FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by cain on Thu Dec 26, 2013 12:18 pm

PARA ulama sepakat mengatakan bahwa jumlah ayat al-Qur’an lebih dari 6.200 ayat. Namun berapa ayat lebihnya, mereka masih berselisih pendapat.

Siapa sih sebenarnya yang ngasih nomor ayat di tuh alquran?? Sampe2 para ulama berselisih??  piss 

avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by cain on Thu Dec 26, 2013 12:36 pm

Ada yang mengatakan jumlahnya 6204, ada yang mengatakan 6214, adapula yang mengatakan 6219, ada yang 6225, 6236, dll. Adapun yang mengatakan bahwa jumlah ayatnya sebanyak 6666 adalah Abdullah Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu.

Siapa sih yang ngasih nomor tuh ayat di alqoran jadi bikin bingung para ulama??  piss 
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by SEGOROWEDI on Thu Dec 26, 2013 12:41 pm


padahal.....
dalam 1 sura-pun turunya tidak serentak
melainkan sepotong-sepotong bahkan diselani turunnya potongan-potongan ayat sura-sura lain..
dan jibril ketika mendikte tidak menyebut sura-nya
melainkan langsung casciscus tanpa menyebut nomor ayat
kek pembacaan pancasila di upacara 17an..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by cain on Thu Dec 26, 2013 12:45 pm

@SEGOROWEDI wrote:
padahal.....
dalam 1 sura-pun turunya tidak serentak
melainkan sepotong-sepotong bahkan diselani turunnya potongan-potongan ayat sura-sura lain..
dan jibril ketika mendikte tidak menyebut sura-nya
melainkan langsung casciscus tanpa menyebut nomor ayat
kek pembacaan pancasila di upacara 17an..

nah itu bro, makanya kita tanyain sama slim2 yang pinter, siapa sih yang ngasih nomor tuh qoran jadi pada bingung jumlah ayatnya tuh ulama.  
 ketawa guling 
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by cain on Thu Dec 26, 2013 1:43 pm

tumben sepi nih, biasanya berapi api pada nongol.......
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by drunken master on Thu Dec 26, 2013 1:49 pm

@cain wrote:tumben sepi nih, biasanya berapi api pada nongol.......
Harap maklum gan.Threat sampah seperti ini jarang disinggahi member berkualitas internasional.Threat agan ntar dikunjungi oleh member muslim yang ingin rehat dan cari hiburan.Sabar gan kalo pengen laris  piss 

drunken master
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 52
Kepercayaan : Islam
Location : yupiter 2a + x - y
Join date : 04.07.13
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by cain on Thu Dec 26, 2013 1:57 pm

@drunken master wrote:
@cain wrote:tumben sepi nih, biasanya berapi api pada nongol.......
Harap maklum gan.Threat sampah seperti ini jarang disinggahi member berkualitas internasional.Threat agan ntar dikunjungi oleh member muslim yang ingin rehat dan cari hiburan.Sabar gan kalo pengen laris  piss 

Gue sih maklum netter sampah kek loe sering nongol  piss 
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by cain on Thu Dec 26, 2013 1:59 pm

Luar biasa neh, tumben ngebahas alquran bisa dibilang sampah sama slim2.

Jadi menurut elo alquran itu sampah ya slim ??  piss
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by drunken master on Thu Dec 26, 2013 2:10 pm

Yang ngebahas sekelas loe jadi tetap sampah gan.Ndak layak Al Quran dibahas dengan TS sekelas debater kaya agan.

drunken master
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 52
Kepercayaan : Islam
Location : yupiter 2a + x - y
Join date : 04.07.13
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by cain on Thu Dec 26, 2013 2:37 pm

@drunken master wrote:Yang ngebahas sekelas loe jadi tetap sampah gan.Ndak layak Al Quran dibahas dengan TS sekelas debater kaya agan.

iya gue paham, alquran sampah sih ya??  piss 
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by cain on Thu Dec 26, 2013 2:40 pm

muslim kek loe itu rupanya yang "kelas tinggi" ya??

Muncul2 komentarnya berkelas banget, bukannya ngebantah atau memberi jawaban  basi 

Islami sekali sih gaya loe MOT  piss 
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by RHCP on Thu Dec 26, 2013 3:52 pm

@Cain
Tapi pastinya bukan berselisih pendapat tentang ayat2 Al Qur'an itu sendiri. Hanya perbedaan cara menghitung dan menentukan jumlah ayat dalam satu kalimat (terutama ayat2 panjang).
nih copasan dari tetangga....
Sebenarnya tidak ada yang beda di dalam ayat Al Quran. Semua pendapat berangkat dari ayat-ayat Al Quran yang sama. Yang berbeda adalah ketika menghitung jumlahnya dan menetapkan apakah suatu potongan kalimat itu menjadi satu ayat atau dua ayat.

Ada orang yang menghitung dua ayat menjadi satu. Dan sebaliknya juga ada yang menghitung satu ayat jadi dua. Padahal kalau dibaca semua lafadz Al Quran itu, semuanya sama dan itu itu juga. Tidak ada yang berbeda.

Dahulu Rasulullah saaw. terkadang diriwayatkan berhenti membaca dan menarik nafas. Pada saat itu timbul asumsi pada sebagian orang bahwa ketika Nabi saaw. menarik nafas, di situlah ayat itu berhenti dan habis. Sementara yang lain berpandangan bahwa Nabi saaw. hanya sekedar berhenti menarik nafas dan tidak ada kaitannya dengan berhentinya suatu ayat.

Lagipula, Nabi saaw. saat itu juga tidak menjelaskan kenapa beliau menarik nafas dan berhenti. Dan tidak dijelaskan juga apakah berhentinya itu menunjukkan penggalan ayat, atau hanya semata-mata menarik nafas karena ayatnya panjang.

Perbedaan dalam menghitung jumlah ayat ini sama sekali tidak menodai Al Quran. Kasusnya sama dengan perbedaan jumlah halaman mushaf dari berbagai versi percetakan. Ada mushfah yang tipis dan sedikit mengandung halaman, tapi juga ada mushfah yang tebal dan mengandung banyak halaman.

Yang membedakanya adalah ukuran font, jenis dan lay out halaman mushaf. Tidak ada ketetapan dari Nabi saaw. bahwa Al-Quran itu harus dicetak dengan jumlah halaman tertentu.
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by cain on Thu Dec 26, 2013 4:06 pm

@RHCP wrote:@Cain
Tapi pastinya bukan berselisih pendapat tentang ayat2 Al Qur'an itu sendiri. Hanya perbedaan cara menghitung dan menentukan jumlah ayat dalam satu kalimat (terutama ayat2 panjang).
nih copasan dari tetangga....
Sebenarnya tidak ada yang beda di dalam ayat Al Quran. Semua pendapat berangkat dari ayat-ayat Al Quran yang sama. Yang berbeda adalah ketika menghitung jumlahnya dan menetapkan apakah suatu potongan kalimat itu menjadi satu ayat atau dua ayat.

Ada orang yang menghitung dua ayat menjadi satu. Dan sebaliknya juga ada yang menghitung satu ayat jadi dua. Padahal kalau dibaca semua lafadz Al Quran itu, semuanya sama dan itu itu juga. Tidak ada yang berbeda.

Dahulu Rasulullah saaw. terkadang diriwayatkan berhenti membaca dan menarik nafas. Pada saat itu timbul asumsi pada sebagian orang bahwa ketika Nabi saaw. menarik nafas, di situlah ayat itu berhenti dan habis. Sementara yang lain berpandangan bahwa Nabi saaw. hanya sekedar berhenti menarik nafas dan tidak ada kaitannya dengan berhentinya suatu ayat.

Lagipula, Nabi saaw. saat itu juga tidak menjelaskan kenapa beliau menarik nafas dan berhenti. Dan tidak dijelaskan juga apakah berhentinya itu menunjukkan penggalan ayat, atau hanya semata-mata menarik nafas karena ayatnya panjang.

Perbedaan dalam menghitung jumlah ayat ini sama sekali tidak menodai Al Quran. Kasusnya sama dengan perbedaan jumlah halaman mushaf dari berbagai versi percetakan. Ada mushfah yang tipis dan sedikit mengandung halaman, tapi juga ada mushfah yang tebal dan mengandung banyak halaman.

Yang membedakanya adalah ukuran font, jenis dan lay out halaman mushaf. Tidak ada ketetapan dari Nabi saaw. bahwa Al-Quran itu harus dicetak dengan jumlah halaman tertentu.

coba loe cerna dan pahami pelan2 pertanyaan gue apaan.....
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by RHCP on Thu Dec 26, 2013 7:12 pm

@cain wrote:Siapa sih yang ngasih nomor tuh ayat di alqoran jadi bikin bingung para ulama??  piss 

Nantinya penomoran itu ujung2nya akan lari ke jumlah ayat, ngga??
Intinya siapapun yang ngasih nomor pada ayat2 Al Qur'an, ternyata ngga seperti ''dugaan'' loe itu.
 ehmm
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by EHAN on Thu Dec 26, 2013 8:32 pm

@cain wrote:muslim kek loe itu rupanya yang "kelas tinggi" ya??

Muncul2 komentarnya berkelas banget, bukannya ngebantah atau memberi jawaban  basi 

Islami sekali sih gaya loe MOT  piss 

Kalau ngomongin orang,, ngaca dulu cain.. jika lu kaga begitu. silahkan ngatain orang.
Berani lu bilang kaga pernah modal ngecap sampah...  ehmm 

Selebihnya biar neter @ RHCP aja.
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by Guest on Thu Dec 26, 2013 8:46 pm

@RHCP wrote:
@cain wrote:Siapa sih yang ngasih nomor tuh ayat di alqoran jadi bikin bingung para ulama??  piss 

Nantinya penomoran itu ujung2nya akan lari ke jumlah ayat, ngga??
Intinya siapapun yang ngasih nomor pada ayat2 Al Qur'an, ternyata ngga seperti ''dugaan'' loe itu.
 ehmm

Sepertinya ini bukti Alquran "GAK PERNAH SALAH".
bahkan sekalipun muslim BELUM TAU apa maksud org lain, mereka sudah berani bilang, pokoke yg loe pikir itu pasti salah.

basi:

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by RHCP on Thu Dec 26, 2013 9:17 pm

emban wrote:
@RHCP wrote:
@cain wrote:Siapa sih yang ngasih nomor tuh ayat di alqoran jadi bikin bingung para ulama??  piss 

Nantinya penomoran itu ujung2nya akan lari ke jumlah ayat, ngga??
Intinya siapapun yang ngasih nomor pada ayat2 Al Qur'an, ternyata ngga seperti ''dugaan'' loe itu.
 ehmm

Sepertinya ini bukti Alquran "GAK PERNAH SALAH".  
bahkan sekalipun muslim BELUM TAU apa maksud org lain, mereka sudah berani bilang, pokoke yg loe pikir itu pasti salah.

basi:
kalo loe merasa bisa bantah argumen gw?? silakan....
kalo ngga bisa, duduk manis aja dipojokan. Silakan....
 panas 
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by RHCP on Thu Dec 26, 2013 9:23 pm

@EHAN wrote:
Selebihnya biar neter @ RHCP aja.
salaman dulu bang @EHAN....
dan sekalian salam kenal.
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by SEGOROWEDI on Thu Dec 26, 2013 11:11 pm


ayo siapa yang kasih nomor?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by RHCP on Thu Dec 26, 2013 11:21 pm

penting ngga dijawab ''siapa ngasih nomor'', kalo ternyata penomoran yg berujung pada angka2 itu faktanya ngga menimbulkan ''dugaan2'' seperti ''dugaan2'' loe plus temen2 sejawat loe?
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by SEGOROWEDI on Thu Dec 26, 2013 11:27 pm


berkelit

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by RHCP on Thu Dec 26, 2013 11:36 pm

reasonable
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by SEGOROWEDI on Thu Dec 26, 2013 11:41 pm


gak mbahas cara menghitung ayat
gak mbahas berapa jumlah ayat
tapi siapa yang menomori?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by cain on Fri Dec 27, 2013 9:27 am

@EHAN wrote:
@cain wrote:muslim kek loe itu rupanya yang "kelas tinggi" ya??

Muncul2 komentarnya berkelas banget, bukannya ngebantah atau memberi jawaban  basi 

Islami sekali sih gaya loe MOT  piss 

Kalau ngomongin orang,, ngaca dulu cain.. jika lu kaga begitu. silahkan ngatain orang.
Berani lu bilang kaga pernah modal ngecap sampah...  ehmm 

Selebihnya biar neter @ RHCP aja.

muncul lagi deh tukang sampah  basi 
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by cain on Fri Dec 27, 2013 9:31 am

@RHCP wrote:penting ngga dijawab ''siapa ngasih nomor'', kalo ternyata penomoran yg berujung pada angka2 itu faktanya ngga menimbulkan ''dugaan2'' seperti ''dugaan2'' loe plus temen2 sejawat loe?
usil

Begini ya bung, kalau gue mau nanyain jumlah ayat quran yang bener, sudah pasti gue ganti judulnya menjadi "Berapa sih jumlah ayat alquran yang sebenarnya??"

Tapi terima kasih deh atas tambahan koment loe paling atas  piss Ulama2 loe pada bingung jumlah ayatnya kan...

makanya gue tanya :

SIAPA SIH YANG MEMBERIKAN NOMOR PADA AYAT-AYAT ALQURAN SEBENARNYA??   piss 

Kok ulama-ulama loe dari dulu sampai sekarang masih kebingungan kaya gitu??   basi
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Siapa yang memberikan nomor ayat di alquran??

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik