FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Halaman 3 dari 8 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by wahyu_zein_alkaf on Sun Aug 18, 2013 9:01 pm

First topic message reminder :

Saudara/saudari saya dari forum LI. Subjek kita kali ini adalah : Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci". Yaitu kita akan mengupas sedikit demi sedikit tentang "Trinitas".

Nah, pendapat tentang Trinitas yang suci, yang mana kebanyakan Kristen dari aliran mana saja, hampir seluruhnya mereka percaya dengan hal ini, “Trinitas yang suci”. Didalam pengajaran Gereja Kristen, mereka mengatakan, saya kutip, bahwa Bapa adalah Tuhan, Anak adalah Tuhan dan Roh Suci adalah tuhan, tapi mereka bukan 3 tuhan melainkan 1 tuhan. Bapa adalah maha kuasa, Anak adalah maha kuasa dan Roh Suci adalah maha kuasa, tapi mereka bukan 3 maha kuasa melainkan 1 maha kuasa. Saya kutip pelajarannya, kemudian berlanjut “Bapa adalah seseorang, Anak adalah seseorang dan Roh Suci adalah seseorang”, tapi mereka bukan 3 orang melainkan 1 orang.

Dari itu saya ingin bertanya kepada Kristen, bahasa apa itu? Apakah Indonesia? Terdengar Indonesia, tapi ini bukanlah bahasa Indonesia, disebut seseorang, seseorang, seseorang, namun bukan 3 orang melainkan 1 orang. Apakah arti kata “Seseorang” dalam bahasa anda? Anda orang yang berbahasa Indonesia katakanlah apakah arti kata “Seseorang” dalam bahasa anda?

Katakanlah seandainya anda dan dua saudara anda yang lain adalah tiga kembar dan kita tidak bisa membedakan diantara ketiganya, anda semua kembar, kemudian salah satu anda terlibat pembunuhan, maka haruskah kita menggantunga yang lain?

Monggo disruput... paus
avatar
wahyu_zein_alkaf
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down


Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by Mutiara on Thu Aug 29, 2013 11:44 pm

uhan itu Esa (monotheisme), bukan Trinitas
1. Tauhid Nabi Musa (Ulangan 4:35, Ulangan 6:4, Ulangan 32:39).
2. Tauhid Nabi Daud (II Samuel 7:22, Mazmur 86:8).
3. Tauhid Nabi Sulaiman (I Raja-raja 8:23).
4. Tauhid Nabi Yesaya (Yesaya 43: 10-11, Yesaya 44:6,Yesaya 45:5-6, Yesaya 46:9).
5. Tauhid Yesus (Markus 12:29, Yohanes 5:30, Yohanes 17:3).
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by wildan99Islam on Fri Aug 30, 2013 5:43 am

Rama?? atau Wedi aja deh
ehmm
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by Jagona on Sun Sep 01, 2013 11:30 am

@ 3x6

Hi 3x6 .......... pertanyaan aku tanggal 22 agustus blon anda jawab ........ gak ngerti atau gak bisa jawab ..... atau takut kalo dijawab yang sebenarnya ? ... okey


Terakhir diubah oleh Jagona tanggal Sun Sep 01, 2013 11:49 am, total 1 kali diubah

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by wildan99Islam on Sun Sep 01, 2013 11:40 am

bagaimana kalo Trit ini dipindah atau digabung ke sini?? www.laskarislam.com/t7537-ayat-ayat-bantahan-terhadap-trinitasberdasarkan-al-qur-an-tanakh-dan-injil
piss
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by jaya on Mon Nov 25, 2013 6:05 pm

Tidak dibantah menurut al quran ya? Katanya al quran kitab penyempurna. welah slim.....
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by Jagona on Tue Nov 26, 2013 10:37 am

@jaya wrote:Tidak dibantah menurut al quran ya? Katanya al quran kitab penyempurna. welah slim.....
hi hi hi ............... trinitas itu ada dua versi, mana yang asli ataupun yang palsu bagi aku gak penting ........................ bukan urusan aku

versi konsili efesus 431 M ; Tuhan Bapak, Tuhan Ibu, dan Tuhan Anak

versi konsili efesus 722 M : Tuhan Bapak, Tuhan Anak, dan Roh Kudus

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by jaya on Sun Dec 08, 2013 10:29 pm

Kalau asal omdo, sapa pun bisa bilang. Kasih donk linknya. Kalau versi al quran, udah jelas. Allah swt, Maryam dan Isa. Kamu pilih yang mana? Harusnya pilih yg al quran. Atau al quran malah nyontek dari konsili efesus? (Kalau paham konsili sesuai pernyataan anda). Reputasi Allah swt kalah lagi. Masak nyontek?
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by jaya on Sun Dec 08, 2013 10:31 pm

@Mutiara wrote:uhan itu Esa (monotheisme), bukan Trinitas
1. Tauhid Nabi Musa (Ulangan 4:35, Ulangan 6:4, Ulangan 32:39).
2. Tauhid Nabi Daud (II Samuel 7:22, Mazmur 86:8).
3. Tauhid Nabi Sulaiman (I Raja-raja 8:23).
4. Tauhid Nabi Yesaya (Yesaya 43: 10-11, Yesaya 44:6,Yesaya 45:5-6, Yesaya 46:9).
5. Tauhid Yesus (Markus 12:29, Yohanes 5:30, Yohanes 17:3).
Mut, Tauhid/Esa itu apa sih maksudnya?
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by Jagona on Mon Dec 09, 2013 11:08 am

@jaya wrote:Kalau asal omdo, sapa pun bisa bilang. Kasih donk linknya. Kalau versi al quran, udah jelas. Allah swt, Maryam dan Isa. Kamu pilih yang mana? Harusnya pilih yg al quran. Atau al quran malah nyontek dari konsili efesus? (Kalau paham konsili sesuai pernyataan anda). Reputasi Allah swt kalah lagi. Masak nyontek?
hi hi hi ............. aku gak omdo atow asbun, aku baca dar sejarah trinitas ....... ini aja baca gak usah minta linknya .............................. okey
Bunda Maria sebagai ibu dari Yesus yang mereka anggap sebagai Tuhan semakin lama semakin penting, patungnya menempati posisi yang utama didalam gereja. penyembahan kepadanya takkalah pentingnya disamping menyembah Yesus, Tokoh tokoh gereja sedunia bertemu di Konsili Efesus tahun 431 M, Mengesahkan Bunda Maria sebagai Teotokos (Ibu Tuhan). Inilah penyembahan yang dilakukan oleh umat Kristiani yang menyebar keseluruh kerajaan Romawi dan Afrika

Sebagai SK pengangkatan Bunda Maria sebagai Ibu Tuhan, diperlihatkan oleh Tony Lane dalam bukunya ” Christian Thought, 1984 halaman 46

According to this understanding of the unconfused union, we confess the holy virgin to be theotokos, because God The Word was incarnate and become man and from his conception itself united to himself the temple that he took from her “

Berdasarkan pengertian tentang kesatuan yang tidak meragukan ini, kita menyatakan perawan yang suci (Maria) sebagai Ibu Tuhan, karena Tuhan Firman berinkarnasi dan menjadi manusia dan dari kelahirannya sendiri, tubuh kasar yang diwarisi Maria bersatu dengannya

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa Kristen pada konsili Efesus tahun 431 M. baru merumuskan Tuhan Bapak, Tuhan Ibu (Bunda Maria) dan Tuhan Anak, Roh Kudus belum dimasukkan kedalam sistem Trinitas.

Konsili di konstantinopel tahun 722 M. Gereja melengserkan (Memecat) Bunda Maria dalam sistem Trinitas, kemudian diganti dengan Roh Kudus

Ide Tuhan Ibu sebenarnya banyak mendapat pengaruh dari kebudayaan mesir yang menyembah Isis sebagai Tuhan Ibu yang mempunya anak bernama Horus, karna Horus juga disembah sebagai Tuhan, maka secara otomatis Isis menyandang gelar Ibu Tuhan

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by SEGOROWEDI on Mon Dec 09, 2013 11:14 am


jagona jualan barang basi..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by SEGOROWEDI on Mon Dec 09, 2013 11:16 am

@Mutiara wrote:uhan itu Esa (monotheisme), bukan Trinitas
1. Tauhid Nabi Musa (Ulangan 4:35, Ulangan 6:4, Ulangan 32:39).
2. Tauhid Nabi Daud (II Samuel 7:22, Mazmur 86:8).
3. Tauhid Nabi Sulaiman (I Raja-raja 8:23).
4. Tauhid Nabi Yesaya (Yesaya 43: 10-11, Yesaya 44:6,Yesaya 45:5-6, Yesaya 46:9).
5. Tauhid Yesus (Markus 12:29, Yohanes 5:30, Yohanes 17:3).
trinitas bahkan seribunitas
bisa saja tauhid

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by Jagona on Tue Dec 10, 2013 11:25 am

@SEGOROWEDI wrote:
jagona jualan barang basi..


biar basi tapi antik ............. anda sendiri gak mampu menghindar ...... mau menyalahkan gak bisa, mau membenarkan malu .......................... kermit

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 10, 2013 11:29 am


gak ada penuhanan maria GO
adanya mo disebut: bunda allah atau buda kristus
yang tepat: bunda allah; dan bunda allah bukan berarti allah (juga)
kek ibarat: bunda presiden sby

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by Jagona on Wed Dec 11, 2013 9:17 am

@SEGOROWEDI wrote:
gak ada penuhanan maria GO
adanya mo disebut: bunda allah atau buda kristus
yang tepat: bunda allah; dan bunda allah bukan berarti allah (juga)
kek ibarat: bunda presiden sby

yang tepat bunda Maria, yang disembah orang-orang katholik Roma dan Afrika, demikian juga di Indonesia dengan dibangunnya goa-goa Maria di banyak tempat tersembunyi
trus ............. nih yang menuhankan Maria : "Kristen pada konsili Efesus tahun 431 M. baru merumuskan Tuhan Bapak, Tuhan Ibu (Bunda Maria) dan Tuhan Anak", Roh Kudus belum dimasukkan kedalam sistem Trinitas.

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by SEGOROWEDI on Sun Dec 15, 2013 7:34 pm


bunda allah, GO
bukan tuhan ibu

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by Jagona on Tue Dec 17, 2013 8:27 am

@SEGOROWEDI wrote:
bunda allah, GO
bukan tuhan ibu

hi hi hi ............. bunda Maria, para pendeta dan pakar theologi di KE 431 menyebutnya Tuhan Ibu ...... terserah anda mau terima atau tidak, itu resiko anda yang harus anda tanggung sendiri .... aku hanya mengingatkan anda .......................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 17, 2013 9:13 am



kok ngeyel to ya...
lha wong hanya soal teotokos atau kristotokos

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by Jagona on Tue Dec 17, 2013 12:00 pm

@SEGOROWEDI wrote:

kok ngeyel to ya...
lha wong hanya soal teotokos atau kristotokos

yang ngeyel siapa ............ aku kan bukan orang kristen, aku cuma menunjukan bahwa orang-orang Romawi dan Afrika menuhankan Maria berdasarkan KE-431. Anda ga sejalan dengan mereka ... yaa terserah anda .......... egepe, toh anda sendiri yang akan mempertanggungjawabkannya ... key

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 17, 2013 12:04 pm


lha mereka kan menyebutnya: Ibu Tuhan/Bunda Allah
kamu balik jadi Tuhan Ibu
selicik dan sepicik jinjinganmu ya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by barabasmurtad on Wed Dec 18, 2013 4:28 am

@wahyu_zein_alkaf wrote:Saudara/saudari saya dari forum LI. Subjek kita kali ini adalah : Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci". Yaitu kita akan mengupas sedikit demi sedikit tentang "Trinitas".

Nah, pendapat tentang Trinitas yang suci, yang mana kebanyakan Kristen dari aliran mana saja, hampir seluruhnya mereka percaya dengan hal ini, “Trinitas yang suci”. Didalam pengajaran Gereja Kristen, mereka mengatakan, saya kutip, bahwa Bapa adalah Tuhan, Anak adalah Tuhan dan Roh Suci adalah tuhan, tapi mereka bukan 3 tuhan melainkan 1 tuhan. Bapa adalah maha kuasa, Anak adalah maha kuasa dan Roh Suci adalah maha kuasa, tapi mereka bukan 3 maha kuasa melainkan 1 maha kuasa. Saya kutip pelajarannya, kemudian berlanjut “Bapa adalah seseorang, Anak adalah seseorang dan Roh Suci adalah seseorang”, tapi mereka bukan 3 orang melainkan 1 orang.

Dari itu saya ingin bertanya kepada Kristen, bahasa apa itu? Apakah Indonesia? Terdengar Indonesia, tapi ini bukanlah bahasa Indonesia, disebut seseorang, seseorang, seseorang, namun bukan 3 orang melainkan 1 orang. Apakah arti kata “Seseorang” dalam bahasa anda? Anda orang yang berbahasa Indonesia katakanlah apakah arti kata “Seseorang” dalam bahasa anda?

Katakanlah seandainya anda dan dua saudara anda yang lain adalah tiga kembar dan kita tidak bisa membedakan diantara ketiganya, anda semua kembar, kemudian salah satu anda terlibat pembunuhan, maka haruskah kita menggantunga yang lain?

Monggo disruput... paus

Dari itu saya ingin bertanya kepada Kristen, bahasa apa itu? Apakah Indonesia? Terdengar Indonesia, tapi ini bukanlah bahasa Indonesia, disebut seseorang, seseorang, seseorang, namun bukan 3 orang melainkan 1 orang. Apakah arti kata “Seseorang” dalam bahasa anda? Anda orang yang berbahasa Indonesia katakanlah apakah arti kata “Seseorang” dalam bahasa anda?

saya akan mencoba untuk menguraikan hal ini untuk anda.
Alkitab mencatat bahwa manusia DICIPTAKAN MENURUT GAMBAR DAN RUPA ALLAH, maka
SAYA SEBUT SAJA ANDA ADALAH "wahyu_zein_alkaf"
MAKA:
TUBUH ANDA ADALAH SESEORANG
JIWA ANDA ADALAH SESEORANG
ROH ANDA ADALAH SESEORANG
DAN KETIGANYA BERSATU DI DALAM DIRI ANDA YANG BERNAMA: WAHYU_ZEIN_ALKAF

barabasmurtad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Age : 73
Posts : 408
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 26.11.11
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by wildan99Islam on Wed Dec 18, 2013 7:55 am

Oh, jadi yesus itu diibaratkan sebagai "Tubuh"
lalu bapa sebagai "jiwa"
dan Roh Kududs sebagai "roh"?
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by mystery on Wed Dec 18, 2013 9:32 am

@wildan99Islam wrote:Oh, jadi yesus itu diibaratkan sebagai "Tubuh"
lalu bapa sebagai "jiwa"
dan Roh Kududs sebagai "roh"?

Nyembah manusia dong lol
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by Jagona on Wed Dec 18, 2013 9:39 am

@SEGOROWEDI wrote:
lha mereka kan menyebutnya: Ibu Tuhan/Bunda Allah
kamu balik jadi Tuhan Ibu
selicik dan sepicik jinjinganmu ya?

yeehhh ............ baca lagi deh "kesimpulan KE-431M" yang nyebut Tuhan Ibu itu siapa, kan bukan aku ......... tuh pendeta-pendeta Romawi, orang-orang afrika dan sekitarnya termasuk juga di Indonesia yang berada di Goa Maria ................. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by SEGOROWEDI on Thu Dec 19, 2013 3:12 pm


Tokoh tokoh gereja sedunia bertemu di Konsili Efesus tahun 431 M, Mengesahkan Bunda Maria sebagai Teotokos (Ibu Tuhan)

copasan sendiri aja disulap..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by Jagona on Fri Dec 20, 2013 10:09 am

@SEGOROWEDI wrote:
Tokoh tokoh gereja sedunia bertemu di Konsili Efesus tahun 431 M, Mengesahkan Bunda Maria sebagai Teotokos (Ibu Tuhan)

copasan sendiri aja disulap..

hi hi hi ............. yang nyulap siapa ? ...... aku tampilkan apa adanya, gak ada perlunya aku maen sulap-sulapan ...... lihat aja kenyataannya, banyak didirikan goa-goa maria secara tersembunyi ......... salah satunya ada di Tritis Gunung Kidul .......... yaa kermit

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kebenaran/Kepalsuan "Trinitas yang Suci"!

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 8 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik