FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Yang Diagungkan

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Yang Diagungkan

Post by oglikom on Tue Dec 17, 2013 11:52 pm

Serius, saya penasaran binatang apa yang paling diagungkan pada zaman Muhammad ?


oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by sandaljepit on Wed Dec 18, 2013 12:39 am

@TS
Diagungkan atau disayangi?

avatar
sandaljepit
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 40
Kepercayaan : Islam
Location : Kolong Langit
Join date : 17.12.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by jaya on Wed Dec 18, 2013 2:29 am

avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by aajawas25 on Wed Dec 18, 2013 6:47 am


tidak ada yang lebih suka kucing saat itu selain daripada Abdul Rahman

aajawas25
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 233
Kepercayaan : Islam
Location : mataram
Join date : 13.11.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by sandaljepit on Wed Dec 18, 2013 7:11 am

Bener gw setuju dengan aajawas
Sampe dapet titel bapanya kucing (Abu Hurairah)
avatar
sandaljepit
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 40
Kepercayaan : Islam
Location : Kolong Langit
Join date : 17.12.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by oglikom on Wed Dec 18, 2013 3:04 pm

@ All

Saya perjelas lagi, diagungkan bisa juga disayangi tapi yang saya tekankan dalam konteks menjadi THAGHUT.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by wildan99Islam on Wed Dec 18, 2013 4:23 pm

@oglikom wrote:@ All

Saya perjelas lagi, diagungkan bisa juga disayangi tapi yang saya tekankan dalam konteks menjadi THAGHUT.

Bold : kok bisa?
Merah : Thaghut gimana?
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by sandaljepit on Wed Dec 18, 2013 5:24 pm

@oglikom
Apakah makna diagungkan sama dengan disayangi?
Apakah menyayangi binatang kucing bisa dikatakan melampaui batas?

Terminologi thagut dalam kamus lisan al-Arab adalah sesuatu yang disembah selain Allah SWT dan setiap pemimpin kesesatan adalah thagut. Ibnu Jarir al-Thabari menjelaskan, thagut adalah segala sesuatu yang melampaui Allah sehingga dia disembah di samping Allah.

Salahkan jika ada manusia dijaman nabi dan nabi sendiri menyayangi binatang kucing?
avatar
sandaljepit
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 40
Kepercayaan : Islam
Location : Kolong Langit
Join date : 17.12.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by oglikom on Wed Dec 18, 2013 5:46 pm

@sandaljepit wrote:@oglikom
Apakah makna diagungkan sama dengan disayangi?
Apakah menyayangi binatang kucing bisa dikatakan melampaui batas?

Terminologi thagut dalam kamus lisan al-Arab adalah sesuatu yang disembah selain Allah SWT dan setiap pemimpin kesesatan adalah thagut. Ibnu Jarir al-Thabari menjelaskan, thagut adalah segala sesuatu yang melampaui Allah sehingga dia disembah di samping Allah.

Salahkan jika ada manusia dijaman nabi dan nabi sendiri menyayangi binatang kucing?

Memang saya tidak mengatakan bahwa mengagungkan sama dengan menyayangi/disayangi, tetapi bisa juga disayangi dan tidak pernah saya mengatakan binatang tersebut adalah kucing.
Kucing juga bisa diagungkan seperti pada Mesir banyak ditemukan mummi kucing yang disandingkan dengan mummi raja.

Memang benar kata thagut dalam termologi agama Islam mengagungkan sesuatu selain Alloh, tapi kata tersebut juga berarti MELAMPAUI BATAS.

Binatang tersebut bisa saja Onta yang sangat umum pada bangsa Arab terutama pada jamannya Muhammad dan mungkin pada salah satu surah di dalam Quran ada yang bernama surah Onta.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by sandaljepit on Wed Dec 18, 2013 8:23 pm

@oglikom wrote:
@sandaljepit wrote:@oglikom
Apakah makna diagungkan sama dengan disayangi?
Apakah menyayangi binatang kucing bisa dikatakan melampaui batas?

Terminologi thagut dalam kamus lisan al-Arab adalah sesuatu yang disembah selain Allah SWT dan setiap pemimpin kesesatan adalah thagut. Ibnu Jarir al-Thabari menjelaskan, thagut adalah segala sesuatu yang melampaui Allah sehingga dia disembah di samping Allah.

Salahkan jika ada manusia dijaman nabi dan nabi sendiri menyayangi binatang kucing?

Memang saya tidak mengatakan bahwa mengagungkan sama dengan menyayangi/disayangi, tetapi bisa juga disayangi dan tidak pernah saya mengatakan binatang tersebut adalah kucing.
Kucing juga bisa diagungkan seperti pada Mesir banyak ditemukan mummi kucing yang disandingkan dengan mummi raja.

Memang benar kata thagut dalam termologi agama Islam mengagungkan sesuatu selain Alloh, tapi kata tersebut juga berarti MELAMPAUI BATAS.

Binatang tersebut bisa saja Onta yang sangat umum pada bangsa Arab terutama pada jamannya Muhammad dan mungkin pada salah satu surah di dalam Quran ada yang bernama surah Onta.
Saya kira anda cukup faham dengan definisi thagut yang coba anda diskusikan.
Jika tidak ditujukan kepada kucing lantas anda merefer ke binatang lain yaitu onta. Apakah onta itu diagungkan menurut persepsi anda?
Adakah dalam al qur'an salah satu surahnya mengagungkan onta?
Saya hanya menemukan pernyataan di al qur'an jika unta adalah binatang istimewa karena beberapa kelebihan struktur tubuhnya, yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam paling keras sekalipun. Tubuhnya memiliki beberapa keistimewaan, yang memungkinkan unta bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan, dan mampu mengangkat beban ratusan kilogram selama berhari-hari.
Silakan share ke aye jika memang nemuin kejanggalan, barangkali bisa ngobatin rasa penasaran anda.
avatar
sandaljepit
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 40
Kepercayaan : Islam
Location : Kolong Langit
Join date : 17.12.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by oglikom on Wed Dec 18, 2013 8:41 pm

@sandaljepit wrote:
@oglikom wrote:
@sandaljepit wrote:@oglikom
Apakah makna diagungkan sama dengan disayangi?
Apakah menyayangi binatang kucing bisa dikatakan melampaui batas?

Terminologi thagut dalam kamus lisan al-Arab adalah sesuatu yang disembah selain Allah SWT dan setiap pemimpin kesesatan adalah thagut. Ibnu Jarir al-Thabari menjelaskan, thagut adalah segala sesuatu yang melampaui Allah sehingga dia disembah di samping Allah.

Salahkan jika ada manusia dijaman nabi dan nabi sendiri menyayangi binatang kucing?

Memang saya tidak mengatakan bahwa mengagungkan sama dengan menyayangi/disayangi, tetapi bisa juga disayangi dan tidak pernah saya mengatakan binatang tersebut adalah kucing.
Kucing juga bisa diagungkan seperti pada Mesir banyak ditemukan mummi kucing yang disandingkan dengan mummi raja.

Memang benar kata thagut dalam termologi agama Islam mengagungkan sesuatu selain Alloh, tapi kata tersebut juga berarti MELAMPAUI BATAS.

Binatang tersebut bisa saja Onta yang sangat umum pada bangsa Arab terutama pada jamannya Muhammad dan mungkin pada salah satu surah di dalam Quran ada yang bernama surah Onta.
Saya kira anda cukup faham dengan definisi thagut yang coba anda diskusikan.
Jika tidak ditujukan kepada kucing lantas anda merefer ke binatang lain yaitu onta. Apakah onta itu diagungkan menurut persepsi anda?
Adakah dalam al qur'an salah satu surahnya mengagungkan onta?
Saya hanya menemukan pernyataan di al qur'an jika unta adalah binatang istimewa karena beberapa kelebihan struktur tubuhnya, yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam paling keras sekalipun. Tubuhnya memiliki beberapa keistimewaan, yang memungkinkan unta bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan, dan mampu mengangkat beban ratusan kilogram selama berhari-hari.
Silakan share ke aye jika memang nemuin kejanggalan, barangkali bisa ngobatin rasa penasaran anda.
Oke dilanjut, Surah Al-A'raaf.73

Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka Shaleh. Ia berkata:"Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhanmu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu menggangunya dengan gangguan apapun, (yang karena) kamu akan di timpa siksaan yang pedih".

Ustadz , ONTA BETINA menjadi tanda Alloh untuk kaum Tsamut. Trus bagaimana sikap kaum ini terhadap binatang ONTA dan memangnya kagak ada lain yang bisa menjadi tanda dari Alloh selain ONTA ?

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by sandaljepit on Wed Dec 18, 2013 8:59 pm

@oglikom wrote:
@sandaljepit wrote:
@oglikom wrote:
@sandaljepit wrote:@oglikom
Apakah makna diagungkan sama dengan disayangi?
Apakah menyayangi binatang kucing bisa dikatakan melampaui batas?

Terminologi thagut dalam kamus lisan al-Arab adalah sesuatu yang disembah selain Allah SWT dan setiap pemimpin kesesatan adalah thagut. Ibnu Jarir al-Thabari menjelaskan, thagut adalah segala sesuatu yang melampaui Allah sehingga dia disembah di samping Allah.

Salahkan jika ada manusia dijaman nabi dan nabi sendiri menyayangi binatang kucing?

Memang saya tidak mengatakan bahwa mengagungkan sama dengan menyayangi/disayangi, tetapi bisa juga disayangi dan tidak pernah saya mengatakan binatang tersebut adalah kucing.
Kucing juga bisa diagungkan seperti pada Mesir banyak ditemukan mummi kucing yang disandingkan dengan mummi raja.

Memang benar kata thagut dalam termologi agama Islam mengagungkan sesuatu selain Alloh, tapi kata tersebut juga berarti MELAMPAUI BATAS.

Binatang tersebut bisa saja Onta yang sangat umum pada bangsa Arab terutama pada jamannya Muhammad dan mungkin pada salah satu surah di dalam Quran ada yang bernama surah Onta.
Saya kira anda cukup faham dengan definisi thagut yang coba anda diskusikan.
Jika tidak ditujukan kepada kucing lantas anda merefer ke binatang lain yaitu onta. Apakah onta itu diagungkan menurut persepsi anda?
Adakah dalam al qur'an salah satu surahnya mengagungkan onta?
Saya hanya menemukan pernyataan di al qur'an jika unta adalah binatang istimewa karena beberapa kelebihan struktur tubuhnya, yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam paling keras sekalipun. Tubuhnya memiliki beberapa keistimewaan, yang memungkinkan unta bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan, dan mampu mengangkat beban ratusan kilogram selama berhari-hari.
Silakan share ke aye jika memang nemuin kejanggalan, barangkali bisa ngobatin rasa penasaran anda.
Oke dilanjut, Surah Al-A'raaf.73

Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka Shaleh. Ia berkata:"Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhanmu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu menggangunya dengan gangguan apapun, (yang karena) kamu akan di timpa siksaan yang pedih".

Ustadz , ONTA BETINA menjadi tanda Alloh untuk kaum Tsamut. Trus bagaimana sikap kaum ini terhadap binatang ONTA dan memangnya kagak ada lain yang bisa menjadi tanda dari Alloh selain ONTA ?
Oh....yang ini toh.
Aye simpen dulu deh, tunggu yang lain nanggapin dulu.
Ade urusan keluar rumah, ntar maleman aye tanggepin ye.
avatar
sandaljepit
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 40
Kepercayaan : Islam
Location : Kolong Langit
Join date : 17.12.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by jaya on Fri Dec 20, 2013 5:05 pm

@aajawas25 wrote:

tidak ada yang lebih suka kucing saat itu selain daripada Abdul Rahman

Kemungkinan besar, Muhammad belajar dari Abdul Rahman itu, ya gak?
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by oglikom on Sat Dec 21, 2013 7:57 pm

Udah dua malem kagak ada yang balik.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by aajawas25 on Sat Dec 21, 2013 8:12 pm

@jaya wrote:
@aajawas25 wrote:

tidak ada yang lebih suka kucing saat itu selain daripada Abdul Rahman

Kemungkinan besar, Muhammad belajar dari Abdul Rahman itu, ya gak?

ada pelajaran baru,
pelajaran menyukai.

 lol

gak PD pula


Terakhir diubah oleh aajawas25 tanggal Sat Dec 21, 2013 8:17 pm, total 1 kali diubah

aajawas25
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 233
Kepercayaan : Islam
Location : mataram
Join date : 13.11.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by aajawas25 on Sat Dec 21, 2013 8:15 pm

@oglikom wrote:
Memang saya tidak mengatakan bahwa mengagungkan sama dengan menyayangi/disayangi, tetapi bisa juga disayangi dan tidak pernah saya mengatakan binatang tersebut adalah kucing.
Kucing juga bisa diagungkan seperti pada Mesir banyak ditemukan mummi kucing yang disandingkan dengan mummi raja.

Memang benar kata thagut dalam termologi agama Islam mengagungkan sesuatu selain Alloh, tapi kata tersebut juga berarti MELAMPAUI BATAS.

Binatang tersebut bisa saja Onta yang sangat umum pada bangsa Arab terutama pada jamannya Muhammad dan mungkin pada salah satu surah di dalam Quran ada yang bernama surah Onta.

lha TSnya sendiri gak PD,
 kacau 

aajawas25
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 233
Kepercayaan : Islam
Location : mataram
Join date : 13.11.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by oglikom on Sat Dec 21, 2013 8:26 pm

Tukang ngomel kagak saya undang.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by wildan99Islam on Sat Dec 21, 2013 8:38 pm

saya masih agak bingung maksud dan tujuan dari Thread ini mana:
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by oglikom on Sat Dec 21, 2013 8:46 pm

@wildan99Islam wrote:saya masih agak bingung maksud dan tujuan dari Thread ini mana:
Sesuatu atau binatang yang diagungkan secara berlebihan sehingga menjadi THAGUT.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by wildan99Islam on Sat Dec 21, 2013 9:14 pm

Apakah ada nabi Muhammad mengagungkan suatu hewan? mana
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by oglikom on Sat Dec 21, 2013 9:22 pm

@oglikom wrote:
sandal jepit wrote:
Saya kira anda cukup faham dengan definisi thagut yang coba anda diskusikan.
Jika tidak ditujukan kepada kucing lantas anda merefer ke binatang lain yaitu onta. Apakah onta itu diagungkan menurut persepsi anda?
Adakah dalam al qur'an salah satu surahnya mengagungkan onta?
Saya hanya menemukan pernyataan di al qur'an jika unta adalah binatang istimewa karena beberapa kelebihan struktur tubuhnya, yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam paling keras sekalipun. Tubuhnya memiliki beberapa keistimewaan, yang memungkinkan unta bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan, dan mampu mengangkat beban ratusan kilogram selama berhari-hari.
Silakan share ke aye jika memang nemuin kejanggalan, barangkali bisa ngobatin rasa penasaran anda.
Oke dilanjut, Surah Al-A'raaf.73

Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka Shaleh. Ia berkata:"Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhanmu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu menggangunya dengan gangguan apapun, (yang karena) kamu akan di timpa siksaan yang pedih".

Ustadz , ONTA BETINA menjadi tanda Alloh untuk kaum Tsamut. Trus bagaimana sikap kaum ini terhadap binatang ONTA dan memangnya kagak ada lain yang bisa menjadi tanda dari Alloh selain ONTA ?

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by RHCP on Sun Dec 22, 2013 12:04 am

Hi kokom....
ada yg bisa gw bantu?
 piss 
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by oglikom on Sun Dec 22, 2013 12:25 am

Hai....mending terusin ngegosip dengan temen seukuwah anda.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by RHCP on Sun Dec 22, 2013 12:44 am

@oglikom wrote:
Oke dilanjut, Surah Al-A'raaf.73

Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka Shaleh. Ia berkata:"Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhanmu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu menggangunya dengan gangguan apapun, (yang karena) kamu akan di timpa siksaan yang pedih".

Ustadz , ONTA BETINA menjadi tanda Alloh untuk kaum Tsamut. Trus bagaimana sikap kaum ini terhadap binatang ONTA dan memangnya kagak ada lain yang bisa menjadi tanda dari Alloh selain ONTA ?
Mukjizat itu kehendak Allah, sifat dan bentuknya juga terserah Allah. Seorang nabi diberi mukjizat atw tidak-pun tetap urusan Allah.

Unta betina adalah mukjizat Shaleh as. dari Allah bagi kaum Tsamud, agar percaya atas kenabiannya kemudian menyembah Allah serta meninggalkan penyembahan berhala. Tapi kemudian kaum yg ingkar malah membunuh unta tsb, bahkan berusaha memmbunuh Shaleh as. Sehingga Allah menggirimkan suara guntur yg menggelegar dan membinasakan kaum Shaleh as. yg ingkar.

Ingatlah, sesungguhnya kaum Tsamud mengingkari Tuhan mereka. Ingatlah kebinasaan bagi kaum Tsamud." (QS. Huud: 67-68).
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by jaya on Sun Dec 22, 2013 2:53 am

sayang sekali, Allah swt tidak menghendaki Muhammad memperkuat tugasnya dgn mukjizat. Ya urusan Allah swt tidak dapat diganggu gugat.
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yang Diagungkan

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik