FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Tuhan yang membiarkan kesalahan

Halaman 2 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by isaku on Wed Sep 23, 2015 6:21 pm

First topic message reminder :

Masih seputar Abraham. Abraham oleh Sara diminta mengusir Hagar dan anaknya sehubungan dengan waris.

Kej 21:10
Berkatalah Sara kepada Abraham: "Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak."




Padahal Tuhan sendiri sudah bikin aturan:


Ulangan 21:15
"Apabila seorang mempunyai dua orang isteri, yang seorang dicintai dan yang lain tidak dicintainya, dan mereka melahirkan anak-anak lelaki baginya, baik isteri yang dicintai maupun isteri yang tidak dicintai, dan anak sulung adalah dari isteri yang tidak dicintai,

21:16
maka pada waktu ia membagi warisan harta kepunyaannya kepada anak-anaknya itu, tidaklah boleh ia memberikan bagian anak sulung kepada anak dari isteri yang dicintai merugikan anak dari isteri yang tidak dicintai, yang adalah anak sulung.

21:17
Tetapi ia harus mengakui anak yang sulung, anak dari isteri yang tidak dicintai itu, dengan memberikan kepadanya dua bagian dari segala kepunyaannya, sebab dialah kegagahannya yang pertama-tama: dialah yang empunya hak kesulungan."




Bagaimana reaksi Tuhan kepada Abraham:

Kej 21:12
Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.




Yup, Tuhan membiarkan terjadinya sebuah kesalahan. ehmm



isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down


Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 28, 2015 7:12 am

RHCP wrote:Sejak kapan yg maksud anak sulung itu, harus lahir dari istri pertama??

janjinya kan ke abraham (dan sara)
anak sulung mereka kan ishak

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 28, 2015 7:13 am

frontline defender wrote:nice info

gak ada yang salah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by isaku on Mon Sep 28, 2015 9:50 am

SEGOROWEDI wrote:
RHCP wrote:Sejak kapan yg maksud anak sulung itu, harus lahir dari istri pertama??

janjinya kan ke abraham (dan sara)
anak sulung mereka kan ishak
fokus om... ini tentang waris, Sara tidak mau Ishak berbagi warisan dengan Ismail, dan diiyakan tuhan, disisi lain tuhan melanggar perintahnya sendiri

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 28, 2015 10:20 am


apa Tuhan menganggap hagar isteri abraham?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by frontline defender on Mon Sep 28, 2015 11:13 am

tentu saja, kecuali tentunya kalau Kej 16:3 diinspirasikan oleh setan!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 30, 2015 8:34 am


itukan ide sara..
bukan kehendak Tuhan
kok Tuhan kamu bilang salah??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by Syalom aleykhem on Wed Sep 30, 2015 5:47 pm

frontline defender wrote:Ulangan 21:16-17. maka pada waktu ia membagi warisan harta kepunyaannya kepada anak-anaknya itu, tidaklah boleh ia memberikan bagian anak sulung kepada anak dari isteri yang dicintai merugikan anak dari isteri yang tidak dicintai, yang adalah anak sulung. Tetapi ia harus mengakui anak yang sulung, anak dari isteri yang tidak dicintai itu, dengan memberikan kepadanya dua bagian dari segala kepunyaannya, sebab dialah kegagahannya yang pertama-tama: dialah yang empunya hak kesulungan."

vs.

Kejadian 21:10. Berkatalah Sara kepada Abraham: "Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak."


jelas ini merupakan bukti dari adanya editan Yahudi!2 good  
udah beda konteks koq versus
paling yahud nuduh ngedit, lihat saja sejarah penulisan/pewarisan alquran anda

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by Syalom aleykhem on Wed Sep 30, 2015 5:50 pm

RHCP wrote:Sejak kapan yg maksud anak sulung itu, harus lahir dari istri pertama??
Abraham memiliki keturuanan dari 3 istri, Sara, Hagar & Ketura

dalam Alkitab yang dipilih Allah sebagai anak perjanjian / "sulung" adalah Isak

bahkan terkonfirmasi sendiri dengan ...
Al~Qur'an menyebut "garis kenabian" adalah Ibrahim, Ishak dan Ya'qub (Q.S. 12:38 Q.S. 19:49, Q.S. 29:27), pertanyaannya....
dimana Ismail ditempatkan?
Dimana keturunan Ismail ditempatkan?
Mengapa hanya keturunan Ishak (yaitu Ya'qub) yang disebut, adakah anak-anak Ismail disebutkan?



Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by frontline defender on Thu Oct 01, 2015 11:16 am

SEGOROWEDI wrote:itukan ide sara..
bukan kehendak Tuhan
kok Tuhan kamu bilang salah??
ide Sara yang direstui Tuhan, karena itulah tertulis "untuk dijadikan istrinya", bukan "untuk dizinahi"!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Thu Oct 01, 2015 2:18 pm


itu maunya sarai..
bawa aja ke sini kalau Tuhan pernah menyebutnya 'isteri'
mana?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by frontline defender on Thu Oct 01, 2015 5:35 pm

ya kamu itu yang bawa sini, kalau ada azab rajam ataupun semacamnya, kepada Abraham maupun Sarah! mana?
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by RHCP on Thu Oct 01, 2015 9:00 pm

Syalom aleykhem wrote:
RHCP wrote:Sejak kapan yg maksud anak sulung itu, harus lahir dari istri pertama??
Abraham memiliki keturuanan dari 3 istri, Sara, Hagar & Ketura

dalam Alkitab yang dipilih Allah sebagai anak perjanjian / "sulung" adalah Isak

bahkan terkonfirmasi sendiri dengan ...
Al~Qur'an menyebut "garis kenabian" adalah Ibrahim, Ishak dan Ya'qub (Q.S. 12:38 Q.S. 19:49, Q.S. 29:27), pertanyaannya....
dimana Ismail ditempatkan?
Dimana keturunan Ismail ditempatkan?
Mengapa hanya keturunan Ishak (yaitu Ya'qub) yang disebut, adakah anak-anak Ismail disebutkan?

QS Ash Shaafat 99-112
99. ”Dan Ibrahim berkata: “Sesungguhnya aku akan pergi menghadap kepada Tuhanku, Dia akan memberi petunjuk kepadaku.”
100. ”Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.”
101. ”Maka Kami beri dia kabar gembira dengan seorang ANAK yang amat SABAR.”
102. ”Maka tatkala anak itu sampai (pada usia sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Wahai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku sedang menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang SABAR”.
103. ”Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya)”,
104. ”Dan kami panggil dia: “Wahai Ibrahim!”
105. ”Sesungguhnya engkau telah membenarkan mimpi itu. Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik”.
106. ”Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata”.
107. ”Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar”.
108. ”Dan Kami tinggalkan (abadikan) untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian”.
109. (yaitu) “Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim”.
110. ”Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik”.
111. ”Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman”.
112. “Dan Kami beri dia kabar gembira dengan kelahiran Ishaq seorang Nabi yang termasuk orang-orang yang SALEH”
Ibrahim as. telah berdoa kepada Allah agar diberikan ANAK SALEH, tapi Allah menganugerahinya dengan ANAK yang SABAR. Anak yang SABAR itulah yang akan dikorbankan.

Inilah ciri2 nabi Ismail, yaitu SABAR.
”Dan (ingatlah kisah) ISMAIL, Idris, dan Zulkifli, semua mereka termasuk orang2 SABAR (QS Al-Anbiya :85)
Setelah peristiwa itu, barulah kemudian Ibrahim as. dianugerahi ANAK SALEH yang bernama Ishaq. Al Quran memang tdk sebut langsung nama anak yg akan disembelih, tapi sebut nama Ishak, anak yg lahir setelah peristiwa tsb. Jadi jelas sudah bahwa anak yang dikorbankan itu bukan Ishaq.
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 02, 2015 6:47 am

frontline defender wrote:ya kamu itu yang bawa sini, kalau ada azab rajam ataupun semacamnya, kepada Abraham maupun Sarah! mana?

waduh..
lari ke tajam, kapan ada hukum itu?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 02, 2015 6:52 am

RHCP wrote:QS Ash Shaafat 99-112
99. ”Dan Ibrahim berkata: “Sesungguhnya aku akan pergi menghadap kepada Tuhanku, Dia akan memberi petunjuk kepadaku.”
100. ”Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.”
101. ”Maka Kami beri dia kabar gembira dengan seorang ANAK yang amat SABAR.”
102. ”Maka tatkala anak itu sampai (pada usia sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Wahai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku sedang menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang SABAR”.
103. ”Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya)”,
104. ”Dan kami panggil dia: “Wahai Ibrahim!”
105. ”Sesungguhnya engkau telah membenarkan mimpi itu. Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik”.
106. ”Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata”.
107. ”Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar”.
108. ”Dan Kami tinggalkan (abadikan) untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian”.
109. (yaitu) “Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim”.
110. ”Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik”.
111. ”Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman”.
112. “Dan Kami beri dia kabar gembira dengan kelahiran Ishaq seorang Nabi yang termasuk orang-orang yang SALEH”
.

kok gak ada nama ismail
kok gak ada nama hagar
kok gak ada nama/jenis hewan pengganti

ada/tidak JANJI Tuhan pada abraham?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by frontline defender on Fri Oct 02, 2015 2:48 pm

SEGOROWEDI wrote:
frontline defender wrote:ya kamu itu yang bawa sini, kalau ada azab rajam ataupun semacamnya, kepada Abraham maupun Sarah! mana?
waduh..
lari ke tajam, kapan  ada hukum itu?
lha perkawinan Abraham dengan Hagar direstui Tuhan apa nggak? kalau nggak, kenapa otak & pelakunya nggak dihukum?
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 02, 2015 3:39 pm


dikenakan hukum apa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by RHCP on Fri Oct 02, 2015 4:15 pm

SEGOROWEDI wrote:
kok gak ada nama ismail
kok gak ada nama hagar
kok gak ada nama/jenis hewan pengganti

ada/tidak JANJI Tuhan pada abraham?


Kok ada nama Ibrahim?
Kok ada kabar gembira tentang ANAK SABAR?
Kok ada mimpi Ibrahim menyembelih anak yang SABAR?
Kok ada persitiwa penyembelihan yang ditebus dengan seekor sembelihan yang besar?
Kok ada kabar gembira tentang ANAK SALEH bernama Ishaq?
Kok ada pujian kepada Ibrahim berupa “Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim”?
Kok salam sejahtera atas Ibrahim tsb BISA lestari sampe sekarang (oleh islam)?
Kok peristiwa penyembelihan itu BISA lestari sampe sekarang (oleh islam)?
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 02, 2015 4:51 pm

RHCP wrote:
SEGOROWEDI wrote:
kok gak ada nama ismail
kok gak ada nama hagar
kok gak ada nama/jenis hewan pengganti

ada/tidak JANJI Tuhan pada abraham?


Kok ada nama Ibrahim?
Kok ada kabar gembira tentang ANAK SABAR?
Kok ada mimpi Ibrahim menyembelih anak yang SABAR?
Kok ada persitiwa penyembelihan yang ditebus dengan seekor sembelihan yang besar?
Kok ada kabar gembira tentang ANAK SALEH bernama Ishaq?
Kok ada pujian kepada Ibrahim berupa “Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim”?
Kok salam sejahtera atas Ibrahim tsb BISA lestari sampe sekarang (oleh islam)?
Kok peristiwa penyembelihan itu BISA lestari sampe sekarang (oleh islam)?

gak ada janji Tuhan ya?
tiba-tiba mimpi menyembelh anak, langsung sembelih gitu?

aneh,,
katanya yang disembelih ismail, tapi gak ada namanya..

sebelihan besarnya apaaaaaaa?? kok sampai hari ini diperingati dengan membabi buta
sapi, kerbau, kambing, domba, onta, dll. dibantai masal

justeru itu aneh..
yahudi sebagai pemilik kisah tersebut aja gak memperingati..
pencontek malah maksa suruh meringati

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 02, 2015 4:56 pm

100. ”Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.”
101. ”Maka Kami beri dia kabar gembira dengan seorang ANAK yang amat SABAR.”


dimintai anak soleh, kok diberi si sabar
denger doanya kagak seh?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 02, 2015 4:59 pm

102. ”Maka tatkala anak itu sampai (pada usia sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Wahai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku sedang menyembelihmu.

hadeeh..
hanya karena mimpi anak disembelih
bapak apaan itu?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 02, 2015 5:01 pm

Maka pikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang SABAR”.

lah..
malah mbingungi tanya ke si bocah
malah si bocah yang beriman
piye to pak?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 02, 2015 5:04 pm

104. ”Dan kami panggil dia: “Wahai Ibrahim!”
105. ”Sesungguhnya engkau telah membenarkan mimpi itu. Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik”.


- siapa 'kami' di situ?
- lha kalau setiap impian dilakukan bener, apa gak kacau?
mosok malah dibilang baik, hadeh..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 02, 2015 5:06 pm

107. ”Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar”.

hewan apaaaaaaa itu?
omong yang jelas dong, biar gak sembarang hewan kini jadi sasaran pembantaian keji..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 02, 2015 5:09 pm

111. ”Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman”.

iman yang manaaaaa?
lha wong hanya mimpi, justeru berbahaya orang seperti ini
impian dipraktekkan di dunia nyata

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by RHCP on Fri Oct 02, 2015 7:08 pm

kedung mode on
"WEDI frustrasi"
kedung mode off

Wakakakakakak.......
ngakak
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan yang membiarkan kesalahan

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik