Balada Penginjil Stephen Tong
Halaman 1 dari 1 • Share
Balada Penginjil Stephen Tong
REFORMED TONG CURI DOMBA GKI DLL
Gereja Reformed Injili Stephen Tong ahli curi domba. Petobat baru jarang. Yg terjadi yaitu publikasi dan undangan domba2 GKI dll dan ditangkapin ut tetap ibadah di GKRI. GKRI tidak menjalankan misi penginjilan, tetapi perampasan domba2 GKI, GPIB, HKBP dll.
"Anggota" GKRI Tong itu hampir semua domba2 turunan Cina yang jajan kesana kemari. Ini memang ciri budaya Cina--no commitment dimanapun. Alias falsafah dan kultur bunglong dan nyari enak. Itu cara pengembangan GKRI Tong: bukan oleh penginjilan ke non Kristen, tetapi perampasan domba gereja lain.
Kenapa demikian? Krn ajaran Reformed Injili memang hakekatnya anti penginjilan. Jadi hanya bisa nyuri domba gereja lain dan diajarin ajaran non biblikal tentang TULIP.
http://karuniaroh.blogspot.com/
"Gembala" Rebutan "Domba"
Gereja Reformed Injili Stephen Tong ahli curi domba. Petobat baru jarang. Yg terjadi yaitu publikasi dan undangan domba2 GKI dll dan ditangkapin ut tetap ibadah di GKRI. GKRI tidak menjalankan misi penginjilan, tetapi perampasan domba2 GKI, GPIB, HKBP dll.
"Anggota" GKRI Tong itu hampir semua domba2 turunan Cina yang jajan kesana kemari. Ini memang ciri budaya Cina--no commitment dimanapun. Alias falsafah dan kultur bunglong dan nyari enak. Itu cara pengembangan GKRI Tong: bukan oleh penginjilan ke non Kristen, tetapi perampasan domba gereja lain.
Kenapa demikian? Krn ajaran Reformed Injili memang hakekatnya anti penginjilan. Jadi hanya bisa nyuri domba gereja lain dan diajarin ajaran non biblikal tentang TULIP.
http://karuniaroh.blogspot.com/
"Gembala" Rebutan "Domba"
Penyaran- LETNAN SATU
-
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115
Pdt. Stephen Tong tidak sola scriptura (menurut Pdt Budi Asali)
PEMBAHASAN AJARAN PDT. STEPHEN TONG
BERKENAAN DENGAN
KESELAMATAN SEORANG FILOSOF CINA.
Pendahuluan:
Penayangan beberapa cuplikan dari VCD Pdt. Stephen Tong berjudul ‘falsafah Asia’, yaitu VCD no 7 dan no 10, yang antara lain mengajarkan:
· ketidak-pastian Pdt. Stephen Tong berkenaan dengan selamat atau tidaknya seorang filosof Cina.
· anggapan Pdt. Stephen Tong bahwa filosof Cina itu baik.
· pengharapan Pdt. Stephen Tong untuk bertemu dengan filosof Cina itu di surga, dan pengharapannya supaya orang ‘seperti begini’ diterima oleh Tuhan di surga.
· penggunaan Kis 10:35 untuk menunjukkan bahwa sebelum seseorang diselamatkan, kebajikannya bisa diterima oleh Tuhan.
· bahwa orang Kristen dan hamba-hamba Tuhan harus belajar dari ajaran filosof Cina itu untuk membantu mereka menjadi orang-orang Kristen yang lebih bertanggung jawab.
· bahwa ajaran filosof Cina itu merupakan respons manusia terhadap wahyu umum dari Allah.
Catatan: supaya tidak menyinggung para pengikut dari filosof Cina itu maka saya tidak mencantumkan namanya.
Pembahasan ajaran Pdt. Stephen Tong ini.
Pada saat ditanya tentang keselamatan seorang filosof Cina tertentu, Pdt. Stephen Tong memang tidak mengatakan bahwa filosof Cina itu selamat, tetapi:
1) Pdt. Stephen Tong menunjukkan ketidak-pastian; dan menurut saya ini sudahlah merupakan ajaran sesat.
Jangan kira seseorang baru sesat kalau ia mengatakan bahwa orang yang tidak percaya pasti masuk surga. Menurut saya, tidak memastikan orang yang tidak percaya masuk neraka, sudah termasuk ajaran sesat.
Sama saja, dalam persoalan keilahian Kristus. Apakah seseorang baru dianggap sesat kalau seseorang menegaskan bahwa Kristus bukan Allah? Apakah ia tidak sesat kalau ‘hanya’ mengatakan bahwa Kristus belum tentu adalah Allah?
dst........
2) Pdt. Stephen Tong mengatakan: “kalau diselamatkan, bagaimana diselamatkan tanpa mendengar Injil. Kalau tidak diselamatkan, kasihan ya, orang begini baik”.
Kata-kata bahwa ‘filosof Cina itu baik’ bertentangan dengan:
a) Doktrin Total Depravity (= Kebejatan Total) yang merupakan ajaran Reformed.
Doktrin ini juga sering disebut dengan istilah Total Inability (= Ketidak-mampuan Total).
Doktrin ini jelas menekankan bahwa manusia di luar Kristus / yang belum beriman, tidak mungkin bisa berbuat baik sama sekali.
dst.....
3) Keselamatan filosof Cina itu terserah Tuhan.
Kata-kata seperti ini kelihatannya saleh, tetapi sebetulnya salah! Apakah terserah Tuhan untuk menentukan filosof Cina itu selamat atau tidak? Kalau dalam kenyataannya filosof Cina itu memang tidak percaya sampai mati, apakah keselamatannya terserah Tuhan? Bisakah Tuhan memasukkan dia ke surga kalau dia tidak percaya? Ingat, bahwa Tuhan tidak bisa melakukan apapun menentang firmanNya sendiri.
Firman yang mana? Ro 2:12 - “Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat”.
dst.....
4) Pdt. Stephen Tong berharap untuk bertemu dengan filosof Cina itu di surga, atau ia berharap supaya filosof Cina itu diterima oleh Tuhan. Tetapi ia lalu menambahkan bahwa hal itu Tuhan yang tetapkan, bukan dia yang tetapkan.
a) Mengharapkan untuk bertemu dengan filosof Cina itu di surga, atau mengharapkan supaya filosof Cina itu diterima oleh Tuhan, kelihatannya penuh kasih, tetapi sebetulnya sama dengan mengatakan ‘saya berharap Firman Tuhan salah’.
Penerapan: hal yang sama terjadi kalau saudara mengharapkan seseorang yang mati tanpa Kristus untuk diterima oleh Tuhan / masuk surga. Atau kalau saudara berdoa supaya seseorang yang mati tanpa Kristus itu bisa masuk surga. Ini sama dengan mengharapkan / berdoa supaya Firman Tuhan salah.
dst....
5) Pdt. Stephen Tong membuka peluang diberikannya wahyu khusus dan / atau anugerah khusus kepada filosof Cina itu.
a) Yang perlu dipertanyakan adalah: mengapa gerangan Pdt. Stephen Tong membuka peluang ini bagi filosof Cina itu, padahal ia tidak mempunyai bukti apapun untuk hal ini? Apakah ia membuka peluang yang sama untuk orang-orang lain? Kalau untuk filosof Cina tertentu itu ia membuka peluang, tetapi untuk orang-orang lain tidak, apa alasannya untuk membedakan filosof Cina itu dari orang-orang lain? Karena ia baik / lebih baik dari orang-orang yang lain? Kalau demikian, lagi-lagi ini menjurus pada keselamatan karena perbuatan baik, dan ini adalah ajaran sesat!
6) Pdt. Stephen Tong membandingkan Kornelius dengan filosof Cina itu.
Ia mengutip Kis 10:35 (ia tidak menyebut ayatnya, tetapi yang ia maksudkan pasti Kis 10:35, tidak ada yang lain), yang ia kutip secara serampangan, dan mengatakan bahwa ada orang yang menganggap ayat itu merupakan dasar bahwa orang seperti filosof Cina itu bisa diselamatkan. Ia memang tak mempercayai hal itu, tetapi ia tetap menegaskan bahwa ayat itu menunjukkan bahwa sebelum Kornelius diselamatkan, kebajikannya sudah diterima oleh Tuhan. Secara implicit, ia memaksudkan bahwa sekalipun filosof Cina itu tak percaya, bisa saja kebaikannya / kebajikannya diterima oleh Tuhan.
Kis 10:35 (versi Pdt. Stephen Tong): “ternyata semua orang yang baik di dunia diterima oleh Tuhan”.
Kis 10:35 - “Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepadaNya”.
dst.....
7) Hal terakhir yang akan saya soroti hanya secara singkat adalah kata-kata Pdt. Stephen Tong bahwa orang-orang Kristen dan hamba-hamba Tuhan harus mempelajari ajaran filosof Cina itu, karena ini bisa membentuk mereka menjadi orang-orang Kristen yang lebih bertanggung jawab.
Catatan: di sini saya bahas singkat, tetapi nanti akan saya bahas secara mendetail.
Terus terang, saya menganggap pernyataan ini sebagai suatu penghinaan terhadap Kitab Suci / Alkitab kita. Bagaimana mungkin, orang Kristen yang sudah memiliki Firman Tuhan yang lengkap dalam Alkitab,
dst.....
Kesimpulan.
Kalau dalam ajaran yang lalu, yang sudah kita bahas, Pdt. Stephen Tong bertentangan dengan SOLA FIDE / GRATIA, maka saya berpendapat bahwa di sini ia bertentangan dengan SOLA SCRIPTURA!
Bagaimana sikap Pdt. Stephen Tong terhadap Wah 22:18-19?
Wah 22:18-19 - “(18) Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: ‘Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. (19) Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini.’”.
Barnes’ Notes: “The reference here is to the book of Revelation only - for at that time the books that now constitute what we call the Bible were not collected into a single volume. This passage, therefore, should not be adduced as referring to the whole of the sacred Scriptures. Still, the principle is one that is thus applicable; for it is obvious that no one has a right to change any part of a revelation which God makes to man; to presume to add to it, or to take from it, or in any way to modify it” (= Keterangan ini hanya bagi kitab Wahyu saja - karena pada saat itu kitab-kitab yang sekarang membentuk apa yang kita sebut Alkitab belum dikumpulkan ke dalam satu kitab / buku. Karena itu, text ini tidak boleh dikemukakan sebagai menunjuk pada seluruh Kitab Suci yang kudus. Tetapi tetap prinsip ini adalah prinsip yang bisa diterapkan seperti itu; karena adalah jelas bahwa tak seorangpun mempunyai hak untuk mengubah bagian manapun dari suatu wahyu yang Allah buat bagi manusia; berani menambah kepadanya, atau mengurangi darinya, atau dengan cara apapun memodifikasinya).
http://www.golgotaministry.org/Stephen%20Tong%20dan%20filusuf%20Cina.htm
org yg sama ama yg kek SW: https://laskarislam.indonesianforum.net/t3501-kuis-bibel-berhadiah-pesawat-boeing-747
BERKENAAN DENGAN
KESELAMATAN SEORANG FILOSOF CINA.
Pendahuluan:
Penayangan beberapa cuplikan dari VCD Pdt. Stephen Tong berjudul ‘falsafah Asia’, yaitu VCD no 7 dan no 10, yang antara lain mengajarkan:
· ketidak-pastian Pdt. Stephen Tong berkenaan dengan selamat atau tidaknya seorang filosof Cina.
· anggapan Pdt. Stephen Tong bahwa filosof Cina itu baik.
· pengharapan Pdt. Stephen Tong untuk bertemu dengan filosof Cina itu di surga, dan pengharapannya supaya orang ‘seperti begini’ diterima oleh Tuhan di surga.
· penggunaan Kis 10:35 untuk menunjukkan bahwa sebelum seseorang diselamatkan, kebajikannya bisa diterima oleh Tuhan.
· bahwa orang Kristen dan hamba-hamba Tuhan harus belajar dari ajaran filosof Cina itu untuk membantu mereka menjadi orang-orang Kristen yang lebih bertanggung jawab.
· bahwa ajaran filosof Cina itu merupakan respons manusia terhadap wahyu umum dari Allah.
Catatan: supaya tidak menyinggung para pengikut dari filosof Cina itu maka saya tidak mencantumkan namanya.
Pembahasan ajaran Pdt. Stephen Tong ini.
Pada saat ditanya tentang keselamatan seorang filosof Cina tertentu, Pdt. Stephen Tong memang tidak mengatakan bahwa filosof Cina itu selamat, tetapi:
1) Pdt. Stephen Tong menunjukkan ketidak-pastian; dan menurut saya ini sudahlah merupakan ajaran sesat.
Jangan kira seseorang baru sesat kalau ia mengatakan bahwa orang yang tidak percaya pasti masuk surga. Menurut saya, tidak memastikan orang yang tidak percaya masuk neraka, sudah termasuk ajaran sesat.
Sama saja, dalam persoalan keilahian Kristus. Apakah seseorang baru dianggap sesat kalau seseorang menegaskan bahwa Kristus bukan Allah? Apakah ia tidak sesat kalau ‘hanya’ mengatakan bahwa Kristus belum tentu adalah Allah?
dst........
2) Pdt. Stephen Tong mengatakan: “kalau diselamatkan, bagaimana diselamatkan tanpa mendengar Injil. Kalau tidak diselamatkan, kasihan ya, orang begini baik”.
Kata-kata bahwa ‘filosof Cina itu baik’ bertentangan dengan:
a) Doktrin Total Depravity (= Kebejatan Total) yang merupakan ajaran Reformed.
Doktrin ini juga sering disebut dengan istilah Total Inability (= Ketidak-mampuan Total).
Doktrin ini jelas menekankan bahwa manusia di luar Kristus / yang belum beriman, tidak mungkin bisa berbuat baik sama sekali.
dst.....
3) Keselamatan filosof Cina itu terserah Tuhan.
Kata-kata seperti ini kelihatannya saleh, tetapi sebetulnya salah! Apakah terserah Tuhan untuk menentukan filosof Cina itu selamat atau tidak? Kalau dalam kenyataannya filosof Cina itu memang tidak percaya sampai mati, apakah keselamatannya terserah Tuhan? Bisakah Tuhan memasukkan dia ke surga kalau dia tidak percaya? Ingat, bahwa Tuhan tidak bisa melakukan apapun menentang firmanNya sendiri.
Firman yang mana? Ro 2:12 - “Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat”.
dst.....
4) Pdt. Stephen Tong berharap untuk bertemu dengan filosof Cina itu di surga, atau ia berharap supaya filosof Cina itu diterima oleh Tuhan. Tetapi ia lalu menambahkan bahwa hal itu Tuhan yang tetapkan, bukan dia yang tetapkan.
a) Mengharapkan untuk bertemu dengan filosof Cina itu di surga, atau mengharapkan supaya filosof Cina itu diterima oleh Tuhan, kelihatannya penuh kasih, tetapi sebetulnya sama dengan mengatakan ‘saya berharap Firman Tuhan salah’.
Penerapan: hal yang sama terjadi kalau saudara mengharapkan seseorang yang mati tanpa Kristus untuk diterima oleh Tuhan / masuk surga. Atau kalau saudara berdoa supaya seseorang yang mati tanpa Kristus itu bisa masuk surga. Ini sama dengan mengharapkan / berdoa supaya Firman Tuhan salah.
dst....
5) Pdt. Stephen Tong membuka peluang diberikannya wahyu khusus dan / atau anugerah khusus kepada filosof Cina itu.
a) Yang perlu dipertanyakan adalah: mengapa gerangan Pdt. Stephen Tong membuka peluang ini bagi filosof Cina itu, padahal ia tidak mempunyai bukti apapun untuk hal ini? Apakah ia membuka peluang yang sama untuk orang-orang lain? Kalau untuk filosof Cina tertentu itu ia membuka peluang, tetapi untuk orang-orang lain tidak, apa alasannya untuk membedakan filosof Cina itu dari orang-orang lain? Karena ia baik / lebih baik dari orang-orang yang lain? Kalau demikian, lagi-lagi ini menjurus pada keselamatan karena perbuatan baik, dan ini adalah ajaran sesat!
6) Pdt. Stephen Tong membandingkan Kornelius dengan filosof Cina itu.
Ia mengutip Kis 10:35 (ia tidak menyebut ayatnya, tetapi yang ia maksudkan pasti Kis 10:35, tidak ada yang lain), yang ia kutip secara serampangan, dan mengatakan bahwa ada orang yang menganggap ayat itu merupakan dasar bahwa orang seperti filosof Cina itu bisa diselamatkan. Ia memang tak mempercayai hal itu, tetapi ia tetap menegaskan bahwa ayat itu menunjukkan bahwa sebelum Kornelius diselamatkan, kebajikannya sudah diterima oleh Tuhan. Secara implicit, ia memaksudkan bahwa sekalipun filosof Cina itu tak percaya, bisa saja kebaikannya / kebajikannya diterima oleh Tuhan.
Kis 10:35 (versi Pdt. Stephen Tong): “ternyata semua orang yang baik di dunia diterima oleh Tuhan”.
Kis 10:35 - “Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepadaNya”.
dst.....
7) Hal terakhir yang akan saya soroti hanya secara singkat adalah kata-kata Pdt. Stephen Tong bahwa orang-orang Kristen dan hamba-hamba Tuhan harus mempelajari ajaran filosof Cina itu, karena ini bisa membentuk mereka menjadi orang-orang Kristen yang lebih bertanggung jawab.
Catatan: di sini saya bahas singkat, tetapi nanti akan saya bahas secara mendetail.
Terus terang, saya menganggap pernyataan ini sebagai suatu penghinaan terhadap Kitab Suci / Alkitab kita. Bagaimana mungkin, orang Kristen yang sudah memiliki Firman Tuhan yang lengkap dalam Alkitab,
dst.....
Kesimpulan.
Kalau dalam ajaran yang lalu, yang sudah kita bahas, Pdt. Stephen Tong bertentangan dengan SOLA FIDE / GRATIA, maka saya berpendapat bahwa di sini ia bertentangan dengan SOLA SCRIPTURA!
Bagaimana sikap Pdt. Stephen Tong terhadap Wah 22:18-19?
Wah 22:18-19 - “(18) Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: ‘Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. (19) Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini.’”.
Barnes’ Notes: “The reference here is to the book of Revelation only - for at that time the books that now constitute what we call the Bible were not collected into a single volume. This passage, therefore, should not be adduced as referring to the whole of the sacred Scriptures. Still, the principle is one that is thus applicable; for it is obvious that no one has a right to change any part of a revelation which God makes to man; to presume to add to it, or to take from it, or in any way to modify it” (= Keterangan ini hanya bagi kitab Wahyu saja - karena pada saat itu kitab-kitab yang sekarang membentuk apa yang kita sebut Alkitab belum dikumpulkan ke dalam satu kitab / buku. Karena itu, text ini tidak boleh dikemukakan sebagai menunjuk pada seluruh Kitab Suci yang kudus. Tetapi tetap prinsip ini adalah prinsip yang bisa diterapkan seperti itu; karena adalah jelas bahwa tak seorangpun mempunyai hak untuk mengubah bagian manapun dari suatu wahyu yang Allah buat bagi manusia; berani menambah kepadanya, atau mengurangi darinya, atau dengan cara apapun memodifikasinya).
http://www.golgotaministry.org/Stephen%20Tong%20dan%20filusuf%20Cina.htm
org yg sama ama yg kek SW: https://laskarislam.indonesianforum.net/t3501-kuis-bibel-berhadiah-pesawat-boeing-747
Penyaran- LETNAN SATU
-
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115
Re: Balada Penginjil Stephen Tong
Penyaran wrote:
1) Pdt. Stephen Tong menunjukkan ketidak-pastian; dan menurut saya ini sudahlah merupakan ajaran sesat.
Jangan kira seseorang baru sesat kalau ia mengatakan bahwa orang yang tidak percaya pasti masuk surga. Menurut saya, tidak memastikan orang yang tidak percaya masuk neraka, sudah termasuk ajaran sesat.
Andaikata dalil di atas benar, biarlah saya Foxhound juga dipanggil sesat oleh manusia, daripada saya harus menghakimi manusia yang lain. Karena dengan menghakimi orang lain, saya dipandang sesat oleh Tuhan....
Tokh sejak di FFI, saya juga sudah ngaku kalau saya ini Kristen sesat
Foxhound- SERSAN MAYOR
-
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57
Re: Balada Penginjil Stephen Tong
:grr:Doktrin ini jelas menekankan bahwa manusia di luar Kristus / yang belum beriman, tidak mungkin bisa berbuat baik sama sekali
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: Balada Penginjil Stephen Tong
frontline defender wrote::grr:Doktrin ini jelas menekankan bahwa manusia di luar Kristus / yang belum beriman, tidak mungkin bisa berbuat baik sama sekali
Saya tidak melihat adanya yang aneh dari quote diatas?? disebelah mana yg aneh??
bezat- SERSAN SATU
-
Posts : 152
Kepercayaan : Protestan
Location : Kota Kafir
Join date : 05.10.12
Reputation : 3
Re: Balada Penginjil Stephen Tong
koq balada? di mana letak baladanya?
darussalam- Co-Administrator
-
Posts : 411
Kepercayaan : Islam
Location : Brunei Darussalam
Join date : 25.11.11
Reputation : 10
Re: Balada Penginjil Stephen Tong
mungkin maksudnya soal curi-mencuri jemaat..
padahal kita bebas jadi anggota jemaat manapun
asal tetap dalam iman bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Balada Penginjil Stephen Tong
SEGOROWEDI wrote:
mungkin maksudnya soal curi-mencuri jemaat..
padahal kita bebas jadi anggota jemaat manapun
asal tetap dalam iman bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat
situsnya dari Kristen sendiri lho Wed
iman gak penting tp yg terpenting adalah bisnis didalamnya makanya pd rebutan :
https://laskarislam.indonesianforum.net/t2125-menguak-rahasia-bisnis-gereja
https://laskarislam.indonesianforum.net/t3757-umat-kristen-gerah-rencana-pajak-gereja
Penyaran- LETNAN SATU
-
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115
ramayana- Pengembara
-
Posts : 3479
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8
Similar topics
» kumpulan kotbah stephen tong
» Roh Kudus Menegor - Kotbah Pdt Dr Stephen Tong
» Apakah Iman Yg Sejati? (Pdt. Stephen Tong)
» tanya jawab versi or according (atau menurut) stephen tong
» Balada Rumah dan pengacau yang masuk
» Roh Kudus Menegor - Kotbah Pdt Dr Stephen Tong
» Apakah Iman Yg Sejati? (Pdt. Stephen Tong)
» tanya jawab versi or according (atau menurut) stephen tong
» Balada Rumah dan pengacau yang masuk
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik