FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by The.Barnabas on Tue Sep 25, 2012 10:31 am

10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Melbourne – KabarNet: Berita tentang maraknya skandal pelecehan seksual terhadap anak-anak dibawah umur yang banyak dilakukan oleh para pemimpin gereja di seluruh dunia seperti tak hendak usai. Kali ini Gereja Katolik Roma di Victoria, Australia, mengakui lebih dari 600 anak telah menjadi korban pelecehan seksual oleh para pemimpin gereja di negara itu sejak tahun 1930-an. Namun kelompok LSM pengkampanye kasus pelecehan seksual anak-anak oleh para pemimpin gereja Katolik ini mendata jumlah korban jauh lebih besar, mencapai 10 ribu anak! Uskup Melbourne, Denis Hart, menggambarkan peristiwa ini sebagai hal yang mengerikan sekaligus memalukan.


Denis Hart – Uskup Agung Melbourne-Australia

“Kami mencermati penyelidikan ini untuk membantu penyembuhan mereka yang telah dilecehkan, untuk menguji tanggapan Gereja dalam konteks luas, khususnya yang terjadi sepanjang 16 tahun terakhir, dan membuat rekomendasi untuk meningkatkan perhatian pada korban dan membuat langkah-langkah pencegahan yang sekarang dilakukan,” demikian pernyataan Uskup Agung Denis Hart dari Gereja Katolik Melbourne-Australia, yang disiarkan oleh sejumlah kantor berita internasional seperti dikutip oleh Tempo dan juga koran Inggris The Telegraph, Sabtu (22/9/2012).

Pengakuan Gereja itu dirilis sehubungan adanya pengajuan untuk melakukan penyelidikan oleh parlemen tentang kasus ini. Gereja mencatat ada 620 kasus yang kebanyakan terjadi antara tahun 1960-an dan 1980-an. Dan ada 45 kasus lagi yang masih diselidiki.

Kelompok pengkampanye kasus pelecehan seksual anak-anak oleh para imam Katolik ini mendata jumlah korban jauh lebih besar, mencapai 10 ribu anak! Jumlah itu baru yang terjadi di wilayah Victoria saja, dan masih belum mengungkapkan kasus-kasus serupa yang terjadi di wilayah lain. Kasus pelecehan seksual anak-anak oleh para imam Katolik merupakan isu besar di Australia beberapa tahun terakhir.

Selama berkunjung ke Australia pada Juli 2008 lalu, Paus Benediktus XVI bertemu beberapa korban dan menyatakan permintaan maaf atas pelecehan seksual di hadapan warga Australia.
avatar
The.Barnabas
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 894
Location : Jakarta
Join date : 27.07.12
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: 10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by The.Barnabas on Tue Sep 25, 2012 3:54 pm

Gimana kalo ini
jadi Film Dokumenter... basi

laku ga Yahh ?
avatar
The.Barnabas
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 894
Location : Jakarta
Join date : 27.07.12
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: 10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by Penyaran on Fri Dec 28, 2012 10:27 am

Fakta Terbaru Skandal Pelecehan Seks Pendeta di Australia

Penyelidikan Kepolisian Australia dalam usahanya membongkar skandal pelecehan seks anak yang dilakukan oleh sejumlah oknum pendeta, menemukan fakta terbaru. Pada sesi dengar pendapat oleh pihak Parlemen Negara Bagian Victoria, ditemukan beberapa bukti-bukti yang mendukung terjadinya sejumlah tindakan kekerasan dan pelecehan itu.

Menurut Helen Last, Direktur In Good Faith yang merupakan sebuah lembaga advokasi kekerasan seksual, sejumlah korban kekerasan mengatakan kepada dirinya bahwa sejumlah pendeta membawa senjata dan pisau dalam melakukan aksinya. Bahkan dalam pengakuan itu disebutkan bahwa sejumlah sekolah gereja 'memelihara anjing untuk menakuti para korban yang sebagian besar adalah anak-anak.

Bahkan ada juga beberapa insiden lain seperti kejadian pemerkosaan yang terjadi di sebuah rumah sakit katolik, dimana seorang korbannya merupakan perempuan yang memiliki suami. "Hal ini merupakan beberapa contoh dari kasus yang terjadi. Masih ada ratusan kasus lainnya yang juga mesti dibuka," tambahnya. katanya kepada Komisi Keluarga dan Masyarakat.

Menyedihkannya, banyak dari para korban takut untuk menyampaikan kasus yang menimpanya karena khawatir akan cemooh dari kalangan masyarakat dan ketakutan akan munculnya 'pembalasan dari Tuhan' (karena melaporkan pendeta).

Kasus pelecehan dan kekerasan yang dilakukan sejumlah oknum pendeta di Australia wajib diusut tuntas untuk mengakhiri cara hidup sesat yang berpotensi meledak di masa depan.

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: 10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by frontline defender on Fri Dec 28, 2012 10:38 am

nice info
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: 10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by jakajayagiri-2 on Fri Dec 28, 2012 11:18 am

Kesimpulan yg bisa saya ambil dr apa yg saya baca dr TS adalah bahwa jumlah sedemikian besar itu terungkap krn ada langkah awal penyelidikan dan kemudian direspon pihak gereja sendiri dgn melakukan pengakuan kepada publik. Jadi gereja tidak berusaha menutup2i persoalan, bahkan secara terbuka juga menyampaikan permintaan maaf. Negara pun tidak menemukan hambatan dlm melakukan penyelidikan. Publik juga tidak lantas heboh krn merasa ada penodaan agama ketika gereja diselidiki.
Jadi ada tiga hal yg penting: konsistensi negara dlm menegakkan hukum, keterbukaan dan kejujuran pihak gereja, dan kedewasaan publik dlm mensikapi berita itu.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: 10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by Penyaran on Fri Dec 28, 2012 11:46 am

Memalukan!! Lindungi Skandal Seks Para Pastor, Uskup Senior Dibui 6 Tahun

Monsignor William Lynn, uskup senior Gereja Katolik di Amerika Serikat (AS) dihukum tiga sampai enam tahun penjara karena menutupi-nutupi kasus pelecehan seksual terhadap anak (pedofili) yang dilakukan para pastor anak buahnya. Uskup Lynn menjadi pejabat pertama dalam Gereja Katolik AS yang dihukum karena menutupi-nutupi klaim pelecehan seksual oleh para imam.

“Uskup Lynn membiarkan para monster dalam jubah para klerus yang menghancurkan jiwa anak-anak,” ujar Teresa Sarmina, hakim dalam kasus itu.

Uskup Lynn, mantan sekretaris para imam di Keuskupan Agung Philadelphia, menangani penugasan para imam dan keluhan tentang kekerasan seksual terhadap anak pada 1992-2004. Ia dituduh telah memindahkan para imam bermasalah di salah satu paroki terbesar di negara itu dan menutup-nutupi keluhan terkait pelecehan seks itu dari mata publik.

“Anda tentu tahu baik apa yang benar, Monsignor Lynn. Namun, Anda memilih yang salah,” kata Hakim Teresa Sarmina.

Lynn menjadi pejabat pertama dalam Gereja Katolik AS yang dihukum karena penanganannya terhadap klaim pelecehan seksual, yang mengguncang Gereja Katolik selama lebih dari satu dekade.

Ia divonis pada Selasa (24/7). Juri telah menyatakan bahwa Lynn (61 tahun) bersalah bulan lalu karena kejahatan yang membahayakan anak-anak atas kelalaiannya dalam menangani orang yang kini jadi mantan imam, yaitu Edward Avery. Avery kini menjalani hukuman lima tahun penjara setelah mengaku bersalah sudah melakukan penyerangan seksual seorang putra altar di gereja.

Tahun 1992, seorang dokter melapor ke kantor Lynn bahwa Avery telah melecehkan dia beberapa tahun sebelumnya. Lynn lalu mengirim Avery untuk menjalani perawatan. Namun, fasilitas yang dikelola gereja mendiagnosis bahwa Avery punya masalah dengan alkohol, bukan dengan kelainan seksual. Avery kemudian kembali melayani umat dan dikirim untuk tinggal di paroki di tempat putra altar itu kemudian diserang pada 1999.

“Saya tidak bermaksud untuk mendatangkan kemalangan apa pun bagi (korban Avery),” kata Lynn. “Upaya terbaik saya tidak cukup baik untuk menghentikan kebejatan itu.”

Skandal tersebut telah memaksa sejumlah perubahan dalam tubuh gereja, yang telah menghabiskan puluhan juta dollar untuk pemeriksaan latar belakang para pekerja, program-program bantuan bagi para korban, serta pelatihan bagi anak-anak dan para guru dalam mengidentifikasi penyimpangan seksual.

Para uskup juga telah berjanji untuk menyingkirkan semua imam yang jadi tertuduh dari pelayanan umum gereja.

Para jaksa yang menghabiskan waktu satu dekade untuk menyelidiki keluhan pelecehan seksual yang tersimpan dalam file-file rahasia di keuskupan agung itu berpendapat, Lynn dan sesama konspirator yang tidak didakwa dalam hierarki gereja telah menempatkan anak-anak dalam bahaya. “Uskup Lynn mengunci nama-nama para imam pedofil dalam sebuah lemari besi. Dia mengunci nama-nama pria yang ia tahu telah melecehkan anak-anak. Sekarang dia akan dikurung karena menyimpan rahasia itu dalam lemari besi tersebut,” kata Jaksa Seth Williams.

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: 10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by jakajayagiri-2 on Fri Dec 28, 2012 11:50 am

Ini diskusi apa parade kutipan ya?

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: 10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by EHAN on Fri Dec 28, 2012 2:05 pm

jakajayagiri-2 wrote:Ini diskusi apa parade kutipan ya?

kepojok " membela membuka skandal" eh malah terbukti nutup2in,,, di bui deh... aslinya pedofil boong
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: 10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by jakajayagiri-2 on Fri Dec 28, 2012 5:17 pm

EHAN wrote:
jakajayagiri-2 wrote:Ini diskusi apa parade kutipan ya?

kepojok " membela membuka skandal" eh malah terbukti nutup2in,,, di bui deh... aslinya pedofil boong
Santai aja gak usa kalap. Satu2 bahasnya.
Tanggapi dulu kmentar saya. Stlah itu baru bicara lg ttg hal lainnya.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: 10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by Penyaran on Sat Dec 29, 2012 1:55 pm

Gereja Katolik Irlandia Terus Tutupi Kasus Pelecehan Seks Para Pastor

Sebuah laporan yang disponsori pemerintah Irlandia mengatakan pada Rabu bahwa hirarki Gereja Katolik di Irlandia terus menyembunyikan pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh para pastor bahkan setelah mereka memperkenalkan aturan pada pertengahan 1990-an untuk melindungi anak di bawah umur.

Pembukaan rahasia pemerkosaan dan pemukulan oleh anggota orde religius dan para pastor di masa lalu terhadap telah menghancurkan peran dominan Gereja Katolik di Irlandia.

Tapi laporan terbaru dalam penanganan klaim pelecehan seks di keuskupan Cloyne, di County Cork, menunjukkan bahwa para pastor senior masih mencoba untuk menutupi dugaan pelecehan tersebut sampai hari ini.

"Ini bukan katalog kegagalan dari era yang berbeda. Ini bukan tentang Irlandia 50 tahun lalu.. Ini adalah tentang Irlandia sekarang," kata Menteri untuk Anak Frances Fitzgerald dalam sebuah konferensi pers.

Fokus pada 19 pastur

Laporan itu, yang berfokus pada 19 Imam Katholik yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak selama periode dari Januari 1996 hingga Februari 2009, mencatat bagaimana keuskupan tersebut gagal untuk melaporkan semua keluhan pelecehan seksual kepada polisi dan tidak melaporkan setiap keluhan kepada otoritas kesehatan antara 1996 hingga 2008 .

Uskup yang sebelumnya bertanggung jawab atas keuskupan Cloyne, John Magee, berbohong kepada pihak berwenang bahwa ia telah melaporkan semua dugaan pelanggaran tersebut ke polisi, kata laporan itu.

Ia mengundurkan diri pada Maret tahun lalu setelah penyelidikan Gereja mengatakan penanganannya terhadap tuduhan pelecehan telah menunjukkan anak-anak pada resiko.

Magee mengeluarkan permintaan maaf kepada para korban pada hari Rabu atas kegagalannya untuk melaporkan pelecehan dan mengatakan dia berharap laporan itu akan "memberikan awal yang baru yang kita semua harapkan pada tahun 1996."

Pemerintah Irlandian tengah mengirimkan undang-undang kepada parlemen yang bisa memenjarakan para Imam Katholik sampai lima tahun penjara jika mereka gagal untuk melaporkan kepada pihak berwenang informasi tentang pelecehan seksual terhadap anak-anak, kata Menteri Kehakiman Alan Shatter.

Vatikan "sama sekali tidak membantu"

Laporan ini juga mengkritik Vatikan karena "sama sekali tidak membantu" dengan menggambarkan pedoman gereja Irlandia tentang bagaimana untuk menangani tuduhan pelecehan sebagai "hanya sebuah dokumen studi."

"Pedoman gereja tidak diterapkan dan cukup jelas juga bahwa Vatikan terlibat dalam hal itu," kata Shatter. Pemerintah akan memutuskan apakah akan segera memanggil duta kepausan, wakil Paus di Irlandia, atas masalah ini, katanya.

"Itu hanya pergi untuk menunjukkan kita tidak bisa mempercayai kata-kata Gereja dan bahwa adalah sesuatu yang sangat menyedihkan untuk mengatakan hal tersebut," kata Maeve Lewis, ketua kelompok orang yang selamat dari perlakuan kejam One in Four.

"Saya tidak percaya selama satu menitpun bahwa Cloyne adalah keuskupan nakal, yang berbeda dari yang lain."

Laporan itu mengatakan bahwa pedoman Gereja yang akan melindungi anak-anak telah mereka implementasikan. Perasaan sakit para korban yang mengadukan tindakan pelecehan seksual oleh para pastor diperparah oleh kenyataan bahwa penyiksa mereka tampaknya tidak mengalami adanya sanksi setelah pelecehan terungkap.

Salah satu tuduhan pelecehan terhadap seorang gadis cilik berusia sembilan dihentikan oleh para penyidik yang menganggapnya​​hanya "lebih sebagai keakraban" semata, terlepas dari kenyataan bahwa pastor tersebut telah mengakui melakukan pelecehan terhadap gadis cilik tersebut di masa lalu.

'Penindasan seksual mendalam'

Pastor lain memerintahkan penentangan saran dari psikolog yang menemukan bukti dari "penindasan seksual mendalam" dan bukti psikosis. Tidak ada laporan yang dibuat ke polisi meskipun keluhan oleh tiga pemuda yang mengatakan para imam itu membuat mereka mabuk dan melecehkan mereka.

"Tanpa kecuali, (korban) merasa bahwa mereka telah dikecewakan oleh institusional Gereja tersebut," kata laporan itu.

"Para korban pelecehan seksual itu berpendapat bahwa dalam pertemuan mereka dengan para pejabat tinggi Gereja, perhatian satu-satunya dari petinggi gereja adalah melindungi institusi gereja daripada kesejahteraan anak-anak."

Seorang uskup bahkan meresmikan pernikahan salah satu korbannya, kata laporan itu.

Laporan ini adalah yang keempat oleh sebuah komisi pemerintah di Irlandia. Sebuah laporan tahun 2009 yang menyebar luas tentang penganiayaan anak oleh para imam di Keuskupan Agung Dublin antara tahun 1975 dan 2004 mengatakan Gereja di Irlandia secara "obsesif" menyembunyikan pelecehan sexual tersebut.

Kepala Gereja Katolik di Irlandia Kardinal Sean Brady mengeluarkan permintaan maaf untuk mengekspresikan "rasa malu dan kesedihan" atas apa yang terjadi.

Rilisan laporan tersebut menandai "satu hari gelap" bagi Gereja Katolik di Irlandia, katanya.

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: 10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by EHAN on Sat Dec 29, 2012 2:10 pm

jakajayagiri-2 wrote:
EHAN wrote:
jakajayagiri-2 wrote:Ini diskusi apa parade kutipan ya?

kepojok " membela membuka skandal" eh malah terbukti nutup2in,,, di bui deh... aslinya pedofil boong
Santai aja gak usa kalap. Satu2 bahasnya.
Tanggapi dulu kmentar saya. Stlah itu baru bicara lg ttg hal lainnya.
saya mah sambil ngaso aja, santai,nga kebakaran jenggot gitu, koment lu nga penting, nga mempengaruhi fakta, kenyataan, dan realita yang ada, ehmm
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: 10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by jakajayagiri-2 on Sat Dec 29, 2012 4:10 pm

EHAN wrote:
jakajayagiri-2 wrote:
EHAN wrote:
jakajayagiri-2 wrote:Ini diskusi apa parade kutipan ya?

kepojok " membela membuka skandal" eh malah terbukti nutup2in,,, di bui deh... aslinya pedofil boong
Santai aja gak usa kalap. Satu2 bahasnya.
Tanggapi dulu kmentar saya. Stlah itu baru bicara lg ttg hal lainnya.
saya mah sambil ngaso aja, santai,nga kebakaran jenggot gitu, koment lu nga penting, nga mempengaruhi fakta, kenyataan, dan realita yang ada, ehmm
Saya juga tidak membantah faktanya kok.
Ya sdh kalau memang Anda mengaku tidak dalam kapasitas berdiskusi. Semula saya berbaik sangka Anda berniat berdiskusi, bukan sekadar jd pesorak.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: 10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by Penyaran on Sun Dec 30, 2012 12:12 pm

Tangkap dan Adili Paus Benediktus! (Soal Skandal Seks Gereja Katolik)

Terkait maraknya skandal seksual di Gereja Katolik, seorang ilmuwan, penulis dan aktivis anti-agama asal Inggris, Richard Dawkins akan berupaya melakukan penangkapan terhadap Paus Benekdiktus XVI, ketika Paus berkunjung ke Inggris tanggal 16-19 September 2010 mendatang.

Penangkapan dimaksudkan agar Paus bisa menghadapi pertanyaan-pertanyaan mengenai skandal pelecehan anak di gereja Katolik. Ide gila ini dikemukakan hari Ahad (11/4) waktu setempat.

Untuk itu, Dawkins meminta pengacara hak asasi manusia mengkaji apakah tuntutan bisa diajukan terhadap Paus.

Sesuai jadwal, kunjungan paus selama empat hari sejak 16 September 2010 itu akan menjadi lawatan pertama Paus sejak kunjungan pastoral Paus Yohanes Paulus II tahun 1982 dan merupakan kunjungan resmi pertama Paus ke Inggris.

Dawkins dan wartawan Inggris, Christopher Hitchens, menugasi pengacara Geoffrey Robertson dan Mark Stephens untuk menjajaki cara-cara melakukan tindakan hukum terhadap Paus.

Dalam pernyataan e-mail kepada media, Stephens mengatakan, ada tiga pendekatan yang memungkinkan tindakan hukuman terhadap Paus: pengaduan ke Pengadilan Kejahatan Internasional di Belanda, penuntutan pribadi atau umum “atas kejahatan kemanusiaan”, atau kasus sipil.

Mereka akan berargumentasi bahwa Paus tidak memiliki kekebalan diplomatik dari penuntutan selaku kepala negara karena Vatikan memiliki “status pengamat permanen” di PBB, tidak memiliki keanggotaan penuh atau hak suara.

Dawkins, penulis “The God Delusion” dan “The Selfish Gene”, mengatakan kepada surat kabar Sunday Times, ia mencurigai kasus pelecehan anak yang dilakukan oleh anggota-anggota gereja telah ditutup-tutupi.

Hitchens, yang menerbitkan sebuah buku tahun 2007 berjudul “God Is Not Great: The Case Against Religion”, mengatakan, “Orang ini (Paus) tidak berada di atas atau di luar hukum. Tindakan kelembagaan menutup-nutupi pelecehan anak merupakan kejahatan menurut hukum.”

Pengecam menuduh Benediktus lalai menangani kasus-kasus pelecehan dalam peran sebelumnya selaku kardinal di negara asalnya, Jerman, dan di Roma.

Akhir-akhir ini Gereja Katolik di seluruh dunia dihantui wabah pelecehan seksual terhadap anak-anak (pedofilia) yang dilakukan oleh para pastor, uskup dan biarawan di Irlandia, Jerman, Austria, Belanda, Denmark, Swiss, Amerika Serikat, dll.

Meski Vatikan selalu menolak klaim bahwa Paus menutup-nutupi pelecehan yang dilakukan para pastor, akhirnya, Paus Benediktus XVI menulis menerbitkan Surat Pastoral, Jumat (19/3/2010) yang menyesalkan dan mengecam para pastor dan uskup pedofil di Irlandia. Dalam surat sebanyak 18 lembar tersebut, Paus menganggap kasus tersebut sebagai kejahatan yang serius.

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: 10 Ribu Anak Diperkosa oleh Para Pemimpin Gereja

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik