FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

puasa

Halaman 2 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

puasa

Post by gyojo on Fri Jun 19, 2015 8:56 pm

First topic message reminder :

Ass wr, wb
Sepengetahuan sy ada seorang ulama berkata bagi yg menjalankan ibadah puasa tdk diperbolehkan untuk berenang. Apakah benar seperti itu ?
Lalu apa sesungguhnya makna dan tujuan menjalankan puasa ?

gyojo
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 33
Posts : 145
Kepercayaan : Budha
Location : jakarta
Join date : 05.06.15
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down


Re: puasa

Post by aliumar on Mon Jun 22, 2015 1:07 pm

Adapun suntik atau infus jenis kedua, yaitu yang ditujukan untuk menguatkan badan atau sebagai pengganti makan saat pasien tidak diperkenankan mengkonsumsi makanan, para ulama kontemporer berbeda pendapat mengenai hukumnya apakah membatalkan puasa atau tidak?

Para ulama kontemporer berbeda pendapat dalam masalah ini menjadi dua pendapat :

Pendapat pertama menyatakan bahwa infus tidak membatalkan puasa. Alasannya karena masuknya cairan infus tersebut tidak melalui manfadz (lubang pada tubuh) terbuka yang alami, masuknya hanya lewat pori-pori tubuh, jadi tidak membatalkan puasa, bahkan sebenarnya cairan tersebut tidak masuk kedalam jauf, sedangkan sesuatu yang membatalkan puasa itu kalau sampai masuk kedalam jauf, yang dimaksud dengan jauf menurut pengertian ulama' adalah lambung.

Pendapat kedua menyatakan menyatakan bahwa cairan infus yang dimasukkan ke dalam tubuh membatalkan puasa. Alasannya dikarenakan cairan infus apabila berfungsi menggantikan makanan dan minuman, maka hukumnya sama dengan makanan dan minuman, karena salah satu perkara yang membatalkan puasa adalah makan dan minum saat puasa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan bahwa orang-orang sakit yang menggunakannya mampu bertahan berhari-hari bahkan berminggu-minggu tanpa makan dan minum. Ini menunjukkan bahwa infus sama hukumnya dengan makanan dan minuman yang membatalkan puasa.

Nah pendapat/pandangan ulama yg mana yg memakai afala ta'qiluun, dan yg mana yg TIDAK memakai afala ta'qiluun?

Ga bisa jawab loe yee, hahaha....


aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by mutiiiara on Tue Jun 23, 2015 5:38 am

@salapanbelas maret wrote:
@mutiiiara wrote:

@atas, Quran itu sudah final, dan tak sembarang manusia yang menerima wahyu itu,hanya nabi.
Jadi tak ada itu bisikan hati, yang bertentangan dengan Quran asalnya dari jin iblis yang menghasut berusaha menyesatkan.

Ah yg ngomong gitukan cuma ente, buktinya Alloh juga ngasih wahyu sama lebah, apah LEBAH ITU JUGA NABI ?

mana buktinya? gak usah ngarang2 loe.

ttg puasa,intinya bukan pengendalian diri saja, tapu perintah ibadah dari Allah itu pasti selain manfaat rohaniahnya juga ada manfaat jasmaniahnya. puasa wajib sebulan sekali selama setahun,yakni di bulan Ramadan ini adalah untuk mengistirahatkan lambung dan alat pencernaan secara keseluruhan dll.

sama seperti perintah ibadah Sholat, selain adanya manfaat dari segi rohani,juga ada manfaatnya dari segi jasmani.
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1066
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by aliumar on Tue Jun 23, 2015 2:26 pm

mana buktinya? gak usah ngarang2 loe.
Satu lagi muslim yg ketauan quran nya cuma dipake buat sok2an komat-kamit bhs arab doang tanpa dimengerti.

An nahl 68. Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia",

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by mutiiiara on Wed Jun 24, 2015 12:53 am

itu pada saat Nabi BELUM wafat....

bukan seperti sekarang, begitu nabi sudah wafat maka sudah final,tak ada wahyu lagi,tak ada firman tuhan yg baru lagi.

lagian terjemahan wahyu disitu lebih tepat disebut sunatullah,yakni perintah Allah,bukan wahyu,tapi sunatullah, perintah Allah ttg HUKUM ALAM.
seluruh alam semesta ini,matahari,air,angin, dll semuaaanya diperintahkan Allah untuk menjalani sunatullah/hukum alam sehingga tidak kocar-kacir bertindak semaunya sendiri tapi berjalan sesuai sunatullah,tertib, air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah,matahari panas dll

sehingga alam bisa berjalan teratur, bahkan setiap helai daun gugur pun itu atas perintah dan rencana Allah.
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1066
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by aliumar on Wed Jun 24, 2015 1:54 pm

tetap saja salah pernyataan kamu yg bilang kalau yg menerima wahyu HANYA nabi. Karena lebah pun ternyata menerima wahyu juga.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by isaku on Wed Jun 24, 2015 2:07 pm

G juga..

yg salah itu yang asbun/ g teliti karena yg dimaksud adalah manusia :)


mutiara said :"@atas, Quran itu sudah final, dan tak sembarang manusia yang menerima wahyu itu,hanya nabi."

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by aliumar on Wed Jun 24, 2015 4:35 pm

Adapun suntik atau infus jenis kedua, yaitu yang ditujukan untuk menguatkan badan atau sebagai pengganti makan saat pasien tidak diperkenankan mengkonsumsi makanan, para ulama kontemporer berbeda pendapat mengenai hukumnya apakah membatalkan puasa atau tidak?

Para ulama kontemporer berbeda pendapat dalam masalah ini menjadi dua pendapat :

Pendapat pertama menyatakan bahwa infus tidak membatalkan puasa. Alasannya karena masuknya cairan infus tersebut tidak melalui manfadz (lubang pada tubuh) terbuka yang alami, masuknya hanya lewat pori-pori tubuh, jadi tidak membatalkan puasa, bahkan sebenarnya cairan tersebut tidak masuk kedalam jauf, sedangkan sesuatu yang membatalkan puasa itu kalau sampai masuk kedalam jauf, yang dimaksud dengan jauf menurut pengertian ulama' adalah lambung.

Pendapat kedua menyatakan menyatakan bahwa cairan infus yang dimasukkan ke dalam tubuh membatalkan puasa. Alasannya dikarenakan cairan infus apabila berfungsi menggantikan makanan dan minuman, maka hukumnya sama dengan makanan dan minuman, karena salah satu perkara yang membatalkan puasa adalah makan dan minum saat puasa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan bahwa orang-orang sakit yang menggunakannya mampu bertahan berhari-hari bahkan berminggu-minggu tanpa makan dan minum. Ini menunjukkan bahwa infus sama hukumnya dengan makanan dan minuman yang membatalkan puasa.

Nah pendapat/pandangan ulama yg mana yg memakai afala ta'qiluun, dan yg mana yg TIDAK memakai afala ta'qiluun?


Ga bisa jawab loe yee....hahaha.....

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by Syalom aleykhem on Wed Jun 24, 2015 11:29 pm

@musicman wrote:@gjoyo
Jika begitu berpuasa itu bertujuan untuk tdk makan dan minum kah ?
Tidak Makan minum bukan tujuan berpuasa, tapi salah satu bukti saja bagaimana Nafsu manusia bisa ditundukan.

Menahan marah, tidak berdusta misalnya ..
kalau sudah diproteksi, bahkan secara paksa tutup tempat makan/minum, maknanya apa ?
padahal mungkin tanpa harus diproteksi krn ini menyangkut pilihan iman menahan nafsu (ibadah puasa)

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by mutiiiara on Thu Jun 25, 2015 12:44 am

ttg suntik vitamin, infus dll itu perlu dipahami ttg tujuan orang puasa, yakni dr segi jasmani mengistirahatkan lambung dan alat pencernaan lainnya, serta memahami rasa lapar dan dahaga,jadi percuma kl memasukkan vitamin infus dg cara apapun ke tubuh ketika puasa. Hindari yg ragu2.


ttt penutupan warung restoran selama SIANG hari selama bulan puasa, ini sebenarnya sama seperti pembatasan2 aktifitas selama nyepi di Bali.
karena ibadah itu membutuhkan LINGKUNGAN yang KONDUSIF supaya bisa khusuk ibadahnya.

dlm hal ini terutama untuk anak-anak dan mualaf yang baru belajar puasa, kan kasihan kalau tiap berangkat sekolah atau pulang kerja melewati warung restoran yang buka menggoda selera.

intinya toleransi, dan demi lingkungan yg kondusif.
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1066
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by Syalom aleykhem on Thu Jun 25, 2015 1:00 am

@mutiiiara wrote:ttg suntik vitamin, infus dll itu perlu dipahami ttg tujuan orang puasa, yakni dr segi jasmani mengistirahatkan lambung dan alat pencernaan lainnya, serta memahami rasa lapar dan dahaga,jadi percuma kl memasukkan vitamin infus dg cara apapun ke tubuh ketika puasa. Hindari yg ragu2.


ttt penutupan warung restoran selama SIANG hari selama bulan puasa, ini sebenarnya sama seperti pembatasan2 aktifitas selama nyepi di Bali.
karena ibadah itu membutuhkan LINGKUNGAN yang KONDUSIF supaya bisa khusuk ibadahnya.

dlm hal ini terutama untuk anak-anak dan mualaf yang baru belajar puasa, kan kasihan kalau tiap berangkat sekolah atau pulang kerja melewati warung restoran yang buka menggoda selera.

intinya toleransi, dan demi lingkungan yg kondusif.
yg gak puasa jga tahu arti toleransi, kalau konteks ibadahnya soal nahan nafsu sudah diproteksi/apalagi secara paksa, ya biasa saja tuh, gk ada yg special


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by mutiiiara on Thu Jun 25, 2015 1:04 am

nahan nafsu gak cuma nahan makan,nahan lapar saja tapi juga menahan nafsu bergunjing, menggosip,ghibah,menahan marah, nahan emosi dll.

avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1066
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by isaku on Thu Jun 25, 2015 9:08 am

@aliumar wrote:Nah pendapat/pandangan ulama yg mana yg memakai afala ta'qiluun, dan yg mana yg TIDAK memakai afala ta'qiluun?


Ga bisa jawab loe yee....hahaha.....
2-2nya pake, yg g pake yg nanya piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by aliumar on Fri Jun 26, 2015 12:41 pm

2-2nya pake
kalau 2-2 nya pake, koq bisa ya menghasilkan kesimpulan yg saling bertentangan (yg satu menyimpulkan: batal, yg satu lagi menyimpulkan: TIDAK batal) ?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 26, 2015 1:27 pm


siapa yang nyuruh puasa?
sebab sejak adam sampai isa, Tuhan gak pernah nyuruh puasa

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by isaku on Fri Jun 26, 2015 1:51 pm

@aliumar wrote:
2-2nya pake
kalau 2-2 nya pake, koq bisa ya menghasilkan kesimpulan yg saling bertentangan (yg satu menyimpulkan: batal, yg satu lagi menyimpulkan: TIDAK batal) ?
kenapa g bisa?

@SEGOROWEDI wrote:
siapa yang nyuruh puasa?
sebab sejak adam sampai isa, Tuhan gak pernah nyuruh puasa
Baca bibblenya om

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 26, 2015 1:54 pm

@isaku wrote:
@SEGOROWEDI wrote:I"]
siapa yang nyuruh puasa?
sebab sejak adam sampai isa, Tuhan gak pernah nyuruh puasa
Baca bibblenya om

gak pernah ada Tuhan nyuruh puasa..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by isaku on Fri Jun 26, 2015 2:10 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@isaku wrote:
@SEGOROWEDI wrote:I"]
siapa yang nyuruh puasa?
sebab sejak adam sampai isa, Tuhan gak pernah nyuruh puasa
Baca bibblenya om

gak pernah ada Tuhan nyuruh puasa..
Bible itu tidak bicara ttg Tuhan ya? apa setan?

Bilangan 29:7
Pada hari yang kesepuluh bulan yang ketujuh itu haruslah kamu mengadakan pertemuan yang kudus dan merendahkan dirimu dengan berpuasa, maka tidak boleh kamu melakukan sesuatu pekerjaan.

Luk 2:36 Lagipula di situ ada Hana, seorang nabi perempuan, anak Fanuel dari suku Asyer. Ia sudah sangat lanjut umurnya. Sesudah kawin ia hidup tujuh tahun lamanya bersama suaminya,
2:37 dan sekarang ia janda dan berumur delapan puluh empat tahun. Ia tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa.

KPR 27:9 Sementara itu sudah banyak waktu yang hilang. Waktu puasa sudah lampau dan sudah berbahaya untuk melanjutkan pelayaran. Sebab itu Paulus memperingatkan mereka, katanya:



Pak Paul aja tau ada waktu puasa, umatnya malah g tau ehmm

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 26, 2015 2:24 pm


puasa 30 hari seperti yang kalian lakukan itu lhoo..
kapan Tuhan pernah nyuruh???

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by isaku on Fri Jun 26, 2015 2:52 pm

Udah kepentok aja ngeles.

jangankan 30hari, Yesus sama Musa malah puasa 40 hari

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 26, 2015 2:55 pm


Yesus nyuruh puasa 40 hari 40 malam kagak??
tanpa makan dan minum lho..
bukan cuman mindah jam makan kek yang kalian lakukan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by isaku on Fri Jun 26, 2015 3:33 pm

Kalian aja g ngikuti Yesus, kok ngatur2 kita.



Ok lah kalian sebetulnya pengikut paulus, lha paulus aja ada waktu puasa, kalian???

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 26, 2015 3:44 pm


ayo jawab..
SIAPA YANG NYURUH PUASA 30 HARI??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by isaku on Fri Jun 26, 2015 3:49 pm

AlBaqarah 183

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 26, 2015 3:54 pm

padahal Tuhan sejak jaman Adam sampai Isa gak pernah nyuruh,,
lalu siapa yang nyuruh puasa di albaqarah 183 itu??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by isaku on Fri Jun 26, 2015 3:58 pm

Yang tidak pernah disuruh Tuhan itu adalah menyembah manusia, dari Adam sampai Muhammad, tak satupun disuruh menyembah manusia.

Kalau puasa, Musa, Yesus sampai Muhammad semua berpuasa.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: puasa

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik