FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Diskriminasi Tuhan Islam

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Diskriminasi Tuhan Islam

Post by aliumar on Thu Apr 23, 2015 11:33 pm

First topic message reminder :

Ada beberapa pembunuhan yang tidak diqishash (tidak dibalas bunuh), yaitu sebagai berikut:

1. Jika seorang ayah membunuh anaknya.
Jumhur ulama berpendapat bahwa ayah tidak dibunuh karena pembunuhannya terhadap anaknya sendiri. Ini diriwayatkan dengan shahîh dari ‘Umar Radhiyallahu 'anhu, dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda:


"Seorang ayah tidak boleh dibunuh dengan sebab membunuh ayahnya." [13] لاَ يُقْتَلُ الْوَالِدُ بِالْوَلَدِ.

Hadits tentang hal ini diriwayatkan dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dari banyak jalan dan pada sanad-sanadnya ada pembicaraan.

2. Jika orang merdeka membunuh budak.
Sebagian besar ulama berpendapat bahwa orang merdeka yang membunuh budak tidak dibunuh karena pembunuhannya itu.

Para ulama telah bersepakat bahwa tidak ada qishash diantara para budak dan orang-orang merdeka dalam penderaan organ tubuh. Ini menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan firman Allah Ta’ala "nyawa (dibalas) dengan nyawa" -Qs. al-Mâ`idah/5 ayat 45-, ialah nyawa orang-orang merdeka, karena setelah ayat tersebut dilanjutkan dengan penyebutan qishash pada organ tubuh, yang hanya diberlakukan khusus untuk orang merdeka[14]. Wallahu a’lam.

3. Orang muslim membunuh orang kafir.
Jika yang dibunuh adalah kafir harbi (orang kafir yang memerangi kaum muslimin), maka ia tidak dibunuh (qishash) tanpa ada perbedaan pendapat di antara ulama. Karena tidak diragukan lagi membunuh kafir harbi itu dibolehkan. Jika yang dibunuh itu kafir dzimmi (orang kafir yang berada dalam lindungan Islam dengan membayar jizyah) dan kafir mu’ahad (orang kafir yang terikat perdamaian dengan kaum muslimin), maka jumhur ulama berpendapat bahwa orang muslim tidak dibunuh (tidak diqishash) karena membunuh orang-orang kafir seperti itu. Berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam:


"Orang muslim tidak dibunuh karena membunuh orang kafir".[15] لاَ يُقْتَلُ مُسْلِمٌ بِكَافِرٍ.

Catatan kaki:

[13]. Shahîh. HR. Ibnu Mâjah (no. 2662) dishahîhkan oleh Syaikh al-Albâni dalam Irwâ`ul Ghaliil (no. 2214).
[14]. Lihat Jâmi’ul ‘Ulûm wal-Hikam (I/316).
[15]. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 111, 1870, 3047, 3172, 3179, 6755, 6903, 6915, 7300), at-Tirmidzi (no. 1412), dan an-Nasâ`i (VIII/23-24) dari Sahabat ‘Ali bin Abi Thâlib Radhiyallahu 'anhu.

Imam Syafi’i berpendapat, “Hendaknya pihak korban itu orang merdeka (bukan budak), dan ada kesamaan darah antara keduanya (misalnya sama-sama orang merdeka) dalam qishas dan ganti rugi.” Jadi menurutnya apabila orang merdeka (bukan budak) membunuh budak, atau orang Muslim membunuh orang kafir, maka tidak ada hukuman qishas didalamnya. Ia menafsirkan hal ini dari QS. Al Baqarah:178 yang artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishaash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh; orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba, dan wanita dengan wanita.

Jadi kalau ada hamba yg dibunuh oleh orang merdeka--->org merdeka itu tidak di-qishas, krn bunyi ayat quran nya: "orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba" , BUKAN: "hamba dengan org merdeka"

Benar2 diskriminasi nan Islami, hahahaha........

Berdasarkan hadits shahih riwayat al Bukhari (6507), dari Ali ra., dari Rasulullah saw.: “Tidak dibunuh seorang mukmin karena membunuh orang kafir”. Dan berdasarkan firman Allah ta’alaa: dalam ayat qishos: “Merdeka dengan merdeka”. Dan dari Ali ra. ia berkata: menurut sunnah: Tidak dibunuh orang merdeka karena membunuh budak. Menurut hadits Abu Dawud (4517): Tidak dibunuh orang merdeka karena membunuh budak.

Imam Malik berpendapat bahwa orang merdeka tidak diqisas karena membunuh budak. Dalilnya adalah sabda Rasulullah SAW.

من السنة ان لايقتل حر بعبيد

“Di antara sunah adalah tidak membunuh orang merdeka karena membunuh budak”

Serta hadits riwayat Ibnu Abbas :

لايقتل حر بعبيد

“tidak dibunuh seorang merdeka karena (membunuh) budak”

Jadi dalil2 dari quran dan hadist shahih tsb saling menguatkan bukti adanya diskriminasi nan Islami, hahaha.....


Terakhir diubah oleh aliumar tanggal Tue Apr 28, 2015 5:23 pm, total 1 kali diubah

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down


Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Syalom aleykhem on Sat May 02, 2015 12:20 pm

standar "tidak baku" jga bisa diterapkan pd orang lain. tdk diskriminasi, sedangkan standar baku satu orang bisa beristri >4, lainnya tidak boleh. diskriminasi


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by frontline defender on Sat May 02, 2015 12:48 pm

standar "tidak baku" jga bisa diterapkan pd orang lain, gimana? kalau diterapkan ke orang lain, nanti kan terhitungnya zinah atau kalau nggak perbuatan homoseksual, tergantung orangnya!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6421
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 130

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Syalom aleykhem on Sat May 02, 2015 3:47 pm

soal dia mau berzina/dosa/tidak, tergantung orangnya. tidak ada diskriminasi
yang jadi persoalan standar bakunya satu oknum bisa ngawini > 4 wanita, lainnya tidak boleh. diskriminasi


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by frontline defender on Sun May 03, 2015 5:18 am

bagi orang yang melihat, orang yang terima servis tsb akan terlihat memfasilitasi perzinaan, kecuali kalau orang tsb adalah "satu oknum"!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6421
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 130

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Syalom aleykhem on Tue May 05, 2015 9:15 pm

maka pakai saja standar bakunya
satu oknum bisa ngawini > 4 wanita, lainnya tidak boleh. diskriminasi
istri status janda satu oknum tidak boleh nikah lagi, diluar itu boleh. diskriminasi

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by frontline defender on Wed May 06, 2015 7:01 pm

kalau perbedaan standar tidak baku saja diimani, berarti pernyataan diskriminasi terhadap perbedaan standar baku adalah pernyataan standar ganda/bermuka dua/muna!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6421
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 130

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Syalom aleykhem on Wed May 06, 2015 8:11 pm

standar tidak bakunya
satu oknum bisa ngawini > 4 wanita, lainnya juga boleh. tidak diskriminasi
istri status janda satu oknum tidak boleh nikah lagi, diluar itu tidak boleh juga . tidak diskriminasi

sedangkan standar bakunya
satu oknum bisa ngawini > 4 wanita, lainnya tidak boleh. diskriminasi
istri status janda satu oknum tidak boleh nikah lagi, diluar itu boleh. diskriminasi


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by frontline defender on Wed May 06, 2015 10:23 pm

yang kamu sebut dengan "standar tidak baku" pada post #51 tadi kan standar terima servis pada post #48, & yang kamu sebut dengan "standar baku" tadi kan cuman yang standar poligami! gimana? kok lupa?
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6421
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 130

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Syalom aleykhem on Wed May 06, 2015 10:40 pm

tidak lupa, yang #57 penegasan
standar tidak bakunya
satu oknum bisa , orang lain juga bisa. tidak ada pengecualian = tidak diskriminasi

sedangkan standar bakunya ada pengecualian = diskriminasi
satu oknum bisa ngawini > 4 wanita, lainnya tidak boleh. diskriminasi
istri status janda satu oknum tidak boleh nikah lagi, diluar itu boleh. diskriminasi


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by frontline defender on Wed May 06, 2015 10:54 pm

@Syalom aleykhem wrote:standar tidak bakunya
satu oknum bisa , orang lain juga bisa. tidak ada pengecualian = tidak diskriminasi
lihat lagi post #52 & #54!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6421
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 130

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Syalom aleykhem on Wed May 06, 2015 10:56 pm


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by frontline defender on Wed May 06, 2015 11:06 pm

udah/masih terbantah dengan post #52 & #54!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6421
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 130

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Syalom aleykhem on Thu May 07, 2015 12:39 am

terima kasih atas bantahannya

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Mutiaraa on Sat May 09, 2015 12:15 pm

bukan diskriminasi jika Allah memilih satu manusia jadi nabi sedangkan manusia lainnya tidak jadi nabi,karena nabi itu sebagai contoh, dan contoh itu cukup 1, kalau semua jadi nabi,siapa yang jadi umatnya. kalau semua kaya,siapa yang akan menerima sedekahnumya,dll. dunia ini memang bukan surga,sehingga memang tak akan bisa sempurna,seperti kemauan komunis semua sama rata,sama kaya,tak akan pernah bisa karena adil itu justru bukan sama rata sama persis,tapi sesuai porsi masing-masing.
anak TK kok dikasih sepatu ukuran anak SMA ya ini justru tidak adil,karena meski sama besarnya,tapi justru sepatu itu tidak bisa dipakai oleh si anak tk.
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by childs north on Sat May 09, 2015 10:19 pm

dilarang punya harem >4 KECUALI muhammad saw BOLEH BERHAREM RIA > 4 bini & gundik
BENAR-BENAR DISKRIMINASI


childs north
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 19
Posts : 290
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 28.04.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Mutiaraa on Sat May 09, 2015 10:56 pm

mahluk sebodoh kamu mana ngerti, pelajari dulu kenapa nabi diberi tuhan perbedaan dg manusia biasa.

diupgrade otaknya,capek njelasin ke kafir idiot macam begini,biarlah kmatian saja yg jadi guru terbaikmu
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Mutiaraa on Sat May 09, 2015 10:57 pm

mahluk sebodoh kamu mana ngerti, pelajari dulu kenapa nabi diberi tuhan perbedaan dg manusia biasa.

diupgrade otaknya,capek njelasin ke kafir idiot macam begini,biarlah kmatian saja yg jadi guru terbaikmu
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by childs north on Sat May 09, 2015 11:24 pm

PENGECUALIAN itu salah satu INDIKASI DISKRIMINASI

childs north
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 19
Posts : 290
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 28.04.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Mutiaraa on Sat May 09, 2015 11:34 pm

apakah tuhanmu diskriminasi karena ada orang yg.kaya dan miskin?!
trus kenapa harus ada orang cantik dan orang.jelek?

mikiir....

semua itu ada hikmahnya ttt
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by childs north on Sat May 09, 2015 11:36 pm

@Mutiaraa wrote:mahluk sebodoh kamu mana ngerti, pelajari dulu kenapa nabi diberi tuhan perbedaan dg manusia biasa.

diupgrade otaknya,capek njelasin ke kafir idiot macam begini,biarlah kmatian saja yg jadi guru terbaikmu
jangan BODOH slimah, anda akan diperlakukan SLIMIN seperti ini :

Sahih Bukhari Volume 5, Book 59, Number 709 --

Diriwayatkan oleh Abu Bakra:
Selama hari-hari peperangan di Al-Jamal, Allah memberikan anugrah melalui sebuah kalimat yang aku dengar dari Nabi Allah setelah aku begabung dengan pasukan di Al-Jamal (pasukan ber-Unta) dan berperang bersama mereka. Ketika itu Nabi Allah diberitahu bahwa bangsa Persia telah mengangkat putri dari Khosrau sebagai pemimpin, Nabi Allah berkata,”Orang-orang yang dipimpin oleh wanita tidak akan pernah berhasil.”.

Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. meminta izin kepada kami pada giliran hari istri beliau yang lain setelah turun ayat: Kamu boleh menangguhkan menggauli siapa yang kamu kehendaki di antara mereka (istri-istrimu) dan (boleh pula) menggauli siapa yang kamu kehendaki. Mu`adzah bertanya kepada Aisyah: Lalu apa yang kamu katakan jika Rasulullah saw. meminta izinmu? Aisyah berkata: Aku jawab: Kalau itu giliranku, maka aku tidak akan mengutamakan orang lain atas diriku

Sahih Bukhari, Jilid 7, Hadis no.122, Riwayat Abu Huraira:
Nabi bersabda, "Jika seorang perempuan melalui waktu malam dengan meninggalkan katil suaminya (tidak tidur bersamanya), maka malaikat-malaikat akan melontar sumpahan mereka ke atasnya hingga dia kembali (kepada suaminya)."

Ibnu Mas'ud:

"Kami pernah berperang bersama Rasulullah s.a.w. sedang isteri-isteri kami tidak turut serta bersama kami, kemudian kami bertanya kepada Rasulullah, apakah boleh kami berkebiri? Maka Rasulullah s.a.w. melarang kami berbuat demikian dan memberikan rukhshah supaya kami kawin dengan perempuan dengan maskawin baju untuk satu waktu tertentu." (Riwayat Bukhari dan Muslim)

"Dari Saburah al-Juhani, sesungguhnya ia pernah berperang bersama Nabi s.a.w. dalam peperangan fat-hu Makkah, kemudian Nabi memberikan izin kepada mereka untuk kawin mut'ah. [HR. Muslim]


childs north
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 19
Posts : 290
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 28.04.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Mutiaraa on Sat May 09, 2015 11:41 pm

Oot lagi.

memang bukan kodrat wanita jadi pemimpin,itu lebih cocok dilakukn.laki, wanita lebih condong ke perasaan dan moody,itu gw.akui,dan.bukan.hal.yg mudah u jadi pemimpin itu,berat tanggung jawabnya.

nah jawab tuh, kenapa tuhan ciptakan orang kaya dan miskin,apa tuhan melakukan diskriminasi?!
jawab!
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by childs north on Sat May 09, 2015 11:42 pm

@Mutiaraa wrote:apakah tuhanmu diskriminasi karena ada orang yg.kaya dan miskin?!
trus kenapa harus ada orang cantik dan orang.jelek?

mikiir....

semua itu ada hikmahnya ttt
satu lagi ...
Q 4:34
Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita**, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang ta'at kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan PUKULLAH mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

konsekuensi sebab akibat cuman buat SLIMAH ...
SLIMINNYA ongkang2 kaki di kursy



childs north
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 19
Posts : 290
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 28.04.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by childs north on Sat May 09, 2015 11:44 pm

@Mutiaraa wrote:Oot lagi.

memang bukan kodrat wanita jadi pemimpin,itu lebih cocok dilakukn.laki, wanita lebih condong ke perasaan dan moody,itu gw.akui,dan.bukan.hal.yg mudah u jadi pemimpin itu,berat tanggung jawabnya.

nah jawab tuh, kenapa tuhan ciptakan orang kaya dan miskin,apa tuhan melakukan diskriminasi?!
jawab!
OOT apanya ? saya cuman bantu buka akal sehatmu atas perbuatan DISKRIMINASI ilahmu terhadap kaum HAWA
buka saja matamu yang dibodohi ilah-mu, lihat saja negara Inggris & Belanda pada makmur dipimpin oleh wanita

childs north
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 19
Posts : 290
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 28.04.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Mutiaraa on Sat May 09, 2015 11:56 pm

beda kodrat itu bukan diskriminasi....

memang cara mencapai surga wanita dan.lelaki itu beda, wanita cukup pauhi suami saja bisa masuk surga,nah lelaki hars berjihad, wajib cari nafkah untuk kluarga,jadi pemimpin pun berat bebannya.

nah pikir tuh, apakah tuhan.mencipta orang kaya dan miskin dll itu suatu diskriminasi?!

mikiiir....
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by childs north on Sun May 10, 2015 12:10 am

SLIMAH kafah sudah kehilangan AKAL SEHAT tetap pasrah dijadikan PROPERTI & BUDAK SEKS oleh kaum SLIMIN

Neng KAYA/MISKIN itu bukan diskriminasi TETAPI kalau Neng dijadikan PROPERTI & BUDAK SEKS oleh kaum SLIMIN itu namanya DISKRIMINASI, itulah ajaran ilah-mu


childs north
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 19
Posts : 290
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 28.04.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Tuhan Islam

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik