FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Halaman 4 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by ritara on Mon Feb 24, 2014 2:51 pm

First topic message reminder :

Jakarta - Komnas Perlindungan Anak (PA) mengevakuasi sejumlah anak-anak di Yayasan Panti Asuhan Samuel, di Sektor 6 Blok GC 10 No 1 Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Proses evakuasi dilakukan sebab Komnas PA menerima adanya laporan dugaan penelantaran anak-anak panti asuhan tersebut.

"Beberapa hari yang lalu ada bayi berusia 3 bulan yang meninggal di panti asuhan tersebut. Makanya kita lakukan evakuasi karena disinyalir mengalami kekerasan dan penelantaran," kata Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait saat dihubungi detikcom, Senin (24/2/2014).

Arist mengatakan, menurut pengakuan pemilik yayasan Chemy Watulungas, SH alias Samuel, bayi tersebut sudah dikuburkan di pemakaman umum di sekitar lokasi.

"Menurut keterangan pemilik, meninggalnya karena sakit, tetapi ini nanti kita lakukan investigasi lagi sebab kematiannya," kata Arist.

Arist menjelaskan, pihaknya mengevakuasi para anak-anak di yayasan tersebut setelah mendapatkan informasi adanya dugaan penyekapan dan penganiayaan di panti asuhan pada tanggal 13 Februari 2014 lalu. Komnas PA kemudian melakukan investigasi selama sepekan.

"Kemudian hari ini kita evakuasi anak-anak tersebut," imbuh Arist.

Ia melanjutkan, pihaknya akan meneruskan laporan dugaan penganiayaan dan penelantaran anak-anak panti, bila ditemukan adanya indikasi tersebut

http://news.detik.com/read/2014/02/24/133412/2506548/10/komnas-pa-ada-bayi-3-bulan-meninggal-di-panti-samuel-diduga-ditelantarkan?9911012
avatar
ritara
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 170
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 09.01.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down


Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by dee-nee on Fri Mar 07, 2014 4:12 pm

ga fitnah dong ah ... kan anda memang terbukti ga punya dalil ... sudah terbukti kok disebut fitnah

 ketiwi  ketiwi 

makanya saya tanya ... supaya bisa dibuktikan anda memang tau

1. orang tua kandungnya bersalah ga kalau masih hidup dan tidak terbukti menjual ??

2. anda bawa ini kan

@amara wrote:anak seorang muslim DILARANG diangkat anak oleh orangtuan non muslim! Bagi yang melanggarnya kena PIDANA!


memang ini UU terkait Kristenisasi ya ??

kalau anak seorang kristen boleh ga diangkat oleh orang tua muslim ???

 bingung 
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by dee-nee on Fri Mar 07, 2014 4:24 pm

@ritara wrote:coba cari dan baca Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Pertama, adopsi hanya bisa dilakukan demi kepentingan terbaik anak. Prinsip ini pulalah yang dianut UU Kewarganegaraan yang terbit 2006.

Kedua, calon orang tua angkat harus seagama dengan calon anak angkat. Bila asal usul anak tidak diketahui, maka disesuaikan dengan mayoritas pendudukan setempat. Menurut M. Joni, aturan ini mencegah terjadinya pengangkatan anak yang berbeda agama. Sehingga perbenturan kewenangan antara PA dan PN tidak akan terjadi.

Ketiga, pengangkatan anak oleh orang asing hanya dapat dilakukan sebagai upaya terakhir (ultimum remedium). Kalaupun upaya adopsi itu berhasil, Pasal 40 UU Perlindungan Anak masih mewajibkan orang tua angkat memberitahukan asal usul dan orang tua kandung kepada si anak kelak.

dll

http://muvid.wordpress.com/2008/01/19/adopsi-anak-pasca-perubahan-uu-pa-dualisme-pengadilan-negeri-dengan-pengadilan-agama-benarkah/

bentar ya ... saya cari bantahannya dulu



avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by dee-nee on Fri Mar 07, 2014 5:00 pm

http://www.law.yale.edu/rcw/rcw/jurisdictions/asse/indonesia/Indon_Child_Prot.htm

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 23 TAHUN 2002
TENTANG
PERLINDUNGAN ANAK

Bagian Kedua
Pengangkatan Anak

Pasal 39
(1) Pengangkatan anak hanya dapat dilakukan untuk kepentingan yang terbaik bagi anak dan dilakukan berdasarkan adat kebiasaan setempat dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
(2) Pengangkatan anak sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), tidak memutuskan hubungan darah antara anak yang diangkat dan orang tua kandungnya.
(3) Calon orang tua angkat harus seagama dengan agama yang dianut oleh calon anak angkat.
(4) Pengangkatan anak oleh warga negara asing hanya dapat dilakukan sebagai upaya terakhir.
(5) Dalam hal asal usul anak tidak diketahui, maka agama anak disesuaikan dengan agama mayoritas penduduk setempat.

@ritara .... anda membawa ayat yang bold diatas ini kan terkait UU hak asuh anak ...  tapi ada pasal lagi diatasnya .. terkaitan kedudukan anak

BAB V
KEDUDUKAN ANAK

Bagian Kesatu
Identitas Anak

Pasal 27
(1) Identitas diri setiap anak harus diberikan sejak kelahirannya.
(2) Identitas sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dituangkan dalam akta kelahiran.
(3) Pembuatan akta kelahiran didasarkan pada surat keterangan dari orang yang menyaksikan dan/atau membantu proses kelahiran.
(4) Dalam hal anak yang proses kelahirannya tidak diketahui, dan orang tuanya tidak diketahui keberadaannya, pembuatan akta kelahiran untuk anak tersebut didasarkan pada keterangan orang yang menemukannya.

Jadi .... logikanya

ketika samuel nemu anak tak ber ID trus bikin akta sesuai agama samuel ... artinya mereka sudah seagama toh (antara samuel dan anak) ....
sudah sesuai kan dengan pasal yang merah

 piss

Lagipula ... link yang anda bawa itu terkait kasus anak angkat yang sifatnya atas nama perorangan ... bukan atas nama lembaga ... artikel itupun khusus membahas tentang kasus Tristan (jadi terkait WNA)

Bila atas nama lembaga :

BAB VIII
PENGASUHAN DAN PENGANGKATAN ANAK

Bagian Kesatu
Pengasuhan Anak

Pasal 37
(1) Pengasuhan anak ditujukan kepada anak yang orang tuanya tidak dapat menjamin tumbuh kembang anaknya secara wajar, baik fisik, mental, spiritual, maupun sosial.
(2) Pengasuhan anak sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan oleh lembaga yang mempunyai kewenangan untuk itu.
(3) Dalam hal lembaga sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) berlandaskan agama, anak yang diasuh harus yang seagama dengan agama yang menjadi landasan lembaga yang bersangkutan.
(4) Dalam hal pengasuhan anak dilakukan oleh lembaga yang tidak berlandaskan agama, maka pelaksanaan pengasuhan anak harus memperhatikan agama yang dianut anak yang bersangkutan.
(5) Pengasuhan anak oleh lembaga dapat dilakukan di dalam atau di luar Panti Sosial.
(6) Perseorangan yang ingin berpartisipasi dapat melalui lembaga-lembaga sebagaimana dimaksud dalam ayat (3), ayat (4), dan ayat (5).

pasal 3 >>> anak2 itu akta-nya kristen .... samuel kristen ... juga sudah sesuai dengan pasal 3

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by amara on Fri Mar 07, 2014 7:10 pm

kalau orangtua kandungnya tidak pernah merasa memberikan anaknya kepada orangtua asuh nya ya itu penculikan namanya!

dan meski si anak gak jelas asal usulnya juga tak boleh dicomot begitu aja, harus ada prosedur legalnya, aturan yang benar si bayi atau anak itu diserahkan kepada negara, negara lah yang berwenang bukan lembaga swasta apalagi perorangan, apalagi lembaga swasta itu tak punya ijin alias ilegal! Dan sesuai UU anak itu adalah muslim, karena mayoritas warga negara Indonesia adalah muslim.

@ritara wrote:coba cari dan baca Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Pertama, adopsi hanya bisa dilakukan demi kepentingan terbaik anak. Prinsip ini pulalah yang dianut UU Kewarganegaraan yang terbit 2006.

Kedua, calon orang tua angkat harus seagama dengan calon anak angkat. Bila asal usul anak tidak diketahui, maka disesuaikan dengan mayoritas pendudukan setempat. Menurut M. Joni, aturan ini mencegah terjadinya pengangkatan anak yang berbeda agama. Sehingga perbenturan kewenangan antara PA dan PN tidak akan terjadi.

Ketiga, pengangkatan anak oleh orang asing hanya dapat dilakukan sebagai upaya terakhir (ultimum remedium). Kalaupun upaya adopsi itu berhasil, Pasal 40 UU Perlindungan Anak masih mewajibkan orang tua angkat memberitahukan asal usul dan orang tua kandung kepada si anak kelak.

dll


http://muvid.wordpress.com/2008/01/19/adopsi-anak-pasca-perubahan-uu-pa-dualisme-pengadilan-negeri-dengan-pengadilan-agama-benarkah/

kl gue udah malez njelasin ke yang rada-rada begitu qiii qii qiii, tape uli, caphe dweh

avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by dee-nee on Sun Mar 09, 2014 1:05 am

@amara wrote:kalau orangtua kandungnya tidak pernah merasa memberikan anaknya kepada orangtua asuh nya ya itu penculikan namanya!

dan meski si anak gak jelas asal usulnya juga tak boleh dicomot begitu aja, harus ada prosedur legalnya, aturan yang benar si bayi atau anak itu diserahkan kepada negara, negara lah yang berwenang bukan lembaga swasta apalagi perorangan, apalagi lembaga swasta itu tak punya ijin alias ilegal! Dan sesuai UU anak itu adalah muslim, karena mayoritas warga negara Indonesia adalah muslim.

yang bold : untung anda bukan pemerintah ... bisa chaos negara ini kalau punya pemimpin seperti anda

 nyerah  nyerah 

@amara wrote:
kl gue udah malez njelasin ke yang rada-rada begitu qiii qii qiii, tape uli, caphe dweh

ya ... yang penting kasus ini tetap ga ada SARA nya toh

 yes yes
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by said on Sun Mar 09, 2014 5:00 am

memungut anak itu ada prosedurnya, tak bisa asal main comot.

kabar terakhir panti itu mau menuntut supaya anak itu kembali, tapi oleh KPAI dan beberapa pengacara senior diketawakan, karena makin jelas kebodohan pengacara panti itu, anak itu bukan property panti, bukan hak milik, jadi tak akan pernah bisa kembali, ijin saja tak punya, dan disinyalir ada salah satu anak yang muslim, jadi makin berlapis pelanggarannya.

said
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 53
Kepercayaan : Islam
Location : usa
Join date : 08.03.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by dee-nee on Sun Mar 09, 2014 5:39 pm

@said wrote:memungut anak itu ada prosedurnya, tak bisa asal main comot.

kabar terakhir panti itu mau menuntut supaya anak itu kembali, tapi oleh KPAI dan beberapa pengacara senior diketawakan, karena makin jelas kebodohan pengacara panti itu, anak itu bukan property panti, bukan hak milik, jadi tak akan pernah bisa kembali, ijin saja tak punya, dan disinyalir ada salah satu anak yang muslim, jadi makin berlapis pelanggarannya.

Merah : anak itu >> maksudnya anak yang mana ?? ... lalu dikembalikan kemana ??

Hijau : jadi ada satu anak yang muslim .... dilihat dari apanya ?? dari aktanya ?? >>> ya udah aktanya muslim jadi muslim
sementara yang lain ... aktanya kristen ... jadi kristen ... apa masalahnya ??

biru : kita ga bicara mungut anak ... kita bicara soal akta anak  ... kedudukan anak  ... bahwa akta dibuat berdasarkan orang yang menemukan ... so bukan berdasarkan mayoritas penduduk ...

setuju ... mungut anak dsb ada prosedurnya ... artinya juga ga bisa sembarangan dengan langsung bilang anak2 itu pasti muslim
ya kan ??

lagi pula ... segala statement anda itu kan blum jelas gimana nantinya (simpang siur ... judulnya aja "masih disinyalir") ...
lihat saja nanti hasil pengusutan-nya ... apakah kasus ini adalah kasus perlindungan anak atau kasus agama

pendapat saya ... kasus ini ga akan ada hubungan dengan Kristenisasi .... apalagi bawa2 SARA seperti tulisan amara ...

 ehmm
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by amara on Sun Mar 09, 2014 5:43 pm

nih si rada-rada getol banget ngebelain pendetanya.

cape dweh, biarin aja sampai berbusa-busa mulutnya.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by dee-nee on Sat Mar 15, 2014 2:07 am

sudah ga penting saya ngomong disini karena netter diatas sudah ga ada ...
cuma mau confirm supaya tidak ada plintiran dan fitnah ...

Saya ga pernah belain samuel ... saya cuma bilang kasus ini bukan kasus SARA ...

apa masih perlu diplintir sedemikian rupa lagi kalimat saya ??? .... supaya sikap2 subjektif dan diskriminatif berkaitan SARA menjadi terlihat benar

 ehmm
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by mutiiiara on Sat Mar 15, 2014 2:11 am

siapa gak fitnah, ketahuan ada 1 anak muslim yang dikritenkan secara paksa oleh si pendeta.

banyak sekali kesalahan si pendeta, mulai dari penggelapan identitas anak, sampai pengeksploitasian anak.

gak mampu nolong tuh anak-anak, malah dengan bodohnya membela pelaku penganiaya anak, karen apelakunya adalah pendetamu.

menjijikan.
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1066
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by dee-nee on Sat Mar 15, 2014 2:26 am

@mutiiiara wrote:siapa gak fitnah, ketahuan ada 1 anak muslim yang dikritenkan secara paksa oleh si pendeta.

banyak sekali kesalahan si pendeta, mulai dari penggelapan identitas anak, sampai pengeksploitasian anak.

gak mampu nolong tuh anak-anak, malah dengan bodohnya membela pelaku penganiaya anak, karen apelakunya adalah pendetamu.

menjijikan.

ngomong yang sopan mut ...
hati2 di ban lagi
anda bicara ga sopan juga bukan saya yang rugi ...
toh anda juga ga lebih baik dari saya ....

ehmm 

saya ga bisa debatan sama anda ya ... cape juga kalau musti numpuk2 antara anda atau amara ...

anda keluar ... debatannya jadi sama amara
amara keluar ... debatannya jadi sama anda

saya debatan sama orangnya langsung aja deh

tunggu amara masuk lagi

 piss

cat : post #84 adalah untuk menjauhkan plintiran terkait kalimat saya ... bukan untuk nerusin debatan dengan anda ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by mutiiiara on Sat Mar 15, 2014 2:28 am

amara sudah muak dengan kebodohanmu, masih gak nyadar juga.
mana mau amara diskusi dgn kamu, tahu diri deh
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1066
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by dee-nee on Sat Mar 15, 2014 4:00 pm

ehmm ehmm 

kalian saling kenal ya Mut ??

udah kaya ngobrol sama netter shift-shift-an aja
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Komnas PA: Ada Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Samuel, Diduga Ditelantarkan

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 4 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik