FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

(mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

(mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by BAKUL KOPI on Tue Nov 22, 2011 12:18 am

First topic message reminder :

Menurut saya, proses bahwa perjalanan spiritual itu justeru tidak dimulai dari syari’at, tarekat, hakikat, hingga ma’rifat. Namun lihatlah perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW, teladan umat muslim justeru yang terjadi adalah kebalikannya yaitu :
MAKRIFAT, HAKEKAT, TARIKAT, SYARIAT

mohon pencerahan..... :surban: :surban:
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down


Re: (mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by BAKUL KOPI on Thu Dec 08, 2011 8:40 am

up
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: (mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by abu hanan on Fri Dec 09, 2011 11:35 am

lha bugimanah seh :takut
semuwah utusan Allah mengemban misi ISLAM.ISLAM adalah penyerahan diri.Pasrah.Tunduk.Tawakal.

Dan keseluruhan sifat tersebut harus ditinjauw darih hal apa dan yg bugimanah.

Islam,di dalam inti ajaran adalah tauhid.Kamsudnyah sayah,bahwah semuwah utusan Allah WAJIB menyerah/tunduk/pasrah bahwah hanyah adah satuh tuhan.

jadih cak satepam mustih bedain duluh antarah syariat dan tauhid.
Syariat,seperti yang sayah ulas diatas adalah menyangkut ritual/kehidupan/tata cara.Dalam konteks ini adalah tata cara ibadah (ritual).makah darih ituh,sayah tanyah tuh syariat yg mana yg dipake nabi muhammad?
kamsudnyah sayah,nabi muhammad tidak mengenal tata carah ibadah sebelum ada SK Pengangkatan Kenabian.Tetapih beliow paham-tahu dan mengeertih bahwah adah kekuasaan absolut di balik penciptaan alam dan kehidupan.

Penamaan ISLAM sebagaih agamah memang terjadih di masa nabi muhammad hidup.Yg kasih namah jugah Allah sendirih,yg meridloi jugah Allah.Dikasih-disahkan dan diridloi.

Sedangkan ISLAM sbg jiwa/inti/nafas/ideologi telah adah semenjak makhluk pertamah diciptakan.

Bugituh cak sate pam....
Kok selaluh pakeh alasan "hujan"..padahal di ATM kan adah atap dan berdinding katjah.
:kenyang


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: (mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by BAKUL KOPI on Fri Dec 09, 2011 12:34 pm

@abu hanan wrote:lha bugimanah seh :takut
semuwah utusan Allah mengemban misi ISLAM.ISLAM adalah penyerahan diri.Pasrah.Tunduk.Tawakal.

Dan keseluruhan sifat tersebut harus ditinjauw darih hal apa dan yg bugimanah.

Islam,di dalam inti ajaran adalah tauhid.Kamsudnyah sayah,bahwah semuwah utusan Allah WAJIB menyerah/tunduk/pasrah bahwah hanyah adah satuh tuhan.

jadih cak satepam mustih bedain duluh antarah syariat dan tauhid.
Syariat,seperti yang sayah ulas diatas adalah menyangkut ritual/kehidupan/tata cara.Dalam konteks ini adalah tata cara ibadah (ritual).makah darih ituh,sayah tanyah tuh syariat yg mana yg dipake nabi muhammad?
kamsudnyah sayah,nabi muhammad tidak mengenal tata carah ibadah sebelum ada SK Pengangkatan Kenabian.Tetapih beliow paham-tahu dan mengeertih bahwah adah kekuasaan absolut di balik penciptaan alam dan kehidupan.

Penamaan ISLAM sebagaih agamah memang terjadih di masa nabi muhammad hidup.Yg kasih namah jugah Allah sendirih,yg meridloi jugah Allah.Dikasih-disahkan dan diridloi.

Sedangkan ISLAM sbg jiwa/inti/nafas/ideologi telah adah semenjak makhluk pertamah diciptakan.

Bugituh cak sate pam....
Kok selaluh pakeh alasan "hujan"..padahal di ATM kan adah atap dan berdinding katjah.
:kenyang

masih bertele tele....
intinya diawali dr syariat hingga ke makrifat baru setelah bermakrifat adalah perjalanan spiritual sesungguhnya yaitu dari marifat menuju syariat. dan sampai puncak kemanunggalan ing gusti
masih mau nyangkal.? yawes ora tak bayar invoice'E ngece
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: (mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by bidadari on Fri Dec 09, 2011 2:32 pm

:masa sih bingung
avatar
bidadari
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Posts : 84
Location : flowers city
Join date : 22.09.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: (mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by abu hanan on Sat Dec 10, 2011 2:17 pm

duh cak sate pam neh bugimanah..
:dasar
coba deh kajih duluh bahasah arab darih syariat-hakekat-makrefat.

kitah ambil kasus nabi ibrahim;
1.belipw berpikir dan merenung ttg penciptaan alam (ayat Al Quran adah,carih sendirih yach)
2.beliow tarik kesimpulan bahwah DIa itu adah dan hanyah SATUh.

kasus nabi muhammad;
1.beliow udah dih level Dia ituh adah dan hanyah SATUh.
2.beliow berpikir ttg tujuan dan arah hidup.

kan adah 2 metodeh yg berbeda;
1.nabi ibrahim berangkat darih syariat-hakekat-makrifat.
2.nabi muhammad berangkat darih makrefat-hakekat-syariat.

2 metodeh ituh beradah dalam satuh lingkup = TAUHID wal manunggaling kawulo gusti dalam konteks rasa (batjah;renungan).

jadih mas sate pam...
sebenarnyah tujuan/akhir dan awal padah hakekatnyah adalah sama.
jikah awalnyah adalah makrefat makah akhirnyah jugah makrifat.
jikah akhir adalah makrefat makah awalnyah juga makrefat.

sehinggah tujuan/puncak perjalanan yg andah bagih adalah semu.karenah sebenarnyah cak sate pam udah beradah di dalam lingkaran.
ngupil


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: (mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by BAKUL KOPI on Sun Dec 11, 2011 1:54 am

@abu hanan wrote:jadih mas sate pam...
sebenarnyah tujuan/akhir dan awal padah hakekatnyah adalah sama.
jikah awalnyah adalah makrefat makah akhirnyah jugah makrifat.
jikah akhir adalah makrefat makah awalnyah juga makrefat.


sehinggah tujuan/puncak perjalanan yg andah bagih adalah semu.karenah sebenarnyah cak sate pam udah beradah di dalam lingkaran.
ngupil

hampa adl isi
isi adl hampa
kosong adalah isi
isi adalah kosong
awal adalah akhir
akhir adalah awal
anda bukanlah anda
aku bukanlah aku

TERJAWAB SUDAH
SYARIAT--->TARIKAT--->HAKEKAT--->MAKRIFAT = INDIA

MAAF CASE CLOSED
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: (mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by abu hanan on Sun Dec 11, 2011 2:12 am

maaf mas....
bukan indiah karenah manusiah beragamah pertamah di mukah bumih bukan darih indiah.


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: (mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by abu hanan on Sun Dec 11, 2011 2:14 am

keburu CLOSED karenah ingiiin puulaaaang..
ketawa guling ketawa guling


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: (mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by abu hanan on Sun Dec 11, 2011 2:25 am

@BAKUL KOPI wrote:Menurut saya, proses bahwa perjalanan spiritual itu justeru tidak dimulai dari syari’at, tarekat, hakikat, hingga ma’rifat. Namun lihatlah perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW, teladan umat muslim justeru yang terjadi adalah kebalikannya yaitu :
MAKRIFAT, HAKEKAT, TARIKAT, SYARIAT

mohon pencerahan..... :surban: :surban:
Nabi Muhammad = MAKRIFAT, HAKEKAT, TARIKAT, SYARIAT
Nabi Ibrahim = SYARiAT-TARIKAT-HAKEKAT-MAKRIFAT
Nabi Adam =
1.sebelum diajarkan nama2 benda;
MAKRIFAT, HAKEKAT, TARIKAT, SYARIAT
2.setelah diajarkan nama2 benda;
SYARiAT-TARIKAT-HAKEKAT-MAKRIFAT

Dimana Indiah???
bobo


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: (mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by BAKUL KOPI on Sun Dec 11, 2011 6:11 pm

@abu hanan wrote:
@BAKUL KOPI wrote:Menurut saya, proses bahwa perjalanan spiritual itu justeru tidak dimulai dari syari’at, tarekat, hakikat, hingga ma’rifat. Namun lihatlah perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW, teladan umat muslim justeru yang terjadi adalah kebalikannya yaitu :
MAKRIFAT, HAKEKAT, TARIKAT, SYARIAT

mohon pencerahan..... :surban: :surban:
Nabi Muhammad = MAKRIFAT, HAKEKAT, TARIKAT, SYARIAT
Nabi Ibrahim = SYARiAT-TARIKAT-HAKEKAT-MAKRIFAT
Nabi Adam =
1.sebelum diajarkan nama2 benda;
MAKRIFAT, HAKEKAT, TARIKAT, SYARIAT
2.setelah diajarkan nama2 benda;
SYARiAT-TARIKAT-HAKEKAT-MAKRIFAT

Dimana Indiah???
bobo
ya bukan india tp tasawuf itu dr hindu basi
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: (mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by abu hanan on Mon Dec 12, 2011 10:52 am

owh..artinyah dari 3 nabi yg sayah sebutkan adah yg beragama hindu?
(padahal hindu berasal darih katah hindustan yg merujuk padah kawasan di sekitar sungai gangga.....oke lah sayah revisi jadih ; berartih adah 3 nabi yg sayah jadikan contoh dan salah satunyah/salah tiganyah adalah darih vedic???)
:hancurkan


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: (mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by BAKUL KOPI on Wed Dec 14, 2011 10:58 am

@abu hanan wrote:owh..artinyah dari 3 nabi yg sayah sebutkan adah yg beragama hindu?
(padahal hindu berasal darih katah hindustan yg merujuk padah kawasan di sekitar sungai gangga.....oke lah sayah revisi jadih ; berartih adah 3 nabi yg sayah jadikan contoh dan salah satunyah/salah tiganyah adalah darih vedic???)
:hancurkan
beginilah pernyataan seseorang yg sudah tersusupi faham segorowedi
hahaha mbah ada kiriman " gresik - suroboyo " " kalah dhisik ojo gelo "
analoginyah tahlilan itu gimana.? ajaran siapa.? pengaruh siapa.?
kalo broker blm dapet komisi akan ngeyel terossss
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: (mana yg lebih dahulu.?) bakul kopi bertanya..... pak ustadz menjawab....!

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik