Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
Halaman 1 dari 2 • Share
Halaman 1 dari 2 • 1, 2
Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
Kristiani selalu berasumsi bahwa wujud Allah adalah roh dengan berlandaskan ayat ini:
Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."
Dalam ayat lain tertulis:
Yesaya 26:4 Percayalah kepada TUHAN selama-lamanya, sebab TUHAN ALLAH adalah gunung batu yang kekal.
Ibrani 12:29 Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.
Jika dihadapkan pada ayat Yesaya 26:4 dan Ibrani 12:29 diatas, Kristiani pasti akan satu suara berkata bahwa ayat tersebut merupakan kiasan. Sedang lain halnya jika dihadapkan pada ayat Yohanes 4:24, padahal dicermati penggunaan bahasa yang digunakan dalam tiga ayat diatas sama persis, dalam ayat Yohanes sendiri Yesus sama sekali tidak berkata bahwa wujud Allah adalah roh, tapi sama seperti bahasa yang digunakan pada ayat lainnya, yaitu "Allah itu roh" dalam ayat lain "Allah adalah gunung batu" dan "Allah adalah api". Perhatikan juga kalimat yang dilekatkan Yesus dibelakang perkataanya "menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.", kalimat ini jelas merupakan kiasan.
Pertanyaan:
1. Apakah yang tertulis dalam ayat Yohanes yang dinisbahkan sebagai ucapan Yesus tersebut yang berkata "Allah adalah roh" merupakan wujud Allah yang sebenarnya atau hanya kiasan sama seperti ayat lainnya?
2. Jika kristiani bersih keras bahwa Allah berwujud roh dengan berdasarkan Yohanes 4:24, mengapa Kristiani mengabaikan ayat lainnya padahal jelas penggunaan bahasanya sama, simplenya ketiga ayat tersebut dalam arti sebenarnya atau dalam arti kiasan?
3. Jika dalam Bible Allah berwujud roh, akan ada kejanggalan dalam ayat lain:
*** Wahyu 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. ***
Perhatikan "ketujuh Roh Allah", apakah itu berarti Allah terbagi atau membagi-bagi diri-Nya?
Dalam Islam dan Al-Qur'an Allah tidak berwujud roh, Dzat Allah tidak serupa dengan apapun makhluk-Nya termasuk roh karena roh merupakan ciptaan. Setiap makhluk mempunyai roh Allah dalam arti roh ciptaan Allah, jadi saat Allah berfirman bahwa Dia mengutus roh-Nya, berarti Dia mengutus utusan-Nya contohnya malaikat Jibril a.s:
فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا
"maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami (Jibril a.s) kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna." (QS. Maryam {19}:17)
dalam alkitab Terjemah LAMA
malah kita akan menemukan penyebutan Allah yang disebut Dzat, hanya saja pada terjemahan berikutnya LAI malah menggantinya: berikut ayat-ayatnya:
KISAH PARA RASUL 17:29 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)
Maka oleh sebab kita dijadikan Allah, tiadalah patut kita menyangkakan ZAT Allah itu serupa dengan emas atau perak atau batu yang berukir dengan kepandaian dan akal manusia.
1 TIM 6:16 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)
Yang hanya mempunyai ZAT yang tiada mati, dan mendiami terang yang tiada terhampiri; Yang tiada pernah dilihat atau dapat dilihat orang, maka bagi-Nyalah kemuliaan dan kuasa yang kekal. Amin.
IBRANI 1:3 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)
Maka Ialah menjadi cahaya kemuliaan Allah dan ZAT Allah yang kelihatan, serta Ia menanggung segala sesuatu dengan firman kuasa-Nya; dan setelah Ia membuat persucian segala dosa, maka duduklah Ia di sebelah kanan Yang Mahabesar di dalam ketinggian;
IBRANI 10:1 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)
Karena sedangkan Taurat itu hanya menunjukkan bayang-bayang segala berkat yang akan datang itu, bukannya ZAT yang sungguh segala perkara itu, maka ia itu dengan korban itu juga, yang senantiasa dipersembahkan oleh imam-imam tiap-tiap tahun, sekali-kali tiada dapat menyempurnakan orang-orang yang menghampiri itu.
silahkan buka terjemahan lama... Allah disebut Zat:
http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/verse/?b=58&v=3
http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/verse/?b=54&c=6&v=16
http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/verse/?b=44&c=17&v=29 "
bahwa Allah itu "esa", "satu" hakekatnya. Hakekat ini dalam bahasa Yunani disebut 'ousia', bahasa Arab 'dzat' (bukan zat dalam pelajaran fisika). Ousia inilah yang membedakan Allah ('ho theos') dengan manusia ('anthrôpos'), dengan dunia ('kosmos'), dan sebagainya......
http://www.sarapanpagi.org/ousia-zat-vt1411.html#p4976
Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."
Dalam ayat lain tertulis:
Yesaya 26:4 Percayalah kepada TUHAN selama-lamanya, sebab TUHAN ALLAH adalah gunung batu yang kekal.
Ibrani 12:29 Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.
Jika dihadapkan pada ayat Yesaya 26:4 dan Ibrani 12:29 diatas, Kristiani pasti akan satu suara berkata bahwa ayat tersebut merupakan kiasan. Sedang lain halnya jika dihadapkan pada ayat Yohanes 4:24, padahal dicermati penggunaan bahasa yang digunakan dalam tiga ayat diatas sama persis, dalam ayat Yohanes sendiri Yesus sama sekali tidak berkata bahwa wujud Allah adalah roh, tapi sama seperti bahasa yang digunakan pada ayat lainnya, yaitu "Allah itu roh" dalam ayat lain "Allah adalah gunung batu" dan "Allah adalah api". Perhatikan juga kalimat yang dilekatkan Yesus dibelakang perkataanya "menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.", kalimat ini jelas merupakan kiasan.
Pertanyaan:
1. Apakah yang tertulis dalam ayat Yohanes yang dinisbahkan sebagai ucapan Yesus tersebut yang berkata "Allah adalah roh" merupakan wujud Allah yang sebenarnya atau hanya kiasan sama seperti ayat lainnya?
2. Jika kristiani bersih keras bahwa Allah berwujud roh dengan berdasarkan Yohanes 4:24, mengapa Kristiani mengabaikan ayat lainnya padahal jelas penggunaan bahasanya sama, simplenya ketiga ayat tersebut dalam arti sebenarnya atau dalam arti kiasan?
3. Jika dalam Bible Allah berwujud roh, akan ada kejanggalan dalam ayat lain:
*** Wahyu 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. ***
Perhatikan "ketujuh Roh Allah", apakah itu berarti Allah terbagi atau membagi-bagi diri-Nya?
Dalam Islam dan Al-Qur'an Allah tidak berwujud roh, Dzat Allah tidak serupa dengan apapun makhluk-Nya termasuk roh karena roh merupakan ciptaan. Setiap makhluk mempunyai roh Allah dalam arti roh ciptaan Allah, jadi saat Allah berfirman bahwa Dia mengutus roh-Nya, berarti Dia mengutus utusan-Nya contohnya malaikat Jibril a.s:
فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا
"maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami (Jibril a.s) kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna." (QS. Maryam {19}:17)
dalam alkitab Terjemah LAMA
malah kita akan menemukan penyebutan Allah yang disebut Dzat, hanya saja pada terjemahan berikutnya LAI malah menggantinya: berikut ayat-ayatnya:
KISAH PARA RASUL 17:29 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)
Maka oleh sebab kita dijadikan Allah, tiadalah patut kita menyangkakan ZAT Allah itu serupa dengan emas atau perak atau batu yang berukir dengan kepandaian dan akal manusia.
1 TIM 6:16 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)
Yang hanya mempunyai ZAT yang tiada mati, dan mendiami terang yang tiada terhampiri; Yang tiada pernah dilihat atau dapat dilihat orang, maka bagi-Nyalah kemuliaan dan kuasa yang kekal. Amin.
IBRANI 1:3 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)
Maka Ialah menjadi cahaya kemuliaan Allah dan ZAT Allah yang kelihatan, serta Ia menanggung segala sesuatu dengan firman kuasa-Nya; dan setelah Ia membuat persucian segala dosa, maka duduklah Ia di sebelah kanan Yang Mahabesar di dalam ketinggian;
IBRANI 10:1 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)
Karena sedangkan Taurat itu hanya menunjukkan bayang-bayang segala berkat yang akan datang itu, bukannya ZAT yang sungguh segala perkara itu, maka ia itu dengan korban itu juga, yang senantiasa dipersembahkan oleh imam-imam tiap-tiap tahun, sekali-kali tiada dapat menyempurnakan orang-orang yang menghampiri itu.
silahkan buka terjemahan lama... Allah disebut Zat:
http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/verse/?b=58&v=3
http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/verse/?b=54&c=6&v=16
http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/verse/?b=44&c=17&v=29 "
bahwa Allah itu "esa", "satu" hakekatnya. Hakekat ini dalam bahasa Yunani disebut 'ousia', bahasa Arab 'dzat' (bukan zat dalam pelajaran fisika). Ousia inilah yang membedakan Allah ('ho theos') dengan manusia ('anthrôpos'), dengan dunia ('kosmos'), dan sebagainya......
http://www.sarapanpagi.org/ousia-zat-vt1411.html#p4976
mencari petunjuk- SERSAN SATU
- Posts : 192
Join date : 27.10.11
Reputation : 6
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
ROH
kiasan gunung batu dan api merujuk pada eksistensi dan kuasa yang dimiliki-Nya
dzat itu benda apa bukan?
kiasan gunung batu dan api merujuk pada eksistensi dan kuasa yang dimiliki-Nya
dzat itu benda apa bukan?
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
SEGOROWEDI wrote:ROH
kiasan gunung batu dan api merujuk pada eksistensi dan kuasa yang dimiliki-Nya
dzat itu benda apa bukan?
yesus roh atau dzat wed
putramentari- KAPTEN
-
Age : 43
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
putramentari wrote:SEGOROWEDI wrote:ROH
kiasan gunung batu dan api merujuk pada eksistensi dan kuasa yang dimiliki-Nya
dzat itu benda apa bukan?
yesus roh atau dzat wed
Karena salah satu sifat Allah adalah "Mukhalafatu lil khawadisi (berbeda dengan mahluknya) maka Allah tidak bisa dikatagorikan bernama "benda" atau apalah, karena Allah itu menurut islam adalah Dzat yang Maha Tinggi, jadi tidak memiliki kesamaan apapun dalam dimensi apapun, karena sifatnya berbeda dengan ciptaan-Nya.
Berbeda dengan Kristen, bahwa Allah itu adalah "ROH" - Padahal menurut Islam, Roh itu mahluk ciptaan Allah, Lho, kok Tuhan-nya kristen adalah CIPTAAN dari Tuhan-nya Islam?
Hal lain, menurut kristen, bahwa Allah itu adalah ROH, artinya, Allah dalam kristen bisa di sejajarkan dengan ROH2 yang lain, bukan? Karena semuanya adalah ROH juga, bisa roh baik, roh jahat, bahkan roh yang bukan keduanya.
maka, menurujuk pada keterangan dari ayat alkitab sendiri, bahwa Tuhan kristen bisa di definisikan sebagai CIPTAAN dan bukan PENCIPTA.
Sombrero- SERSAN MAYOR
-
Age : 23
Posts : 535
Location : JAKARTA
Join date : 06.07.12
Reputation : 5
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
SEGOROWEDI wrote:ROH
kiasan gunung batu dan api merujuk pada eksistensi dan kuasa yang dimiliki-Nya
dzat itu benda apa bukan?
pasti pikiran om wedi bahwa zat itu kayak yg dipelajari di fisika (zat, cair, padat dan gas) ?? hahahaha
sesuai kamus arti zat ada 3 om: http://kamusbahasaindonesia.org/zat
ZAT = [Ar n] (1) wujud; hakikat (Allah): -- Allah; (2) yg menyebabkan sesuatu menjadi ada; (3) bahan yg merupakan pembentuk (bagian-bagian yg mendukung) suatu benda; unsur
pakdhesam- SERSAN SATU
-
Posts : 168
Kepercayaan : Islam
Location : gorontalo
Join date : 20.06.12
Reputation : 0
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
untuk menjawab tuduhan yang dilontarkan kaum kristen,bahwa Tuhan Allah itu hanya Roh bukan Dzat itu adalah salah besar,dasar mereka menyatakan bahwa Allah itu adalah Roh adalah...
Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
(Kejadian:1:2)
Yoh. 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."
kami tahu Allah itu juga punya Roh tapi bukan seperti Roh makhlukNya,kenapa??
﴾ Asy Syuura:11 ﴿
(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat. فَاطِرُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۚ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوٰجًا وَمِنَ الْأَنْعٰمِ أَزْوٰجًا ۖ يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ لَيْسَ كَمِثْلِهِۦ شَىْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ الشورى:١١
011. (Pencipta langit dan bumi) Dialah Yang mengadakan langit dan bumi (Dia menjadikan bagi kalian dari jenis kalian sendiri pasangan-pasangan) sewaktu Dia menciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam (dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan) ada jenis jantan dan ada jenis betina (dijadikan-Nya kalian berkembang biak) maksudnya, mengembangbiakkan kalian (dengan jalan itu) yaitu melalui proses perjodohan. Dengan kata lain, Dia memperbanyak kalian melalui anak beranak. Dhamir yang ada kembali kepada manusia dan binatang ternak dengan ungkapan yang lebih memprioritaskan manusia. (Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia) huruf Kaf adalah Zaidah, karena sesungguhnya Allah swt. tiada sesuatu pun yang semisal dengan-Nya (dan Dialah Yang Maha Mendengar) semua apa yang dikatakan (lagi Maha Melihat) semua apa yang dikerjakan.
apakah cukup sampai disini bukti bahwa Allah itu adalah Dzat???
﴾ Al Ikhlash:2 ﴿
Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
اللَّـهُ الصَّمَدُ الإخلاص:٢
002. (Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu) lafal ayat ini terdiri dari Mubtada dan Khabar; artinya Dia adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu untuk selama-lamanya.
apakah sudah jelas,mari kita buka lagi Ha-Tanakh
יח וְאֶל-מִי, תְּדַמְּיוּן אֵל; וּמַה-דְּמוּת, תַּעַרְכוּ לוֹ. 18 To whom then will ye liken God? Or what likeness will ye compare unto Him?
ve el-mi tedemyon El vumah demot ta'arkhulu
Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?(sefer Yeshayahu:40:18)
כה וְאֶל-מִי תְדַמְּיוּנִי, וְאֶשְׁוֶה--יֹאמַר, קָדוֹשׁ. 25 To whom then will ye liken Me, that I should be equal? saith the Holy One.
veel-mi tedamyuni veeshveh yomar kadosh
Dengan siapa hendak kamu samakan Aku, seakan-akan Aku seperti dia? firman Yang Mahakudus.(sefer yeshayahu:40:25)
baik,kalo kita menganggap Allah itu adalah Roh,maka apa bedanya dengan Roh Setan? Roh Iblis??
jadi Yang Pasti ada jawaban Bahwa Allah itu Bukan disebut Roh yang seperti Makhluk,tapi Dia adalah
יהוה מלך הרואח ומלאך
Hashem melekh haruakh vamal'akh
يا رب، ملك الروح والملائكة
Ya Rabb,Malikul Ruh wal Malaikah
"Ya Tuhan,Raja segala Ruh dan Malaikat"
﴾ Ar Rahmaan:27 ﴿
Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. وَيَبْقَىٰ وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلٰلِ وَالْإِكْرَامِ الرحمن:٢٧
027. (Dan tetap kekal Zat Rabbmu) yakni Dzat-Nya (Yang mempunyai kebesaran) atau keagungan (dan kemuliaan) Yang Maha Dermawan kepada orang-orang mukmin dengan melimpahkan nikmat-nikmat-Nya kepada mereka.(Midrash Jalalayn)
﴾ Yunus:3 ﴿
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّـهُ الَّذِى خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضَ فِى سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ۖ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ ۖ مَا مِن شَفِيعٍ إِلَّا مِنۢ بَعْدِ إِذْنِهِۦ ۚ ذٰلِكُمُ اللَّـهُ رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ ۚ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ يونس:٣
003. (Sesungguhnya Rabb kalian ialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari) dari hari-hari dunia, artinya dalam masa yang perkiraannya sama dengan enam hari karena sesungguhnya pada masa itu belum ada matahari dan bulan. Akan tetapi seandainya Allah berkehendak, maka Dia dapat menciptakannya dalam sekejap mata. Allah swt, tidak memakai cara tersebut dimaksud untuk memberikan pelajaran kepada makhluk-Nya tentang ketekunan dan kesabaran di dalam bertindak (kemudian Dia bersemayam di atas Arsy) bersemayamnya Allah disesuaikan dengan keagungan sifat-Nya (untuk mengatur segala urusan) di antara makhluk-makhluk-Nya (Tiada seorang pun) huruf min merupakan shilah atau penghubung (yang dapat memberikan syafaat) kepada seseorang (kecuali sesudah ada keizinan-Nya) ayat ini merupakan sanggahan terhadap perkataan orang-orang kafir yang menyatakan bahwa berhala-berhala mereka dapat memberikan syafaat kepada diri mereka. (Dzat yang demikian itulah) yaitu yang menciptakan dan yang mengatur (Allah, Rabb kalian, maka sembahlah Dia) artinya tauhidkanlah Dia. (Maka apakah kalian tidak mengambil pelajaran?) lafal tadzakkaruuna asalnya tatadzakkaruuna, kemudian huruf ta yang kedua diidgamkan ke dalam huruf dzal asal kalimat, maka jadilah tadzakkaruuna.
Dzat= Nafs=Jati Diri
﴾ Al An'am:12 ﴿
Katakanlah: "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi". Katakanlah: "Kepunyaan Allah". Dia telah menetapkan atas Diri-Nya kasih sayang. Dia sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya. Orang-orang yang merugikan dirinya mereka itu tidak beriman. قُل لِّمَن مَّا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۖ قُل لِّلَّهِ ۚ كَتَبَ عَلَىٰ نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ ۚ لَيَجْمَعَنَّكُمْ إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيٰمَةِ لَا رَيْبَ فِيهِ ۚ الَّذِينَ خَسِرُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ الأنعام:١٢
012. (Katakanlah, "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi?" Katakanlah, "Kepunyaan Allah.") jika mereka tidak mengatakannya dan tidak ada jawaban lain kecuali itu. (Dia telah memastikan) telah menetapkan (atas diri-Nya kasih sayang) sebagai kemurahan dari-Nya. Ungkapan ini mengandung seruan yang lembut untuk mengajak mereka agar beriman (Dia sungguh-sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat) untuk membalas kamu atas perbuatan-perbuatan kamu (tidak ada keraguan) kebimbangan (terhadapnya. Orang-orang yang merugikan dirinya) karena mereka menjerumuskan dirinya ke dalam siksaan. Alladziina adalah mubtada sedangkan khabarnya ialah (mereka itu tidak beriman).
نَفْسِهِ = DiriNya
﴾ Al An'am:54 ﴿
Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah: "Salaamun alaikum. Tuhanmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. وَإِذَا جَآءَكَ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِـَٔايٰتِنَا فَقُلْ سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ ۖ كَتَبَ رَبُّكُمْ عَلَىٰ نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ ۖ أَنَّهُۥ مَنْ عَمِلَ مِنكُمْ سُوٓءًۢا بِجَهٰلَةٍ ثُمَّ تَابَ مِنۢ بَعْدِهِۦ وَأَصْلَحَ فَأَنَّهُۥ غَفُورٌ رَّحِيمٌ الأنعام:٥٤
054. (Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah) kepada mereka ("Mudah-mudahan Allah melimpahkan kesejahteraan atas kamu telah menetapkan) telah memastikan (Tuhanmu atas diri-Nya kasih sayang, yaitu bahwasanya) yakni perihalnya; di dalam suatu qiraat dibaca dengan fathah yaitu annahu sebagai badal atau kata ganti dari Lafal ar-rahmah (siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan) terhadap perbuatan itu sewaktu ia melakukannya (kemudian ia bertobat) kembali ke jalan yang benar (setelah itu) setelah mengerjakannya (dan mengadakan perbaikan) terhadap amal perbuatannya (maka sesungguhnya Ia) yakni Allah swt. (Maha Pengampun) kepadanya (lagi Maha Penyayang.") kepada dirinya. Menurut qiraat lainnya dibaca dengan fatah; artinya maka Dialah yang memberi ampunan dan kasih sayang.
نَفْسِهِ = DiriNya
apakah hanya di Al Qur'an???
di Ha-Tanakh
יד נִשְׁבַּע יְהוָה צְבָאוֹת, בְּנַפְשׁוֹ: כִּי אִם-מִלֵּאתִיךְ אָדָם כַּיֶּלֶק, וְעָנוּ עָלַיִךְ הֵידָד. {ס} 14 The LORD of hosts hath sworn by Himself: Surely I will fill thee with men, as with the canker-worm, and they shall lift up a shout against thee. {S}
nishva' YHWH tseba'ot beNAFSHO : ki'im mil'atik adam kayeleq ve'anu 'alayik heydad
TUHAN semesta alam telah bersumpah demi diri-Nya sendiri: Sungguhpun engkau penuh dengan manusia-manusia seperti belalang, tetapi orang akan mengangkat pekik pertempuran terhadapmu.(sefer Yirmiyahu:51:14)
בְּנַפְשׁוֹ = HimSELF= DiriNya=Benafsho
ח נִשְׁבַּע אֲדֹנָי יְהוִה בְּנַפְשׁוֹ, נְאֻם-יְהוָה אֱלֹהֵי צְבָאוֹת, מְתָאֵב אָנֹכִי אֶת-גְּאוֹן יַעֲקֹב, וְאַרְמְנֹתָיו שָׂנֵאתִי; וְהִסְגַּרְתִּי, עִיר וּמְלֹאָהּ. 8 The Lord GOD hath sworn by Himself, saith the LORD, the God of hosts: I abhor the pride of Jacob, and hate his palaces; and I will deliver up the city with all that is therein.
nishva' Adonai YHWH beNAFSHO , neum YHWH Elohey Tzebaot meta'ab Anokhi et-geon ya'aqov,
ve'armenotayn shane'ti vehisgarti 'iyr vumlo'ah
Tuhan ALLAH telah bersumpah demi diri-Nya, --demikianlah firman TUHAN, Allah semesta alam--:"Aku ini keji kepada kecongkakan Yakub, dan benci kepada purinya; Aku akan menyerahkan kota serta isinya."
(sefer Ha-Navi'a Amos:6:8)
בְּנַפְשׁוֹ = Benafsho =Himself=DiriNya
jadi kesimpulanya,YHWH Elohim Ha Tzebaot /Allahu Robbul 'alamin Itu adalah Nefesh/Self/Dzat/Diri
Dzat jangan diartikan sperti apa,sebab hanya orang yang tidak mengunakan dalil benar bahwa Allah itu Bukan Nefesh/Nafs/Dzat/Self
Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
(Kejadian:1:2)
Yoh. 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."
kami tahu Allah itu juga punya Roh tapi bukan seperti Roh makhlukNya,kenapa??
﴾ Asy Syuura:11 ﴿
(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat. فَاطِرُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۚ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوٰجًا وَمِنَ الْأَنْعٰمِ أَزْوٰجًا ۖ يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ لَيْسَ كَمِثْلِهِۦ شَىْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ الشورى:١١
011. (Pencipta langit dan bumi) Dialah Yang mengadakan langit dan bumi (Dia menjadikan bagi kalian dari jenis kalian sendiri pasangan-pasangan) sewaktu Dia menciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam (dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan) ada jenis jantan dan ada jenis betina (dijadikan-Nya kalian berkembang biak) maksudnya, mengembangbiakkan kalian (dengan jalan itu) yaitu melalui proses perjodohan. Dengan kata lain, Dia memperbanyak kalian melalui anak beranak. Dhamir yang ada kembali kepada manusia dan binatang ternak dengan ungkapan yang lebih memprioritaskan manusia. (Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia) huruf Kaf adalah Zaidah, karena sesungguhnya Allah swt. tiada sesuatu pun yang semisal dengan-Nya (dan Dialah Yang Maha Mendengar) semua apa yang dikatakan (lagi Maha Melihat) semua apa yang dikerjakan.
apakah cukup sampai disini bukti bahwa Allah itu adalah Dzat???
﴾ Al Ikhlash:2 ﴿
Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
اللَّـهُ الصَّمَدُ الإخلاص:٢
002. (Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu) lafal ayat ini terdiri dari Mubtada dan Khabar; artinya Dia adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu untuk selama-lamanya.
apakah sudah jelas,mari kita buka lagi Ha-Tanakh
יח וְאֶל-מִי, תְּדַמְּיוּן אֵל; וּמַה-דְּמוּת, תַּעַרְכוּ לוֹ. 18 To whom then will ye liken God? Or what likeness will ye compare unto Him?
ve el-mi tedemyon El vumah demot ta'arkhulu
Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?(sefer Yeshayahu:40:18)
כה וְאֶל-מִי תְדַמְּיוּנִי, וְאֶשְׁוֶה--יֹאמַר, קָדוֹשׁ. 25 To whom then will ye liken Me, that I should be equal? saith the Holy One.
veel-mi tedamyuni veeshveh yomar kadosh
Dengan siapa hendak kamu samakan Aku, seakan-akan Aku seperti dia? firman Yang Mahakudus.(sefer yeshayahu:40:25)
baik,kalo kita menganggap Allah itu adalah Roh,maka apa bedanya dengan Roh Setan? Roh Iblis??
jadi Yang Pasti ada jawaban Bahwa Allah itu Bukan disebut Roh yang seperti Makhluk,tapi Dia adalah
יהוה מלך הרואח ומלאך
Hashem melekh haruakh vamal'akh
يا رب، ملك الروح والملائكة
Ya Rabb,Malikul Ruh wal Malaikah
"Ya Tuhan,Raja segala Ruh dan Malaikat"
﴾ Ar Rahmaan:27 ﴿
Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. وَيَبْقَىٰ وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلٰلِ وَالْإِكْرَامِ الرحمن:٢٧
027. (Dan tetap kekal Zat Rabbmu) yakni Dzat-Nya (Yang mempunyai kebesaran) atau keagungan (dan kemuliaan) Yang Maha Dermawan kepada orang-orang mukmin dengan melimpahkan nikmat-nikmat-Nya kepada mereka.(Midrash Jalalayn)
﴾ Yunus:3 ﴿
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّـهُ الَّذِى خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضَ فِى سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ۖ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ ۖ مَا مِن شَفِيعٍ إِلَّا مِنۢ بَعْدِ إِذْنِهِۦ ۚ ذٰلِكُمُ اللَّـهُ رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ ۚ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ يونس:٣
003. (Sesungguhnya Rabb kalian ialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari) dari hari-hari dunia, artinya dalam masa yang perkiraannya sama dengan enam hari karena sesungguhnya pada masa itu belum ada matahari dan bulan. Akan tetapi seandainya Allah berkehendak, maka Dia dapat menciptakannya dalam sekejap mata. Allah swt, tidak memakai cara tersebut dimaksud untuk memberikan pelajaran kepada makhluk-Nya tentang ketekunan dan kesabaran di dalam bertindak (kemudian Dia bersemayam di atas Arsy) bersemayamnya Allah disesuaikan dengan keagungan sifat-Nya (untuk mengatur segala urusan) di antara makhluk-makhluk-Nya (Tiada seorang pun) huruf min merupakan shilah atau penghubung (yang dapat memberikan syafaat) kepada seseorang (kecuali sesudah ada keizinan-Nya) ayat ini merupakan sanggahan terhadap perkataan orang-orang kafir yang menyatakan bahwa berhala-berhala mereka dapat memberikan syafaat kepada diri mereka. (Dzat yang demikian itulah) yaitu yang menciptakan dan yang mengatur (Allah, Rabb kalian, maka sembahlah Dia) artinya tauhidkanlah Dia. (Maka apakah kalian tidak mengambil pelajaran?) lafal tadzakkaruuna asalnya tatadzakkaruuna, kemudian huruf ta yang kedua diidgamkan ke dalam huruf dzal asal kalimat, maka jadilah tadzakkaruuna.
Dzat= Nafs=Jati Diri
﴾ Al An'am:12 ﴿
Katakanlah: "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi". Katakanlah: "Kepunyaan Allah". Dia telah menetapkan atas Diri-Nya kasih sayang. Dia sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya. Orang-orang yang merugikan dirinya mereka itu tidak beriman. قُل لِّمَن مَّا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۖ قُل لِّلَّهِ ۚ كَتَبَ عَلَىٰ نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ ۚ لَيَجْمَعَنَّكُمْ إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيٰمَةِ لَا رَيْبَ فِيهِ ۚ الَّذِينَ خَسِرُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ الأنعام:١٢
012. (Katakanlah, "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi?" Katakanlah, "Kepunyaan Allah.") jika mereka tidak mengatakannya dan tidak ada jawaban lain kecuali itu. (Dia telah memastikan) telah menetapkan (atas diri-Nya kasih sayang) sebagai kemurahan dari-Nya. Ungkapan ini mengandung seruan yang lembut untuk mengajak mereka agar beriman (Dia sungguh-sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat) untuk membalas kamu atas perbuatan-perbuatan kamu (tidak ada keraguan) kebimbangan (terhadapnya. Orang-orang yang merugikan dirinya) karena mereka menjerumuskan dirinya ke dalam siksaan. Alladziina adalah mubtada sedangkan khabarnya ialah (mereka itu tidak beriman).
نَفْسِهِ = DiriNya
﴾ Al An'am:54 ﴿
Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah: "Salaamun alaikum. Tuhanmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. وَإِذَا جَآءَكَ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِـَٔايٰتِنَا فَقُلْ سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ ۖ كَتَبَ رَبُّكُمْ عَلَىٰ نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ ۖ أَنَّهُۥ مَنْ عَمِلَ مِنكُمْ سُوٓءًۢا بِجَهٰلَةٍ ثُمَّ تَابَ مِنۢ بَعْدِهِۦ وَأَصْلَحَ فَأَنَّهُۥ غَفُورٌ رَّحِيمٌ الأنعام:٥٤
054. (Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah) kepada mereka ("Mudah-mudahan Allah melimpahkan kesejahteraan atas kamu telah menetapkan) telah memastikan (Tuhanmu atas diri-Nya kasih sayang, yaitu bahwasanya) yakni perihalnya; di dalam suatu qiraat dibaca dengan fathah yaitu annahu sebagai badal atau kata ganti dari Lafal ar-rahmah (siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan) terhadap perbuatan itu sewaktu ia melakukannya (kemudian ia bertobat) kembali ke jalan yang benar (setelah itu) setelah mengerjakannya (dan mengadakan perbaikan) terhadap amal perbuatannya (maka sesungguhnya Ia) yakni Allah swt. (Maha Pengampun) kepadanya (lagi Maha Penyayang.") kepada dirinya. Menurut qiraat lainnya dibaca dengan fatah; artinya maka Dialah yang memberi ampunan dan kasih sayang.
نَفْسِهِ = DiriNya
apakah hanya di Al Qur'an???
di Ha-Tanakh
יד נִשְׁבַּע יְהוָה צְבָאוֹת, בְּנַפְשׁוֹ: כִּי אִם-מִלֵּאתִיךְ אָדָם כַּיֶּלֶק, וְעָנוּ עָלַיִךְ הֵידָד. {ס} 14 The LORD of hosts hath sworn by Himself: Surely I will fill thee with men, as with the canker-worm, and they shall lift up a shout against thee. {S}
nishva' YHWH tseba'ot beNAFSHO : ki'im mil'atik adam kayeleq ve'anu 'alayik heydad
TUHAN semesta alam telah bersumpah demi diri-Nya sendiri: Sungguhpun engkau penuh dengan manusia-manusia seperti belalang, tetapi orang akan mengangkat pekik pertempuran terhadapmu.(sefer Yirmiyahu:51:14)
בְּנַפְשׁוֹ = HimSELF= DiriNya=Benafsho
ח נִשְׁבַּע אֲדֹנָי יְהוִה בְּנַפְשׁוֹ, נְאֻם-יְהוָה אֱלֹהֵי צְבָאוֹת, מְתָאֵב אָנֹכִי אֶת-גְּאוֹן יַעֲקֹב, וְאַרְמְנֹתָיו שָׂנֵאתִי; וְהִסְגַּרְתִּי, עִיר וּמְלֹאָהּ. 8 The Lord GOD hath sworn by Himself, saith the LORD, the God of hosts: I abhor the pride of Jacob, and hate his palaces; and I will deliver up the city with all that is therein.
nishva' Adonai YHWH beNAFSHO , neum YHWH Elohey Tzebaot meta'ab Anokhi et-geon ya'aqov,
ve'armenotayn shane'ti vehisgarti 'iyr vumlo'ah
Tuhan ALLAH telah bersumpah demi diri-Nya, --demikianlah firman TUHAN, Allah semesta alam--:"Aku ini keji kepada kecongkakan Yakub, dan benci kepada purinya; Aku akan menyerahkan kota serta isinya."
(sefer Ha-Navi'a Amos:6:8)
בְּנַפְשׁוֹ = Benafsho =Himself=DiriNya
jadi kesimpulanya,YHWH Elohim Ha Tzebaot /Allahu Robbul 'alamin Itu adalah Nefesh/Self/Dzat/Diri
Dzat jangan diartikan sperti apa,sebab hanya orang yang tidak mengunakan dalil benar bahwa Allah itu Bukan Nefesh/Nafs/Dzat/Self
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
putramentari wrote:
yesus roh atau dzat wed
dzat itu apa?
kalau zat saya tahu, bentuknya padat, cair,dan gas
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
Sombrero wrote:Karena salah satu sifat Allah adalah "Mukhalafatu lil khawadisi (berbeda dengan mahluknya) maka Allah tidak bisa dikatagorikan bernama "benda" atau apalah, karena Allah itu menurut islam adalah Dzat yang Maha Tinggi, jadi tidak memiliki kesamaan apapun dalam dimensi apapun, karena sifatnya berbeda dengan ciptaan-Nya.
berbeda dalam hal apa?
misalnya saya berbeda dengan tumbuhan dalam hal tidak punya klorofil
lagi: dzat itu apa?
Sombrero wrote:Berbeda dengan Kristen, bahwa Allah itu adalah "ROH" - Padahal menurut Islam, Roh itu mahluk ciptaan Allah, Lho, kok Tuhan-nya kristen adalah CIPTAAN dari Tuhan-nya Islam?
menurut Kristen:
- dzat itu ciptaan Allah yang adalah Roh
Sombrero wrote:Hal lain, menurut kristen, bahwa Allah itu adalah ROH, artinya, Allah dalam kristen bisa di sejajarkan dengan ROH2 yang lain, bukan? Karena semuanya adalah ROH juga, bisa roh baik, roh jahat, bahkan roh yang bukan keduanya.
sama ROH-nya, tapi beda kuasa-Nya..
lha dzat itu apa? rabb itu apa?
Sombrero wrote:maka, menurujuk pada keterangan dari ayat alkitab sendiri, bahwa Tuhan kristen bisa di definisikan sebagai CIPTAAN dan bukan PENCIPTA.
keterangan/ayat alkitab yang mana mbak?
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
pakdhesam wrote:SEGOROWEDI wrote:ROH
kiasan gunung batu dan api merujuk pada eksistensi dan kuasa yang dimiliki-Nya
dzat itu benda apa bukan?
pasti pikiran om wedi bahwa zat itu kayak yg dipelajari di fisika (zat, cair, padat dan gas) ?? hahahaha
sesuai kamus arti zat ada 3 om: http://kamusbahasaindonesia.org/zat
ZAT = [Ar n] (1) wujud; hakikat (Allah): -- Allah; (2) yg menyebabkan sesuatu menjadi ada; (3) bahan yg merupakan pembentuk (bagian-bagian yg mendukung) suatu benda; unsur
terus ilahmu yang mana: (1), (2), atau (3)?
atau ketiganya..
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
hamba tuhan wrote:
Dzat= Nafs=Jati Diri
kok jatidiri? lucu..
manusia itu terdiri dari tubuh, jiwa, dan roh
tapi Allah itu ROH
dan ilahmu dzat/jatidiri
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
SEGOROWEDI wrote:hamba tuhan wrote:
Dzat= Nafs=Jati Diri
kok jatidiri? lucu..
manusia itu terdiri dari tubuh, jiwa, dan roh
tapi Allah itu ROH
dan ilahmu dzat/jatidiri
Ha-Tanakh
יח וְאֶל-מִי, תְּדַמְּיוּן אֵל; וּמַה-דְּמוּת, תַּעַרְכוּ לוֹ. 18 To whom then will ye liken God? Or what likeness will ye compare unto Him?
ve el-mi tedemyon El vumah demot ta'arkhulu
Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?(sefer Yeshayahu:40:18)
כה וְאֶל-מִי תְדַמְּיוּנִי, וְאֶשְׁוֶה--יֹאמַר, קָדוֹשׁ. 25 To whom then will ye liken Me, that I should be equal? saith the Holy One.
veel-mi tedamyuni veeshveh yomar kadosh
Dengan siapa hendak kamu samakan Aku, seakan-akan Aku seperti dia? firman Yang Mahakudus.(sefer yeshayahu:40:25)
kalo nak wedi menganggap Allah itu adalah Roh,maka apa bedanya dgn Roh Setan? Roh Iblis??
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
Wedi wrote:keterangan/ayat alkitab yang mana mbak?
Inilah Wed, ayat yang gue maksudkan bahwa Yesus itu ternyata CIPTAAN dan Bukan PENCIPTA :
Kis 2:36
Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."
Jadi, Yesus adalah ciptaan Allah, bukan? bahkan jelas sekali ayat ini menegaskan tentang manusia yang menyalibkan sang tuhan..haihaihay
Sombrero- SERSAN MAYOR
-
Age : 23
Posts : 535
Location : JAKARTA
Join date : 06.07.12
Reputation : 5
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
SEGOROWEDI wrote:putramentari wrote:
yesus roh atau dzat wed
dzat itu apa?
kalau zat saya tahu, bentuknya padat, cair,dan gas
Allah itu roh atau bukan wed ?
Yesus itu Roh atau bukan ?
jangan mencla mencle
putramentari- KAPTEN
-
Age : 43
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
hamba tuhan wrote:SEGOROWEDI wrote:hamba tuhan wrote:
Dzat= Nafs=Jati Diri
kok jatidiri? lucu..
manusia itu terdiri dari tubuh, jiwa, dan roh
tapi Allah itu ROH
dan ilahmu dzat/jatidiri
Ha-Tanakh
יח וְאֶל-מִי, תְּדַמְּיוּן אֵל; וּמַה-דְּמוּת, תַּעַרְכוּ לוֹ. 18 To whom then will ye liken God? Or what likeness will ye compare unto Him?
ve el-mi tedemyon El vumah demot ta'arkhulu
Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?(sefer Yeshayahu:40:18)
כה וְאֶל-מִי תְדַמְּיוּנִי, וְאֶשְׁוֶה--יֹאמַר, קָדוֹשׁ. 25 To whom then will ye liken Me, that I should be equal? saith the Holy One.
veel-mi tedamyuni veeshveh yomar kadosh
Dengan siapa hendak kamu samakan Aku, seakan-akan Aku seperti dia? firman Yang Mahakudus.(sefer yeshayahu:40:25)
kalo nak wedi menganggap Allah itu adalah Roh,maka apa bedanya dgn Roh Setan? Roh Iblis??
hamba tuhan- LETNAN SATU
-
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
hamba tuhan wrote:untuk menjawab tuduhan yang dilontarkan kaum kristen,bahwa Tuhan Allah itu hanya Roh bukan Dzat itu adalah salah besar,dasar mereka menyatakan bahwa Allah itu adalah Roh adalah...
Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
(Kejadian:1:2)
Yoh. 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."
kami tahu Allah itu juga punya Roh tapi bukan seperti Roh makhlukNya,kenapa??
﴾ Asy Syuura:11 ﴿
(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat. فَاطِرُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۚ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوٰجًا وَمِنَ الْأَنْعٰمِ أَزْوٰجًا ۖ يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ لَيْسَ كَمِثْلِهِۦ شَىْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ الشورى:١١
011. (Pencipta langit dan bumi) Dialah Yang mengadakan langit dan bumi (Dia menjadikan bagi kalian dari jenis kalian sendiri pasangan-pasangan) sewaktu Dia menciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam (dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan) ada jenis jantan dan ada jenis betina (dijadikan-Nya kalian berkembang biak) maksudnya, mengembangbiakkan kalian (dengan jalan itu) yaitu melalui proses perjodohan. Dengan kata lain, Dia memperbanyak kalian melalui anak beranak. Dhamir yang ada kembali kepada manusia dan binatang ternak dengan ungkapan yang lebih memprioritaskan manusia. (Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia) huruf Kaf adalah Zaidah, karena sesungguhnya Allah swt. tiada sesuatu pun yang semisal dengan-Nya (dan Dialah Yang Maha Mendengar) semua apa yang dikatakan (lagi Maha Melihat) semua apa yang dikerjakan.
apakah cukup sampai disini bukti bahwa Allah itu adalah Dzat???
﴾ Al Ikhlash:2 ﴿
Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
اللَّـهُ الصَّمَدُ الإخلاص:٢
002. (Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu) lafal ayat ini terdiri dari Mubtada dan Khabar; artinya Dia adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu untuk selama-lamanya.
apakah sudah jelas,mari kita buka lagi Ha-Tanakh
יח וְאֶל-מִי, תְּדַמְּיוּן אֵל; וּמַה-דְּמוּת, תַּעַרְכוּ לוֹ. 18 To whom then will ye liken God? Or what likeness will ye compare unto Him?
ve el-mi tedemyon El vumah demot ta'arkhulu
Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?(sefer Yeshayahu:40:18)
כה וְאֶל-מִי תְדַמְּיוּנִי, וְאֶשְׁוֶה--יֹאמַר, קָדוֹשׁ. 25 To whom then will ye liken Me, that I should be equal? saith the Holy One.
veel-mi tedamyuni veeshveh yomar kadosh
Dengan siapa hendak kamu samakan Aku, seakan-akan Aku seperti dia? firman Yang Mahakudus.(sefer yeshayahu:40:25)
baik,kalo kita menganggap Allah itu adalah Roh,maka apa bedanya dengan Roh Setan? Roh Iblis??
jadi Yang Pasti ada jawaban Bahwa Allah itu Bukan disebut Roh yang seperti Makhluk,tapi Dia adalah
יהוה מלך הרואח ומלאך
Hashem melekh haruakh vamal'akh
يا رب، ملك الروح والملائكة
Ya Rabb,Malikul Ruh wal Malaikah
"Ya Tuhan,Raja segala Ruh dan Malaikat"
﴾ Ar Rahmaan:27 ﴿
Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. وَيَبْقَىٰ وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلٰلِ وَالْإِكْرَامِ الرحمن:٢٧
027. (Dan tetap kekal Zat Rabbmu) yakni Dzat-Nya (Yang mempunyai kebesaran) atau keagungan (dan kemuliaan) Yang Maha Dermawan kepada orang-orang mukmin dengan melimpahkan nikmat-nikmat-Nya kepada mereka.(Midrash Jalalayn)
﴾ Yunus:3 ﴿
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّـهُ الَّذِى خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضَ فِى سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ۖ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ ۖ مَا مِن شَفِيعٍ إِلَّا مِنۢ بَعْدِ إِذْنِهِۦ ۚ ذٰلِكُمُ اللَّـهُ رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ ۚ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ يونس:٣
003. (Sesungguhnya Rabb kalian ialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari) dari hari-hari dunia, artinya dalam masa yang perkiraannya sama dengan enam hari karena sesungguhnya pada masa itu belum ada matahari dan bulan. Akan tetapi seandainya Allah berkehendak, maka Dia dapat menciptakannya dalam sekejap mata. Allah swt, tidak memakai cara tersebut dimaksud untuk memberikan pelajaran kepada makhluk-Nya tentang ketekunan dan kesabaran di dalam bertindak (kemudian Dia bersemayam di atas Arsy) bersemayamnya Allah disesuaikan dengan keagungan sifat-Nya (untuk mengatur segala urusan) di antara makhluk-makhluk-Nya (Tiada seorang pun) huruf min merupakan shilah atau penghubung (yang dapat memberikan syafaat) kepada seseorang (kecuali sesudah ada keizinan-Nya) ayat ini merupakan sanggahan terhadap perkataan orang-orang kafir yang menyatakan bahwa berhala-berhala mereka dapat memberikan syafaat kepada diri mereka. (Dzat yang demikian itulah) yaitu yang menciptakan dan yang mengatur (Allah, Rabb kalian, maka sembahlah Dia) artinya tauhidkanlah Dia. (Maka apakah kalian tidak mengambil pelajaran?) lafal tadzakkaruuna asalnya tatadzakkaruuna, kemudian huruf ta yang kedua diidgamkan ke dalam huruf dzal asal kalimat, maka jadilah tadzakkaruuna.
Dzat= Nafs=Jati Diri
﴾ Al An'am:12 ﴿
Katakanlah: "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi". Katakanlah: "Kepunyaan Allah". Dia telah menetapkan atas Diri-Nya kasih sayang. Dia sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya. Orang-orang yang merugikan dirinya mereka itu tidak beriman. قُل لِّمَن مَّا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۖ قُل لِّلَّهِ ۚ كَتَبَ عَلَىٰ نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ ۚ لَيَجْمَعَنَّكُمْ إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيٰمَةِ لَا رَيْبَ فِيهِ ۚ الَّذِينَ خَسِرُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ الأنعام:١٢
012. (Katakanlah, "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi?" Katakanlah, "Kepunyaan Allah.") jika mereka tidak mengatakannya dan tidak ada jawaban lain kecuali itu. (Dia telah memastikan) telah menetapkan (atas diri-Nya kasih sayang) sebagai kemurahan dari-Nya. Ungkapan ini mengandung seruan yang lembut untuk mengajak mereka agar beriman (Dia sungguh-sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat) untuk membalas kamu atas perbuatan-perbuatan kamu (tidak ada keraguan) kebimbangan (terhadapnya. Orang-orang yang merugikan dirinya) karena mereka menjerumuskan dirinya ke dalam siksaan. Alladziina adalah mubtada sedangkan khabarnya ialah (mereka itu tidak beriman).
نَفْسِهِ = DiriNya
﴾ Al An'am:54 ﴿
Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah: "Salaamun alaikum. Tuhanmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. وَإِذَا جَآءَكَ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِـَٔايٰتِنَا فَقُلْ سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ ۖ كَتَبَ رَبُّكُمْ عَلَىٰ نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ ۖ أَنَّهُۥ مَنْ عَمِلَ مِنكُمْ سُوٓءًۢا بِجَهٰلَةٍ ثُمَّ تَابَ مِنۢ بَعْدِهِۦ وَأَصْلَحَ فَأَنَّهُۥ غَفُورٌ رَّحِيمٌ الأنعام:٥٤
054. (Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah) kepada mereka ("Mudah-mudahan Allah melimpahkan kesejahteraan atas kamu telah menetapkan) telah memastikan (Tuhanmu atas diri-Nya kasih sayang, yaitu bahwasanya) yakni perihalnya; di dalam suatu qiraat dibaca dengan fathah yaitu annahu sebagai badal atau kata ganti dari Lafal ar-rahmah (siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan) terhadap perbuatan itu sewaktu ia melakukannya (kemudian ia bertobat) kembali ke jalan yang benar (setelah itu) setelah mengerjakannya (dan mengadakan perbaikan) terhadap amal perbuatannya (maka sesungguhnya Ia) yakni Allah swt. (Maha Pengampun) kepadanya (lagi Maha Penyayang.") kepada dirinya. Menurut qiraat lainnya dibaca dengan fatah; artinya maka Dialah yang memberi ampunan dan kasih sayang.
نَفْسِهِ = DiriNya
apakah hanya di Al Qur'an???
di Ha-Tanakh
יד נִשְׁבַּע יְהוָה צְבָאוֹת, בְּנַפְשׁוֹ: כִּי אִם-מִלֵּאתִיךְ אָדָם כַּיֶּלֶק, וְעָנוּ עָלַיִךְ הֵידָד. {ס} 14 The LORD of hosts hath sworn by Himself: Surely I will fill thee with men, as with the canker-worm, and they shall lift up a shout against thee. {S}
nishva' YHWH tseba'ot beNAFSHO : ki'im mil'atik adam kayeleq ve'anu 'alayik heydad
TUHAN semesta alam telah bersumpah demi diri-Nya sendiri: Sungguhpun engkau penuh dengan manusia-manusia seperti belalang, tetapi orang akan mengangkat pekik pertempuran terhadapmu.(sefer Yirmiyahu:51:14)
בְּנַפְשׁוֹ = HimSELF= DiriNya=Benafsho
ח נִשְׁבַּע אֲדֹנָי יְהוִה בְּנַפְשׁוֹ, נְאֻם-יְהוָה אֱלֹהֵי צְבָאוֹת, מְתָאֵב אָנֹכִי אֶת-גְּאוֹן יַעֲקֹב, וְאַרְמְנֹתָיו שָׂנֵאתִי; וְהִסְגַּרְתִּי, עִיר וּמְלֹאָהּ. 8 The Lord GOD hath sworn by Himself, saith the LORD, the God of hosts: I abhor the pride of Jacob, and hate his palaces; and I will deliver up the city with all that is therein.
nishva' Adonai YHWH beNAFSHO , neum YHWH Elohey Tzebaot meta'ab Anokhi et-geon ya'aqov,
ve'armenotayn shane'ti vehisgarti 'iyr vumlo'ah
Tuhan ALLAH telah bersumpah demi diri-Nya, --demikianlah firman TUHAN, Allah semesta alam--:"Aku ini keji kepada kecongkakan Yakub, dan benci kepada purinya; Aku akan menyerahkan kota serta isinya."
(sefer Ha-Navi'a Amos:6:8)
בְּנַפְשׁוֹ = Benafsho =Himself=DiriNya
jadi kesimpulanya,YHWH Elohim Ha Tzebaot /Allahu Robbul 'alamin Itu adalah Nefesh/Self/Dzat/Diri
Dzat jangan diartikan sperti apa,sebab hanya orang yang tidak mengunakan dalil benar bahwa Allah itu Bukan Nefesh/Nafs/Dzat/Self
:lkj:
mencari petunjuk- SERSAN SATU
- Posts : 192
Join date : 27.10.11
Reputation : 6
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
*** Wahyu 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat
makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba
seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah
ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. ***
Perhatikan "ketujuh Roh Allah", apakah itu berarti Allah terbagi atau membagi-bagi diri-Nya?
Sangat memungkinkan jika Tuhan kristen lebih dari 3 karena Roh Tuhan bisa membagi menjadi 7. Hayooo...siapa yang mau jadi Tuhan.....
santri- SERSAN MAYOR
-
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
hamba tuhan wrote:
Ha-Tanakh
יח וְאֶל-מִי, תְּדַמְּיוּן אֵל; וּמַה-דְּמוּת, תַּעַרְכוּ לוֹ. 18 To whom then will ye liken God? Or what likeness will ye compare unto Him?
ve el-mi tedemyon El vumah demot ta'arkhulu
Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?(sefer Yeshayahu:40:18)
כה וְאֶל-מִי תְדַמְּיוּנִי, וְאֶשְׁוֶה--יֹאמַר, קָדוֹשׁ. 25 To whom then will ye liken Me, that I should be equal? saith the Holy One.
veel-mi tedamyuni veeshveh yomar kadosh
Dengan siapa hendak kamu samakan Aku, seakan-akan Aku seperti dia? firman Yang Mahakudus.(sefer yeshayahu:40:25)
kalo nak wedi menganggap Allah itu adalah Roh,maka apa bedanya dgn Roh ****? Roh Iblis??
beda kuasa-Nya
dzat: padat, cair atau gas
ilahmu?
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
Sombrero wrote:Wedi wrote:keterangan/ayat alkitab yang mana mbak?
Inilah Wed, ayat yang gue maksudkan bahwa Yesus itu ternyata CIPTAAN dan Bukan PENCIPTA :
Kis 2:36
Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."
Jadi, Yesus adalah ciptaan Allah, bukan? bahkan jelas sekali ayat ini menegaskan tentang manusia yang menyalibkan sang tuhan..haihaihay
-> Allah telah membuat Yesus menjadi Tuhan dan Kristus
bukan soal cipta/mencipta
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
putramentari wrote:[
Allah itu roh atau bukan wed ?
Yesus itu Roh atau bukan ?
jangan mencla mencle
- Roh
- Roh yang tinggal dalam tubuh manusia
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
mencari petunjuk wrote:﴾ Al Ikhlash:2 ﴿
Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
segala sesuatu bergantung pada TUHAN
bukan pada dzat bernama allah, ayat itu justeru menunjukkan ilahmu itu bukan Tuhan
mencari petunjuk wrote:﴾ Yunus:3 ﴿
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia
lagi-lagi malah tidak menuhankan Tuhan, melainkan dzat bernama allah
mencari petunjuk wrote:﴾ Al An'am:12 ﴿
Katakanlah: "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi". Katakanlah: "Kepunyaan Allah". Dia telah menetapkan atas Diri-Nya kasih sayang. Dia sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya. Orang-orang yang merugikan dirinya mereka itu tidak beriman.
kepunyaan Tuhan, bukan kepunyaan zdat bernama allah
main klaim seenaknya..
mencari petunjuk wrote:jadi kesimpulanya,YHWH Elohim Ha Tzebaot /Allahu Robbul 'alamin Itu adalah Nefesh/Self/Dzat/Diri
yang merah tidak termasuk karena itu nama dzat
dzat bernama allah yang mengaku Tuhan, padahal Tuhan adalah Tuhan
bukan dzat bernama ini/itu
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
santri wrote:*** Wahyu 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat
makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba
seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah
ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. ***
Perhatikan "ketujuh Roh Allah", apakah itu berarti Allah terbagi atau membagi-bagi diri-Nya?
Sangat memungkinkan jika Tuhan kristen lebih dari 3 karena Roh Tuhan bisa membagi menjadi 7. Hayooo...siapa yang mau jadi Tuhan.....
mau berapapun oknumnya, tetep ESA
ilahmu gak mampu seperti itu ya?
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
SEGOROWEDI wrote:santri wrote:*** Wahyu 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat
makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba
seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah
ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. ***
Perhatikan "ketujuh Roh Allah", apakah itu berarti Allah terbagi atau membagi-bagi diri-Nya?
Sangat memungkinkan jika Tuhan kristen lebih dari 3 karena Roh Tuhan bisa membagi menjadi 7. Hayooo...siapa yang mau jadi Tuhan.....
mau berapapun oknumnya, tetep ESA
ilahmu gak mampu seperti itu ya?
Halaahh...kamu gak kebagian Roh Tuhan toh? jadi agak GALAU nih ceritanya
santri- SERSAN MAYOR
-
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
Tuhan-nya kristen ESA
ilahnya muslim satu, bisa dihitung
ilahnya muslim satu, bisa dihitung
SEGOROWEDI- BRIGADIR JENDERAL
- Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
hamba tuhan wrote:
Ha-Tanakh
יח וְאֶל-מִי, תְּדַמְּיוּן אֵל; וּמַה-דְּמוּת, תַּעַרְכוּ לוֹ. 18 To whom then will ye liken God? Or what likeness will ye compare unto Him?
ve el-mi tedemyon El vumah demot ta'arkhulu
Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?(sefer Yeshayahu:40:18)
כה וְאֶל-מִי תְדַמְּיוּנִי, וְאֶשְׁוֶה--יֹאמַר, קָדוֹשׁ. 25 To whom then will ye liken Me, that I should be equal? saith the Holy One.
veel-mi tedamyuni veeshveh yomar kadosh
Dengan siapa hendak kamu samakan Aku, seakan-akan Aku seperti dia? firman Yang Mahakudus.(sefer yeshayahu:40:25)
kalo nak wedi menganggap Allah itu adalah Roh,maka apa bedanya dgn Roh ****? Roh Iblis??
"tidak serupa dengan dia tidak sama dgn Aku "
ini bermakna: tidak sama,beda,lain,selain,tidak pantas sama,tidak mirip dsb
Roh adlh ciptaan Allah termasuk jg makhluk yg diciptakan.
ZAT Allah adalah suci dan tdk ada ciptaannya yg serupa dgn Dia/Allah.
mohon koreksi
Wong Edan- SERSAN SATU
-
Posts : 136
Location : Surga
Join date : 10.09.12
Reputation : 4
Re: Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?
tidak ada yang serupa Dia, karena diantara makhluk tidak ada makhluk yang berKualitas Allah
njlajahweb- BANNED
-
Posts : 39612
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 119
Halaman 1 dari 2 • 1, 2
Similar topics
» Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?
» ALLAH DALAM AL-QURAN DAN ALKITAB TERNYATA BEDA OKNUM ALLAH
» 54 combat kit menurut alkitab
» Jaminan Surga Menurut Alkitab dan Al Qur'an
» Menurut alkitab yesus tidak disalib tuh.
» ALLAH DALAM AL-QURAN DAN ALKITAB TERNYATA BEDA OKNUM ALLAH
» 54 combat kit menurut alkitab
» Jaminan Surga Menurut Alkitab dan Al Qur'an
» Menurut alkitab yesus tidak disalib tuh.
Halaman 1 dari 2
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik