FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by pak tile on Wed Aug 28, 2013 5:55 am

First topic message reminder :

sobat kristen, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan nih seputar pembaptisan...tolong dijawab ya....

1. adakah nabi yang dibaptis sebelum yesus?
2. apa dasar pembaptisan yang dilakukan oleh yohannes pembaptis?
3. mengapa Yesus dibaptis, padahal menurut matius 3:11, pembaptisan adalah tanda pertobatan, apakah bisa dikatakan bahwa yesus berdosa sebelum dibaptis?
4. mana yang lebih tepat, pembaptisan itu sebagai ajaran ataukah hanya tradisi kristen?
5. jika disebut sebagai ajaran, kenapa yang mengajarkan bukan yesus, melainkan yohannes?
6. jika disebut sebagai tradisi kristen, kenapa baptis digagas oleh yohanes pembaptis yang notabene bukan penganut kristen, tetapi seorang penganut yahudi?


avatar
pak tile
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Male
Posts : 3
Kepercayaan : Islam
Location : asrama
Join date : 28.08.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down


Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by kotadibukit on Wed Sep 04, 2013 8:43 am

@wahyu_zein_alkaf wrote:
Bukannya saya ngajak debat ya, tapi sebenarnya anda Missing 2 Point disana.

1. Saya hanya mengutip ayat yang sama persis dengan pernyataan anda. Ini penampakannya :

@kotadibukit wrote:Pada jaman Gereja awal ada banyak orang sakit yang disembuhkan, orang mati dibangkitkan dalam nama Yesus.
Saya tanya ya, siapa sih yang pada zaman Gereja awal itu selain Yesus yang bisa menyembuhkan orang sakit dan bisa menghidupkan orang mati? Saya tidak minta banyak nama, cukup 1 saja dengan pembuktiannya. penyusup 
Point 1:
Petrus. Menyembuhkan orang sakit (Kisah Rasul 3:6-7), dan membangkitkan orang mati (Kisah Rasul 9:40)

@wahyu_zein_alkaf wrote:
2. Anda tidak menjelaskan kepada saya konteks ayat yang saya cantumkan melainkan situ cuman ngasih konteks ayat lain.

@kotadibukit wrote:Konteks nya adalah ayat 20-21:
Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Bukan setiap orang yang berseru kepadaku: "Tuhan! Tuhan!" akan masuk kedalam Kerajaan Sorga. Melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang disorga.
Nah, monggo disruput ketiwi
Point 2:
Loh. Anda tidak membaca dengan seksama sepertinya. Saya hanya memberikan ayat sebelumnya(Mat 7:20-21) dari ayat yang anda berikan (Mat 7:22-24). Maksud konteksnya adalah, yang terpenting bukan mujizat ataupun perbuatan perbuatan ajaib yang menyertai, tetapi buah dari kehidupan orang yang melakukan mujizat itu. Bukan berarti semua orang yang melakukan mujizat akan ditolak. Begitu.

Saya berpikir serupa! Saya tidak mengajak berdebat atau semacamnya, saya mencari kebenaran. Kebenaran yang saya percayai sekarang, saya pasti akan bela, tapi saya tetap membuka pikiran apabila kebenaran saya ternyata tidak benar. Saya pikir untuk inilah forum ini dibuat. Bukan begitu?
avatar
kotadibukit
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by kotadibukit on Wed Sep 04, 2013 9:15 am

@isaku wrote:
- o.. itu, kalo tdk salah istri Daud jg berzina, dan Tuhan menghukumnya dengan mempertontonkan dia digilir laki2 di kerumunan orang2. Bagaimana anda menjelaskan ini?
- Berdasarkan penjelasan anda, penolakan terhadap hukum taurat musa bukan didasarkan pada kehendak Yesus tapi pelajaran dari kasus daud.
- hukum musa diteguhkan dengan cara tidak dilaksanakan.
Tidak ada tuh di Alkitab(sejauh saya tau) tentang istri Daud yang bezinah. Bisa anda tunjukan?

OK. Tentang Daud sepertinya harus ada penjelasan tersendiri.
Intinya. Yesus bukan menolak hukum Musa, tapi mengajarkan untuk kembali ke intinya.Karena Dia adalah kegenapan dari hukum Taurat. Yakni tentang kasih pada Tuhan dan sesama. Inilah yang kristen ajarkan dan teguhkan. Bukan berarti tidak dilaksanakan.

Kristen masih menjalankan Sabat, tapi tidak menjalankan ritual ritual pengorbanan hewan(karena ritual tsb telah digenapi dalam Yesus) . Kristen masih mengajarkan untuk menghormati orang tua, tidak membunuh, berzinah, mencuri, berbohong; tapi tidak lagi bicara soal sunat(Karena sunat adalah tanda darah perjanjan Abraham dengan Allah, tapi tanda darah perjanjian itu sudah digenapi dalam Yesus).

@isaku wrote:
hadeeh, sy tidak pernah mengatakan kebohongan, coba dicek lagi. Jika tuduhan si orang farisi memenuhi syarat tapi hanya karena pendapat Yesus yg bukan hukum taurat menyebabkan hukuman gagal, apa tidak ini yg bisa menyebabkan si orang farisi kehilangan pengikut?  Coba dipikir lagi.
Ya, dengan membawa seorang wanita untuk dirajam dihadapan Yesus tanpa saksi yang cukup bukan suatu kebohongan?

Tujuan orang Farisi adalah menjebak Yesus. Bukan murni untuk merajam wanita tersebut. Seandainya wanita tersebut bersalah, dia pasti dirajam dikemudian hari.

@isaku wrote:
Itu tdk menggugurkan kenyataan bahwa Yesus sedang bertanya pada hadirin.
Yup, tapi itu merubah persepsi pertanyaan Yesus. Yesus berkata di terjemahan langsung dari bahasa Yunaninya kurang lebih begini, "Baiklah, tapi biarlah siapa yang tidak pernah berdosa melemparkan batu pertama." (kepada mereka). Nah, bisa lihat perbedaannya?

@isaku wrote:
mengapa pake tanda tanya :))
Karena saya bertanya. =_=

Bukankah Yesus berkata "Aku dan Bapa adalah satu." ? Berarti bila saya berdoa kepada Yesus sama saja dengan saya berdoa kepada Bapa. Sama seperti "Ayah saya di rumah adalah bos saya ditempat kerja. " Saya minta ijin kepada ayah saya, saya berarti juga minta ijin kepada bos saya.
avatar
kotadibukit
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by isaku on Wed Sep 04, 2013 9:55 am

@atas
Maaf keliru ttg istri Daud, maksud sy yg ini:

2 Sam 12:11 Beginilah Firman TUHAN: Bahwasanya malapetaka akan Kutimpakan ke atasmu (Daud) yang datang dari kaum keluargamu sendiri. Aku akan mengambil istri-istrimu di depan matamu dan memberikannya kepada orang lain; orang itu akan tidur dengan istri-istrimu di siang hari.
2 Sam 12:12 Sebab engkau telah melakukannya secara tersembunyi (dengan Batsyeba), tetapi Aku akan melakukan hal itu di depan seluruh Israel secara terang-terangan.”

Daud tdk drajam, sbgai gantinya Tuhan yg adalah Bapa nya Yesus atau bahkan sama dgn Yesus mempermalukan istri2 Daud.
Sama halnya dgn dosa turunan adam, Tuhan berlaku tdk adil dgn menghukum orang lain bukan karena kesalahannya.

Yg lain sy jawab ntar ya, pake hp agak repot :)

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by wahyu_zein_alkaf on Wed Sep 04, 2013 10:37 am

@kotadibukit wrote:Point 1:
Petrus. Menyembuhkan orang sakit (Kisah Rasul 3:6-7), dan membangkitkan orang mati (Kisah Rasul 9:40)
3:1 Pada suatu hari menjelang waktu sembahyang, yaitu pukul tiga petang, naiklah Petrus dan Yohanes ke Bait Allah.

3:2 Di situ ada seorang laki-laki, yang lumpuh sejak lahirnya sehingga ia harus diusung. Tiap-tiap hari orang itu diletakkan dekat pintu gerbang Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah, untuk meminta sedekah kepada orang yang masuk ke dalam Bait Allah.

3:3 Ketika orang itu melihat, bahwa Petrus dan Yohanes hendak masuk ke Bait Allah, ia meminta sedekah.

3:4 Mereka menatap dia dan Petrus berkata: "Lihatlah kepada kami."

3:5 Lalu orang itu menatap mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka.

3:6 Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!"

3:7 Lalu ia memegang tangan kanan orang itu dan membantu dia berdiri. Seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang itu.

Saya tanya, siapakah yang menolong si lumpuh sesuai ayat tersebut?

a. Petrus atau
b. Yesus

@kotadibukit wrote:Point 2:
Loh. Anda tidak membaca dengan seksama sepertinya. Saya hanya memberikan ayat sebelumnya(Mat 7:20-21) dari ayat yang anda berikan (Mat 7:22-24). Maksud konteksnya adalah, yang terpenting bukan mujizat ataupun perbuatan perbuatan ajaib yang menyertai, tetapi buah dari kehidupan orang yang melakukan mujizat itu. Bukan berarti semua orang yang melakukan mujizat akan ditolak. Begitu.
Nih saya kasih Konteks yang benar :

7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?

7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.

7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.

7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.

7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Ayat tersebut bukan menjelaskan tentang Mukzizat, tetapi tentang Nabi Palsu, sangat tidak berhubungan dengan ayat yang saya cantumkan karena ayat tersebut berupa peringatan kepada muridnya bahwa akan datang Nabi Palsu yang akan membuat ajarannya rusak. Kemudian Yesus melanjutkan pengajarannya tentang ramalan :

7:22 Pada hari terakhir (Maksud pada hari itu adalah kedatangannya tang ke-2 atau kiamat) banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

Maka, untuk menjawab pertanyaan itu, yesuspun menjawab

7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka (yang mengatakan Yesus tuhan) dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Sekarang saya tanya kepada anda, siapa yang melakukan perkejaan dengan nama Yesus? Muslim kah? Apakah kami mengusir setan dengan nama Yesus?atau Hindu? Budha? Yahudi? Siapa yang melakukannya? Jawabannya adalah Kristen. Bukankah kalian (Kristen) yang melakukan pekerjaan dengan nama Yesus, dan dia akan datang dan memberitau kalian (Kristen) bukan kepada Yahudi. Dia tidak akan memberi tau Yahudi "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Hindu "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Muslim "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan" tapi dia akan memberitau kepadamu. Yaitu kamu yang mengatakan Yesus "Tuhan... Tuhan.." Pergi dariku, aku tidak mengenali kamu.

Sangat sesuai dengan Bible bukan? ehmm 
avatar
wahyu_zein_alkaf
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by kotadibukit on Wed Sep 04, 2013 11:46 am

@wahyu_zein_alkaf wrote:

Saya tanya, siapakah yang menolong si lumpuh sesuai ayat tersebut?

a. Petrus atau
b. Yesus

Tentu saja Petrus dengan kuasa Yesus.
Sama seperti seorang Raja yang memiliki hamba. Apabila hamba tersebut melakukan hal dengan wewenang raja, berarti yang melakukan hamba atau raja?

Menurut saya ini sudah oot dari baptis.

@wahyu_zein_alkaf wrote:
Ayat tersebut bukan menjelaskan tentang Mukzizat, tetapi tentang Nabi Palsu, sangat tidak berhubungan dengan ayat yang saya cantumkan karena ayat tersebut berupa peringatan kepada muridnya bahwa akan datang Nabi Palsu yang akan membuat ajarannya rusak. Kemudian Yesus melanjutkan pengajarannya tentang ramalan :

7:22 Pada hari terakhir (Maksud pada hari itu adalah kedatangannya tang ke-2 atau kiamat) banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

Maka, untuk menjawab pertanyaan itu, yesuspun menjawab

7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka (yang mengatakan Yesus tuhan) dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Sekarang saya tanya kepada anda, siapa yang melakukan perkejaan dengan nama Yesus? Muslim kah? Apakah kami mengusir setan dengan nama Yesus?atau Hindu? Budha? Yahudi? Siapa yang melakukannya? Jawabannya adalah Kristen. Bukankah kalian (Kristen) yang melakukan pekerjaan dengan nama Yesus, dan dia akan datang dan memberitau kalian (Kristen) bukan kepada Yahudi. Dia tidak akan memberi tau Yahudi "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Hindu "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Muslim "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan" tapi dia akan memberitau kepadamu. Yaitu kamu yang mengatakan Yesus "Tuhan... Tuhan.." Pergi dariku, aku tidak mengenali kamu.

Sangat sesuai dengan Bible bukan? ehmm 
Ok. Saya bisa melihat anda punya akses untuk membuka alkitab dan anda mencopy dengan sangat baik. Tapi begini saya melihat ayat ayat ini. Lihatlah hal ini seperti Yesus sedang melanjutkan apa yang Dia bicarakan.

1. Saya tidak menyangkal kalau ada nabi palsu dan pengajar yang tidak benar dalam agama "Kristen" yang mengatasnamakan Yesus dan menyesatkan orang lain.
2. Yesus tidak berkata; "Semua yang memanggil-Ku Tuhan, bernubuat demi nama-Ku, dan mengusir setan demi nama-Ku, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Ku, kepada SEMUA yang melakukan hal itu Aku akan berkata;" Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!" "

NO. Ini membuktikan beberapa hal (kalau memang anda percaya hal ini; karena anda sendiri yang berargumen kami berdoa pada orang mati loh)
a. Dalam nama Yesus ada kuasa, meskipun orang yang melakukan hal hal tsb adalah "pembuat kejahatan", mereka bisa bernubuat, mengusir setan, mengadakan mujizat. Karena ada kuasa dalam nama Yesus.
b. Yang terpenting dari semuanya bukanlah perbuatan perbuatan ajaib yang orang Kristen lakukan. TAPI, apakah kami punya hubungan dan MENGENAL siapa Yesus secara pribadi(Mat 7:23) dan melakukan kehendak Bapa.(Mat 7:21)

Karena Yesus pernah berkata; "Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan." (Yoh 13:13)

Yesus membenarkan orang yang memanggil diriNya Tuhan.

Juga berkata begini: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." (Markus 16:16-18)

Memang ada yang diutus untuk melakukan hal hal yang disebutkan di Matius 7:22 loh. Dan ini Yesus yang mengutus. Tanda tanda ini Yesus bilang akan menyertai orang yang percaya kepadaNya. Tapi, tanda tanda ini bukanlah bukti yang cukup. Gitu.
avatar
kotadibukit
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by wahyu_zein_alkaf on Wed Sep 04, 2013 5:12 pm

@kotadibukit wrote:Ok. Saya bisa melihat anda punya akses untuk membuka alkitab dan anda mencopy dengan sangat baik
Pas dirumah sakit, saya dikasih orang Kristen Indomie sama Bible piss 

@kotadibukit wrote:1. Saya tidak menyangkal kalau ada nabi palsu dan pengajar yang tidak benar dalam agama "Kristen" yang mengatasnamakan Yesus dan menyesatkan orang lain.
2. Yesus tidak berkata; "Semua yang memanggil-Ku Tuhan, bernubuat demi nama-Ku, dan mengusir setan demi nama-Ku, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Ku, kepada SEMUA yang melakukan hal itu Aku akan berkata;"  Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"
Yup, Yesus memang tidak berkata semua, tapi Yesus berkata Banyak. Silahkan lihat ayatnya :

7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

Jika anda belajar bahasa Indonesia dengan baik, anda pasti tau apa itu arti kata banyak. 2 good
avatar
wahyu_zein_alkaf
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by kotadibukit on Wed Sep 04, 2013 6:03 pm

@wahyu_zein_alkaf wrote:
Pas dirumah sakit, saya dikasih orang Kristen Indomie sama Bible piss 
Saya yakin anda tidak lupa mengucapkan terima kasih bukan? Hehe.. piss

Nah, kalau begitu bukankah anda sudah membenarkan argumen saya tentang ga semua orang Kristen akan ditolak Yesus? Jadi ayat yang anda berikan ditujukan kepada nabi palsu yang mampu mengadakan mujizat, seperti yang saya bicarakan dari awal.
avatar
kotadibukit
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by wahyu_zein_alkaf on Wed Sep 04, 2013 6:18 pm

@kotadibukit wrote:
Nah, kalau begitu bukankah anda sudah membenarkan argumen saya tentang ga semua orang Kristen akan ditolak Yesus? Jadi ayat yang anda berikan ditujukan kepada nabi palsu yang mampu mengadakan mujizat, seperti yang saya bicarakan dari awal.
Saya tertarik kepada anda dan saya mengajukan permintaan, maukah anda melanjutkan diskusi kita di thread lain dan supaya kita tidak dianggap oot oleh momod, "dengan tema Yesus dari sudut pandang Islam dan Kristen". Saya tidak mengajak anda berdebat, tapi hanya mengajak anda berdiskusi ringan, karena sepertinya anda punya wawasan yang cukup baik sehingga membuat saya ingin belajar banyak, sekiranya jika anda setuju, nanti akan saya buat threadnya dilintas agama Kristen piss 
avatar
wahyu_zein_alkaf
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by isaku on Wed Sep 04, 2013 6:39 pm

@kotadibukit wrote:Intinya. Yesus bukan menolak hukum Musa, tapi mengajarkan untuk kembali ke intinya.Karena Dia adalah kegenapan dari hukum Taurat. Yakni tentang kasih pada Tuhan dan sesama. Inilah yang kristen ajarkan dan teguhkan. Bukan berarti tidak dilaksanakan.
Ya, Yesus bilang itulah yg utama. Kristen bilang cukup itu saja. :)

@kotadibukit wrote:Kristen masih menjalankan Sabat, tapi tidak menjalankan ritual ritual pengorbanan hewan(karena ritual tsb telah digenapi dalam Yesus) . Kristen masih mengajarkan untuk menghormati orang tua, tidak membunuh, berzinah, mencuri, berbohong; tapi tidak lagi bicara soal sunat(Karena sunat adalah tanda darah perjanjan Abraham dengan Allah, tapi tanda darah perjanjian itu sudah digenapi dalam Yesus).
Adakah perintah Yesus dalam bible untuk meninggalkan ritual Yahudi?

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
hadeeh, sy tidak pernah mengatakan kebohongan, coba dicek lagi. Jika tuduhan si orang farisi memenuhi syarat tapi hanya karena pendapat Yesus yg bukan hukum taurat menyebabkan hukuman gagal, apa tidak ini yg bisa menyebabkan si orang farisi kehilangan pengikut?  Coba dipikir lagi.
Ya, dengan membawa seorang wanita untuk dirajam dihadapan Yesus tanpa saksi yang cukup bukan suatu kebohongan?

Tujuan orang Farisi adalah menjebak Yesus. Bukan murni untuk merajam wanita tersebut. Seandainya wanita tersebut bersalah, dia pasti dirajam dikemudian hari.
- Tidak bisa disebut kebohongan jika (anda sendiri yg bilang) tertangkap tangan, berarti benar berzina, bisa dituntut, tapi hukum mensyaratkan jumlah saksi yg belum tentu bisa dipenuhi.
- Dengan tidak dirajamnya si wanita di kemudian hari berarti ada syarat yg tdk terpenuhi dalam penuntutan.
- Klaim anda mengatakan tujuan orang farisi bukan murni untuk merajam bertentangan dgn klaim anda sebelumnya bahwa orang farisi sangat keras dan taat hukum, tdk sekali2 mempermainkannya karena beresiko kehilangan pengikut.

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
Itu tdk menggugurkan kenyataan bahwa Yesus sedang bertanya pada hadirin.
Yup, tapi itu merubah persepsi pertanyaan Yesus. Yesus berkata di terjemahan langsung dari bahasa Yunaninya kurang lebih begini, "Baiklah, tapi biarlah siapa yang tidak pernah berdosa melemparkan batu pertama." (kepada mereka). Nah, bisa lihat perbedaannya?
Bisa, tapi menurut saya itu tidak cukup kuat untuk mengatakan Yesus sedang mengklaim diri sendiri tanpa dosa.

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
mengapa pake tanda tanya :))
Karena saya bertanya. =_=

Bukankah Yesus berkata "Aku dan Bapa adalah satu." ? Berarti bila saya berdoa kepada Yesus sama saja dengan saya berdoa kepada Bapa. Sama seperti "Ayah saya di rumah adalah bos saya ditempat kerja. " Saya minta ijin kepada ayah saya, saya berarti juga minta ijin kepada bos saya.
Ok, menurut anda yg mana yg lebih cocok?
- Yesus adalah utusan Allah
- Yesus adalah firman Allah
- Yesus adalah anak Allah
- Yesus adalah Allah

note. jgn lupa post#28 ttg Daud. :))

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by kotadibukit on Thu Sep 05, 2013 10:39 am

@isaku wrote:
Ya, Yesus bilang itulah yg utama. Kristen bilang cukup itu saja. :)
Nope. Yesus bilang, Mengasihi Tuhan adalah yang terutama. Tapi Yesus bilang dalam mengasihi Tuhan dan sesama "tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." (Matius 22:40)

@isaku wrote:
Adakah perintah Yesus dalam bible untuk meninggalkan ritual Yahudi?
Yesus berkata mengutip dari Perjanjian Lama, "Yang Kukehendaki adalah belas kasihan dan bukan persembahan." Lagipula, Yesus berkata tentang hukum Taurat, "Aku datang untuk menggenapinya." Sampai semua tergenapi, tidak ada yang boleh dilanggar. Tapi, karena Yesus sudah datang dan menggenapi semuanya, kami percaya kami bukan lagi dalam dari hukum Taurat, tapi anugerah Allah.

@isaku wrote:
- Tidak bisa disebut kebohongan jika (anda sendiri yg bilang) tertangkap tangan, berarti benar berzina, bisa dituntut, tapi hukum mensyaratkan jumlah saksi yg belum tentu bisa dipenuhi.
- Dengan tidak dirajamnya si wanita di kemudian hari berarti ada syarat yg tdk terpenuhi dalam penuntutan.
- Klaim anda mengatakan tujuan orang farisi bukan murni untuk merajam bertentangan dgn klaim anda sebelumnya bahwa orang farisi sangat keras dan taat hukum, tdk sekali2 mempermainkannya karena beresiko kehilangan pengikut.
- Anda tidak tahu hal itu, karena tidak ada keterangan bagaimana wanita tsb berakhir hidupnya.
- Kenapa tidak? Ini disebut sambil menyelam minum es teh. Kalau tujuan utamanya bukan murni untuk minum, bukan berarti mereka mempermainkan "penyelaman".

Ok. Seandainya sang wanita bersalah ataupun tidak, tidak ada gunanya karena menurut anda perkataan Yesus yang bukan eksplisit tidak cukup untuk menunjukkan kalau Yesus tidak berdosa. Sesuai dengan kutipan saya tentang tulisan anda dibawah. Anda tidak akan puas tanpa pernyataan eksplisit. Tapi, jujur tidak ada pernyataan eksplisit dari Yesus sendiri.(sejauh saya tau). Tapi kalau implisit ada.

@isaku wrote:
Bisa, tapi menurut saya itu tidak cukup kuat untuk mengatakan Yesus sedang mengklaim diri sendiri tanpa dosa.
@isaku wrote:
Ok, menurut anda yg mana yg lebih cocok?
- Yesus adalah utusan Allah
- Yesus adalah firman Allah
- Yesus adalah anak Allah
- Yesus adalah Allah

note. jgn lupa post#28 ttg Daud. :))
Semuanya benar.

Note: Soal Daud saya lagi bikin thread nya. Sabar yah. Hehe.
avatar
kotadibukit
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by isaku on Fri Sep 06, 2013 9:33 am

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
Ya, Yesus bilang itulah yg utama. Kristen bilang cukup itu saja. :)
Nope. Yesus bilang, Mengasihi Tuhan adalah yang terutama. Tapi Yesus bilang dalam mengasihi Tuhan dan sesama "tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." (Matius 22:40)
tentu saja, itu disebut niat, ikhlas dalam beramal. :)

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
Adakah perintah Yesus dalam bible untuk meninggalkan ritual Yahudi?
Yesus berkata mengutip dari Perjanjian Lama, "Yang Kukehendaki adalah belas kasihan dan bukan persembahan." Lagipula, Yesus berkata tentang hukum Taurat, "Aku datang untuk menggenapinya." Sampai semua tergenapi, tidak ada yang boleh dilanggar. Tapi, karena Yesus sudah datang dan menggenapi semuanya, kami percaya kami bukan lagi dalam dari hukumTaurat, tapi anugerah Allah.
yg bold, itulah yg saya sebut dgn : Yesus bilang itulah yg utama. Kristen bilang cukup itu saja
dan sebetulnya anda mengkonfirmasi pernyataan2 sy sebelumnya, misalnya yg ini :menggenapi dgn cara tidak dilaksanakan.
Hanya saja mainstream kristen dan anda malu2 menyatakannya :))

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
- Tidak bisa disebut kebohongan jika (anda sendiri yg bilang) tertangkap tangan, berarti benar berzina, bisa dituntut, tapi hukum mensyaratkan jumlah saksi yg belum tentu bisa dipenuhi.
- Dengan tidak dirajamnya si wanita di kemudian hari berarti ada syarat yg tdk terpenuhi dalam penuntutan.
- Klaim anda mengatakan tujuan orang farisi bukan murni untuk merajam bertentangan dgn klaim anda sebelumnya bahwa orang farisi sangat keras dan taat hukum, tdk sekali2 mempermainkannya karena beresiko kehilangan pengikut.
- Anda tidak tahu hal itu, karena tidak ada keterangan bagaimana wanita tsb berakhir hidupnya.
- Kenapa tidak? Ini disebut sambil menyelam minum es teh. Kalau tujuan utamanya bukan murni untuk minum, bukan berarti mereka mempermainkan "penyelaman".

Ok. Seandainya sang wanita bersalah ataupun tidak, tidak ada gunanya karena menurut anda perkataan Yesus yang bukan eksplisit tidak cukup untuk menunjukkan kalau Yesus tidak berdosa. Sesuai dengan kutipan saya tentang tulisan anda dibawah. Anda tidak akan puas tanpa pernyataan eksplisit. Tapi, jujur tidak ada pernyataan eksplisit dari Yesus sendiri.(sejauh saya tau). Tapi kalau implisit ada.
o... bukan pak, anda salah paham, bagian yg ini kita atau setidaknya saya tdk meneliti Yesus berdosa atau tidak, tapi sikap Yesus ttg hukum. Bagian menariknya adalah apa perlunya si orang farisi mengangkat Yesus sebagai hakim untuk kasus wanita ini dan mengapa pula mereka tdk berargumen ttg hukumannya jika mereka mengerti hukum dan yakin si wanita bersalah.

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
@kotadibukit wrote:Karena saya bertanya. =_=

Bukankah Yesus berkata "Aku dan Bapa adalah satu." ? Berarti bila saya berdoa kepada Yesus sama saja dengan saya berdoa kepada Bapa. Sama seperti "Ayah saya di rumah adalah bos saya ditempat kerja. " Saya minta ijin kepada ayah saya, saya berarti juga minta ijin kepada bos saya.
Ok, menurut anda yg mana yg lebih cocok?
- Yesus adalah utusan Allah
- Yesus adalah firman Allah
- Yesus adalah anak Allah
- Yesus adalah Allah
Semuanya benar.
bukan benar tidak benar, sy bertanya pendapat anda ttg lebih cocok mana? :) Menurut sy jika Yesus utusan maka yg lainnya bisa digunakan sebagai metafora, termasuk yg anda kutip "Aku dan Bapa adalah satu" karena Yesus menyampaikan apa yg diinginkan Bapa.

Tapi sebaliknya jika yang lebih cocok adalah Yesus adalah Allah, maka kata2 yg lain menjadi salah. Bagaimana menurut anda?

@kotadibukit wrote:Note: Soal Daud saya lagi bikin thread nya. Sabar yah. Hehe.
ok ditunggu :)

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by BeJat on Fri Sep 06, 2013 11:26 am

kenapa harus baptis ... apa fungsinya...
avatar
BeJat
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 111
Kepercayaan : Islam
Join date : 12.10.11
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by kotadibukit on Sat Sep 07, 2013 10:16 am

@isaku wrote:
tentu saja, itu disebut niat, ikhlas dalam beramal. :)
Menurut saya, ikhlas itu artinya tidak ada harapan apapun sebagai timbal balik dari melakukan perbuatan baik. Kalau beramal tapi mengharapkan sorga, itu namanya ikhlas atau bukan?

@isaku wrote:
yg bold, itulah yg saya sebut dgn : Yesus bilang itulah yg utama. Kristen bilang cukup itu saja
dan sebetulnya anda mengkonfirmasi pernyataan2 sy sebelumnya, misalnya yg ini :menggenapi dgn cara tidak dilaksanakan.
Hanya saja mainstream kristen dan anda malu2 menyatakannya :))
Yesus berkata tentang hukum Taurat, "Aku datang untuk menggenapinya." Sampai semua tergenapi, tidak ada yang boleh dilanggar. Tapi, karena Yesus sudah datang dan menggenapi semuanya, kami percaya kami bukan lagi dalam dari hukumTaurat, tapi anugerah Allah.

Semua umat manusia berhutang dalam dosa dan terikat dengan hukum Taurat. Semua orang sudah kehilangan kemuliaan Allah. Tapi, penebusan Yesus sudah melunasi hutang dosa. Kalau kita sudah lunas dari sebuah hutang, apakah kita masih nyicil? Ga kan. Kita berhenti membayar. Kenapa? Sudah lunas. Kalau suami yang lama(dosa) mati, sang istri bebas untuk menikahi yang lain(kasih karunia). Begitu landasan berpikirnya.

Well. Kalau ada yang malu mengatakannya, itu urusan mereka dengan Allah. Tapi saya percaya perkataan ini.

"Karena kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada dibawah hukum Taurat, tetapi dibawah kasih karunia. "
" Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia(dosa) yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat."

@isaku wrote:
o... bukan pak, anda salah paham, bagian yg ini kita atau setidaknya saya tdk meneliti Yesus berdosa atau tidak, tapi sikap Yesus ttg hukum. Bagian menariknya adalah apa perlunya si orang farisi mengangkat Yesus sebagai hakim untuk kasus wanita ini dan mengapa pula mereka tdk berargumen ttg hukumannya jika mereka mengerti hukum dan yakin si wanita bersalah.
Jawabannya ada di Yohanes 8:6.

@isaku wrote:
bukan benar tidak benar, sy bertanya pendapat anda ttg lebih cocok mana? :) Menurut sy jika Yesus utusan maka yg lainnya bisa digunakan sebagai metafora, termasuk yg anda kutip "Aku dan Bapa adalah satu" karena Yesus menyampaikan apa yg diinginkan Bapa.

Tapi sebaliknya jika yang lebih cocok adalah Yesus adalah Allah, maka kata2 yg lain menjadi salah. Bagaimana menurut anda?
- Yesus adalah utusan Allah
- Yesus adalah firman Allah
- Yesus adalah anak Allah
- Yesus adalah Allah

Metafora "Anak Allah" maksudnya setara, sekodrat dan satu esensi dengan Allah.
Metafora "firman Allah" maksudnya adalah kuasa untuk mencipta dan menyampaikan apa isi hati Allah.

Menurut saya akan membantu kalau pakai analogi yang ini. Kelemahan analogi ini adalah ini menunjukan ada 2 orang yang berbeda, tapi kalau disambungkan dengan atribut Allah yang tidak terbatas, jadi tidak masalah. Bayangkan anda adalah Allah. Anda tidak terbatas ruang dan waktu. Anda bisa berada dimanapun, kapanpun, seperti apapun yang anda inginkan, melalui apapun yang anda inginkan.

"A(manusia) adalah pemilik sebuah perusahaan. B(manusia) adalah anak dari A(karena A juga manusia), yang merupakan manajer dari perusahaan yang sama. Suatu hari, A hendak menyampaikan sesuatu ke semua bagian perusahaan. A meminta B untuk menyampaikannya atas nama pemilik perusahaan.

- B adalah utusan A
- B adalah (perantara) firman A
- B adalah anak A
- B adalah manusia, sama seperti A adalah manusia"

Jadi semuanya cocok/benar.
avatar
kotadibukit
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by Agaroh ha'Tsadiqim on Sat Sep 07, 2013 11:05 am

Izin nyimak ya. :)
avatar
Agaroh ha'Tsadiqim
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 107
Kepercayaan : Islam
Location : Bumi Tuhan di Timur
Join date : 12.08.13
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by ramayana on Sat Sep 07, 2013 12:46 pm

@wahyu_zein_alkaf wrote:
7:22 Pada hari terakhir (Maksud pada hari itu adalah kedatangannya tang ke-2 atau kiamat) banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

Maka, untuk menjawab pertanyaan itu, yesuspun menjawab

7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka (yang mengatakan Yesus tuhan) dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Sekarang saya tanya kepada anda, siapa yang melakukan perkejaan dengan nama Yesus? Muslim kah? Apakah kami mengusir setan dengan nama Yesus?atau Hindu? Budha? Yahudi? Siapa yang melakukannya? Jawabannya adalah Kristen. Bukankah kalian (Kristen) yang melakukan pekerjaan dengan nama Yesus, dan dia akan datang dan memberitau kalian (Kristen) bukan kepada Yahudi. Dia tidak akan memberi tau Yahudi "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Hindu "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Muslim "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan" tapi dia akan memberitau kepadamu. Yaitu kamu yang mengatakan Yesus "Tuhan... Tuhan.." Pergi dariku, aku tidak mengenali kamu.

Sangat sesuai dengan Bible bukan? ehmm 
kan manusia teriak Tuhan Tuhan.. bukan Yesus, Yesus..

gimana sih ente.. jadi di akhir jaman, akan banyak orang yg teriak teriak anas nama Tuhan!! setidaknya berkata kalau mereka melakukan banyak hal atas nama Tuhan!!

tetapi Tuhan berkata.. aku tidak mengenal mereka!! si pembuat kejahatan!!!!!

menurut ente ya... siapa yg menyebut nyebut (dipikirnya) nama Tuhan dan membuat kejahatan?? agama mana ini? jujur ya.. hehehehe..

ingat. dalam konteks diatas.. YESUS jelas berkata.. Tuhan Tuhan. Bukan Yesus, Yesus!!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3479
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by kotadibukit on Sat Sep 07, 2013 1:30 pm

@wahyu maaf terlewat tidak terbaca.. boleh.. hehe.. mari belajar dan berdiskusi sehat..
@all Saya minta maaf sebelumnya kalau kata kata saya ada yang tidak sopan atau cenderung menyudutkan..
avatar
kotadibukit
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by isaku on Sun Sep 08, 2013 10:14 pm

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
@kotadibukit wrote:Nope. Yesus bilang, Mengasihi Tuhan adalah yang terutama. Tapi Yesus bilang dalam mengasihi Tuhan dan sesama "tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." (Matius 22:40)
tentu saja, itu disebut niat, ikhlas dalam beramal. :)  
Menurut saya, ikhlas itu artinya tidak ada harapan apapun sebagai timbal balik dari melakukan perbuatan baik. Kalau beramal tapi mengharapkan sorga, itu namanya ikhlas atau bukan?

Mungkin anda perlu lengkapi dgn pengertian dari bahasa aslinya (Matius 22:40).
Menurut saya kurang lebih:
Kepada apa tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi???? atau
Kepada apa tergantung semua pelaksanaan atau pengamalan kitab suci???

jawabannya:
1. Matius 22:38 ---> kepada hal utama dan pertama yaitu mengasihi Allah -----> (dalam Islam disebut LiLLAHi Ta'ala=hanya karena Allah semata)
2. Matius 22:39 ---> Kepada hal kedua yaitu mengasihi sesama -----> bukan karena ingin dipuji, disanjung, dilihat orang.

@kotadibukit wrote:Semua umat manusia berhutang dalam dosa dan terikat dengan hukum Taurat. Semua orang sudah kehilangan kemuliaan Allah.
Boleh minta ayat di taurat ttg utang dosa manusia? sekalian bagian yg menyebut kehilangan kemuliaan Allah???


@kotadibukit wrote:Tapi, penebusan Yesus sudah melunasi hutang dosa.
Bisa disebutkan pernyataan Yesus ttg ini???

@kotadibukit wrote:Kalau kita sudah lunas dari sebuah hutang, apakah kita masih nyicil? Ga kan. Kita berhenti membayar. Kenapa? Sudah lunas. Kalau suami yang lama(dosa) mati, sang istri bebas untuk menikahi yang lain(kasih karunia). Begitu landasan berpikirnya.
Sepengetahuan saya di bible-nya kristen tidak mengenal istilah menikah lagi setelah sebelumnya pernah menikah.
Beberapa netter kristen sangat membanggakan hal ini walaupun kenyataannya banyak jg umat kristen yg melanggarnya karena memang hal itu menyalahi kodrat manusia. Mungkin anda punya pandangan khusus ttg ini. :)


@kotadibukit wrote:Well. Kalau ada yang malu mengatakannya, itu urusan mereka dengan Allah. Tapi saya percaya perkataan ini.

"Karena kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada dibawah hukum Taurat, tetapi dibawah kasih karunia. "
" Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia(dosa) yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat."
Bisakah dilengkapi sumbernya (Injil apa ayat berapa)? Apakah Yesus yg bicara demikian?

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
o... bukan pak, anda salah paham, bagian yg ini kita atau setidaknya saya tdk meneliti Yesus berdosa atau tidak, tapi sikap Yesus ttg hukum. Bagian menariknya adalah apa perlunya si orang farisi mengangkat Yesus sebagai hakim untuk kasus wanita ini dan mengapa pula mereka tdk berargumen ttg hukumannya jika mereka mengerti hukum dan yakin si wanita bersalah.
Jawabannya ada di Yohanes 8:6.
ayat itu tidak lebih adalah dugaan penulis kitab, satu lagi yg jadi pertanyaan adalah kontradiksi antara Yoh 8:9-10 dgn 8:12-13. Bisakah anda jelaskan.

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
bukan benar tidak benar, sy bertanya pendapat anda ttg lebih cocok mana? :) Menurut sy jika Yesus utusan maka yg lainnya bisa digunakan sebagai metafora, termasuk yg anda kutip "Aku dan Bapa adalah satu" karena Yesus menyampaikan apa yg diinginkan Bapa.

Tapi sebaliknya jika yang lebih cocok adalah Yesus adalah Allah, maka kata2 yg lain menjadi salah. Bagaimana menurut anda?
Metafora "Anak Allah" maksudnya setara, sekodrat dan satu esensi dengan Allah.
Metafora "firman Allah" maksudnya adalah kuasa untuk mencipta dan menyampaikan apa isi hati Allah.

Menurut saya akan membantu kalau pakai analogi yang ini. Kelemahan analogi ini adalah ini menunjukan ada 2 orang yang berbeda, tapi kalau disambungkan dengan atribut Allah yang tidak terbatas, jadi tidak masalah.
Masalah besar karena menunjukkan adanya 2orang berbeda.

Bayangkan anda adalah Allah. Anda tidak terbatas ruang dan waktu. Anda bisa berada dimanapun, kapanpun, seperti apapun yang anda inginkan, melalui apapun yang anda inginkan.
Maka saya akan memperkenalkan diri sebagai Dia, bukan anak ataupun firmanNya, apalagi utusanNya.

@kotadibukit wrote:"A(manusia) adalah pemilik sebuah perusahaan. B(manusia) adalah anak dari A(karena A juga manusia), yang merupakan manajer dari perusahaan yang sama. Suatu hari, A hendak menyampaikan sesuatu ke semua bagian perusahaan. A meminta B untuk menyampaikannya atas nama pemilik perusahaan.

- B adalah utusan A
- B adalah (perantara) firman A
- B adalah anak A
- B adalah manusia, sama seperti A adalah manusia"
Untuk yg terakhir tidak berhasil karena mereka berdua manusia yg berbeda

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by kotadibukit on Mon Sep 09, 2013 11:42 am

@isaku wrote:
Mungkin anda perlu lengkapi dgn pengertian dari bahasa aslinya (Matius 22:40).
Menurut saya kurang lebih:
Kepada apa tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi???? atau
Kepada apa tergantung semua pelaksanaan atau pengamalan kitab suci???

jawabannya:
1. Matius 22:38 ---> kepada hal utama dan pertama yaitu mengasihi Allah -----> (dalam Islam disebut LiLLAHi Ta'ala=hanya karena Allah semata)
2. Matius 22:39 ---> Kepada hal kedua yaitu mengasihi sesama -----> bukan karena ingin dipuji, disanjung, dilihat orang.
Kesimpulan "itu disebut niat, ikhlas dalam beramal." Berasal dari anda, bukan saya. Saya hanya bertanya. Apakah ikhlas berarti melakukan sesuatu yang baik dengan mengharapkan sorga? Atau melakukan sesuatu dengan tanpa harapan sesuatu yang baik sebagai timbal balik?

Sesuai permintaan anda.

Matius 22:37-40
ο δε εφη αυτω αγαπησεις κυριον τον θεον σου εν ολη καρδια σου και εν ολη τη ψυχη σου και εν ολη τη διανοια σου αυτη εστιν η μεγαλη και πρωτη εντολη δευτερα ομοια αυτη αγαπησεις τον πλησιον σου ως σεαυτον εν ταυταις ταις εντολαις ολος ο νομος κρεμαται και οι προφηται

kenyataannya:
1. Matius 22:38 ---> "κυριον τον θεον" secara sederhana berarti Allah, Tuhanmu
2. Matius 22:39 ---> "ομοια" secara sederhana berarti secara identik, Atau, alasan kita mengasihi sesama adalah mengasihi Allah.

Makna yang diartikan "bergantung" (κρεμαται) oleh LAI secara harfiah berarti hasil adukan, atau secara ungkapan berarti kesimpulan sempurna.

Kesimpulannya, mengasihi Allah dan mengasihi sesama adalah kesimpulan dari seluruh hukum Taurat dan kitab nabi. Nah, alasan kami mengasihi Allah jelas, karena Allah sudah mengasihi kami terlebih dulu dan menyerahkan nyawaNya bagi kami. Apa alasan anda? Karena sorga? Apakah itu yang disebut ikhlas?

@isaku wrote:
Boleh minta ayat di taurat ttg utang dosa manusia? sekalian bagian yg menyebut kehilangan kemuliaan Allah???
Mazmur 51:5 (Tehillim 51:7)
LAI Terjemahan Baru (TB), Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.
King James Version (KJV), Behold, I was shapen in iniquity; and in sin did my mother conceive me.
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels,
הֵן־בְּעָוֹון חֹולָלְתִּי וּבְחֵטְא יֶחֱמַתְנִי אִמִּי׃
Translit Interlinear, HEN-BE'AVON {lihatlah dalam kesalahan} KHOLALTI {aku dilahirkan} 'UVEKHETE' {dan dalam dosa} YEKHEMATNI {ia mengandungku} 'IMI {ibuku}

Kalau dosa ada dalam diri kita, ga mungkin kita punya kemuliaan Allah. Karena Allah adalah mulia dan kudus.

@isaku wrote:
Bisa disebutkan pernyataan Yesus ttg ini???
Penebusan dosa, Mat 26:28.

@isaku wrote:
Sepengetahuan saya di bible-nya kristen tidak mengenal istilah menikah lagi setelah sebelumnya pernah menikah.
Beberapa netter kristen sangat membanggakan hal ini walaupun kenyataannya banyak jg umat kristen yg melanggarnya karena memang hal itu menyalahi kodrat manusia. Mungkin anda punya pandangan khusus ttg ini. :)
Saya yakin, mereka tidak membaca dengan seksama atau malah tidak membaca alkitab. =( Sedih. Bro isaku, kalau memang ada yang berbangga seperti itu, silahkan mereka disuruh membaca 1 Korintus 7:39 di perjanjian baru, dan Bilangan 27:8-11 di perjanjian lama.


@isaku wrote:
Bisakah dilengkapi sumbernya (Injil apa ayat berapa)? Apakah Yesus yg bicara demikian?
Bukan, Paulus. Roma 6:14 dan Roma 7:6.

@isaku wrote:
ayat itu(Yohanes 8:6) tidak lebih adalah dugaan penulis kitab, satu lagi yg jadi pertanyaan adalah kontradiksi antara Yoh 8:9-10 dgn 8:12-13. Bisakah anda jelaskan.
Bukan dugaan, tapi adalah penjelasan untuk keanehan yang anda tanyakan. Karena, orang-orang Farisi punya kebencian sendiri kepada Yesus. Orang Farisi, Saduki dan Ahli Taurat berkali kali melakukan hal ini. Bukan hal yang pertama kali terjadi.

Kontradiksi?
Bila yang anda maksud, orang orang pergi, lalu siapa yang Yesus ajar? Ini jawabannya.
Kalau baca yang Inggrisnya, orang yang pergi dari yang paling tua adalah orang orang yang bertanya pada Yesus.

@isaku wrote:
Masalah besar karena menunjukkan adanya 2 orang berbeda.
Bayangkan anda adalah Allah. Anda tidak terbatas ruang dan waktu. Anda bisa berada dimanapun, kapanpun, seperti apapun yang anda inginkan, melalui apapun yang anda inginkan. Saya pikir kata kata ini cukup menjawab.

@isaku wrote:
Maka saya akan memperkenalkan diri sebagai Dia, bukan anak ataupun firmanNya, apalagi utusanNya.
Menurut anda, daya pikir anda setara dengan Allah sehingga mampu berkata seperti itu? Sehingga anda mampu untuk berkata, "Allah tidak mungkin melakukan hal itu!"

@isaku wrote:
Untuk yg terakhir tidak berhasil karena mereka berdua manusia yg berbeda
avatar
kotadibukit
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by isaku on Tue Sep 10, 2013 1:12 pm

@kotadibukit wrote:Kesimpulan "itu disebut niat, ikhlas dalam beramal." Berasal dari anda, bukan saya. Saya hanya bertanya. Apakah ikhlas berarti melakukan sesuatu yang baik dengan mengharapkan sorga? Atau melakukan sesuatu dengan tanpa harapan sesuatu yang baik sebagai timbal balik?
Baiklah, sedikit diluar konteks. Ikhlas yg paling tinggi karena cinta, orang mencinta memberikan yg terbaik untuk yg dicinta, tanpa harapan timbal balik.  -----> kurang lebih seperti istilah Yesus, mengasihi Allah.
Mengenai mengharapkan surga, ataupun takut neraka, menurut saya masih bisa disebut ikhlas dgn tingkat lebih rendah karena toh yg diharapkan adalah dari ALLAH bukan dari yg lain.

Apapun itu, keduanya adalah niat yg benar karena ALLAH semata.

@kotadibukit wrote:Sesuai permintaan anda.

Matius 22:37-40
ο δε εφη αυτω αγαπησεις κυριον τον θεον σου εν ολη καρδια σου και εν ολη τη ψυχη σου και εν ολη τη διανοια σου αυτη εστιν η μεγαλη και πρωτη εντολη δευτερα ομοια αυτη αγαπησεις τον πλησιον σου ως σεαυτον εν ταυταις ταις εντολαις ολος ο νομος κρεμαται και οι προφηται

kenyataannya:
1. Matius 22:38 ---> "κυριον τον θεον" secara sederhana berarti Allah, Tuhanmu
2. Matius 22:39 ---> "ομοια" secara sederhana berarti secara identik, Atau, alasan kita mengasihi sesama adalah mengasihi Allah.

Makna yang diartikan "bergantung" (κρεμαται) oleh LAI secara harfiah berarti hasil adukan, atau secara ungkapan berarti kesimpulan sempurna.

Kesimpulannya, mengasihi Allah dan mengasihi sesama adalah kesimpulan dari seluruh hukum Taurat dan kitab nabi.
ok, terima kasih.
Tdk bermaksud memaksa, tapi menurut saya tidak bisa diartikan menggantikan/meniadakan. :))

@kotadibukit wrote:Nah, alasan kami mengasihi Allah jelas, karena Allah sudah mengasihi kami terlebih dulu dan menyerahkan nyawaNya bagi kami. Apa alasan anda? Karena sorga? Apakah itu yang disebut ikhlas?
bicara nyawa, tuhan tidak mungkin mati, apakah menurut anda alam semesta tanpa tuhan selama 3hari???
masalah ikhlas dalam Islam, saya jelaskan sekilas di atas, jika anda tertarik membahas lebih dalam, mungkin buka trit baru lebih baik, saya usahakan berkunjung :))

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
Boleh minta ayat di taurat ttg utang dosa manusia? sekalian bagian yg menyebut kehilangan kemuliaan Allah???
Mazmur 51:5 (Tehillim 51:7)
LAI Terjemahan Baru (TB), Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.
King James Version (KJV), Behold, I was shapen in iniquity; and in sin did my mother conceive me.
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels,
הֵן־בְּעָוֹון חֹולָלְתִּי וּבְחֵטְא יֶחֱמַתְנִי אִמִּי׃
Translit Interlinear, HEN-BE'AVON {lihatlah dalam kesalahan} KHOLALTI {aku dilahirkan} 'UVEKHETE' {dan dalam dosa} YEKHEMATNI {ia mengandungku} 'IMI {ibuku}

Kalau dosa ada dalam diri kita, ga mungkin kita punya kemuliaan Allah. Karena Allah adalah mulia dan kudus.
Mazmur bukan ajaran Musa kali pak? Dan menurut saya ucapan Daud dalam Mazmur tidak dapat anda jadikan pegangan secara Beliau bukan siapa2 karena yg jadi nabi justru Nathan.

Dan malah kontradiksi dengan Yesus sendiri:
"Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga." ( Matius 19 : 14 )
Anak2 disebut Yesus, empunya sorga, mengapa? karena mereka tiada dosa.

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
Bisa disebutkan pernyataan Yesus ttg ini???
Penebusan dosa, Mat 26:28.
sejujurnya sy agak bingung, tuh ayat g ada yg nyambung.
26:26 Yesus menyuruh makan roti, diumpamakan tubuh  ------> maksudnya apa?
26:27 Yesus menyuruh semua minum dari cawannya -------> buat apa?, kenapa tiba2 harus begitu?
26:28 Minuman itu diumpamakan darah pengampunan dosa ------> mengapa bisa begitu?
26:29 Itu adalah minum anggur terakhir di dunia -------> ternyata sebelum mati disalib, Yesus haus dan minum anggur lagi.

yg cukup nyambung hanya anggur merah mirip darah merah, sisanya sy tak paham :)

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
Sepengetahuan saya di bible-nya kristen tidak mengenal istilah menikah lagi setelah sebelumnya pernah menikah.
Beberapa netter kristen sangat membanggakan hal ini walaupun kenyataannya banyak jg umat kristen yg melanggarnya karena memang hal itu menyalahi kodrat manusia. Mungkin anda punya pandangan khusus ttg ini. :)
Saya yakin, mereka tidak membaca dengan seksama atau malah tidak membaca alkitab. =( Sedih. Bro isaku, kalau memang ada yang berbangga seperti itu, silahkan mereka disuruh membaca 1 Korintus 7:39 di perjanjian baru, dan Bilangan 27:8-11 di perjanjian lama.
Tidak perlu bersedih masbro :), orang2 yg mencari akan menemukannya.
btw, Bilangan 27:8-11 bicara ttg waris, bukan ttg menikah lagi.

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
Bisakah dilengkapi sumbernya (Injil apa ayat berapa)? Apakah Yesus yg bicara demikian?
Bukan, Paulus. Roma 6:14 dan Roma 7:6.
ok, thanx, sebetulnya sy lebih tertarik jika yg bicara adalah Yesus. :))

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
ayat itu(Yohanes 8:6) tidak lebih adalah dugaan penulis kitab, satu lagi yg jadi pertanyaan adalah kontradiksi antara Yoh 8:9-10 dgn 8:12-13. Bisakah anda jelaskan.
Bukan dugaan, tapi adalah penjelasan untuk keanehan yang anda tanyakan. Karena, orang-orang Farisi punya kebencian sendiri kepada Yesus. Orang Farisi, Saduki dan Ahli Taurat berkali kali melakukan hal ini. Bukan hal yang pertama kali terjadi.

Kontradiksi?
Bila yang anda maksud, orang orang pergi, lalu siapa yang Yesus ajar? Ini jawabannya.
Kalau baca yang Inggrisnya, orang yang pergi dari yang paling tua adalah orang orang yang bertanya pada Yesus.
8:9 secara jelas ditulis hanya tersisa Yesus dan si perempuan

tiba2 8:12 Yesus bisa bertanya pada hadirin, ajaib :D

8:9  
Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.
8:10  
Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?"
8:11  
Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."
8:12  
Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."
8:13  
Kata orang-orang Farisi kepada-Nya: "Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar."


@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
Masalah besar karena menunjukkan adanya 2 orang berbeda.
Bayangkan anda adalah Allah. Anda tidak terbatas ruang dan waktu. Anda bisa berada dimanapun, kapanpun, seperti apapun yang anda inginkan, melalui apapun yang anda inginkan. Saya pikir kata kata ini cukup menjawab.

@isaku wrote:
Maka saya akan memperkenalkan diri sebagai Dia, bukan anak ataupun firmanNya, apalagi utusanNya.
Menurut anda, daya pikir anda setara dengan Allah sehingga mampu berkata seperti itu? Sehingga anda mampu untuk berkata, "Allah tidak mungkin melakukan hal itu!"
Bagi saya anda tidak berhasil dgn analogi2 diatas dan kelihatannya kita sepakat untuk berbeda, yg penting anda dan saya sudah menyampaikan alasan2nya. :))

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by wahyu_zein_alkaf on Tue Sep 10, 2013 7:53 pm

@ramayana wrote:
@wahyu_zein_alkaf wrote:
7:22 Pada hari terakhir (Maksud pada hari itu adalah kedatangannya tang ke-2 atau kiamat) banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

Maka, untuk menjawab pertanyaan itu, yesuspun menjawab

7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka (yang mengatakan Yesus tuhan) dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Sekarang saya tanya kepada anda, siapa yang melakukan perkejaan dengan nama Yesus? Muslim kah? Apakah kami mengusir setan dengan nama Yesus?atau Hindu? Budha? Yahudi? Siapa yang melakukannya? Jawabannya adalah Kristen. Bukankah kalian (Kristen) yang melakukan pekerjaan dengan nama Yesus, dan dia akan datang dan memberitau kalian (Kristen) bukan kepada Yahudi. Dia tidak akan memberi tau Yahudi "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Hindu "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan". Dia tidak akan memberi tau Muslim "Pergi dari hadapanku. Kamu semua pembuat kejahatan" tapi dia akan memberitau kepadamu. Yaitu kamu yang mengatakan Yesus "Tuhan... Tuhan.." Pergi dariku, aku tidak mengenali kamu.

Sangat sesuai dengan Bible bukan? ehmm 
kan manusia teriak Tuhan Tuhan.. bukan Yesus, Yesus..

gimana sih ente.. jadi di akhir jaman, akan banyak orang yg teriak teriak anas nama Tuhan!! setidaknya berkata kalau mereka melakukan banyak hal atas nama Tuhan!!

tetapi Tuhan berkata.. aku tidak mengenal mereka!! si pembuat kejahatan!!!!!

menurut ente ya... siapa yg menyebut nyebut (dipikirnya) nama Tuhan dan membuat kejahatan?? agama mana ini? jujur ya.. hehehehe..

ingat. dalam konteks diatas.. YESUS jelas berkata.. Tuhan Tuhan. Bukan Yesus, Yesus!!
Jadi, yang ngomong itu bukan Yesus, tapi tuhan ya Ram? mana 
avatar
wahyu_zein_alkaf
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by kotadibukit on Tue Sep 17, 2013 12:24 pm

Wkwkwkwkw.. Saya cuma liat yang bawah dan kedua terbawah. Maap2.

@isaku wrote:
Baiklah, sedikit diluar konteks. Ikhlas yg paling tinggi karena cinta, orang mencinta memberikan yg terbaik untuk yg dicinta, tanpa harapan timbal balik.  -----> kurang lebih seperti istilah Yesus, mengasihi Allah.
Mengenai mengharapkan surga, ataupun takut neraka, menurut saya masih bisa disebut ikhlas dgn tingkat lebih rendah karena toh yg diharapkan adalah dari ALLAH bukan dari yg lain.

Apapun itu, keduanya adalah niat yg benar karena ALLAH semata.
Berarti di Islam pamrih sama Allah juga disebut ikhlas, gitu ya?

Kalau konsep tanpa pamrih sih seharusnya seperti itu.
Es jeruk yang dimasukin sekecil apapun potongan kaki kecoa ya ga bakal saya minum. Es jeruk itu kotor. Mungkin "ga sekotor" es jeruk dengan 10 kecoa, tapi tetap aja saya ga mau minum.

Ga ada ikhlas yang lebih rendah, punya pamrih sedikit pun disebutnya udah ga ikhlas pak.

@isaku wrote:
ok, terima kasih.
Tdk bermaksud memaksa, tapi menurut saya tidak bisa diartikan menggantikan/meniadakan. :))
Ok, menurut saya itu bersikeras artinya. Tapi dari bahasa aslinya, sudah jelas kan? Orang bisa jujur tapi masih ada orang yang ga percaya. Itu wajar. :)

@isaku wrote:
bicara nyawa, tuhan tidak mungkin mati, apakah menurut anda alam semesta tanpa tuhan selama 3hari???
masalah ikhlas dalam Islam, saya jelaskan sekilas di atas, jika anda tertarik membahas lebih dalam, mungkin buka trit baru lebih baik, saya usahakan berkunjung :))
Ok. Bicara nyawa, Yesus menyerahkan nyawaNya. Bukan mati. Seperti yang anda bilang, Tuhan tidak mungkin mati.

@isaku wrote:
Mazmur bukan ajaran Musa kali pak? Dan menurut saya ucapan Daud dalam Mazmur tidak dapat anda jadikan pegangan secara Beliau bukan siapa2 karena yg jadi nabi justru Nathan.
Oh. Lalu Zabur apa ya pak? Apakah Mazmur tidak berisi pengetahuan tentang Allah dan manusia? Tidak bisa dijadikan pegangan apakah anda berkata Daud tidak bisa dipercaya?

@isaku wrote:
Dan malah kontradiksi dengan Yesus sendiri:
"Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga." ( Matius 19 : 14 )
Anak2 disebut Yesus, empunya sorga, mengapa? karena mereka tiada dosa.
Konsep kerajaan surga disini bukan surga tempat orang meninggal. Tapi keberadaan Allah sebagai Raja.
Kalau anak yang baru lahir tiada dosa, kenapa anak Adam dan Hawa di biarkan dalam asuhan mereka(orang berdosa) dan tidak dibawa lagi ke Firdaus?

@isaku wrote:

sejujurnya sy agak bingung, tuh ayat g ada yg nyambung.
26:26 Yesus menyuruh makan roti, diumpamakan tubuh  ------> maksudnya apa?
26:27 Yesus menyuruh semua minum dari cawannya -------> buat apa?, kenapa tiba2 harus begitu?
26:28 Minuman itu diumpamakan darah pengampunan dosa ------> mengapa bisa begitu?
26:29 Itu adalah minum anggur terakhir di dunia -------> ternyata sebelum mati disalib, Yesus haus dan minum anggur lagi.

yg cukup nyambung hanya anggur merah mirip darah merah, sisanya sy tak paham :)
Hei hei. Jawab dulu. Apakah Yesus bicara soal penebusan dosa melalui kematiannya dalam Mat 26:28?

Tujuannya adalah menjadi peringatan kematian Tuhan sampai Yesus datang kembali. Di injil yang lain, Yesus berkata, "Perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."

@isaku wrote:
8:9 secara jelas ditulis hanya tersisa Yesus dan si perempuan
tiba2 8:12 Yesus bisa bertanya pada hadirin, ajaib :D
Ayat 3, Ahli Taurat dan Orang Farisi sama wanita yang ketangkep basah dateng.
Ayat 4, mereka(Ahli Taurat dan Orang Farisi) menempatkan wanita itu di tengah2 mereka(Ahli Taurat dan Orang Farisi)
terus sampe ayat 9, setiap kata mereka mengacu kepada Ahli Taurat dan Orang Farisi.
Ayat sepuluh, kata "mereka" tidak ada lagi. Yang tersisa tinggal wanita tsb dan orang banyak yang ada di ayat 2. Simple kan?

@isaku wrote:
Bagi saya anda tidak berhasil dgn analogi2 diatas dan kelihatannya kita sepakat untuk berbeda, yg penting anda dan saya sudah menyampaikan alasan2nya. :))
Ok deh.

Maap ya sekali lagi. Ga ada niat untuk tidak menjawab sama sekali. Saya pikir anda belum balas.
avatar
kotadibukit
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by isaku on Tue Sep 17, 2013 6:23 pm

@kotadibukit wrote:Wkwkwkwkw.. Saya cuma liat yang bawah dan kedua terbawah. Maap2.
====
Maap ya sekali lagi. Ga ada niat untuk tidak menjawab sama sekali. Saya pikir anda belum balas.
:)) G masalah Pak, sy kira anda bosenan.

@kotadibukit wrote:Berarti di Islam pamrih sama Allah juga disebut ikhlas, gitu ya?

Kalau konsep tanpa pamrih sih seharusnya seperti itu.
Es jeruk yang dimasukin sekecil apapun potongan kaki kecoa ya ga bakal saya minum. Es jeruk itu kotor. Mungkin "ga sekotor" es jeruk dengan 10 kecoa, tapi tetap aja saya ga mau minum.

Ga ada ikhlas yang lebih rendah, punya pamrih sedikit pun disebutnya udah ga ikhlas pak.
tinggi rendah itu istilah saya saja :), tegasnya menurut saya jika terpenuhi Lillahi Ta'ala (hanya karena Allah semata), maka itu ikhlas.

kalo dari bahasa

Ikhlas berasal dari kata akhlasha yang merupakan bentuk kata kerja lampau transitif yang diambil dari kata kerja intransitif khalasha (خَلصَ) dengan menambahkan satu huruf ‘alif (أ). Bentuk mudhâri‘ (saat ini) dari akhlasha (اَخْلَصَ) adalah yukhlishu (يُخْلِصُ) dan bentuk mashdarnya yaitu ikhlash (إِخْلاص). Kata tersebut berarti, murni, bersih, jernih, tanpa campuran. Ikhlas adalah melakukan amal perbuatan syariat yang ditujukan hanya kepada Allah secara murni atau tidak mengharapkan imbalan dari selainNya.

yg jadi perdebatan (diantara muslim sekalipun) adalah yg bold dgn pertanyaan, bagaimana jika pamrih kepada Allah? Terkait ini AQ mengijinkan:
“Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan mereka siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya; sesungguhnya azab Tuhanmu adalah suatu yang (harus) ditakuti. ” (QS. Al Israa': 57)
harap dan takut adalah bagian dari mendekat kepadaNya.
Jadi ada yg mendekat dengan berharap, ada yg mendekat dibarengi takut (neraka), ada yg mendekat karena cinta, hanya Allah SWt yg Maha mengetahui isi hati dan menilai, selama judulnya karena Allah semata Lillahi Ta'ala, menurut saya itulah ikhlas.

Sebagian muslim ataupun ulama mungkin mensyaratkan bahwa disebut ikhlas karena cinta, bukan harap dan takut, namun semua sepakat harap dan takut tidak membatalkan amalan karena yg diharap dan ditakuti atau dicintai Dia Dia jg, bukan yg lain. Jadi hanya perbedaan sebatas definisi.

Mengikuti analogi minum jeruk anda, harap, takut dan cinta itu ibarat, jeruk hangat, es jeruk, atau jus jeruk :))

Nah yg kaki kecoa atau bahkan kecoanya adalah karena dunia, ingin dipuji, dipandang, dikagumi, dll.

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
bicara nyawa, tuhan tidak mungkin mati, apakah menurut anda alam semesta tanpa tuhan selama 3hari???
masalah ikhlas dalam Islam, saya jelaskan sekilas di atas, jika anda tertarik membahas lebih dalam, mungkin buka trit baru lebih baik, saya usahakan berkunjung :))
Ok. Bicara nyawa, Yesus menyerahkan nyawaNya. Bukan mati. Seperti yang anda bilang, Tuhan tidak mungkin mati.
Nah, perihal Yesus menyerahkan nyawanya itulah yg bisa disebut Yesus bukan Tuhan.

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
@kotadibukit wrote:Mazmur 51:5 (Tehillim 51:7)
LAI Terjemahan Baru (TB), Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.
King James Version (KJV), Behold, I was shapen in iniquity; and in sin did my mother conceive me.
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels,
הֵן־בְּעָוֹון חֹולָלְתִּי וּבְחֵטְא יֶחֱמַתְנִי אִמִּי׃
Translit Interlinear, HEN-BE'AVON {lihatlah dalam kesalahan} KHOLALTI {aku dilahirkan} 'UVEKHETE' {dan dalam dosa} YEKHEMATNI {ia mengandungku} 'IMI {ibuku}

Kalau dosa ada dalam diri kita, ga mungkin kita punya kemuliaan Allah. Karena Allah adalah mulia dan kudus.
Mazmur bukan ajaran Musa kali pak? Dan menurut saya ucapan Daud dalam Mazmur tidak dapat anda jadikan pegangan secara Beliau bukan siapa2 karena yg jadi nabi justru Nathan.
Oh. Lalu Zabur apa ya pak? Apakah Mazmur tidak berisi pengetahuan tentang Allah dan manusia? Tidak bisa dijadikan pegangan apakah anda berkata Daud tidak bisa dipercaya?
Jangan salah paham Pak, dalam hal ini saya menilai Daud dalam pandangan kristen, beberapa kali diskusi dgn kristen, penjelasannya bukan Daud yg jadi nabi tapi Nathan, seolah2 (kesimpulan sy) Daud bukan siapa2, hanya kebetulan dia raja dan bertobat dan dituliskan/diceritakan tobatnya.

Tentu saja sy masih menunggu2 trit anda ttg Daud :))

Berhubung hanya kebetulan, apa yg diucapkan Daud ttg dosa lahir hanya karena dia meratapi dosa2nya, dan bukan informasi yg benar bahwa semua anak yg baru lahir berdosa.

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
Dan malah kontradiksi dengan Yesus sendiri:
"Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga." ( Matius 19 : 14 )
Anak2 disebut Yesus, empunya sorga, mengapa? karena mereka tiada dosa.
Konsep kerajaan surga disini bukan surga tempat orang meninggal. Tapi keberadaan Allah sebagai Raja.
Kalau anak yang baru lahir tiada dosa, kenapa anak Adam dan Hawa di biarkan dalam asuhan mereka(orang berdosa) dan tidak dibawa lagi ke Firdaus?
yg merah, sy tidak paham maksud anda.
Menurut sy ayat di atas explisit pernyataan Yesus bahwa anak2 itu tidak berdosa dan tidak ada yg disebut dosa turunan.

Masa iya anak adam mau diboyong semua ke firdaus :)), anda lucu jg, apalagi kalau firdausnya ternyata di bumi. Yesus saja yg dianggap tanpa dosa diasuh orang2 berdosa. Mengikuti logika anda, seharusnya setelah Yesus lahir, buru2 dibawa ke sorga, setelah dewasa baru balik lagi untuk menjalankan misinya. :)

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
sejujurnya sy agak bingung, tuh ayat g ada yg nyambung.
26:26 Yesus menyuruh makan roti, diumpamakan tubuh  ------> maksudnya apa?
26:27 Yesus menyuruh semua minum dari cawannya -------> buat apa?, kenapa tiba2 harus begitu?
26:28 Minuman itu diumpamakan darah pengampunan dosa ------> mengapa bisa begitu?
26:29 Itu adalah minum anggur terakhir di dunia -------> ternyata sebelum mati disalib, Yesus haus dan minum anggur lagi.

yg cukup nyambung hanya anggur merah mirip darah merah, sisanya sy tak paham :)
Hei hei. Jawab dulu. Apakah Yesus bicara soal penebusan dosa melalui kematiannya dalam Mat 26:28?

Tujuannya adalah menjadi peringatan kematian Tuhan sampai Yesus datang kembali. Di injil yang lain, Yesus berkata, "Perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."
Maaf Pak Kota, menurut saya Yesus tidak bicara penebusan dosa, Yesus hanya menyuruh minum, ttg penebusan dosa adalah tafsiran penulis (Matius), saya justru bertanya2 apa maksud semua itu. Boleh minta ayat lain yg anda maksud?

@kotadibukit wrote:
@isaku wrote:
8:9 secara jelas ditulis hanya tersisa Yesus dan si perempuan
tiba2 8:12 Yesus bisa bertanya pada hadirin, ajaib :D
Ayat 3, Ahli Taurat dan Orang Farisi sama wanita yang ketangkep basah dateng.
Ayat 4, mereka(Ahli Taurat dan Orang Farisi) menempatkan wanita itu di tengah2 mereka(Ahli Taurat dan Orang Farisi)
terus sampe ayat 9, setiap kata mereka mengacu kepada Ahli Taurat dan Orang Farisi.
Ayat sepuluh, kata "mereka" tidak ada lagi. Yang tersisa tinggal wanita tsb dan orang banyak yang ada di ayat 2. Simple kan?
tapi kenapa di ayat 13 masih ada orang farisi??? kontadiksinya kelihatan sekali, coba disimak lg:

8:9
Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.
8:10
Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?"
8:11
Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."
8:12
Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."
8:13
Kata orang-orang Farisi kepada-Nya: "Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar."

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by Ibnu Sabil on Tue Sep 17, 2013 9:36 pm

Diskusi sangat menarik...orang awam izin nyimak buat nambah ilmu.
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 78
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by kotadibukit on Wed Sep 18, 2013 12:06 pm

@isaku wrote:Lillahi Ta'ala (hanya karena Allah semata), maka itu ikhlas.

kalo dari bahasa

Ikhlas berasal dari kata akhlasha yang merupakan bentuk kata kerja lampau transitif yang diambil dari kata kerja intransitif khalasha (خَلصَ) dengan menambahkan satu huruf ‘alif (أ). Bentuk mudhâri‘ (saat ini) dari akhlasha (اَخْلَصَ) adalah yukhlishu (يُخْلِصُ) dan bentuk mashdarnya yaitu ikhlash (إِخْلاص). Kata tersebut berarti, murni, bersih, jernih, tanpa campuran. Ikhlas adalah melakukan amal perbuatan syariat yang ditujukan hanya kepada Allah secara murni atau tidak mengharapkan imbalan dari selainNya.

yg jadi perdebatan (diantara muslim sekalipun) adalah yg bold dgn pertanyaan, bagaimana jika pamrih kepada Allah? Terkait ini AQ mengijinkan:
“Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan mereka siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya; sesungguhnya azab Tuhanmu adalah suatu yang (harus) ditakuti. ” (QS. Al Israa': 57)
harap dan takut adalah bagian dari mendekat kepadaNya.
Jadi ada yg mendekat dengan berharap, ada yg mendekat dibarengi takut (neraka), ada yg mendekat karena cinta, hanya Allah SWt yg Maha mengetahui isi hati dan menilai, selama judulnya karena Allah semata Lillahi Ta'ala, menurut saya itulah ikhlas.

Sebagian muslim ataupun ulama mungkin mensyaratkan bahwa disebut ikhlas karena cinta, bukan harap dan takut, namun semua sepakat harap dan takut tidak membatalkan amalan karena yg diharap dan ditakuti atau dicintai Dia Dia jg, bukan yg lain. Jadi hanya perbedaan sebatas definisi.

Mengikuti analogi minum jeruk anda, harap, takut dan cinta itu ibarat, jeruk hangat, es jeruk, atau jus jeruk :))

Nah yg kaki kecoa atau bahkan kecoanya adalah karena dunia, ingin dipuji, dipandang, dikagumi, dll.
Kalau gitu ga bisa diterapkan kepada pribadi lain dong ya? Ikhlas pada Tuhan jadi beda konsepnya sama ikhlas sama yang lain?

@isaku wrote:
Nah, perihal Yesus menyerahkan nyawanya itulah yg bisa disebut Yesus bukan Tuhan.
Kalau Yesus dibunuh, baru Yesus bukan Tuhan. Kalo Yesus menyerahkan nyawaNya, berarti Yesus punya otoritas pada rohNya.

@isaku wrote:
Jangan salah paham Pak, dalam hal ini saya menilai Daud dalam pandangan kristen, beberapa kali diskusi dgn kristen, penjelasannya bukan Daud yg jadi nabi tapi Nathan, seolah2 (kesimpulan sy) Daud bukan siapa2, hanya kebetulan dia raja dan bertobat dan dituliskan/diceritakan tobatnya.

Tentu saja sy masih menunggu2 trit anda ttg Daud :))

Berhubung hanya kebetulan, apa yg diucapkan Daud ttg dosa lahir hanya karena dia meratapi dosa2nya, dan bukan informasi yg benar bahwa semua anak yg baru lahir berdosa.
Apakah An-Nisaa ayat 163 dan Al-Anbiyaa ayat 105 kurang jelas bagi anda? Zabur/Mazmur diberikan kepada Daud. Inspirasi dari Allah. Meskipun (mungkin) buat Islam Daud bukan siapa2, untuk Kristen Daud sangat dikagumi karena dia adalah satu satunya orang yang disebut "berkenan kepada TUHAN" dalam alkitab. Kesimpulan anda keliru.

@isaku wrote:
yg merah, sy tidak paham maksud anda.
Menurut sy ayat di atas explisit pernyataan Yesus bahwa anak2 itu tidak berdosa dan tidak ada yg disebut dosa turunan.

Masa iya anak adam mau diboyong semua ke firdaus :)), anda lucu jg, apalagi kalau firdausnya ternyata di bumi. Yesus saja yg dianggap tanpa dosa diasuh orang2 berdosa. Mengikuti logika anda, seharusnya setelah Yesus lahir, buru2 dibawa ke sorga, setelah dewasa baru balik lagi untuk menjalankan misinya. :)
Gini. Kesimpulan saya menurut apa yang sudah saya baca:
Adam&Hawa tanpa dosa. >> hidup di surga
Adam&Hawa berdosa. >> "dibuang" ke bumi (padahal rencana Allah dari awal)

Kalau:
Anak Adam dan Hawa tanpa dosa ketika lahir. >> mereka boleh hidup di surga kembali.
Tapi, kalau:
Anak Adam dan Hawa sudah berdosa ketika dari kandungan. >> mereka HARUS TETAP hidup di bumi.

Tapi, berarti kalau anak Adam dan Hawa tanpa dosa ketika lahir, tapi mereka tetap hidup di bumi, hukuman dari Tuhan itu cuma "akal akalan" Tuhan dan Tuhan ga sungguh sungguh "membuang" mereka, tapi memang Allah MERANCANG sedemikian rupa agar Adam dan Hawa berdosa agar mereka bisa dibuang ke bumi. Karena, kalau hukuman dari dosa adalah terbuang dari sorga, anak anak Adam bisa "klaim" ke Allah kalau mereka tidak berdosa dan kembali ke surga. Dapat gambarannya?

Yesus datang dengan misi yang berbeda. Dia bisa memutuskan ke surga kapanpun Yesus mau kog. Tapi Dia datang dengan misi yang lain.

@isaku wrote:
Maaf Pak Kota, menurut saya Yesus tidak bicara penebusan dosa, Yesus hanya menyuruh minum, ttg penebusan dosa adalah tafsiran penulis (Matius), saya justru bertanya2 apa maksud semua itu. Boleh minta ayat lain yg anda maksud?
Tafsiran penulis? Itu adalah kalimat aktif dari Yesus, bukan?

Perkataan dari Yesus secara eksplisit adalah ayat kebanggan Kristen, Yohanes 3:16.

Ada di Lukas 22:19.

@isaku wrote:
tapi kenapa di ayat 13 masih ada orang farisi??? kontadiksinya kelihatan sekali, coba disimak lg:

8:9  
Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.
8:10  
Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?"
8:11  
Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."
8:12  
Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."
8:13  
Kata orang-orang Farisi kepada-Nya: "Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar."
Bro, anda memperhatikan hal kecil. Tapi tidak detail. Atau anda memang mencari cari?

Ayat 2, Yesus sampai di synagoge. Seluruh rakyat datang kepada Yesus. Yesus duduk dan mengajar.
Ayat 3, wanita yang tertangkap basah, AHLI TAURAT dan orang Farisi datang mengelilingi Yesus.
Berlangsung kejadian dan setiap kata "mereka" mengacu kepada AHLI TAURAT dan orang Farisi yang datang mengelilingi Yesus.
Ayat 9, kata mereka pun mengacu kepada AHLI TAURAT dan orang Farisi yang datang mengelilingi Yesus.
Ayat 12, kembali ke orang banyak di ayat 2.

Nah, keganjilan yang anda tanyakan sangat tidak ganjil. Karena fenomena orang farisi di Matius 23:4-7 menunjukan kalau banyak orang Farisi suka ada di Bait Allah. Gitu. Gimana? Bisa diterima ga?
avatar
kotadibukit
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 85
Kepercayaan : Protestan
Location : Bandung
Join date : 28.08.13
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by isaku on Wed Sep 18, 2013 1:38 pm

@kotadibukit wrote:Kalau gitu ga bisa diterapkan kepada pribadi lain dong ya? Ikhlas pada Tuhan jadi beda konsepnya sama ikhlas sama yang lain?
ya ok boleh disebut begitu.
@kotadibukit wrote:Kalau Yesus dibunuh, baru Yesus bukan Tuhan. Kalo Yesus menyerahkan nyawaNya, berarti Yesus punya otoritas pada rohNya.
kurang tepat jg, yg punya otoritas justru yg diserahkan nyawa.
@kotadibukit wrote:Apakah An-Nisaa ayat 163 dan Al-Anbiyaa ayat 105 kurang jelas bagi anda? Zabur/Mazmur diberikan kepada Daud. Inspirasi dari Allah. Meskipun (mungkin) buat Islam Daud bukan siapa2, untuk Kristen Daud sangat dikagumi karena dia adalah satu satunya orang yang disebut "berkenan kepada TUHAN" dalam alkitab. Kesimpulan anda keliru.
Waduh bukan begitu, Tentu saja Daud AS dalam Islam adalah Nabi dan sy pun beriman kepadanya, juga kitabnya Zabur.
Yg kita bicarakan bukan ttg saya tapi pandangan kristen sepengetahuan saya. Dan teryata anda berbeda. :))
Jika boleh sy tahu pendapat anda, apakah menurut anda Daud seorang Nabi?

Kembali ke dosa turunan, apakah ada ayat Taurat menunjukkan Musa mengenal dosa turunan?

@kotadibukit wrote:Gini. Kesimpulan saya menurut apa yang sudah saya baca:
Adam&Hawa tanpa dosa. >> hidup di surga
Adam&Hawa berdosa. >> "dibuang" ke bumi (padahal rencana Allah dari awal)

Kalau:
Anak Adam dan Hawa tanpa dosa ketika lahir. >> mereka boleh hidup di surga kembali.
Tapi, kalau:
Anak Adam dan Hawa sudah berdosa ketika dari kandungan. >> mereka HARUS TETAP hidup di bumi.

Tapi, berarti kalau anak Adam dan Hawa tanpa dosa ketika lahir, tapi mereka tetap hidup di bumi, hukuman dari Tuhan itu cuma "akal akalan" Tuhan dan Tuhan ga sungguh sungguh "membuang" mereka, tapi memang Allah MERANCANG sedemikian rupa agar Adam dan Hawa berdosa agar mereka bisa dibuang ke bumi. Karena, kalau hukuman dari dosa adalah terbuang dari sorga, anak anak Adam bisa "klaim" ke Allah kalau mereka tidak berdosa dan kembali ke surga. Dapat gambarannya?

Yesus datang dengan misi yang berbeda. Dia bisa memutuskan ke surga kapanpun Yesus mau kog. Tapi Dia datang dengan misi yang lain.
Maaf Pak Kota, apakah anda bermaksud menyangkal Yesus di Matius 19:14?

Ttg adam, sy sudah mampir ditrit anda, yg ini boyong kesana saja.

Menurut anda apa misi Yesus sehingga harus menjalani masa pengasuhan ditengah orang2 berdosa?


@kotadibukit wrote:Tafsiran penulis? Itu adalah kalimat aktif dari Yesus, bukan?

Perkataan dari Yesus secara eksplisit adalah ayat kebanggan Kristen, Yohanes 3:16.

Ada di Lukas 22:19.
ok baiklah, jika benar Yesus bicara ttg penebusan dosa, dosa apakah  yg dimaksud? Apakah dalam pengajarannya Yesus mengatakan dosa Adam mengalir dalam darah setiap orang?

@kotadibukit wrote:Bro, anda memperhatikan hal kecil. Tapi tidak detail. Atau anda memang mencari cari?

Ayat 2, Yesus sampai di synagoge. Seluruh rakyat datang kepada Yesus. Yesus duduk dan mengajar.
Ayat 3, wanita yang tertangkap basah, AHLI TAURAT dan orang Farisi datang mengelilingi Yesus.
Berlangsung kejadian dan setiap kata "mereka" mengacu kepada AHLI TAURAT dan orang Farisi yang datang mengelilingi Yesus.
Ayat 9, kata mereka pun mengacu kepada AHLI TAURAT dan orang Farisi yang datang mengelilingi Yesus.
Ayat 12, kembali ke orang banyak di ayat 2.

Nah, keganjilan yang anda tanyakan sangat tidak ganjil. Karena fenomena orang farisi di Matius 23:4-7 menunjukan kalau banyak orang Farisi suka ada di Bait Allah. Gitu. Gimana? Bisa diterima ga?
Kalo dibilang mencari2, sy sih mencari apa sebetulnya yg diajarkan Yesus? :)) Mengapa terjadi distorsi?

Sy mengerti maksd anda bahwa orang2 Farisi suka ada di bait Allah. Hanya saja "mereka" yg anda maksud, yg sudah pergi semua, muncul tiba2 di ayat 13 dan 14.
Mungkin di ayat 13 perlu tambahan kata "lain", jadi orang2 farisi yg lain, beda orang dgn yg datang dan pergi :))

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: 6 pertanyaan seputar baptis yang sulit dijawab....

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik