Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
Halaman 12 dari 19 • Share
Halaman 12 dari 19 • 1 ... 7 ... 11, 12, 13 ... 15 ... 19
Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
First topic message reminder :
Juga ada semacam semboyan yang berbunyi sebagai berikut: “We are justified by faith alone, but not by faith that is alone” [= Kita dibenarkan oleh iman saja, tetapi bukan oleh iman yang sendirian (tanpa perbuatan baik)].
Yak 2:14-26 - “(14) Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia? (15) Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, (16) dan seorang dari antara kamu berkata: ‘Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!’, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu? (17) Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. (18) Tetapi mungkin ada orang berkata: ‘Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan’, aku akan menjawab dia: ‘Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.’ (19) Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar. (20) Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong? (21) Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah? (22) Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna. (23) Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: ‘Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.’ Karena itu Abraham disebut: ‘Sahabat Allah.’ (24) Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman. (25) Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain? (26) Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati”.
I) Pertentangan antara Yakobus dengan Paulus.
Kalau kita sudah pernah membaca surat-surat Paulus, maka kita akan melihat bahwa kelihatannya bagian surat Yakobus ini bertentangan dengan banyak bagian surat-surat Paulus.
Contoh:
· Ro 3:28 kelihatannya bertentangan dengan Yak 2:24.
Ro 3:28 - “Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat”.
Yak 2:24 - “Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman”.
· Ro 4:1-4 dan Gal 3:6 kelihatannya bertentangan dengan Yak 2:21.
Ro 4:1-4 - “(1) Jadi apakah akan kita katakan tentang Abraham, bapa leluhur jasmani kita? (2) Sebab jikalau Abraham dibenarkan karena perbuatannya, maka ia beroleh dasar untuk bermegah, tetapi tidak di hadapan Allah. (3) Sebab apakah dikatakan nas Kitab Suci? ‘Lalu percayalah Abraham kepada Tuhan, dan Tuhan memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.’ (4) Kalau ada orang yang bekerja, upahnya tidak diperhitungkan sebagai hadiah, tetapi sebagai haknya”.
Gal 3:6 - “Secara itu jugalah Abraham percaya kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran”.
Yak 2:21 - “Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?”.
· Ef 2:8-9 kelihatannya bertentangan dengan Yak 2:24.
Ef 2:8-9 - “(8) Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, (9) itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri”.
Yak 2:24 - “Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman”.
Juga kelihatannya Ibr 11:31 bertentangan dengan Yak 2:25.
Ibr 11:31 - “Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik”.
Yak 2:25 - “Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain?”.
Bagian surat Yakobus ini menyebabkan adanya tokoh-tokoh Kristen yang merendahkan surat Yakobus ini.
¨ Martin Luther berkata tentang surat Yakobus sebagai berikut: “a right strawy epistle, for it has no true evangelical character” (= surat jerami, karena surat ini tidak mempunyai sifat injili yang benar).
Adam Clarke: “Luther, supposing that James did actually teach the doctrine of justification by works, which his good sense showed him to be absolutely insufficient for salvation, was led to condemn the letter ‘in toto’, as a production unauthenticated by the Holy Spirit, and consequently worthy of no regard; he therefore termed it epistola straminea, a chaffy letter, an letter of straw, fit only to be burnt” [= Luther, yang menganggap bahwa Yakobus betul-betul mengajarkan doktrin pembenaran oleh perbuatan baik, yang pengertiannya yang baik telah menunjukkan kepadanya sebagai mutlak tidak cukup untuk keselamatan, dibimbing untuk mengecam surat ini IN TOTO (?), sebagai bukan hasil yang asli oleh Roh Kudus, dan karena itu tidak layak dihormati; karena itu ia memberinya istilah epistola straminea, suatu surat yang bersikap sekam, suatu surat dari jerami, yang hanya cocok untuk dibakar].
Catatan: saya tidak tahu arti dari kata-kata bahasa Latin ‘in toto’. Mungkin artinya adalah ‘secara keseluruhan’; jadi maksudnya ‘seluruh surat Yakobus’.
¨ Philip Melanchton berkata: “‘faith justifies’ and ‘faith does not justify’ are plain contradiction. Whoever can reconcile them, on him I will put my cap, and allow him to call me a fool” (= ‘iman membenarkan’ dan ‘iman tidak membenarkan’ adalah kontradiksi yang nyata. Siapapun dapat memperdamaikan mereka, padanya aku akan memakaikan topi, dan mengijinkannya menyebutku orang *kata disensor By Admin*).
Ada beberapa hal yang perlu dimengerti untuk bisa memperdamaikan / mengharmoniskan Paulus dan Yakobus:
1) Adanya perbedaan tujuan.
Paulus menuliskan suratnya untuk orang-orang yang terpengaruh oleh ajaran Yahudi yang menekankan keselamatan karena perbuatan baik.
Bdk. Kis 15:1-2 - “(1) Beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ: ‘Jikalau kamu tidak disunat menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa, kamu tidak dapat diselamatkan.’ (2) Tetapi Paulus dan Barnabas dengan keras melawan dan membantah pendapat mereka itu. Akhirnya ditetapkan, supaya Paulus dan Barnabas serta beberapa orang lain dari jemaat itu pergi kepada rasul-rasul dan penatua-penatua di Yerusalem untuk membicarakan soal itu”.
Karena itu Paulus justru menekankan habis-habisan bahwa hanya imanlah yang menyebabkan kita diselamatkan (Gal 2:16,21 Ef 2:8-9).
Tetapi Yakobus menulis kepada orang-orang yang sekalipun mengaku sebagai orang kristen, tetapi hidupnya sama sekali tidak mirip hidup kristen. Karena itu ia justru menekankan perbuatan baik.
2) Adanya perbedaan penggunaan istilah.
a) Istilah ‘pekerjaan / perbuatan baik’.
Kalau Paulus menggunakan istilah ini maka ia memaksudkannya sebagai sesuatu yang digunakan untuk menyelamatkan diri kita. Karena itu maka ia berkata bahwa perbuatan baik tidak diperlukan (yang menyebabkan kita selamat hanyalah iman!).
Tetapi kalau Yakobus menggunakan istilah ini, ia memaksudkannya sebagai akibat / hasil dari keselamatan. Karena itu ia mengatakan bahwa perbuatan baik harus ada dalam diri orang kristen.
b) Istilah ‘iman / percaya’.
Kalau Paulus menggunakan istilah ini, maka ia menunjuk pada iman kepada Yesus Kristus.
Tetapi kalau Yakobus menggunakan istilah ini, maka ia memaksudkan ‘pengakuan percaya dengan mulut’ (bdk. ay 14 - ‘seorang mengatakan bahwa ia mempunyai iman’).
Calvin: “it appears from the first words, that he speaks of false profession of faith: for he does not begin thus, ‘If any one has faith;’ but, ‘If any says that he has faith;’ by which he certainly intimates that hypocrites boast of the empty name of faith, which really does not belong to them” [= kelihatan dari kata-kata pertama, bahwa ia (Yakobus) berbicara tentang pengakuan iman yang palsu: karena ia tidak memulai demikian, ‘Jika seorang mempunyai iman’; tetapi ‘Jika seorang mengatakan bahwa ia mempunyai iman’; dengan mana ia pasti mengisyaratkan bahwa orang-orang munafik membanggakan tentang nama / sebutan yang kosong dari iman, yang sesungguhnya bukan milik mereka].
c) Istilah ‘dibenarkan’.
Kalau Paulus menggunakan istilah ini, maka artinya adalah ‘orangnya dibenarkan oleh Allah’.
Tetapi kalau Yakobus memakai istilah ini, maka maksudnya adalah ‘pengakuan orang itu yang dibenarkan’ (artinya: pengakuannya benar / tidak dusta).
Catatan:
1. Kita harus membedakan arti dari istilah-istilah ini, karena kalau tidak, maka kita akan betul-betul mendapatkan kontradiksi yang tidak terhamoniskan antara Yakobus dan Paulus.
2. Kalau saudara mau mengerti Yak 2:14-26 ini dengan benar, maka adalah sesuatu yang mutlak penting bagi saudara untuk mengingat dengan baik cara Yakobus menggunakan istilah-istilah di atas!
Kesimpulan:
Dalam Yak 2:14-26 ini Yakobus punya satu tujuan pengajaran: pengakuan percaya tidak boleh / tidak bisa dipisahkan dari perbuatan baik. Sebaliknya pengakuan percaya harus dibuktikan kebenarannya melalui perbuatan baik.
Mungkin ia menuliskan bagian ini untuk memberi keseimbangan terhadap doktrin salvation by faith (= keselamatan oleh iman) yang diajarkan oleh Paulus.
Calvin: “When Paul says that we are justified by faith, he means no other thing than that by faith we are counted righteous before God. But James has quite another thing in view, even to shew that he who professes that he has faith, must prove the reality of his faith by his works” (= Ketika Paulus mengatakan bahwa kita dibenarkan oleh iman, ia memaksudkan tidak lain dari bahwa oleh iman kita dianggap benar di hadapan Allah. Tetapi Yakobus menujukan pandangannya pada hal yang lain, yaitu untuk menunjukkan bahwa ia yang mengaku bahwa ia mempunyai iman, harus membuktikan realita dari imannya oleh pekerjaan / perbuatan baiknya).
Adam Clarke: “Learned men have spent much time in striving to reconcile these two writers, and to show that Paul and James perfectly accord; one teaching the pure doctrine, the other guarding men against the abuse of it” (= Orang-orang terpelajar telah menghabiskan banyak waktu dalam pergumulan untuk mendamaikan kedua penulis ini, dan untuk menunjukkan bahwa Paulus dan Yakobus sesuai secara sempurna; yang satu mengajarkan doktrin yang murni, yang lain menjaga orang-orang dari penyalah-gunaan doktrin itu).
Jamieson, Fausset & Brown: “At all events the Holy Spirit by James combats, not Paul, but those who abuse Paul’s doctrine” (= Bagaimanapun / apapun yang terjadi, Roh Kudus oleh Yakobus, bukan melawan Paulus, tetapi melawan mereka yang menyalah-gunakan doktrin / ajaran Paulus).
Kemungkinan yang lain adalah: ia menuliskan ini untuk memberi keseimbangan terhadap tulisannya sendiri tentang ‘hukum yang memerdekakan’ (Yak 1:25 2:12). Dengan demikian secara keseluruhan ia mengajarkan bahwa sekalipun orang kristen sudah dimerdekakan dari dosa oleh iman kepada Kristus, itu tidak boleh diartikan bahwa orang kristen lalu merdeka untuk berbuat dosa!
II) Iman / pengakuan tanpa perbuatan.
1) Yakobus berkata bahwa ‘iman / pengakuan percaya tanpa perbuatan’ tidak menyelamatkan (ay 14).
Untuk ini ia memberikan suatu illustrasi dalam ay 15-16: “(15) Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, (16) dan seorang dari antara kamu berkata: ‘Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!’, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?”.
Saya berpendapat bahwa dari illustrasi yang digunakan oleh Yakobus ini terlihat bahwa ia tidak bermaksud untuk mengajarkan doktrin sesat ‘salvation by works’ (= keselamatan oleh perbuatan baik), karena illustrasi yang ia berikan intinya adalah ‘kata-kata tanpa tindakan, tidak ada gunanya’. Jadi, dalam realitanya, ‘pengakuan iman (bukan ‘iman itu sendiri’), tanpa tindakan / perbuatan, tidak ada gunanya’.
2) Yakobus juga berkata bahwa iman seperti itu adalah mati / kosong (ay 17,20,26).
Ay 17,20,26: “(17) Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. ... (20) Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong? ... (26) Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati”.
Ini tidak berarti bahwa mula-mula imannya ada / hidup, lalu menjadi mati.
Artinya adalah bahwa pengakuan orang itu adalah pengakuan yang kosong, dan ini jelas menunjukkan bahwa orang itu sebetulnya sama sekali tidak mempunyai iman! Karena itu imannya tidak bisa ditunjukkan. Bdk. ay 18: “Tetapi mungkin ada orang berkata: ‘Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan’, aku akan menjawab dia: ‘Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.’”.
Dalam ay 18 ini Yakobus membandingkan 2 orang:
a) Orang yang pertama (yaitu Yakobus sendiri) mempunyai iman dan perbuatan.
Kata-kata ‘padaku ada perbuatan’ (ay 18a) tidak boleh diartikan seakan-akan ia hanya mempunyai perbuatan tetapi tidak mempunyai iman, karena ini adalah suatu keadaan yang tidak mungkin terjadi, dan juga ini bertentangan dengan ay 18b yang mengatakan ‘aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku’.
Dari kata-kata dalam ay 18b itu juga jelas bahwa orang ini bisa menunjukkan imannya!
b) Orang yang kedua hanya mempunyai iman / pengakuan. Orang ini tidak bisa menunjukkan imannya, karena memang tidak ada!
3) Yakobus menyamakan iman seperti itu dengan ‘imannya setan’ (ay 19)!
Ay 19: “Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar”.
Kepercayaan terhadap adanya satu Allah adalah kepercayaan yang benar. Tetapi bagi setan, kepercayaannya akan adanya satu Allah itu sama sekali tidak menghasilkan hidup yang benar! (Catatan: kepercayaan itu hanya menyebabkan ia gemetar! Ini menunjukkan bahwa pengetahuan yang benar tentang Allah, kalau tidak disertai dengan penebusan, hanya menghasilkan rasa takut!).
Jadi jelas bahwa orang yang mengaku beriman, tetapi tidak membuktikan imannya dengan perbuatan baik, tidak berbeda dengan setan!
Kesimpulan dari 3 hal di atas:
Kalau seseorang mengaku percaya, tetapi tidak ada perbuatan baik dalam hidupnya, maka ia sebetulnya bukan orang kristen! Perhatikan cara Yakobus menyebut orang itu! Ia tidak pernah menyebutnya sebagai ‘saudara’, tetapi ia menyebutnya ‘seorang’ (ay 14), atau ‘orang’ (ay 18), atau ‘manusia’ (ay 20).
Penerapan: Apakah ada perubahan hidup ke arah yang positif dalam diri saudara? Apakah saudara berusaha untuk bisa hidup lebih suci? Apakah saudara membenci dosa dan berusaha membuangnya dari hidup saudara?
John Owen: “I do not understand how a man can be a true believer unto whom sin is not the greatest burden, sorrow and trouble” (= Saya tidak mengerti bagaimana seseorang bisa merupakan orang kristen yang sejati, kalau bagi dia dosa bukanlah beban, kesedihan dan kesukaran yang terbesar).
III) Orang yang membuktikan iman dengan perbuatan baik.
1) Abraham (ay 21-24).
Ay 21-24: “(21) Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah? (22) Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna. (23) Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: ‘Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.’ Karena itu Abraham disebut: ‘Sahabat Allah.’ (24) Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman”.
a) Ay 21: “Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?”.
Ini tidak boleh diartikan seakan-akan Abraham dibenarkan karena perbuatannya yaitu pada waktu ia mempersembahkan Ishak.
Alasannya:
1. Persembahan itu dikatakan merupakan bukti iman Abraham (Ibr 11:17-19).
Ibr 11:17-19 - “(17) Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak. Ia, yang telah menerima janji itu, rela mempersembahkan anaknya yang tunggal, (18) walaupun kepadanya telah dikatakan: ‘Keturunan yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut keturunanmu.’ (19) Karena ia berpikir, bahwa Allah berkuasa membangkitkan orang-orang sekalipun dari antara orang mati. Dan dari sana ia seakan-akan telah menerimanya kembali”.
Kata-kata ‘Karena iman’ pada awal Ibr 11:17, oleh KJV/RSV/NIV/NASB diterjemahkan ‘by faith’ (= oleh iman).
Jadi, text ini jelas menunjukkan bahwa imannya ada lebih dulu dan baru setelah itu ia mempersembahkan Ishak.
2. Abraham dibenarkan karena imannya (ay 23 bdk. Kej 15:6) dan ini terjadi lebih kurang 30 tahun sebelum ia mempersembahkan Ishak (Kej 22).
Ay 23: “Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: ‘Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.’ Karena itu Abraham disebut: ‘Sahabat Allah.’”.
Kej 15:5-6 - “(5) Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: ‘Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya.’ Maka firmanNya kepadanya: ‘Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.’ (6) Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran”.
Jadi, arti ayat ini adalah: persembahan Abraham itu adalah perbuatan baik yang membuktikan iman Abraham / membenarkan pengakuan Abraham bahwa ia adalah orang beriman.
b) Ay 22: “Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna”.
Artinya: iman / pengakuan saja tidaklah cukup. Pengakuan + perbuatan baik barulah sempurna, artinya: ini adalah iman yang sempurna / sungguh-sungguh.
Calvin: “It is said to have been perfected by works, not because it received thence its own perfection, but because it was thus proved to be true” (= Dikatakan bahwa iman disempurnakan oleh perbuatan-perbuatan, bukan karena iman itu menerima kesempurnaanya sendiri dari sana, tetapi karena dengan demikian iman itu dibuktikan sebagai benar).
c) Ay 23: “Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: ‘Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.’ Karena itu Abraham disebut: ‘Sahabat Allah.’”.
Perhatikan kata-kata ‘genaplah nas yang mengatakan’. Artinya: dengan adanya persembahan Ishak itu kelihatanlah bahwa Kej 15:6 adalah benar.
d) Ay 24: “Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman”.
Kata-kata ‘manusia dibenarkan’, artinya adalah: ia dibenarkan pengakuannya, atau tidak dianggap munafik.
2) Rahab (ay 25).
Ay 25: “Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain?”.
a) Ay 25 yang berbicara tentang Rahab ini, bukan merupakan contoh keselamatan karena perbuatan baik, tetapi keselamatan karena iman, yang dibuktikan dengan perbuatan baik.
Jamieson, Fausset & Brown: “Rahab’s act was such that it cannot be quoted to prove justification by works as such. She believed assuredly what her other countrymen disbelieved, and this in the face of every improbability that an unwarlike few would conquer well-armed numbers. In this belief she hid the spies at the risk of her life. Hence, Heb 11:31 names this as an example of faith, rather than of obedience” (= Tindakan Rahab adalah sedemikian rupa sehingga itu tidak bisa dikutip untuk membuktikan pembenaran oleh perbuatan baik saja. Ia percaya secara pasti apa yang orang-orang senegaranya yang lain tidak percaya, dan ini di hadapan setiap ketidak-mungkinan bahwa sedikit orang-orang yang tidak suka perang akan mengalahkan sejumlah besar orang-orang yang bersenjata lengkap. Dalam kepercayaan ini ia menyembunyikan mata-mata itu dengan resiko nyawanya. Karena itu, Ibr 11:31 menyebutkan ini sebagai contoh dari iman, dari pada contoh dari perbuatan baik).
Ibr 11:31 - “Karena (Oleh) iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik”.
Catatan: Sama seperti dalam kasus Ibr 11:17 di atas, kata-kata ‘karena iman’ pada awal Ibr 11:31, oleh KJV/RSV/NIV/NASB diterjemahkan ‘by faith’ (= oleh iman).
b) Sekarang Yakobus mengambil orang yang sangat kontras dengan Abraham. Kalau Abraham adalah seorang laki-laki, maka Rahab adalah seorang perempuan. Kalau Abraham adalah nenek moyang bangsa Israel, maka Rahab adalah orang kafir. Kalau Abraham adalah orang yang terhormat, maka Rahab adalah seorang pelacur!
Mengapa Yakobus mengambil contoh orang seperti Rahab? Karena kalau contohnya hanya orang seperti Abraham maka mungkin orang akan berkata: ‘Itu kan Abraham, dia orang luar biasa. Saya tidak bisa seperti dia’. Supaya orang tidak bisa berkata seperti ini, Yakobus mengambil contoh Rahab. Rahab adalah orang kafir, dan terlebih lagi dia adalah seorang pelacur! Tetapi setelah bertobat, ia termasuk orang yang membuktikan imannya dengan perbuatan baik (bdk. Yos 2:1-7).
Calvin: “It seems strange that he connected together those who were so unlike. ... Why did he prefer a harlot to all others? he designedly put together two persons so different in their character, in order more clearly to shew, that no one, whatever may have been his or her condition, nation, or class in society, has ever been counted righteous without good works. ... Whosoever, then, seeks to be counted righteous, though he may even be among the lowest, must yet shew that he is such by good works” (= Kelihatannya aneh bahwa ia menghubungkan mereka yang begitu berbeda. ... Mengapa ia lebih memilih seorang pelacur dari pada semua orang lain? ia dengan terencana menggabungkan dua orang yang begitu berbeda dalam karakter mereka, untuk menunjukkan dengan lebih jelas, bahwa tidak seorangpun, apapun kondisi, bangsa, atau golongannya dalam masyarakat, pernah dianggap benar tanpa perbuatan baik. ... Maka, siapapun berusaha untuk dianggap benar, sekalipun ia ada di antara orang-orang yang paling rendah, tetap harus menunjukkan oleh perbuatan baik bahwa ia adalah orang seperti itu).
c) Memang perbuatan baik Rahab tidak sempurna, karena mengandung dusta / dosa. Tetapi harus diingat hal-hal ini:
1. Ia adalah orang kafir, yang sama sekali tidak mempunyai pengertian Firman Tuhan.
2. Ia adalah seorang pelacur.
3. Ia adalah seorang petobat baru, sehingga sukar diharapkan bisa melakukan perbuatan baik yang sempurna.
4. Perbuatan baiknya saat itu, dimana ia menyembunyikan mata-mata Israel terhadap tentara Yerikho, mempunyai resiko tinggi.
Jadi, sekalipun perbuatan baiknya mengandung dusta / dosa, itu tetap dianggap sebagai perbuatan baik yang membuktikan imannya!
Dengan adanya contoh Rahab ini terlihat dengan jelas, bahwa siapapun orang yang beriman itu, kalau ia memang betul-betul beriman, ia pasti melakukan perbuatan-perbuatan baik sebagai buah / bukti imannya.
Penutup.
William Hendriksen: “Good works have never saved anybody. Yet without them no one has a right to claim that he is a Christian” (= Perbuatan baik tidak pernah menyelamatkan siapapun. Tetapi tanpa perbuatan baik tidak seorangpun mempunyai hak untuk mengclaim bahwa ia adalah orang Kristen) - ‘Romans’, hal 114.
keroncong- KAPTEN
-
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
SiETAN GUNDULL wrote:Oiya loe udah kasih cerita Abraham di alkitab ya...!?
Kalo ada cerita detail ttg abraham sunat (spt; waktunya hari/tanggal/jam, alat yg digunakan, sunat sendiri apa pake algojo, tempatnya dimana, saksinya siapa, dll.) boleh juga tuh, nduss..?? wkwkwk..
Tapi sayangnya gw NGGA MINTA cerita Abraham, nduss.
Ngiahahaha.....
kenapa abraham?
karena padanyalah petintah sunat turun
PERINTAH SUNAT KEPADA ABRAHAM ADA DI ALKITAB
ABRAHAM SUNAT ADA DI ALKITAB
di alquran???,
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
Kalo ADA cerita detail ttg abraham sunat (spt; waktunya/alatnya/algojonya/tempatnya/saksinya, dll.) boleh juga tuh, nduss..?? wkwkwk..
Kenapa Musa?? Karena dialah pembawa hukum taurat...
Kenapa cerita Musa sunat di alkitab SAMPE ngga ada?? Belum lagi nabi2 Yahudi yg lain, mana cerita detailnya??
Kenapa Musa?? Karena dialah pembawa hukum taurat...
Kenapa cerita Musa sunat di alkitab SAMPE ngga ada?? Belum lagi nabi2 Yahudi yg lain, mana cerita detailnya??
RHCP- LETNAN SATU
-
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
karena yang dimilad-miledi ibrohim
MANA SUNATNYA IBROHIM DI ALQURAN?
MANA SUNATNYA IBROHIM DI ALQURAN?
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
SiETAN GUNDULL wrote:Terserah. Yang jelas itu bukan CERITA tentang sunatnya Musa!?nduss wrote:
yang diingat sunatnya musa
zipora tidak sedang melahirkan anak dan tidak sedang mengadakan khitanan, meski ia mengerat khatan anaknya, ia melakukannya karena musa hendak dibunuh Tuhan
Cerita Musa yg ngga jadi dibunuh Tuhan, karena sentuhan kulit khatan anaknya. Karena mengingat sunat anaknya itu, bukan Musanya.
Yang gw perlu khan cerita saat Musa dikerat khatannya, bukan anaknya, nduss..
Tapi kalo loe MAKSA, sunatnya Musa di alkitab caranya cuma ditempelin kulup dikakinya doang?? Ya gw mw bilang apa lagi. Itu khan terserah halusinasi loe. wkwkwk
Nduss tambah setres...
ngiahahaha.....
sunat musa dong..
wong konteksnya hendak fibunuhnya musa
bukan hajatan khitanan 8 hari setelah zipora babaran
dah dikadih bukti sunatnya musa
- sebagai keturunsn abraham
- tradisi terjaga di jamannya
- pengikutnya harus juga sunat
- perkataan zipora
kamu itu hanya berniat ngeles
dasar SiETAN GUNDULL
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
Ngga ada indikasi sunatnya Musa sama sekali, disitu.nduss wrote:
sunat musa dong..
wong konteksnya hendak fibunuhnya musa
bukan hajatan khitanan 8 hari setelah zipora babaran
dah dikadih bukti sunatnya musa
- sebagai keturunsn abraham
- tradisi terjaga di jamannya
- pengikutnya harus juga sunat
- perkataan zipora
kamu itu hanya berniat ngeles
dasar SiETAN GUNDULL
Ayat itu cerita ttg Musa yg ngga jadi dibunuh Tuhan, karena tindakan zipora menyelamatkan suaminya dgn sentuhan kulit khatan anaknya. Karena mengingat sunat anaknya itu, bukan Musanya.
Tanpa bukti/indikasi apapun tentang sunatnya MUSA pun, dasarnya gw UDAH PERCAYA kalo Musa itu SUNAT.
Yang gw perlu CERITANYA yg tertulis di alkitab, bukan bukti/indikasinya. MANA....???
Tapi kalo loe MAKSA, sunatnya Musa di alkitab caranya cuma ditempelin kulup dikakinya doang.
Gw mw bilang apa lagi. Itu khan halusinasi loe. wkwkwk
RHCP- LETNAN SATU
-
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
konteksnya pembunuhan musa
bukan hajatan khitanan anak mereka yang lahir 8 hari lalu
mbok jujur aja..
niatmu hanya ngeles kan?
bukan hajatan khitanan anak mereka yang lahir 8 hari lalu
mbok jujur aja..
niatmu hanya ngeles kan?
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
Apa alesannya Tuhan mw bunuh Musa?? ngga ada angin ngga ada ujan??SEGOROWEDI wrote:konteksnya pembunuhan musa
bukan hajatan khitanan anak mereka yang lahir 8 hari lalu
mbok jujur aja..
niatmu hanya ngeles kan?
Lha, hajatan kek, kenduri kek EGP. Yang jelas ada anak kecil yg dikerat kulit khatannya.
Emangnya yg begitu mw loe sebut apaan?? Praktek dokter bedah kulup??
Ngeles apaan?? Loe sendiri ngga bisa ngasih cerita Musa sunat di alkitab??
Sampe NEKAT ngarang sunatnya Musa ditempelin kulup anaknya doang?? SARAP. wkwkwk..
RHCP- LETNAN SATU
-
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114
RHCP- LETNAN SATU
-
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
RHCP wrote:Apa alesannya Tuhan mw bunuh Musa?? ngga ada angin ngga ada ujan??SEGOROWEDI wrote:konteksnya pembunuhan musa
bukan hajatan khitanan anak mereka yang lahir 8 hari lalu
mbok jujur aja..
niatmu hanya ngeles kan?
Lha, hajatan kek, kenduri kek EGP. Yang jelas ada anak kecil yg dikerat kulit khatannya.
Emangnya yg begitu mw loe sebut apaan?? Praktek dokter bedah kulup??
Ngeles apaan?? Loe sendiri ngga bisa ngasih cerita Musa sunat di alkitab??
Sampe NEKAT ngarang sunatnya Musa ditempelin kulup anaknya doang?? SARAP. wkwkwk..
fokus aja di kerat khulit khatan anak zipora, bahwa itu bukan dalam konteks sunatan anak umur 8 hari, maka yang diingat di situ SUNATNYA MUSA
nuntut semua orang diceritakan kisah disunatnya itu kan sudah mengada2 alias hanya ngeles.. jujur ajalah...
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
belum bebas finansial ya NDULL?
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
Lha.... yang KHATANNYA DIKERAT, siapa nduss??nduss wrote:RHCP wrote:Apa alesannya Tuhan mw bunuh Musa?? ngga ada angin ngga ada ujan??nduss wrote:konteksnya pembunuhan musa
bukan hajatan khitanan anak mereka yang lahir 8 hari lalu
mbok jujur aja..
niatmu hanya ngeles kan?
Lha, hajatan kek, kenduri kek EGP. Yang jelas ada anak kecil yg dikerat kulit khatannya.
Emangnya yg begitu mw loe sebut apaan?? Praktek dokter bedah kulup??
Ngeles apaan?? Loe sendiri ngga bisa ngasih cerita Musa sunat di alkitab??
Sampe NEKAT ngarang sunatnya Musa ditempelin kulup anaknya doang?? SARAP. wkwkwk..
fokus aja di kerat khulit khatan anak zipora, bahwa itu bukan dalam konteks sunatan anak umur 8 hari, maka yang diingat di situ SUNATNYA MUSA
nuntut semua orang diceritakan kisah disunatnya itu kan sudah mengada2 alias hanya ngeles.. jujur ajalah...
CERITANYA, Tuhan ngga jadi bunuh Musa, karena inget anak zipora yg dikerat khatannya, terus ditempelin dikakinya Musa. Bukan karena inget sunatnya Musa.... SIROP!!
Padahal udah ada dari hadist dan ada perintah di Al Quran. TAPI loe nuntut HARUS dari al Quran. Itu khan namanya mengada-ada alias ngeles. Jujur ajalah...!?
RHCP- LETNAN SATU
-
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
Belon, nduss... Masih tahap perjuangan.ndussI wrote:belum bebas finansial ya NDULL?
Tapi insya Allah gw udah bebas dari kesesatan, alhamdulillah.
RHCP- LETNAN SATU
-
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
Emang apaan lagi buahnya, kalo bukan AJARAN GEREJA yang loe GLEK mentah2, nduss...??nduss wrote:RHCP wrote:Akibat ucapan/pikiran paulus (yg 1/3nya masuk dalam PB), Jutaan orang terpengaruh dan melanggar perjanjian Tuhan.
Paulus adalah pohon buruk yg berbuah buruk.
buah yang mana?
gak ada yang jadi teroris tu
Cukup "sunat rohani" tanpa perlu sunat fisik. Akhirnya semua ibadah orang kristen (yg ngaku IKUT Yesus) adalah rohani belaka, meremehkan ibadah fisik. Padahal justru ajaran Yakobus-lah yg mengikuti ajaran Yesus, bahwa IMAN tanpa AMAL adalah IMAN YANG MATI. Iman yang selaras dgn perbuatan adalah IMAN yang sempurna. Seperti Ibrahim yang dibenarkan atas PERBUATANNYA saat mempersembahkan ismail. Inilah yang sesuai dengan logika dan mudah dicerna akal. Silakan baca lagi Yak 2:14-26 @TS.
Paulus berfikir, jika hukum taurat diterapkan kepada non-yahudi para penyembah berhala, mereka pasti OGAH masuk "kristen". Maka paulus "menggenapi hukum taurat" dengan menyusupkan ajaran pakgan dan bukhelen. Karena paulus sendiri, pada dasarnya (seperti kata yohanes) "tidak BENAR2 BERSAMA KITA". Paulus adalah srigala berbulu domba.
Sepertinya itulah yang memotivasi paulus utk NEKAT bikin ajaran provokatif spt misalnya :
1. "Yesus ngga BERGUNA kalo SUNAT".
2. "Harus melaksanakan 600 lebih hukum taurat".
3. "Yesus adalah Tuhan yang inkarnasi jadi manusia" dll.
Atw bahkan yg seperti ini :
Anehnya, ajaran provokatif paulus dimasukkan kedalam bible, bahkan dianggap favorit dan yang paling banyak jadi rujukan oleh "orang luar". SURUP...!!1:8 Kita tahu bahwa hukum Taurat itu baik kalau tepat digunakan,
1:9 yakni dengan keinsafan bahwa hukum Taurat itu bukanlah bagi orang yang benar, melainkan bagi orang durhaka dan orang lalim, bagi orang fasik dan orang berdosa, bagi orang duniawi dan yang tak beragama, bagi pembunuh bapa dan pembunuh ibu, bagi pembunuh pada umumnya,
1:10 bagi orang cabul dan pemburit, bagi penculik, bagi pendusta, bagi orang makan sumpah dan seterusnya segala sesuatu yang bertentangan dengan ajaran sehat.
1:11 yang berdasarkan Injil dari Allah yang mulia dan maha bahagia, seperti yang telah dipercayakan kepadaku.
Bandingin dengan ajaran Yesus yang sangat menjunjung tinggi hukum taurat :
“Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu, ‘Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada oranglain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam kerajaan Surga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah- perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga’.” (Matius 5:17-19)
Yohanes 12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan.
Awalnya paulus bilang terima injil dari Tuhan,
1:11 yang berdasarkan Injil dari Allah yang mulia dan maha bahagia, seperti yang telah dipercayakan kepadaku.
Tapi akhirnya Paulus ngaku juga.
“Aku TIDAK mendapat perintah dari Tuhan. Tetapi aku memberikan pendapatku”. 1 kor 7:25
“Aku mengatakan hal itu BUKAN SEBAGAI PERINTAH”. 2 Korintus 8:8
“Aku mengatakannya bukan sebagai orang yang berkata menurut firman tuhan, melainkan sebagai orang BODOH yang berkeyakinan” . 2 Korintus 11:17.
“Jika dustaku menyebabkan kemuliaan Allah semakin melimpah, mengapa aku disalahkan sebagai orang berdosa?” Roma 3:7.
Terakhir diubah oleh RHCP tanggal Sat Jun 04, 2016 6:16 am, total 1 kali diubah
RHCP- LETNAN SATU
-
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
RHCP wrote:Lha.... yang KHATANNYA DIKERAT, siapa nduss??nduss wrote:RHCP wrote:Apa alesannya Tuhan mw bunuh Musa?? ngga ada angin ngga ada ujan??nduss wrote:konteksnya pembunuhan musa
bukan hajatan khitanan anak mereka yang lahir 8 hari lalu
mbok jujur aja..
niatmu hanya ngeles kan?
Lha, hajatan kek, kenduri kek EGP. Yang jelas ada anak kecil yg dikerat kulit khatannya.
Emangnya yg begitu mw loe sebut apaan?? Praktek dokter bedah kulup??
Ngeles apaan?? Loe sendiri ngga bisa ngasih cerita Musa sunat di alkitab??
Sampe NEKAT ngarang sunatnya Musa ditempelin kulup anaknya doang?? SARAP. wkwkwk..
fokus aja di kerat khulit khatan anak zipora, bahwa itu bukan dalam konteks sunatan anak umur 8 hari, maka yang diingat di situ SUNATNYA MUSA
nuntut semua orang diceritakan kisah disunatnya itu kan sudah mengada2 alias hanya ngeles.. jujur ajalah...
CERITANYA, Tuhan ngga jadi bunuh Musa, karena inget anak zipora yg dikerat khatannya, terus ditempelin dikakinya Musa. Bukan karena inget sunatnya Musa.... SIROP!!
Padahal udah ada dari hadist dan ada perintah di Al Quran. TAPI loe nuntut HARUS dari al Quran. Itu khan namanya mengada-ada alias ngeles. Jujur ajalah...!?
konteksnya bukan sunatan Tan SiETAN, tapi akan dibunuhnya musa..
zipora tidak sehabis melahirkan bayi laki2 8 hari lalu
perintah miladi ibrohim di alquran, tapi di alquran gak ada ibrohim sunat.. perintah sunat juga gak ada di alquran..
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
SiETAN GUNDULL wrote:
Belon, nduss... Masih tahap perjuangan.
Tapi insya Allah gw udah bebas dari kesesatan, alhamdulillah.
kasihan juga kamu ya NDULL..
finansial sesek, spiritual sesat
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
SiETAN GUNDULL wrote:Emang apaan lagi buahnya, kalo bukan AJARAN GEREJA yang loe GLEK mentah2, nduss...??nduss wrote:NDULL wrote:Akibat ucapan/pikiran paulus (yg 1/3nya masuk dalam PB), Jutaan orang terpengaruh dan melanggar perjanjian Tuhan.
Paulus adalah pohon buruk yg berbuah buruk.
buah yang mana?
gak ada yang jadi teroris tu
Cukup "sunat rohani" tanpa perlu sunat fisik. Akhirnya semua ibadah orang kristen (yg ngaku IKUT Yesus) adalah rohani belaka, meremehkan ibadah fisik. Padahal justru ajaran Yakobus-lah yg mengikuti ajaran Yesus, bahwa IMAN tanpa AMAL adalah IMAN YANG MATI. Iman yang selaras dgn perbuatan adalah IMAN yang sempurna. Seperti Ibrahim yang dibenarkan atas PERBUATANNYA saat mempersembahkan ismail. Inilah yang sesuai dengan logika dan mudah dicerna akal. Silakan baca lagi Yak 2:14-26 @TS.
Paulus berfikir, jika hukum taurat diterapkan kepada non-yahudi para penyembah berhala, mereka pasti OGAH masuk "kristen". Maka paulus "menggenapi hukum taurat" dengan menyusupkan ajaran pakgan dan bukhelen. Karena paulus sendiri, pada dasarnya (seperti kata yohanes) "tidak BENAR2 BERSAMA KITA". Paulus adalah srigala berbulu domba.
Sepertinya itulah yang memotivasi paulus utk NEKAT bikin ajaran provokatif spt misalnya :
1. "Yesus ngga BERGUNA kalo SUNAT".
2. "Harus melaksanakan 600 lebih hukum taurat".
3. "Yesus adalah Tuhan yang inkarnasi jadi manusia" dll.
Yesus gak nyuruh sunat fisik
Yakobus juga gak nyuruh sunat fisik
apa gunanya sunat khatan kalau hatimu tidak kamu sunat? sehingga yang kamu lakukan adalah hal2 jahat??.. paulus tidak melarang sunat, bahkan timotius yang non yahudi disuruhnya sunat..
1. baca yang bener!
2. ya eyalah..
3. baca signature di bawah ini!!
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
NDULL SiETAN GUNDULL wrote:
Atw bahkan yg seperti ini :Anehnya, ajaran provokatif paulus dimasukkan kedalam bible, bahkan dianggap favorit dan yang paling banyak jadi rujukan oleh "orang luar". SURUP...!!1:8 Kita tahu bahwa hukum Taurat itu baik kalau tepat digunakan,
1:9 yakni dengan keinsafan bahwa hukum Taurat itu bukanlah bagi orang yang benar, melainkan bagi orang durhaka dan orang lalim, bagi orang fasik dan orang berdosa, bagi orang duniawi dan yang tak beragama, bagi pembunuh bapa dan pembunuh ibu, bagi pembunuh pada umumnya,
1:10 bagi orang cabul dan pemburit, bagi penculik, bagi pendusta, bagi orang makan sumpah dan seterusnya segala sesuatu yang bertentangan dengan ajaran sehat.
1:11 yang berdasarkan Injil dari Allah yang mulia dan maha bahagia, seperti yang telah dipercayakan kepadaku.
itu kritiknya terhadap kalian yang petentang petenteng nantang dan ngandalin timbangan, ngerti??
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
Saat tau Musa mw dibunuh, yg ambil tindakan potong khatan anaknya siapa?? Yang dipotong khatannya siapa??SEGOROWEDI wrote:RHCP wrote:Lha.... yang KHATANNYA DIKERAT, siapa nduss??nduss wrote:RHCP wrote:Apa alesannya Tuhan mw bunuh Musa?? ngga ada angin ngga ada ujan??nduss wrote:konteksnya pembunuhan musa
bukan hajatan khitanan anak mereka yang lahir 8 hari lalu
mbok jujur aja..
niatmu hanya ngeles kan?
Lha, hajatan kek, kenduri kek EGP. Yang jelas ada anak kecil yg dikerat kulit khatannya.
Emangnya yg begitu mw loe sebut apaan?? Praktek dokter bedah kulup??
Ngeles apaan?? Loe sendiri ngga bisa ngasih cerita Musa sunat di alkitab??
Sampe NEKAT ngarang sunatnya Musa ditempelin kulup anaknya doang?? SARAP. wkwkwk..
fokus aja di kerat khulit khatan anak zipora, bahwa itu bukan dalam konteks sunatan anak umur 8 hari, maka yang diingat di situ SUNATNYA MUSA
nuntut semua orang diceritakan kisah disunatnya itu kan sudah mengada2 alias hanya ngeles.. jujur ajalah...
CERITANYA, Tuhan ngga jadi bunuh Musa, karena inget anak zipora yg dikerat khatannya, terus ditempelin dikakinya Musa. Bukan karena inget sunatnya Musa.... SIROP!!
Padahal udah ada dari hadist dan ada perintah di Al Quran. TAPI loe nuntut HARUS dari al Quran. Itu khan namanya mengada-ada alias ngeles. Jujur ajalah...!?
konteksnya bukan sunatan Tan SiETAN, tapi akan dibunuhnya musa..
zipora tidak sehabis melahirkan bayi laki2 8 hari lalu
perintah miladi ibrohim di alquran, tapi di alquran gak ada ibrohim sunat.. perintah sunat juga gak ada di alquran..
Eeeehh, si nduss kalap, sampe nekat ngarang kalo itu sunatnya Musa...?? SURUP!!
wkwkwk..
Prihatin gw.. wkwkwk
RHCP- LETNAN SATU
-
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
Kalo sekedar urusan dunia aja sih, alhamdulillah ADA, nduss.SEGOROWEDI wrote:SiETAN GUNDULL wrote:
Belon, nduss... Masih tahap perjuangan.
Tapi insya Allah gw udah bebas dari kesesatan, alhamdulillah.
kasihan juga kamu ya NDULL..
finansial sesek, spiritual sesat
Lagian apa hebatnya sih..?? Semua cuma titipan, ngga dibawa mati.
Yang penting gw berani BUKTIIN iman gw dengan PERBUATAN.
BUKAN cuma berani NYEPLOS IMAN2 doang, tapi TAKUT BUKTIINNYA, kaya' loe ndusss.
wkwkwk....
RHCP- LETNAN SATU
-
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
Intinya iman harus selaras dgn perbuatan. Kalo loe ngaku beriman, maka loe harus buktikan dengan perbuatan.SEGOROWEDI wrote:SiETAN GUNDULL wrote:Emang apaan lagi buahnya, kalo bukan AJARAN GEREJA yang loe GLEK mentah2, nduss...??nduss wrote:NDULL wrote:Akibat ucapan/pikiran paulus (yg 1/3nya masuk dalam PB), Jutaan orang terpengaruh dan melanggar perjanjian Tuhan.
Paulus adalah pohon buruk yg berbuah buruk.
buah yang mana?
gak ada yang jadi teroris tu
Cukup "sunat rohani" tanpa perlu sunat fisik. Akhirnya semua ibadah orang kristen (yg ngaku IKUT Yesus) adalah rohani belaka, meremehkan ibadah fisik. Padahal justru ajaran Yakobus-lah yg mengikuti ajaran Yesus, bahwa IMAN tanpa AMAL adalah IMAN YANG MATI. Iman yang selaras dgn perbuatan adalah IMAN yang sempurna. Seperti Ibrahim yang dibenarkan atas PERBUATANNYA saat mempersembahkan ismail. Inilah yang sesuai dengan logika dan mudah dicerna akal. Silakan baca lagi Yak 2:14-26 @TS.
Paulus berfikir, jika hukum taurat diterapkan kepada non-yahudi para penyembah berhala, mereka pasti OGAH masuk "kristen". Maka paulus "menggenapi hukum taurat" dengan menyusupkan ajaran pakgan dan bukhelen. Karena paulus sendiri, pada dasarnya (seperti kata yohanes) "tidak BENAR2 BERSAMA KITA". Paulus adalah srigala berbulu domba.
Sepertinya itulah yang memotivasi paulus utk NEKAT bikin ajaran provokatif spt misalnya :
1. "Yesus ngga BERGUNA kalo SUNAT".
2. "Harus melaksanakan 600 lebih hukum taurat".
3. "Yesus adalah Tuhan yang inkarnasi jadi manusia" dll.
Yesus gak nyuruh sunat fisik
Yakobus juga gak nyuruh sunat fisik
apa gunanya sunat khatan kalau hatimu tidak kamu sunat? sehingga yang kamu lakukan adalah hal2 jahat??.. paulus tidak melarang sunat, bahkan timotius yang non yahudi disuruhnya sunat..
1. baca yang bener!
2. ya eyalah..
3. baca signature di bawah ini!!
Loe itu nduss, cuma NYEPLOS doang beriman2, tapi TAKUT BUKTIINNYA dengan perbuatan. wkwk
Itu artinya (kata Yakobus) iman loe MATI.
Jadi ngga nih nduss, bahas AJARAN "buah buruk" GEREJA yang loe GLEK mentah2???
Kemaren nantangin. Kenapa skrg qoute loe, cuma setengah??
MALU loe ya, baca yg sisanya?? PAYAH dah, si nduss...
wkwkkwk..
RHCP- LETNAN SATU
-
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
SiETAN GUNDULL
Saat tau Musa mw dibunuh, yg ambil tindakan potong khatan anaknya siapa?? Yang dipotong khatannya siapa??
Eeeehh, si nduss kalap, sampe nekat ngarang kalo itu sunatnya Musa...?? SURUP!!
wkwkwk..
Prihatin gw.. wkwkwk
SW
suaminya mo dibunuh kok hajatan..
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
RHCP wrote:Intinya iman harus selaras dgn perbuatan. Kalo loe ngaku beriman, maka loe harus buktikan dengan perbuatan.SEGOROWEDI wrote:SiETAN GUNDULL wrote:Emang apaan lagi buahnya, kalo bukan AJARAN GEREJA yang loe GLEK mentah2, nduss...??nduss wrote:NDULL wrote:Akibat ucapan/pikiran paulus (yg 1/3nya masuk dalam PB), Jutaan orang terpengaruh dan melanggar perjanjian Tuhan.
Paulus adalah pohon buruk yg berbuah buruk.
buah yang mana?
gak ada yang jadi teroris tu
Cukup "sunat rohani" tanpa perlu sunat fisik. Akhirnya semua ibadah orang kristen (yg ngaku IKUT Yesus) adalah rohani belaka, meremehkan ibadah fisik. Padahal justru ajaran Yakobus-lah yg mengikuti ajaran Yesus, bahwa IMAN tanpa AMAL adalah IMAN YANG MATI. Iman yang selaras dgn perbuatan adalah IMAN yang sempurna. Seperti Ibrahim yang dibenarkan atas PERBUATANNYA saat mempersembahkan ismail. Inilah yang sesuai dengan logika dan mudah dicerna akal. Silakan baca lagi Yak 2:14-26 @TS.
Paulus berfikir, jika hukum taurat diterapkan kepada non-yahudi para penyembah berhala, mereka pasti OGAH masuk "kristen". Maka paulus "menggenapi hukum taurat" dengan menyusupkan ajaran pakgan dan bukhelen. Karena paulus sendiri, pada dasarnya (seperti kata yohanes) "tidak BENAR2 BERSAMA KITA". Paulus adalah srigala berbulu domba.
Sepertinya itulah yang memotivasi paulus utk NEKAT bikin ajaran provokatif spt misalnya :
1. "Yesus ngga BERGUNA kalo SUNAT".
2. "Harus melaksanakan 600 lebih hukum taurat".
3. "Yesus adalah Tuhan yang inkarnasi jadi manusia" dll.
Yesus gak nyuruh sunat fisik
Yakobus juga gak nyuruh sunat fisik
apa gunanya sunat khatan kalau hatimu tidak kamu sunat? sehingga yang kamu lakukan adalah hal2 jahat??.. paulus tidak melarang sunat, bahkan timotius yang non yahudi disuruhnya sunat..
1. baca yang bener!
2. ya eyalah..
3. baca signature di bawah ini!!
Loe itu nduss, cuma NYEPLOS doang beriman2, tapi TAKUT BUKTIINNYA dengan perbuatan. wkwk
Itu artinya (kata Yakobus) iman loe MATI.
Jadi ngga nih nduss, bahas AJARAN "buah buruk" GEREJA yang loe GLEK mentah2???
Kemaren nantangin. Kenapa skrg qoute loe, cuma setengah??
MALU loe ya, baca yg sisanya?? PAYAH dah, si nduss...
wkwkkwk..
loh..
Yesus gak nyuruh sunat diikuti kok
justeru kamu itu yang gak ikut perintah alquran
suruh miladi ibrahim, gak ada ibrahim sunat, kok malah sunat
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya
RHCP wrote:
Bandingin dengan ajaran Yesus yang sangat menjunjung tinggi hukum taurat :“Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu, ‘Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada oranglain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam kerajaan Surga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah- perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga’.” (Matius 5:17-19)Yohanes 12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan.
wong yang nggenapi HT aja gak nyuruh sunat...
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Halaman 12 dari 19 • 1 ... 7 ... 11, 12, 13 ... 15 ... 19
Similar topics
» ketika alkitab diamandemen umatnya sendiri
» Apa Yang Dilakukan Kristen Ketika Umatnya Mengumbar Aurat?
» Ketika Paulus menghina Yesus
» GPIB Paulus: Perjalanan Hidup Miranda Goeltom seperti rasul Paulus :D
» apakah yesus layak dipuji?
» Apa Yang Dilakukan Kristen Ketika Umatnya Mengumbar Aurat?
» Ketika Paulus menghina Yesus
» GPIB Paulus: Perjalanan Hidup Miranda Goeltom seperti rasul Paulus :D
» apakah yesus layak dipuji?
Halaman 12 dari 19
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik