tanggungjawab pemimpin
Halaman 1 dari 1 • Share
tanggungjawab pemimpin
Dalam kehidupan masyarakat, apalagi pada masyarakat Islam yang memiliki misi sangat mulia dalam hidupnya, pemimpin memiliki kedudukan yang sangat penting. Dalam perjalanan jauh (safar) tiga orang, satu di antara mereka harus diangkat sebagai pemimpin perjalanan, sementara shalat yang diikuti oleh orang banyak baru disebut shalat berjamaah manakala ada imam (pemimpin) dan makmum. Oleh karena itu, ketika Rasulullah Saw wafat, yang pertama dilakukan oleh para sahabat adalah memilih pemimpin yang menggantikan beliau, sehingga jenazah Rasul Saw tidak begitu mendapat perhatian. Ini menunjukkan betapa kedudukan pemimpin sedemikian penting. Karena itu baik dan tidaknya suatu organisasi, jamaah dan bangsa salah satunya sangat tergantung kepada pemimpin.
Namun, di dalam Islam, kesempatan menjadi pemimpin bukanlah untuk meraih popularitas kekayaan yang banyak, apalagi untuk mengacaukan dan memperburuk kehidupan masyarakat, kepemimpinan merupakan amanah yang harus dijalankan dengan untuk menegakkan nilai-nilai kebenaran Islam, karenanya seorang pemimpin harus mampu mempertanggungjawabkan kepemimpinannya di hadapan Allah Taala. Rasulullah saw bersabda:
كُلُّكًمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مِسْؤُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
“Tiap kamu adalah pemimpin, dan setiap kamu akan dimintai pertanggungjawaban tentang kepemimpinannya.”
Karena kedudukan pemimpin yang begitu strategis, maka Imam Syahid Hasan AI-Banna telah berkirim surat kepada sejumlah tokoh, baik tokoh-tokoh pemimpin struktural seperti kepala negara dan pemerintahan seperti Raja Farouq I yang berkuasa atas Mesir dan Sudan, Mustafa An Nahhas sebagai Perdana Menterinya serta kepada para penguasa di negeri-negeri muslim lainnya, maupun tokoh-tokoh pemimpin non struktural di tengah-tengah masyarakat yang pendapat-pendapat mereka didengar serta perilaku mereka menjadi panutan umat.
Masa Transisi
Dalam risalah (surat) yang dikirim kepada para pemimpin dunia itu, Imam Hasan AI Banna mengingatkan bahwa masa yang paling rawan dalam kehidupan umat adalah ketika berlangsungnya masa peralihan. Karena saat itulah ideologi kehidupan yang baru diberlakukan, langkah-langkah ke depan mulai digariskan dan nilai-nilai kehidupan dibangun.
Perjalanan kehidupan masyarakat kita hingga sekarang ini telah mengalami beberapa kali masa transisi dari kondisi yang satu ke kondisi yang lain mulai dari kondisi terjajah hingga meraih kemerdekaan. Namun kemerdekaan ternyata belum mengakhiri persoalan-persoalan mendasar dalam kehidupan masyarakat, termasuk sebagai masyarakat muslim. Kepemimpinan yang tidak amanah membuat penderitaan, kesulitan dan keterkungkungan kembali dialami sebagaimana pada masa terjajah bahkan mungkin lebih berat lagi pada sisi-sisi tertentu.
Oleh karena itu, masa transisi merupakan masa yang sangat genting, dan sangat menentukan bagi masa depan yang lebih baik, karenanya para aktivis dakwah harus mengambil peran kepemimpinan sesuai dengan potensi, kemampuan dan bidangnya masing-masing guna memberi arah bagi masa depan masyarakat yang Islami.
Salah satu peran yang harus dimainkan pada masa transisi adalah memberi arah bagi perencanaan kehidupan bangsa yang matang dan jelas dalam berbagai aspek kehidupan. Di sinilah letak pentingnya bagi kita untuk memahami situasi dan kondisi yang dirasakan oleh masyarakat sekaligus kita ketahui potensi atau sumber daya yang mereka miliki. Manakala perencanaan dirumuskan dengan memahami situasi dan kondisi masyarakat, maka kematangannya tercermin pada perencanaan yang realistis sehingga bisa diwujudkan dalam kehidupan nyata.
Di Persimpangan Jalan
Ketika suatu masyarakat berada pada masa transisi, maka masyarakat itu berarti berada persimpangan jalan. Ada semacam kebingungan tentang jalan mana yang harus ditempuh dari sekian banyak jalan yang ada agar tidak sesat dari jalan yang semestinya. Bila dalam kondisi itu jalan yang ditempuh salah, maka sangat fatal akibat yang akan diderita umat pada masa mendatang.
Dalam situasi dan kondisi umat seperti itu, Imam Syahid Hasan AI Banna menggariskan dua jalan penting yang harus ditempuh.
1. Membebaskan umat dari berbagai belenggu penindasan sampai umat Islam memperoleh kembali kemerdekaannya. Untuk itu, ada empat hal yang harus mendapat perhatian: Pertama, membebaskan umat dari belenggu politik yang melilitnya. Kedua, menghadang atau memerangi peradaban materialis. Ketiga, menegakkan sistem Islam yang menyeluruh dan keempat memimpin dunia serta memberikan bimbingan kepada manusia yang baik dan benar. Manakala hal ini sudah berhasil, maka umat bisa mengekspresikan diri sebagai seorang muslim secara kaffah untuk selanjutnya kebebasan pimpinan yang pernah dimiliki bisa diperolehnya kembali. Kehidupan yang Islami pun bisa terlaksana, baik dalam aspek pribadi, keluarga, masyarakat maupun bangsa.
2. Melakukan rekonstruksi umat agar mampu bersaing dengan umat lain, bahkan bisa memimpin mereka. Untuk itu, beberapa prinsip penting harus diwujudkan. Pertama, memiliki kekuatan motivasi pribadi yang bersumber dari akidah Islamiyah. Kedua, memiliki persiapan mental/rohani yang baik sehingga mampu mengendalikan hawa nafsu. Ketiga, memerangi rasialisme sehingga yang berkembang adalah ukhuwah, solidaritas dan emansipasi antara pria dengan wanita secara benar. Keempat menyiapkan individu yang memiliki akhlak, keilmuan dan ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan umat. Kelima, melindungi hak-hak asasi manusia, baik moril maupun material. Keenam, memelihara stabilitas negara dengan mencegah dan menumpas tindakan separatis dan kriminal. Ketujuh, menjaga kedaulatan dan batas-batas negara. Karenanya harus selalu digelorakan semangat jihad dan Kedelapan, mewujudkan tanggung jawab membangun peradaban dengan menyebarkan serta memperlihatkan prinsip-prinsip kebenaran Islam.
Keistimewaan Islam
Sebagai aktivitas yang harus memimpin dan membawa umat kepada Islam, maka satu hal yang harus kita sadari bahwa Islam merupakan agama yang istimewa dan tidak perlu kita ragukan sedikit pun kemampuannya dalam membangun kehidupan yang lebih baik. Menurut Imam Hasan AI Banna, ada sejumlah alasan mengapa kita harus begitu yakin untuk bisa membawa umat ke arah yang lebih baik. Pertama, kebenaran manhaj Islam telah teruji dan sejarah telah menjadi saksi atas keunggulannya. Kedua, manhaj Islam telah berhasil mencetak umat yang unggul, paling kuat, paling utama, paling kasih sayang dan paling diberkati di antara bangsa-bangsa yang ada. Ketiga, Kesucian manhaj Islam membuat Islam begitu mudah diterima, dipahami dan dilaksanakan, apalagi Islam juga memberikan bimbingan kepada umatnya untuk mencintai bangsa dan tanah airnya. Keempat, manhaj Islam mengokohkan persatuan. Dan Kelima, manhaj Islam bersifat sempurna dan menyeluruh.
Kondisi Peradaban Barat
Dengan penggambaran yang sedemikian jelas di atas, akan terasa sangat aneh apabila ada pemimpin di dunia Islam yang masih mau melirik dan merujuk kepada kehidupan masyarakat Barat dengan segala konsepnya yang rancu dalam menata kehidupan masyarakat dan ini bisa dirasakan dan disaksikan dalam kehidupan Barat kontemporer. Barat dengan kemajuan ilmu dan teknologinya ternyata sedang berada di ambang kebangkrutan peradaban. Bahkan, derita kehancuran Barat tidak hanya dirasakan akibatnya oleh orang barat dan mereka yang hidup di negara-negara Barat, tapi juga umat manusia yang hidup di Timur.
Contoh dari kehancuran peradaban Barat ini sangat banyak, meskipun kadangkala masyarakat kita pada umumnya tidak menyadari hal itu. Misalnya, pertama, ketika Barat mendengungkan keamanan dunia, justru mereka yang membangun instabilitas di banyak negara seperti di Timur Tengah. Kedua, ketika mereka memperjuangkan penegakan hak-hak asasi manusia, justru mereka melakukan tindakan yang melanggar hak asasi manusia seperti yang mereka lakukan di Irak. Ketiga, ketika mereka ingin membangun masyarakat yang bermartabat, justru masyarakat mereka sudah tidak memiliki martabat lagi, bahkan martabat yang lebih rendah dari binatang. Tegasnya, masih banyak contoh-contoh nyata dari kehancuran Barat lainnya.
Oleh karena itu, dunia sedang menanti kepemimpinan Islam yang damai, adil dan beradab sebagaimana yang pernah terwujud berabad-abad yang lalu, karenanya pemimpin Islam harus menyadari hal ini sehingga dalam kepemimpinannya mau menjadikan Islam sebagai pedoman dan tuntunan.
Wallahu a’lam
Namun, di dalam Islam, kesempatan menjadi pemimpin bukanlah untuk meraih popularitas kekayaan yang banyak, apalagi untuk mengacaukan dan memperburuk kehidupan masyarakat, kepemimpinan merupakan amanah yang harus dijalankan dengan untuk menegakkan nilai-nilai kebenaran Islam, karenanya seorang pemimpin harus mampu mempertanggungjawabkan kepemimpinannya di hadapan Allah Taala. Rasulullah saw bersabda:
كُلُّكًمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مِسْؤُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
“Tiap kamu adalah pemimpin, dan setiap kamu akan dimintai pertanggungjawaban tentang kepemimpinannya.”
Karena kedudukan pemimpin yang begitu strategis, maka Imam Syahid Hasan AI-Banna telah berkirim surat kepada sejumlah tokoh, baik tokoh-tokoh pemimpin struktural seperti kepala negara dan pemerintahan seperti Raja Farouq I yang berkuasa atas Mesir dan Sudan, Mustafa An Nahhas sebagai Perdana Menterinya serta kepada para penguasa di negeri-negeri muslim lainnya, maupun tokoh-tokoh pemimpin non struktural di tengah-tengah masyarakat yang pendapat-pendapat mereka didengar serta perilaku mereka menjadi panutan umat.
Masa Transisi
Dalam risalah (surat) yang dikirim kepada para pemimpin dunia itu, Imam Hasan AI Banna mengingatkan bahwa masa yang paling rawan dalam kehidupan umat adalah ketika berlangsungnya masa peralihan. Karena saat itulah ideologi kehidupan yang baru diberlakukan, langkah-langkah ke depan mulai digariskan dan nilai-nilai kehidupan dibangun.
Perjalanan kehidupan masyarakat kita hingga sekarang ini telah mengalami beberapa kali masa transisi dari kondisi yang satu ke kondisi yang lain mulai dari kondisi terjajah hingga meraih kemerdekaan. Namun kemerdekaan ternyata belum mengakhiri persoalan-persoalan mendasar dalam kehidupan masyarakat, termasuk sebagai masyarakat muslim. Kepemimpinan yang tidak amanah membuat penderitaan, kesulitan dan keterkungkungan kembali dialami sebagaimana pada masa terjajah bahkan mungkin lebih berat lagi pada sisi-sisi tertentu.
Oleh karena itu, masa transisi merupakan masa yang sangat genting, dan sangat menentukan bagi masa depan yang lebih baik, karenanya para aktivis dakwah harus mengambil peran kepemimpinan sesuai dengan potensi, kemampuan dan bidangnya masing-masing guna memberi arah bagi masa depan masyarakat yang Islami.
Salah satu peran yang harus dimainkan pada masa transisi adalah memberi arah bagi perencanaan kehidupan bangsa yang matang dan jelas dalam berbagai aspek kehidupan. Di sinilah letak pentingnya bagi kita untuk memahami situasi dan kondisi yang dirasakan oleh masyarakat sekaligus kita ketahui potensi atau sumber daya yang mereka miliki. Manakala perencanaan dirumuskan dengan memahami situasi dan kondisi masyarakat, maka kematangannya tercermin pada perencanaan yang realistis sehingga bisa diwujudkan dalam kehidupan nyata.
Di Persimpangan Jalan
Ketika suatu masyarakat berada pada masa transisi, maka masyarakat itu berarti berada persimpangan jalan. Ada semacam kebingungan tentang jalan mana yang harus ditempuh dari sekian banyak jalan yang ada agar tidak sesat dari jalan yang semestinya. Bila dalam kondisi itu jalan yang ditempuh salah, maka sangat fatal akibat yang akan diderita umat pada masa mendatang.
Dalam situasi dan kondisi umat seperti itu, Imam Syahid Hasan AI Banna menggariskan dua jalan penting yang harus ditempuh.
1. Membebaskan umat dari berbagai belenggu penindasan sampai umat Islam memperoleh kembali kemerdekaannya. Untuk itu, ada empat hal yang harus mendapat perhatian: Pertama, membebaskan umat dari belenggu politik yang melilitnya. Kedua, menghadang atau memerangi peradaban materialis. Ketiga, menegakkan sistem Islam yang menyeluruh dan keempat memimpin dunia serta memberikan bimbingan kepada manusia yang baik dan benar. Manakala hal ini sudah berhasil, maka umat bisa mengekspresikan diri sebagai seorang muslim secara kaffah untuk selanjutnya kebebasan pimpinan yang pernah dimiliki bisa diperolehnya kembali. Kehidupan yang Islami pun bisa terlaksana, baik dalam aspek pribadi, keluarga, masyarakat maupun bangsa.
2. Melakukan rekonstruksi umat agar mampu bersaing dengan umat lain, bahkan bisa memimpin mereka. Untuk itu, beberapa prinsip penting harus diwujudkan. Pertama, memiliki kekuatan motivasi pribadi yang bersumber dari akidah Islamiyah. Kedua, memiliki persiapan mental/rohani yang baik sehingga mampu mengendalikan hawa nafsu. Ketiga, memerangi rasialisme sehingga yang berkembang adalah ukhuwah, solidaritas dan emansipasi antara pria dengan wanita secara benar. Keempat menyiapkan individu yang memiliki akhlak, keilmuan dan ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan umat. Kelima, melindungi hak-hak asasi manusia, baik moril maupun material. Keenam, memelihara stabilitas negara dengan mencegah dan menumpas tindakan separatis dan kriminal. Ketujuh, menjaga kedaulatan dan batas-batas negara. Karenanya harus selalu digelorakan semangat jihad dan Kedelapan, mewujudkan tanggung jawab membangun peradaban dengan menyebarkan serta memperlihatkan prinsip-prinsip kebenaran Islam.
Keistimewaan Islam
Sebagai aktivitas yang harus memimpin dan membawa umat kepada Islam, maka satu hal yang harus kita sadari bahwa Islam merupakan agama yang istimewa dan tidak perlu kita ragukan sedikit pun kemampuannya dalam membangun kehidupan yang lebih baik. Menurut Imam Hasan AI Banna, ada sejumlah alasan mengapa kita harus begitu yakin untuk bisa membawa umat ke arah yang lebih baik. Pertama, kebenaran manhaj Islam telah teruji dan sejarah telah menjadi saksi atas keunggulannya. Kedua, manhaj Islam telah berhasil mencetak umat yang unggul, paling kuat, paling utama, paling kasih sayang dan paling diberkati di antara bangsa-bangsa yang ada. Ketiga, Kesucian manhaj Islam membuat Islam begitu mudah diterima, dipahami dan dilaksanakan, apalagi Islam juga memberikan bimbingan kepada umatnya untuk mencintai bangsa dan tanah airnya. Keempat, manhaj Islam mengokohkan persatuan. Dan Kelima, manhaj Islam bersifat sempurna dan menyeluruh.
Kondisi Peradaban Barat
Dengan penggambaran yang sedemikian jelas di atas, akan terasa sangat aneh apabila ada pemimpin di dunia Islam yang masih mau melirik dan merujuk kepada kehidupan masyarakat Barat dengan segala konsepnya yang rancu dalam menata kehidupan masyarakat dan ini bisa dirasakan dan disaksikan dalam kehidupan Barat kontemporer. Barat dengan kemajuan ilmu dan teknologinya ternyata sedang berada di ambang kebangkrutan peradaban. Bahkan, derita kehancuran Barat tidak hanya dirasakan akibatnya oleh orang barat dan mereka yang hidup di negara-negara Barat, tapi juga umat manusia yang hidup di Timur.
Contoh dari kehancuran peradaban Barat ini sangat banyak, meskipun kadangkala masyarakat kita pada umumnya tidak menyadari hal itu. Misalnya, pertama, ketika Barat mendengungkan keamanan dunia, justru mereka yang membangun instabilitas di banyak negara seperti di Timur Tengah. Kedua, ketika mereka memperjuangkan penegakan hak-hak asasi manusia, justru mereka melakukan tindakan yang melanggar hak asasi manusia seperti yang mereka lakukan di Irak. Ketiga, ketika mereka ingin membangun masyarakat yang bermartabat, justru masyarakat mereka sudah tidak memiliki martabat lagi, bahkan martabat yang lebih rendah dari binatang. Tegasnya, masih banyak contoh-contoh nyata dari kehancuran Barat lainnya.
Oleh karena itu, dunia sedang menanti kepemimpinan Islam yang damai, adil dan beradab sebagaimana yang pernah terwujud berabad-abad yang lalu, karenanya pemimpin Islam harus menyadari hal ini sehingga dalam kepemimpinannya mau menjadikan Islam sebagai pedoman dan tuntunan.
Wallahu a’lam
keroncong- KAPTEN
-
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67
Re: tanggungjawab pemimpin
*Delete by Admin
dilarang menampilkan iklan judi*
dilarang menampilkan iklan judi*
tongkosong- BANNED
-
Posts : 3
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 08.10.14
Reputation : 0
Similar topics
» tanggungjawab keluarga
» Tanggungjawab dalam berkeluarga
» bencana dan tanggungjawab sosial kita
» apa bentuk tanggungjawab kaum muslim atas produk negatif islam?
» pemimpin menurut Qur'an
» Tanggungjawab dalam berkeluarga
» bencana dan tanggungjawab sosial kita
» apa bentuk tanggungjawab kaum muslim atas produk negatif islam?
» pemimpin menurut Qur'an
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik