FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by abu hanan on Sat Dec 21, 2013 5:05 pm

penasaran itu tak terbendung  piss 
http://id.wikipedia.org/wiki/Naskah_Alkitab


  • Kitab-kitab Perjanjian Baru rupanya sudah lengkap pada abad pertama, tetapi tidak ada naskah asli (autograph) yang terlestarikan sampai sekarang. Yang ada hanya salinan-salinan dari abad-abad berikutnya.


pertanyaan sayah ;
siapakah yang memberi pada awal mula untuk nomor ayat dan pasal/bab pada 4 kitab kanon?

http://id.wikipedia.org/wiki/Papirus_27


  • Memuat potongan Surat Roma hanya pasal 8:12-22;24-27; 8:33-9:3,5-9. Berdasarkan paleografi diperkirakan naskah ini dibuat pada awal abad ke-3.


apakah paulus dalam menulis surat2nyah juga bernomor seperti
(22) Dalam pada itu bersedialah juga memberi tumpangan kepadaku, karena aku harap oleh doamu aku akan dikembalikan kepadamu.
(23) Salam kepadamu dari Epafras, temanku sepenjara karena Kristus Yesus,
(24) dan dari Markus, Aristarkhus, Demas dan Lukas, teman-teman sekerjaku.

siapa yang memberi nomor2 diatas?

siapa owh siapa?keep smile  piss 


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by abu hanan on Mon Dec 23, 2013 6:40 pm

sepiiiiiiiii..obral deh..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by cornello on Wed Dec 25, 2013 4:33 pm

up Sunyi  bingung 

cornello
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 227
Kepercayaan : Islam
Location : Manado
Join date : 18.05.12
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by Ibnu Sabil on Wed Dec 25, 2013 6:52 pm

Sebelah mana berani nyatronin kemari wak....  piss 
Saya ikut gelar tiker sambil ngopi2
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 78
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 25, 2013 7:05 pm

@abu hanan wrote:
[*]
Kitab-kitab Perjanjian Baru rupanya sudah lengkap pada abad pertama, tetapi tidak ada naskah asli (autograph) yang terlestarikan sampai sekarang. Yang ada hanya salinan-salinan dari abad-abad berikutnya.

ya wajarlah..
mana ada media tulis jaman itu yang tahan puluhan bahkan ratusan tahun
maka harus selalu disalin turun-temurun

lha wong bikinan abad 7 aja sudah gak ada aslinya..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by abu hanan on Wed Dec 25, 2013 9:33 pm

yang ditanya apa,dijawab bugimanah..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 25, 2013 9:59 pm


naskah asli (yang ditulis matius, markus, lukas, yohanes)
tentulah sudah tidak ada, yang ada tentunya hanya salinan-salinannya
(termasuk terjemahan-terjemahan dari salinan-salinan tersebut)
karena tentunya sudah rusak dimakan umur
karena media dan sarana tulis-menulisnya tidak bisa awet sampai puluhan
apalagi ratusan tahun..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by Ibnu Sabil on Thu Dec 26, 2013 9:50 am

@abu hanan wrote:yang ditanya apa,dijawab bugimanah..
Jaka sembung dong  lol 
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 78
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by SEGOROWEDI on Thu Dec 26, 2013 10:39 am

@abu hanan wrote:pertanyaan sayah ;
siapakah yang memberi pada awal mula untuk nomor ayat dan pasal/bab pada 4 kitab kanon? 

penulisnyah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by aajawas25 on Thu Dec 26, 2013 10:52 am

@SEGOROWEDI wrote:
@abu hanan wrote:pertanyaan sayah ;
siapakah yang memberi pada awal mula untuk nomor ayat dan pasal/bab pada 4 kitab kanon? 

penulisnyah
ngawur lagi, asbun lagi, ....



aajawas25
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 233
Kepercayaan : Islam
Location : mataram
Join date : 13.11.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by aajawas25 on Thu Dec 26, 2013 10:54 am

Santi Pagnini pada awalnya.
Lalu Robert Estiene

ada apa sih? jadi penasaran...

aajawas25
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 233
Kepercayaan : Islam
Location : mataram
Join date : 13.11.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by abu hanan on Thu Dec 26, 2013 11:52 am

@SEGOROWEDI wrote:
@abu hanan wrote:pertanyaan sayah ;
siapakah yang memberi pada awal mula untuk nomor ayat dan pasal/bab pada 4 kitab kanon? 

penulisnyah
buktinyah apa?salinan yang disalin oleh para penyalin?iyah deh..sayah ikuti apa maumu..
lalu apa alasan atow latar belakang penulis memeberi nomor?
seperti paulus nih misal,saat menulis surat pada ibnu sabil..paulus juga kasi nomor?
1.kepada ibnu sabil bla bla
2.telah sampai padaku bla bla
3.bahwa bla bla

apa seperti itu gaya paulus menulis surat dan gaya penulis kitab2 kanon?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by SEGOROWEDI on Thu Dec 26, 2013 11:57 am


ya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by abu hanan on Thu Dec 26, 2013 12:04 pm

@SEGOROWEDI wrote:
ya
ada referensi ?
 pelanggaran berat  jangan modal bunyi ajah kalow samah sayah..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by SEGOROWEDI on Thu Dec 26, 2013 12:29 pm


lha dari sumber link-mu kan yang ada penyalinan
bukan pemberian nomor

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by abu hanan on Thu Dec 26, 2013 12:32 pm

tetapi tidak ada naskah asli (autograph)
karena gak ada naskah aseli lalu penyalin pertama yang kasi nomor..lalu disalinlah salinan pertama yang bernomor dst..

cuman itu?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by SEGOROWEDI on Thu Dec 26, 2013 12:36 pm



naskah aslinya kan sudah disalin
di salinan ada nomornya, berarti naskah aslinya juga/sudah bernomor

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by abu hanan on Thu Dec 26, 2013 12:38 pm

@SEGOROWEDI wrote:

naskah aslinya kan sudah disalin
di salinan ada nomornya, berarti naskah aslinya juga/sudah bernomor
lha tapi kan gak bisa dijadikan bukti bahwa penomoran dilakukan oleh penulisnyah toh?lha wong yang aseli uda tiada..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by abu hanan on Thu Dec 26, 2013 12:47 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@abu hanan wrote:pertanyaan sayah ;
siapakah yang memberi pada awal mula untuk nomor ayat dan pasal/bab pada 4 kitab kanon? 

penulisnyah
ah udahlah..pak dhe berdusta ke sayah..padahal sayah kan selalu tiada dusta diantara kita..
 basi 


case closed..
thanks to aajawas..key word robert estete..

http://www.biblegateway.com/blog/2012/11/where-do-bible-chapter-and-verse-numbers-come-from/


Sementara Perjanjian Lama dan Baru telah diselenggarakan sekitar setidaknya sejak Alkitab canon didirikan, tidak sampai 1.000 tahun kemudian sesuatu yang menyerupai pasal dan ayat sistem modern kita diterima secara luas.

Orang dikreditkan dengan membagi Alkitab ke dalam bab-bab adalah Stephen Langton , Uskup Agung Canterbury 1207-1228. Sementara Langton bukanlah satu-satunya organisasi yang skema dirancang, itu adalah kerusakan bab yang telah bertahan.

Robert Estienne, verse numbering pioneer. Tapi sementara bab adalah alat organisasi yang berguna, kemampuan untuk merujuk pada frase tertentu dalam pasal-pasal akan membuat sistem bahkan lebih bermanfaat. Robert Stephanus (alias Robert Estienne) menciptakan sistem penomoran ayat pada pertengahan abad ke-16 dan merupakan orang pertama untuk mencetak Alkitab dengan nomor-nomor ayat dalam setiap bab.

http://translate.googleusercontent.com/translate_c?depth=1&hl=id&langpair=en|id&rurl=translate.google.com&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Stephen_Langton&usg=ALkJrhi7O6xY_WyydEHTwRHDGJ3RpFmBcA

Stephen Langton ( c. 1150 - 9 Juli 1228) adalah Uskup Agung Canterbury antara 1207 dan kematiannya pada tahun 1228 dan merupakan tokoh sentral dalam sengketa antara Raja John dari Inggris dan Paus Innocent III , yang merupakan faktor yang berkontribusi terhadap krisis yang menyebabkan dengan diterbitkannya Magna Carta tahun 1215. Dia juga dikreditkan dengan memiliki dibagi Alkitab ke pengaturan standar modern bab digunakan saat ini.


Secara klasik, gulungan kitab-kitab Alkitab selalu dibagi dengan ruang kosong di akhir (petuhoth) atau menengah (setumoth) dari garis. Namun, Langton diyakini [10] untuk menjadi orang yang membagi Alkitab ke dalam pengaturan standar modern dari bab . Sementara Kardinal Hugo de Sancto Caro juga dikenal untuk datang dengan sebuah divisi sistematis Alkitab (antara 1244 dan 1248), itu adalah pengaturan Langton tentang bab-bab yang masih digunakan saat ini. [11]


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by SEGOROWEDI on Thu Dec 26, 2013 1:04 pm



 piss piss piss piss 
lagian kek kurang kerjaan
kek gitu disoal

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by EHAN on Thu Dec 26, 2013 8:58 pm

ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling 
Om wewe, paling jago kalau asal jeplak..

 ngakak ngakak ngakak 
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: siapa yang memberi nomor ayat di perjanjian baru?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik