FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI


Join the forum, it's quick and easy

FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI
FORUM LASKAR ISLAM
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Halaman 11 dari 25 Previous  1 ... 7 ... 10, 11, 12 ... 18 ... 25  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by mang odoy Sun Jun 03, 2012 2:54 am

First topic message reminder :

Mari kita simak An-Nisa ayat 157 yang menjadi KONTROVERSI dari jaman baheula sampe sekarang..


وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيحَ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ اللّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَـكِن شُبِّهَ لَهُمْ وَإِنَّ الَّذِينَ اخْتَلَفُواْ فِيهِ لَفِي شَكٍّ مِّنْهُ مَا لَهُم بِهِ مِنْ عِلْمٍ إِلاَّ اتِّبَاعَ الظَّنِّ وَمَا قَتَلُوهُ يَقِيناً

waqawlihim innaa qatalnaa almasiiha 'iisaa ibna maryama rasuula allaahi wamaa qataluuhu wamaa shalabuuhu walaakin syubbiha lahum wa-inna alladziina ikhtalafuu fiihi lafii syakkin minhu maa lahum bihi min 'ilmin illaa ittibaa'a alzhzhanni wamaa qataluuhu yaqiinaan

Terjemahan Depag RI:
4.157. dan karena ucapan mereka : "Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, 'Isa putra Maryam, Rasul Allah ", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan 'Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) 'Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah 'Isa.


Dengan nawaytu ingin 'berbagi ilmu'...mari kita telaah kembali ayat ini...

Wasalam,


Terakhir diubah oleh mang odoy tanggal Mon Jun 04, 2012 4:15 am, total 1 kali diubah
avatar
mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down


KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by hamba tuhan Sat Jun 30, 2012 2:40 pm

abu hanan wrote:
hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:
hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:kurangin dunk ad hominem/personal attack wal ejekannyah..
read rules ayo pada balik :study:



ini serius loh kang mas abu.... for all temen2 muslim.... kalo hanya kita kaji secara sederhana bukan secara mendalam sebenarnya AKAR PERMASALAHAN di Annisa 157 adalah SYUBBIHA, salah besar mau permasalahkan shalabu serta mencocokmology dgn beybel.... apapun mau ngartiin shalabuu tsb... shalabu hanya sebagai objek dari syubbiha..... krn pokok masalahnya di SYUBBIHA.....
lha kan dari awal sayah serius..cuman beberapa waktu sempat terjadi pergeseran diskusi dari tema menuju ke non tema...mangkah sayah ingetin lagi..mau mulai dari 156 boleh,157 silahkan,158 juga oke...
asal yg diomongin adalah subjek pembicaraan....
dan dari 157,kang ht juga uda kemukakan kesimpulan...dan sayah belum punya kesempatan untuk mulai yg 158...kalow akang bersedia mengurai lebih dalam 158 mangkah belajarnyah mulai terarah lagi....
bugituh....

gini loh kang mas menurut saya mslah SYUBBIHA tsb...jika yang kita cari siapa yg dibunuh atau disalib? Jelas tidak akan kita fahami sebab memang tidak disebutkan..... Jika kita mencari orang yang dibunuh atau disalib bukan nabi isa, baru bisa kita fahami.... itulah penafsiaran yg benar tentang konteks ayat tsb, bukan main tebak2kan..... piss
nah...tentang syubbiha,apabila diartikan sebagaimana terjemahan depag maka PASTI menyulitkan karena SOSOK pengganti yg gak diketahui.dan 2 teori subtitusi ttg SIAPA yg sayah bawa ke lapak sebelah uda terbantahkan.

apabila syubbiha,benar2 ditinjau dari kaidah juga gak MENGUATKAN ada sosok pengganti.
http://www.laskarislam.com/t2454-tinjauan-kata-syubbiha-dari-tata-bahasa-arab

dan uraian diawal2 ttg syubbiha juga uda sayah lalui dan tiada kesimpulan yg mampu memberi penekanan ada org yg diserupakan.

sehingga sayah berpikir bahwa syubbiha uda mencapai akhir pembahasan dan ayat 158 akan menguatkan hal tersebut.

demikian darinyah sayah........
gini loh kang mas.... makanya satu persatu kata/ kalimat dalam an nisa 157 tsb kita bongkar abis2an maksud dan tujuannya, salah satunya adalah LAAKIN... krn kalimat sebelum LAAKIN berbunyi WA MAA QATALUUHU WA MAA SHALABUUHU artinya: "tidaklah mereka membunuh Isa dan tidaklah mereka menyalib Isa" kalau kalimat terhenti disini tanpa istidrak tentunya pendengar menganggap mereka tidak membunuh dan menyalib Isa, tidak ada pembunuhan pun tidak ada yg terbunuh titik. nah… untuk menjawab terjadinya anggapan salah tersebut, disinilah fungsi huruf LAAKIN (dalam hal ini menetapkan sesuatu yg dianggap tidak ada pada kalimat sebelum laakin) yakni : TETAPI yg mereka bunuh dan mereka salib adalah SYUBBIHA LAHUM seseorang yg diserupakan bagi mereka......

bgtu menurut saya yg bodoh ini kang mas...... piss
hamba tuhan
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan Sat Jun 30, 2012 2:45 pm

SEGOROWEDI wrote:
SEGOROWEDI wrote:peristiwa penyalibannyalah yang diserupakan
gimana ceritanya, gimana penjelasannya?

seolah-olah ada perisiwa penyaliban tapi sebenarnya tidak ada penyaliban
atau ada peristiwa penyaliban tapi seolah-olah tidak ada penyaliban
atau gimana?

pencerahan, plis!
buginih...
ada perbedaan kata/bahasa yg akhirnyah menjadi rancu.
sholabu di dalam basa arab bermakna keras termasuk pula mengeluarkan sumsum.dan untuk mengeluarkan sumsum berarti harus ada tulang yg dipatahkan...

lantas gimana dengan penyaliban?
kalow yg anda kamsut adalah gimana ada atow tidak proses eksekusi?
maka sayah jawab ADA.

lantas gimana dengan penyaliban?
kalow yg anda kamsut adalah gimana ada atow tidak proses pengeluaran sumsum?
maka sayah jawab TIDAK ADA.

bugimana?uda jelas?
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan Sat Jun 30, 2012 2:47 pm

hamba tuhan wrote:
gini loh kang mas.... makanya satu persatu kata/ kalimat dalam an nisa 157 tsb kita bongkar abis2an maksud dan tujuannya, salah satunya adalah LAAKIN... krn kalimat sebelum LAAKIN berbunyi WA MAA QATALUUHU WA MAA SHALABUUHU artinya: "tidaklah mereka membunuh Isa dan tidaklah mereka menyalib Isa" kalau kalimat terhenti disini tanpa istidrak tentunya pendengar menganggap mereka tidak membunuh dan menyalib Isa, tidak ada pembunuhan pun tidak ada yg terbunuh titik. nah… untuk menjawab terjadinya anggapan salah tersebut, disinilah fungsi huruf LAAKIN (dalam hal ini menetapkan sesuatu yg dianggap tidak ada pada kalimat sebelum laakin) yakni : TETAPI yg mereka bunuh dan mereka salib adalah SYUBBIHA LAHUM seseorang yg diserupakan bagi mereka......

bgtu menurut saya yg bodoh ini kang mas...... piss
lha...bukankah dari awal kita uda ngobras syubbiha baik dari pemakaian di quran dan kaidah fiqh bahkan hadits tetapi tiada yg mewakili KESAN ada org yg diserupakan.

coba deh akang simak lagi,mungkin ada yg terlewat...
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by hamba tuhan Sat Jun 30, 2012 2:51 pm

abu hanan wrote:
hamba tuhan wrote:
gini loh kang mas.... makanya satu persatu kata/ kalimat dalam an nisa 157 tsb kita bongkar abis2an maksud dan tujuannya, salah satunya adalah LAAKIN... krn kalimat sebelum LAAKIN berbunyi WA MAA QATALUUHU WA MAA SHALABUUHU artinya: "tidaklah mereka membunuh Isa dan tidaklah mereka menyalib Isa" kalau kalimat terhenti disini tanpa istidrak tentunya pendengar menganggap mereka tidak membunuh dan menyalib Isa, tidak ada pembunuhan pun tidak ada yg terbunuh titik. nah… untuk menjawab terjadinya anggapan salah tersebut, disinilah fungsi huruf LAAKIN (dalam hal ini menetapkan sesuatu yg dianggap tidak ada pada kalimat sebelum laakin) yakni : TETAPI yg mereka bunuh dan mereka salib adalah SYUBBIHA LAHUM seseorang yg diserupakan bagi mereka......

bgtu menurut saya yg bodoh ini kang mas...... piss
lha...bukankah dari awal kita uda ngobras syubbiha baik dari pemakaian di quran dan kaidah fiqh bahkan hadits tetapi tiada yg mewakili KESAN ada org yg diserupakan.

coba deh akang simak lagi,mungkin ada yg terlewat...

makanya kang mas.. sebelumnya barusan udah deh saya posting : menurut saya mslah SYUBBIHA ini...jika yang kita cari siapa yg dibunuh atau disalib? Jelas tidak akan kita fahami sebab memang tidak disebutkan..... Jika kita mencari orang yang dibunuh atau disalib bukan nabi isa, baru bisa kita fahami.... itulah penafsiran yg benar tentang konteks ayat tsb, bukan main tebak2kan.....
hamba tuhan
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan Sat Jun 30, 2012 3:03 pm

hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:
hamba tuhan wrote:
gini loh kang mas.... makanya satu persatu kata/ kalimat dalam an nisa 157 tsb kita bongkar abis2an maksud dan tujuannya, salah satunya adalah LAAKIN... krn kalimat sebelum LAAKIN berbunyi WA MAA QATALUUHU WA MAA SHALABUUHU artinya: "tidaklah mereka membunuh Isa dan tidaklah mereka menyalib Isa" kalau kalimat terhenti disini tanpa istidrak tentunya pendengar menganggap mereka tidak membunuh dan menyalib Isa, tidak ada pembunuhan pun tidak ada yg terbunuh titik. nah… untuk menjawab terjadinya anggapan salah tersebut, disinilah fungsi huruf LAAKIN (dalam hal ini menetapkan sesuatu yg dianggap tidak ada pada kalimat sebelum laakin) yakni : TETAPI yg mereka bunuh dan mereka salib adalah SYUBBIHA LAHUM seseorang yg diserupakan bagi mereka......

bgtu menurut saya yg bodoh ini kang mas...... piss
lha...bukankah dari awal kita uda ngobras syubbiha baik dari pemakaian di quran dan kaidah fiqh bahkan hadits tetapi tiada yg mewakili KESAN ada org yg diserupakan.

coba deh akang simak lagi,mungkin ada yg terlewat...

makanya kang mas.. sebelumnya barusan udah deh saya posting : menurut saya mslah SYUBBIHA ini...jika yang kita cari siapa yg dibunuh atau disalib? Jelas tidak akan kita fahami sebab memang tidak disebutkan..... Jika kita mencari orang yang dibunuh atau disalib bukan nabi isa, baru bisa kita fahami.... itulah penafsiran yg benar tentang konteks ayat tsb, bukan main tebak2kan.....
ht wrote:1. kalimat syubbiha sebagai kata kerja yang diacu dalam ayat ini adalah preposisi dan objek(a-jarr wal majrur pada kalimat lahum, sehingga maksudnya adalah khuyyila ilayhi atau dibayangkan atau ditampakkan seolah2 telah disalib dan dibunuh

2. subjek dari kata benda syubbiha adalah berlaku sebagai pengganti yang mengacu pada diri seseorang yg terbunuh, sehingga sewaktu ALLAH berfirman mereka tidak membunuhnya bisa diartikan bahwa pembunuhan itu sendiri terjadi pada orang lain diluar isa dan dialah yg menjadi subjek dari syubbiha tsb.

Dari sudut kebahasaan atau gramatikal arabnya, nabiul fail untuk fiil syubbiha adalah mashdar shalbun atau qatlun yang dikandung dalam fiil shalabuhu atau qataluhu(bukan isa atau orang yang menggantikan isa). Jadi istilah syubbiha lahum(ia dibuat kelihatan serupa dengan seorang yang disalib bagi mereka adalah merujuk pada peristiwa pembunuhan atau penyalibannya lah yang diserupakan bukan orang lain yang diserupakan bagi mereka).
point no 2,apakah LAHUM bukan subjek?
dia diserupakan bagi mereka = kalimat pasif
seseorang menyerupai dia bagi mereka = kalimat aktif.

jika seperti itu,maka dalil ada SESEORANG tuh darimana?dan selanjutnyah bakal ada pertanyaan seperti SIAFA org tersebut dan sebagainyah....
silahkeun kang...
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by SEGOROWEDI Sat Jun 30, 2012 3:04 pm

sudah pingsut aja...
isa/bukan isa
lol
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan Sat Jun 30, 2012 3:06 pm

SEGOROWEDI wrote:sudah pingsut aja...
isa/bukan isa
lol
hahahaha.....itu gak masuk itungan.wong bahas pake ilmu kok malah diundi...

wokeh dah barada...sayah mohon pamit dolo....
bobo
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by hamba tuhan Sat Jun 30, 2012 3:13 pm

abu hanan wrote:
hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:
hamba tuhan wrote:
gini loh kang mas.... makanya satu persatu kata/ kalimat dalam an nisa 157 tsb kita bongkar abis2an maksud dan tujuannya, salah satunya adalah LAAKIN... krn kalimat sebelum LAAKIN berbunyi WA MAA QATALUUHU WA MAA SHALABUUHU artinya: "tidaklah mereka membunuh Isa dan tidaklah mereka menyalib Isa" kalau kalimat terhenti disini tanpa istidrak tentunya pendengar menganggap mereka tidak membunuh dan menyalib Isa, tidak ada pembunuhan pun tidak ada yg terbunuh titik. nah… untuk menjawab terjadinya anggapan salah tersebut, disinilah fungsi huruf LAAKIN (dalam hal ini menetapkan sesuatu yg dianggap tidak ada pada kalimat sebelum laakin) yakni : TETAPI yg mereka bunuh dan mereka salib adalah SYUBBIHA LAHUM seseorang yg diserupakan bagi mereka......

bgtu menurut saya yg bodoh ini kang mas...... piss
lha...bukankah dari awal kita uda ngobras syubbiha baik dari pemakaian di quran dan kaidah fiqh bahkan hadits tetapi tiada yg mewakili KESAN ada org yg diserupakan.

coba deh akang simak lagi,mungkin ada yg terlewat...

makanya kang mas.. sebelumnya barusan udah deh saya posting : menurut saya mslah SYUBBIHA ini...jika yang kita cari siapa yg dibunuh atau disalib? Jelas tidak akan kita fahami sebab memang tidak disebutkan..... Jika kita mencari orang yang dibunuh atau disalib bukan nabi isa, baru bisa kita fahami.... itulah penafsiran yg benar tentang konteks ayat tsb, bukan main tebak2kan.....
ht wrote:1. kalimat syubbiha sebagai kata kerja yang diacu dalam ayat ini adalah preposisi dan objek(a-jarr wal majrur pada kalimat lahum, sehingga maksudnya adalah khuyyila ilayhi atau dibayangkan atau ditampakkan seolah2 telah disalib dan dibunuh

2. subjek dari kata benda syubbiha adalah berlaku sebagai pengganti yang mengacu pada diri seseorang yg terbunuh, sehingga sewaktu ALLAH berfirman mereka tidak membunuhnya bisa diartikan bahwa pembunuhan itu sendiri terjadi pada orang lain diluar isa dan dialah yg menjadi subjek dari syubbiha tsb.

Dari sudut kebahasaan atau gramatikal arabnya, nabiul fail untuk fiil syubbiha adalah mashdar shalbun atau qatlun yang dikandung dalam fiil shalabuhu atau qataluhu(bukan isa atau orang yang menggantikan isa). Jadi istilah syubbiha lahum(ia dibuat kelihatan serupa dengan seorang yang disalib bagi mereka adalah merujuk pada peristiwa pembunuhan atau penyalibannya lah yang diserupakan bukan orang lain yang diserupakan bagi mereka).
point no 2,apakah LAHUM bukan subjek?
dia diserupakan bagi mereka = kalimat pasif
seseorang menyerupai dia bagi mereka = kalimat aktif.

jika seperti itu,maka dalil ada SESEORANG tuh darimana?dan selanjutnyah bakal ada pertanyaan seperti SIAFA org tersebut dan sebagainyah....
silahkeun kang...

bener kang mas.... dikarnakan gada koreksi dr akhi2 makanya saya ungkit lg mslah SYUBBIHA tsb, gni loh kang mas... kalo akhi2 atau temen2 membaca sekilas gak bakal mengerti kesimpulan saya tsb... yadah saya jelaskan dikit lg :

1. secara ilmu sharaf kata SYUBBIHA tidak bisa marji' ke masdar QATLUN dan SHALBUN... sebab kata SYUBBIHA mufrad sedangkan masdar sebelumnya ada 2 yaitu QATLUN dan SHALBUN.... jadi yg tepat kembali pada Mufradnya yaitu HU(Isa as).... atau kembali kepada salah satu masdar...
2. menurut ilmu nahwu jika ada keserupaan marji' dhamir maka kembali kepada lafazh yg terdekat.... dalam hal ini adalah SHALBUN, jadi pembunuhan tidak diserupakan tapi penyalibanlah yg diserupakan......

piss piss
hamba tuhan
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan Mon Jul 02, 2012 12:04 pm

@kang ht
silahkeun diperjelas penyalibanlah yg dikamsut.
sayah makin gak paham dengan pernyataan tsb..

mhn maaf jika merepotkan...
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by hamba tuhan Mon Jul 02, 2012 8:38 pm

abu hanan wrote:@kang ht
silahkeun diperjelas penyalibanlah yg dikamsut.
sayah makin gak paham dengan pernyataan tsb..

mhn maaf jika merepotkan...

ya ampun kang mas, dr 2 point dibawah ini kang mas blum bs menangkapnya??? heheee... maaf,,,, coba kang mas pelajari pelan2 dl...

1. secara ilmu sharaf kata SYUBBIHA tidak bisa marji' ke masdar QATLUN dan SHALBUN... sebab kata SYUBBIHA mufrad sedangkan masdar sebelumnya ada 2 yaitu QATLUN dan SHALBUN.... jadi yg tepat kembali pada Mufradnya yaitu HU(Isa) .... atau kembali kepada salah satu masdar...
2. menurut ilmu nahwu jika ada keserupaan marji' dhamir maka kembali kepada lafazh yg terdekat.... dalam hal ini adalah SHALBUN, jadi pembunuhan tidak diserupakan tapi penyalibanlah yg diserupakan......
hamba tuhan
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan Tue Jul 03, 2012 11:11 am

hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:@kang ht
silahkeun diperjelas penyalibanlah yg dikamsut.
sayah makin gak paham dengan pernyataan tsb..

mhn maaf jika merepotkan...

ya ampun kang mas, dr 2 point dibawah ini kang mas blum bs menangkapnya??? heheee... maaf,,,, coba kang mas pelajari pelan2 dl...

1. secara ilmu sharaf kata SYUBBIHA tidak bisa marji' ke masdar QATLUN dan SHALBUN... sebab kata SYUBBIHA mufrad sedangkan masdar sebelumnya ada 2 yaitu QATLUN dan SHALBUN.... jadi yg tepat kembali pada Mufradnya yaitu HU(Isa) .... atau kembali kepada salah satu masdar...
2. menurut ilmu nahwu jika ada keserupaan marji' dhamir maka kembali kepada lafazh yg terdekat.... dalam hal ini adalah SHALBUN, jadi pembunuhan tidak diserupakan tapi penyalibanlah yg diserupakan......

menurut kamus umum basa endonesah ;
penyaliban = proses, cara, perbuatan menyalib (nomina)
http://www.kamusbesar.com/34149/penyaliban

salib = sa.lib
[n] (1) dua batang kayu yg bersilang; (2) Kris kayu bersilang tempat Yesus dihukum orang Yahudi; (3) tanda silang; (4) Kat syarat dng tangan yg menggambarkan tanda silang sbg pengungkapan doa: sebelum berdoa ia membuat tanda -- dng menggerakkan tangan dr dahi ke dada dan dr pangkal lengan kiri ke pangkal lengan kanan

Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/salib/mirip#ixzz1zXLz9gF4

mohon penjelasan...penyalibanlah yg diserupakan......
diserupakan dari siapa?
diserupakan bagi siapa?
bagaimana pola penyerupaan tersebut?
siapa yg berada di posisi penyaliban?

pencerahan..pencerahan.... ketiwi
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan Tue Jul 03, 2012 1:29 pm

baik dari basa endonesah maupun basa arab...makan2..kopi2..... ketiwi
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by hamba tuhan Tue Jul 03, 2012 2:04 pm

abu hanan wrote:
hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:@kang ht
silahkeun diperjelas penyalibanlah yg dikamsut.
sayah makin gak paham dengan pernyataan tsb..

mhn maaf jika merepotkan...

ya ampun kang mas, dr 2 point dibawah ini kang mas blum bs menangkapnya??? heheee... maaf,,,, coba kang mas pelajari pelan2 dl...

1. secara ilmu sharaf kata SYUBBIHA tidak bisa marji' ke masdar QATLUN dan SHALBUN... sebab kata SYUBBIHA mufrad sedangkan masdar sebelumnya ada 2 yaitu QATLUN dan SHALBUN.... jadi yg tepat kembali pada Mufradnya yaitu HU(Isa) .... atau kembali kepada salah satu masdar...
2. menurut ilmu nahwu jika ada keserupaan marji' dhamir maka kembali kepada lafazh yg terdekat.... dalam hal ini adalah SHALBUN, jadi pembunuhan tidak diserupakan tapi penyalibanlah yg diserupakan......

menurut kamus umum basa endonesah ;
penyaliban = proses, cara, perbuatan menyalib (nomina)
http://www.kamusbesar.com/34149/penyaliban

salib = sa.lib
[n] (1) dua batang kayu yg bersilang; (2) Kris kayu bersilang tempat Yesus dihukum orang Yahudi; (3) tanda silang; (4) Kat syarat dng tangan yg menggambarkan tanda silang sbg pengungkapan doa: sebelum berdoa ia membuat tanda -- dng menggerakkan tangan dr dahi ke dada dan dr pangkal lengan kiri ke pangkal lengan kanan

Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/salib/mirip#ixzz1zXLz9gF4

mohon penjelasan...penyalibanlah yg diserupakan......
diserupakan dari siapa?
diserupakan bagi siapa?
bagaimana pola penyerupaan tersebut?
siapa yg berada di posisi penyaliban?

pencerahan..pencerahan.... ketiwi

waduh kang mas... byk bener neh pertanyaannya, padahal simple loh kang mas... kalo kang mas ada baca kesimpulan saya sebelumnya.... heheeeee

Dari sudut kebahasaan atau gramatikal arabnya, nabiul fail untuk fiil syubbiha adalah mashdar shalbun atau qatlun yang dikandung dalam fiil shalabuhu atau qataluhu(bukan isa atau orang yang menggantikan isa). Jadi istilah syubbiha lahum(ia dibuat kelihatan serupa dengan seseorang yang dibunuh atau disalib bagi mereka adalah merujuk pada peristiwa pembunuhan atau penyalibannya lah yang diserupakan bukan orang lain yang diserupakan bagi mereka).

Mashdar sering juga disebut dengan Isim Ma’na (ﺇﺴﻢ ﺍﻠﻤﻌﻨﻲ ) yaitu apa-apa yang menunjukkan atas ma’na / arti yang terlepas dari waktu dan masa, dengan kata lain, Mashdar adalah Isim yang menunjukkan peristiwa atau kejadian yang tidak disertai dengan penunjukan waktu.

dengan penjelasan tambahan 2 point dibawah ini maka semakin jelas deh menurut saya.... mana yg cocok silahkan aja dipilah pilih....
1. secara ilmu sharaf kata SYUBBIHA tidak bisa marji' ke masdar QATLUN dan SHALBUN... sebab kata SYUBBIHA mufrad sedangkan masdar sebelumnya ada 2 yaitu QATLUN dan SHALBUN.... jadi yg tepat kembali pada Mufradnya yaitu HU(Isa as).... atau kembali kepada salah satu masdar...
2. menurut ilmu nahwu jika ada keserupaan marji' dhamir maka kembali kepada lafazh yg terdekat.... dalam hal ini adalah SHALBUN, jadi pembunuhan tidak diserupakan tapi penyalibanlah yg diserupakan......

Jadi istilah syubbiha lahum(ia dibuat kelihatan serupa dengan seseorang yang disalib bagi mereka adalah merujuk pada peristiwa penyalibannya lah yang diserupakan bukan orang lain yang diserupakan bagi mereka).

gmn kang mas... dmn nya yg belum jelas....


hamba tuhan
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan Tue Jul 03, 2012 3:09 pm

lha iya kang...penyaliban tuh definisinyah apah?
mangkahnyah sayah banyak bertanya....sampe bawa kamus umum basa endonesah....supaya jelas penyaliban menurut al quran adalah demikian demikian dan seterusnyah...dan yg dibantah al quran adalah yang demikian dan demikian dan seterusnyah...
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by hamba tuhan Tue Jul 03, 2012 10:22 pm

abu hanan wrote:lha iya kang...penyaliban tuh definisinyah apah?
mangkahnyah sayah banyak bertanya....sampe bawa kamus umum basa endonesah....supaya jelas penyaliban menurut al quran adalah demikian demikian dan seterusnyah...dan yg dibantah al quran adalah yang demikian dan demikian dan seterusnyah...

yaaa kang mas.... ga ngebaca2 dl halaman sebelumnya, apapun penyaliban itu gak ngaruh dgn kalimat SYUBBIHA LAHUM, tuh 2 kesimpulan utk SYUBBIHA mn yg cocok ya silahkan dipilih aja kang mas... mau apapun kang mas mau artikan penyaliban itu.... dikitpun gada ngaruh dgn SYUBBIHA.... piss piss
hamba tuhan
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Yishmael Avrahami Tue Jul 03, 2012 10:44 pm

biar aye coba sederhanakan penjelasan dari saudara HT....

an Nisaa 157 menceritakan tentang peristiwa pembunuhan dengan prosesi yg berupa s-l-b...lalu dimana stuntman-nya? stuntman-nya adalah sosok yg mengalami prosesi s-l-b itu (SYUBBIHA)...selanjutnya kejadian tsb mereka kabarkan/ucapkan/koar-koarkan (WAQAWLIHIM) sampai sekarang dan ditujukan kepada diri nabi Isa tanpa pengetahuan yg pasti dan berdasar prasangka saja...

apa itu cara s-l-b? penjelasan bisa dilihat pada link yg mang odoy gendong, islamic-awareness, kalo ada yg tdk dimengerti harap ditanyakan bagian mananya yg tidak dimengerti, Insya Allah ntar ane jelasin maksud tuh link....

lol
Yishmael Avrahami
Yishmael Avrahami
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 272
Kepercayaan : Islam
Location : Neturei Karta
Join date : 10.10.11
Reputation : 6

http://www.nkusa.org/

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan Wed Jul 04, 2012 10:08 am

hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:lha iya kang...penyaliban tuh definisinyah apah?
mangkahnyah sayah banyak bertanya....sampe bawa kamus umum basa endonesah....supaya jelas penyaliban menurut al quran adalah demikian demikian dan seterusnyah...dan yg dibantah al quran adalah yang demikian dan demikian dan seterusnyah...

yaaa kang mas.... ga ngebaca2 dl halaman sebelumnya, apapun penyaliban itu gak ngaruh dgn kalimat SYUBBIHA LAHUM, tuh 2 kesimpulan utk SYUBBIHA mn yg cocok ya silahkan dipilih aja kang mas... mau apapun kang mas mau artikan penyaliban itu.... dikitpun gada ngaruh dgn SYUBBIHA.... piss piss
lha kalow emang PENYALIBAN itu gak berarti apa2 jadi sayah makin heran aja kok bisa ada KATA di dalam al quran yg punya pengaruh apapun atow gak punya arti samah sekali...
karena sayah melihat bahwa SYUBBIHA bermakna marji pada objek dan objek tersebut berkaitan erat dengan teknis operasionalnyah..
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan Wed Jul 04, 2012 10:12 am

Yishmael Avrahami wrote:biar aye coba sederhanakan penjelasan dari saudara HT....

an Nisaa 157 menceritakan tentang peristiwa pembunuhan dengan prosesi yg berupa s-l-b...lalu dimana stuntman-nya? stuntman-nya adalah sosok yg mengalami prosesi s-l-b itu (SYUBBIHA)...selanjutnya kejadian tsb mereka kabarkan/ucapkan/koar-koarkan (WAQAWLIHIM) sampai sekarang dan ditujukan kepada diri nabi Isa tanpa pengetahuan yg pasti dan berdasar prasangka saja...

apa itu cara s-l-b? penjelasan bisa dilihat pada link yg mang odoy gendong, islamic-awareness, kalo ada yg tdk dimengerti harap ditanyakan bagian mananya yg tidak dimengerti, Insya Allah ntar ane jelasin maksud tuh link....

lol
langsung aja deh mas dipaparin disinih....kalow sekedar tunjuk link maka akan ada yg keberatan karena basa enggreshnyah..dan gak semuwah orang mampu mencerna isi link tersebut...termasuknyah sayah...
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by hamba tuhan Thu Jul 05, 2012 11:09 am

abu hanan wrote:
hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:lha iya kang...penyaliban tuh definisinyah apah?
mangkahnyah sayah banyak bertanya....sampe bawa kamus umum basa endonesah....supaya jelas penyaliban menurut al quran adalah demikian demikian dan seterusnyah...dan yg dibantah al quran adalah yang demikian dan demikian dan seterusnyah...

yaaa kang mas.... ga ngebaca2 dl halaman sebelumnya, apapun penyaliban itu gak ngaruh dgn kalimat SYUBBIHA LAHUM, tuh 2 kesimpulan utk SYUBBIHA mn yg cocok ya silahkan dipilih aja kang mas... mau apapun kang mas mau artikan penyaliban itu.... dikitpun gada ngaruh dgn SYUBBIHA.... piss piss
lha kalow emang PENYALIBAN itu gak berarti apa2 jadi sayah makin heran aja kok bisa ada KATA di dalam al quran yg punya pengaruh apapun atow gak punya arti samah sekali...
karena sayah melihat bahwa SYUBBIHA bermakna marji pada objek dan objek tersebut berkaitan erat dengan teknis operasionalnyah..

hehee.... iya ya kang mas, ada seh ngaruhnya... salah saya kang mas... coba deh kang mas artikan penyaliban menurut kang mas gmn.... mematahkan tulang??? ya diserupakan peristiwa pematahan tulang bagi mereka..... piss
hamba tuhan
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Yishmael Avrahami Fri Jul 06, 2012 4:21 am

abu hanan wrote:
Yishmael Avrahami wrote:biar aye coba sederhanakan penjelasan dari saudara HT....

an Nisaa 157 menceritakan tentang peristiwa pembunuhan dengan prosesi yg berupa s-l-b...lalu dimana stuntman-nya? stuntman-nya adalah sosok yg mengalami prosesi s-l-b itu (SYUBBIHA)...selanjutnya kejadian tsb mereka kabarkan/ucapkan/koar-koarkan (WAQAWLIHIM) sampai sekarang dan ditujukan kepada diri nabi Isa tanpa pengetahuan yg pasti dan berdasar prasangka saja...

apa itu cara s-l-b? penjelasan bisa dilihat pada link yg mang odoy gendong, islamic-awareness, kalo ada yg tdk dimengerti harap ditanyakan bagian mananya yg tidak dimengerti, Insya Allah ntar ane jelasin maksud tuh link....

lol
langsung aja deh mas dipaparin disinih....kalow sekedar tunjuk link maka akan ada yg keberatan karena basa enggreshnyah..dan gak semuwah orang mampu mencerna isi link tersebut...termasuknyah sayah...
jadi kesemuanya gak ngerti sama sekali yak....

katanya mang odoy udah dipaparin di resource center???

yg dipaparin oleh link itu adalah pembahasan istilah S-L-B yg ada di Al Qur'an yg menurut misionaris kresten istilah hukuman S-L-B baru ada di zaman yesus,,,,menurut misionaris itu Al Qur'an error menampilkan cerita S-L-B di zaman nabi Yusuf dan nabi Musa, sebab zaman ini lebih tua dibanding zaman yesus sedang hukuman S-L-B baru ada di zaman yesus....nah link itu membantah misionaris tsb...dan saya malah gak nemu di link tsb kalo di zaman yesus si yesus ini tidak dikatakan di S-L-B jika kakinya tidak dipatahkan atau si yesus ini cuma bersandar doang di tiang lurus seperti apa kata odoy....Al Qur'an menyatakan kalo istilah S-L-B pada ketiga zaman nabi tsb adalah sama...ini yg saya dapatkan infonya....
Yishmael Avrahami
Yishmael Avrahami
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 272
Kepercayaan : Islam
Location : Neturei Karta
Join date : 10.10.11
Reputation : 6

http://www.nkusa.org/

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan Sat Jul 07, 2012 10:57 am

hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:
hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:lha iya kang...penyaliban tuh definisinyah apah?
mangkahnyah sayah banyak bertanya....sampe bawa kamus umum basa endonesah....supaya jelas penyaliban menurut al quran adalah demikian demikian dan seterusnyah...dan yg dibantah al quran adalah yang demikian dan demikian dan seterusnyah...

yaaa kang mas.... ga ngebaca2 dl halaman sebelumnya, apapun penyaliban itu gak ngaruh dgn kalimat SYUBBIHA LAHUM, tuh 2 kesimpulan utk SYUBBIHA mn yg cocok ya silahkan dipilih aja kang mas... mau apapun kang mas mau artikan penyaliban itu.... dikitpun gada ngaruh dgn SYUBBIHA.... piss piss
lha kalow emang PENYALIBAN itu gak berarti apa2 jadi sayah makin heran aja kok bisa ada KATA di dalam al quran yg punya pengaruh apapun atow gak punya arti samah sekali...
karena sayah melihat bahwa SYUBBIHA bermakna marji pada objek dan objek tersebut berkaitan erat dengan teknis operasionalnyah..

hehee.... iya ya kang mas, ada seh ngaruhnya... salah saya kang mas... coba deh kang mas artikan penyaliban menurut kang mas gmn.... mematahkan tulang??? ya diserupakan peristiwa pematahan tulang bagi mereka..... piss
bisah diperjelas lagi kang?
swory..jadi merepotkan...
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan Sat Jul 07, 2012 11:05 am

Yishmael Avrahami wrote:
abu hanan wrote:
Yishmael Avrahami wrote:biar aye coba sederhanakan penjelasan dari saudara HT....

an Nisaa 157 menceritakan tentang peristiwa pembunuhan dengan prosesi yg berupa s-l-b...lalu dimana stuntman-nya? stuntman-nya adalah sosok yg mengalami prosesi s-l-b itu (SYUBBIHA)...selanjutnya kejadian tsb mereka kabarkan/ucapkan/koar-koarkan (WAQAWLIHIM) sampai sekarang dan ditujukan kepada diri nabi Isa tanpa pengetahuan yg pasti dan berdasar prasangka saja...

apa itu cara s-l-b? penjelasan bisa dilihat pada link yg mang odoy gendong, islamic-awareness, kalo ada yg tdk dimengerti harap ditanyakan bagian mananya yg tidak dimengerti, Insya Allah ntar ane jelasin maksud tuh link....

lol
langsung aja deh mas dipaparin disinih....kalow sekedar tunjuk link maka akan ada yg keberatan karena basa enggreshnyah..dan gak semuwah orang mampu mencerna isi link tersebut...termasuknyah sayah...
jadi kesemuanya gak ngerti sama sekali yak....

katanya mang odoy udah dipaparin di resource center???

yg dipaparin oleh link itu adalah pembahasan istilah S-L-B yg ada di Al Qur'an yg menurut misionaris kresten istilah hukuman S-L-B baru ada di zaman yesus,,,,menurut misionaris itu Al Qur'an error menampilkan cerita S-L-B di zaman nabi Yusuf dan nabi Musa, sebab zaman ini lebih tua dibanding zaman yesus sedang hukuman S-L-B baru ada di zaman yesus....nah link itu membantah misionaris tsb...dan saya malah gak nemu di link tsb kalo di zaman yesus si yesus ini tidak dikatakan di S-L-B jika kakinya tidak dipatahkan atau si yesus ini cuma bersandar doang di tiang lurus seperti apa kata odoy....Al Qur'an menyatakan kalo istilah S-L-B pada ketiga zaman nabi tsb adalah sama...ini yg saya dapatkan infonya....
apakah itu artinyah kita bisa balik ke basa arab?

sebage awal,sayah hanya bisa sampaikan bahwa ;
INTI shod lam ba adalah sama aja,perbedaan hanya di ALAT..mungkin kalow di pulo jawa kawasan pesisir BUKAN pohon kurma yg dijadiin alat tetapi pohon kepala..dan akan menjadi berbeda lagi kalow shod lam ba ini diterapkan di kutub utara...

dan anda bisa mulai utk menjelaskan shod lam ba dari basa arab..itu yg penting.masalah phon-tiang lurus-es padat bisa belakangan.
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Yishmael Avrahami Sat Jul 07, 2012 3:56 pm

abu hanan wrote:
Yishmael Avrahami wrote:
abu hanan wrote:
Yishmael Avrahami wrote:biar aye coba sederhanakan penjelasan dari saudara HT....

an Nisaa 157 menceritakan tentang peristiwa pembunuhan dengan prosesi yg berupa s-l-b...lalu dimana stuntman-nya? stuntman-nya adalah sosok yg mengalami prosesi s-l-b itu (SYUBBIHA)...selanjutnya kejadian tsb mereka kabarkan/ucapkan/koar-koarkan (WAQAWLIHIM) sampai sekarang dan ditujukan kepada diri nabi Isa tanpa pengetahuan yg pasti dan berdasar prasangka saja...

apa itu cara s-l-b? penjelasan bisa dilihat pada link yg mang odoy gendong, islamic-awareness, kalo ada yg tdk dimengerti harap ditanyakan bagian mananya yg tidak dimengerti, Insya Allah ntar ane jelasin maksud tuh link....

lol
langsung aja deh mas dipaparin disinih....kalow sekedar tunjuk link maka akan ada yg keberatan karena basa enggreshnyah..dan gak semuwah orang mampu mencerna isi link tersebut...termasuknyah sayah...
jadi kesemuanya gak ngerti sama sekali yak....

katanya mang odoy udah dipaparin di resource center???

yg dipaparin oleh link itu adalah pembahasan istilah S-L-B yg ada di Al Qur'an yg menurut misionaris kresten istilah hukuman S-L-B baru ada di zaman yesus,,,,menurut misionaris itu Al Qur'an error menampilkan cerita S-L-B di zaman nabi Yusuf dan nabi Musa, sebab zaman ini lebih tua dibanding zaman yesus sedang hukuman S-L-B baru ada di zaman yesus....nah link itu membantah misionaris tsb...dan saya malah gak nemu di link tsb kalo di zaman yesus si yesus ini tidak dikatakan di S-L-B jika kakinya tidak dipatahkan atau si yesus ini cuma bersandar doang di tiang lurus seperti apa kata odoy....Al Qur'an menyatakan kalo istilah S-L-B pada ketiga zaman nabi tsb adalah sama...ini yg saya dapatkan infonya....
apakah itu artinyah kita bisa balik ke basa arab?

sebage awal,sayah hanya bisa sampaikan bahwa ;
INTI shod lam ba adalah sama aja,perbedaan hanya di ALAT..mungkin kalow di pulo jawa kawasan pesisir BUKAN pohon kurma yg dijadiin alat tetapi pohon kepala..dan akan menjadi berbeda lagi kalow shod lam ba ini diterapkan di kutub utara...

dan anda bisa mulai utk menjelaskan shod lam ba dari basa arab..itu yg penting.masalah phon-tiang lurus-es padat bisa belakangan.
bukan lantas karena berbeda tempat lalu S-L-B kagak matching lagi....bukan itu pak....S-L-B ini mengindikasikan suatu metode eksekusi yg berdampak kepada kekakuan dan pengerasan tubuh sebagai akibat terkurasnya cairan tubuh....S-L-B jg mengindikasikan kalo metode eksekusi tsb sangat berdampak buruk thdp tulang belakang tubuh si terhukum, S-L-B dapat bermakna tulang tetapi yg lebih spesifik adalah merujuk kepada tulang belakang tubuh....S-L-B jg digunakan untuk menyatakan ke-keras-an dalam artian sebenarnya maupun metaforis....nah banyak bukan maknanya, bukan berarti pematahan tulang kaki atau sekedar bersandar doang di tiang....
Yishmael Avrahami
Yishmael Avrahami
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 272
Kepercayaan : Islam
Location : Neturei Karta
Join date : 10.10.11
Reputation : 6

http://www.nkusa.org/

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan Sun Jul 08, 2012 4:50 pm

Yishmael Avrahami wrote:
bukan lantas karena berbeda tempat lalu S-L-B kagak matching lagi....bukan itu pak....
lha posting sayah tuh buat tanggapin misionaris (sesuai penjelasan anda)..

Yishmael Avrahami wrote:S-L-B ini mengindikasikan suatu metode eksekusi yg berdampak kepada kekakuan dan pengerasan tubuh sebagai akibat terkurasnya cairan tubuh....S-L-B jg mengindikasikan kalo metode eksekusi tsb sangat berdampak buruk thdp tulang belakang tubuh si terhukum, S-L-B dapat bermakna tulang tetapi yg lebih spesifik adalah merujuk kepada tulang belakang tubuh....S-L-B jg digunakan untuk menyatakan ke-keras-an dalam artian sebenarnya maupun metaforis....nah banyak bukan maknanya, bukan berarti pematahan tulang kaki atau sekedar bersandar doang di tiang....
dan misionaris mengaburkan inti dari shod lam ba.
terus terang,sayah masih belum sampai ke kesimpulan tentang ALAT eksekusi.
Yishmael Avrahami wrote:an Nisaa 157 menceritakan tentang peristiwa pembunuhan dengan prosesi yg berupa s-l-b...lalu dimana stuntman-nya? stuntman-nya adalah sosok yg mengalami prosesi s-l-b itu (SYUBBIHA)...selanjutnya kejadian tsb mereka kabarkan/ucapkan/koar-koarkan (WAQAWLIHIM) sampai sekarang dan ditujukan kepada diri nabi Isa tanpa pengetahuan yg pasti dan berdasar prasangka saja.
dan seperti yg sayah sampaikan sebelumnyah,penjelasan ada mr.x mengakibatkan kebingungan/kerancuan yg betul2 bias dan samar karena gak ada penjelasan ttg siapa dan bagemana kelanjutannyah si mr/x..

meski demikian,kaidah yg disarankan kang ht di point 2 bahwa subjek dari kata benda syubbiha adalah berlaku sebagai pengganti yang mengacu pada diri seseorang yg terbunuh, sehingga sewaktu ALLAH berfirman mereka tidak membunuhnya bisa diartikan bahwa pembunuhan itu sendiri terjadi pada orang lain diluar isa dan dialah yg menjadi subjek dari syubbiha tsb.
dan juga telah sayah sampaikan apabila kaidah yg sayah tau dari syubbiha itu harus ada unsur penyebutan dari apa yg dibandingkan/diserupakan...

dan sayah lebih cenderung kalimat syubbiha sebagai kata kerja yang diacu dalam ayat ini adalah preposisi dan objek yg marji pada sosok yg jadi tujuan.disamarkan/diserupakan itu BUKAN pada seolah2 mati tetapi serupa (meski tak sama persis) dengan kisah/peristiwa org lain

begini.....ada persamaan antara mukjizat nabi ibrahim dan nabi isa.
kedua beliow sama2 PERNAH membikin yg mati menjadi hidup.terlebih nabi ibrahim,dari benda hidup,dimatikan,kemudian dihidupkan lagi.sedangkan nabi isa membuat benda mati (tanah) menjadi hidup (burung).lantas menghidupkan orang mati (tetapi kehidupan org yg telah mati pun gak berlangsung lama,sekedar bukti aja sbg mukjizat).

kedua nabi tersebut adalah sama2 dikisahkan didalam alquran sbg org yg mengalami percobaan pembunuhan.di dalam kasus nabi ibrahim,api menjadi dingin.
dan di dalam kasus nabi isa,sayah berpikir bahwa luka2 tusukan maupun pukulan TELAH diubah menjadi semacam pijatan atow apapun yg tidak menyakitkan dan beliow uda tentu selalu dalam keadaan berdzikir.

dan kita samah2 mengetahui bahwa nabi isa adalah orang besar,dalam ilmu sufi mungkin beliow uda dianggap fana',dan mungkin juga uda demikian hebat rasa cinta pada allah hingga mampu mengabaikan semua rasa pedih,sehingga kesimpulan yg sayah peroleh adalah (terbuka disaranin dan dikritikin) ;
setiap nabi selalu berdzikir dalam keadaan apapun.dan pada nabi isa - kemungkinan- beliow mengalami musyahadah/penyaksian yg akhirnyah oleh org selain beliow DIANGGAP mati padahal beliow sadar.sama persis dengan keyakinan para pembakar nabi ibrahim.yg menganggap nabi ibrahim PASTI mati karena api lilin yg besar.begitupulah para pembunuh nabi isa menganggap nabi isa PASTI mati karena metode yg mereka jalankan (sayah cenderung menggunakan pengeluaran sumsum,bukan salib daripada rancu dengan kayu palang).dan pengeluaran sumsum tersebut tidak sampai terjadi.

syubbiha,menurut sayah,adalah penyerupaan pada mukjizat nabi brahim ketika dipanggang.

demikianlah...versinyah sayah yg bodoh...
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by hamba tuhan Sun Jul 08, 2012 6:54 pm

abu hanan wrote:
hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:
hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:lha iya kang...penyaliban tuh definisinyah apah?
mangkahnyah sayah banyak bertanya....sampe bawa kamus umum basa endonesah....supaya jelas penyaliban menurut al quran adalah demikian demikian dan seterusnyah...dan yg dibantah al quran adalah yang demikian dan demikian dan seterusnyah...

yaaa kang mas.... ga ngebaca2 dl halaman sebelumnya, apapun penyaliban itu gak ngaruh dgn kalimat SYUBBIHA LAHUM, tuh 2 kesimpulan utk SYUBBIHA mn yg cocok ya silahkan dipilih aja kang mas... mau apapun kang mas mau artikan penyaliban itu.... dikitpun gada ngaruh dgn SYUBBIHA.... piss piss
lha kalow emang PENYALIBAN itu gak berarti apa2 jadi sayah makin heran aja kok bisa ada KATA di dalam al quran yg punya pengaruh apapun atow gak punya arti samah sekali...
karena sayah melihat bahwa SYUBBIHA bermakna marji pada objek dan objek tersebut berkaitan erat dengan teknis operasionalnyah..

hehee.... iya ya kang mas, ada seh ngaruhnya... salah saya kang mas... coba deh kang mas artikan penyaliban menurut kang mas gmn.... mematahkan tulang??? ya diserupakan peristiwa pematahan tulang bagi mereka..... piss
bisah diperjelas lagi kang?
swory..jadi merepotkan...

kayaknya udah jelas deh kang mas..... kalo menurut ilmu nahwu, peristiwa penyaliban yg diserupakan bagi mereka...
jd keinget perkataan Imam Ahmad arrifa’i dalam kitab alburhan almuayyad.....
صُوْنُوْا عَقَائِدَكُمْ مِنَ التَّمَسُّكِ بِظَاهِرِ مَا تَشَابَهَ مِنَ الْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ فَإِنَّ ذَلِكَ مِنْ أُصُوْلِ الْكُفْرِ
Hindarkan aqidah kamu sekalian dari berpegang kepada zhahir(literal) ayat al Qur’an dan hadits yang mutasyabihat, sebab hal demikian merupakan salah satu pangkal kekufuran...... makanya dibutuhkan ta'wil bukan hanya tafsir semata, ta'wil dan tafsir menurut saya yg bodoh ini beda loh kang mas.....

piss piss


Terakhir diubah oleh hamba tuhan tanggal Sun Jul 08, 2012 7:48 pm, total 1 kali diubah
hamba tuhan
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA  - Page 11 Empty Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 11 dari 25 Previous  1 ... 7 ... 10, 11, 12 ... 18 ... 25  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik