FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Berwudhu

Halaman 4 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Berwudhu

Post by yang berserah diri on Tue Feb 11, 2014 11:46 pm

First topic message reminder :

salam alaikum, salah sejahtera bagi mereka yang berada di jalan yang lurus.

tema hari ini mari kita membahas fiqih yang ringan, lelah juga kalau harus membahas yang berat-berat terus. Saya kurang bisa mengimbangi pembicaraan para kyai-kyai dan ustad-ustad di forum ini.
 piss 
Berwudhu merupakan salah satu kewajiban sebelum sholat, kecuali tidak ada air, boleh lah kita bertayamum.
poin utama yang akan kita diskusikan adalah seperti apa sih berwudhu yang benar?
oh iya sekedar pemberitahuan, Saya tidak membahas sunnah dari wudhu seperti mulut, hidung dan telinga. Yang Saya bahas hanya yang wajib-wajibnya saja.

mari kita lihat dalilnya dalam Al-Qur'an, surat Al-Maidah ayat 6
"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, maka basuhlah(fagsilu) muka dan tanganmu sampai dengan siku, dan usaplah(wamsahu) kepala dan kakimu sampai dengan kedua mata kaki. ..."

apa perbedaan membasuh(fagsilu) dengan mengusap(wamsahu)?
Saya perhatikan selama ini orang-orang di sekitar Saya berwudhu seperti tidak ada bedanya antara membasuh dengan mengusap, Al-Qur'an yang dari Allah Yang Maha Teliti, Saya rasa pasti ada maksud dari bedanya pemilihan kata dalam berwudhu, pasti ada perbedaan antara fagsilu dengan wamsahu.
Kira-kira seperti apa perbedaan antara membasuh dengan mengusap?
Mari kita bahas.
 ehmm 

yang berserah diri
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 149
Kepercayaan : Islam
Join date : 13.10.11
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down


Re: Berwudhu

Post by ngayarana on Tue May 20, 2014 1:11 pm

@ Atas
Sok Teuu..............!!!
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by SEGOROWEDI on Tue May 20, 2014 1:15 pm


ini kata seukuwahmu:
@Jagona wrote: ...... artinya hampir tidak ada umat muslim yang sempurna wudhunya .................. okey

ak semprna wudhunya, gak semprna solatnya..
wkwk..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by ngayarana on Tue May 20, 2014 2:25 pm

Kesempurnaan itu Milik Allah SWT, da biarlah Dia yang menilai kesempurnaan yang di lakukan Hambanya.

Jadi Muslim Gak merasa Ribet.

Okey...........
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by SEGOROWEDI on Tue May 20, 2014 4:12 pm


kentut aja bikin solat gak sah
apalagi salah wudhu wkwk..
gak penting aja diribeti

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by Jagona on Wed May 21, 2014 9:24 am

@SEGOROWEDI wrote:
hampir semua solatnya batal
selama 1400 tahun
wkwk..

yaa ........... mulai dari tersebarnya hadits2 palsu ................ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by SEGOROWEDI on Wed May 21, 2014 9:32 am

@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
hampir semua solatnya batal
selama 1400 tahun
wkwk..

yaa ........... mulai dari tersebarnya hadits2 palsu ................ okey

1400 tahun berisalam ternyata hampir semua pada gak sah solatnya..
wkwk..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by Jagona on Wed May 21, 2014 9:49 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
hampir semua solatnya batal
selama 1400 tahun
wkwk..

yaa ........... mulai dari tersebarnya hadits2 palsu ................ okey

1400 tahun berisalam ternyata hampir semua pada gak sah solatnya..
wkwk..

hi hi hi .................... memangnya kenapa ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by SEGOROWEDI on Wed May 21, 2014 10:26 am


sia-sia..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by Jagona on Tue May 27, 2014 11:48 am

@SEGOROWEDI wrote:
sia-sia..

makanya ............. teliti sebelum membeli ............... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by SEGOROWEDI on Wed May 28, 2014 1:35 pm


muhammad kasih juknis-juklaknya kagak?
bahwa wudhu harus begono-begunu agar solatnya sah
supaya bisa diteliti sebelum dibeli

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by Jagona on Thu May 29, 2014 10:45 am

@SEGOROWEDI wrote:
muhammad kasih juknis-juklaknya kagak?
bahwa wudhu harus begono-begunu agar solatnya sah
supaya bisa diteliti sebelum dibeli

hi hi hi ........... itu yang dicontohkan n.muhammad dan diikuti oleh sahabat-sahabat, dst dst secara berantai ............ ayau anda cari aja haditsnya .............. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by SEGOROWEDI on Fri May 30, 2014 8:45 am


dia bilang..
wudhunya harus seperti itu/tidak?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by Jagona on Sat May 31, 2014 9:49 am

@SEGOROWEDI wrote:
dia bilang..
wudhunya harus seperti itu/tidak?

gak usah dibilang juga muslimin akan mengikutinya, karena rasul adalah uswatun hasanah ..... key

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by SEGOROWEDI on Sat May 31, 2014 9:55 am


berarti gak jelas..
mestinya dibilang dong harus begini-begitu

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by Jagona on Sat May 31, 2014 10:42 am

@SEGOROWEDI wrote:
berarti gak jelas..
mestinya dibilang dong harus begini-begitu

loookhkhkh ............... siapa yang mengharuskan ? .............nyemplung

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by SEGOROWEDI on Sat May 31, 2014 10:47 am


ya supaya jelas..
supaya tidak beli kucing dalam karung
faktanya soal mengusap aja yang dilihat beda-beda
ada yang sebagian ada yang seluruhnya
bisa saja to muhammad melakukannya kadang hanya mengusap sebagian
kadang menusap seluruhnya
makanya ditulis dong harus begini-begitu..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by Jagona on Sat May 31, 2014 10:57 am

@SEGOROWEDI wrote:
ya supaya jelas..
supaya tidak beli kucing dalam karung
faktanya soal mengusap aja yang dilihat beda-beda
ada yang sebagian ada yang seluruhnya
bisa saja to muhammad melakukannya kadang hanya mengusap sebagian
kadang menusap seluruhnya
makanya ditulis dong harus begini-begitu..

hi hi hi ........... soal ada perbedaan, itu urusan kaum muslimin dan tentunya akan ada resiko di akhir nanti ....... anggap saja begitu ............... kan udah ada penjelasan di post yang lalu

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by SEGOROWEDI on Sat May 31, 2014 11:01 am


berarti yang harus bertanggung-jawab si muhammad..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by Jagona on Sat May 31, 2014 11:12 am

@SEGOROWEDI wrote:
berarti yang harus bertanggung-jawab si muhammad..

di Islam gak ada lempar tanggung jawab ................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by SEGOROWEDI on Sat May 31, 2014 11:19 am


gak usah dilempari-pun..
muhammad harus tanggung-jawab
perbedaan itu akibat ulahnya yang:
- tidak memerintahkan wudhu harus begono-begini
- ia melakukannya tidak konsisten soal usap-mengusap

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by mutiiiara on Wed Jun 24, 2015 1:34 am

berarti semuanya boleh,karena nabi kadang melakukan A, kadang B, itu kalau saksi yg melihatnya (perawi hadisnya) sama derajat kejujurannya.

yang harus dicermati lagi adalah dalam kondisi seperti apa saat A dan kondisi seperti apa saat B.
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1066
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Berwudhu

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 4 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik