FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Sholat dikandang kambing lebih berkah

Post by Thunderstruck on Wed Aug 21, 2013 12:02 pm

Dari Abdullah bin Mughaffal Al Muzani dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

صَلُّوا فِي مَرَابِضِ الْغَنَمِ وَلَا تُصَلُّوا فِي أَعْطَانِ الْإِبِلِ فَإِنَّهَا خُلِقَتْ مِنْ الشَّيَاطِينِ
“Shalatlah kalian di kandang kambing dan jangan shalat di kandang unta, sebab ia diciptakan dari setan.” (HR. An-Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad)


Kalau mau berkah Nabimu menyuruh sholat dikandang kambing tuh slim..

Omong2..Jadi Muhammad saat menyuruh Umatnya minum kencing Unta, meminum kencing Setan atau gimana ?
usil kehkehkehkehkehkeh
avatar
Thunderstruck
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 148
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Bait Tuhan
Join date : 10.05.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Thunderstruck on Wed Aug 21, 2013 12:10 pm

Jorok amat
usil kehkehkehkehkeh
avatar
Thunderstruck
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 148
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Bait Tuhan
Join date : 10.05.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by wahyu_zein_alkaf on Wed Aug 21, 2013 12:13 pm

@Thunderstruck wrote:Dari Abdullah bin Mughaffal Al Muzani dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

صَلُّوا فِي مَرَابِضِ الْغَنَمِ وَلَا تُصَلُّوا فِي أَعْطَانِ الْإِبِلِ فَإِنَّهَا خُلِقَتْ مِنْ الشَّيَاطِينِ
“Shalatlah kalian di kandang kambing dan jangan shalat di kandang unta, sebab ia diciptakan dari setan.” (HR. An-Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad)


Kalau mau berkah Nabimu menyuruh sholat dikandang kambing tuh slim..

Omong2..Jadi Muhammad saat menyuruh Umatnya minum kencing Unta, meminum kencing Setan atau gimana ?
usil kehkehkehkehkehkeh
Maksudnya kamu mau membuktikan apa neh?

Ini ruang tanya jawab, jadi mana pertanyaannya? mana 
avatar
wahyu_zein_alkaf
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Mutiara on Wed Aug 21, 2013 12:16 pm

hadis itu pun macam2, ada yang PALSU dan meragukan dll.
itu link sumbernya mana?

btw. air kencing unta lebih ilmiah daripada jedotin lutut nyembah patung tuhanmu, karena sudah diteliti secara ilmiah bisa menyembuhkan leukimia dan bbrp kanker lainnya.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by wahyu_zein_alkaf on Wed Aug 21, 2013 12:20 pm

@Mutiara wrote:hadis itu pun macam2, ada yang PALSU dan meragukan dll.
Mba mut, menurut Ibnu Hazm rahimahullah, hadist tersebut sudah dinukil secara mutawaatir, sehingga dapat diyakini kebenarannya.


Terakhir diubah oleh wahyu_zein_alkaf tanggal Wed Aug 21, 2013 12:21 pm, total 1 kali diubah
avatar
wahyu_zein_alkaf
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Mutiara on Wed Aug 21, 2013 12:21 pm

mana link sumbernya?
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by wahyu_zein_alkaf on Wed Aug 21, 2013 12:21 pm

@Mutiara wrote:mana link sumbernya?
Monggo ketiwi 
avatar
wahyu_zein_alkaf
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Mutiara on Wed Aug 21, 2013 12:24 pm

soalnya sesahih apapun SANAD suatu hadis, kalau MATANnya bertentangan dengan satu saja ayat Quran maka gugurlah hadis tersebut.

Ini kan initinya:

Adapun larangan shalat di kandang atau tempat menderumnya onta, maka kami katakan:
Ibnu Hazm -rahimahullah- telah berkata dalam Al-Muhalla (4/25), “Hadits-hadits larangan shalat di tempat perhentian unta dinukil secara mutawaatir, dapat diyakini kebenarannya.”
Adapun sebab terlarangnya shalat di kandang onta, maka bukan dikarenakan karena kotoran onta itu najis. Akan tetapi sebabnya telah ditegaskan dalam hadits. Dari Abdullah bin Mughaffal Al Muzani dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
صَلُّوا فِي مَرَابِضِ الْغَنَمِ وَلَا تُصَلُّوا فِي أَعْطَانِ الْإِبِلِ فَإِنَّهَا خُلِقَتْ مِنْ الشَّيَاطِينِ
“Shalatlah kalian di kandang kambing dan jangan shalat di kandang unta, sebab ia diciptakan dari setan.” (HR. An-Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad)
Dalam riwayat salah satu riwayat Ahmad, “Janganlah kalian shalat di tempat penambatan unta, karena dia diciptakan dari jin. Tidakkah kalian lihat matanya dan keadaannya ketika sedang mengamuk?”
Maka dari sini, Asy-Syafi’iyah dan Al-Malikiah menyatakan bahwa sebab larangan shalat di kandang onta adalah karena sifat unta yang suka mengamuk. Kadangkala unta mengamuk sementara orang itu sedang mengerjakan shalat sehingga dia terpaksa memutuskan shalatnya, atau dapat membahayakan dirinya, atau dapat mengganggu konsentrasinya dan memalingkannya dari kekhusyu’an dalam shalat. Karenanya berdasarkan hal ini, perlu dibedakan hukum shalat antara onta itu sedang berada di kandangnya atau tidak. Jika onta itu sedang di kandangnya maka tidak boleh shalat di situ, sementara jika dia sedang di luar kandang dan tidak dikhawatirkan dia akan kembali di tengah dia sedang shalat, maka insya Allah boleh shalat di kandang onta.

Jadi dilarangnya itu karena :
1) ketika ada untanya di dekatnya, karena dikhawatirkan kalau suatu saat mengamuk, bisa membahayakan manusia yang sedang sholat di dekatnya
2) ketika kandangnya kosong, sepanjang bersih dari najis diperbolehkan, kecuali najisnya tidak bisa diatasi. seperti tidak ada tempat lainnya saja.

Jadi maksudnya, kalau dalam kondisi darurat, boleh sholat di kandang kambing yang ada kambingnya disebelahnya, karena ukuran kambing yang LEBIH KECIL daripada unta, sehingga tidak akan membahayakan seperti unta,


Terakhir diubah oleh Mutiara tanggal Wed Aug 21, 2013 12:33 pm, total 2 kali diubah
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by wahyu_zein_alkaf on Wed Aug 21, 2013 12:27 pm

@Mutiara wrote:soalnya sesahih apapun SANAD suatu hadis, kalau MATANnya bertentangan dengan satu saja ayat Quran maka gugurlah hadis tersebut.
Ya memang benar sih, tapi kita sedang tidak membahas itu sekarang. Sayapun dah tanya sama TS maksud dan pertanyaannya apa, tapi masih belum dijawab panas 
avatar
wahyu_zein_alkaf
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

re -

Post by myxpnelyx on Wed Aug 21, 2013 12:35 pm

Asy-Syafi’iyah dan Al-Malikiah menyatakan bahwa sebab larangan shalat di kandang onta adalah karena sifat unta yang suka mengamuk. Kadangkala unta mengamuk sementara orang itu sedang mengerjakan shalat sehingga dia terpaksa memutuskan shalatnya, atau dapat membahayakan dirinya, atau dapat mengganggu konsentrasinya dan memalingkannya dari kekhusyu’an dalam shalat. Karenanya berdasarkan hal ini, perlu dibedakan hukum shalat antara onta itu sedang berada di kandangnya atau tidak. Jika onta itu sedang di kandangnya maka tidak boleh shalat di situ, sementara jika dia sedang di luar kandang dan tidak dikhawatirkan dia akan kembali di tengah dia sedang shalat, maka insya Allah boleh shalat di kandang onta.
terbukti secara ilmiah dan kajian saintifik bahwa air kencing unta yang dicampur dengan susu unta, boleh menyembuhkan berbagai macam penyakit, diantaranya penyakit kanker, leukemia (kanker darah), hepatitis, penyakit gula (diabetes), dan penyakit kulit.
“(Mengapa mereka yang kafir masih mengingkari akhirat) tidakkah mereka memperhatikan keadaan unta bagaimana ia diciptakan?” (Surah Al-Ghaasyiyah 88:17)
Sekarang mari kita bandingkan dengan keterangan dari Alkitab yg menyebutkan tentang memakan kotoran dan meminum air seni manusia. Berikut dalil-dalinya:
“Tetapi juru minuman agung berkata kepada mereka:”Adakah tuanku mengutus aku untuk megucapkan perkataan-perkataan ini hanya kepada tuanmu dan kepadamu saja? Bukankah juga kepada orang-orang yg duduk di atas tembok, yang memakan tahinya dan meminum air kencingnya bersama-sama dengan kamu?” (2 Raja-raja 18:27)

myxpnelyx
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 137
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 17.08.13
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Ibnu Sabil on Wed Aug 21, 2013 2:00 pm

Boleh menambahkan.

Sholat itu artinya berdzikir dan menghadap kepada Allah SWT yang suci, takjim nya ya semua harus suci (tempat dan orangnya). Adapun wangi-wangian itu hanya sunnah yang sudah dicontohkan rosulullah SAW.

Pertanyaannya adalah apakah tidak ada tempat lain selain kandang yang kondisinya lebih bersih.
Jika mengacu keadaan darurat makan daging ular yang jelas2 haram saja boleh toh.
piss 







avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 78
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Thunderstruck on Fri Aug 23, 2013 9:34 am

KehKehKehKehKeh
Muslim kebingungan menentukan kehigienisan yg lebih utama antara Kandang Kambing atau Kandang Unta.

Sampai-sampai jungkir balik bela nabinya yg lupa kalau diluar kandang binatang ada yg jaooooooooooohhh lebih bersih..

slim..slim..

KehKehKehKehKeh
usil
avatar
Thunderstruck
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 148
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Bait Tuhan
Join date : 10.05.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by frontline defender on Fri Aug 23, 2013 10:32 am

elu tu yang jungkir balik! emangnya dalam hadits itu ada pilihan sholat diluar kandang?

ketiwi 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by yakobus on Fri Aug 23, 2013 10:50 am

Gile bener!!Tempat penuh kotoran hewan saja masih pilih-pilih buat digelarin tiker?Busyet dah

yakobus
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 118
Kepercayaan : Katolik
Location : Samaria
Join date : 07.06.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Yishmael Avrahami on Fri Aug 23, 2013 11:47 am

hal itu untuk menjelaskan tempat yg dibolehkan dan tempat yg dilarang untuk sholat....tempat yg dilarang selain kandang onta adalah kamar mandi dan kuburan....
avatar
Yishmael Avrahami
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 272
Kepercayaan : Islam
Location : Neturei Karta
Join date : 10.10.11
Reputation : 6

http://www.nkusa.org/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Thunderstruck on Fri Aug 30, 2013 11:07 pm

ooo jadi Onta Lbh Buas dibanding Kambing ya?
Pernah Liat orang diseruduk Kambing gak?

Kehkehkehkeh, muslim jungkir balik bingung mau bilang kotor tapi boleh, mau bilang boleh tapi lebih buas Onta, mau bilang harus bersih tapi gk bisa buktikan Ee kambing lbh bersih dibanding EE onta

kehkehkeh
usil 
avatar
Thunderstruck
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 148
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Bait Tuhan
Join date : 10.05.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Insya Allah on Fri Aug 30, 2013 11:58 pm

@Thunderstruck wrote:ooo jadi Onta Lbh Buas dibanding Kambing ya?
Pernah Liat orang diseruduk Kambing gak?
yaiyalah... unta tinggi dan besar, hidran yang kuat dan terbuat dari metal saja bisa hancur diserang unta..


Lebih dari satu juta unta berkeliaran di gurun Australia.

Luasnya mencapai 10 ribu kilometer dan terbentang dari barat ke timur.

Para penduduk Docker River, salah satu daerah dekat gurun, hidup dengan sekumpulan unta haus yang menyerang kota, merusak hidran dan kran untuk mendapatkan air.

Nicole Lee dari Radio Australia menyusun laporannya untuk Anda dari Alice Springs.


sumber:
http://www.asiacalling.org/index.php/index.php?option=com_content&view=article&id=1059:cull-proposed-as-thirsty-camels-invade-northern-australian-towns&catid=103:australia&Itemid=387&lang=in


bagaimana kalau kita ke kandang nya... hidran saja ditendang, manusia disentil nya bisa gegar otak, patah tulang atau kemungkinan kecil bisa meninggal..

kalau kambing? paling nyeruduk pantat dan cedera ringan.. tanduk nya juga tidak terlalu tajam..


ehmm 
avatar
Insya Allah
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 267
Location : Bumi Allah SWT
Join date : 02.10.12
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Insya Allah on Sat Aug 31, 2013 12:03 am

@yakobus wrote:Gile bener!!Tempat penuh kotoran hewan saja masih pilih-pilih buat digelarin tiker?Busyet dah
hihihi, justru disitulah hebat nya muslim.. walaupun terpaksa pun diperbolehkan menghadap allah di kandang kambing..

namun bila pilihan ada 2, antara: kandang unta, atau: kandang kambing..rassulullah bersabda untuk memilih kandang kambing. dikarenakan unta itu mengamuk bagaikan jin.. dan nyata nya terbukti, hidran saja hancur dibocorkan dia..

lagipula, tidak seberapa menjijikan lhaa.. kan tidak diwajibkan,. kalau ada tempat lain yang lebih baik ya dipersilahkan untuk menghadap allah disana..

tau yang lebih menjijikan? kisah tuhan lahir di kandang.

peace 2 good 
avatar
Insya Allah
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 267
Location : Bumi Allah SWT
Join date : 02.10.12
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Thunderstruck on Sun Sep 08, 2013 12:19 am

Bila hanya ada 2 pilihan?
yg mana tuh tulisan itu bunyinya begitu?

ckckck..kesian...Ternyata cm ada 2 pilihan, maka pilihan ke 3 yaitu diluar kandang emang gk ada?

Mana mungkin tidak ada pilihan diluar kandang?
beuhhh..jorok mah jorok aja!

kehkehkehkeh..usil 
avatar
Thunderstruck
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 148
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Bait Tuhan
Join date : 10.05.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Thunderstruck on Sun Sep 08, 2013 12:21 am

Ayo slim latih otak mu..

diantara 2 lebih higienis mana?
1.Diluar kandang
2. Didalam kandang walau kandang Kambing?

Kehkehkeh usil 
avatar
Thunderstruck
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 148
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Bait Tuhan
Join date : 10.05.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by EHAN on Sun Sep 08, 2013 8:33 am

@Thunderstruck wrote:Ayo slim latih otak mu..

diantara 2 lebih higienis mana?
1.Diluar kandang
2. Didalam kandang walau kandang Kambing?

Kehkehkeh  usil 
_Mestinya cara berpikir anda yang di latih, jika berbicara kandang hewan ternak di arab. ya mesti mengetahui bentuk dan luas kandangnya
jangan di samakan dengan kandang kambing di daerah anda, dengan ukuran 5 x 5 meter. plus bangunan serta atap,
kebanyakan kandang ternak di sana hanya berupa kandang pagar tanpa atap, dan ukuranya terbilang tidak sempit.

Satu lagi, hewan ternak di maksud hadist domba apa kambing.??



avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Thunderstruck on Tue Sep 17, 2013 9:39 pm

satu lagi, apa selalu tidak ada pilihan ke tiga (diluar kandang) sebagai tempat yg lebih bersih?

Ngarti slim?

akui kalau memang jorok, clear deh masalah
kehkehkehkehkeh
usil 
avatar
Thunderstruck
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 148
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Bait Tuhan
Join date : 10.05.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by EHAN on Sat Sep 21, 2013 1:56 pm

@Thunderstruck wrote:satu lagi, apa selalu tidak ada pilihan ke tiga (diluar kandang) sebagai tempat yg lebih bersih?

Ngarti slim?

akui kalau memang jorok, clear deh masalah
kehkehkehkehkeh
usil 
_Hehehe, jelas ada. semua muslim, shalat wajib di masjid. ko aneh masih bertanya seperti itu. hadist membicarakan kondisi situasi tertentu dimana kandang domba dapat menjadi tempat sholat. Makanya jangan muslim saja di suruh melatih berpikir. lah pikiran lu kemana. ko buntu?? seolah2 hanya kandang saja pilihannya.. Apa isi kepala lu cuma kandang pilihan tempat shalat..

_Mestinya konfirmasi dulu, apa kandang adalah pilihan yang tidak bisa di toleransi? jika di jawab IYA, silahkan mem-vonis. seperti tulisan di atas. Ini malah maksa.. Ajaibb

Masih berpikir kandang domba di timur tengah seperti kandang domba di rumah anda?
Sampai disini saya tanya balikk NGERTII truck.
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Thunderstruck on Fri Oct 04, 2013 9:16 am

Dodol, memang di timur tengah isinya cm kandang bandot dan kandang onta doang tidak ada ruang lainnya?
avatar
Thunderstruck
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 148
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Bait Tuhan
Join date : 10.05.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 04, 2013 10:03 am

@Thunderstruck wrote:Dari Abdullah bin Mughaffal Al Muzani dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

صَلُّوا فِي مَرَابِضِ الْغَنَمِ وَلَا تُصَلُّوا فِي أَعْطَانِ الْإِبِلِ فَإِنَّهَا خُلِقَتْ مِنْ الشَّيَاطِينِ
“Shalatlah kalian di kandang kambing dan jangan shalat di kandang unta, sebab ia diciptakan dari setan.” (HR. An-Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad)

onta diciptakan dari setan??
pusing 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Islami: Sholat di Kandang Kambing Mengandung Berkah

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik