Hukuman Mati bagi Murtadin..tinjauan Hadits
Halaman 1 dari 1 • Share
Hukuman Mati bagi Murtadin..tinjauan Hadits
Bukhari 2794
Telah bercerita kepada kami 'Ali bin 'Abdullah telah bercerita kepada kami Sufyan dari Ayyub dari 'Ikrimah bahwa 'Ali radliallahu 'anhu membakar suatu kaum lalu berita itu sampai kepada Ibnu 'Abbas maka dia berkata: "Seandainya aku ada, tentu aku tidak akan membakar mereka karena Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda: "Janganlah kalian menyiksa dengan siksaan Allah (dengan api) ". Dan aku hanya akan membunuh mereka sebagaimana Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda: "Siapa yang mengganti agamanya maka bunuhah dia".
Bukhari 6411
Telah menceritakan kepada kami Abu Nu'man Muhammad bin Fadhl telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari Ayyub dari Ikrimah mengatakan, beberapa orang Zindiq diringkus dan dihadapkan kepada Ali radliallahu 'anhu, lalu Ali membakar mereka. Kasus ini terdengar oleh Ibnu Abbas, sehingga ia berujar; 'Kalau aku, aku tak akan membakar mereka karena ada larangan Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam yang bersabda: "Janganlah kalian menyiksa dengan siksaan Allah, " dan aku tetap akan membunuh mereka sesuai sabda Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam: "Siapa yang mengganti agamanya, bunuhlah!"
Perhatikan perawi;
Bukhari 2794
i 'Ali bin 'Abdullah telah bercerita kepada kami Sufyan dari Ayyub dari 'Ikrimah
Bukhari 6411
Abu Nu'man Muhammad bin Fadhl telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari Ayyub dari Ikrimah
Abu Daud 3787
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad bin Hanbal berkata, telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ibrahim berkata, telah mengabarkan kepada kami Ayyub dari Ikrimah bahwa Ali Alaihis salam pernah membakar orang-orang yang murtad dari Islam. Lalu sampailah berita itu kepada Ibnu Abbas hingga ia berkata, "Sungguh, aku tidak akan pernah membakar mereka dengan api. Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian menyiksa dengan siksaan Allah." dan aku memerangi mereka berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa mengganti agamanya, maka bunuhlah ia." Hal itu akhirnya juga sampai kepada Ali Alaihis salam, hingga ia berkata, "Ibnu Abbas benar."
Perawi ;
Ahmad bin Muhammad bin Hanbal berkata, telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ibrahim berkata, telah mengabarkan kepada kami Ayyub dari Ikrimah
Tirmidzi 1378
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Abdah Adl Dlabbi Al Bashri, telah menceritakan kepada kami Abdul Wahhab Ats Tsaqafi telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Ikrimah bahwa Ali pernah membakar sebuah kaum yang murtad dari Islam, hal itu sampai kepada Ibnu Abbas, ia pun berkata; Seandainya itu aku, niscaya aku akan membunuhnya, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: "Barangsiapa yang mengganti agamanya (murtad), maka bunuhlah ia."
Perawi ;
Ahmad bin Abdah Adl Dlabbi Al Bashri, telah menceritakan kepada kami Abdul Wahhab Ats Tsaqafi telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Ikrimah.
An Nasa’I 3991
Telah mengabarkan kepada kami Imran bin Musa, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Abdul Warits, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Ikrimah, ia berkata; Ibnu Abbas berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Siapa yang mengganti agamanya maka bunuhlah."
Perawi ;
Imran bin Musa, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Abdul Warits, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Ikrimah
Sejumlah narasi mirip dapat pula di cek di masing2 kitab hadits diatas.
Generasi pertama diwakili Abdullah ibnu Abbas (wafat 68 H).
Generasi kedua diwakili Ikrimah (wafat 104 H)
Generasi ketiga diwakili Ayyub bin Abi Tamimah Kasyan (wafat 131 H)
Generasi keempat terdiri dari beberapa orang dan inti yang ingin sayah sampaikan adalah perawi awal hanya 3 orang.Dan sayah tidak menemui perawi yang berbeda pada 3 generasi awal selain ketiga nama diatas.
contoh ;
dari fulan dari fulan dari A dari C
dari fulan dari Z dari F dari G
Kronologi ; taruh misal sang Nabi wafat tahun 13 H berarti usia Ibnu Abbas adalah 13 tahun.
Sedangkan hukuman mati adalah peristiwa penting karena menyangkut hidup seseorang.
Logika sayah mengantarkan jika hukuman mati bagi murtadin memang BAKU maka seharusnya ada orang dewasa terutama lingkaran pertama seperti Abu Bakr-Umar dan lainnya termasuk Ali yang menyatakan hal yang samah dengan Ibnu Abbas.
Narasi mursal dari tempat lain....
Imam An Nasa’I 3995
Telah mengabarkan kepada kami Musa bin Abdurrahman, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Bisy, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Sa'id dari Qatadah dari Al Hasan, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: ""Siapa yang mengganti agamanya maka bunuhlah." Abu Abdurrahman berkata; ini lebih benar daripada hadits 'Abbad.
Perawi ;
Musa bin Abdurrahman, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Bisy, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Sa'id dari Qatadah dari Al Hasan,
Al Hasan bin Abi Al Hasan Yasar wafat 110 H.artinyah pada hadits 3995 ini TIDAK ada jalur dari sahabat.darimana al Hasan meriwayatkan hadits ini?al Hasan al Bashri adalah ulama besar tetapi sayah juga menanyakan darimana asal hadits yang diriwayatkan beliow bukan berarti hasan al bashri adalah bersalah dan sayah benar.
Menurut sayah,hukuman mati bagi murtadin tidak dapat dibenarkan menurut al quran meskipun dalam beberapa hal dan penyebab sayah akan menyetujui hukuman mati bagi murtadin.
Kemudian….
At Tirmidzi 1378 memiliki lafal فَقَالَ صَدَقَ ابْنُ عَبَّاسٍ (berkatalah -Ali- :benarlah ibnu abbas)..artinyah Ali setuju.
Abu Daud 3787 memiliki lafal فَقَالَ وَيْحَ ابْنِ عَبَّاسٍ (berkatalah-Ali- ; celakalah ibnu Abbas)..artinyah Ali gak setuju.
Apapun makna dari kedua lafal Ali diatas tetap tidak merubah fakta bahwa pertanyaan :apakah Ali tidak mengetahui larangan membakar manusia?logiskah ketidaktahuan Ali mengingat beliow telah menemani selama 23 tahun perjalanan dakwah sang nabi?
Perbuatan Ali selaku khalifah tentu menyimpang atow keluar dari pendahulunyah seperti Abu Bakr-Umar-Ustman yang tiada membakar manusia tetapi Ali?
Seharusnya,Abu Bakr adalah orang pertama yang membakar dan membunuh murtadin karena di awal pemerintahannyah banyak menghadapi murtadin.Dan Abu Bakr tidak melakukan itu (membakar dan menghukum mati atas MURTAD tetapi pembangkangan terhadap Islam sebagai dasar negara).
Telah bercerita kepada kami 'Ali bin 'Abdullah telah bercerita kepada kami Sufyan dari Ayyub dari 'Ikrimah bahwa 'Ali radliallahu 'anhu membakar suatu kaum lalu berita itu sampai kepada Ibnu 'Abbas maka dia berkata: "Seandainya aku ada, tentu aku tidak akan membakar mereka karena Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda: "Janganlah kalian menyiksa dengan siksaan Allah (dengan api) ". Dan aku hanya akan membunuh mereka sebagaimana Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda: "Siapa yang mengganti agamanya maka bunuhah dia".
Bukhari 6411
Telah menceritakan kepada kami Abu Nu'man Muhammad bin Fadhl telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari Ayyub dari Ikrimah mengatakan, beberapa orang Zindiq diringkus dan dihadapkan kepada Ali radliallahu 'anhu, lalu Ali membakar mereka. Kasus ini terdengar oleh Ibnu Abbas, sehingga ia berujar; 'Kalau aku, aku tak akan membakar mereka karena ada larangan Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam yang bersabda: "Janganlah kalian menyiksa dengan siksaan Allah, " dan aku tetap akan membunuh mereka sesuai sabda Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam: "Siapa yang mengganti agamanya, bunuhlah!"
Perhatikan perawi;
Bukhari 2794
i 'Ali bin 'Abdullah telah bercerita kepada kami Sufyan dari Ayyub dari 'Ikrimah
Bukhari 6411
Abu Nu'man Muhammad bin Fadhl telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari Ayyub dari Ikrimah
Abu Daud 3787
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad bin Hanbal berkata, telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ibrahim berkata, telah mengabarkan kepada kami Ayyub dari Ikrimah bahwa Ali Alaihis salam pernah membakar orang-orang yang murtad dari Islam. Lalu sampailah berita itu kepada Ibnu Abbas hingga ia berkata, "Sungguh, aku tidak akan pernah membakar mereka dengan api. Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian menyiksa dengan siksaan Allah." dan aku memerangi mereka berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa mengganti agamanya, maka bunuhlah ia." Hal itu akhirnya juga sampai kepada Ali Alaihis salam, hingga ia berkata, "Ibnu Abbas benar."
Perawi ;
Ahmad bin Muhammad bin Hanbal berkata, telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ibrahim berkata, telah mengabarkan kepada kami Ayyub dari Ikrimah
Tirmidzi 1378
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Abdah Adl Dlabbi Al Bashri, telah menceritakan kepada kami Abdul Wahhab Ats Tsaqafi telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Ikrimah bahwa Ali pernah membakar sebuah kaum yang murtad dari Islam, hal itu sampai kepada Ibnu Abbas, ia pun berkata; Seandainya itu aku, niscaya aku akan membunuhnya, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: "Barangsiapa yang mengganti agamanya (murtad), maka bunuhlah ia."
Perawi ;
Ahmad bin Abdah Adl Dlabbi Al Bashri, telah menceritakan kepada kami Abdul Wahhab Ats Tsaqafi telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Ikrimah.
An Nasa’I 3991
Telah mengabarkan kepada kami Imran bin Musa, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Abdul Warits, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Ikrimah, ia berkata; Ibnu Abbas berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Siapa yang mengganti agamanya maka bunuhlah."
Perawi ;
Imran bin Musa, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Abdul Warits, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Ikrimah
Sejumlah narasi mirip dapat pula di cek di masing2 kitab hadits diatas.
Generasi pertama diwakili Abdullah ibnu Abbas (wafat 68 H).
Generasi kedua diwakili Ikrimah (wafat 104 H)
Generasi ketiga diwakili Ayyub bin Abi Tamimah Kasyan (wafat 131 H)
Generasi keempat terdiri dari beberapa orang dan inti yang ingin sayah sampaikan adalah perawi awal hanya 3 orang.Dan sayah tidak menemui perawi yang berbeda pada 3 generasi awal selain ketiga nama diatas.
contoh ;
dari fulan dari fulan dari A dari C
dari fulan dari Z dari F dari G
Kronologi ; taruh misal sang Nabi wafat tahun 13 H berarti usia Ibnu Abbas adalah 13 tahun.
Sedangkan hukuman mati adalah peristiwa penting karena menyangkut hidup seseorang.
Logika sayah mengantarkan jika hukuman mati bagi murtadin memang BAKU maka seharusnya ada orang dewasa terutama lingkaran pertama seperti Abu Bakr-Umar dan lainnya termasuk Ali yang menyatakan hal yang samah dengan Ibnu Abbas.
Narasi mursal dari tempat lain....
Imam An Nasa’I 3995
Telah mengabarkan kepada kami Musa bin Abdurrahman, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Bisy, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Sa'id dari Qatadah dari Al Hasan, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: ""Siapa yang mengganti agamanya maka bunuhlah." Abu Abdurrahman berkata; ini lebih benar daripada hadits 'Abbad.
Perawi ;
Musa bin Abdurrahman, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Bisy, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Sa'id dari Qatadah dari Al Hasan,
Al Hasan bin Abi Al Hasan Yasar wafat 110 H.artinyah pada hadits 3995 ini TIDAK ada jalur dari sahabat.darimana al Hasan meriwayatkan hadits ini?al Hasan al Bashri adalah ulama besar tetapi sayah juga menanyakan darimana asal hadits yang diriwayatkan beliow bukan berarti hasan al bashri adalah bersalah dan sayah benar.
Menurut sayah,hukuman mati bagi murtadin tidak dapat dibenarkan menurut al quran meskipun dalam beberapa hal dan penyebab sayah akan menyetujui hukuman mati bagi murtadin.
Kemudian….
At Tirmidzi 1378 memiliki lafal فَقَالَ صَدَقَ ابْنُ عَبَّاسٍ (berkatalah -Ali- :benarlah ibnu abbas)..artinyah Ali setuju.
Abu Daud 3787 memiliki lafal فَقَالَ وَيْحَ ابْنِ عَبَّاسٍ (berkatalah-Ali- ; celakalah ibnu Abbas)..artinyah Ali gak setuju.
Apapun makna dari kedua lafal Ali diatas tetap tidak merubah fakta bahwa pertanyaan :apakah Ali tidak mengetahui larangan membakar manusia?logiskah ketidaktahuan Ali mengingat beliow telah menemani selama 23 tahun perjalanan dakwah sang nabi?
Perbuatan Ali selaku khalifah tentu menyimpang atow keluar dari pendahulunyah seperti Abu Bakr-Umar-Ustman yang tiada membakar manusia tetapi Ali?
Seharusnya,Abu Bakr adalah orang pertama yang membakar dan membunuh murtadin karena di awal pemerintahannyah banyak menghadapi murtadin.Dan Abu Bakr tidak melakukan itu (membakar dan menghukum mati atas MURTAD tetapi pembangkangan terhadap Islam sebagai dasar negara).
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Similar topics
» giliran terpidana mati narkoba, PGI bilang Hukuman mati itu tidak manusiawi.....
» Salahkah Jokowi Menghukum Mati, Warga Negara Asing Yang Tidak Mengimani Hukuman Mati?
» Kenapa hampir semua negara islam menerapkan hukuman terhadap murtadin ???
» hukuman mati dalam islam
» MA Batalkan Hukuman Mati Gembong Narkoba
» Salahkah Jokowi Menghukum Mati, Warga Negara Asing Yang Tidak Mengimani Hukuman Mati?
» Kenapa hampir semua negara islam menerapkan hukuman terhadap murtadin ???
» hukuman mati dalam islam
» MA Batalkan Hukuman Mati Gembong Narkoba
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik