FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Halaman 3 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by Syalom aleykhem on Sat Apr 18, 2015 1:09 am

First topic message reminder :


ADA KESETARAAN LEGENDA SEVEN SLEEPERS DENGAN KISAH ASHHAB AL-KAHFI DALAM ALQURAN

Kisah legenda ”The Seven Sleepers of Efesus” bermula dari sebuah katakombe di Efesus. Kisah ini muncul untuk menarik peziarah datang ke Efesus


Saat versi kisah yang paling awal mulai tersebar dari kota Efesus, sebuah katakombe kuno dihubungkan dengannya, untuk menarik peziarah. Di lembah gunung Pion (Coelian) dekat Efesus (dekat kota Seljuk di Turki modern). Gua Seven Sleepers dengan reruntuhan gereja yang dibangun diatasnya digali ditahun 1927 – 28. Penggalian menghasilkan beberapa ratusan kuburan yang bertarik hingga abad ke 5 dan 6 masehi. Inskripsi yang ditujukan bagi Seven Sleepers ditemukan didinding gereja dan didalam kuburan

Katakombe sendiri adalah merupakan ruang bawah tanah yang digunakan untuk tempat penguburan sekaligus pengungsian sementara dan peribadatan.

Katakombe adalah kuburan kuno bawah tanah yang digunakan oleh Kristen dan Yahudi di Roma. Katakombe Kristen yang terbanyak, bermula diabad kedua hingga paruh pertama abad kelima. Awalnya katakombe digunakan sebagai tempat penguburan. Disini orang-orang Kristen berkumpul untuk melakukan ibadah penguburan, peringatan terhadap para martir dan mereka yang telah meninggal. Selama masa penganiayaan, dalam kasus-kasus luar biasa, katakombe digunakan sebagai tempat perlindungan sementara untuk pelaksanaan ekaristi.

Jadi dari sebuah katakombe terdapatlah elemen-elemen yang membentuk kisah legenda tersebut, yaitu :
1. Adalah tempat penguburan orang-orang Kristen yang dianggap suci
2. Adalah tempat pengungsian sementara saat masa penganiayaan

Catatan tertulis yang paling tua adalah dari versi Syria yang dilakukan oleh Jacob dari Seruq yang meninggal tahun 521 M.

Kisah legenda ini muncul dalam beberapa versi Syria sebelum era Gregory (538 M – 594 M.) Kisah itu diceritakan ulang oleh Symeon Metaphrastes (dalam bahasa Yunani). Kisah Seven Sleepers muncul dalam bentuk homily oleh penyair dari Edessa yaitu Yakob dari Saruq (meninggal 521 M), yang diterbitkan dalam Acta Sanctorus. Versi lain di abad ke 6, dalam tulisan Syria tersimpan di British Museum (Cat Syr. Mss, p. 1090), menyebutkan 8 orang

Kemudian diterjemahkan dalam bahasa Latin oleh Gregory dari Tours (538 M – 17 November 594). Tours sendiri adalah sebuah kota yang terletak di Perancis tengah

Kisah legenda dengan cepat mengalami difusi dalam abad-adab kekristenan, dipopulerkan dibarat oleh Gregory dari Tours, dalam koleksi mujizatnya di akhir abad ke enam, De Gloria Martyrum (Glory of The Martyrs). Gregory menyatakan bahwa dia memperoleh bahan legenda dari “seorang Syria”

Jadi kisah legenda ini sudah muncul sebelum era Muhammad SAW memulai dakwahnya di Mekah sekitar tahun 610 M yaitu :
- di Syria setidaknya sebelum tahun 521 M atau sekitar 90 tahun sebelum Muhammad SAW memulai dakwahnya
- di Perancis setidaknya sebelum tahun 594 M atau sekitar 16 tahun sebelum Muhammad SAW memulai dakwahnya.

Dan Muhammad SAW tercatat memang pernah melakukan perjalanan dagang ke Syria. Jadi karena sudah ada hubungan dagang antara Mekah dengan Syria maka tidaklah mengherankan jika kisah ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di semenanjung Arab


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down


Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by Syalom aleykhem on Wed Apr 22, 2015 9:34 am

dee-nee wrote:
Syalom aleykhem wrote:translate saja image di atas sumber linkmu

saya nerjemahin ga pake image kok ... kan udah diterjemahin sebagian di thread-nya bang zul

dah dibilang ... tenang saja
SAYA PASTI TERJEMAHKAN sesuai permintaan anda (tanpa image2an)

tapi .... akui dulu bahwa ""TULISAN TS MEMANG TANPA DALIL"

piss


justeru tidak dengan jujur anda menampilkan terjemahannya secarah utuh (lihat image di atas), sengaja tidak anda tampilkan

ini sumber yg saya peroleh

Kisah legenda ”The Seven Sleepers of Efesus” bermula dari sebuah katakombe di Efesus. Kisah ini muncul untuk menarik peziarah datang ke Efesus.
The career of the legend
As the earliest versions of the legend spread from Ephesus, an early Christian catacomb came to be associated with it, attracting pilgrims. On the slopes of Mount Pion (Mount Coelian) near Ephesus (near modern Selçuk in Turkey), the 'Grotto' of the Seven Sleepers with ruins of the church built over it was excavated in 1927-28. The excavation brought to light several hundred graves which were dated to the 5th and 6th centuries. Inscriptions dedicated to the Seven Sleepers were found on the walls of the church and in the graves.
Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Seven_Sleepers

Katakombe sendiri adalah merupakan ruang bawah tanah yang digunakan untuk tempat penguburan sekaligus pengungsian sementara dan peribadatan
The catacombs are the ancient underground cemeteries, used by the Christian and the Jewish communities, above all at Rome. The Christian catacombs, which are the most numerous, began in the second century and the excavating continued until the first half of the fifth.
In the beginning they were only burial places. Here the Christians gathered to celebrate their funeral rites, the anniversaries of the martyrs and of the dead. During the persecutions, in exceptional cases, the catacombs were used as places of momentary refuge for the celebration of the Eucharist
Sumber :
http://it.wikipedia.org/wiki/Catacombe

Catatan tertulis yang paling tua adalah dari versi Syria yang dilakukan oleh Jacob dari Seruq yang meninggal tahun 521 M
Syriac origins
The legend appeared in several Syriac sources before Gregory's lifetime. It was retold by Symeon Metaphrastes.The Seven Sleepers form the subject of a homily in verse by the Edessan poet Jacob of Saruq ('Sarugh') (died 521), which was published in the Acta Sanctorum. Another 6th century version, in a Syrian manuscript in the British Museum (Cat. Syr. Mss, p. 1090), gives eight sleepers.
Sumber : Ibid

Kemudian diterjemahkan dalam bahasa Latin oleh Gregory dari Tours (538 M – 17 November 594). Tours sendiri adalah sebuah kota yang terletak di Perancis tengah.
The legend rapidly attained a wide diffusion throughout Christendom, popularized in the West by Gregory of Tours, in his late 6th century collection of miracles, De gloria martyrum (Glory of the Martyrs). Gregory says that he had the legend from “a certain Syrian,“.
Sumber :
Encyclopedia Wikipedia
http://en.wikipedia.org/wiki/Seven_Sleepers

teks booknya ini :
bukajalan wrote:tambahan referensi teks book

Mar Ignatius Aphram I Barsoum, Kitab al-Lulu' al-Manthur fi Tarikh AI-Suryaniyyah. Diterjemahkan dalam Bahasa Inggris oleh Matti Mousa, The History of Syria, Literature and Sciences (Pueblo: Passdeglata Press, 2000).

Kisah ini menurut sumber-sumber Kristen Syria, dimuat dalam Mar Ignatius Zakka I 'Iwas, Ahl al-Kahfi al-Mashadir al-Suryaniyah. Dirasat Suryaniyah, IV (Aleppo: Al-Mathraniyat Yuhanna Ibrahim, 1980).

'Abdllah Yusuf 'Ali, Op. Cit, hlm, 709.

Shadeh Taufiq Hafiz, Dirasah Suryaniyah. Jilid IV (Kairo: Nahda Mishr lil Thaba'at wa al-Nasyr, 1993).

Al-Qur'an menyebut angka tahun 309, karena itu Hafiz menghitung "masa penganiayaan" tersebut mutat dari Kaisar Nero pada akhir abad pertama hingga Kaisar Teodosius II, yang kurang lebih 309 tahun. Lihat: Shadeh Tauflq Hafiz, Ibid, hlm, 13.

Majd al-Syuhada' dalam Mar Ignatius Zakka I 'lwas, Loc. Cit



Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by musicman on Wed Apr 22, 2015 11:01 am

@Syalom

Dan Muhammad SAW tercatat memang pernah melakukan perjalanan dagang ke Syria. Jadi karena sudah ada hubungan dagang antara Mekah dengan Syria maka tidaklah mengherankan jika kisah ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di semenanjung Arab

Perjalanan nabi ke Syiria atas nama Khadijah, saat beliau belum diangkat menjadi nabi. Tidak masuk akalnya adalah jika nabi tau tentang kisah ini sedari dulu, maka sudah pasti langsung dijawab saat itu juga ketika ditanya oleh para rabbi Yahudi mengenai kisah ini.

Tapi nabi tidak SPONTAN langsung menjawabnya saat itu ..


Ketika Nadr mengatakan hal tersebut kepada mereka, mereka mengirim dia
dan Uqbah bin Abu Muait kepada pendeta Yahudi di Medinah…. Sang
pendeta berkata, “Ajukanlah pertanyaan kepadanya tentang 3 hal yang
akan kami jelaskan kepada kalian, jika dia memberikan jawaban yang
benar, maka dia memang seorang nabi, tetapi jika dia tidak dapat
menjawabnya dengan benar, maka dia adalah seorang bajingan…

PERTANYAAN PERTAMA
Tanyakan kepadanya tentang ANAK-ANAK MUDA YANG MENGHILANG dimasa lalu


PERTANYAAN KEDUA
Tanyakanlah kepadanya tentang LAKI-LAKI PENGEMBARA AGUNG yang telah
mencapai negeri timur dan negeri barat (maksudnya ttg Alexander Agung.
-admin).

PERTANYAAN KE TIGA
Tanyakanlah kepadanya tentang roh.

Kemudian pendeta Yahudi menyatakan, jika Muhammad mampu menjawab
dengan benar maka ikutlah dia karena dia adalah seorang nabi. Jika
tidak dapat, maka dia adalah seorang penipu, maka perlakukanlah dia
seperti apa yang kalian kehendaki”.

Ketiga pertanyaan kemudian disampaikan kepada Muhammad oleh Nadr dan
Uqbah, dan Muhammad menjawab, “Aku akan memberikan jawabannya
besok” (hal.202).

Ternyata Muhammad SAW tidak dapat menjawab sesuai waktu yang
dijanjikannya sendiri dan baru dapat menjawab setelah lebih dari 15
hari.



Sirah Ibnu Ishaq – Kitab Sejarah Nabi Tertua Muhammad bin
Yasar bin Ishaq. Muhamadiyah University Press, 2003, jilid 1, hal.
201-202.
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by Syalom aleykhem on Wed Apr 22, 2015 1:03 pm

bisa jadi nabi muhammad sudah tahu jawaban PERTAMA ...dsbliknya ... dst
dan harus menunggu 15 hari untuk jawaban PERTAMA... dsbliknya ...dst ... agar ketiganya bisa dijawab sekaligus

saya melihat adanya pengaruh tradisi kekristenan syria dalam ai-qur' an dan literatur islam

banyak pararel dalam kisah-kisah al-Qur' an dengan Kekristenan Syria, misalnya seperti dikemukakan H.A.R. Gibb, bahwa gambaran tentang akhir zaman dan keadaan surga sangat dekat dengan tulisan-tulisan para rahib Kristen Syria, khususnya Mar Efraim al-Suryani (wafat 373). Selain itu, 2 kisah kepahlawanan iman yang sangat popular dari Kekristenan Syria, bahkan dimuat dalam al-Qur'an, yaitu kisah Ashhab al-Ukhdud (orang-orang yang membuat parit) dan Ashhab ai-Kahfi (para penghuni gua) yang juga diabadikan menjadi nama surah ke-18 al-Qur'an


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by musicman on Wed Apr 22, 2015 4:52 pm

@Syalom
Sisi psikologis orang yg butuh pengakuan kenabian yg dipaksakan oleh nafsu diri sendiri, tentu tidak akan menunda2 jawaban atas pertanyaan yg beresiko tinggi atas status yg diusahakannya dengan mati2an.

Teori begini adalah teori manusiawi..pemahamannya semua seperti itu. Anda boleh berakrobat dengan pemahaman yg Menggelikan bagi saya..atau memang begitu pemahaman anda beragama?saya ngga perduli

..tp sisi kemanusiaan tetaplah hal yg wajar dan Nabi tidak sekalipun mengerjakannya sesuai apa yg anda sebut secara tersirat dengan NAFSU. Itu kalau memang nabi sudah tau kisah tersebut sebelumnya..bahkan setelah esoknya pun masih masih sama saja..beliau blm jawab juga

coba bantu saya .. Jadi nabi tau kisah itu sebelum diangkat Nabi atau setelah diangkat menjadi Nabi?
kalau saya lihat didepan..beliau tahu kisah ini sebelum diangkat. Kalau sudah begini, kok jadinya menginterupsi pendapat sendiri didepan?

15 hari yg disebut terjadi setelah kenabian


saya melihat adanya pengaruh tradisi kekristenan syria dalam ai-qur' an dan literatur islam

Tidak ada yg aneh, Nabi Isa memang tercatat dalam Quran dan banyak Hadits.

http://www.al-bushra.org/arbhrtg/arbxtn04.htm
Recently Father Pecerillo, a famous Franciscan Archiologist, found morethan twenty churches in Madaba at the south of Jordan. From the Forth Century we found houses in Syria, Lebanon, Iraq and Palestine with this inscriptionin Arabic :"Bism El-Lah al Rahman al Rahim" that showed that Christians were the first to use this name so as to indicate their beliefin the Holy Trinity, more than two hundred years before Islam.

gereja2 Syiria kuno banyak tertulis demikian

Saya pikir bukan terpengaruh kristen, tapi memang Islam mengembalikan kristen kepada track yg seharusnya. AHAD..AHAD...
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by dee-nee on Wed Apr 22, 2015 6:57 pm

Syalom aleykhem wrote:justeru tidak dengan jujur anda menampilkan terjemahannya secarah utuh (lihat image di atas), sengaja tidak anda tampilkan

ga usah fitnah kalau udah terpojok .... kebiasaan banget

nerjemahin segitu banyak emang gampang .... terjemahan itu saya potong karena saya males nerjemahin semuanya
Lagipula tujuan saya menterjemahkan di thread sebelah HANYA untuk menunjukkan link kristen yang mendukung KEASLIAN kisah tersebut >>> kenapa mendukung .... ya baca aja sendiri ...

kalau anda butuh tau sisanya ... ya terjemahin aja sendiri ... kok malah nuduh2 orang ga jujur

nyerah

Syalom aleykhem wrote:
Kisah legenda ”The Seven Sleepers of Efesus” bermula dari sebuah katakombe di Efesus. Kisah ini muncul untuk menarik peziarah datang ke Efesus.
The career of the legend
As the earliest versions of the legend spread from Ephesus, an early Christian catacomb came to be associated with it, attracting pilgrims. On the slopes of Mount Pion (Mount Coelian) near Ephesus (near modern Selçuk in Turkey), the 'Grotto' of the Seven Sleepers with ruins of the church built over it was excavated in 1927-28. The excavation brought to light several hundred graves which were dated to the 5th and 6th centuries. Inscriptions dedicated to the Seven Sleepers were found on the walls of the church and in the graves.
Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Seven_Sleepers

saya terjemahkan ya

Sebagai versi awal dari legenda ini menyebar dari Efesus, sebuah katakombe Kristen awal dihubungkan dengan hal tersebut, untuk menarik peziarah. Di lereng Gunung Pion (Gunung Coelian) dekat Efesus (dekat Selçuk modern di Turki), Grotto' dari Seven Sleepers dengan reruntuhan gereja yang dibangun di atasnya, digali pada 1927-1928. Penggalian terungkap beberapa ratus kuburan yang tertanggal pada abad ke-5 dan ke-6. Prasasti yang didedikasikan untuk Seven Sleepers ditemukan di dinding gereja dan di kuburan.

underline ... saya ga ngerti gimana maksudnya kalimat ini ....
tapi pointnya adalah yang merah ... bahwa ada gereja dibangun DIATAS makam Seven Sleepers
sesuai dengan link yang saya bawa ...

Ziarah
Sebuah gereja dari bata dibangun di atas tujuh makam asli, dengan lantai mosaik marmer dan revetments oleh Kaisar Theodosius. Sebuah makam besar berkubah ditambahkan ke gua di abad ke-6. Lukisan di dinding dan kubah adalah dekorasi terutama tumbuhan.

Seperti yang kita duga, ziarah ke situs gua yang sangat populer sampai akhir abad kelima belas, seperti yang dibuktikan dari grafiti di dinding di kedua Latin dan Yunani. Hal ini juga menjadi tempat yang disukai dari pemakaman di akhir masa Antiquity (abad ke 2-8) . Theodosius dalam ziarahnya di abad keenam melihat makam Seven Sleepers dan menurut penulis abad kesembilan, pengunjung gua menunjukkan tujuh mayat yang tidak rusak. Abad ke-12 ziarah Daniel dari Russia juga melihat hal yang sama. Daniel juga mengatakan bahwa banyak yang dikuburkan di sana.

Meskipun ziarah dapat dibuktikan sepanjang abad pertengahan, yang paling terkenal adalah mungkin salah satu yang disponsori oleh Anglo-Saxon Raja Inggris yang terakhir, Edward the Confessor, untuk menggenapi vision (penglihatannya). Kisah ziarah ke Efesus ini adalah untuk selamanya diabadikan dalam dekorasi batu di kapel yang didedikasikan untuk Edward Confessor di Westminster Abbey.

artinya ... link itu menunjuk-kan bahwa dalam gua itu AWALNYA ada 7 makam ... lalu dibangun gereja diatasnya sebagai tempat ziarah (atau peribadatan) ditambah dengan lukisan2 dsb

Tempat itu memang jadi tempat ziarah KARENA JUSTRU dipercaya sebagai makam asli Seven Sleepers (lihat bold pink)

Syalom aleykhem wrote:Katakombe sendiri adalah merupakan ruang bawah tanah yang digunakan untuk tempat penguburan sekaligus pengungsian sementara dan peribadatan
The catacombs are the ancient underground cemeteries, used by the Christian and the Jewish communities, above all at Rome. The Christian catacombs, which are the most numerous, began in the second century and the excavating continued until the first half of the fifth.
In the beginning they were only burial places. Here the Christians gathered to celebrate their funeral rites, the anniversaries of the martyrs and of the dead. During the persecutions, in exceptional cases, the catacombs were used as places of momentary refuge for the celebration of the Eucharist
Sumber :
http://it.wikipedia.org/wiki/Catacombe.

saya terjemahkan lagi

Katakombe adalah kuburan bawah tanah kuno, yang digunakan oleh komunitas Kristen dan Yahudi, dibawah kekuasaan Romawi. Katakombe Kristen, yang paling banyak, dimulai pada abad kedua dan penggalian terus sampai paruh pertama kelima.
Pada awalnya mereka hanya tempat pemakaman. Di sini orang-orang Kristen berkumpul untuk merayakan upacara pemakaman mereka, peringatan para martir dan orang mati. Selama penganiayaan, dalam kasus luar biasa, katakombe digunakan sebagai tempat berlindung sesaat untuk perayaan Ekaristi

lihat tulisan anda yang underline : ga ada tulisan wiki yang menyebut katakombe SUDAH PASTI sebagai tempat pengungsian sementara dan peribadatan ... bahkan ditulis dalam wiki yang bold merah bahwa PADA AWALNYA hanya sebagai tempat pemakaman ..... tapi selama penganiayaan memang dipakai sebagai tempat berlindung dsb (hijau)

Maksud saya ....

1. Kalau nyambung ke gua nya Seven Sleepers >>> mana buktinya bahwa tempat itu adalah tempat pengungsian ??? lagipula disitu memang  ada 7 makam  >>> kalaupun di sebut tempat persembunyian ... ya si Seven Sleepers itu yang sembunyi (kan memang ceritanya begitu)

2. kalau anda bilang "Kisah legenda ”The Seven Sleepers of Efesus” bermula dari sebuah katakombe di Efesus" >>> tidak ada bukti bahwa kisah itu "BERMULA" dari penemuan katakombe

Misalnya : apakah sejarah Firaun langsung disebut mitos karena bermula dari penemuan arkeologi ?? >>> wong faktanya memang ada sejarah ASLI yang terjadi SEBELUM penemuan itu kok ... seiring dengan bukti2 yang ada dalam penemuan itu sendiri

>>> justru anda yang rancu dalam menanggapi penemuan sejarah .... kalau menyebut >> seperti ini misalnya :

Kisah legenda ”Raja Firaun” bermula dari sebuah piramida di Mesir. Kisah ini muncul untuk menarik peziarah datang ke Mesir

Syalom aleykhem wrote:
Catatan tertulis yang paling tua adalah dari versi Syria yang dilakukan oleh Jacob dari Seruq yang meninggal tahun 521 M
Syriac origins
The legend appeared in several Syriac sources before Gregory's lifetime. It was retold by Symeon Metaphrastes.The Seven Sleepers form the subject of a homily in verse by the Edessan poet Jacob of Saruq ('Sarugh') (died 521), which was published in the Acta Sanctorum. Another 6th century version, in a Syrian manuscript in the British Museum (Cat. Syr. Mss, p. 1090), gives eight sleepers.
Sumber : Ibid

Kemudian diterjemahkan dalam bahasa Latin oleh Gregory dari Tours (538 M – 17 November 594). Tours sendiri adalah sebuah kota yang terletak di Perancis tengah.
The legend rapidly attained a wide diffusion throughout Christendom, popularized in the West by Gregory of Tours, in his late 6th century collection of miracles, De gloria martyrum (Glory of the Martyrs). Gregory says that he had the legend from “a certain Syrian,“.
Sumber :
Encyclopedia Wikipedia
http://en.wikipedia.org/wiki/Seven_Sleepers

teks booknya ini :
bukajalan wrote:tambahan referensi teks book

Mar Ignatius Aphram I Barsoum, Kitab al-Lulu' al-Manthur fi Tarikh AI-Suryaniyyah. Diterjemahkan dalam Bahasa Inggris oleh Matti Mousa, The History of Syria, Literature and Sciences (Pueblo: Passdeglata Press, 2000).

Kisah ini menurut sumber-sumber Kristen Syria, dimuat dalam Mar Ignatius Zakka I 'Iwas, Ahl al-Kahfi al-Mashadir al-Suryaniyah. Dirasat Suryaniyah, IV (Aleppo: Al-Mathraniyat Yuhanna Ibrahim, 1980).

'Abdllah Yusuf 'Ali, Op. Cit, hlm, 709.

Shadeh Taufiq Hafiz, Dirasah Suryaniyah. Jilid IV (Kairo: Nahda Mishr lil Thaba'at wa al-Nasyr, 1993).

Al-Qur'an menyebut angka tahun 309, karena itu Hafiz menghitung "masa penganiayaan" tersebut mutat dari Kaisar Nero pada akhir abad pertama hingga Kaisar Teodosius II, yang kurang lebih 309 tahun. Lihat: Shadeh Tauflq Hafiz, Ibid, hlm, 13.

Majd al-Syuhada' dalam Mar Ignatius Zakka I 'lwas, Loc. Cit


OK ...

tapi yang Syriah2 ini nanti dulu ... satu2 dibereskan ...
buktikan dulu bahwa kisah Seven Sleepers adalah mitos

btw ... jadi memang anda ga bisa ngeles ya bahwa sumber TS anda copy paste dari link Forum Fitnah dan Infotainment ....

supaya pembaca tau aja sih

ehmm

btw .... tentang janji saya untuk nerjemahin ... ya nanti malam Insha'Allah saya terjemahin semua .... ga cuma yang ada di image anda
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by dee-nee on Wed Apr 22, 2015 7:53 pm

pertanyaan anda saya tukar (posisinya) supaya bisa saya runut  

aliumar wrote:
jumlahnya kan jelas ... ada tujuh orang
kamu dapat info darimana kalau jumlahnya ada TUJUH org, sementara Quran sendiri tidak memberitahukan kepastian jumlahnya?

Ya ... seharusnya saya tidak boleh memastikan jumlahnya SUDAH PASTI tujuh orang sementara Al Quran tidak memberitahukan kepastian jumlah
khusus untuk "sok pasti" nya saya ini (terkait Al Quran) saya minta maaf

Tapi .... terkait bukti arkeologi gua Seven Sleepers kan memang terbukti ada 7 makam
jadi benar2 saja toh kalau memang jumlahnya 7 orang ....

justru anda yang saya tanya balik terkait statement anda sendiri

aliumar wrote:
dee-nee wrote:
aliumar wrote:dari jumlah org nya saja, ternyata tidak ada perbedaan signifikans dari isi dongeng seven sleepers tsb yg menyisahkan kontroversi perihal jumlah org yg tertidur. Quran sama2 meninggalkan kontroversi soal jumlah org yg tertidur di gua. Makin kuat menunjukan quran cuma menyontek dongeng seven sleeper yg menyisahkan kontroversi perihal jumlah org yg tertidur di gua tsb.

Jika urusan penyaliban Isa yg dikatakan quran terdapat keraguan pada org2 yahudi saja, Quran bisa memberikan kepastian kalau yg disalib itu adalah org yg diserupakan, lantas mengapa soal jumlah org yg tertidur, quran tidak bisa memberikan kepastian atas kontroversi yg ada perihal jumlah org yg tertidur?

Ketauan ini krn sumber contekannya memang menyisahkan kontroversi perihal jumlah.

memang yang benar berapa jumlah orang yang tidur di gua itu ??

namanya dongeng ga jelas, ya mana saya tau.

Lagipula aneh, Quran mengungkapkan adanya masalah perihal kontroversi jumlah org yg tertidur, tapi kemudian tidak memberikan penyelesaian. Apa gunanya Allah mengangkat kontroversi perihal jumlah org yg tertidur kalau kemudian pada akhirnya tetap ga menyelesaikan kontroversi perihal jumlah tsb?

merah ; kan menurut penemuan sejarah terbukti dengan jelas memang ada 7 makam disitu >> pertanyaan saya ... anda mau percaya ga dengan bukti sejarah ??

biru : ga ada muslim yang menganggap jumlah tersebut harus jadi kontroversi ... biasa aja tuh >> memang apa bedanya bila orang itu berjumlah 7 atau 20 sekalipun ?? toh faktanya ... alur ceritanya benar dan diakui oleh rabbi2 yahudi yang bertanya pada Muhammad

aliumar wrote:
jumlahnya kan jelas ... ada tujuh orang
kalau jumlahnya sudah jelas, lantas Kenapa Quran menyatakan ada kontroversi perihal kejelasan jumlah org yg tertidur:
"Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: "(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjing nya", sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: "(jumlah mereka) tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya" (Al Kahfi 22)" ?

Ya ... tidak tertulis dalam Al Quran tentang jumlah mereka ... kalaupun kemudian ada perdebatan/kontroversi tentang jumlah (dari non-muslim) ... ya makanya Allah bilang di Al Kahfi 22 itu juga : Katakanlah: "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit". Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorangpun di antara mereka.
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by Syalom aleykhem on Wed Apr 22, 2015 8:44 pm

musicman wrote:@Syalom
Sisi psikologis orang yg butuh pengakuan kenabian yg dipaksakan oleh nafsu diri sendiri, tentu tidak akan menunda2 jawaban atas pertanyaan yg beresiko tinggi atas status yg diusahakannya dengan mati2an.

Teori begini adalah teori manusiawi..pemahamannya semua seperti itu. Anda boleh berakrobat dengan pemahaman yg Menggelikan bagi saya..atau memang begitu pemahaman anda beragama?saya ngga perduli

..tp sisi kemanusiaan tetaplah hal yg wajar dan Nabi tidak sekalipun mengerjakannya sesuai apa yg anda sebut secara tersirat dengan NAFSU. Itu kalau memang nabi sudah tau kisah tersebut sebelumnya..bahkan setelah esoknya pun masih masih sama saja..beliau blm jawab juga

coba bantu saya .. Jadi nabi tau kisah itu sebelum diangkat Nabi atau setelah diangkat menjadi Nabi?
kalau saya lihat didepan..beliau tahu kisah ini sebelum diangkat. Kalau sudah begini, kok jadinya menginterupsi pendapat sendiri didepan?

15 hari yg disebut terjadi setelah kenabian


saya melihat adanya pengaruh tradisi kekristenan syria dalam ai-qur' an dan literatur islam

Tidak ada yg aneh, Nabi Isa memang tercatat dalam Quran dan banyak Hadits.

http://www.al-bushra.org/arbhrtg/arbxtn04.htm
Recently Father Pecerillo, a famous Franciscan Archiologist, found morethan twenty churches in Madaba at the south of Jordan. From the Forth Century we found houses in Syria, Lebanon, Iraq and Palestine with this inscriptionin Arabic :"Bism El-Lah al Rahman al Rahim" that showed that Christians were the first to use this name so as to indicate their beliefin the Holy Trinity, more than two hundred years before Islam.

gereja2 Syiria kuno banyak tertulis demikian

Saya pikir bukan terpengaruh kristen, tapi memang Islam mengembalikan kristen kepada track yg seharusnya. AHAD..AHAD...
sebelum islam ungkapan Ar-Rahman (Aram: Rahmana) atau pun Allah (Aram: Alaha)  berkaitan erat dengan tradisi Kristen Syria sampai hari ini,
dalam sejarah Islam sendiri ketika diadakan penandatanganan perjanjian Hudalbiyah, pihak Qurais menolak formula: Bism Allah ar-Rahman ar-Rahim (Dengan Nama Allah, Ar-Rahman, Ar-Rahim), dan mereka menghendaki formula pra-lslam yang sudah lazim: Bismika Allahuma (Dengan NamaMu, Ya Allah). Keberatan kaum Arab-Qurais ini, membuktikan bahwa ketika itu biasa berdoa dengan nama Allah, akan tetapi menganggap bahwa ar-Rahman adalah "ilah asing". Keragu-raguan kaum politeis Mekkah ini, direkam dalam ayat-ayat al-Qur'an

ayat-ayat al-Qur'an lain, membuktikan juga bahwa dakwah Islam mula-mula lebih banyak memakai sebutan umum Rabbuka (Tuhanmu), kemudian sebutan Ar-Rahman, dan kemudian Allah

kisah Ashhab al-Ukhdud & Kisah Ashhab al-Kahfi sudah ada jauh sebelum islam, Alloh SWT tinggal mendaur ulang kisahnya dlm versi islam

apanya yg mo di track





Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by Syalom aleykhem on Wed Apr 22, 2015 9:22 pm

dee-nee wrote:
Syalom aleykhem wrote:justeru tidak dengan jujur anda menampilkan terjemahannya secarah utuh (lihat image di atas), sengaja tidak anda tampilkan

ga usah fitnah kalau udah terpojok .... kebiasaan banget

nerjemahin segitu banyak emang gampang .... terjemahan itu saya potong karena saya males nerjemahin semuanya
Lagipula tujuan saya menterjemahkan di thread sebelah HANYA untuk menunjukkan link kristen yang mendukung KEASLIAN kisah tersebut >>> kenapa mendukung .... ya baca aja sendiri ...

kalau anda butuh tau sisanya ... ya terjemahin aja sendiri ... kok malah nuduh2 orang ga jujur

nyerah
dgn anda membantu menterjemahkannya semua orang, termasuk saya yg level englushnya jongkok bisa tahu kalau itu fakta atau mitos

Syalom aleykhem wrote:
Kisah legenda ”The Seven Sleepers of Efesus” bermula dari sebuah katakombe di Efesus. Kisah ini muncul untuk menarik peziarah datang ke Efesus.
The career of the legend
As the earliest versions of the legend spread from Ephesus, an early Christian catacomb came to be associated with it, attracting pilgrims. On the slopes of Mount Pion (Mount Coelian) near Ephesus (near modern Selçuk in Turkey), the 'Grotto' of the Seven Sleepers with ruins of the church built over it was excavated in 1927-28. The excavation brought to light several hundred graves which were dated to the 5th and 6th centuries. Inscriptions dedicated to the Seven Sleepers were found on the walls of the church and in the graves.
Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Seven_Sleepers

dee-nee wrote:saya terjemahkan ya

Sebagai versi awal dari legenda ini menyebar dari Efesus, sebuah katakombe Kristen awal dihubungkan dengan hal tersebut, untuk menarik peziarah. Di lereng Gunung Pion (Gunung Coelian) dekat Efesus (dekat Selçuk modern di Turki), Grotto' dari Seven Sleepers dengan reruntuhan gereja yang dibangun di atasnya, digali pada 1927-1928. Penggalian terungkap beberapa ratus kuburan yang tertanggal pada abad ke-5 dan ke-6. Prasasti yang didedikasikan untuk Seven Sleepers ditemukan di dinding gereja dan di kuburan.

underline ... saya ga ngerti gimana maksudnya kalimat ini ....
tapi pointnya adalah yang merah ... bahwa ada gereja dibangun DIATAS makam Seven Sleepers
sesuai dengan link yang saya bawa ...  
temuan2 arkeology termsuk manuskrip kuno setelah dikaji tidak mendukung fakta kisah itu, kecuali kisah kehidupan jemaat/kekristenan efesus kuno
jadi anda mau mengakui adanya bangunan gereja membuktikan legenda Seven Sleepers diadobsi oleh islam dri sumber kristen, atau Alloh SWT tinggal mendaur ulang kisahnya
Ziarah
Sebuah gereja dari bata dibangun di atas tujuh makam asli, dengan lantai mosaik marmer dan revetments oleh Kaisar Theodosius. Sebuah makam besar berkubah ditambahkan ke gua di abad ke-6. Lukisan di dinding dan kubah adalah dekorasi terutama tumbuhan.

Seperti yang kita duga, ziarah ke situs gua yang sangat populer sampai akhir abad kelima belas, seperti yang dibuktikan dari grafiti di dinding di kedua Latin dan Yunani. Hal ini juga menjadi tempat yang disukai dari pemakaman di akhir masa Antiquity (abad ke 2-8) . Theodosius dalam ziarahnya di abad keenam melihat makam Seven Sleepers dan menurut penulis abad kesembilan, pengunjung gua menunjukkan tujuh mayat yang tidak rusak. Abad ke-12 ziarah Daniel dari Russia juga melihat hal yang sama. Daniel juga mengatakan bahwa banyak yang dikuburkan di sana.

Meskipun ziarah dapat dibuktikan sepanjang abad pertengahan, yang paling terkenal adalah mungkin salah satu yang disponsori oleh Anglo-Saxon Raja Inggris yang terakhir, Edward the Confessor, untuk menggenapi vision (penglihatannya). Kisah ziarah ke Efesus ini adalah untuk selamanya diabadikan dalam dekorasi batu di kapel yang didedikasikan untuk Edward Confessor di Westminster Abbey.

dee-nee wrote:artinya ... link itu menunjuk-kan bahwa dalam gua itu AWALNYA ada 7 makam ... lalu dibangun gereja diatasnya sebagai tempat ziarah (atau peribadatan) ditambah dengan lukisan2 dsb

Tempat itu memang jadi tempat ziarah KARENA JUSTRU dipercaya sebagai makam asli Seven Sleepers (lihat bold pink)
kuburan orang kristen, ketakombe & bangunan gereja tampil bersamaan dengan mitos itu (abad ke-5), tidak ada duluan & mendahului
coba baca lagi semua isi web atau terjemahanmu dri sumber link ini   http://www.johnsanidopoulos.com/2009/10/historicity-of-seven-sleepers-of.html

Syalom aleykhem wrote:Katakombe sendiri adalah merupakan ruang bawah tanah yang digunakan untuk tempat penguburan sekaligus pengungsian sementara dan peribadatan
The catacombs are the ancient underground cemeteries, used by the Christian and the Jewish communities, above all at Rome. The Christian catacombs, which are the most numerous, began in the second century and the excavating continued until the first half of the fifth.
In the beginning they were only burial places. Here the Christians gathered to celebrate their funeral rites, the anniversaries of the martyrs and of the dead. During the persecutions, in exceptional cases, the catacombs were used as places of momentary refuge for the celebration of the Eucharist
Sumber :
http://it.wikipedia.org/wiki/Catacombe.
dee-nee wrote:
saya terjemahkan lagi

Katakombe adalah kuburan bawah tanah kuno, yang digunakan oleh komunitas Kristen dan Yahudi, dibawah kekuasaan Romawi. Katakombe Kristen, yang paling banyak, dimulai pada abad kedua dan penggalian terus sampai paruh pertama kelima.
Pada awalnya mereka hanya tempat pemakaman. Di sini orang-orang Kristen berkumpul untuk merayakan upacara pemakaman mereka, peringatan para martir dan orang mati. Selama penganiayaan, dalam kasus luar biasa, katakombe digunakan sebagai tempat berlindung sesaat untuk perayaan Ekaristi

lihat tulisan anda yang underline : ga ada tulisan wiki yang menyebut katakombe SUDAH PASTI sebagai tempat pengungsian sementara dan peribadatan ... bahkan ditulis dalam wiki yang bold merah bahwa PADA AWALNYA hanya sebagai tempat pemakaman ..... tapi selama penganiayaan memang dipakai sebagai tempat berlindung dsb (hijau)

Maksud saya ....

1. Kalau nyambung ke gua nya Seven Sleepers >>> mana buktinya bahwa tempat itu adalah tempat pengungsian ??? lagipula disitu memang  ada 7 makam  >>> kalaupun di sebut tempat persembunyian ... ya si Seven Sleepers itu yang sembunyi (kan memang ceritanya begitu)

2. kalau anda bilang "Kisah legenda ”The Seven Sleepers of Efesus” bermula dari sebuah katakombe di Efesus" >>> tidak ada bukti bahwa kisah itu "BERMULA" dari penemuan katakombe

Misalnya : apakah sejarah Firaun langsung disebut mitos karena bermula dari penemuan arkeologi ?? >>> wong faktanya memang ada sejarah ASLI yang terjadi SEBELUM penemuan itu kok ... seiring dengan bukti2 yang ada dalam penemuan itu sendiri

>>> justru anda yang rancu dalam menanggapi penemuan sejarah .... kalau menyebut >> seperti ini misalnya :

Kisah legenda ”Raja Firaun” bermula dari sebuah piramida di Mesir. Kisah ini muncul untuk menarik peziarah datang ke Mesir
1. banyak kuburan bukan cuman 7 makam, pd masa itu ketakombe jadi tempat peribadatan, tempat tinggal, tempat sembunyi, tempat ndeso dll oleh "banyak" umat kristiani pd wkt itu
2. yg ditemukan goa itu/ketakombe, banyak kuburan & bekas bangunan gereja bertarikh abad ke-5 bersamaan dgn munculnya mitos itu

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by aliumar on Thu Apr 23, 2015 7:45 pm

Tapi .... terkait bukti arkeologi gua Seven Sleepers kan memang terbukti ada 7 makam
jadi benar2 saja toh kalau memang jumlahnya 7 orang ....
Apakah dgn bukti adanya Gunung Tangkuban Perahu di Lembang, Jawa Barat, maka hal itu membuktikan bahwa kisah legenda Sangkuriang benar2 ada TERJADI?


Terakhir diubah oleh aliumar tanggal Thu Apr 23, 2015 11:36 pm, total 1 kali diubah

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by aliumar on Thu Apr 23, 2015 7:50 pm

kalaupun kemudian ada perdebatan/kontroversi tentang jumlah (dari non-muslim) ... ya makanya Allah bilang di Al Kahfi 22 itu juga : Katakanlah: "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit".
lantas buat apa Allah mengangkat kontroversi perihal jumlah, tanpa kemudian memberikan jawaban atas kontroversi yg diangkat oleh Quran tsb?

ketauan sekali ini krn Quran cuma nyontek kisah tsb. Dan krn contekannya menyisahkan kontroversi perihal jumlah, maka quran pun juga sama, menyisahkan kontroversi perihal jumlah.


Terakhir diubah oleh aliumar tanggal Thu Apr 23, 2015 7:54 pm, total 1 kali diubah

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by dee-nee on Thu Apr 23, 2015 7:53 pm

aliumar wrote:
Tapi .... terkait bukti arkeologi gua Seven Sleepers kan memang terbukti ada 7 makam
jadi benar2 saja toh kalau memang jumlahnya 7 orang ....
Apakah dgn adanya bukti Gunung Tangkuban Perahu di Lembang, Jawa Barat, maka hal itu membuktikan bahwa kisah legenda Sangkuriang benar2 ada TERJADI?

ga usah bengkok
Tadi nanya jumlah ... sekarang ngelantur ngomongin dongeng

jadi BENAR ATAU TIDAK jumlahnya 7 orang ??

and jangan lari dengan yang ini

dee-nee wrote:
aliumar wrote:namanya dongeng ga jelas, ya mana saya tau.
kan menurut penemuan sejarah terbukti dengan jelas memang ada 7 makam disitu >> pertanyaan saya ... anda mau percaya ga dengan bukti sejarah ??

jawab yang biru


Terakhir diubah oleh dee-nee tanggal Fri Apr 24, 2015 2:57 am, total 1 kali diubah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by dee-nee on Thu Apr 23, 2015 7:55 pm

aliumar wrote:
kalaupun kemudian ada perdebatan/kontroversi tentang jumlah (dari non-muslim) ... ya makanya Allah bilang di Al Kahfi 22 itu juga : Katakanlah: "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit".
lantas buat apa Allah mengangkat kontroversi perihal jumlah, tanpa kemudian memberikan jawaban atas kontroversi yg diangkat oleh Quran tsb?

yang menyebut kontroversi siapa ?? kan kalian2 juga >>> dah dibilang ga ada muslim ngurusin berapa jumlahnya

memang apa bedanya bila orang itu berjumlah 7 atau 20 sekalipun ?? toh faktanya ... alur ceritanya benar dan diakui oleh rabbi2 yahudi yang bertanya pada Muhammad

yang merah anda mau akui ga ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by Syalom aleykhem on Sat Apr 25, 2015 11:15 pm

mana pengakuannya ?

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by dee-nee on Wed May 06, 2015 8:45 pm

@Syalom aleykhem

saya hutang dulu thread ini ... masih belum sempet nerjemahin
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by Syalom aleykhem on Wed May 06, 2015 8:54 pm

cuman #63 koq tidak perlu diterjemahin

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by dee-nee on Thu May 07, 2015 12:21 am

No no ... maksud saya
kita kan belum selesai dari #58 ... dan disitu saya janji akan terjemahkan link saya (makanya #58 belum saya balas)

tentang #63 >> anda tanya pengakuan tentang apa ??

tentang asbabun nuzul bahwa memang rabbi2 itu mengakui jawaban Muhammad benar ??

confirm dulu pertnyaan #63
dan #58 saya hutang dulu >>> banyak yang bisa saya bantah kok di #58 ... (maaf ya belum sempet nerjemahin)

atau ada yang bersedia nerjemahin ?? nanti saya kasih article lengkapnya (tinggal copy paste ga pake image2)

piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by Syalom aleykhem on Fri May 08, 2015 10:53 am

mana pengakuan rabbi2 yahudi yang bertanya pada Muhammad bahwa kisah nabimu itu benar


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by dee-nee on Fri May 08, 2015 7:40 pm

Syalom aleykhem wrote:
mana pengakuan rabbi2 yahudi yang bertanya pada Muhammad bahwa kisah nabimu itu benar

memang sejarahnya begitu ....

http://www.pbs.org/muhammad/ma_jews.shtml

There were rabbis among the Jews of Medina, who appear in Muslim sources soon after Muhammad proclaimed himself a prophet. At that time the quizzical Meccans, knowing little about monotheism, are said to have consulted the Medinan rabbis, in an attempt to put Muhammad to the test. The rabbis posed three theological questions for the Meccans to ask Muhammad, asserting that they would know, by his answers, whether or not he spoke the truth. According to later reports, Muhammad replied to the rabbis' satisfaction, but the Meccans remained unconvinced.

Ada para rabi di antara orang-orang Yahudi dari Madinah, yang muncul (dilihat dalam sumber Islam) setelah Muhammad menyatakan dirinya seorang nabi. Pada saat itu orang2 Mekah bingung, mereka hanya mengetahui sedikit tentang ajaran tauhid, dan disebutkan mereka berkonsultasi dengan rabi2 Madinah, dalam upaya untuk menguji Muhammad (sebagai nabi). Para rabi mengajukan tiga pertanyaan teologis pada orang2 Mekah untuk meminta Muhammad, (para rabbi) menyatakan bahwa mereka akan tahu, dengan jawaban-jawabannya, apakah dia (Muhammad) berbicara kebenaran. Menurut sumber berikutnya, Muhammad menjawab (pertanyaan) para rabi (hingga rabbi takjub), tapi orang-orang Mekah tetap tidak yakin.

ini saya dapet dari PBS (non-islam link)

kalau anda ga percaya >>> bantah saja dengan sumber anda .... di thread Zulqarnain berulang kali saya minta kalian buktikan : gimana reaksi rabbi2 itu ketika Muhammad menjawab 3 pertanyaan tersebut

ga dijawab tuh oleh kalian selain pake gosip warung tegal tanpa link
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by Syalom aleykhem on Fri May 08, 2015 7:49 pm

yang nulis situs itu lihat kejadiaannya...para rabi (hingga rabbi takjub), tapi orang-orang Mekah tetap tidak yakin ?

casenya alquran & hadis, seharunya alquran/hadis mampu menjawabnya, itu yg saya maksudkan


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by dee-nee on Fri May 08, 2015 8:28 pm

Syalom aleykhem wrote:
yang nulis situs itu lihat kejadiaannya...para rabi (hingga rabbi takjub), tapi orang-orang Mekah tetap tidak yakin ?

casenya alquran & hadis, seharunya alquran/hadis mampu menjawabnya, itu yg saya maksudkan


http://www.koperasisyariah.com/ashabul-kahfi/

@ Momod ... apakah pertanyaan diatas nyambung dengan TS atau tidak ??
bisa diteruskan atau dipindahkan ??

syukron ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by Syalom aleykhem on Fri May 08, 2015 9:03 pm


jadi klaimmu ini .. toh faktanya ... alur ceritanya benar dan diakui oleh rabbi2 yahudi yang bertanya pada Muhammad , tidak ada dasarnya dari quran/hadis

kami menganggap itu legenda, dari sumber ini yg menjadi referensi pembukatian anda   http://www.johnsanidopoulos.com/2009/10/historicity-of-seven-sleepers-of.html   , menyebutkan temuan arkeology/naskah kuno tidak mendukung fakta kisah itu

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by dee-nee on Fri May 08, 2015 11:44 pm

Syalom aleykhem wrote:

jadi klaimmu ini  .. toh faktanya ... alur ceritanya benar dan diakui oleh rabbi2 yahudi yang bertanya pada Muhammad , tidak ada dasarnya dari quran/hadis


tentang fakta yang merah sudah saya kasih link diatas .... link itu juga saya tulis di thread Dzulqarnain ...
makanya saya tanya momod ... pembahasan soal yang merah ini OOT ga ... karena dobel2 dengan thread Dzulqarnain

Syalom aleykhem wrote:kami menganggap itu legenda, dari sumber ini yg menjadi referensi pembukatian anda   http://www.johnsanidopoulos.com/2009/10/historicity-of-seven-sleepers-of.html   , menyebutkan temuan arkeology/naskah kuno tidak mendukung fakta kisah itu
tentang link itu ... kan saya sudah bilang ... belum saya terjemahkan
coba anda yang terjemahkan sendiri ... gimana ??

bawa sini dong kalimat di link itu yang menyebut bold biru >>> buktikan anda tidak salah memahami link itu
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by bukajalan on Wed May 27, 2015 1:39 am

@dee-nee
termasuk saya kelamaan nunggu translate versimu, kami kaum kafirun pun punya kapabilitas yang sama (trans...ATE). tinggal nunggu kejujuran kaum muslimin/muslimah dalam versinya ... selanjutnya kita saling adu KEBENARAN ... DITUNGGU !!! ... > dari waktu yang dijanjikan .... KELAMAAN = TAQIYAH ....



bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by dee-nee on Wed May 27, 2015 2:46 pm

lah si Syalom aleykhem nya aja udah minggat entah kemana
ngapain saya terjemahin ... bikin repot aja

anda aja terjemahin sendiri ... gimana ??

TS pun ga bisa kasih bukti apa2 tentang TS dia ...
wong copy paste-nya juga mungut dari warung tegal

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by dee-nee on Wed May 27, 2015 2:48 pm

tentang terjemahan

Though the story reads like a myth or some fanciful tale for someone who does not accept miracles, what is fascinating about it is the historical context it is set in. It mentions specific historical emperors and a historical controversy taking place in a historical city (which gained even greater fame three years prior in 431 during the Third Ecumenical Synod which took place in Ephesus) during two historical epochs: one of persecution under Decius and the other of peace under Theodosius. It even tells us the specific place these Saints died. The historicity of these Saints was never officially doubted until the 16th century, mainly because of the verifiability of this tale and its immediate popularity throughout the known world.

Meskipun cerita ini sering dinggap mitos atau kisah khayalan bagi mereka yang tidak percaya pada mukjizat, apa yang menarik tentang kisah ini adalah konteks historis yang ada di dalamnya. Cerita ini menyebutkan sejarah kaisar tertentu dan kontroversi sejarah yang terjadi di kota bersejarah (yang bahkan sangat terkenal sejak tiga tahun sebelum tahun 431 sejak Third Ecumenical Synod yang berlangsung di Efesus) selama dua zaman sejarah: salah satu penganiayaan di bawah Decius dan lainnya perdamaian di bawah Theodosius. Cerita itu bahkan memberitahu kita tempat tertentu para orang suci tersebut meninggal. Fakta sejarah tentang orang2 suci tersebut tidak pernah secara resmi diragukan sampai abad ke-16, terutama karena kepastian kisah ini dan popularitas-nya yang dikenal di seluruh dunia.

Many have honored these seven holy youths. The Orthodox Church commemorates these Saints twice a year, on August 4th and October 22nd (the former being the date of their first sleep and the latter the date of their death), and has never doubted the veracity of this tale. The Latin Martyrology likewise honors them on July 7th. They are also regarded as pious in Islam, and are known as “People of the Cave” (Ashab Al-Kahf) with an entire section dedicated to them in the Koran (Surah 18, verse 9-26).

Banyak yang menghormati tujuh pemuda suci ini. Gereja Ortodoks memperingati para Saints ini dua kali setahun, pada 4 Agustus dan 22 Oktober (yang pertama menjadi tanggal tidur pertama dan yang terakhir tanggal kematian mereka), dan tidak pernah meragukan kebenaran kisah ini. The Latin Martirologi juga menghormati mereka pada tanggal 7 Juli. Mereka juga dianggap sebagai orang2 saleh dalam Islam, dan dikenal sebagai “People of the Cave” (Ashab Al-Kahfi) dengan seluruh bagian yang didedikasikan untuk mereka dalam Alquran (QS 18, ayat 9-26).


The rise of Protestantism and the period of the Enlightenment in the West gave rise to doubts about this tale, as John Donne noted in one of his poems in the 16th century. Caesar Baronius (1538-1607), not only a Renaissance scholar but a cardinal in the Latin Church, was the first to treat the story as “apocryphal”. It was never taken seriously in the West again. The Latin Church still refers to the tradition as a “purely imaginative romance”. The tale became very popular in the literature of the Romantics in a twisted form, inspiring a poem by Goethe, a cautionary tale by the Grimm brothers, and even the Washington Irving tale of Rip van Winkleas well as H.G. Wells’s The Sleeper Awakes and Mark Twain’s Innocence Abroad, among others.

Bangkitnya Protestanisme dan periode Pencerahan di Barat menyebabkan timbulnya keraguan tentang kisah ini, seperti John Donne mencatat dalam salah satu puisinya di abad ke-16. Caesar Baronius (1538-1607), tidak hanya seorang sarjana Renaissance tapi kardinal dalam Gereja Latin, adalah orang pertama yang memperlakukan cerita sebagai "apokrif". Tidak pernah dianggap serius di Barat lagi. Gereja Latin masih mengacu pada tradisi sebagai "cinta murni yang imajinatif". Kisah menjadi sangat populer dalam literatur dari kaum Romantik dalam bentuk yang dibengkokkan, diinspirasikan oleh puisi Goethe, kisah peringatan oleh Grimm bersaudara, dan bahkan kisah Washington Irving dari Rip van Winkleas serta H.G. Wells’s The Sleeper Awakes and Mark Twain’s Innocence Abroad, adalah sebagian diantaranya.


In 2001 I had the opportunity to visit Ephesus, and along with the famous Church of Saint John the Theologian as well as the church in which the Third Ecumenical Synod took place in ancient Ephesus, one of my primary destinations was to visit the cave of the Seven Sleepers. Though a bit off the beaten track and fenced off, a hole in the fence provided me full access to the cave over which a church was built and now run down. Fully visible was the resting place of the Seven Sleepers, in which the Russian pilgrim Daniel reported in the twelfth century that he saw the actual relics of the holy youths. This pilgrimage, though short spent, made me consider more and more the veracity of this tale.

Pada tahun 2001 saya berkesempatan untuk mengunjungi Ephesus, dan bersama dengan Church of Saint John the Theologian yang terkenal serta gereja di mana Third Ecumenical Synod berlangsung di Efesus kuno, salah satu tujuan utama saya adalah untuk mengunjungi gua dari Seven Sleepers. Meskipun sedikit terpencil dan dipagari, lubang di pagar memberi saya akses penuh ke gua di mana gereja dibangun yang sekarang sudah hancur. Sangat terlihat tempat beristirahat Seven Sleepers, dimana peziarah Rusia Daniel dilaporkan pada abad kedua belas bahwa ia melihat peninggalan sebenarnya dari pemuda2 suci tersebut. Ziarah ini, meskipun sebentar, membuat saya mempertimbangkan lebih banyak kebenaran kisah ini.

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: LEGENDA SEVEN SLEEPERS

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik