dhamir hu marji'nya ke Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha... jd 2 tempat yg telah diberkati tsb adalah Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha yg ada dibumi
secuil2 asik kang mas abu.... biar jelas, banyak ntar malah kabur kang mas abu.... :) :study:
2 dimensi.alam manusia dan alam malakut jadi ada 2 tempat.kata ganti hu dapat berubah konteks ttg subjek...kalo bicara alam manusia yah seperti yg disebutin akang diatas...kalow bicara alam malakut yah ke sidratil muntaha...
bener kang mas abu.... maaf kadang2 saya buat kebodohan sendiri utk pembelajaran bersama dan utk semua ya kang mas abu????
:lkj:
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
ah mending sayah nunggu sodara tua yg aqsha...yang bermukim di barat.....yg pulonyah gak gede tapi rame....
silahkeun bro FM.....anda duluan dah yg kejar tayang punya si mang...
sayah mah jadi penimbrung aja.....
silahkeun bro FM.....anda duluan dah yg kejar tayang punya si mang...
sayah mah jadi penimbrung aja.....
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
abu hanan wrote:ah mending sayah nunggu sodara tua yg aqsha...yang bermukim di barat.....yg pulonyah gak gede tapi rame....
silahkeun bro FM.....anda duluan dah yg kejar tayang punya si mang...
sayah mah jadi penimbrung aja.....
daerah nagoya hill ya kang mas abu.... maybe bung FM ge nongkrong dikafe atas bukit yg keliatan singapore nya kang mas abu....
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
sebwetulnyah sayah ingin merespon lebih lama...tetapi entahlah....
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha
الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ
yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
Mari dimulai….
حَوْلَهُ
Hu sbg kata ganti tuh merujuk pada siapa?
Masjidil haram?
Masjidil aqsha?
Nabi Muhammad?
Harus ada satu yg mewakili HU diantara 3 opsi diatas.Karena ada 2 tempat yaitu masjid dan HANYA satu manusia maka sayah berpikir bahwa HU adalah mewakili بِعَبْدِه /nabi Muhammad.
Karena kata حَوْلَ berakar dari ح و ل yang juga memiliki makna berubah dari suatu hal menjadi hal lain.transformasi atow peralihan bentuk.yg apabila pengertian masjid/tempat sujud dimasukkan ke makna PERALIHAN bentuk maupun fungsi tentulah menjadi hal yg aneh.kalow masjid bentuk diubah sih gak masalah,masih tetap berfungsi sbg masjid.tapi kalow berubah fungsi maka namanya non masjid.bangunan bernama masjid,tapi berubah fungsi menjadi kantor yah org bilang kantor…
Berbeda dengan manusia…apabila abdihi/jasad berubah bentuk menjadi cahaya tetap aja namanya jasad dan masih makhluk yg bernama manusia yg menjalankan fungsi tetap sbg manusia.
Roh yg melekat pada jasad/badaniah yg berunsur tanah MASIH melekat meskipun jasad telah berubah menjadi cahaya-iyah…tentunya dg roh yg melekat pada jasad meski berubah unsur maka manusia tetaplah manusia,baik bentuk maupun sifat dan fungsi.
Konsekuensi logis dari HU apabila disandarkan pada tempat maka akan merubah kamsut ayat.
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang padanya (masjidil aqsha) yang telah Kami berkahi sekelilingnya (masjidil aqsha) agar Kami perlihatkan kepadanya (masjidl aqsha) sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
Sedangkan yg melakukan perjalanan (obyek) adalah makhluk hidup,bukan benda mati.
Sehingga dalam terjemahan bebas yg mengandung unsur tafsir,ayat diatas sayah baca sbb;
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang padanya (abdihi,manusia) yang telah Kami berkahi sekelilingnya (kamsutnyah,yg menerima kenabian Muhammad pun termasuk dalam berkah tersebut) agar Kami perlihatkan kepadanya (abdihi/Muhammad) sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
Keberkahan yg diterima nabi Muhammad pada malam itu ada di berita shahih; sayah ambil 2 ayat aja karena yg lain uda cukup jelas) an najm 12-13
أَفَتُمَارُونَهُ عَلَىٰ مَا يَرَىٰ
Maka apakah kaum (musyrik Mekah) hendak membantahnya tentang apa yang telah dilihatnya?
وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَىٰ
Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain,
Yg oleh si mang ayat 12 adalah terkait wahyu di gua hira.pendapat yg bagus tetapi 1-12 pun terjadi pada malam isra miraj.ini adalah bagian lain dari “beberapa dimensi” yg pernah sayah sampaikan di lapak lain beberapa waktu lalu.
Malam itu adalah malam wahyu baik berupa wahyu lisan maupun wahyu penglihatan.lisannyah yah ayat 17/1,penglihatannyah ya an najm versi visual.bahwa nabi Muhammad NYATA melihat Jibril dengan 2 mata di kepala yg kemudian dituliskan dalam bentuk firman di an najm.
Frase لِنُرِيَهُ adalah indikasi kuat bahwa MELIHAT itu dilakukan lebih dari sekali.objek yg dilihat adalah disebut pada an najm 13 dan setelahnya.penekanan kuat pada sosok Jibril yg lebih dari sekali dilihat.penekanan yg lain ada di “pandangannya tidak melampaui”..
Karena ayat 17/1 terkait dengan manusia tingkat tinggi maka dalam level yg lebih rendah kondisi perjalanan isra miraj dapat terjadi pada tiap muslim.tergantung kedekatan dengan allah tentunya.
Dan hal ini gak bakal sayah bahas di sini….urusan batin dan tasawuf ..sun moon kang lebih fasih menjelaskan.sayangnyah beliow jarang hadir.
Bantahan musyrikin Mekkah terjadi di pagi sepulang perjalanan dan ketika di awal kenabian..dan bantahan tersebut menjadi lebih luas di masa sekarang ttg perjalanan dan kenabian beliow saw..sehingga masuk akal jika 12;13 berurutan ayatnya dalam membahas jibril tampak oleh mata 3 dimensi.
Mungkin ada koreksi???silahkeun,,,
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَىMaha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha
الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ
yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
Mari dimulai….
حَوْلَهُ
Hu sbg kata ganti tuh merujuk pada siapa?
Masjidil haram?
Masjidil aqsha?
Nabi Muhammad?
Harus ada satu yg mewakili HU diantara 3 opsi diatas.Karena ada 2 tempat yaitu masjid dan HANYA satu manusia maka sayah berpikir bahwa HU adalah mewakili بِعَبْدِه /nabi Muhammad.
Karena kata حَوْلَ berakar dari ح و ل yang juga memiliki makna berubah dari suatu hal menjadi hal lain.transformasi atow peralihan bentuk.yg apabila pengertian masjid/tempat sujud dimasukkan ke makna PERALIHAN bentuk maupun fungsi tentulah menjadi hal yg aneh.kalow masjid bentuk diubah sih gak masalah,masih tetap berfungsi sbg masjid.tapi kalow berubah fungsi maka namanya non masjid.bangunan bernama masjid,tapi berubah fungsi menjadi kantor yah org bilang kantor…
Berbeda dengan manusia…apabila abdihi/jasad berubah bentuk menjadi cahaya tetap aja namanya jasad dan masih makhluk yg bernama manusia yg menjalankan fungsi tetap sbg manusia.
Roh yg melekat pada jasad/badaniah yg berunsur tanah MASIH melekat meskipun jasad telah berubah menjadi cahaya-iyah…tentunya dg roh yg melekat pada jasad meski berubah unsur maka manusia tetaplah manusia,baik bentuk maupun sifat dan fungsi.
Konsekuensi logis dari HU apabila disandarkan pada tempat maka akan merubah kamsut ayat.
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang padanya (masjidil aqsha) yang telah Kami berkahi sekelilingnya (masjidil aqsha) agar Kami perlihatkan kepadanya (masjidl aqsha) sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
Sedangkan yg melakukan perjalanan (obyek) adalah makhluk hidup,bukan benda mati.
Sehingga dalam terjemahan bebas yg mengandung unsur tafsir,ayat diatas sayah baca sbb;
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang padanya (abdihi,manusia) yang telah Kami berkahi sekelilingnya (kamsutnyah,yg menerima kenabian Muhammad pun termasuk dalam berkah tersebut) agar Kami perlihatkan kepadanya (abdihi/Muhammad) sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
Keberkahan yg diterima nabi Muhammad pada malam itu ada di berita shahih; sayah ambil 2 ayat aja karena yg lain uda cukup jelas) an najm 12-13
أَفَتُمَارُونَهُ عَلَىٰ مَا يَرَىٰ
Maka apakah kaum (musyrik Mekah) hendak membantahnya tentang apa yang telah dilihatnya?
وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَىٰ
Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain,
Yg oleh si mang ayat 12 adalah terkait wahyu di gua hira.pendapat yg bagus tetapi 1-12 pun terjadi pada malam isra miraj.ini adalah bagian lain dari “beberapa dimensi” yg pernah sayah sampaikan di lapak lain beberapa waktu lalu.
Malam itu adalah malam wahyu baik berupa wahyu lisan maupun wahyu penglihatan.lisannyah yah ayat 17/1,penglihatannyah ya an najm versi visual.bahwa nabi Muhammad NYATA melihat Jibril dengan 2 mata di kepala yg kemudian dituliskan dalam bentuk firman di an najm.
Frase لِنُرِيَهُ adalah indikasi kuat bahwa MELIHAT itu dilakukan lebih dari sekali.objek yg dilihat adalah disebut pada an najm 13 dan setelahnya.penekanan kuat pada sosok Jibril yg lebih dari sekali dilihat.penekanan yg lain ada di “pandangannya tidak melampaui”..
Karena ayat 17/1 terkait dengan manusia tingkat tinggi maka dalam level yg lebih rendah kondisi perjalanan isra miraj dapat terjadi pada tiap muslim.tergantung kedekatan dengan allah tentunya.
Dan hal ini gak bakal sayah bahas di sini….urusan batin dan tasawuf ..sun moon kang lebih fasih menjelaskan.sayangnyah beliow jarang hadir.
Bantahan musyrikin Mekkah terjadi di pagi sepulang perjalanan dan ketika di awal kenabian..dan bantahan tersebut menjadi lebih luas di masa sekarang ttg perjalanan dan kenabian beliow saw..sehingga masuk akal jika 12;13 berurutan ayatnya dalam membahas jibril tampak oleh mata 3 dimensi.
Mungkin ada koreksi???silahkeun,,,
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
abu hanan wrote:sebwetulnyah sayah ingin merespon lebih lama...tetapi entahlah....بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِسُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha
الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ
yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
Mari dimulai….
حَوْلَهُ
Hu sbg kata ganti tuh merujuk pada siapa?
Masjidil haram?
Masjidil aqsha?
Nabi Muhammad?
Harus ada satu yg mewakili HU diantara 3 opsi diatas.Karena ada 2 tempat yaitu masjid dan HANYA satu manusia maka sayah berpikir bahwa HU adalah mewakili بِعَبْدِه /nabi Muhammad.
Karena kata حَوْلَ berakar dari ح و ل yang juga memiliki makna berubah dari suatu hal menjadi hal lain.transformasi atow peralihan bentuk.yg apabila pengertian masjid/tempat sujud dimasukkan ke makna PERALIHAN bentuk maupun fungsi tentulah menjadi hal yg aneh.kalow masjid bentuk diubah sih gak masalah,masih tetap berfungsi sbg masjid.tapi kalow berubah fungsi maka namanya non masjid.bangunan bernama masjid,tapi berubah fungsi menjadi kantor yah org bilang kantor…
Berbeda dengan manusia…apabila abdihi/jasad berubah bentuk menjadi cahaya tetap aja namanya jasad dan masih makhluk yg bernama manusia yg menjalankan fungsi tetap sbg manusia.
Roh yg melekat pada jasad/badaniah yg berunsur tanah MASIH melekat meskipun jasad telah berubah menjadi cahaya-iyah…tentunya dg roh yg melekat pada jasad meski berubah unsur maka manusia tetaplah manusia,baik bentuk maupun sifat dan fungsi.
Konsekuensi logis dari HU apabila disandarkan pada tempat maka akan merubah kamsut ayat.
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang padanya (masjidil aqsha) yang telah Kami berkahi sekelilingnya (masjidil aqsha) agar Kami perlihatkan kepadanya (masjidl aqsha) sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
Sedangkan yg melakukan perjalanan (obyek) adalah makhluk hidup,bukan benda mati.
Sehingga dalam terjemahan bebas yg mengandung unsur tafsir,ayat diatas sayah baca sbb;
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang padanya (abdihi,manusia) yang telah Kami berkahi sekelilingnya (kamsutnyah,yg menerima kenabian Muhammad pun termasuk dalam berkah tersebut) agar Kami perlihatkan kepadanya (abdihi/Muhammad) sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
Keberkahan yg diterima nabi Muhammad pada malam itu ada di berita shahih; sayah ambil 2 ayat aja karena yg lain uda cukup jelas) an najm 12-13
أَفَتُمَارُونَهُ عَلَىٰ مَا يَرَىٰ
Maka apakah kaum (musyrik Mekah) hendak membantahnya tentang apa yang telah dilihatnya?
وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَىٰ
Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain,
Yg oleh si mang ayat 12 adalah terkait wahyu di gua hira.pendapat yg bagus tetapi 1-12 pun terjadi pada malam isra miraj.ini adalah bagian lain dari “beberapa dimensi” yg pernah sayah sampaikan di lapak lain beberapa waktu lalu.
Malam itu adalah malam wahyu baik berupa wahyu lisan maupun wahyu penglihatan.lisannyah yah ayat 17/1,penglihatannyah ya an najm versi visual.bahwa nabi Muhammad NYATA melihat Jibril dengan 2 mata di kepala yg kemudian dituliskan dalam bentuk firman di an najm.
Frase لِنُرِيَهُ adalah indikasi kuat bahwa MELIHAT itu dilakukan lebih dari sekali.objek yg dilihat adalah disebut pada an najm 13 dan setelahnya.penekanan kuat pada sosok Jibril yg lebih dari sekali dilihat.penekanan yg lain ada di “pandangannya tidak melampaui”..
Karena ayat 17/1 terkait dengan manusia tingkat tinggi maka dalam level yg lebih rendah kondisi perjalanan isra miraj dapat terjadi pada tiap muslim.tergantung kedekatan dengan allah tentunya.
Dan hal ini gak bakal sayah bahas di sini….urusan batin dan tasawuf ..sun moon kang lebih fasih menjelaskan.sayangnyah beliow jarang hadir.
Bantahan musyrikin Mekkah terjadi di pagi sepulang perjalanan dan ketika di awal kenabian..dan bantahan tersebut menjadi lebih luas di masa sekarang ttg perjalanan dan kenabian beliow saw..sehingga masuk akal jika 12;13 berurutan ayatnya dalam membahas jibril tampak oleh mata 3 dimensi.
Mungkin ada koreksi???silahkeun,,,
mantap kang mas abu... :lkj:
بِعَبْدِهِ
jadi hu marji' ke 'abdi atau ke hi(dhamir) kang mas abu.... biar tambah jelas.....
:study: :study:
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
حَوْلَهُ لِنُرِيَهُada satu kata ganti pada 2 kata yg berbeda makna dan arti.apabila dhommir/kata ganti tersebut merujuk pada satu kata benda/masjidil aqsha maka akan mengakibatkan kerancuan pada tujuan akhir kalimat.
petunjuk yg sayah pake adalah لِنُرِيَهُ yg berakar pada ر ا ي/lihat yg berarti pada HU ada pekerjaan yg dilakukan (pekerjaan ada di redaksi an najm 12-13) dan tentunyah harus dilakukan makhluk hidup berakal.dalam hal ini abdi-abdullah yg bertindak sebagai objek di awal kalimat berubah posisi menjadi subjek di an najm.
pelaku lain dalam kalimat,allah dan jibril,memiliki kedudukan yg berbeda di dalam tiap ayat tersebut.pemilik gawe,allah,telah berposisi sbg subjek aktif/mutlak di tiap redaksi baik 17/1 maupun an najm.sedangkan jibril adalah objek penderita,objek pelengkap baik di 17/1 maupun an najm.
sehingga HU pada 17/1 marji' ke abdihi...bukan ke abdi saja atow hi...yg malah mustahil jika marji' ke HI (allah)...akan menjadi lebih jelas bilah abdihi dimaknai sbg nama sosok.muhammad.
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan abdihi/muhammad pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha,(muhammad) yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepada muhammad sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
mohon dikoreksi...
petunjuk yg sayah pake adalah لِنُرِيَهُ yg berakar pada ر ا ي/lihat yg berarti pada HU ada pekerjaan yg dilakukan (pekerjaan ada di redaksi an najm 12-13) dan tentunyah harus dilakukan makhluk hidup berakal.dalam hal ini abdi-abdullah yg bertindak sebagai objek di awal kalimat berubah posisi menjadi subjek di an najm.
pelaku lain dalam kalimat,allah dan jibril,memiliki kedudukan yg berbeda di dalam tiap ayat tersebut.pemilik gawe,allah,telah berposisi sbg subjek aktif/mutlak di tiap redaksi baik 17/1 maupun an najm.sedangkan jibril adalah objek penderita,objek pelengkap baik di 17/1 maupun an najm.
sehingga HU pada 17/1 marji' ke abdihi...bukan ke abdi saja atow hi...yg malah mustahil jika marji' ke HI (allah)...akan menjadi lebih jelas bilah abdihi dimaknai sbg nama sosok.muhammad.
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan abdihi/muhammad pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha,(muhammad) yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepada muhammad sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
mohon dikoreksi...
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
satria bergitar wrote:Jagona wrote:abu hanan wrote:menjadi aneh karena NAMA masjid tersebut berdasarkan kata yg ada di ayat.kamsutnyah sayah,sebelum direnovasi oleh imam umar bin khattab nama masjid tersebut BUKAN masjid al Aqsha.
seperti yg sayah utarakan di depan...ada beberapa dimensi yg harus kita pahami sebelum tenggelam lebih dalam.
al aqsha = kata ini ada kata sandang yg seperti THE di basa enggresh.yg artinya baik pembicara maupun lawan bicara SAMA2 mengetahui kamsutnyah.
الأَقْصَى juga merupakan bentuk jamak.dengan bentuk grammarnyah yg jamak pun uda menyiratkan bahwa perjalanan menuju AQSHA tidak sekedar ke baitul makmur...
mengapa sayah cenderung berkata masjidil aqsha adalah reruntuhan dari mezbah daud?yah sejarah bahwa kiblat pertama adalah yerusalem sebelum masjidil haram.
utk itu,allah memerintahkan melalui perjalanan tersebut dg hikmah "napak tilas" para nabi terdahulu.gak langsung terbang ke masjid terjauh di luar dimensi yg diketahui manusia.
sworry...nggak berlaku hukum KONON dan KATANYA....
Bagaimana dengan Ayat 10/87 di bawah ini ;
Ayat 10/87 : KAMI wahyukan kepada Musa dan saudaranya (Harun) : "tentukanlah bagi kaummu rumah-rumah di Mesir, dan jadikanlah rumah-rumahmu itu Kiblat dan dirikanlah Shalat serta gembirakanlah orang-orang beriman.
Pada Ayat di atas, ternyata ALLAH memerintahkan Musa dan Harun menentukan beberapa rumah di Mesir untuk dijadikan Kiblat Shalat.
oh Mesir tho..ane kira nte mo bilang di Mars hehe
QS. Yunus (10) : 86
Dan Kami wahyukan kepada Musa dan saudaranya: “Ambillah olehmu berdua beberapa buah rumah di Mesir untuk tempat tinggal bagi kaummu dan jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu tempat shalat dan dirikanlah olehmu shalat serta gembirakanlah orang-orang yang beriman “.
kok beda tafsiranya?? hehe sori ane pake terjemahan depag
klo menurut tafsiran nte berarti banyak dong kiblatnya..monggo??
beda nahwu sorofnya kali, maklum aja baru pulang dari sebrang
Ma'af Mas Stria Mars ....... apa benar tuh terjemah ayat 10/86 seperti itu ?
lantas istilah ini قِبْلَةً bukankah artinya 'KIBLAT' ?
yaahhh sesuai dengan bunyi ayatnya ............ ok
Jagona- KAPTEN
-
Age : 78
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
abu hanan wrote:حَوْلَهُ لِنُرِيَهُada satu kata ganti pada 2 kata yg berbeda makna dan arti.apabila dhommir/kata ganti tersebut merujuk pada satu kata benda/masjidil aqsha maka akan mengakibatkan kerancuan pada tujuan akhir kalimat.
petunjuk yg sayah pake adalah لِنُرِيَهُ yg berakar pada ر ا ي/lihat yg berarti pada HU ada pekerjaan yg dilakukan (pekerjaan ada di redaksi an najm 12-13) dan tentunyah harus dilakukan makhluk hidup berakal.dalam hal ini abdi-abdullah yg bertindak sebagai objek di awal kalimat berubah posisi menjadi subjek di an najm.
pelaku lain dalam kalimat,allah dan jibril,memiliki kedudukan yg berbeda di dalam tiap ayat tersebut.pemilik gawe,allah,telah berposisi sbg subjek aktif/mutlak di tiap redaksi baik 17/1 maupun an najm.sedangkan jibril adalah objek penderita,objek pelengkap baik di 17/1 maupun an najm.
sehingga HU pada 17/1 marji' ke abdihi...bukan ke abdi saja atow hi...yg malah mustahil jika marji' ke HI (allah)...akan menjadi lebih jelas bilah abdihi dimaknai sbg nama sosok.muhammad.
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan abdihi/muhammad pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha,(muhammad) yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepada muhammad sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
mohon dikoreksi...
Ga ada yang perlu dikoreksi, hanya sedikit tambahan pada 'memperjalankan' pakai tambahan (dengan penjagaan), yang menjaga adalah barkah agar Muhammad selamat dari benturan benda-benda angkasa, kekurangan udara, dan terbakar karena gesekan dengan udara.
Memang yang diberkahi adalah Muhammad bukan Masjidil Aqsha.
Jagona- KAPTEN
-
Age : 78
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
Jagona wrote:beda nahwu sorofnya kali, maklum aja baru pulang dari sebrang
Ma'af Mas Stria Mars ....... apa benar tuh terjemah ayat 10/86 seperti itu ?
lantas istilah ini قِبْلَةً bukankah artinya 'KIBLAT' ?
yaahhh sesuai dengan bunyi ayatnya ............ ok
lah pan ane bilang ane pake terjemahan depag..
makanya kalo menurut terjemahan ente kan
"beberapa rumah di Mesir untuk dijadikan Kiblat Shalat"
bebrapa rumah artinya banyak dong kiblatnya..??
Sumangga??
satria bergitar- LETNAN DUA
-
Age : 38
Posts : 1396
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 59
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
satria bergitar wrote:Jagona wrote:beda nahwu sorofnya kali, maklum aja baru pulang dari sebrang
Ma'af Mas Stria Mars ....... apa benar tuh terjemah ayat 10/86 seperti itu ?
lantas istilah ini قِبْلَةً bukankah artinya 'KIBLAT' ?
yaahhh sesuai dengan bunyi ayatnya ............ ok
lah pan ane bilang ane pake terjemahan depag..
makanya kalo menurut terjemahan ente kan"beberapa rumah di Mesir untuk dijadikan Kiblat Shalat"
bebrapa rumah artinya banyak dong kiblatnya..??
Sumangga??
sesuai dengan bunyi ayat ... menunjukan kiblatnya banyak ............. mangga
Jagona- KAPTEN
-
Age : 78
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
@mbah abu
KESIMPULANNYA...kata HU dalam Al-Isra : 1 MERUJUK ke BIABDIHI (Nabi Muhammad)..???
Betull...???
sehingga HU pada 17/1 marji' ke abdihi...bukan ke abdi saja atow hi...yg malah mustahil jika marji' ke HI (allah)...akan menjadi lebih jelas bilah abdihi dimaknai sbg nama sosok.muhammad.
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan abdihi/muhammad pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha,(muhammad) yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepada muhammad sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
KESIMPULANNYA...kata HU dalam Al-Isra : 1 MERUJUK ke BIABDIHI (Nabi Muhammad)..???
Betull...???
mang odoy- KAPTEN
- Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
anda bertanyah ke sayah,sayah jawab ;bwetul.mang odoy wrote:@mbah abusehingga HU pada 17/1 marji' ke abdihi...bukan ke abdi saja atow hi...yg malah mustahil jika marji' ke HI (allah)...akan menjadi lebih jelas bilah abdihi dimaknai sbg nama sosok.muhammad.
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan abdihi/muhammad pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha,(muhammad) yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepada muhammad sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
KESIMPULANNYA...kata HU dalam Al-Isra : 1 MERUJUK ke BIABDIHI (Nabi Muhammad)..???
Betull...???
kaidah awal dan akhir ; wallahu a'lam
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
abu hanan wrote:anda bertanyah ke sayah,sayah jawab ;bwetul.mang odoy wrote:@mbah abusehingga HU pada 17/1 marji' ke abdihi...bukan ke abdi saja atow hi...yg malah mustahil jika marji' ke HI (allah)...akan menjadi lebih jelas bilah abdihi dimaknai sbg nama sosok.muhammad.
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan abdihi/muhammad pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha,(muhammad) yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepada muhammad sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
KESIMPULANNYA...kata HU dalam Al-Isra : 1 MERUJUK ke BIABDIHI (Nabi Muhammad)..???
Betull...???
kaidah awal dan akhir ; wallahu a'lam
Ma'af wa ..... aku mau nyamakan persepsi dikit ..... apa sebenarnya fungsi barkah di sekeliling Nabi Muhammad itu ?
Jagona- KAPTEN
-
Age : 78
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
abu hanan wrote:anda bertanyah ke sayah,sayah jawab ;bwetul.mang odoy wrote:@mbah abusehingga HU pada 17/1 marji' ke abdihi...bukan ke abdi saja atow hi...yg malah mustahil jika marji' ke HI (allah)...akan menjadi lebih jelas bilah abdihi dimaknai sbg nama sosok.muhammad.
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan abdihi/muhammad pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha,(muhammad) yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepada muhammad sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
KESIMPULANNYA...kata HU dalam Al-Isra : 1 MERUJUK ke BIABDIHI (Nabi Muhammad)..???
Betull...???
kaidah awal dan akhir ; wallahu a'lam
Dengan begitu....kata MASJID AL AQSHA yang dalam hal ini sudah kadong di nisbatkan ke Bangunan BERKUBAH HIJAU di Palestina...mulai agak LONGGAR dong..soalnya...anggapan Muslim kebanyakan selama ini....YANG DIBERKAHI dalam Al-Isra:1 ini adalah kata Masjid Al-Aqsha...jarang ada yang tau kalo ternyata kata HU dalam Al-Isra :1 ini ternyata MERUJUK ke kata BIABDIHI yaitu Nabi Muhammad SAW sebagai Objek yang diperjalankan.
Nah ...selanjutnya...pertanyaan saya sama dengan apa yang dilontarkan oleh bro Jagona..
Ma'af wa ..... aku mau nyamakan persepsi dikit ..... apa sebenarnya fungsi barkah di sekeliling Nabi Muhammad itu ?...(dalam kalimat "Kami berkahi sekelilingnya" dalam Al-Isra:1)
Ini ada korelasinya dengan ayat ayat lain di Al-Quran mengenai kata BARKAH ini...
Silahkan mbah..jangan sungkan sungkan untuk berbagi, Insya Allah apa yang mbah sampaikan akan sangat bermanfaat sekali bagi rekan rekan muslim yang lainnya.
Saya disini cuman bisa ngasih UMPAN....dikarenakan pengetahuan saya yang lumayan jeblok dalam bidang Nahwu Sorof...he he he. Bisanya cuman nerjemahin linggis doang...wkwkwkwkwk.
Wasalam,
mang odoy- KAPTEN
- Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
الَّذِي بَارَكْنَا yang telah Kami berkahi
بَارَكْنَا berasal dari akar kata ب ر ك yg bermakna;
1.berlimpah,meningkat atau menjadi lebih baik
2.teguh,mantap
3.menjaga atow memelihara sesuatu dalam keadaan yg tetap.yg demikian itu sayah tafsirkan dari fushilat 10
وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ مِن فَوْقِهَا وَبَارَكَ فِيهَا
Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya
حَوْلَهُsekelilingnya
kata ini berarti posisi/tempat.
apabila mengacu pada nabi muhammad maka yg diberkahi adalah tempat di sekeliling beliow.dimanapun beliow berada di situlah ada keberkahan.
namun karena sedang membahas perjalanan maka tempat/kha waw lam dapat bergeser arti menjadi seluruh tempat yg disinggahi beliow dalam perjalanan adalah tempat2 yg diberkahi.
لِنُرِيَهُKami perlihatkan kepadanya
mengijinkan nabi muhammad melihat dengan mata kepala/mata fisik,bukan halusinasi/fatamorgana/mimpi.
مِنْ آيَاتِنَاsebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
an najm 1-18.
lagi2 makhluk melata itu masih dibiarkan hidup dan menulis.....
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
abu hanan wrote:بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
الَّذِي بَارَكْنَا yang telah Kami berkahi
بَارَكْنَا berasal dari akar kata ب ر ك yg bermakna;
1.berlimpah,meningkat atau menjadi lebih baik
2.teguh,mantap
3.menjaga atow memelihara sesuatu dalam keadaan yg tetap.yg demikian itu sayah tafsirkan dari fushilat 10
وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ مِن فَوْقِهَا وَبَارَكَ فِيهَا
Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya
حَوْلَهُsekelilingnya
kata ini berarti posisi/tempat.
apabila mengacu pada nabi muhammad maka yg diberkahi adalah tempat di sekeliling beliow.dimanapun beliow berada di situlah ada keberkahan.
namun karena sedang membahas perjalanan maka tempat/kha waw lam dapat bergeser arti menjadi seluruh tempat yg disinggahi beliow dalam perjalanan adalah tempat2 yg diberkahi.
لِنُرِيَهُKami perlihatkan kepadanya
mengijinkan nabi muhammad melihat dengan mata kepala/mata fisik,bukan halusinasi/fatamorgana/mimpi.
مِنْ آيَاتِنَاsebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
an najm 1-18.
lagi2 makhluk melata itu masih dibiarkan hidup dan menulis.....
bagaimana dengan ayat 11/48 ?
ga ada wa di Bumi ini makhluk melata yang bisa nulis ..... itu namanya super aneh
Jagona- KAPTEN
-
Age : 78
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
11/48Jagona wrote:abu hanan wrote:بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
الَّذِي بَارَكْنَا yang telah Kami berkahi
بَارَكْنَا berasal dari akar kata
3.menjaga atow memelihara sesuatu dalam keadaan yg tetap.yg demikian itu sayah tafsirkan dari fushilat 10
وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ مِن فَوْقِهَا وَبَارَكَ فِيهَا
Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya
حَوْلَهُsekelilingnya
kata ini berarti posisi/tempat.
apabila mengacu pada nabi muhammad maka yg diberkahi adalah tempat di sekeliling beliow.dimanapun beliow berada di situlah ada keberkahan.
namun karena sedang membahas perjalanan maka tempat/kha waw lam dapat bergeser arti menjadi seluruh tempat yg disinggahi beliow dalam perjalanan adalah tempat2 yg diberkahi.
لِنُرِيَهُKami perlihatkan kepadanya
mengijinkan nabi muhammad melihat dengan mata kepala/mata fisik,bukan halusinasi/fatamorgana/mimpi.
مِنْ آيَاتِنَاsebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
an najm 1-18.
lagi2 makhluk melata itu masih dibiarkan hidup dan menulis.....
bagaimana dengan ayat 11/48 ?
ga ada wa di Bumi ini makhluk melata yang bisa nulis ..... itu namanya super aneh
=>ب ر ك yg bermakna;
1.berlimpah,meningkat atau menjadi lebih baik
2.teguh,mantap
lha semua yg berjalan di muka bumi apa bukan melata?hehehe...
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
abu hanan wrote:بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
الَّذِي بَارَكْنَا yang telah Kami berkahi
بَارَكْنَا berasal dari akar kata ب ر ك yg bermakna;
1.berlimpah,meningkat atau menjadi lebih baik
2.teguh,mantap
3.menjaga atow memelihara sesuatu dalam keadaan yg tetap.yg demikian itu sayah tafsirkan dari fushilat 10
وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ مِن فَوْقِهَا وَبَارَكَ فِيهَا
Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya
حَوْلَهُsekelilingnya
kata ini berarti posisi/tempat.
apabila mengacu pada nabi muhammad maka yg diberkahi adalah tempat di sekeliling beliow.dimanapun beliow berada di situlah ada keberkahan.
namun karena sedang membahas perjalanan maka tempat/kha waw lam dapat bergeser arti menjadi seluruh tempat yg disinggahi beliow dalam perjalanan adalah tempat2 yg diberkahi.
لِنُرِيَهُKami perlihatkan kepadanya
mengijinkan nabi muhammad melihat dengan mata kepala/mata fisik,bukan halusinasi/fatamorgana/mimpi.
مِنْ آيَاتِنَاsebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
an najm 1-18.
lagi2 makhluk melata itu masih dibiarkan hidup dan menulis.....
Arti dari BARKAH ini juga MENJAGA....apakah ini termasuk PENJAGAAN pada diri Nabi ketika Miraj...????
Ilmiahnya beliow menembus atmosfer bumi dan masuk ke alam hampa udara....katakanlah kita berhalusinasi...bahwa Nabi melakukan perjalanan antariksa...antar planet...antar galaksi...sehingga sampe di SIDRATUL MUNTAHA (mungkin bagian paling ujung dari tatanan semesta raya yang maha luas ini).
Nah.....sebagai tambahan...apakah makna dari SIDRATUL MUNTAHA itu sendiri mbah....??
Wasalam,
mang odoy- KAPTEN
- Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
ba ra kaf meliputi menjaga.bisa untuk menjaga stabilitas iman nabi muhammad dan bisa juga allah menjaga dan menjadi PENJAGAAN pada diri Nabi ketika Miraj.mang odoy wrote:abu hanan wrote:بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
الَّذِي بَارَكْنَا yang telah Kami berkahi
بَارَكْنَا berasal dari akar kata ب ر ك yg bermakna;
1.berlimpah,meningkat atau menjadi lebih baik
2.teguh,mantap
3.menjaga atow memelihara sesuatu dalam keadaan yg tetap.yg demikian itu sayah tafsirkan dari fushilat 10
وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ مِن فَوْقِهَا وَبَارَكَ فِيهَا
Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya
حَوْلَهُsekelilingnya
kata ini berarti posisi/tempat.
apabila mengacu pada nabi muhammad maka yg diberkahi adalah tempat di sekeliling beliow.dimanapun beliow berada di situlah ada keberkahan.
namun karena sedang membahas perjalanan maka tempat/kha waw lam dapat bergeser arti menjadi seluruh tempat yg disinggahi beliow dalam perjalanan adalah tempat2 yg diberkahi.
لِنُرِيَهُKami perlihatkan kepadanya
mengijinkan nabi muhammad melihat dengan mata kepala/mata fisik,bukan halusinasi/fatamorgana/mimpi.
مِنْ آيَاتِنَاsebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
an najm 1-18.
lagi2 makhluk melata itu masih dibiarkan hidup dan menulis.....
Arti dari BARKAH ini juga MENJAGA....apakah ini termasuk PENJAGAAN pada diri Nabi ketika Miraj...????
Ilmiahnya beliow menembus atmosfer bumi dan masuk ke alam hampa udara....katakanlah kita berhalusinasi...bahwa Nabi melakukan perjalanan antariksa...antar planet...antar galaksi...sehingga sampe di SIDRATUL MUNTAHA (mungkin bagian paling ujung dari tatanan semesta raya yang maha luas ini).
Nah.....sebagai tambahan...apakah makna dari SIDRATUL MUNTAHA itu sendiri mbah....??
Wasalam,
kalow perjalanan antar galaksi hingga ujung alam semesta maka perjalanan tersebut adalah fantasi dan halusinasi.
bentuk alam semesta adalah lingkar.tiada ujung dan tiada pangkal.
sehingga perjalanan tersebut adalah perjalanan ANTAR dimensi..
dari alam 3 dimensi (alam semesta/anggaplah langit pertama) keluar menuju dimensi lebih tinggi....alam malakut/ghaib yg VVIP.
kecepatan cahaya uda terwakili di perjalanan internasional.makkah ke yerusalem.selanjutnyah perjalanan adalah yg melebihi kecepatan cahaya,lebih halus dari cahaya.
kalow yg itu mah butuh kafein wal nikotin dolo mang...MO wrote:Nah.....sebagai tambahan...apakah makna dari SIDRATUL MUNTAHA itu sendiri mbah....??
wokeh....makhluk melata yang uda tua mohon diri dulu.
wassalam para barada
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
@mbah
Okeh deh mbah...rehat aja dulu...sori dah ngerepotin dengan UMPAN UMPAN lambungnya...hi hi hi....
Tapi...setelah pembahasan SIDRATUL MUNTAHA...mudah2an kita mendapatkan titik terang lagi. Postingan mbah yang terakhir, saya bales stelah ada keterangan dari mbah..apa itu SIDRATUL MUNTAHA.
Wasalam,
Okeh deh mbah...rehat aja dulu...sori dah ngerepotin dengan UMPAN UMPAN lambungnya...hi hi hi....
Tapi...setelah pembahasan SIDRATUL MUNTAHA...mudah2an kita mendapatkan titik terang lagi. Postingan mbah yang terakhir, saya bales stelah ada keterangan dari mbah..apa itu SIDRATUL MUNTAHA.
Wasalam,
mang odoy- KAPTEN
- Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
abu hanan wrote:11/48Jagona wrote:abu hanan wrote:بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
الَّذِي بَارَكْنَا yang telah Kami berkahi
بَارَكْنَا berasal dari akar kata
3.menjaga atow memelihara sesuatu dalam keadaan yg tetap.yg demikian itu sayah tafsirkan dari fushilat 10
وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ مِن فَوْقِهَا وَبَارَكَ فِيهَا
Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya
حَوْلَهُsekelilingnya
kata ini berarti posisi/tempat.
apabila mengacu pada nabi muhammad maka yg diberkahi adalah tempat di sekeliling beliow.dimanapun beliow berada di situlah ada keberkahan.
namun karena sedang membahas perjalanan maka tempat/kha waw lam dapat bergeser arti menjadi seluruh tempat yg disinggahi beliow dalam perjalanan adalah tempat2 yg diberkahi.
لِنُرِيَهُKami perlihatkan kepadanya
mengijinkan nabi muhammad melihat dengan mata kepala/mata fisik,bukan halusinasi/fatamorgana/mimpi.
مِنْ آيَاتِنَاsebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.
an najm 1-18.
lagi2 makhluk melata itu masih dibiarkan hidup dan menulis.....
bagaimana dengan ayat 11/48 ?
ga ada wa di Bumi ini makhluk melata yang bisa nulis ..... itu namanya super aneh
=>ب ر ك yg bermakna;
1.berlimpah,meningkat atau menjadi lebih baik
2.teguh,mantap
lha semua yg berjalan di muka bumi apa bukan melata?hehehe...
baik wa, hanya sedikit aja bedanya, yang menjadi lebih baik adalah permukaan Bumi yang kita tempati ini, karena dengan peristiwa ini terjadinya pergeseran kutub utara Bumi yang asalnya di Mekah bergeser +/- 10 derajat seperti keadaannya sekarang, dan mulai terjadinya pergantian musim (tadinya tidak ada).
Tentu bukan wa, yang melata hanya ular dan sebangsanya ........ kan disebutkan pada ayat 24/45 bahwa dabbah (makhluk berjiwa) ada yang berjalan di atas perutnya/melata (ular dan sebangsanya) ada yang berjalan di atas dua kaki (termasuk manusia) dan ada yang berjalan di atas empat kaki. ............... gitu wa
Jagona- KAPTEN
-
Age : 78
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18
Re: Isra' Mi'raj;Al Aqsha di Palestina?
lha..dabbah adalah makhluk melata...dan akan menjadi sempit jika hanya dibatasi sbg berjalan dg lambung...
yah..tapi karena gak sedang ngebahas dabbah sementara info ttg dabbah dapat idtampung dolo.
yah..tapi karena gak sedang ngebahas dabbah sementara info ttg dabbah dapat idtampung dolo.
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Halaman 2 dari 7 • 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
Similar topics
» hikmah di balik kisah isra' mi'raj
» sejarah isra miraj
» Hari Isra Miraj, dua masjid dibakar di Inggris
» kenapa israel berambisi merebut al aqsha?
» Tantangan Duel tuk Muslim Senior LI : Miraj vs Sholat 5 Waktu
» sejarah isra miraj
» Hari Isra Miraj, dua masjid dibakar di Inggris
» kenapa israel berambisi merebut al aqsha?
» Tantangan Duel tuk Muslim Senior LI : Miraj vs Sholat 5 Waktu
Halaman 2 dari 7
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik