FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Halaman 2 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by F-22 on Wed Mar 05, 2014 12:27 am

First topic message reminder :

Konsep "berbuat baik" akan mendapat "kebaikan" dlm islam itu sebenarnya konsep yg SANGAT UMUM (universal) diantara semua manusia, bukan cuma dlm islam doank.

Secara "instink" hampir semua manusia baik sadar atau tidak mempunyai "pemahaman" kalo orang berbuat baik akan mendapat balasan yg baik pula. Mungkin waktu kecil diajari kalo berbuat baik akan mendapat balasan yg setimpal. Mungkin juga dr pengalaman berinteraksi dg sesama manusia, kalo kau berbuat baik kpd orang maka orang tsb akan membalas berbuat kebaikan kpdmu. Kalo kau mengirim kue ke tetanggamu, di lain waktu tetanggamu akan mengirim kue juga kpdmu dst.

Jadi sebenarnya tidak perlu Tuhan/agama utk mengajari orang berbuat baik akan mendapat balasan yg baik juga. Orang tidak ber-tuhan pun secara instink juga akan mempunyai pengertian hal yg sama.

Jadi ketika manusia mulai berusaha "mencari" Tuhan, ketika manusia mulai berusaha membuat agama/kepercayaan, LOGIKA yg sama mereka terapkan dlm agama/kepercayaan yg mereka buat. Makanya hampir semua agama di muka bumi ini ajaran utamanya spy mencapai "keselamatan" di akherat adalah dg mengajarkan "kebaikan", orang baik akan masuk surga dst.

Dalam agama budha kalo seseorang berbuat baik selama hidupnya akan mendapat karma yg baik pula, setelah reinkarnasi akan mendapat kehidupan baru yg lebih baik. Bahkan sampe ke aliran kepercayaan spt kebatinan dll pun mempunyai konsep yg hampir sama, berbuatlah kebaikan sebanyak2nya maka kau akan selamat di akherat.

Jadi sebenarnya konsep orang berbuat baik akan mendapat kebaikan pula adalah konsep yg SANGAT LUMRAH di antara umat manusia baik yg beragama atau yg tidak punya agama sekalipun.

Konsep dasar penebusan dosa dlm islam adalah di akherat pahala & dosa muslim akan ditimbang besar mana. Kalo besar pahalanya akan masuk syurga kalo sebaliknya masuk neraka.

Pahala akan diperoleh muslim jika mereka "berbuat baik" dg cara beribadah & beramal. Beribadah adalah "berbuat baik" kpd Tuhan, sedangkan beramal adalah berbuat baik kpd sesama manusia spt bersodakoh kpd anak yatim & janda2 dll.

Dalam islam konsep berbuat baik atau PAHALA dlm istilah mereka malah lebih jauh lagi. Membaca quran, menggauli istri dll bahkan mungkin sampe kentut pun bisa mendatangkan pahala juga (katanya). Bahkan sampe ada IMING2 spt kalo sholat di tempat2 mustajab spt di mekkah bisa dapat pahala sekian ribu kali lipat dr tempat biasa. Kalo berbuat kebaikan di bulan puasa akan dapat pahala berlipat ganda dst. Jadi spt di jaman skrg, dlm islam di sikon tertentu ada juga PROMO atau BONUS BERHADIAH pahala he he heee .........

Tapi sebenarnya gimana seh PIKIRAN TUHAN dalam taurat, benarkah kebaikan manusia bisa membuat Tuhan "terharu" shg akan menghapus dosa manusia ???
“Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor.” (Yesaya 64:6)
Dalam kitab yesaya Tuhan berkata kebaikan manusia itu spt KAIN LAP saja. Bisa dibayangkan betapa muaknya Tuhan melihat munafikun2 berlomba2 berbuat kebaikan dg tujuan agar dosanya bisa dihapus/dikurangi.
Imamat 16
15 Lalu ia harus menyembelih domba jantan yang akan menjadi korban penghapus dosa bagi bangsa itu dan membawa darahnya masuk ke belakang tabir, kemudian haruslah diperbuatnya dengan darah itu seperti yang diperbuatnya dengan darah lembu jantan, yakni ia harus memercikkannya ke atas tutup pendamaian dan ke depan tutup pendamaian itu.
16  Dengan demikian ia mengadakan pendamaian bagi tempat kudus itu karena segala kenajisan orang Israel dan karena segala pelanggaran mereka, apapun juga dosa mereka. Demikianlah harus diperbuatnya dengan Kemah Pertemuan yang tetap diam di antara mereka di tengah-tengah segala kenajisan mereka.
Bahkan secara jelas dlm taurat TUHAN berkata dosa manusia cuma bisa dihapus dg darah hewan, BUKAN dg pahala dr hasil beramal & beribadah !!!

Sebenarnya konsep dosa tidak bisa ditebus dg berbuat baik itu bukan cuma dlm taurat doank, KESADARAN manusia sebenarnya juga mengatakan hal yg sama.

Coba saja lihat di PENGADILAN, bisa ndak tindak pidana kejahatan dihapus dg kebaikan ??? Bisa ndak orang korupsi 100 juta kemudian dia bersodakoh 200 juta kpd anak yatim & janda2 terus meminta pengadilan utk membebaskannya ??? Tidak bisa khan ???

Ya memang mungkin ada faktor ukt membuat orang jera, tapi tetap saja ada kesadaran manusia kalo KEJAHATAN itu harus dihukum. Tidak bisa diganti dg berbuat baik.

Jadi dlm kasus korupsi 100 jt terus beramal 200 juta:

  • Dalam PENGADILAN MANUSIA amal tidak bisa menghapus kejahatan. Orang tsb tetap harus masuk penjara.
  • Dalam taurat sama juga, amal ibadah TIDAK BISA menghapus dosa. Satu2nya yg bisa menghapus dosa cuma korban darah hewan.
  • Tapi dalam islam koruptor tsb akan masuk surga krn setelah ditimbang di akherat, pahala si koruptor 200 jt lebih besar dr dosanya yg korupsi 100 jt. Konyol ndak ???

Lho tapi dalam taurat koq aneh, amal ibadah tidak bisa menghapus dosa manusia tapi darah hewan koq malah bisa menghapus dosa manusia. Bener2 ajaib neh ???? Tentu ini pertanyaan muslim.

Sebenarnya ini persoalan sederhana, darah hewan di PL adalah "lambang" pengorbanan YESUS KRISTUS di atas kayu salib:
Ibrani 9
13  Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah,
14  betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.
TUHAN adalah YANG MAHA MEMPERSIAPKAN. Sebelum peristiwa pengorbanan YESUS untuk menebus dosa manusia di kayu salib, TUHAN sudah memberikan "perlambang" di PL bgmn darah hewan bisa menghapus dosa manusia. Spy manusia itu bisa MENGERTI kalo pengorbanan YESUS di kayu salib memang utk menebus dosa manusia.

Kisah ini semakin menguatkan kalo sebenarnya islam itu sama sekali tidak ada hubungannya dg agama yahudi atau kristen. Muslim boleh2 saja mengklaim kalo islam itu "menyempurnakan" agama2 sebelumnya tapi sebenarnya islam itu cuma "menyemprulkan" agama2 sebelumnya. TUHAN nabi2 yahudi mempunyai rumah di bait sulaiman, sedangkan alloh swt tuhannya islam mempunyai rumah di kabah. Dlm agama yahudi/kristen tidak ada bidadari, dlm islam tiba2 dikatakan muslim di akherat akan meniduri bidadari ayu montoq dst.

Islam itu sebenarnya cuma ajaran yahudi/kristen yg dicomot sana-sini + pemikiran manusia. Konsep manusia berbuat baik akan dibalas dg kebaikan itu sebenarnya cuma INSTINK PRIMITIF manusia dimana hampir semua manusia mempunyai pemahaman yg sama baik beragama apapun bahkan yg tidak punya agama sekalipun.

Muslim boleh berdalih muhammad buta huruf tidak mungkin membaca kitab suci agama lain utk ditiru. Kalopun bener muhammad buta huruf tapi yg jelas muhammad tidak TULI bukan ??? Mungkin saja khan muhammad pernah mendengar kisah2 ttg adam & hawa, musa, daud, sulaiman dll ??? Bukankah saat itu banyak orang yahudi & kristen di sekitar muhammad ??? Bukankah tante muhammad yg bernama waraqaah adalah seorang pendeta kristen ???


 ehmm
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2403
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down


Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by Ibnu Sabil on Fri Mar 07, 2014 4:37 pm

aliumar wrote:
Dengan 3 surat yang anda bawa neraka itu dimaksudkan untuk dicuci mas......
Untuk selanjutnya akan berlakulah syafa'at untuk si A yang amal > dosa
kalau begitu kenapa / utk apa dlm 3 surat yg saya berikan tsb, quran membagi 2 golongan, yakni golongan yg timbangan amal > dosa dengan golongan amal < dosa, kalau sama2 saja, sama2 harus cuci dosa di neraka?

Apa makna / fungsi / pembedaan nasib dgn adanya pembagian 2 golongan oleh quran tsb?
Baiklah...sepertinya anda masih belum faham rupanya.....padahal 3 surah anda yang membawanya.  ehmm 


Penggolongan diatas dimaksudkan untuk mengupas hal kualitas keimanan dan ketaatan seorang muslim.
1a. Muslim yang taat (mukmin) jelas digolongan amal lebih dominan dibandingkan dosanya yang sedikit karena kuat iman, kemungkinan dosa juga sedikit karena dengan modal kekuatan iman akan menjadi benteng untuk selalu berbuat amal kebaikan dan menghindari berbuat dosa...tiket surga( jelas karena taat dan kuat iman)

1b. Muslim kurang taat dengan modal sedikit iman, amal kebaikan jalan pun maksiat juga jalan terus.....tiket surga masih terbuka....tapi sebelum dapat tiket ya si muslim tadi harus di plonco, di godok dulu untuk mempertanggung jawabkan maksiat yang sudah dijalani..

2. Ada lagi satu golongan yang tidak punya iman sama sekali walowpun sering beramal tetep bakal ditendang malaikat, maunya sih ke surga eh kelewatan dan nyelonong  nyungsep ke neraka....ya tanpa saya sebutkan anda tentu sudah faham itu ditujukan buat golongan yang mana.

Jadi 3 contoh 1a, 1b, 2 yang dimaksudkan penggolongan itu yang dijadikan dasar adalah iman...
Simplenya begini :
1. Iman kuat - tiket surga langsung
2. Iman sedang - tiket surga ada syarat (diplonco/digodok) dicuci dosanya.
3. Gak ada Iman - kehabisan tiket surga karena sudah booking tiket neraka...
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by musicman on Fri Mar 07, 2014 5:52 pm

@f-22
Bahkan secara jelas dlm taurat TUHAN berkata dosa manusia cuma bisa dihapus dg darah hewan, BUKAN dg pahala dr hasil beramal & beribadah !!!

Salah ef, Yahudi gk kenal apa yg saya Bold ditulisan anda.

Penghapusan dosa manusia terhadap Allah hanya diperoleh melalui pertobatan dan pengakuan dosa juga melakukan Hal2 yg menyenangkan Tuhan yatu perbuatan baik untuk menolong sesama.

http://www.mechon-mamre.org/jewfaq/qorbanot.htm
forgiveness of sins against God alone is simply obtained through repentance and confession of one's sins in words before God Himself, and amending one's future conduct according to the halakhah ; when one sins against a person (as by theft or injury), he must also do his best to make restitution to the person injured and gain his forgiveness, as well as repenting, confessing, and making amends in future conduct before God.


Tanpa proses pertobatan, persembahan untuk dosa sama sekali tidak efektif
http://www.mechon-mamre.org/jewfaq/qorbanot.htm
When the Temple stands, some sins require offerings as explained below in addition to this repentance process, not instead of it; without this repentance process, offerings for sins are totally ineffective, and must be brought again when one has truly repented.


tuh, akhirnya mau buka kedok A malah kedok B yg terkuak. Jangan2 Anda sudah mulai menganggap Taurat itu sudah hasil gado2 campuran pemikiran manusia aja (Baca:Logika Manusia)
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by F-22 on Fri Mar 07, 2014 10:40 pm

musicman wrote:Penghapusan dosa manusia terhadap Allah hanya diperoleh melalui pertobatan dan pengakuan dosa juga melakukan Hal2 yg menyenangkan Tuhan yatu perbuatan baik untuk menolong sesama.

http://www.mechon-mamre.org/jewfaq/qorbanot.htm
forgiveness of sins against God alone is simply obtained through repentance and confession of one's sins in words before God Himself, and amending one's future conduct according to the halakhah ; when one sins against a person (as by theft or injury), he must also do his best to make restitution to the person injured and gain his forgiveness, as well as repenting, confessing, and making amends in future conduct before God.
Ayat tauratnya mana please ........... mosok TAURAT dikalahkan WEBSITE. Music music ........ parah banget kau ini.

 panas 

Tanpa proses pertobatan, persembahan untuk dosa sama sekali tidak efektif
http://www.mechon-mamre.org/jewfaq/qorbanot.htm
When the Temple stands, some sins require offerings as explained below in addition to this repentance process, not instead of it; without this repentance process, offerings for sins are totally ineffective, and must be brought again when one has truly repented.
Ya jelas dunk, namanya orang diampuni harus bertobat. Orang mau diampuni dosanya oleh YESUS juga harus bertobat. Ndak ada ceritanya orang SENGAJA melakukan dosa terus menerus dg pikiran nantinya akan diampuni akan bener2 diampuni dosanya oleh TUHAN.

Tapi BUKAN BERARTI krn adanya proses pertobatan terus penebusan dosa oleh darah hewan di PL & oleh darah YESUS di PB menjadi tidak ada. Terus kamsudmu nulis di atas itu apa ??? Apa dg adanya proses pertobatan terus tiba2 penebusan dosa oleh darah hewan di PL tiba2 menjadi tidak ada ???

Sudahlah ........ aku sudah hapal dg gayamu di luar kepala. Gayamu itu mirip banget dg si alm. @metheny. Doyan banget membolak-balik kalimat. Bukan cuma kalimat, logika juga juga dibolak-balik sampe ndak keruan.


 ketawa guling
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2403
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by amara on Fri Mar 07, 2014 10:56 pm

kafir ketakutan dengan dosa-dosanya sehingga berkhayal tuhan harus mati bunuh diri untuk menebus dosa manusia segala, tuhan yang sangat tidak berkuasa, dan serba repot sendiri.

Kalau tahu ajaran Islam, ada banyak sekali cara menghapus dosa itu, yakni dengan:
1) menyadari kesalahannya
2) menyesal atas perbuatan buruknya
3) berjanji dan berusaha sekuat tenaga untuk tak pernah melakukannya lagi
4) bertobat, sholat tobat mohon ampunan kepada Allah
5) bersedah, meningkatkan ibadah, lebih rajin sholat dan berpuasa, berhaji, dll dan melakukan perbuatan baik lainnya untuk lebih meningkatkan amal baiknya.

sangat simpel dan logis, tak perlu membunuh tuhan kalau cuma untuk menghapus dosa itu, setiap manusia bertanggung-jawab atas perbuatannya sendiri masing-masing
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sat Mar 08, 2014 12:14 am

Penggolongan diatas dimaksudkan untuk mengupas hal kualitas keimanan dan ketaatan seorang muslim.
tapi quran mengkaitkan penggolongan tsb dgn perihal nasib / vonis yg akan diterima.

Jadi 3 contoh 1a, 1b, 2 yang dimaksudkan penggolongan itu yang dijadikan dasar adalah iman...
penggolongan tsb bukan berdasarkan iman, tapi berdasarkan timbangan amal dan dosa---baca baik2 qurannya.

Simplenya begini :
1. Iman kuat - tiket surga langsung
2. Iman sedang - tiket surga ada syarat (diplonco/digodok) dicuci dosanya.
yg 1 knp ga ada proses pencucian dosa ya?
kan katanya setiap perbuatan dosa tetap harus ada konsekuensi hukuman.

dosa seorang muslim yg membunuh mukmin dgn sengaja, apakah bisa dicuci di neraka?
jika bisa kenapa divonis KEKAL di neraka?


aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by amara on Sat Mar 08, 2014 5:01 am

kekal di ayat itu adalah kata hiperbolik, jadi bukan kekal dalam arti yang sebenarnya, hanya kiasan, untuk menggambarkan LAMAAAnya hukuman pencucian dosa akibat membunuh sesama muslim dengan sengaja itu, sehingga seolah-olah selamanya di neraka, tapi sebenarnya jika masih ada sedikit saja keimanan Islamnya, maka jika telah selesai menjalani hukumannya di neraka yang lamaaa itu, maka akhirnya bisa diangkat ke surga juga, bukan karena amalnya, tapi karena limpahan rahmat dari Allah kepada SEMUA muslim.

QS 6. Al An'aam
128. Dan (ingatlah) hari diwaktu Allah menghimpunkan mereka semuanya (dan Allah berfirman): "Hai golongan jin, sesungguhnya kamu telah banyak menyesatkan manusia", lalu berkatalah kawan-kawan meraka dari golongan manusia: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya sebahagian daripada kami telah dapat kesenangan dari sebahagian (yang lain)[504] dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami." Allah berfirman: "Neraka itulah tempat diam kamu, sedang kamu kekal di dalamnya, kecuali kalau Allah menghendaki (yang lain)." Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.


[504]. Maksudnya syaitan telah berhasil memperdayakan manusia sampai manusia mengikuti perintah-perintah dan petunjuk-petunjuknya, dan manusiapun telah mendapat hasil kelezatan-kelezatan duniawi karena mengikuti bujukan-bujukan syaitan itu.

dan lalu hadis ini:

Dari Abi Said bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Bila ahli surga telah masuk surga dan ahli neraka telah masuk neraka, maka Allah SWT akan berkata,”Orang yang di dalam hatinya ada setitik iman, hendaklah dikeluarkan. Maka mereka pun keluar dari neraka …(HR. Bukhari 6560 dan Muslim 184)

Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan (Laa Ilaaha Illallah) dan di dalam hatinya ada seberat biji dari kebaikan (iman). (HR. Muslim 193)

Ada juga hadits yang isinya merupakan sumpah Allah SWT bahwa orang yang mengucapkan syahadatain itu akan dikeluarkan dari neraka.

Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang Allah SWT yang berfirman,”Demi Izzah-Ku, demi Jala-Ku, demi Kesombongan-Ku dan demi Keagungan-Ku, Aku pasti keluarkan (dari neraka) orang yang mengucapkan (Laa ilaaha illallah). (HR Bukhari

125..
Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.

allah menghendaki lain bukanlah berada setelah vonis dijatuhkan..

sedangkan hadits..
”Orang yang di dalam hatinya ada setitik iman, hendaklah dikeluarkan. Maka mereka pun keluar dari neraka …(HR. Bukhari 6560 dan Muslim 184)

Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan (Laa Ilaaha Illallah) dan di dalam hatinya ada seberat biji dari kebaikan (iman). (HR. Muslim 193)

QS. Maryam' 19:66-72

وَيَقُولُ الإنْسَانُ أَئِذَا مَا مِتُّ لَسَوْفَ أُخْرَجُ حَيًّا أَوَلا يَذْكُرُ الإنْسَانُ أَنَّا خَلَقْنَاهُ مِنْ قَبْلُ وَلَمْ يَكُ شَيْئًا فَوَرَبِّكَ لَنَحْشُرَنَّهُمْ وَالشَّيَاطِينَ ثُمَّ لَنُحْضِرَنَّهُمْ حَوْلَ جَهَنَّمَ جِثِيًّا ثُمَّ لَنَنْزِعَنَّ مِنْ كُلِّ شِيعَةٍ أَيُّهُمْ أَشَدُّ عَلَى الرَّحْمَنِ عِتِيًّا ثُمَّ لَنَحْنُ أَعْلَمُ بِالَّذِينَ هُمْ أَوْلَى بِهَا صِلِيًّا وَإِنْ مِنْكُمْ إِلا وَارِدُهَا كَانَ عَلَى رَبِّكَ حَتْمًا مَقْضِيًّا ثُمَّ نُنَجِّي الَّذِينَ اتَّقَوْا وَنَذَرُ الظَّالِمِينَ فِيهَا جِثِيًّا

Terjemahan:

66. Dan berkata manusia: "Betulkah apabila aku telah mati, bahwa aku sungguh-sungguh akan dibangkitkan menjadi hidup kembali?"
67. Dan tidakkah manusia itu memikirkan bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakannya dahulu, sedang ia tidak ada sama sekali?
68. Demi Tuhanmu, sesungguhnya akan Kami bangkitkan mereka bersama syaitan, kemudian akan Kami datangkan mereka ke sekeliling Jahannam dengan berlutut.
69. Kemudian pasti akan Kami tarik dari tiap-tiap golongan siapa di antara mereka yang sangat durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pemurah.
70. Dan kemudian Kami sungguh lebih mengetahui orang-orang yang seharusnya dimasukkan ke dalam neraka.
71. Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.
72. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut.

QS 6. Al An'aam
128. Allah berfirman: "Neraka itulah tempat diam kamu (wahai para pendosa MUSLIM, yang bersyahadat tapi membunuh, riba, memutus bersilaturahmi, dll semua dosa-dosa muslim.....yang ringan, sedang sampai besar apapun itu you name it....di ayat2 semua masukin semua ke sini, kecuali dosa syirik, dosa kekafiran DAN para KAFIR, para pendosa terbesar tak terampuni, dosa syirik dosa kekafiran) sedang kamu kekal di dalamnya,

KECUALI kalau Allah menghendaki lain (yakni kehendak Allah untuk melimpahkan rahmatnya kepada SEMUA MUSLIM, sehingga para pendosa MUSLIM SAJA, itu pada akhirnya dapat diangkat ke surga, di neraka memang lama sehingga seolah-olah kekal selamanya, tapi karena Allah berkehendak lain, maka neraka pendosa muslim itu cuma sementara, meski lamaaa sekali sehingga seperti kekal selamanya, tapi pendosa muslim bisa diangkat ke surga pada waktunya BUKAN karena amalnya, tapi karena keIMANan Islamnya, meski hanya seberat biji sawi, itulah KEHENDAK LAIN dari Alah)." Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.

sedangkan pendosa TERbesar dosa kekafiran tetap kekal selamanya di neraka, tak pernah diangkat ke surga karena TAK PUNYA keIMANan ISlam sedikitpun, sehingga tak akan bisa menerima rahmat Allah sedikitpun.
Percaya saja tidak, bagaimana bisa diberi rahmatNya.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by Ibnu Sabil on Sat Mar 08, 2014 8:27 am

aliumar wrote:
Penggolongan diatas dimaksudkan untuk mengupas hal kualitas keimanan dan ketaatan seorang muslim.
tapi quran mengkaitkan penggolongan tsb dgn perihal nasib / vonis yg akan diterima.
Gini lho mas umar...
Dengan kualitas keimanan diatas secara otomatis penggolongan dimaksud sebagai dampak dari kualitas keimanan...yang kemudian disusul dengan vonis sebagai hasil akhir. Jadi inti masalah (kualitas, penggolongan, vonis) terkait satu sama lain yang tidak bisa diurai atowpun dipisahkan

aliumar wrote:
Jadi 3 contoh 1a, 1b, 2 yang dimaksudkan penggolongan itu yang dijadikan dasar adalah iman...
penggolongan tsb bukan berdasarkan iman, tapi berdasarkan timbangan amal dan dosa---baca baik2 qurannya.
Coba anda baca baik-baik jawaban di point pertama.....

aliumar wrote:
Simplenya begini :
1. Iman kuat - tiket surga langsung
2. Iman sedang - tiket surga ada syarat (diplonco/digodok) dicuci dosanya.
yg 1 knp ga ada proses pencucian dosa ya?
kan katanya setiap perbuatan dosa tetap harus ada konsekuensi hukuman.
Kekuatan imanlah yang akan mengalahkan nafsu untuk melakukan perbuatan dosa...... jadi untuk apa lagi dicuci dosanya mas?

dosa seorang muslim yg membunuh mukmin dgn sengaja, apakah bisa dicuci di neraka?
jika bisa kenapa divonis KEKAL di neraka?
Ya tentu saja bisa.....apabila semasa hidup sudah bertobat dan meminta ampunan.

Definisi KEKAL yang dimaksud silakan anda baca penjelasan amara di post #31
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sat Mar 08, 2014 9:29 am

@ibnu sabil:
Kekuatan imanlah yang akan mengalahkan nafsu untuk melakukan perbuatan dosa...... jadi untuk apa lagi dicuci dosanya mas?
emang golongan yg amal > dosa, tidak punya dosa sama sekali yg harus dicuci di neraka?

Definisi KEKAL yang dimaksud silakan anda baca penjelasan amara di post #31
definisi PLINTIRAN ala muslim demi bisa cocok dgn hadist yg menyenangkan muslim.
Padahal hadist jika bertentangan tidak cocok dgn Quran, maka hadist itu harus tertolak. Lihat bawah.

@amara:
kekal di ayat itu adalah kata hiperbolik, jadi bukan kekal dalam arti yang sebenarnya, hanya kiasan, untuk menggambarkan LAMAAAnya hukuman pencucian dosa akibat membunuh sesama muslim dengan sengaja itu, sehingga seolah-olah selamanya di neraka, tapi sebenarnya jika masih ada sedikit saja keimanan Islamnya, maka jika telah selesai menjalani hukumannya di neraka yang lamaaa itu, maka akhirnya bisa diangkat ke surga juga, bukan karena amalnya, tapi karena limpahan rahmat dari Allah kepada SEMUA muslim.
plintiran arti dot com.

satu2 dalil yg bisa dipakai muslim utk menyatakan kalau semua muslim akan ke surga cuma hanya dari hadist. Padahal hadist jika bertentangan dgn quran, maka harus ditolak. Tapi pada kasus ini, krn ingin mempertahankan hadist yg sangat bikin muslim senang, maka ayat quran yg bisa menyebabkan timbul ketidakcocokan dgn hadist yg disukai muslim tsb, diPLINTIR artinya.

Sekarang saya tanya, apa dasar mengatakan "kekal" di ayat itu sbg Hiperbola?pasti ujung2nya agar bisa cocok dgn hadist ttg dikelarkan org yg beriman dari neraka, suatu hadist yg disenangin muslim.

Jadi ayat quran yg sudah jelas lafal dan makna nya, diPLINTIR artinya agar bisa cocok dan tidak berkonflik dgn hadist favorit/kesenangan muslim.

FYI kata asli dlm bhs arab dari "kekal" di ayat ttg hukuman bagi barangsiapa yg membunuh dgn sengaja seorang mukmin adalah kata yg sama yg digunakan juga utk kafir yg akan dihukum kekal di neraka.
Nah kalau begitu saya juga akan bisa mengatakan ayat yg mengatakan kalau kafir kekal di neraka, maka itu artinya bukan kekal selamanya, tapi arti hiperbolik, dalam arti lamaaaa sekali, sehingga seolah-olah selama-lamanya di neraka.----->ketularan virus plintiran ala muslim niy ceritanya. Hahaha.....

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by EHAN on Sat Mar 08, 2014 10:36 am

urusan dunia selesaikan di dunia, jika di selesaikan di akhirat maka nerakalah tempat persinggahan.

Maksud saya begini. jika seseorang melakukan dosa dan sadar ia telah berdosa dan ingin bertobat dan meminta ampun dengan sungguh2 sebelum ia mati, maka surga sudah pasti.

ada beberapa contoh , mulai dari yang ringan
dosa gibah, hal ini mungkin sepele. karena cuma membicarakan sisi KELEMAHAN seseorang. akan tetapi jika kita tidak meminta maaf pada orang yang kita gibah sebelum mati. maka sudah pasti kita terhalang masuk surga. bahkan kita bisa masuk neraka. berbeda jika dia sudah menyelesaikan didunia, meminta maaf dengan sungguh2 kepada yang ia gibahkan. karena tidak akan diampuni dosa gibah sebelum meminta maaf kepada orang di gibahkan.

Dosa yang berat, dosa berzina. dimana jika ingin bertobat dengan sungguh2 agar di ampuni maka salah satu pilihannya ialah di rajam sampai mati.
memang yang di rajam akan mati, akan tetapi urusan dosanya sudah selesai.


oleh karena itu, jika tidak ingin singgah keneraka. pastikan urusan di dunia di selesaikan di dunia, koreksi diri. jangan ada PR yang nanti di selesaikan di akhirat. Hanya satu kelemahan kita sebagai manusia, TIDAK SADAR AKAN PERBUATANNYA TELAH SALAH, DAN MELAMPAUI BATAS.

Jadi ini bukan buatan logika manusia, akan tetapi ketentuan Allah yang masuk dan dapat di terima logika manusia.

avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sat Mar 08, 2014 12:10 pm

@Ehan:
Maksud saya begini. jika seseorang melakukan dosa dan sadar ia telah berdosa dan ingin bertobat dan meminta ampun dengan sungguh2 sebelum ia mati, maka surga sudah pasti.
jadi ga perlu ada penimbangan dosa dan amal lagi?

ada beberapa contoh , mulai dari yang ringan
dosa gibah, hal ini mungkin sepele. karena cuma membicarakan sisi KELEMAHAN seseorang. akan tetapi jika kita tidak meminta maaf pada orang yang kita gibah sebelum mati. maka sudah pasti kita terhalang masuk surga. bahkan kita bisa masuk neraka.
kenapa mesti terhalangi masuk surga jika amalnya lebih banyaaaaaak dan bisa menutupi/menghapusi dosa gibahnya?


oleh karena itu, jika tidak ingin singgah keneraka. pastikan urusan di dunia di selesaikan di dunia, koreksi diri. jangan ada PR yang nanti di selesaikan di akhirat.
Apakah di akhirat nanti, dosa yg belum sempat diselesaikan di dunia, bisa dibersihkan (dihapuskan) dgn amal?
jika bisa, buat apa mesti "dicuci/dibersihkan" dulu di neraka?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by Ibnu Sabil on Sat Mar 08, 2014 12:51 pm

aliumar wrote:@ibnu sabil:
Kekuatan imanlah yang akan mengalahkan nafsu untuk melakukan perbuatan dosa...... jadi untuk apa lagi dicuci dosanya mas?
emang golongan yg amal > dosa, tidak punya dosa sama sekali yg harus dicuci di neraka?

Definisi KEKAL yang dimaksud silakan anda baca penjelasan amara di post #31
definisi PLINTIRAN ala muslim demi bisa cocok dgn hadist yg menyenangkan muslim.
Padahal hadist jika bertentangan tidak cocok dgn Quran, maka hadist itu harus tertolak. Lihat bawah.

@amara:
kekal di ayat itu adalah kata hiperbolik, jadi bukan kekal dalam arti yang sebenarnya, hanya kiasan, untuk menggambarkan LAMAAAnya hukuman pencucian dosa akibat membunuh sesama muslim dengan sengaja itu, sehingga seolah-olah selamanya di neraka, tapi sebenarnya jika masih ada sedikit saja keimanan Islamnya, maka jika telah selesai menjalani hukumannya di neraka yang lamaaa itu, maka akhirnya bisa diangkat ke surga juga, bukan karena amalnya, tapi karena limpahan rahmat dari Allah kepada SEMUA muslim.
plintiran arti dot com.

satu2 dalil yg bisa dipakai muslim utk menyatakan kalau semua muslim akan ke surga cuma hanya dari hadist. Padahal hadist jika bertentangan dgn quran, maka harus ditolak. Tapi pada kasus ini, krn ingin mempertahankan hadist yg sangat bikin muslim senang, maka ayat quran yg bisa menyebabkan timbul ketidakcocokan dgn hadist yg disukai muslim tsb, diPLINTIR artinya.

Sekarang saya tanya, apa dasar mengatakan "kekal" di ayat itu sbg Hiperbola?pasti ujung2nya agar bisa cocok dgn hadist ttg dikelarkan org yg beriman dari neraka, suatu hadist yg disenangin muslim.

Jadi ayat quran yg sudah jelas lafal dan makna nya, diPLINTIR artinya agar bisa cocok dan tidak berkonflik dgn hadist favorit/kesenangan muslim.

FYI kata asli dlm bhs arab dari "kekal" di ayat ttg hukuman bagi barangsiapa yg membunuh dgn sengaja seorang mukmin adalah kata yg sama yg digunakan juga utk kafir yg akan dihukum kekal di neraka.
Nah kalau begitu saya juga akan bisa mengatakan ayat yg mengatakan kalau kafir kekal di neraka, maka itu artinya bukan kekal selamanya, tapi arti hiperbolik, dalam arti lamaaaa sekali, sehingga seolah-olah selama-lamanya di neraka.----->ketularan virus plintiran ala muslim niy ceritanya. Hahaha.....
Sebenarnya anda itu akan terus memaksakan agar stuck di kata KEKAL dan saya sudah faham....wkwkwkwk
Dan benar anda stuck di KEKAL tsb di konteks bahasa saja...maksa mode on.... basi 

Makna dari ayat diatas sebenarnya sudah sangat jelas sebuah peringatan yang super keras dari Allah SWT. Karena membunuh sesama manusia merupakan perbuatan yang sangat di murkaiNya.

Islam menganggap dosa besar bagi orang yang mencabut nyawa orang lain. oleh karena itu, Islam memberikan perumpamaan, bahwa membunuh seorang manusia berarti membunuh seluruh umat manusia.

Untuk itu Allah berfirman dalam Al-Qur’an :
“Barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia seluruhnya”. (QS. 5 : 32).

Dari sana anda bisa membandingkan jika yang dibunuh itu bukan hanya muslim karena yang disebutkan diatas adalah manusia (muslim atowpun non muslim) tanpa terkecuali.

Ayat tersebut mengandung suatu pandangan perikemanusiaan yang telah disyari’atkan oleh Allah, dan tak ada satu filsafat apapun yang mampu menandingi kebijaksanaan-Nya. Membunuh jiwa seseorang tanpa hak, dan tanpa memandang agama apa yang dianutnya atau aliran apa yang disukainya, sama saja dengan membunuh seluruh umat manusia. Dan menghidupkan satu orang dalam pengertian menyelamatkan nyawanya dari bahaya yang mengancam dirinya, seperti bahaya kebakaran, bahaya tenggelam, bahaya kelaparan dan bahaya sakit, maka seolah-olah menyelamatkan seluruh manusia.
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sat Mar 08, 2014 1:27 pm

Argumen plintiran ga ada gunanya lagi dibahas. Krn memang sudah niatnya bukan lagi mencari kebenaran tapi mencari pembenaran, dan memaksakan "selera"nya.



aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by roswan on Sat Mar 08, 2014 1:31 pm

haaa haaa haa

justru 'selera' kafir dengan tafsir bodohnya sendiri, tak sembarang orang mampu menafsir itu, harus tahu bahasa aslinya, tahu keseluruhan isi kitabnya.

Jangan pakai metode sampah kafir dalam mencari tuhan, yang ada ketemunya tuhan palsu dan neraka.
avatar
roswan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 493
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 19.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by Ibnu Sabil on Sat Mar 08, 2014 1:45 pm

aliumar wrote:Argumen plintiran ga ada gunanya lagi dibahas. Krn memang sudah niatnya bukan lagi mencari kebenaran tapi mencari pembenaran, dan memaksakan "selera"nya.


 lol nyerah 
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by EHAN on Sat Mar 08, 2014 2:09 pm

jadi ga perlu ada penimbangan dosa dan amal lagi?

masih, jika ada dosa2 yang tidak di sadari telah di perbuat. akan tetapi jika tidak ada sama sekali dosa, dalam hidup sesuai perintah Allah, apa yang perlu di timbang. contoh bayi.

Tapi apa ada manusia bisa menjamin dirinya bebas dari dosa, nga akan ada.

Makanya saya tulis, salah satu kelemahan manusia ialah
TIDAK SADAR AKAN PERBUATANNYA TELAH SALAH, DAN MELAMPAUI BATAS.
.

Kesalahan - kesalahan kecil yang tidak kita sadari telah melakukannya, dan belum bertobat. tentu ini yang menjadi kendala. akan tetapi untuk hal besar sudah kita hilangkan ini menjadi pengurang dosa yang akan di jadikan bagian yang di hisab.

kenapa mesti terhalangi masuk surga jika amalnya lebih banyaaaaaak dan bisa menutupi/menghapusi dosa gibahnya?

karena gibah itu menyakiti perasaan yang di gibahkan, jadi dosa itu baru bisa di ampuni jika meminta maaf kepada orang tersebut dan memohon ampun kepada Allah.

Pada masa hisab dosa gibah tersebut akan memakan amal perbuatannya
“Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut itu?” Mereka menjawab: “Orang yang bangkrut di kalangan kami adalah orang yang tidak memiliki dirham dan tidak pula memiliki harta/barang.” Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat. Namun ia juga datang dengan membawa dosa kedzaliman. Ia pernah mencerca si ini, menuduh tanpa bukti terhadap si itu, memakan harta si anu, menumpahkan darah orang ini dan memukul orang itu. Maka sebagai tebusan atas kedzalimannya tersebut, diberikanlah di antara kebaikannya kepada si ini, si anu dan si itu. Hingga apabila kebaikannya telah habis dibagi-bagikan kepada orang-orang yang didzaliminya sementara belum semua kedzalimannya tertebus, diambillah kejelekan/ kesalahan yang dimiliki oleh orang yang didzaliminya lalu ditimpakan kepadanya, kemudian ia dicampakkan ke dalam neraka.” (HR Muslim no. 6522)

sepele dan ringan, namun di lakukan secara terus menerus. buruk akibatnya..


Apakah di akhirat nanti, dosa yg belum sempat diselesaikan di dunia, bisa dibersihkan (dihapuskan) dgn amal?
jika bisa, buat apa mesti "dicuci/dibersihkan" dulu di neraka?

Tidak bisa, akan tetapi berat mana antara dosa dan amal. jika dosa ya neraka. jika pahala ya surga. akan tetapi perjalanan kesurganya yang berat.
makin banyak amal ibadah, makin cepat dan ringan menuju surga. begitu sebaliknya. jika anda bertanya bagaimana beratnya perjalanan. saya belum tahu. akan tetapi di gambarkan seperti orang merangkak. anda bisa bayangkan berjalan merangkak.

kenapa masuk neraka, karena amalnya kalah besar dengan dosa. sebagai gambaran saja, neraka paling ringan yaitu api neraka sampai mata kaki saja membuat otak mendidih. itu yang paling ringan..

Masalahnya, kita sebagai manusia tidak tahu, berapa nilai dosa dan amalnya.
jadi jangan pernah menganggap "dosa saya kecil", saya pasti masuk surga.
karena seperti saya tulis
ehan wrote:Hanya satu kelemahan kita sebagai manusia, TIDAK SADAR AKAN PERBUATANNYA TELAH SALAH, DAN MELAMPAUI BATAS.

avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sat Mar 08, 2014 2:28 pm

jadi dosa itu baru bisa di ampuni jika meminta maaf kepada orang tersebut dan memohon ampun kepada Allah.
kalau Allah mengampuni tapi org yg digibahin tidak mau mengampuni, gimana?

Apakah di akhirat nanti, dosa yg belum sempat diselesaikan di dunia, bisa dibersihkan (dihapuskan) dgn amal?
Tidak bisa
Huud 114---> perbuatan baik (amal) BISA menghapus dosa.

akan tetapi berat mana antara dosa dan amal. jika dosa ya neraka. jika pahala ya surga.
Jadi kalau amal > dosa, maka dosa nya tsb ga perlu dicuci di neraka dulu?alias langsung ke surga (ga perlu ke neraka dulu buat cuci dosa) ?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by roswan on Sat Mar 08, 2014 2:36 pm

ini lho, sudah jelas:

amara wrote:hanya muslim yang dosanya MELEBIHI amalnya yang dicuci di neraka itu, sedangkan muslim yang amalnya melebihi dosanya bisa LANGSUNG secepat kilat menyeberang jembatan shirat menuju SURGA.

sedangkan manusia kafir, akan kekal SELAMAnya di neraka, tak bisa masuk surga.

good job :D
avatar
roswan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 493
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 19.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sat Mar 08, 2014 2:41 pm

sedangkan manusia kafir, akan kekal SELAMAnya di neraka
kekal nya kafir di neraka itu ungkapan hiperbola. Kekalnya bukan dalam artian selama-lamanya, tapi waktu yg sangaaaat lama seolah-olah seperti selama-lamanya----> maaf saya tertular virus plintiran ala muslim....hahaha.....

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by roswan on Sat Mar 08, 2014 2:44 pm

Kekalnya kafir di neraka pada ayatnya adalah bukan kata hiperbolik, tapi dalam makna yang sebenarnya.

Dan perlu diingat bahwa yang benar-benar kekal abadi sesungguhnya itu hanya Allah, jadi mungkin saja kalau Allah berkehendak, neraka, juga surga, pada akhirnya akan dihapus, dihilangkan, musnah. Tapi jangan harap kafir bisa masuk ke surga, karena meski neraka itu musnah, dihilangkan oleh Allah, tapi roh manusia kafir pun akan ikut lenyap bersama nerakanya, tak akan pernah dipindahkan ke surga.
avatar
roswan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 493
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 19.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by Ibnu Sabil on Sat Mar 08, 2014 2:52 pm

roswan wrote:Kekalnya kafir di neraka pada ayatnya adalah bukan kata hiperbolik, tapi dalam makna yang sebenarnya.

Dan perlu diingat bahwa yang benar-benar kekal abadi sesungguhnya itu hanya Allah, jadi mungkin saja kalau Allah berkehendak, neraka, juga surga, pada akhirnya akan dihapus, dihilangkan, musnah. Tapi jangan harap kafir bisa masuk ke surga, karena meski neraka itu musnah, dihilangkan oleh Allah, tapi roh manusia kafir pun akan ikut lenyap bersama nerakanya, tak akan pernah dipindahkan ke surga.
Kasihan....    lol  baibai
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sat Mar 08, 2014 2:54 pm

F-22 wrote:Konsep dasar penebusan dosa dlm islam adalah di akherat pahala & dosa muslim akan ditimbang besar mana. Kalo besar pahalanya akan masuk syurga kalo sebaliknya masuk neraka.

amal dan dosa ditimbang...wah kaya pedagang aja nih...ini jelas cara berpikir muhammad yang dulunya pedagang...hehehe.....

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by EHAN on Sat Mar 08, 2014 2:55 pm

aliumar wrote:kalau Allah mengampuni tapi org yg digibahin tidak mau mengampuni, gimana?
coba perhatikan tulisan saya, kenapa meminta maaf dulu kepada si korban, baru mohon ampun kepada Allah.

Karena dosa gibah hanya bisa diampuni jika telah meminta maaf kepada korban, jika si korban tetap tidak memaafkan itu urusan korban, yang penting niat meminta maaf dan memohon ampun benar2 tulus. kewajiban sudah di jalankan. Allah mengetahui niat tulus seseorang. Allah pasti mengampuni. berbeda jika tidak meminta maaf samasekali. maka efeknya sudah di beri tahu.

Huud 114---> perbuatan baik (amal) BISA menghapus dosa.
Dosa yang seperti apa yang di maksud? yaitu dosa2 kecil yang tidak segaja kita lakukan. dan ini pun berbicara urusan dunia di selesaikan di dunia lagi

berbeda jika sudah di akhirat. kan anda bertanya tentang bisa/ tidaknya dosa di hapus saat akhirat. nih saya copas

aliumar wrote:Apakah di akhirat nanti, dosa yg belum sempat diselesaikan di dunia, bisa dibersihkan (dihapuskan) dgn amal?
jika bisa, buat apa mesti "dicuci/dibersihkan" dulu di neraka?

jika sudah di akhirat. tidak ada amal yang dapat menghapus dosa lagi. ini pengadilan final. berbeda jika di dunia kesempatan tersebut masih ada.

URUSAN DI DUNIA SELESAIKAN DI DUNIA.

Jadi kalau amal > dosa, maka dosa nya tsb ga perlu dicuci di neraka dulu?alias langsung ke surga (ga perlu ke neraka dulu buat cuci dosa) ?
IYA, akan tetapi masih menderita pada saat menuju kesurga. dan itu tidak mudah. sudah saya berikan gambarannya, jika amalnya sedikit itu seperti merangkak. dan waktu perjalanannya lama. coba aja lu ke wc dengan merangkak.

Amal itu ibarat bekal, seseorang yang memillki bekal besar. akan sangat mudah dalam perjalanan, jika bekal sedikit perjalanan akan sulit. anda bisa coba dalam kehidupan nyata.
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by EHAN on Sat Mar 08, 2014 3:04 pm

aliumar wrote:
F-22 wrote:Konsep dasar penebusan dosa dlm islam adalah di akherat pahala & dosa muslim akan ditimbang besar mana. Kalo besar pahalanya akan masuk syurga kalo sebaliknya masuk neraka.

amal dan dosa ditimbang...wah kaya pedagang aja nih...ini jelas cara berpikir muhammad yang dulunya pedagang...hehehe.....
ini konsep penyederhanaan,, karena pebuatan selama di dunia akan di tanya satu2
di mulai dari yang di perintahkan dan yang baik2 baru yang buruk. sehingga jika lebih banyak buruknya sudah pasti neraka.

proses hisab ini berat.
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sat Mar 08, 2014 3:29 pm

EHAN wrote:
Jadi kalau amal > dosa, maka dosa nya tsb ga perlu dicuci di neraka dulu?
IYA
berarti utk dosa nya tsb ia tidak dihukum?
berarti juga kan amalannya yg lebih banyak dari dosa nya tsb telah bisa menghapuskan dosanya yg lebih sedikit.

jika sudah di akhirat. tidak ada amal yang dapat menghapus dosa lagi. ini pengadilan final. berbeda jika di dunia kesempatan tersebut masih ada.

URUSAN DI DUNIA SELESAIKAN DI DUNIA.

“Siapa yang merasa pernah berbuat aniaya kepada saudaranya, baik berupa kehormatan badan atau harta atau lain-lainnya, hendaknya segera meminta halal (maaf)nya sekarang juga sebelum datang suatu hari yang tiada harta dan dinar atau dirham, jika ia punya amal shalih, maka akan diambil menurut penganiayaannya, dan jika tidak mempunyai hasanat (kebaikan), maka diambilkan dari kejahatan orang yang dianiaya untuk ditanggungkan kepadanya.” [HR. Bukhari dan Muslim dalam Tarjamah Riadhus Shalihin, jilid I, hal. 225, bab Haram berlaku dhalim].

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut itu?”
Mereka menjawab : “Orang yang bangkrut di kalangan kami adalah orang yang tidak memiliki dirham dan tidak pula memiliki harta/barang.”

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat. Namun ia juga datang dengan membawa dosa kedzaliman. Ia pernah mencerca si ini, menuduh tanpa bukti terhadap si itu, memakan harta si anu, menumpahkan darah orang ini dan memukul orang itu. Maka sebagai tebusan atas kedzalimannya tersebut, diberikanlah di antara kebaikannya kepada si ini, si anu dan si itu. Hingga apabila kebaikannya telah habis dibagi-bagikan kepada orang-orang yang didzaliminya sementara belum semua kedzalimannya tertebus, diambillah kejelekan/kesalahan yang dimiliki oleh orang yang didzaliminya lalu ditimpakan kepadanya, kemudian ia dicampakkan ke dalam neraka.” (HR. Muslim no. 6522)

Jika nanti pas udah di akhirat amal shaleh tidak bisa lagi utk menebus/menghapus/menyelesaikan dosa/kesalahan kita, lantas Buat apa perlunya amal shaleh diambil dari pemiliknya tsb?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by aliumar on Sat Mar 08, 2014 3:46 pm

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat. Namun ia juga datang dengan membawa dosa kedzaliman. Ia pernah mencerca si ini, menuduh tanpa bukti terhadap si itu, memakan harta si anu, menumpahkan darah orang ini dan memukul orang itu. Maka sebagai tebusan atas kedzalimannya tersebut, diberikanlah di antara kebaikannya kepada si ini, si anu dan si itu. Hingga apabila kebaikannya telah habis dibagi-bagikan kepada orang-orang yang didzaliminya sementara belum semua kedzalimannya tertebus, diambillah kejelekan/kesalahan yang dimiliki oleh orang yang didzaliminya lalu ditimpakan kepadanya, kemudian ia dicampakkan ke dalam neraka.” (HR. Muslim no. 6522).

Kata Quran: dosa seseorang ga akan bisa dipikulkan/ditimpakan ke org lain (An Najm 38), tapi lihat yg merah tuh: "diambillah kejelekan/kesalahan yang dimiliki oleh orang yang didzaliminya lalu ditimpakan kepadanya".-----> berarti kan dosa/kesalahan bisa ditimpakan / dipindahkan ke org lain.

Gak konsisten niy ajaran Islam.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep penebusan dosa dalam Islam itu sebenarnya cuma LOGIKA manusia saja

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik