Al-Qur'an sebagai Pengganti Kitab2 Sebelumnya
Halaman 1 dari 1 • Share
Al-Qur'an sebagai Pengganti Kitab2 Sebelumnya
Sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Thabrani dari Wasilah bin Al-Asqa' bahwa Rasullullah SAW bersabda :
" Telah diturunkan kepadaku Assab'uthiwal sebagai ganti yang ada pada Taurat, dan diturunkan kepadaku Al-Mi'in sebagai ganti yang ada pada Zabur, dan diturunkan kepadaku Al-Matsani sebagai ganti yang ada pada Injil, dan aku diberi tambahan dengan Al-Mufashshal ".
Keterangan :
a. Assab'uthiwal = Tujuh surat panjang dalam Al-Quran (Al-Baqarah, Al-Imran, An-Nisaa', Al-Araaf, Al-An'aam, Al-Maaidah, Al-Anfal s.d At-Taubah*) sama dengan isi Kitab-Taurat
b. Al-Mi'in = Surat-surat berjumlah berkisar lebih 100 ayat pada Al-Quran sama dengan isi Kitab-Zabur.
c. Al-Matsani = Surat-surat berjumlah kurang dari 100 ayat pada Al-Quran sama dengan isi Kitab-Injil.
d. Al-Mufashshal = Surat-surat pendek dalam Al-Quran (sebagai pelengkap / tambahan).
*harap diperhatikan, karena Al-Anfal merupakan satu kesatuan dengan At-Taubah :
Pengganti Kitab Injil : http://binaalquran.wordpress.com/2010/10/05/kelompok-surat-al-matsani-2/ (Al-Anfal nya tidak termasuk)
agar lebih mudah dalam melihat jumlah ayat pada suatu surat : http://selaras.web44.net/ilmu.php
" Telah diturunkan kepadaku Assab'uthiwal sebagai ganti yang ada pada Taurat, dan diturunkan kepadaku Al-Mi'in sebagai ganti yang ada pada Zabur, dan diturunkan kepadaku Al-Matsani sebagai ganti yang ada pada Injil, dan aku diberi tambahan dengan Al-Mufashshal ".
Keterangan :
a. Assab'uthiwal = Tujuh surat panjang dalam Al-Quran (Al-Baqarah, Al-Imran, An-Nisaa', Al-Araaf, Al-An'aam, Al-Maaidah, Al-Anfal s.d At-Taubah*) sama dengan isi Kitab-Taurat
b. Al-Mi'in = Surat-surat berjumlah berkisar lebih 100 ayat pada Al-Quran sama dengan isi Kitab-Zabur.
c. Al-Matsani = Surat-surat berjumlah kurang dari 100 ayat pada Al-Quran sama dengan isi Kitab-Injil.
d. Al-Mufashshal = Surat-surat pendek dalam Al-Quran (sebagai pelengkap / tambahan).
*harap diperhatikan, karena Al-Anfal merupakan satu kesatuan dengan At-Taubah :
Assab,uthiwal, adalah dari awal surat Al-Baqarah hingga akhir surat Al-A,raaf, yang berjumlah enam surat. Para ulama berselisih pendapat tentang surat yang ke tujuh; Apakah surat Al-Anfaal dan Al-Bara,ah sekaligus karena antara keduanya tidak dipisah dengan bismillah, maka dianggap satu surat, atau surat Yunus? "Al-Mi,un" yaitu surat-surat yang ayatnya sekitar atau lebih dari seratus. "Matsani" yaitu; surat-surat yang jumlah ayatnya di bawah seratus. Dinamakan demikian karena ayat-ayatnya berulang-ulang melebihi yang ada pada surat-surat yang terhimpun dalam sab,uthiwal dan mi,un. Sedangkan yang dimaksud dengan "Al-mufashal", adalah surat-surat yang lebih pendek dari surat-surat dalam Al-Matsani. Para ulama berselisih pendapat tentang awal dari surat-surat itu; Ada yang berpendapat bahwa Al-Mufashal bermula dari awal surat Ash-Shaffaat, pendapat lain mengatakan, diawali dari surat Al-Fat-h, dan yang lainnya berpendapat, dari surat Al-Hujuraat, dan ada juga yang berpendapat, dari surat Qaaf. Pendapat ini dibenarkan oleh Al-Hafiz Ibnu Katsir dan Ibnu Hajar. Ada pula pendapat selain yang disebut di atas. Namun demikian para ulama sepakat bahwa akhir dari Mufashal adalah surat terakhir dalam Alquran.
maka kedua surat tsb, termasuk dalam kategori Assab'uthiwal (pengganti Kitab Taurat)!Riwayat Ibnu Abi Syaibah, Ahmad, Abu Daud, at-Tirmidzi dan an-Nasa’i dari Ibnu Abbas ra, bahwa beliau ra. pernah bertanya kepada Utsman bin al-Affan ra, "Apa yang menjadi alasan Anda mencantumkan surat At-Taubah setelah surat Al-Anfal, tanpa mencantumkan basmalah di antara keduanya?" Beliau menjawab bahwa Rasulullah SAW apabila turun suatu ayat, maka beliau akan memanggil para penulis wahyu dan berkata, "Cantumkan ayat-ayat ini di surat yang disebutkan di dalamnya anu dan anu. Surat Al-Anfal merupakan surat-surat yang pertama diturunkan di Madinah, sedangkan Baro’ah merupakan surat yang terakhir turun. Dan ternyata kisah yang terkandung di dalam kedua surat tersebut saling menyerupai, sehingga aku mengira bahwa surat Bara'ah termasuk surat Al-Anfal. Kemudian Rasulullah SAW wafat sebelum sempat menjelaskan hal tersebut.
Oleh karena itu aku menggandengkan kedua surat tersebut dan tidak mencantumkan basmalah di antara keduanya dan menempatkannya dalam As-Sab’u Ath-Thiwal. (Tafsir Fathul-Qadir karya Imam Ali As-Syaukani II/415-416).
Pengganti Kitab Injil : http://binaalquran.wordpress.com/2010/10/05/kelompok-surat-al-matsani-2/ (Al-Anfal nya tidak termasuk)
agar lebih mudah dalam melihat jumlah ayat pada suatu surat : http://selaras.web44.net/ilmu.php
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Re: Al-Qur'an sebagai Pengganti Kitab2 Sebelumnya
Hadits diatas sejalan dengan :
5:48. Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,
frontline defender- MAYOR
- Posts : 6462
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137
Similar topics
» Ttg penulis injil,pak yohanes...
» bisakah quran sbg batu uji kitab sebelumnya?
» Kelompok Tani Malang Membuat Bioethanol Sebagai Campuran dan Pengganti BBM -NET5
» takwil sebagai metode penafsiran Quran
» Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?
» bisakah quran sbg batu uji kitab sebelumnya?
» Kelompok Tani Malang Membuat Bioethanol Sebagai Campuran dan Pengganti BBM -NET5
» takwil sebagai metode penafsiran Quran
» Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik