FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

TRINITAS DAN KESELAMATAN

Halaman 1 dari 8 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by The seventh on Sun May 25, 2014 2:37 pm

Thread ini saya buat utk memberikan penjelasan kpd Muslim LI yg bnyk mempertanyakan "mengapa TUHAN sendiri yg hrs mengorbankan diriNya utk menyelamatkan manusia berdosa"...

Injil Yohanes memberikan perhatian khusus terhadap keunikan sifat ALLAH..
Yohanes tampaknya menyadari sepenuhnya keesaan dan jg "ketigaan" ALLAH.

Bacalah dlm Yohanes pasal 14 s/d pasal 16, dan hitung jumlah referensi yg mengacu kpd tiga Oknum Keallahan...
Perikop dlm kitab Injil Yohanes ini adalah pemusatan yg paling luas mengenai kesetaraan tiga Oknum Allah.
Di sinilah dinamika antar Trinitas disebutkan berulangkali..
Doktrin mengenai Trinitas,jauh dr segelintir spekulasi abstrak, merupakan kesimpulan yg tdk dpt dihindarkan yg berasal dr penelitian yg sistematik terhadap Alkitab..

Kebenaran khusus dlm konteks ini adalah Keallahan Kristus. Kalau Kristus bukan Allah sepenuhnya, maka kita hanya mempunyai Tuhan yg mengalihkan penghukuman atas dosa2 kita dari satu orang kpd yg lain, sebagai kebalikan dari menimpakan dosa2 itu kpd diri-Nya sendiri.
Pokok utama keseluruhan Injil adalah bhw Allah sendirilah di kayu salib menanggung dosa2 dunia.

Pikirkan hal ini: kalau Yesus hanya makhluk ciptaan saja, dan tdk sepenuhnya Allah, bagaimanakah Ia dapat ( sebagai makhluk ciptaan ) memikul segenap murka Allah terhadap dosa???
Makhluk ciptaan manakah, yang dapat menyelamatkan umat manusia dari pelanggaran hukum Allah yg kudus??
Kalau Yesus bukan Ilahi, maka hukum Allah tidak kudus sebagaimana Allah kudus adanya, krn makhluk ciptaan akan dapat mendamaikan atau menebus pelanggaran thd hukum itu..
Hukum hanya akan sama kudusnya dgn makhluk ciptaan,dan tidak seperti kudusnya Pencipta.
Dosa itu sendiri tdk akan terlalu jahat jika itu semua bisa ditanggung oleh kematian seorg ciptaan dan bukan Pencipta yg membuat pendamaian untuknya..
Faktanya bhw Allah sendirilah yang menanggungnya, dlm Pribadi Kristus, utk menyembuhkan luka dosa menyatakan bukti kuat betapa seriusnya dosa itu...

Juga jaminan keselamatan kita melalui apa yg Kristus telah lakukan utk kita dan bukan melalui usaha kita terbukti bhw Allah sendirilah yang membayar hukuman atas dosa kita.
Apakah yg dpt kita tambahkan kpd hal ini??
Sekiranya Kristus adalah ciptaan, mungkin kita dapat menambahkan sesuatu.
Tetapi dgn Allah, Sang Pencipta, mengorbankan diri-Nya sendiri utk dosa2 kita.....adalah penghinaan sama sekali utk percaya bhw kita dapat menambahkan sesuatu thd pengorbanan itu..

Sebagian org bergumul dgn Keilahian Kristus, krn bagaimana, sementara di sini sebagai manusia, Yesus telah merendahkan diri-Nya sendiri kepada kehendak Bapa. Banyak yg melihat ini sebagai "bukti" bahwa Dia pasti lebih rendah dari Bapa. Namun, kenyataan ini, tdk menggambarkan struktur inti dari Keallahan. Tindakan merendahkan diri ini malah menggambarkan, bagaimana rencana keselamatan telah dijalankan. Yesus hrs datang dlm kemanusiaan, menjadi "taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib"

Ibrani 5:8-9
8. Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya,

9. dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya,

Pernyataan ini menyatakan bhw peran merendahkan diri yg ditunjukkan Yesus dihasilkan oleh penjelmaanNya, yg mana sangat penting dlm rencana keselamatan.
Pernyataan itu tdk membuktikan bhw Dia adalah sesuatu yg lain daripada Allah sepenuhnya dan kekal...

JBU
avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by RHCP on Sun May 25, 2014 11:55 pm

Sorry bro sebelumnya, kalo mungkin ada kata2 gw yg rada2 nyelekit......
Menurut gw gini,
1. Konsep jalan keselamatan kristen itu, berlandaskan pada asumsi negatif bahwa manusia secara moral, adalah makhluk yang bobrok, bejat dan jahat serta sepenuhnya kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3:10-23), akibat dosa Adam dan Hawa dulu. Ini sangat merendahkan nilai kemanusiaan dan mencederai akal sehat.

2. Ajaran ini (menurut gw) dibuat hanya untuk memenuhi selera pembuat "ajaran suci" turunannya, yaitu doktrin penebusan dosa. Yang paling fatal adalah, ajaran ini sangat melecehkan Tuhan karena menganggap Tuhan tidak punya rencana matang hingga mengalami kebingungan, frustasi dan harus/terpaksa mengorbankan diriNYA sendiri.

3. Setelah peristiwa bukit tengkorak itu, bangsa yahudi tetap terjajah, terluka, tidak sejahtera, dan tidak tertebus bahkan sampai ber-abad2 kemudian. Dilihat dari sudut ini, kematian Yesus sptnya sia-sia. Karena ngga ada pengaruh apa2 dari pengorbanan Yesus as. thd bangsa Yahudi.

Mungkin bagi kebanyakan org Kristen, demi iman, biasanya akan berargumen bahwa pengorbanan Yesus as. dan kematiannya tidak dimaksudkan hanya bagi bani israil pada zamannya. melainkan untuk umat manusia secara universal di segala zaman dan tempat.

Tetapi iman spt ini logikanya sgt lemah. Mana mungkin Yesus as. memandang kematiannya memiliki pengaruh secara abadi dan universal, sementara pengaruh secara temporal dan lokal bagi bangsa Yahudi (yang sedang terjajah) aja, ngga ada.

just my 2 cents
 piss
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by The seventh on Tue May 27, 2014 1:09 am

Hehehehe...gpp bro...
Bagi saya kata2 anda ga nyelekit..biasa aja..itu semua kan hasil dr pemikiran anda..jd ga masalah buat saya...

1. Apa yg dikatakan dlm Roma 3 bahwa "semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah" adalah suatu kenyataan yg tidak bisa dibantah...
Tidak ada satu manusiapun yg tidak berbuat dosa..

Yang hrs dipahami adalah dosa yg ada pada manusia skg ini bukanlah dosa Adam dan Hawa yg di"wariskan" kpd kita tetapi akibat Adam dan Hawa telah lebih dulu berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah..maka kitapun keturunannya telah kehilangan kemuliaan Allah..
Mazmur 51:5;
(51-7) Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.

Mazmur 58:3;
(58-4) Sejak lahir orang-orang fasik telah menyimpang, sejak dari kandungan pendusta-pendusta telah sesat.

Yesaya 48:8
Engkau tidak mendengarnya ataupun mengetahuinya, juga telingamu tidak terbuka dari sejak dahulu; tetapi Aku telah mengetahui, bahwa engkau berbuat khianat sekeji-kejinya, dan bahwa orang menyebutkan engkau: pemberontak sejak dari kandungan.

Jadi apa yg dikatakan dlm Roma 3 itu adalah kecenderungan2 manusia berdosa...tidak ada yg salah dgn pernyataan tersebut..

Sebaliknya TUHAN Allah itu Maha Kudus...
Konsep kekudusan ini seharusnya menolong kita lebih baik utk memahami jurang pemisah antara Allah yg kudus dgn umat manusia yg tdk kudus..yg secara nyata adalah org2 berdosa...
Allah "terpisah" dari manusia, bukan hanya krn Dia adalah Pencipta dan manusia adalah ciptaan tetapi krn manusia telah jatuh dalam dosa...

Konsep Keselamatan dlm Alkitab adalah penyelamatan manusia dari akibat2 dosa dan kematian kekal..bukan berlandaskan asumsi negatif spt yg anda kemukakan..

Karena Allah itu Kudus..Hukum-Nya Kudus...dan Surga-Nya pun Kudus..
Maka tidak ada satupun (manusia) yg tidak kudus dpt masuk dlm Surga yg kudus itu...

2. Banyak muslim di forum ini ataupun di luar sana yg salah mengerti ttg makna penebusan dosa ini..
Jangankan muslim..org Kristen pun banyak yg keliru mengartikannya...
Anda mungkin berpikir dgn adanya penebusan dosa maka hanya dgn beriman saja kpd Yesus..org2 Kristen akan (selamat) masuk surga shg penurutan kpd hukum Allah tdk penting lagi..yg penting percaya saja dan beriman saja..
Hal tsb adalah pemahaman yg keliru akan makna dr penebusan dosa itu...
Alkitab mengajarkan bhw iman dan penurutan kpd  hukum2 Allah adalah dua hal yg hrs seiring sejalan...
Wahyu 14:12;
Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.

Namun penurutan akan hukum tidak menyelamatkan manusia (masuk surga), krn keselamatan itu adalah kasih karunia(pemberian) Allah kpd manusia..

Persoalan pola pikir anda yg spt ini : ajaran ini sangat melecehkan Tuhan karena menganggap Tuhan tidak punya rencana matang hingga mengalami kebingungan, frustasi dan harus/terpaksa mengorbankan diriNYA sendiri. ...itu hak anda dlm menilai hal tsb..

Tapi bagi saya;
Justru kerelaanNya (bukan harus ataupun keterpaksaan) mengorbankan diri adalah suatu bukti nyata bhw betapa TUHAN sangat mengasihi saya manusia berdosa ini... Betapa berharganya saya di mataNya...dan betapa beruntungnya saya mempunyai TUHAN seperti DIA..
Shg saya tdk boleh menyia2kan kasihNya itu...maka yg hrs saya lakukan adalah dgn mengasihiNya jg..bgmana caranya??
1Yohanes 5:3
Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat,

Sekalipun laut menjadi tinta...langit menjadi kertas...rumput2 menjadi pena...dan seluruh manusia menjadi penulis.... Menuliskan KASIH TUHAN..akan kering lautan dan langit tdk cukup utk menuliskan segenap kasih itu....

Doktrin penebusan dosa ini sama sekali bukanlah hal yg melecehkan TUHAN,tetapi justru menunjukkan KebesaranNya yg Maha Kasih itu...agar semua manusia sadar bahwa dirinya sangat berharga bagi TUHAN...DIA Sang Khalik itu tdk ingin ada satu manusiapun yg sangat dikasihiNya tidak selamat...

3. Kematian Yesus di kayu salib memang tidak berpengaruh apa2 thd hal2 yg bersifat duniawi...melainkan utk hal2 yg bersifat surgawi...
Dan perlu jg diingat bhw bangsa Israel telah menolak Mesias itu...

Jelas bhw pengorbanan Yesus utk semua orang yg percaya kepadaNya..bukan kata org Kristen..tapi Alkitab yg mengatakannya..
Yohanes 3:16-18;
16. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

17. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

18. Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

Di ayat 16..Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini... Bukan kasih Allah akan bani Israel kan..??
Saya hidup di dunia ini..maka kasih Allah itu berlaku utk saya jg...berlaku jg utk semua manusia yg hidup di dunia ini..
avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by frontline defender on Tue May 27, 2014 9:39 am

@The seventh wrote:Kalau Kristus bukan Allah sepenuhnya, maka kita hanya mempunyai Tuhan yg mengalihkan penghukuman atas dosa2 kita dari satu orang kpd yg lain, sebagai kebalikan dari menimpakan dosa2 itu kpd diri-Nya sendiri.
kenapa musti dialihkan? memangnya nggak bisa diampuni saja apa? piss
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by RHCP on Tue May 27, 2014 3:54 pm

@The seventh wrote:Hehehehe...gpp bro...
Bagi saya kata2 anda ga nyelekit..biasa aja..itu semua kan hasil dr pemikiran anda..jd ga masalah buat saya...
Salut atas kedewasaan loe dalam berfikir, bro...
2 good
@The seventh wrote:1. Apa yg dikatakan dlm Roma 3 bahwa "semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah" adalah suatu kenyataan yg tidak bisa dibantah...
Tidak ada satu manusiapun yg tidak berbuat dosa..

Yang hrs dipahami adalah dosa yg ada pada manusia skg ini bukanlah dosa Adam dan Hawa yg di"wariskan" kpd kita tetapi akibat Adam dan Hawa telah lebih dulu berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah..maka kitapun keturunannya telah kehilangan kemuliaan Allah..
Mazmur 51:5;
(51-7) Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.

Mazmur 58:3;
(58-4) Sejak lahir orang-orang fasik telah menyimpang, sejak dari kandungan pendusta-pendusta telah sesat.

Yesaya 48:8
Engkau tidak mendengarnya ataupun mengetahuinya, juga telingamu tidak terbuka dari sejak dahulu; tetapi Aku telah mengetahui, bahwa engkau berbuat khianat sekeji-kejinya, dan bahwa orang menyebutkan engkau: pemberontak sejak dari kandungan.

Jadi apa yg dikatakan dlm Roma 3 itu adalah kecenderungan2 manusia berdosa...tidak ada yg salah dgn pernyataan tersebut..

Sebaliknya TUHAN Allah itu Maha Kudus...
Konsep kekudusan ini seharusnya menolong kita lebih baik utk memahami jurang pemisah antara Allah yg kudus dgn umat manusia yg tdk kudus..yg secara nyata adalah org2 berdosa...
Allah "terpisah" dari manusia, bukan hanya krn Dia adalah Pencipta dan manusia adalah ciptaan tetapi krn manusia telah jatuh dalam dosa...

Konsep Keselamatan dlm Alkitab adalah penyelamatan manusia dari akibat2 dosa dan kematian kekal..bukan berlandaskan asumsi negatif spt yg anda kemukakan..

Karena Allah itu Kudus..Hukum-Nya Kudus...dan Surga-Nya pun Kudus..
Maka tidak ada satupun (manusia) yg tidak kudus dpt masuk dlm Surga yg kudus itu...
Memang betul, tidak ada manusia yg tidak pernah berbuat salah dan tidak berdosa, Yesus pun pernah berbuat salah dan dosa. Seperti doa Yesus kpd Allah utk mengampuni dosa dan kesalahannya pada matius: 6:12 dan AMPUNILAH KAMI akan KESALAHAN kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami.

Dosa apa yg dilakukan janin dalam kandungan?? atw bayi yg baru lahir?? atw anak2 yang masih belum mengerti baik dan buruk??
"Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. (Markus 10:14)
Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya. (Yehezkiel 18:20)
Dalam persepektif islam, manusia lahir kedunia dalam kondisi fitrah, tanpa dosa, "pure". Allah swt. dengan hikmahNya, telah menciptakan manusia dengan 2 potensi (baik dan buruk). Yang menjadikan manusia  itu baik atw buruk adalah PILIHANnya. Allah telah membebaskan manusia utk berbuat baik atw berbuat jahat dengan konsekuensi masing2. Dan baik-buruk itu telah diajarkan Allah lewat tuntunan para nabi dan rasul utusanNya. KEBEBASAN MEMILIH bagi manusia dalam menjalani hidupnya adalah anugrah Allah atas manusia. Setiap individu akan bertanggung jawab atas pilihannya masing2.
“(yaitu) bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain” (QS Al Najm:38)
“......Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain” (QS Al Israa:15)
“Dan takutlah kamu kepada suatu hari di waktu seseorang tidak dapat menggantikan seseorang lain sedikitpun dan tidak akan diterima suatu tebusan daripadanya dan tidak akan memberi manfaat sesuatu syafa’at kepadanya dan tidak (pula) mereka akan ditolong.” (QS Al Baqarah:123)
Tidak ada seorang manusia-pun yg bisa menanggung dosa orang lain apalagi menanggung dosa seluruh manusia.
@The seventh wrote:2. Banyak muslim di forum ini ataupun di luar sana yg salah mengerti ttg makna penebusan dosa ini..
Jangankan muslim..org Kristen pun banyak yg keliru mengartikannya...
Anda mungkin berpikir dgn adanya penebusan dosa maka hanya dgn beriman saja kpd Yesus..org2 Kristen akan (selamat) masuk surga shg penurutan kpd hukum Allah tdk penting lagi..yg penting percaya saja dan beriman saja..
Hal tsb adalah pemahaman yg keliru akan makna dr penebusan dosa itu...
Alkitab mengajarkan bhw iman dan penurutan kpd  hukum2 Allah adalah dua hal yg hrs seiring sejalan...
Wahyu 14:12;
Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.

Namun penurutan akan hukum tidak menyelamatkan manusia (masuk surga), krn keselamatan itu adalah kasih karunia(pemberian) Allah kpd manusia..

Persoalan pola pikir anda yg spt ini : ajaran ini sangat melecehkan Tuhan karena menganggap Tuhan tidak punya rencana matang hingga mengalami kebingungan, frustasi dan harus/terpaksa mengorbankan diriNYA sendiri. ...itu hak anda dlm menilai hal tsb..

Tapi bagi saya;
Justru kerelaanNya (bukan harus ataupun keterpaksaan) mengorbankan diri adalah suatu bukti nyata bhw betapa TUHAN sangat mengasihi saya manusia berdosa ini... Betapa berharganya saya di mataNya...dan betapa beruntungnya saya mempunyai TUHAN seperti DIA..
Shg saya tdk boleh menyia2kan kasihNya itu...maka yg hrs saya lakukan adalah dgn mengasihiNya jg..bgmana caranya??
1Yohanes 5:3
Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat,

Sekalipun laut menjadi tinta...langit menjadi kertas...rumput2 menjadi pena...dan seluruh manusia menjadi penulis.... Menuliskan KASIH TUHAN..akan kering lautan dan langit tdk cukup utk menuliskan segenap kasih itu....

Doktrin penebusan dosa ini sama sekali bukanlah hal yg melecehkan TUHAN,tetapi justru menunjukkan KebesaranNya yg Maha Kasih itu...agar semua manusia sadar bahwa dirinya sangat berharga bagi TUHAN...DIA Sang Khalik itu tdk ingin ada satu manusiapun yg sangat dikasihiNya tidak selamat...
Jangan salah bro, islam pun mengajarkan demikian. Apapun usaha manusia dalam berbuat kebaikan dan menjauhi keburukan, manusia takkan luput dari dosa, dan sedikitpun tidak akan mampu mengimbangi nikmat kehidupan yg telah Allah berikan. Yang mengantarkannya ke surga hanyalah penyerahan diri, ketundukan, keikhlasan dan kesadaran bahwa itu semua adalah karena Rahmat dan kasih sayang Allah swt. yg sangat besar kepada makhluk ciptaanNYA. Sementara islam itu sendiri artinya adalah menyelamatkan. Jadi ajaran islam adalah ajaran berdasarkan hukum2 Allah yg disampaikan lewat risalah para nabi dan rasul yg akan menyelamatkan manusia. Itulah konsep keselamatan dalam islam.
Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:
Dari Rasulullah saw. bahwa beliau bersabda: Tidak seorang pun di antara kalian yang akan diselamatkan oleh amal perbuatannya. Seorang lelaki bertanya: Engkau pun tidak, wahai Rasulullah? Rasulullah saw. menjawab: Aku juga tidak, hanya saja Allah melimpahkan rahmat-Nya kepadaku akan tetapi tetaplah kalian berusaha berbuat dan berkata yang benar.
(Shahih Muslim No.5036)
Tapi..... ada perbedaan yg mendasar bro...
Konsep keselamatan dan penebusan dosa manusia dengan mengorbankan nyawa manusia, sebagai penebusan dosa, dgn kata lainnya TUMBAL PENEBUS DOSA, ini bukan ajaran para nabi. Ajaran ini adalah adopsi dari para penyembah berhala. Ajaran ini tidak berlandaskan pada hukum Tuhan, yg dibawa para nabi dan rasul.

Dalam hukum taurat ada jalan utk menebus dosa manusia.
Karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya dan Aku telah memberikan darah itu  kepadamu diatas mezbah untuk mengadakan perdamaian bagi nyawamu, karena darah mengadakan perdamain dengan perantaraan nyawa’ (Imamat 17: 11)
“Harun harus mempersembahkan lembu jantan yang akan , ia harus menjadi korban penghapus dosa baginya sendiri dan mengandakan pendamaian baginya dan bagi keluarganya menyembelih lembu jantan itu”. (Imamah 16:11)
“Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan”.(Ibrani  9:22)
......Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah, betapa lebihnya darah kristus, yang oleh Roh yang kekal telah memperembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagi persembahan yang tak ber cacat,.........  (Ibrani 9:12-14)
Apakah menurut logika kristen, kalau darah dan nyawa hewan saja bisa menghapus dosa-dosa manusia, betapa lebihnya darah dan nyawa Yesus, sebagai korban yang paling sempurna dan tak bercacat??
@The seventh wrote:3. Kematian Yesus di kayu salib memang tidak berpengaruh apa2 thd hal2 yg bersifat duniawi...melainkan utk hal2 yg bersifat surgawi...
Dan perlu jg diingat bhw bangsa Israel telah menolak Mesias itu...

Jelas bhw pengorbanan Yesus utk semua orang yg percaya kepadaNya..bukan kata org Kristen..tapi Alkitab yg mengatakannya..
Yohanes 3:16-18;
16. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

17. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

18. Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

Di ayat 16..Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini... Bukan kasih Allah akan bani Israel kan..??
Saya hidup di dunia ini..maka kasih Allah itu berlaku utk saya jg...berlaku jg utk semua manusia yg hidup di dunia ini..
Bro, klo pengaruh duniawi aja ngga ada, lalu apa dasarnya loe percaya klo nanti akan ada pengaruh surgawi?? Yesus sendiri menyatakan bahwa dia diutus hanya utk bani israil dan bani israil ngga percaya, sedangkan loe yg bkn bani israil percaya?? Gimana nih, bro...??

Dalam ajaran Islam, Allah itu maha pengampun. Bila kita berdosa dan melakukan perbuatan2 yg melampaui batas, maka kita harus bertaubat sungguh2 dan meminta ampun atas kesalahan dengan berjanji tidak akan mengulangi, maka Dia akan mengampuni dosa2 kita.
Seperti Adam as. dan bunda Siti Hawa yg bertaubat setelah berbuat dosa, shg diusir oleh Allah.
Keduanya berkata: "Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.(QS: Al-A'raf Ayat: 23)
Maka Allah menerima taubat dan mengampuni dosa keduanya.
“Katakanlah :  “Hai hamba-hamba-Ku yang melampui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu putus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang”. (QS : Az-Zumar : 53)
Wujud rahmat dan kasih sayang Allah terhadap manusia adalah dengan KEBEBASAN MEMILIH (free will) dalam menjalani hidupnya didunia dengan konsekuensinya masing2. Serta luasnya rahmat dan kasih sayangNya yg jauh melebihi kemurkaanNya. Jadi, setiap individu akan bertanggung jawab atas pilihannya masing2. Beda dengan dogma kristen yg berpendapat bahwa rahmat dan kasih sayang Allah terhadap manusia, ditunjukkan lewat "His Begotten Son" dan pengorbanannya di kayu salib utk menebus dosa manusia.

Islam mengkritik (bukan bermaksud menghina atw melecehkan) konsep penebusan dosa dalam kristen. Karena tidak logis dan lemah pondasinya serta tidak berlandaskan pada ajaran para nabi dan rasul termasuk Yesus as.
 piss
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by The seventh on Thu May 29, 2014 3:47 pm

@frontline defender wrote:
@The seventh wrote:Kalau Kristus bukan Allah sepenuhnya, maka kita hanya mempunyai Tuhan yg mengalihkan penghukuman atas dosa2 kita dari satu orang kpd yg lain, sebagai kebalikan dari menimpakan dosa2 itu kpd diri-Nya sendiri.
kenapa musti dialihkan? memangnya nggak bisa diampuni saja apa? piss
Justru penebusan dosa ini adalah bentuk pengampunan dari Tuhan...
Jadi manusia yg telah berdosa itu tidak harus lagi menanggung murka Allah yg dahsyat...
Siapakah manusia yg dapat tahan thd murka dan penghukuman Allah?? TIDAK ADA...
avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by The seventh on Thu May 29, 2014 4:02 pm

@RHCP
Kutipan ayat yg anda ambil dr Matius 6..bukan doa Yesus kpd Allah, tetapi itu adalah doa yg diajarkan oleh Yesus...
Matius 6:5-15
Hal Berdoa
5. "Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

6. Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

7. Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan.

8. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.

9. Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,

10. datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.

11. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya

12. dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;

13. dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.)

14. Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.

15. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

Sekalipun Yesus yg dlm rupa manusia tetapi Dia tdk berdosa...

Bersambung......
avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by RHCP on Thu May 29, 2014 6:17 pm

@The seventh wrote:@RHCP
Kutipan ayat yg anda ambil dr Matius 6..bukan doa Yesus kpd Allah, tetapi itu adalah doa yg diajarkan oleh Yesus...
Matius 6:5-15
Hal Berdoa
--------
--------
Sekalipun Yesus yg dlm rupa manusia tetapi Dia tdk berdosa...

Bersambung......
Menurut ajaran kristen sendiri, dosa berawal dari Adam dan hawa, seperti yg telah gw sebutkan diatas.
Mengutip ayat yg sempat loe kutip juga,
Mazmur 51:5 (51-7) Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.
Yesus keturunan maria, sedangkan maria adalah keturunan adam dan hawa. Jadi Yesus berdosa karena beliau dilahirkan oleh keturunan adam dan hawa....
 piss
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by frontline defender on Thu May 29, 2014 8:25 pm

@The seventh wrote:Justru penebusan dosa ini adalah bentuk pengampunan dari Tuhan...
Jadi manusia yg telah berdosa itu tidak harus lagi menanggung murka Allah yg dahsyat...
Siapakah manusia yg dapat tahan thd murka dan penghukuman Allah?? TIDAK ADA...
diampuni apanya? lha itu masih ada murkanya, cuman pindah/beralih doank ke obyek lain! mana 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by SEGOROWEDI on Thu May 29, 2014 9:40 pm

@RHCP wrote:
@The seventh wrote:@RHCP
Kutipan ayat yg anda ambil dr Matius 6..bukan doa Yesus kpd Allah, tetapi itu adalah doa yg diajarkan oleh Yesus...
Matius 6:5-15
Hal Berdoa
--------
--------
Sekalipun Yesus yg dlm rupa manusia tetapi Dia tdk berdosa...

Bersambung......
Menurut ajaran kristen sendiri, dosa berawal dari Adam dan hawa, seperti yg telah gw sebutkan diatas.
Mengutip ayat yg sempat loe kutip juga,
Mazmur 51:5 (51-7) Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.
Yesus keturunan maria, sedangkan maria adalah keturunan adam dan hawa. Jadi Yesus berdosa karena beliau dilahirkan oleh keturunan adam dan hawa....
 piss

kan sudah dituliskan: DIKANDUNG DARI ROH KUDUS
bukan dari benih manusia (maria-yusuf)

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by RHCP on Thu May 29, 2014 9:55 pm

@SEGOROWEDI wrote:
kan sudah dituliskan: DIKANDUNG DARI ROH KUDUS
bukan dari benih manusia (maria-yusuf)
Tetep aja dikandung 9 bulan oleh bunda maryam...
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by SEGOROWEDI on Thu May 29, 2014 9:58 pm


iya..
tapi bukan dari benih manusia (maria-yusuf)

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by RHCP on Thu May 29, 2014 10:03 pm

Mazmur 51:5 (51-7) Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.

apakah ayat diatas itu khusus untuk Daud??? Yesus sampe dinyanyiin sbg anak Daud, lho???
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by SEGOROWEDI on Thu May 29, 2014 10:10 pm


yang nulis mazmur itu kan daud
daud dari benih manusia (ortunya)
'Anak Daud' jangan dimaknai harfiah/biologis/genetis

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by RHCP on Thu May 29, 2014 10:33 pm

Sesuai perkiraan gw, loe pasti jawab bgtu.
 usil 
Maria tetap berperan dalam kelahiran Yesus, sebab jika tidak ada maria, "benih Tuhan" tidak akan menjadi Yesus?? Jadi yesus tetaplah manusia keturanan adam bernama maria....
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by SEGOROWEDI on Thu May 29, 2014 10:38 pm


terlahir dari maria..
tetapi bukan dari benihnya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by RHCP on Thu May 29, 2014 10:48 pm

wakakakakak.....

jadi yesus ngga diakui anak oleh maria atw sebaliknya yesus ngga mengakui maria sbg ibunya. Jadi maria itu sbg vessel doang??

ckckckckck....
apa2an lagi nih????
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by SEGOROWEDI on Thu May 29, 2014 10:55 pm


terlahir darinya..
tentu anaknya dan anak suaminya (yusuf)
secara hukum anak mereka

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by The seventh on Thu May 29, 2014 10:59 pm

@RHCP wrote:
@The seventh wrote:@RHCP
Kutipan ayat yg anda ambil dr Matius 6..bukan doa Yesus kpd Allah, tetapi itu adalah doa yg diajarkan oleh Yesus...
Matius 6:5-15
Hal Berdoa
--------
--------
Sekalipun Yesus yg dlm rupa manusia tetapi Dia tdk berdosa...

Bersambung......
Menurut ajaran kristen sendiri, dosa berawal dari Adam dan hawa, seperti yg telah gw sebutkan diatas.
Mengutip ayat yg sempat loe kutip juga,
Mazmur 51:5 (51-7) Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.
Yesus keturunan maria, sedangkan maria adalah keturunan adam dan hawa. Jadi Yesus berdosa karena beliau dilahirkan oleh keturunan adam dan hawa....
 piss
Yesus dikandung dari Roh Kudus...bukan terlahir dr proses sel telur yg dibuahi sel sperma..
Itulah bedanya "Manusia" Yesus dgn manusia pada umumnya...
Tidak ada satupun manusia ( sekalipun nabi ) di dunia ini yg di kandung dr Roh Kudus selain dari Yesus Kristus..
Semua manusia di dunia ini terlahir krn proses sel telur yg dibuahi sel sperma kecuali Adam dan Hawa ( Adam diciptakan dari debu tanah , sedangkan Hawa tercipta dari tulang rusuk Adam )

Maria hanyalah org yg dipilih oleh Tuhan sebagai salah satu yg berperan dlm rencana penebusan...krn Maria dipandang oleh Tuhan sbg perempuan yg masih "suci"


avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by SEGOROWEDI on Thu May 29, 2014 11:19 pm


selain itu..
Roh dalam tubuh manusia Yesus adalah Roh Kudus/Roh Allah
bukan roh manusia seperti kita-kita

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by RHCP on Thu May 29, 2014 11:34 pm

@The seventh wrote:
Yesus dikandung dari Roh Kudus...bukan terlahir dr proses  sel telur yg dibuahi sel sperma..
Itulah bedanya "Manusia" Yesus dgn manusia pada umumnya...
Tidak ada satupun manusia ( sekalipun nabi ) di dunia ini yg di kandung dr Roh Kudus selain dari Yesus Kristus..
Semua manusia di dunia ini terlahir krn proses sel telur yg dibuahi sel sperma kecuali Adam dan Hawa (  Adam diciptakan dari debu tanah , sedangkan Hawa tercipta dari tulang rusuk Adam )

Maria hanyalah org yg dipilih oleh Tuhan sebagai salah satu yg berperan dlm rencana penebusan...krn Maria dipandang oleh Tuhan sbg perempuan yg masih "suci"
Mungkin loe pernah dengar istilah parthenogenesis, bro....
atau mungkin pernah liat ini

atau baca ini??
http://id.wikipedia.org/wiki/Lina_Medina

Jaman bunda maryam dulu kelahiran tanpa ayah mungkin disebut mukjizat. Gw percaya itu adalah mukjizat pada jaman dahulu. Tapi di dunia modern sekarang telah menunjukkan bahwa hal itu bukanlah hal yg tidak dapat dijelaskan secara medis dan ilmiah. Karena sudah ada beberapa kasus parthenogenesis terjadi pada manusia.
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by The seventh on Thu May 29, 2014 11:36 pm

@SEGOROWEDI wrote:
selain itu..
Roh dalam tubuh manusia Yesus adalah Roh Kudus/Roh Allah
bukan roh manusia seperti kita-kita
Yup...benar sekali..
 2 good 
avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by Kedunghalang on Thu May 29, 2014 11:38 pm

@SEGOROWEDI wrote:
selain itu..
Roh dalam tubuh manusia Yesus adalah Roh Kudus/Roh Allah
bukan roh manusia seperti kita-kita

SEGO MENGKHAYAL

Roh Yesus, ya roh manusia biasa, karena Yesus sudah wafat, menurut Hadits & PL dalam usia 120 tahun.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by SEGOROWEDI on Thu May 29, 2014 11:53 pm


baca dong Injil..
jangan ceplosan muhammad 600 tahun kemudian
dan ceplosan ghulam 2000 taun kemudian

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by Kedunghalang on Fri May 30, 2014 12:26 am

Injil yang satu tertuis Yusuf anak Yakub, yang lain tertulis Yusuf anak Eli, KACAU BALAU.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: TRINITAS DAN KESELAMATAN

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 8 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik