6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Halaman 2 dari 3 • Share
Halaman 2 dari 3 • 1, 2, 3
6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
First topic message reminder :
sobat kristen, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan nih seputar pembaptisan...tolong dijawab ya....
1. adakah nabi yang dibaptis sebelum yesus?
2. apa dasar pembaptisan yang dilakukan oleh yohannes pembaptis?
3. mengapa Yesus dibaptis, padahal menurut matius 3:11, pembaptisan adalah tanda pertobatan, apakah bisa dikatakan bahwa yesus berdosa sebelum dibaptis?
4. mana yang lebih tepat, pembaptisan itu sebagai ajaran ataukah hanya tradisi kristen?
5. jika disebut sebagai ajaran, kenapa yang mengajarkan bukan yesus, melainkan yohannes?
6. jika disebut sebagai tradisi kristen, kenapa baptis digagas oleh yohanes pembaptis yang notabene bukan penganut kristen, tetapi seorang penganut yahudi?
sobat kristen, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan nih seputar pembaptisan...tolong dijawab ya....
1. adakah nabi yang dibaptis sebelum yesus?
2. apa dasar pembaptisan yang dilakukan oleh yohannes pembaptis?
3. mengapa Yesus dibaptis, padahal menurut matius 3:11, pembaptisan adalah tanda pertobatan, apakah bisa dikatakan bahwa yesus berdosa sebelum dibaptis?
4. mana yang lebih tepat, pembaptisan itu sebagai ajaran ataukah hanya tradisi kristen?
5. jika disebut sebagai ajaran, kenapa yang mengajarkan bukan yesus, melainkan yohannes?
6. jika disebut sebagai tradisi kristen, kenapa baptis digagas oleh yohanes pembaptis yang notabene bukan penganut kristen, tetapi seorang penganut yahudi?
pak tile- REGISTERED MEMBER
-
Posts : 3
Kepercayaan : Islam
Location : asrama
Join date : 28.08.13
Reputation : 0
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Point 1:wahyu_zein_alkaf wrote:
Bukannya saya ngajak debat ya, tapi sebenarnya anda Missing 2 Point disana.
1. Saya hanya mengutip ayat yang sama persis dengan pernyataan anda. Ini penampakannya :Saya tanya ya, siapa sih yang pada zaman Gereja awal itu selain Yesus yang bisa menyembuhkan orang sakit dan bisa menghidupkan orang mati? Saya tidak minta banyak nama, cukup 1 saja dengan pembuktiannya.kotadibukit wrote:Pada jaman Gereja awal ada banyak orang sakit yang disembuhkan, orang mati dibangkitkan dalam nama Yesus.
Petrus. Menyembuhkan orang sakit (Kisah Rasul 3:6-7), dan membangkitkan orang mati (Kisah Rasul 9:40)
Point 2:wahyu_zein_alkaf wrote:
2. Anda tidak menjelaskan kepada saya konteks ayat yang saya cantumkan melainkan situ cuman ngasih konteks ayat lain.Nah, monggo disruputkotadibukit wrote:Konteks nya adalah ayat 20-21:
Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Bukan setiap orang yang berseru kepadaku: "Tuhan! Tuhan!" akan masuk kedalam Kerajaan Sorga. Melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang disorga.
Loh. Anda tidak membaca dengan seksama sepertinya. Saya hanya memberikan ayat sebelumnya(Mat 7:20-21) dari ayat yang anda berikan (Mat 7:22-24). Maksud konteksnya adalah, yang terpenting bukan mujizat ataupun perbuatan perbuatan ajaib yang menyertai, tetapi buah dari kehidupan orang yang melakukan mujizat itu. Bukan berarti semua orang yang melakukan mujizat akan ditolak. Begitu.
Saya berpikir serupa! Saya tidak mengajak berdebat atau semacamnya, saya mencari kebenaran. Kebenaran yang saya percayai sekarang, saya pasti akan bela, tapi saya tetap membuka pikiran apabila kebenaran saya ternyata tidak benar. Saya pikir untuk inilah forum ini dibuat. Bukan begitu?
kotadibukit- SERSAN DUA
-
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Tidak ada tuh di Alkitab(sejauh saya tau) tentang istri Daud yang bezinah. Bisa anda tunjukan?isaku wrote:
- o.. itu, kalo tdk salah istri Daud jg berzina, dan Tuhan menghukumnya dengan mempertontonkan dia digilir laki2 di kerumunan orang2. Bagaimana anda menjelaskan ini?
- Berdasarkan penjelasan anda, penolakan terhadap hukum taurat musa bukan didasarkan pada kehendak Yesus tapi pelajaran dari kasus daud.
- hukum musa diteguhkan dengan cara tidak dilaksanakan.
OK. Tentang Daud sepertinya harus ada penjelasan tersendiri.
Intinya. Yesus bukan menolak hukum Musa, tapi mengajarkan untuk kembali ke intinya.Karena Dia adalah kegenapan dari hukum Taurat. Yakni tentang kasih pada Tuhan dan sesama. Inilah yang kristen ajarkan dan teguhkan. Bukan berarti tidak dilaksanakan.
Kristen masih menjalankan Sabat, tapi tidak menjalankan ritual ritual pengorbanan hewan(karena ritual tsb telah digenapi dalam Yesus) . Kristen masih mengajarkan untuk menghormati orang tua, tidak membunuh, berzinah, mencuri, berbohong; tapi tidak lagi bicara soal sunat(Karena sunat adalah tanda darah perjanjan Abraham dengan Allah, tapi tanda darah perjanjian itu sudah digenapi dalam Yesus).
Ya, dengan membawa seorang wanita untuk dirajam dihadapan Yesus tanpa saksi yang cukup bukan suatu kebohongan?isaku wrote:
hadeeh, sy tidak pernah mengatakan kebohongan, coba dicek lagi. Jika tuduhan si orang farisi memenuhi syarat tapi hanya karena pendapat Yesus yg bukan hukum taurat menyebabkan hukuman gagal, apa tidak ini yg bisa menyebabkan si orang farisi kehilangan pengikut? Coba dipikir lagi.
Tujuan orang Farisi adalah menjebak Yesus. Bukan murni untuk merajam wanita tersebut. Seandainya wanita tersebut bersalah, dia pasti dirajam dikemudian hari.
Yup, tapi itu merubah persepsi pertanyaan Yesus. Yesus berkata di terjemahan langsung dari bahasa Yunaninya kurang lebih begini, "Baiklah, tapi biarlah siapa yang tidak pernah berdosa melemparkan batu pertama." (kepada mereka). Nah, bisa lihat perbedaannya?isaku wrote:
Itu tdk menggugurkan kenyataan bahwa Yesus sedang bertanya pada hadirin.
Karena saya bertanya. =_=isaku wrote:
mengapa pake tanda tanya :))
Bukankah Yesus berkata "Aku dan Bapa adalah satu." ? Berarti bila saya berdoa kepada Yesus sama saja dengan saya berdoa kepada Bapa. Sama seperti "Ayah saya di rumah adalah bos saya ditempat kerja. " Saya minta ijin kepada ayah saya, saya berarti juga minta ijin kepada bos saya.
kotadibukit- SERSAN DUA
-
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
@atas
Maaf keliru ttg istri Daud, maksud sy yg ini:
2 Sam 12:11 Beginilah Firman TUHAN: Bahwasanya malapetaka akan Kutimpakan ke atasmu (Daud) yang datang dari kaum keluargamu sendiri. Aku akan mengambil istri-istrimu di depan matamu dan memberikannya kepada orang lain; orang itu akan tidur dengan istri-istrimu di siang hari.
2 Sam 12:12 Sebab engkau telah melakukannya secara tersembunyi (dengan Batsyeba), tetapi Aku akan melakukan hal itu di depan seluruh Israel secara terang-terangan.”
Daud tdk drajam, sbgai gantinya Tuhan yg adalah Bapa nya Yesus atau bahkan sama dgn Yesus mempermalukan istri2 Daud.
Sama halnya dgn dosa turunan adam, Tuhan berlaku tdk adil dgn menghukum orang lain bukan karena kesalahannya.
Yg lain sy jawab ntar ya, pake hp agak repot :)
Maaf keliru ttg istri Daud, maksud sy yg ini:
2 Sam 12:11 Beginilah Firman TUHAN: Bahwasanya malapetaka akan Kutimpakan ke atasmu (Daud) yang datang dari kaum keluargamu sendiri. Aku akan mengambil istri-istrimu di depan matamu dan memberikannya kepada orang lain; orang itu akan tidur dengan istri-istrimu di siang hari.
2 Sam 12:12 Sebab engkau telah melakukannya secara tersembunyi (dengan Batsyeba), tetapi Aku akan melakukan hal itu di depan seluruh Israel secara terang-terangan.”
Daud tdk drajam, sbgai gantinya Tuhan yg adalah Bapa nya Yesus atau bahkan sama dgn Yesus mempermalukan istri2 Daud.
Sama halnya dgn dosa turunan adam, Tuhan berlaku tdk adil dgn menghukum orang lain bukan karena kesalahannya.
Yg lain sy jawab ntar ya, pake hp agak repot :)
isaku- KAPTEN
-
Posts : 3590
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
3:1 Pada suatu hari menjelang waktu sembahyang, yaitu pukul tiga petang, naiklah Petrus dan Yohanes ke Bait Allah.kotadibukit wrote:Point 1:
Petrus. Menyembuhkan orang sakit (Kisah Rasul 3:6-7), dan membangkitkan orang mati (Kisah Rasul 9:40)
3:2 Di situ ada seorang laki-laki, yang lumpuh sejak lahirnya sehingga ia harus diusung. Tiap-tiap hari orang itu diletakkan dekat pintu gerbang Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah, untuk meminta sedekah kepada orang yang masuk ke dalam Bait Allah.
3:3 Ketika orang itu melihat, bahwa Petrus dan Yohanes hendak masuk ke Bait Allah, ia meminta sedekah.
3:4 Mereka menatap dia dan Petrus berkata: "Lihatlah kepada kami."
3:5 Lalu orang itu menatap mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka.
3:6 Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!"
3:7 Lalu ia memegang tangan kanan orang itu dan membantu dia berdiri. Seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang itu.
Saya tanya, siapakah yang menolong si lumpuh sesuai ayat tersebut?
a. Petrus atau
b. Yesus
Nih saya kasih Konteks yang benar :kotadibukit wrote:Point 2:
Loh. Anda tidak membaca dengan seksama sepertinya. Saya hanya memberikan ayat sebelumnya(Mat 7:20-21) dari ayat yang anda berikan (Mat 7:22-24). Maksud konteksnya adalah, yang terpenting bukan mujizat ataupun perbuatan perbuatan ajaib yang menyertai, tetapi buah dari kehidupan orang yang melakukan mujizat itu. Bukan berarti semua orang yang melakukan mujizat akan ditolak. Begitu.
7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.
7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
Ayat tersebut bukan menjelaskan tentang Mukzizat, tetapi tentang Nabi Palsu, sangat tidak berhubungan dengan ayat yang saya cantumkan karena ayat tersebut berupa peringatan kepada muridnya bahwa akan datang Nabi Palsu yang akan membuat ajarannya rusak. Kemudian Yesus melanjutkan pengajarannya tentang ramalan :
7:22 Pada hari terakhir (Maksud pada hari itu adalah kedatangannya tang ke-2 atau kiamat) banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
Maka, untuk menjawab pertanyaan itu, yesuspun menjawab
7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka (yang mengatakan Yesus tuhan) dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"
Sekarang saya tanya kepada anda, siapa yang melakukan perkejaan dengan nama Yesus? Muslim kah? Apakah kami mengusir setan dengan nama Yesus?atau Hindu? Budha? Yahudi? Siapa yang melakukannya? Jawabannya adalah Kristen. Bukankah kalian (Kristen) yang melakukan pekerjaan dengan nama Yesus, dan dia akan datang dan memberitau kalian (Kristen) bukan kepada Yahudi. Dia tidak akan memberi tau Yahudi "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Hindu "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Muslim "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan" tapi dia akan memberitau kepadamu. Yaitu kamu yang mengatakan Yesus "Tuhan... Tuhan.." Pergi dariku, aku tidak mengenali kamu.
Sangat sesuai dengan Bible bukan?
wahyu_zein_alkaf- SERSAN MAYOR
-
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
wahyu_zein_alkaf wrote:
Saya tanya, siapakah yang menolong si lumpuh sesuai ayat tersebut?
a. Petrus atau
b. Yesus
Tentu saja Petrus dengan kuasa Yesus.
Sama seperti seorang Raja yang memiliki hamba. Apabila hamba tersebut melakukan hal dengan wewenang raja, berarti yang melakukan hamba atau raja?
Menurut saya ini sudah oot dari baptis.
Ok. Saya bisa melihat anda punya akses untuk membuka alkitab dan anda mencopy dengan sangat baik. Tapi begini saya melihat ayat ayat ini. Lihatlah hal ini seperti Yesus sedang melanjutkan apa yang Dia bicarakan.wahyu_zein_alkaf wrote:
Ayat tersebut bukan menjelaskan tentang Mukzizat, tetapi tentang Nabi Palsu, sangat tidak berhubungan dengan ayat yang saya cantumkan karena ayat tersebut berupa peringatan kepada muridnya bahwa akan datang Nabi Palsu yang akan membuat ajarannya rusak. Kemudian Yesus melanjutkan pengajarannya tentang ramalan :
7:22 Pada hari terakhir (Maksud pada hari itu adalah kedatangannya tang ke-2 atau kiamat) banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
Maka, untuk menjawab pertanyaan itu, yesuspun menjawab
7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka (yang mengatakan Yesus tuhan) dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"
Sekarang saya tanya kepada anda, siapa yang melakukan perkejaan dengan nama Yesus? Muslim kah? Apakah kami mengusir setan dengan nama Yesus?atau Hindu? Budha? Yahudi? Siapa yang melakukannya? Jawabannya adalah Kristen. Bukankah kalian (Kristen) yang melakukan pekerjaan dengan nama Yesus, dan dia akan datang dan memberitau kalian (Kristen) bukan kepada Yahudi. Dia tidak akan memberi tau Yahudi "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Hindu "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Muslim "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan" tapi dia akan memberitau kepadamu. Yaitu kamu yang mengatakan Yesus "Tuhan... Tuhan.." Pergi dariku, aku tidak mengenali kamu.
Sangat sesuai dengan Bible bukan?
1. Saya tidak menyangkal kalau ada nabi palsu dan pengajar yang tidak benar dalam agama "Kristen" yang mengatasnamakan Yesus dan menyesatkan orang lain.
2. Yesus tidak berkata; "Semua yang memanggil-Ku Tuhan, bernubuat demi nama-Ku, dan mengusir setan demi nama-Ku, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Ku, kepada SEMUA yang melakukan hal itu Aku akan berkata;" Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!" "
NO. Ini membuktikan beberapa hal (kalau memang anda percaya hal ini; karena anda sendiri yang berargumen kami berdoa pada orang mati loh)
a. Dalam nama Yesus ada kuasa, meskipun orang yang melakukan hal hal tsb adalah "pembuat kejahatan", mereka bisa bernubuat, mengusir setan, mengadakan mujizat. Karena ada kuasa dalam nama Yesus.
b. Yang terpenting dari semuanya bukanlah perbuatan perbuatan ajaib yang orang Kristen lakukan. TAPI, apakah kami punya hubungan dan MENGENAL siapa Yesus secara pribadi(Mat 7:23) dan melakukan kehendak Bapa.(Mat 7:21)
Karena Yesus pernah berkata; "Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan." (Yoh 13:13)
Yesus membenarkan orang yang memanggil diriNya Tuhan.
Juga berkata begini: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." (Markus 16:16-18)
Memang ada yang diutus untuk melakukan hal hal yang disebutkan di Matius 7:22 loh. Dan ini Yesus yang mengutus. Tanda tanda ini Yesus bilang akan menyertai orang yang percaya kepadaNya. Tapi, tanda tanda ini bukanlah bukti yang cukup. Gitu.
kotadibukit- SERSAN DUA
-
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Pas dirumah sakit, saya dikasih orang Kristen Indomie sama Biblekotadibukit wrote:Ok. Saya bisa melihat anda punya akses untuk membuka alkitab dan anda mencopy dengan sangat baik
Yup, Yesus memang tidak berkata semua, tapi Yesus berkata Banyak. Silahkan lihat ayatnya :kotadibukit wrote:1. Saya tidak menyangkal kalau ada nabi palsu dan pengajar yang tidak benar dalam agama "Kristen" yang mengatasnamakan Yesus dan menyesatkan orang lain.
2. Yesus tidak berkata; "Semua yang memanggil-Ku Tuhan, bernubuat demi nama-Ku, dan mengusir setan demi nama-Ku, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Ku, kepada SEMUA yang melakukan hal itu Aku akan berkata;" Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"
7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
Jika anda belajar bahasa Indonesia dengan baik, anda pasti tau apa itu arti kata banyak.
wahyu_zein_alkaf- SERSAN MAYOR
-
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Saya yakin anda tidak lupa mengucapkan terima kasih bukan? Hehe..wahyu_zein_alkaf wrote:
Pas dirumah sakit, saya dikasih orang Kristen Indomie sama Bible
Nah, kalau begitu bukankah anda sudah membenarkan argumen saya tentang ga semua orang Kristen akan ditolak Yesus? Jadi ayat yang anda berikan ditujukan kepada nabi palsu yang mampu mengadakan mujizat, seperti yang saya bicarakan dari awal.
kotadibukit- SERSAN DUA
-
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Saya tertarik kepada anda dan saya mengajukan permintaan, maukah anda melanjutkan diskusi kita di thread lain dan supaya kita tidak dianggap oot oleh momod, "dengan tema Yesus dari sudut pandang Islam dan Kristen". Saya tidak mengajak anda berdebat, tapi hanya mengajak anda berdiskusi ringan, karena sepertinya anda punya wawasan yang cukup baik sehingga membuat saya ingin belajar banyak, sekiranya jika anda setuju, nanti akan saya buat threadnya dilintas agama Kristenkotadibukit wrote:
Nah, kalau begitu bukankah anda sudah membenarkan argumen saya tentang ga semua orang Kristen akan ditolak Yesus? Jadi ayat yang anda berikan ditujukan kepada nabi palsu yang mampu mengadakan mujizat, seperti yang saya bicarakan dari awal.
wahyu_zein_alkaf- SERSAN MAYOR
-
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Ya, Yesus bilang itulah yg utama. Kristen bilang cukup itu saja. :)kotadibukit wrote:Intinya. Yesus bukan menolak hukum Musa, tapi mengajarkan untuk kembali ke intinya.Karena Dia adalah kegenapan dari hukum Taurat. Yakni tentang kasih pada Tuhan dan sesama. Inilah yang kristen ajarkan dan teguhkan. Bukan berarti tidak dilaksanakan.
Adakah perintah Yesus dalam bible untuk meninggalkan ritual Yahudi?kotadibukit wrote:Kristen masih menjalankan Sabat, tapi tidak menjalankan ritual ritual pengorbanan hewan(karena ritual tsb telah digenapi dalam Yesus) . Kristen masih mengajarkan untuk menghormati orang tua, tidak membunuh, berzinah, mencuri, berbohong; tapi tidak lagi bicara soal sunat(Karena sunat adalah tanda darah perjanjan Abraham dengan Allah, tapi tanda darah perjanjian itu sudah digenapi dalam Yesus).
- Tidak bisa disebut kebohongan jika (anda sendiri yg bilang) tertangkap tangan, berarti benar berzina, bisa dituntut, tapi hukum mensyaratkan jumlah saksi yg belum tentu bisa dipenuhi.kotadibukit wrote:Ya, dengan membawa seorang wanita untuk dirajam dihadapan Yesus tanpa saksi yang cukup bukan suatu kebohongan?isaku wrote:
hadeeh, sy tidak pernah mengatakan kebohongan, coba dicek lagi. Jika tuduhan si orang farisi memenuhi syarat tapi hanya karena pendapat Yesus yg bukan hukum taurat menyebabkan hukuman gagal, apa tidak ini yg bisa menyebabkan si orang farisi kehilangan pengikut? Coba dipikir lagi.
Tujuan orang Farisi adalah menjebak Yesus. Bukan murni untuk merajam wanita tersebut. Seandainya wanita tersebut bersalah, dia pasti dirajam dikemudian hari.
- Dengan tidak dirajamnya si wanita di kemudian hari berarti ada syarat yg tdk terpenuhi dalam penuntutan.
- Klaim anda mengatakan tujuan orang farisi bukan murni untuk merajam bertentangan dgn klaim anda sebelumnya bahwa orang farisi sangat keras dan taat hukum, tdk sekali2 mempermainkannya karena beresiko kehilangan pengikut.
Bisa, tapi menurut saya itu tidak cukup kuat untuk mengatakan Yesus sedang mengklaim diri sendiri tanpa dosa.kotadibukit wrote:Yup, tapi itu merubah persepsi pertanyaan Yesus. Yesus berkata di terjemahan langsung dari bahasa Yunaninya kurang lebih begini, "Baiklah, tapi biarlah siapa yang tidak pernah berdosa melemparkan batu pertama." (kepada mereka). Nah, bisa lihat perbedaannya?isaku wrote:
Itu tdk menggugurkan kenyataan bahwa Yesus sedang bertanya pada hadirin.
Ok, menurut anda yg mana yg lebih cocok?kotadibukit wrote:Karena saya bertanya. =_=isaku wrote:
mengapa pake tanda tanya :))
Bukankah Yesus berkata "Aku dan Bapa adalah satu." ? Berarti bila saya berdoa kepada Yesus sama saja dengan saya berdoa kepada Bapa. Sama seperti "Ayah saya di rumah adalah bos saya ditempat kerja. " Saya minta ijin kepada ayah saya, saya berarti juga minta ijin kepada bos saya.
- Yesus adalah utusan Allah
- Yesus adalah firman Allah
- Yesus adalah anak Allah
- Yesus adalah Allah
note. jgn lupa post#28 ttg Daud. :))
isaku- KAPTEN
-
Posts : 3590
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Nope. Yesus bilang, Mengasihi Tuhan adalah yang terutama. Tapi Yesus bilang dalam mengasihi Tuhan dan sesama "tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." (Matius 22:40)isaku wrote:
Ya, Yesus bilang itulah yg utama. Kristen bilang cukup itu saja. :)
Yesus berkata mengutip dari Perjanjian Lama, "Yang Kukehendaki adalah belas kasihan dan bukan persembahan." Lagipula, Yesus berkata tentang hukum Taurat, "Aku datang untuk menggenapinya." Sampai semua tergenapi, tidak ada yang boleh dilanggar. Tapi, karena Yesus sudah datang dan menggenapi semuanya, kami percaya kami bukan lagi dalam dari hukum Taurat, tapi anugerah Allah.isaku wrote:
Adakah perintah Yesus dalam bible untuk meninggalkan ritual Yahudi?
- Anda tidak tahu hal itu, karena tidak ada keterangan bagaimana wanita tsb berakhir hidupnya.isaku wrote:
- Tidak bisa disebut kebohongan jika (anda sendiri yg bilang) tertangkap tangan, berarti benar berzina, bisa dituntut, tapi hukum mensyaratkan jumlah saksi yg belum tentu bisa dipenuhi.
- Dengan tidak dirajamnya si wanita di kemudian hari berarti ada syarat yg tdk terpenuhi dalam penuntutan.
- Klaim anda mengatakan tujuan orang farisi bukan murni untuk merajam bertentangan dgn klaim anda sebelumnya bahwa orang farisi sangat keras dan taat hukum, tdk sekali2 mempermainkannya karena beresiko kehilangan pengikut.
- Kenapa tidak? Ini disebut sambil menyelam minum es teh. Kalau tujuan utamanya bukan murni untuk minum, bukan berarti mereka mempermainkan "penyelaman".
Ok. Seandainya sang wanita bersalah ataupun tidak, tidak ada gunanya karena menurut anda perkataan Yesus yang bukan eksplisit tidak cukup untuk menunjukkan kalau Yesus tidak berdosa. Sesuai dengan kutipan saya tentang tulisan anda dibawah. Anda tidak akan puas tanpa pernyataan eksplisit. Tapi, jujur tidak ada pernyataan eksplisit dari Yesus sendiri.(sejauh saya tau). Tapi kalau implisit ada.
isaku wrote:
Bisa, tapi menurut saya itu tidak cukup kuat untuk mengatakan Yesus sedang mengklaim diri sendiri tanpa dosa.
Semuanya benar.isaku wrote:
Ok, menurut anda yg mana yg lebih cocok?
- Yesus adalah utusan Allah
- Yesus adalah firman Allah
- Yesus adalah anak Allah
- Yesus adalah Allah
note. jgn lupa post#28 ttg Daud. :))
Note: Soal Daud saya lagi bikin thread nya. Sabar yah. Hehe.
kotadibukit- SERSAN DUA
-
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
tentu saja, itu disebut niat, ikhlas dalam beramal. :)kotadibukit wrote:Nope. Yesus bilang, Mengasihi Tuhan adalah yang terutama. Tapi Yesus bilang dalam mengasihi Tuhan dan sesama "tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." (Matius 22:40)isaku wrote:
Ya, Yesus bilang itulah yg utama. Kristen bilang cukup itu saja. :)
yg bold, itulah yg saya sebut dgn : Yesus bilang itulah yg utama. Kristen bilang cukup itu sajakotadibukit wrote:Yesus berkata mengutip dari Perjanjian Lama, "Yang Kukehendaki adalah belas kasihan dan bukan persembahan." Lagipula, Yesus berkata tentang hukum Taurat, "Aku datang untuk menggenapinya." Sampai semua tergenapi, tidak ada yang boleh dilanggar. Tapi, karena Yesus sudah datang dan menggenapi semuanya, kami percaya kami bukan lagi dalam dari hukumTaurat, tapi anugerah Allah.isaku wrote:
Adakah perintah Yesus dalam bible untuk meninggalkan ritual Yahudi?
dan sebetulnya anda mengkonfirmasi pernyataan2 sy sebelumnya, misalnya yg ini :menggenapi dgn cara tidak dilaksanakan.
Hanya saja mainstream kristen dan anda malu2 menyatakannya :))
o... bukan pak, anda salah paham, bagian yg ini kita atau setidaknya saya tdk meneliti Yesus berdosa atau tidak, tapi sikap Yesus ttg hukum. Bagian menariknya adalah apa perlunya si orang farisi mengangkat Yesus sebagai hakim untuk kasus wanita ini dan mengapa pula mereka tdk berargumen ttg hukumannya jika mereka mengerti hukum dan yakin si wanita bersalah.kotadibukit wrote:- Anda tidak tahu hal itu, karena tidak ada keterangan bagaimana wanita tsb berakhir hidupnya.isaku wrote:
- Tidak bisa disebut kebohongan jika (anda sendiri yg bilang) tertangkap tangan, berarti benar berzina, bisa dituntut, tapi hukum mensyaratkan jumlah saksi yg belum tentu bisa dipenuhi.
- Dengan tidak dirajamnya si wanita di kemudian hari berarti ada syarat yg tdk terpenuhi dalam penuntutan.
- Klaim anda mengatakan tujuan orang farisi bukan murni untuk merajam bertentangan dgn klaim anda sebelumnya bahwa orang farisi sangat keras dan taat hukum, tdk sekali2 mempermainkannya karena beresiko kehilangan pengikut.
- Kenapa tidak? Ini disebut sambil menyelam minum es teh. Kalau tujuan utamanya bukan murni untuk minum, bukan berarti mereka mempermainkan "penyelaman".
Ok. Seandainya sang wanita bersalah ataupun tidak, tidak ada gunanya karena menurut anda perkataan Yesus yang bukan eksplisit tidak cukup untuk menunjukkan kalau Yesus tidak berdosa. Sesuai dengan kutipan saya tentang tulisan anda dibawah. Anda tidak akan puas tanpa pernyataan eksplisit. Tapi, jujur tidak ada pernyataan eksplisit dari Yesus sendiri.(sejauh saya tau). Tapi kalau implisit ada.
bukan benar tidak benar, sy bertanya pendapat anda ttg lebih cocok mana? :) Menurut sy jika Yesus utusan maka yg lainnya bisa digunakan sebagai metafora, termasuk yg anda kutip "Aku dan Bapa adalah satu" karena Yesus menyampaikan apa yg diinginkan Bapa.kotadibukit wrote:Semuanya benar.isaku wrote:Ok, menurut anda yg mana yg lebih cocok?kotadibukit wrote:Karena saya bertanya. =_=
Bukankah Yesus berkata "Aku dan Bapa adalah satu." ? Berarti bila saya berdoa kepada Yesus sama saja dengan saya berdoa kepada Bapa. Sama seperti "Ayah saya di rumah adalah bos saya ditempat kerja. " Saya minta ijin kepada ayah saya, saya berarti juga minta ijin kepada bos saya.
- Yesus adalah utusan Allah
- Yesus adalah firman Allah
- Yesus adalah anak Allah
- Yesus adalah Allah
Tapi sebaliknya jika yang lebih cocok adalah Yesus adalah Allah, maka kata2 yg lain menjadi salah. Bagaimana menurut anda?
ok ditunggu :)kotadibukit wrote:Note: Soal Daud saya lagi bikin thread nya. Sabar yah. Hehe.
isaku- KAPTEN
-
Posts : 3590
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
kenapa harus baptis ... apa fungsinya...
BeJat- SERSAN SATU
-
Posts : 111
Kepercayaan : Islam
Join date : 12.10.11
Reputation : 6
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Menurut saya, ikhlas itu artinya tidak ada harapan apapun sebagai timbal balik dari melakukan perbuatan baik. Kalau beramal tapi mengharapkan sorga, itu namanya ikhlas atau bukan?isaku wrote:
tentu saja, itu disebut niat, ikhlas dalam beramal. :)
Yesus berkata tentang hukum Taurat, "Aku datang untuk menggenapinya." Sampai semua tergenapi, tidak ada yang boleh dilanggar. Tapi, karena Yesus sudah datang dan menggenapi semuanya, kami percaya kami bukan lagi dalam dari hukumTaurat, tapi anugerah Allah.isaku wrote:
yg bold, itulah yg saya sebut dgn : Yesus bilang itulah yg utama. Kristen bilang cukup itu saja
dan sebetulnya anda mengkonfirmasi pernyataan2 sy sebelumnya, misalnya yg ini :menggenapi dgn cara tidak dilaksanakan.
Hanya saja mainstream kristen dan anda malu2 menyatakannya :))
Semua umat manusia berhutang dalam dosa dan terikat dengan hukum Taurat. Semua orang sudah kehilangan kemuliaan Allah. Tapi, penebusan Yesus sudah melunasi hutang dosa. Kalau kita sudah lunas dari sebuah hutang, apakah kita masih nyicil? Ga kan. Kita berhenti membayar. Kenapa? Sudah lunas. Kalau suami yang lama(dosa) mati, sang istri bebas untuk menikahi yang lain(kasih karunia). Begitu landasan berpikirnya.
Well. Kalau ada yang malu mengatakannya, itu urusan mereka dengan Allah. Tapi saya percaya perkataan ini.
"Karena kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada dibawah hukum Taurat, tetapi dibawah kasih karunia. "
" Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia(dosa) yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat."
Jawabannya ada di Yohanes 8:6.isaku wrote:
o... bukan pak, anda salah paham, bagian yg ini kita atau setidaknya saya tdk meneliti Yesus berdosa atau tidak, tapi sikap Yesus ttg hukum. Bagian menariknya adalah apa perlunya si orang farisi mengangkat Yesus sebagai hakim untuk kasus wanita ini dan mengapa pula mereka tdk berargumen ttg hukumannya jika mereka mengerti hukum dan yakin si wanita bersalah.
- Yesus adalah utusan Allahisaku wrote:
bukan benar tidak benar, sy bertanya pendapat anda ttg lebih cocok mana? :) Menurut sy jika Yesus utusan maka yg lainnya bisa digunakan sebagai metafora, termasuk yg anda kutip "Aku dan Bapa adalah satu" karena Yesus menyampaikan apa yg diinginkan Bapa.
Tapi sebaliknya jika yang lebih cocok adalah Yesus adalah Allah, maka kata2 yg lain menjadi salah. Bagaimana menurut anda?
- Yesus adalah firman Allah
- Yesus adalah anak Allah
- Yesus adalah Allah
Metafora "Anak Allah" maksudnya setara, sekodrat dan satu esensi dengan Allah.
Metafora "firman Allah" maksudnya adalah kuasa untuk mencipta dan menyampaikan apa isi hati Allah.
Menurut saya akan membantu kalau pakai analogi yang ini. Kelemahan analogi ini adalah ini menunjukan ada 2 orang yang berbeda, tapi kalau disambungkan dengan atribut Allah yang tidak terbatas, jadi tidak masalah. Bayangkan anda adalah Allah. Anda tidak terbatas ruang dan waktu. Anda bisa berada dimanapun, kapanpun, seperti apapun yang anda inginkan, melalui apapun yang anda inginkan.
"A(manusia) adalah pemilik sebuah perusahaan. B(manusia) adalah anak dari A(karena A juga manusia), yang merupakan manajer dari perusahaan yang sama. Suatu hari, A hendak menyampaikan sesuatu ke semua bagian perusahaan. A meminta B untuk menyampaikannya atas nama pemilik perusahaan.
- B adalah utusan A
- B adalah (perantara) firman A
- B adalah anak A
- B adalah manusia, sama seperti A adalah manusia"
Jadi semuanya cocok/benar.
kotadibukit- SERSAN DUA
-
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Izin nyimak ya. :)
Agaroh ha'Tsadiqim- SERSAN SATU
-
Posts : 107
Kepercayaan : Islam
Location : Bumi Tuhan di Timur
Join date : 12.08.13
Reputation : 18
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
kan manusia teriak Tuhan Tuhan.. bukan Yesus, Yesus..wahyu_zein_alkaf wrote:
7:22 Pada hari terakhir (Maksud pada hari itu adalah kedatangannya tang ke-2 atau kiamat) banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
Maka, untuk menjawab pertanyaan itu, yesuspun menjawab
7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka (yang mengatakan Yesus tuhan) dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"
Sekarang saya tanya kepada anda, siapa yang melakukan perkejaan dengan nama Yesus? Muslim kah? Apakah kami mengusir setan dengan nama Yesus?atau Hindu? Budha? Yahudi? Siapa yang melakukannya? Jawabannya adalah Kristen. Bukankah kalian (Kristen) yang melakukan pekerjaan dengan nama Yesus, dan dia akan datang dan memberitau kalian (Kristen) bukan kepada Yahudi. Dia tidak akan memberi tau Yahudi "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Hindu "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Muslim "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan" tapi dia akan memberitau kepadamu. Yaitu kamu yang mengatakan Yesus "Tuhan... Tuhan.." Pergi dariku, aku tidak mengenali kamu.
Sangat sesuai dengan Bible bukan?
gimana sih ente.. jadi di akhir jaman, akan banyak orang yg teriak teriak anas nama Tuhan!! setidaknya berkata kalau mereka melakukan banyak hal atas nama Tuhan!!
tetapi Tuhan berkata.. aku tidak mengenal mereka!! si pembuat kejahatan!!!!!
menurut ente ya... siapa yg menyebut nyebut (dipikirnya) nama Tuhan dan membuat kejahatan?? agama mana ini? jujur ya.. hehehehe..
ingat. dalam konteks diatas.. YESUS jelas berkata.. Tuhan Tuhan. Bukan Yesus, Yesus!!
ramayana- Pengembara
-
Posts : 3479
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
@wahyu maaf terlewat tidak terbaca.. boleh.. hehe.. mari belajar dan berdiskusi sehat..
@all Saya minta maaf sebelumnya kalau kata kata saya ada yang tidak sopan atau cenderung menyudutkan..
@all Saya minta maaf sebelumnya kalau kata kata saya ada yang tidak sopan atau cenderung menyudutkan..
kotadibukit- SERSAN DUA
-
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
kotadibukit wrote:Menurut saya, ikhlas itu artinya tidak ada harapan apapun sebagai timbal balik dari melakukan perbuatan baik. Kalau beramal tapi mengharapkan sorga, itu namanya ikhlas atau bukan?isaku wrote:tentu saja, itu disebut niat, ikhlas dalam beramal. :)kotadibukit wrote:Nope. Yesus bilang, Mengasihi Tuhan adalah yang terutama. Tapi Yesus bilang dalam mengasihi Tuhan dan sesama "tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." (Matius 22:40)
Mungkin anda perlu lengkapi dgn pengertian dari bahasa aslinya (Matius 22:40).
Menurut saya kurang lebih:
Kepada apa tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi???? atau
Kepada apa tergantung semua pelaksanaan atau pengamalan kitab suci???
jawabannya:
1. Matius 22:38 ---> kepada hal utama dan pertama yaitu mengasihi Allah -----> (dalam Islam disebut LiLLAHi Ta'ala=hanya karena Allah semata)
2. Matius 22:39 ---> Kepada hal kedua yaitu mengasihi sesama -----> bukan karena ingin dipuji, disanjung, dilihat orang.
Boleh minta ayat di taurat ttg utang dosa manusia? sekalian bagian yg menyebut kehilangan kemuliaan Allah???kotadibukit wrote:Semua umat manusia berhutang dalam dosa dan terikat dengan hukum Taurat. Semua orang sudah kehilangan kemuliaan Allah.
Bisa disebutkan pernyataan Yesus ttg ini???kotadibukit wrote:Tapi, penebusan Yesus sudah melunasi hutang dosa.
Sepengetahuan saya di bible-nya kristen tidak mengenal istilah menikah lagi setelah sebelumnya pernah menikah.kotadibukit wrote:Kalau kita sudah lunas dari sebuah hutang, apakah kita masih nyicil? Ga kan. Kita berhenti membayar. Kenapa? Sudah lunas. Kalau suami yang lama(dosa) mati, sang istri bebas untuk menikahi yang lain(kasih karunia). Begitu landasan berpikirnya.
Beberapa netter kristen sangat membanggakan hal ini walaupun kenyataannya banyak jg umat kristen yg melanggarnya karena memang hal itu menyalahi kodrat manusia. Mungkin anda punya pandangan khusus ttg ini. :)
Bisakah dilengkapi sumbernya (Injil apa ayat berapa)? Apakah Yesus yg bicara demikian?kotadibukit wrote:Well. Kalau ada yang malu mengatakannya, itu urusan mereka dengan Allah. Tapi saya percaya perkataan ini.
"Karena kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada dibawah hukum Taurat, tetapi dibawah kasih karunia. "
" Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia(dosa) yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat."
ayat itu tidak lebih adalah dugaan penulis kitab, satu lagi yg jadi pertanyaan adalah kontradiksi antara Yoh 8:9-10 dgn 8:12-13. Bisakah anda jelaskan.kotadibukit wrote:Jawabannya ada di Yohanes 8:6.isaku wrote:
o... bukan pak, anda salah paham, bagian yg ini kita atau setidaknya saya tdk meneliti Yesus berdosa atau tidak, tapi sikap Yesus ttg hukum. Bagian menariknya adalah apa perlunya si orang farisi mengangkat Yesus sebagai hakim untuk kasus wanita ini dan mengapa pula mereka tdk berargumen ttg hukumannya jika mereka mengerti hukum dan yakin si wanita bersalah.
Masalah besar karena menunjukkan adanya 2orang berbeda.kotadibukit wrote:Metafora "Anak Allah" maksudnya setara, sekodrat dan satu esensi dengan Allah.isaku wrote:
bukan benar tidak benar, sy bertanya pendapat anda ttg lebih cocok mana? :) Menurut sy jika Yesus utusan maka yg lainnya bisa digunakan sebagai metafora, termasuk yg anda kutip "Aku dan Bapa adalah satu" karena Yesus menyampaikan apa yg diinginkan Bapa.
Tapi sebaliknya jika yang lebih cocok adalah Yesus adalah Allah, maka kata2 yg lain menjadi salah. Bagaimana menurut anda?
Metafora "firman Allah" maksudnya adalah kuasa untuk mencipta dan menyampaikan apa isi hati Allah.
Menurut saya akan membantu kalau pakai analogi yang ini. Kelemahan analogi ini adalah ini menunjukan ada 2 orang yang berbeda, tapi kalau disambungkan dengan atribut Allah yang tidak terbatas, jadi tidak masalah.
Maka saya akan memperkenalkan diri sebagai Dia, bukan anak ataupun firmanNya, apalagi utusanNya.Bayangkan anda adalah Allah. Anda tidak terbatas ruang dan waktu. Anda bisa berada dimanapun, kapanpun, seperti apapun yang anda inginkan, melalui apapun yang anda inginkan.
Untuk yg terakhir tidak berhasil karena mereka berdua manusia yg berbedakotadibukit wrote:"A(manusia) adalah pemilik sebuah perusahaan. B(manusia) adalah anak dari A(karena A juga manusia), yang merupakan manajer dari perusahaan yang sama. Suatu hari, A hendak menyampaikan sesuatu ke semua bagian perusahaan. A meminta B untuk menyampaikannya atas nama pemilik perusahaan.
- B adalah utusan A
- B adalah (perantara) firman A
- B adalah anak A
- B adalah manusia, sama seperti A adalah manusia"
isaku- KAPTEN
-
Posts : 3590
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Kesimpulan "itu disebut niat, ikhlas dalam beramal." Berasal dari anda, bukan saya. Saya hanya bertanya. Apakah ikhlas berarti melakukan sesuatu yang baik dengan mengharapkan sorga? Atau melakukan sesuatu dengan tanpa harapan sesuatu yang baik sebagai timbal balik?isaku wrote:
Mungkin anda perlu lengkapi dgn pengertian dari bahasa aslinya (Matius 22:40).
Menurut saya kurang lebih:
Kepada apa tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi???? atau
Kepada apa tergantung semua pelaksanaan atau pengamalan kitab suci???
jawabannya:
1. Matius 22:38 ---> kepada hal utama dan pertama yaitu mengasihi Allah -----> (dalam Islam disebut LiLLAHi Ta'ala=hanya karena Allah semata)
2. Matius 22:39 ---> Kepada hal kedua yaitu mengasihi sesama -----> bukan karena ingin dipuji, disanjung, dilihat orang.
Sesuai permintaan anda.
Matius 22:37-40
ο δε εφη αυτω αγαπησεις κυριον τον θεον σου εν ολη καρδια σου και εν ολη τη ψυχη σου και εν ολη τη διανοια σου αυτη εστιν η μεγαλη και πρωτη εντολη δευτερα ομοια αυτη αγαπησεις τον πλησιον σου ως σεαυτον εν ταυταις ταις εντολαις ολος ο νομος κρεμαται και οι προφηται
kenyataannya:
1. Matius 22:38 ---> "κυριον τον θεον" secara sederhana berarti Allah, Tuhanmu
2. Matius 22:39 ---> "ομοια" secara sederhana berarti secara identik, Atau, alasan kita mengasihi sesama adalah mengasihi Allah.
Makna yang diartikan "bergantung" (κρεμαται) oleh LAI secara harfiah berarti hasil adukan, atau secara ungkapan berarti kesimpulan sempurna.
Kesimpulannya, mengasihi Allah dan mengasihi sesama adalah kesimpulan dari seluruh hukum Taurat dan kitab nabi. Nah, alasan kami mengasihi Allah jelas, karena Allah sudah mengasihi kami terlebih dulu dan menyerahkan nyawaNya bagi kami. Apa alasan anda? Karena sorga? Apakah itu yang disebut ikhlas?
Mazmur 51:5 (Tehillim 51:7)isaku wrote:
Boleh minta ayat di taurat ttg utang dosa manusia? sekalian bagian yg menyebut kehilangan kemuliaan Allah???
LAI Terjemahan Baru (TB), Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.
King James Version (KJV), Behold, I was shapen in iniquity; and in sin did my mother conceive me.
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels,
הֵן־בְּעָוֹון חֹולָלְתִּי וּבְחֵטְא יֶחֱמַתְנִי אִמִּי׃
Translit Interlinear, HEN-BE'AVON {lihatlah dalam kesalahan} KHOLALTI {aku dilahirkan} 'UVEKHETE' {dan dalam dosa} YEKHEMATNI {ia mengandungku} 'IMI {ibuku}
Kalau dosa ada dalam diri kita, ga mungkin kita punya kemuliaan Allah. Karena Allah adalah mulia dan kudus.
Penebusan dosa, Mat 26:28.isaku wrote:
Bisa disebutkan pernyataan Yesus ttg ini???
Saya yakin, mereka tidak membaca dengan seksama atau malah tidak membaca alkitab. =( Sedih. Bro isaku, kalau memang ada yang berbangga seperti itu, silahkan mereka disuruh membaca 1 Korintus 7:39 di perjanjian baru, dan Bilangan 27:8-11 di perjanjian lama.isaku wrote:
Sepengetahuan saya di bible-nya kristen tidak mengenal istilah menikah lagi setelah sebelumnya pernah menikah.
Beberapa netter kristen sangat membanggakan hal ini walaupun kenyataannya banyak jg umat kristen yg melanggarnya karena memang hal itu menyalahi kodrat manusia. Mungkin anda punya pandangan khusus ttg ini. :)
Bukan, Paulus. Roma 6:14 dan Roma 7:6.isaku wrote:
Bisakah dilengkapi sumbernya (Injil apa ayat berapa)? Apakah Yesus yg bicara demikian?
Bukan dugaan, tapi adalah penjelasan untuk keanehan yang anda tanyakan. Karena, orang-orang Farisi punya kebencian sendiri kepada Yesus. Orang Farisi, Saduki dan Ahli Taurat berkali kali melakukan hal ini. Bukan hal yang pertama kali terjadi.isaku wrote:
ayat itu(Yohanes 8:6) tidak lebih adalah dugaan penulis kitab, satu lagi yg jadi pertanyaan adalah kontradiksi antara Yoh 8:9-10 dgn 8:12-13. Bisakah anda jelaskan.
Kontradiksi?
Bila yang anda maksud, orang orang pergi, lalu siapa yang Yesus ajar? Ini jawabannya.
Kalau baca yang Inggrisnya, orang yang pergi dari yang paling tua adalah orang orang yang bertanya pada Yesus.
Bayangkan anda adalah Allah. Anda tidak terbatas ruang dan waktu. Anda bisa berada dimanapun, kapanpun, seperti apapun yang anda inginkan, melalui apapun yang anda inginkan. Saya pikir kata kata ini cukup menjawab.isaku wrote:
Masalah besar karena menunjukkan adanya 2 orang berbeda.
Menurut anda, daya pikir anda setara dengan Allah sehingga mampu berkata seperti itu? Sehingga anda mampu untuk berkata, "Allah tidak mungkin melakukan hal itu!"isaku wrote:
Maka saya akan memperkenalkan diri sebagai Dia, bukan anak ataupun firmanNya, apalagi utusanNya.
isaku wrote:
Untuk yg terakhir tidak berhasil karena mereka berdua manusia yg berbeda
kotadibukit- SERSAN DUA
-
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Baiklah, sedikit diluar konteks. Ikhlas yg paling tinggi karena cinta, orang mencinta memberikan yg terbaik untuk yg dicinta, tanpa harapan timbal balik. -----> kurang lebih seperti istilah Yesus, mengasihi Allah.kotadibukit wrote:Kesimpulan "itu disebut niat, ikhlas dalam beramal." Berasal dari anda, bukan saya. Saya hanya bertanya. Apakah ikhlas berarti melakukan sesuatu yang baik dengan mengharapkan sorga? Atau melakukan sesuatu dengan tanpa harapan sesuatu yang baik sebagai timbal balik?
Mengenai mengharapkan surga, ataupun takut neraka, menurut saya masih bisa disebut ikhlas dgn tingkat lebih rendah karena toh yg diharapkan adalah dari ALLAH bukan dari yg lain.
Apapun itu, keduanya adalah niat yg benar karena ALLAH semata.
ok, terima kasih.kotadibukit wrote:Sesuai permintaan anda.
Matius 22:37-40
ο δε εφη αυτω αγαπησεις κυριον τον θεον σου εν ολη καρδια σου και εν ολη τη ψυχη σου και εν ολη τη διανοια σου αυτη εστιν η μεγαλη και πρωτη εντολη δευτερα ομοια αυτη αγαπησεις τον πλησιον σου ως σεαυτον εν ταυταις ταις εντολαις ολος ο νομος κρεμαται και οι προφηται
kenyataannya:
1. Matius 22:38 ---> "κυριον τον θεον" secara sederhana berarti Allah, Tuhanmu
2. Matius 22:39 ---> "ομοια" secara sederhana berarti secara identik, Atau, alasan kita mengasihi sesama adalah mengasihi Allah.
Makna yang diartikan "bergantung" (κρεμαται) oleh LAI secara harfiah berarti hasil adukan, atau secara ungkapan berarti kesimpulan sempurna.
Kesimpulannya, mengasihi Allah dan mengasihi sesama adalah kesimpulan dari seluruh hukum Taurat dan kitab nabi.
Tdk bermaksud memaksa, tapi menurut saya tidak bisa diartikan menggantikan/meniadakan. :))
bicara nyawa, tuhan tidak mungkin mati, apakah menurut anda alam semesta tanpa tuhan selama 3hari???kotadibukit wrote:Nah, alasan kami mengasihi Allah jelas, karena Allah sudah mengasihi kami terlebih dulu dan menyerahkan nyawaNya bagi kami. Apa alasan anda? Karena sorga? Apakah itu yang disebut ikhlas?
masalah ikhlas dalam Islam, saya jelaskan sekilas di atas, jika anda tertarik membahas lebih dalam, mungkin buka trit baru lebih baik, saya usahakan berkunjung :))
Mazmur bukan ajaran Musa kali pak? Dan menurut saya ucapan Daud dalam Mazmur tidak dapat anda jadikan pegangan secara Beliau bukan siapa2 karena yg jadi nabi justru Nathan.kotadibukit wrote:Mazmur 51:5 (Tehillim 51:7)isaku wrote:
Boleh minta ayat di taurat ttg utang dosa manusia? sekalian bagian yg menyebut kehilangan kemuliaan Allah???
LAI Terjemahan Baru (TB), Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.
King James Version (KJV), Behold, I was shapen in iniquity; and in sin did my mother conceive me.
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels,
הֵן־בְּעָוֹון חֹולָלְתִּי וּבְחֵטְא יֶחֱמַתְנִי אִמִּי׃
Translit Interlinear, HEN-BE'AVON {lihatlah dalam kesalahan} KHOLALTI {aku dilahirkan} 'UVEKHETE' {dan dalam dosa} YEKHEMATNI {ia mengandungku} 'IMI {ibuku}
Kalau dosa ada dalam diri kita, ga mungkin kita punya kemuliaan Allah. Karena Allah adalah mulia dan kudus.
Dan malah kontradiksi dengan Yesus sendiri:
"Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga." ( Matius 19 : 14 )
Anak2 disebut Yesus, empunya sorga, mengapa? karena mereka tiada dosa.
sejujurnya sy agak bingung, tuh ayat g ada yg nyambung.kotadibukit wrote:Penebusan dosa, Mat 26:28.isaku wrote:
Bisa disebutkan pernyataan Yesus ttg ini???
26:26 Yesus menyuruh makan roti, diumpamakan tubuh ------> maksudnya apa?
26:27 Yesus menyuruh semua minum dari cawannya -------> buat apa?, kenapa tiba2 harus begitu?
26:28 Minuman itu diumpamakan darah pengampunan dosa ------> mengapa bisa begitu?
26:29 Itu adalah minum anggur terakhir di dunia -------> ternyata sebelum mati disalib, Yesus haus dan minum anggur lagi.
yg cukup nyambung hanya anggur merah mirip darah merah, sisanya sy tak paham :)
Tidak perlu bersedih masbro :), orang2 yg mencari akan menemukannya.kotadibukit wrote:Saya yakin, mereka tidak membaca dengan seksama atau malah tidak membaca alkitab. =( Sedih. Bro isaku, kalau memang ada yang berbangga seperti itu, silahkan mereka disuruh membaca 1 Korintus 7:39 di perjanjian baru, dan Bilangan 27:8-11 di perjanjian lama.isaku wrote:
Sepengetahuan saya di bible-nya kristen tidak mengenal istilah menikah lagi setelah sebelumnya pernah menikah.
Beberapa netter kristen sangat membanggakan hal ini walaupun kenyataannya banyak jg umat kristen yg melanggarnya karena memang hal itu menyalahi kodrat manusia. Mungkin anda punya pandangan khusus ttg ini. :)
btw, Bilangan 27:8-11 bicara ttg waris, bukan ttg menikah lagi.
ok, thanx, sebetulnya sy lebih tertarik jika yg bicara adalah Yesus. :))kotadibukit wrote:Bukan, Paulus. Roma 6:14 dan Roma 7:6.isaku wrote:
Bisakah dilengkapi sumbernya (Injil apa ayat berapa)? Apakah Yesus yg bicara demikian?
8:9 secara jelas ditulis hanya tersisa Yesus dan si perempuankotadibukit wrote:Bukan dugaan, tapi adalah penjelasan untuk keanehan yang anda tanyakan. Karena, orang-orang Farisi punya kebencian sendiri kepada Yesus. Orang Farisi, Saduki dan Ahli Taurat berkali kali melakukan hal ini. Bukan hal yang pertama kali terjadi.isaku wrote:
ayat itu(Yohanes 8:6) tidak lebih adalah dugaan penulis kitab, satu lagi yg jadi pertanyaan adalah kontradiksi antara Yoh 8:9-10 dgn 8:12-13. Bisakah anda jelaskan.
Kontradiksi?
Bila yang anda maksud, orang orang pergi, lalu siapa yang Yesus ajar? Ini jawabannya.
Kalau baca yang Inggrisnya, orang yang pergi dari yang paling tua adalah orang orang yang bertanya pada Yesus.
tiba2 8:12 Yesus bisa bertanya pada hadirin, ajaib :D
8:9
Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.
8:10
Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?"
8:11
Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."
8:12
Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."
8:13
Kata orang-orang Farisi kepada-Nya: "Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar."
Bagi saya anda tidak berhasil dgn analogi2 diatas dan kelihatannya kita sepakat untuk berbeda, yg penting anda dan saya sudah menyampaikan alasan2nya. :))kotadibukit wrote:Bayangkan anda adalah Allah. Anda tidak terbatas ruang dan waktu. Anda bisa berada dimanapun, kapanpun, seperti apapun yang anda inginkan, melalui apapun yang anda inginkan. Saya pikir kata kata ini cukup menjawab.isaku wrote:
Masalah besar karena menunjukkan adanya 2 orang berbeda.Menurut anda, daya pikir anda setara dengan Allah sehingga mampu berkata seperti itu? Sehingga anda mampu untuk berkata, "Allah tidak mungkin melakukan hal itu!"isaku wrote:
Maka saya akan memperkenalkan diri sebagai Dia, bukan anak ataupun firmanNya, apalagi utusanNya.
isaku- KAPTEN
-
Posts : 3590
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Jadi, yang ngomong itu bukan Yesus, tapi tuhan ya Ram?ramayana wrote:kan manusia teriak Tuhan Tuhan.. bukan Yesus, Yesus..wahyu_zein_alkaf wrote:
7:22 Pada hari terakhir (Maksud pada hari itu adalah kedatangannya tang ke-2 atau kiamat) banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
Maka, untuk menjawab pertanyaan itu, yesuspun menjawab
7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka (yang mengatakan Yesus tuhan) dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"
Sekarang saya tanya kepada anda, siapa yang melakukan perkejaan dengan nama Yesus? Muslim kah? Apakah kami mengusir setan dengan nama Yesus?atau Hindu? Budha? Yahudi? Siapa yang melakukannya? Jawabannya adalah Kristen. Bukankah kalian (Kristen) yang melakukan pekerjaan dengan nama Yesus, dan dia akan datang dan memberitau kalian (Kristen) bukan kepada Yahudi. Dia tidak akan memberi tau Yahudi "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Hindu "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Muslim "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan" tapi dia akan memberitau kepadamu. Yaitu kamu yang mengatakan Yesus "Tuhan... Tuhan.." Pergi dariku, aku tidak mengenali kamu.
Sangat sesuai dengan Bible bukan?
gimana sih ente.. jadi di akhir jaman, akan banyak orang yg teriak teriak anas nama Tuhan!! setidaknya berkata kalau mereka melakukan banyak hal atas nama Tuhan!!
tetapi Tuhan berkata.. aku tidak mengenal mereka!! si pembuat kejahatan!!!!!
menurut ente ya... siapa yg menyebut nyebut (dipikirnya) nama Tuhan dan membuat kejahatan?? agama mana ini? jujur ya.. hehehehe..
ingat. dalam konteks diatas.. YESUS jelas berkata.. Tuhan Tuhan. Bukan Yesus, Yesus!!
wahyu_zein_alkaf- SERSAN MAYOR
-
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Wkwkwkwkw.. Saya cuma liat yang bawah dan kedua terbawah. Maap2.
Kalau konsep tanpa pamrih sih seharusnya seperti itu.
Es jeruk yang dimasukin sekecil apapun potongan kaki kecoa ya ga bakal saya minum. Es jeruk itu kotor. Mungkin "ga sekotor" es jeruk dengan 10 kecoa, tapi tetap aja saya ga mau minum.
Ga ada ikhlas yang lebih rendah, punya pamrih sedikit pun disebutnya udah ga ikhlas pak.
Kalau anak yang baru lahir tiada dosa, kenapa anak Adam dan Hawa di biarkan dalam asuhan mereka(orang berdosa) dan tidak dibawa lagi ke Firdaus?
Tujuannya adalah menjadi peringatan kematian Tuhan sampai Yesus datang kembali. Di injil yang lain, Yesus berkata, "Perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."
Ayat 4, mereka(Ahli Taurat dan Orang Farisi) menempatkan wanita itu di tengah2 mereka(Ahli Taurat dan Orang Farisi)
terus sampe ayat 9, setiap kata mereka mengacu kepada Ahli Taurat dan Orang Farisi.
Ayat sepuluh, kata "mereka" tidak ada lagi. Yang tersisa tinggal wanita tsb dan orang banyak yang ada di ayat 2. Simple kan?
Maap ya sekali lagi. Ga ada niat untuk tidak menjawab sama sekali. Saya pikir anda belum balas.
Berarti di Islam pamrih sama Allah juga disebut ikhlas, gitu ya?isaku wrote:
Baiklah, sedikit diluar konteks. Ikhlas yg paling tinggi karena cinta, orang mencinta memberikan yg terbaik untuk yg dicinta, tanpa harapan timbal balik. -----> kurang lebih seperti istilah Yesus, mengasihi Allah.
Mengenai mengharapkan surga, ataupun takut neraka, menurut saya masih bisa disebut ikhlas dgn tingkat lebih rendah karena toh yg diharapkan adalah dari ALLAH bukan dari yg lain.
Apapun itu, keduanya adalah niat yg benar karena ALLAH semata.
Kalau konsep tanpa pamrih sih seharusnya seperti itu.
Es jeruk yang dimasukin sekecil apapun potongan kaki kecoa ya ga bakal saya minum. Es jeruk itu kotor. Mungkin "ga sekotor" es jeruk dengan 10 kecoa, tapi tetap aja saya ga mau minum.
Ga ada ikhlas yang lebih rendah, punya pamrih sedikit pun disebutnya udah ga ikhlas pak.
Ok, menurut saya itu bersikeras artinya. Tapi dari bahasa aslinya, sudah jelas kan? Orang bisa jujur tapi masih ada orang yang ga percaya. Itu wajar. :)isaku wrote:
ok, terima kasih.
Tdk bermaksud memaksa, tapi menurut saya tidak bisa diartikan menggantikan/meniadakan. :))
Ok. Bicara nyawa, Yesus menyerahkan nyawaNya. Bukan mati. Seperti yang anda bilang, Tuhan tidak mungkin mati.isaku wrote:
bicara nyawa, tuhan tidak mungkin mati, apakah menurut anda alam semesta tanpa tuhan selama 3hari???
masalah ikhlas dalam Islam, saya jelaskan sekilas di atas, jika anda tertarik membahas lebih dalam, mungkin buka trit baru lebih baik, saya usahakan berkunjung :))
Oh. Lalu Zabur apa ya pak? Apakah Mazmur tidak berisi pengetahuan tentang Allah dan manusia? Tidak bisa dijadikan pegangan apakah anda berkata Daud tidak bisa dipercaya?isaku wrote:
Mazmur bukan ajaran Musa kali pak? Dan menurut saya ucapan Daud dalam Mazmur tidak dapat anda jadikan pegangan secara Beliau bukan siapa2 karena yg jadi nabi justru Nathan.
Konsep kerajaan surga disini bukan surga tempat orang meninggal. Tapi keberadaan Allah sebagai Raja.isaku wrote:
Dan malah kontradiksi dengan Yesus sendiri:
"Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga." ( Matius 19 : 14 )
Anak2 disebut Yesus, empunya sorga, mengapa? karena mereka tiada dosa.
Kalau anak yang baru lahir tiada dosa, kenapa anak Adam dan Hawa di biarkan dalam asuhan mereka(orang berdosa) dan tidak dibawa lagi ke Firdaus?
Hei hei. Jawab dulu. Apakah Yesus bicara soal penebusan dosa melalui kematiannya dalam Mat 26:28?isaku wrote:
sejujurnya sy agak bingung, tuh ayat g ada yg nyambung.
26:26 Yesus menyuruh makan roti, diumpamakan tubuh ------> maksudnya apa?
26:27 Yesus menyuruh semua minum dari cawannya -------> buat apa?, kenapa tiba2 harus begitu?
26:28 Minuman itu diumpamakan darah pengampunan dosa ------> mengapa bisa begitu?
26:29 Itu adalah minum anggur terakhir di dunia -------> ternyata sebelum mati disalib, Yesus haus dan minum anggur lagi.
yg cukup nyambung hanya anggur merah mirip darah merah, sisanya sy tak paham :)
Tujuannya adalah menjadi peringatan kematian Tuhan sampai Yesus datang kembali. Di injil yang lain, Yesus berkata, "Perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."
Ayat 3, Ahli Taurat dan Orang Farisi sama wanita yang ketangkep basah dateng.isaku wrote:
8:9 secara jelas ditulis hanya tersisa Yesus dan si perempuan
tiba2 8:12 Yesus bisa bertanya pada hadirin, ajaib :D
Ayat 4, mereka(Ahli Taurat dan Orang Farisi) menempatkan wanita itu di tengah2 mereka(Ahli Taurat dan Orang Farisi)
terus sampe ayat 9, setiap kata mereka mengacu kepada Ahli Taurat dan Orang Farisi.
Ayat sepuluh, kata "mereka" tidak ada lagi. Yang tersisa tinggal wanita tsb dan orang banyak yang ada di ayat 2. Simple kan?
Ok deh.isaku wrote:
Bagi saya anda tidak berhasil dgn analogi2 diatas dan kelihatannya kita sepakat untuk berbeda, yg penting anda dan saya sudah menyampaikan alasan2nya. :))
Maap ya sekali lagi. Ga ada niat untuk tidak menjawab sama sekali. Saya pikir anda belum balas.
kotadibukit- SERSAN DUA
-
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
:)) G masalah Pak, sy kira anda bosenan.kotadibukit wrote:Wkwkwkwkw.. Saya cuma liat yang bawah dan kedua terbawah. Maap2.
====
Maap ya sekali lagi. Ga ada niat untuk tidak menjawab sama sekali. Saya pikir anda belum balas.
tinggi rendah itu istilah saya saja :), tegasnya menurut saya jika terpenuhi Lillahi Ta'ala (hanya karena Allah semata), maka itu ikhlas.kotadibukit wrote:Berarti di Islam pamrih sama Allah juga disebut ikhlas, gitu ya?
Kalau konsep tanpa pamrih sih seharusnya seperti itu.
Es jeruk yang dimasukin sekecil apapun potongan kaki kecoa ya ga bakal saya minum. Es jeruk itu kotor. Mungkin "ga sekotor" es jeruk dengan 10 kecoa, tapi tetap aja saya ga mau minum.
Ga ada ikhlas yang lebih rendah, punya pamrih sedikit pun disebutnya udah ga ikhlas pak.
kalo dari bahasa
Ikhlas berasal dari kata akhlasha yang merupakan bentuk kata kerja lampau transitif yang diambil dari kata kerja intransitif khalasha (خَلصَ) dengan menambahkan satu huruf ‘alif (أ). Bentuk mudhâri‘ (saat ini) dari akhlasha (اَخْلَصَ) adalah yukhlishu (يُخْلِصُ) dan bentuk mashdarnya yaitu ikhlash (إِخْلاص). Kata tersebut berarti, murni, bersih, jernih, tanpa campuran. Ikhlas adalah melakukan amal perbuatan syariat yang ditujukan hanya kepada Allah secara murni atau tidak mengharapkan imbalan dari selainNya.
yg jadi perdebatan (diantara muslim sekalipun) adalah yg bold dgn pertanyaan, bagaimana jika pamrih kepada Allah? Terkait ini AQ mengijinkan:
“Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan mereka siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya; sesungguhnya azab Tuhanmu adalah suatu yang (harus) ditakuti. ” (QS. Al Israa': 57)
harap dan takut adalah bagian dari mendekat kepadaNya.
Jadi ada yg mendekat dengan berharap, ada yg mendekat dibarengi takut (neraka), ada yg mendekat karena cinta, hanya Allah SWt yg Maha mengetahui isi hati dan menilai, selama judulnya karena Allah semata Lillahi Ta'ala, menurut saya itulah ikhlas.
Sebagian muslim ataupun ulama mungkin mensyaratkan bahwa disebut ikhlas karena cinta, bukan harap dan takut, namun semua sepakat harap dan takut tidak membatalkan amalan karena yg diharap dan ditakuti atau dicintai Dia Dia jg, bukan yg lain. Jadi hanya perbedaan sebatas definisi.
Mengikuti analogi minum jeruk anda, harap, takut dan cinta itu ibarat, jeruk hangat, es jeruk, atau jus jeruk :))
Nah yg kaki kecoa atau bahkan kecoanya adalah karena dunia, ingin dipuji, dipandang, dikagumi, dll.
Nah, perihal Yesus menyerahkan nyawanya itulah yg bisa disebut Yesus bukan Tuhan.kotadibukit wrote:Ok. Bicara nyawa, Yesus menyerahkan nyawaNya. Bukan mati. Seperti yang anda bilang, Tuhan tidak mungkin mati.isaku wrote:
bicara nyawa, tuhan tidak mungkin mati, apakah menurut anda alam semesta tanpa tuhan selama 3hari???
masalah ikhlas dalam Islam, saya jelaskan sekilas di atas, jika anda tertarik membahas lebih dalam, mungkin buka trit baru lebih baik, saya usahakan berkunjung :))
Jangan salah paham Pak, dalam hal ini saya menilai Daud dalam pandangan kristen, beberapa kali diskusi dgn kristen, penjelasannya bukan Daud yg jadi nabi tapi Nathan, seolah2 (kesimpulan sy) Daud bukan siapa2, hanya kebetulan dia raja dan bertobat dan dituliskan/diceritakan tobatnya.kotadibukit wrote:Oh. Lalu Zabur apa ya pak? Apakah Mazmur tidak berisi pengetahuan tentang Allah dan manusia? Tidak bisa dijadikan pegangan apakah anda berkata Daud tidak bisa dipercaya?isaku wrote:Mazmur bukan ajaran Musa kali pak? Dan menurut saya ucapan Daud dalam Mazmur tidak dapat anda jadikan pegangan secara Beliau bukan siapa2 karena yg jadi nabi justru Nathan.kotadibukit wrote:Mazmur 51:5 (Tehillim 51:7)
LAI Terjemahan Baru (TB), Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.
King James Version (KJV), Behold, I was shapen in iniquity; and in sin did my mother conceive me.
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels,
הֵן־בְּעָוֹון חֹולָלְתִּי וּבְחֵטְא יֶחֱמַתְנִי אִמִּי׃
Translit Interlinear, HEN-BE'AVON {lihatlah dalam kesalahan} KHOLALTI {aku dilahirkan} 'UVEKHETE' {dan dalam dosa} YEKHEMATNI {ia mengandungku} 'IMI {ibuku}
Kalau dosa ada dalam diri kita, ga mungkin kita punya kemuliaan Allah. Karena Allah adalah mulia dan kudus.
Tentu saja sy masih menunggu2 trit anda ttg Daud :))
Berhubung hanya kebetulan, apa yg diucapkan Daud ttg dosa lahir hanya karena dia meratapi dosa2nya, dan bukan informasi yg benar bahwa semua anak yg baru lahir berdosa.
yg merah, sy tidak paham maksud anda.kotadibukit wrote:Konsep kerajaan surga disini bukan surga tempat orang meninggal. Tapi keberadaan Allah sebagai Raja.isaku wrote:
Dan malah kontradiksi dengan Yesus sendiri:
"Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga." ( Matius 19 : 14 )
Anak2 disebut Yesus, empunya sorga, mengapa? karena mereka tiada dosa.
Kalau anak yang baru lahir tiada dosa, kenapa anak Adam dan Hawa di biarkan dalam asuhan mereka(orang berdosa) dan tidak dibawa lagi ke Firdaus?
Menurut sy ayat di atas explisit pernyataan Yesus bahwa anak2 itu tidak berdosa dan tidak ada yg disebut dosa turunan.
Masa iya anak adam mau diboyong semua ke firdaus :)), anda lucu jg, apalagi kalau firdausnya ternyata di bumi. Yesus saja yg dianggap tanpa dosa diasuh orang2 berdosa. Mengikuti logika anda, seharusnya setelah Yesus lahir, buru2 dibawa ke sorga, setelah dewasa baru balik lagi untuk menjalankan misinya. :)
Maaf Pak Kota, menurut saya Yesus tidak bicara penebusan dosa, Yesus hanya menyuruh minum, ttg penebusan dosa adalah tafsiran penulis (Matius), saya justru bertanya2 apa maksud semua itu. Boleh minta ayat lain yg anda maksud?kotadibukit wrote:Hei hei. Jawab dulu. Apakah Yesus bicara soal penebusan dosa melalui kematiannya dalam Mat 26:28?isaku wrote:
sejujurnya sy agak bingung, tuh ayat g ada yg nyambung.
26:26 Yesus menyuruh makan roti, diumpamakan tubuh ------> maksudnya apa?
26:27 Yesus menyuruh semua minum dari cawannya -------> buat apa?, kenapa tiba2 harus begitu?
26:28 Minuman itu diumpamakan darah pengampunan dosa ------> mengapa bisa begitu?
26:29 Itu adalah minum anggur terakhir di dunia -------> ternyata sebelum mati disalib, Yesus haus dan minum anggur lagi.
yg cukup nyambung hanya anggur merah mirip darah merah, sisanya sy tak paham :)
Tujuannya adalah menjadi peringatan kematian Tuhan sampai Yesus datang kembali. Di injil yang lain, Yesus berkata, "Perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."
tapi kenapa di ayat 13 masih ada orang farisi??? kontadiksinya kelihatan sekali, coba disimak lg:kotadibukit wrote:Ayat 3, Ahli Taurat dan Orang Farisi sama wanita yang ketangkep basah dateng.isaku wrote:
8:9 secara jelas ditulis hanya tersisa Yesus dan si perempuan
tiba2 8:12 Yesus bisa bertanya pada hadirin, ajaib :D
Ayat 4, mereka(Ahli Taurat dan Orang Farisi) menempatkan wanita itu di tengah2 mereka(Ahli Taurat dan Orang Farisi)
terus sampe ayat 9, setiap kata mereka mengacu kepada Ahli Taurat dan Orang Farisi.
Ayat sepuluh, kata "mereka" tidak ada lagi. Yang tersisa tinggal wanita tsb dan orang banyak yang ada di ayat 2. Simple kan?
8:9
Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.
8:10
Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?"
8:11
Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."
8:12
Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."
8:13
Kata orang-orang Farisi kepada-Nya: "Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar."
isaku- KAPTEN
-
Posts : 3590
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Diskusi sangat menarik...orang awam izin nyimak buat nambah ilmu.
Ibnu Sabil- LETNAN SATU
-
Age : 84
Posts : 1795
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
Kalau gitu ga bisa diterapkan kepada pribadi lain dong ya? Ikhlas pada Tuhan jadi beda konsepnya sama ikhlas sama yang lain?isaku wrote:Lillahi Ta'ala (hanya karena Allah semata), maka itu ikhlas.
kalo dari bahasa
Ikhlas berasal dari kata akhlasha yang merupakan bentuk kata kerja lampau transitif yang diambil dari kata kerja intransitif khalasha (خَلصَ) dengan menambahkan satu huruf ‘alif (أ). Bentuk mudhâri‘ (saat ini) dari akhlasha (اَخْلَصَ) adalah yukhlishu (يُخْلِصُ) dan bentuk mashdarnya yaitu ikhlash (إِخْلاص). Kata tersebut berarti, murni, bersih, jernih, tanpa campuran. Ikhlas adalah melakukan amal perbuatan syariat yang ditujukan hanya kepada Allah secara murni atau tidak mengharapkan imbalan dari selainNya.
yg jadi perdebatan (diantara muslim sekalipun) adalah yg bold dgn pertanyaan, bagaimana jika pamrih kepada Allah? Terkait ini AQ mengijinkan:
“Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan mereka siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya; sesungguhnya azab Tuhanmu adalah suatu yang (harus) ditakuti. ” (QS. Al Israa': 57)
harap dan takut adalah bagian dari mendekat kepadaNya.
Jadi ada yg mendekat dengan berharap, ada yg mendekat dibarengi takut (neraka), ada yg mendekat karena cinta, hanya Allah SWt yg Maha mengetahui isi hati dan menilai, selama judulnya karena Allah semata Lillahi Ta'ala, menurut saya itulah ikhlas.
Sebagian muslim ataupun ulama mungkin mensyaratkan bahwa disebut ikhlas karena cinta, bukan harap dan takut, namun semua sepakat harap dan takut tidak membatalkan amalan karena yg diharap dan ditakuti atau dicintai Dia Dia jg, bukan yg lain. Jadi hanya perbedaan sebatas definisi.
Mengikuti analogi minum jeruk anda, harap, takut dan cinta itu ibarat, jeruk hangat, es jeruk, atau jus jeruk :))
Nah yg kaki kecoa atau bahkan kecoanya adalah karena dunia, ingin dipuji, dipandang, dikagumi, dll.
Kalau Yesus dibunuh, baru Yesus bukan Tuhan. Kalo Yesus menyerahkan nyawaNya, berarti Yesus punya otoritas pada rohNya.isaku wrote:
Nah, perihal Yesus menyerahkan nyawanya itulah yg bisa disebut Yesus bukan Tuhan.
Apakah An-Nisaa ayat 163 dan Al-Anbiyaa ayat 105 kurang jelas bagi anda? Zabur/Mazmur diberikan kepada Daud. Inspirasi dari Allah. Meskipun (mungkin) buat Islam Daud bukan siapa2, untuk Kristen Daud sangat dikagumi karena dia adalah satu satunya orang yang disebut "berkenan kepada TUHAN" dalam alkitab. Kesimpulan anda keliru.isaku wrote:
Jangan salah paham Pak, dalam hal ini saya menilai Daud dalam pandangan kristen, beberapa kali diskusi dgn kristen, penjelasannya bukan Daud yg jadi nabi tapi Nathan, seolah2 (kesimpulan sy) Daud bukan siapa2, hanya kebetulan dia raja dan bertobat dan dituliskan/diceritakan tobatnya.
Tentu saja sy masih menunggu2 trit anda ttg Daud :))
Berhubung hanya kebetulan, apa yg diucapkan Daud ttg dosa lahir hanya karena dia meratapi dosa2nya, dan bukan informasi yg benar bahwa semua anak yg baru lahir berdosa.
Gini. Kesimpulan saya menurut apa yang sudah saya baca:isaku wrote:
yg merah, sy tidak paham maksud anda.
Menurut sy ayat di atas explisit pernyataan Yesus bahwa anak2 itu tidak berdosa dan tidak ada yg disebut dosa turunan.
Masa iya anak adam mau diboyong semua ke firdaus :)), anda lucu jg, apalagi kalau firdausnya ternyata di bumi. Yesus saja yg dianggap tanpa dosa diasuh orang2 berdosa. Mengikuti logika anda, seharusnya setelah Yesus lahir, buru2 dibawa ke sorga, setelah dewasa baru balik lagi untuk menjalankan misinya. :)
Adam&Hawa tanpa dosa. >> hidup di surga
Adam&Hawa berdosa. >> "dibuang" ke bumi (padahal rencana Allah dari awal)
Kalau:
Anak Adam dan Hawa tanpa dosa ketika lahir. >> mereka boleh hidup di surga kembali.
Tapi, kalau:
Anak Adam dan Hawa sudah berdosa ketika dari kandungan. >> mereka HARUS TETAP hidup di bumi.
Tapi, berarti kalau anak Adam dan Hawa tanpa dosa ketika lahir, tapi mereka tetap hidup di bumi, hukuman dari Tuhan itu cuma "akal akalan" Tuhan dan Tuhan ga sungguh sungguh "membuang" mereka, tapi memang Allah MERANCANG sedemikian rupa agar Adam dan Hawa berdosa agar mereka bisa dibuang ke bumi. Karena, kalau hukuman dari dosa adalah terbuang dari sorga, anak anak Adam bisa "klaim" ke Allah kalau mereka tidak berdosa dan kembali ke surga. Dapat gambarannya?
Yesus datang dengan misi yang berbeda. Dia bisa memutuskan ke surga kapanpun Yesus mau kog. Tapi Dia datang dengan misi yang lain.
Tafsiran penulis? Itu adalah kalimat aktif dari Yesus, bukan?isaku wrote:
Maaf Pak Kota, menurut saya Yesus tidak bicara penebusan dosa, Yesus hanya menyuruh minum, ttg penebusan dosa adalah tafsiran penulis (Matius), saya justru bertanya2 apa maksud semua itu. Boleh minta ayat lain yg anda maksud?
Perkataan dari Yesus secara eksplisit adalah ayat kebanggan Kristen, Yohanes 3:16.
Ada di Lukas 22:19.
Bro, anda memperhatikan hal kecil. Tapi tidak detail. Atau anda memang mencari cari?isaku wrote:
tapi kenapa di ayat 13 masih ada orang farisi??? kontadiksinya kelihatan sekali, coba disimak lg:
8:9
Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.
8:10
Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?"
8:11
Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."
8:12
Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."
8:13
Kata orang-orang Farisi kepada-Nya: "Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar."
Ayat 2, Yesus sampai di synagoge. Seluruh rakyat datang kepada Yesus. Yesus duduk dan mengajar.
Ayat 3, wanita yang tertangkap basah, AHLI TAURAT dan orang Farisi datang mengelilingi Yesus.
Berlangsung kejadian dan setiap kata "mereka" mengacu kepada AHLI TAURAT dan orang Farisi yang datang mengelilingi Yesus.
Ayat 9, kata mereka pun mengacu kepada AHLI TAURAT dan orang Farisi yang datang mengelilingi Yesus.
Ayat 12, kembali ke orang banyak di ayat 2.
Nah, keganjilan yang anda tanyakan sangat tidak ganjil. Karena fenomena orang farisi di Matius 23:4-7 menunjukan kalau banyak orang Farisi suka ada di Bait Allah. Gitu. Gimana? Bisa diterima ga?
kotadibukit- SERSAN DUA
-
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14
Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....
ya ok boleh disebut begitu.kotadibukit wrote:Kalau gitu ga bisa diterapkan kepada pribadi lain dong ya? Ikhlas pada Tuhan jadi beda konsepnya sama ikhlas sama yang lain?
kurang tepat jg, yg punya otoritas justru yg diserahkan nyawa.kotadibukit wrote:Kalau Yesus dibunuh, baru Yesus bukan Tuhan. Kalo Yesus menyerahkan nyawaNya, berarti Yesus punya otoritas pada rohNya.
Waduh bukan begitu, Tentu saja Daud AS dalam Islam adalah Nabi dan sy pun beriman kepadanya, juga kitabnya Zabur.kotadibukit wrote:Apakah An-Nisaa ayat 163 dan Al-Anbiyaa ayat 105 kurang jelas bagi anda? Zabur/Mazmur diberikan kepada Daud. Inspirasi dari Allah. Meskipun (mungkin) buat Islam Daud bukan siapa2, untuk Kristen Daud sangat dikagumi karena dia adalah satu satunya orang yang disebut "berkenan kepada TUHAN" dalam alkitab. Kesimpulan anda keliru.
Yg kita bicarakan bukan ttg saya tapi pandangan kristen sepengetahuan saya. Dan teryata anda berbeda. :))
Jika boleh sy tahu pendapat anda, apakah menurut anda Daud seorang Nabi?
Kembali ke dosa turunan, apakah ada ayat Taurat menunjukkan Musa mengenal dosa turunan?
Maaf Pak Kota, apakah anda bermaksud menyangkal Yesus di Matius 19:14?kotadibukit wrote:Gini. Kesimpulan saya menurut apa yang sudah saya baca:
Adam&Hawa tanpa dosa. >> hidup di surga
Adam&Hawa berdosa. >> "dibuang" ke bumi (padahal rencana Allah dari awal)
Kalau:
Anak Adam dan Hawa tanpa dosa ketika lahir. >> mereka boleh hidup di surga kembali.
Tapi, kalau:
Anak Adam dan Hawa sudah berdosa ketika dari kandungan. >> mereka HARUS TETAP hidup di bumi.
Tapi, berarti kalau anak Adam dan Hawa tanpa dosa ketika lahir, tapi mereka tetap hidup di bumi, hukuman dari Tuhan itu cuma "akal akalan" Tuhan dan Tuhan ga sungguh sungguh "membuang" mereka, tapi memang Allah MERANCANG sedemikian rupa agar Adam dan Hawa berdosa agar mereka bisa dibuang ke bumi. Karena, kalau hukuman dari dosa adalah terbuang dari sorga, anak anak Adam bisa "klaim" ke Allah kalau mereka tidak berdosa dan kembali ke surga. Dapat gambarannya?
Yesus datang dengan misi yang berbeda. Dia bisa memutuskan ke surga kapanpun Yesus mau kog. Tapi Dia datang dengan misi yang lain.
Ttg adam, sy sudah mampir ditrit anda, yg ini boyong kesana saja.
Menurut anda apa misi Yesus sehingga harus menjalani masa pengasuhan ditengah orang2 berdosa?
ok baiklah, jika benar Yesus bicara ttg penebusan dosa, dosa apakah yg dimaksud? Apakah dalam pengajarannya Yesus mengatakan dosa Adam mengalir dalam darah setiap orang?kotadibukit wrote:Tafsiran penulis? Itu adalah kalimat aktif dari Yesus, bukan?
Perkataan dari Yesus secara eksplisit adalah ayat kebanggan Kristen, Yohanes 3:16.
Ada di Lukas 22:19.
Kalo dibilang mencari2, sy sih mencari apa sebetulnya yg diajarkan Yesus? :)) Mengapa terjadi distorsi?kotadibukit wrote:Bro, anda memperhatikan hal kecil. Tapi tidak detail. Atau anda memang mencari cari?
Ayat 2, Yesus sampai di synagoge. Seluruh rakyat datang kepada Yesus. Yesus duduk dan mengajar.
Ayat 3, wanita yang tertangkap basah, AHLI TAURAT dan orang Farisi datang mengelilingi Yesus.
Berlangsung kejadian dan setiap kata "mereka" mengacu kepada AHLI TAURAT dan orang Farisi yang datang mengelilingi Yesus.
Ayat 9, kata mereka pun mengacu kepada AHLI TAURAT dan orang Farisi yang datang mengelilingi Yesus.
Ayat 12, kembali ke orang banyak di ayat 2.
Nah, keganjilan yang anda tanyakan sangat tidak ganjil. Karena fenomena orang farisi di Matius 23:4-7 menunjukan kalau banyak orang Farisi suka ada di Bait Allah. Gitu. Gimana? Bisa diterima ga?
Sy mengerti maksd anda bahwa orang2 Farisi suka ada di bait Allah. Hanya saja "mereka" yg anda maksud, yg sudah pergi semua, muncul tiba2 di ayat 13 dan 14.
Mungkin di ayat 13 perlu tambahan kata "lain", jadi orang2 farisi yg lain, beda orang dgn yg datang dan pergi :))
isaku- KAPTEN
-
Posts : 3590
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141
Halaman 2 dari 3 • 1, 2, 3
Similar topics
» [INFO saja][terkait bahan sulit] Beli bahan yang sulit, beli di olshop aja yuk langsung kita buka pembelian bahan di olshop
» mandi tobat adalah tata cara baptis dalam islam yang sudah disempurnakan
» Mengasihi Orang yang Sulit Dikasihi 14/06/2016 #GRIKHOTBAH Pdt Bigman Sirait
» [hambaTuhan][Ps. Dr. Anthony Chang Preacher]▒▓►Pekerja Seni Yang Sulit Cari Makan Saat Pandemi Corona : LACMI SETULUS HATI EPS.4
» BAPTIS
» mandi tobat adalah tata cara baptis dalam islam yang sudah disempurnakan
» Mengasihi Orang yang Sulit Dikasihi 14/06/2016 #GRIKHOTBAH Pdt Bigman Sirait
» [hambaTuhan][Ps. Dr. Anthony Chang Preacher]▒▓►Pekerja Seni Yang Sulit Cari Makan Saat Pandemi Corona : LACMI SETULUS HATI EPS.4
» BAPTIS
Halaman 2 dari 3
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik