FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

untuk apa menari di gereja?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

untuk apa menari di gereja?

Post by darussalam on Tue Nov 13, 2012 4:54 am



"Biarlah mereka memuji-muji namaNya dengan tari-tarian, bairlah mereka bermazmur kepadaNya dengan rebana dan kecapi!" (Mazmur 149:3)

TARIAN DI DALAM GEREJA
Oleh: Debbie Butarbutar-Ong
Diterjemahkan oleh: Tomos Butarbutar

PENDAHULUAN
Kalau kita melihat perkembangan tarian (dance) dalam gereja, ada beberapa pandangan yang muncul ke permukaan. Salah satu dari pernyataan yang muncul adalah pandangan yang mengatakan: "Tarian tidak akan pernah atau tidak pantas ada di gereja". Di dalam tulisan ini saya akan mencoba menjelaskan mengapa saya tidak setuju dengan pendapat ini.

TARIAN DALAM SEJARAH GEREJA
Kalau kita pelajari peranan dari tarian dalam sejarah gereja, kita melihat bahwa pandangan dari pemimpin gereja tentang hal ini juga berubah perlahan-lahan dalam perjalanan waktu. Kalau dalam lima abad perama, tarian dianggap selalu berhubungan dengan penyembahan dewa dewa, maka dalam abad pertengahan dan abad reformasi, tarian lebih bisa diterima dalam gereja. Bisa diamati bahwa pemimpin gereja berperan mengendalikan tarian dalam gereja. Sehingga tergantung dari peranan seseorang di gereja, seseorang itu boleh melakukan tarian tertentu. Sekarang ini kita melihat khususnya dalam gerakan Pentakosta dan Karismatik, tarian dilakukan dalam segala bentuk kreativitas.

TARIAN DI DALAM ALKITAB
Sebagai pengikut Kristus, saya percaya bahwa apa yang kita pikirkan, ucapkan atau lakukan harus didasari oleh Firman Tuhan, yaitu Alkitab. Mari kita lihat apa yang Alkitab katakan tentang tarian.

 Orang orang dalam Alkitab yang menari di hadapan Tuhan
Contoh yang paling baik yang kita bisa lihat adalah Daud yang "menari di hadapan Tuhan dengan segenap kekuatannya" ketika Tabut Perjanjian dibawa ke Yerusalem dari rumah Obed-Edom (2 Samuel 6:14). Tabut perjanjian menyatakan kehadiran Tuhan. Tuhan senang ketika kita menari untuk Dia. Kitab Mazmur sangat penuh dengan ayat ayat yang memotivasi kita untuk memuji Tuhan, menari di hadapanNya dan bersukacita di dalam Dia (Mazmur 149:3).

 "Kau telah ubahkan ratapanku menjadi tarian"
Ayat ini dipakai menjadi salah satu judul dari lagu dalam Album Ron Kenoly "Lift Him Up". Ayat ini bisa ditemukan dalam Mazmur 30:12 dimana Daud mengatakan bahwa Tuhan telah mengubahkan ratapannya menjadi tari-tarian. Ayat yang mirip bisa ditemukan di dalam Yesaya 61:3. Jadi mengubah ratapan kita menjadi tari tarian adalah jalan Tuhan untuk menguatkan kita.

 Ungkapan sukacita (Habakuk 3:18)
Tarian adalah ekspresi hati pada waktu kita sedang bersuka cita. Bahasa Yunani dari kata sukacita adalah "gil" yang aslinya berarti "berputar putar dengan gerakan yang dahsyat". Ini menunjukkan bahwa sukacita bukanah sesuatu yang dinyatakan dengan diam atau sesuatu yang hanya tersimpan dalam hati.

 Apa kata Yesus sendiri tentang tarian?
Tidak ada ayat khusus dimana Yesus mengatakan bahwa kita harus menari. Akan tetapi, dalam Lukas 15:11 Yesus menyampaikan perumpamaan tentang anak yang hilang. Ketika anak yang hilang itu kembali ke rumah, bapanya membuat suatu pesta besar untuk dia. Ayat 25 mengatakan: "Tetapi anaknya yang sulung berada di ladang dan ketika ia pulang dan dekat ke rumah, ia mendengar bunyi seruling dan nyanyian tari-tarian". Saya percaya bahwa bersukacita dan berpesta adalah bagian dari Kerajaan Allah. Kalau Yesus tidak setuju akan tari-tarian, saya pikir Dia tidak akan menyebutkan tentang tari-tarian di dalam perumpamaan ini.

MENARI DI DALAM GEREJA SEKARANG

Kalau kita melihat di dalam gereja, kita melihat bahwa sukacita dalam Roh Kudus sering terjadi bersamaan dengan tarian. Ketika orang orang dijamah oleh Roh Kudus dan mereka merasakan kesukaan yang luar biasa pada saat itu, tidak seorangpun yang bisa melarang mereka untuk menari. Jadi jelas tarian mempunyai pengaruh yang menyembuhkan bagi orang orang. Ada orang juga yang menari karena mereka ingin memuji Tuhan dengan seluruh keberadaan mereka. Tarian bisa juga dipakai untuk memberitahu orang lain tentang Yesus tanpa berkotbah. Dalam kasus terakhir ini kadangkala tarian dikombinasikan dengan drama atau mime.

KESIMPULAN
Tarian akan menempati tempat penting dalam gereja, karena tarian adalah sesuatu yang disebutkan dalam Alkitab sebagai bentuk penyembahan kepada Tuhan (tujuan vertikal atau vertical purpose). Kita melihat bahwa Roh Kudus menginspirasikan banyak orang Kristen untuk menari bagi Tuhan untuk dikuatkan (tujuan ke dalam atau inner purpose). Selanjutnya, tarian sering berhasil dipakai sebagai alat komunikasi untuk menjangkau orang orang dengan injil (tujuan horisontal atau horizontal purpose). Aspek aspek ini menunjukkan kenyataan bahwa tarian akan semakin menempati tempat yang penting di dalam gereja. (DB/TB280599)

sumber: http://yusak040918.multiply.com/journal/item/15/TARIAN-DI-DALAM-GEREJA?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem
avatar
darussalam
Co-Administrator
Co-Administrator

Male
Posts : 411
Kepercayaan : Islam
Location : Brunei Darussalam
Join date : 25.11.11
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: untuk apa menari di gereja?

Post by darussalam on Tue Nov 13, 2012 5:33 am

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pada peresmian Kapel Santa Veronica di Dusun Kedungsogo, Desa Kedungsari, Kecamatan Pengasih Kulonprogo, DIY, umat katolik setempat "nanggap" pementasan Seni Tari Angguk, di kompleks kapel tersebut, Senin (29/10/2012) malam.

Pementasan seni tari bagi umat di Stasi Bonoharjo dan Paroki Wates tersebut juga menandakan keberadaan kapel dekat dan menyatu dengan masyarakat. Ketua Dewan Stasi Bonoharjo, E Manggih Santoso, menyampaikan, Kapel tersebut dibangun di atas tanah milik Agung Takariwan, umat setempat, yang dihibahkan untuk umat.

Peresmian itu hanya bagian kecil atas keberadaan kapel baru. Pasalnya, sehari sebelumnya, Minggu (28/10/2012) pagi, kapel itu diberkati oleh Uskup Agung Semarang, Monsinyur Yohanes Pujasumarta Pr. Uskup memberkatinya usai menerimakan sakramen krisma di Gereja Bonoharjo.

Selain umat dan romo Paroki, yaitu Romo Antonius Amisani Kurniadi Pr dan Romo Mateus Sukmawanto Pr, dalam pemberkatan itu sempat hadir pula Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo dan jajaran muspida, serta umat. (*)
avatar
darussalam
Co-Administrator
Co-Administrator

Male
Posts : 411
Kepercayaan : Islam
Location : Brunei Darussalam
Join date : 25.11.11
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: untuk apa menari di gereja?

Post by The.Barnabas on Tue Nov 13, 2012 8:24 am

Yesus juga butuh hiburan usil
avatar
The.Barnabas
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 894
Location : Jakarta
Join date : 27.07.12
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: untuk apa menari di gereja?

Post by njlajahweb on Wed Aug 16, 2017 10:45 am

tari-tarian termasuk pujian-pujian(dalam bahasa tubuh), dan hal ini juga bisa menyenangkan Hati Tuhan

tapi apabila tari-tarian itu tidak keluar dari hati, ya tidak akan membuat Tuhan senang, demikian pula dengan puji-pujian
avatar
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 16025
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: untuk apa menari di gereja?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik