FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

tentang penciptaan alam semesta dalam PL - Page 2 Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI


Join the forum, it's quick and easy

FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

tentang penciptaan alam semesta dalam PL - Page 2 Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI
FORUM LASKAR ISLAM
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

tentang penciptaan alam semesta dalam PL

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

tentang penciptaan alam semesta dalam PL - Page 2 Empty tentang penciptaan alam semesta dalam PL

Post by keroncong Sun Apr 29, 2012 4:01 pm

First topic message reminder :

Menurut R. P. de Vaux, Kitab
Kejadian bermula dengan dua riwayat mengenai penciptaan
alam. Oleh karena itu kita perlu menyelidiki kedua
riwayat itu secara terpisah untuk mengetahui
kesesuaiannya dengan penyeiidikan-penyelidikan ilmiah.

RIWAYAT PERTAMA

Riwayat pertama memenuhi fasal I dan ayat-ayat pertama
dari fasal II. Riwayat ini merupakan contoh yang sangat
menonjol tentang ketidaktepatan ilmiah. Kita perlu
melakukan kritik sebaris demi sebaris. Teks yang kita
muat di sini adalah teks menurut terjemahan Lembaga
Bibel Yerusalem, (Ecole Biblique de Yerusalem). Dalam
bahasa Indonesia, diambil dari Al Kitab cetakan Lembaga
Alkitab Indonesia tahun 1962. (Rasjidi).

Fasal 1, ayat 1 dan 2,

1. "Bahwa pada mula pertama dijadikan Allah akan langit
dan bumi.

2. Maka bumi itu lagi campur baur adanya, yaitu suatu
hal yang ketutupan kelam kabut; maka Roh Allah
melayang-layang diatas muka air itu."

Kita dapat menerima bahwa pada tahap bumi belum
diciptakan, apa yang kemudian menjadi alam yang kita
ketahui sekarang masih tenggelam dalam kegelapan, akan
tetapi tersebutnya adanya air pada periode tersebut
hanya merupakan alegori (kiasan) belaka mungkin sekali
ini adalah terjemahan suatu mitos. Kita akan melihat
dalam bagian ketiga dari buku ini bahwa pada tahap
permulaan dari terciptanya alam yang terdapat adalah
gas. Maka disebutkannya air di situ adalah suatu
kekeliruan.

Ayat 3 sampai 5

3. "Maka firman Allah: Hendaklah ada terang. Lalu
terangpun jadilah.

4. Maka dilihat Allah akan terang itu baiklah adanya,
lalu diceraikan Allah terang itu dengan gelap.

5. Maka dinamai Allah akan terang itu siang dan akan
gelap itu malam. Setelah petang dan pagi, maka itulah
hari yang pertama."

Cahaya yang menerangi alam adalah hasil daripada reaksi
kompleks yang terjadi pada bintang-bintang. Hal ini
akan kita bicarakan pada bagian ketiga daripada buku
ini. Pada tahap penciptaan alam yang kita bicarakan
sekarang, menurut Bibel, bintang-bintang belum
diciptakan, karena sinar di langit baru disebutkan
dalam ayat 14 dari Kitab Kejadian, yaitu sebagai
ciptaan pada hari keempat, untuk "memisahkan siang
daripada malam," "untuk menerangi bumi." Dan ini semua
betul. Tetapi adalah tidak logis untuk menyebutkan efek
(sinar) pada hari pertama, dengan menempatkan
penciptaan benda yang menyebabkan sinar
(bintang-bintang) tiga hari sesudah itu. Lagipula
menempatkan malam dan pagi pada hari pertama adalah
alegori (kiasan) semata-mata, karena malam dan pagi
sebagai unsur hari tak dapat digambarkan kecuali
sesudah terwujudnya bumi dan beredarnya di bawah sinar
planetnya yaitu matahari.

Ayat 6 sampai 8

6. "Maka firman Allah: Hendaklah ada suatu bentangan
pada sama tengah air itu supaya diceraikan dengan air.

7. Maka dijadikan Allah akan bentangan itu serta
diceraikanlah air yang di bawah bentangan itu dengan
air yang di atas bentangan. Maka jadilah demikian.

8. Lalu dinamai Allah akan bentangan itu langit.
Setelah petang dan pagi, maka itulah hari yang kedua."

Mitos air diteruskan dalam ayat-ayat tersebut dengan
memisahkan air menjadi dua lapisan, di tengahnya adalah
langit. Dalam riwayat Banjir Nabi Nuh, langit
membiarkan air menanjak, dan air itu kemudian jatuh ke
tanah. Gambaran bahwa air terbagi menjadi dua kelompok
tak dapat diterima secara ilmiah.

Ayat 9 sampai 13

9. "Maka firman Allah: Hendaklah segala air yang di
bawah langit itu berhimpun kepada satu tempat, supaya
kelihatan yang kekeringan itu; maka jadilah demikian.

10. Lalu dinamai Allah akan yang kekeringan itu darat,
dan akan perhimpunan segala air itu dinamainya laut;
maka dilihat Allah itu baiklah adanya.

11. Maka firman Allah: Hendaklah bumi itu menumbuhkan
rumput dan pokok yang berbiji dan pohon yang
berbuah-buah dengan tabiatnya yang berbiji dalamnya di
atas bumi itu; maka jadilah demikian.

12. Yaitu ditumbuhkan bumi akan rumput dan pokok yang
berbiji dengan tabiatnya dan pohon-pohon yang
berbuah-buah yang berbiji dalamnya dengan tabiatnya;
maka dilihat Allah itu baiklah adanya

13. Setelah petang dan pagi, maka itulah hari yang
ketiga."

Fakta bahwa pada suatu periode dalam sejarah bumi,
ketika bumi ini masih tertutup dengan air, terjadi
bahwa daratan-daratan mulai muncul, adalah suatu hal
yang dapat diterima secara ilmiah. Akan tetapi bahwa
pohon yang mengandung biji-biji bermunculan sebelum
terciptanya matahari (yang menurut Kitab Kejadian, baru
tercipta pada hari keempat), dan juga bahwa siang dan
malam silih berganti sebelum terciptanya matahari, hal
tersebut sama sekali tak dapat dipertahankan.

Ayat 14 sampai 19

14. "Maka firman Allah: Hendaklah ada beberapa benda
terang dalam bentangan langit supaya diceraikannya
siang dengan malam dan menjadi tanda dan ketentuan masa
dan hari dari tahun.

15. Dan supaya ia itu menjadi benda terang pada
bentangan langit akan menerangkan bumi; maka jadilah
demikian.

16. Maka dijadikan Allah akan kedua benda terang yang
besar itu, yaitu terang yang besar itu akan
memerintahkan siang dan terang yang kecil akan
memerintahkan malam, dan lagi segala bintang pun.

17. Maka ditaruh Allah akan dia dalam bentangan langit
akan memberi terang di atas bumi.

18. Dan akan memerintahkan siang dan malam dan akan
menceraikan terang itu dengan gelap maka dilihat Allah
itu baik adanya.

19. Setelah petang dan pagi maka itulah hari yang ke
empat."

Di sini gambaran yang diberikan oleh pengarang Injil
dapat diterima. Satu-satunya kritik yang dapat kita
lemparkan terhadap ayat-ayat tersebut adalah tempat dan
letaknya dalam hikayat penciptaan alam seluruhnya. Bumi
dan bulan telah memisahkan diri daripada matahari;
menempatkan penciptaan matahari dan bulan sesudah
penciptaan bumi adalah bertentangan dengan hal-hal yang
sudah disetujui secara pasti dalam ilmu pengetahuan
mengenai tersusunnya alam bintang-bintang.

Ayat 20 sampai 23

20. "Maka firman Allah: Hendaklah dalam segala air itu
menggeriak beberapa kejadian yang bernyawa dan yang
sulur menyulur, dan hendaklah ada unggas terbang di
atas bumi dalam bentangan langit.

21. Maka dijadikan Allah akan ikan raya yang
besar-besar dan segala binatang sulur menyulur yang
menggeriak dalam air itu tetap dengan tabiatnya, dan
segala unggas yang bersayap dengan tabiatnya, maka
dilihat Allah itu baik adanya.

22. Maka diberkati Allah akan dia, firmannya: Jadilah
biak dan bertambah kamu dan damaikanlah air yang di
dalam laut itu dan hendaklah segala unggas itupun
bertambah-tambah di atas bumi.

23. Setelah petang dan pagi maka itulah hari yang
kelima."

Ayat-ayat tersebut mengandung hal-hal yang tak dapat
diterima
keroncong
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down


tentang penciptaan alam semesta dalam PL - Page 2 Empty Re: tentang penciptaan alam semesta dalam PL

Post by keroncong Wed May 30, 2012 5:35 am

Timbulnya binatang-binatang, menurut Kitab Kejadian,
bermula dengan binatang-binatang laut dan
burung-burung. Menurut Bibel, adalah pada hari
keesokannya bahwa bumi dihuni oleh binatang-binatang
(kita akan melihatnya dalam ayat-ayat selanjutnya);

Sudah terang bahwa asal kehidupan itu dari laut; kita
akan membicarakan hal tersebut pada bagian ketiga
daripada buku ini. Setelah adanya kehidupan di laut,
daratan dihuni oleh binatang-binatang. Di antara
binatang-binatang yang hidup diatas bumi, ada suatu
jenis reptil (binatang melata) yang dinamakan pseudo
suchiens yang hidup pada periode kedua dan yang
dikirakan menjadi asal burung-burung. Beberapa
sifat-sifat biologis yang bersamaan menguatkan sangkaan
ini. Tetapi binatang-binatang darat tidak disebutkan
oleh Kitab Kejadian, kecuali pada hari ke enam, setelah
munculnya burung-burung, oleh karena itu maka urutan
munculnya binatang darat dan burung-burung tak dapat
diterima.

Ayat 24 sampai 31

24. "Maka firman Allah: hendaklah bumi itu mengeluarkan
kejadian yang hidup dengan tabiatnya yaitu daripada
yang jinak dan yang menjalar dan yang liar, tiap-tiap
dengan tabiatnya, maka jadilah demikian.

25. Maka dijadikan Allah akan segala binatang yang liar
di atas bumi itu dengan tabiatnya, dan segala binatang
yang jinak pun dengan tabiatnya dan segala binatang
yang menjalar di atas bumipun dengan tabiatnya, maka
dilihat Allah itu baiklah adanya.

26. Maka firman Allah: Baiklah kita menjadikan manusia
atas peta dan atas teladan kita supaya diperintahkannya
segala ikan yang di dalam laut dan segala unggas yang
di udara dan segala binatang yang jinak dan seisi bumi
dan segala binatang melata yang menjalar di tanah.

27. Maka dijadikan Allah akan manusia itu atas petanya
yaitu atas peta Allah dijadikannya ia, maka
dijadikannya mereka itu laki-laki dan perempuan.

28. Maka diberkati Allah akan keduanya serta firmannya
kepadanya: berbiaklah dan bertambah-tambahlah kamu dan
penuhilah olehmu akan bumi itu dan taklukkanlah dia,
dan perintahkanlah segala ikan yang di dalam laut dan
segala unggas yang di udara dan segala binatang yang
menjalar di atas bumi.

29. Lagi firman Allah: bahwa sesungguhnya Aku telah
memberikan kamu segala tumbuh-tumbuhan yang
berbiji-biji di atas seluruh muka bumi dan segala pohon
yang berbuah dengan berbiji itu akan makananmu.

30. Tetapi akan segala binatang liar yang di bumi dan
segala binatang yang menjalar di atas bumi, yang ada
nyawa hidup dalamnya, maka Aku mengaruniakan segala
tumbuh-tumbuhan yang hijau akan makanannya maka jadilah
demikian.

31. Maka dilihat Allah akan tiap-tiap sesuatu yang
dijadikannya itu, sesungguhnya amat baiklah adanya.
Setelah petang dan pagi, maka itulah hari yang ke
enam."

Ini adalah gambaran selesainya penciptaan alam. Dalam
gambaran itu pengarang menyebutkan segala makhluk yang
hidup yang tidak disebutkan sebelumnya, dan
mengingatkan kepada bahan makanan yang bermacam-macam
yang diperuntukkan bagi manusia dan binatang.

Kesalahannya, sebagai yang telah kita lihat, adalah
dalam menempatkan munculnya binatang-binatang darat
sesudah burung-burung. Tetapi munculnya manusia di atas
bumi di tempatkan secara benar sesudah munculnya
makhluk-makhluk hidup yang lain.

Riwayat penciptaan alam selesai dengan tiga ayat
pertama dari fasal II.

1. "Demikianlah sudah dijadikan langit dan bumi serta
dengan segala isinya.

2. Maka pada hari yang ke tujuh setelah sudah
disampaikan Allah pekerjaannya yang telah diperbuatnya
itu, maka berhentilah ia pada hari yang ke tujuh itu
dari pekerjaannya, yang telah diperbuatnya.

3. Maka diberkati Allah akan hari yang ke tujuh itu
serta disucikannya karena dalamnya ia berhenti dari
pekerjaannya, yang telah diperbuatnya, akan
menyempurnakan dia.

4. Maka demikianlah asalnya langit dan bumi pada masa
itu dijadikan, tatkala diperbuat Tuhan Allah akan
langit dan bumi. "

Ayat mengenai hari ketujuh ini memerlukan komentar:

Pertama mengenai arti kata-kata. Teks tersebut adalah
terjemahan dari Lembaga Bibel Yerusalem. Ayat pertama
berbunyi: "Demikianlah sudah dijadikan langit dan bumi
serta dengan segala isinya." Perkataan terakhir dalam
bahasa Perancis terjemahan Lembaga Al Kitab Yerusalem
berbunyi "avec toute leur armee,' yang artinya, dengan
segala bala tentaranya.

Ayat kedua mengandung kata, berhentilah ia daripada
pekerjaannya. Yang dimaksudkan adalah beristirahatlah,
sebagai terjemahan Ibrani "chabbat." Dan sampai hari
ini, hari Sabtu merupakan hari istirahat bagi orang
Yahudi.

Sudah terang bahwa "istirahat" yang dilakukan Tuhan
setelah bekerja keras selama enam hari adalah suatu
legenda, akan tetapi legenda itu ada tafsirannya. Kita
harus ingat bahwa riwayat penciptaan Tuhan yang kita
bicarakan di sini berasal dari tradisi sakderdotal atau
tradisi pendeta-pendeta, yakni tradisi yang ditulis
oleh para pendeta atau juru tulis yang merupakan
pewaris spiritual dari Yehezkiel, nabi Bani Israil pada
waktu pengasingan di Babylon, pada abad VI SM. Kita
mengetahui bahwa para pendeta mengolah versi Yahwist
dan Elohist daripada Kitab Kejadian, menyusunnya
menurut selera mereka, dan menurut adat kebiasaan
mereka yang mementingkan segi hukum sebagai diterangkan
oleh R.P. de Vaux. Kita telah membicarakan segi ini
pada lain tempat.

Teks Yahwist tentang penciptaan alam adalah lebih tua
beberapa abad daripada teks Sakerdotal, dan tidak
menyebutkan bahwa Tuhan beristirahat setelah bekerja
keras enam hari seperti yang disebut oleh penulis teks
Sakerdotal. Penulis teks Sakerdotal membagi waktu
penciptaan alam dalam hari-hari yang disamakan dengan
hari-hari seminggu yang biasa serta menekankan
istirahat hari Sabtu yang mereka rasa harus
dipertahankan kepada pengikut-pengikut mereka dengan
mengatakan bahwa Tuhanlah yang pertama menghormati hari
Sabtu itu. Dengan bertitik tolak dari segi praktis ini,
maka riwayat penciptaan alam disajikan dengan logika
keagamaan yang semu, yang hasil-hasil penyelidikan
ilmiah membuktikannya sebagai khayalan belaka.

Menyelipkan hari ke tujuh (daripada hari-hari satu
minggu) dalam tahap-tahap penciptaan alam dengan maksud
agar para pengikut agama menghormati hari Sabtu seperti
yang dilakukan oleh pengarang sumber Sakerdotal, tak
dapat dipertahankan secara ilmiah. Pada waktu sekarang,
semua orang tahu bahwa terciptanya alam, termasuk di
dalamnya bumi tempat hidup kita telah terjadi dalam
tahap waktu yang sangat panjang, yang penyelidikan
ilmiah belum dapat memastikan walaupun secara "kurang
lebih." Hal ini akan kita bicarakan dalam bagian ketiga
daripada buku ini, yakni pada waktu kita membicarakan
tentang penciptaan alam menurut Al Qur-an.

Seandainya riwayat penciptaan alam selesai pada malam
hari yang ke 6, dan tidak menyebutkan hari ke tujuh
atau Sabat waktu Tuhan beristirahat, atau seandainya
kita tafsirkan enam hari di Perjanjian Lama itu sebagai
enam periode seperti yang tersebut dalam Al Qur-an,
riwayat Sakerdotal tetap tak dapat diterima karena
urutan periode-periode tersebut sangat kontradiksi
dengan dasar-dasar ilmiah yang elementer.

Dengan begitu maka riwayat Sakerdotal merupakan
konstruksi imaginatif yang lihay yang mempunyai suatu
tujuan, dan tujuan itu bukan untuk memberitahukan suatu
kebenaran.
keroncong
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

tentang penciptaan alam semesta dalam PL - Page 2 Empty Re: tentang penciptaan alam semesta dalam PL

Post by SEGOROWEDI Wed May 30, 2012 10:49 am

rdnQtfz669 wrote:
sudah Anda posting sebelumnya...

Q.S. Fushshilat:11
Kemudian Dia menuju ke langit dan (langit) itu masih berupa asap, lalu Dia berfirman kepadanya dan kepada bumi, "Datanglah kamu berdua menurut perintah-Ku dengan patuh atau terpaksa." Keduanya menjawab, "Kami datang dengan patuh."

Q.S. Fushshilat:12
Lalu Diciptakan-Nya 7 langit dalam 2 masa dan pada setiap langit Dia mewahyukan urusan masing - masing. Kemudian langit yang dekat (dengan bumi), Kami hiasi dengan bintang - bintang, dan (Kami ciptakan itu) untuk memelihara. Demikianlah ketentuan (Allah) Yang Maha Perkasa, Maha Mengetahui.

Q.S. al-Anbiya':30
Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman ?

Anda ingin dibuktikan apa agar Anda bisa menjadi mu'alaf ?

mana 'big bang'nya?

yang ada hanyalah kesintingan yang nyata..
mosok asap dan bumi diajak ngobrol?

menuju ke langit baru kemudian langit diciptakan dalam 2 masa
kegilaan apa lagi ini?

itu imajinasi muhammad bahwa bumi dan lanit itu dulu lengket
lalu dipisahkan sehingga ada ruang untuk kehidupan
adam apa dibuat dari air?
demikian juga tumbuhan dan hewan-hewan..
justeru rangka terpentng dalam setiap molekul organik itu 'rantai carbon'
air/H2O -> gak ada C-nya...
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

tentang penciptaan alam semesta dalam PL - Page 2 Empty Re: tentang penciptaan alam semesta dalam PL

Post by SEGOROWEDI Wed May 30, 2012 10:55 am

ichreza wrote:
Seandainya riwayat penciptaan alam selesai pada malam
hari yang ke 6, dan tidak menyebutkan hari ke tujuh
atau Sabat waktu Tuhan beristirahat, atau seandainya
kita tafsirkan enam hari di Perjanjian Lama itu sebagai
enam periode seperti yang tersebut dalam Al Qur-an
,
riwayat Sakerdotal tetap tak dapat diterima karena
urutan periode-periode tersebut sangat kontradiksi
dengan dasar-dasar ilmiah yang elementer.

ketahuan NYONTEK
avatar
SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

tentang penciptaan alam semesta dalam PL - Page 2 Empty Re: tentang penciptaan alam semesta dalam PL

Post by rdnQtfz669 Wed May 30, 2012 9:58 pm

SEGOROWEDI wrote:
mana 'big bang'nya?

yang ada hanyalah kesintingan yang nyata..
mosok asap dan bumi diajak ngobrol?

menuju ke langit baru kemudian langit diciptakan dalam 2 masa
kegilaan apa lagi ini?

itu imajinasi muhammad bahwa bumi dan lanit itu dulu lengket
lalu dipisahkan sehingga ada ruang untuk kehidupan
adam apa dibuat dari air?
demikian juga tumbuhan dan hewan-hewan..
justeru rangka terpentng dalam setiap molekul organik itu 'rantai carbon'
air/H2O -> gak ada C-nya...

hahahaha...
ya iya atuh, masa di al-Quran ada teori Big Bang,,
isi teori Big Bang sama kan dengan ayat al-Quran itu ?
itu posting saya diatas yang panjang dan cetak miring itu saya kutip dari NASA, para ilmuan yang berkata, bukan saya yang ngarang...
mereka membuktikan bahwa al-Quran itu benar...

dibilangin al-Quran bukan perkataan Nabi Muhammad s.a.w., masih aja tidak percaya...
Nabi Adam a.s. diciptakan Allah s.w.t. dari sari pati tanah...

ilmuan juga yang berkata bahwa "Air adalah sumber kehidupan" tertera kan di al-Quran ?
rdnQtfz669
rdnQtfz669
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 28
Posts : 260
Kepercayaan : Islam
Location : Soreang, Bandung
Join date : 25.04.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

tentang penciptaan alam semesta dalam PL - Page 2 Empty Re: tentang penciptaan alam semesta dalam PL

Post by santri Wed Sep 05, 2012 8:43 pm

Al-Kitab vs Sains Dalam Penciptaan Alam Semesta

Ada beberapa kasus dalam Alkitab yang secara tegas bertentangan dengan ilmu pengetahuan (sains) modern. Pertentangan ini membuktikan bahwa Alkitab sama sekali bukan firman Allah, tetapi merupakan karya tulis tangan-tangan jahil pada masa lampau.


1. KITAB KEJADIAN: Penciptaan siang dan matahari.

1:1. Pada mulanya Ellohim menciptakan langit dan bumi.
1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
1:3. Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.
1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

AYAT2 DI ATAS BERBICARA TENTANG PENCIPTAAN HARI PERTAMA. BANDINGKAN DENGAN PENCIPTAAN HARI KEEMPAT BERIKUT INI:

1:16 Maka Ellohim menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.
1:17 Ellohim menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,
1:18 dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Ellohim melihat bahwa semuanya itu baik.
1:19 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.

Penjelasan:

Dijelaskan menurut Alkitab, bahwa pada hari pertama, Ellohim (Tuhan-Tuhan) telah menciptakan siang dan malam. Ini sesuatu yang sangat aneh dan tidak bisa diterima secara ilmiah oleh sains modern, oleh karena Ellohim baru menciptakan matahari pada hari keempat. Sesuatu yang sangat tidak masuk akal, bahwa "siang dan malam" sudah ada sebelum matahari diciptakan!

Sebuah kitab yang seharusnya menjadi petunjuk bagi kemaslahatan umat manusia, ternyata bertentangan dengan ilmu pengetahuan yang ada dalam umat manusia.

Menurut sains modern, kejadian siang dan malam disebabkan oleh rotasi/berputarnya bumi pada porosnya terhadap matahari. Matahari yang terus-menerus bersinar menerangi sistem tata surya, menimbulkan terjadinya siang dan malam bukan saja terhadap bumi, tetapi juga terhadap delapan planet lainnya dalam sistem tata surya, berikut satelit-satelitnya (bulan dan semacamnya).

Jadi, bukannya siang dan malam itu muncul secara tiba-tiba, tetapi ia muncul disebabkan oleh sinar matahari.


2. KITAB MARKUS: Jatuhnya bintang pada hari kiamat.

Konon, Yesus berkata:

13:24. "Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya
13:25 dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang.

13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja."

Penjelasan:

Menurut ayat 25, pengarang Markus, dimana konteksnya dinisbahkan ke mulut Yesus, menduga bahwa bintang2 di angkasa itu sebesar batu kali, sehingga pada hari kiamat nanti bintang2 itu akan berjatuhan menimpa bumi. Padahal, terdapat milyaran bintang di jagat raya ini, yang besarnya bahkan jauh melebihi bumi. Sebagai gambaran, dalam sistem jagat raya, matahari adalah sebuah bintang kecil yang bisa jadi tidak terlihat. Ini menunjukkan bahwa masih ada milyaran "matahari2" lain di jagat raya ini.

Dalam sistem tata surya sendiri, matahari merupakan "bintang" terbesar, berturut2 disusul planet yupiter, saturnus, uranus, neptunus, baru kemudian bumi.

Jadi, bagaimana mungkin bintang2 tersebut akan berjatuhan ke bumi? Sangat tidak ilmiah dan tidak masuk akal!

Lebih lanjut, menurut ayat 32, Yesus sendiri tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat. Bagaimana mungkin Yesus yang konon adalah Tuhan sampai tidak tahu kapan datangnya hari kiamat? Konsep Tuhan yang sangat lemah!


"Susunan
semesta alam yang diuraikan dalam kitab kejadian tidak dapat dibenarkan
lagi oleh ilmu pengetahuan modern, pandangan kejadian kosmologi dan
susunan alam semesta berdasarkan ilmu kosmografi bangsa babel. Pandangan
itu sudah tidak cocok lagi dan ketinggalan zaman".


cocok kan brow-brow semua.. ?
tentang penciptaan alam semesta dalam PL - Page 2 3009032720
santri
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

tentang penciptaan alam semesta dalam PL - Page 2 Empty Re: tentang penciptaan alam semesta dalam PL

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik