FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

apakah azab kubur itu ada? Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI


Join the forum, it's quick and easy

FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

apakah azab kubur itu ada? Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI
FORUM LASKAR ISLAM
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

apakah azab kubur itu ada?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty apakah azab kubur itu ada?

Post by BAKUL KOPI Wed Jan 11, 2012 12:28 pm

Benarkah ada azab kubur? Kenapa Al Qur’an tidak menjelaskan secara gamblang sebagaimana azab dunia dan neraka? Bagaimana pula dengan sinetron-sinetron konyol itu?
BAKUL KOPI
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 35
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by BAKUL KOPI Thu Jan 12, 2012 10:47 am

“Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang”, ini adalah siksaan di alam barzakh (di alam kubur). Sedangkan ayat (yang artinya), “dan pada hari terjadinya Kiamat” adalah ketika kiamat kubro (kiamat besar). (At Tafsir Al Qoyyim, hal. 358)
BAKUL KOPI
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 35
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by abu hanan Thu Jan 12, 2012 1:45 pm

BAKUL KOPI wrote:Benarkah ada azab kubur? Kenapa Al Qur’an tidak menjelaskan secara gamblang sebagaimana azab dunia dan neraka? Bagaimana pula dengan sinetron-sinetron konyol itu?
1.benar
2.Karenah azab kubur hanyah sebentar ajah,ngapain digamblangin?al quran bicarah azab duniyah?manah ayat?Mbok lihat duluh konteks ayat....
3.sinetron konyol is betul.betul2 konyol.setidaknyah berkhayal untuk dijuwal.
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by BAKUL KOPI Thu Jan 12, 2012 3:21 pm

1. mosok.? ah ga percoyo aku.... boong
2. sebentar.? kok ngerti.? dah mernah ngrasain ya.?
“Dan Fir’aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang , dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): “Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras”.” (QS. Al Mu’min: 45-46)
“Kalau kamu melihat ketika para malaikat mencabut jiwa orang-orang yang kafir seraya memukul muka dan belakang mereka (dan berkata) : “Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar”, (tentulah kamu akan merasa ngeri).” (QS. Al Anfal: 50)
3. iya setuju... konyol kaya sampean mbah ketawa guling
BAKUL KOPI
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 35
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by Jagona Thu Jan 12, 2012 5:18 pm

Itu cuma dongeng.
Ada yang mengatakan bahwa mayat dihidupkan kembali lalu didatangi oleh Malaikat dengan penyiksaan terhadap kafir dan memberikan harapan pada mukmin.
Ada pula yang mengatakan yang ditanya adalah roh orang yang mati itu, maka yang kafir disiksa oleh malaikat dengan berbagai cara sedangkan yang mukmin diperlihatkan gambaran surga.
Semua itu adalah cerita tradisionil yang kini bertebaran diantara masyarakat muslim, di samping tidak dapat dibuktikan kebenarannya dalam sejarah juga tidak pernah tercantum dalam Alquran.
Bagaimana pula orang yang telah jadi mayat dalam keadaan membusuk itu dapat ditanyai, padahal untuk mendengar dan menjawab suatu pertanyaan dibutuhkan kesadaran, dan kesadaran itu didapat dari adanya tubuh dan roh. Orang tidur saja tidak dapat ditanya apalagi yang sudah jadi mayat
avatar
Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 77
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by villa_uky Thu Jan 12, 2012 6:23 pm

KEDAHSYATAN SIKSAAN DIALAM KUBUR

Abul-Laits meriwayatkan dengan sanadnya dari Albaraa' bin Aazib r.a. berkata: "Kami bersama Nabi Muhammad s.a.w keluar menghantar jenazah seorang sahabat Anshar, maka ketika sampai kekubur dan belum dimasukkan dalam lahad, Nabi Muhammad s.a.w duduk dan kami duduk disekitarnya diam menundukkan kepala bagaikan ada burung diatas kepala kami, sedang Nabi Muhammad s.a.w mengorek-ngorek dengan dahan yang ada ditangannya, kemudian ia mengangkat kepala sambil bersabda: "Berlindunglah kamu kepada Allah dari siksaan kubur.". Nabi Muhammad s.a.w mengulangi sebanyak 3 kali." Lalu Nabi Muhammad s.a.w bersabda:

"Sesungguhnya seorang mukmin jika akan meninggal dunia dan menghadapi akhirat (akan mati), turun padanya malaikat yang putih-putih wajahnya bagaikan matahari, membawa kafan dari syurga, maka duduk didepannya sejauh pandangan mata mengelilinginya, kemudian datang malaikulmaut dan duduk didekat kepalanya dan memanggil: "Wahai roh yang tenang baik, keluarlah menuju pengampunan Allah dan ridhaNya."

Nabi Muhammad s.a.w bersabda lagi: "Maka keluarlah rohnya mengalir bagaikan titisan dari mulut kendi tempat air, maka langsung diterima dan langsung dimasukkan dalam kafan dan dibawa keluar semerbak harum bagaikan kasturi yang terharum diatasbumi, lalu dibawa naik, maka tidak melalui rombongan malaikat melainkan ditanya: "Roh siapakah yang harum ini?" Dijawab: "Roh fulan bin fulan sehingga sampai kelangit, dan disana dibukakan pintu langit dan disambut oleh penduduknya dan pada tiap-tiap langit dihantar oleh Malaikat Muqarrbun, dibawa naik kelangit yang atas hingga sampai kelangit ketujuh, maka Allah berfirman: "Catatlah suratnya di illiyyin. Kemudian dikembalikan ia kebumi, sebab daripadanya Kami jadikan, dan didalamnya Aku kembalikan dan daripadanya pula akan Aku keluarkan pada saatnya." Maka kembalilah roh kejasad dalam kubur, kemudian datang kepadanya dua Malaikat untuk bertanya: "Siapa Tuhanmu?" Maka dijawab: Allah Tuhanku. Lalu ditanya: "Apakah agamamu?" Maka dijawab: "Agamaku Islam" Ditanya lagi: "Bagaimana pendapatmu terhadap orang yang diutuskan ditengah-tengah kamu?" Dijawab: "Dia utusan Allah". Lalu ditanya: "Bagaimanakah kamu mengetahui itu?" Maka dijawab: "Saya membaca kitab Allah lalu percaya dan membenarkannya" Maka terdengar suara: "Benar hambaku, maka berikan padanya hamparan dari syurga serta pakaian syurga dan bukakan untuknya pintu yang menuju kesyurga, supaya ia mendapat bau syurga dan hawa syurga, lalu luaskan kuburnya sepanjang pandangan mata." Kemudian datang kepadanya seorang yang bagus wajahnya dan harum baunya sambil berkata: "Terimalah khabar gembira, ini saat yang telah dijanjikan Allah kepadamu." Lalu bertanya: "Siapakah kau?" Jawabnya: "Saya amalmu yang baik." Lalu ia berkata: Ya Tuhan, segerakan hari kiamat supaya segera saya bertemu dengan keluargaku dan kawan-kawanku."

Nabi Muhammad s.a.w bersabda: "Adapun hamba yang kafir, jika akan meninggal dunia dan menghadapi akihirat, maka turun kepadanya Malaikat dari langit yang hitam mukanya dengan pakaian hitam, lalu duduk dimukanya sepanjang pandangan mata, kemudian datang Malaikulmaut dan duduk disamping kepalanya lalu berkata: "Hai roh yang jahat, keluarlah menuju murka Allah." Maka tersebar disemua anggota badannya, maka dicabut rohnya bagaikan mencabut besi dari bulu yang basah, maka terputus semua urat dan ototnya, lalu diterima akan dimasukkan dalam kain hitam, dan dibawa dengan bau yang sangat busuk bagaikan bangkai, dan dibawa naik, maka tidak melalui malaikat melainkan ditanya: "Roh siapakah yang jahat dan busuk itu?" Dijawab: "Roh fulan bin fulan." dengan sebutan yang amat jelek sehingga sampai dilangit dunia, maka minta dibuka, tetapi tidak dibuka untuknya. Kemudian Nabi Muhammad s.a.w membaca ayat: "Laa tufattahu lahum abwabus samaa'i, wala yad khuluunal jannata hatta yalijal jamalu fisamil khiyaath." (Yang Bermaksud) "Tidak dibukakan bagi mereka itu pintu-pintu langit dan tidak dapat masuk syurga sehingga unta dapat masuk dalam lubang jarum."

Kemudian diperintahkan: "Tulislah orang itu dalam sijjin." Kemudian dilemparkan rohnya itu bagitu sahaja sebagaimana ayat "Waman yusyrik billahi fakaan nama khorro minassama'i fatakh thofuhuth thairu au tahwi bihirrihu fimakaanin sahiiq." (Yang bermaksud) "Dan siapa mempersekutukan Allah, maka bagaikan jatuh dari langit lalu disambar helang atau dilemparkan oleh angin kedalam jurang yang curam."

Kemudian dikembalikan roh itu kedalam jasad didlam kubur, lalu didatangi oleh dua Malaikat yang mendudukkannya lalu bertanya: ""Siapa Tuhanmu?" Maka dijawab: "Saya tidak tahu". Lalu ditanya: "Apakah agamamu?" Maka dijawab: "Saya tidak tahu" Ditanya lagi: "Bagaimana pendapatmu terhadap orang yang diutuskan ditengah-tengah kamu?" Dijawab: "Saya tidak tahu". Lalu ditanya: "Bagaimanakah kamu mengetahui itu?" Maka dijawab: "Saya tidak tahu" Maka terdengar suara seruan dari langit: "Dusta hambaku, hamparkan untuknya dari neraka dan bukakan baginya pintu neraka, maka terasa olehnya panas hawa neraka, dan disempitkan kuburnya sehingga terhimpit dan rosak tulang-tulang rusuknya, kemudian datang kepadanya seorang yang buruk wajahnya dan busuk baunya sambil berkata: "Sambutlah hari yang sangat jelek bagimu, inilah saat yang telah diperingatkan oleh Allah kepadamu." Lalu ia bertanya: "Siapakah kau?" Jawabnya: "Aku amalmu yang jelek." Lalu ia berkata: "Ya tuhan, jangan percepatkan kiamat, ya Tuhan jangan percepatkan kiamat."

Abul-Laits dengan sanadnya meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. berkata: "Nabi Muhammad s.a.w bersabda: "Seorang mukmin jika sakaratulmaut didatangi oleh Malaikat dengan membawa sutera yang berisi masik (kasturi) dan tangkai-tangkai bunga, lalu dicabut rohnya bagaikan mengambil rambut didalam adunan sambil dipanggil: "Ya ayyatuhannafsul muth ma'innatur ji'i ila robbiki rodhiyatan mardhiyah." (Yang bermaksud) "Hai roh yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan perasaan rela dan diridhoi. Kembalilah dengan rahmat dan keridhoan Allah." Maka jika telah keluar rohnya langsung ditaruh diatas misik dan bunga-bunga itu lalu dilipat dengan sutera dan dibawa keilliyyin. Adapun orang kafir jika sakaratulmaut didatangi oelh Malaikat yang membawa kain bulu yang didalamnya ada api, maka dicabut rohnya dengan kekerasan sambil dikatakan kepadanya: "Hai roh yang jahat keluarlah menuju murka Tuhammu ketempat yang rendah hina dan siksaNya, maka bila telah keluar rohnya itu, diletakkan diatas api dan bersuara seperti sesuatu yang mendidih kemudian dilipat dan dibawa kesijjin."

Alfaqih Abu Ja'far meriwayatkan dengan sanadnya dari Abdullah bin Umar r.a. berkata: "Seorang mukmin jika diletakkan dikubur maka diperluaskan kuburnya itu hingga 70 hasta dan ditaburkan padanya bunga-bunga dan dihamparkan sutera, dan bila ia hafal sedikit dari al-quran sukup untuk penerangannya jika tidak maka Allah s.w.t. memberikan kepadanya nur cahaya penerangan yang menyerupai penerangan matahari, dan didalam kubur bagaikan pengantin baru, jika tidur maka tidak ada yang berani membangunkan kecuali kekasihnya sendiri, maka ia bangun dari tidur itu bagaikan masih kurang masa tidurnya dan belum puas. Adapun orang kafir maka akan dipersempit kuburnya sehingga menghancurkan tulang rusuknya dan masuk kedalam perutnya lalu dikirimkan kepadanya ular segemuk leher unta, maka makan dagingnya sehingga habis dan sisa tulang semata-mata, lalu dikirim kepadanya Malaikat yang akan menyiksa iaitu yang buta tuli dan bisu dengan membawa puntung dari besi yang langsung dipukulkannya, sedang Malaikat itu tidak mendengar suara jeritannya dan tidak melihat keadaannya supaya tidak dikasihaninya, selain itu lalu dihidangkan siksa neraka itu tiap pagi dan petang."

Abu-Laits berkata: "Siapa yang ingin selamat dari siksaan kubur maka harus menlazimi empat dan meninggalkan empat iaitu:

Menjaga sembahyang lima waktu

Banyak bersedekah

Banyak membaca al-quran

Memperbanyak bertasbih (membaca: Subhanallah walhamdulillah wal'aa ilaha illallah wallahu akbar, walahaula wala quwata illa billah)

Semua yang empat ini dapat menerangi kubur dan meluaskannya. Adapun empat yang harus ditinggalkan ialah:

Dusta

Kianat

Adu-adu

Menjaga kencing, sebab Nabi Muhammad s.a.w pernah bersabda: "Bersih-bersihlah kamu daripada kencing, sebab umumnya siksa kubur itu kerana kencing. (Yakni hendaklah dicuci kemaluan sebersih-bersihnya.)

Nabi Muhammad s.a.w bersabda: "Innallahha ta'ala kariha lakum arba'a: Al'abatsu fishsholaati, wallagh wu filqira'ati, warrafatsu fisshiyami, wadhdhahiku indal maqaabiri. (Yang bermaksud) Sesungguhnya Allah tidak suka padamu empat, main-main dalam sembahyang dan lahgu (tidak hirau), dalam bacaan quran dan berkata keji waktu puasa dan tertawa didalam kubur."

Muhammad bin Assammaak ketika melihat kubur berkata: "Kamu jangan tertipu kerana tenangnya dan diamnya kubur-kubur ini, maka alangkah banyaknya orang yang sudah bingung didalamnya, dan jangan tertipu kerana ratanya kubur ini, maka alangkah jauh berbeza antara yang satu pada yang lain didalamnya. Maka seharusnya orang yang berakal memperbanyak ingat pada kubur sebelum masuk kedalamnya."

Sufyan Atstsauri berkata: "Siapa yang sering (banyak) memperingati kubur, maka akan mendapatkannya kebun dari kebun-kebun syurga, dan siapa yang melupakannya maka akan mendapatkannya jurang dari jurang-jurang api neraka."

Ali bin Abi Thalib r.a. berkata dalam khutbahnya: "Hai hamba Allah, berhati-hatilah kamu dari maut yang tidak dapat dihindari, jika kamu berada ditempat, ia datang mengambil kamu, dan bila kamu lari pasti akan terpegang juga, maut terikat selalu diubun-ubunmu, maka carilah jalan selamat, carilah jalan selamat dan segera-segera, sebab dibelakangmu ada yang mengejar kamu yaitu kubur, ingatlah bahawa kubur itu adakalanya kebun dari kebun-kebun syurga atau jurang dari jurang-jurang neraka dan kubur itu tiap-tiap hari berkata-kata: Akulah rumah yang gelap, akulah tempat sendirian, akulah rumah ulat-ulat."

Ingatlah sesudah itu ada hari (saat) yang lebih ngeri, hari dimana anak kecil segera beruban dan orang tua bagaikan orang mabuk, bahkan ibu yang meneteki lupa terhadap bayinya dan wanita yang bunting menggugurkan kandungannya dan kau akan melihat orang-orang bagaikan orang mabuk tetapi tidak mabuk khamar, hanya siksa Allah s.w.t. yang sangat ngeri dan dahsyat.

Ingatlah bahawa sesudah itu ada api neraka yang sangat panas dan suram dalam, perhiasannya besi dan sirnya darah bercampur nanah, tidak ada rahmat Allah s.w.t. disana. Maka kaum muslimin yang menangis. lalu ia berkata: "Dan disamping itu ada syurga yang luasnya selebar langit dan bumi, tersedia untuk orang-orang yang takwa. Semoga Allah s.w.t. melindungi kami dari siksa yang pedih dan menempatkan kami dalam darunna'iem (Syurga yang serba kenikmatan).

Usaid bin Abdirrahman berkata: "Saya telah mendapat keterangan bahawa seorang mukmin jika mati dan diangkat, ia berkata: "Segerakan aku.", dan bila telah dimasukkan dalam lahad (kubur), bumi berkata kepadanya: "Aku kasih padamu ketika diatas punggungku, dan kini lebih sayang kepadamu." Dan bila orang kafir mati lalu diangkat mayatnya, ia berkata: "Kembalikan aku." dan bila diletakkan didalam lahadnya, bumi berkata: "Aku sangat benci kepadamu ketika kau diatas punggungku, dan kini aku lebih benci lagi kepadamu."

Usman bin Affan r.a. ketika berhenti diatas kubur, ia menangis, maka ditegur: "Engkau jika menyebut syurga dan neraka tidak menangis, tetapi kau menangis kerana kubur?" Jawabnya: "Nabi Muhammad s.a.w pernah bersabda: "Alqabru awwalu manazilil akhirah, fa in naja minhu fama ba'dahu aisaru minhu, wa in lam yanju minhu fama ba'dahu asyaddu minhu." (Yang bermaksud)"Kubur itu pertama tempat yang menuju akhirat, maka bila selamat dalam kubur, maka yang dibelakangnya lebih ringan, dan jika tidak selamat dalam kubur maka yang dibelakangnya lebih berat daripadanya."

Abdul-Hamid bin Mahmud Almughuli berkata: "Ketika aku duduk bersama Ibn Abbas r.a., tiba-tiba datang kepadanya beberapa orang dan berkata: "Kami rombongan haji dan bersama kami ini ada seorang yang ketika sampai didaerah Dzatishshahifah, tiba-tiba ia mati, maka kami siapkan segala keperluannya, dan ketika menggali kubur untuknya, tiba-tiba ada ular sebesar lahad, maka kami tinggalkan dan menggali lain tempat juga ada ular, maka kami biarkan dan kami menggali lain tempat juga kami dapatkan ular, maka kami biarkan dan kini kami bertanya kepadamu, bagaimanakah harus kami perbuat tehadap mayat itu?" Jawab Ibn Abbas r.a.: "Itu dari amal perbuatannya sendiri, lebih baik kamu kubur sajan demi Allah andaikan kamu galikan bumi ini semua niscaya akan kamu dapat ular didalamnya." Maka mereka kembali dan menguburkan mayat itu didalam salah satu kubur yang sudah digali itu dan ketika mereka kembali kedaerahnya mereka pergi kekeluarganya untuk mengembalikan barang-barangnya sambil bertanya kepada isterinya apakah amal perbuatan yang dilakukan oelh suaminya? Jawab isterinya: "Dia biasa menjual gandum dalam karung, lalu dia mengambil sekadar untuk makanannya sehari, dan menaruh tangkai-tangkai gandum itu kedalam karung seberat apa yang diambilnya itu."

Abul-Laits berkata: "Berita ini menunjukkan bahawa kianat itu salah satu sebab siksaan kubur dan apa yang mereka lihat itu sebagai peringatan jangan sampai kianat."

Ada keterangan bahawa bumi ini tiap hari berseru sampai lima kali dengan berkata:

Hai anak Adam, anda berjalan diatas punggungku dan kembalimu didalam perutku.

Hai anak Adam, anda makan berbagai macam diatas punggungku dan anda akan dimakan ulat didalam perutku.

Hai anak Adam, anda tertawa diatas punggungku, dan akan menangis didalam perutku.

Hai anak Adam, anda bergembira diatas punggungku dan akan berduka didalam perutku.

Hai anak Adam, anda berbuat dosa diatas punggungku, maka akan tersiksa didalam perutku.

Amr bin Dinar berkata: "Ada seorang penduduk kota Madinah yang mempunyai saudara perempuan dihujung kota, maka sakitlah saudaranya itu kemudian mati, maka setelah diselesaikan persiapannya dibawa kekubur, kemudian setelah selesai menguburkan dan kembali pulang kerumah, ia teringat pada kantongan yang dibawa dan tertinggal dalam kubur, maka ia minta bantuan orang untuk menggali kubur itu kembali, dan sesudah digali kubur itu maka bertemulah dia akan kantongannya itu, ia berkata kepada orang yang membantunya itu: "Tolong aku ketepi sebentar sebab aku ingin mengetahui bagaimana keadaan saudaraku ini." Maka dibuka sedikit lahadnya, tiba-tiba dilihatnya kubur itu menyala api, maka segera ia meratakan kubur itu dan kembali kepada ibunya lalu bertanya: "Bagaimanakah kelakuan saudaraku dahulu itu?" Ibunya berkata: "Mengapa kau menanyakan kelakuan saudaramu, padahal ia telah mati?" Anaknya tetap meminta supaya diberitahu tentang amal perbuatan saudaranya itu, lalu diberitahu bahawa saudaranya itu biasanya mengakhirkan sembahyang dari waktunya, juga cuai dalam kesucian dan diwaktu malam sering mengintai rumah-rumah tetangga untuk mendengar perbualan mereka lalu disampaikan kepada orang lain sehingga mengadu domba antara mereka, dan itulah sebabnya siksa kubur. Kerana itu siapa yang ingin selamat dari siksaan kubur haruslah menjauhkan diri dari sifat namimah (adu domba diantara tetangga dan orang lain) supaya selamat dari siksaan kubur dan mudah baginya menjawab pertanyaan Malaikat Munkar Nakier.

Alabarra' bin Aazib r.a. berkata: "Nabi Muhammad s.a.w bersabda: "Seorang mukmin jika ditanya dalam kubur, maka ia langsung membaca Asyhadu an laa ilaha illallah wa anna Muhammad abduhu warasuluhu, maka itulah yang tersebut dalam firman Allah: Yutsabbitullahul ladzina aamanu bil qaulits tsabiti filhayatiddun ya wafil akhirah (Allah menetapkan orang-orang yang beriman dengan khalimah yang teguh dimana hidup didunia dan diakhirat (yakni khalimah laa ilaha illallah, Muhammad Rasullullah).

Dan ketetapan itu terjadi dalam tiga masa iaitu:

Ketika melihat Malakulmaut

Ketika menghadapi pertanyaan Mungkar Nakier

Ketika menghadapi hisab dihari kiamat

Dan ketetapan ketika melihat Malaikulmaut dalam tiga hal iaitu:

Terpelihara dari kekafiran, dan mendapat taufiq dan istiqamah dalam tauhid sehingga keluar rohnya dalam Islam

Diberi selamat oleh Malaikat bahawa ia mendapat rahmat

Melihat tempatnya disyurga sehingga kubur menjadi salah satu kebun syurga.

Adapun ketetapan ketika hisab juga dalam tiga perkara iaitu:

Allah s.wt. memberinya ilham sehingga dapat menjawab segala pertanyaan dengan benar

Mudah dan ringan hisabnya

Diampunkan segala dosanya

Ada juga yang mengatakan bahawa ketetapan itu dalam empat masa iaitu:

Ketika mati

Didalam kubur sehingga dapat menjawab pertanyaan tanpa gentar atau takut

Ketika hisab

Ketika berjalan diatas sirat sehingga berjalan bagaikan kecepatan kilat

Jika ditanya tentang soal kubur bagaimanakah bentuknya, maka ulama telah membicarakannya dalam berbagai pendapat. Sebahagiannya berkata pertanyaan itu hanya kepada roh tanpa jasad dan disaat itu roh masuk kedalam jasad hanya sampai didada. Ada pendapat berkata bahawa rohnyanya diantara jasad dan kafan dan sebaiknya seorang mempercayai adanya pertanyaan dalam kubur tanpa menanyakan dan sibuk dengan caranya. Dan kita sendiri akan mengetahui bila sampai disana, maka bila ada orang menolak adanya soal Mungkar Nakier dalam kubur, maka penolakannya dari dua jalan iaitu:

Mereka berkata: "Ia tidak mungkin menurut perkiraan akal, sebab menyalahi kebiasaan tabiat alam."

atau mereka berkata: "Tidak ada dalil yang menguatkan."

Pendapat pertama bahawa ia tidak mungkin dalam akal kerana menyalahi kebiasaa tabiat alam. Pendapat ini bererti menidakkan kenabian dan mukjizat, sebab para Nabi itu semuanya dari manusia biasa dan tabiatnya mereka sama, tetapi mereka telah dapat bertemu dengan Malaikat dan menerima wahyu, bahkan laut telah terbelah untuk Nabi Musa a.s., demikian pula tongkatnya menjadi ular, semua kejadian itu menyalahi tabiat alam, maka orang yang menolak semua itu bererti keluar dari Islam. Jika ia berkata: "Tidak ada dalil.", maka hadis-hadis yang diterangkan sudah cukup untuk menjadi alasan bagi orang yang akan mahu terima.

Firman Allah s.w.t. yang berbunyi: "Wa man a'rodho an dzikri fa inna lahu ma'i syatan dhanka wanah syuruhu yaumal qiyaamati a'ma. (Yang bermaksud) "Dan siapa yang mengabaikan peringatanKu (ajaranKu) maka ia akan merasakan kehidupan yang sukar (kehidupan sukar ini ketika menghadapi pertanyaan dalam kubur)."

Demikian pula ayat: "Yu tsabbitulladzina aamanu bil qoulaits tsabiti filhayatiddunia wafil akhirati. (Yang bermaksud) "Allah akan menetapkan hati orang-orang mukmin dengan khalimah yang teguh didunia dan diakhirat."

Abu-Laits meriwayatkan dengan sanadnya dari Saad bin Almusayyab dari Umar r.a. berkata: Nabi Muhammad s.a.w bersabda: "Jika seorang mukmin telah masuk kedalam kubur, maka didatangi oleh dua Malaikat yang menguji dalam kubur, lalu mendudukkannya dan menanyainya, sedang ia mendengar suara derap sandal sepatu mereka ketika kembali, lalu ditanya oleh kedua Malaikat itu: Siapa Tuhammu, dan apakah agamamu, dan siapa Nabimu, lalu dijawab: Allah tuhanku, dan agamaku Islam dan Nabiku Nabi Muhammad s.a.w. Lalu Malaikat itu berkata: Allah yang menetapkan kau dalam khalimah itu, tidurlah dengan tenang hati. Itulah ertinya Allah menetapkan mereka dalam khalimah hak. Adapun orang kafir zalim maka Allah menyesatkan mereka dengan tidak memberi petunjuk taufiq pada mereka, sehingga ketika ditanya oleh Malaikat: Siapa Tuhanmu, apa agamamu dan siapa Nabimu, maka jawab orang kafir atau munafiq: Tidak tahu. Maka oleh Malaikat dikatakan: Tidak tahu, maka langsung dipukul sehingga jeritan suaranya terdengar semua yang dialam kecuali manusia dan jin. (Dan andaikan didengar oleh manusia pasti pingsan)

Abu Hazim dari Ibn Umar r.a. berkata: Nabi Muhammad s.a.w bersabda kepada Umar r.a : "Bagaimanakah kau hai Umar jika didatangi oleh kedua Malikat yang akan mengujimu didalam kubur iaitu Mungkar Nakier hitam keduanya kebiru-biruan siung keduanya mengguriskan bumi, sedang rambut keudanya sampai ketanah dan suara keduanya bagaikan petir yang dahsyat, dan matanya bagaikan kilat yang menyambar?" Umar bertanya: "Ya Rasullullah, apakah ketika itu aku cukup sedar sebagaimana keadaanku sekarang ini?" Nabi Muhammad s.a.w menjawab: "Ya." Umar berkata: "jika sedemikian maka saya selesaikan keduanya dengan izin Allah s.w.t.. Nabi Muhammad s.a.w bersabda: "sesungguhnya Umar seorang yang mendapat taufiq."

Abul-Laits berkata: "saya telah diberitahu oleh Abul-Qasim bin Abdurrahman bin Muhammad Asysyabadzi dengan sanadnya dari Abu Hurairah r.a. berkata: Nabi Muhammad s.a.w bersabda: "Tiada seorang yang mati melainkan ia mendengkur yang didengari oleh semua binatang kecuali manusia, dan andaikata ia mendengar pasti pingsan, dan bila dihantar kekubur, maka jika solih (baik) berkata: "Segerakanlah aku, andaikan kamu mengetahui apa yang didepanku daripada kebaikan, nescaya kamu akan menyegerakan aku. Dan bila ia tidak baik maka berkata: "Jangan keburu, andaikata kamu mengtahui apa yang didepan aku daripada bahaya, nescaya kamu tidak akan keburu. Kemudian jika telah ditanam dalam kubur, didatangi oleh dua Malaikat yang hitam kebiru-biruan datang dari arah kepalanya, maka ditolak oleh sembahyangnya: Tidak boleh datang dari arahku sebab adakalanya ia semalaman tidak tidur kerana takut dari saat yang seperti ini, lalu datang dari bawah kakinya, maka ditolak oleh baktinya pada kedua orang tuanya: Jangan datang dari arahku, kerana ia biasa berjalan tegak kerana ia takut dari saat seperti ini, lalu datang dari arah kanannya, maka ditolak oleh sedekahnya: Tidak boleh datang dari arahku, kerana ia pernah sedekah kerana ia takut dari saat seperti ini, lalu ia datang dari kirinya maka ditolak oleh puasanya: Jangan datang dari arahku, kerana ia biasa lapar dan haus kerana takut saat seperti ini, lalu ia dibangunkan bagaikan dibangunkan dari tidur, lalu ia bertanya: Bagaimana pendapatmu tentang orang yang membawa ajaran kepadamu itu? Ia tanya: Siapakah itu? Dijawab: Muhammad s.a.w? Maka dijawab: Saya bersaksikan bahawa ia utusan Allah. Lalu berkata kedua Malaikat: Engkau hidup sebagai seorang mukmin, dan mati juga mukmin. Lalu diluaskan kuburnya, dan dibukakan baginya segala kehormatan yang dikurniakan Allah kepadanya. Semoga Allah memberi kita taufiq dan dipelihara serta dihindarkan dari hawa nafsu yang menyesatkan, dan menyelamatkan kami dari siksa kubur kerana Nabi Muhammad s.a.w juga berlindung kepada Allah dari siksa kubur."

A'isyah r.a. berkata: "Saya dahulunya tidak mengetahui adanya siksa kubur sehingga datang kepadaku seorang wanita Yyahudi, minta-minta dan sesudah saya beri ia berkata: "Semoga Allah melindungi kamu dari siksa kubur. Maka saya kira keterangannya itu termasuk tipuan kaum Yahudi, lalu saya ceritakan kepada Nabi Muhammad s.a.w maka Nabi Muhammad s.a.w memberitahu kepadaku bahawa siksa kubur itu hak benar, maka seharusnya seorang muslim berlindung kepada Allah s.w.t. dari siksa kubur, dan bersiap sedia untuk menghadapi kubur dengan amal yang soleh, sebab selama ia masih hidup maka Allah s.w.t. telah memudahkan baginya segala amal soleh. Sebaliknya bila ia telah masuk kedalam kubur, maka ia akan ingin kalau dapat diizinkan, sehingga ia sangat menyesal semata-mata, kerana itu seorang yang berakal harus berfikir dalam hal orang-orang yang telah mati, kerana orang-orang yang telah mati itu, mereka sangat ingin kalau dapat akan sembahyang dua rakaat, berzikir dengan tasbih, tahmid dan tahlil, sebagaimana ketika didunia, tetapi tidak diizinkan, lalu mereka hairan pada orang-orang yang masih hidup menghambur-hamburkan waktu dalam permainan dan kelalaian semata-mata. Saudaraku jagalah dan siap-siapkan harimu, sebab ia sebagai pokok kekayaanmu, maka mudah bagimu mendapatkan atau mencari untung laba, sebab kini dagangan akhirat agak sepi dan tidak laku, kerana itu rajin-rajinlah kau mengumpulkan sebanyak mungkin daripadanya, sebab akan tiba masa dagangan itu sangat berharga sebab pada saat itu ia berharga, maka kau tidak akan dapat mencari atau mencapainya. Kami mohon semoga Allah s.w.t. memberi taufiq untuk bersiap-siap menghadapi saat keperluan dan jangan sampai menjadikan kami dari golongan yang menyesal sehingga ingin kembali kedunia tetapi tidak diizinkan, juga semoga Allah s.w.t. memudahkan atas kami sakaratulmaut, dan kesukaran kubur, demikian pula pada semua kaum muslimin dan muslimat.

Aamin ya Robbal aalamin. Engkau arhamurrahimin, wahasbunallahu wani'mal wakiel, walahaula wala quwwata illa billahil aliyil adhiem."
villa_uky
villa_uky
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Age : 36
Posts : 14
Location : ujung padang. tenjowan
Join date : 25.12.11
Reputation : 0

http://boyjan86.indonesianforum.net/

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by BAKUL KOPI Thu Jan 12, 2012 9:40 pm

idem dgn pak jagoan.... ehmm islam bisa dilogika
BAKUL KOPI
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 35
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by abu hanan Fri Jan 13, 2012 9:18 am

Jagona wrote:Itu cuma dongeng.
Ada yang mengatakan bahwa mayat dihidupkan kembali lalu didatangi oleh Malaikat dengan penyiksaan terhadap kafir dan memberikan harapan pada mukmin.
Ada pula yang mengatakan yang ditanya adalah roh orang yang mati itu, maka yang kafir disiksa oleh malaikat dengan berbagai cara sedangkan yang mukmin diperlihatkan gambaran surga.
Semua itu adalah cerita tradisionil yang kini bertebaran diantara masyarakat muslim, di samping tidak dapat dibuktikan kebenarannya dalam sejarah juga tidak pernah tercantum dalam Alquran.
Bagaimana pula orang yang telah jadi mayat dalam keadaan membusuk itu dapat ditanyai, padahal untuk mendengar dan menjawab suatu pertanyaan dibutuhkan kesadaran, dan kesadaran itu didapat dari adanya tubuh dan roh. Orang tidur saja tidak dapat ditanya apalagi yang sudah jadi mayat
dengan pendapat sepertih ituh..dimanakah roh ketikah telah meninggalkan jasad?

kemudian salah satu bentuk pemurtadan dan penghancuran Islam adalah dengan menanamkan keragu-raguan kepadah hadits nabawi. Carah inih oleh musuh Islam dipandang sangat efektif, karena lumayan hemat tenagah, tetapi berdampak luar biyasah.

Contoh adalah tentang ingkarnya sebagai umat Islam terhadap adanya siksa kubur. Alasannya, karena siksa kubur itu tidak disebutkan di dalam Al-Quran. Hanya disebutkan di dalam hadits, itupun DINILAI hadits yang lemah.

Apah bwetul Al Quran gak memuat azab kubur?
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by BAKUL KOPI Fri Jan 13, 2012 2:00 pm

siksa kubur itu ada.?
berarti bagi org ga bener yg matinya dikubur akan merasakan siksa kubur
haha berarti yg matinya ndak dikubur ndak dapet siksa kubur gitu..?
hahaha
BAKUL KOPI
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 35
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by frontline defender Fri Jan 13, 2012 7:48 pm

BAKUL KOPI wrote:siksa kubur itu ada.?
berarti bagi org ga bener yg matinya dikubur akan merasakan siksa kubur
haha berarti yg matinya ndak dikubur ndak dapet siksa kubur gitu..?
hahaha
siksa kubur itu siksaan yang terjadi di alam kubur, bukan siksaan terhadap orang yang telah dikubur!
abu hanan wrote:Apah bwetul Al Quran gak memuat azab kubur?
alam kubur itu sendiri, ada di Al-Qur'an, apa nggak?

http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=alam%20kubur%20quran&source=web&cd=1&ved=0CB4QFjAA&url=http%3A%2F%2Fkajiantentangquran.blogspot.com%2F2009%2F01%2Fadakah-alam-kubur-itu.html&ei=hygQT5GzH8nTrQebtK3gAQ&usg=AFQjCNEDoOl0U2nqdlri7lyMZhkV8oCJuA&sig2=lxF-66FuEcJ4C5AeONnRLA&cad=rja

http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=alam%20kubur%20quran&source=web&cd=4&ved=0CDUQFjAD&url=http%3A%2F%2Fwww.scribd.com%2Fdoc%2F31477755%2FPerihal-Alam-Kubur-Dari-Al-Quran&ei=hygQT5GzH8nTrQebtK3gAQ&usg=AFQjCNFWxSFR6QQZqXl6_oGVGJTQQUSVPA&sig2=1GSRJdxRH-10f6aYlUCljQ&cad=rja
frontline defender
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by BAKUL KOPI Sat Jan 14, 2012 12:29 am

usil tambah seru nih....
lanjooot nunggu mbah abu.....
BAKUL KOPI
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 35
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by Jagona Sat Jan 14, 2012 9:57 am

QS.39;42 : "ALLAH mengangkatkan (kesadaran) suatu diri ketika matinya dan diri yang belum mati waktu tidurnya, maka DIA tahanlah kesadaran diri yang DIA laksanakan atasnya kematian dan DIA kirimkan kembali kesadaran (orang tidur) yang lain itu sampai pada ajal (ketetapan) tertentu. Bahwa pada yang demikian menjadi pertanda-pertanda bagi kaum yang memikirkan".

Kesadaran adalah problem utama dalam hidup. Orang yang memiliki kesadaran pastilah dia mempunyai tubuh dan roh. Kematian adalah perceraian antara roh dan tubuh, terang sekali orang yang mati tidak memiliki kesadaran. Bagaimana mungkin orang seperti ini ditanyai malaikat untuk disiksa atau diberi harapan surga.
Kemana rohnya setelah mati ? yang pasti ALLAH menahan roh itu. Bagaimana caranya ALLAH menahan roh orang mati ?. Bukan urusan manusia, dan manusia tidak akan mampu memikirkannya.

Kemudian kita harus memahami bahwa Hadits nabi fungsinya adalah untuk menjelaskan petunjuk dalam Alquran, BUKAN untuk melengkapi Alquran, karena ALLAH menyatakan dalam QS.5;3 bahwa Alquran sudah sempurna.

ALLAH memberi contoh pada QS.2;259 bahwa Uzair dimatikan selama 100 tahun, dan ketika dibangunkan kembali dan ditanya sudah berapa lama tinggal disitu, dia (uzair) menjawab baru setengah hari atau sehari saja. demikian juga pada QS.18;18-19, bahwa pemuda Alkahfi yang dimatikan selama 309 tahun ketika dibangunkan dan ditanya sudah berapa lama tinggal disitu jawabnya juga baru setengah hari atau satu hari.
Contoh di atas menunjukan bahwa tidak ada kejadian setelah seseorang dimatikan, dan berapa lamapun dia mati (dikubur) bila dibangunkan idak nanti di akherat akan merasakan baru sebentar.
Dengan demikian ternyata siksa kubur itu tidak ada.
avatar
Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 77
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by frontline defender Sat Jan 14, 2012 4:14 pm

bagaimana dengan perbedaan antara pikiran bawah sadar & pikiran sadar (contoh : setelah bangun tidur, seseorang biasanya tidak bisa ingat secara persis mimpinya)?
bingung
frontline defender
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by abu hanan Wed Jan 18, 2012 12:49 pm

Jagona wrote:QS.39;42 : "ALLAH mengangkatkan (kesadaran) suatu diri ketika matinya dan diri yang belum mati waktu tidurnya, maka DIA tahanlah kesadaran diri yang DIA laksanakan atasnya kematian dan DIA kirimkan kembali kesadaran (orang tidur) yang lain itu sampai pada ajal (ketetapan) tertentu. Bahwa pada yang demikian menjadi pertanda-pertanda bagi kaum yang memikirkan".

Kesadaran adalah problem utama dalam hidup. Orang yang memiliki kesadaran pastilah dia mempunyai tubuh dan roh. Kematian adalah perceraian antara roh dan tubuh, terang sekali orang yang mati tidak memiliki kesadaran. Bagaimana mungkin orang seperti ini ditanyai malaikat untuk disiksa atau diberi harapan surga.
Kemana rohnya setelah mati ? yang pasti ALLAH menahan roh itu. Bagaimana caranya ALLAH menahan roh orang mati ?. Bukan urusan manusia, dan manusia tidak akan mampu memikirkannya.

Kemudian kita harus memahami bahwa Hadits nabi fungsinya adalah untuk menjelaskan petunjuk dalam Alquran, BUKAN untuk melengkapi Alquran, karena ALLAH menyatakan dalam QS.5;3 bahwa Alquran sudah sempurna.

ALLAH memberi contoh pada QS.2;259 bahwa Uzair dimatikan selama 100 tahun, dan ketika dibangunkan kembali dan ditanya sudah berapa lama tinggal disitu, dia (uzair) menjawab baru setengah hari atau sehari saja. demikian juga pada QS.18;18-19, bahwa pemuda Alkahfi yang dimatikan selama 309 tahun ketika dibangunkan dan ditanya sudah berapa lama tinggal disitu jawabnya juga baru setengah hari atau satu hari.
Contoh di atas menunjukan bahwa tidak ada kejadian setelah seseorang dimatikan, dan berapa lamapun dia mati (dikubur) bila dibangunkan idak nanti di akherat akan merasakan baru sebentar.
Dengan demikian ternyata siksa kubur itu tidak ada.
@FD
pertanyaan sayah "apah bwetul di Al Quran tidak adah keterangan siksah kubur" adalah ditujukan kepadah @jagona.
QS. Al An’am: 93
Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim berada dalam tekanan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): “Keluarkanlah nyawamu” Di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan

keluarlah nyawamu = ajal tibah
di hari ini = hari apakah yg dimaksud?

QS. At-Taubah: 101
nanti mereka akan Kami siksa dua kali kemudian mereka akan dikembalikan kepada azab yang besar.
siksaan dua kali = kapan ituh terjadih?

@jagona
perihal ayat yg andah sertakan diatas adalah terjadih padah orang2 baik dan pilihan.jadih siksah kubur memang tidak adah jikah org tersebut "lolos" darih pertanyaan alam kubur.kalow gak lolos?siksah ajah macam firaun.

sayah pikir,andah tidak akan mengetahuih mimpih dan perasaan orang yg tidur di sebelah andah.andah hanyah ,melihat jasadnyah yg diam dan tanpah kesadaran.

mas jagona....andah bilang tak adah ayat tentang siksa kubur.
QS. Al An’am: 93
Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim berada dalam tekanan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): “Keluarkanlah nyawamu” Di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan

keluarlah nyawamu = ajal tibah
di hari ini = hari apakah yg dimaksud?

QS. At-Taubah: 101
nanti mereka akan Kami siksa dua kali kemudian mereka akan dikembalikan kepada azab yang besar.
siksaan dua kali = kapan ituh terjadih?
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by Jagona Wed Jan 18, 2012 1:55 pm

Khusus untuk Abu Hanan.

Dalam QS. 6(Al-Anam);93, tercantum istilah "GOMAROOTIL MAUTI" bukan Sakratul majut ..... Anda keliru menerjemahkannya.

Gomarootil mauti artinya BANGUN DARI MAUT...... ini terjadi di Akhirat nanti waktu semua diri dihidupkan kembali untuk menerima pembalasan dari nilai hidup kini.

Sakratul maut, artinya PINGSAN MENJELANG MAUT ...... ini terjadi di dunia sekarang ini.

Itu bedanya .... Mang

Jadi terjemahan ayat tersebut adalah :
QS. 6;93 : ............................................................... Dan kalau engkau lihatlah orang-orang yang zalim itu bangun dari maut (gomarotil maut), dan malaikat mengulurkan tangannya, (sambil berkata): “Keluarkanlah dirimu” (dari kubur). Hari ini kamu dibalas dengan siksa hina tentang apa yang kamu katakan atas ALLAH tanpa hal logis dan kamu mewnyombongkan diri tentang ayat-ayat-NYA.
ehmm

avatar
Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 77
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by abu hanan Wed Jan 18, 2012 5:27 pm

Jagona wrote:Khusus untuk Abu Hanan.

Dalam QS. 6(Al-Anam);93, tercantum istilah "GOMAROOTIL MAUTI" bukan Sakratul majut ..... Anda keliru menerjemahkannya.

Gomarootil mauti artinya BANGUN DARI MAUT...... ini terjadi di Akhirat nanti waktu semua diri dihidupkan kembali untuk menerima pembalasan dari nilai hidup kini.

Sakratul maut, artinya PINGSAN MENJELANG MAUT ...... ini terjadi di dunia sekarang ini.

Itu bedanya .... Mang

Jadi terjemahan ayat tersebut adalah :
QS. 6;93 : ............................................................... Dan kalau engkau lihatlah orang-orang yang zalim itu bangun dari maut (gomarotil maut), dan malaikat mengulurkan tangannya, (sambil berkata):[ “Keluarkanlah dirimu” (dari kubur).
Hari ini kamu dibalas dengan siksa hina tentang apa yang kamu katakan atas ALLAH tanpa hal logis dan kamu mewnyombongkan diri tentang ayat-ayat-NYA.
ehmm

ehm...
cobah deh dijelasin duluh ttg shorofnyah....
1.ghomarotil maut
2.baasithuu
3.ajriimuu anfusikum >kok bisah mengarah ke "bangkit darih kubur".

sekarat kok berarti pingsan?

setelah ituh bagaimanah dengan siksaan 2 kali?QS. At-Taubah: 101
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by abu hanan Wed Jan 18, 2012 6:03 pm

abu hanan wrote:
Jagona wrote:Khusus untuk Abu Hanan.

Dalam QS. 6(Al-Anam);93, tercantum istilah "GOMAROOTIL MAUTI" bukan Sakratul majut ..... Anda keliru menerjemahkannya.

Gomarootil mauti artinya BANGUN DARI MAUT...... ini terjadi di Akhirat nanti waktu semua diri dihidupkan kembali untuk menerima pembalasan dari nilai hidup kini.

Sakratul maut, artinya PINGSAN MENJELANG MAUT ...... ini terjadi di dunia sekarang ini.

Itu bedanya .... Mang

Jadi terjemahan ayat tersebut adalah :
QS. 6;93 : ............................................................... Dan kalau engkau lihatlah orang-orang yang zalim itu bangun dari maut (gomarotil maut), dan malaikat mengulurkan tangannya, (sambil berkata):[ “Keluarkanlah dirimu” (dari kubur).
Hari ini kamu dibalas dengan siksa hina tentang apa yang kamu katakan atas ALLAH tanpa hal logis dan kamu mewnyombongkan diri tentang ayat-ayat-NYA.
ehmm

ehm...
cobah deh dijelasin duluh ttg shorofnyah....
1.ghomarotil maut
2.baasithuu
3.ajriimuu anfusikum >kok bisah mengarah ke "bangkit darih kubur".

sekarat kok berarti pingsan?
Qaf 19 ;
Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang kamu selalu lari daripadanya.
وَجَآءَتْ سَكْرَةُ ٱلْمَوْتِ بِٱلْحَقِّ ۖ ذٰلِكَ مَا كُنتَ مِنْهُ تَحِيدُ
coba deh PINGSANnyah dipindahin ke Qaf 19.

setelah ituh bagaimanah dengan siksaan 2 kali?QS. At-Taubah: 101
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by Jagona Thu Jan 19, 2012 9:53 am

Tolong deh Mang, jangan dipisah-pisahkan pengertiannya.
Sakratul maut = pingsan menjelang maut/mati.
Jangan dipisahkan : Sakratul = pingsan, dan maut = mati
Coba nih yang gampang :
Bulan sabit = bulan yang bentuknya seperti sabit
Pisahkan :
Bulan = bulan, sabit = sabit ........ sama gak seperti bulan sabit.
Coba aja masukan ke QS.50(Qof); 19, pasti lebih logis

Terus mengenai QS. 9(Al-Ahzab); 101. Ini mah harus membuka sejarah Bangsa Arab dan Bani Israil ....... Mang. Singkatnya aja yah.
Dari sejak dulunya Palestina sebagai tempat suci Bani Israil yang beragama Yahudi dan Kristen mengalami nasib yang sangat buruk bahkan dapat dikatakan sebagai tempat mengadu kekuatan senjata.
Tahun 586 SM dihancurkan oleh Nebukadnezar selama 100 tahun waktu mana semua benda yang berhubungan dengan tawret dimusnahkan, termuat dalam QS.2;259. Ketika itu Uzair yang hafal tawret dimatikan ALLAH. Kemudian dihidupkan lagi setelah Cyrus, Darius dan Artaxerzes dari Persia mengalahkan raja dari Babilon tadi, maka dicatatlah kembali ayat-ayat tawret melalui mulut Uzair (Ezra).
Tahun 219-199 SM dikuasai Antiochus. Tahun 65 M oleh Pompoy. Tahun 37 M oleh Nerod. Tahun 70 M oleh Titus.
Tahun 132 M penganut Yahudi mengadakan perang kemerdekaan di bawah pimpinan Bar Kocha, tetapi masih dapat dikalahkan.
Tahun 325 M, pertama kali Palestina dijadikan kota suci Kristen setelah berlangsungnya Konsili Nicae yang merumuskan St.Luke, St.Mark, St.John, dan St.Matthew serta lainnya sebagai New Testament dalam Bible.
Tahun 326 Konstantin dari Roma menguasai Palestina, dimulai datang filgrims dari Eropa di bawah pimpinan Empress Helena.
Pada Tahun 460 oleh Empress Eudocia yang mendirikan gereja di Palestina
Tahun 614 M, Chosroes II dari Persia menaklukan negeri itu dan mengahncurkan gereja-gereja yang sudah didirikan.
Tahun 629 M, Heraclius datang mengusir Chosroes II menguasai palestina selaku kekuasaan Kristen (termuat pada QS.30;2-6).
Tahun 637 M, negeri ini kedatangan pasukan Arab Islam yang dipimpin Khalifah Umar bin Chattab mengusir seluruh kekuasaan Roma dari Palestina tetapi tidak merusak negeri itu dan gereja-gereja, tetapi dia langsung mendirikan mesjid dari kayu. Ketika itu terhentilah filgrimage Kristen ke Palestina dalam waktu yang panjang, dan terpaksa dipindahkan ke Laurdes di Pransis Selatan. Sementara itu tentara Arab Islam yang dinamakan Saracen terus bergerak hingga pernah menderapkan langkahnya sampai kota Paris dan berkuasa di Spanyol dimana mereka mendirikan negara Islam.
Mulai tahun 732 M (100 tahun setelah wafatnya nabi Muhammad) bangsa Arab mengalami kemajuan, menjadi pemenang dari imperium yang terbentuk dari Teluk Beskaye hingga Sungai Indus, dan dari danau Aral serta perbatasan Tiongkok hingga hulu sungai Nil, kemajuan dalam bidang pengobatan, Ilmu Kimia, Ilmu Hitung.
Bani Israil yang licik memasukan hadis-hadis palsu untuk melemahkan tentara Arab Islam, sehingga terjadi perpecahan diantaranya.
Tahun 1096-1099 berlangsung di bawah pimpinan Geoffrey of Bouillon, berhasil menduduki dan mengasai Palestina selama 90 tahun, dan pada tahun 1189 pasukan Arab dapat merebutnya kembali dibawah pimpinan Saladin (salahuddin el Ayyubi)
Crusade diteruskan dengan 7 kali pemberangkatan lagi dari Eropa, yaitu ;
Tahun 1147-1149 dipimpin oleh Louis IV
Tahun 1189-1192 dipimpin oleh Richard I (The Lion Heart)
Tahun 1203-1204 oleh Count Baldwin of Flander.
Tahun 1227-1229 oleh Emperor Frederic II.
Tahun 1248-1250 oleh Louis IX
Tahun 1270-1271 oleh Louis IX
Palestina selalu dijaga oleh pasukan Arab sampai tahun 1917 waktu mana negeri itu diduduki Allenby dari Inggris dalam rangka perang dunia II.
Dan dengan bantuan Inggris juga, Yahudi secara resmi dalam dunia Internasional menguasai Palestina pada bulan Juni 1967. Kemudian dengan sebutan Negara Israil, Yahudi semakin kuat disokong oleh bangsanya yang hidup terpisah di negara Barat

Itulah sejarah Bangsa Arab yang diabadikan dalam QS.9;101, bahwa siksaan dua kali bagi Bangsa Arab berupa peperangan dengan Bani Israil, bukan siksa kubur sebagaimana yang mamang duga ;
1. Dimulai tahun 1096 sampai dengan tahun 1271
2. Dimulai tahun 1967 sampai sekarang masih berkobar.
Keduanya ini dinyatakan ALLAH selaku kebinasaan yang dilakukan Bani Israil pada QS. 17;4, dan siksaan bagi bangsa Arab pada QS. 9;101.
Musibah yang menimpa bangsa Arab Islam waktu itu bukan hanya sekadar perang salib dari Kristen Eropa, tetapi juga bahaya dari pasukan Jengis Khan.

Gitu aja mang. nice info
avatar
Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 77
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by abu hanan Thu Jan 19, 2012 1:53 pm

Jagona wrote:Tolong deh Mang, jangan dipisah-pisahkan pengertiannya.
Sakratul maut = pingsan menjelang maut/mati.
Jangan dipisahkan : Sakratul = pingsan, dan maut = mati
Coba nih yang gampang :
Bulan sabit = bulan yang bentuknya seperti sabit
Pisahkan :
Bulan = bulan, sabit = sabit ........ sama gak seperti bulan sabit.
Coba aja masukan ke QS.50(Qof); 19, pasti lebih logis

Terus mengenai QS. 9(Al-Ahzab); 101. Ini mah harus membuka sejarah Bangsa Arab dan Bani Israil ....... Mang. Singkatnya aja yah.
Dari sejak dulunya Palestina sebagai tempat suci Bani Israil yang beragama Yahudi dan Kristen mengalami nasib yang sangat buruk bahkan dapat dikatakan sebagai tempat mengadu kekuatan senjata.
Tahun 586 SM dihancurkan oleh Nebukadnezar selama 100 tahun waktu mana semua benda yang berhubungan dengan tawret dimusnahkan, termuat dalam QS.2;259. Ketika itu Uzair yang hafal tawret dimatikan ALLAH. Kemudian dihidupkan lagi setelah Cyrus, Darius dan Artaxerzes dari Persia mengalahkan raja dari Babilon tadi, maka dicatatlah kembali ayat-ayat tawret melalui mulut Uzair (Ezra).
Tahun 219-199 SM dikuasai Antiochus. Tahun 65 M oleh Pompoy. Tahun 37 M oleh Nerod. Tahun 70 M oleh Titus.
Tahun 132 M penganut Yahudi mengadakan perang kemerdekaan di bawah pimpinan Bar Kocha, tetapi masih dapat dikalahkan.
Tahun 325 M, pertama kali Palestina dijadikan kota suci Kristen setelah berlangsungnya Konsili Nicae yang merumuskan St.Luke, St.Mark, St.John, dan St.Matthew serta lainnya sebagai New Testament dalam Bible.
Tahun 326 Konstantin dari Roma menguasai Palestina, dimulai datang filgrims dari Eropa di bawah pimpinan Empress Helena.
Pada Tahun 460 oleh Empress Eudocia yang mendirikan gereja di Palestina
Tahun 614 M, Chosroes II dari Persia menaklukan negeri itu dan mengahncurkan gereja-gereja yang sudah didirikan.
Tahun 629 M, Heraclius datang mengusir Chosroes II menguasai palestina selaku kekuasaan Kristen (termuat pada QS.30;2-6).
Tahun 637 M, negeri ini kedatangan pasukan Arab Islam yang dipimpin Khalifah Umar bin Chattab mengusir seluruh kekuasaan Roma dari Palestina tetapi tidak merusak negeri itu dan gereja-gereja, tetapi dia langsung mendirikan mesjid dari kayu. Ketika itu terhentilah filgrimage Kristen ke Palestina dalam waktu yang panjang, dan terpaksa dipindahkan ke Laurdes di Pransis Selatan. Sementara itu tentara Arab Islam yang dinamakan Saracen terus bergerak hingga pernah menderapkan langkahnya sampai kota Paris dan berkuasa di Spanyol dimana mereka mendirikan negara Islam.
Mulai tahun 732 M (100 tahun setelah wafatnya nabi Muhammad) bangsa Arab mengalami kemajuan, menjadi pemenang dari imperium yang terbentuk dari Teluk Beskaye hingga Sungai Indus, dan dari danau Aral serta perbatasan Tiongkok hingga hulu sungai Nil, kemajuan dalam bidang pengobatan, Ilmu Kimia, Ilmu Hitung.
Bani Israil yang licik memasukan hadis-hadis palsu untuk melemahkan tentara Arab Islam, sehingga terjadi perpecahan diantaranya.
Tahun 1096-1099 berlangsung di bawah pimpinan Geoffrey of Bouillon, berhasil menduduki dan mengasai Palestina selama 90 tahun, dan pada tahun 1189 pasukan Arab dapat merebutnya kembali dibawah pimpinan Saladin (salahuddin el Ayyubi)
Crusade diteruskan dengan 7 kali pemberangkatan lagi dari Eropa, yaitu ;
Tahun 1147-1149 dipimpin oleh Louis IV
Tahun 1189-1192 dipimpin oleh Richard I (The Lion Heart)
Tahun 1203-1204 oleh Count Baldwin of Flander.
Tahun 1227-1229 oleh Emperor Frederic II.
Tahun 1248-1250 oleh Louis IX
Tahun 1270-1271 oleh Louis IX
Palestina selalu dijaga oleh pasukan Arab sampai tahun 1917 waktu mana negeri itu diduduki Allenby dari Inggris dalam rangka perang dunia II.
Dan dengan bantuan Inggris juga, Yahudi secara resmi dalam dunia Internasional menguasai Palestina pada bulan Juni 1967. Kemudian dengan sebutan Negara Israil, Yahudi semakin kuat disokong oleh bangsanya yang hidup terpisah di negara Barat

Itulah sejarah Bangsa Arab yang diabadikan dalam QS.9;101, bahwa siksaan dua kali bagi Bangsa Arab berupa peperangan dengan Bani Israil, bukan siksa kubur sebagaimana yang mamang duga ;
1. Dimulai tahun 1096 sampai dengan tahun 1271
2. Dimulai tahun 1967 sampai sekarang masih berkobar.
Keduanya ini dinyatakan ALLAH selaku kebinasaan yang dilakukan Bani Israil pada QS. 17;4, dan siksaan bagi bangsa Arab pada QS. 9;101.
Musibah yang menimpa bangsa Arab Islam waktu itu bukan hanya sekadar perang salib dari Kristen Eropa, tetapi juga bahaya dari pasukan Jengis Khan.

Gitu aja mang. nice info
wah wah...kalo macam begitu sama dengan cocokmology dunk...asal ada sejarah bisa dipake itu ilmu "gathuk"
hahahaha....
apakah ayat tersebut hanya berlaku bagi bangsa Arab dan Israel aja? QS 9;101

emang ada orang pingsan sebelum maut?mas mas....coba kaji via shorof dulu yah.
abu hanan
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

apakah azab kubur itu ada? Empty Re: apakah azab kubur itu ada?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik