KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
Halaman 1 dari 2 • Share
Halaman 1 dari 2 • 1, 2
KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
QS 20 : 87, 94 menyebutkan orang Samiri (Samaritan) yang membuat patung anak lembu pada jaman Musa. Padahal kaum Samiri (Samaritan) baru muncul sekitar 600 tahun kemudian setelah kerajaan Israel terpecah 2 sekitar 931 SM menjadi Yehuda di selatan dan Israel di Utara. Oleh raja Omri dari Israel Utara sekitar tahun 879 SM dibangunlah ibu kota baru yaitu kota Samaria yang kemudian memunculkan sebutan orang-orang Samaria
Paradise OK- LETNAN SATU
-
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
QS. 20:87. Mereka berkata: "Kami sekali-kali tidak melanggar perjanjianmu dengan kemauan kami sendiri, tetapi kami disuruh membawa beban-beban dari perhiasan kaum itu, maka kami telah melemparkannya, dan demikian pula Samiri melemparkannya",
mana ada orang Samaria nya disitu? jangan maksa!
mana ada orang Samaria nya disitu? jangan maksa!
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
siapa samiri dlm kisah itu ? dalam hal ini para ulama/sahabat2 muhammad sendiri macam-macam pendapatnya,
Musa bin Zafar lebih dikenal sebagai Samiri, menurut pendapat SAHABAT NABI (Qatada bin al-Nu'man), ia (Samiri) penduduk desa Samarra atau as-Samirah, sedangkan menurut Abdullah bin Abbas As-Samiri adalah orang dari orang-orang dari Bajarma
Musa said to As-Samiri, "What caused you to do what you did? What presented such an idea to you causing you to do this?" Muhammad bin Ishaq reported from Ibnu `Abbas that he said, "As-Samiri was a man from the people of Bajarma, a people who worshipped cows. He still had the love of cow worshipping in his soul. However, he acted as though he had accepted Islam with the Children of Israel. His name was Musa bin Zafar." Qatadah said, "He was from the village of Samarra.
Qatadah said, "He was from the village of Samarra
Paradise OK- LETNAN SATU
-
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
Samarra itu Samaritan?
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
ya, antara lain berangkat dari pernyataan ini : Qatadah said, "He was from the village of Samarra
menurutmu ?
menurutmu ?
Paradise OK- LETNAN SATU
-
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
yang nerjemahin aja nggak tahu kalau Samarra itu Samaritans (kalau tahu, kenapa nggak ditulis/diterjemahin Samaritans?), apalagi saya!
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
frontline defender wrote:yang nerjemahin aja nggak tahu kalau Samarra itu Samaritans (kalau tahu, kenapa nggak ditulis/diterjemahin Samaritans?), apalagi saya!
Ini ada yg nerjemahin samaritans
Dr. Ghali
They said, "In no way did we fail your promise of our volition; but we were burdened with encumbrances of adornment of the people; so we hurled them (into the fire). So, (even) thus did As-Samiriyy (The Samaritan) also cast."
salapanbelas maret- SERSAN MAYOR
-
Age : 28
Posts : 711
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jakarta, tanah tumpah darah beta.
Join date : 19.03.14
Reputation : 5
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
ok, lha terus apa dasarnya yang nerjemahin tsb, menerjemahkannya/menafsirkannya sebagai Samaria?
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
frontline defender wrote:yang nerjemahin aja nggak tahu kalau Samarra itu Samaritans (kalau tahu, kenapa nggak ditulis/diterjemahin Samaritans?), apalagi saya!
siapa sosok Samiri dlm kisah itu ? dalam hal i2 sahabat2 muhammad saw sendiri berbeda pendapatnya,
Musa bin Zafar lebih dikenal sebagai Samiri, menurut pendapat SAHABAT NABI (Qatada bin al-Nu'man), ia (Samiri) penduduk desa Samarra atau as-Samirah, sedangkan menurut Abdullah bin Abbas As-Samiri adalah orang dari orang-orang dari Bajarma
Qatadah said, "He was from the village of Samarra = as-Samirah
the village of Samarra = desa Samarra atau as-Samirah = ORANG/KAMPUNG SAMARIA
sumber/catatan kaki
http://id.wikipedia.org/wiki/Samiri
http://id.wikipedia.org/wiki/Orang_Samaria
Musa bin Zafar lebih dikenal sebagai Samiri, menurut pendapat SAHABAT NABI (Qatada bin al-Nu'man), ia (Samiri) penduduk desa Samarra atau as-Samirah, sedangkan menurut Abdullah bin Abbas As-Samiri adalah orang dari orang-orang dari Bajarma
Qatadah said, "He was from the village of Samarra = as-Samirah
the village of Samarra = desa Samarra atau as-Samirah = ORANG/KAMPUNG SAMARIA
sumber/catatan kaki
http://id.wikipedia.org/wiki/Samiri
http://id.wikipedia.org/wiki/Orang_Samaria
Paradise OK- LETNAN SATU
-
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
ibu kota kok bisa jadi desa/kampung itu gimana ceritanya? Bajarma itu ada di Israel Utara?
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
terserah mau bilang desa/kota/kampung yg jelas menunjuk pd suatu keberadaan tempat yg pd era Musa TIDAK ADA (baca : as-Samirah)frontline defender wrote:ibu kota kok bisa jadi desa/kampung itu gimana ceritanya? Bajarma itu ada di Israel Utara?
menurut penuturan Qatada bin al-Nu'man sahabat rasulloh
lagian Bajarma itu apaan sih ? , sebab setahuku dlm sepanjang sejarah bangsa Israel tidak ada nama kota itu
Paradise OK- LETNAN SATU
-
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
samiri adalah semar.....
sebagaimana orang samiri, semar pun memiliki pusat ibadah di gunung mahameru.
sebagaimana orang samiri, semar pun memiliki pusat ibadah di gunung mahameru.
ancurkan oleh Yohanes Hirkanus dari wangsa Hasmoni.[4]http://id.wikipedia.org/wiki/Orang_Samaria[/mention] wrote:Pusat Ibadah di Gunung Gerizim
Orang-orang Samaria tidak mengakui Yerusalem sebagai tempat ibadah utama, melainkan mendirikan bait suci yang menjadi pusat peribadahan mereka di dekat Gunung Gerizim.[1] Gunung Gerizim mereka anggap sebagai tempat suci pilihan Allah dan di situlah mereka menyelenggarakan ibadah mereka sendiri.[3] Tidak diketahui dengan pasti kapan bait tersebut dibangun, namun pastinya telah berdiri sebelum tahun 128 SM ketika dih
paman tat- SERSAN MAYOR
-
Posts : 369
Kepercayaan : Islam
Location : hongkong
Join date : 05.07.13
Reputation : 15
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
Qatada bin al-Nu'man sahabat rasulloh berkata Samiri berasal dari desa/kota/kampung/dusun as-Samirah/SAMARIA yg pda era Musa TIDAK ADA desa/kota/kampung/dusun dimaksud
Paradise OK- LETNAN SATU
-
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
mana buktinya kalau ndeso Samirah itu ndeso Samaria? kedua, mana buktinya kalau kota Samaria yang kamu singgung itu bernama begitu bukan karena yang mendirikannya adalah kaum/kelompok Samaria (jadi orang Samaria sudah ada lebih dulu daripada kota Samaria), mengingat banyak kerajaan yang dinamai berdasarkan kaum yang mendirikannya seperti dinasti Mamluk dinamakan begitu karena yang mendirikannya adalah kaum Mamluk?
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
berdasarkan pernyataan ini :
Qatadah said, "He/SAMIRI was from the village of Samarra/as-Samirah
http://id.wikipedia.org/wiki/Samiri
http://id.wikipedia.org/wiki/Orang_Samaria
yg pda era Musa TIDAK ADA desa/kota/kampung/dusun dimaksud
Qatadah said, "He/SAMIRI was from the village of Samarra/as-Samirah
http://id.wikipedia.org/wiki/Samiri
http://id.wikipedia.org/wiki/Orang_Samaria
yg pda era Musa TIDAK ADA desa/kota/kampung/dusun dimaksud
Paradise OK- LETNAN SATU
-
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
dilinkmu nggak ada buktinya!
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
maria (maryam) aja bisa keliru miryam kok
apalagi samiri/samaritan
disorientasi dia
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
frontline defender wrote:dilinkmu nggak ada buktinya!
http://id.wikipedia.org/wiki/Samiri
Musa bin Zafar yang lebih dikenal sebagai Samiri, karena menurut pendapat sahabat nabi, ia penduduk desa Samarra atau as-Samirah. . silahkan anda klik kata "as-Samirah", linknya akan menuju ke sini
http://id.wikipedia.org/wiki/Orang_Samaria
Musa said to As-Samiri, "What caused you to do what you did? What presented such an idea to you causing you to do this?" Muhammad bin Ishaq reported from Ibnu `Abbas that he said, "As-Samiri was a man from the people of Bajarma, a people who worshipped cows. He still had the love of cow worshipping in his soul. However, he acted as though he had accepted Islam with the Children of Israel. His name was Musa bin Zafar." Qatadah said, "He was from the village of Samarra."
Qatadah said, "He was from the village of Samarra
http://id.wikipedia.org/wiki/Samaria
http://en.wikipedia.org/wiki/Samaria
Samaria, atau Shomron (bahasa Ibrani:שֹׁמְרוֹן}}, bahasa Ibrani standar Šoməron bahasa Ibrani Tiberias Šōmərôn; bahasa Arab: سامريّون, Sāmariyyūn or ألسامرة, as-Samarah – juga dikenal sebagai جبال نابلس, Jibal Nablus; bahasa Yunani: Σαμαρεία) adalah sebuah istilah geografis yang digunakan untuk wilayah pegunungan antara Galilea di utara dan Yudea di selatan. Nama ini digunakan untuk wilayah alam, historis, dan politik. Daerah ini terletak di tengah Tanah Israel di dalam Alkitab. Kebanyakan wilayah ini berada di Tepi Barat sebelah utara dari Sungai Yordan.
Samarra = as-Samirah = SAMARIA
yang pada era Musa TIDAK ADA ndeso Samarra = as-Samirah = SAMARIA
Paradise OK- LETNAN SATU
-
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
coba bandingkan tulisan arab Samariyyun & Samarrah, beda kan? mana buktinya di jaman Musa kaum Samaria & ndeso Samarra belum ada?
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
سامريّون, Sāmariyyūn or/ATAU ألسامرة, as-Samarah
http://id.wikipedia.org/wiki/Samaria
http://id.wikipedia.org/wiki/Samaria
Secara etnis, orang Samaria adalah penduduk Samaria setelah awal pembuangan orang Israel di Israel (2 Raja-raja 17 dan Yosefus [Ant 9.277–91]). Ketika Asyur mengalahkan Kerajaan Utara (Israel) pada 722 SM, sebagian penduduknya dideportasi, dan orang-orang lain dari Kekaisaran Asyur ditempatkan di Israel. Sargon mengklaim dalam catatan-catatan sejarah Asyur bahwa ia mengangkut 27.290 penduduk dari Samaria, ibukota Israel Utara. Para penduduk yang baru menyembah dewa-dewa mereka sendiri, tetapi ketika di wilayah yang mulanya jarang penduduknya itu merajalela binatang-binatang buas yang berbahaya, mereka meminta kepada raja Asyur untuk mengirimkan para imam Israel untuk mengajar mereka tentang bagaimana menyembah "dewa wilayah itu." Hasilnya adalah sebuah agama sinkretistik – kelompok-kelompok nasional menyembah Tuhan, tetapi mereka juga melayani dewa-dewa mereka sendiri sesuai dengan kebiasaan bangsa-bangsa asal usul mereka. Sebagian orang Samaria mengklaim sebagai keturunan orang Israel dari Kerajaan Utara yang lolos dari deportasi dan pembuangan.
Omri, raja Israel, membeli bukit ini dari Semer pemiliknya dengan dua talenta perak, dan membangun di puncaknya yang luas sebuah kota yang dianaminya "Shomeron", yaitu, Samaria, sebagai ibukota baru kerajaannya, ketimbang Tirzah (1 Raja-raja 16:24). Karena itu, kota ini mempunyai sejumlah keuntungan. Omri tinggal di sini selama enam tahun terakhir pemerintahannya.
Paradise OK- LETNAN SATU
-
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
SEGOROWEDI wrote:
maria (maryam) aja bisa keliru miryam kok
apalagi samiri/samaritan
disorientasi dia
Itulah huebatnya Alquran, bahkan kisah dongeng aja jadi betulan di Quran.
salapanbelas maret- SERSAN MAYOR
-
Age : 28
Posts : 711
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jakarta, tanah tumpah darah beta.
Join date : 19.03.14
Reputation : 5
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
belum didirikannya kota Samaria di jaman Musa kok membuktikan ketidakadaan ndeso Samarah di jaman Musa, bener2 nggak nyambung!
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
silat lidah
jumpalitan main sirkus
fd
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
sekilas info
http://alkitab.sabda.org/dictionary.php?word=Samaria
Samaria
Samaria: BIS ENDE FAYH KL1863 KL1870 SBDR TB TL WBTCDR
Samariah: BABA
SJawmerawn: LDKDR
SJawmerawnij: LDKDR
dalam bahasa Gerika disebut “Symron”, yang berarti “pengawal” 1Raja 16:24
Samaria: selebihnya..
Topik: King Hoshea and the Fall of Samaria; Preaching and Baptizing in Samaria; Samaria Resettled; The Arameans Flee from Samaria; The Woman from Samaria; War and Famine in Samaria
NETBible Maps:
Peta Google: Samaria (32° 16´, 35° 11´);
OpenBible: (Flickr/Panoramio) Samaria;
Samaria = "guardianship"
1) a territory in Palestine, which had Samaria as its capital
of Hebrew origin (8111); Samaria (i.e. Shomeron), a city and region of Palestine: KJV -- Samaria.
see HEBREW for 08111
1) a Samaritan,
1a) an inhabitant of the city of Samaria
1b) an inhabitant of the region of Samaria
from 4540; a Samarite, i.e. inhabitant of Samaria: KJV -- Samaritan.
see GREEK for 4540
1) a Samaritan woman
feminine of 4541; a Samaritess, i.e. woman of Samaria: KJV -- of Samaria.
see GREEK for 4541
Samaria = "watch mountain"
1) the region of northern Palestine associated with the northern
kingdom of the 10 tribes of Israel which split from the kingdom
after the death of Solomon during the reign of his son Rehoboam
and were ruled by Jeroboam
2) the capital city of the northern kingdom of Israel located 30
miles (50 km) north of Jerusalem and 6 miles (10 km) northwest
of Shechem
from the active participle of 8104; watch-station; Shomeron, a place in Palestine: KJV -- Samaria.
see HEBREW for 08104
Samaria = "watch mountain"
1) the region of northern Palestine associated with the northern
kingdom of the 10 tribes of Israel which split from the kingdom
after the death of Solomon during the reign of his son Rehoboam
and were ruled by Jeroboam
2) the capital city of the northern kingdom of Israel located 30
miles (50 km) north of Jerusalem and 6 miles (10 km) northwest
of Shechem
(Aramaic) corresponding to 8111; Shomrain, a place in Palestine: KJV -- Samaria.
see HEBREW for 08111
Samaritans = "of Samaria"
1) inhabitants of Samaria
patrial from 8111; a Shomeronite (collectively) or inhabitants of Shomeron: KJV -- Samaritans.
see HEBREW for 08111
Samaria
av [feminin] Samaria: (1) wilayah; (2) kota
ou [maskulin] orang Samaria
idov [feminin] orang Samaria (perempuan)
Ibu kota kerajaan Utara yang terpisah sejak zaman *Omri (k.l. 870 sM; lRaj. 16:24) sampai tahun 722 sM pada waktu *Asyur merebutnya. Kota ini sangat diperkuat dan beberapa penduduknya sangat mewah (Am. 6:4-6). Daerah perbukitan sekitar Samaria diduduki suku-suku *Yusuf pada waktu awal mula pendudukan, tetapi setelah ditaklukkan Asyur, sebagian besar penduduk setempat dikeluarkan (2Raj. 17:6) dan diganti dengan pendatang asing sekitar tahun 720 sM. Ini adalah penjelasan orang Yahudi tentang perasaan benci di antara *Yehuda dan Samaria yang makin memburuk dengan dibangunnya kembali Yerusalem, setelah masa pembuangan (Ezr. 4:8-24). Di lain pihak, permusuhan orang Yahudi setelah pembuangan itu yang mungkin menghasilkan catatan permusuhan mengenai asal-usul orang Samaria. Pada waktu zaman *Helenis (325-363 sM) ada gangguan lebih lanjut dan orang Samaria membangun kembali kota di *Sikhem dan Bait Suci untuk Yahweh di Gunung *Gerizim. Pada zaman *Makabe daerah ini dikuasai *Yudea. Pemerintah Roma memberikannya kepada *Herodes Agung pada tahun 30 sM dan dilanjutkan kepada *Arkhelaus (4sM-6M). Sebagai daerah pemerintahan, Samaria disebut dalam PB (mis. Mat. 10:5; Kis. 8:4-25).
Ibu kota Israel Utara dan wilayah di sekitarnya.
I. Sejarahnya
Sesudah memerintah 6 thn di Tirza, Omri membangun ibu kota baru kerajaan Utara di atas bukit, 11 km di sebelah barat laut Sikhem, menguasai jalur perdagangan utama yg melalui dataran Esdraelon. Ia membeli daerah itu seharga 2 talenta perak, dan menamainya menurut nama pemiliknya Semer (1 Raj 16:24). Tempat itu tidak dikenal bila tidak disamakan dengan Samir, rumah Tola (Hak 10:1; F. M Abel, Geographie de la Palestine, 2, hlm 444). Bukit yg tingginya 100 m, dan meliputi pemandangan di atas dataran itu tak dapat ditaklukkan kecuali dengan mengepungnya (2 Raj 6:24), dan nama (syom'ron) dapat dihubungkan dengan kata Ibrani yg berarti 'pos penjagaan'.
Omri mengizinkan orang Aram dari Damsyik mendirikan beberapa pasar di kota Samaria (1 Raj 20:34). Enam thn Omri membangun Samaria. Kemudian dilanjutkan oleh Ahab, yg membangun sebuah rumah yg dihiasi atau dilapisi dengan gading (1 Raj 22:39). Dalam sebuah kuil bagi Baal, dewa Sidon (Melqart), yg penyembahannya didorong oleh Izebel (1 Raj 18:22), Ahab mendirikan pilar ('asyera) di dekat mezbah, yg kemudian dibuang oleh Yoram ( 2 Raj 3:2). Kuil-kuil dan gedung-gedung lainnya yg dipakai oleh imam-imam penyembah berhala, nampaknya sudah digunakan sejak zaman ini sampai terjadi pembaruan yg dilakukan oleh Yehu (2 Raj 10:19). Samaria untuk kurun waktu yg lama dianggap oleh para nabi sebagai pusat penyembahan berhala (Yes 8:4; 9:9; Yer 23:13; Yeh 23:4; Hos 7:1; Mi 1:6).
Ben-Hadad II dari Siria mengepung Samaria. Mula-mula tidak berhasil (1 Raj 20:1-21). Tapi kemudian pasukan Siria menimbulkan bala kelaparan yg amat hebat (2 Raj 6:25). Ini dapat diatasi hanya oleh kepanikan dan penarikan mundur pasukan Siria secara tiba-tiba, seperti yg diketahui dan dilaporkan oleh penderita kusta (2 Raj 7). Ahab dikuburkan di kota itu, sama seperti sejumlah raja Israel lainnya yg tinggal di sana (1 Raj 22:37; 2 Raj 13:9, 13; 14:16). Keturunan Ahab terbunuh di sana (2 Raj 10:1), termasuk Ahazia, yg sia-sia bersembunyi di kota yg ramai itu (2 Taw 22:9). Samaria dikepung lagi pada zaman Elisa dan secara ajaib diselamatkan (2 Raj 6:8 dab).
Pada thn ke-10 pemerintahan *Menahem, ia menyelamatkan Samaria dari serangan Asyur dengan membayar upeti, semacam pajak kepala, kepada Tiglat-Pileser III (2 Raj 15:17-20). Putranya, *Pekah, menyewa dan membawa tentara Asyur lagi menyerang Yehuda.
Dalam almanak Asyur, kota itu yg juga disebut Samarina atau Bit-Humri ('Rumah Omri'), dikepung oleh Salmaneser V dari Asyur pada thn 725-722 sM. Kitab 2 Raj 3 dab mencatat bahwa ia menaklukkan Samaria, dan catatan itu sesuai dengan Tawarikh Babel. Tapi agaknya ia meninggal sebelum kota itu pada akhirnya menyerah. Penduduk, yg dihasut oleh Iau-bi'di dari Hamat, menolak membayar pajak yg dipaksakan kepada mereka. Pada thn berikutnya (721 sM), Sargon II, raja baru Asyur, memulai rencana pembuangan massal seluruh penduduk wilayah itu. Menurut almanaknya, Sargon mengangkut 27.270 atau 27.290 tawanan, dan maksudnya ialah untuk meniadakan keberadaan kerajaan Israel Utara sebagai suatu negara yg merdeka. Orang-orang buangan itu dikirim ke tempat-tempat di Siria, Asyur, dan Babel. Tempat asal mereka diserahkan kepada rakyat jajahan dari daerah-daerah yg tidak aman, bagian wilayah kekaisaran Asyur ( 2 Raj 17:24). Kegagalan mengolah lahan wilayah yg ditinggalkan itu menyebabkan meningkatnya serangan singa-singa (ay 25). Beberapa orang Israel yg disebut orang Samaria (ay 29) masih mendiami bagian kota itu dan melanjutkan ibadah di Yerusalem (Yer 41:5). Menurut suatu prasasti kuniform (HCS, 247), kota itu berada di bawah gubernur Asyur; baik Esar-Hadon (Ezr 4:2) maupun Asyurbanipal (Ezr 4:9, 10) memasukkan tambahan rakyat dari Babel dan Elam. Persaingan antara Samaria dan Yehuda yg terjadi sejak dulu makin bertambah tegang, walaupun Samaria sebagai kota makin merosot.
Papirus-papirus yg baru ditemukan di gua di Wadi ed-Daliyeh, 14 km di utara Yerikho, nampaknya menguatkan catatan ahli sejarah kuno, bahwa mula-mula Samaria memihak pada Aleksander yg merebut kota itu pada thn 331 sM. Tapi pada saat Aleksander di Mesir, mereka membunuh gubernur Siria yg dilantik oleh Aleksander: ia kembali dan membinasakan Samaria, membunuh pemimpin-pemimpin kota itu dalam gua tempat pelarian mereka, dan membawa orang Makedonia sebagai penduduk negeri. Data papirus itu memungkinkan pendaftaran nama gubernur Samaria mulai dari Sanbalat I lk 445 sM.
Samaria dikepung oleh Yohanes Hirkanus pada kr 111-107 sM, dan desa-desa di sekitarnya dibinasakan. Pompeius dan Gabinius mulai membangunnya kembali (Jos., Ant. 14.75), tapi Herodes-lah yg memperindah kota itu selanjutnya dan memberi nama baru, Sebaste (Agusta), untuk menghormati kaisar. Di dalam kota itu ia tempatkan 6.000 veteran, termasuk orang-orang Yunani. Sesudah Herodes meninggal, Samaria menjadi bagian wilayah Arkhelaus, kemudian menjadi koloni Romawi di bawah Septimus Severus. Meskipun ada pertentangan antara Yehuda dan Samaria, Yesus Kristus menempuh jalan pintas lewat Samaria ke Galilea (Luk 17:11), dan beristirahat di Sikhar dekat Sikhem, sebuah kota Samaria (Yoh 4:4). Filipus berkhotbah di Samaria, tapi mungkin yg dimaksud ialah distriknya bukan kotanya, karena dalam Kis 8:5 tidak ada kata sandangnya.
II. Arkeologi
Bukit Samaria (Sebastiyeh, modern) pada Zaman Perunggu I telah didiami, kemudian ditinggalkan hingga Zaman Besi. Di situ telah ditemukan 16 tingkat pemukiman oleh kelompok Harvard (1908-19 10), dan kemudian kerja sama antara Harvard -- Hebrew University -- British School of Archaeology di Yerusalem mengadakan penelitian (1931-1935). Selanjutnya tempat itu digali lagi oleh Departemen Badan Purbakala pemerintahan Yordan (1965) dan British School of Archaeology di Yerusalem (1968). Daerahnya sulit digali karena padatnya dan deretan perumahan serta pembangunan kembali yg terus-menerus. Masa pemukiman tujuh tingkat telah dianggap berasal dari orang Israel: Tingkat I-II = Omri-Ahab (28 thn). Dinding benteng sebelah dalam (tebalnya 1,5 m) dan sebelah luar (tebalnya 6 m) diselesaikan oleh raja Ahab melingkari puncaknya. Sebuah gerbang utama nampaknya mempunyai ruang masuk dengan tugu. Istana yg kemudian diubah oleh Yerobeam II mempunyai halaman yg luas, di mana terdapat sebuah tempat persediaan air atau kolam (10 x 5 m). Mungkin itulah tempat mencuci kereta Ahab yg berlumuran darah (1 Raj 22:38). Dalam gudang yg bersambungan dengan kolam itu ditemukan lebih 200 plakat atau potongan gading. Ini menunjukkan adanya pengaruh gaya Fenisia dan Mesir kuno, dan mungkin merupakan alas bagi perabot rumah Ahab (*GADING). Enam puluh lima ostraka dengan prasasti Ibrani kuno, mencatat kapasitas dan pemilik asli dari bejana anggur, beserta tanggal isinya (DOTT, hlm 204-208). Ini mungkin menunjuk kepada pemerintahan Yerobeam II.
Tingkat III menandai zaman Yehu termasuk perubahan di gedung-gedung terdahulu. Kemudian, sesudah diantarai suatu kurun waktu, datang tingkat IV-VI, zaman Israel meliputi Yerobeam dan abad 8 sM. Kota Samaria diperbaiki pada dasawarsa-dasawarsa terakhir sebelum kejatuhannya ke tangan Asyur pada thn 722 sM, yg ditandai oleh pembinasaan tingkat VII.
Sisa-sisa bangunan Helenistik terpelihara baik, dengan menara bulat yg berdiri setinggi sembilan belas tumpukan batu, sebuah benteng, tembok kota (dekat Gerbang Barat), kepingan-kepingan uang logam, gagang bejana yg dicap, dan sisa-sisa tembikar Yunani.
Bagian kota yg disebut Kota Romawi, yakni bangunan Herodes dikenal karena kuil besar yg diperuntukkan bagi Kaisar Agustus. Bagian ini dibangun di atas istana-istana Israel. Sisa-sisa lainnya mencakup dinding yg tertutup Gerbang Barat, dengan tiga menara bulat, sebuah jalan (820 m) dengan deretan tiang-tiang yg dibatasi oleh portal-portal dan toko-toko, kuil Isis yg diperuntukkan kembali bagi Kore, sebuah basilika (68 x 32 m), terbagi menjadi tiga bagian oleh tiang batu besar bergaya Korintus, sebuah forum, sebuah stadion, dan sebuah saluran air. Banyak dari puing-puing yg dapat ditemukan mungkin harus diberi penanggalan dari zaman orang-orang yg memperbaikinya, terutama Septimus Severus (thn 193-211).
KEPUSTAKAAN. A Parrot, Samaria 1958; J. W Crowfoot, K Kenyon dll, Samaria 1, The Building at Samaria, 1943; 2, Earlylvories atSamaria, 1938; 3, The Objects from Samaria, 1957; BA 26, 1963, hlm 110-121; J. B Hennessy, 'Exavations at Samaria-Sebaste' 1968, Levant 2, 1970, hlm 1-21: P. W dan N. L Lapp, Discoveries in the Wadi ed-Daliyeh, AASOR 41, 1974. DJW/S/HAO
http://alkitab.sabda.org/dictionary.php?word=Samaria
Samaria
Dalam versi-versi Alkitab:
Samaria: BIS ENDE FAYH KL1863 KL1870 SBDR TB TL WBTCDR
Samariah: BABA
SJawmerawn: LDKDR
SJawmerawnij: LDKDR
dalam bahasa Gerika disebut “Symron”, yang berarti “pengawal” 1Raja 16:24
Gambar
Samaria: selebihnya..
Topik: King Hoshea and the Fall of Samaria; Preaching and Baptizing in Samaria; Samaria Resettled; The Arameans Flee from Samaria; The Woman from Samaria; War and Famine in Samaria
NETBible Maps:
Peta Google: Samaria (32° 16´, 35° 11´);
OpenBible: (Flickr/Panoramio) Samaria;
Yunani
Strongs #4540: samareia Samareia
Samaria = "guardianship"
1) a territory in Palestine, which had Samaria as its capital
4540 Samareia sam-ar'-i-ah
of Hebrew origin (8111); Samaria (i.e. Shomeron), a city and region of Palestine: KJV -- Samaria.
see HEBREW for 08111
Strongs #4541: samareithv Samareites
1) a Samaritan,
1a) an inhabitant of the city of Samaria
1b) an inhabitant of the region of Samaria
4541 Samareites sam-ar-i'-tace
from 4540; a Samarite, i.e. inhabitant of Samaria: KJV -- Samaritan.
see GREEK for 4540
Strongs #4542: samareitiv Samareitis
1) a Samaritan woman
4542 Samareitis sam-ar-i'-tis
feminine of 4541; a Samaritess, i.e. woman of Samaria: KJV -- of Samaria.
see GREEK for 4541
Ibrani
Strongs #08111: Nwrmv Shom@rown
Samaria = "watch mountain"
1) the region of northern Palestine associated with the northern
kingdom of the 10 tribes of Israel which split from the kingdom
after the death of Solomon during the reign of his son Rehoboam
and were ruled by Jeroboam
2) the capital city of the northern kingdom of Israel located 30
miles (50 km) north of Jerusalem and 6 miles (10 km) northwest
of Shechem
8111 Shomrown sho-mer-one'
from the active participle of 8104; watch-station; Shomeron, a place in Palestine: KJV -- Samaria.
see HEBREW for 08104
Strongs #08115: Nyrmv Shomrayin (Aramaic)
Samaria = "watch mountain"
1) the region of northern Palestine associated with the northern
kingdom of the 10 tribes of Israel which split from the kingdom
after the death of Solomon during the reign of his son Rehoboam
and were ruled by Jeroboam
2) the capital city of the northern kingdom of Israel located 30
miles (50 km) north of Jerusalem and 6 miles (10 km) northwest
of Shechem
8115 Shomrayin shom-rah'-yin
(Aramaic) corresponding to 8111; Shomrain, a place in Palestine: KJV -- Samaria.
see HEBREW for 08111
Strongs #08118: ynrmv Shom@roniy
Samaritans = "of Samaria"
1) inhabitants of Samaria
8118 Shomroniy sho-mer-o-nee'
patrial from 8111; a Shomeronite (collectively) or inhabitants of Shomeron: KJV -- Samaritans.
see HEBREW for 08111
[Yoppi]
Strongs #04540:
Samaria
[Barclay]
Strongs #4540:
av [feminin] Samaria: (1) wilayah; (2) kota
Strongs #4541:
ou [maskulin] orang Samaria
Strongs #4542:
idov [feminin] orang Samaria (perempuan)
SAMARIA [browning]
Ibu kota kerajaan Utara yang terpisah sejak zaman *Omri (k.l. 870 sM; lRaj. 16:24) sampai tahun 722 sM pada waktu *Asyur merebutnya. Kota ini sangat diperkuat dan beberapa penduduknya sangat mewah (Am. 6:4-6). Daerah perbukitan sekitar Samaria diduduki suku-suku *Yusuf pada waktu awal mula pendudukan, tetapi setelah ditaklukkan Asyur, sebagian besar penduduk setempat dikeluarkan (2Raj. 17:6) dan diganti dengan pendatang asing sekitar tahun 720 sM. Ini adalah penjelasan orang Yahudi tentang perasaan benci di antara *Yehuda dan Samaria yang makin memburuk dengan dibangunnya kembali Yerusalem, setelah masa pembuangan (Ezr. 4:8-24). Di lain pihak, permusuhan orang Yahudi setelah pembuangan itu yang mungkin menghasilkan catatan permusuhan mengenai asal-usul orang Samaria. Pada waktu zaman *Helenis (325-363 sM) ada gangguan lebih lanjut dan orang Samaria membangun kembali kota di *Sikhem dan Bait Suci untuk Yahweh di Gunung *Gerizim. Pada zaman *Makabe daerah ini dikuasai *Yudea. Pemerintah Roma memberikannya kepada *Herodes Agung pada tahun 30 sM dan dilanjutkan kepada *Arkhelaus (4sM-6M). Sebagai daerah pemerintahan, Samaria disebut dalam PB (mis. Mat. 10:5; Kis. 8:4-25).
SAMARIA [ensiklopedia]
Ibu kota Israel Utara dan wilayah di sekitarnya.
I. Sejarahnya
Sesudah memerintah 6 thn di Tirza, Omri membangun ibu kota baru kerajaan Utara di atas bukit, 11 km di sebelah barat laut Sikhem, menguasai jalur perdagangan utama yg melalui dataran Esdraelon. Ia membeli daerah itu seharga 2 talenta perak, dan menamainya menurut nama pemiliknya Semer (1 Raj 16:24). Tempat itu tidak dikenal bila tidak disamakan dengan Samir, rumah Tola (Hak 10:1; F. M Abel, Geographie de la Palestine, 2, hlm 444). Bukit yg tingginya 100 m, dan meliputi pemandangan di atas dataran itu tak dapat ditaklukkan kecuali dengan mengepungnya (2 Raj 6:24), dan nama (syom'ron) dapat dihubungkan dengan kata Ibrani yg berarti 'pos penjagaan'.
Omri mengizinkan orang Aram dari Damsyik mendirikan beberapa pasar di kota Samaria (1 Raj 20:34). Enam thn Omri membangun Samaria. Kemudian dilanjutkan oleh Ahab, yg membangun sebuah rumah yg dihiasi atau dilapisi dengan gading (1 Raj 22:39). Dalam sebuah kuil bagi Baal, dewa Sidon (Melqart), yg penyembahannya didorong oleh Izebel (1 Raj 18:22), Ahab mendirikan pilar ('asyera) di dekat mezbah, yg kemudian dibuang oleh Yoram ( 2 Raj 3:2). Kuil-kuil dan gedung-gedung lainnya yg dipakai oleh imam-imam penyembah berhala, nampaknya sudah digunakan sejak zaman ini sampai terjadi pembaruan yg dilakukan oleh Yehu (2 Raj 10:19). Samaria untuk kurun waktu yg lama dianggap oleh para nabi sebagai pusat penyembahan berhala (Yes 8:4; 9:9; Yer 23:13; Yeh 23:4; Hos 7:1; Mi 1:6).
Ben-Hadad II dari Siria mengepung Samaria. Mula-mula tidak berhasil (1 Raj 20:1-21). Tapi kemudian pasukan Siria menimbulkan bala kelaparan yg amat hebat (2 Raj 6:25). Ini dapat diatasi hanya oleh kepanikan dan penarikan mundur pasukan Siria secara tiba-tiba, seperti yg diketahui dan dilaporkan oleh penderita kusta (2 Raj 7). Ahab dikuburkan di kota itu, sama seperti sejumlah raja Israel lainnya yg tinggal di sana (1 Raj 22:37; 2 Raj 13:9, 13; 14:16). Keturunan Ahab terbunuh di sana (2 Raj 10:1), termasuk Ahazia, yg sia-sia bersembunyi di kota yg ramai itu (2 Taw 22:9). Samaria dikepung lagi pada zaman Elisa dan secara ajaib diselamatkan (2 Raj 6:8 dab).
Pada thn ke-10 pemerintahan *Menahem, ia menyelamatkan Samaria dari serangan Asyur dengan membayar upeti, semacam pajak kepala, kepada Tiglat-Pileser III (2 Raj 15:17-20). Putranya, *Pekah, menyewa dan membawa tentara Asyur lagi menyerang Yehuda.
Dalam almanak Asyur, kota itu yg juga disebut Samarina atau Bit-Humri ('Rumah Omri'), dikepung oleh Salmaneser V dari Asyur pada thn 725-722 sM. Kitab 2 Raj 3 dab mencatat bahwa ia menaklukkan Samaria, dan catatan itu sesuai dengan Tawarikh Babel. Tapi agaknya ia meninggal sebelum kota itu pada akhirnya menyerah. Penduduk, yg dihasut oleh Iau-bi'di dari Hamat, menolak membayar pajak yg dipaksakan kepada mereka. Pada thn berikutnya (721 sM), Sargon II, raja baru Asyur, memulai rencana pembuangan massal seluruh penduduk wilayah itu. Menurut almanaknya, Sargon mengangkut 27.270 atau 27.290 tawanan, dan maksudnya ialah untuk meniadakan keberadaan kerajaan Israel Utara sebagai suatu negara yg merdeka. Orang-orang buangan itu dikirim ke tempat-tempat di Siria, Asyur, dan Babel. Tempat asal mereka diserahkan kepada rakyat jajahan dari daerah-daerah yg tidak aman, bagian wilayah kekaisaran Asyur ( 2 Raj 17:24). Kegagalan mengolah lahan wilayah yg ditinggalkan itu menyebabkan meningkatnya serangan singa-singa (ay 25). Beberapa orang Israel yg disebut orang Samaria (ay 29) masih mendiami bagian kota itu dan melanjutkan ibadah di Yerusalem (Yer 41:5). Menurut suatu prasasti kuniform (HCS, 247), kota itu berada di bawah gubernur Asyur; baik Esar-Hadon (Ezr 4:2) maupun Asyurbanipal (Ezr 4:9, 10) memasukkan tambahan rakyat dari Babel dan Elam. Persaingan antara Samaria dan Yehuda yg terjadi sejak dulu makin bertambah tegang, walaupun Samaria sebagai kota makin merosot.
Papirus-papirus yg baru ditemukan di gua di Wadi ed-Daliyeh, 14 km di utara Yerikho, nampaknya menguatkan catatan ahli sejarah kuno, bahwa mula-mula Samaria memihak pada Aleksander yg merebut kota itu pada thn 331 sM. Tapi pada saat Aleksander di Mesir, mereka membunuh gubernur Siria yg dilantik oleh Aleksander: ia kembali dan membinasakan Samaria, membunuh pemimpin-pemimpin kota itu dalam gua tempat pelarian mereka, dan membawa orang Makedonia sebagai penduduk negeri. Data papirus itu memungkinkan pendaftaran nama gubernur Samaria mulai dari Sanbalat I lk 445 sM.
Samaria dikepung oleh Yohanes Hirkanus pada kr 111-107 sM, dan desa-desa di sekitarnya dibinasakan. Pompeius dan Gabinius mulai membangunnya kembali (Jos., Ant. 14.75), tapi Herodes-lah yg memperindah kota itu selanjutnya dan memberi nama baru, Sebaste (Agusta), untuk menghormati kaisar. Di dalam kota itu ia tempatkan 6.000 veteran, termasuk orang-orang Yunani. Sesudah Herodes meninggal, Samaria menjadi bagian wilayah Arkhelaus, kemudian menjadi koloni Romawi di bawah Septimus Severus. Meskipun ada pertentangan antara Yehuda dan Samaria, Yesus Kristus menempuh jalan pintas lewat Samaria ke Galilea (Luk 17:11), dan beristirahat di Sikhar dekat Sikhem, sebuah kota Samaria (Yoh 4:4). Filipus berkhotbah di Samaria, tapi mungkin yg dimaksud ialah distriknya bukan kotanya, karena dalam Kis 8:5 tidak ada kata sandangnya.
II. Arkeologi
Bukit Samaria (Sebastiyeh, modern) pada Zaman Perunggu I telah didiami, kemudian ditinggalkan hingga Zaman Besi. Di situ telah ditemukan 16 tingkat pemukiman oleh kelompok Harvard (1908-19 10), dan kemudian kerja sama antara Harvard -- Hebrew University -- British School of Archaeology di Yerusalem mengadakan penelitian (1931-1935). Selanjutnya tempat itu digali lagi oleh Departemen Badan Purbakala pemerintahan Yordan (1965) dan British School of Archaeology di Yerusalem (1968). Daerahnya sulit digali karena padatnya dan deretan perumahan serta pembangunan kembali yg terus-menerus. Masa pemukiman tujuh tingkat telah dianggap berasal dari orang Israel: Tingkat I-II = Omri-Ahab (28 thn). Dinding benteng sebelah dalam (tebalnya 1,5 m) dan sebelah luar (tebalnya 6 m) diselesaikan oleh raja Ahab melingkari puncaknya. Sebuah gerbang utama nampaknya mempunyai ruang masuk dengan tugu. Istana yg kemudian diubah oleh Yerobeam II mempunyai halaman yg luas, di mana terdapat sebuah tempat persediaan air atau kolam (10 x 5 m). Mungkin itulah tempat mencuci kereta Ahab yg berlumuran darah (1 Raj 22:38). Dalam gudang yg bersambungan dengan kolam itu ditemukan lebih 200 plakat atau potongan gading. Ini menunjukkan adanya pengaruh gaya Fenisia dan Mesir kuno, dan mungkin merupakan alas bagi perabot rumah Ahab (*GADING). Enam puluh lima ostraka dengan prasasti Ibrani kuno, mencatat kapasitas dan pemilik asli dari bejana anggur, beserta tanggal isinya (DOTT, hlm 204-208). Ini mungkin menunjuk kepada pemerintahan Yerobeam II.
Tingkat III menandai zaman Yehu termasuk perubahan di gedung-gedung terdahulu. Kemudian, sesudah diantarai suatu kurun waktu, datang tingkat IV-VI, zaman Israel meliputi Yerobeam dan abad 8 sM. Kota Samaria diperbaiki pada dasawarsa-dasawarsa terakhir sebelum kejatuhannya ke tangan Asyur pada thn 722 sM, yg ditandai oleh pembinasaan tingkat VII.
Sisa-sisa bangunan Helenistik terpelihara baik, dengan menara bulat yg berdiri setinggi sembilan belas tumpukan batu, sebuah benteng, tembok kota (dekat Gerbang Barat), kepingan-kepingan uang logam, gagang bejana yg dicap, dan sisa-sisa tembikar Yunani.
Bagian kota yg disebut Kota Romawi, yakni bangunan Herodes dikenal karena kuil besar yg diperuntukkan bagi Kaisar Agustus. Bagian ini dibangun di atas istana-istana Israel. Sisa-sisa lainnya mencakup dinding yg tertutup Gerbang Barat, dengan tiga menara bulat, sebuah jalan (820 m) dengan deretan tiang-tiang yg dibatasi oleh portal-portal dan toko-toko, kuil Isis yg diperuntukkan kembali bagi Kore, sebuah basilika (68 x 32 m), terbagi menjadi tiga bagian oleh tiang batu besar bergaya Korintus, sebuah forum, sebuah stadion, dan sebuah saluran air. Banyak dari puing-puing yg dapat ditemukan mungkin harus diberi penanggalan dari zaman orang-orang yg memperbaikinya, terutama Septimus Severus (thn 193-211).
KEPUSTAKAAN. A Parrot, Samaria 1958; J. W Crowfoot, K Kenyon dll, Samaria 1, The Building at Samaria, 1943; 2, Earlylvories atSamaria, 1938; 3, The Objects from Samaria, 1957; BA 26, 1963, hlm 110-121; J. B Hennessy, 'Exavations at Samaria-Sebaste' 1968, Levant 2, 1970, hlm 1-21: P. W dan N. L Lapp, Discoveries in the Wadi ed-Daliyeh, AASOR 41, 1974. DJW/S/HAO
Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Sat Jan 20, 2018 12:48 am, total 1 kali diubah
njlajahweb- BANNED
-
Posts : 39612
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 119
Re: KISAH ORANG SAMARIA DI JAMAN MUSA DALAM ALQURAN
sekilas info,
Alkitab TB
1 Raja-raja 13
32 Sebab perkataan yang atas perintah TUHAN telah diserukannya terhadap mezbah yang di Betel itu dan terhadap segala kuil di bukit-bukit pengorbanan yang di kota-kota Samaria akan betul-betul terjadi."
----
Alkitab Ende
1 Raja-raja 13
32Sebab sudah pastilah, telaah, jang sudah diserukannja atas firman Jahwe terhadap mesbah di Betel dan segala kuil bukit angkar di-kota2 Sjomron, akan terpenuhi".
Alkitab TB
1 Raja-raja 13
32 Sebab perkataan yang atas perintah TUHAN telah diserukannya terhadap mezbah yang di Betel itu dan terhadap segala kuil di bukit-bukit pengorbanan yang di kota-kota Samaria akan betul-betul terjadi."
----
Alkitab Ende
1 Raja-raja 13
32Sebab sudah pastilah, telaah, jang sudah diserukannja atas firman Jahwe terhadap mesbah di Betel dan segala kuil bukit angkar di-kota2 Sjomron, akan terpenuhi".
njlajahweb- BANNED
-
Posts : 39612
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 119
Halaman 1 dari 2 • 1, 2
Similar topics
» Kisah Penciptaan dalam Kepercayaan Tiongkok Kuno VS Kisah Penciptaan dalam Alkitab
» kisah musa dan samiri
» [film] kisah nabi musa
» tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu
» ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?
» kisah musa dan samiri
» [film] kisah nabi musa
» tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu
» ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?
Halaman 1 dari 2
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik