FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

[pict] gallery masjid terunik di Indnnesia Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI


Join the forum, it's quick and easy

FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

[pict] gallery masjid terunik di Indnnesia Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI
FORUM LASKAR ISLAM
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

[pict] gallery masjid terunik di Indnnesia

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

[pict] gallery masjid terunik di Indnnesia Empty [pict] gallery masjid terunik di Indnnesia

Post by darussalam Sun Jun 16, 2013 4:48 am

[pict] gallery masjid terunik di Indnnesia 13452390901623122622

MASJID LORONG WAKTU

Ramainya kendaraan di jalan Kalimalang, Jakarta Timur, membuat perjalanan saya terhambat beberapa jam akibat macet di jalur mudik tersebut, pada hari Kamis (16/8). Di tengah teriknya panas Matahari, usai berkunjung ke rumah Sahabat di Bekasi, dan hendak menuju ke Pameran Filateli di Taman Mini, saya akhirnya memutuskan beristirahat sejenak untuk melepas lelah dan kantuk.
Kebetulan lokasi tempat saya berteduh, tidak jauh dari perumahan Billy & Moon, di kawasan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Langsung saja saya teringat dengan Masjid Raya Baitussalam, yang letaknya hanya beberapa ratus meter dari halte yang saya duduki.
Langsung saja sepeda motor saya belokkan ke sebelah kanan, menuju Masjid Raya Baitussalam untuk melaksanakan Sholat Dzuhur dan melonjorkan kaki akibat pegal karena kelamaan duduk di jok sepeda motor. Sesampainya di Masjid yang awalnya berdiri tahun 1980 itu, kebetulan telah berkumandang adzan hingga saya pun langsung menyegarkan diri untuk berwhudu supaya melepas debu yang menempel di sekujur tubuh.
Setelah melaksanakan Sholat, tanpa sengaja saya menatap langit-langit Masjid, yang direnovasi hingga megah pada tahun 1997. Seketika saja pikiran saya terlintas akan salah satu sinetron religi terbaik, Lorong Waktu. Kebetulan sedari kecil, saya amat menggemari kisah religi dibalut imajinasi itu yang setiap ditayangkan pada sore hari di bulan Ramadhan.
Tepat, di bawah kubah berukuran besar dari Masjid yang mempunyai dua tingkat ini, saya pun langsung membayangkan suasana di sinetron Lorong Waktu, dengan Haji Husin, yang diperankan Dedy mizwar, sedang memberikan ceramah pada muridnya yang masih kecil, Zidan (Jourast Jordy).
Saat mengelilingi areal Masjid yang awalnya seluas 324 meter persegi ini, saya juga berkesempatan untuk melihat berbagai ruangan di dalamnya. Ketika menuruni tangga, di lantai dasar menuju tempat parkir, saya jadi teringat dengan sebuah ruangan berisi laboratorium dan peralatan komputer untuk menjalankan misi menembus masa depan atau masa lalu, di sinetron Lorong Waktu.
Saat itu saya seperti bernostalgia dengan salah satu adegan di sinteron tersebut yang menceritakan kisah pengemis masuk Surga, dibandingkan seorang pemuka agama yang ternyata amal ibadahnya tidak diterima karena sombong. Kisah fiktif namun inspiratif itu, diperankan oleh sosok Ustad Addin (Hefri Olifian), Sabrina (Christie Jusung), Hafid (Oppie Kumis), Jambrong (Ramdhani Qubil), dan Sofia (Inneke Koesherawaty).
Selain dipakai untuk syuting film, di tempat ibadah umat Muslim ini, juga terdapat Pesantren, Taman Pendidikan Al-Qur’an, serta TK Islami. Tidak hanya itu, Masjid Baitussalam, juga menyediakan tempat untuk resepsi pernikahan dan ruangan serba guna yang bisa dipakai untuk masyarakat luas.
Menurut beberapa jemaah yang sempat saya tanyakan, di Masjid ini juga rutin diadakan pengajian setiap harinya. Apalagi, saat Hari Raya Idul Fitri,  Masjid Raya Baitussalam ini ramai didatangi umat muslim untuk melaksanakan Sholat Ied, dan pembagian hewan kurban pada warga sekitar yang kurang mampu pada Hari Raya Idul Adha.

http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/08/18/menelusuri-lorong-waktu-di-masjid-raya-baitussalam-487258.html
darussalam
darussalam
Co-Administrator
Co-Administrator

Male
Posts : 411
Kepercayaan : Islam
Location : Brunei Darussalam
Join date : 25.11.11
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

[pict] gallery masjid terunik di Indnnesia Empty Re: [pict] gallery masjid terunik di Indnnesia

Post by darussalam Sun Jun 16, 2013 4:51 am

[pict] gallery masjid terunik di Indnnesia Masjid-Pintu-Seribu-580x360

masjid 1000 pintu

Masjid yang terletak di kampung Bayur, Priuk, Jatiuwung, Tangerang ini kerap ramai dikunjungi peziarah karena keunikannya. Pasalnya, masjid yang memiliki nama Masjid Nurul Yakin ini dijuluki dengan nama Masjid Pintu Seribu.
Hal itu disebabkan banyaknya pintu yang terdapat pada masjid yang memiliki aneka ragam gaya arsitektur ini. Masjid Pintu Seribu dibangun pada tahun 1978 oleh murid dari Syekh Hami Abas Rawa Bokor bernama Al-Faqir, yang merupakan seorang santri keturunan Arab.
Berbeda dengan pembangunan masjid pada umumnya yang dimulai dengan rancangan dasar, Masjid Pintu Seribu dibangun oleh Al Faqir dengan spontan dan dengan gaya arsitektur beragam. Hal itu bisa dilihat dari arsitektu masjid yang bergaya baroque dan beberapa di antaranya meniru arsitektur bangunan Aztec dan Maya.
Perbedaan lainnya, masjid ini tidak memiliki kubah layaknya bangunan masjid pada umumnya. Di beberapa pintu terdapat ornamen yang menunjukkan simbol 999. Angka tersebut melambangkan 99 nama Allah dan 9 walisongo (penyebar agama Islam di pulau Jawa).
[pict] gallery masjid terunik di Indnnesia Masjid-Pintu-Seribu-2-300x225Di antara pintu-pintu yang terletak di masjid ini terdapat lorong yang menyekat dan membentuk sejumlah ruangan berukuran empat meter seperti sebuah musholla. Setiap ruangan dinamakan dengan nama berbeda seperti Fathul Qorib, Tanbihul Qofilin, Durojatun Nasikin dan Safinatul Jannah.
Semua lorong yang terbentuk oleh pintu-pintu yang banyak itu bermuara ke sebuah ruangan terbuka yang memiliki luas cukup besar seperti lapangan sepakbola. Ini adalah ruang utama yang biasa digunakan untuk sholat berjamaah.
Masjid ini juga memiliki ruang bawah tanah yang menjadi tempat Al Faqir beritikaf. Ruangan ini dinamakan Ruang Tasbih karena terdapat tasbih kayu raksasa yang setiap butir tasbih memiliki ukuran 10 centimeter. Butir tasbih itu berjumlah 99 seperti pada tasbeh umumnya.
Al Faqir membangun masjid unik seluas sekitar satu hektar ini dengan biaya sendiri. Tidak diketahui butuh waktu berapa lama bagi Al Faqir membangun masjid ini. Warga yang menghormati Al Faqir, kemudian menjulukinya dengan gelar Mahdi Hasan Al-Qudratillah Al Muqoddam. Hingga kini Masjid Pintu Seribu masih kokoh berdiri dan menjadi tujuan wisata rohani kaum muslim.

http://neomisteri.com/2012/10/mengintip-masjid-seribu-pintu-tangerang/
darussalam
darussalam
Co-Administrator
Co-Administrator

Male
Posts : 411
Kepercayaan : Islam
Location : Brunei Darussalam
Join date : 25.11.11
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

[pict] gallery masjid terunik di Indnnesia Empty Re: [pict] gallery masjid terunik di Indnnesia

Post by darussalam Sun Jun 16, 2013 4:54 am

[pict] gallery masjid terunik di Indnnesia Masjid-agung-demak-300x225
masjid agung demak
Ritual berdoa dan berzikir di kompleks makam para Sultan Demak dan keluarganya itu merupakan ritual yang umumnya banyak dilakukan para peziarah yang berkunjung dan beribadah di Masjid Agung Demak.
Gelombang para peziarah itu juga terjadi menjelang Idul Adha atau bulan haji, bulan Muharam atau Suro dalam penanggalan Jawa, 12 Rabbiul Awal atau kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW, dan 27 Rajab atau peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW.
Doa dan zikir itu merupakan tradisi yang banyak dilakukan para peziarah yang datang berkunjung ke Masjid Agung Demak. Tradisi yang dikenal dengan “ziarah kubur”. Atau yang dalam budaya Jawa disebut sebagai “Ngalap Berkah” (memohon berkat), yakni mendoakan arwah para Sultan Demak dan keluarganya, juga memohon doa pribadi kepada Allah SWT agar diberikan ketenangan dan ketenteraman hidup, diberikan berkat rezeki, dan juga ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.
Di kompleks Makam Kesultanan Bintoro Demak, antara lain terdapat makam Sultan Demak pertama, yakni Raden Patah yang berkuasa 1478 – 1518, Raden Patiunus (1518-1521), dan Raden Trenggono (1521-1546), serta Putri Campa, ibunda Raden Patah.
Sejarah
Sejarah Masjid Agung Demak, termasuk Kesultanan Bintoro Demak, bermula dari sosok Raden Patah, perintis kerajaan Islam di Jawa. Ia disebut-sebut sebagai putra Raja Majapahit Brawijaya V dengan putri asal Campa (kini Kamboja) yang telah masuk Islam. Masa kecilnya dihabiskan di Pesantren Ampel Denta -pesantren yang dikelola Sunan Ampel. Ibu Sunan Ampel (istri Maulana Malik Ibrahim), juga putri penguasa Campa.
Saat Majapahit melemah dan terjadi pertikaian internal, Raden Patah melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit dan membangun Kesultanan Demak. Dalam konflik dengan Majapahit, ia dibantu Sunan Giri. Berdirilah Kesultanan Demak pada 1475 atau beberapa tahun setelah itu. Kelahiran Demak tersebut mengakhiri masa Kerajaan Majapahit. Akibatnya, konon sebagian penganut Hindu kemudian hijrah ke Bali dan sebagian mengasingkan diri ke Tengger.
Babad Tanah Jawi menyebutkan bahwa pengganti Raden Patah adalah Pangeran Sabrang Lor. Dia yang menyerbu Portugis di Malaka pada 1511. Pangeran Sabrang Lor ini tampaknya adalah Dipati Unus (Raden Patiunus) menurut sumber Portugis. Pada 1524-1546, kekuasaan Demak dipegang oleh Sultan Trenggono yang dilantik oleh Sunan Gunung Jati, Sultan Cirebon, yang juga salah seorang walisongo, sembilan wali penyebar agama Islam di Jawa.
Namun keberadaan kerajaan Demak tak pernah sepi dari rongrongan pemberontakan. Di masa pemerintahan Raja Trenggono, walau berhasil menaklukan Mataram dan Singosari. Tapi perlawanan perang dan pemberontakan tetap terjadi di beberapa daerah yang memiliki basis kuat keyakinan Hindu. Sehingga, daerah Pasuruan serta Panarukan dapat bertahan dan Blambangan tetap menjadi bagian dari Bali yang tetap Hindu. Di tahun 1548, raja Trenggono wafat akibat perang dengan Pasuruan.
Kematian Trenggono menimbulkan perebutan kekuasaan antara adiknya dan putranya bernama Pangeran Prawoto yang bergelar Sunan Prawoto (1549). Sang adik berjuluk Pangeran Seda Lepen terbunuh di tepi sungai dan Prawoto beserta keluarganya dihabisi oleh anak dari Pangeran Seda Lepen yang bernama Arya Panangsang.
Takhta Demak dikuasai Arya Penangsang yang terkenal kejam dan tidak disukai orang, sehingga timbul pemberontakan dan kekacauan yang datangnya dari kadipaten-kadipaten. Apalagi ketika Adipati Jepara yang mempunyai pengaruh besar dibunuh pula, yang mengakibatkan si adik dari Adipati Jepara berjuluk Ratu Kalinyamat bersama adipati-adipati lainnya melakukan pemberontakan dalam bentuk gerakan melawan Arya Panangsang.
Salah satu dari adipati yang memberontak itu bernama Hadiwijoyo berjuluk Jaka Tingkir, yaitu putra dari Kebokenongo sekaligus menantu Trenggono yang masih ada hubungan darah dengan sang raja. Jaka Tingkir, yang berkuasa di Pajang Boyolali, dalam peperangan berhasil membunuh Arya Penangsang, setelah itu ia memindahkan Kraton Demak ke Pajang dan menjadi raja pertama di Pajang. Dengan demikian, habislah riwayat Kerajaan Islam Demak.
Dalam buku Sejarah Ummat Islam Indonesia yang diterbitkan Majelis Ulama Indonesia, Sultan Trenggono banyak membuat langkah besar. Pada masanya, Sunda Kelapa (kini Jakarta) digempur. Berbagai wilayah lain ditaklukkannya. Namun ia tewas dalam pertempuran menaklukkan Panarukan – Jawa Timur. Ia diganti adiknya, Sunan Prawoto, yang lemah. Banyak adipati memberontak. Prawoto dibunuh Adipati Jipang, Ario Penangsang.
Kesultanan Demak kemudian berakhir. Jaka Tingkir atau Sultan Adiwijaya, menantu Trenggono, lantas memindahkan kerajaan ke Pajang dan menjadi Raja Pajang pertama. Atas bantuan Senopati, anak Ki Ageng Pemanahan, Ario Penangsang dapat dikalahkan. Senopati dijadikan menantu Sultan. Begitu Adiwijaya wafat, dia mengambil alih kekuasaan dan memindahkannya ke Mataram.
Didirikan Walisongo
Menurut legenda, masjid ini didirikan oleh Walisongo secara bersama-sama dalam tempo satu malam. Babad Demak menunjukkan bahwa masjid ini didirikan pada tahun Saka 1399 (1477 M) yang ditandai oleh candrasengkala (kata-kata Jawa kuno yang melambangkan arti angka yang disusu dari belakang) “Lawang Trus Gunaning Janmi”. Data lain menyebutkan, masjid dibangun dua tahun sesudahnya, seperti pada gambar bulus yang berada di mihrab masjid ini yang terdapat lambang tahun Saka 1401 yang menunjukkan bahwa masjid ini berdiri tahun 1479.
Bangunan Masjid Agung Demak terbuat dari kayu jati berukuran 31 m x 31 m dengan bagian serambi berukuran 31 m x 15 m. Atap tengahnya ditopang oleh empat buah tiang kayu raksasa (saka guru), yang dibuat oleh empat wali di antara Wali Songo. Keseluruhan bangunan ditopang 128 soko, empat di antaranya soko guru yang menjadi penyangga utama bangunan masjid. Jumlah tiang penyangga masjid 50 buah, sebanyak 28 penyangga serambi dan 34 tiang penyangga tatak rambat, sedang tiang keliling sebanyak 16 buah.
Soko sebelah tenggara adalah buatan Sunan Ampel, sebelah barat daya buatan Sunan Gunung Jati, sebelah barat laut buatan Sunan Bonang, sedang sebelah timur laut yang tidak terbuat dari satu buah kayu utuh melainkan disusun dari beberapa potong balok yang diikat menjadi satu (soko tatal), merupakan sumbangan dari Sunan Kalijaga. Serambinya dengan delapan buah tiang boyongan merupakan bangunan tambahan pada zaman Adipati Yunus (Patiunus atau Pangeran Sabrang Lor), Sultan Demak kedua (1518-1521) pada tahun 1520.
Dalam proses pembangunannya, Sunan Kalijaga memegang peranan yang amat penting. Wali inilah yang berjasa membetulkan arah kiblat. Menurut riwayat, Sunan Kalijaga juga memperoleh wasiat antakusuma, yaitu sebuah bungkusan yang konon berisi baju “hadiah” dari Nabi Muhammad SAW, yang jatuh dari langit di hadapan para wali yang sedang bermusyawarah di dalam masjid itu.
Masjid Agung Demak menjadi monumen hidup penyebaran Islam di Nusantara.
Walisanga sebagai penyebar ajaran Islam bersama-sama masyarakat muslim ketika itu bahu-membahu membangun masjid. Sultan Demak dan Sunan Kalijaga memimpin pembangunan sehingga memungkinkan pekerjaan dapat berlangsung sesuai rencana yang sudah disusun.
Berdasarkan hasil musyawarah para wali berkisar penyiaran Islam, pada Jumat Legi 1428 diputuskan membangun masjid di bilangan Gelagah Wangi, Demak, Jawa Tengah. Pembagian pekerjaan berlangsung dan masing-masing wali melaksanakan tugas memimpin pembuatan bagian-bagian masjid.. Soko guru yang menjadi tiang utama penyangga masjid dikerjakan para wali. Empat wali memimpin pembuatan soko guru yang monumental.
Sunan Kalijaga memimpin membuat soko guru di bagian timur laut, Sunan Bonang membuat soko guru di bagian barat laut, Sunan Ampel membuat soko guru di bagian tenggara dan Sunan Gunungjati membuat soko guru sebelah barat daya. Soko guru yang dibuat Sunan Kalijaga memiliki cerita tersendiri di masyarakat, konon soko guru yang tingginya tiga meter dengan garis tengah 1,45 meter tidak sama panjang sehingga membutuhkan sambungan.
Sunan Kalijaga yang bertanggung jawab membuat soko guru di timur laut menyusun sisa-sisa kayu yang diikat menjadi satu sepanjang kekurangannya agar keempat soko guru menjadi sama panjang. Soko guru yang dikenal sebagai soko tatal menjadi legenda di masyarakat hingga sekarang, menurut penelitian bagian dalam dari soko tatal seperti juga ketiga soko yang lain.
Masjid Agung Demak yang berdiri di tengah kota menghadap alun-alun luas, diyakini masyarakat muslim sebagai pusat kegiatan kemasyarakatan dan keumatan. Berdasarkan pola pembangunan kota-kota di Jawa yang diawali dari Dinasti Demak Bintoro, menjadi satu kesatuan antara masjid, kraton dan saran-sarana pendukungnya termasuk alun-alun di bagian tengah. Atas dasar itu diperkirakan bekas Kraton Demak Bintoro kira-kira di sebelah selatan tidak jauh dari kawasan alun-alun dan Masjid Agung Demak sekarang.
Bangunan masjid yang berdiri sekitar tahun 1428, banyak mengalami perbaikan dan pemugaran. Pembangunan kembali terakhir kalinya terjadi tahun 1987 dengan bantuan dana dari APBN. Bantuan juga datang dari negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) termasuk Arab Saudi dan negara-negara di Jazirah Arabia, termasuk Turki, Malaysia dan Brunei Darussalam.
OKI mengakui keberadaan Masjid Agung Demak sebagai monumen bagi masyarakat muslim yang memiliki arsitektur khas sesuai dengan dinamika zamannya.
Masjid Agung Demak memiliki arsitektur khas masyarakat muslim Nusantara, membedakan dengan umumnya bangunan masjid di Jazirah Arabia yang menggunakan kubah. Masjid Agung Demak menggunakan atap bersusun tiga berbentuk segitiga sama kaki, konon setiap bagian mengandung makna yang tersirat dari bentuk-bentuk yang terwujud.
Atap bersusun tiga menjadi perlambang bagi setiap orang yang beriman dimulai dari tingkat mukmin, muslim dan muhsin atau iman, islam dan ihsan Demikian halnya dengan lima buah pintu yang menghubungkan satu bagian dan bagian yang lain, diharapkan mengingatkan setiap manusia akan adanya rukun Islam yang lima yakni syahadat, shalat, puasa, zakat dan haji. Sedang enam jendelanya melambangkan rukun iman yakni percaya kepada Allah SWT, percaya kepada rasul-rasulNya, percaya kepada kitabNya, percaya kepada malaikatNya, percaya akan datangnya kiamat dan qada qadar.
Demikian halnya dengan kolam air yang menghubungkan bagian luar dan masjid, selain diharapkan sebagai sarana untuk menyucikan diri, juga mengandung sejumlah perlambang agar masyarakat selalu membersihkan diri dari berbagai kotoran yang menempel dalam diri dan hati.
Bentuk bangunan atap yang bersusun-susun hanya dikenal di kepulauan Nusantara, bentuk atap bersusun dapat ditemukan di seluruh pelosok tanah air mulai dari Aceh hingga Maluku. Bentuk bangunan yang berbeda dengan umumnya masjid di banyak negara, segera diikuti bentuk-bentuk masjid kontemporer yang tidak menggunakan kubah sebagai cirinya.
Bentuk bangunan Masjid Agung Demak yang berbeda dari kelaziman zaman itu merupakan hasil ijtihad, selain itu sebagai upaya mengadopsi arsitektur lokal yang berkembang di masyarakatnya. Demikian halnya dengan upaya memanfaatkan iklim tropis yang membedakan daerah lain di berbagai penjuru dunia. Bangunan yang berkembang di kawasan itu meliputi joglo yang memaksimalkan bentuk-bentuk limas dengan berbagai dinamikanya.
Dalam sejarah Masjid Agung Demak, sampai kini masih dilestarikan upacara penjamasan atau memandikan Keris Kyai Crubuk, Kutang Ontokusumo dan Kyai Sengkelat peninggalan Sunan Kalijaga, yang dibawa dari Keraton Surakarta ke Kadilangu Demak, yang disebut Grebeg Besar.
Upacara dimulai setelah melakukan shalat Idul Adha di Masjid Agung kemudian diteruskan dengan prosesi iring-iringan prajurit yang mengawal minyak jamas, minyak untuk memandikan pusaka, yang didatangkan dari Kraton Surakarta Hadiningrat. Iring-iringan ini dimulai dari Pendopo Kabupaten Demak sampai ke Makam Kadilangu.
Pada awalnya Grebeg Besar dilakukan tanggal 10 Dzulhijjah 1428/Caka dan dimaksudkan sekaligus untuk memperingati genap 40 hari peresmian penyempurnaan Masjid Agung Demak. Mesjid ini didirikan oleh Walisongo pada tahun 1399 Caka, bertepatan 1477 Masehi seperti tertulis pada candrasengkala “Lawang Trus Gunaning Janmi”.
Pengukuhannya secara resmi pada 1 Dzulhijjah 1428/Caka ketika Sunan Giri meresmikan penyempurnaan masjid ini. Karena di luar dugaan pengunjung sangat banyak, kesempatan ini digunakan para Wali untuk melakukan dakwah Islam. Tujuan Grebeg Besar, hakikatnya adalah merayakan Hari Raya Kurban dan memperingati 40 hari peresmian Masjid Demak.
Tradisi Grebeg Besar, sekitar tahun 1970-an, hampir dilupakan masyarakat, karena semakin berkurangnya jumlah pengunjung. Ketika itu Bupati Demak Drs Winarno bersama Kepala Dinas Pariwisata Jateng Drs Sardjono, memiliki gagasan mengembangkan pariwisata untuk menambah daya tarik pengunjung. Kemudian dibuatlah atraksi upacara penyerahan minyak jamas dari Kraton Surakarta kepada Bupati Demak, diiringi prajurit “Patangpuluhan” yang jumlahnya empat puluh orang.
Pakaian prajurit ini dirancang oleh Dinas Pariwisata Jateng, sedangkan untuk aba-aba baris-berbaris dilatih secara khusus oleh anak wayang kelompok “Ngesti Pandowo”. Juga masih ditambah lagi dengan atraksi pemotongan “Tumpeng Sanga” yang melambangkan Walisanga karena jumlah tumpengnya sembilan buah. Di luar dugaan, dengan ditambahkannya even ini, pengunjung Grebeg Besar semakin banyak.

http://www.potlot-adventure.com/2009/01/04/wisata-ziarah-ke-masjid-agung-demak/
darussalam
darussalam
Co-Administrator
Co-Administrator

Male
Posts : 411
Kepercayaan : Islam
Location : Brunei Darussalam
Join date : 25.11.11
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

[pict] gallery masjid terunik di Indnnesia Empty Re: [pict] gallery masjid terunik di Indnnesia

Post by pencariilmu123 Mon Apr 23, 2018 11:51 am

ternyata banyak masjid unik yang ada di indonesia, bahkan ada masjid 1000 pintu, mungkin akan membingungkan jamaah saat waktu sholat disana piss
pencariilmu123
pencariilmu123
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Age : 34
Posts : 13
Kepercayaan : Islam
Location : surakarta
Join date : 28.10.17
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

[pict] gallery masjid terunik di Indnnesia Empty Re: [pict] gallery masjid terunik di Indnnesia

Post by njlajahweb Mon Apr 23, 2018 12:41 pm

mungkin pada masjid yang banyak pintu, seperti yang seribu pintu itu, perlu diberi nomor(disebelah dalam dan luar) pada tiap-tiap pintunya, agar tidak bingung.
njlajahweb
njlajahweb
BANNED
BANNED

Female
Posts : 39612
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 119

Kembali Ke Atas Go down

[pict] gallery masjid terunik di Indnnesia Empty Re: [pict] gallery masjid terunik di Indnnesia

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik