sang utusan terakhir
Halaman 2 dari 5 • Share
Halaman 2 dari 5 • 1, 2, 3, 4, 5
sang utusan terakhir
First topic message reminder :
Sekitar 2 abad setelah Kerajaan Israel yang musyrik dan tidak mempunyai rasa sesal digulingkan, dan seluruh penduduk dari 10 suku dideportasi ke Assyria, Yerusalem, dan bait agung Sulaiman diratakan dengan tanah oleh bangsa Khaldea, dan sisa-sisa keturunan suku Yudas dan Benjamin yang tidak terbantai dipindahkan ke Babylonia. Setelah penahanan selama beberapa tahun, bangsa Yahudi diizinkan untuk pulang ke negeri mereka dengan kewenangan penuh untuk membangun kembali kota dan bait mereka yang telah hancur. Ketika fondasi-fondasi rumah Tuhan yang baru diletakkan, terjadi luapan kegembiraan dan sambutan yang luar biasa dari umat; sementara para orang tua yang pernah menyaksikan bait Sulaiman yang indah sebelumnya tiba-tiba hanyut dalam tangisan pilu. Pada upacara yang khidmat inilah Yang Maha Kuasa mengutus hambaNya, Nabi Hagai, untuk menghibur umatnya yang sedih dengan pesan penting ini: “Aku akan menggoncangkan segala bangsa, dan Himda untuk semua bangsa ini akan datang, maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman Tuhan semesta alam. Kepunyaan-Kulah perak dan kepunyaan-Kulah emas, demikianlah firman Tuhan semesta alam. Adapun Rumah ini, kemegahannya yang kemudian akan melebihi kemegahannya yang semula, firman Tuhan semesta alam, dan di tempat ini Aku akan memberi Syalom, demikianlah firman Tuhan semesta alam." (Haggai 2:7-9) [1] Saya telah menerjemahkan paragraf diatas dari salinan alkitab yang ada pada saya, yang dipinjamkan kepada saya oleh sepupu wanita Assyria dalam bahasa daerahnya. Tetapi, marilah kita melihat Bible versi bahasa Inggris, yang kami dapati telah mengubah kata himda dan Syalom dalam bahasa Yahudi aslinya menjadi berturut-turut desire (hasrat) dan Peace (perdamaian). Para ahli tafsir Yahudi dan Kristen sama-sama memberikan perhatian yang sangat besar terhadap dua janji yang terkandung dalam nubuat diatas. Mereka memahami prediksi mesias dalam kata Himda. Sebenarnya, disinilah nubuat yang sangat hebat, ditegaskan melalui sumpah Tuhan yang biasa dalam alkitab, “kata Tuhan Sabaoth” diulang-ulang 4 kali. Jika nubuat ini dipahami dari pengertian abstrak kata himda dan Syalom sebagai desire dan peace, maka nubuat menjadi tak lebih dari sebuah aspirasi yang tidak dapat kita pahami. Tetapi, jika kita memahami istilah himda sebagai sebuah gagasan konkrit, sebuah gagasan pribadi dan realitas, dan kata syalom, bukan suatu kondisi, melainkan suatu kekuatan yang hidup dan aktif dan sebuah agama yang pasti tidak dipungkiri adanya, maka nnubuat ini pasti benar dan terpenuhi pada sosok Ahmad dan tegaknya Islam. Karena himda dan Syalom-atau Sylama- persis memiliki pengertian yang sama dengan, berturut-turut, Ahmad dan Islam. Sebelum berusaha membuktikan pemenuhan nubuat ini, ada baiknya menjelaskan dulu etimologi dari dua kata itu sesingkat mungkin.
Catatan Kaki [1] Haggai pasal tujuh dalam teks berbahasa Ibrani: (7) wəhirə‘ašətî ’et-kāl-hagōwyim ûb ā’û hemədat kāl-hagōwyim ûmillē’tî ’et-habayit hazzeh kāb ōwd ’āmar yəhwâ səb ā’ōwt: (8) lî hakesef wəlî hazzâāb nə’um yəhwâ səb ā’ōwt: (9) gādōwl yihəyeh kəbōwd habayit hazzeh hā’ahărōwn min-hāri’šōwn ’āmar yəhwâ səb ā’ōwt ûb ammāqōwm hazzeh ’etēn šālōwm nə’um yəhwâ səb ā’ōwt. [2] Maleakhi 3:1 dalam teks berbahasa ibrani adalah : “hinənî šōlēha malə’ākî ûfinnâ-derek ə ləfānāy ûfitə’ōm yābōw’ ’el-hêk ālōw hā’ādōwn| ’ăšer-’atem məb aqəšîm ûmalə’ak ə habərît ’ăšer-’atem hăfēsîm hinnēh-b ā’ ’āmar yəhwâ səb ā’ōwt” [3] "Jangan kamu menyangka, bahwa aku datang untuk membawa damai di atas bumi; aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.(Matius 10:34) [4] “Pada hari itulah Tuhan mengadakan perjanjian dengan Abram serta berfirman: "Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat.” (Kejadian 15:18) |
Sumber: "Menguak Misteri Muhammad SAW", Benjamin Keldani, Sahara Publisher, Edisi Khusus Cetakan kesebelas Mei 2006 |
Terakhir diubah oleh ichreza tanggal Wed May 30, 2012 2:06 pm, total 1 kali diubah
keroncong- KAPTEN
-
Age : 70
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67
Re: sang utusan terakhir
raymondantes wrote:
@ BArabas :
whahhahahhahhaha.........
udh berapa kali itu msalah diterangkan dan ente bawa ke forum murtadin kafirun............
itu hal yg mudah bagi abrahah.....lha wong dia kaya raya....jabatan gubernur...tinggal perintah...langsung dikerjakan ank buahnya...
dan dipadang pasir itu ada OASE......tidak seluruh padang pasir itu gersang......
mereka bisa mengambil persedian air di OASE......
whahhahhahhaha.........
:jotos: :jotos: :jotos:
:3: :3: :3:
SDR RAYMON, ITU KAN PEMBENARAN DIRI ANDA. COBA BAYANGKAN BILA ABRAHA MENGGUNAKAN PASUKAN GAJAH SEBANYAK 100 EKOR SAJA LALU UNTUK JARAK BERAPA KILOMETER MEREKA MAMPU BERTAHAN TERHADAP KEHAUSAN, SEDANGKAN SETIAP BERAPA KILOMETER ADA OASE???? DAN INGAT GAJAH ADALAH BINATANG YANG TIDAK PERNAH BERHENTI MAKAN DAN MINUM.
BE REASONABLE MAN!!!!
barabasmurtad- SERSAN MAYOR
- Age : 80
Posts : 408
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 26.11.11
Reputation : 5
Re: sang utusan terakhir
den panjul wrote:LEBIH SINTING LAGI ANAK TUKANG KAYU YANG DIJADIIN TUHAN
lagi-lagi cara pandang setan
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: sang utusan terakhir
abu hanan wrote:pak murtad.
sejauh yg andah pahamih darih invansih abrahah,kira2 apah yg menjadih motivasinyah utk menaklukan jazirah arab?
sebaiknyah kitah melihat jugah pokok perdebatan kaum kristen Syam,lain lagi dengan yang menjadi perdebatan kaum kristen di Hira dan Abisinia.
andah sebaiknyah melihat keadaan tersebut sbg latar belakang dalam menilaih invansih abrahah termasuk situasih politik.
Sehinggah andah dapat mencapaih kesimpulan bahwah jazirah Arab (Mekkah) adalah wilayah yg bebas dari penjajahan ideologi asing termasuk agamah baik majusi,kristen bahkan yahudih.
SDR ABU INI ADALAH UNGKAPAN ANDA: jazirah Arab (Mekkah) adalah wilayah yg bebas dari penjajahan ideologi asing termasuk agamah baik majusi,kristen bahkan yahudih.
BILA MEMANG DEMIKIAN MENGAPA QURAN YANG DIAJARKAN OLEH MUHAMMAD TIDAK MEMILIKI CIRI PENGAJARANNYA SENDIRI MELAINKAN BANYAK KISAH2 YANG DIAMBIL DARI KITAB INJIL SEBAGAIMANA YANG DINYATAKAN SBB:
Muhammad meninggal tahun 632M. Bahan-bahan tulisan paling awal mengenai hidupnya yang kita punyai ditulis oleh Ibn Ishaq tahun 750M, dengan kata lain seratus dua puluh tahun setelah kematian Muhammad. Pertanyaan tentang keotentikan menjadi makin penting karena bentuk asli dari karya Ibn Ishaq itu sendiri telah hilang dan hanya ada per bagian saja yang belakangan diterima oleh Ibn Hisham yang meninggal tahun 834M, 200 tahun setelah kematian sang nabi. Sumber-sumber lainnya adalah Sejarah karya Al-Tabari yang juga mengutip dari buku Ibn Ishaq. Berikut adalah sumber-sumber utama informasi mengenai kehidupan Muhammad:
a. Ibn Ishaq (m. 768M). Selain biografi Muhammad, dia juga menulis sebuah sejarah para Kalifah yang dikutip oleh al-Tabari.
c. Ibn Hisham (m. 834M) menulis ‘Sirah’ atau ‘Biografi Kehidupan Muhammad’, atau lebih tepatnya dia mengedit karya dari gurunya Ibn Ishaq.
d. Sayf b. Umar (m. +/- 796) adalah sumber utama dari al-Tabari dalam hal tahun-tahun awal islam.
e. Al-Waqidi (m. 823) juga menulis sebuah biografi sang Nabi dan peperangannya; banyak dikutip oleh al-Tabari dan al-Baladhuri (m. 829 M)
f. Muhammad Ibn Sa’d (m.843) adalah kepala editor dari al-Waqidi dan penyusun dari sebuah kamus yang berupa biografi.
g. Al-Tabari (m.923) adalah seorang berwawasan luas yang menulis banyak bidang ilmu (termasuk tafsir Quran), tapi karya yang paling terkenalnya adalah History of the Worlds, yang berlanjut sampai peristiwa di tahun pad bulan Juli 915.
h. Ali b. Muhammad al-Madaini (m. 840) – tulisan pentingnya mengenai penaklukan Persia oleh Arab.
Di abad pertengahan Islam hanyalah cabang dari Arianisme yang dibangkitkan karena kejadian meteorologis di laut Merah dekat Mekah; masih sedarah dengan pemujaan berhala Byzantine. Quran berisi jejak-jejak komposisi terakhir mereka, sampai abad 11. Semenanjung Arab tidaklah mampu melahirkan agama apapun – terlalu jauh dari daerah normal peradaban. Para Islamis Arian ini, yang dikenal pada abad Pertengahan sebagai Kaum Hagar, Kaum Ismail dan Saracen,tidaklah berbeda dengan orang-orang Yahudi sampai muncul dampak dari Perang Salib yang membuat mereka mengambil identitasterpisah. Semua cerita kehidupan dari Muhammad dan para penerus langsungnya adalah sama-sama samarnya (apokrif) dengan kisah Yesus dan para rasulnya
Di bawah pengaruh Samarianisme, orang Arab mulai membentuk Muhammad seperti Musa sebagai pemimpin Keluaran (Exodus atau Hijrah), sebagai pembawa wahyu baru (Quran) yang diterima di gunung keramat Arab, gunung Hira, tempat Gua Hira berada. Setelah itu saatnya untuk membentuk suatu kitab suci. Crone & Cook menunjuk suatu kisah dalam tradisi muslim bahwa Quran asalnya dari berbagai kitab, dimana Usman (Kalifah ketiga setelah kematian Muhammad) menunjuk satu versi Quran saja.
Kita memiliki kesaksian dari seorang rahib Kristen yang membedakan Quran dengan surah Al-Baqarah, dan keduanya dia anggap sebagai sumber-sumber hukum. Dalam dokumen lain dikatakan bahwa Hajjaj (661-714), gubernur Irak, telah mengumpulkan dan menghancurkan semua tulisan-tulisan para muslim awal. Lalu, mengikuti Wansbrough, Crone & Cook menyimpulkan bahwa Quran “sangat-sangat kurang dalam struktur keseluruhannya, sering samar dan ngawur baik dalam hal bahasa maupun isi, materi-materi yang harusnya saling berhubungan terasa asal saja dan ada pengulangan-pengulangan ayat dalam banyak versi. Dengan dasar ini dapat ditetapkan pendapat yang masuk akal bahwa Quran adalah hasil dari editan materi-materi yang tidak sempurna dan basi dari tradisi-tradisi majemuk yang banyak bertebaran.” [40]
Kaum Samarian menolak kesucian Yerusalem dan menggantinya dengan pusat sembahan Israel yang lebih kuno, Shechem. Ketika muslim awal melepaskan diri dari Yerusalem, Shechem memberikan model yang pantas untuk menciptakan pusat sembahan mereka sendiri.
Kemiripannya luarbiasa. Masing-masing punya struktur yang sama sebuah kota suci yang berhubungan dan dekat dengan gunung keramatnya, dan masing-masing ritual fundamentalnya adalah ibadah dari kota ke gunung tersebut. Masing-masing pusat sembahan itu adalah dasar dari kepercayaan Abrahamik, pilar dimana Abraham membuat korban di Shechem menemukan padanannya dalam al-rukn (sudut Yamani dari Kabah) di Mekah. Terakhir, tempat keramat masing-masing dekat dengan kuburan dari kakek moyang mereka masing-masing: Yusuf (lawan dari Yehuda) untuk kaum Samarian, Ismail (lawan dari Ishak) untuk Mekah.[41]
Crone & Cook berpendapat bahwa kota yang sekarang dikenal sebagai Mekah di Hijaz, Arabia Pusat bukanlah panggung utama dari peristiwa-peristiwa penting yang begitu dipuja-puja dalam tradisi Islam. Disamping tidak adanya referensi muslim awal yang sejaman mengenai Mekah, kita memiliki fakta mengejutkan bahwa arah kiblat mereka sebelumnya adalah barat-laut Arab. Bukti ini berasal dari ditariknya garis lurus antara mesjid-mesjid jaman itu dan bukti-bukti literatur dari sumber-sumber Kristen. Dengan kata lain, Mekah dipilih sebagai arah kiblat muslim belakangan saja, untuk merelokasikan sejarah awal mereka di Arabia, demi melengkapi usaha lepasnya mereka dengan Yudaisme, dan terakhir untuk menciptakan identitas agama yang terpisah.
Dengan bantuan dari saksi-saksi yang masih ada , yang bisa dilacak penanggalan dan tempat asalnya, yakni koin-koin dan prasasti, para kontributor buku ini berusaha menjalankan tugas untuk menjelaskan kontur perkembangan dua abad pertama Era Arab (yang nantinya disebut Hijrah). Akan tampak dibuktikan oleh penemuan koin-koin dari perioda ini, juga prasasti di Kubah Batu, sesungguhnya merupakan teks dan simbol Kristen, yang mendokumentasikan idea-idea teologis kaum Syria-Arabia Kristen : “ bahwa Allah itu satu dan esa, dan bahwa yang telah Ia kirim (Yesus) adalah yang terpuji (muhammad). Pernyataan demikian ditujukan untuk membuat garis pembatas komunitas antara kaum Kristen Syro-Arab ini dengan komunitas Kristen Byzantin tentang hal ihwal Trinitas dan Kristologi. Mereka mendokumentasikan usaha kebanggaan dari kekristenan Arab dan para penguasa yang dibentuk olehnya untuk menciptakan dan mempertahankan identitas mereka. Sebagai tambahan, akan menjadi lebih jelas bahwa jauh sebelum kemunculan idea tentang suatu Hijrah, ada sebuah perhitungan waktu dari kaum Kristen Arab, yang dimulai pada tahun 622 M dan baru nantinya “dikonversikan” ke dalam pemaknaan Muslim (yakni sebagai tahun dimana nabi Arab dan pengikutnya berhijrah dari Mekkah ke Madinah- penerjemah). Sampai kira-kira akhir abad delapan, tampaknya, para pemimpin suku Kristen Arab menguasai wilayah Timur Dekat dan Afrika Utara- jadi para pemimpin Umayyad, dan bahkan Abbasid awal adalah kristen (yang berbeda dengan kristen Byzantine, ortodoks, dan koptik – penerjemah).
Sampai awal abad ke delapan, wilayah penaklukan imperialis Arab telah terbentang dari Afrika Utara sampai India Barat , dari Yaman sampai Persia, namun begitu mengejutkan bahwa kita tidak memiliki dokumen tentang pembentukan quran yang kredibel yang masih ada sampai sekarang. Apalagi dokumen yang ditulis dalam bahasa Arab sendiri.
Satu hal yang bisa dipastikan adalah informasi tentang kisah pembentukan islam sebelum tahun 750 itu terdiri dari ‘hampir seluruhnya kutipan-kutipan meragukan yang dikompilasi di jaman berikutnya' (’almost entirely of rather dubious citations in later compilations’' - Humphreys).
Memang suatu keanehan yang luar biasa bahwa Islam tidak dapat menunjukkan satupun bukti sejarah buku suci mereka bahkan dalam waktu 120 – 150 tahun setelah kematian Muhammad.
Penelaah kisah-kisah dalam Quran, Sunnah Nabi dan Sirah dengan mudah dapat dilacak di literartur agama-agama lain sebagai hasil dari pengutipan dan pencatutan.
Sejumlah cerita dalam Quran berasal dari abad ke 2 literatur Yahudi:
- Cerita Kain & Qabil dalam dalam Surah 5.31-32 dipinjam dari Targum Jonathan ben Uzziah dan Mishnah Sanhedrin 4.5
- Cerita Ibrahim, berhala dan penghancuran mereka dalam Surat 21.51-71 adalah dari Misdrash Rabbah ;
- cerita tentang Sulaiman dalam Surat 27.17-44, tentang burung yang dapat berbicara dan Ratu Sheba yang mengangkat gaunnya karena menyangka lantai mengkilap sebagai air, diambil dari Targum kedua cerita Esther.
- Bahkan cerita Gunung Sinai diangkat dan mengambang diatas kepala rakyat Yahudi sebagai ancaman kalau menolak hukum Yahwe (Surah 7.171) berasal dari The Abodah Sarah, dan seterusnya.
Dalam Surat 17.1 terdapat laporang tentang perjalanan Muhamad dari Mekkah ke al Aqsa. Dalam tradisi berikutnya, ayat ini menunjuk kepada Muhamad menaiki langit ke-7, setelah sebuah perjalanan malam (mi’raj) dari Mekah ke Yerusalem dengan menunggangi Buraq, kuda bersayap. Ini berasal dari berbagai sumber : Testamen Ibraham (~200), Rahasia Enoch (chap.1.4-10 and 2.1), dan buku Persia tua berjudul Arta-I Viraj Namak.
Quran mengisahkan bahwa Muhamad memutuskan hubungan degnan kaum Yahudi pada tahun 624 dan memindahkan arah Kiblat (Surat 2.144 and 149-150) dari Yerusalem ke Mekah. Namun, dokumen yang ada pada kita, yaitu Doctrina Iacobi Chronicle (ditulis kira-kira tahun 634 M) dan dokumen Usup Sebeos (ditulis tahun 660 M) menunjukkan hubungan baik antara kaum Yahudi dengan kaum Ismail yang dahulu dikenal sebagai kaum Sarracen. Sumber yang lebih kemudian dari Armenia bahkan menyebut gubernur Yerusalem adalah seorang Yahudi pada tahap akhir masa penjajahan. Jadi, kesaksian-kesakian dokumen sejarah ini bertentangan dengan kesaksian dalam Quran.
Baru di abad kedua Hijriah bahwa idea tentang Muhammad kelihatannya mulai melonggar dari koneksi aslinya (yakni merujuk kepada Yesus), dan kemudian terputus sebagai sebuah konsepsi tersendiri. Lebih jauh lagi proses pelepasan ini kelihatannya mengalam baik ekspansi idea, memasukan seorang rasul-nabi Kristen bernama Muhammad, dan sebagai tahap intermeidat yang berfungsi sebagai jembatan konseptual, yakni pemujaan suatu sosok ‘Ali’ (Yang Ditinggikan), yang mengambil alih fungsi-fungsi normatif dalam cara yang lebih kongkrit dari Muhammad (Yesus) yang tampak lebih jauh dan transenden. Di abad 8, dan lebih luas lagi di abad 9, perkembangan idea Muhammad yang mandiri ini memungkinkannya untuk menyatu bersama ( atau mewujud sebagai fondasi dari) idea tentang seorang nabi Arab dengan nama yang sama, suatu idea yang telah ditransmisikansepanjang sejarah, sampai derajat tertentu, dan lewat proses inilah ia mendapatkan bentuk mandirinya. Hal ini juga mengaitkan idea Muhammad dengan tempat-tempat suci Arab, Mekkah dan Madinah. Semua ini kelihatannya telah menarik idea penciptaan identitas Arab bagi Kekaisaran Abbasid. Kemudian, pada waktu ini, karya-karya biografis dan koleksi hadits tentang sunnah bermunculan. Semua kisah-kisah yang tersedia mengenai para pemimpin Arab awal dan kontroversinya kemudian berlanjut merajut sejarah agama Islam dan perkembangan kekaisaran ini. Pemujaan pada ‘Ali’ yang dulu ada ditekan dan bertahan hanya diantara tradisi Syiah saja.
Dari sudut pandang sejarah agama-agama, kita bisa mengenali di sini suatu proses yang mengesankan tentang bagaimana kemunculan sebuah agama baru. Para tokoh-tokoh yang terlibat berada dalam pertanyaan, sama seperti para penyusun kitab Pentateuch ( 5 kitab Taurat Musa) memasukan idea-idea keagamaan mereka ke dalam jaman awal “kanonikal” dimana mereka kemudian mendasarkan dan melegitimasi idea-idea keagamaan mereka sendiri.
Tafsiran yang disajikan dalam esai-esai ini, terutama oleh Volker Popp, dan diperdalam oleh Christoph Luxenberg (sekalipun sudah pernah disarankan oleh alm. Yehuda D Nevo dan Judith Koren), bukan opini subyektif semata, melainkan didukung oleh sumber-sumber yang mampu menceritakan diri mereka sendiri dalam aras sejarah.
Namun, apa hubungan antara thesis ini dengan Quran, yang teks-teksnya, dengan beberapa perkecualian, disokong baru di awal abad 8 dan oleh suatu penulisan yang defektif (cacat), dan dimana “kanonisasi” Muslim tidak lengkap sampai sekitar satu abad setelahnya (abad 9-10)? Kita harus selalu ingat bahwa Quran muncul di jaman dan tempat (Irak) ketika seluruh kawasan yang melingkupinya masih Kristen (dan Yahudi). Dapatkah Quran ditulis sebagai dokumen pendasar dari sebuah agama baru pada saat itu? Ataukah hal itu hanya terjadi di kemudian hari saja ?
Günter Lüling [10] pernah berpendapat bahwa sebelum Muhammad muncul, telah ada sejenis “ur-Quran” yang berisi himne-himne dari lingkungan pengajaran Arian. Hymne-hymne tersebut kemudian diedit oleh Muhammad dan komunitas-komunitas awal muslim. Argumen hipotetis awal ini telah didukung lewat karya Christoph Luxenberg, yang sekalipun memakai titik awal metodologi yang sangat berbeda. [11] Luxenberg telah memperlihatkan hal berikut ini:
1. Quran muncul di kawasan berbasis bahasa Arabik/Syro-Aramaik
2. Banyak bacaan dari Quran mewakili kata-kata dan kalimat dalam bahasa Syriak yang ditulis dalam aksara Arab.
3. Bahwa struktur bahasa Arab dalam Quran menyingkapkan keseluruhan pengaruh bahasa Syriak, dan
4. Beberapa kata asli dalam bahasa Arab disalahtafsir lewat perkembangan penulisan yang lebih lengkap, yakni, pemberian konsonan lewat titik-titik diakritik; sebuah proses yang terjadi dua ratus tahun berikutnya. [12] Secara keseluruhan pembacaan baru dan ekspresinya sering muncul dari investigasi teks-teks Quran, pembacaan yang mengarah pada suatu latar belakang kristen (yang menjadi konteks pemunculan ayat-ayat tersebut- penerjemah).
barabasmurtad77- SERSAN SATU
- Posts : 197
Join date : 24.11.11
Reputation : 2
Re: sang utusan terakhir
mushaf ustman udah adah dibawah 20 tahun wafat sang nabi.
sedangkan kisah2 AL Quran yg banyak mirip dengan Bibel,mestilah andah kajih lebih jauh perbedaan.Bukan serapan mentah.
satuh contoh,di dalam Bibel disebutkan Harun adalah pembuat lembu yg dinyatakan bangsah Israel sbg wujud tuhan yg disembah.dan buruknyah perilakuh tersebut ditiruh oleh kalangan andah.Perbedaan hanyah padah obyek patung.Lembu dan manusiah.
kel 32
(3)Lalu seluruh bangsa itu menanggalkan anting-anting emas yang ada pada telinga mereka dan membawanya kepada Harun
(4) Diterimanyalah itu dari tangan mereka, dibentuknya dengan pahat, dan dibuatnyalah dari padanya anak lembu tuangan. Kemudian berkatalah mereka: "Hai Israel, inilah Allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir!"
(5) Ketika Harun melihat itu, didirikannyalah mezbah di depan anak lembu itu. Berserulah Harun, katanya: "Besok hari raya bagi TUHAN
(6) Dan keesokan harinya pagi-pagi maka mereka mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan, sesudah itu duduklah bangsa itu untuk makan dan minum; kemudian bangunlah mereka dan bersukaria.
sedangkan Harun,disebut di dalam Al Quran sbg seseorang yg berakidah lurus/tauhid.Satu hal telah diluruskan Al Quran.
Bagaimana dengan kisah lainnya?Banyak.Incest antara Lot dg anaknyah,Nuh yg bugil dan sebagian besar dapat andah bandingkan sendirih.Termasuk ismael yg oleh Bibel dikategorikan sbg anak idiot.
Al Quran hadir utk meluruskan berbagaih perkarah yg adah di dalam Bibel.Jadih gak heran adah kesamaan dan tak sedikit pulah perbedaan.
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: sang utusan terakhir
yang mengaku utusan terakhir pasti orang sinting
yang sok tahu dan sok mengatur Tuhan
yang sok tahu dan sok mengatur Tuhan
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: sang utusan terakhir
buktiin dunk...SEGOROWEDI wrote:yang mengaku utusan terakhir pasti orang sinting
yang sok tahu dan sok mengatur Tuhan
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: sang utusan terakhir
buktinya tak ada nabi yang mengaku terakhir
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: sang utusan terakhir
buktinyah mana?SEGOROWEDI wrote:buktinya tak ada nabi yang mengaku terakhir
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: sang utusan terakhir
abu hanan wrote:buktinyah mana?
buktinya gak ada nabi yang ngaku
adanya si nabi-nabian aias si sinting
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: sang utusan terakhir
hehehe...ngawur mode onSEGOROWEDI wrote:abu hanan wrote:buktinyah mana?
buktinya gak ada nabi yang ngaku
adanya si nabi-nabian aias si sinting
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: sang utusan terakhir
sudah 1400an sejak muhammad belum juga kiamat
maka klaim nabi terakhir jelas sangat tidak masuk akal
karena berarti tuhan membiarkan umatnya banyak yang bakal tersesatkan setan
itu klaim narsis belaka
maka klaim nabi terakhir jelas sangat tidak masuk akal
karena berarti tuhan membiarkan umatnya banyak yang bakal tersesatkan setan
itu klaim narsis belaka
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: sang utusan terakhir
hahaha....gemana seh definisi nabi terakhir menurut anda plus batasan waktu dari nabi terakhir menuju kiamat?
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: sang utusan terakhir
kan tidak rasional..
umat dibiarin keleleran selama 1400 tahun tanpa utusan
ilah tak bertanggung-jawab
umat dibiarin keleleran selama 1400 tahun tanpa utusan
ilah tak bertanggung-jawab
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: sang utusan terakhir
keleleran?dari mana itu penilaian?abu hanan wrote:hahaha....gemana seh definisi nabi terakhir menurut anda plus batasan waktu dari nabi terakhir menuju kiamat?
hahahahaha....
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: sang utusan terakhir
abu hanan wrote:
keleleran?dari mana itu penilaian?
hahahahaha....
lha gak ada lagi yang menyertai umatnya
selama lebih dari 1400 tahun dan entah sampai kapan
sungguh ilah yang tak bertanggung jawab atau sungguh klaim orang sinting
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: sang utusan terakhir
tuh umat uda ditinggalin quran ama hadits...SEGOROWEDI wrote:abu hanan wrote:
keleleran?dari mana itu penilaian?
hahahahaha....
lha gak ada lagi yang menyertai umatnya
selama lebih dari 1400 tahun dan entah sampai kapan
sungguh ilah yang tak bertanggung jawab atau sungguh klaim orang sinting
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: sang utusan terakhir
abu hanan wrote:
tuh umat uda ditinggalin quran ama hadits...
dari dulu juga dikasih kitab
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: sang utusan terakhir
seorang bapak bilang sama anak ; nak,tuh jangan lupa sama pesen2 saya.SEGOROWEDI wrote:abu hanan wrote:
tuh umat uda ditinggalin quran ama hadits...
dari dulu juga dikasih kitab
lantas si bapak wafat.
anak dikelelerin?
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: sang utusan terakhir
abu hanan wrote:
seorang bapak bilang sama anak ; nak,tuh jangan lupa sama pesen2 saya.
lantas si bapak wafat.
anak dikelelerin?
iya dong..
terus yang bakal merawatnya siapa?
kalau cuman kitab, dari dulu juga sudah diberi
maka sinting kalau ada yang mengklaim sebagai nabi/utusan terakhir
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: sang utusan terakhir
hahaha...emang anak ga bisa cari nafkah?bapak wafat usia 70,si anak usia uda 35.dikelelerin gimanah?
jika anda org dewasa,minimal bisa berpikir gak perlu tuh warisan ortu karena anda uda bisa cari nafkah sendiri.
bapak cukup tinggalin pesen aja buat arungi kehidupan.
justru karena klaim nabi terakhir itulah yg menjadikan muslim gak ngawur terima sembarang org yg ngaku2 nabi atau wali apalagi ngaku mimpi ketemu nabi.beda dengan ajaran anda...
jika anda org dewasa,minimal bisa berpikir gak perlu tuh warisan ortu karena anda uda bisa cari nafkah sendiri.
bapak cukup tinggalin pesen aja buat arungi kehidupan.
justru karena klaim nabi terakhir itulah yg menjadikan muslim gak ngawur terima sembarang org yg ngaku2 nabi atau wali apalagi ngaku mimpi ketemu nabi.beda dengan ajaran anda...
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: sang utusan terakhir
musuh yang dihadapi itu setan/iblis
adam aja tertipu dan tersesatkan
ini umat biasa malah ditelantarkan ribuan tahun tanpa penolong
maka amat sinting kalau ada orang 1400an tahun yang lalu ngaku-aku sebagai utusan terakhir
adam aja tertipu dan tersesatkan
ini umat biasa malah ditelantarkan ribuan tahun tanpa penolong
maka amat sinting kalau ada orang 1400an tahun yang lalu ngaku-aku sebagai utusan terakhir
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: sang utusan terakhir
TANPA PENOLONG adalah anggapan anda.justru anggapan tersebut bertolak belakang dengan keyakinan muslim karena banyak ayat AL Quran yg menerangkan bahwa pertolongan tuhan dapat datang setiap saat dan kepada siapapun yg mengimaniNya.SEGOROWEDI wrote:musuh yang dihadapi itu setan/iblis
adam aja tertipu dan tersesatkan
ini umat biasa malah ditelantarkan ribuan tahun tanpa penolong
maka amat sinting kalau ada orang 1400an tahun yang lalu ngaku-aku sebagai utusan terakhir
btw...bagaimanah dengan ajaran anda?siapa nabi ataow pwnolong setelah yesus?
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: sang utusan terakhir
abu hanan wrote:TANPA PENOLONG adalah anggapan anda.justru anggapan tersebut bertolak belakang dengan keyakinan muslim karena banyak ayat AL Quran yg menerangkan bahwa pertolongan tuhan dapat datang setiap saathttps://2img.net/i/fa/wysiwyg/text_bold.png dan kepada siapapun yg mengimaniNya.
btw...bagaimanah dengan ajaran anda?siapa nabi ataow pwnolong setelah yesus?
sudah aku bilang..
kalau hanya soal buku, dari dulu juga sudah dikasih
dan dari dulu pula Tuhan siap menolong
tetapi tetep saja dikirim-Nya nabi/utusan selama kurun waktu tertentu
ini sudah 1400an tahun kosong melompong gara-gara klaim orang sinting yang mengaku sebagai utusan terakhir
misalnya agabus dll. (kis 11:27-30); barnabas, simeon, lukius, menahem (kis 13:1-3), yudas, silas (kis 15:32), dan lain-lain pengajar..
dan yang pasti adalah TUHAN YESUS sendiri (Mat 28:20)
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: sang utusan terakhir
setelah era PB berakhir...siapa pengajar umat kristen?
Silas?siapakah dia?
Silas?siapakah dia?
abu hanan- GLOBAL MODERATOR
-
Age : 90
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224
Re: sang utusan terakhir
abu hanan wrote:setelah era PB berakhir...siapa pengajar umat kristen?
Silas?siapakah dia?
poinnya:
nabi dalam arti pengajar selalu dikirim Tuhan sepanjang masa
dan Tuhan sendiri menyertai umat-Nya
maka sinting kalau mengklaim nabi terakhir
sok lebih tahu dari Tuhan dan mengambil otoritas Tuhan
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Halaman 2 dari 5 • 1, 2, 3, 4, 5
Similar topics
» Memosisikan kembali Yesus sebagai Utusan Tuhan, dan bukan Sang Pengutus
» Sirah Ibnu Hisyam tentang usulan Yahudi kepada utusan Quraisy
» Yesus hanyalah nabi!! Dia hanya utusan TUHAN!!
» Surga Gay di Tanah Dijanjikan Tuhan
» Muhammad SAW adalah utusan TUHAN untuk sekalian alam
» Sirah Ibnu Hisyam tentang usulan Yahudi kepada utusan Quraisy
» Yesus hanyalah nabi!! Dia hanya utusan TUHAN!!
» Surga Gay di Tanah Dijanjikan Tuhan
» Muhammad SAW adalah utusan TUHAN untuk sekalian alam
Halaman 2 dari 5
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik