FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Cerita tentang Nabi Muhammad ketemu Pendeta Bahira

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Cerita tentang Nabi Muhammad ketemu Pendeta Bahira

Post by dade on Fri Jan 09, 2015 6:21 am

Cerita tentang Nabi Muhammad ketemu Pendeta Bahira





 وَمَا كُنتَ تَتْلُو مِن قَبْلِهِ مِن كِتَابٍ وَلَا تَخُطُّهُ بِيَمِينِكَ إِذاً لَّارْتَابَ الْمُبْطِلُونَ
29/48. Dan tidaklah engkau (Muhammad) pernah menganalisa suatu kitab sebelumnya (Alquran itu),
dan tidak pula engkau menulisnya dengan tatahukummu, ketika itu akan ragulah orang-orang yang keliru.


بَلْ هُوَ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ
29/49. Tetapi dia adalah Ayat-ayat yang menerangkan dalam dada orang-orang yang diberi ilmu,
dan tiadalah yang menantang ayat-ayat KAMI kecuali orang-orang zalim.


وَيَرَى الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ الَّذِي أُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ هُوَ الْحَقَّ وَيَهْدِي إِلَى صِرَاطِ الْعَزِيزِ الْحَمِيدِ
34/6. Dan akan melihatlah orang-orang yang diberi ilmu itu bahwa yang diturunkan kepadamu dari
TUHAN mu adalah yang logis dan menunjuki kepada tuntunan yang mulia terpuji.


إِنْ هُوَ إِلَّا ذِكْرٌ لِّلْعَالَمِينَ
38/87. Bahwa dia adalah pemikiran bagi seluruh manusia.

وَلَتَعْلَمُنَّ نَبَأَهُ بَعْدَ حِينٍ
38/88. Dan akan kamu ketahui perkabarannya sesudah waktunya.

تَنزِيلٌ مِّنَ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
41/2. Turun dari yang pengasih penyayang.

كِتَابٌ فُصِّلَتْ آيَاتُهُ قُرْآناً عَرَبِيّاً لِّقَوْمٍ يَعْلَمُونَ
41/3. Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya, Alquran berbahasa arab,
bagi kaum yang berilmu.


فَأَيْنَ تَذْهَبُونَ
81/26. Maka ke manapun kamu pergi.

إِنْ هُوَ إِلَّا ذِكْرٌ لِّلْعَالَمِينَ
81/27. Bahwa dia adalah pemikiran bagi seluruh manusia.
[/INDENT]


Sengaja kita deretkan arti beberapa ayat suci pada mana dapat dilihat betapa keadaan diri Nabi Muhammad dan Alquran yang menjadi sumber hukum Islam. Sebagai penduduk kota Makkah yang buta huruf, Muhammad tidak pernah berkenalan dengan aksara apalagi menuliskannya, dinyatakan pada ayat 7/158 jo 62/2. karena itu beliau tidak pernah membaca sesuatu kitab apalagi menganalisanya dan kemudian menyuruh tulis penganalisaan itu kepada orang lain agar berbentuk buku. Namun beliau telah menyampaiakan Alquran yang terdiri dari 114 surat, masing-masing ayatnya berupa penjelasan dan bahan pemikiran bagi para ilmuwan. Ke manapun mereka pergi, disanan akan terdapat keadaan yang telah tercantum dalam Alquran lebih dulu, walaupun mereka telah meninggalkan bumi utnuk penerbangan antar planet.

               Muhammad tidak pernah merantau keluar Makkah sebelum menjadi Nabi, dan barulah pada umur 53 tahun beliau hijrah ke Madinah sebagai pertama kalinya meninggalkan Makkah. Karena itu juga Muhammad tidak pernah mendapat pengetahuan dari ahli kitab yang memang tidak pernah bertemu dengan beliau selama di Makkah. Dan untuk belajar dari kitab memang tidak mungkin karena waktu itu belum ada suatu buku pun yang pernah dijilid orang apalagi yang mengandung pelajaran agama. Ingatlah bahwa The Bible yang menjadi kitab suci agama Yahudi dan Kristen barulah dicetak pada tahun 1450 Masehi di Mainz, German, dinamakan dengan Guttenberg Bible, sementara penyusunannya dimulai pada tahun 325 Masehi.

               Semua keadaan yang menyangkut dengan Muhammad dan buku demikian sudah menjadi pengetahuan umum dalam masyarakat Islam, dan dari fihak lain dapat kita kutipkan catatan yang mengandung pengakuan, antara lain sebagai berikut :

1. Britanica Encyclopedia menerangkan tentang Jesus :


“Any attempt to write a “Life of Jesus” should be frankly abandoned. The material for it certainly does not exist”.

Sesuatu usaha untuk menuliskan riwayat “kehidupan Jesus” nyata sekali terhalang. Bahan untuk itu jelas tidak ada.


2. Arnold Toynbee
dalam bukunya A Study of History jilid 12 halaman 483 menerangkan yang artinya sebagai berikut :

     “.. Hidup dan matinya Jesus berlalu tanpa diketahui waktu itu …

     Riwayat Muhammad berbeda dengan Jesus, dapat dilihat noktah demi noktah, dan dalam beberapa bahagian hampir hari demi hari penuh dengan tindakan cemerlang dari sejarahnya”.

Namun ada saja pemberitahuan palsu disampaikan sementara media massa seperti yang termuat dalam Americana Encyclopedia, 1975, antara lain maksudnya antara lain maksudnya sebagai berikut :

Jilid 15 halaman 491 :

“Kafilah itu memiliki sebanyak 2.500 ekor unta dibebani dengan barang-barang berharga,dan sejumlah besar penunggang kuda yang menemani penunjuk-penunjuk jalan, penjaga-penjaga, dan para utusan. Kegiatan utama kota Makkah waktu itu ialah berupa ibu kota bagi pengalaman terebut dan keuntungan yang sangat menyenangkan bagianya ialah dengan adanya pendatang-pendatang. Perdagangan ini membawanya kepada hubugnan dengan dunia luar yang mungkin jadi sumber bagi pengetahuan Muhammad tentang kitab suci orang-orang Yahudi dan Kristen. Hubungan itu juga menimbulkan perubahan-perubahan interen dalam susunan social di kota itu “.

Jilid 19 halaman 192 :

     “Menurut sejarah bahwa pada umur 12 tahun. Muhammad pergi menemani pamannya, Abu Thalib, ke Syria dengan suatu kafilah dagang. Hal ini telah dihiasi dengan berbagai dongeng untuk mencegah keraguan tentang kebenarannya. Namun tiada satu barispun dalam Alquran yang menerangkan hal Muhammad sehubungan dengan Syria itu.

               Satu dari dongeng itu ialah bahwa dalam perjalanannya ke Syria itu, Muhammad bertemu dengan Bahira di Busra, selatan Damaskus. Orang itu mengetahui dalam diri Muhammad sebagai Nabi besar masa depannya, dan dapat melihat tanda-tanda tertentu yang jelas pada tubuhnya, termasuk cap tanda kenabiannya di antara kedua bahu Muhammad”.

       “Dia tentunya telah diajar dengan ide-ide tertentu yang efektif dari sumber agama Yahudi dan Kristen sehubungan dengan TUHAN, manusia dan antar hubungan sesamanya. Dia telah dipengaruhi oleh kenyataan yang dia peroleh bahwa beberapa orang Yahudi dan Kristen, dengan siapa dia telah mengadakan kontak, mempunyai suatu buku dan tentulah orang-orang itu berharta banyak dan berkedudukan tinggi. Sementara itu Muhammad dan penduduk Arabia yang panas tersebut tidak mempunyai buku bahkan terkebelakang”.


Jilid 15 halaman 496 :

“Sekalipun Alquran berisikan berbagai ajaran luas tentang agama dan sejumlah peraturan tertentu mengenai perkawinan, perceraian, pusaka, perjanjian, dan puasa, tetapi nyata bahwa buku yang kecil begitu tidak dapat melayani semua jurusan terperinci yang diperlukan masyarakat Islam. Untuk keperluan hukum dan theology, maka orang-orang Islam membutuhkan sumber hukum lain untuk melengkapi Alquran. Yang terpenting dalam hal ini ialah tradisi (hadis) atau sunnah dari Nabi itu”.


Jilid 19 halaman 294 :

       “Muhammad meninggal dunia pada tanggal 8 Juni 632 Masehi karena mendapat demam mendadak dan sakit kepala bersangatan. Dia dikuburkan di tempat dia meninggal dalam rumah istrinya, Aisya, kemudian digabungkan pada bahagian Masjid, dan menjadi tujuan ziarah (Hajji) bagi semua generasi muslim mendatang. Tradisi memberikan catatan tentang Muhammad bahwa dia adalah seorang yang tingginya sedang, dengan kepala yang besar, mata besar, bulu mata tebal, jambang lebat, bahu lebar, dan rambutnya tidak lurus dan bukan pula keriting. Sekalipun berada pada kejayaannya, Muhammad hidup dalam kesederhanaan tanpa sikap yang dibikin-bikin. Tertib sopannya demikian ditiru oleh berjuta-juta orang. Lelaki dan perempuan diberbagai tempat dan waktu. Semuanya memandangnya sebagai orang yang sempurna”.


               Muhammad benarlah pada waktu kecilnya jadi yatim. Ayahnya meninggal sebelum dia dilahirkan, dan ibunya mengikuti sewaktu dia masih bayi. Ibu bapaknya itu bernama Aminah dan Abdullah yang jika diterjemahkan berarti “Perempuan Beriman” dan “Hamba ALLAH”. Hal ini memberi pertanda bahwa agama Islam peninggalan Ibrahim dan Nabi-nabi lain kemudiannya masih bersemi dalam masyarakat Kuraisy di kota Makkah di zaman Muhammad, demikian pula kiranya di Madinah waktu itu, karenanya ajaran Alquran yang sampai kepada mereka dengan cepat

berkembang luas hingga ketika hijrah. Muhammad mendapati masyarakat Islam yang menyambut kedatangannya dengan upacara kehormatan.

               Alquran ayat 93/6 membenarkan bahwa Muhammad waktu kecilnya hidup sebagai anak yatim. Sesudah dia besar dinyatakan masih sesat lalu ditunjuk ALLAH, dan hidup dalam keadaan susah lalu dibantu ALLAH. Tercantum pada ayat 93/7 dan 93/8. Jadi Alquran menerangkan betapa keadaan Muhammad sewaktu kecil, tetapi tidak menyatakan Muhammad itu pernah berdagang dan pergi ke Syria. Sampai waktu dewasanya, dia masih dikatakan sesat dan hidup susah lalu ALLAH menunjuk dan membantunya. Jika benar Muhammad pernah ke negeri lain sewaktu kecilnya, maka hal itu kejadian penting dalam sejarahnya, dan tentulah diterangkan ALLAH dalam Alquran.

               Jadi tidaklah benar pernyataan sementara orang, juga tersebut dalam Americana Encyclopedia bahwa Muhammad dikatakan pernah pergi ke Busra, selatan Damasku, dimana beliau bertemu dengan Bahira seorang pendeta Kristen, dan bahwa pendeta itu mengenal kenabian Muhammad pada masa depannya karena melihat tubuh Muhammad dan cap kenabian yang ada antara kedua belah bahunya. Keterangan ini harus diteliti karena memang mengandung unsur yang mencurigakan sebagai tantangan terhadap firman ALLAH pada ayat 29/48.
avatar
dade
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 40
Posts : 207
Location : bEkAsi
Join date : 04.03.12
Reputation : 11

http://myquran.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cerita tentang Nabi Muhammad ketemu Pendeta Bahira

Post by njlajahweb on Thu Mar 15, 2018 9:28 am

Qs 29:48 Dan kamu tidak pernah membaca sebelumnya (Al Quran) sesuatu Kitabpun dan kamu tidak (pernah) menulis suatu Kitab dengan tangan kananmu; andaikata (kamu pernah membaca dan menulis), benar-benar ragulah orang yang mengingkari( mu).
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8777
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cerita tentang Nabi Muhammad ketemu Pendeta Bahira

Post by njlajahweb on Thu Mar 15, 2018 9:29 am

Qs 29:49 Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8777
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cerita tentang Nabi Muhammad ketemu Pendeta Bahira

Post by njlajahweb on Thu Mar 15, 2018 9:31 am

Qs34:6 Dan orang-orang yang diberi ilmu (Ahli Kitab) berpendapat bahwa wahyu yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itulah yang benar dan menunjuki (manusia) kepada jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8777
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cerita tentang Nabi Muhammad ketemu Pendeta Bahira

Post by njlajahweb on Thu Mar 15, 2018 9:33 am

Qs 38:87 Al Quran ini tidak lain hanyalah peringatan bagi semesta alam.
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8777
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cerita tentang Nabi Muhammad ketemu Pendeta Bahira

Post by njlajahweb on Thu Mar 15, 2018 9:33 am

Qs 38:88 Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui (kebenaran) berita Al Quran setelah beberapa waktu lagi.
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8777
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cerita tentang Nabi Muhammad ketemu Pendeta Bahira

Post by njlajahweb on Thu Mar 15, 2018 9:35 am

Qs 41:2 Diturunkan dari Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8777
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cerita tentang Nabi Muhammad ketemu Pendeta Bahira

Post by njlajahweb on Thu Mar 15, 2018 9:36 am

Qs 41:3 Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya, yakni bacaan dalam bahasa Arab, untuk kaum yang mengetahui,
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8777
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cerita tentang Nabi Muhammad ketemu Pendeta Bahira

Post by njlajahweb on Thu Mar 15, 2018 9:37 am

Qs 81:26 maka ke manakah kamu akan pergi?
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8777
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cerita tentang Nabi Muhammad ketemu Pendeta Bahira

Post by njlajahweb on Thu Mar 15, 2018 9:38 am

Qs 81:27 Al Quran itu tiada lain hanyalah peringatan bagi semesta alam,
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8777
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cerita tentang Nabi Muhammad ketemu Pendeta Bahira

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik