FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Rektor Maranatha Diduga Plagiat: Mahasiswa Tahu Tapi Tak Bisa Apa-apa

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Rektor Maranatha Diduga Plagiat: Mahasiswa Tahu Tapi Tak Bisa Apa-apa

Post by EHAN on Wed Feb 05, 2014 9:46 am

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Rektor Universitas Kristen Maranatha Bandung, Felix Kasim, diduga melakukan plagiat. Felix disebut mengutip karya beberapa mahasiswanya. Bahkan diduga karena aksi plagiat itu, para dosen Maranatha dan jajaran lainnya diberi sanksi tidak mendapat kenaikan jabatan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Dugaan plagiat tersebut dibenarkan oleh sejumlah pihak, dan beberapa mahasiswa juga sudah mengetahui hal tersebut. Polan, salah seorang sumber Tribun, yang tidak ingin disebut namanya, mengakui bahwa Felix telah melakukan plagiat.

Menurut 'orang dalam' Universitas Maranatha ini, ada beberapa karya mahasiswa yang dikutip oleh Felix, namun yang paling diketahuinya adalah skripsi karya Andini Dwikenia Anjani tahun 2008 lalu yang berjudul Studi Kasus Program Pelayanan Kesehatan Dasar Gratis di Kota Banjar. Karya skripsi sarjana kedokteran itu, oleh Felix dikutip untuk dijadikan makalah pada sebuah acara simposium di Yogyakarta, Mei 2011 lalu.

"Silakan dibuka di www.garuda.dikti.go.id dan searching nama Felix Kasim dan nama Andini Dwikenia Anjani. Pada website milik Dikti tersebut jelas sekali karya Andini dikutip sepenuhnya oleh Felix, tapi karya ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris," kata Polan kepada Tribun, baru-baru ini.

Hasil penelusuran Tribun Jabar, saat website www.garuda.dikti.go.id dibuka, muncul kalimat pembuka Garuda (Garba Rujukan Digital) adalah portal penemuan referensi ilmiah dan umum karya bangsa Indonesia, yang memungkinkan akses e-journal dan e-book domestik, tugas akhir mahasiswa, laporan penelitian, serta karya umum. Portal ini dikembangkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Dikti Kemdiknas RI.

Saat di-searching nama Andini Dwikenia Anjani, maka muncul di nomor urut 1 Studi Kasus Program Pelayanan Kesehatan Dasar Gratis Di Kota Banjar. Anjani, Andini Dwikenia (0410064) Universitas Kristen Maranatha.

Jika diklik lebih lanjut, akan muncul link http://repository.maranatha.edu/1754/. Di laman itu muncul abstrak dan lembaran-lembaran karya Andini yang dikerjakannya untuk memperoleh gelar sarjana kedokteran tahun 2008 lalu.

Di sisi lain, di website www.garuda.dikti.go.id juga ditelusuri nama Felix Kasim. Ada banyak hasil penelusuran nama ini. Namun di nomor urut 20 'A Case Study of Free Basic Health Services in Banjar City West Java'. Karya Kasim, Felix, Universitas Kristen Maranatha. Jika diklik sumbernya, maka akan dihubungkan ke link http://repository.maranatha.edu/1175/.

Dalam laman tersebut tertulis, A Case Study of Free Basic Health Services in Banjar City West Java. Kasim, Felix (2011) A Case Study of Free Basic Health Services in Banjar City West Java. In: The Fifth Postgraduate Forum on Health Systems and Policy "The Growth of Private Hospitals and Its Impact and Equity; Good or Bad", May 18-20, 2011, Yogyakarta.

Jika dibuka lebih lanjut, abstrak dan isi dalam makalah berbahasa Inggris itu ternyata hasil terjemahan skripsi Andini Dwikenia Anjani, namun tanpa mencantumkan nama Andini. Dan memang, Felix adalah pembimbing Andini dalam menyelesaikan skripsi kedokteran tersebut.

Menurut Polan, mahasiswa yang karyanya dijiplak tersebut sudah lulus dan tidak berada di Bandung. Namun mahasiswa ini sudah tahu kalau karyanya diplagiat.

"Yah mereka tahu, tapi mereka juga mungkin tidak tahu harus berbuat apa," katanya.

http://id.berita.yahoo.com/rektor-maranatha-diduga-plagiat-mahasiswa-tahu-tapi-tak-020623592.html

Jika melihat berita diatas, saya teringat sebuah tret yang di buat neter non muslim yang membahas tentang copyright
sayangnya neter tersebut tidak pernah muncul lagi.
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Rektor Maranatha Diduga Plagiat: Mahasiswa Tahu Tapi Tak Bisa Apa-apa

Post by SEGOROWEDI on Wed Feb 05, 2014 11:46 am


itu urusan kode etik akademik
kalau ternyata pak rektor juga pembimbing ybs. mungkin tidak malasah kerena sah sebagai co-author

yang lebih parah kalau ada nabi tukang contek tapi diklaim hasil diktean jibril

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik