FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Tue Jan 12, 2016 2:46 pm

First topic message reminder :

Secara "tradisi" umat muslim di dunia meyakini mushaf al quran itu tidak pernah berubah sejak diturunkan oleh jibril kepada muhammad, sehingga mushaf yang dipegang di tangan muslim sekarang adalah perwujudan mushaf al quran yg diturunkan oleh jibril 1500 tahun lalu, tidak ada yang berubah sampai pada "TITIK-KOMA" nya sekalipun.....

Bagaimana pihak islam bisa mempertanggung-jawabkan "klaim" yang demikian sementara temuan arkeologi menyodorkan fakta lain?

Satu fakta dari temuan arkeologi, telah ditemukan lembaran naskah al quran yang ternyata sangat berbeda dengan kitab alquran zaman sekarang, sehingga BANYAK USTADZ/ ULAMA dan PETINGGI AGAMA islam tidak mampu mengenalinya terkait bentuk huruf dan bahasanya:



Keterangan yang lebih menjelaskan silakan ikuti LINK wikipedia di bawah ini:
https://en.wikipedia.org/wiki/Sana'a_manuscript


Terakhir diubah oleh Sha-Sha tanggal Tue Jan 12, 2016 2:50 pm, total 1 kali diubah

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 17
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down


Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by mutiiiara on Thu Jan 14, 2016 9:07 am

kalau Allah sendiri yang ngedit ya masih ASLI beneran FIRMAN Allah,BEDA dengan bible yang sejak awal saja sudah PALSU karena bukan dari Nabi Isa si penerima wahyu,bukan seorang Nabi sumbernya tapi dari manusia yg ngakunya murid nabi Isa.
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by musicman on Thu Jan 14, 2016 9:12 am

@Shasha

Satu fakta dari temuan arkeologi, telah ditemukan lembaran naskah al quran yang ternyata sangat berbeda dengan kitab alquran zaman sekarang, sehingga BANYAK USTADZ/ ULAMA dan PETINGGI AGAMA islam tidak mampu mengenalinya terkait bentuk huruf dan bahasany:
Duh ...

Quran itu diturunkan berupa Oral, bukan tulisan sama sekali. Dalam berjalannya waktu para sahabat dengan berbagai gaya yg menyesuaikan dialek sukunya masing2 mencoba menuliskannya.
Agar tidak saling berselisih karena saling membanggakan dialeknya masing2 diambilah jalan tengah dengan dialek Quraish yg dikenal sampai saat ini.

Yah kalau kemudian ditemukan oleh arkeolog dengan dialek yg berbeda dengan gaya quraish dan bahkan mungkin dialek suku yg sudah tidak diketahui kemana, wajar saja apabila banyak bingung.


Misalnya Taurat memiliki bbrp gaya vocal, tp terjemahannya tetap sama saja.
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Thu Jan 14, 2016 9:20 am

@mutiiiara wrote:kalau Allah sendiri yang ngedit ya masih ASLI beneran FIRMAN Allah,BEDA dengan bible yang sejak awal saja sudah PALSU karena bukan dari Nabi Isa si penerima wahyu,bukan seorang Nabi sumbernya tapi dari manusia yg ngakunya murid nabi Isa.

Yaaa terlihat aneh ajah, koq ada "tuhan" yang main edit firmannya sendiri? Terkesan sekali kalau tuhan-mekah itu kurang teliti menurunkan wahyu sehingga perlu di edit segala?

Lagipula yang nampak di mata pandangan orang : muhammad-lah yang meng-edit isi alquran itu ....pada saat muhammad wafat,maka alquran tidak pernah di edit lagi (Karena tukang editnya sudah wafat)

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 17
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by mutiiiara on Thu Jan 14, 2016 9:23 am

memang tugas nabi menyampaikan Firman Allah,kalau sudah wafat ya sudah tidak ada lagi firman Allah yang baru yabg harus disampaikan kepada manusia. Hak mutlak Allah menurunkan Quran untuk menasakh Injil dll. Itu semua SUDAH sesuai KEHENDAK dan RENCANA Allah. karena kondisi bumi pun berubah, bisa sj Allah bikin bumi tetao,tapi itu bukan kehendakNya
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Thu Jan 14, 2016 9:34 am

@musicman wrote:@Shasha

Satu fakta dari temuan arkeologi, telah ditemukan lembaran naskah al quran yang ternyata sangat berbeda dengan kitab alquran zaman sekarang, sehingga BANYAK USTADZ/ ULAMA dan PETINGGI AGAMA islam tidak mampu mengenalinya terkait bentuk huruf dan bahasany:
Duh ...

Quran itu diturunkan berupa Oral, bukan tulisan sama sekali. Dalam berjalannya waktu para sahabat dengan berbagai gaya yg menyesuaikan dialek sukunya masing2 mencoba menuliskannya.
Agar tidak saling berselisih karena saling membanggakan dialeknya masing2 diambilah jalan tengah dengan dialek Quraish yg dikenal sampai saat ini.

Yah kalau kemudian ditemukan oleh arkeolog dengan dialek yg berbeda dengan gaya quraish dan bahkan mungkin dialek suku yg sudah tidak diketahui kemana, wajar saja apabila banyak bingung.


Misalnya Taurat memiliki bbrp gaya vocal, tp terjemahannya tetap sama saja.
Menurut laporan dari hadits shoheh, kekacauan ayat-ayat alquran sudah terjadi selagi muhammad masih hidup dan kerap menimbulkan keributan di kalangan muslim-arab kala itu:

KUTIPAN (Dikutip dari "lidwa .com")
Hadits shoheh imam al-bukhori
Nomer tarqim: 6995
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِي عُرْوَةُ أَنَّ الْمِسْوَرَ بْنَ مَخْرَمَةَ وَعَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَبْدٍ الْقَارِيَّ حَدَّثَاهُ أَنَّهُمَا سَمِعَا عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ يَقُولُ سَمِعْتُ هِشَامَ بْنَ حَكِيمٍ يَقْرَأُ سُورَةَ الْفُرْقَانِ فِي حَيَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاسْتَمَعْتُ لِقِرَاءَتِهِ فَإِذَا هُوَ يَقْرَأُ عَلَى حُرُوفٍ كَثِيرَةٍ لَمْ يُقْرِئْنِيهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكِدْتُ أُسَاوِرُهُ فِي الصَّلَاةِ فَتَصَبَّرْتُ حَتَّى سَلَّمَ فَلَبَبْتُهُ بِرِدَائِهِ فَقُلْتُ مَنْ أَقْرَأَكَ هَذِهِ السُّورَةَ الَّتِي سَمِعْتُكَ تَقْرَأُ قَالَ أَقْرَأَنِيهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ كَذَبْتَ أَقْرَأَنِيهَا عَلَى غَيْرِ مَا قَرَأْتَ فَانْطَلَقْتُ بِهِ أَقُودُهُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ إِنِّي سَمِعْتُ هَذَا يَقْرَأُ سُورَةَ الْفُرْقَانِ عَلَى حُرُوفٍ لَمْ تُقْرِئْنِيهَا فَقَالَ أَرْسِلْهُ اقْرَأْ يَا هِشَامُ فَقَرَأَ الْقِرَاءَةَ الَّتِي سَمِعْتُهُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَذَلِكَ أُنْزِلَتْ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اقْرَأْ يَا عُمَرُ فَقَرَأْتُ الَّتِي أَقْرَأَنِي فَقَالَ كَذَلِكَ أُنْزِلَتْ إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ أُنْزِلَ عَلَى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami Al Laits dari 'Uqail dari Ibn Syihab telah menceritakan kepadaku 'Urwah bahwa Miswar bin Makhramah dan Abdurrahman bin Abdul Qari keduanya menceritakan kepadanya, bahwa ia mendengar

Umar bin Khattab berkata, Aku mendengar Hisyam bin Hakim membaca surat al Furqaan semasa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masih hidup, dan aku menikmati bacaannya.
Ternyata dia membaca dengan dialek yang berbeda-beda yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam belum pernah membacakannya kepadaku sehingga hampir saja aku menarik kepalanya ketika shalat.

Namun aku berusaha menahan kesabaranku hingga ia mengucapkan salam, lantas aku mengikatnya dengan pakaiannya dan aku tanyakan, 'Siapa yang mula-mula membacakan surat Al Qur'an kepadamu yang aku dengar engkau membacanya?
' Ia menjawab, 'Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang membacakannya kepadaku!
Aku lalu berkata, 'Engkau dusta, sebab rasul membacakan kepadaku tidak seperti yang engkau baca.'

Maka aku bawa Hisyam bin hakim kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan aku laporkan, 'Aku telah mendengar orang ini membaca surat Al Qur'an tidak dengan dialek seperti yang engkau bacakan kepadaku.'

Kemudian Rasulullah berkata: 'Lepaskan dia, bacalah ya Hisyam! '

Lantas Hisyam membaca bacaan yang sebelumnya aku mendengarnya, kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Begitulah surat itu diturunkan! '

Lantas Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Bacalah wahai Umar! '

Aku pun membaca sebagaimana yang beliau bacakan kepadaku, dan beliau juga berkomentar 'Begitulah surat Al Qur'an diturunkan, sesungguhnya surat Al Qur'an ini diturunkan dengan tujuh dialek, maka bacalah apa yang mudah bagimu'.
~~~~~~~~~

TERLIHAT JELAS: alquran ASLI diturunkan oleh jibril sebanyak TUJUH VERSI...dan keberadaan versi-versi itu bikin muslim ribut bertengkar (alloh-swt tdk menyangka bakal bisa bikin ribut kalau ada tujuh versi alquran sungguh di luar perhitungan alloh-swt)

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 17
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by mutiiiara on Thu Jan 14, 2016 10:08 am

omg bodohnya, cuma DIALEK! tuuuh paraaah banget injilmu, gak cuma dialek,bahkan ISI dan MAKNA nya BEDA, bahkan tak ada satupun yang hafal BIBLE. kenapa masih kamu pakai tuh kitab palsu bible. ibarat kuman diseberang lautan nampak, gajah dipelupuk mata tak nampak. konyol.
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Thu Jan 14, 2016 10:11 am

@mutiiiara wrote:omg bodohnya, cuma DIALEK! tuuuh paraaah banget injilmu, gak cuma dialek,bahkan ISI dan MAKNA nya BEDA, bahkan tak ada satupun yang hafal BIBLE. kenapa masih kamu pakai tuh kitab palsu bible. ibarat kuman diseberang lautan nampak, gajah dipelupuk mata tak nampak. konyol.

Fakta dong slim...fakta...
Terjadi keributan di antara sahabat muhammad terkait versi alquran itu...dan muhammad yang udah pusing menengahi dengan menjawab: BENAR SEMUA ketawa guling

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 17
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by mutiiiara on Thu Jan 14, 2016 10:13 am

cuma DIALEK, ya gak mengubah bahwa FAKTA Quran itu ASLI FIRMAN Allah. bego kok dipiara
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Thu Jan 14, 2016 10:18 am

@mutiiiara wrote:cuma DIALEK, ya gak mengubah bahwa FAKTA Quran itu ASLI FIRMAN Allah. bego kok dipiara

Seharusnya ada ayat alquran-nya yang menjelaskan kalau bakal ada perbedaaan dialek karenan wahyu diturunkan sebanyak TUJUH VERSI DIALEK...gunanya biar muslim-arab gak tengkar gitu lhoooo usil

Lha faktanya, jibril menurunkan tujuh versi dan muhammad mengajarkan beragam versi kepada pengikutnya saling berbeda ...ya jelas terjadi kekacauan versi yang berakibat keributan dan perkelahian fisik

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 17
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by mutiiiara on Thu Jan 14, 2016 10:22 am

buat apa....toh TIDAK MENGUBAH MAKNA ayat, jadi yang menurut kafir bloon macam kamu penting, sebenarnya tidak penting buat Allah. elonya aja yang heboh sendiri wk wk wk
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Thu Jan 14, 2016 10:29 am

@mutiiiara wrote:buat apa....toh TIDAK MENGUBAH MAKNA ayat, jadi yang menurut kafir bloon macam kamu penting, sebenarnya tidak penting buat Allah. elonya aja yang heboh sendiri wk wk wk

Terlihat kalau "tiga sekutu" : muhammad + jibril + alloh-swt SALAH PERHITUNGAN...tidak pernah memikirkan akibat kalau TUJUH VERSI alquran itu gak bagus buat perdamaian seukuwah muslim-arab. ehmm

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 17
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by mutiiiara on Thu Jan 14, 2016 10:35 am

kalau mau bisa saja Allah tidak biarkan segala jenis perang di dunia ini terjadi, bahkan langsung saja si A si B masuk surga, lalu si C masuk neraka, itu semua hak Allah. tapiii Allah itu Maha Adil, makanya manusia diturunkan di dunia ini untuk DIUJI, al dg perang dll itu.
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Thu Jan 14, 2016 10:40 am

@mutiiiara wrote:kalau mau bisa saja Allah tidak biarkan segala jenis perang di dunia ini terjadi, bahkan langsung saja si A si B masuk surga, lalu si C masuk neraka, itu semua hak Allah. tapiii Allah itu Maha Adil, makanya manusia diturunkan di dunia ini untuk DIUJI, al dg perang dll itu.

ente ngomong apa slim? ngelantur gak fokus...

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 17
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by mutiiiara on Thu Jan 14, 2016 10:41 am

diupgrade otakmu makanya supaya paham dan gak sesat lagi. Allah tentu saja sudah tahu, tapi memang dibiarkan terjadi sebagai salah satu bentuk UJIAN.


Terakhir diubah oleh mutiiiara tanggal Thu Jan 14, 2016 8:31 pm, total 1 kali diubah
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by musicman on Thu Jan 14, 2016 10:56 am

@Sha-Sha wrote:
@musicman wrote:@Shasha

Satu fakta dari temuan arkeologi, telah ditemukan lembaran naskah al quran yang ternyata sangat berbeda dengan kitab alquran zaman sekarang, sehingga BANYAK USTADZ/ ULAMA dan PETINGGI AGAMA islam tidak mampu mengenalinya terkait bentuk huruf dan bahasany:
Duh ...

Quran itu diturunkan berupa Oral, bukan tulisan sama sekali. Dalam berjalannya waktu para sahabat dengan berbagai gaya yg menyesuaikan dialek sukunya masing2 mencoba menuliskannya.
Agar tidak saling berselisih karena saling membanggakan dialeknya masing2 diambilah jalan tengah dengan dialek Quraish yg dikenal sampai saat ini.

Yah kalau kemudian ditemukan oleh arkeolog dengan dialek yg berbeda dengan gaya quraish dan bahkan mungkin dialek suku yg sudah tidak diketahui kemana, wajar saja apabila banyak bingung.


Misalnya Taurat memiliki bbrp gaya vocal, tp terjemahannya tetap sama saja.
Menurut laporan dari hadits shoheh, kekacauan ayat-ayat alquran sudah terjadi selagi muhammad masih hidup dan kerap menimbulkan keributan di kalangan muslim-arab kala itu:

KUTIPAN (Dikutip dari "lidwa .com")
Hadits shoheh imam al-bukhori
Nomer tarqim: 6995
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِي عُرْوَةُ أَنَّ الْمِسْوَرَ بْنَ مَخْرَمَةَ وَعَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَبْدٍ الْقَارِيَّ حَدَّثَاهُ أَنَّهُمَا سَمِعَا عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ يَقُولُ سَمِعْتُ هِشَامَ بْنَ حَكِيمٍ يَقْرَأُ سُورَةَ الْفُرْقَانِ فِي حَيَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاسْتَمَعْتُ لِقِرَاءَتِهِ فَإِذَا هُوَ يَقْرَأُ عَلَى حُرُوفٍ كَثِيرَةٍ لَمْ يُقْرِئْنِيهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكِدْتُ أُسَاوِرُهُ فِي الصَّلَاةِ فَتَصَبَّرْتُ حَتَّى سَلَّمَ فَلَبَبْتُهُ بِرِدَائِهِ فَقُلْتُ مَنْ أَقْرَأَكَ هَذِهِ السُّورَةَ الَّتِي سَمِعْتُكَ تَقْرَأُ قَالَ أَقْرَأَنِيهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ كَذَبْتَ أَقْرَأَنِيهَا عَلَى غَيْرِ مَا قَرَأْتَ فَانْطَلَقْتُ بِهِ أَقُودُهُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ إِنِّي سَمِعْتُ هَذَا يَقْرَأُ سُورَةَ الْفُرْقَانِ عَلَى حُرُوفٍ لَمْ تُقْرِئْنِيهَا فَقَالَ أَرْسِلْهُ اقْرَأْ يَا هِشَامُ فَقَرَأَ الْقِرَاءَةَ الَّتِي سَمِعْتُهُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَذَلِكَ أُنْزِلَتْ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اقْرَأْ يَا عُمَرُ فَقَرَأْتُ الَّتِي أَقْرَأَنِي فَقَالَ كَذَلِكَ أُنْزِلَتْ إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ أُنْزِلَ عَلَى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami Al Laits dari 'Uqail dari Ibn Syihab telah menceritakan kepadaku 'Urwah bahwa Miswar bin Makhramah dan Abdurrahman bin Abdul Qari keduanya menceritakan kepadanya, bahwa ia mendengar

Umar bin Khattab berkata, Aku mendengar Hisyam bin Hakim membaca surat al Furqaan semasa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masih hidup, dan aku menikmati bacaannya.
Ternyata dia membaca dengan dialek yang berbeda-beda yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam belum pernah membacakannya kepadaku sehingga hampir saja aku menarik kepalanya ketika shalat.

Namun aku berusaha menahan kesabaranku hingga ia mengucapkan salam, lantas aku mengikatnya dengan pakaiannya dan aku tanyakan, 'Siapa yang mula-mula membacakan surat Al Qur'an kepadamu yang aku dengar engkau membacanya?
' Ia menjawab, 'Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang membacakannya kepadaku!
Aku lalu berkata, 'Engkau dusta, sebab rasul membacakan kepadaku tidak seperti yang engkau baca.'

Maka aku bawa Hisyam bin hakim kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan aku laporkan, 'Aku telah mendengar orang ini membaca surat Al Qur'an tidak dengan dialek seperti yang engkau bacakan kepadaku.'

Kemudian Rasulullah berkata: 'Lepaskan dia, bacalah ya Hisyam! '

Lantas Hisyam membaca bacaan yang sebelumnya aku mendengarnya, kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Begitulah surat itu diturunkan! '

Lantas Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Bacalah wahai Umar! '

Aku pun membaca sebagaimana yang beliau bacakan kepadaku, dan beliau juga berkomentar 'Begitulah surat Al Qur'an diturunkan, sesungguhnya surat Al Qur'an ini diturunkan dengan tujuh dialek, maka bacalah apa yang mudah bagimu'.
~~~~~~~~~

TERLIHAT JELAS: alquran ASLI diturunkan oleh jibril sebanyak TUJUH VERSI...dan keberadaan versi-versi itu bikin muslim ribut bertengkar (alloh-swt tdk menyangka bakal bisa bikin ribut kalau ada tujuh versi alquran sungguh di luar perhitungan alloh-swt)
NAH!! Itu tau (apa baru tahu googling sana sini setelah saya jelaskan?)... kalau Quran ditulis bbrp dialek. Itulah akar permasalahnnya sehingga perlu dibuat satu dialek saja (Quraish)

Betul..diturunkan dengan bbrp dialek oral agar lebih memudahkan semua suku memahaminya.

Kalau Yg membuat Mbak shasha itu bingung kenapa banyak Ulama tidak mengenali dengan gaya bahasa dalam penemuan Sana'a Manuscript, saya jawab bahwa Quran itu turun dengan Oral dan bukan tulisan ..yg kemudian dituliskan dengan dialek arab yg bermacam ragamnya. Atas kebijakan nabi, penulisan selanjutnya dituliskan dengan gaya Quraish

Kalaulah misalnya diketemukan dikemudian hari dengan gaya tulisan suku yg tidak dikenal saat ini sehingga kemudian banyak orang yg tidak faham gaya tulisan tsb ..

saya pikir wajar-wajar saja..dan tidak membuktikan apapun karena semua tau bahwa sejarah awal penulisan memang banyak gaya dialek arab.

kalau kemudian setelah dijawab ..mbk shasha keluar dr bahasannya sendiri dan berbelok arah dengan bertanya " Seharusnya Allah itu begini dan begitu .. dst" Maka saya jawab saya tidak tahu.. karena saya tidak pernah berhadapan muka dan obrol2 dengan Tuhan saya untuk Sesi tanya jawab..seperti juga saya tidak akan pernah bertanya kepada "Kenapa YAHWE harus turunkan perjanjian lama kalau ujung2nya gk kepakai? Sudah diturunin perjanjian yg baru aja jadi bertikai dan terpecah belah sampai puluhan sekte..salah perhitungan?"

karena saya tahu anda gk pernah Hadapan dengan YAHWE dan saling sesi tanya jawab. Kalaulah saya sampai bertanya demikian, maka saya jelas Picik
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Thu Jan 14, 2016 2:12 pm

@musicman wrote:
@Sha-Sha wrote:
@musicman wrote:@Shasha

Satu fakta dari temuan arkeologi, telah ditemukan lembaran naskah al quran yang ternyata sangat berbeda dengan kitab alquran zaman sekarang, sehingga BANYAK USTADZ/ ULAMA dan PETINGGI AGAMA islam tidak mampu mengenalinya terkait bentuk huruf dan bahasany:
Duh ...

Quran itu diturunkan berupa Oral, bukan tulisan sama sekali. Dalam berjalannya waktu para sahabat dengan berbagai gaya yg menyesuaikan dialek sukunya masing2 mencoba menuliskannya.
Agar tidak saling berselisih karena saling membanggakan dialeknya masing2 diambilah jalan tengah dengan dialek Quraish yg dikenal sampai saat ini.

Yah kalau kemudian ditemukan oleh arkeolog dengan dialek yg berbeda dengan gaya quraish dan bahkan mungkin dialek suku yg sudah tidak diketahui kemana, wajar saja apabila banyak bingung.


Misalnya Taurat memiliki bbrp gaya vocal, tp terjemahannya tetap sama saja.
Menurut laporan dari hadits shoheh, kekacauan ayat-ayat alquran sudah terjadi selagi muhammad masih hidup dan kerap menimbulkan keributan di kalangan muslim-arab kala itu:

KUTIPAN (Dikutip dari "lidwa .com")
Hadits shoheh imam al-bukhori
Nomer tarqim: 6995
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِي عُرْوَةُ أَنَّ الْمِسْوَرَ بْنَ مَخْرَمَةَ وَعَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَبْدٍ الْقَارِيَّ حَدَّثَاهُ أَنَّهُمَا سَمِعَا عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ يَقُولُ سَمِعْتُ هِشَامَ بْنَ حَكِيمٍ يَقْرَأُ سُورَةَ الْفُرْقَانِ فِي حَيَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاسْتَمَعْتُ لِقِرَاءَتِهِ فَإِذَا هُوَ يَقْرَأُ عَلَى حُرُوفٍ كَثِيرَةٍ لَمْ يُقْرِئْنِيهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكِدْتُ أُسَاوِرُهُ فِي الصَّلَاةِ فَتَصَبَّرْتُ حَتَّى سَلَّمَ فَلَبَبْتُهُ بِرِدَائِهِ فَقُلْتُ مَنْ أَقْرَأَكَ هَذِهِ السُّورَةَ الَّتِي سَمِعْتُكَ تَقْرَأُ قَالَ أَقْرَأَنِيهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ كَذَبْتَ أَقْرَأَنِيهَا عَلَى غَيْرِ مَا قَرَأْتَ فَانْطَلَقْتُ بِهِ أَقُودُهُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ إِنِّي سَمِعْتُ هَذَا يَقْرَأُ سُورَةَ الْفُرْقَانِ عَلَى حُرُوفٍ لَمْ تُقْرِئْنِيهَا فَقَالَ أَرْسِلْهُ اقْرَأْ يَا هِشَامُ فَقَرَأَ الْقِرَاءَةَ الَّتِي سَمِعْتُهُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَذَلِكَ أُنْزِلَتْ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اقْرَأْ يَا عُمَرُ فَقَرَأْتُ الَّتِي أَقْرَأَنِي فَقَالَ كَذَلِكَ أُنْزِلَتْ إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ أُنْزِلَ عَلَى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami Al Laits dari 'Uqail dari Ibn Syihab telah menceritakan kepadaku 'Urwah bahwa Miswar bin Makhramah dan Abdurrahman bin Abdul Qari keduanya menceritakan kepadanya, bahwa ia mendengar

Umar bin Khattab berkata, Aku mendengar Hisyam bin Hakim membaca surat al Furqaan semasa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masih hidup, dan aku menikmati bacaannya.
Ternyata dia membaca dengan dialek yang berbeda-beda yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam belum pernah membacakannya kepadaku sehingga hampir saja aku menarik kepalanya ketika shalat.

Namun aku berusaha menahan kesabaranku hingga ia mengucapkan salam, lantas aku mengikatnya dengan pakaiannya dan aku tanyakan, 'Siapa yang mula-mula membacakan surat Al Qur'an kepadamu yang aku dengar engkau membacanya?
' Ia menjawab, 'Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang membacakannya kepadaku!
Aku lalu berkata, 'Engkau dusta, sebab rasul membacakan kepadaku tidak seperti yang engkau baca.'

Maka aku bawa Hisyam bin hakim kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan aku laporkan, 'Aku telah mendengar orang ini membaca surat Al Qur'an tidak dengan dialek seperti yang engkau bacakan kepadaku.'

Kemudian Rasulullah berkata: 'Lepaskan dia, bacalah ya Hisyam! '

Lantas Hisyam membaca bacaan yang sebelumnya aku mendengarnya, kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Begitulah surat itu diturunkan! '

Lantas Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Bacalah wahai Umar! '

Aku pun membaca sebagaimana yang beliau bacakan kepadaku, dan beliau juga berkomentar 'Begitulah surat Al Qur'an diturunkan, sesungguhnya surat Al Qur'an ini diturunkan dengan tujuh dialek, maka bacalah apa yang mudah bagimu'.
~~~~~~~~~

TERLIHAT JELAS: alquran ASLI diturunkan oleh jibril sebanyak TUJUH VERSI...dan keberadaan versi-versi itu bikin muslim ribut bertengkar (alloh-swt tdk menyangka bakal bisa bikin ribut kalau ada tujuh versi alquran sungguh di luar perhitungan alloh-swt)

NAH!! Itu tau (apa baru tahu googling sana sini setelah saya jelaskan?)... kalau Quran ditulis bbrp dialek. Itulah akar permasalahnnya sehingga perlu dibuat satu dialek saja (Quraish)
Kalau ternyata yang terpakai hanya SATU VERSI DIALEK QURAISH saja, lantas ngapain capek2 menurunkan TUJUH VERSI DIALEK? Malah bikin ribut muslim-arab kala itu. Dengan kata lain: alloh-swt mengerjakan yang sia-sia bikin TUJUH VERSI DIALEK alquran , akhirnya yang terpakai cuma satu versi dialek saja.

@musicman wrote:Betul..diturunkan dengan bbrp dialek oral agar lebih memudahkan semua suku memahaminya.

Lha iya Om...kalau TUJUH VERSI DIALEK alquran sudah bagus supaya semua suku-suku arab bisa mudah membacanya, lantas  mengapa malah dihapus dengan menyisakan satu versi dialek saja? Bukankah berarti yang dimudahkan membaca alquran hanya suku quraish saja? Sedangkan suku-suku arab lainnya silakan saja mengalami kesulitan membaca  ehmm

@musicman wrote:Kalau Yg membuat Mbak shasha itu bingung kenapa banyak Ulama tidak mengenali dengan gaya bahasa dalam penemuan Sana'a Manuscript, saya jawab bahwa Quran itu turun dengan Oral dan bukan tulisan ..yg kemudian dituliskan dengan dialek arab yg bermacam ragamnya. Atas kebijakan nabi, penulisan selanjutnya dituliskan dengan gaya Quraish
Ya aneh ajah Om, yang kesulitan membaca itu ulama-arab lho Om....masa tak ada satupun ulama-arab dari suku manapun yang bisa membaca naskah Sana'a? Aneh kan Om?

@musicman wrote:Kalaulah misalnya diketemukan dikemudian hari dengan gaya tulisan suku yg tidak dikenal saat ini sehingga kemudian banyak orang yg tidak faham gaya tulisan tsb ..

saya pikir wajar-wajar saja..dan tidak membuktikan apapun karena semua tau bahwa sejarah awal penulisan memang banyak gaya dialek arab.
Naskah alquran temuan di Sana'a pasti ditulis oleh orang arab Yaman...tapi ulama arab di Yaman sendiri ga ada yg bisa baca...itulah keanehannya.

@musicman wrote:kalau kemudian setelah dijawab ..mbk shasha keluar dr bahasannya sendiri dan berbelok arah dengan bertanya " Seharusnya Allah itu begini dan begitu .. dst" Maka saya jawab saya tidak tahu.. karena saya tidak pernah berhadapan muka dan obrol2 dengan Tuhan saya untuk Sesi tanya jawab..seperti juga saya tidak akan pernah bertanya kepada "Kenapa YAHWE harus turunkan perjanjian lama kalau ujung2nya gk kepakai? Sudah diturunin perjanjian yg baru aja jadi bertikai dan terpecah belah sampai puluhan sekte..salah perhitungan?"

karena saya tahu anda gk pernah Hadapan dengan YAHWE dan saling sesi tanya jawab. Kalaulah saya sampai bertanya demikian, maka saya jelas Picik

Karena alloh-swt itu terlalu kerap meng-klaim dirinya MAHA TAHU , maka menjadi aneh kalau dirinya tidak tau kalau kemudian TUJUH VERSI ALQURAN bakal bikin ribut muslim-arab...sehingga disegerakan dijadikan satu versi alquran dengan menghapus paksa enam versi alquran yang lain....

Keanehan lain yang terasa: muslim bersibuk diri meng-klaim kalau alquran itu selalu sama di manapun di dunia ini, faktanya ternyata tidak begitu

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 17
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Syalom aleykhem on Thu Jan 14, 2016 8:23 pm

@mutiiiara wrote:disebut asli karena MAKNAnya masih SAMA. kalau cuma dialek ya tergantung lidah masing2 manusia, orang bisu bahkan tak bisa mengucapkan ayat Quran, tapi bisa paham MAKNA ayat-ayat Quran SAMA dengan orang yang tidak bisu. think
yg 6 mushaf sdh hilang lenyap, sisa 1
mo bandingin sisa 1 dgn 6 mushaf sdh hilang lenyap itu gmana neng ?, modal klaim doank ?
yg 6 itu dibakar usman ya ?,
kenapa kitab suci harus dibakar usman ?


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 24
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by mutiiiara on Thu Jan 14, 2016 8:29 pm

mushaf itu cuma BUKU, karena ada yg ditulisnya dengan arab gundul yakni tanpa tanda baca sehingga hanya bisa dibaca oleh orang yg hafal dan menulisnya saja,sehingga oleh usman diputuskan untuk tidak dipakai, dibuatlah standar mushaf Quran yang resmi adalah yang ditulis lengkap dengan tanda bacanya,bukan sekedat kode saja yang cuma bisa dibaca oleh yang nulisnya saja,karena bisa disalahtafairkan oleh orang lain
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Syalom aleykhem on Thu Jan 14, 2016 10:58 pm

@mutiiiara wrote:mushaf itu cuma BUKU, karena ada yg ditulisnya dengan arab gundul yakni tanpa tanda baca sehingga hanya bisa dibaca oleh orang yg hafal dan menulisnya saja,sehingga oleh usman diputuskan untuk tidak dipakai, dibuatlah standar mushaf Quran yang resmi adalah yang ditulis lengkap dengan tanda bacanya,bukan sekedat kode saja yang cuma bisa dibaca oleh yang nulisnya saja,karena bisa disalahtafairkan oleh orang lain

yg enam mushaf itu gundul semua ente tau darimana neng ?, wong udah dibakar/musnah
katakanlah seperti kesimpulan gundul anda, maka :
kalau cuman bisa dibaca oleh penghafal/penulisnya saja, orang lain tidak,  itu namanya bukan firman Allah swt ?
tulisan Arab gundul yg berisi firman Allah swt, koq disingkirkan/dibakar, apa gak dianggap sesat tuh ?
yg Arab gundul itu tidak harus dimusnahkan buat dijadiin pembanding/study Alquran, kalau bukan alasan ada udang dibalik batu



Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 24
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Fri Jan 15, 2016 2:27 am

@mutiiiara wrote:mushaf itu cuma BUKU, karena ada yg ditulisnya dengan arab gundul yakni tanpa tanda baca sehingga hanya bisa dibaca oleh orang yg hafal dan menulisnya saja,sehingga oleh usman diputuskan untuk tidak dipakai, dibuatlah standar mushaf Quran yang resmi adalah yang ditulis lengkap dengan tanda bacanya,bukan sekedat kode saja yang cuma bisa dibaca oleh yang nulisnya saja,karena bisa disalahtafairkan oleh orang lain

mushaf usmani pake harakat tanda baca? ente tau dari mana slim?

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 17
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by mutiiiara on Fri Jan 15, 2016 4:49 am

ya tahu lah,emangnya elo yang gak tahu bahasa Quran tapi sudah asal omong gak pake mikir.
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by SEGOROWEDI on Fri Jan 15, 2016 8:22 am


yang aseli dialek mana?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Fri Jan 15, 2016 8:36 am

@mutiiiara wrote:ya tahu lah,emangnya elo yang gak tahu bahasa Quran tapi sudah asal omong gak pake mikir.
Lha? ente mengaku tau tapi tidak memberi tau...
Silakan sertakan SEJARAH pemberian tambahan HARAKAT pada huruf arab-gundul.

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 17
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Fri Jan 15, 2016 9:12 am

Kekacauan pembentukan mushaf al quran terjadi dan dialami oleh Zaid bin Tsabit sehingga dia lebih suka "memindahkan gunung" daripada menyalin ayat-ayat al quran yang tercecer berserakan amburadul...dan Zaid bin Tsabit pernah kehilangan ayat "at taubah" dia gagal menggali hafalan dari semua sahabat kecuali dari seorang saja yaitu Khuzaimah

KUTIPAN (dikutip dari www.lidwa.com )
HADITS SHOHEH IMAM AL-BUKHORI
NOMER TARQIM: 4311
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي ابْنُ السَّبَّاقِ أَنَّ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ الْأَنْصَارِيَّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَكَانَ مِمَّنْ يَكْتُبُ الْوَحْيَ قَالَ أَرْسَلَ إِلَيَّ أَبُو بَكْرٍ مَقْتَلَ أَهْلِ الْيَمَامَةِ وَعِنْدَهُ عُمَرُ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّ عُمَرَ أَتَانِي فَقَالَ إِنَّ الْقَتْلَ قَدْ اسْتَحَرَّ يَوْمَ الْيَمَامَةِ بِالنَّاسِ وَإِنِّي أَخْشَى أَنْ يَسْتَحِرَّ الْقَتْلُ بِالْقُرَّاءِ فِي الْمَوَاطِنِ فَيَذْهَبَ كَثِيرٌ مِنْ الْقُرْآنِ إِلَّا أَنْ تَجْمَعُوهُ وَإِنِّي لَأَرَى أَنْ تَجْمَعَ الْقُرْآنَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ قُلْتُ لِعُمَرَ كَيْفَ أَفْعَلُ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ عُمَرُ هُوَ وَاللَّهِ خَيْرٌ فَلَمْ يَزَلْ عُمَرُ يُرَاجِعُنِي فِيهِ حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ لِذَلِكَ صَدْرِي وَرَأَيْتُ الَّذِي رَأَى عُمَرُ قَالَ زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ وَعُمَرُ عِنْدَهُ جَالِسٌ لَا يَتَكَلَّمُ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّكَ رَجُلٌ شَابٌّ عَاقِلٌ وَلَا نَتَّهِمُكَ كُنْتَ تَكْتُبُ الْوَحْيَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَتَبَّعْ الْقُرْآنَ فَاجْمَعْهُ فَوَاللَّهِ لَوْ كَلَّفَنِي نَقْلَ جَبَلٍ مِنْ الْجِبَالِ مَا كَانَ أَثْقَلَ عَلَيَّ مِمَّا أَمَرَنِي بِهِ مِنْ جَمْعِ الْقُرْآنِ قُلْتُ كَيْفَ تَفْعَلَانِ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ هُوَ وَاللَّهِ خَيْرٌ فَلَمْ أَزَلْ أُرَاجِعُهُ حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ صَدْرِي لِلَّذِي شَرَحَ اللَّهُ لَهُ صَدْرَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ فَقُمْتُ فَتَتَبَّعْتُ الْقُرْآنَ أَجْمَعُهُ مِنْ الرِّقَاعِ وَالْأَكْتَافِ وَالْعُسُبِ وَصُدُورِ الرِّجَالِ حَتَّى وَجَدْتُ مِنْ سُورَةِ التَّوْبَةِ آيَتَيْنِ مَعَ خُزَيْمَةَ الْأَنْصَارِيِّ لَمْ أَجِدْهُمَا مَعَ أَحَدٍ غَيْرِهِ { لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ } إِلَى آخِرِهِمَا وَكَانَتْ الصُّحُفُ الَّتِي جُمِعَ فِيهَا الْقُرْآنُ عِنْدَ أَبِي بَكْرٍ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ عِنْدَ عُمَرَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ عِنْدَ حَفْصَةَ بِنْتِ عُمَرَ تَابَعَهُ عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ وَاللَّيْثُ عَنْ يُونُسَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ وَقَالَ اللَّيْثُ حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ خَالِدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ وَقَالَ مَعَ أَبِي خُزَيْمَةَ الْأَنْصَارِيِّ وَقَالَ مُوسَى عَنْ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا ابْنُ شِهَابٍ مَعَ أَبِي خُزَيْمَةَ وَتَابَعَهُ يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِيهِ وَقَالَ أَبُو ثَابِتٍ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ وَقَالَ مَعَ خُزَيْمَةَ أَوْ أَبِي خُزَيْمَةَ
Telah menceritakan kepada kami Abu Al Yaman Telah mengabarkan kepada kami Syu'aib dari Az Zuhri dia berkata;

Telah mengabarkan kepadaku Ibnu As Sabbaq bahwa zaid bin tsabit Al Anshari radliallahu 'anhu -salah seorang penulis wahyu- dia berkata; Abu Bakar As shiddiq datang kepadaku pada waktu perang Yamamah, ketika itu Umar disampingnya.

Abu Bakr berkata bahwasanya Umar mendatangiku dan mengatakan; Sesungguhnya perang Yamamah telah berkecamuk (menimpa) para sahabat, dan aku khawatir akan menimpa para penghafal Qur'an di negeri-negeri lainnya sehingga banyak yang gugur dari mereka kecuali engkau memerintahkan pengumpulan (pendokumentasian) al Qur`an.

Abu Bakar berkata kepada Umar; Bagaimana aku mengerjakan suatu proyek yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?

Umar menjawab; Demi Allah hal itu adalah sesuatu yang baik.
Ia terus mengulangi hal itu sampai Allah melapangkan dadaku sebagaimana melapangkan dada Umar dan aku sependapat dengannya.

Zaid berkata; Abu Bakar berkata; -pada waktu itu disampingnya ada Umar sedang duduk, dan dia tidak berkata apa-apa.- Sesungguhnya kamu adalah pemuda yang cerdas, kami tidak meragukanmu, dan kamu juga menulis wahyu untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, karena itu kumpulkanlah al Qur'an (dengan seksama).

Zaid berkata; Demi Allah, seandainya mereka menyuruhku untuk memindahkan gunung dari gunung-gunung yang ada, maka hal itu tidak lebih berat bagiku dari pada (pengumpulan atau pendokumentasian al Qur'an). kenapa kalian mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?

Abu Bakar menjawab; Demi Allah hal itu adalah baik. Aku pun terus mengulanginya, sehingga Allah melapangkan dadaku sebagaimana melapangkan dada keduanya (Abu Bakar dan Umar).

Lalu aku kumpulkan al Qur'an (yang ditulis) pada kulit, pelepah kurma, dan batu putih lunak, juga dada (hafalan) para sahabat.

Hingga aku mendapatkan dua ayat dari surat Taubah berada pada Khuzaimah yang tidak aku temukan pada sahabat mana pun. Yaitu ayat: Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung. (9: 128-129).

Dan mushaf yang telah aku kumpulkan itu berada pada Abu Bakr hingga dia wafat, kemudian berada pada Umar hingga dia wafat, setelah itu berada pada Hafshah putri Umar.

Diriwiyatkan pula oleh 'Utsman bin 'Umar dan Al Laits dari Yunus dari Ibnu Syihab; Al Laits berkata; Telah menceritakan kepadaku 'Abdur Rahman bin Khalid dari Ibnu Syihab; dia berkata; ada pada Abu Huzaimah Al Anshari. Sedang Musa berkata; Dari Ibrahim Telah menceritakan kepada kami Ibnu Syihab; 'Ada pada Abu Khuzaimah.' Juga diriwayatkan oleh Ya'qub bin Ibrahim dari Bapaknya.
Abu Tsabit berkata; Telah menceritakan kepada kami Ibrahim dia berkata; 'Ada pada Khuzaimah atau Abu Khuzaimah.
~~~~~~~~~~~~

PINK : Ternyata KLAIM banyak muslim yang hafal ayat al quran perlu dipertanyakan kebenarannya

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 17
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by isaku on Fri Jan 15, 2016 2:43 pm

@Sha-Sha wrote:Kekacauan pembentukan mushaf al quran terjadi dan dialami oleh Zaid bin Tsabit sehingga dia lebih suka "memindahkan gunung" daripada menyalin ayat-ayat al quran yang tercecer berserakan amburadul...dan Zaid bin Tsabit pernah kehilangan ayat "at taubah" dia gagal menggali hafalan dari semua sahabat kecuali dari seorang saja yaitu Khuzaimah

KUTIPAN (dikutip dari www.lidwa.com )
HADITS SHOHEH IMAM AL-BUKHORI
NOMER TARQIM: 4311
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي ابْنُ السَّبَّاقِ أَنَّ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ الْأَنْصَارِيَّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَكَانَ مِمَّنْ يَكْتُبُ الْوَحْيَ قَالَ أَرْسَلَ إِلَيَّ أَبُو بَكْرٍ مَقْتَلَ أَهْلِ الْيَمَامَةِ وَعِنْدَهُ عُمَرُ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّ عُمَرَ أَتَانِي فَقَالَ إِنَّ الْقَتْلَ قَدْ اسْتَحَرَّ يَوْمَ الْيَمَامَةِ بِالنَّاسِ وَإِنِّي أَخْشَى أَنْ يَسْتَحِرَّ الْقَتْلُ بِالْقُرَّاءِ فِي الْمَوَاطِنِ فَيَذْهَبَ كَثِيرٌ مِنْ الْقُرْآنِ إِلَّا أَنْ تَجْمَعُوهُ وَإِنِّي لَأَرَى أَنْ تَجْمَعَ الْقُرْآنَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ قُلْتُ لِعُمَرَ كَيْفَ أَفْعَلُ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ عُمَرُ هُوَ وَاللَّهِ خَيْرٌ فَلَمْ يَزَلْ عُمَرُ يُرَاجِعُنِي فِيهِ حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ لِذَلِكَ صَدْرِي وَرَأَيْتُ الَّذِي رَأَى عُمَرُ قَالَ زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ وَعُمَرُ عِنْدَهُ جَالِسٌ لَا يَتَكَلَّمُ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّكَ رَجُلٌ شَابٌّ عَاقِلٌ وَلَا نَتَّهِمُكَ كُنْتَ تَكْتُبُ الْوَحْيَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَتَبَّعْ الْقُرْآنَ فَاجْمَعْهُ فَوَاللَّهِ لَوْ كَلَّفَنِي نَقْلَ جَبَلٍ مِنْ الْجِبَالِ مَا كَانَ أَثْقَلَ عَلَيَّ مِمَّا أَمَرَنِي بِهِ مِنْ جَمْعِ الْقُرْآنِ قُلْتُ كَيْفَ تَفْعَلَانِ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ هُوَ وَاللَّهِ خَيْرٌ فَلَمْ أَزَلْ أُرَاجِعُهُ حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ صَدْرِي لِلَّذِي شَرَحَ اللَّهُ لَهُ صَدْرَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ فَقُمْتُ فَتَتَبَّعْتُ الْقُرْآنَ أَجْمَعُهُ مِنْ الرِّقَاعِ وَالْأَكْتَافِ وَالْعُسُبِ وَصُدُورِ الرِّجَالِ حَتَّى وَجَدْتُ مِنْ سُورَةِ التَّوْبَةِ آيَتَيْنِ مَعَ خُزَيْمَةَ الْأَنْصَارِيِّ لَمْ أَجِدْهُمَا مَعَ أَحَدٍ غَيْرِهِ { لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ } إِلَى آخِرِهِمَا وَكَانَتْ الصُّحُفُ الَّتِي جُمِعَ فِيهَا الْقُرْآنُ عِنْدَ أَبِي بَكْرٍ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ عِنْدَ عُمَرَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ عِنْدَ حَفْصَةَ بِنْتِ عُمَرَ تَابَعَهُ عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ وَاللَّيْثُ عَنْ يُونُسَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ وَقَالَ اللَّيْثُ حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ خَالِدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ وَقَالَ مَعَ أَبِي خُزَيْمَةَ الْأَنْصَارِيِّ وَقَالَ مُوسَى عَنْ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا ابْنُ شِهَابٍ مَعَ أَبِي خُزَيْمَةَ وَتَابَعَهُ يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِيهِ وَقَالَ أَبُو ثَابِتٍ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ وَقَالَ مَعَ خُزَيْمَةَ أَوْ أَبِي خُزَيْمَةَ
Telah menceritakan kepada kami Abu Al Yaman Telah mengabarkan kepada kami Syu'aib dari Az Zuhri dia berkata;

Telah mengabarkan kepadaku Ibnu As Sabbaq bahwa zaid bin tsabit Al Anshari radliallahu 'anhu -salah seorang penulis wahyu- dia berkata; Abu Bakar As shiddiq datang kepadaku pada waktu perang Yamamah, ketika itu Umar disampingnya.

Abu Bakr berkata bahwasanya Umar mendatangiku dan mengatakan; Sesungguhnya perang Yamamah telah berkecamuk (menimpa) para sahabat, dan aku khawatir akan menimpa para penghafal Qur'an di negeri-negeri lainnya sehingga banyak yang gugur dari mereka kecuali engkau memerintahkan pengumpulan (pendokumentasian) al Qur`an.

Abu Bakar berkata kepada Umar; Bagaimana aku mengerjakan suatu proyek yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?

Umar menjawab; Demi Allah hal itu adalah sesuatu yang baik.
Ia terus mengulangi hal itu sampai Allah melapangkan dadaku sebagaimana melapangkan dada Umar dan aku sependapat dengannya.

Zaid berkata; Abu Bakar berkata; -pada waktu itu disampingnya ada Umar sedang duduk, dan dia tidak berkata apa-apa.- Sesungguhnya kamu adalah pemuda yang cerdas, kami tidak meragukanmu, dan kamu juga menulis wahyu untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, karena itu kumpulkanlah al Qur'an (dengan seksama).

Zaid berkata; Demi Allah, seandainya mereka menyuruhku untuk memindahkan gunung dari gunung-gunung yang ada, maka hal itu tidak lebih berat bagiku dari pada (pengumpulan atau pendokumentasian al Qur'an). kenapa kalian mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?

Abu Bakar menjawab; Demi Allah hal itu adalah baik. Aku pun terus mengulanginya, sehingga Allah melapangkan dadaku sebagaimana melapangkan dada keduanya (Abu Bakar dan Umar).

Lalu aku kumpulkan al Qur'an (yang ditulis) pada kulit, pelepah kurma, dan batu putih lunak, juga dada (hafalan) para sahabat.

Hingga aku mendapatkan dua ayat dari surat Taubah berada pada Khuzaimah yang tidak aku temukan pada sahabat mana pun. Yaitu ayat: Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung. (9: 128-129).

Dan mushaf yang telah aku kumpulkan itu berada pada Abu Bakr hingga dia wafat, kemudian berada pada Umar hingga dia wafat, setelah itu berada pada Hafshah putri Umar.

Diriwiyatkan pula oleh 'Utsman bin 'Umar dan Al Laits dari Yunus dari Ibnu Syihab; Al Laits berkata; Telah menceritakan kepadaku 'Abdur Rahman bin Khalid dari Ibnu Syihab; dia berkata; ada pada Abu Huzaimah Al Anshari. Sedang Musa berkata; Dari Ibrahim Telah menceritakan kepada kami Ibnu Syihab; 'Ada pada Abu Khuzaimah.' Juga diriwayatkan oleh Ya'qub bin Ibrahim dari Bapaknya.
Abu Tsabit berkata; Telah menceritakan kepada kami Ibrahim dia berkata; 'Ada pada Khuzaimah atau Abu Khuzaimah.
~~~~~~~~~~~~

PINK : Ternyata KLAIM banyak muslim yang hafal ayat al quran perlu dipertanyakan kebenarannya
Kemampuan bahasa para tukang plintir memang memprihatinkan ya Sha, lihat yang bold Sha!

bobo

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik