KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
Halaman 5 dari 17 • Share
Halaman 5 dari 17 • 1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 11 ... 17
KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
First topic message reminder :
imam muslim meriwayatkan ;
dari muhammad bin ruhm dari al laits dari ibnu syihab dari ibnu musayyab dari abu hurairah.
lafal hadits;
demi dzat yg jiwaku berada ditangannya, sungguh akan turun kepada kalian isa bin maryam untuk menjadi hakim secara adil akan segera tiba.
وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَيُوْشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيْكُمْ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا
imam tirmidzi meriwayatkan;
dari qutabah dari al laits bin sa'ad dari ibnu syibah dari said bin al musayyab dari abu hurairah.
lafal hadits ;
demi dzat yg jiwaku berada ditangannya,hampir saja putera maryam turun kepada kalian sebagai hakim yang adil..
وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَيُوْشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيْكُمْ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا
imam ibnu majah meriwayatkan;
dari abu bakar bin abu syuaibah dari sufyan bin uyainah dari az auhri dari sayyid bin muayyab
lafal hadits;
Tidak akan terjadi kiamat sehingga turun kepada kalian Ibnu Maryam sebagai hakim yang adil, ia mematahkan salib
imam ahmad meriwayatkan;
hasyim dari laits dari ibnu syihab dari said ibnul musayyab dari abu hurairah
lafal hadits;
demi dzat yg jiwaku berada ditangannya,hampir saja putera maryam turun kepada kalian sebagai hakim yang adil..
imam ahmad meriwayatkan;
dari abdurrazaq dari ma'amar dari az zuhri dari ibnul musayyab.
lafal hadits;
demi dzat yg jiwaku berada ditangannya,hampir saja putera maryam turun kepada kalian sebagai hakim yang adil..
**sayah meringkas sehingga menjadi DARI meskipun ada sebagian yg MENCERITAKAN KEPADA KAMI..
pertanyaan;
mengapa ada HAMPIR dan ada PASTI di tiap lafal?sedangkan sumbernyah samah??
imam muslim meriwayatkan ;
dari muhammad bin ruhm dari al laits dari ibnu syihab dari ibnu musayyab dari abu hurairah.
lafal hadits;
demi dzat yg jiwaku berada ditangannya, sungguh akan turun kepada kalian isa bin maryam untuk menjadi hakim secara adil akan segera tiba.
وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَيُوْشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيْكُمْ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا
imam tirmidzi meriwayatkan;
dari qutabah dari al laits bin sa'ad dari ibnu syibah dari said bin al musayyab dari abu hurairah.
lafal hadits ;
demi dzat yg jiwaku berada ditangannya,hampir saja putera maryam turun kepada kalian sebagai hakim yang adil..
وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَيُوْشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيْكُمْ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا
imam ibnu majah meriwayatkan;
dari abu bakar bin abu syuaibah dari sufyan bin uyainah dari az auhri dari sayyid bin muayyab
lafal hadits;
Tidak akan terjadi kiamat sehingga turun kepada kalian Ibnu Maryam sebagai hakim yang adil, ia mematahkan salib
imam ahmad meriwayatkan;
hasyim dari laits dari ibnu syihab dari said ibnul musayyab dari abu hurairah
lafal hadits;
demi dzat yg jiwaku berada ditangannya,hampir saja putera maryam turun kepada kalian sebagai hakim yang adil..
imam ahmad meriwayatkan;
dari abdurrazaq dari ma'amar dari az zuhri dari ibnul musayyab.
lafal hadits;
demi dzat yg jiwaku berada ditangannya,hampir saja putera maryam turun kepada kalian sebagai hakim yang adil..
**sayah meringkas sehingga menjadi DARI meskipun ada sebagian yg MENCERITAKAN KEPADA KAMI..
pertanyaan;
mengapa ada HAMPIR dan ada PASTI di tiap lafal?sedangkan sumbernyah samah??
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
abu hanan wrote:@kang ht
lha kan sayah uda bilang gak ada.....tetapi makna keseluruhan adalah seperti yg sayah uraikan diatas...
bugituh...
maaf kang mas, kalo menurut saya mah... hadits tsb lbh ke berita/ khabar kalo menurut kang mas uraikan beserta ayat pendukung menurut kang mas tsb.... maybe kita berbeda pandangan dalam menilai hadits tsb ya kang mas, gmn ya caranya... atau kita lanjut ke sabab musabab lg kang mas???? biar kita nilai dr segi pandang lain.....
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
sering sayah berpikir dan menjadi pertanyaan ;hamba tuhan wrote:abu hanan wrote:@kang ht
lha kan sayah uda bilang gak ada.....tetapi makna keseluruhan adalah seperti yg sayah uraikan diatas...
bugituh...
maaf kang mas, kalo menurut saya mah... hadits tsb lbh ke berita/ khabar kalo menurut kang mas uraikan beserta ayat pendukung menurut kang mas tsb.... maybe kita berbeda pandangan dalam menilai hadits tsb ya kang mas, gmn ya caranya... atau kita lanjut ke sabab musabab lg kang mas???? biar kita nilai dr segi pandang lain.....
dalam situasi yang bagemanah ketika hadits tersebut disampaikan?apakah karena ada orang yg bertanya atow bugimanah?
ada pepatah basa arab yg kurang lebih ;
telur hari ini lebih baik daripada daging esok hari
mengasah pedang di siang hari
kembali ke kaidah....
kiranyah akang sudi berbagi tentang kata yg semisal dengan lam yusikunna pada hadits2 yg lain...kamsutnyah sayah,hadits2 yg berisi kabar/berita masa depan.
monggo...
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
abu hanan wrote:sering sayah berpikir dan menjadi pertanyaan ;hamba tuhan wrote:abu hanan wrote:@kang ht
lha kan sayah uda bilang gak ada.....tetapi makna keseluruhan adalah seperti yg sayah uraikan diatas...
bugituh...
maaf kang mas, kalo menurut saya mah... hadits tsb lbh ke berita/ khabar kalo menurut kang mas uraikan beserta ayat pendukung menurut kang mas tsb.... maybe kita berbeda pandangan dalam menilai hadits tsb ya kang mas, gmn ya caranya... atau kita lanjut ke sabab musabab lg kang mas???? biar kita nilai dr segi pandang lain.....
dalam situasi yang bagemanah ketika hadits tersebut disampaikan?apakah karena ada orang yg bertanya atow bugimanah?
ada pepatah basa arab yg kurang lebih ;
telur hari ini lebih baik daripada daging esok hari
mengasah pedang di siang hari
kembali ke kaidah....
kiranyah akang sudi berbagi tentang kata yg semisal dengan lam yusikunna pada hadits2 yg lain...kamsutnyah sayah,hadits2 yg berisi kabar/berita masa depan.
monggo...
ini utk perbandingan aja mbah abu... mudah2an dapat dipetik hikmahnya dan sedikitnya bs menjadi jawab atas pertanyaan2 kang mas abu....
Dari Hudzaifah bin Usaid Al-Ghifari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:
اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ: مَا تَذَاكَرُوْنَ؟ قَالُوا: نَذْكُرُ السَّاعَةَ. قَالَ: إِنَّهَا لَنْ تَقُوْمَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ؛ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوْعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُوْلَ عِيْسَى بْنِ مَرْيَمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَيَأَجُوْجَ وَمَأْجُوْجَ وَثَلاَثَةَ خُسُوْفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيْرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنَ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ
Rasulullah melihat kami dalam keadaan kami sedang saling mengingat, maka beliau mengatakan: “Sedang saling mengingatkan apa kalian? Mereka menjawab bahwa kami sedang saling mengingat hari kiamat. Beliau mengatakan: Kiamat tidak akan bangkit sehingga kalian melihat 10 tanda, lalu beliau menyebut: Asap, dajjal, binatang, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam, Ya`juj dan Ma`juj, 3 peristiwa tenggelamnya (suatu daerah, -pent) ke dalam bumi, di daerah barat, di daerah timur, dan di jazirah Arab, yang terakhir adalah api yang muncul dari negeri Yaman yang menggiring manusia ke tempat berkumpulnya mereka.” (Shahih, HR. Muslim, Kitabul Fitan Wa Asyrathus Sa’ah, Bab Fil Ayat Allati Takunu Qabla As-Sa’ah, 18/234 no. 7214. Cet. Darul Ma’rifah. Hadits ini diriwayatkan pula oleh yang lain)
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
dari hadits yg samah;
syu'bah berkata;telah menceritakan kepadaku abdulaziz bin rufai dari abu ath thufail dari abu sarihah seperti itu.ia tidak menyebut nabi saw.salah satu dari keduanya berkata tentang tanda yg kesepuluh ; turunnya isa bin maryam.
syu'bah berkata ; telah menceritakan kepadaku seseorang hadits ini dari abu ath thufail dari abu sarihah dan ia tidak memarfu'kannya.salah satu dari kedua orang ini berkata ; turunnya isa bin maryam.yg lain menyebut ; angin yg melemparkan mereka ke laut.
berdasarkan jalur riwayat yg sayah hadirkan mengakibatkan ada pertanyaan pada sayah;
1.apakah boleh dikatakan bahwa SESEORANG/penyebutan fulan bercerita kepadaku sbg perawi hadits?
2.mengapa ada perbedaan pada tanda kesepuluh?
monggoh pencerahan bagi yg bodoh macam sayah...
syu'bah berkata;telah menceritakan kepadaku abdulaziz bin rufai dari abu ath thufail dari abu sarihah seperti itu.ia tidak menyebut nabi saw.salah satu dari keduanya berkata tentang tanda yg kesepuluh ; turunnya isa bin maryam.
syu'bah berkata ; telah menceritakan kepadaku seseorang hadits ini dari abu ath thufail dari abu sarihah dan ia tidak memarfu'kannya.salah satu dari kedua orang ini berkata ; turunnya isa bin maryam.yg lain menyebut ; angin yg melemparkan mereka ke laut.
berdasarkan jalur riwayat yg sayah hadirkan mengakibatkan ada pertanyaan pada sayah;
1.apakah boleh dikatakan bahwa SESEORANG/penyebutan fulan bercerita kepadaku sbg perawi hadits?
2.mengapa ada perbedaan pada tanda kesepuluh?
monggoh pencerahan bagi yg bodoh macam sayah...
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
abu hanan wrote:dari hadits yg samah;
syu'bah berkata;telah menceritakan kepadaku abdulaziz bin rufai dari abu ath thufail dari abu sarihah seperti itu.ia tidak menyebut nabi saw.salah satu dari keduanya berkata tentang tanda yg kesepuluh ; turunnya isa bin maryam.
syu'bah berkata ; telah menceritakan kepadaku seseorang hadits ini dari abu ath thufail dari abu sarihah dan ia tidak memarfu'kannya.salah satu dari kedua orang ini berkata ; turunnya isa bin maryam.yg lain menyebut ; angin yg melemparkan mereka ke laut.
berdasarkan jalur riwayat yg sayah hadirkan mengakibatkan ada pertanyaan pada sayah;
1.apakah boleh dikatakan bahwa SESEORANG/penyebutan fulan bercerita kepadaku sbg perawi hadits?
2.mengapa ada perbedaan pada tanda kesepuluh?
monggoh pencerahan bagi yg bodoh macam sayah...
makanya kang mas... ngapain pusing2 kita memikirkan hal2 tsb... yg udah jelas aja kita ambil.... Shahih, HR. Muslim, Kitabul Fitan Wa Asyrathus Sa’ah, Bab Fil Ayat Allati Takunu Qabla As-Sa’ah, 18/234 no. 7214. Cet. Darul Ma’rifah, padahal sebelumnya dithread ini udah saya kasih dikit tentang ilmu hadits.... coba kang mas baca2 dl kebelakang... mudah2an apa yg kang mas tanyakan tsb sedikitnya ada jawaban....
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
lha justeru ituh yg sayah tanyakan ;hamba tuhan wrote:abu hanan wrote:dari hadits yg samah;
syu'bah berkata;telah menceritakan kepadaku abdulaziz bin rufai dari abu ath thufail dari abu sarihah seperti itu.ia tidak menyebut nabi saw.salah satu dari keduanya berkata tentang tanda yg kesepuluh ; turunnya isa bin maryam.
syu'bah berkata ; telah menceritakan kepadaku seseorang hadits ini dari abu ath thufail dari abu sarihah dan ia tidak memarfu'kannya.salah satu dari kedua orang ini berkata ; turunnya isa bin maryam.yg lain menyebut ; angin yg melemparkan mereka ke laut.
berdasarkan jalur riwayat yg sayah hadirkan mengakibatkan ada pertanyaan pada sayah;
1.apakah boleh dikatakan bahwa SESEORANG/penyebutan fulan bercerita kepadaku sbg perawi hadits?
2.mengapa ada perbedaan pada tanda kesepuluh?
monggoh pencerahan bagi yg bodoh macam sayah...
makanya kang mas... ngapain pusing2 kita memikirkan hal2 tsb... yg udah jelas aja kita ambil.... Shahih, HR. Muslim, Kitabul Fitan Wa Asyrathus Sa’ah, Bab Fil Ayat Allati Takunu Qabla As-Sa’ah, 18/234 no. 7214. Cet. Darul Ma’rifah, padahal sebelumnya dithread ini udah saya kasih dikit tentang ilmu hadits.... coba kang mas baca2 dl kebelakang... mudah2an apa yg kang mas tanyakan tsb sedikitnya ada jawaban....
1.apakah anda tidak melihat ada kontradiksi pada hadits tersebut?
2.apakah dapat diterima sbg HADITS SHOHIH jika didalamnya ada FULAN berkata padaku ataow dari si A dari FULAN??
contoh beuginih;
telah menceritakan kepadaku si A dari si B dari si C dari FULAN dari si D dari nabi saw....
dan syu'bah berkata (masih di dalam hadits tersebut) bahwa abdulaziz tidak memarfu'kannya.apa arti dari TIDAK MEMARFU'kannyah?
tentang hadits yg sebelumnyah...sayah ulang pertanyaan sayah;
1.apakah ada hadits serupa (tentang berita masa depan) yg dimuati kata LAM YUSIKUNNA?
2.bagemana situasi saat hadits itu disampaikan rasulullah saw?
mhn maaf jika sayah banyak bertanyah....
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
@Abu Hanan
baiklah kang mas..... dikit aja dl ya moga kang mas bs faham...
Telah menceritakan kepada kami Musaddad dan Hannad secara makna, Musaddadberkata; telah menceritakan kepada kami Abu Al Ahwash berkata, telah menceritakankepada kami Furat Al Qazzaz dari Amir bin Watsilah. Dan Hannad berkata dari AbuThufail dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari ia berkata, "Kami duduk bersama di sisi kamarRasulullah S hallallahu 'Alaihi wa Sallam sambil membicarakan seputar hari kiamat,suara kami sangat keras hingga Rasulullah S
hallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:"Tidak akan terjadi, atau tidak akan datang hari kiamat hingga muncul sepuluhtanda; terbitnya matahari dari barat, munculnya binatang melata, keluarnyaYa'juj dan Ma'juj, Dajjal, Isa putera Maryam, asap dan tiga gempa bumi (longsor),longsor di barat, timur dan di Jazirah Arab. Dan tanda terakhir adalah keluarnyaapi dari Yaman, dari dasar tanah Adn yang akan menggiring manusia menujumahsyar."
(HR Abu Daud 3757)
Kayaknya HR Abu Daud sanadnya marfu’ ya kang mas......
Telah menceritakan kepada kami Bundar telah menceritakan kepada kamiAbdurrahman bin Mahdi telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Furat Al Qazzardari Abu Ath Thufail dari Hudzaifah bin Usaid berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi waSalam melihat kami dari kamar dan kami tengah membicarakan tentang kiamat lalunabi Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda: "Kiamat tidaklah terjadi hingga kalianmelihat sepuluh tanda-tanda; terbitnya matahari dari barat, ya'juj dan ma'juj, binatang,tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah arab, api munculdari bawah 'Aden menggiring manusia atau mengumpulkan manusia lalu menginapbersama mereka di tempat mereka menginap dan tidur siang bersama mereka ditempat mereka tidur siang." Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Ghailantelah menceritakan kepada kami Waki' dari Sufyan dari Furat sepertinya dan iamenambahkan dalam riwayatnya: Asap. Telah menceritakan kepada kami Hannad telahmenceritakan kepada kami Abu Al Ahwash dari Furat Al Qaffaz seperti hadits Waki' dariSufyan. Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Ghailan telah menceritakankepada kami Abu Dawud Ath Thayalisi dari Syu'bah dan Al Mas'udi keduanyamendengar dari Furat Al Qazzaz seperti hadits Abdurrahman dari Sufyan dari Furat dania menambahkan dalam riwayatnya: Dajjal atau asap. Telah menceritakan kepada kamiAbu Musa Muhammad bin Al Mutsanna telah menceritakan kepada kami Abu AnNu'man Al Hakam bin Abdullah Al 'Ijlani dari Syu'bah dari Furat seperti hadits AbuDawud dari Syu'bah dan ia menambahkan: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salambersabda: "Dan yang kesepuluh mungkin angin melemparkan mereka ke laut atau turunnya Isa bin Maryam. Berkata Abu Isa: dalam hal ini ada hadits serupa dari 'Ali, AbuHurairah, Ummu Salamah, Shafiyyah binti Huyay dan hadits ini hasan shahih. (HRTirmidzi 2109)
Cacat2 yang merusakkan kesahihan hadits :
a. Terlalu lengah dalam penerimaan hadits.
b. Banyak salah dalam meriwayatkan hadits.
c. Menyalahi orang-orang kepercayaan (syadz).
d. Banyak berperasangka.
e. Tidak baik hafalannya.
Sebenarnya sebelumnya udah saya i’rab loh kang mas.... dan kita tau bahwa YUUSIKUNNA adalah Fi’il Mudhari’..... coba kang mas buka lg kaidah fi’il mudhari itu gmn... kok kayaknya kang mas byk lp neh pelajaran yg dulu......
وَالَّذِى نَفْسِي بِيَدِهِ، لَتَأْمُرُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ وَلَتَنْهَوُنَّ عَنِ الْمُنْكَرِ
أَوْ لَيُوْشِكَنَّ اللهُ أَنْ يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عِقَابًا مِنْهُ
ثُمَّ تَدْعُوْنَهُ فَلاَ يُسْتَجَابُ لَكُمْ
“Demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya, hendaklah kalian menyuruh yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran atau (kalau tidak kalian lakukan) maka pasti Allah akan menurunkan siksa kepada kalian, hingga kalian berdoa kepada-Nya, tetapi tidak dikabulkan” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no. 2169, Al-Baghawi dalam Syarhus-Sunnah 14/3453, dan Ahmad no. 23360. At-Tirmidzi berkata : “Hadits ini hasan”].
2.bagemana situasi saat hadits itu disampaikan rasulullah saw?
Waduh..... ini hrs saya cari dl kang mas ada gak asbabul wurudnya.... menurut kang mas, kalo hadits tdk ada asbabul wurudnya bisa diterima sebagai hadits gak???????
abu hanan wrote:lha justeru ituh yg sayah tanyakan ;
1.apakah anda tidak melihat ada kontradiksi pada hadits tersebut?
2.apakah dapat diterima sbg HADITS SHOHIH jika didalamnya ada FULAN berkata padaku ataow dari si A dari FULAN??
contoh beuginih;
telah menceritakan kepadaku si A dari si B dari si C dari FULAN dari si D dari nabi saw....
dan syu'bah berkata (masih di dalam hadits tersebut) bahwa abdulaziz tidak memarfu'kannya.apa arti dari TIDAK MEMARFU'kannyah?
baiklah kang mas..... dikit aja dl ya moga kang mas bs faham...
Telah menceritakan kepada kami Musaddad dan Hannad secara makna, Musaddadberkata; telah menceritakan kepada kami Abu Al Ahwash berkata, telah menceritakankepada kami Furat Al Qazzaz dari Amir bin Watsilah. Dan Hannad berkata dari AbuThufail dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari ia berkata, "Kami duduk bersama di sisi kamarRasulullah S hallallahu 'Alaihi wa Sallam sambil membicarakan seputar hari kiamat,suara kami sangat keras hingga Rasulullah S
hallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:"Tidak akan terjadi, atau tidak akan datang hari kiamat hingga muncul sepuluhtanda; terbitnya matahari dari barat, munculnya binatang melata, keluarnyaYa'juj dan Ma'juj, Dajjal, Isa putera Maryam, asap dan tiga gempa bumi (longsor),longsor di barat, timur dan di Jazirah Arab. Dan tanda terakhir adalah keluarnyaapi dari Yaman, dari dasar tanah Adn yang akan menggiring manusia menujumahsyar."
(HR Abu Daud 3757)
Kayaknya HR Abu Daud sanadnya marfu’ ya kang mas......
Telah menceritakan kepada kami Bundar telah menceritakan kepada kamiAbdurrahman bin Mahdi telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Furat Al Qazzardari Abu Ath Thufail dari Hudzaifah bin Usaid berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi waSalam melihat kami dari kamar dan kami tengah membicarakan tentang kiamat lalunabi Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda: "Kiamat tidaklah terjadi hingga kalianmelihat sepuluh tanda-tanda; terbitnya matahari dari barat, ya'juj dan ma'juj, binatang,tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah arab, api munculdari bawah 'Aden menggiring manusia atau mengumpulkan manusia lalu menginapbersama mereka di tempat mereka menginap dan tidur siang bersama mereka ditempat mereka tidur siang." Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Ghailantelah menceritakan kepada kami Waki' dari Sufyan dari Furat sepertinya dan iamenambahkan dalam riwayatnya: Asap. Telah menceritakan kepada kami Hannad telahmenceritakan kepada kami Abu Al Ahwash dari Furat Al Qaffaz seperti hadits Waki' dariSufyan. Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Ghailan telah menceritakankepada kami Abu Dawud Ath Thayalisi dari Syu'bah dan Al Mas'udi keduanyamendengar dari Furat Al Qazzaz seperti hadits Abdurrahman dari Sufyan dari Furat dania menambahkan dalam riwayatnya: Dajjal atau asap. Telah menceritakan kepada kamiAbu Musa Muhammad bin Al Mutsanna telah menceritakan kepada kami Abu AnNu'man Al Hakam bin Abdullah Al 'Ijlani dari Syu'bah dari Furat seperti hadits AbuDawud dari Syu'bah dan ia menambahkan: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salambersabda: "Dan yang kesepuluh mungkin angin melemparkan mereka ke laut atau turunnya Isa bin Maryam. Berkata Abu Isa: dalam hal ini ada hadits serupa dari 'Ali, AbuHurairah, Ummu Salamah, Shafiyyah binti Huyay dan hadits ini hasan shahih. (HRTirmidzi 2109)
Cacat2 yang merusakkan kesahihan hadits :
a. Terlalu lengah dalam penerimaan hadits.
b. Banyak salah dalam meriwayatkan hadits.
c. Menyalahi orang-orang kepercayaan (syadz).
d. Banyak berperasangka.
e. Tidak baik hafalannya.
1. apakah ada hadits serupa (tentang berita masa depan) yg dimuati kata LAM YUSIKUNNA?abu hanan wrote:tentang hadits yg sebelumnyah...sayah ulang pertanyaan sayah;
1.apakah ada hadits serupa (tentang berita masa depan) yg dimuati kata LAM YUSIKUNNA?
2.bagemana situasi saat hadits itu disampaikan rasulullah saw?
mhn maaf jika sayah banyak bertanyah....
Sebenarnya sebelumnya udah saya i’rab loh kang mas.... dan kita tau bahwa YUUSIKUNNA adalah Fi’il Mudhari’..... coba kang mas buka lg kaidah fi’il mudhari itu gmn... kok kayaknya kang mas byk lp neh pelajaran yg dulu......
وَالَّذِى نَفْسِي بِيَدِهِ، لَتَأْمُرُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ وَلَتَنْهَوُنَّ عَنِ الْمُنْكَرِ
أَوْ لَيُوْشِكَنَّ اللهُ أَنْ يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عِقَابًا مِنْهُ
ثُمَّ تَدْعُوْنَهُ فَلاَ يُسْتَجَابُ لَكُمْ
“Demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya, hendaklah kalian menyuruh yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran atau (kalau tidak kalian lakukan) maka pasti Allah akan menurunkan siksa kepada kalian, hingga kalian berdoa kepada-Nya, tetapi tidak dikabulkan” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no. 2169, Al-Baghawi dalam Syarhus-Sunnah 14/3453, dan Ahmad no. 23360. At-Tirmidzi berkata : “Hadits ini hasan”].
2.bagemana situasi saat hadits itu disampaikan rasulullah saw?
Waduh..... ini hrs saya cari dl kang mas ada gak asbabul wurudnya.... menurut kang mas, kalo hadits tdk ada asbabul wurudnya bisa diterima sebagai hadits gak???????
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
telah menjadi jelas bagi kita semua bagemana kedudukan hadits tentang turunnyah isa bin maryam.kesimpulan akhir - kami berdua,sayah dan kang ht- mengembalikan kepada para hadirin yg semoga dimuliakan allah.
sementara ini,berdua mencoba keras dalam mencari kebenaran,minimal yg mendekati.
bab berikutnyah........
وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَيُوْشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيْكُمْ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا
buginih....
bahwa fi'il mudlori dapat diPASTIkan terjadi apabila ada huruf سوف atow س.namun dengan penggunaan redaksi dengan kaidah لَ يُوْشِكَنَّ yg berasal dari LAM dan اَوْشَكَ ,bagi sayah,tidak menujukkan kepastian peristiwa.
karena sayah cenderung memilih حَرَى
sayah ambil contoh ;
abu hanan HAMPIR SAJA turun
dan dengan tambahan LAM sbg jawabul qasam (kesungguhan) maka dapat dimaknai;
(sungguh) abu hanan HAMPIR SAJA turun
dan apabila menggunakan حَرَى,contohnyah;
abu hanan PANTAS untuk turun
kedua contoh diatas memiliki kamsut yg sama bahwa abu hanan belum berdiri,masih NYARIS turun.tetapi kedua contoh diatas mengesankan 2 kondisi yg berbeda.
1.pada contoh (sungguh) abu hanan HAMPIR SAJA turun
-->>abu hanan masih belum turun dan belum tentu akan turun
2.abu hanan PANTAS untuk turun
-->>suatu penilaian/kesimpulan telah ada sebelum peristiwa terjadi.dan abu hanan pun belum tentu TURUN tetapi telah ada suatu penilaian/kesimpulan sebelum peristiwa pantas atow secara wajar bakal terjadi
dan kedua contoh tersebut mengisyaratkan HARUS ada SEBAB yg dapat menyebabkan abu hanan turun..
demikian darinyah sayah....
sementara ini,berdua mencoba keras dalam mencari kebenaran,minimal yg mendekati.
bab berikutnyah........
nah itu dia yg sayah kamsutkan bahwa ada TAQDIR/syarat yg disebutin di dalam hadits yg pertama sayah tampilkan.ht wrote:Sebenarnya sebelumnya udah saya i’rab loh kang mas.... dan kita tau bahwa YUUSIKUNNA adalah Fi’il Mudhari’..... coba kang mas buka lg kaidah fi’il mudhari itu gmn... kok kayaknya kang mas byk lp neh pelajaran yg dulu......
وَالَّذِى نَفْسِي بِيَدِهِ، لَتَأْمُرُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ وَلَتَنْهَوُنَّ عَنِ الْمُنْكَرِ
أَوْ لَيُوْشِكَنَّ اللهُ أَنْ يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عِقَابًا مِنْهُ
ثُمَّ تَدْعُوْنَهُ فَلاَ يُسْتَجَابُ لَكُمْ
“Demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya, hendaklah kalian menyuruh yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran atau (kalau tidak kalian lakukan) maka pasti Allah akan menurunkan siksa kepada kalian, hingga kalian berdoa kepada-Nya, tetapi tidak dikabulkan” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no. 2169, Al-Baghawi dalam Syarhus-Sunnah 14/3453, dan Ahmad no. 23360. At-Tirmidzi berkata : “Hadits ini hasan”].
وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَيُوْشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيْكُمْ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا
buginih....
bahwa fi'il mudlori dapat diPASTIkan terjadi apabila ada huruf سوف atow س.namun dengan penggunaan redaksi dengan kaidah لَ يُوْشِكَنَّ yg berasal dari LAM dan اَوْشَكَ ,bagi sayah,tidak menujukkan kepastian peristiwa.
karena sayah cenderung memilih حَرَى
sayah ambil contoh ;
abu hanan HAMPIR SAJA turun
dan dengan tambahan LAM sbg jawabul qasam (kesungguhan) maka dapat dimaknai;
(sungguh) abu hanan HAMPIR SAJA turun
dan apabila menggunakan حَرَى,contohnyah;
abu hanan PANTAS untuk turun
kedua contoh diatas memiliki kamsut yg sama bahwa abu hanan belum berdiri,masih NYARIS turun.tetapi kedua contoh diatas mengesankan 2 kondisi yg berbeda.
1.pada contoh (sungguh) abu hanan HAMPIR SAJA turun
-->>abu hanan masih belum turun dan belum tentu akan turun
2.abu hanan PANTAS untuk turun
-->>suatu penilaian/kesimpulan telah ada sebelum peristiwa terjadi.dan abu hanan pun belum tentu TURUN tetapi telah ada suatu penilaian/kesimpulan sebelum peristiwa pantas atow secara wajar bakal terjadi
dan kedua contoh tersebut mengisyaratkan HARUS ada SEBAB yg dapat menyebabkan abu hanan turun..
demikian darinyah sayah....
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
kan gak apa2 toh sesekali bergantian kasi PE ER..org pekanbaru wrote:Waduh..... ini hrs saya cari dl kang mas ada gak asbabul wurudnya.... menurut kang mas, kalo hadits tdk ada asbabul wurudnya bisa diterima sebagai hadits gak???????
bukan masalah asbabul wurudnyah akang,tetapi kalow ada asbabul wurud maka akan menjadi lebih mudah dipahami bagemana situasi saat itu...tapi kalow emang memberatkan ya gak usah dikerjain tuh pe er .... pilihlah yg mudah dan jangan mempersulit diri sendiri....
ab hanan sok bijak mode on hehehehehe....
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
abu hanan wrote:kan gak apa2 toh sesekali bergantian kasi PE ER..org pekanbaru wrote:Waduh..... ini hrs saya cari dl kang mas ada gak asbabul wurudnya.... menurut kang mas, kalo hadits tdk ada asbabul wurudnya bisa diterima sebagai hadits gak???????
bukan masalah asbabul wurudnyah akang,tetapi kalow ada asbabul wurud maka akan menjadi lebih mudah dipahami bagemana situasi saat itu...tapi kalow emang memberatkan ya gak usah dikerjain tuh pe er .... pilihlah yg mudah dan jangan mempersulit diri sendiri....
ab hanan sok bijak mode on hehehehehe....
serius neh kang mas.... heheeee... biasanya yg byk di kasih PR kang mas loh!!! neh kok sebaliknya???? hheeeee.....
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
abu hanan wrote:telah menjadi jelas bagi kita semua bagemana kedudukan hadits tentang turunnyah isa bin maryam.kesimpulan akhir - kami berdua,sayah dan kang ht- mengembalikan kepada para hadirin yg semoga dimuliakan allah.
sementara ini,berdua mencoba keras dalam mencari kebenaran,minimal yg mendekati.
bab berikutnyah........nah itu dia yg sayah kamsutkan bahwa ada TAQDIR/syarat yg disebutin di dalam hadits yg pertama sayah tampilkan.ht wrote:Sebenarnya sebelumnya udah saya i’rab loh kang mas.... dan kita tau bahwa YUUSIKUNNA adalah Fi’il Mudhari’..... coba kang mas buka lg kaidah fi’il mudhari itu gmn... kok kayaknya kang mas byk lp neh pelajaran yg dulu......
وَالَّذِى نَفْسِي بِيَدِهِ، لَتَأْمُرُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ وَلَتَنْهَوُنَّ عَنِ الْمُنْكَرِ
أَوْ لَيُوْشِكَنَّ اللهُ أَنْ يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عِقَابًا مِنْهُ
ثُمَّ تَدْعُوْنَهُ فَلاَ يُسْتَجَابُ لَكُمْ
“Demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya, hendaklah kalian menyuruh yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran atau (kalau tidak kalian lakukan) maka pasti Allah akan menurunkan siksa kepada kalian, hingga kalian berdoa kepada-Nya, tetapi tidak dikabulkan” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no. 2169, Al-Baghawi dalam Syarhus-Sunnah 14/3453, dan Ahmad no. 23360. At-Tirmidzi berkata : “Hadits ini hasan”].
وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَيُوْشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيْكُمْ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا
buginih....
bahwa fi'il mudlori dapat diPASTIkan terjadi apabila ada huruf سوف atow س.namun dengan penggunaan redaksi dengan kaidah لَ يُوْشِكَنَّ yg berasal dari LAM dan اَوْشَكَ ,bagi sayah,tidak menujukkan kepastian peristiwa.
karena sayah cenderung memilih حَرَى
sayah ambil contoh ;
abu hanan HAMPIR SAJA turun
dan dengan tambahan LAM sbg jawabul qasam (kesungguhan) maka dapat dimaknai;
(sungguh) abu hanan HAMPIR SAJA turun
dan apabila menggunakan حَرَى,contohnyah;
abu hanan PANTAS untuk turun
kedua contoh diatas memiliki kamsut yg sama bahwa abu hanan belum berdiri,masih NYARIS turun.tetapi kedua contoh diatas mengesankan 2 kondisi yg berbeda.
1.pada contoh (sungguh) abu hanan HAMPIR SAJA turun
-->>abu hanan masih belum turun dan belum tentu akan turun
2.abu hanan PANTAS untuk turun
-->>suatu penilaian/kesimpulan telah ada sebelum peristiwa terjadi.dan abu hanan pun belum tentu TURUN tetapi telah ada suatu penilaian/kesimpulan sebelum peristiwa pantas atow secara wajar bakal terjadi
dan kedua contoh tersebut mengisyaratkan HARUS ada SEBAB yg dapat menyebabkan abu hanan turun..
demikian darinyah sayah....
nah... sebagaimana yg kita inginkan sebelumnya ya kang mas, bab berikutnyah masuk ke sabab musabab........
makin berat aja neh kang mas pembahasannya... mudah2an dgn izin Allah sanggup kita lewati dengan niat slg berbagi dan yg bagus diambil sebagai hikmah serta yg ga bagus ya dibungkus saja ya kang mas.. sebenarnya kang mas, kalo menurut saya yg bodoh ini... pembahasannya dah level tinggi neh.... mudah2an ada sebuah hadits bs menjadi jawaban buat kang masku.....
Dari Ummul Mukminin Zainab binti Jahsy (isteri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam), beliau berkata:" (Pada suatu hari) Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam masuk ke dalam rumahnya dengan keadaan cemas sambil bersabda, "La ilaha illallah, celaka (binasa) bangsa Arab dari kejahatan (malapetaka) yang sudah hampir menimpa mereka. Pada hari ini telah terbuka bagian dinding Ya'juj dan Ma'juj seperti ini", dan Baginda menemukan ujung ibu jari dengan ujung jari yang sebelahnya (jari telunjuk) yang dengan itu mengisyaratkan seperti bulatan. Saya (Zainab binti Jahsy) lalu bertanya, Ya Rasulullah! Apakah kami akqn binasa, sedangkan di kalangan kami masih ada orang-orang yang shaleh?" Lalu Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, Ya, jikalau kejahatan sudah terlalu banyak." (HR. Bukhari dan Muslim)
Hadits di atas menerangkan.....apabila di suatu tempat atau daerah sudah terlalu banyak kejahatan, kemungkaran dan kefasiqan, maka kebinasaan akan menimpa semua orang yang berada di tempat itu..... gak hanya kepada orang jahat saja, tetapi orang2 shaleh juga akan dibinasakan, walaupun masing2 pada hari qiamat akan diperhitungkan menurut amalan yang telah dilakukan......
Oleh karena itu segala bentuk kemungkaran dan kefasiqan hendaklah segera dibasrni.... dan segala kemaksiatan hendaklah segera dirnusnahkan, supaya tidak terjadi malapetaka yang bukan saja akan menirnpa orang2 yang melakukan kernungkaran dan kejahatan tersebut, tetapi juga menimpa semua penduduk yang berada di tempat itu....
Dalam hadits di atas walaupun disebutkan secara khusus tentang bangsa Arab tetapi yang dimaksudkan adalah seluruh bangsa yang ada di dunia ini..... tujuan disebutkan bangsa Arab secara khusus karena Nabi MuhammadSAW sendiri dari kalangan mereka, dan yang menerima Islam pada waktu permulaan pengembangannya adalah kebanyakan dari kalangan bangsa arab dan sedikit derni sedikit dari bangsa lain.... begitu pula halnya dalam masalah yang berkaitan dengan perkembangan umat Islam banyak bergantung kepada maju mundurnya bangsa Arab itu sendiri.... selain itu, bahasa resmi Islam adalah bahasa arab.....
Kemudian Ya'juj dan MaJuj adalah dua bangsa (dari keturunan Nabi Adam As) yang dahulunya banyak mernbuat kerusakan di permukaan bumi.... lalu batas daerah dan kediaman rnereka ditutup oleh Zulqarnain dan pengikut2nya dengan campuran besi dan tembaga..... maka dengan itu mereka tidak dapat keluar, sehingga hampir tiba hari qiamat..... mka pada waktu itu dinding yang kuat tadi akan hancur dan keluarlah kedua bangsa itu dari kediaman mereka......lalu kembali membuat kerusakan di permukaan bumi....apabila peristiwa ini telah terjadi, itulah tanda hari qiamat sudah dekat.......
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
jadi gimana kesimpulan kang?nabi isa turun dengan sebab bahwa kekacauan di muka bumi uda sangat hebat banget ato gimana?
dan satu pertanyaan lagi;apakah nabi isa masih hidup sekarang?
ayo...kebut setoran.....mudik2........
dan satu pertanyaan lagi;apakah nabi isa masih hidup sekarang?
ayo...kebut setoran.....mudik2........
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
mang odoy- KAPTEN
- Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
apakah yg mas tanyakan tsb logis kita bahas dithread ini kang mas???? sebenarnya copasan saya hadits diatas tsb untuk pembahasan sabab musabab serta membantah hasil analisa kang mas iniabu hanan wrote:jadi gimana kesimpulan kang?nabi isa turun dengan sebab bahwa kekacauan di muka bumi uda sangat hebat banget ato gimana?
dan satu pertanyaan lagi;apakah nabi isa masih hidup sekarang?
ayo...kebut setoran.....mudik2........
Jujur aja kang mas... saya merasa sedih melihat kang mas menganalisa tentang kalimat اَوْشَكَ diatas, menurut saya kang mas udah melakukan kekeliuran besar terhadap makna اَوْشَكَ tsb, maaf... menurut saya اَوْشَكَ tsb diartikan kedlam bahasa indonesia emang agak susah kita pahami maksudnya, benar emang اَوْشَكَ, كَرَبَ ,كَادَ adalah Fi’il yang dipakai untuk menunjukkan makna dekatnya sesuatu perbuatan istilahnya af’alul muqaarabah, tp pemahaman maknanya berbeda2 kang mas menurut saya yg bodoh ini.... menurut saya yg bermakna hampir saja alias nyaris adalah kaada كَادabu hanan wrote:
وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَيُوْشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيْكُمْ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا
buginih....
bahwa fi'il mudlori dapat diPASTIkan terjadi apabila ada huruf سوف atow س.namun dengan penggunaan redaksi dengan kaidah لَ يُوْشِكَنَّ yg berasal dari LAM dan اَوْشَكَ ,bagi sayah,tidak menujukkan kepastian peristiwa.
karena sayah cenderung memilih حَرَى
sayah ambil contoh ;
abu hanan HAMPIR SAJA turun
dan dengan tambahan LAM sbg jawabul qasam (kesungguhan) maka dapat dimaknai;
(sungguh) abu hanan HAMPIR SAJA turun
dan apabila menggunakan حَرَى,contohnyah;
abu hanan PANTAS untuk turun
kedua contoh diatas memiliki kamsut yg sama bahwa abu hanan belum berdiri,masih NYARIS turun.tetapi kedua contoh diatas mengesankan 2 kondisi yg berbeda.
1.pada contoh (sungguh) abu hanan HAMPIR SAJA turun
-->>abu hanan masih belum turun dan belum tentu akan turun
2.abu hanan PANTAS untuk turun
-->>suatu penilaian/kesimpulan telah ada sebelum peristiwa terjadi.dan abu hanan pun belum tentu TURUN tetapi telah ada suatu penilaian/kesimpulan sebelum peristiwa pantas atow secara wajar bakal terjadi
dan kedua contoh tersebut mengisyaratkan HARUS ada SEBAB yg dapat menyebabkan abu hanan turun..
aja, sedangkan اَوْشَكَ bermakna hampir tiba atau dekat bukan nyaris..... berarti mengabarkan hal2 atau kabar yg akan datang, kalo istilah tetangga sebelah nubuatan... napa????? Cb kang mas pelajari hadits diatas tsb... benerkah dalam hadits tsb bentuk kalimatnya adalah اَوْشَكَ yg bermakna hampir tiba atau dekat bukan nyaris? yadah utk perbandingannya saya copas bbrp hadits lg yg memakai kalimat اَوْشَكَ ya kang mas.....
1. اَلاَوَاِنَّ حِمىَ اللهِ مَعَاصِيْهِ فَمَنْ حاَمَ حَوْلَ الْحِمىَ يُوْشِكُ اَنْ يَقَعَ فِيْهِ
“Ingatlah, tanaman Allah adalah ma’siat-ma’siat kepada-Nya. Siapa yang menggembalakan didekat tanaman tersebut, ia akan terjerumus di dalamnya. (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim)
2. يُوْ شِكُ اْلأُمَمُ أَنْ تَدَاعى عَلَيْكُمْ كَمَا تَدَاعَى اْلأَكَلَةُ إِلَى قَصْعَتِهَا فَقَالَ قَائِلٌ: وَمِنْ قِلَّةٍ نَحْنُ يَوْمَئِذٍ ؟ قَلَ بَلْ أَنْتُمْ يَوْمَئِذٍ كَثِيْرٌ وَلكِنَّكُمْ غُثَاءٌ كَغُثَاء السَّيْل وَلَينْز عَنَّ اللهُ مِنْ صُدُوْر عَدُوِّكُمْ الْمَهَابَةَ مِنْكُمْ، وَلَيَقْذِفَنَّ اللهُ فِى قُلُوْبِكُمُ الْوَهْنَ فَقَالَ قَائِلٌ: يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَا الْوَهْنُ ؟ قَالَ: حُبُّ الدُّنْيَا وَكَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ
"Sebentar lagi akan muncul ummat-ummat yang berkerumun (memperebutkan) kalian seperti berkerumunnya orang-orang yang makan pada piringnya." Maka seseorang bertanya, "Apakah karena sedikitnya kami pada saat itu ?" Rasulullah menjawab, "Bahkan jumlah kalian banyak, akan tetapi kalian adalah buih seperti buih ombak. Dan sungguh-sungguh Allah akan mencabut rasa gentar di hati musuh-musuh kalian, kemudian Allah benar-benar akan melemparkan ke hati-hati kalian sifat Wahn."
Maka bertanya seseorang, "Wahai Rasulullah, apakah Wahn itu ?" Rasulullah menjawab, "Cinta dunia dan takut kematian" (HR Abu Dawud)
3. إِنِّي أُوشِكُ أَنْ أُدْعَى فَأُجِيبُ ، وَإِنِّي تَارِكٌ فِيكُمُ الثَّقَلَيْنِ ، كِتَابَ اللَّهِ ، وَعِتْرَتِي أَهْلَ بَيْتِي ، وَإِنَّ اللَّطِيفَ الْخَبِيرَ أَخْبَرَنِي ، أَنَّهُمَا لَنْ يَتَفَرَّقَا حَتَّى يَرِدَا عَلَيَّ الْحَوْضَ ، فَانْظُرُوا بِمَا تَخْلُفُونِي فِيهِمَا
“Aku hampir dipanggil dan aku akan menjawabnya. Dan aku tinggalkan kepada kalian dua perkata: Kitabullah dan itrah-ku yaitu ahlul bait-ku. Sesungguhnya Al Lathiif Al Khabiir mengabarkan kepadaku bahwa keduanya tidak akan berpisah hingga menemuiku di al haudh. Oleh karena itu perhatikanlah oleh kalian, apa yang kalian perbuat terhadap keduanya sesudahku” (HR. Ahmad dalam Fadhail Ash Shahabah 1219)
4. أَمَّا بَعْدُ أَلَا أَيُّهَا النَّاسُ فَإِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ يُوشِكُ أَنْ يَأْتِيَ رَسُولُ رَبِّي فَأُجِيبَ وَأَنَا تَارِكٌ فِيكُمْ ثَقَلَيْنِ أَوَّلُهُمَا كِتَابُ اللَّهِ فِيهِ الْهُدَى وَالنُّورُ فَخُذُوا بِكِتَابِ اللَّهِ وَاسْتَمْسِكُوا بِهِ فَحَثَّ عَلَى كِتَابِ اللَّهِ وَرَغَّبَ فِيهِ ثُمَّ قَالَ وَأَهْلُ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي فَقَالَ
‘Amma ba’du, ketahuilah wahai sekalian manusia, sesungguhnya aku hanyalah seorang manusia, hampir tiba masanya kedatangan seorang utusan Rabbku dan aku akan menyambut panggilannya. Sungguh, aku telah tinggalkan padamu dua perkara, pertama Kitabullah, di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya. Ambillah pedoman dari Kitabullah dan pegang teguhlah ia. Beliau memerintahkan untuk berpegang teguh kepada Kitabullah dan mencintainya, lalu beliau bersabda, ‘ Dan aku peringatkan kepada Allah agar kalian menjaga ahli baitku’ Beliau ulangi sebanyak tiga kali.’(HR muslim)
5. Daripada Miqdam bin Ma'dikariba r.a. berkata:
Bahawasanya Rasulullah s.a.w. bersabda, "Hampir tiba suatu masa di mana seorang lelaki yang sedang duduk bersandar di atas katilnya, lalu disampaikan orang kepadanya sebuah hadis daripada hadisku maka ia berkata : "Pegangan kami dan kamu hanyalah kitabullah (al-Quran) sahaja. Apa yang dihalalkan oleh al-
Quran kami halalkan. Dan apa yang ia haramkan kami haramkan". Kemudian Nabi s.a.w. melanjutkan sabdanya: "Padahal apa yang diharamkan oleh Rasulullah s.a.w. samalah hukumnya dengan apa yang diharamkan oleh Allah s.w.t."(Riwayat Abu Daud).
6. dari jabir bin abdillah ia berkata, hampir tiba masanya makanan satu mud dan sekeping dirham di larang dibawa ke iraq. Lalu kami bertanya, siapa yang melakukan hal itu? Beliau menjawab, 'orang orang ajam yang melakukan hal itu' kemudian beliau berkata lagi, 'hampir tiba masanya syam dilarang dari makanan dan dinarnya' lalu kami bertanya, siapa yang melakukan hal itu? Beliau menjawab, 'orang orang romawi yang melakukan hal itu' kemudian beliau diam sejenak lalu berkata, 'rosululah bersabda di akhir zaman umatku ada seorang khalifah yang membagi bagikan harta dengan kedua tanganya tanpa menghitungnya sama sekali' HR Imam Muslim
7. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abu Sha'Sha'ah dari bapaknya dari Abu Sa'id Al Khudri bahwa dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Hampir saja terjadi (suatu zaman) harta seorang muslim yang paling baik adalah kambing yang digembalakannya di puncak gunung dan tempat-tempat terpencil, dia pergi menghindar dengan membawa agamanya disebabkan takut terkena fitnah.
8. Dari jalur lain diriwayatkan dengan lafazh. “Hampir tiba masanya orang-orang saling bertanya sesama mereka. Sehingga ada yang bertanya, ‘Allah telah menciptakan ini dan itu, lalu siapakah yang menciptakan Allah?’ Jika mereka mengatakan seperti itu, maka bacakanlah, ‘Katakanlah: ‘Dialah Allah, Yang Mahaesa.’ Allah adalah Ilah yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.’ (Al-Ikhlas: 1-4). Kemudian, hendaklah ia meludah ke kiri sebanyak tiga kali, lalu berlindung kepada Allah dari gangguan syaitan dengan mengucapkan isti’adzah.” (HR Abu Dawud [4732], An-Nasa’i dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah [460], Abu Awanah [I/81-82], Ibnu Abdil Barr dalam at-Tamhiid [VII/146]).
NOTE: Daripada Abdullah bin Amr bin 'ash r.a. berkata: Aku mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda;- "Bahawasanya Allah s.w.t. tidak mencabut (menghilangkan) akan ilmu itu dengan sekaligus dari (dada) manusia. Tetapi Allah s.w.t. menghilangkan ilmu itu dengan mematikan alim ulama. Maka apabila sudah ditiadakan alim ulama, orang ramai akan memilih orang-orang yang jahil sebagai pemimpin mereka. Maka apabila pemimpin yang jahil itu ditanya, mereka akan berfatwa tanpa ilmu pengetahuan. Mereka sesat dan menyesatkan orang lain."(HR Muslim)
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
abu hanan wrote:jadi gimana kesimpulan kang?nabi isa turun dengan sebab bahwa kekacauan di muka bumi uda sangat hebat banget ato gimana?
dan satu pertanyaan lagi;apakah nabi isa masih hidup sekarang?
ayo...kebut setoran.....mudik2........
kang mas... kalo menurut kang mas pertanyaan tsb logis gak kita bahas disini dgn judul thread bgtu????
Maryam 31. dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;
32. dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.
33. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali".
34. Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.
35. Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia.
36. Sesungguhnya Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahIah Dia oleh kamu sekalian. Ini adalah jalan yang lurus.
37. Maka berselisihlah golongan-golongan (yang ada) di antara mereka Maka kecelakaanlah bagi orang-orang kafir pada waktu menyaksikan hari yang besar.
(Ingatlah), ketika Allah mengatakan: "Hai 'Isa putra Maryam, ingatlah ni'mat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan ijin-Ku, kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan (ingatlah) di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir diantara mereka berkata: "Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata". (Al-Maidah: 110)
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
Masih sesuai konteks.karena nabi isa yg bakal turun kalo sayah pikir berarti beliow dalam keadaan hidup saat ini.dan membayar zakat.artinya beliow sekarang bekerja/berusaha mencari nafkah.kecuali zakat dalam ayat diatas memiki arti kiasan…dan below pun mengetahui permasalahan umat.ht wrote:kang mas... kalo menurut kang mas pertanyaan tsb logis gak kita bahas disini dgn judul thread bgtu????
Kang… hadits yg akang bawa tetap aja menyiratkan bahwa ada sebab untuk akibat;
1. Ingatlah, tanaman Allah adalah ma’siat-ma’siat kepada-Nya. Siapa yang menggembalakan didekat tanaman tersebut, ia akan terjerumus di dalamnya.
Menggembalakan dekat tanaman = sebab
Terjerumus = akibat
2. hadits nomor 2 pun memiliki sebab yaitu Cinta dunia dan takut kematian
3. dan seterusnya
jadi kamsutnyah sayah,nabi isa PASTI dan BAKAL turun kalow ada sebab.bukan sekedar nubuat/ramalan karena sisi ramalan/nubuat uda gak kompak.
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
Maka setelah Engkau wafatkan Aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka ayat ini udah jelas dan tegas
sulaemanwae- REGISTERED MEMBER
-
Posts : 3
Location : madiun
Join date : 26.07.12
Reputation : 0
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
sulaemanwae wrote:Maka setelah Engkau wafatkan Aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka ayat ini udah jelas dan tegas
wah..pasukan JACKY CHEN nambah nih keknya....
mang odoy- KAPTEN
- Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
abu hanan wrote:Masih sesuai konteks.karena nabi isa yg bakal turun kalo sayah pikir berarti beliow dalam keadaan hidup saat ini.dan membayar zakat.artinya beliow sekarang bekerja/berusaha mencari nafkah.kecuali zakat dalam ayat diatas memiki arti kiasan…dan below pun mengetahui permasalahan umat.ht wrote:kang mas... kalo menurut kang mas pertanyaan tsb logis gak kita bahas disini dgn judul thread bgtu????
Kang… hadits yg akang bawa tetap aja menyiratkan bahwa ada sebab untuk akibat;
1. Ingatlah, tanaman Allah adalah ma’siat-ma’siat kepada-Nya. Siapa yang menggembalakan didekat tanaman tersebut, ia akan terjerumus di dalamnya.
Menggembalakan dekat tanaman = sebab
Terjerumus = akibat
2. hadits nomor 2 pun memiliki sebab yaitu Cinta dunia dan takut kematian
3. dan seterusnya
jadi kamsutnyah sayah,nabi isa PASTI dan BAKAL turun kalow ada sebab.bukan sekedar nubuat/ramalan karena sisi ramalan/nubuat uda gak kompak.
Kalo menurut saya kang mas ya.... org tidur gak diwajibkan zakat dan shalat selama dia tidur gtu loh!!!! Kayak cerita yg tdur dalam gua dalam surat al kahfi itu kang mas....abu hanan wrote:Masih sesuai konteks.karena nabi isa yg bakal turun kalo sayah pikir berarti beliow dalam keadaan hidup saat ini.dan membayar zakat.artinya beliow sekarang bekerja/berusaha mencari nafkah.kecuali zakat dalam ayat diatas memiki arti kiasan…dan below pun mengetahui permasalahan umat.
abu hanan wrote:kedua contoh diatas memiliki kamsut yg sama bahwa abu hanan belum berdiri,masih NYARIS turun.tetapi kedua contoh diatas mengesankan 2 kondisi yg berbeda.
1.pada contoh (sungguh) abu hanan HAMPIR SAJA turun
-->>abu hanan masih belum turun dan belum tentu akan turun
2.abu hanan PANTAS untuk turun
-->>suatu penilaian/kesimpulan telah ada sebelum peristiwa terjadi.dan abu hanan pun belum tentu TURUN tetapi telah ada suatu penilaian/kesimpulan sebelum peristiwa pantas atow secara wajar bakal terjadi
dan kedua contoh tersebut mengisyaratkan HARUS ada SEBAB yg dapat menyebabkan abu hanan turun..
Sebenarnya gni loh kang mas... hanya saya membantah pengertian tentang makna اَوْشَكَ loh.... yg kang mas artikan dgn maksud nyaris, makanya saya kasih perbandingan tentang hadits2 tsb yg memakai redaksi kalimat اَوْشَكَ maknanya gmn gtu..... masalah sebab akibat kan udah atu dgn hadits tentang ya’juj ma’juj kang mas.....
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
hancur hatikuhamba tuhan wrote:abu hanan wrote:Masih sesuai konteks.karena nabi isa yg bakal turun kalo sayah pikir berarti beliow dalam keadaan hidup saat ini.dan membayar zakat.artinya beliow sekarang bekerja/berusaha mencari nafkah.kecuali zakat dalam ayat diatas memiki arti kiasan…dan below pun mengetahui permasalahan umat.ht wrote:kang mas... kalo menurut kang mas pertanyaan tsb logis gak kita bahas disini dgn judul thread bgtu????
Kang… hadits yg akang bawa tetap aja menyiratkan bahwa ada sebab untuk akibat;
1. Ingatlah, tanaman Allah adalah ma’siat-ma’siat kepada-Nya. Siapa yang menggembalakan didekat tanaman tersebut, ia akan terjerumus di dalamnya.
Menggembalakan dekat tanaman = sebab
Terjerumus = akibat
2. hadits nomor 2 pun memiliki sebab yaitu Cinta dunia dan takut kematian
3. dan seterusnya
jadi kamsutnyah sayah,nabi isa PASTI dan BAKAL turun kalow ada sebab.bukan sekedar nubuat/ramalan karena sisi ramalan/nubuat uda gak kompak.Kalo menurut saya kang mas ya.... org tidur gak diwajibkan zakat dan shalat selama dia tidur gtu loh!!!! Kayak cerita yg tdur dalam gua dalam surat al kahfi itu kang mas....abu hanan wrote:Masih sesuai konteks.karena nabi isa yg bakal turun kalo sayah pikir berarti beliow dalam keadaan hidup saat ini.dan membayar zakat.artinya beliow sekarang bekerja/berusaha mencari nafkah.kecuali zakat dalam ayat diatas memiki arti kiasan…dan below pun mengetahui permasalahan umat.
mengenang dikau
bunga terakhir ku persembahkan kepada yg terindah...
gpp deh..itu yg sayah tebelin kayaknya pernah nongol di mall deh...ntar dicariin aja yuk.....
lha kalow singgung YM (bukan Yahoo Mesenjer) mah kan satu paket sama tanda2 yg lain toh kang...hamba tuhan wrote:abu hanan wrote:kedua contoh diatas memiliki kamsut yg sama bahwa abu hanan belum berdiri,masih NYARIS turun.tetapi kedua contoh diatas mengesankan 2 kondisi yg berbeda.
1.pada contoh (sungguh) abu hanan HAMPIR SAJA turun
-->>abu hanan masih belum turun dan belum tentu akan turun
2.abu hanan PANTAS untuk turun
-->>suatu penilaian/kesimpulan telah ada sebelum peristiwa terjadi.dan abu hanan pun belum tentu TURUN tetapi telah ada suatu penilaian/kesimpulan sebelum peristiwa pantas atow secara wajar bakal terjadi
dan kedua contoh tersebut mengisyaratkan HARUS ada SEBAB yg dapat menyebabkan abu hanan turun..
Sebenarnya gni loh kang mas... hanya saya membantah pengertian tentang makna اَوْشَكَ loh.... yg kang mas artikan dgn maksud nyaris, makanya saya kasih perbandingan tentang hadits2 tsb yg memakai redaksi kalimat اَوْشَكَ maknanya gmn gtu..... masalah sebab akibat kan udah atu dgn hadits tentang ya’juj ma’juj kang mas.....
sering sayah tangkap tuh ikan eh sapi eh hadits yg اَوْشَكَ dan selalu terhubung antara sebab musabab.sehingga seperti yang sayah sampaikan di awal perjumpaan kalow nabi isa turun jika berhala uda merajalela dan sebagenyah..yg berarti dalam kondisi tersebut gak ada satu muslim yang hidup di bumi dalam rangka menegakkan agama allah.
padahal tiyap muslim wajib beramal sesuai amanah al imran 110.
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
Hamba Tuhan wrote:
Kalo menurut saya kang mas ya.... org tidur gak diwajibkan zakat dan shalat selama dia tidur gtu loh!!!! Kayak cerita yg tdur dalam gua dalam surat al kahfi itu kang mas....
Oooo...pak ustat ini MEYAKINI kalow Nabi Isa ini di niniboboin....thooo..???
Kalowpun mau dibandingkan dengan kisah Ashabul Kahfi...... kesembilan pemuda ini secara data di Quran....JASAD MEREKA masih terbaring UTUH dalam sebuah GOA..
Lhaa....pigimane dengan Nabi ISa...???
Keknya harus dilakukan ekplorasi nih..buat nemuin JASADNYA NABI ISA....
mang odoy- KAPTEN
- Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
setiap mbahas ISA
berantem sendiri
:study:
berantem sendiri
:study:
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
kok sembilan amang???? apa udah bener tuh.... jgn2 amang salah itung...... tapi jasad mereka yg masih utuh dalam gua tsb 1 manusiapun wkt itu gada yg tau bahwa jasad mereka ada dlm gua tsb... coba amang sebutkan referensi bahwa ada saksi mata yg melihat mereka tertidur dlm gua tsb.... monggomang odoy wrote:Hamba Tuhan wrote:
Kalo menurut saya kang mas ya.... org tidur gak diwajibkan zakat dan shalat selama dia tidur gtu loh!!!! Kayak cerita yg tdur dalam gua dalam surat al kahfi itu kang mas....
Oooo...pak ustat ini MEYAKINI kalow Nabi Isa ini di niniboboin....thooo..???
Kalowpun mau dibandingkan dengan kisah Ashabul Kahfi...... kesembilan pemuda ini secara data di Quran....JASAD MEREKA masih terbaring UTUH dalam sebuah GOA..
Lhaa....pigimane dengan Nabi ISa...???
Keknya harus dilakukan ekplorasi nih..buat nemuin JASADNYA NABI ISA....
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: KUPAS TUNTAS HADITS NABI ISA TURUN KE BUMI
1. nah... berarti yg kang mas tangkap tsb keliru deh menurut saya kalo hadits yg اَوْشَكَ dan selalu terhubung antara sebab musabab, krn gada 1 patokan atau kaidah yg menetapkan hal tsb... skrg coba kang mas pahami hadits yg dibawah ini apakah terhubung antara sebab dan akibat???? silahkeun kang mas....abu hanan wrote:hancur hatikuhamba tuhan wrote:abu hanan wrote:Masih sesuai konteks.karena nabi isa yg bakal turun kalo sayah pikir berarti beliow dalam keadaan hidup saat ini.dan membayar zakat.artinya beliow sekarang bekerja/berusaha mencari nafkah.kecuali zakat dalam ayat diatas memiki arti kiasan…dan below pun mengetahui permasalahan umat.ht wrote:kang mas... kalo menurut kang mas pertanyaan tsb logis gak kita bahas disini dgn judul thread bgtu????
Kang… hadits yg akang bawa tetap aja menyiratkan bahwa ada sebab untuk akibat;
1. Ingatlah, tanaman Allah adalah ma’siat-ma’siat kepada-Nya. Siapa yang menggembalakan didekat tanaman tersebut, ia akan terjerumus di dalamnya.
Menggembalakan dekat tanaman = sebab
Terjerumus = akibat
2. hadits nomor 2 pun memiliki sebab yaitu Cinta dunia dan takut kematian
3. dan seterusnya
jadi kamsutnyah sayah,nabi isa PASTI dan BAKAL turun kalow ada sebab.bukan sekedar nubuat/ramalan karena sisi ramalan/nubuat uda gak kompak.Kalo menurut saya kang mas ya.... org tidur gak diwajibkan zakat dan shalat selama dia tidur gtu loh!!!! Kayak cerita yg tdur dalam gua dalam surat al kahfi itu kang mas....abu hanan wrote:Masih sesuai konteks.karena nabi isa yg bakal turun kalo sayah pikir berarti beliow dalam keadaan hidup saat ini.dan membayar zakat.artinya beliow sekarang bekerja/berusaha mencari nafkah.kecuali zakat dalam ayat diatas memiki arti kiasan…dan below pun mengetahui permasalahan umat.
mengenang dikau
bunga terakhir ku persembahkan kepada yg terindah...
gpp deh..itu yg sayah tebelin kayaknya pernah nongol di mall deh...ntar dicariin aja yuk.....lha kalow singgung YM (bukan Yahoo Mesenjer) mah kan satu paket sama tanda2 yg lain toh kang...hamba tuhan wrote:abu hanan wrote:kedua contoh diatas memiliki kamsut yg sama bahwa abu hanan belum berdiri,masih NYARIS turun.tetapi kedua contoh diatas mengesankan 2 kondisi yg berbeda.
1.pada contoh (sungguh) abu hanan HAMPIR SAJA turun
-->>abu hanan masih belum turun dan belum tentu akan turun
2.abu hanan PANTAS untuk turun
-->>suatu penilaian/kesimpulan telah ada sebelum peristiwa terjadi.dan abu hanan pun belum tentu TURUN tetapi telah ada suatu penilaian/kesimpulan sebelum peristiwa pantas atow secara wajar bakal terjadi
dan kedua contoh tersebut mengisyaratkan HARUS ada SEBAB yg dapat menyebabkan abu hanan turun..
Sebenarnya gni loh kang mas... hanya saya membantah pengertian tentang makna اَوْشَكَ loh.... yg kang mas artikan dgn maksud nyaris, makanya saya kasih perbandingan tentang hadits2 tsb yg memakai redaksi kalimat اَوْشَكَ maknanya gmn gtu..... masalah sebab akibat kan udah atu dgn hadits tentang ya’juj ma’juj kang mas.....
sering sayah tangkap tuh ikan eh sapi eh hadits yg اَوْشَكَ dan selalu terhubung antara sebab musabab.sehingga seperti yang sayah sampaikan di awal perjumpaan kalow nabi isa turun jika berhala uda merajalela dan sebagenyah..yg berarti dalam kondisi tersebut gak ada satu muslim yang hidup di bumi dalam rangka menegakkan agama allah.
padahal tiyap muslim wajib beramal sesuai amanah al imran 110.
5. Daripada Miqdam bin Ma'dikariba r.a. berkata:
Bahawasanya Rasulullah s.a.w. bersabda, "Hampir tiba suatu masa di mana seorang lelaki yang sedang duduk bersandar di atas katilnya, lalu disampaikan orang kepadanya sebuah hadis daripada hadisku maka ia berkata : "Pegangan kami dan kamu hanyalah kitabullah (al-Quran) sahaja. Apa yang dihalalkan oleh al-
Quran kami halalkan. Dan apa yang ia haramkan kami haramkan". Kemudian Nabi s.a.w. melanjutkan sabdanya: "Padahal apa yang diharamkan oleh Rasulullah s.a.w. samalah hukumnya dengan apa yang diharamkan oleh Allah s.w.t."(Riwayat Abu Daud).
2. AH : padahal tiyap muslim wajib beramal sesuai amanah al imran 110
HT : kalo menurut saya mah... bukan al imran 110 aja yg wajib diamalkan kang mas, byk banget perintah dlm alquran dan hadits yg wajib diamalkan oleh seorang muslim.... nah!!! apakah udah diamalkan semua????? kalo udah gak perlu lg deh tukang dakwah kang mas.....
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Halaman 5 dari 17 • 1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 11 ... 17
Similar topics
» KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA
» [VERSI 1] KUPAS TUNTAS//CARA MEMBUAT MESIN LAS DARI TRAFO BEKAS 10A [WORK 100%]
» [YG bisa terkait][LaguRohani] Lagu Rohani Kristen |"Kidung Kerajaan: Kerajaan Turun ke Bumi" (Ⅰ Ⅱ Ⅲ )
» memahami hadits nabi
» Pendapat Imam Madzhab Tentang Hadits Nabi SAW
» [VERSI 1] KUPAS TUNTAS//CARA MEMBUAT MESIN LAS DARI TRAFO BEKAS 10A [WORK 100%]
» [YG bisa terkait][LaguRohani] Lagu Rohani Kristen |"Kidung Kerajaan: Kerajaan Turun ke Bumi" (Ⅰ Ⅱ Ⅲ )
» memahami hadits nabi
» Pendapat Imam Madzhab Tentang Hadits Nabi SAW
Halaman 5 dari 17
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik