FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Halaman 3 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by F-22 on Wed Mar 05, 2014 12:27 am

First topic message reminder :

Konsep "berbuat baik" akan mendapat "kebaikan" dlm islam itu sebenarnya konsep yg SANGAT UMUM (universal) diantara semua manusia, bukan cuma dlm islam doank.

Secara "instink" hampir semua manusia baik sadar atau tidak mempunyai "pemahaman" kalo orang berbuat baik akan mendapat balasan yg baik pula. Mungkin waktu kecil diajari kalo berbuat baik akan mendapat balasan yg setimpal. Mungkin juga dr pengalaman berinteraksi dg sesama manusia, kalo kau berbuat baik kpd orang maka orang tsb akan membalas berbuat kebaikan kpdmu. Kalo kau mengirim kue ke tetanggamu, di lain waktu tetanggamu akan mengirim kue juga kpdmu dst.

Jadi sebenarnya tidak perlu Tuhan/agama utk mengajari orang berbuat baik akan mendapat balasan yg baik juga. Orang tidak ber-tuhan pun secara instink juga akan mempunyai pengertian hal yg sama.

Jadi ketika manusia mulai berusaha "mencari" Tuhan, ketika manusia mulai berusaha membuat agama/kepercayaan, LOGIKA yg sama mereka terapkan dlm agama/kepercayaan yg mereka buat. Makanya hampir semua agama di muka bumi ini ajaran utamanya spy mencapai "keselamatan" di akherat adalah dg mengajarkan "kebaikan", orang baik akan masuk surga dst.

Dalam agama budha kalo seseorang berbuat baik selama hidupnya akan mendapat karma yg baik pula, setelah reinkarnasi akan mendapat kehidupan baru yg lebih baik. Bahkan sampe ke aliran kepercayaan spt kebatinan dll pun mempunyai konsep yg hampir sama, berbuatlah kebaikan sebanyak2nya maka kau akan selamat di akherat.

Jadi sebenarnya konsep orang berbuat baik akan mendapat kebaikan pula adalah konsep yg SANGAT LUMRAH di antara umat manusia baik yg beragama atau yg tidak punya agama sekalipun.

Konsep dasar penebusan dosa dlm islam adalah di akherat pahala & dosa muslim akan ditimbang besar mana. Kalo besar pahalanya akan masuk syurga kalo sebaliknya masuk neraka.

Pahala akan diperoleh muslim jika mereka "berbuat baik" dg cara beribadah & beramal. Beribadah adalah "berbuat baik" kpd Tuhan, sedangkan beramal adalah berbuat baik kpd sesama manusia spt bersodakoh kpd anak yatim & janda2 dll.

Dalam islam konsep berbuat baik atau PAHALA dlm istilah mereka malah lebih jauh lagi. Membaca quran, menggauli istri dll bahkan mungkin sampe kentut pun bisa mendatangkan pahala juga (katanya). Bahkan sampe ada IMING2 spt kalo sholat di tempat2 mustajab spt di mekkah bisa dapat pahala sekian ribu kali lipat dr tempat biasa. Kalo berbuat kebaikan di bulan puasa akan dapat pahala berlipat ganda dst. Jadi spt di jaman skrg, dlm islam di sikon tertentu ada juga PROMO atau BONUS BERHADIAH pahala he he heee .........

Tapi sebenarnya gimana seh PIKIRAN TUHAN dalam taurat, benarkah kebaikan manusia bisa membuat Tuhan "terharu" shg akan menghapus dosa manusia ???
“Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor.” (Yesaya 64:6)
Dalam kitab yesaya Tuhan berkata kebaikan manusia itu spt KAIN LAP saja. Bisa dibayangkan betapa muaknya Tuhan melihat munafikun2 berlomba2 berbuat kebaikan dg tujuan agar dosanya bisa dihapus/dikurangi.
Imamat 16
15 Lalu ia harus menyembelih domba jantan yang akan menjadi korban penghapus dosa bagi bangsa itu dan membawa darahnya masuk ke belakang tabir, kemudian haruslah diperbuatnya dengan darah itu seperti yang diperbuatnya dengan darah lembu jantan, yakni ia harus memercikkannya ke atas tutup pendamaian dan ke depan tutup pendamaian itu.
16  Dengan demikian ia mengadakan pendamaian bagi tempat kudus itu karena segala kenajisan orang Israel dan karena segala pelanggaran mereka, apapun juga dosa mereka. Demikianlah harus diperbuatnya dengan Kemah Pertemuan yang tetap diam di antara mereka di tengah-tengah segala kenajisan mereka.
Bahkan secara jelas dlm taurat TUHAN berkata dosa manusia cuma bisa dihapus dg darah hewan, BUKAN dg pahala dr hasil beramal & beribadah !!!

Sebenarnya konsep dosa tidak bisa ditebus dg berbuat baik itu bukan cuma dlm taurat doank, KESADARAN manusia sebenarnya juga mengatakan hal yg sama.

Coba saja lihat di PENGADILAN, bisa ndak tindak pidana kejahatan dihapus dg kebaikan ??? Bisa ndak orang korupsi 100 juta kemudian dia bersodakoh 200 juta kpd anak yatim & janda2 terus meminta pengadilan utk membebaskannya ??? Tidak bisa khan ???

Ya memang mungkin ada faktor ukt membuat orang jera, tapi tetap saja ada kesadaran manusia kalo KEJAHATAN itu harus dihukum. Tidak bisa diganti dg berbuat baik.

Jadi dlm kasus korupsi 100 jt terus beramal 200 juta:

  • Dalam PENGADILAN MANUSIA amal tidak bisa menghapus kejahatan. Orang tsb tetap harus masuk penjara.
  • Dalam taurat sama juga, amal ibadah TIDAK BISA menghapus dosa. Satu2nya yg bisa menghapus dosa cuma korban darah hewan.
  • Tapi dalam islam koruptor tsb akan masuk surga krn setelah ditimbang di akherat, pahala si koruptor 200 jt lebih besar dr dosanya yg korupsi 100 jt. Konyol ndak ???

Lho tapi dalam taurat koq aneh, amal ibadah tidak bisa menghapus dosa manusia tapi darah hewan koq malah bisa menghapus dosa manusia. Bener2 ajaib neh ???? Tentu ini pertanyaan muslim.

Sebenarnya ini persoalan sederhana, darah hewan di PL adalah "lambang" pengorbanan YESUS KRISTUS di atas kayu salib:
Ibrani 9
13  Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah,
14  betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.
TUHAN adalah YANG MAHA MEMPERSIAPKAN. Sebelum peristiwa pengorbanan YESUS untuk menebus dosa manusia di kayu salib, TUHAN sudah memberikan "perlambang" di PL bgmn darah hewan bisa menghapus dosa manusia. Spy manusia itu bisa MENGERTI kalo pengorbanan YESUS di kayu salib memang utk menebus dosa manusia.

Kisah ini semakin menguatkan kalo sebenarnya islam itu sama sekali tidak ada hubungannya dg agama yahudi atau kristen. Muslim boleh2 saja mengklaim kalo islam itu "menyempurnakan" agama2 sebelumnya tapi sebenarnya islam itu cuma "menyemprulkan" agama2 sebelumnya. TUHAN nabi2 yahudi mempunyai rumah di bait sulaiman, sedangkan alloh swt tuhannya islam mempunyai rumah di kabah. Dlm agama yahudi/kristen tidak ada bidadari, dlm islam tiba2 dikatakan muslim di akherat akan meniduri bidadari ayu montoq dst.

Islam itu sebenarnya cuma ajaran yahudi/kristen yg dicomot sana-sini + pemikiran manusia. Konsep manusia berbuat baik akan dibalas dg kebaikan itu sebenarnya cuma INSTINK PRIMITIF manusia dimana hampir semua manusia mempunyai pemahaman yg sama baik beragama apapun bahkan yg tidak punya agama sekalipun.

Muslim boleh berdalih muhammad buta huruf tidak mungkin membaca kitab suci agama lain utk ditiru. Kalopun bener muhammad buta huruf tapi yg jelas muhammad tidak TULI bukan ??? Mungkin saja khan muhammad pernah mendengar kisah2 ttg adam & hawa, musa, daud, sulaiman dll ??? Bukankah saat itu banyak orang yahudi & kristen di sekitar muhammad ??? Bukankah tante muhammad yg bernama waraqaah adalah seorang pendeta kristen ???


 ehmm
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down


Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by EHAN on Sat Mar 08, 2014 4:20 pm

@aliumar wrote:berarti utk dosa nya tsb ia tidak dihukum?
berarti juga kan amalannya yg lebih banyak dari dosa nya tsb telah bisa menghapuskan dosanya yg lebih sedikit.

kategori dosa apa yang di maksud,, tidak ada hapus hapusan.
dosa besar kah atau dosa kecil. kebanyakan orang tidak sadar akan dosa kecil. sementara dosa besar cenderung memohon ampun, dan bertobat dengan sungguh2.

Jika nanti pas udah di akhirat amal shaleh tidak bisa lagi utk menebus/menghapus/menyelesaikan dosa/kesalahan kita, lantas Buat apa perlunya amal shaleh diambil dari pemiliknya tsb?
Sudah pasti menambah berat pahala.. kan di mabil karena menyakiti si korban, jadi pahala yang di ambil buat si korban. makanya ada hadist yang memberi peringatan bahaya perbuatan yang zalim kepada sesama manusia.

Kata Quran: dosa seseorang ga akan bisa dipikulkan/ditimpakan ke org lain (An Najm 38), tapi lihat yg merah tuh: "diambillah kejelekan/kesalahan yang dimiliki oleh orang yang didzaliminya lalu ditimpakan kepadanya".-----> berarti kan dosa/kesalahan bisa ditimpakan / dipindahkan ke org lain.

Gak konsisten niy ajaran Islam.



anda salah pengertian dalam ayat ini,, ini merupaka teguran kepada manusia bahwa dosa itu di tanggung masing2. tidak ada istilah, " jika anda mau membunuh si A, maka dosanya saya yang akan menanggung".. itulah maksud ayat diatas.

Masalah melakukan perbuatan yang sebelumnya ialah balasan bagi orang2 yang zalim kepada sesama manusia tapi tidak meminta maaf. KECUALI sudah meminta maaf.

Jadi sesuai tulisan saya lagi. URUSAN DI DUNIA SELESAIKAN DI DUNIA..
jadi ini bukan tidak konsisten. karena konteksnya dalam perbuatan di dunia. bukan proses akhirat

[53:39] dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya,
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sat Mar 08, 2014 5:48 pm

@Ehan:
kategori dosa apa yang di maksud,, tidak ada hapus hapusan.
dosa besar kah atau dosa kecil. kebanyakan orang tidak sadar akan dosa kecil. sementara dosa besar cenderung memohon ampun, dan bertobat dengan sungguh2.
biar ga tambah bingung, gini aja, pake contoh kasus:

Si A punya sebuah dosa berbohong yg belum sempat minta ampun/minta maaf di dunia, baik kpd korban, maupun kpd Allah. Jadi Si A punya dosa yg belum sempat ia selesaikan di dunia.

Tapi si A ini sangat rajin beramal shaleh.

Pas sudah diakhirat, saat penimbangan, semua total amal shaleh nya > semua total dosa2 nya.

Apakah ia akan langsung masuk surga tanpa harus mencuci dosa berbohongnya di neraka yg belum sempat ia selesaikan di dunia tsb?

Sudah pasti menambah berat pahala.. kan di mabil karena menyakiti si korban, jadi pahala yang di ambil buat si korban. makanya ada hadist yang memberi peringatan bahaya perbuatan yang zalim kepada sesama manusia.
kisah di hadist tsb menceritakan peristiwa saat sudah di akhirat.
Nah pahala amal shaleh tsb diambil dan dipindahkan ke si korban kan utk menyelesaikan (menebus) kesalahan org tsb kpd si korban krn belum terselesaikan di dunia. Itu berarti amal shaleh pas di akhirat bisa digunakan utk menebus dosa2 kita di dunia yg belum sempat diselesaikan di dunia.

anda salah pengertian dalam ayat ini,, ini merupaka teguran kepada manusia bahwa dosa itu di tanggung masing2
jadi menurut ajaran Islam, pas nanti di akhirat saat penghakiman Allah,
Apakah dosa/kesalahan seseorang itu bisa di"transfer" (dipindahkan utk ditimpakan) ke org lain?

a) Bisa

ataukah

b) Tidak Bisa


Jawab to the point: "Bisa", atau "Tidak bisa"?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by said on Sun Mar 09, 2014 5:09 am

itu hanya salah salah satu bentuk hukuman, jadi kronologisnya begini:

mati.
pencatatan amal dan dosa terhenti, stop.
saat penimbangan amal vs dosa:
diketahui ada dosa kepada sesama manusia yang belum termaafkan oleh orang yang jadi korbannya, maka lalu amal dari si pendosa DIPERHITUNGKAN dengan dosa orang yang jadi korbannya, jadi bukan ditransfer, tapi diperhitungkan, untuk menghapus dosa orang yang jadi korbannya, jika amalnya banyak, kemungkinan masih ada sisa amalnya, yang kemudian diperhitungkan dengan dosa-dosanya yang lain yang belum sempat dimohonkan ampunan kepada Allah, sehingga jika masih tersisa amalnya, meski hanya sedikit, maka ia bisa langsung masuk surga, meski menempati surga yang level bawah.
Tapi kalau amalnya sudah habis, dan sisa dosanya lebih banyak daripada sisa amalnya, maka harus dicuci di neraka dulu, baru kelak jika sudah habis masa hukumannya bisa diangkat ke surga, dengan syarat punya keimanan Islam, meski hanya seberat biji sawi.

said
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 53
Kepercayaan : Islam
Location : usa
Join date : 08.03.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by EHAN on Sun Mar 09, 2014 7:58 am

@aliumar wrote:Apakah ia akan langsung masuk surga tanpa harus mencuci dosa berbohongnya di neraka yg belum sempat ia selesaikan di dunia tsb?

Emang berbohongnya itu seperti apa??
apakah berbohongnya sampai membuat orang lain celaka ( fitnah keji )??, apakah hanya kepada satu orang ia berbohong??, apakah bohongnya pada satu orang itu menyebabkan kerugian orang banyak.??

jika seperti itu, siap2 bangkrut seperti dalam hadist. dan masuk neraka.

Namun jika berbohong untuk menutupi aibnya, malunya, tapi tidak merugikan orang lain. maka dosanya hanya kepada Allah. dan kalau bisa segera meminta ampun, di dalam islam ada namanya tobat nasuha, tobat yang sungguh2 dan tidak mengulanginya lagi.

jika tobatnya di terima, maka ya masuk surga. akan tetapi dosa manusia bukan hanya berbohong toh, ada dosa2 lain yang tidak di sadari di jalankan.

Itu berarti amal shaleh pas di akhirat bisa digunakan utk menebus dosa2 kita di dunia yg belum sempat diselesaikan di dunia.



iya,
mengenai konteks surat an najm sudah clear belum
[53:38] (yaitu) bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain,

[53:39] dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya,

@aliumar wrote:jadi menurut ajaran Islam, pas nanti di akhirat saat penghakiman Allah,
Apakah dosa/kesalahan seseorang itu bisa di"transfer" (dipindahkan utk ditimpakan) ke org lain?
Bisa, kan sudah di jawab dengan sangat tegas, kenapa terjadi proses transfer juga sudah di jelaskan. engak bisa asal transfer aja. seperti mau bantu anak atau saudara.

jika anda mempermasalahkan ayat An najm, konteksnya sudah saya jelaskan. dan saya analogikan.
@ehan wrote:anda salah pengertian dalam ayat ini,, ini merupaka teguran kepada manusia bahwa dosa itu di tanggung masing2. tidak ada istilah, " jika anda mau membunuh si A, maka dosanya saya yang akan menanggung".. itulah maksud ayat diatas.
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by yakobus on Sun Mar 09, 2014 8:43 am

@said wrote:itu hanya salah salah satu bentuk hukuman, jadi kronologisnya begini:

mati.
pencatatan amal dan dosa terhenti, stop.
saat penimbangan amal vs dosa:
diketahui ada dosa kepada sesama manusia yang belum termaafkan oleh orang yang jadi korbannya, maka lalu amal dari si pendosa DIPERHITUNGKAN dengan dosa orang yang jadi korbannya, jadi bukan ditransfer, tapi diperhitungkan, untuk menghapus dosa orang yang jadi korbannya, jika amalnya banyak, kemungkinan masih ada sisa amalnya, yang kemudian diperhitungkan dengan dosa-dosanya yang lain yang belum sempat dimohonkan ampunan kepada Allah, sehingga jika masih tersisa amalnya, meski hanya sedikit, maka ia bisa langsung masuk surga, meski menempati surga yang level bawah.
Tapi kalau amalnya sudah habis, dan sisa dosanya lebih banyak daripada sisa amalnya, maka harus dicuci di neraka dulu, baru kelak jika sudah habis masa hukumannya bisa diangkat ke surga, dengan syarat punya keimanan Islam, meski hanya seberat biji sawi.
Aroma menjiplak terasa sekali.Siksaan yang dijalani di dalam Api penyucian tidak bisa dibandingkan dengan penderitaan yang paling menyiksa yang ada di dunia ini. Hal itu digambarkan oleh Santo Thomas Aquinas dengan kalimat : Hukuman yang paling ringan di Api Punyucian beratnya melampaui semua penderitaan yang ada di dunia ini. Sejalan dengan itu Thomas A Kempis mengatakan : Satu jam penyiksaan lebih mengerikan dari pada seratus tahun menjalankan penebusan dosa yang keras yang kita lakukan di dunia ini. Hal itu dikarenakan, yang disiksa adalah “jiwa”, bukan sekedar “fisik”.

 2 good 

yakobus
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 118
Kepercayaan : Katolik
Location : Samaria
Join date : 07.06.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by EHAN on Sun Mar 09, 2014 9:00 am

@yakobus wrote:
@said wrote:itu hanya salah salah satu bentuk hukuman, jadi kronologisnya begini:

mati.
pencatatan amal dan dosa terhenti, stop.
saat penimbangan amal vs dosa:
diketahui ada dosa kepada sesama manusia yang belum termaafkan oleh orang yang jadi korbannya, maka lalu amal dari si pendosa DIPERHITUNGKAN dengan dosa orang yang jadi korbannya, jadi bukan ditransfer, tapi diperhitungkan, untuk menghapus dosa orang yang jadi korbannya, jika amalnya banyak, kemungkinan masih ada sisa amalnya, yang kemudian diperhitungkan dengan dosa-dosanya yang lain yang belum sempat dimohonkan ampunan kepada Allah, sehingga jika masih tersisa amalnya, meski hanya sedikit, maka ia bisa langsung masuk surga, meski menempati surga yang level bawah.
Tapi kalau amalnya sudah habis, dan sisa dosanya lebih banyak daripada sisa amalnya, maka harus dicuci di neraka dulu, baru kelak jika sudah habis masa hukumannya bisa diangkat ke surga, dengan syarat punya keimanan Islam, meski hanya seberat biji sawi.
Aroma menjiplak terasa sekali.Siksaan yang dijalani di dalam Api penyucian tidak bisa dibandingkan dengan penderitaan yang paling menyiksa yang ada di dunia ini. Hal itu digambarkan oleh Santo Thomas Aquinas dengan kalimat : Hukuman yang paling ringan di Api Punyucian beratnya melampaui semua penderitaan yang ada di dunia ini. Sejalan dengan itu Thomas A Kempis mengatakan : Satu jam penyiksaan lebih mengerikan dari pada seratus tahun menjalankan penebusan dosa yang keras yang kita lakukan di dunia ini. Hal itu dikarenakan, yang disiksa adalah “jiwa”, bukan sekedar “fisik”.

 2 good 
emang santo Thomas Aquinas megambil sumber dari mana, ??
jika menjiplak santo thomas, emang santo thomas hidup di tahun berapa?
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sun Mar 09, 2014 10:30 am

@Ehan:
Emang berbohongnya itu seperti apa??
apakah berbohongnya sampai membuat orang lain celaka ( fitnah keji )??, apakah hanya kepada satu orang ia berbohong??, apakah bohongnya pada satu orang itu menyebabkan kerugian orang banyak.??

jika seperti itu, siap2 bangkrut seperti dalam hadist. dan masuk neraka.

kenapa masuk neraka? kan amal nya > dosa nya.

dan di post 47 kamu bilang jika hasil penimbangan amal > dosa --->langsung masuk surga.

@EHAN wrote:
@aliumar wrote: Jadi kalau amal > dosa, maka dosa nya tsb ga perlu dicuci di neraka dulu?alias langsung ke surga (ga perlu ke neraka dulu buat cuci dosa) ?

IYA,

Jadi kondisi waktu penghakiman si A di akhirat sbb:
Mengingat:
1. Seluruh total amalnya > seluruh total dosa nya
2. Ada sebuah dosa yg belum sempat ia selesaikan di dunia (belum sempat minta maaf kpd korban dan belum sempat juga memohon ampun kpd Allah).

Maka bagaimanakah keputusan vonis bagi si A:
Si A:
a) Langsung ke Surga (krn point 1)

ataukah

b) masuk dulu ke neraka buat menyelesaikan hukuman dosa yg belum sempat ia selesaikan di dunia (''mencuci'' dosanya dulu di neraka).


Terakhir diubah oleh aliumar tanggal Sun Mar 09, 2014 10:49 am, total 1 kali diubah

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sun Mar 09, 2014 10:40 am

@EHAN wrote:
Itu berarti amal shaleh pas di akhirat bisa digunakan utk menebus dosa2 kita di dunia yg belum sempat diselesaikan di dunia.
iya,
sebelumnya kamu bilang "tidak bisa". Kenapa sekarang bilang "iya" (bisa)?

post 47:
@EHAN wrote:jika sudah di akhirat. tidak ada amal yang dapat menghapus dosa lagi

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sun Mar 09, 2014 10:55 am

[53:38] (yaitu) bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain,

Kalau pada akhirnya pas di akhirat dosa seseorang "ditransfer" (ditimpakan) ke org lain, itu kan berarti si org yg mendapat "transferan" dosa, menanggung (memikul) dosa org lain---> berarti kondisi QS 53:38 tidak terpenuhi.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by EHAN on Sun Mar 09, 2014 11:12 am

@aliumar wrote:sebelumnya kamu bilang "tidak bisa". Kenapa sekarang bilang "iya" (bisa)?

post 47:

Anda itu mencampur adukan jawaban saya.
ketika saya menjawab tidak bisa, anda memang bertanya apa.??
ini yang anda tanya

@aliumar wrote:Apakah di akhirat nanti, dosa yg belum sempat diselesaikan di dunia, bisa dibersihkan (dihapuskan) dgn amal?
jika bisa, buat apa mesti "dicuci/dibersihkan" dulu di neraka?

saya menjawab tidak ada, karena hasil hisab lah yang menentukan, berbeda dengan pertanyaan yang saya jawab "ya", dimana amal kita itu sebagai penebus ( diambil ) dan di berikan kepada korban. dalam konteks hadist.

ketika pahala di ambil. ini malah membuat timbangan pahala berkurang.

ini pertanyaan anda yang lebih lengkap
@aliumar wrote:kisah di hadist tsb menceritakan peristiwa saat sudah di akhirat.
Nah pahala amal shaleh tsb diambil dan dipindahkan ke si korban kan utk menyelesaikan (menebus) kesalahan org tsb kpd si korban krn belum terselesaikan di dunia. Itu berarti amal shaleh pas di akhirat bisa digunakan utk menebus dosa2 kita di dunia yg belum sempat diselesaikan di dunia.

anda ini pura2 tidak tahu mencampur 2 point masalah atau apa??
1. anda menanyakan penebusan dosa diri sendiri dengan amal diri sendiri
2. anda menanyakan tentang transfer pahala kepada si korban karena belum meminta maaf dsb

tapi anda sudah melupakan kata2 saya ini
@ehan wrote:coba perhatikan tulisan saya, kenapa meminta maaf dulu kepada si korban, baru mohon ampun kepada Allah.

Karena dosa gibah hanya bisa diampuni jika telah meminta maaf kepada korban, jika si korban tetap tidak memaafkan itu urusan korban, yang penting niat meminta maaf dan memohon ampun benar2 tulus. kewajiban sudah di jalankan. Allah mengetahui niat tulus seseorang. Allah pasti mengampuni. berbeda jika tidak meminta maaf samasekali. maka efeknya sudah di beri tahu.

dosa itu timbul dari arah 2 sisi,
1. kepada Allah karena melanggar perintah larangan gibah
2. kepada korban yang telah di cela.

jika kepada Allah sudah tercatat dalam dosa yang di hisab, dan kepada korban ada pahala atau dosa si korban yang di timpakan kepada pelaku.

jadi clear apa nga??
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by EHAN on Sun Mar 09, 2014 11:25 am

@aliumar
kenapa masuk neraka? kan amal nya > dosa nya.

post 47 saya membicarakan putusan yang sudah final
dimana semua tanggung jawab sudah terpenuhi.

anda ini coba membaca dengan seksama, anda itu kan kasih contoh kasus
BERBOHONG

dan ini pertanyaan anda
@aliumar wrote:Apakah ia akan langsung masuk surga tanpa harus mencuci dosa berbohongnya di neraka yg belum sempat ia selesaikan di dunia tsb?

dengan jelas saya menjawab, BOHONG SEPERTI APA YANG DI LAKUKANNYA
@Ehan wrote:Emang berbohongnya itu seperti apa??
apakah berbohongnya sampai membuat orang lain celaka ( fitnah keji )??, apakah hanya kepada satu orang ia berbohong??, apakah bohongnya pada satu orang itu menyebabkan kerugian orang banyak.??

jika seperti itu, siap2 bangkrut seperti dalam hadist. dan masuk neraka.
post 54.

tolonglah, baca dengan seksama. capek harus mengulang lagi menjelaskan.

@aliumar wrote:Jadi kondisi waktu penghakiman si A di akhirat sbb:
Mengingat:
1. Seluruh total amalnya > seluruh total dosa nya
2. Ada sebuah dosa yg belum sempat ia selesaikan di dunia (belum sempat minta maaf kpd korban dan belum sempat juga memohon ampun kpd Allah).

Maka bagaimanakah keputusan vonis bagi si A:
Si A:
a) Langsung ke Surga (krn point 1)

ataukah

b) masuk dulu ke neraka buat menyelesaikan hukuman dosa yg belum sempat ia selesaikan di dunia (''mencuci'' dosanya dulu di neraka).



anda ini membahas yang mana, apakah berkaitan dengan hadist atau tidak. di atas anda sudah mencampur adukan 2 point yang berbeda.
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by EHAN on Sun Mar 09, 2014 11:27 am

@aliumar wrote:[53:38] (yaitu) bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain,

Kalau pada akhirnya pas di akhirat dosa seseorang "ditransfer" (ditimpakan) ke org lain, itu kan berarti si org yg mendapat "transferan" dosa, menanggung (memikul) dosa org lain---> berarti kondisi QS 53:38 tidak terpenuhi.
konteksya ayat sudah di berikan.. alasan transfer pahala / dosa pun sudah di berikan.
 nyerah 
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sun Mar 09, 2014 11:29 am

@Ehan:
Pahala amal yg ditransfer utk "menyelesaikan"(menghapus) urusan dosa dgn korban yg belum diselesaikan di dunia, itu kan berarti amalan tsb BISA utk "menyelesaikan"(menghapus, membereskan) urusan dosa yg belum diselesaikan di dunia.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sun Mar 09, 2014 11:31 am

anda ini membahas yang mana, apakah berkaitan dengan hadist atau tidak. di atas anda sudah mencampur adukan 2 point yang berbeda.
Perbedaan itu justru masalah yg sedang ingin saya tanyakan.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sun Mar 09, 2014 11:45 am

Niy biar to the point:

case:

Si A mempunyai sebuah dosa berbohong yg belum sempat ia mohon ampun kpd Allah.

Dosa berbohong nya untuk menutupi aibnya, tapi tidak merugikan orang lain. Jadi dosanya hanya kepada Allah.
Si A rajin beramal.

Di Akhirat, hasil timbangannya:

Amal > dosa.

Apakah ia langsung masuk surga, ataukah harus menjalani hukuman dosa berbohongnya (mencuci dosa berbohongnya) dulu di neraka yg belum sempat ia mintakan ampun kpd Allah saat di dunia?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by EHAN on Sun Mar 09, 2014 11:59 am

@aliumar wrote:Niy biar to the point:

case:

Si A mempunyai sebuah dosa berbohong yg belum sempat ia mohon ampun kpd Allah.

Dosa berbohong nya untuk menutupi aibnya, tapi tidak merugikan orang lain. Jadi dosanya hanya kepada Allah.
Si A rajin beramal.

Di Akhirat, hasil timbangannya:

Amal > dosa.

Apakah ia langsung masuk surga, ataukah harus menjalani hukuman dosa berbohongnya (mencuci dosa berbohongnya) dulu di neraka yg belum sempat ia mintakan ampun kpd Allah saat di dunia?
iyaa
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sun Mar 09, 2014 12:11 pm

iyaa
iyaa apa?
pertanyaannya kan: apakah a ataukah b? malah dijawab "iyaa"

iyaa apa? iyaa yg mana?iya yg a atau iya yg b.

Perhatikan pertanyaannya dong !!

Pertanyaannya bukan "Yes-No answer". Pertanyaannya berupa pilihan: Apakah a ATAUKAH b ?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by EHAN on Sun Mar 09, 2014 12:38 pm

@aliumar wrote:
iyaa
iyaa apa?
pertanyaannya kan: apakah a ataukah b? malah dijawab "iyaa"

iyaa apa? iyaa yg mana?iya yg a atau iya yg b.

Perhatikan pertanyaannya dong !!

Pertanyaannya bukan "Yes-No answer". Pertanyaannya berupa pilihan: Apakah a ATAUKAH b ?
langsung tanpa neraka
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sun Mar 09, 2014 1:04 pm

langsung tanpa neraka
trus ga dihukum dosa berbohongnya yg belum sempat ia memohon ampun pas di dunia (belum terselesaikan pas di dunia)?


aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by EHAN on Sun Mar 09, 2014 1:27 pm

@aliumar wrote:
langsung tanpa neraka
trus ga dihukum dosa berbohongnya yg belum sempat ia memohon ampun pas di dunia (belum terselesaikan pas di dunia)?


nga, kan amalnya lebih banyak dari pada dosa setelah di hisab.. kenapa masuk neraka??
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by amara on Sun Mar 09, 2014 3:09 pm

Intinya dosa apapun itu kalau sempat bertobat dan memohon ampun sebelum mati, ajal menjemput, maka tak akan dosa itu dibawa sampai ke akherat.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by musicman on Mon Mar 10, 2014 12:37 pm

@F-22
Ayat tauratnya mana please ........... mosok TAURAT dikalahkan WEBSITE. Music music ........ parah banget kau ini.


Ini contohnya..Pengakuan dosa terucap dari mulut Daud dengan tulus
(Psalm 51:1-19)
1.And the LORD sent Nathan unto David. And he came unto him, and said unto him, There were two men in one city; the one rich, and the other poor.
2.The rich man had exceeding many flocks and herds:
3.But the poor man had nothing, save one little ewe lamb, which he had bought and nourished up: and it grew up together with him, and with his children; it did eat of his own meat, and drank of his own cup, and lay in his bosom, and was unto him as a daughter.
4.And there came a traveller unto the rich man, and he spared to take of his own flock and of his own herd, to dress for the wayfaring man that was come unto him; but took the poor man's lamb, and dressed it for the man that was come to him.
5.And David's anger was greatly kindled against the man; and he said to Nathan, As the LORD liveth, the man that hath done this thing shall surely die: 6And he shall restore the lamb fourfold, because he did this thing, and because he had no pity.
7.And Nathan said to David, Thou art the man. Thus saith the LORD God of Israel, I anointed thee king over Israel, and I delivered thee out of the hand of Saul;
8.And I gave thee thy master's house, and thy master's wives into thy bosom, and gave thee the house of Israel and of Judah; and if that had been too little, I would moreover have given unto thee such and such things.
9.Wherefore hast thou despised the commandment of the LORD, to do evil in his sight? thou hast killed Uriah the Hittite with the sword, and hast taken his wife to be thy wife, and hast slain him with the sword of the children of Ammon.
10.Now therefore the sword shall never depart from thine house; because thou hast despised me, and hast taken the wife of Uriah the Hittite to be thy wife.
11.Thus saith the LORD, Behold, I will raise up evil against thee out of thine own house, and I will take thy wives before thine eyes, and give them unto thy neighbour, and he shall lie with thy wives in the sight of this sun.
12.For thou didst it secretly: but I will do this thing before all Israel, and before the sun.
13And David said unto Nathan, I have sinned against the LORD. And Nathan said unto David, The LORD also hath put away thy sin; thou shalt not die.


artinya:
1 TUHAN mengutus Natan kepada Daud.  Ia datang kepada Daud dan berkata kepadanya: "Ada dua orang dalam suatu kota: yang seorang kaya, yang lain miskin.
2 Si kaya mempunyai sangat banyak kambing domba dan lembu sapi;
3 si miskin tidak mempunyai apa-apa, selain dari seekor anak domba betina yang kecil, yang dibeli dan dipeliharanya. Anak domba itu menjadi besar padanya bersama-sama dengan anak-anaknya, makan dari suapnya dan minum dari pialanya dan tidur di pangkuannya, seperti seorang anak perempuan baginya.
4 Pada suatu waktu orang kaya itu mendapat tamu; dan ia merasa sayang mengambil seekor dari kambing dombanya atau lembunya untuk memasaknya bagi pengembara yang datang kepadanya itu. Jadi ia mengambil anak domba betina kepunyaan si miskin itu, dan memasaknya bagi orang yang datang kepadanya itu."
5 Lalu Daud menjadi sangat marah karena orang itu dan ia berkata kepada Natan: "Demi TUHAN yang hidup: orang yang melakukan itu harus dihukum mati. 6 Dan anak domba betina itu harus dibayar gantinya empat kali lipat, karena ia telah melakukan hal itu dan oleh karena ia tidak kenal belas kasihan."
7 Kemudian berkatalah Natan kepada Daud: "Engkaulah orang itu! Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Akulah yang mengurapi engkau menjadi raja atas Israel dan Akulah yang melepaskan engkau dari tangan Saul.
8 Telah Kuberikan isi rumah tuanmu kepadamu, dan isteri-isteri tuanmu ke dalam pangkuanmu. Aku telah memberikan kepadamu kaum Israel dan Yehuda; dan seandainya itu belum cukup, tentu Kutambah lagi ini dan itu kepadamu.
9 Mengapa engkau menghina TUHAN dengan melakukan apa yang jahat di mata-Nya? Uria, orang Het itu, kaubiarkan ditewaskan dengan pedang; isterinya kauambil menjadi isterimu, dan dia sendiri telah kaubiarkan dibunuh oleh pedang bani Amon.
10.Oleh sebab itu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil isteri Uria, orang Het itu, untuk menjadi isterimu.
11.Beginilah firman TUHAN: Bahwasanya malapetaka akan Kutimpakan ke atasmu yang datang dari kaum keluargamu sendiri. Aku akan mengambil isteri-isterimu di depan matamu dan memberikannya kepada orang lain; orang itu akan tidur dengan isteri-isterimu di siang hari.
12.Sebab engkau telah melakukannya secara tersembunyi, tetapi Aku akan melakukan hal itu di depan seluruh Israel secara terang-terangan."
13.Lalu berkatalah Daud kepada Natan: "Aku sudah berdosa kepada TUHAN."
Dan Natan berkata kepada Daud: "TUHAN telah menjauhkan dosamu itu: engkau tidak akan mati.  


Terbukti pada ayat selanjutnya Raja Daud menunjukkan penyesalannya dengan berpuasa dan hanya berbaring dengan rasa sedih mengingat dosanya.

Ada ritual Korban?
Nope



Tapi BUKAN BERARTI krn adanya proses pertobatan terus penebusan dosa oleh darah hewan di PL & oleh darah YESUS di PB menjadi tidak ada. Terus kamsudmu nulis di atas itu apa ??? Apa dg adanya proses pertobatan terus tiba2 penebusan dosa oleh darah hewan di PL tiba2 menjadi tidak ada ???

Ritual itu ada..tapi...ada tapinya...
Syariat Yahudi hanya mengenal Penghapusan Dosa melalui kurban hewan hanya untuk kesalahan2 dalam Ritual, Bukan penghapusan dosa terutama dosa-dosa besar

http://www.mechon-mamre.org/jewfaq/qorbanot.htm
When the Temple stands, some sins require offerings as explained below in addition to this repentance process, not instead of it; without this repentance process, offerings for sins are totally ineffective, and must be brought again when one has truly repented.

PL yg anda ulas untuk membandingkan dengan Syariat Islam kacau balau gk karuan..ambil perpsepsi dengan tafsir semaunya aja..yg penting kelihatan bisa..gak taunya Rapuh, tidak jelas dan penuh tafsir emosional.
Belajar Taurat dimana pula dikau Ef?
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by Kedunghalang on Mon Mar 10, 2014 12:49 pm

@amara wrote:Intinya dosa apapun itu kalau sempat bertobat dan memohon ampun sebelum mati, ajal menjemput, maka tak akan dosa itu dibawa sampai ke akherat.

Dengan izin Allah At-Tawwab-ar-Rahim, memang betul.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 10, 2014 12:55 pm

@Kedunghalang wrote:
@amara wrote:Intinya dosa apapun itu kalau sempat bertobat dan memohon ampun sebelum mati, ajal menjemput, maka tak akan dosa itu dibawa sampai ke akherat.

Dengan izin Allah At-Tawwab-ar-Rahim, memang betul.

tahu dosamu sudah diampui/belum darimana?
tahu alloh kuasa mengampui dosa darimana?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by Kedunghalang on Mon Mar 10, 2014 1:03 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:
@amara wrote:Intinya dosa apapun itu kalau sempat bertobat dan memohon ampun sebelum mati, ajal menjemput, maka tak akan dosa itu dibawa sampai ke akherat.

Dengan izin Allah At-Tawwab-ar-Rahim, memang betul.

tahu dosamu sudah diampui/belum darimana?
tahu alloh kuasa mengampui dosa darimana?

Jika Allah Al 'Ala Kulli Syai'in Qadir (Yang Maha Berkuasa Atas Segala Sesuatu) menghendaki, maka Dia akan memberi khabar suka dalam kehidupan di dunia ini juga dan di akhirat kelak (Yunus 10:62/63-64/65).

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik