Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Halaman 33 dari 40 • Share
Halaman 33 dari 40 • 1 ... 18 ... 32, 33, 34 ... 36 ... 40
Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
First topic message reminder :
AKU DAN BAPA ADALAH SATU
JUDUL tulisan ini diambil dari Injil Yohanes 10:30 yang berbunyi: “Aku dan Bapa adalah satu”, yang dalam transkripsi teks Gerika berbunyi: egō kai ho patēr hen esmen. Gagasan apakah yang tersirat dalam ayat ini? Frans Donald—sebagaimana dikutip oleh Esra Alfred Soru—mengatakan : “Secara kurang tepat, ayat ini langsung diartikan oleh para teolog Trinitarian bahwa Yesus adalah Allah, pribadi yang sama dengan Bapa… Sesuai dengan konteksnya, kata ‘satu’ dalam Yohanes 10:30 maupun Yohanes 17 bukanlah satu pribadi, melainkan satu visi, satu misi, satu pekerjaan, satu spirit, satu hati, satu pikir, bukan satu sosok atau satu oknum. Seperti halnya sepasang suami-isteri adalah satu tapi tetap dua pribadi yang berbeda” ( dikutip dari: “Yesus Bukan Allah?” [2]; Opini Esra Alfred Soru yang dimuat di Timor Express edisi Selasa, 14 November 2006).
Pendapat Frans Donald sebagaimana dikutip di atas ini disanggah oleh Esra Alfred Soru (selanjutnya saya sapa, Esra). Menurut Esra, Yohanes 10:30 “adalah ayat yang penting dalam mempertimbangkan ketuhanan Yesus. Ayat ini menunjukkan kesatuan hakikat (Yesus) dengan Bapa dan dengan demikian Ia (Yesus) adalah Allah.” Untuk mengukuhkan pendapat ini, Esra menjelaskan kerugma yang tersirat dalam Yohanes 10:31—36 sebagai berikut: “Setelah pernyataan ‘Aku dan Bapa adalah satu’ disampaikan oleh Yesus maka orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus (ayat 31). Mengapa mereka hendak melempari Yesus? Apakah karena Yesus menyatakan bahwa Ia mempunyai kesatuan visi, misi, pekerjaan, spirit, hati, pikir dengan Bapa? Perhatikan ayat 32: ‘Kata Yesus kepada mereka: Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?’ Ayat 33 berkata: ‘Bukan karena satu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah.’ Perhatikan baik-baik bahwa jawaban orang Yahudi dalam ayat 33 tentang alasan mereka mau melempari Yesus bukan karena pekerjaan Yesus/misi Yesus melainkan karena Ia menyamakan diri-Nya dengan Allah. Reaksi ini terjadi segera setelah Yesus menyatakan ‘Aku dan Bapa adalah satu’ (ayat 30). Dengan demikian pastilah ‘satu’ yang dimaksudkan dalam ayat 30 bukanlah satu visi, satu misi, satu pekerjaan, dll., melainkan satu hakikat dengan Allah. Yesus menyatakan bahwa Ia sehakikat dengan Bapa dan itu berarti bahwa Ia juga adalah Allah. Itulah yang membuat berang orang Yahudi. Jadi tafsiran bahwa Yesus sementara menyatakan kesatuan hakikat dengan Bapalah yang selaras dengan reaksi orang Yahudi pada Yesus. Orang Yahudi percaya dan mengerti bahwa dengan kalimat itu Yesus menyatakan dirinya sama dengan Allah. Hal lain yang mendukung tafsiran semacam ini adalah pernyataan Yesus dalam ayat 36: ‘masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya kedalam dunia: ‘Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?’ Yesus juga dianggap menghujat Allah/menyamakan diri dengan Allah karena Ia menyebut diri-Nya Anak Allah. Jadi jelas bahwa keseluruhan konteks ayat tersebut berbicara tentang reaksi terhadap pernyataan Yesus yang mengatakan bahwa Ia sehakikat dengan Bapa. Bandingkan dengan Yohanes 5:17-18: ‘Tetapi Ia berkata kepada mereka: ‘Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga. Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah’. Kalimat yang bergaris di bawah, dalam versi NIV dan NASB berbunyi: ‘making himself equal with God’ (membuat diri-Nya sendiri setara dengan Allah). Lihat juga Yohanes 19:7: ‘Jawab orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: ‘Kami mempunyai hukum dan menurut hukum itu Ia harus mati, sebab Ia menganggap diri-Nya sebagai Anak Allah’ (Catatan: terjemahan sebenarnya ‘Ia menganggap diri-Nya sebagai Anak Allah’ adalah ‘Ia membuat diri-Nya sendiri Anak Allah’).” Berdasarkan keseluruhan penjelasan di atas ini, Esra menggugurkan semua pandangan yang dikemukakan oleh Frans Donald sebagaimana telah dikemukakan pada alinea pertama tulisan ini.
Benarkah pendapat Esra dan salahkah pendapat Frans Donald? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus memperhatikan secara komprehensif kesaksian Injil Yohanes berkenaan dengan topik yang hendak kita pahami. Memperhatikan kesaksian Injil Yohanes secara komprehensif, artinya memperhatikan kesaksian Injil Yohanes secara luas dan lengkap tentang topik yang hendak dipahami. Memperhatikan kesaksian Injil Yohanes secara komprehensif juga berarti, menempatkan diri dengan takzim di dalam berhadapan dengan Injil Yohanes agar kita mampu menerima dengan baik pesan Injil Yohanes berkenaan dengan topik yang hendak kita pahami. Kita harus bergumul untuk menghindari “praktik kaum fundamentalis Kristen, yang menjadikan Alkitab adalah potongan-potongan ayat tertentu yang dipakai secara selektif untuk mendukung ‘ideologi’ mereka” (Eka Darmaputera. “Kebangkitan Agama Dan Keruntuhan Etika” dalam: Meretas Jalan Teologi Agama-Agama di Indonesia. BPK GM Jakarta 2003:64).
Pernyataan Yesus, “Aku dan Bapa adalah satu” (Yohanes 10:30), sesungguhnya memberi petunjuk kepada kita tentang “persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa)”. Persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa) itu digambarkan atau dijelaskan lebih lanjut oleh Yesus dalam ungkapan: “Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa” (Yohanes 10:38). Pernyataan Yesus dalam Yohanes 10:30,38 adalah inti jawaban atau pernyataan Yesus kepada orang-orang Yahudi yang berkata kepada-Nya: “Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.” Jawaban atau pernyataan Yesus dalam Yohanes 10:30,38 yang menggambarkan tentang hubungan timbal-balik yang esensial antara diri-Nya sebagai Anak dengan Bapa (satu-satunya Allah yang benar [17:3] ) itu, memberi petunjuk bahwa “Yesus (Anak) tidak dapat dipandang terpisah atau diceraikan dari Allah (Bapa)”, atau sebaliknya Allah (Bapa) tidak dapat dipandang terpisah atau diceraikan dari Yesus (Anak). Persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik antara kedua oknum (Bapa dan Anak, atau Anak dan Bapa) itu sangat esensial, sangat mendasar.
Sebelum Yohanes 10:30,38, Yesus sudah melukiskan persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara diri-Nya sebagai Anak dengan Allah sebagai Bapa dalam Yohanes 5:17 sebagai berikut: “Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga.” “Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau Ia tidak melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak” (ayat 19). Perhatikan selanjutnya ayat 20-22, dan ayat 23 yang berbunyi: “supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia”. Perhatikan lagi ayat 26: “Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri”. Perhatikan selanjutnya Yohanes 5:27-47. Pelukisan tentang persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa) disaksikan pula dalam Yohanes 8:16: “dan jika Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku”; “Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku”(ayat 18); “Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku” (ayat 19); “Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku” (ayat 42) Perhatikan pula Yohanes 12:44-45: “Barang siapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; dan barang siapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku” (bd. Yohanes 13:20; 14:6-9). “Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, Aku tidak katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku” (Yohanes 14:10-11). “Barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia” (14:21), dan “barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku” (15:23); “Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa (16:28). Dan perhatikan pula pelukisan tentang persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa) dalam Yohanes 17:1-26.
Berdasarkan petunjuk-petunjuk di atas inilah kita harus memahami pernyataan Yesus dalam Yohanes 10:30, “Aku dan Bapa adalah satu”, bukan berarti ‘satu’ yang menunjuk pada “kesatuan hakikat Yesus (Anak) dengan Allah (Bapa) sehingga dengan demikian Ia (Yesus [Anak] ) adalah Allah” seperti tafsiran Esra Alfred Soru; melainkan pernyataan Yesus, “Aku dan Bapa adalah satu” dalam Yohanes 10:30 itu menyatakan tentang “persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa), sama halnya dengan pernyataan Yesus: “Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa” (Yohanes 10:38). Persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa) inilah yang selanjutnya di-simile-kan (ditamsilkan, dipersamakan, diumpamakan, dimisalkan, dicontohkan, diibaratkan) oleh Yesus untuk melukiskan “persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara murid-murid Yesus, dan antara murid-murid Yesus dengan Yesus (Anak) dan Allah (Bapa)”. Perhatikan Yohanes 17:21-23: “supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku (ayat 21); dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu (ayat 22): Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku” (ayat 23).
Perhatikanlah secara cermat frasa/ayat dalam Yohanes 17:21-23, yang diketik dengan huruf tebal di atas ini. Apabila Esra bersikukuh bahwa pernyataan Yesus, “Aku dan Bapa adalah satu” (Yohanes 10:30) menunjukkan “kesatuan hakikat Yesus (Anak) dengan Bapa (Allah) dan dengan demikian Ia (Yesus [Anak] ) adalah Allah”, maka niscaya Yohanes 17:21-23 harus Esra akui pula sebagai pernyataan yang menunjukkan bahwa “mereka (murid-murid Yesus) pun ada dalam kesatuan hakikat dengan Yesus (Anak) dan Bapa (Allah), sehingga dengan demikian mereka (murid-murid Yesus) pun adalah Allah”. Apakah Esra setuju dengan kesimpulan ini? Jikalau Esra setuju, maka tak dapat dipungkiri Esra telah menyiarkan ajaran yang tidak benar. Tetapi jika Esra tidak setuju dengan kesimpulan ini, maka Esra harus segera menyadari bahwa pemahaman dan tafsiran Esra atas Yohanes 10:30, “Aku dan Bapa adalah satu”, menunjukkan “kesatuan hakikat Yesus (Anak) dengan Bapa (Allah) dan dengan demikian Ia (Yesus [Anak] ) adalah Allah”, adalah pemahaman dan tafsiran yang salah!
Mengapa saya katakan tafsiran Esra salah? Jawabnya, karena cara berpikir dan berargumen Esra terperangkap dalam matriks spekulasi “Yesus adalah Allah”; “Yesus adalah Yahweh” (baca: “Yesus bukan Allah?” bagian kelima, Timex, 17-11-2006), sehingga hampir setiap ayat Alkitab ‘diekploitasi’ dan ditafsirkan sedemikian rupa untuk membuktikan bahwa Yesus adalah Allah, atau Yesus adalah Yahweh. Penafsiran dengan cara ‘mengeksploitasi’ ayat-ayat Alkitab untuk membenarkan spekulasi, sama seperti pernyataan Eka Darmaputera, “Bagi fundamentalis Kristen, Alkitab adalah potongan-potongan ayat tertentu yang dipakai secara selektif untuk mendukung ‘ideologi’ mereka”, sebagaimana telah disebutkan di atas. Dalam kasus Esra, pandangan orang-orang Yahudi yang salah terhadap pernyataan Yesus tentang ‘persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa)’, sehingga Yesus dituduh “menghujat Allah” dan “menyamakan diri dengan Allah”, dijadikan sebagai bukti oleh Esra untuk mendukung/membenarkan spekulasi Esra, bahwa Yohanes 10:30”—Aku dan Bapa adalah satu”—menunjukkan bahwa Yesus menyatakan diri-Nya sehakikat dengan Bapa dan itu berarti bahwa Ia (Yesus) juga Allah. Dengan demikian, Esra terjebak di dalam kesalahmengertian orang-orang Yahudi terhadap Yesus. Malahan, kesalahmengertian Esra ternyata melebihi kesalahmengertian orang-orang Yahudi. Kalau orang-orang Yahudi menuduh Yesus menyamakan diri-Nya dengan Allah, atau membuat diri-Nya sama/setara dengan Allah, maka Esra mengatakan Yesus adalah Allah; padahal Yesus sama sekali tidak mengatakan bahwa “Aku adalah Allah”, melainkan Yesus hanya berkata: “Aku Anak Allah” (Yohanes 10:36).
Pengakuan bahwa Yesus adalah sekaligus ilahi dan insani bersifat hakiki. Dalam konteks mana pun kita berada, pengakuan ini tidak dapat dikurangi, baik dari segi ke-ilahi-annya maupun dari segi ke-insani-annya. Namun “penghayatan dan pengakuan yang doketistik, bahwa Yesus adalah sosok Ilahi yang hanya seolah-olah menjadi manusia, atau Yesus adalah Allah [yang kebetulan saja mengambil rupa manusia]” (W. R. F. Browning. Kamus Alkitab. BPK GM Jakarta 2009:83; E. Gerrit Singgih. Baca: Meretas Jalan Teologi Agama-Agama di Indonesia. BPK GM Jakarta 2003:113,114), adalah keliru. Kalau mau ditelusuri secara jujur latar belakang pemikirannya, maka kita harus berkata bahwa penghayatan dan pengakuan seperti itu lahir dari filsafat Heraklitus (540-480 sebelum Masehi) yang bercampur dengan kepercayaan agama kafir, mirip dengan yang dianut orang-orang di Listra (Kisah 14:11).
Lalu, bagaimanakah dengan pemahaman Frans Donald yang mengatakan bahwa kata “satu” dalam pernyataan Yesus yang berbunyi “Aku dan Bapa adalah satu” (Yohanes 10:30) itu menunjuk kepada arti “satu visi, satu misi, satu pekerjaan, satu spirit, satu hati, satu pikiran” ? Esra berkata, “Jika berhenti sampai di sini saja (baca, Yohanes 10:22-30, pen.), maka sepertinya kesimpulan Frans Donald benar...” Saya dapat memahami jalan pikiran Frans Donald, sekalipun pandangannya tentang Yesus tidak diutarakan secara komprehensif. Banyak gagasan dalam Injil Yohanes (mulai dari Yohanes pasal 5 sampai 17) yang dapat dikutip untuk menunjang pendapat Frans Donald, karena itu pendapat Frans Donald lebih benar jika dibandingkan dengan pendapat Esra. Namun, “satu visi, satu misi, satu pekerjaan, satu spirit, satu hati, satu pikiran” yang dikemukakan oleh Frans Donald itu semestinya dipautkan dan dibicarakan di dalam pemahaman akan “persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa)” dalam kerangka “karya penyelamatan” yang universal.
http://blogbianglala.blogspot.com/2011/10/aku-dan-bapa-adalah-satu.html
AKU DAN BAPA ADALAH SATU
JUDUL tulisan ini diambil dari Injil Yohanes 10:30 yang berbunyi: “Aku dan Bapa adalah satu”, yang dalam transkripsi teks Gerika berbunyi: egō kai ho patēr hen esmen. Gagasan apakah yang tersirat dalam ayat ini? Frans Donald—sebagaimana dikutip oleh Esra Alfred Soru—mengatakan : “Secara kurang tepat, ayat ini langsung diartikan oleh para teolog Trinitarian bahwa Yesus adalah Allah, pribadi yang sama dengan Bapa… Sesuai dengan konteksnya, kata ‘satu’ dalam Yohanes 10:30 maupun Yohanes 17 bukanlah satu pribadi, melainkan satu visi, satu misi, satu pekerjaan, satu spirit, satu hati, satu pikir, bukan satu sosok atau satu oknum. Seperti halnya sepasang suami-isteri adalah satu tapi tetap dua pribadi yang berbeda” ( dikutip dari: “Yesus Bukan Allah?” [2]; Opini Esra Alfred Soru yang dimuat di Timor Express edisi Selasa, 14 November 2006).
Pendapat Frans Donald sebagaimana dikutip di atas ini disanggah oleh Esra Alfred Soru (selanjutnya saya sapa, Esra). Menurut Esra, Yohanes 10:30 “adalah ayat yang penting dalam mempertimbangkan ketuhanan Yesus. Ayat ini menunjukkan kesatuan hakikat (Yesus) dengan Bapa dan dengan demikian Ia (Yesus) adalah Allah.” Untuk mengukuhkan pendapat ini, Esra menjelaskan kerugma yang tersirat dalam Yohanes 10:31—36 sebagai berikut: “Setelah pernyataan ‘Aku dan Bapa adalah satu’ disampaikan oleh Yesus maka orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus (ayat 31). Mengapa mereka hendak melempari Yesus? Apakah karena Yesus menyatakan bahwa Ia mempunyai kesatuan visi, misi, pekerjaan, spirit, hati, pikir dengan Bapa? Perhatikan ayat 32: ‘Kata Yesus kepada mereka: Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?’ Ayat 33 berkata: ‘Bukan karena satu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah.’ Perhatikan baik-baik bahwa jawaban orang Yahudi dalam ayat 33 tentang alasan mereka mau melempari Yesus bukan karena pekerjaan Yesus/misi Yesus melainkan karena Ia menyamakan diri-Nya dengan Allah. Reaksi ini terjadi segera setelah Yesus menyatakan ‘Aku dan Bapa adalah satu’ (ayat 30). Dengan demikian pastilah ‘satu’ yang dimaksudkan dalam ayat 30 bukanlah satu visi, satu misi, satu pekerjaan, dll., melainkan satu hakikat dengan Allah. Yesus menyatakan bahwa Ia sehakikat dengan Bapa dan itu berarti bahwa Ia juga adalah Allah. Itulah yang membuat berang orang Yahudi. Jadi tafsiran bahwa Yesus sementara menyatakan kesatuan hakikat dengan Bapalah yang selaras dengan reaksi orang Yahudi pada Yesus. Orang Yahudi percaya dan mengerti bahwa dengan kalimat itu Yesus menyatakan dirinya sama dengan Allah. Hal lain yang mendukung tafsiran semacam ini adalah pernyataan Yesus dalam ayat 36: ‘masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya kedalam dunia: ‘Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?’ Yesus juga dianggap menghujat Allah/menyamakan diri dengan Allah karena Ia menyebut diri-Nya Anak Allah. Jadi jelas bahwa keseluruhan konteks ayat tersebut berbicara tentang reaksi terhadap pernyataan Yesus yang mengatakan bahwa Ia sehakikat dengan Bapa. Bandingkan dengan Yohanes 5:17-18: ‘Tetapi Ia berkata kepada mereka: ‘Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga. Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah’. Kalimat yang bergaris di bawah, dalam versi NIV dan NASB berbunyi: ‘making himself equal with God’ (membuat diri-Nya sendiri setara dengan Allah). Lihat juga Yohanes 19:7: ‘Jawab orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: ‘Kami mempunyai hukum dan menurut hukum itu Ia harus mati, sebab Ia menganggap diri-Nya sebagai Anak Allah’ (Catatan: terjemahan sebenarnya ‘Ia menganggap diri-Nya sebagai Anak Allah’ adalah ‘Ia membuat diri-Nya sendiri Anak Allah’).” Berdasarkan keseluruhan penjelasan di atas ini, Esra menggugurkan semua pandangan yang dikemukakan oleh Frans Donald sebagaimana telah dikemukakan pada alinea pertama tulisan ini.
Benarkah pendapat Esra dan salahkah pendapat Frans Donald? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus memperhatikan secara komprehensif kesaksian Injil Yohanes berkenaan dengan topik yang hendak kita pahami. Memperhatikan kesaksian Injil Yohanes secara komprehensif, artinya memperhatikan kesaksian Injil Yohanes secara luas dan lengkap tentang topik yang hendak dipahami. Memperhatikan kesaksian Injil Yohanes secara komprehensif juga berarti, menempatkan diri dengan takzim di dalam berhadapan dengan Injil Yohanes agar kita mampu menerima dengan baik pesan Injil Yohanes berkenaan dengan topik yang hendak kita pahami. Kita harus bergumul untuk menghindari “praktik kaum fundamentalis Kristen, yang menjadikan Alkitab adalah potongan-potongan ayat tertentu yang dipakai secara selektif untuk mendukung ‘ideologi’ mereka” (Eka Darmaputera. “Kebangkitan Agama Dan Keruntuhan Etika” dalam: Meretas Jalan Teologi Agama-Agama di Indonesia. BPK GM Jakarta 2003:64).
Pernyataan Yesus, “Aku dan Bapa adalah satu” (Yohanes 10:30), sesungguhnya memberi petunjuk kepada kita tentang “persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa)”. Persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa) itu digambarkan atau dijelaskan lebih lanjut oleh Yesus dalam ungkapan: “Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa” (Yohanes 10:38). Pernyataan Yesus dalam Yohanes 10:30,38 adalah inti jawaban atau pernyataan Yesus kepada orang-orang Yahudi yang berkata kepada-Nya: “Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.” Jawaban atau pernyataan Yesus dalam Yohanes 10:30,38 yang menggambarkan tentang hubungan timbal-balik yang esensial antara diri-Nya sebagai Anak dengan Bapa (satu-satunya Allah yang benar [17:3] ) itu, memberi petunjuk bahwa “Yesus (Anak) tidak dapat dipandang terpisah atau diceraikan dari Allah (Bapa)”, atau sebaliknya Allah (Bapa) tidak dapat dipandang terpisah atau diceraikan dari Yesus (Anak). Persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik antara kedua oknum (Bapa dan Anak, atau Anak dan Bapa) itu sangat esensial, sangat mendasar.
Sebelum Yohanes 10:30,38, Yesus sudah melukiskan persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara diri-Nya sebagai Anak dengan Allah sebagai Bapa dalam Yohanes 5:17 sebagai berikut: “Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga.” “Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau Ia tidak melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak” (ayat 19). Perhatikan selanjutnya ayat 20-22, dan ayat 23 yang berbunyi: “supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia”. Perhatikan lagi ayat 26: “Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri”. Perhatikan selanjutnya Yohanes 5:27-47. Pelukisan tentang persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa) disaksikan pula dalam Yohanes 8:16: “dan jika Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku”; “Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku”(ayat 18); “Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku” (ayat 19); “Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku” (ayat 42) Perhatikan pula Yohanes 12:44-45: “Barang siapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; dan barang siapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku” (bd. Yohanes 13:20; 14:6-9). “Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, Aku tidak katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku” (Yohanes 14:10-11). “Barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia” (14:21), dan “barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku” (15:23); “Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa (16:28). Dan perhatikan pula pelukisan tentang persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa) dalam Yohanes 17:1-26.
Berdasarkan petunjuk-petunjuk di atas inilah kita harus memahami pernyataan Yesus dalam Yohanes 10:30, “Aku dan Bapa adalah satu”, bukan berarti ‘satu’ yang menunjuk pada “kesatuan hakikat Yesus (Anak) dengan Allah (Bapa) sehingga dengan demikian Ia (Yesus [Anak] ) adalah Allah” seperti tafsiran Esra Alfred Soru; melainkan pernyataan Yesus, “Aku dan Bapa adalah satu” dalam Yohanes 10:30 itu menyatakan tentang “persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa), sama halnya dengan pernyataan Yesus: “Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa” (Yohanes 10:38). Persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa) inilah yang selanjutnya di-simile-kan (ditamsilkan, dipersamakan, diumpamakan, dimisalkan, dicontohkan, diibaratkan) oleh Yesus untuk melukiskan “persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara murid-murid Yesus, dan antara murid-murid Yesus dengan Yesus (Anak) dan Allah (Bapa)”. Perhatikan Yohanes 17:21-23: “supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku (ayat 21); dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu (ayat 22): Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku” (ayat 23).
Perhatikanlah secara cermat frasa/ayat dalam Yohanes 17:21-23, yang diketik dengan huruf tebal di atas ini. Apabila Esra bersikukuh bahwa pernyataan Yesus, “Aku dan Bapa adalah satu” (Yohanes 10:30) menunjukkan “kesatuan hakikat Yesus (Anak) dengan Bapa (Allah) dan dengan demikian Ia (Yesus [Anak] ) adalah Allah”, maka niscaya Yohanes 17:21-23 harus Esra akui pula sebagai pernyataan yang menunjukkan bahwa “mereka (murid-murid Yesus) pun ada dalam kesatuan hakikat dengan Yesus (Anak) dan Bapa (Allah), sehingga dengan demikian mereka (murid-murid Yesus) pun adalah Allah”. Apakah Esra setuju dengan kesimpulan ini? Jikalau Esra setuju, maka tak dapat dipungkiri Esra telah menyiarkan ajaran yang tidak benar. Tetapi jika Esra tidak setuju dengan kesimpulan ini, maka Esra harus segera menyadari bahwa pemahaman dan tafsiran Esra atas Yohanes 10:30, “Aku dan Bapa adalah satu”, menunjukkan “kesatuan hakikat Yesus (Anak) dengan Bapa (Allah) dan dengan demikian Ia (Yesus [Anak] ) adalah Allah”, adalah pemahaman dan tafsiran yang salah!
Mengapa saya katakan tafsiran Esra salah? Jawabnya, karena cara berpikir dan berargumen Esra terperangkap dalam matriks spekulasi “Yesus adalah Allah”; “Yesus adalah Yahweh” (baca: “Yesus bukan Allah?” bagian kelima, Timex, 17-11-2006), sehingga hampir setiap ayat Alkitab ‘diekploitasi’ dan ditafsirkan sedemikian rupa untuk membuktikan bahwa Yesus adalah Allah, atau Yesus adalah Yahweh. Penafsiran dengan cara ‘mengeksploitasi’ ayat-ayat Alkitab untuk membenarkan spekulasi, sama seperti pernyataan Eka Darmaputera, “Bagi fundamentalis Kristen, Alkitab adalah potongan-potongan ayat tertentu yang dipakai secara selektif untuk mendukung ‘ideologi’ mereka”, sebagaimana telah disebutkan di atas. Dalam kasus Esra, pandangan orang-orang Yahudi yang salah terhadap pernyataan Yesus tentang ‘persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa)’, sehingga Yesus dituduh “menghujat Allah” dan “menyamakan diri dengan Allah”, dijadikan sebagai bukti oleh Esra untuk mendukung/membenarkan spekulasi Esra, bahwa Yohanes 10:30”—Aku dan Bapa adalah satu”—menunjukkan bahwa Yesus menyatakan diri-Nya sehakikat dengan Bapa dan itu berarti bahwa Ia (Yesus) juga Allah. Dengan demikian, Esra terjebak di dalam kesalahmengertian orang-orang Yahudi terhadap Yesus. Malahan, kesalahmengertian Esra ternyata melebihi kesalahmengertian orang-orang Yahudi. Kalau orang-orang Yahudi menuduh Yesus menyamakan diri-Nya dengan Allah, atau membuat diri-Nya sama/setara dengan Allah, maka Esra mengatakan Yesus adalah Allah; padahal Yesus sama sekali tidak mengatakan bahwa “Aku adalah Allah”, melainkan Yesus hanya berkata: “Aku Anak Allah” (Yohanes 10:36).
Pengakuan bahwa Yesus adalah sekaligus ilahi dan insani bersifat hakiki. Dalam konteks mana pun kita berada, pengakuan ini tidak dapat dikurangi, baik dari segi ke-ilahi-annya maupun dari segi ke-insani-annya. Namun “penghayatan dan pengakuan yang doketistik, bahwa Yesus adalah sosok Ilahi yang hanya seolah-olah menjadi manusia, atau Yesus adalah Allah [yang kebetulan saja mengambil rupa manusia]” (W. R. F. Browning. Kamus Alkitab. BPK GM Jakarta 2009:83; E. Gerrit Singgih. Baca: Meretas Jalan Teologi Agama-Agama di Indonesia. BPK GM Jakarta 2003:113,114), adalah keliru. Kalau mau ditelusuri secara jujur latar belakang pemikirannya, maka kita harus berkata bahwa penghayatan dan pengakuan seperti itu lahir dari filsafat Heraklitus (540-480 sebelum Masehi) yang bercampur dengan kepercayaan agama kafir, mirip dengan yang dianut orang-orang di Listra (Kisah 14:11).
Lalu, bagaimanakah dengan pemahaman Frans Donald yang mengatakan bahwa kata “satu” dalam pernyataan Yesus yang berbunyi “Aku dan Bapa adalah satu” (Yohanes 10:30) itu menunjuk kepada arti “satu visi, satu misi, satu pekerjaan, satu spirit, satu hati, satu pikiran” ? Esra berkata, “Jika berhenti sampai di sini saja (baca, Yohanes 10:22-30, pen.), maka sepertinya kesimpulan Frans Donald benar...” Saya dapat memahami jalan pikiran Frans Donald, sekalipun pandangannya tentang Yesus tidak diutarakan secara komprehensif. Banyak gagasan dalam Injil Yohanes (mulai dari Yohanes pasal 5 sampai 17) yang dapat dikutip untuk menunjang pendapat Frans Donald, karena itu pendapat Frans Donald lebih benar jika dibandingkan dengan pendapat Esra. Namun, “satu visi, satu misi, satu pekerjaan, satu spirit, satu hati, satu pikiran” yang dikemukakan oleh Frans Donald itu semestinya dipautkan dan dibicarakan di dalam pemahaman akan “persatuan dan kesatuan hubungan timbal-balik yang esensial antara Yesus (Anak) dan Allah (Bapa)” dalam kerangka “karya penyelamatan” yang universal.
http://blogbianglala.blogspot.com/2011/10/aku-dan-bapa-adalah-satu.html
Mutiara- KAPTEN
-
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45
YADAH- LETNAN DUA
-
Age : 27
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Mentok lageeee....nyungsep lageee .....
cherish- LETNAN SATU
-
Age : 24
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
pernyataan/declare sebagai Tuhan #790
a.l. Wahyu 1:8 Aku adalah Alfa dan Omega, ...
a.l. Wahyu 1:8 Aku adalah Alfa dan Omega, ...
YADAH- LETNAN DUA
-
Age : 27
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Cuma ngaku2 aja, kalo memang merasa dirinya tuhan, bisa ga bicara lebih tegas kayak yang ada di PL.
cherish- LETNAN SATU
-
Age : 24
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
kan, gak gila hormat
YADAH- LETNAN DUA
-
Age : 27
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Emangnya tuhan yang di PL gila hormat, ya.....???
cherish- LETNAN SATU
-
Age : 24
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Tuhan tidak gila hormat
YADAH- LETNAN DUA
-
Age : 27
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Tuhan yang bener ga bisa dihina dan dibunuh oleh ciptaannya.
cherish- LETNAN SATU
-
Age : 24
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
krn Tuhan gk gila hormat, wajar dihina oleh iblis/pengikut iblis
masuk ke alam maut & mengalahkan alam maut, sdh dibuktikan
masuk ke alam maut & mengalahkan alam maut, sdh dibuktikan
YADAH- LETNAN DUA
-
Age : 27
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Tuhan yang bisa dihina dan dibunuh, koq alasannya ga gila hormat....yang tepat tuhan loe letoy, coy...ga pantas jadi tuhan.
Wong memang ga mati, koq...
Gimana mengalahkan maut, sama romawi aja keok !!!
Wong memang ga mati, koq...
Gimana mengalahkan maut, sama romawi aja keok !!!
cherish- LETNAN SATU
-
Age : 24
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
- lha krn gk gila hormat, Tuhan rela merendahkan diri, dihina dsbg
gk mati ??, padahal ente sendiri ngomon : Tuhan yang bisa dihina dan dibunuh
bangkit dari kematian, mengalahkan alam maut
gk mati ??, padahal ente sendiri ngomon : Tuhan yang bisa dihina dan dibunuh
bangkit dari kematian, mengalahkan alam maut
YADAH- LETNAN DUA
-
Age : 27
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Tuhan loe melow banget, coy.....ga pantes jadi tuhan.
Wong jadi komandan hansip aja harus tegas, mosok tuhan letoy kayak gitu.
Yang menganggap tuhan bisa dihina dan dibunuh kan loe, coy...
gue ga pernah beranggapan kayak loe.
Bukan mengalahkan alam maut, tapi memang masih hidup.
Wong jadi komandan hansip aja harus tegas, mosok tuhan letoy kayak gitu.
Yang menganggap tuhan bisa dihina dan dibunuh kan loe, coy...
gue ga pernah beranggapan kayak loe.
Bukan mengalahkan alam maut, tapi memang masih hidup.
cherish- LETNAN SATU
-
Age : 24
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
gk gila sembah kyk ilahmu, tidak ada persoalan Tuhan merendahkan diriNya sebagai teladan bagi pengikutNya
mengalahkan alam maut
mengalahkan alam maut
YADAH- LETNAN DUA
-
Age : 27
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Tuhan koq merendahkan diri, tuhan apaan tuh..!!
Hanya kaum yang bebal yang mau menyembah tuhan yang letoy.
Tuhan yang ga bisa menyelamatkan dirinya sendiri, koq malah dibilang juru selamat..#tepok jidat.
Ga mampu kalahkan para pendeta yahudi, apalagi romawi...tapi ngaku2 ngalahin alam maut.
Hanya kaum yang bebal yang mau menyembah tuhan yang letoy.
Tuhan yang ga bisa menyelamatkan dirinya sendiri, koq malah dibilang juru selamat..#tepok jidat.
Ga mampu kalahkan para pendeta yahudi, apalagi romawi...tapi ngaku2 ngalahin alam maut.
cherish- LETNAN SATU
-
Age : 24
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Tuhan memberikan teladan & menyelamatkan umat manusia dari dosa, terlepas ente gk mengimani
udah mengalahkan maut melalui kebangkitan
udah mengalahkan maut melalui kebangkitan
YADAH- LETNAN DUA
-
Age : 27
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
quote
Tuhan koq merendahkan diri, tuhan apaan tuh..!!
Hanya kaum yang bebal yang mau menyembah tuhan yang letoy.
Tuhan yang ga bisa menyelamatkan dirinya sendiri, koq malah dibilang juru selamat..#tepok jidat.
Ga mampu kalahkan para pendeta yahudi, apalagi romawi...tapi ngaku2 ngalahin alam maut.
tanggapan
saya tetap akan menyembah Keilahian Tuhan Yesus sampai kapanpun, sekalipun orang-orang Islam menghina saya juga sekalipun orang-orang Islam menghina Tuhan Yesus, Namun saya tetap mengagumi Nabi Muhammad, juga (Alloh SWT yang disembah oleh umat Islam), juga saya tetap tidak akan menghina Alloh SWT juga Nabi Muhammad yang adalah junjungan umat Islam.
Kristus Yesus adalah Juruselamat Dunia dari dosa kutuk bukan dari dosa perbuatan, karena itulah Kristus Yesus mati dan bangkit seperti yang pernah di-Firman kan oleh Kristus sendiri. dan justru kalau Kristus selamat dari salib maka Kristus tidak akan pernah menjadi Juruselamat Dunia.
tapi masalah orang percaya atau tidak, saya serahkan pada hati masing-masing.
Luk 9:22 Dan Yesus berkata: "Anak Manusia† harus menanggung banyak penderitaan† dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat,† lalu dibunuh† dan dibangkitkan† pada hari ketiga."†
ibrani 1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia."
Yoh 4:42 dan mereka berkata kepada perempuan itu: "Kami percaya, tetapi bukan lagi karena apa yang kaukatakan, sebab kami sendiri telah mendengar Dia dan kami tahu, bahwa Dialah benar-benar Juruselamat dunia."†
Kristus adalah Juruselamat Dunia dari ikatan dosa kutuk terbesar, namun bukan atas dosa perbuatan. Karena manusia akan dituntut pertanggungjawabanya dihari penghakiman nanti, termasuk orang-orang Kristen sendiri.
Why 20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil,† berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka† semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan.† Dan orang-orang mati dihakimi† menurut perbuatan† mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
kepada orang-orang Non-Kristen yang hatinya percaya bahwa Kristus adalah Juruselamat Dunia, maka orang-orang tersebut tidak harus jadi Kristen.
fungsi penebusan Kristus atas dosa kutuk seluruh manusia didunia adalah memasukan mereka-mereka (baik Kristen ataupun Non-Kristen) Yang hatinya percaya juga yang sudah bisa mempertanggungjawabkan aklaknya terhadap Tuhan dan makluk-Nya tanpa harus memasuki neraka dulu.
Tuhan koq merendahkan diri, tuhan apaan tuh..!!
Hanya kaum yang bebal yang mau menyembah tuhan yang letoy.
Tuhan yang ga bisa menyelamatkan dirinya sendiri, koq malah dibilang juru selamat..#tepok jidat.
Ga mampu kalahkan para pendeta yahudi, apalagi romawi...tapi ngaku2 ngalahin alam maut.
tanggapan
saya tetap akan menyembah Keilahian Tuhan Yesus sampai kapanpun, sekalipun orang-orang Islam menghina saya juga sekalipun orang-orang Islam menghina Tuhan Yesus, Namun saya tetap mengagumi Nabi Muhammad, juga (Alloh SWT yang disembah oleh umat Islam), juga saya tetap tidak akan menghina Alloh SWT juga Nabi Muhammad yang adalah junjungan umat Islam.
Kristus Yesus adalah Juruselamat Dunia dari dosa kutuk bukan dari dosa perbuatan, karena itulah Kristus Yesus mati dan bangkit seperti yang pernah di-Firman kan oleh Kristus sendiri. dan justru kalau Kristus selamat dari salib maka Kristus tidak akan pernah menjadi Juruselamat Dunia.
tapi masalah orang percaya atau tidak, saya serahkan pada hati masing-masing.
Luk 9:22 Dan Yesus berkata: "Anak Manusia† harus menanggung banyak penderitaan† dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat,† lalu dibunuh† dan dibangkitkan† pada hari ketiga."†
ibrani 1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia."
Yoh 4:42 dan mereka berkata kepada perempuan itu: "Kami percaya, tetapi bukan lagi karena apa yang kaukatakan, sebab kami sendiri telah mendengar Dia dan kami tahu, bahwa Dialah benar-benar Juruselamat dunia."†
Kristus adalah Juruselamat Dunia dari ikatan dosa kutuk terbesar, namun bukan atas dosa perbuatan. Karena manusia akan dituntut pertanggungjawabanya dihari penghakiman nanti, termasuk orang-orang Kristen sendiri.
Why 20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil,† berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka† semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan.† Dan orang-orang mati dihakimi† menurut perbuatan† mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
kepada orang-orang Non-Kristen yang hatinya percaya bahwa Kristus adalah Juruselamat Dunia, maka orang-orang tersebut tidak harus jadi Kristen.
fungsi penebusan Kristus atas dosa kutuk seluruh manusia didunia adalah memasukan mereka-mereka (baik Kristen ataupun Non-Kristen) Yang hatinya percaya juga yang sudah bisa mempertanggungjawabkan aklaknya terhadap Tuhan dan makluk-Nya tanpa harus memasuki neraka dulu.
njlajahweb- BANNED
-
Posts : 39612
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 119
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Bisa melalui utusannya (nabi/rasul) ga harus merendahkan dirlNya.YADAH wrote:Tuhan memberikan teladan & menyelamatkan umat manusia dari dosa, terlepas ente gk mengimani
udah mengalahkan maut melalui kebangkitan
Tuhan ga butuh manusia, tapi manusia yang membutuhkan Tuhan.
Ga ada kebangkitan, faktanya memang masih hidup/belom wafat.
Kalo loe bilang yesus mati di salib, sama aja loe menganggap yesus telah berdusta.
cherish- LETNAN SATU
-
Age : 24
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Sorry, tulisan saya diatas adalah respon dari tulisan @yadah yang menganggap Tuhan saya adalah tuhan yang sok pamer dan gila hormat.njlajahweb wrote:quote
Tuhan koq merendahkan diri, tuhan apaan tuh..!!
Hanya kaum yang bebal yang mau menyembah tuhan yang letoy.
Tuhan yang ga bisa menyelamatkan dirinya sendiri, koq malah dibilang juru selamat..#tepok jidat.
Ga mampu kalahkan para pendeta yahudi, apalagi romawi...tapi ngaku2 ngalahin alam maut.
tanggapan
saya tetap akan menyembah Keilahian Tuhan Yesus sampai kapanpun, sekalipun orang-orang Islam menghina saya juga sekalipun orang-orang Islam menghina Tuhan Yesus, Namun saya tetap mengagumi Nabi Muhammad, juga (Alloh SWT yang disembah oleh umat Islam), juga saya tetap tidak akan menghina Alloh SWT juga Nabi Muhammad yang adalah junjungan umat Islam.
Kristus Yesus adalah Juruselamat Dunia dari dosa kutuk bukan dari dosa perbuatan, karena itulah Kristus Yesus mati dan bangkit seperti yang pernah di-Firman kan oleh Kristus sendiri. dan justru kalau Kristus selamat dari salib maka Kristus tidak akan pernah menjadi Juruselamat Dunia.
tapi masalah orang percaya atau tidak, saya serahkan pada hati masing-masing.
Luk 9:22 Dan Yesus berkata: "Anak Manusia† harus menanggung banyak penderitaan† dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat,† lalu dibunuh† dan dibangkitkan† pada hari ketiga."†
ibrani 1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia."
Yoh 4:42 dan mereka berkata kepada perempuan itu: "Kami percaya, tetapi bukan lagi karena apa yang kaukatakan, sebab kami sendiri telah mendengar Dia dan kami tahu, bahwa Dialah benar-benar Juruselamat dunia."†
Kristus adalah Juruselamat Dunia dari ikatan dosa kutuk terbesar, namun bukan atas dosa perbuatan. Karena manusia akan dituntut pertanggungjawabanya dihari penghakiman nanti, termasuk orang-orang Kristen sendiri.
Why 20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil,† berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka† semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan.† Dan orang-orang mati dihakimi† menurut perbuatan† mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
kepada orang-orang Non-Kristen yang hatinya percaya bahwa Kristus adalah Juruselamat Dunia, maka orang-orang tersebut tidak harus jadi Kristen.
fungsi penebusan Kristus atas dosa kutuk seluruh manusia didunia adalah memasukan mereka-mereka (baik Kristen ataupun Non-Kristen) Yang hatinya percaya juga yang sudah bisa mempertanggungjawabkan aklaknya terhadap Tuhan dan makluk-Nya tanpa harus memasuki neraka dulu.
Kalo memang benar penyaliban adalah sebagai upaya penebusan dosa....kenapa harus dilakukan yesus dengan terpaksa dan tidak dengan suka rela. Apakah penebusan dosa harus dilakukan dengan cara memaksa yesus untuk mati di tiang salib ???
cherish- LETNAN SATU
-
Age : 24
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
cherish wrote:Bisa melalui utusannya (nabi/rasul) ga harus merendahkan dirlNya.YADAH wrote:Tuhan memberikan teladan & menyelamatkan umat manusia dari dosa, terlepas ente gk mengimani
udah mengalahkan maut melalui kebangkitan
Tuhan ga butuh manusia, tapi manusia yang membutuhkan Tuhan.
Ga ada kebangkitan, faktanya memang masih hidup/belom wafat.
Kalo loe bilang yesus mati di salib, sama aja loe menganggap yesus telah berdusta.
manusia bisa apalgi Tuhan
manusia dijadikan mitra Allah, klo gak buat apa Tuhan menciptakan manusia
Yesus Kristus sendiri yg mengatakan : Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga." (Luk. 9:22)
manusia dijadikan mitra Allah, klo gak buat apa Tuhan menciptakan manusia
Yesus Kristus sendiri yg mengatakan : Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga." (Luk. 9:22)
YADAH- LETNAN DUA
-
Age : 27
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
@Kang Cheris...
quote
Sorry, tulisan saya diatas adalah respon dari tulisan @yadah yang menganggap Tuhan saya adalah tuhan yang sok pamer dan gila hormat.
tanggapan
oh begitu ...it's ok...
---
quote
Kalo memang benar penyaliban adalah sebagai upaya penebusan dosa....
kenapa harus dilakukan yesus dengan terpaksa dan tidak dengan suka rela.
Apakah penebusan dosa harus dilakukan dengan cara memaksa yesus untuk mati di tiang salib ???
tanggapan
pada mulanya memang Kristus terpaksa namun pada akhirnya tidaklah demikian
penebusan dosa oleh Kristus terhitung sebagai tidak ada keterpaksaan lagi, karena pada akhirnya Kristus menyerahkanya pada Kehendak Bapa.
quote
Sorry, tulisan saya diatas adalah respon dari tulisan @yadah yang menganggap Tuhan saya adalah tuhan yang sok pamer dan gila hormat.
tanggapan
oh begitu ...it's ok...
---
quote
Kalo memang benar penyaliban adalah sebagai upaya penebusan dosa....
kenapa harus dilakukan yesus dengan terpaksa dan tidak dengan suka rela.
Apakah penebusan dosa harus dilakukan dengan cara memaksa yesus untuk mati di tiang salib ???
tanggapan
pada mulanya memang Kristus terpaksa namun pada akhirnya tidaklah demikian
penebusan dosa oleh Kristus terhitung sebagai tidak ada keterpaksaan lagi, karena pada akhirnya Kristus menyerahkanya pada Kehendak Bapa.
njlajahweb- BANNED
-
Posts : 39612
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 119
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Makanya....kalo hanya untuk mengajar manusia, Tuhan bisa mengirimkan utusan ga perlu merendahkan diriNya. Wong tuhan ga butuh manusia, koq. Ngapain tuhan ngemis2 kepada manusia.YADAH wrote:cherish wrote:Bisa melalui utusannya (nabi/rasul) ga harus merendahkan dirlNya.YADAH wrote:Tuhan memberikan teladan & menyelamatkan umat manusia dari dosa, terlepas ente gk mengimani
udah mengalahkan maut melalui kebangkitan
Tuhan ga butuh manusia, tapi manusia yang membutuhkan Tuhan.
Ga ada kebangkitan, faktanya memang masih hidup/belom wafat.
Kalo loe bilang yesus mati di salib, sama aja loe menganggap yesus telah berdusta.manusia bisa apalgi Tuhan
manusia dijadikan mitra Allah, klo gak buat apa Tuhan menciptakan manusia
Yesus Kristus sendiri yg mengatakan : Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga." (Luk. 9:22)
Yesus memang banyak menanggung penderitaan dan ada upaya untuk membunuhnya. Tapi Tuhan menyelamatkan nya dari upaya pembunuhan tsb. Karena kalo yesus sampai mati di kayu salib, maka yesus akan menjadi manusia terkutuk.
Jadi yesus tidak pernah mati di kayu salib.
cherish- LETNAN SATU
-
Age : 24
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
sekilas info...
Gal 3:10 Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat,† berada di bawah kutuk.† Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat."†
Gal 3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat† dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"†
*karena menggantikan manusia seluruh dunia, memang Kristus harus menjadi manusia terkutuk untuk menjadi Juruselamat Dunia, tapi kutuk terhadap Kristus itu, tidak selamanya berkuasa atas Kristus, karena nanti Kristus akan menghakimi manusia.
Mat 25:33 dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya.
Gal 3:10 Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat,† berada di bawah kutuk.† Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat."†
Gal 3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat† dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"†
*karena menggantikan manusia seluruh dunia, memang Kristus harus menjadi manusia terkutuk untuk menjadi Juruselamat Dunia, tapi kutuk terhadap Kristus itu, tidak selamanya berkuasa atas Kristus, karena nanti Kristus akan menghakimi manusia.
Mat 25:33 dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya.
njlajahweb- BANNED
-
Posts : 39612
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 119
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
justeru lebih mulia Tuhan ngajari langsung, so manusia diciptakan utk menjadi mitra Allah, klo gk buat apa ente diciptakan ?cherish wrote:Makanya....kalo hanya untuk mengajar manusia, Tuhan bisa mengirimkan utusan ga perlu merendahkan diriNya. Wong tuhan ga butuh manusia, koq. Ngapain tuhan ngemis2 kepada manusia.
Yesus memang banyak menanggung penderitaan dan ada upaya untuk membunuhnya. Tapi Tuhan menyelamatkan nya dari upaya pembunuhan tsb. Karena kalo yesus sampai mati di kayu salib, maka yesus akan menjadi manusia terkutuk.
Jadi yesus tidak pernah mati di kayu salib.
mati & bangkit, saya maklumi anda baca ceplosan gk jelas dikitab sucimu
YADAH- LETNAN DUA
-
Age : 27
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Manusia yang berbuat dosa tapi yesus yang dipaksa sebagai tumbal..njlajahweb wrote:sekilas info...
Gal 3:10 Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat,† berada di bawah kutuk.† Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat."†
Gal 3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat† dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"†
*karena menggantikan manusia seluruh dunia, memang Kristus harus menjadi manusia terkutuk untuk menjadi Juruselamat Dunia, tapi kutuk terhadap Kristus itu, tidak selamanya berkuasa atas Kristus, karena nanti Kristus akan menghakimi manusia.
Mat 25:33 dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya.
“Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya” (Yehezkiel 18:20).
cherish- LETNAN SATU
-
Age : 24
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14
Re: Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu.
Jadi menurut loe kemuliaan tuhan akan berkurang kalo ga mengajari manusia secara langsung, gitu ???YADAH wrote:justeru lebih mulia Tuhan ngajari langsung, so manusia diciptakan utk menjadi mitra Allah, klo gk buat apa ente diciptakan ?cherish wrote:Makanya....kalo hanya untuk mengajar manusia, Tuhan bisa mengirimkan utusan ga perlu merendahkan diriNya. Wong tuhan ga butuh manusia, koq. Ngapain tuhan ngemis2 kepada manusia.
Yesus memang banyak menanggung penderitaan dan ada upaya untuk membunuhnya. Tapi Tuhan menyelamatkan nya dari upaya pembunuhan tsb. Karena kalo yesus sampai mati di kayu salib, maka yesus akan menjadi manusia terkutuk.
Jadi yesus tidak pernah mati di kayu salib.
mati & bangkit, saya maklumi anda baca ceplosan gk jelas dikitab sucimu
Faktanya yesus memang ga mati di salib.....dipake otaknya, dogmanya disimpan dulu...
Loe pikir aja kejadian2 pasca penyaliban dan nubuat yesus yang menyamakan dirinya dengan nabi yunus.
cherish- LETNAN SATU
-
Age : 24
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14
Halaman 33 dari 40 • 1 ... 18 ... 32, 33, 34 ... 36 ... 40
Similar topics
» [Jilid 2] Apa MAKNA sebenarnya ayat Aku dan Bapa adalah SATU itu
» Yesus adalah firman, Tuhan & tidak adanya dialog perutusan antara yesus & Bapa Terbantah hanya oleh satu ayat
» Jika Surat An-Nur ayat 2-9 Merupakan Satu Kesatuan, Maka Hukuman Rajam Sampai Mati Kepada Pezina Yang Sudah Menikah Adalah Mitos...
» Mbah Dasiyem, salah satu "penentang" kehendak Bapa
» Yesus menjadi Bapa setelah diberikan kuasa oleh bapa
» Yesus adalah firman, Tuhan & tidak adanya dialog perutusan antara yesus & Bapa Terbantah hanya oleh satu ayat
» Jika Surat An-Nur ayat 2-9 Merupakan Satu Kesatuan, Maka Hukuman Rajam Sampai Mati Kepada Pezina Yang Sudah Menikah Adalah Mitos...
» Mbah Dasiyem, salah satu "penentang" kehendak Bapa
» Yesus menjadi Bapa setelah diberikan kuasa oleh bapa
Halaman 33 dari 40
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik