SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
Halaman 16 dari 19 • Share
Halaman 16 dari 19 • 1 ... 9 ... 15, 16, 17, 18, 19
SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
First topic message reminder :
QS 18 : 83 – 98 menyebutkan seorang tokoh Zul-Qarnayn yang adalah muslim. Menurut tokoh Islam Ibn Hisham dan Al-Tabari, Zul-Qarnayn adalah Aleksander Agung. Ironisnys, Aleksander Agung adalah seorang polytheis
BENARKAH ?
BENARKAH ?
Paradise OK- LETNAN SATU
-
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
SEGOROWEDI wrote:
lha iya..
kenapa muhammad gak langsung aja sebut 'raja koresh'
kan tokoh lampau
karena si yahudi nanya "Apa yang kamu ketahui tentang Dzul Qarnain"
si yahudi ga nanya "Apa yang kamu ketahui tentang Raja Koresh"
tanya yahudi-nya dong ... kenapa mereka ga langsung aja sebut "raja koresh"
kan tokoh lampau
dee-nee- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 8645
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
maksudnya Dzulkarnain itu gaya penyebutan menyebut otoritasnya alih2 identitasnya, macem Firaun!SEGOROWEDI wrote:maksudmu si zul kiasan gitu?
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
dee-nee wrote:SEGOROWEDI wrote:
lha iya..
kenapa muhammad gak langsung aja sebut 'raja koresh'
kan tokoh lampau
karena si yahudi nanya "Apa yang kamu ketahui tentang Dzul Qarnain"
si yahudi ga nanya "Apa yang kamu ketahui tentang Raja Koresh"
tanya yahudi-nya dong ... kenapa mereka ga langsung aja sebut "raja koresh"
kan tokoh lampau
lha yang nyeplos zul karnain siapa?
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
frontline defender wrote:maksudnya Dzulkarnain itu gaya penyebutan menyebut otoritasnya alih2 identitasnya, macem Firaun!SEGOROWEDI wrote:maksudmu si zul kiasan gitu?
lha iya..
siapa dia?
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
ya itu tadi si penguasa 2 wilayah!
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
siapa orangnya? dua wilayah mana?
wong tanduk beneran kok
wong tanduk beneran kok
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
SEGOROWEDI wrote:dee-nee wrote:SEGOROWEDI wrote:
lha iya..
kenapa muhammad gak langsung aja sebut 'raja koresh'
kan tokoh lampau
karena si yahudi nanya "Apa yang kamu ketahui tentang Dzul Qarnain"
si yahudi ga nanya "Apa yang kamu ketahui tentang Raja Koresh"
tanya yahudi-nya dong ... kenapa mereka ga langsung aja sebut "raja koresh"
kan tokoh lampau
lha yang nyeplos zul karnain siapa?
yang bikin pertanyaan kan ... para rabbi yahudi
dee-nee- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 8645
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
yang jawab itu dikandung maksud siapa orangnya ?
Syalom aleykhem- LETNAN DUA
-
Age : 30
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
Syalom aleykhem wrote:yang jawab itu dikandung maksud siapa orangnya ?
Al Quran tidak memberi tahu ...
dee-nee- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 8645
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
karena muhammad saw tidak memberi tahu ?
Syalom aleykhem- LETNAN DUA
-
Age : 30
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
Syalom aleykhem wrote:karena muhammad saw tidak memberi tahu ?
karena Al Quran tidak memberi tahu ...
dee-nee- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 8645
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
orang yahudi itu bertanya ke alquran atau ke muhammad saw ?
Syalom aleykhem- LETNAN DUA
-
Age : 30
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
ke MuhammadSyalom aleykhem wrote:orang yahudi itu bertanya ke alquran atau ke muhammad saw ?
dee-nee- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 8645
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
berarti muhammad saw tidak memberi tahu/menjawab siapa sosok dimaksud & alquran mencatatnya
yang aneh & lucu, para rabi yahudi bertanya ke muhammad saw, alquran tidak memberi tahu/menjawab
yang aneh & lucu, para rabi yahudi bertanya ke muhammad saw, alquran tidak memberi tahu/menjawab
Syalom aleykhem- LETNAN DUA
-
Age : 30
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
Syalom aleykhem wrote:berarti muhammad saw tidak memberi tahu/menjawab siapa sosok dimaksud & alquran mencatatnya
yang aneh & lucu, para rabi yahudi bertanya ke muhammad saw, alquran tidak memberi tahu/menjawab
yang ditanya oleh rabbi yahudi kan "apa yang kau ketahui tentang Dzul Qarnain" >>> rabbi yahudi tidak bertanya "siapa nama sosok Dzul Qarnain"
dan Nabi menjawab apa yang ditanya rabbi yahudi .... dan Al Quran mencatat jawaban tersebut
urusan apakah Nabi tahu atau tidak tahu siapa tokoh tersebut ...
point-nya Al Quran mencatat jawaban Muhammad ... dan jawaban itu diterima baik oleh rabbi yahudi
dee-nee- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 8645
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
nggak penting, yang penting intinya dia penguasa yang mempunyai daerah kekuasaan luas!SEGOROWEDI wrote:siapa orangnya? dua wilayah mana?
wong tanduk beneran kok
konteks ayatnya menceritakan kalau dia mempunyai wilayah kekuasaan yang luas!
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
jika pertanyaannya, apa yang kau ketahui tentang Dzul Qarnain ? ... sudah barang tentu termasuk siapa sosok dimaksuddee-nee wrote:Syalom aleykhem wrote:berarti muhammad saw tidak memberi tahu/menjawab siapa sosok dimaksud & alquran mencatatnya
yang aneh & lucu, para rabi yahudi bertanya ke muhammad saw, alquran tidak memberi tahu/menjawab
yang ditanya oleh rabbi yahudi kan "apa yang kau ketahui tentang Dzul Qarnain" >>> rabbi yahudi tidak bertanya "siapa nama sosok Dzul Qarnain"
dan Nabi menjawab apa yang ditanya rabbi yahudi .... dan Al Quran mencatat jawaban tersebut
urusan apakah Nabi tahu atau tidak tahu siapa tokoh tersebut ...
point-nya Al Quran mencatat jawaban Muhammad ... dan jawaban itu diterima baik oleh rabbi yahudi
terlalu aneh menceritakan seorang sosok tetapi tidak tahu siapa sosok tersebut
adakah sumber islam/alquran mencatat bahwa para rabbi yahudi puas atas jawaban muhammad saw ?
Syalom aleykhem- LETNAN DUA
-
Age : 30
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
Syalom aleykhem wrote:jika pertanyaannya, apa yang kau ketahui tentang Dzul Qarnain ? ... sudah barang tentu termasuk siapa sosok dimaksuddee-nee wrote:Syalom aleykhem wrote:berarti muhammad saw tidak memberi tahu/menjawab siapa sosok dimaksud & alquran mencatatnya
yang aneh & lucu, para rabi yahudi bertanya ke muhammad saw, alquran tidak memberi tahu/menjawab
yang ditanya oleh rabbi yahudi kan "apa yang kau ketahui tentang Dzul Qarnain" >>> rabbi yahudi tidak bertanya "siapa nama sosok Dzul Qarnain"
dan Nabi menjawab apa yang ditanya rabbi yahudi .... dan Al Quran mencatat jawaban tersebut
urusan apakah Nabi tahu atau tidak tahu siapa tokoh tersebut ...
point-nya Al Quran mencatat jawaban Muhammad ... dan jawaban itu diterima baik oleh rabbi yahudi
terlalu aneh menceritakan seorang sosok tetapi tidak tahu siapa sosok tersebut
adakah sumber islam/alquran mencatat bahwa para rabbi yahudi puas atas jawaban muhammad saw ?
merah : sudah barang tentu ?? >>> LOL ... yah kalau anda mau bikin sejarah sendiri juga ga papa .... wong nyatanya si yahudi tidak ada masalah dengan jawaban Muhammad kok
biru : kan saya sudah bilang ... diluar apakah Nabi tahu atau tidak siapa tokoh tersebut >>> jawaban yang tertulis dalam Al Quran nyatanya sudah memuaskan para yahudi
hijau : kalau anda balik2 ke halaman sebelumnya ... beberapa muslim sudah memberikan sumber Islam yang menyatakan itu
masalahnya ... anda mau percaya atau tidak >>> point-nya kan disini
dee-nee- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 8645
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
lha... yg berkisah/bersejarah soal sul karnain kan muhammad saw, bukan saya ?, jadi beliaulah yg bertanggungjawab menjawab atas misterinya sosok sul karnaindee-nee wrote:Syalom aleykhem wrote:jika pertanyaannya, apa yang kau ketahui tentang Dzul Qarnain ? ... sudah barang tentu termasuk siapa sosok dimaksuddee-nee wrote:Syalom aleykhem wrote:berarti muhammad saw tidak memberi tahu/menjawab siapa sosok dimaksud & alquran mencatatnya
yang aneh & lucu, para rabi yahudi bertanya ke muhammad saw, alquran tidak memberi tahu/menjawab
yang ditanya oleh rabbi yahudi kan "apa yang kau ketahui tentang Dzul Qarnain" >>> rabbi yahudi tidak bertanya "siapa nama sosok Dzul Qarnain"
dan Nabi menjawab apa yang ditanya rabbi yahudi .... dan Al Quran mencatat jawaban tersebut
urusan apakah Nabi tahu atau tidak tahu siapa tokoh tersebut ...
point-nya Al Quran mencatat jawaban Muhammad ... dan jawaban itu diterima baik oleh rabbi yahudi
terlalu aneh menceritakan seorang sosok tetapi tidak tahu siapa sosok tersebut
adakah sumber islam/alquran mencatat bahwa para rabbi yahudi puas atas jawaban muhammad saw ?
merah : sudah barang tentu ?? >>> LOL ... yah kalau anda mau bikin sejarah sendiri juga ga papa .... wong nyatanya si yahudi tidak ada masalah dengan jawaban Muhammad kok
biru : kan saya sudah bilang ... diluar apakah Nabi tahu atau tidak siapa tokoh tersebut >>> jawaban yang tertulis dalam Al Quran nyatanya sudah memuaskan para yahudi
hijau : kalau anda balik2 ke halaman sebelumnya ... beberapa muslim sudah memberikan sumber Islam yang menyatakan itu
masalahnya ... anda mau percaya atau tidak >>> point-nya kan disini
bisa anda copaste disini (jawaban Alquran), pernyataan para rabbi yahudi yg puas atas jawaban muhammad ?, cx sedari halaman satu tidak satupun tekstual alquran memberikan penjelasan itu.
Syalom aleykhem- LETNAN DUA
-
Age : 30
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
Syalom aleykhem wrote:lha... yg berkisah/bersejarah soal sul karnain kan muhammad saw, bukan saya ?, jadi beliaulah yg bertanggungjawab menjawab atas misterinya sosok sul karnaindee-nee wrote:
merah : sudah barang tentu ?? >>> LOL ... yah kalau anda mau bikin sejarah sendiri juga ga papa .... wong nyatanya si yahudi tidak ada masalah dengan jawaban Muhammad kok
biru : kan saya sudah bilang ... diluar apakah Nabi tahu atau tidak siapa tokoh tersebut >>> jawaban yang tertulis dalam Al Quran nyatanya sudah memuaskan para yahudi
hijau : kalau anda balik2 ke halaman sebelumnya ... beberapa muslim sudah memberikan sumber Islam yang menyatakan itu
masalahnya ... anda mau percaya atau tidak >>> point-nya kan disini
bisa anda copaste disini (jawaban Alquran), pernyataan para rabbi yahudi yg puas atas jawaban muhammad ?, cx sedari halaman satu tidak satupun tekstual alquran memberikan penjelasan itu.
- Muhammad bertanggung jawab kepada para yahudi bukan kepada anda .... dan para yahudi itu menerima jawaban Muhammad dengan baik >> harusnya anda protes pada para yahudi itu ... jangan pada Muhammad
- sebelum anda bikin statement aneh diatas ... anda harus bisa bedakan Al Quran dengan injil
Al Quran bukan buku cerita seperti injil yang mencatat kisah .... Al Quran hanya berisi wahyu Allah ... apa yang dikatakan Allah ... bukan berisi serangkain kejadian yang disaksikan/dikatakan manusia
jadi untuk pertanyaan anda yang merah : Allah memang ga pernah "ngerumpi" dengan Muhammad terkait sikap yahudi >>> ngapain ??
tapi dari hadist dan asbabun nuzul turunnya ayat diatas bisa dilihat bahwa para yahudi itu memang menerima jawaban Muhammad (jawaban yang beliau terima dari Allah ... yang kemudian tertulis dalam Al Quran)
gitu loh ...
dee-nee- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 8645
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
- memang inti ajarannya hanya utk para rabbi yahudi saja ?. ini soal kebenaran informasi yg tersirat dalam alquran utk diketahui oleh dunia, yg memberikan informasi harus bertanggungjawab donk
- tidak dalam kapasitas menyamakan
- hadis-asbunnya bisa anda copaste disini ?
Syalom aleykhem- LETNAN DUA
-
Age : 30
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
dimana, kapan, apa namanya wilayah itu, biar tidak dianggap angin lalu ?frontline defender wrote:nggak penting, yang penting intinya dia penguasa yang mempunyai daerah kekuasaan luas!SEGOROWEDI wrote:siapa orangnya? dua wilayah mana?
wong tanduk beneran kok
konteks ayatnya menceritakan kalau dia mempunyai wilayah kekuasaan yang luas!
anda percaya manusia bertanduk seperti hewan bertanduk dalam kisah muhammad saw ?
Syalom aleykhem- LETNAN DUA
-
Age : 30
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
- nggak akan ada yang nganggep angin lalu kalau ceritanya dapat menyampaikan ajarannya dengan jelas & ajarannya bener!
- tidak ada alasan untuk mempermasalahkan logika bahwa seseorang dengan wilayah kekuasaan luas mempunyai akses wilayah yang luas pula!
- tidak ada alasan untuk mempermasalahkan logika bahwa seseorang dengan wilayah kekuasaan luas mempunyai akses wilayah yang luas pula!
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
Bayar utang
ya ya ... setelah saya baca ulang ... ternyata jawaban anda >> "BEDA" itu maksudnya jawab pertanyaan saya toh
maaf maaf ... saya yang ga ngeh ... saya pikir kata "BEDA" itu masih konteks tentang 3 majusi ...
btw tentang Tuhan PL ... kok dalam ayat ini Koresh manggil2 Tuhan yang sama
2 Tawarikh 36:22: Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia, sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini:
23 "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda. Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, TUHAN, Allahnya, menyertainya, dan biarlah ia berangkat pulang!"
ada ga tulisan di alkitab yang mendukung kalimat anda ??
ayat nya ini kan
Matius 2:1-12:
Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”
yang bold itu bahasa Yunani nya proskynēsai >>> link http://biblehub.com/greek/proskune_sai_4352.htm
artinya : to worship (menyembah), pay homage (menyembah), show reverence (menghormati); to kneel down (sujud)
dalam bahasa inggris ditulis yang merah kan ... untuk menyembah (to worship)
menurut wiki https://en.wikipedia.org/wiki/Proskynesis
Proskynesis (/ˈprɒskɪniːsɪs/; Greek προσκύνησις) refers to the traditional Persian act of bowing or prostrating oneself before a person of higher social rank. In the Eastern Orthodox Church the term proskynesis is used theologically to indicate the veneration given to icons and relics of the saints; as distinguished from latria, the adoration which is due to God alone,[1] and also physical gestures such as bowing or kneeling (genuflection in the Western church) before an altar or icon.
Proskynesis (/ prɒskɪniːsɪs /; προσκύνησις Yunani) mengacu pada tradisi Persia yaitu membungkuk atau sujud diri kepada orang berpangkat sosial yang lebih tinggi. Dalam Gereja Ortodoks Timur, istilah proskynesis digunakan secara teologis untuk menunjukkan penghormatan kepada ikon dan peninggalan orang-orang kudus; berbeda dengan latria, yang hanya kepada Allah saja, [1] juga berupa gerak tubuh seperti membungkuk atau berlutut (tekuk lutut di gereja Barat) di depan altar atau ikon.
bold : jadi ... bagi orang2 persia ... yang disebut gerakan Proskynesis ini ditujukan pada orang yang status sosial-nya lebih tinggi dengan gerakan membungkuk atau sujud diri
Etimologi
The Greek word προσκύνησις is derived from the verb προσκυνέω, proskyneo, itself formed from the compound words πρός, pros (towards) and κυνέω, kyneo ([I] kiss).[2] It describes an attitude of humbleness, submission, or worship adoration-particularly towards a sovereign ruler, God or the gods
Ini adalah kata (προσκύνησις Yunani) berasal dari kata kerja tunggal προσκυνέω, proskyneo, yang terbentuk dari kata majemuk πρός, pro (menuju) dan κυνέω, kyneo ([I] ciuman). [2] Kata Ini menggambarkan sikap kerendahan hati, penyerahan, atau ibadah adorasi-khususnya terhadap penguasa yang berdaulat, Tuhan atau dewa-dewa
Tapi bagi orang Yunani .... kata ini merujuk pada penyembahan dewa/Tuhan
kenapa ??
http://www.livius.org/concept/proskynesis/
The first to describe proskynesis ("kissing towards") was the Greek researcher Herodotus of Halicarnassus, who lived in the fifth century BCE. He writes:
When the Persians meet one another in the roads, you can see whether those who meet are of equal rank. For instead of greeting by words, they kiss each other on the mouth; but if one of them is inferior to the other, they kiss one another on the cheeks, and if one is of much less noble rank than the other, he falls down before him and worships him
What Herodotus describes as a gesture he has seen in the streets, was ritualized at the oriental courts. Depending on his rank, a visitor would have to prostrate himself, kneel in front of, bow for or blow a kiss to the king.
To the Greeks prostrating, bowing or kneeling were unacceptable. In their view, these acts were only allowed in front of a god. Therefore, they thought that the Persians - the only oriental court they knew - venerated their kings as god. Seen in this light, the word "worship" in Herodotus' text becomes logical. (It is also interesting to note that Herodotus, who was something of a relativist, does not object to the custom.) A similar hesitation can be discerned in the Jewish book Esther.
Hal pertama untuk menggambarkan proskynesis adalah dari peneliti Yunani Herodotus dari Halicarnassus, yang tinggal di abad kelima SM. Dia menulis:
Ketika orang2 Persia bertemu satu sama lain di jalan, kita dapat melihat apakah orang-orang yang saling bertemu tersebut berada pada tingkat (sosial) yang sama. mereka tidak saling menyapa dengan kata-kata, tapi mencium satu sama lain pada mulut; tetapi jika salah satu dari mereka lebih rendah daripada yang lain, mereka mencium satu sama lain di pipi, dan jika salah satu jauh lebih mulia dari yang lain, ia bersujud dihadapannya dan menghormati-nya
Apa yang Herodotus gambarkan adalah gerakan2 yang ia lihat di jalan-jalan, dan juga menjadi kebiasaan di pengadilan "oriental". Tergantung pada pangkatnya, pengunjung harus bersujud, berlutut, membungkuk atau memberikan ciuman kepada raja.
Bagi orang-orang Yunani, sujud, membungkuk atau berlutut (adalah hal yang) tidak dapat diterima. Dalam pandangan mereka, tindakan ini hanya diizinkan kepada dewa (Tuhan). Oleh karena itu, mereka (orang2 Yunani) berpikir bahwa orang Persia - dalam pengadilan "oriental" - menghormati raja mereka sebagai dewa. Dilihat dari sudut ini, kata "ibadah" dalam teks Herodotus 'menjadi logis. (Hal ini juga menarik untuk dicatat bahwa Herodotus, yang adalah seorang relativis, yang tidak keberatan pada tradisi tersebut) Hal yang sama dapat dilihat dalam buku Yahudi Esther.
Jadi intinya ... apa yang dilakukan oleh 3 orang Persia itu adalah menghormati Yesus sebagai raja (dengan gerakan membungkuk, sujud dsb) ... dalam bahasa Yunani ... gerakan ini disebut Proskynesis >>> yang bagi orang yunani gerakan Proskynesis (membungkik, sujud, dsb ini) hanya dilakukan untuk menyembah dewa atau tuhan
so .... point saya adalah ... tiga majusi itu tidak datang untuk menyembah yesus ... tapi menghormati yesus sebagai raja
--------------------------------------------------------------------------------
bold : no no no ... saya masih yakin bahwa para majusi itu monoteis ... mereka menyembah Tuhan yang sama dengan Tuhan dalam PL ... masalah nama Tuhan-nya beda ... kalian akan sangat standar ganda karena sebelumnya selalu bilang Tuhan tidak punya nama personal
tapi point-nya para majusi itu monotheist sama dengan Koresh ... saya masih yakin pada masa itu (jaman yesus lahir) masih ada pendeta2 zoroastrianisme yang monotheist (termasuk para majusi itu) karena faktanya mereka tidak menyembah yesus sebagai tuhan
saya masih yakin bahwa para majusi itu termasuk Koresh masih bagian dari mereka2 di ayat ini
“sesungguhnya orang-orang beriman, orang-orang yahudi, orang-orang shaabi-iin, orang-orang nasrani, orang-orang majusi dan orang-orang musryik, Allah akan memberi keputusan kepada mereka pada hari kiamat.sesungguhnya Allah menyaksikan segala sesuatu”.(QS Al-hajj : 17)
Anda itu ngomong apa ?? sekarang lagi bahas bang Zul ... bukan bahas seven sleepers
kalaupun anda mau klaim bahwa kisah 7 sleepers adalah milih kristen ... pikir lagi ... baca lagi kisah itu .... TIDAK ADA SATUPUN DALAM CERITA ITU TERKAIT YESUS ADALAH TUHAN >>> so ?? yakin kisah itu punya kristen ??
cerita itu milik yahudi
www.jewishencyclopedia.com/articles/5789-ephesus >>> link yahudi
The Jews of Ephesus were completely Hellenized, and the inscriptions on the Jewish tombs found there are written in Greek: one stone commemorates a certain "Mar Maussios," i.e., Rabbi Moses; another, a leading physician. Josephus often cites a certain Menander of Ephesus, whose history seems to have included that of the Jews. The city was the scene of the dialogue which Justin held with the Jew Tryphon (Eusebius, "Ecclesiastical History," iv. 18).
Ephesus is mentioned in the rabbinical writings in Targ. to I Chron. i. 5 and Yer. Meg. 71b. The Rabbis, when referring to Asia, always mean simply Ephesus. The charming tale of the widow of Ephesus, which was known as early as the Talmud (Ḳid. 80b), is treated several times in Jewish works (Steinschneider, "Hebr. Uebers." p. 969). The so-called Ephesian script, used on amulets, seems to have been employed by the Jews also (Löw, "Gesammelte Schriften," ii. 80). The legend of the Seven Sleepers, connected with Ephesus, which has also been adopted by the Koran, is an episode in the Jewish accounts of the life of Jesus (Krauss, "Leben Jesu nach Jüdischen Quellen," p. 198).
lihat yang ungu : Jews, Rabbical writings, Jewish, Jews, Jewish >>> so ?? kisah ini punya siapa ??
silahkan kalau sekarang anda yang niat banget meng-klaim cerita ASLI tersebut
tapi point saya tentang 7 Sleepers >>> cerita itu juga dikenal oleh agama yahudi ... Muhammad ditanya oleh rabbi yahudi ... dan Muhammad bisa jawab
merah : menurut saya zulqarnain adalah Koresh
1. Gimana kalau anda bawa hadist-nya dulu ... supaya confirm
2. Adalah ??
3. ya
pendapat seukuwah saya ?? >>> mereka bilang Al Quran tidak menulis apa2
kalau saya boleh "DIAM" dan bilang "ya Al Quran memang tidak menulis apa2"
maukah anda DIAM juga untuk tidak ngoceh sana sini bahwa Dzulqarnain = Alexander ??
Lihat dong awal thread ... yang berisik kan kalian ... kalian yang maksa2 nanya siapa nama Dzulqarnain
makanya saya jawab ... Dzulqarnain adalah Koresh .... BUKAN Alexander
In the end ... kalian2 lagi kan yang memaksa2kan Dzulqarnain = Alexander
Syalom aleykhem wrote:
Raja Koresh orang Persia tidak menyembah Tuhan (PL), masih belum jelas !?
ya ya ... setelah saya baca ulang ... ternyata jawaban anda >> "BEDA" itu maksudnya jawab pertanyaan saya toh
maaf maaf ... saya yang ga ngeh ... saya pikir kata "BEDA" itu masih konteks tentang 3 majusi ...
btw tentang Tuhan PL ... kok dalam ayat ini Koresh manggil2 Tuhan yang sama
2 Tawarikh 36:22: Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia, sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini:
23 "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda. Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, TUHAN, Allahnya, menyertainya, dan biarlah ia berangkat pulang!"
ada ga tulisan di alkitab yang mendukung kalimat anda ??
Syalom aleykhem wrote:[justify]alkitab tidak menjelaskan latar belakang "agama" orang2 majusi itu, tetapi mereka datang menyembah Yesus, jika mereka sudah menyembah Yesus berarti mereka telah menjadi pengikut Yesus, tanpa diketahui apa latarbelakang agamanya
keimanan orang Kristen menyembah Yesus, bukan krn orang majusi
ayat nya ini kan
Matius 2:1-12:
Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”
yang bold itu bahasa Yunani nya proskynēsai >>> link http://biblehub.com/greek/proskune_sai_4352.htm
artinya : to worship (menyembah), pay homage (menyembah), show reverence (menghormati); to kneel down (sujud)
dalam bahasa inggris ditulis yang merah kan ... untuk menyembah (to worship)
menurut wiki https://en.wikipedia.org/wiki/Proskynesis
Proskynesis (/ˈprɒskɪniːsɪs/; Greek προσκύνησις) refers to the traditional Persian act of bowing or prostrating oneself before a person of higher social rank. In the Eastern Orthodox Church the term proskynesis is used theologically to indicate the veneration given to icons and relics of the saints; as distinguished from latria, the adoration which is due to God alone,[1] and also physical gestures such as bowing or kneeling (genuflection in the Western church) before an altar or icon.
Proskynesis (/ prɒskɪniːsɪs /; προσκύνησις Yunani) mengacu pada tradisi Persia yaitu membungkuk atau sujud diri kepada orang berpangkat sosial yang lebih tinggi. Dalam Gereja Ortodoks Timur, istilah proskynesis digunakan secara teologis untuk menunjukkan penghormatan kepada ikon dan peninggalan orang-orang kudus; berbeda dengan latria, yang hanya kepada Allah saja, [1] juga berupa gerak tubuh seperti membungkuk atau berlutut (tekuk lutut di gereja Barat) di depan altar atau ikon.
bold : jadi ... bagi orang2 persia ... yang disebut gerakan Proskynesis ini ditujukan pada orang yang status sosial-nya lebih tinggi dengan gerakan membungkuk atau sujud diri
Etimologi
The Greek word προσκύνησις is derived from the verb προσκυνέω, proskyneo, itself formed from the compound words πρός, pros (towards) and κυνέω, kyneo ([I] kiss).[2] It describes an attitude of humbleness, submission, or worship adoration-particularly towards a sovereign ruler, God or the gods
Ini adalah kata (προσκύνησις Yunani) berasal dari kata kerja tunggal προσκυνέω, proskyneo, yang terbentuk dari kata majemuk πρός, pro (menuju) dan κυνέω, kyneo ([I] ciuman). [2] Kata Ini menggambarkan sikap kerendahan hati, penyerahan, atau ibadah adorasi-khususnya terhadap penguasa yang berdaulat, Tuhan atau dewa-dewa
Tapi bagi orang Yunani .... kata ini merujuk pada penyembahan dewa/Tuhan
kenapa ??
http://www.livius.org/concept/proskynesis/
The first to describe proskynesis ("kissing towards") was the Greek researcher Herodotus of Halicarnassus, who lived in the fifth century BCE. He writes:
When the Persians meet one another in the roads, you can see whether those who meet are of equal rank. For instead of greeting by words, they kiss each other on the mouth; but if one of them is inferior to the other, they kiss one another on the cheeks, and if one is of much less noble rank than the other, he falls down before him and worships him
What Herodotus describes as a gesture he has seen in the streets, was ritualized at the oriental courts. Depending on his rank, a visitor would have to prostrate himself, kneel in front of, bow for or blow a kiss to the king.
To the Greeks prostrating, bowing or kneeling were unacceptable. In their view, these acts were only allowed in front of a god. Therefore, they thought that the Persians - the only oriental court they knew - venerated their kings as god. Seen in this light, the word "worship" in Herodotus' text becomes logical. (It is also interesting to note that Herodotus, who was something of a relativist, does not object to the custom.) A similar hesitation can be discerned in the Jewish book Esther.
Hal pertama untuk menggambarkan proskynesis adalah dari peneliti Yunani Herodotus dari Halicarnassus, yang tinggal di abad kelima SM. Dia menulis:
Ketika orang2 Persia bertemu satu sama lain di jalan, kita dapat melihat apakah orang-orang yang saling bertemu tersebut berada pada tingkat (sosial) yang sama. mereka tidak saling menyapa dengan kata-kata, tapi mencium satu sama lain pada mulut; tetapi jika salah satu dari mereka lebih rendah daripada yang lain, mereka mencium satu sama lain di pipi, dan jika salah satu jauh lebih mulia dari yang lain, ia bersujud dihadapannya dan menghormati-nya
Apa yang Herodotus gambarkan adalah gerakan2 yang ia lihat di jalan-jalan, dan juga menjadi kebiasaan di pengadilan "oriental". Tergantung pada pangkatnya, pengunjung harus bersujud, berlutut, membungkuk atau memberikan ciuman kepada raja.
Bagi orang-orang Yunani, sujud, membungkuk atau berlutut (adalah hal yang) tidak dapat diterima. Dalam pandangan mereka, tindakan ini hanya diizinkan kepada dewa (Tuhan). Oleh karena itu, mereka (orang2 Yunani) berpikir bahwa orang Persia - dalam pengadilan "oriental" - menghormati raja mereka sebagai dewa. Dilihat dari sudut ini, kata "ibadah" dalam teks Herodotus 'menjadi logis. (Hal ini juga menarik untuk dicatat bahwa Herodotus, yang adalah seorang relativis, yang tidak keberatan pada tradisi tersebut) Hal yang sama dapat dilihat dalam buku Yahudi Esther.
Jadi intinya ... apa yang dilakukan oleh 3 orang Persia itu adalah menghormati Yesus sebagai raja (dengan gerakan membungkuk, sujud dsb) ... dalam bahasa Yunani ... gerakan ini disebut Proskynesis >>> yang bagi orang yunani gerakan Proskynesis (membungkik, sujud, dsb ini) hanya dilakukan untuk menyembah dewa atau tuhan
so .... point saya adalah ... tiga majusi itu tidak datang untuk menyembah yesus ... tapi menghormati yesus sebagai raja
--------------------------------------------------------------------------------
Syalom aleykhem wrote:Soal orang2 majusi, seumpama dulu nenek moyang kita2 jga penganut ani/dinamisme, lalu sekelompok orang dri mereka2 menyembah Tuhan yang benar menurut keimanan mereka masing2, sampai hari ini kita-kitalah generasinya, tidak ada yg salah
hal yg sama katakanlah orang majusi itu, dulunya menyembah tuhan yg salah, sekarang mereka menyembah Tuhan yg sesungguhnya menurut keimanan mereka, tidak ada yg salah
bold : no no no ... saya masih yakin bahwa para majusi itu monoteis ... mereka menyembah Tuhan yang sama dengan Tuhan dalam PL ... masalah nama Tuhan-nya beda ... kalian akan sangat standar ganda karena sebelumnya selalu bilang Tuhan tidak punya nama personal
tapi point-nya para majusi itu monotheist sama dengan Koresh ... saya masih yakin pada masa itu (jaman yesus lahir) masih ada pendeta2 zoroastrianisme yang monotheist (termasuk para majusi itu) karena faktanya mereka tidak menyembah yesus sebagai tuhan
saya masih yakin bahwa para majusi itu termasuk Koresh masih bagian dari mereka2 di ayat ini
“sesungguhnya orang-orang beriman, orang-orang yahudi, orang-orang shaabi-iin, orang-orang nasrani, orang-orang majusi dan orang-orang musryik, Allah akan memberi keputusan kepada mereka pada hari kiamat.sesungguhnya Allah menyaksikan segala sesuatu”.(QS Al-hajj : 17)
Syalom aleykhem wrote:saya tidak habis fikir, dari sumber web yg anda bawa, jelas2 menguraikan dari sisi sejarah Kristen dgn bukti temuan arkeology mendukung kisah sejarah penderitaan penganiayaan pengikut Yesus Kristus, oleh sebab menyembah Yesus Kristus sebagai Tuhan, koq diklaim sebagai pembuktian kisah dalam islam, apa ini namanya kalau bukan klaim membabi-buta ?
Anda itu ngomong apa ?? sekarang lagi bahas bang Zul ... bukan bahas seven sleepers
kalaupun anda mau klaim bahwa kisah 7 sleepers adalah milih kristen ... pikir lagi ... baca lagi kisah itu .... TIDAK ADA SATUPUN DALAM CERITA ITU TERKAIT YESUS ADALAH TUHAN >>> so ?? yakin kisah itu punya kristen ??
cerita itu milik yahudi
www.jewishencyclopedia.com/articles/5789-ephesus >>> link yahudi
The Jews of Ephesus were completely Hellenized, and the inscriptions on the Jewish tombs found there are written in Greek: one stone commemorates a certain "Mar Maussios," i.e., Rabbi Moses; another, a leading physician. Josephus often cites a certain Menander of Ephesus, whose history seems to have included that of the Jews. The city was the scene of the dialogue which Justin held with the Jew Tryphon (Eusebius, "Ecclesiastical History," iv. 18).
Ephesus is mentioned in the rabbinical writings in Targ. to I Chron. i. 5 and Yer. Meg. 71b. The Rabbis, when referring to Asia, always mean simply Ephesus. The charming tale of the widow of Ephesus, which was known as early as the Talmud (Ḳid. 80b), is treated several times in Jewish works (Steinschneider, "Hebr. Uebers." p. 969). The so-called Ephesian script, used on amulets, seems to have been employed by the Jews also (Löw, "Gesammelte Schriften," ii. 80). The legend of the Seven Sleepers, connected with Ephesus, which has also been adopted by the Koran, is an episode in the Jewish accounts of the life of Jesus (Krauss, "Leben Jesu nach Jüdischen Quellen," p. 198).
lihat yang ungu : Jews, Rabbical writings, Jewish, Jews, Jewish >>> so ?? kisah ini punya siapa ??
silahkan kalau sekarang anda yang niat banget meng-klaim cerita ASLI tersebut
tapi point saya tentang 7 Sleepers >>> cerita itu juga dikenal oleh agama yahudi ... Muhammad ditanya oleh rabbi yahudi ... dan Muhammad bisa jawab
Syalom aleykhem wrote: sekarang kita on the track saja … Mod forum ini mohon dikendalikan !!...
siapakah sosok zulqarnain yg dianggap misterius itu ?
berikut beberapa pendapat menyebutkan seorang tokoh Zul-Qarnayn yang adalah muslim (QS 18 : 83 – 98).
1. Menurut tokoh Islam Ibn Hisham dan Al-Tabari, Zul-Qarnayn adalah Aleksander Agung. (polytheis)
2. Menurut beberapa pendapat lainnya(search in google wth kyword zulqarnain), Zul-Qarnayn adalah ….
3. Menurut anda Zul-Qarnayn adalah raja Koresh orang Persia
Jadi dari ke-3 pendapat di atas mana yang benar ?
tigamu SAYA TERIMA ... bagaimana pendapat seukuwahmu ? ...
merah : menurut saya zulqarnain adalah Koresh
1. Gimana kalau anda bawa hadist-nya dulu ... supaya confirm
2. Adalah ??
3. ya
pendapat seukuwah saya ?? >>> mereka bilang Al Quran tidak menulis apa2
kalau saya boleh "DIAM" dan bilang "ya Al Quran memang tidak menulis apa2"
maukah anda DIAM juga untuk tidak ngoceh sana sini bahwa Dzulqarnain = Alexander ??
Lihat dong awal thread ... yang berisik kan kalian ... kalian yang maksa2 nanya siapa nama Dzulqarnain
makanya saya jawab ... Dzulqarnain adalah Koresh .... BUKAN Alexander
In the end ... kalian2 lagi kan yang memaksa2kan Dzulqarnain = Alexander
dee-nee- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 8645
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182
Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?
dee-nee wrote:Bayar utangSyalom aleykhem wrote:
Raja Koresh orang Persia tidak menyembah Tuhan (PL), masih belum jelas !?
ya ya ... setelah saya baca ulang ... ternyata jawaban anda >> "BEDA" itu maksudnya jawab pertanyaan saya toh
maaf maaf ... saya yang ga ngeh ... saya pikir kata "BEDA" itu masih konteks tentang 3 majusi ...
btw tentang Tuhan PL ... kok dalam ayat ini Koresh manggil2 Tuhan yang sama
2 Tawarikh 36:22: Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia, sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini:
23 "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda. Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, TUHAN, Allahnya, menyertainya, dan biarlah ia berangkat pulang!"
ada ga tulisan di alkitab yang mendukung kalimat anda ??Syalom aleykhem wrote:alkitab tidak menjelaskan latar belakang "agama" orang2 majusi itu, tetapi mereka datang menyembah Yesus, jika mereka sudah menyembah Yesus berarti mereka telah menjadi pengikut Yesus, tanpa diketahui apa latarbelakang agamanya
keimanan orang Kristen menyembah Yesus, bukan krn orang majusi
ayat nya ini kan
Matius 2:1-12:
Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”
yang bold itu bahasa Yunani nya proskynēsai >>> link http://biblehub.com/greek/proskune_sai_4352.htm
artinya : to worship (menyembah), pay homage (menyembah), show reverence (menghormati); to kneel down (sujud)
dalam bahasa inggris ditulis yang merah kan ... untuk menyembah (to worship)
menurut wiki https://en.wikipedia.org/wiki/Proskynesis
Proskynesis (/ˈprɒskɪniːsɪs/; Greek προσκύνησις) refers to the traditional Persian act of bowing or prostrating oneself before a person of higher social rank. In the Eastern Orthodox Church the term proskynesis is used theologically to indicate the veneration given to icons and relics of the saints; as distinguished from latria, the adoration which is due to God alone,[1] and also physical gestures such as bowing or kneeling (genuflection in the Western church) before an altar or icon.
Proskynesis (/ prɒskɪniːsɪs /; προσκύνησις Yunani) mengacu pada tradisi Persia yaitu membungkuk atau sujud diri kepada orang berpangkat sosial yang lebih tinggi. Dalam Gereja Ortodoks Timur, istilah proskynesis digunakan secara teologis untuk menunjukkan penghormatan kepada ikon dan peninggalan orang-orang kudus; berbeda dengan latria, yang hanya kepada Allah saja, [1] juga berupa gerak tubuh seperti membungkuk atau berlutut (tekuk lutut di gereja Barat) di depan altar atau ikon.
bold : jadi ... bagi orang2 persia ... yang disebut gerakan Proskynesis ini ditujukan pada orang yang status sosial-nya lebih tinggi dengan gerakan membungkuk atau sujud diri
Etimologi
The Greek word προσκύνησις is derived from the verb προσκυνέω, proskyneo, itself formed from the compound words πρός, pros (towards) and κυνέω, kyneo ([I] kiss).[2] It describes an attitude of humbleness, submission, or worship adoration-particularly towards a sovereign ruler, God or the gods
Ini adalah kata (προσκύνησις Yunani) berasal dari kata kerja tunggal προσκυνέω, proskyneo, yang terbentuk dari kata majemuk πρός, pro (menuju) dan κυνέω, kyneo ([I] ciuman). [2] Kata Ini menggambarkan sikap kerendahan hati, penyerahan, atau ibadah adorasi-khususnya terhadap penguasa yang berdaulat, Tuhan atau dewa-dewa
Tapi bagi orang Yunani .... kata ini merujuk pada penyembahan dewa/Tuhan
kenapa ??
http://www.livius.org/concept/proskynesis/
The first to describe proskynesis ("kissing towards") was the Greek researcher Herodotus of Halicarnassus, who lived in the fifth century BCE. He writes:
When the Persians meet one another in the roads, you can see whether those who meet are of equal rank. For instead of greeting by words, they kiss each other on the mouth; but if one of them is inferior to the other, they kiss one another on the cheeks, and if one is of much less noble rank than the other, he falls down before him and worships him
What Herodotus describes as a gesture he has seen in the streets, was ritualized at the oriental courts. Depending on his rank, a visitor would have to prostrate himself, kneel in front of, bow for or blow a kiss to the king.
To the Greeks prostrating, bowing or kneeling were unacceptable. In their view, these acts were only allowed in front of a god. Therefore, they thought that the Persians - the only oriental court they knew - venerated their kings as god. Seen in this light, the word "worship" in Herodotus' text becomes logical. (It is also interesting to note that Herodotus, who was something of a relativist, does not object to the custom.) A similar hesitation can be discerned in the Jewish book Esther.
Hal pertama untuk menggambarkan proskynesis adalah dari peneliti Yunani Herodotus dari Halicarnassus, yang tinggal di abad kelima SM. Dia menulis:
Ketika orang2 Persia bertemu satu sama lain di jalan, kita dapat melihat apakah orang-orang yang saling bertemu tersebut berada pada tingkat (sosial) yang sama. mereka tidak saling menyapa dengan kata-kata, tapi mencium satu sama lain pada mulut; tetapi jika salah satu dari mereka lebih rendah daripada yang lain, mereka mencium satu sama lain di pipi, dan jika salah satu jauh lebih mulia dari yang lain, ia bersujud dihadapannya dan menghormati-nya
Apa yang Herodotus gambarkan adalah gerakan2 yang ia lihat di jalan-jalan, dan juga menjadi kebiasaan di pengadilan "oriental". Tergantung pada pangkatnya, pengunjung harus bersujud, berlutut, membungkuk atau memberikan ciuman kepada raja.
Bagi orang-orang Yunani, sujud, membungkuk atau berlutut (adalah hal yang) tidak dapat diterima. Dalam pandangan mereka, tindakan ini hanya diizinkan kepada dewa (Tuhan). Oleh karena itu, mereka (orang2 Yunani) berpikir bahwa orang Persia - dalam pengadilan "oriental" - menghormati raja mereka sebagai dewa. Dilihat dari sudut ini, kata "ibadah" dalam teks Herodotus 'menjadi logis. (Hal ini juga menarik untuk dicatat bahwa Herodotus, yang adalah seorang relativis, yang tidak keberatan pada tradisi tersebut) Hal yang sama dapat dilihat dalam buku Yahudi Esther.
Jadi intinya ... apa yang dilakukan oleh 3 orang Persia itu adalah menghormati Yesus sebagai raja (dengan gerakan membungkuk, sujud dsb) ... dalam bahasa Yunani ... gerakan ini disebut Proskynesis >>> yang bagi orang yunani gerakan Proskynesis (membungkik, sujud, dsb ini) hanya dilakukan untuk menyembah dewa atau tuhan
so .... point saya adalah ... tiga majusi itu tidak datang untuk menyembah yesus ... tapi menghormati yesus sebagai raja
--------------------------------------------------------------------------------Syalom aleykhem wrote:Soal orang2 majusi, seumpama dulu nenek moyang kita2 jga penganut ani/dinamisme, lalu sekelompok orang dri mereka2 menyembah Tuhan yang benar menurut keimanan mereka masing2, sampai hari ini kita-kitalah generasinya, tidak ada yg salah
hal yg sama katakanlah orang majusi itu, dulunya menyembah tuhan yg salah, sekarang mereka menyembah Tuhan yg sesungguhnya menurut keimanan mereka, tidak ada yg salah
bold : no no no ... saya masih yakin bahwa para majusi itu monoteis ... mereka menyembah Tuhan yang sama dengan Tuhan dalam PL ... masalah nama Tuhan-nya beda ... kalian akan sangat standar ganda karena sebelumnya selalu bilang Tuhan tidak punya nama personal
tapi point-nya para majusi itu monotheist sama dengan Koresh ... saya masih yakin pada masa itu (jaman yesus lahir) masih ada pendeta2 zoroastrianisme yang monotheist (termasuk para majusi itu) karena faktanya mereka tidak menyembah yesus sebagai tuhan
saya masih yakin bahwa para majusi itu termasuk Koresh masih bagian dari mereka2 di ayat ini
“sesungguhnya orang-orang beriman, orang-orang yahudi, orang-orang shaabi-iin, orang-orang nasrani, orang-orang majusi dan orang-orang musryik, Allah akan memberi keputusan kepada mereka pada hari kiamat.sesungguhnya Allah menyaksikan segala sesuatu”.(QS Al-hajj : 17)Syalom aleykhem wrote:saya tidak habis fikir, dari sumber web yg anda bawa, jelas2 menguraikan dari sisi sejarah Kristen dgn bukti temuan arkeology mendukung kisah sejarah penderitaan penganiayaan pengikut Yesus Kristus, oleh sebab menyembah Yesus Kristus sebagai Tuhan, koq diklaim sebagai pembuktian kisah dalam islam, apa ini namanya kalau bukan klaim membabi-buta ?
Anda itu ngomong apa ?? sekarang lagi bahas bang Zul ... bukan bahas seven sleepers
kalaupun anda mau klaim bahwa kisah 7 sleepers adalah milih kristen ... pikir lagi ... baca lagi kisah itu .... TIDAK ADA SATUPUN DALAM CERITA ITU TERKAIT YESUS ADALAH TUHAN >>> so ?? yakin kisah itu punya kristen ??
cerita itu milik yahudi
www.jewishencyclopedia.com/articles/5789-ephesus >>> link yahudi
The Jews of Ephesus were completely Hellenized, and the inscriptions on the Jewish tombs found there are written in Greek: one stone commemorates a certain "Mar Maussios," i.e., Rabbi Moses; another, a leading physician. Josephus often cites a certain Menander of Ephesus, whose history seems to have included that of the Jews. The city was the scene of the dialogue which Justin held with the Jew Tryphon (Eusebius, "Ecclesiastical History," iv. 18).
Ephesus is mentioned in the rabbinical writings in Targ. to I Chron. i. 5 and Yer. Meg. 71b. The Rabbis, when referring to Asia, always mean simply Ephesus. The charming tale of the widow of Ephesus, which was known as early as the Talmud (Ḳid. 80b), is treated several times in Jewish works (Steinschneider, "Hebr. Uebers." p. 969). The so-called Ephesian script, used on amulets, seems to have been employed by the Jews also (Löw, "Gesammelte Schriften," ii. 80). The legend of the Seven Sleepers, connected with Ephesus, which has also been adopted by the Koran, is an episode in the Jewish accounts of the life of Jesus (Krauss, "Leben Jesu nach Jüdischen Quellen," p. 198).
lihat yang ungu : Jews, Rabbical writings, Jewish, Jews, Jewish >>> so ?? kisah ini punya siapa ??
silahkan kalau sekarang anda yang niat banget meng-klaim cerita ASLI tersebut
tapi point saya tentang 7 Sleepers >>> cerita itu juga dikenal oleh agama yahudi ... Muhammad ditanya oleh rabbi yahudi ... dan Muhammad bisa jawabSyalom aleykhem wrote: sekarang kita on the track saja … Mod forum ini mohon dikendalikan !!...
siapakah sosok zulqarnain yg dianggap misterius itu ?
berikut beberapa pendapat menyebutkan seorang tokoh Zul-Qarnayn yang adalah muslim (QS 18 : 83 – 98).
1. Menurut tokoh Islam Ibn Hisham dan Al-Tabari, Zul-Qarnayn adalah Aleksander Agung. (polytheis)
2. Menurut beberapa pendapat lainnya(search in google wth kyword zulqarnain), Zul-Qarnayn adalah ….
3. Menurut anda Zul-Qarnayn adalah raja Koresh orang Persia
Jadi dari ke-3 pendapat di atas mana yang benar ?
tigamu SAYA TERIMA ... bagaimana pendapat seukuwahmu ? ...
merah : menurut saya zulqarnain adalah Koresh
1. Gimana kalau anda bawa hadist-nya dulu ... supaya confirm
2. Adalah ??
3. ya
pendapat seukuwah saya ?? >>> mereka bilang Al Quran tidak menulis apa2
kalau saya boleh "DIAM" dan bilang "ya Al Quran memang tidak menulis apa2"
maukah anda DIAM juga untuk tidak ngoceh sana sini bahwa Dzulqarnain = Alexander ??
Lihat dong awal thread ... yang berisik kan kalian ... kalian yang maksa2 nanya siapa nama Dzulqarnain
makanya saya jawab ... Dzulqarnain adalah Koresh .... BUKAN Alexander
In the end ... kalian2 lagi kan yang memaksa2kan Dzulqarnain = Alexander
on the track ....
Menurut tokoh Islam Ibn Hisham dan Al-Tabari, Zul-Qarnayn adalah Aleksander Agung
Menurut anda, Zul-Qarnayn adalah raja Koresh orang Persia, apa dasar tafsirnya ?
menurut sumber Islam, sosok Zul-Qarnayn memiliki dua tanduk, benar/tidak ?
Syalom aleykhem- LETNAN DUA
-
Age : 30
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7
Halaman 16 dari 19 • 1 ... 9 ... 15, 16, 17, 18, 19
Similar topics
» Siapakah yang dimaksud Fulan dalam pidato Ahok ??
» Siapakah Sosok Nabi Ini?
» Siapakah Muhammad Menurut Alquran
» Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?
» Siapakah Al Masih Putra Maryam di dalam Al Qur'an?
» Siapakah Sosok Nabi Ini?
» Siapakah Muhammad Menurut Alquran
» Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?
» Siapakah Al Masih Putra Maryam di dalam Al Qur'an?
Halaman 16 dari 19
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik