FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Halaman 6 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Sat May 03, 2014 2:53 pm

First topic message reminder :

dari gunawan wibisana dan kumbakarna hingga sengkuni..merupakan karakter yang masih logis untuk ditampilkan guna mewakili dinamika kekuasaan dan patriotisme..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down


Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by dee-nee on Fri Oct 31, 2014 5:35 pm

@satria bergitar wrote:
haha padahal pertanyaannya ga retoris tapi dijawabnya pake tergantung lol

misal nih klo malaysia nyaplok kalimantan dini rela ga? malaysia khan mayoritas muslim juga? usil

Ow begitu ... LOL

jawabnya : ga rela .... hehehehehehe  

keluarga saya di malaysia sana kan sudah punya perumahan sendiri ... kok ngambil2 kapling perumahan lain ??
kecuali kalau ada kesepakatan lain bahwa kalimantan sebetulnya punya malaysia (misalnya begitu)

piss

sebetulnya kasus ini sama dengan kasus Kesultanan Sulu dengan Malaysia ... (sulu ingin menarik sabah dari malaysia)
kedua konflik ini adalah antara muslim ...

http://luar-negeri.kompasiana.com/2013/03/05/konflik-sulu-malaysia-ancam-nkri-534438.html

Ga usah masuk ke ranah NKRI nya dulu ... tapi terkait Malaysia vs Sulu (coba baca komen dibawahnya dari si Mawar Putih)

Apa artinya Malysia langsung disebut tidak mementingkan ukhuwah islamiyah ??
atau justru Kesultanan Sulu yang lebih pantas disebut tidak mementingkan ukhuwah islamiyah ???
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Wed Sep 09, 2015 3:45 pm

ada kumbakarna dan ada resi bhisma (lakon wayang keren favorit sayah)..setya novanto dan fadli zon untuk kasus donald trumph,nih apakah kedua pemimpin yang terhormat itu uda mewakili salah satu citra tokoh wayang diatas ato malah lebih mirip mahapatih sengkuni?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 09, 2015 3:57 pm


mereka cocoknya mewakili figur sengkuni..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Wed Dec 09, 2015 2:39 pm

sengkuni profile uda diwakili setya novanto beserta kroni seperti Duo BF (Bapak Fahri Hamzah dan Bapak Fadli Zon)..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by dee-nee on Thu Dec 10, 2015 1:30 pm

@abu hanan wrote:sengkuni profile uda diwakili setya novanto beserta kroni seperti Duo BF (Bapak Fahri Hamzah dan Bapak Fadli Zon)..


ini yang disebut "Kebohongan Burung Unta" ya

2 good
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Tue Dec 15, 2015 11:25 am

tentu menjadi sangat menarik..bicara nasionalis tanpa melibatkan yusril ihza mahendra..

Yusril Ihza Mahendra menjadi kuasa hukum dari nahkoda Kapal Silver Sea (SS-2) berbendera Thailand, Yotin Kuarabiab, yang diduga terlibat pencurian ikan.

kapal SS 2 melakukan alih muatan ikan (transhipment) dari 3 kapal yang menangkap ikan secara ilegal pada 14 Juli 2015. Kapal SS diamankan oleh KRI Teuku Umar dan dibawa ke dermaga Lanal Sabang. Kapal memiliki bobot 2.285 ton ditangkap dengan barang bukti ikan sebanyak 1.930 ton. Diamankan pula nahkoda dan ABK berjumlah 18 orang yang berkewarganegaraan Thailand. Menteri Susi mengklaim memiliki bukti keterlibatan SS 2.

Yotim Kuarabiab kembali menggandeng Ahli Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra, Kantor Hukum Ihza & Ihza Law Firm yang beralamat di 88 Kasablanca Office Tower, Tower A Lantai 19, Kota Kasablanca, Jl.Casablanka Kav. 88 Jakarta 12870.

http://www.beritasatu.com/nasional/328716-pencurian-ikan-susi-negara-siap-hadapi-yusril.html
ketika pemerintah ingin menegakkan kedaulatan maritim dengan slogan "tanpa kompromi buat maling ikan"..di sisi lain,yusril dengan prestasi wah sebagai pengacara merelakan diri menjadi penasehat bagi para pencuri ikan..

so what?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Wed Jul 20, 2016 12:06 pm

bisakah kita mengatakan bukan nasionalis kepada para koruptor terutama yang OTT seperi Sanusi,Putu dll?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Sun Nov 20, 2016 3:58 pm

bukan karena presiden lamban dalam kasus ahok,bukan pula karena polisi lamban tetapi semua butuh proses..dan sisi baik dari peristiwa ini adalah kita jadi mengerti arti nasionalisme..jadi mengerti siapa kawan dan lawan..siapa pandawa dan siapa sengkuni..

Patih Sengkuni membuat sebuah skenario untuk membunuh pandawa dalam tragedi istana kertas..
Sangkuni menciptakan kebakaran di Gedung Jatugreha, tempat para Pandawa bermalam di dekat Hutan Waranawata. Namun para Pandawa dan ibu mereka, yaitu Kunti berhasil meloloskan diri dari kematian. Dalam pewayangan, peristiwa ini terkenal dengan nama Bale Sigala-Gala.

sengkuni adalah sebuah simbol kemunafikan yang berbalut kerja keras disertai kecerdasan,mempunyai daya tarik,mudah meraih simpati,mempunyai kelebihan merekrut,sering bertindak sebagai sutradara..

tidak segan mengadu domba..
musuh terbesar muslim adalah syahwat..syahwat adalah berkarakter mirip bahkan nyaris identik dengan sengkuni..

nasionalisme pada hari ini sedang diuji..
apakah ada sengkuni di sekitar elit politik?
apakah ada sengkuni di kalangan ulama?
dan diatas itu semua,apakah kita sudah membunuh sengkuni yang berdiam di hati kita masing2?

tidak dibutuhkan jawaban untuk itu karena lebih penting adalah melihat diri kita..

apakah masih ada nasionalisme atau sudah lahir sengkuni dalam diri kita..???


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by dee-nee on Sun Nov 20, 2016 4:42 pm

nasionalis itu artinya cinta tanah air .... mencintai (bersyukur) atas apa yang Allah berikan pada kita

kita lahir di negara seperti ini ... ya itu yang harus disyukuri, dicintai dan dipelihara ... dipelihara jangan sampai apa yang Allah berikan rusak dan hancur (dengan adu domba, perang dsb)

sengkuni karena dia tidak cinta negara-nya ... suka mengadu domba demi kepentingan syahwat semata .... ya artinya tidak nasionalis

menurut saya loh

piss

----------------------------------------

Tapi bicara tentang pandawa vs sengkuni >>> menarik kalau masuk ke ranah politik sekarang ini

perseteruan sepertinya sudah mulai terlihat kelompok2nya ... antara Jokowi, Prabowo, dan SBY

yang saya bingung ... tiga2nya bukan dari kelompok ulama >>> trus kenapa ulama (atau ormas agama) yang sekarang ini kayanya paling seru mengeluarkan statement2 bernuansa politik

ada yang mau menanggapi ??

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 21, 2016 1:43 pm


kan Muhammad itu ulama dan politisi sekaligus
mungkin mo nyontoh

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by isaku on Mon Nov 21, 2016 1:55 pm

@dee-nee wrote:yang saya bingung ... tiga2nya bukan dari kelompok ulama >>> trus kenapa ulama (atau ormas agama) yang sekarang ini kayanya paling seru mengeluarkan statement2 bernuansa politik

ada yang mau menanggapi ??

piss piss
Jawabannya bisa beragam:
1. Tidak ada sejarahnya di Indonesia ormas Islam, ulama atau muslim memisahkan diri atau cuek dengan urusan negara dan pemerintahan. Pertanyaan yang sebetulnya salah kok.
2. Ormas apapun di Indonesia bukan pelaku yang memilih, mengeluarkan dan mengeksekusi kebijakan, tapi penonton. Sifatnya penonton bukan aksi tapi reaksi. Nah takkan ada asap kalau tidak ada api.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by dee-nee on Mon Nov 21, 2016 3:12 pm

@SEGOROWEDI wrote:
kan Muhammad itu ulama dan politisi sekaligus
mungkin mo nyontoh

susah banget bila ada manusia biasa yang murni bisa jadi ulama dan politisi sekaligus

artinya setiap pemimpin tetap harus mendapat masukan dari penasehat2nya (termasuk ulama, panglima bersenjata, mentri, dsb)
yang dibutuhkan seorang pemimpin adalah ke-bijaksanaan-nya ... kemampuan dia untuk mendengar, menilai baik dan buruk, lalu berani mengambil keputusan

dalam kapasitas sebagai ulama sekaligus politisi >>> seorang pemimpin dimanapun (kecuali para nabi) ... ya hanya bisa sampai sebatas akhlak dan moral (dalam konteks agama) plus keberanian dan kepandaian (dalam konteks politisi) >>> tapi tidak mungkin ada orang yang bisa menguasai semua ilmu2 agama plus politik, hukum, ekonomi, dsb sekaligus

----------------------------------------------------

@isaku wrote:
@dee-nee wrote:yang saya bingung ... tiga2nya bukan dari kelompok ulama >>> trus kenapa ulama (atau ormas agama) yang sekarang ini kayanya paling seru mengeluarkan statement2 bernuansa politik

ada yang mau menanggapi ??

piss piss

Jawabannya bisa beragam:
1. Tidak ada sejarahnya di Indonesia ormas Islam, ulama atau muslim memisahkan diri atau cuek dengan urusan negara dan pemerintahan. Pertanyaan yang sebetulnya salah kok.

2. Ormas apapun di Indonesia bukan pelaku yang memilih, mengeluarkan dan mengeksekusi kebijakan, tapi penonton. Sifatnya penonton bukan aksi tapi reaksi. Nah takkan ada asap kalau tidak ada api.

1. merah : pertanyaan ga salah sih ... cuma mungkin memang kurang jelas maksud saya >>> coba lihat yang underline

dalam sejarah ... jelas non-ulama bersama2 dengan ulama memikirkan urusan negara >>> yang menjadi pertanyaan saya diatas .... kenapa ulama (ormas Islam) YANG PALING dominan masuk ke hiruk pikuk kasus ahok ini ... padahal jelas dilihat dari kepentingan politik melibatkan 3 orang diatas ....

apakah demokrat (dan partai2 pendukungnya) sibuk ??  .... ga
apakah pdip (dan partai2 pendukungnya) sibuk ?? .... ga
apakah gerindra (dan pks) sibuk ?? ... ga

Jadi ... kalau masuk ke ranah politik >>> kenapa mereka2 yang JUSTRU tidak terlibat dalam politik itu sendiri ... yang malah LEBIH DOMINAN bersuara

2. saya bicara tentang politik loh >>> apakah anda sebut mereka murni aksi - reaksi ... ya itu lain ceritanya .... tapi setau saya dalam konteks ini ... mbah abu bicara tentang politik antara pandawa vs sengkuni

karena baik pandawa vs sengkuni pun bisa saja toh membawa politik .... untuk menyusupi sebuah aksi - reaksi murni
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by isaku on Mon Nov 21, 2016 3:20 pm

mb Dee wrote:Jadi ... kalau masuk ke ranah politik >>> kenapa mereka2 yang JUSTRU tidak terlibat dalam politik itu sendiri ... yang malah LEBIH DOMINAN bersuara
mungkin karena ada yang offside dan mereka sebetulnya tidak membahas politiknya tapi posisi offside dan dampaknya.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Wed Nov 23, 2016 3:50 pm

term dasar..
agama adalah nasehat..
politik adalah seni mencapai kekuasaan dan gimana mengolah kekuasaan tsb..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by isaku on Wed Nov 23, 2016 7:28 pm

Ruang gerak agama dibatasi dengan hukum, namun ketika agama menuntut hak hukumnya malah dibenturkan dengan agama itu sendiri.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Thu Nov 24, 2016 9:31 am

@isaku wrote:Ruang gerak agama dibatasi dengan hukum, namun ketika agama menuntut hak hukumnya malah dibenturkan dengan agama itu sendiri.
kok dibenturkan?
agama dibatasi hukum pasti ada tujuan..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by isaku on Thu Nov 24, 2016 5:12 pm

Ya itulah... agama harus taat pada hukum di luar aturan agamanya, ketika ada hak agama dilanggar dan agama menuntut berdasar hukum yg ngatur2 tadi, malah agama dituding dan disalahkan, disebut g usah ikut2an hukum, ngurus yang lain aja, nasehat, do'a.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Fri Nov 25, 2016 10:05 am

@isaku wrote:Ya itulah... agama harus taat pada hukum di luar aturan agamanya, ketika ada hak agama dilanggar dan agama menuntut berdasar hukum yg ngatur2 tadi, malah agama dituding dan disalahkan, disebut g usah ikut2an hukum, ngurus yang lain aja, nasehat, do'a.
kutipan piagam madinah ;

Pasal 25 Kaum Yahudi dari Bani ‘Awf adalah satu umat dengan mukminin. Bagi kaum Yahudi agama mereka, dan bagi kaum muslimin agama mereka. Juga (kebebasan ini berlaku) bagi sekutu-sekutu dan diri mereka sendiri, kecuali bagi yang zalim dan jahat. Hal demikian akan merusak diri dan keluarga

Pasal 42 Bila terjadi suatu persitiwa atau perselisihan di antara pendukung piagam ini, yang dikhawatirkan menimbulkan bahaya, diserahkan penyelesaiannya menurut (ketentuan) Allah Azza Wa Jalla, dan (keputusan) Muhammad SAW. Sesungguhnya Allah paling memelihara dan memandang baik isi piagam ini

pasal 42..
apabila ada hak agama yang dilanggar,ini berarti ulama harus menempatkan posisi sebagai pewaris nabi..bukan sebagai pribadi ketika menyatakan pendapat..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by isaku on Fri Nov 25, 2016 7:12 pm

@abu hanan wrote:
@isaku wrote:Ya itulah... agama harus taat pada hukum di luar aturan agamanya, ketika ada hak agama dilanggar dan agama menuntut berdasar hukum yg ngatur2 tadi, malah agama dituding dan disalahkan, disebut g usah ikut2an hukum, ngurus yang lain aja, nasehat, do'a.
kutipan piagam madinah ;

Pasal 25 Kaum Yahudi dari Bani ‘Awf adalah satu umat dengan mukminin. Bagi kaum Yahudi agama mereka, dan bagi kaum muslimin agama mereka. Juga (kebebasan ini berlaku) bagi sekutu-sekutu dan diri mereka sendiri, kecuali bagi yang zalim dan jahat. Hal demikian akan merusak diri dan keluarga

Pasal 42 Bila terjadi suatu persitiwa atau perselisihan di antara pendukung piagam ini, yang dikhawatirkan menimbulkan bahaya, diserahkan penyelesaiannya menurut (ketentuan) Allah Azza Wa Jalla, dan (keputusan) Muhammad SAW. Sesungguhnya Allah paling memelihara dan memandang baik isi piagam ini

pasal 42..
apabila ada hak agama yang dilanggar,ini berarti ulama harus menempatkan posisi sebagai pewaris nabi..bukan sebagai pribadi ketika menyatakan pendapat..

Nabi juga bertindak sebagai presiden dan hakim, beda kedudukan dengan posisi ulama di negara ini.
Presiden harus turun tangan mendamaikan. Cara mudahnya jangan ada beda perlakuan dengan kasus2 yang sama di jaman dulu.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by njlajahweb on Sat Nov 26, 2016 5:00 am

bagaimana mereka bisa didamaikan kalau mereka saja melanggar janji mereka sendiri untuk demo damai,
sepertinya mental mereka bukan mental untuk mau didamaikan
avatar
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 12760
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Sat Nov 26, 2016 11:59 am

@isaku wrote:
Nabi juga bertindak sebagai presiden dan hakim, beda kedudukan dengan posisi ulama di negara ini.
Presiden harus turun tangan mendamaikan. Cara mudahnya jangan ada beda perlakuan dengan kasus2 yang sama di jaman dulu.
presiden uda turun tangan,dan sebetulnya polisi juga uda mulai proses sebelum 411..

ulama sebaiknya berpikir dan bertindak seperti nabi..caranya juga mudah ;
klarifikasi dan jangan kedepankan emosi..

kasus menjadi berbeda karena tindakan juga berbeda..
mushadeq,lia eden uda jelas sesat menyesatkan..bukti2 ada dan itu juga berupa TINDAKAN..ada perbuatan..
jika ucapan?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by isaku on Tue Nov 29, 2016 11:04 am

@abu hanan wrote:
@isaku wrote:
Nabi juga bertindak sebagai presiden dan hakim, beda kedudukan dengan posisi ulama di negara ini.
Presiden harus turun tangan mendamaikan. Cara mudahnya jangan ada beda perlakuan dengan kasus2 yang sama di jaman dulu.
presiden uda turun tangan,dan sebetulnya polisi juga uda mulai proses sebelum 411..

ulama sebaiknya berpikir dan bertindak seperti nabi..caranya juga mudah ;
klarifikasi dan jangan kedepankan emosi..

kasus menjadi berbeda karena tindakan juga berbeda..
mushadeq,lia eden uda jelas sesat menyesatkan..bukti2 ada dan itu juga berupa TINDAKAN..ada perbuatan..
jika ucapan?
Ya, itu pilihan menurut saya. Hidup dipenuhi oleh pilihan2 dalam menjalani sesuatu. Ada rentang waktu ketika Pak Ahok bicara dan MUI merespon. Telah banyak tanggapan, kritikan, argumen yang diberikan untuk ucapan kontroversi Pak Ahok. Namun umumnya jawaban yang diberikan adalah (walaupun bukan Ahok langsung yang jawab), apa yang terlontar sudah benar, bahwa yang bilang AlMaidah 51 adalah larangan memilih pemimpin non muslim pasti PEMBOHONG.

Maka saya setuju sudah tidak relevan apakah Pak Ahok dipanggil (belum tentu mau) atau MUI menghadap (kurang pantas juga) ketika argumen umum mengatakan siapapun yang mengajar AlMaidah 51 larangan memilih pemimpin nonmuslim adalah PEMBOHONG. Maka ya fatwa diperlukan untuk menyatakan bahwa tidak benar bahwa AlMaidah BUKAN larangan memilih pemimpin nonmuslim, dan pernyataan bahwa yang bicara seperti itu adalah PEMBOHONG adalah sebuah kesalahan.

Itu adalah pilihan yang dibuat MUI untuk meluruskan kesalahan persepsi dikalangan muslim secara umum. Wajar jika sebuah pilihan ada pro kontra dan konsekwensi. Dan setiap orang, bukan saja MUI akan mempertanggungjawabkan setiap perbuatannya walau sebiji zarah, bahkan setiap niat akan dinilai.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Tue Nov 29, 2016 11:48 am

om isa wrote:bahwa yang bilang AlMaidah 51 adalah larangan memilih pemimpin non muslim pasti PEMBOHONG.
pasti ada sebab yang melatar belakangi suatu pemikiran/pernyataan..
ahok_merubah indonesia wrote:
Selama karir politik saya dari mendaftarkan diri menjadi anggota partai baru, menjadi ketua cabang, melakukan verifikasi, sampai mengikuti pemilu, kampanye pemilihan bupati, bahkan sampai gubernur, ada yang yang sama yang saya begitu kenal digunakan untuk memecah belah rakyat dengan tujuan memuluskan jalan meraih puncak kekuasan oleh oknum yang kerasukan roh kolonilalisme.

Ayat itu sengaja disebarkan oleh oknum-oknum elite karena tidak bisa bersaing dengan visi misi program dan integritas pribadinya. Mereka berusaha berlindung di balik ayat-ayat suci itu agar rakyat dengan konsep "seiman" memilihnya.

Dari oknum elite yang berlindung di balik ayat suci agama Islam, mereka menggunakan Al-Maidah 51. Isinya, melarang rakyat menjadikan kaum Nasrani dan Yahudi menjadi pemimpin mereka, dengan tambahan jangan pernah memilih kafir jadi pemimpin. Intinya, mereka mengajak agar memilih pemimpin dari kaum seiman.

Padahal setelah saya tanyakan ke teman-teman, ternyata ayat ini diturunkan pada saat adanya orang-orang Muslim yang ingin membunuh Nabi Besar Muhammad SAW dengan cara membuat koalisi dengan kelompok Nasrani dan kelompok Yahudi di tempat itu. Jadi, jelas bukan dalam rangka memilih kepala pemerintahan, karena di NKRI kepala pemerintahan bukanlah kepala agama/imam kepala.

Bagaimana dengan oknum elite yang berlindung dibalik ayat suci agama Kristen. Mereka menggunakan surat Galatia 6:10. Isinya, selama kita masih ada kesempatan, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama pada kawan-kawan kita seiman.

Saya tidak tahu apa yang digunakan oleh oknum elite di Bali yang beragama Hindu atau yang beragama Buddha. Tetapi saya berkeyakinan, intinya pasti jangan memilih yang beragama lain atau suku lain atau golongan lain atau yang rasnya lain. Intinya, pilihlah yang seiman/sesami kita (suku agama, rasa, dan antar golongan). Mungkin ada yang lebih kasar lagi, pilihla yang sesama kita manusia yang lain bukan, karena dianggap kafir atau najis atau binatang.

Karena kondisi banyaknya oknum elite yang pengecut dan tidak bisa menang dalam pesta demokrasi dan akhirnya mengandalkan hitungan suara berdasarkan se-SARA tadi, maka betapa banyaknya sumber daya manusia dan ekonomi yang kita sia-siakan.

Seorang putra terbaik bersuku Padang dan Batak Islam tidak mungkin menjadi pemimpin di Sulawesi. Apalagi di Papua. Hal yang sama seorang Papua, tidak mungkin menjadi pemimpin di Aceh atau Padang.

Kondisi inilah yang memicu kita tidak mendapatkan pemimpin terbaik dari yang terbaik. Melainkan kita kita mendapatkan yang buruk dari yang terburuk karena rakyat pemilih memang diarahkan, diajari, dihasut untuk memilih yang se-SARA saja. Singkatnya, hanya memilih yang seiman (kasarnya yang sesama manusia).

kalau membaca buku ahok,sebenarnya sudah jelas yang dimaksud pembohong itu siapa..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by isaku on Tue Nov 29, 2016 12:31 pm

Saya percaya Pak Ahok tidak bermaksud seperti itu. Tapi yang jelas Pak Ahok memilih kata2 yang buruk.

Menegur Pak Ahok harusnya sangat normal dan hal biasa. Tapi menjadi tidak normal dan tidak biasa ketika AlMaidah 51 HARUS BERMAKNA "bukan larangan memilih pemimpin nonmuslim" dan yang mengajarkan hal itu adalah PEMBOHONG.

Tidak satupun bahkan Pak Ahok pun tidak bisa terang2an menunjuk hidung "ELIT" yang dimaksud BOHONG dan bukan ulama.

Apakah ternyata Ahok tidak terlalu "Bangka"?

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by njlajahweb on Tue Nov 29, 2016 1:42 pm

ya sepertinya ahok tidak pandai memilih kata-kata yang halus
avatar
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 12760
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 6 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik