FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

komunis lebih baik dari hukum islam

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

komunis lebih baik dari hukum islam

Post by gayatri on Mon Apr 11, 2016 4:42 pm

bandingkan hukuman keduanya:
komunis lebih baik dari hukum islam.

islam

https://www.youtube.com/watch?v=CevHxYWBiTU

komunis

https://www.youtube.com/watch?v=Z__tDWsSBAw

gayatri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 47
Posts : 666
Kepercayaan : Budha
Location : jakarta
Join date : 07.06.15
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by frontline defender on Mon Apr 11, 2016 6:40 pm

komunis itu prinsipnya sepanjang bermanfaat bagi komunitas, jadi komunis bisa saja menggunakan hukuman yang sama atau bahkan lebih parah, jika dipandang mendatangkan manfaat bagi komunitas!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by SEGOROWEDI on Mon Apr 11, 2016 6:57 pm

tapi kan tidak mengancam luar komunitas
sebaliknya dengan islam

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by frontline defender on Tue Apr 12, 2016 10:34 am

Islam itu nggak mengancam, Islam itu rahmat bagi semesta alam!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 12, 2016 10:49 am


rahmat dari hongkong..
yang disodorkan semacam 9:29 sembari mengkofar-kafirkan orang

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by frontline defender on Tue Apr 12, 2016 1:27 pm

kafir/zalim ya berarti memang kafir, bukan nggak zalim terus dikafirkan!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 12, 2016 3:37 pm


yang disodori 9:29 kan kafir..
damai dari hongkong

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by dee-nee on Tue Apr 12, 2016 4:22 pm

@gayatri wrote:bandingkan hukuman keduanya:
komunis lebih baik dari hukum islam.

islam

https://www.youtube.com/watch?v=CevHxYWBiTU

komunis

https://www.youtube.com/watch?v=Z__tDWsSBAw

merah : kenapa lebih baik ??

islam itu apa ... komunis itu apa

bikin thread kok kacau balau
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 12, 2016 5:11 pm

semua direpresentasikan sebagai milik rakyat dan oleh karena itu, seluruh alat-alat produksi harus dikuasai oleh negara guna kemakmuran rakyat secara merata

islam?
jadi milik ilah dan rasul kali

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by dee-nee on Tue Apr 12, 2016 7:42 pm

@atas

ngomong sama saya atau ke FD ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 12, 2016 7:45 pm

both..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by dee-nee on Wed Apr 13, 2016 7:56 am

@SEGOROWEDI wrote:semua direpresentasikan sebagai milik rakyat dan oleh karena itu, seluruh alat-alat produksi harus dikuasai oleh negara guna kemakmuran rakyat secara merata

islam?
jadi milik ilah dan rasul kali

mas wedi ngomong apa ?? mau bergaya warung tegal lagi ??
pun penjelasan mas wedi apa hubungannya dengan video diatas yang dibawa TS ??

video itu bicara tentang HUKUMAN yang dilakukan Cina vs ntah oleh negara mana ... (sumber-nya ga jelas and dalil syariah-nya juga ga ada)

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 13, 2016 8:51 am


saya melhat dari sisi ideologi/filosofinya..
bagusan komunis, dan mereka juga tidak mengancam siapapun di luar komunitasnya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by dee-nee on Wed Apr 13, 2016 9:05 am

@SEGOROWEDI wrote:
saya melhat dari sisi ideologi/filosofinya..
bagusan komunis, dan mereka juga tidak mengancam siapapun di luar komunitasnya

trus ideologi komunis vs kapitalis bagusan mana ??
trus ideologi kristen itu sebetulnya komunis atau kapitalis ?? >>> atau kristen punya ideologi sendiri ?? ....
trus ideologi kristen itu gimana ??


memang antara ideologi Hindu vs ideologi komunis dan kapitalis lebih baik mana ??
memang antara ideologi Buddha vs ideologi komunis dan kapitalis lebih baik mana ??
memang antara ideologi Yahudi vs ideologi komunis dan kapitalis lebih baik mana ??

pointnya >>> trus dari ukuran apa mas wedi bisa loncat kesana kemari mencampur aduk - plus mencari2 perbandingan - antara ideologi komunisme/kapitalisme/marhaenisme/fasisme (bahkan nasionalisme sekalipun) dengan ideologi based on teologi/agama (contoh-nya Islam)  

atau analogi lainnya yang ungu

membandingkan Islam vs komunisme >>> itu seperti membandingkan Pohon Mangga (secara keseluruhan dari akar hingga buah) vs buah jeruk

masih mending kalau bandingin-nya seperti buah apel vs buah jeruk (Islam vs kristen) >> antara buah vs buah (yang berbeda) ... antara agama vs agama (yang berbeda)

lah ini bandingin kok antara pohon vs buah (beda pula namanya)

---------------------------------------------------

yang ini dulu (itu juga kalau TS atau mas wedi punya niat diskusi bukan cuma jualan dusta)

https://id.wikipedia.org/wiki/Komunisme_agamis

Komunisme agamis merupakan bentuk komunisme yang berpusat pada prinsip-prinsip agama. Istilah ini biasanya merujuk pada sejumlah masyarakat agamis egaliter dan utopia yang menjalankan penyerahan hak milik secara sukarela sehingga keuntungan masyarakat tersebut disalurkan sesuai kebutuhan individu dan tiap-tiap orang bekerja sesuai kemampuan mereka masing-masing. Istilah "komunisme agamis" juga digunakan untuk menjelaskan gagasan individu dan kelompok agamis yang menganjurkan penerapan kebijakan komunis pada skala yang lebih besar, seringkali bergabung dengan gerakan komunis sekuler dalam usaha mereka untuk menumpas kapitalisme.

Penggunaan kata komunisme dalam konteks keagamaan mendahului penggunaan kata tersebut sebagai istilah untuk menjelaskan bentuk komunisme yang lebih sekuler seperti yang dianjurkan oleh François Babeuf pada abad ke-18 dan Karl Marx pada abad ke-19. Oleh karena sifat Marxisme yang dianggap antiagama, banyak agamawan sayap kanan yang menolak penggunaan istilah komunisme untuk merujuk pada masyarakat komunal yang agamis dan lebih menyukai istilah komunalisme sebagai gantinya.[butuh rujukan]

Contoh komunisme agamis

Istilah komunisme agamis telah disisipkan ke dalam tatanan sosial yang dilakukan oleh para pemuka agama Kristiani, Taoisme, Jainisme, Hindu, dan Buddha. Walaupun Islam tidak mengikuti tatanan tersebut, beberapa ahli telah menemukan sejumlah hubungan lain yang paralel antara komunisme dengan ekonomi syariah, misalnya kewajiban zakat dan haramnya riba. Ajaran Mazdak dan Jamal-al-Din Afghani dalam esai yang ditulisnya pada tahun 1890 berjudul Al-Ishtirakiyah fi al-Islam, pembaharu proto-sosialis agamis Persia, juga dianggap sebagai bentuk awal "komunisme".

Ada juga perdebatan bahwa sistem komunisme diatur berdasarkan prinsip-prinsip yang mirip dengan kisah Perjanjian Baru dalam Injil yang menceritakan kehidupan awal umat Kristiani di lingkungan masyarakat gereja perdana (lihat Kisah Para Rasul 4:32-35 dan 2:42-47). Beberapa masyarakat Kristiani yang lain sejak saat itu juga telah mengatur masyarakat mereka mengikuti prinsip-prinsip yang mirip dengan masyarakat sosialis modern.

Gerakan Diggers di Inggris pada tahun 1649 juga dapat dijadikan sebagai contoh komunisme agamis. Gerakan ini terutama mendukung kepemilikan tanah secara komunal (umum).
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 13, 2016 10:37 am

kalau gak mau dibandingkan..
atau gini aja:
semua direpresentasikan sebagai milik rakyat dan oleh karena itu, seluruh alat-alat produksi harus dikuasai oleh negara guna kemakmuran rakyat secara merata

filosofi itu baik/buruk menurut silam?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by dee-nee on Wed Apr 13, 2016 11:07 am

@SEGOROWEDI wrote:kalau gak mau dibandingkan..
atau gini aja:
semua direpresentasikan sebagai milik rakyat dan oleh karena itu, seluruh alat-alat produksi harus dikuasai oleh negara guna kemakmuran rakyat secara merata
filosofi itu baik/buruk menurut silam?

yang disebut baik/buruk dalam islam itu ada di point biru ... dan yang biru itu baik

dikuasai negara atau tidak dikuasai negara (milik privat/pribadi) atau bagaimanapun sistemnya ... pada dasarnya sama saja ... asal tujuannya yang point biru

terkait riba dan seterusnya yang dilarang dalam sistem ekonomi syariah ... sebetulnya ujung2nya juga karena riba dan lain2 itu tidak bertujuan untuk kemakmuran rakyat secara merata (biru)

oot sebentar wrote:tentang yang disebut ekonomi syariah itu sendiri ... juga bukan hanya sebatas "stempel" syariah seperti Mandiri syariah, BNI syariah, dsb ... atau cuma sekedar "tidak memberi riba" maka bisa langsung disebut sudah syariah

saya ga bilang bahwa yang hijau ini tidak sesuai syariah loh ya ...
tapi point-nya ... tetap harus dilihat dulu sampai sejauh mana niatan bank2 itu mencapai tujuan yang biru diatas ....

sekedar menghilangkan riba tapi kemudian bikin deal2an bagi hasil yang sama saja "memberatkan" nasabah ... atau mempersulit nasabah dalam proses meminjam modal (misalnya) ....

yang inipun tidak bisa disebut syariah karena tidak sesuai dengan tujuan yang biru .... walaupun bank2 itu sudah tidak mengambil untung dari riba

tapi yang quote ini pendapat saya loh ya .... karena saya pernah baca satu artikel tentang "usaha simpan pinjam rakyat" yang (menurut saya) lebih sesuai dengan nilai2 syariah dibanding apa yang dilakukan bank2 besar pada umumnya (walaupun bank2 tersebut sudah ber"stempel" syariah)

underline contohnya ini : http://www.rumahfiqih.com/x.php?id=1383143419
atau boleh browsing dan baca2 disini https://pengusahamuslim.com/category/fikih-pengusaha-muslim
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by isaku on Wed Apr 13, 2016 1:37 pm

@SEGOROWEDI wrote:
saya melhat dari sisi ideologi/filosofinya..
bagusan komunis, dan mereka juga tidak mengancam siapapun di luar komunitasnya
g ngancam apaan, emangnya para jendral bunuh diri? emangnya uighur, tibet, mongol g diancam2. Justru komunis agak mirip kristen, genosida atau langkah apapun boleh asal tujuan tercapai.
piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 14, 2016 7:20 am

@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:kalau gak mau dibandingkan..
atau gini aja:
semua direpresentasikan sebagai milik rakyat dan oleh karena itu, seluruh alat-alat produksi harus dikuasai oleh negara guna kemakmuran rakyat secara merata
filosofi itu baik/buruk menurut silam?

yang disebut baik/buruk dalam islam itu ada di point biru ... dan yang biru itu baik

dikuasai negara atau tidak dikuasai negara (milik privat/pribadi) atau bagaimanapun sistemnya ... pada dasarnya sama saja ... asal tujuannya yang point biru

terkait riba dan seterusnya yang dilarang dalam sistem ekonomi syariah ... sebetulnya ujung2nya juga karena riba dan lain2 itu tidak bertujuan untuk kemakmuran rakyat secara merata (biru)

oot sebentar wrote:tentang yang disebut ekonomi syariah itu sendiri ... juga bukan hanya sebatas "stempel" syariah seperti Mandiri syariah, BNI syariah, dsb ... atau cuma sekedar "tidak memberi riba" maka bisa langsung disebut sudah syariah

saya ga bilang bahwa yang hijau ini tidak sesuai syariah loh ya ...
tapi point-nya ... tetap harus dilihat dulu sampai sejauh mana niatan bank2 itu mencapai tujuan yang biru diatas ....

sekedar menghilangkan riba tapi kemudian bikin deal2an bagi hasil yang sama saja "memberatkan" nasabah ... atau mempersulit nasabah dalam proses meminjam modal (misalnya) ....

yang inipun tidak bisa disebut syariah karena tidak sesuai dengan tujuan yang biru .... walaupun bank2 itu sudah tidak mengambil untung dari riba

tapi yang quote ini pendapat saya loh ya .... karena saya pernah baca satu artikel tentang "usaha simpan pinjam rakyat" yang (menurut saya) lebih sesuai dengan nilai2 syariah dibanding apa yang dilakukan bank2 besar pada umumnya (walaupun bank2 tersebut sudah ber"stempel" syariah)

underline contohnya ini : http://www.rumahfiqih.com/x.php?id=1383143419
atau boleh browsing dan baca2 disini https://pengusahamuslim.com/category/fikih-pengusaha-muslim

kesimpulan: 
sesuai

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 14, 2016 7:22 am

@isaku wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
saya melhat dari sisi ideologi/filosofinya..
bagusan komunis, dan mereka juga tidak mengancam siapapun di luar komunitasnya
g ngancam apaan, emangnya para jendral bunuh diri? emangnya uighur, tibet, mongol g diancam2. Justru komunis agak mirip kristen, genosida atau langkah apapun boleh asal tujuan tercapai.
piss

itu politiknya...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by dee-nee on Thu Apr 14, 2016 7:34 am

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:kalau gak mau dibandingkan..
atau gini aja:
semua direpresentasikan sebagai milik rakyat dan oleh karena itu, seluruh alat-alat produksi harus dikuasai oleh negara guna kemakmuran rakyat secara merata
filosofi itu baik/buruk menurut silam?

yang disebut baik/buruk dalam islam itu ada di point biru ... dan yang biru itu baik

dikuasai negara atau tidak dikuasai negara (milik privat/pribadi) atau bagaimanapun sistemnya ... pada dasarnya sama saja ... asal tujuannya yang point biru

terkait riba dan seterusnya yang dilarang dalam sistem ekonomi syariah ... sebetulnya ujung2nya juga karena riba dan lain2 itu tidak bertujuan untuk kemakmuran rakyat secara merata (biru)

oot sebentar wrote:tentang yang disebut ekonomi syariah itu sendiri ... juga bukan hanya sebatas "stempel" syariah seperti Mandiri syariah, BNI syariah, dsb ... atau cuma sekedar "tidak memberi riba" maka bisa langsung disebut sudah syariah

saya ga bilang bahwa yang hijau ini tidak sesuai syariah loh ya ...
tapi point-nya ... tetap harus dilihat dulu sampai sejauh mana niatan bank2 itu mencapai tujuan yang biru diatas ....

sekedar menghilangkan riba tapi kemudian bikin deal2an bagi hasil yang sama saja "memberatkan" nasabah ... atau mempersulit nasabah dalam proses meminjam modal (misalnya) ....

yang inipun tidak bisa disebut syariah karena tidak sesuai dengan tujuan yang biru .... walaupun bank2 itu sudah tidak mengambil untung dari riba

tapi yang quote ini pendapat saya loh ya .... karena saya pernah baca satu artikel tentang "usaha simpan pinjam rakyat" yang (menurut saya) lebih sesuai dengan nilai2 syariah dibanding apa yang dilakukan bank2 besar pada umumnya (walaupun bank2 tersebut sudah ber"stempel" syariah)

underline contohnya ini : http://www.rumahfiqih.com/x.php?id=1383143419
atau boleh browsing dan baca2 disini https://pengusahamuslim.com/category/fikih-pengusaha-muslim

kesimpulan: sesuai

sesuai asal tujuannya yang biru
ga sesuai pun ga masalah yang penting tujuannya yang biru
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by frontline defender on Thu Apr 14, 2016 1:11 pm

@SEGOROWEDI wrote:yang disodori 9:29 kan kafir..
damai dari hongkong
kafir disitu itu kan artinya orang zalim/orang yang memerangi terlebih dahulu!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 14, 2016 2:26 pm

@dee-nee wrote:
sesuai asal tujuannya yang biru
ga sesuai pun ga masalah yang penting tujuannya yang biru

kan tujuannya emang biru..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 14, 2016 2:27 pm

@frontline defender wrote:
@SEGOROWEDI wrote:yang disodori 9:29 kan kafir..
damai dari hongkong
kafir disitu itu kan artinya orang zalim/orang yang memerangi terlebih dahulu!

lha iya..
zalim/merangi berdasar persepsi muhammad

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by dee-nee on Fri Apr 15, 2016 1:53 am

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
sesuai asal tujuannya yang biru
ga sesuai pun ga masalah yang penting tujuannya yang biru

kan tujuannya emang biru..

ya udah ... selama tujuan dan implementasi-nya memang terbukti untuk kemakmuran rakyat secara merata (yang biru)
plus ... selama tidak ada hukum2 Islam yang dilanggar (seperti riba, KKN, dsb)

ga ada masalah .... (bahkan ga masalah dengan system apapun)
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by SEGOROWEDI on Fri Apr 15, 2016 7:21 am

ternyata komunis baik juga..
bahkan tidak nyuruh membunuh non komunis

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: komunis lebih baik dari hukum islam

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik