Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
Halaman 4 dari 7 • Share
Halaman 4 dari 7 • 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
First topic message reminder :
Ya mungkin saja muhammad buta huruf tapi setahuku ybs TIDAK TULI khan ???
Saat itu di arab ada 3 golongan besar yaitu: arab kristen, orang yahudi & arab pagan. Bahkan tante muhammad yg bernama waraqah adalah seorang pendeta kristen.
Ya sangat mungkin khan muhammad pernah MENDENGAR kisah2 ttg adam, musa, sulaiman dll ???
Kalo muhammad pernah mendengar kisah2 tsb apa muslim ndak merasa aneh ketika muhammad tiba2 mendapat "wahyu" yg mengisahkan ulang nabi2 yahudi tsb ???
Ya mungkin saja muhammad buta huruf tapi setahuku ybs TIDAK TULI khan ???
Saat itu di arab ada 3 golongan besar yaitu: arab kristen, orang yahudi & arab pagan. Bahkan tante muhammad yg bernama waraqah adalah seorang pendeta kristen.
Ya sangat mungkin khan muhammad pernah MENDENGAR kisah2 ttg adam, musa, sulaiman dll ???
Kalo muhammad pernah mendengar kisah2 tsb apa muslim ndak merasa aneh ketika muhammad tiba2 mendapat "wahyu" yg mengisahkan ulang nabi2 yahudi tsb ???
F-22- LETNAN SATU
-
Posts : 2414
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
lanjut ronde 2..
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
SEGOROWEDI wrote:
lanjut ronde 2..
Ronde 1 aja SEGO udah KO, apalagi Ronde 2.
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
SEGOROWEDI wrote:
minggir!
Oooooh ya SEGO memang orang pinggiran.
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
bantu seukuwahmu yang KO di ronde 1 ini:
Jagona wrote:SEGOROWEDI wrote:
memperdalam nanti..
tapi jawab dulu ini:
mana kronologi penciptaan adam dalam konteks penciptaan langit dan bumi serta isinya a la alquran??
okey anda memaksakan diri menanyakan kronologi penciptaan adam, yang secara tersirat dah aku sampaikan ............. bahwa alquraan tidak memberi petunjuk secara kronologis mengenai penciptaan alam semesta maupun penciptaan Adam
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
Baca judul Topik, kalau OOT bikin thread baru.
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
SEGOROWEDI wrote:26 Berfirmanlah Allah: ''Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.''
Maknanya: manusia memiliki relasi yang khusus dengan Allah, manusia mempuyai hidup dari Allah, manusia mengemban tugas dan tanggungjawab yang diberikan oleh Allah untuk menjaga dan melestarikan serta memelihara dan menggunakan ciptaan Allah yang lainnya dengan tanggungjawab kepada Allah..
hi hi hi .............pertanyaan pertama juga belum dijawab, dah ganti cerita .......... truss yang dicontek gambar dan rupa siapa ? .......... ngarang abizzzzzz ............. okey
Jagona- KAPTEN
-
Age : 78
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
"Tunjukilah kami jalan yang lurus ... " (Al Fatihah 6)
Sabda Isa kepadanya, "Akulah jalan ... " (Injil, Rasul Yahya 14:6)
“Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari saudara-saudaramu, sama seperti aku (Musa) akan dibangkitkan bagimu oleh Tuhan Allahmu, dialah yang harus kamu dengarkan”(Ulangan 18:15).“
Seorang nabi akan kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini (Musa); Aku akan menaruh FirmanKu dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya”(Ulangan 18:18).
.
Nabi ini akan terbit dari tengah-tengahmu. Siapa yang dimaksudkan dengan “dari tengah-tengahmu”? Pertama, perlu diperhatikan kitab itu ditulis kepada siapa?
Dalam Ulangan 1:1 dengan jelas dikatakan, “Inilah perkataan-perkataan yang diucapkan Musa kepada seluruh orang Israel…
Silsilah Isa Al-Masih dalam Injil Matius maupun Lukas menunjukkan Isa Al-Masih lahir dari tengah-tengah bangsa Israel.
Nabi ini akan terbit dari antara saudara-saudaramu.
Supaya hal ini tidak menimbulkan kebingungan di kemudian hari, Musa memberikan identifikasi jelas tentang golongan ini.
.
Ulangan 18:2 berbicara tentang suku Lewi yang tidak diberikan milik pusaka di tengah-tengah saudara-saudaranya. Maksudnya dari tengah-tengah suku Israel.
Juga Ulangan 17:15 menekankan hal yang sama,“Dari tengah-tengah saudara-saudaramu haruslah engkau angkat seorang raja atasmu; seorang asing tidak boleh kau angkat atasmu.” Arti saudara baik dalam Al-Quran maupun dalam Kitab Ulangan adalah sama.
Istilah AKH (baik bahasa Ibrani maupun Arab) menunjuk pada saudara dalam hubungan keluarga dan anggota suku.
.
Istilah yang sama dipakai dalam Sura 7:65, “Dan (kami telah mengutus) kepada kaum Aad saudara mereka Hud.”
Nabi ini harus seperti Musa.
a. Seorang yang dari kaum Israel: Isa Al-Masih saja yang cocok dengan penggenapan ini.
b. Seorang yang membawa wahyu Allah yang sesuai – Musalah yang membawa Taurat atau Hukum Allah yang disebut Perjanjian Lama.
Isa Al-Masih membawa Injil atau kabar kesukaan hal anugerah Tuhan yang disebut Perjanjian Baru (lihat Yohanes 1:17). Berita yang dibawa Isa Al-Masih sesuai dan malah merupakan penggenapan dari wahyu Musa. Sebaliknya berita yang disampaikan oleh Muhammad dalam banyak hal bertentangan dengan Taurat (misalnya korban darah, syahadat, naik haji dan lain-lain).
c. Seorang yang menyatakan kuasa Allah dengan mujizat yang nyata. Musa-lah yang banyak membawa mujizat dalam Perjanjian Lama (lihat Keluaran dan Bilangan).
Demikian juga kenyataannya Isa Al Masih juga melakukan segala macam mujizat (penyembuhan, membangkitkan orang mati, dan lain-lain) sebagai bukti bahwa Dialah utusan Allah.
d. Seorang yang secara langsung mendengar berita dari Allah. Ini ditegaskan dalam Ulangan 34:10, “Musa yang dikenal Tuhan dengan berhadapan muka.”
Lagi dalam Bilangan 12:8, “Berhadapan muka Aku berbicara dengan dia (Musa).“
.
Al-Quran menegaskan ini, “Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung (Sura4:164).”
Sedangkan Muhammad, bukankah ia mendengar pesan tuhan melalui malaikat Jibrail, berarti tidak langsung dari Allah.
---
Inilah kesaksian Kitab Suci tentang penjelmaan Tuhan Yesus.
“Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah” Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran”(Injil, Rasul Besar Yohanes 1:1-2; 14)
Dikatakan bahwa Yesus adalah Firman Allah, dan Firman itu adalah Allah sendiri (ayat 1 dan 2).
Lalu Firman itu menjelma menjadi manusia dan tinggal di antara manusia. Sehingga manusia dapat melihat kemuliaan-Nya.
---
Ayat serupa dalam Al-Quran yang terkenal adalah:
“Ingatlah, ketika Malaikat berkata : "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)”(Qs 3:45).
Jadi, Al-Quran dan Injil setuju bahwa Isa Al-Masih adalah Kalimat/Firman Allah yang menjelma menjadi manusia.
Sabda Isa kepadanya, "Akulah jalan ... " (Injil, Rasul Yahya 14:6)
“Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari saudara-saudaramu, sama seperti aku (Musa) akan dibangkitkan bagimu oleh Tuhan Allahmu, dialah yang harus kamu dengarkan”(Ulangan 18:15).“
Seorang nabi akan kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini (Musa); Aku akan menaruh FirmanKu dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya”(Ulangan 18:18).
.
Nabi ini akan terbit dari tengah-tengahmu. Siapa yang dimaksudkan dengan “dari tengah-tengahmu”? Pertama, perlu diperhatikan kitab itu ditulis kepada siapa?
Dalam Ulangan 1:1 dengan jelas dikatakan, “Inilah perkataan-perkataan yang diucapkan Musa kepada seluruh orang Israel…
Silsilah Isa Al-Masih dalam Injil Matius maupun Lukas menunjukkan Isa Al-Masih lahir dari tengah-tengah bangsa Israel.
Nabi ini akan terbit dari antara saudara-saudaramu.
Supaya hal ini tidak menimbulkan kebingungan di kemudian hari, Musa memberikan identifikasi jelas tentang golongan ini.
.
Ulangan 18:2 berbicara tentang suku Lewi yang tidak diberikan milik pusaka di tengah-tengah saudara-saudaranya. Maksudnya dari tengah-tengah suku Israel.
Juga Ulangan 17:15 menekankan hal yang sama,“Dari tengah-tengah saudara-saudaramu haruslah engkau angkat seorang raja atasmu; seorang asing tidak boleh kau angkat atasmu.” Arti saudara baik dalam Al-Quran maupun dalam Kitab Ulangan adalah sama.
Istilah AKH (baik bahasa Ibrani maupun Arab) menunjuk pada saudara dalam hubungan keluarga dan anggota suku.
.
Istilah yang sama dipakai dalam Sura 7:65, “Dan (kami telah mengutus) kepada kaum Aad saudara mereka Hud.”
Nabi ini harus seperti Musa.
a. Seorang yang dari kaum Israel: Isa Al-Masih saja yang cocok dengan penggenapan ini.
b. Seorang yang membawa wahyu Allah yang sesuai – Musalah yang membawa Taurat atau Hukum Allah yang disebut Perjanjian Lama.
Isa Al-Masih membawa Injil atau kabar kesukaan hal anugerah Tuhan yang disebut Perjanjian Baru (lihat Yohanes 1:17). Berita yang dibawa Isa Al-Masih sesuai dan malah merupakan penggenapan dari wahyu Musa. Sebaliknya berita yang disampaikan oleh Muhammad dalam banyak hal bertentangan dengan Taurat (misalnya korban darah, syahadat, naik haji dan lain-lain).
c. Seorang yang menyatakan kuasa Allah dengan mujizat yang nyata. Musa-lah yang banyak membawa mujizat dalam Perjanjian Lama (lihat Keluaran dan Bilangan).
Demikian juga kenyataannya Isa Al Masih juga melakukan segala macam mujizat (penyembuhan, membangkitkan orang mati, dan lain-lain) sebagai bukti bahwa Dialah utusan Allah.
d. Seorang yang secara langsung mendengar berita dari Allah. Ini ditegaskan dalam Ulangan 34:10, “Musa yang dikenal Tuhan dengan berhadapan muka.”
Lagi dalam Bilangan 12:8, “Berhadapan muka Aku berbicara dengan dia (Musa).“
.
Al-Quran menegaskan ini, “Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung (Sura4:164).”
Sedangkan Muhammad, bukankah ia mendengar pesan tuhan melalui malaikat Jibrail, berarti tidak langsung dari Allah.
---
Inilah kesaksian Kitab Suci tentang penjelmaan Tuhan Yesus.
“Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah” Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran”(Injil, Rasul Besar Yohanes 1:1-2; 14)
Dikatakan bahwa Yesus adalah Firman Allah, dan Firman itu adalah Allah sendiri (ayat 1 dan 2).
Lalu Firman itu menjelma menjadi manusia dan tinggal di antara manusia. Sehingga manusia dapat melihat kemuliaan-Nya.
---
Ayat serupa dalam Al-Quran yang terkenal adalah:
“Ingatlah, ketika Malaikat berkata : "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)”(Qs 3:45).
Jadi, Al-Quran dan Injil setuju bahwa Isa Al-Masih adalah Kalimat/Firman Allah yang menjelma menjadi manusia.
Pancen Bejo- SERSAN DUA
-
Posts : 65
Kepercayaan : Protestan
Location : Semarang
Join date : 03.07.14
Reputation : 1
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
Pancen Bejo wrote:"Tunjukilah kami jalan yang lurus ... " (Al Fatihah 6)
Sabda Isa kepadanya, "Akulah jalan ... " (Injil, Rasul Yahya 14:6)
Jawaban atau doa "Tunjukilah kami pada jalan yang lurus;" (Al Fatihah 1:6), bukan sabda Isa kepadanya, "Akulah jalan ... " (Injil, Rasul Yahya 14:6), karena Al Fatihah 1:6 itu adalah firman Allah kepada Nabi Muhammad saw yang diutus Allah kepada sekalian manusia, sedangkan Nabi Isa/Yesus as hanya diutus Allah kepada Bani Israil saja (Matius 15:24 & Ash-Shaf 61:6/7).
Doa ini meliputi seluruh keperluan manusia - kebendaan dan rohani, untuk masa ini dan masa yang akan datang. Orang beriman berdoa agar kepada-Nya agar ditunjukkan jalan lutus, jalan terpendek. Kadang-kadang kepada manusia diperlihatkan jalan yang benar dan lurus itu, tetapi ia tidak dipimpin kepada-Nya, atau, jika ia dibimbing ke sana, ia tidak tetap pada jalan itu dan tidak mengikutinya hingga akhir. Doa itu menhandaki, agar orang beriman tidak merasa puas dengan hanya diperlihatkan kepadanya suatu kalam atau juga dengan dibimbing ke sana, ia tidak tetap pada jalan itu dan tidak mengikutinya hingga akhir, Dia itu menghendaki, atau orang beriman tidak merasa puas dengan hanya diperlihatkan kepadanya suatu jalan, atau juga dengan dibimbing pada jalan itu, tetapi ia harus senantiasa terus menerus mengikutinya hingga mencapai tujuannya, dan inilah makna hidayah, yang berarti, menunjukkan jalan yang lurus (Al Balad 90:10/11), membimbing ke jalan lurus (Al Ankabut 29:69/70) dan membuat orang mengikuti jalan yang lurus (Al 'Araf 7:43/44) (Kamus Mufradat). Pada hakikatnya, manusia memerlukan pertolongan Tuhan pada tiap-tiap langkah dan pada setiap saat, dan sangat perlu sekali baginya, agar ia senantiasa mengajukan kepada Tuhan permohonan yang terkandung dalam ayat ini. Maka oleh karena itu, doa terus-menerus itu memang sangat perlu, selama kita mempunyai keperluan - keperluan yang belum kesampaian dan keperluan-keperluan yang belum terpenuhi dan tujuan- tujuan yang belum tercapai, kita selamanya memerlukan doa.
Jawaban atas doa dalam Al Fatihah 1:6, terdapat dalam ayat berikutnya:
Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat atas mereka, bukan atas mereka yang dimurkai dan bukan pula yang sesat. (Al Fatihah 1:7).
Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat atas mereka, bukan atas mereka yang dimurkai dan bukan pula yang sesat. (Al Fatihah 1:7).
Orang beriman sejati tidak akan merasa puas dengan hanya dipimpin ke jalan yang lurus atau dengan melakukan beberapa amal saleh tertentu saja. Ia menempatkan tujuannya jauh lebih tinggi dan berusaha mancapai kedudukan saat Tuhan mulai menganugerakan karunia-karunia Ilahi yang dianugerakan kepada para pilihan Tuhan, lalu memperoleh dorongan semangat dari mereka. Ia malahan tidak berhenti sampai di situ saja, tetapi ia berusaha keras dan mendoa supaya digolongkan di antara "orang-orang yang telah mendapat Nikmat Allah" telah disebut dalam An-Nisa 4:69/70. Doa itu umum dan tidak untuk sesuatu karunia tertentu. Orang mukmin bermohon kepada Tuhan agar menganugerakan karunia rohani yang tertinggi kepadanya dan terserah kepada Tuhan untuk menganugerahkan kepadanya karunia yang dianggap-Nya pantas dan layak bagi orang mukmin itu menerimanya:
Dan, barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul (Nabi Muhammad saw) ini maka mereka akan termasuk di antara orang-orang yang kepada mereka dianugerahkan Nikmat-Allah, yakni nabi-nabi, shiddiq-shiddiq, syahid-syahid, dan orang-orang saleh. Dan, mereka itulah sahabat yang sejati. (An-Nisa 69/70).
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
@ kedung...
Isa Al Masih menjawab, “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel” (Matius 15:24)
.
Sepintas lalu, bila hanya mengutip sepotong ayat saja, Injil Matius 15:24 seolah-olah menyatakan bahwa Isa Al Masih hanya diutus kepada bani Israil saja. Tapi, wanita yang permohonannya dikabulkan oleh Isa Al-Masih adalah wanita berkebangsaan Siria-Fenisia, bukan berkebangsaan Israel. Selain itu, Isa mengatakan hal tersebut dalam perjalanan misi dakwah Injil ke luar negeri, tepatnya di kota Tirus yang berada di wilayah Fenisia, di luar wilayah Israel.
.
Dimanakah Isa Al Masih mengatakan ayat tersebut? Apakah di dalam wilayah Israil? Tidak! Isa Al Masih mengatakan ayat tersebut bukan di wilayah bani Israil, melainkan di kota Tirus (Injil Markus 7:24).
Lalu Yesus berangkat dari situ dan pergi ke daerah Tirus. Ia masuk ke sebuah rumah dan tidak mau bahwa ada orang yang mengetahuinya, tetapi kedatangan-Nya tidak dapat dirahasiakan. (Markus 7:24)
.
Kota Tirus tidak termasuk wilayah bangsa Israel. Kota ini masuk dalam wilayah bangsa Fenisia. Kota Tirus (Tyre) masuk dalam wilayah bangsa Fenisia (Phoenicia) yang saat itu masuk ke dalam propinsi Siria. Kota Tirus berada di luar wilayah Israel.
Bangsa Fenisia adalah nenek moyang masyarakat Libanon. Sekarang Tirus masuk dalam wilayah negara Libanon. Secara biologis, Libanon berkebangsaan Fenesia. Latar tempat Matius 15:24 adalah wilayah bangsa Fenisia, bukan Israel.
.
Wanita yang permohonannya dikabulkan oleh Isa Al-Masih adalah wanita berkebangsaan Siria-Fenisia warga negara Yunani, bukan berkebangsaan Israel.
Perempuan itu seorang Yunani bangsa Siro-Fenisia. Ia memohon kepada Yesus untuk mengusir setan itu dari anaknya. (Markus 7:26)
Ada 3 fakta yang melawan tafsiran Anda, yaitu:
1.Konteks perkataan Isa dalam Matius 15:24 adalah perjalanan dakwah Isa Al-Masih ke luar dari wilayah Israel, yaitu ke Fenisia.
2.Setting tempat dari Matius 15:24 adalah kota Tirus di Fenisia yang merupakan wilayah bangsa Fenisia, bukan wilayah Israel.
3.Wanita yang permohonannya dikabulkan oleh Isa adalah wanita Siria-Fenisia, bukan wanita Israel.
Ketidakcocokan antara tafsiran Anda dengan tiga poin ini membuktikan bahwa tindakan Anda melepaskan Matius 15:24 menyebabkan tafsiran keliru yang tidak menimbang 3 poin tersebut di atas.
.
Isa Al Masih sengaja berangkat dari Galilea yang masih wilayah Israil (Matius 14:34), melalui jalan internasional ke arah selatan, lalu belok masuk jalan daerah ke kota Ptolemais, lalu menuju ke kota Tirus lalu kota Sidon (Injil Matius 15:21). Kota Sidon berada di sebelah utara kota Sarfat, sedangkan kota Sarfat di sebelah utara kota Tirus. Kota Sarfat dan kota Sidon juga bukan wilayah Israil, melainkan sudah termasuk wilayah bangsa Fenisia. Dari kota Sidon lalu kembali lagi ke Galilea (Injil Matius 15:29) melalu jalan daerah dan masuk ke Galilea dari arah utara.
.
Untuk apa Isa Al Masih mengunjungi berbagai kota?
Jawab Isa, “Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya disana juga Aku mendakwahkan Injil, karena untuk itulah Aku telah datang” (Markus 1:38)
Dari Injil Markus 1:38 tersebut dapat diketahui bahwa Isa Al Masih mengunjungi berbagai kota, termasuk kota Tirus dan kota Sidon yang berada di luar daerah Israel, adalah untuk mendakwahkan Injil. Artinya, perjalanan Isa ke luar wilayah Israel adalah perjalanan dakwah Injil. Dengan kata lain, Isa Al Masih memberi teladan agar Injil didakwahkan ke luar wilayah Israel.
Di daerah Tirus, Isa bertemu dengan seorang wanita Kanaan berkebangsaan Siro Fenisia,Yunani, yang berseru-seru dari kejauhan agar Isa menyembuhkan anaknya yang kerasukan roh jahat (Matius 15:22). Menanggapi teriakan itu, Isa Al Masih diam. Mengapa?
1.Karena wanita itu masih berada jauh dari Isa. Itulah sebabnya wanita itu berteriak-teriak. Ketika wanita itu sudah berada di dekat Isa, Isa terbukti melayani percakapan dengan wanita itu tanpa harus berteriak-teriak. Disini ada teladan mengenai etika bercakap-cakap, yaitu bahwa percakapan tidak dilakukan dengan saling berteriak.
2.Karena Isa menunggu reaksi dari para murid. Dan benar saja, ketika Isa diam, para murid pun berbicara dan meminta Isa mengusir wanita Kanaan itu (Injil Matius 15:23).
Lalu murid-murid Isa Al Masih datang dan meminta kepada Isa, “Suruhlah wanita Kanaan itu pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak.” (Matius 15:23)
Dari perkataan para murid Isa dalam Injil Matius 15:23 dapat diketahui bahwa sampai pada saat itu, para murid masih beranggapan bahwa Isa hanya diutus kepada bani Israil saja dan bukan untuk bangsa Kanaan (bangsa-bangsa lain), sehingga bila ada bangsa lain yang mendekat, dia perlu diusir. Inilah pikiran para murid yang tersirat dalam Injil Matius 15:23. Dari perkataan mereka itu, Isa lantas menyimpulkan apa yang ada dalam pikiran para murid dan kesimpulan itu yang digunakan untuk menjawab perkataan para murid:
Isa menjawab, “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israil.” (Matius 15:24)
• Jawaban Isa terhadap perkataan para murid itu membuat para murid terdiam dan tidak berani mengusir si wanita Kanaan ketika wanita tersebut mendekat kepada Isa Al Masih. Jangankan mengusir, berkomentar pun tidak. Para murid yang semula cuap-cuap jadi terdiam seribu bahasa.
Menimbang reaksi para murid setelah mendengar respon Isa terhadap permintaan mereka (ayat 23, 24), dapat dibayangkan, nada bicara Isa saat merespon permintaan para murid itu adalah nada bicara yang seketika dapat membuat para murid terdiam.
.
Nada bicara yang bagaimana yang bisa membuat para murid terdiam ketika Sang Guru menjawab perkataan para murid dengan jawaban berupa kesimpulan terhadap perkataan para murid itu? Nada menyindir dan sekaligus menegur. Sebelum peristiwa ini, Isa Al Masih telah bercakap-cakap dan menolong bangsa non-Israil (Injil Matius 8:5-13; Lukas 7:1-10; Yohanes 4:46-53; dsb), namun para murid masih juga beranggapan Isa hanya diutus bagi bangsa Israel. Bahkan perjalanan dakwah Injil ke bangsa non-Israil dan kedatangan bangsa Arab yang mengunjugi dan sujud kepada Raja Isa sewaktu kanak-kanak juga belum mengubah anggapan mereka.
Isa tidak mengabulkan permintaan para murid, buktinya, Isa tidak mengusir wanita Kanaan itu. Isa justru bercakap-cakap dengan wanita itu dan menguji imannya (Injil Matius 15:26-27; Markus 7:27-28) dan sempat pula memuji besar iman wanita itu (Matius 15:28c “…wahai Ibu, besar imanmu….”) sebelum akhirnya mengabulkan permohonan wanita Kanaan itu (Injil Matius 15:28d; Markus 7:29).
.
Permintaan para murid ditolak, bahkan disindir dan ditegur secara halus. Perbuatan Isa Al Masih terhadap bangsa non-Israil tersebut tidak bertentangan dengan perkataan Isa Al Masih dalam Injil Matius 15:24, karena perkataan Isa Al Masih dalam Injil Matius 15:24 adalah kesimpulan Isa Al Masih terhadap perkataan para murid dalam Injil Matius 15:23 dan digunakan untuk sindiran sekaligus teguran terhadap anggapan para murid.
Simpulan
1. Pujian Isa Al-Masih terhadap iman wanita berkebangsaan Siria-Fenisia (Matius 15:28c “…wahai Ibu, besar imanmu….”) membuktikan bahwa Isa bukan hanya bagi bani Israel, melainkan juga bagi bangsa non-Israel.
2. Isa mengabulkan permohonan wanita non-Israel dan menyembuhkan anak wanita itu menunjukkan Isa bukan hanya bagi bani Israel.
3. Perjalanan dakwah Isa ke luar negeri ke wilayah non-Israel menunjukkan Isa bukan hanya bagi bani Israel.
4. Matius 15:24 adalah sindiran Isa Al-Masih terhadap anggapan yang diderita oleh pengikut Al-Masih yang pada saat itu belum paham bahwa Al-Masih bukan hanya bagi bani Israel, tapi juga bagi bangsa-bangsa non-Israel.
.
"Karena itu pergilah, Jadikanlah semua bangsa muridKU........"
Matius 28:19
.
Suwun.........
Isa Al Masih menjawab, “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel” (Matius 15:24)
.
Sepintas lalu, bila hanya mengutip sepotong ayat saja, Injil Matius 15:24 seolah-olah menyatakan bahwa Isa Al Masih hanya diutus kepada bani Israil saja. Tapi, wanita yang permohonannya dikabulkan oleh Isa Al-Masih adalah wanita berkebangsaan Siria-Fenisia, bukan berkebangsaan Israel. Selain itu, Isa mengatakan hal tersebut dalam perjalanan misi dakwah Injil ke luar negeri, tepatnya di kota Tirus yang berada di wilayah Fenisia, di luar wilayah Israel.
.
Dimanakah Isa Al Masih mengatakan ayat tersebut? Apakah di dalam wilayah Israil? Tidak! Isa Al Masih mengatakan ayat tersebut bukan di wilayah bani Israil, melainkan di kota Tirus (Injil Markus 7:24).
Lalu Yesus berangkat dari situ dan pergi ke daerah Tirus. Ia masuk ke sebuah rumah dan tidak mau bahwa ada orang yang mengetahuinya, tetapi kedatangan-Nya tidak dapat dirahasiakan. (Markus 7:24)
.
Kota Tirus tidak termasuk wilayah bangsa Israel. Kota ini masuk dalam wilayah bangsa Fenisia. Kota Tirus (Tyre) masuk dalam wilayah bangsa Fenisia (Phoenicia) yang saat itu masuk ke dalam propinsi Siria. Kota Tirus berada di luar wilayah Israel.
Bangsa Fenisia adalah nenek moyang masyarakat Libanon. Sekarang Tirus masuk dalam wilayah negara Libanon. Secara biologis, Libanon berkebangsaan Fenesia. Latar tempat Matius 15:24 adalah wilayah bangsa Fenisia, bukan Israel.
.
Wanita yang permohonannya dikabulkan oleh Isa Al-Masih adalah wanita berkebangsaan Siria-Fenisia warga negara Yunani, bukan berkebangsaan Israel.
Perempuan itu seorang Yunani bangsa Siro-Fenisia. Ia memohon kepada Yesus untuk mengusir setan itu dari anaknya. (Markus 7:26)
Ada 3 fakta yang melawan tafsiran Anda, yaitu:
1.Konteks perkataan Isa dalam Matius 15:24 adalah perjalanan dakwah Isa Al-Masih ke luar dari wilayah Israel, yaitu ke Fenisia.
2.Setting tempat dari Matius 15:24 adalah kota Tirus di Fenisia yang merupakan wilayah bangsa Fenisia, bukan wilayah Israel.
3.Wanita yang permohonannya dikabulkan oleh Isa adalah wanita Siria-Fenisia, bukan wanita Israel.
Ketidakcocokan antara tafsiran Anda dengan tiga poin ini membuktikan bahwa tindakan Anda melepaskan Matius 15:24 menyebabkan tafsiran keliru yang tidak menimbang 3 poin tersebut di atas.
.
Isa Al Masih sengaja berangkat dari Galilea yang masih wilayah Israil (Matius 14:34), melalui jalan internasional ke arah selatan, lalu belok masuk jalan daerah ke kota Ptolemais, lalu menuju ke kota Tirus lalu kota Sidon (Injil Matius 15:21). Kota Sidon berada di sebelah utara kota Sarfat, sedangkan kota Sarfat di sebelah utara kota Tirus. Kota Sarfat dan kota Sidon juga bukan wilayah Israil, melainkan sudah termasuk wilayah bangsa Fenisia. Dari kota Sidon lalu kembali lagi ke Galilea (Injil Matius 15:29) melalu jalan daerah dan masuk ke Galilea dari arah utara.
.
Untuk apa Isa Al Masih mengunjungi berbagai kota?
Jawab Isa, “Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya disana juga Aku mendakwahkan Injil, karena untuk itulah Aku telah datang” (Markus 1:38)
Dari Injil Markus 1:38 tersebut dapat diketahui bahwa Isa Al Masih mengunjungi berbagai kota, termasuk kota Tirus dan kota Sidon yang berada di luar daerah Israel, adalah untuk mendakwahkan Injil. Artinya, perjalanan Isa ke luar wilayah Israel adalah perjalanan dakwah Injil. Dengan kata lain, Isa Al Masih memberi teladan agar Injil didakwahkan ke luar wilayah Israel.
Di daerah Tirus, Isa bertemu dengan seorang wanita Kanaan berkebangsaan Siro Fenisia,Yunani, yang berseru-seru dari kejauhan agar Isa menyembuhkan anaknya yang kerasukan roh jahat (Matius 15:22). Menanggapi teriakan itu, Isa Al Masih diam. Mengapa?
1.Karena wanita itu masih berada jauh dari Isa. Itulah sebabnya wanita itu berteriak-teriak. Ketika wanita itu sudah berada di dekat Isa, Isa terbukti melayani percakapan dengan wanita itu tanpa harus berteriak-teriak. Disini ada teladan mengenai etika bercakap-cakap, yaitu bahwa percakapan tidak dilakukan dengan saling berteriak.
2.Karena Isa menunggu reaksi dari para murid. Dan benar saja, ketika Isa diam, para murid pun berbicara dan meminta Isa mengusir wanita Kanaan itu (Injil Matius 15:23).
Lalu murid-murid Isa Al Masih datang dan meminta kepada Isa, “Suruhlah wanita Kanaan itu pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak.” (Matius 15:23)
Dari perkataan para murid Isa dalam Injil Matius 15:23 dapat diketahui bahwa sampai pada saat itu, para murid masih beranggapan bahwa Isa hanya diutus kepada bani Israil saja dan bukan untuk bangsa Kanaan (bangsa-bangsa lain), sehingga bila ada bangsa lain yang mendekat, dia perlu diusir. Inilah pikiran para murid yang tersirat dalam Injil Matius 15:23. Dari perkataan mereka itu, Isa lantas menyimpulkan apa yang ada dalam pikiran para murid dan kesimpulan itu yang digunakan untuk menjawab perkataan para murid:
Isa menjawab, “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israil.” (Matius 15:24)
• Jawaban Isa terhadap perkataan para murid itu membuat para murid terdiam dan tidak berani mengusir si wanita Kanaan ketika wanita tersebut mendekat kepada Isa Al Masih. Jangankan mengusir, berkomentar pun tidak. Para murid yang semula cuap-cuap jadi terdiam seribu bahasa.
Menimbang reaksi para murid setelah mendengar respon Isa terhadap permintaan mereka (ayat 23, 24), dapat dibayangkan, nada bicara Isa saat merespon permintaan para murid itu adalah nada bicara yang seketika dapat membuat para murid terdiam.
.
Nada bicara yang bagaimana yang bisa membuat para murid terdiam ketika Sang Guru menjawab perkataan para murid dengan jawaban berupa kesimpulan terhadap perkataan para murid itu? Nada menyindir dan sekaligus menegur. Sebelum peristiwa ini, Isa Al Masih telah bercakap-cakap dan menolong bangsa non-Israil (Injil Matius 8:5-13; Lukas 7:1-10; Yohanes 4:46-53; dsb), namun para murid masih juga beranggapan Isa hanya diutus bagi bangsa Israel. Bahkan perjalanan dakwah Injil ke bangsa non-Israil dan kedatangan bangsa Arab yang mengunjugi dan sujud kepada Raja Isa sewaktu kanak-kanak juga belum mengubah anggapan mereka.
Isa tidak mengabulkan permintaan para murid, buktinya, Isa tidak mengusir wanita Kanaan itu. Isa justru bercakap-cakap dengan wanita itu dan menguji imannya (Injil Matius 15:26-27; Markus 7:27-28) dan sempat pula memuji besar iman wanita itu (Matius 15:28c “…wahai Ibu, besar imanmu….”) sebelum akhirnya mengabulkan permohonan wanita Kanaan itu (Injil Matius 15:28d; Markus 7:29).
.
Permintaan para murid ditolak, bahkan disindir dan ditegur secara halus. Perbuatan Isa Al Masih terhadap bangsa non-Israil tersebut tidak bertentangan dengan perkataan Isa Al Masih dalam Injil Matius 15:24, karena perkataan Isa Al Masih dalam Injil Matius 15:24 adalah kesimpulan Isa Al Masih terhadap perkataan para murid dalam Injil Matius 15:23 dan digunakan untuk sindiran sekaligus teguran terhadap anggapan para murid.
Simpulan
1. Pujian Isa Al-Masih terhadap iman wanita berkebangsaan Siria-Fenisia (Matius 15:28c “…wahai Ibu, besar imanmu….”) membuktikan bahwa Isa bukan hanya bagi bani Israel, melainkan juga bagi bangsa non-Israel.
2. Isa mengabulkan permohonan wanita non-Israel dan menyembuhkan anak wanita itu menunjukkan Isa bukan hanya bagi bani Israel.
3. Perjalanan dakwah Isa ke luar negeri ke wilayah non-Israel menunjukkan Isa bukan hanya bagi bani Israel.
4. Matius 15:24 adalah sindiran Isa Al-Masih terhadap anggapan yang diderita oleh pengikut Al-Masih yang pada saat itu belum paham bahwa Al-Masih bukan hanya bagi bani Israel, tapi juga bagi bangsa-bangsa non-Israel.
.
"Karena itu pergilah, Jadikanlah semua bangsa muridKU........"
Matius 28:19
.
Suwun.........
Pancen Bejo- SERSAN DUA
-
Posts : 65
Kepercayaan : Protestan
Location : Semarang
Join date : 03.07.14
Reputation : 1
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
SEGOROWEDI wrote:
1. yang bilang cuman mhammad siapa?
2. tidak harus diobral kan? ya dalam obrolan/pergaulan sehari-hari..
lagian alkitab sudah ada, yang non ummi bisa baca sendiri..
1. Ya kalau begitu silahkan dibuktikan beberapa nama orang Arab yang mendengar dongeng dari Yahudi.
2. Dalam obrolan sehari-hari? Apa buktinya? Adakah riwayat yg mengatakan Muhammad ngobrol dengan Yahudi masalah isi Alkitab?
Alkitab memang sudah ada, tetapi banyak isi Qur'an tentang bani Israel yang justru di Alkitab malah tidak ada.
metheny- SpecialMember
-
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
@ Pancen Bejo
1. Injil sudah TERINTERPOLASI, karena a) berisi ayat-ayat yang kontradiktif, b) menjadikan Yesus sebagai Tuhan.
2. Yesus memang hanya diutus kepada domba-domba yang hilang di antara umat Israel, dan yang dimaksud semua bangsa dalam Matius 28:19 adalah semua bangsa dalam kalangan Bani Israil, karena pernyataan Yesus dalam Matius 15:24 telah dikonfirm oleh firman Allah dalam Al Qur'an (Ash-Shaf 61:6/7).
Banyak orang Protestan mengatakan bahwa perempuan yang ditolong Yesus itu adalah perempuan Kanaan. Terlepas Protestan mana yang menyatakan tentang perempuan mana yang ditolong Yesus itu dengan benar, yang jelas tidak mengubah penegasan Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari antara umat Israel." (Matius 15:24). Namun, jika di dalam Injil diyakini terdapat perkataan Yesus yang menyatakan: "Karena itu pergilah, Jadikanlah semua bangsa muridKU........" (Matius 28:19), maka akan menghasilkan dua pendapat:
1. Injil sudah TERINTERPOLASI, karena a) berisi ayat-ayat yang kontradiktif, b) menjadikan Yesus sebagai Tuhan.
2. Yesus memang hanya diutus kepada domba-domba yang hilang di antara umat Israel, dan yang dimaksud semua bangsa dalam Matius 28:19 adalah semua bangsa dalam kalangan Bani Israil, karena pernyataan Yesus dalam Matius 15:24 telah dikonfirm oleh firman Allah dalam Al Qur'an (Ash-Shaf 61:6/7).
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
@kedung
Hadis Nu'man bin Basyir r.a katanya : Rasulullah s.a.w bersabda:
Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal berkasih sayang dan saling cinta-mencintai adalah seperti sebatang tubuh. Apabila salah satu anggotanya mengadu kesakitan, maka seluruh anggota tubuh yang lain turut merasa sakit (Source : Nomor Hadis Dalam Sahih Muslim : 4685)
.
.
Perkataan Rasul Paulus :
Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.
(source : 1 Korintus 12:14)
.
Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.
(1 Korintus 12:26)
.
Rasul paulus : 3Masehi - 67Masehi
Muhammad. : 570Masehi - 632Masehi
Hadis Nu'man bin Basyir r.a katanya : Rasulullah s.a.w bersabda:
Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal berkasih sayang dan saling cinta-mencintai adalah seperti sebatang tubuh. Apabila salah satu anggotanya mengadu kesakitan, maka seluruh anggota tubuh yang lain turut merasa sakit (Source : Nomor Hadis Dalam Sahih Muslim : 4685)
.
.
Perkataan Rasul Paulus :
Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.
(source : 1 Korintus 12:14)
.
Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.
(1 Korintus 12:26)
.
Rasul paulus : 3Masehi - 67Masehi
Muhammad. : 570Masehi - 632Masehi
Pancen Bejo- SERSAN DUA
-
Posts : 65
Kepercayaan : Protestan
Location : Semarang
Join date : 03.07.14
Reputation : 1
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
Jagona wrote:SEGOROWEDI wrote:26 Berfirmanlah Allah: ''Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.''
Maknanya: manusia memiliki relasi yang khusus dengan Allah, manusia mempuyai hidup dari Allah, manusia mengemban tugas dan tanggungjawab yang diberikan oleh Allah untuk menjaga dan melestarikan serta memelihara dan menggunakan ciptaan Allah yang lainnya dengan tanggungjawab kepada Allah..
hi hi hi .............pertanyaan pertama juga belum dijawab, dah ganti cerita .......... truss yang dicontek gambar dan rupa siapa ? .......... ngarang abizzzzzz ............. okey
lha sudah tertulis gitu kok..
gambar dan rupa Kita/Allah, maksd/maknanya seperti saya jelaskan
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
metheny wrote:SEGOROWEDI wrote:
1. yang bilang cuman mhammad siapa?
2. tidak harus diobral kan? ya dalam obrolan/pergaulan sehari-hari..
lagian alkitab sudah ada, yang non ummi bisa baca sendiri..
1. Ya kalau begitu silahkan dibuktikan beberapa nama orang Arab yang mendengar dongeng dari Yahudi.
2. Dalam obrolan sehari-hari? Apa buktinya? Adakah riwayat yg mengatakan Muhammad ngobrol dengan Yahudi masalah isi Alkitab?
Alkitab memang sudah ada, tetapi banyak isi Qur'an tentang bani Israel yang justru di Alkitab malah tidak ada.
1. siapaun yang berinteraksi dengan yahudi, yang tidak budeg apalagi yang tidak ummi..
2. buktinya berinteraksi dengan yahudi bahkan paman bininya kristen
nyomot/nyonteknya aja sekenanya..
sebagian lain ia karang aja..
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
Pancen Bejo wrote:@kedung
Hadis Nu'man bin Basyir r.a katanya : Rasulullah s.a.w bersabda:
Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal berkasih sayang dan saling cinta-mencintai adalah seperti sebatang tubuh. Apabila salah satu anggotanya mengadu kesakitan, maka seluruh anggota tubuh yang lain turut merasa sakit (Source : Nomor Hadis Dalam Sahih Muslim : 4685)
.
.
Perkataan Rasul Paulus :
Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.
(source : 1 Korintus 12:14)
.
Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.
(1 Korintus 12:26)
.
Rasul paulus : 3Masehi - 67Masehi
Muhammad. : 570Masehi - 632Masehi
Saya tidak dapat melihat relevansinya dengan judul topik.
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
mosok alloh mendongeng?
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
SEGOROWEDI wrote:
mosok alloh mendongeng?
Karena Tuhan Allah Musa as (Perjanjian Lama) sama dengan Tuhan Allah Nabi Muhammad saw (Al Qur'an), maka Dia mengabarkannya kepada Nabi Muhammad saw.
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
Kedunghalang wrote:Pancen Bejo wrote:@kedung
Hadis Nu'man bin Basyir r.a katanya : Rasulullah s.a.w bersabda:
Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal berkasih sayang dan saling cinta-mencintai adalah seperti sebatang tubuh. Apabila salah satu anggotanya mengadu kesakitan, maka seluruh anggota tubuh yang lain turut merasa sakit (Source : Nomor Hadis Dalam Sahih Muslim : 4685)
.
.
Perkataan Rasul Paulus :
Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.
(source : 1 Korintus 12:14)
.
Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.
(1 Korintus 12:26)
.
Rasul paulus : 3Masehi - 67Masehi
Muhammad. : 570Masehi - 632Masehi
Saya tidak dapat melihat relevansinya dengan judul topik.
Waraqah bin naufal siapanya muhammad..?
profesinya apa...?
Pasti ada relevansinya.
.
Suwun..........
Pancen Bejo- SERSAN DUA
-
Posts : 65
Kepercayaan : Protestan
Location : Semarang
Join date : 03.07.14
Reputation : 1
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
Pancen Bejo wrote:Kedunghalang wrote:Pancen Bejo wrote:@kedung
Hadis Nu'man bin Basyir r.a katanya : Rasulullah s.a.w bersabda:
Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal berkasih sayang dan saling cinta-mencintai adalah seperti sebatang tubuh. Apabila salah satu anggotanya mengadu kesakitan, maka seluruh anggota tubuh yang lain turut merasa sakit (Source : Nomor Hadis Dalam Sahih Muslim : 4685)
.
.
Perkataan Rasul Paulus :
Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.
(source : 1 Korintus 12:14)
.
Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.
(1 Korintus 12:26)
.
Rasul paulus : 3Masehi - 67Masehi
Muhammad. : 570Masehi - 632Masehi
Saya tidak dapat melihat relevansinya dengan judul topik.
Waraqah bin naufal siapanya muhammad..?
profesinya apa...?
Pasti ada relevansinya.
.
Suwun..........
Menurut Sejarah Islam Awal tercatat bahwa Waraqah bin Naufal adalah saudara sepupu Siti Khadijah ra, istri pertama Nabi Muhammad saw. Waraqah bin Naufal pernah menerima Kristen pada zaman kegelapan Arabia dan biasa menterjemahkan Al Kitab dari Bahasa Iberani ke dalam Bahasa Arab (HR Shahih Bukhari, Kitab Bad'al Wahyu). Kemudian memeluk agama Islam setelah beberapa waktu mendengar kabar dari Siti Khadijah ra tentang Nabi Muhammad saw dengan mempertimbangkan adanya nubuatan di dalam Al Kitab (Ulangan 18:18).
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
Waraqah : pengabar injil Bidat Ebionite okultis, bidat sesat gnostik. Mengajarkan bahwa Yesus adalah mesias tetapi bukan Allah.
Ebionite tidak mengakui Paulus sebagai rasul.
.
Waraqa/Warakah, adalah figur pemimpin dalam kaum Ahnaf.
Dia biasa melakukan Tahnuf, (semacam bersemedi/bertapa) dia menghabiskan waktunya dalam gua-gua di Harra’. memisahkan dirinya dari masyarakatnya selama beberapa bulan pada satu masa.
Pancen Bejo- SERSAN DUA
-
Posts : 65
Kepercayaan : Protestan
Location : Semarang
Join date : 03.07.14
Reputation : 1
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
Pancen Bejo wrote:
Waraqah : pengabar injil Bidat Ebionite okultis, bidat sesat gnostik. Mengajarkan bahwa Yesus adalah mesias tetapi bukan Allah.
Ebionite tidak mengakui Paulus sebagai rasul.
.
Waraqa/Warakah, adalah figur pemimpin dalam kaum Ahnaf.
Dia biasa melakukan Tahnuf, (semacam bersemedi/bertapa) dia menghabiskan waktunya dalam gua-gua di Harra’. memisahkan dirinya dari masyarakatnya selama beberapa bulan pada satu masa.
Tetapi, akhirnya Waraqah bin Naufal masuk Islam setelah mendengar kabar dari Siti Khadijah ra tentang pendakwaan Nabi Muhammad saw sebagai nabi yang seperti Musa as sebagaimana telah dinubuatkan dalam Kitab Ulangan 18:18. Persamaan Nabi Musa as dan Nabi Muhammad saw antara lain:
1. Nabi Pembawa Syari'at Baru (Nabi Musa as dengan Kitab Taurat & Nabi Muhammad saw dengan Kitab Suci Al Qur'an).
2. Keduanya memegang kekuasaan dalam pemerintahan pada zamannya masing-masing.
1. Nabi Pembawa Syari'at Baru (Nabi Musa as dengan Kitab Taurat & Nabi Muhammad saw dengan Kitab Suci Al Qur'an).
2. Keduanya memegang kekuasaan dalam pemerintahan pada zamannya masing-masing.
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
Topik : Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
.
muhammad katanya trima wahyu di goa SETELAH nikah sm kadijah (sepupu waraqah).
Jadi..........................................
Menurut pandangan panjenengan muhammad pernah mendengar kisah PL dan PB sebelum ngarang quran.........??
Jawabannya Ya / tidak.....??
.
muhammad katanya trima wahyu di goa SETELAH nikah sm kadijah (sepupu waraqah).
Jadi..........................................
Menurut pandangan panjenengan muhammad pernah mendengar kisah PL dan PB sebelum ngarang quran.........??
Jawabannya Ya / tidak.....??
Pancen Bejo- SERSAN DUA
-
Posts : 65
Kepercayaan : Protestan
Location : Semarang
Join date : 03.07.14
Reputation : 1
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
Pancen Bejo wrote:Topik : Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
.
muhammad katanya trima wahyu di goa SETELAH nikah sm kadijah (sepupu waraqah).
Jadi..........................................
Menurut pandangan panjenengan muhammad pernah mendengar kisah PL dan PB sebelum ngarang quran.........??
Jawabannya Ya / tidak.....??
Tidak ada dalam sejarah Nabi Muhammad saw pernah mendengar kisah PL & PB, lagipula Nabi Muhammad saw bukan pengarang. Menurut Al Qur'an yang didukung oleh Bible, Nabi Muhammad saw itu hanya mengatakan apa yang diperintahkan Tuhan Allah kepadanya (An-Najm 53:3/4 & Ulangan 18:18). Waraqah bin Naufal masuk agama Islam setelah mendengar dari Siti Khadijah ra tentang pendakwaan Nabi Muhammad saw sebagai nabi, setelah dia teringat nubuatan dalam Ulangan 18:18.
Kedunghalang- LETNAN KOLONEL
-
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0
Re: Mungkinkah muhammad pernah MENDENGAR kisah2 dalam bible sebelum ngarang quran ???
Kedunghalang wrote:SEGOROWEDI wrote:
mosok alloh mendongeng?Karena Tuhan Allah Musa as (Perjanjian Lama) sama dengan Tuhan Allah Nabi Muhammad saw (Al Qur'an), maka Dia mengabarkannya kepada Nabi Muhammad saw.
Tuhan mendongeng ke muhammad gitu?
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Halaman 4 dari 7 • 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
Similar topics
» SURA AL-QASAS/28 : 38 MUNGKINKAH KETERANGAN DAN KRONOLOGI SEJARAH DICATAT KELIRU DALAM AL-QURAN ?
» Kata Muhammad dalam Bible?
» Isra Mi'raj Nabi Muhammad termuat dalam Bible
» Siapakah rasul islam sebelum muhammad?
» Muhammad in the Bible
» Kata Muhammad dalam Bible?
» Isra Mi'raj Nabi Muhammad termuat dalam Bible
» Siapakah rasul islam sebelum muhammad?
» Muhammad in the Bible
Halaman 4 dari 7
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik