FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Halaman 5 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by abu hanan on Tue Feb 18, 2014 11:56 pm

First topic message reminder :

berawal dari sonoh..
http://www.laskarislam.com/t6550p275-isra-miraj-sebuah-hayalan-muhammad#127027

@Kedunghalang wrote:


Di dalam dunia kasysyaf, wujud Jibril as dan Allah Subhaana wa Ta'ala sangat mungkin dapat dilihat oleh Nabi Muhammad saw, karena mata yang digunakan Rasulullah pun adalah mata hati ruhani (fuaad), bukan kasat mata. Hadits menyatakan bahwa Rasulullah saw melihat (dengan mata hati ruhani/fuaad) Jibril as, dan Al Qur'an (An-Najm) menyatakan bahwa Allah Subhaana wa Ta'ala menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw yang melihat-Nya dengan mata hati ruhani/fuaad.

Tetapi, saya kira hanya grammar/nahwu & shorof saja tidak akan cukup menafsirkan dunia kasysyaf.


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down


Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by Kedunghalang on Sun Jun 08, 2014 12:42 pm

@abu hanan wrote:wkwkwk..kalo cuman nulis nomor ayat mah gampang..penjelasan pak..anda tau kan "penjelasan"?

Ooooooh itu yang anda mau. Okey, supaya nyambung, coba jawab dulu: Menurut wan Abu, apakah Mi'raj dan Israa itu pengalaman dan pemandangan Nabi Muhammad saw secara fisik atau secara ruhaniah?

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by abu hanan on Sun Jun 08, 2014 10:49 pm

@Kedunghalang wrote:
@abu hanan wrote:wkwkwk..kalo cuman nulis nomor ayat mah gampang..penjelasan pak..anda tau kan "penjelasan"?

Ooooooh itu yang anda mau. Okey, supaya nyambung, coba jawab dulu: Menurut wan Abu, apakah Mi'raj dan Israa itu pengalaman dan pemandangan Nabi Muhammad saw secara fisik atau secara ruhaniah?
bi 'abdihi = hamba yang berarti perjalanan fisik dan rohani.bi 'abdihi menunjukkan person/sosok secarah utuh..

http://www.laskarislam.com/t105-isra-mi-raj-fiksi-atow-ilmiah?highlight=isra+miraj


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by Kedunghalang on Mon Jun 09, 2014 10:21 am

@abu hanan wrote:
@Kedunghalang wrote:
@abu hanan wrote:wkwkwk..kalo cuman nulis nomor ayat mah gampang..penjelasan pak..anda tau kan "penjelasan"?

Ooooooh itu yang anda mau. Okey, supaya nyambung, coba jawab dulu: Menurut wan Abu, apakah Mi'raj dan Israa itu pengalaman dan pemandangan Nabi Muhammad saw secara fisik atau secara ruhaniah?
bi 'abdihi = hamba yang berarti perjalanan fisik dan rohani.bi 'abdihi menunjukkan person/sosok secarah utuh..

http://www.laskarislam.com/t105-isra-mi-raj-fiksi-atow-ilmiah?highlight=isra+miraj

Beginilah kalau wan Abu menafsirkan Al Qur'an hanya dengan mengandalkan NAHWU SHOROF saja. Bukankah NAHWU SHOROF itu hanya salah-satu dari banyak ilmu alat tafsir? Ada Qur'an bil Qur'an, ada Qur'an bil Hadits, ada Ilmu Pengetahuan Rasional dlsb. Jika wan Abu menafsirkan seperti itu tidak realistis berdasarkan Ilmu Pengetahuan Rasional, sehingga mereka sering bertanya beberapa hal, seperti:
1. Pada saat Israa, apakah Masjidil Aqsha / Baitul Maqdis sudah ada?
2. Mungkinkah para nabi terdahulu yang jumlahnya 124.000 dan sudah wafat bisa & wajib shalat berjama'ah dan bermakmum di belakang Nabi Muhammad saw?
3. Apakah BUROQ ada di dunia nyata?

Dan banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang jawabannya tidak masuk akal sehat. Padahal berapa banyak ayat suci Al Qur'an yang menanyakan: AFALAA TA'QILUUN?

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by abu hanan on Mon Jun 09, 2014 6:14 pm

owalah pak..tobat..tobat..
quran bil quran,quran bil hadits..itu anda emang ngerti kamsutnyah?
nahwu shorof adalah kaidah-tata bahasa arab..lha emang basa arab itu mesti dikaji pake grammar basa rusia?
bicara arab atow kajian basa arab yah sepatutnyah pake kaidah basa arab..

tafsir quran bil quran adalah omong kosong kalow gak sentuh kaidah tata basa arab..ini gak lebih dari mengikuti prasangka bila seseorang uda merasa menafsirkan quran bil quran tapi nahwu-shorof-balaghah dll dibuang ke kolong lemari..


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by abu hanan on Mon Jun 09, 2014 6:17 pm

owalah pak..tobat..tobat..
quran bil quran,quran bil hadits..itu anda emang ngerti kamsutnyah?
nahwu shorof adalah kaidah-tata bahasa arab..lha emang basa arab itu mesti dikaji pake grammar basa rusia?
bicara arab atow kajian basa arab yah sepatutnyah pake kaidah basa arab..

tafsir quran bil quran adalah omong kosong kalow gak sentuh kaidah tata basa arab..ini gak lebih dari mengikuti prasangka bila seseorang uda merasa menafsirkan quran bil quran tapi nahwu-shorof-balaghah dll dibuang ke kolong lemari..


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by Kedunghalang on Tue Jun 10, 2014 9:58 am

@abu hanan wrote:owalah pak..tobat..tobat..
quran bil quran,quran bil hadits..itu anda emang ngerti kamsutnyah?
nahwu shorof adalah kaidah-tata bahasa arab..lha emang basa arab itu mesti dikaji pake grammar basa rusia?
bicara arab atow kajian basa arab yah sepatutnyah pake kaidah basa arab..

tafsir quran bil quran adalah omong kosong kalow gak sentuh kaidah tata basa arab..ini gak lebih dari mengikuti prasangka bila seseorang uda merasa menafsirkan quran bil quran tapi nahwu-shorof-balaghah dll dibuang ke kolong lemari..

Saya tidak mengabaikan NAHWU SHOROF, tetapi ketika NAHWU SHOROF atau pemahaman anda tentang NAHWU SHOROF tidak memadai untuk menafsirkan Al Qur'an dengan benar, maka harus menggunakan alat tafsir lain, yakni Qur'an bil Qur'an atau Qur'an bil Hadits. Yang jelas menurut Hadits, Israa & Mi'raj adalah pengalaman dan pemandangan ruhaniah:

Rasulullah saw bersabda: "Semua pengalaman dan pemandangan-pemandangan ruhaniah itu di dalam Israa dan Mi'raj, ketika aku berada dekat Ka'bah dalam keadaan antara tidur dan jaga." (Shahih Bukhari 2, hal 137, Bab Dzikir Al Malaikah).

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by abu hanan on Thu Jun 12, 2014 8:49 pm

pak kedung..
ketika tata basa tidak memadai maka ayat " diturunkan dalam basa arab yang mubin" dibuang ajah pak..dengan bugituh,quran bil quran akan lebih memadai dan memenuhi selera berbeda tiap orang..


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by Kedunghalang on Thu Jun 12, 2014 9:20 pm

@abu hanan wrote:pak kedung..
ketika tata basa tidak memadai maka ayat " diturunkan dalam basa arab yang mubin" dibuang ajah pak..dengan bugituh,quran bil quran akan lebih memadai dan memenuhi selera berbeda tiap orang..

Maksud saya, ketika pemahaman kita tentang KADIAH NAHWU SHOROF tidak memadai untuk menafsirkan bahasa Al Qur'an dengan benar, maka kita harus menggunakan alat tafsir lain, yakni Ilmu Qur'an bil Qur'an atau Ilmu Qur'an bil Hadits.

Bukankah menurut Hadits berikut ini, Israa & Mi'raj itu adalah pengalaman dan pemandangan ruhaniah:
Rasulullah saw bersabda: "Semua pengalaman dan pemandangan-pemandangan ruhaniah itu di dalam Israa dan Mi'raj, ketika aku berada dekat Ka'bah dalam keadaan antara tidur dan jaga." (Shahih Bukhari 2, hal 137, Bab Dzikir Al Malaikah).

Jadi, menurut hadits tersebut, ketika Mi'raj dan Israa, fisik Rasulullah saw tetap berada di dekat Ka'bah dalam keadaan antara tidur dan jaga.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by abu hanan on Thu Jun 12, 2014 10:22 pm

jika tata basa tidak lagi memadai menguak isi al quran maka al quran adalah kitab penuh keraguan dan ini adalah kesalahan pada pemirsa televisi..

kaidah quran bil quran adalah untuk menyatukan misi/visi dari suatu kata,suatu konteks..bugitu pula bil hadits..tata basa adalah bagian tak terpisahkan dari al quran..

tentang hadits..
bisakah anda beri sumber valid?atow nomor hadits?


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by Kedunghalang on Thu Jun 12, 2014 10:47 pm

@abu hanan wrote:jika tata basa tidak lagi memadai menguak isi al quran maka al quran adalah kitab penuh keraguan dan ini adalah kesalahan pada pemirsa televisi..

kaidah quran bil quran adalah untuk menyatukan misi/visi dari suatu kata,suatu konteks..bugitu pula bil hadits..tata basa adalah bagian tak terpisahkan dari al quran..

Kalau kita beriman kepada Kitab Allah (Rukun Iman ke-3), tentu kita tidak akan menuduh Al Qur'an sebagai kitab penuh keraguan. Tetapi, kita harus introspeksi/muhasabah, apakah pemahaman kita tentang Ilmu Nahwu Shorof sudah memadai atau belum? Salah satu contoh, tentang pemahaman Hukum Idhofah yang belum memadai, sehingga membuat ulama/umat Islam sepakat bahwa Khaataman-Nabiyyin itu hanya satu artinya, yakni Penutup Nabi-Nabi atau Nabi Terakhir. Padahal, menurut Kamus Bahasa Arab, arti pokok kata Khaataman-Nabiyyin itu adalah "yang paling baik/istimewa/afdhal/sempurna di antara nabi-nabi" dan ada arti lainnya, seperti Meterai Para Nabi, Cincin/Perhiasan Para Nabi.

@abu hanan wrote:
tentang hadits..
bisakah anda beri sumber valid?atow nomor hadits?

Sementara, saya hanya bisa menampilkan seperti itu. Tetapi, untuk lengkapnya, nanti saya bongkar-bongkar dulu perpustakaan saya.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by abu hanan on Thu Jun 12, 2014 10:53 pm

lha idhofah yang dipake contoh..itu ada tempat untuk pembuktian pak..
disini,buktikan ajah bahwa melihat wujud itu dapat didukung dari tata basa al quran sendiri..


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by Kedunghalang on Thu Jun 12, 2014 11:34 pm

@abu hanan wrote:lha idhofah yang dipake contoh..itu ada tempat untuk pembuktian pak..
disini,buktikan ajah bahwa melihat wujud itu dapat didukung dari tata basa al quran sendiri..

الابصار = Penglihatan Mata Jasmani (Al An'Aam 6:103/104) tidak sampai kepada-Nya.
الرّءْيا    = Penglihatan/Pemandangan Ruhaniah (Bani Israil 17:60/61 & An-Najm 53:11/12)


Terakhir diubah oleh Kedunghalang tanggal Sat Jun 14, 2014 8:24 am, total 6 kali diubah

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by abu hanan on Fri Jun 13, 2014 1:20 pm

mr kedung..
bener yakin dengan 2 kata itu pak?


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by Kedunghalang on Fri Jun 13, 2014 1:27 pm

@abu hanan wrote:mr kedung..
bener yakin dengan 2 kata itu pak?

Beriman kepada Al Qur'an adalah Rukun Iman yang ke-3.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by abu hanan on Fri Jun 13, 2014 3:29 pm

pak kedung,sayah gak tanya berapa rukun iman?tetapi apa bener 2 kata itu menjadi dasar argumen anda tentang "melihat wujud allah"?


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by Kedunghalang on Fri Jun 13, 2014 4:44 pm

@abu hanan wrote:pak kedung,sayah gak tanya berapa rukun iman?tetapi apa bener 2 kata itu menjadi dasar argumen anda tentang "melihat wujud allah"?

Kedua kata itu terdapat dalam Kitab Suci Al Qur'an dan ayat-ayatnya pun saya tampilkan. Saya beriman kepada Kitab Suci Al Qur'an, karena merupakan Rukun Iman yang ke-3.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by abu hanan on Sat Jun 14, 2014 12:35 am

owh..bugituh..yah yah..
sayah rehat sejenak..dan nantikan dengan bersabar..


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by Kedunghalang on Sat Jun 14, 2014 11:20 am

@abu hanan wrote:owh..bugituh..yah yah..
sayah rehat sejenak..dan nantikan dengan bersabar..

Take your time.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by ngayarana on Thu Jun 19, 2014 2:35 pm

@Kedunghalang wrote: Bukankah menurut Hadits berikut ini, Israa & Mi'raj itu adalah pengalaman dan pemandangan ruhaniah:
Rasulullah saw bersabda: "Semua pengalaman dan pemandangan-pemandangan ruhaniah itu di dalam Israa dan Mi'raj, ketika aku berada dekat Ka'bah dalam keadaan antara tidur dan jaga." (Shahih Bukhari 2, hal 137, Bab Dzikir Al Malaikah).
@Abu Hanan wrote: tentang hadits..
bisakah anda beri sumber valid?atow nomor hadits?..
Tentang Hadist di atas, kayaknya pak kedung belum tau ya sumber dan Nomor hadist dalam sahih Bukhari ini.

Mengenai Bab Dzikrul Malaikah (Bab Dzikir Al Malaikah) bisa di lihat di Sahih bukhari No 2968, dan berikut terjemahannya.
(saya kutip sebagian karena teksnya panjang)

BAB Dzikrul Malaaikah

(Sahih Bukhari No. 2968.) Telah bercerita kepada kami Hudbah bin Khalid telah bercerita kepada kami Hammam dari   Qatadah.   Dan   diriwayartkan   pula,   Khalifah   berkata   kepadaku,   telah   bercerita   kepadakami Yazid bin Zurai' telah bercerita kepada kami Sa'id dan Hisyam keduanya berkata telah bercerita kepada   kami Qatadah  telah   bercerita  kepada   kami   Anas bin Malik dari Malik bin Sha'sha'ah radliallahu 'anhuma berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ketika aku   berada   di   sisi   Baitullah   antara   tidur   dan   sadar".   Lalu   Beliau   menyebutkan,   yaitu:   "Ada seorang laki-laki diantara dua laki-laki yang datang kepadaku membawa baskom terbuat dari emas   yang   dipenuhi   dengan   hikmah   dan   dan   iman   lalu   orang   itu   membelah   badanku   dari atas   dada   hingga bawah  perut,   lalu  dia   mencuci   perutku   dengan      air   zamzam   kemudian mengisinya dengan hikmah dan iman. Kemudian aku diberi seekor hewan tunggangan putih yang   lebih   kecil   dari   pada   baghal   namun   lebih   besar   dibanding   keledai   bernama   al-Buraq. Maka      aku   berangkat      bersama     Jibril  Alaihissalam,     hingga    sampai    di   langit  dunia…….(dst)

Ternyata Beda teksnya ya, antara yang di kutip oleh Mr. Kedung.... ehmm
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by Kedunghalang on Sat Jun 28, 2014 8:41 pm

@ngayarana wrote:
@Kedunghalang wrote: Bukankah menurut Hadits berikut ini, Israa & Mi'raj itu adalah pengalaman dan pemandangan ruhaniah:
Rasulullah saw bersabda: "Semua pengalaman dan pemandangan-pemandangan ruhaniah itu di dalam Israa dan Mi'raj, ketika aku berada dekat Ka'bah dalam keadaan antara tidur dan jaga." (Shahih Bukhari 2, hal 137, Bab Dzikir Al Malaikah).
@Abu Hanan wrote: tentang hadits..
bisakah anda beri sumber valid?atow nomor hadits?..
Tentang Hadist di atas, kayaknya pak kedung belum tau ya sumber dan Nomor hadist dalam sahih Bukhari ini.

Mengenai Bab Dzikrul Malaikah (Bab Dzikir Al Malaikah) bisa di lihat di Sahih bukhari No 2968, dan berikut terjemahannya.
(saya kutip sebagian karena teksnya panjang)

BAB Dzikrul Malaaikah

(Sahih Bukhari No. 2968.) Telah bercerita kepada kami Hudbah bin Khalid telah bercerita kepada kami Hammam dari   Qatadah.   Dan   diriwayartkan   pula,   Khalifah   berkata   kepadaku,   telah   bercerita   kepadakami Yazid bin Zurai' telah bercerita kepada kami Sa'id dan Hisyam keduanya berkata telah bercerita kepada   kami Qatadah  telah   bercerita  kepada   kami   Anas bin Malik dari Malik bin Sha'sha'ah radliallahu 'anhuma berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 0099]"Ketika aku   berada   di   sisi   Baitullah   antara   tidur   dan   sadar".   Lalu   Beliau   menyebutkan,   yaitu:   "Ada seorang laki-laki diantara dua laki-laki yang datang kepadaku membawa baskom terbuat dari emas   yang   dipenuhi   dengan   hikmah   dan   dan   iman   lalu   orang   itu   membelah   badanku   dari atas   dada   hingga bawah  perut,   lalu  dia   mencuci   perutku   dengan      air   zamzam   kemudian mengisinya dengan hikmah dan iman. Kemudian aku diberi seekor hewan tunggangan putih yang   lebih   kecil   dari   pada   baghal   namun   lebih   besar   dibanding   keledai   bernama   al-Buraq. Maka      aku   berangkat      bersama     Jibril  Alaihissalam,     hingga    sampai    di   langit  dunia…….(dst)

Ternyata Beda teksnya ya, antara yang di kutip oleh Mr. Kedung.... ehmm

Ya, memang benar, saya belum membaca haditsnya secara menyeluruh. Saya hanya mengutip hadits tersebut dari sebuah buku yang berjudul Mi'raj dan Israa oleh Saleh A. Nahdi.  Tetapi, uraian yang anda kutip di atas yang diwarnai biru nampak jelas sekali bahwa peristiwa Mi'raj dan Israa' itu adalah pengalaman dan pemandangan ruhaniah Rasulullah saw, bukan peristiwa fisik. Hal ini ditegaskan oleh sabda Rasulullah saw:"Ketika aku berada di sisi Baitullah antara tidur dan sadar".

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by abu hanan on Fri Oct 03, 2014 10:07 am

terkait post 112..itu kesimpulan ditegakkan berdasarkan apa?
bashar terkait mata jasmani..
rukyat terkait mata rohani..

karena bila memperhatikan basa arab yang beredar tiap taun..rukyatul hilal..apakah itu berarti melihat bulan dengan mata rohani?


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by Kedunghalang on Sat Oct 04, 2014 8:13 pm

الرّءْيا    = Pada umumnya digunakan untuk penglihatan/pemandangan ruhaniah (Bani Israil 17:60/61 & An-Najm 53:11/12), tetapi kadang-kadang bisa juga digunakan secara fisik.
Contohnya dalam HR Sunan Ibnu Majah: Faidzaa roaitumuuhu "Maka, barangsiapa melihatnya (Imam Mahdi)" yang berlaku bagi mereka yang melihat langsung secara fisik, maupun mereka yang datang belakangan karena tidak diberi karunia Allah untuk melihat langsung Imam Mahdi secara fisik.


Terakhir diubah oleh Kedunghalang tanggal Wed Oct 08, 2014 11:38 pm, total 1 kali diubah

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by ngayarana on Tue Oct 07, 2014 5:14 pm

Saya berikan Reverensi mengenai pembahasan An Najm ini.
Saya kutip dari Sahih Muslim no 259, pada Bab :  Makna firman Allah "Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain"

Hadist nya Panjang tapi buat kita pelajari bersama, berikut terjemahannya :

Dan telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami: Ismail   bin   Ibrahim   dari   Dawud   dari asy-Sya'bi   dari   Masruq   dia   berkata,   "Ketika   aku   duduk Bersandar di  samping Aisyah, maka dia  berkata, “Wahai Abu Aisyah (Masruq)!, Ada   tiga perkara, barang siapa yang memper bincangkan salah satu   darinya,    berarti    dia  telah melakukan pembohongan yang amat besar   terhadap     Allah.'

Aku   bertanya, 'Apakah tiga perkara itu?  ' Aisyah menjawab, 'Pertama, barang siapa mengklaim bahwa Muhammad shallallahu 'alaihi  wasallam melihat Tuhannya maka sungguh dia telah   membesarkan kebohongannya terhadap Allah.'

Aku yang duduk bersandar dari tadi, maka aku mulai duduk dengan baik, lalu aku berkata, 'Wahai Ummul Mukminin! Berilah aku tempo, dan janganlah kamu membuatku terburu-buru, (dengarlah kata-kataku ini terlebih dahulu), bukankah Allah telah   berfirman: “Dan   sesungguhnya   Muhammad   telah   melihat   Jibril   itu   (dalam   rupanya yang asli) pada waktu yang lain”(Qs. Al Takwir: 23).
Dan Firman Allah lagi: “Dan sungguh Muhammad telah melihat 'dia' dalam bentuk rupanya yang asal sekali lagi” (Qs. An Najm: 13).  
Maka   Aisyah   menjawab,   'Aku   adalah   orang yang   pertama   bertanya kepada   Rasulullah shallallahu     'alaihi  wasallam.   mengenai perkara ini  dari  kalangan umat ini.  Beliau  telah menjawab dengan bersabda: "Yang dimaksud 'dia' dalam ayat itu adalah Jibril (bukan Allah), aku tidak pernah melihat Jibril dalam bentuk asalnya kecuali dua kali saja, yaitu semasa dia turun dari langit dalam keadaan yang terlalu besar sehingga memenuhi di antara lagit dan bumi.' Kemudian Aisyah berkata lagi, 'Apakah kamu tidak pernah mendengar bahwa Allah: “Dia    tidak   dapat    dilihat  oleh   penglihatan      mata,    sedangkan     Dia   dapat    melihat    dan mengetahui hakikat segala penglihatan mata, dan Dialah Yang Maha Bersifat Lemah Lembut lagi   Maha   Mendalam   pengetahuannya” (Qs.  Al  An'am:   103).  
Atau, apakah kamu tidak pernah mendengar firman Allah: “Dan tidaklah layak bagi seorang manusia, bahwa Allah mengajaknya berbicara kecuali berupa wahyu (dengan diberi mimpi) atau dari balik dinding (dengan mendengar suara saja) atau dengan mengutuskan utusan (Malaikat), lalu utusan itu menyampaikan wahyu kepadanya dengan izin Allah sesuatu yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi, lagi Maha Bijaksana” (Qs.   Asy   Syura:   51).  

Kemudian Aisyah     berkata    lagi,  'Barangsiapa    yang    mengklaim     bahwa     Rasulullah    shallallahu    'alaihi wasallam   telah   menyembunyikan sebagian dari  kitab   Allah,   maka    sungguh dia   telah membesarkan pendustaan   terhadap   Allah,   sebagaimana   firman   Allah: “Wahai   Rasulullah, sampaikanlah sesuatu yang diturunkan kepadamu, dan jika kamu tidak melakukannya, maka berarti kamu tidak  menyampaikan risalah-Nya” (Qs.  Al  Maidah:    67).

Kemudian     Aisyah berkata, "Barangsiapa mengklaim bahwa dia mampu mengabarkan tentang takdir yang akan terjadi   besok, maka    sungguh     dia  telah  membesarkan kebohongan terhadap    Allah.   Allah berfirman: “Katakanlah    (hai Muhammad), tidak   satu   pun   makhluk     yang   di  langit  dan Bumi yang mengetahui kegaiban kecuali Allah”. (Qs. An Naml: 65).

Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami Abdul Wahhab telah menceritakan kepada kami Dawud dengan sanad ini semisal hadits Ibnu Ulayyah, dan dia menambahkan, "Aisyah berkata, 'Kalau seandainya Muhammad telah menyembunyikan sebagian   dari   wahyu   yang   diturunkan   kepadanya,   niscaya   dia   menyembunyikan   ayat   ini: '(Dan   (ingatlah),   ketika   kamu   berkata   kepada   orang   yang   mana   Allah   telah   melimpahkan nikmat kepadanya dan kamu (juga)  telah   memberi nikmat kepadanya, 'Tahanlah terus isterimu   dan bertaqwalah kepada   Allah', sedang   kamu   menyembunyikan   di   dalam   hatimu sesuatu   yang   mana   Allah   akan   menyatakannya,   dan   kamu   takut   kepada   manusia,   sedang Allah-lah   yang   lebih   berhak   untuk   kamu   takuti” (Qs.   al-Ahzab:   37).  

Telah   menceritakan kepada   kami   Ibnu   Numair   telah   menceritakan   kepada   kami   bapakku   telah   menceritakan kepada   kami   Ismail   dari   asy-Sya'bi dari   Masruq dia   berkata,   "Aku   bertanya kepada   Aisyah, 'Apakah      Muhammad     shallallahu 'alaihi  wasallam melihat    Rabbnya? "Dia  menjawab, 'Mahasuci   Allah,   sungguh bulu   kuduku  merinding karena   perkataan yang   kamu   ucapkan tadi'."Lalu  dia   membawakan hadits   tersebut   dengan     kisahnya.   Dan   hadits   Dawud lebih sempurna dan panjang."
(Sahih Muslim 259)

Semoga bermanfaat.... piss
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by Kedunghalang on Tue Oct 07, 2014 6:56 pm

@ngayarana wrote:Saya berikan Reverensi mengenai pembahasan An Najm ini.
Saya kutip dari Sahih Muslim no 259, pada Bab :  Makna firman Allah "Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain"

Hadist nya Panjang tapi buat kita pelajari bersama, berikut terjemahannya :

Dan telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami: Ismail   bin   Ibrahim   dari   Dawud   dari asy-Sya'bi   dari   Masruq   dia   berkata,   "Ketika   aku   duduk Bersandar di  samping Aisyah, maka dia  berkata, “Wahai Abu Aisyah (Masruq)!, Ada   tiga perkara, barang siapa yang memper bincangkan salah satu   darinya,    berarti    dia  telah melakukan pembohongan yang amat besar   terhadap     Allah.'

Aku   bertanya, 'Apakah tiga perkara itu?  ' Aisyah menjawab, 'Pertama, barang siapa mengklaim bahwa Muhammad shallallahu 'alaihi  wasallam melihat Tuhannya maka sungguh dia telah   membesarkan kebohongannya terhadap Allah.'

Aku yang duduk bersandar dari tadi, maka aku mulai duduk dengan baik, lalu aku berkata, 'Wahai Ummul Mukminin! Berilah aku tempo, dan janganlah kamu membuatku terburu-buru, (dengarlah kata-kataku ini terlebih dahulu), bukankah Allah telah   berfirman: “Dan   sesungguhnya   Muhammad   telah   melihat   Jibril   itu   (dalam   rupanya yang asli) pada waktu yang lain”(Qs. Al Takwir: 23).
Dan Firman Allah lagi: “Dan sungguh Muhammad telah melihat 'dia' dalam bentuk rupanya yang asal sekali lagi” (Qs. An Najm: 13).  
Maka   Aisyah   menjawab,   'Aku   adalah   orang yang   pertama   bertanya kepada   Rasulullah shallallahu     'alaihi  wasallam.   mengenai perkara ini  dari  kalangan umat ini.  Beliau  telah menjawab dengan bersabda: "Yang dimaksud 'dia' dalam ayat itu adalah Jibril (bukan Allah), aku tidak pernah melihat Jibril dalam bentuk asalnya kecuali dua kali saja, yaitu semasa dia turun dari langit dalam keadaan yang terlalu besar sehingga memenuhi di antara lagit dan bumi.' Kemudian Aisyah berkata lagi, 'Apakah kamu tidak pernah mendengar bahwa Allah: “Dia    tidak   dapat    dilihat  oleh   penglihatan      mata,    sedangkan     Dia   dapat    melihat    dan mengetahui hakikat segala penglihatan mata, dan Dialah Yang Maha Bersifat Lemah Lembut lagi   Maha   Mendalam   pengetahuannya” (Qs.  Al  An'am:   103).  
Atau, apakah kamu tidak pernah mendengar firman Allah: “Dan tidaklah layak bagi seorang manusia, bahwa Allah mengajaknya berbicara kecuali berupa wahyu (dengan diberi mimpi) atau dari balik dinding (dengan mendengar suara saja) atau dengan mengutuskan utusan (Malaikat), lalu utusan itu menyampaikan wahyu kepadanya dengan izin Allah sesuatu yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi, lagi Maha Bijaksana” (Qs.   Asy   Syura:   51).  

Kemudian Aisyah     berkata    lagi,  'Barangsiapa    yang    mengklaim     bahwa     Rasulullah    shallallahu    'alaihi wasallam   telah   menyembunyikan sebagian dari  kitab   Allah,   maka    sungguh dia   telah membesarkan pendustaan   terhadap   Allah,   sebagaimana   firman   Allah: “Wahai   Rasulullah, sampaikanlah sesuatu yang diturunkan kepadamu, dan jika kamu tidak melakukannya, maka berarti kamu tidak  menyampaikan risalah-Nya” (Qs.  Al  Maidah:    67).

Kemudian     Aisyah berkata, "Barangsiapa mengklaim bahwa dia mampu mengabarkan tentang takdir yang akan terjadi   besok, maka    sungguh     dia  telah  membesarkan kebohongan terhadap    Allah.   Allah berfirman: “Katakanlah    (hai Muhammad), tidak   satu   pun   makhluk     yang   di  langit  dan Bumi yang mengetahui kegaiban kecuali Allah”. (Qs. An Naml: 65).

Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami Abdul Wahhab telah menceritakan kepada kami Dawud dengan sanad ini semisal hadits Ibnu Ulayyah, dan dia menambahkan, "Aisyah berkata, 'Kalau seandainya Muhammad telah menyembunyikan sebagian   dari   wahyu   yang   diturunkan   kepadanya,   niscaya   dia   menyembunyikan   ayat   ini: '(Dan   (ingatlah),   ketika   kamu   berkata   kepada   orang   yang   mana   Allah   telah   melimpahkan nikmat kepadanya dan kamu (juga)  telah   memberi nikmat kepadanya, 'Tahanlah terus isterimu   dan bertaqwalah kepada   Allah', sedang   kamu   menyembunyikan   di   dalam   hatimu sesuatu   yang   mana   Allah   akan   menyatakannya,   dan   kamu   takut   kepada   manusia,   sedang Allah-lah   yang   lebih   berhak   untuk   kamu   takuti” (Qs.   al-Ahzab:   37).  

Telah   menceritakan kepada   kami   Ibnu   Numair   telah   menceritakan   kepada   kami   bapakku   telah   menceritakan kepada   kami   Ismail   dari   asy-Sya'bi dari   Masruq dia   berkata,   "Aku   bertanya kepada   Aisyah, 'Apakah      Muhammad     shallallahu 'alaihi  wasallam melihat    Rabbnya? "Dia  menjawab, 'Mahasuci   Allah,   sungguh bulu   kuduku  merinding karena   perkataan yang   kamu   ucapkan tadi'."Lalu  dia   membawakan hadits   tersebut   dengan     kisahnya.   Dan   hadits   Dawud lebih sempurna dan panjang."
(Sahih Muslim 259)

Semoga bermanfaat.... piss

Hadits itu sudah jelas mengisyaratkan bahwa Allah tidak bisa dilihat secara kasat mata oleh siapa pun termasuk oleh Nabi Muhammad saw, tetapi pandangan mata ruhani dalam peristiwa Mi'raj dimana Allah mendekati Rasulullah saw merupakan kasysyaf, bukan kasat mata / pemandangan fisik.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by abu hanan on Tue Oct 07, 2014 7:18 pm

mr kedung..
haditsnyah gak bedakan fisik dan rohani..

1.Aku bertanya, 'Apakah tiga perkara itu? ' Aisyah menjawab, ' Pertama, barang siapa mengklaim bahwa Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam melihat Tuhannya maka sungguh dia telah membesarkan kebohongannya terhadap Allah.'

apakah "melihat" diatas telah berkategori fisik/rohani?

2. Maka Aisyah menjawab, 'Aku adalah orang yang pertama bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. mengenai perkara ini dari kalangan umat ini. Beliau
telah menjawab dengan bersabda:
"Yang dimaksud 'dia' dalam ayat itu adalah Jibril (bukan Allah),

uda jelaskah?dhommir gak mengacu pada allah..jika anda bantah point 2 diatas,silahkan anda angkut semua kaidah nahwu aka ilmu basa di trit ini..kalow anda masih ngeyel "dia" adalah allah..sayah heran,bugimana mungkin anda melampaui al quran berjalan dalam menafsirkan al quran..


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: An Najm,Allah menampakkan wujud-Nya kepada Rasulullah saw

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik